Padamkan Ponsel Sebelum Naik Pesawat

Pemukulan yang dilakukan Kepala Dinas Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Bangka Belitung terhadap pramugari Sriwijaya Air memantik satu topik lama. Yakni, soal larangan mengaktifkan ponsel di dalam pesawat terbang.

Larangan itu diatur di pasal 54 huruf f Undang-Undang nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan. Disebutkan, “Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan dilarang mengoperasikan peralatan elektronika yang mengganggu navigasi penerbangan.” Direktur Keselamatan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara melalui surat nomor AU/4357/DKP.0975/2003 juga telah menginstruksikan pelarangan pemakaian ponsel di dalam pesawat.

Airplane mode

Penulis sejak lama berupaya mematuhi peraturan itu. Sebelum menginjakkan kaki ke pesawat, seluruh ponsel dan tablet telah dipadamkan. Seringkali semua acang alias gadget itu sengaja penulis masukkan ke dalam tas. Penulis baru mengaktifkannya kembali setelah meninggalkan pesawat.

Meskipun demikian, jujur, penulis pernah dua kali tak sengaja mengaktifkan ponsel selama berada di dalam pesawat. Penulis baru menyadarinya setelah keluar dari pesawat. Kejadian pertama dipicu oleh tombol power yang tak sengaja tertekan benda lain di dalam tas. Sedangkan kasus kedua terjadi karena proses pemadaman ponsel ternyata belum tuntas.

Belajar dari dua pengalaman itu, penulis memperoleh jurus tuntas pemadaman ponsel saat hendak naik pesawat. Kalau diterapkan, ponsel ibarat dinonaktifkan dengan kunci ganda. Andaikan satu terbuka tanpa disengaja, masih ada satu kunci pengaman lain. Anda pantas mencobanya.

Bagaimana caranya? Pertama, mayoritas ponsel keluaran terkini dilengkapi fitur airplane mode, flight mode, atau modus pesawat. Segera aktifkan modus tersebut begitu Anda mendengarkan panggilan naik ke pesawat. Kalau ponsel yang Anda gunakan kebetulan tidak dibekali airplane mode, aktifkan kode PIN kartu SIM. Dengan demikian, saat kelak ponsel diaktifkan, Anda diminta memasukkan kode PIN dulu.

Penulis cenderung menyarankan aktivasi airplane mode daripada kode PIN kartu SIM. Sebab, ketika permintaan memasukkan PIN muncul di layar, sebagian ponsel sebenarnya telah berusaha mengakses jaringan seluler. Hal serupa tak terjadi di airplane mode.

Kedua, usai melakukan langkah pertama, padamkan ponsel. Perhatikan tampilan layar ponsel. Sebagian ponsel meminta konfirmasi lanjutan saat pengguna hendak mematikannya. Setelah ponsel diyakini padam, Anda baru boleh memasukkannya ke dalam saku atau tas.

Selamat mencoba dan gunakan setiap kali akan naik pesawat. Bantulah penumpang lain yang terlihat kesulitan memadamkan ponsel. Pengamatan di lapangan membuktikan, ada penumpang yang sebenarnya ingin mematuhi peraturan, namun ia tak mengetahui cara mematikan ponsel. Konyol, tetapi benar-benar terjadi.

20 thoughts to “Padamkan Ponsel Sebelum Naik Pesawat”

  1. Masalah yang satu ini benar-benar menyedihkan ya pak? Seringkali saya naik pesawat namun banyak yang ‘mokong’. Menurut saya karena ada peraturannya, tetapi tidak diikuti ketegasan menegakkan aturan tersebut. Mestinya pihak maskapai penerbangan diberi wewenang untuk bertindak kalau ada yang mokong. Misalnya hapenya disita, kalo menolak disita nanti pas turun pesawat lgs berurusan dengan security bandara.

    1. Pak Yusuf,

      Iya, Pak. Banyak yang bandel. Saat naik pesawat, saya sering menyindir bahkan kadang terang-terangan menegur penumpang lain yang duduk satu baris dan masih nakal berponsel. Hasilnya, saya nyaris selalu malahan dipandang dengan tatapan mata tidak menyenangkan.

      Mestinya ada penegakan peraturan yang tegas. Bila perlu, ada shock therapy. Penumpang yang melanggar diproses sampai ke meja hijau.

    1. He.. he.. saya jadi penasaran. Kalau yang saya jadikan foto contoh ponsel Samsung, kira-kira Pak Rudy masih melontarkan komentar atau tidak ya.

    1. Bu Melisa,

      Saat pesawat hendak tinggal landas sampai lampu tanda kenakan sabuk pengaman dipadamkan, ponsel seharusnya mati total. Tidak cukup hanya flight mode. Demikian pula ketika pesawat akan mendarat sampai benar-benar berhenti di tempat parkir.

  2. klo di android, di menu testing ada pilihan utk turn off radio. apakah ini bisa dipakai? krn android saya utk reboot / restart lumayan lama. klo dimatikan si cpt tp proses bootup nya yg agak lama.

    1. Pak Eko,

      Saya belum pernah coba menu testing itu. Dugaan saya, turn off radio itu sama dengan airplane mode. Jadi, semestinya bisa dipakai.

  3. pak, bahas juga spy teman2 jg mau lapor nomor penipuan saya pernah coba, dan dapet tanggapan dr providernya..

  4. Hehe… kalo laranganan menggunakan toilet ketika transit (pesawat lagi refueling) kira-kira apa reasoningnya ya pak?. pengalaman transit kemarin di makassar, gak boleh turun, gak boleh nyalain hp, gak boleh juga ke toilet :).

    1. Pak Herbet,

      Detail teknisnya saya kurang tahu. Kalau kebetulan rekan pemantau thread ini ada yang mengetahui lebih detail, silakan turut berbagi informasi ya.

      Menjawab pertanyaan Pak Herbet, setahu saya, pengisian bahan bakar idealnya dilakukan ketika pesawat dalam kondisi tanpa penumpang. Meskipun demikian, karena berbagai hal, kadang pengisian bahan bakar “terpaksa” harus dilakukan saat ada penumpang di pesawat. Nah, untuk mengantisipasi kondisi terburuk yang mengharuskan penumpang harus keluar dengan cepat, maka dilakukan aneka pelarangan. Di antaranya, penumpang tak boleh ke toilet dan menyalakan ponsel. Penumpang harus duduk manis di kursi masing-masing dan dalam kondisi tidak mengenakan seat belt. Ya, seat belt alias sabuk pengaman tidak boleh dipakai.

  5. Berdasarkan logika saya,ketika pesawat lepas landas sampai tanda sabuk pengaman dimatikan dan ketika pesawat akan mendarat sampai selesai mendarat,gadget harus dimatikan, tidak cukup di airplane mode ataupun turn radio off. Kenapa begitu? Karena gelombang elektromagnetik nya berpotensi mengganggu proses take off dan landing,entah navigasi nya ato apanya.
    Dasar logika saya adalah,yang harus dimatikan bukan hanya ponsel saja,tapi semua alat elektronik,termasuk laptop,music player,tablet.

    1. Pak Donny,

      Saya belum pernah memakai Treo 750v. Kalau Treo 650 pernah. Nah, bila merujuk ke Treo 650, satu-satunya cara untuk memadamkan total seingat saya adalah melepaskan baterainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *