Penantang Berat Xperia arc

Peranti android LG Optimus 2X ini sebenarnya belum beredar resmi di Indonesia. Namun, penulis kebetulan berkesempatan mencobanya sejak akhir bulan lalu. Pemakaian NVIDIA Tegra 2 1GHz dual-core processor menjadi daya tarik utama Optimus 2X. Ia adalah ponsel cerdas pertama yang menggunakan prosesor dual-core.

Bayangkan sebuah pekerjaan dituntaskan oleh dua otak sekaligus. Bakal lebih cepat selesai, bukan? Itulah yang akan dinikmati oleh pengguna Optimus 2X. Peranti android tersebut terasa lebih gegas dan trengginas.

Layar Optimus 2X yang bernama lain LG P990 itu, menurut penulis, lebih prima daripada layar Xperia arc yang mengadopsi Sony Mobile BRAVIA Engine. Dulu, saat kali pertama melihat layar Xperia arc, penulis tak sampai memperoleh kesan wow. Hal bertolak belakang terjadi ketika penulis menyentuh Optimus 2X. Kesan wow langsung mencuat pada pandangan pertama.

Di situs LG.com, spesifikasi layar Optimus 2X tertulis hanya “TFT LCD WVGA 4.0 capacitive touchscreen“. Penelusuran lebih lanjut di www.corninggorillaglass.com menunjukkan bahwa Optimus 2X ternyata memanfaatkan Gorilla Glass yang dikenal tangguh.

Optimus 2X dibekali kamera ganda. Kamera utama dengan fitur autofocus dan lampu kilat terdapat di bagian belakang. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan rekaman video high definition 1080p. Sedangkan kamera kedua di sisi muka, beberapa milimeter di kanan atas layar. Kamera itu sanggup memproduksi foto 1,3 megapiksel dan rekaman video VGA.

HDMI mirroring dan 7.1 multi-channel virtual surround sound adalah sebagian fitur lain Optimus 2X. Andaikan paket penjualan peranti itu kelak menyertakan kabel HDMI, pengguna akan leluasa menikmati game di layar lebar. Caranya, hubungkan Optimus 2X dengan televisi yang kompatibel. Maka, pengguna dapat bermain Angry Birds atau balap mobil Raging Thunder dengan lebih lega.

Spesifikasi lain Optimus 2X, di antaranya, Wi-Fi, bluetooth, GPS terintegrasi, dan mendukung layanan HSDPA 7,2 Mbps. Peranti berdimensi fisik 122,4 x 64,2 x 9,9 mm itu juga dibekali dengan memori internal delapan gigabyte, slot microSD, dan radio FM.

Sony Ericsson Xperia arc versus Optimus 2X? Bodi Xperia arc lebih manis dan seksi. Untuk pemotretan di tempat berpencahayaan kurang memadai, kamera Xperia arc juga berhasil mengungguli Optimus 2X. Tetapi, selain dua poin tersebut, Optimus 2X lebih menarik ketimbang Xperia Arc.

Bocoran informasi yang penulis peroleh, sebelum April 2011 berakhir, Optimus 2X akan resmi dipasarkan di tanah air. Sistem operasi yang digunakan android 2.2 alias froyo dan nantinya bisa di-upgrade ke android 2.3 alias gingerbread. Harga jualnya direncanakan Rp 5 jutaan.

Kalau LG ingin mengguncang pasar, idealnya Optimus 2X dibanderol beberapa ratus ribu rupiah lebih murah daripada Xperia arc. Bila itu dilakukan, Optimus 2X bakal benar-benar menjadi penantang berat Xperia arc dan aneka peranti android high end.

 

Sumber foto: LG.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *