Operator Perang, Konsumen Bingung

Operator seluler berlomba menawarkan tarif yang diklaim termurah. Perang iklan terjadi di media cetak maupun elektronik. Di suatu kota, pertempuran nyata melibatkan dua billboard milik dua operator seluler berbeda. Pria pada papan iklan operator di tengah mengacungkan jempolnya ke papan iklan di sisi kiri sambil berkata, “Tetangga sebelah ngomongnya paling murah. Ternyata tarifnya ribet banget. Jaringannya terbatas”. Papan iklan sebuah bank yang berada di sisi paling kanan menjadi saksi bisu.

Siapa yang sebenarnya menawarkan tarif paling murah? Tak mudah menjawabnya.

Silakan klik link ini untuk membaca tulisan lengkap plus tabel perbandingan tarif.

9 thoughts to “Operator Perang, Konsumen Bingung”

  1. Om Herry,

    Setelah membaca ulasan tarif dari Bapak sepertinya promosi tarif murah hanya ilusi saja. Dan satu yang pasti yang murah belum tentu yang terbaik bila dilihat dari sisi kualitas jaringan…setuju pak…?

  2. Om Herry,

    Saya punya pertanyaan mengapa para operator justu menganaktirikan pelanggan pasca bayar? Bukankah justru mereka ini adalah pelanggan yang loyal?

  3. Kalau menurut saya itu cuma marketing scam, mau menggaet costumer dengan cara menjebak..

    Pasca bayar bukan di-anaktiri-kan tapi itu value price yang harus dibayar dikala orang memilih kenyamanan, ke-eksklusif-an, dan kelebihan lainnya dari pasca bayar.

  4. Pak Aldi, apa sih kelebihan yang sekarang didapatkan dari pascabayar?
    Sementara tarif prabayar terjadi penurunan yang signifikan, pengguna pascabayar justru tidak mendapatkan benefit apa2 bahkan justru terkena efek negatif-nya.
    Kenyamanan? Informasi dari beberpa user justru mengatakan bahwa dengan adanya perang tarif seperti ini justru kualitas jaringan menurun sehingga tidak lagi nyaman. Ke-exclusif-an…. ah.. nggak juga menurut saya 😀

  5. Keunggulan pasca bayar? Cuma bisa apply blackberry mungkin.
    Lainnya sudah dimiliki oleh prabayar dengan harga lebih murah.

  6. Sudah cukup puas kok saya dgn pascabayar saya sekarang ini(telkomsel halo) krn boleh ngutang dulu pakai telp n sms. Walaupun telp seperti suara robot n sms kadang nyasar berjam-jam baru sampai. Tetap saya cukup puas. Habis orang sudah dikasi ngutang tidak boleh berlagu 🙁

  7. Pak Herry

    Setelah baca ulasan “adu tarif” pak Herry, saya notice Pak Herry tidak include Flexi dan Esia.

    Bisa menarik tuh jika ke-2 tariff operator tsb dianalisa Pak Herry 🙂

    Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *