Peduli Kecepatan, Abaikan Harga

Cheetah diyakini merupakan hewan darat tercepat yang ada di muka bumi ini. Ia mampu berlari dengan kecepatan sampai 110 km/jam. Hebatnya, untuk berakselerasi dari nol ke seratus km/jam, cheetah hanya memerlukan waktu 3,5 detik.

Barangkali terinspirasi kemampuan keluarga kucing bertubuh bongsor tersebut, modem ini diberi nama SpeedUp SU-9800U Cheetah. Sayang, biarpun memiliki nickname cheetah, warna bodi modem tetap dominan putih. Andaikan dibuat berbintik-bintik seperti tubuh cheetah, pasti ia akan lebih memikat mata.

SU-9800U kompatibel dengan layanan HSPA+ yang secara teori memungkinkan pengguna menikmati kecepatan unduh hingga 14,4 Mbps. Itu berarti 37,5 kali lebih cepat daripada kecepatan 3G yang hanya 384 kbps. Pengguna bebas memadukannya dengan kartu SIM seluruh operator GSM di Indonesia.

Setelah melewati serangkaian uji coba, SU-9800U terbukti andal dalam menjaring sinyal operator. Kalau pengguna kebetulan berada di area perbatasan antara jaringan 3G dan 2G, modem sesekali bakal berpindah jaringan. Padahal, berinternet di jaringan 2G biasanya kurang nyaman. Kecepatan maksimal yang bisa dinikmati takkan setinggi saat berada di jaringan 3G, apalagi HSPA.

Solusinya mudah. Pilih mode UMTS/HSPA only agar SU-9800U selalu berada di minimal jaringan 3G. Konsekuensinya, bodi modem akan terasa lebih hangat. Namun, tak perlu cemas. Biarpun suhu meningkat, modem tetap berfungsi normal.

Selain untuk melakukan akses data, SU-9800U bisa difungsikan sebagai pembaca kartu microSD. Sebuah slot microSD tersedia di modem berdimensi fisik 88 x 26,5 x 10,5 mm dan berat 30 gram itu. Ia mampu membaca kartu microSD berkapasitas hingga 16 GB.

Aktivitas ber-SMS maupun melakukan panggilan USSD juga dapat dilakukan via modem. USSD? Itu lho, parameter yang biasanya diawali dengan karakter * dan diakhiri dengan #. Misalnya, *123# dan *888# untuk mengecek sisa pulsa.

Dengan USSD pula pengguna dapat mengisi ulang pulsa atau berlangganan paket internet tertentu. Singkatnya, asalkan bukan bermaksud melakukan panggilan suara, pengguna tak usah melepaskan kartu SIM dari SU-9800U.

Kini satu unit SU-9800U baru dan bergaransi tiga tahun dibanderol Rp 799 ribu. Ia tepat dilirik oleh pengguna yang menomorsatukan kecepatan akses dan cenderung mengabaikan harga. Optimalisasi tertinggi baru terwujud bila modem itu dipadukan dengan paket data tercepat yang tersedia.

Kalau Anda sehari-hari sudah puas dengan layanan internet unlimited bertarif puluhan ribu per bulan, percayalah, SU-9800U bukan untuk Anda. Kecuali, Anda ingin laksana mengendarai mobil Ferrari di perkampungan.

3 thoughts on “Peduli Kecepatan, Abaikan Harga

  1. Kalau untuk saat ini, harganya berapa ya Pak Herry?
    Masih ada atau sudah discontinue?
    Sudah lama juga Pak Herry tidak membahas tentang modem.
    Kira2 saat ini yg ‘best buy’ dan ‘unlocked’ untuk GSM dan CDMA apa ya Pak?
    Mohon maaf bila pertanyaannya terlalu banyak.
    Terima kasih.

  2. Pak Budi,

    Saya kurang update tentang ketersediaan SU-9800U Cheetah. Barusan saya masuk ke situs prinsipalnya http://www.mlwtelecom.com. Namun, nggak berhasil menemukan halaman untuk modem tersebut.

    Soal harga, terakhir saya lihat ada sebuah tempat yang menawarkannya Rp 570 ribu.

    Iya, sudah lumayan lama saya nggak review modem. Sebab, perkembangan modemnya sendiri agak stagnan.

    Untuk modem GSM unlocked, saya merekomendasikan SpeedUp 8900U alias X-Lite. Terakhir harga barunya Rp 299 ribu.

    Untuk CDMA EvDO unlocked, Huawei EC1261-2 (bukan EC1260-2 ya) menarik untuk dilirik. Harga jual terakhir Rp 300 ribuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *