Optimalisasi Xperia Z

Sony Xperia Z dilahirkan dengan fitur yang komplet. Sayang kalau ponsel itu hanya dipakai untuk bertelepon, ber-SMS, dan sesekali asal jepret. Beberapa langkah optimalisasi sederhana patut dicoba oleh Anda yang telah meminang ponsel Android tersebut.

Xperia Z-3

Kamera. Tersedia beragam efek bawaan yang bebas dipilih pengguna. Masuklah ke kamera, lalu pilih picture effect. Ada pula mode burst untuk pemotretan beruntun sampai sekitar sepuluh jepretan per detik. Beragam scene dapat diaktifkan sesuai kebutuhan. Saat hendak memotret makanan, misalnya, ubahlah scenes ke gourmet. Bila enggan sering mengubah pengaturan, pilihlah mode superior auto.

Picture Effect Kamera

Baterai. Untuk menghemat konsumsi baterai, saat tidak memerlukan Xperia Z selalu online, aktifkan mode stamina. Dengan demikian, satu menit sejak layar padam, koneksi internet terputus sementara. Panggilan telepon dan SMS tetap bisa masuk. Koneksi internet otomatis tersambung lagi ketika layar menyala. Merujuk pada pengalaman penulis, daya tahan nyata baterai Xperia Z pada mode stamina minimal dua kali lebih lama. Untuk mengaktifkannya, masuklah ke settings, power management, kemudian pilih stamina mode.

Stamina Mode

Radio FM. Saat pengguna mendengarkan siaran radio, lalu ingin mengetahui judul atau nama penyanyi lagu yang sedang diputar, tekanlah tiga titik kecil di kanan atas layar. Pilih TrackID. Ponsel segera mencari identitas lagu. Lagu-lagu Indonesia keluaran terkini bisa dikenali. Namun, kalau yang sedang mengalun lagu keroncong zaman dulu, ponsel mungkin gagal mengidentifikasinya.

TrackID

Tahan air. Xperia Z memenuhi standar IP55 dan IP57. Pengguna boleh memakainya saat hujan, mandi, atau berendam. Ingat, sebelum mengajaknya berbasah-basah, pastikan seluruh konektor di kiri, atas, dan kanan ponsel telah tertutup rapat. Usai bermain air, suara yang dikeluarkan Xperia Z mungkin terdengar sumbang. Jangan panik. Biarkan ponsel, terutama lubang di bagian atas dan kanan bawah ponsel, benar-benar kering dulu. Kalau tak sabar, kibaskan ponsel berkali-kali.

32 thoughts to “Optimalisasi Xperia Z”

  1. salam pak Herry, saya mau tanya apakah xperia z ini bisa saya maksimalkan buat kebutuhan kantor?. karna pekerjaan saya sebagai seorang publik relationship, saya membutuhkan sebuah perangkat yang menunjang kebutuhan kerja saya plus hoby fotografi dan musik. terima kasih sebelumnya pak.

  2. Pak Herry…
    saya baru membeli xperia z kemarin. tapi saya punya masalah
    1. waktu saya mau update ke JB 4.3 kata service centrenya belum bisa. padahal di websitenya udah ada.
    2. ketika dirumah saya mencoba kameranya, di layar itu tampilannya banyak noisnya (sebelum di shut) . padahal untuk pengaturannya sudah saya lihat tidak ada yang aneh. apakah xperia z saya ada masalah dengan softwarenya ya pak Herry?

    1. Pak Faid,

      1. Saya tidak mengikuti perkembangan sistem operasi Xperia Z. Anda menyatakan di situs sudah disebutkan bahwa ada update ke Jelly Bean 4.3 untuk Xperia Z. Pertanyaan saya, Anda membaca di situs resmi Sony atau bukan? Kalau di situs resmi Sony, apakah ada penjelasan bahwa update juga telah tersedia untuk Xperia Z Indonesia? Kadang update dilakukan bertahap, tidak langsung di seluruh negara.

      Cara termudah sebenarnya mengecek status firmware langsung dari ponsel. Kalau dibilang sudah terbaru, ya berarti memang belum tersedia update.

      2. Setelah difoto, hasilnya apakah juga ada banyak noise? Kalau tidak, hal itu tak masalah.

  3. 1. ternyata beda service center beda juga ketersediaan update , pak. saya ini tadi habis dari service Xperia yg cabang klampis dan ternyata bisa.

    2. hasil foto juga banyak noise nya lho pak herry. tapi tadi pas saya tanya di service centernya mereka bilang emang gitu. saya bingung pak masak kamera sekelas Xperia z noise nya bisa ajib gile gitu.

    1. Pak Faid,

      1. Wah, kok bisa nggak seragam ya. Namun, syukurlah sudah bisa di-update. Gratis kan, Pak?

      2. Noise-nya itu saat kondisi seperti apa tho? Kebetulan saya masih menyimpan satu foto yang saya jepret saat naik taksi di malam hari. Ini tautannya http://s30.postimg.org/fg5h7y21d/Foto_16.jpg. Ada noise, tetapi masih dalam batasan yang bisa ditoleransi.

  4. Pak Herry…
    1. iya pak, saya juga bingung. dan yang bikin bingung lagi untuk update versi android dikenakan biaya 50rb untuk yang masih punya garansi. kalau garansi sudah habis bayar 100rb. Sony care emang sangar ya pak Herry? hheheheheee

    2. heheheee saya juga bingung jelasinnya gimana pak. noise yang di gambar pak Herry itu udah berupa foto. tapi di kamera saya ini noisenya pas kamera belum di take. nah lhoo…

    1. Pak Faid,

      1. Wah, meskipun bergaransi resmi, update firmware masih dikenakan biaya Rp 50 ribu ya. Ketika kebijakan itu muncul, langsung ada protes dari berbagai pihak. Sony waktu itu akan melakukan evaluasi. Eh, ternyata sampai sekarang masih berbayar.

      2. Saat membidik ada noise ya. Setelah dijepret, hasil fotonya apakah tetap mengandung banyak noise? Kalau tidak, ya tak apa-apa.

  5. Hp saya Sony Xperia z, hp saya baru ganti screen tapi saat melakukan panggilan layarnya gak nampak, setelah saya tekan tombol on off sekali baru layar panggilan nampak… Minta tolong dong.

    1. Pak Azhar,

      Apakah yang Anda maksud barusan melakukan penggantian screen protector (pelindung layar)? Kalau iya, saya curiga screen protector itu telah menutupi proximity sensor. Kalau mau, coba screen protector-nya dilepas.

  6. Hp saya xperia z. Blm lama ini update OS kitkat (4.2.2). Permasalahannya. Jika dipakai aktifitas multitasking. Seringkali home button,back,menu yg biasa ad di bagian bawah layar sering tidak muncul. Dan harus dilakukan restart. Mgkn bs dibantu untuk keluhan ini?

    1. Pak Faissal,

      Yang Anda maksud update ke 4.2.2 atau 4.4.2? Kalau 4.2.2 itu belum KitKat.

      Bila ternyata sudah update ke 4.4.2, coba lakukan factory data reset dulu. Factory data reset ya, bukan sekadar restart.

  7. salam pak ,
    knapa yah stelah di upgrade ke versi 4,4,4 kitkat sony xperia z saya tidak optimal , dan batrai sanagt boros , dan baru sbntar di mainkan sangat panas

  8. Misi pak, saya pake sony xperia z1, saya ga bisa make fitur kamera di hp ini dalam jangka waktu yg lama, kalo hp sudah sedikit panas camera tiba2 langsung off sendiri..

    1. Pak Hakim,

      Ya, ketika bodi ponsel panas, kamera otomatis akan shutdown. Boleh tahu hal itu terjadi ketika Anda memotret menggunakan mode apa?

      Dulu saya tidak mengalami kondisi di atas saat mencoba Xperia Z1. Namun, saya menjumpainya kala menguji pakai Xperia Z2.

  9. Jempol banget Pak Azhar yang sudah kasih tahu penyebab blank saat telp, sy mengalami hal tsb juga, tapi sy coba lepas temperred glassnya…. cling…. langsung normal lagi, trims ya Pak Azhar solusinya….

  10. ask bang henry kenapa ya setelah saya upgrade jelybean ke kitkat xperia z saya layarnya kedap kedip kadang ga keliatan sama sekali terus gimana cara perbaikinya tolong dong butuh pencerahan

  11. permisi pak, saya mau tanya

    saya baru saja reset data experia z1 saya, setelah itu hp tidak bisa terkoneksi ke internet, mohon bantuannya
    terimakasih

    1. Pak Yoga Adi Pratama,

      Kemungkinan hanya terjadi salah pengaturan. Cobalah memeriksa hal-hal berikut ini:
      1. Pastikan mobile data telah aktif.
      2. Pastikan pengaturan APN sudah benar. Usai di-reset, APN kadang menjadi kosong atau terisi, tetapi salah.

  12. selamat siang, saya mempunyai sony xperia Z LTE.
    Saya tidak bisa mengupdate versi android dari kitkat ke lollipop!

    Saya telah mencoba update via wifi dan manual melalui PC akan tetapi tidak bisa terupdate. Tolong minta bantuannya. thank.

    1. Pak Ajemot,

      Pertanyaan saya:
      * Apakah update ke Lollipop untuk Xperia Z itu sudah muncul? Saya sudah tak mengetahui perkembangan ponsel itu lagi. Kalau belum ada update-nya, ya takkan bisa di-update.

      * Kalau pertanyaan pertama dijawab “sudah ada update-nya”, saya berlanjut ke pertanyaan berikutnya. Apakah saat ini Anda memakai versi firmware resmi dan ponsel belum pernah di-root? Modifikasi atas dua hal itu bisa berpengaruh.

  13. Selamat malam…
    perkenalkan nama saya Adi , saya dri Aceh barat meulaboh,provinsi Aceh..
    Saya pengguna sony xperia z lte,saya membeli setahun yg lalu kira kira bulan september 2014.
    Sampai akhir tahun 2015 ini sony xperia z saya biasa biasa saja. hari ini tggal 3 januari 2016, dari pagi tadi sony xperia z ketika saya aktifkan internet baik melalui wifi atau seluler sudah merestart lebih dari 10x.padahal saya menghapus semua aplikasi yg tidak berguna, dan sudah jga saya mereset ulang semua versi pabrik maupun versi tombol power +volume atas. Pertanyaan saya sampai malam hari ini tggal 3 januari 2016 hari minggu, bagaimana cara supaya sony xperia z lte saya tidak merestart dengan sendiri nya dan saya bisa kembali melakukan aktifitas internet melalui wifi atau seluler.. Trima kasih….

    1. Pak Adi Syahputra,

      Kalau membaca cerita Anda, langkah-langkah pertolongan pertama pada kerusakan ponsel telah Anda lakukan. Namun, ternyata ponsel tetap sakit. Jadi, tampaknya Anda harus membawa ponsel itu ke tempat servis. Saya menduga ada kerusakan pada hardware. Komponen yang bermasalah perlu diganti.

  14. Tolong pak berikan saya kiat kiat nya supaya saya bisa memperbaiki sony xperia z lte saya
    Sebelum saya bawa ke tempat service hp…
    Trima kasih…

  15. Dear bapak Herry,
    Saya pengguna xperia z lte dan saat ini ada problem pada jaringa GSM ( 2 G) jadi pada saat saya berada di area yg blm ada JaringN 3G handphone saya tdk dpt menangkap sinyal, akan tetapi kalau berada di area 3G hp normal seperti biasanya. Saya menggnkn android 5.1.1 dan udah coba downgrade ke 4.4.4 & 5.0.1 hasilnya tetap nihil.
    Mohon dibantu solusinya.

    Salam,
    Aji

    1. Pak Aji,

      Pengaturan jaringan sudah otomatis? Kalau sudah dan tetap gagal dapat sinyal 2G, silakan memeriksakannya ke pusat perbaikan resmi Sony.

  16. Salam. Saya mau bertanya, hp saya Sony Xperia ZL ingin mengaktifkan 4g Lte tetapi saya setting tidak ada option tersebut. Kartu perdana saya sudah 4g lte, bagaimana solusinya?

    1. Pak Afud,

      Xperia ZL-nya apakah eks-garansi resmi? Apakah Anda berada di area layanan 4G LTE?

      Kalau iya, coba masuk ke menu telepon, tekan *#*#4636#*#*, pilih phone information, set preferred network type, lalu pilih yang LTE/WCDMA/GSM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *