Ori, OEM, dan OC, Apa Bedanya?

Suatu saat Anda mungkin perlu membeli aksesori ponsel, entah baterai, charger, atau case pelindung. Supaya tidak terkelabui oleh sebagian penjual yang bertingkah nakal, sebaiknya Anda memahami istilah-istilah yang lazim mereka pakai. Apa saja?

Ori. Maksudnya, barang yang ditawarkan adalah produk orisinal alias asli. Baterai ori Samsung, misalnya, bermakna bahwa baterai tersebut memiliki wujud dan kualitas yang sama dengan baterai yang diperoleh konsumen saat membeli ponsel baru Samsung.

KW. Sebenarnya merupakan singkatan dari kualitas. Produk KW pasti bukan produk orisinal. Ada beragam tingkatan produk KW yang ditandai dengan angka. Semakin kecil angkanya, semakin bagus kualitasnya. Istilah yang paling sering dipakai adalah KW1 dan KW3. KW1 berarti produk bukan orisinal itu memiliki kualitas relatif bagus. Kualitas nomor satu deh. Sementara itu, KW3 bermakna berkualitas ala kadarnya. Harga produk KW3 biasanya murah meriah. Soal daya tahan, Anda tentu sudah bisa menebaknya.

OEM. Kependekan dari original equipment manufacturer. Definisi OEM yang sebenarnya, produk tersebut sama dengan produk orisinal, tetapi dijual dengan merek berbeda dan melalui jalur distribusi yang mungkin tidak sama. Di Indonesia, definisi OEM telah diplesetkan sedemikian rupa. Produk yang di sini dibilang OEM lebih sering merujuk pada produk non-orisinal alias KW.

OC. Singkatan dari Ori China. Ini sih sebenarnya akal-akalan penjual supaya produk tidak orisinal atau KW terkesan orisinal.

99 persen ori. Lagi-lagi istilah ini diciptakan oleh penjual “kreatif” untuk mengesankan produk yang dijualnya orisinal. Padahal, sebenarnya tidak ada batasan setengah orisinal, hampir orisinal, atau 99 persen orisinal. Pembagiannya jelas: orisinal alias asli dan tidak orisinal. Dengan demikian, produk 99 persen ori tetap bukan orisinal. Produk yang disebut 99 persen ori sama saja dengan produk KW1.

Ori loose pack. Jenis produk ini sebenarnya jarang ditemukan. Namun, supaya tak bingung bila kelak menjumpainya, tak ada salahnya kini Anda juga mengetahuinya. Ori loose pack sebenarnya adalah produk orisinal yang karena alasan tertentu dijual tanpa kemasan. Harga produk ori loose pack bisa lebih murah puluhan persen dibandingkan produk orisinal dengan kemasan.

35 thoughts to “Ori, OEM, dan OC, Apa Bedanya?”

    1. Pak Ansor,

      Asalkan benar copotan dari acang lain dan statusnya baru + orisinal, lalu dijual kepada peminat, dapat dimasukkan ke dalam kategori “ori loose pack”.

      Yang kasihan adalah pembeli acang yang baterainya diambil itu. Sebab, bukan mustahil si konsumen akan mendaptakan baterai bukan orisinal yang oleh konsumen dianggap orisinal. Harus diakui, kadang ada penjual yang nakal.

  1. Saya pernah ditawari aksesoris hp, plantronics m165, hands-free bluetooth. Istilahnya bulk packaging. Kesan orisinil, mungkin ini seperti istilah loose pack di atas ya?

  2. Pak Herry SW sorry agak nyimpang dikit. Di Acer Liquid E2 ada tertulis “STORAGE SPACE RUNNING OUT – Some System Functions May Not Work”. Bagaimana cara mengatasinya. Mohon Petunjuk…..

    1. Pak Daniel,

      Memori internal ponsel tampaknya penuh. Pindahkan file-file multimedia ke kartu microSD. Bila masih muncul pesan yang sama, berarti sebagian aplikasi tambahan juga perlu dihapus.

    1. Pak Daniel,

      Sisa 42 MB masih kurang besar. Sebaiknya dijaga jangan sampai di bawah 100 MB. Lebih baik lagi kalau tidak kurang dari 300 MB.

  3. ini say mau beli lcd hp gan soal nya tadi pas ldkp jatoh di kolam aor terjun terus pas di nyalain touchscren mah lancar bgtt cuman lcd jadi ada warna biru pas nanya lcd nah lcd nya oem, kira” lancar ngga ya apa nanti jadi jelek tampilan nya?

  4. Mau tanya, saya baru pakai ip5s ex japan 2 bulan. Tapi 4-5hari kebelakang jadi memakan waktu lama saat pengecasan. Sekitar 9jam baru full. Biasanya charge 3jam sudah full. Sblm jadi seperti ini ada peringatan “perangkat yg anda gunakan tidak mendukung” seperti itu. Ada teman sy yg bilang kemungkinan charger saya OEM karena produk iphone ex japan biasanya oem aksesorisnya.apakah benar seperti itu? Terimakasih

    1. Bu Dina,

      Kalau membaca paparan Anda, tampaknya charger, kabel charger, atau keduanya bukan orisinal. Bukan orisinal, bukan OEM, melainkan memang palsu.

  5. Selamat siang Pak Herry

    Apakah dampaknya jika mengganti batre bawaan handphone dengan batre KW atau palsu
    karena kadang di temui toko yang curang bilang batre ori ternyata palsu

    1. Pak Avian,

      Daya tahan baterai lebih buruk daripada baterai orisinal. Dalam kondisi tertentu, pengguna baterai abal-abal bisa membahayakan ponsel maupun penggunanya.

  6. Terimakasih Pak Herry
    Saya pernah membeli Batre ASUS Zenfone C di salah satu pertokoan aksesoris ponsel, pihak penjual bilang batre original dan dia jual Rp.125rb, karena saya orangnya awam tidak banyak ngerti, jadi saya percaya saja, selang sehari saya pakai masih sudah cepat habis, dan kedua harinya tiba tiba ponsel mati pada batre 70%
    Saya nyalain lagi langsung lowbat di bawah 10%, kemudian saya tanyakan sama service ponsel dan mereka bilang batre palsu, kemudian saya complain sama penjual nya, namun mereka lepas tanggung jawab dan mengatakan bahwa cara ngecas yang saya lakukan salah

    Maaf saya sedikit bercerita pak, terimakasih

  7. Pak,saya kan mau beli adaptor ama lighting cable buat iphone saya,yg jualnya dia barang oem asli
    Kira2 ngaruh gak ya ke hp nya,takut kenapa2

    Atau saya beli yg merk2 kya baseus,aukey tp yg udh mfi

    Mohon sarannya

    1. Bu Rahma Novia,

      OEM asli? Harga berapa nih? Saya agak curiga dengan keasliannya.

      Ya, mending beli merek Aukey atau Baseus yang sudah MFI.

  8. Mau tanya, saya mau ganti lcd iphone cuma bingung mau pake yang mana. Kemarin ada yang nawarin grade a dan oem. Untuk dua tersebut perbedaan nya apa ya ? Terima kasih

    1. Pak Rifa,

      Menurut saya, langkah terbaik adalah melakukan penggantian di pusat perbaikan resmi.

      Grade A maupun OEM yang Anda sebutkan, berani saya pastikan bukan suku cadang orisinal. Kualitasnya meragukan.

  9. pak, saya mau mau ganti LCD saya dgn yg baru karena layar ip 5 saya hitam semua gitu, tapi mesin nya masih nyala. kemarin-kemarin cuma muncul garis-garis putih saja tp skrg malah hitam semua– ada garis garis putih dikit dan gak bisa di apa apain. jadi saya mikirnya itu LCD nya yg rusak mungkin karena jatuh minggu lalu.LCD saya yang sekarang ori, dan saya mau ganti, di tempat perbaikan ip itu LCD nya oem dgn harga 400k. apakah itu harganya normal/ mahal dan kira-kira menjamin/ tidak ? terimakasih pak. mohon dijawab secepatnya karena saya bingung sekali besok mau benerin hp atau tidak.

    1. Bu Manda,

      OEM versi pedagang sih 99,999% bukan orisinal alias aspal. Terserah Anda mau ganti atau tidak. Soal mahal tidaknya, tak berani saya pastikan. Sebab, bergantung pula tingkat kualitas suku cadang yang dipakai. Nggak menjamin sih.

  10. Halo Pak, sy ada bbrp pertanyaan mohon dijawab
    1.Lebih baik ex usa atau ex japan pak? Sertakan alasan.
    2. Jika kita ttp memakai acc OEM bagaimana dampak nya dan solusi nya?
    3. Mending mana kita beli Iphone kondisi New tp garansi distributor atau 2nd ori?
    Terima kasih sblmny Pak, semoga berkenan utk menjawab nya

    1. Pak Mastika Purba,

      1. Tidak keduanya. Sebab, selain tanpa garansi resmi, spesifikasi hardware mungkin tidak optimal untuk pemakaian di Indonesia.

      2. OEM versi pabrikan atau OEM versi pedagang? OEM versi pedagang sih sama artinya dengan aksesori palsu. Dampaknya bergantung jenis aksesori yang Anda gunakan. Kalau sekadar jelly case, tak masalah. Kalau baterai, performa tak sebagus yang orisinal. Solusinya? Ya gunakan aksesori yang orisinal atau bukan orisinal, tetapi tepercaya.

      3. Bekas, tapi masih dalam masa garansi resmi (bukan garansi distributor).

  11. Mohon sedikit pencerahan pak heri…
    Saya mau ganti LCD huawei Y6 2.. kalau d cervice center hargax 540… sedangkan d online shop hargax skitaran 250an… kira2 itu yg 200rbuan barang ori ngak..?? Coz klu harganya jauh banget sama yg d CC..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *