Pengalaman Pertama Klaim Garansi Ponsel Nubia

Nubia? Raut wajah lawan bicara mungkin spontan terlihat bingung ketika Anda menyebutkan merek asal Tiongkok itu. Ya, ponsel bermerek Nubia memang masih kurang dikenal. Ia belum sepopuler Samsung dan Oppo.

Seandainya ada yang mengaku pernah mendengar Nubia pun, barangkali mereka menyangka Nubia adalah salah satu seri ponsel yang ditawarkan ZTE. Padahal, realitanya kini tidak demikian. ZTE memang masih memiliki saham di Nubia. Namun, Nubia sudah berdiri terpisah dengan ZTE. Mirip Huawei dengan Honor begitu deh. Ada “hubungan darah”, tetapi telah dibiarkan hidup mandiri.

Inilah logo Nubia. Cobalah iseng menunjukkannya kepada orang-orang yang tidak terlalu mengikuti perkembangan ponsel. Mintalah mereka membaca merek itu. Mungkin mereka bakal melafalkannya sebagai Nuoio, Nuolo, atau Nubiq.

Penulis alias HSW pun belum terlalu akrab dengan ponsel Nubia. Baru tiga tipe Nubia yang pernah dicoba. Kira-kira empat tahun lalu, HSW mencicipi ZTE Nubia Z15S Mini yang dijual via Lazada. Saat itu di depan kata Nubia masih ada awalan ZTE.

Berikutnya, pada Mei tahun lalu HSW mencicipi Nubia M2 yang di Indonesia dirilis resmi bersamaan dengan Nubia M2 Lite dan Nubia N1 Lite. Terakhir, bulan lalu HSW mencoba Nubia M2 Play yang sebagian spesifikasinya mirip dengan Xiaomi Redmi 4X.

Setelah beberapa lama dipakai, ada sesuatu yang tidak normal dengan layar M2 Play itu. Tampilan kaca di kanan bawah layar berbeda dibandingkan area lain. Terserah akan Anda sebut sebagai kabut atau bayangan.

Dalam pemakaian sehari-hari, ketika layar ponsel menyala, perbedaan tampilan kaca itu sebenarnya tidak mengganggu. Namun, lama-kelamaan mata HSW gatal juga melihat pemandangan tersebut. HSW memutuskan melakukan klaim garansi. Hitung-hitung sekaligus mencoba layanan pusat perbaikan resmi Nubia.

Pada Jumat minggu lalu, 23 Februari 2018, saya meluncur ke pusat perbaikan resmi Nubia di Jl Kedungdoro 26A. Tiba di sana pukul 13.03, beberapa konsumen tampak sedang antre. Tak satu pun petugas yang terlihat melayani. Ternyata karyawan pusat perbaikan resmi Nubia itu masih istirahat.

Ketika melihat foto di atas, di benak Anda mungkin langsung muncul pertanyaan, “Mengapa pusat perbaikan resmi Nubia memajang logo Hisense?” Ceritanya begini. Pusat perbaikan resmi Nubia dan Hisense di Surabaya dikelola oleh pihak yang sama. Lokasinya pun sama. Satu atap, dua merek.

Kalau Nubia masih rutin menghadirkan produk baru, hal bertolak belakang berlaku atas Hisense. Ponsel merek tersebut di Indonesia sudah mati suri. Tak ada lagi tipe baru. Walaupun demikian, pusat perbaikan resminya masih beroperasi untuk melayani perbaikan ponsel Hisense yang beredar di pasar.

Kembali ke Nubia. Sekitar pukul 13.10 dua petugas kembali ke meja kerja. Satu pria, satu wanita. Dengan cekatan mereka melayani konsumen. Tibalah giliran HSW yang bergegas menceritakan permasalahan di layar M2 Play. Petugas melakukan pengecekan.

Sesaat kemudian, petugas menyatakan proses perbaikan membutuhkan waktu dua jam. HSW boleh menunggu di lokasi, boleh pula kembali pada sore hari. Karena jadwal aktivitas sore itu padat, HSW memilih datang lagi keesokan harinya. Petugas membuat selembar tanda terima perbaikan yang lupa difoto untuk dokumentasi.

Sabtu, 24 Februari 2018. Menjelang pukul 10.30 HSW menginjakkan kaki di pusat perbaikan resmi Nubia. Kebetulan tak ada konsumen lain sehingga HSW langsung dilayani. Tak sampai lima menit, M2 Play dengan layar yang telah kembali kinclong HSW terima. Tiada lagi kabut atau bayangan di permukaan kaca ponsel. Jadi, klaim garansi ponsel Nubia ternyata….

158 thoughts to “Pengalaman Pertama Klaim Garansi Ponsel Nubia”

  1. Pak herry,
    Bisa dikatakan pelayanan servis center nubia masuk kategori memuaskan atau cukup memuaskan..?
    Matur nuwun jawabanipun

      1. Pak Herry,
        Saya M2 tidak berfungsi tombol sidik jari dan klaim garansi 3 Minggu baru kembali karena katanya diservis di Jakarta, masalahnya cuma semalam penyakitnya kambuh lagi
        Wajah bagaimana ini sementara rumah saya di kab.soppeng 200 km dari Makassar tempat servisnya
        Tolong masukannya bagaimana kira2 solusinya

        1. Pak Isharianto,

          Silakan hubungi pusat perbaikan resmi yang kali terakhir menangani keluhan Anda, lalu tanyakan alternatif solusi terbaik yang bisa mereka berikan.

        2. Mas isharianto, sya juga mengalamai kerusakan fingerprint pada m2 saya, gimana fingerprint m2 nya mas ? Udah bisa ?

      2. Pak herry, ini service centernya di Surabaya kah, punya saya tombol tengahnya gk bisa fungsi sama sekali, hp nubia m2. Padahal baru 2 hari

    1. Hp ku Nubia M2 lite layar / kacanya pecah , padahal aq beli sudah 8 bulan, di konter As mastrip bojonegoro,
      dan aq tanyakan , haru di bawa ke service center surabaya, ongkos kirimnya 20.000,- lansung bayar.
      untuk biaya nya nunggu telepon …. sampai berapaRp… ?… yaaa kira kira … dan berapa lama bojonegoro surabaya an surabaya bojonegro. belum jelas kapan selesainya..
      jangan jangan biayanya seperti hp ki Huwawei . ku yang pecah ongkosnya ooooooooooo sama de beli hp baruuu.. padahan masi dalam masi garansi lho baru 2 bulan .

      1. Pak Yudi,

        Layar pecah kan tidak termasuk dalam jaminan garansi. Jadi, ya wajar kalau Anda diminta membayar.

    2. saya bisa minta bantuan untuk unlock jaringan di hp nubia z17 mini saya?karena hingga kini ndak bisa saya pakai menggunakan kartu telkomsel saya,coz nubia saya jaringannya cuma bisa smartfren.mohon pencerahannya.

      1. Pak Hariadi,

        Apakah ponsel Anda bergaransi resmi? Kalau iya, tinggal mampir ke pusat perbaikan resmi Nubia.

        1. Pak Mulyawan,

          Nubia Z17 Mini sejak akhir Maret 2018 sudah beredar resmi di sini kok.

          Tentang versi OS, saya tak tahu. Belum pernah uji pakai Z17 Mini.

  2. wah mantab juga ya om service centernya. btw saya pengguna nubia m2 play juga. ada masalah jika opsi baterai saver diaktifkan maka setiap 15 menit aplikasi yg dijalan pasti force close. apa punya om herry juga gitu?

    1. Pak Purwanto,

      Di luar dugaan ya. Selama ini layanan pusat perbaikan resmi Nubia kan misterius.

      Tak tahu. Battery saver tidak pernah saya aktifkan.

    2. Sesuai dengan fungsinya yaitu menghemat baterai, otomatis dia akan menghentikan aplikasi yang berjalan di belakang layar agar konsumsi daya berkurang, sebab aplikasi yang berjalan di belakang layar juga mengkonsumsi daya walau tidak sedang digunakan. Semoga jawaban ini sedikit membantu.

    3. Bener banget nih, saya punya m2play yg versi nya sudah 5. Ketika di setingan di sentuh baterai dia langsung kembali ke tampilan awal dipengaturan. Mungkin masih ada bugs atau gimana ya? Dan yang satunya punya ku m2 lite, main ML masih aman di geber berjam jam juga. Tp versi nya msh 4.
      Apa pengaruh ya?
      Mohon yang tau kasih pencerahannya

      1. sama nih klo gt, dan sinyal saya sering no service seringnya saat ngegame pake kartu apapun tetep no service. apa termasuk gangguannya nubia ya ada yg mengalami hal sama?

      1. Sepakat dengan pak HSW.
        Dulu sy pernah ganti mesin LG G2, total waktu dari no urut saya dipanggil, duduk dpn karyawan CS/service nya, hp dikerjakan dan selesai, cuma 15menit (yg lama di antri tunggu panggilan saja sekitar 1 jam ๐Ÿ™‚

  3. Ini kondisinya sama seperti saya dulu service Xiaomi Mi4i di Unicom pada tahun lalu. Waktu itu saya mau service flash ulang ke ROM asli akibat bootloop setelah saya pertama kali coba install2 ke custom rom setelah itu saya balik ke rom asli tetap bootloop. Kondisi waktu ke sana siang tidak terlalu ramai jadi setelah menunggu beberapa antrian langsung dilayani dengan cepat oleh Mbak2nya dan tidak dikenakan biaya apapun karena masih garansi.

  4. Pak Herry, maaf numpang tanya ttg nokia 8 di sini.
    Apakah pak Herry sdh mencoba nokia 8 dipasangi kartu smartfren? Punya saya tidak support volte smartfren, saya cari2 di setting jg tidak ketemu. Apakah benar begitu?
    Terima kasih.

    1. Pak Lotarynska G.,

      Bukan LCD-nya, melainkan kaca layar. Saya kurang tahu sebatas diperbaiki (diangkat lalu dipasang lagi) atau diganti baru. Sebab, kaca yang lama pun masih mulus banget.

      Iya, gratis.

  5. suka keliru nubia dengan nurbuat ๐Ÿ˜€

    btw harusnya istirahatnya gantian ya, jadi gak ada wajah2 konsumen yg penuh ketidakpastian ๐Ÿ˜€

  6. Pak herry, maaf OOT… saya lg cari HP yg kualitas kameranya bagus dan ada fitur bokehnya… sementara minatnya di Note 8, S9/S9+… lbh worth yg mana? Atau ada rekomendasi HP lainnya yg fiturnya setara (dan lebih murah)?

    1. Bu Listiani,

      Tak tahu. Lha belum pernah mencoba ketiganya.

      Fokusnya di fitur bokeh kan? Xiaomi Mi A1 Rp2,999 juta pun cukup.

  7. Pak Herry SW

    Mungkin pelanggan Nubia masih sedkit dan masih “asing” ditelinga pengguna. Sehingga teknis dan nonteknis bisa lancar, tapi apakah hp merk tersebut recomended untuk di jadikan Daily Driver? itu yang kita tunggu ulasan dari pak Herry SW. Terima kasih

    1. Pak Andeket,

      Ya, merek Nubia belum populer.

      Menurut saya, M2 Play kurang pas dijadikan daily driver. Perlu naik minimal satu kelas lagi. Saya takkan me-review-nya.

      1. Kalau begitu, saya mau tanya sekalian nih om, bila menurut om Herry, bagaimana spesifikasi HP minimal yang sudah mencukupi untuk dijadikan daily driver? Terimakasih sebelumnya.

        1. Pak Cedric,

          Setiap orang memiliki kebutuhan dan kriteria tersendiri. Kalau buat saya, ya setidaknya dibekali layar 5,5 inci, baterai 4.000 mAh, RAM 4 GB, ROM 64 GB, prosesor minimal kelas menengah (Snapdragon 6xx), dan kamera bagus (minimal seperti kamera Infinix Zero 5). Ponsel itu juga harus memiliki kemampuan dual SIM 4G-3G secara simultan.

          1. Pak HSW, u/ kriteria yg disebutkan diatas (layar 5,5 inci, baterai 4.000 mAh, RAM 4 GB, ROM 64 GB, prosesor minimal kelas menengah (Snapdragon 6xx), dan kamera bagus (minimal seperti kamera Infinix Zero 5). Ponsel itu juga harus memiliki kemampuan dual SIM 4G-3G secara simultan), mnrt bpk merk hp apa ya yg sdh memuat semuanya?

  8. Mntap pak herry, kbetulan saya baru2 pake nubia m2
    Apa selama pake nubia nya udah pernah dapet update versi pak herri ?
    Punya saya v 4.0 n gak ada notif update, tapi kata temen udah ada update, sbenernya si sya gak masalah ada apa kaga ๐Ÿ˜€
    Cuma penasaran aja

    Soal pengalaman sama pak, pda nanya itu hape apa, pas disuruh baca sendiri gak da yg bener baca nya ๐Ÿ˜€
    Sekali nya dikasih tau juga sama aja gk pernah denger kata nubia

    1. Pak Archiee,

      Saya lupa tepatnya. Rasanya baru satu kali dapat update, itu pun update minor.

      He.. he.. PR Nubia di Indonesia memang masih banyak.

  9. sekarang jamannya beli brand hp yg sanggup membereskan klaim garansi dalam hitungan hari, bahkan jam. uda ga jaman perbaikan butuh waktu berminggu-minggu atau sebulan. brand lelet dlm perbaikan harus ditinggalkan.

  10. koh, dulu waktu review redmi 5A pernah ada gejala layar agak kebiruan dikit di sebelah kiri dan kanan layar gak? Terus lampu notif LED nya cuma putih saja ya dan apakah bisa diganti dengan app pihak ketiga?

      1. tanya lagi dong koh.. ๐Ÿ™‚
        1. review nokia 8 keluar kapan ya? Jadi penasaran nih sama kualitas kameranya, soalnya di tempat review lain spt droidlime rata2 bilang klo kualitas kameranya kurang nendang utk ukuran flagship.
        2. Saya pernah lihat di sana juga di bagian komentarnya, katanya biar hasil pemotretannya maksimal sebaiknya install app google camera mod. Apakah koh herry udh pernah coba?
        3. Apakah servis center resmi nokia, baik yg masih bernama Nokia Care maupun udh merger sama Unicom mau menerima servis HP nokia HMD koh?

        1. Pak You,

          1. Masih lama deh. Kameranya tidak sampai jelek sih. Namun, kalau diadu dengan LG V30 Plus yang sama-sama pakai Snapdragon 835, kamera Nokia 8 jelas kalah lumayan telak.

          2. Tak pernah. Untuk uji pakai saya menggunakan aplikasi kamera bawaan.

          3. Nokia Care sudah lama tidak ada. Klaim garansi resmi Nokia sejak zaman Lumia sampai sekarang ditangani oleh Unicom Care. Status Unicom sebagai mitra. Jadi, bukan Nokia Care merger dengan Unicom ya.

  11. gimana om hasil servicenya? memuaskan?
    saya punya pengalaman kurang mengenakan dengan service center u**cr**n yang ada di ITC Depok om, hasil servicenya mengecewakan

  12. Pak Herry,
    Saya mau tanya di luar tema, apa iya Screen On Time bisa dijadikan patokan utama boros atau tidaknya baterai smartphone?
    Contohnya, baterai 16%, Screen On Time 4 jam-an, indikator baterai terakhir diisi penuh udah 23 jam lalu, aktivitas cuma buat chat dan sosial media, apa itu bisa dibilang boros Pak?
    Terima Kasih

    1. Pak Isa Muhammad,

      Buat saya, tak bisa dijadikan patokan. Lha kalau ponsel sering saya pakai untuk tethering, screen on time pasti rendah. Lain waktu, kalau saya sedang sering melihat-lihat foto di ponsel dengan mode airplane mode aktif, screen on time pasti tinggi.

      Untuk contoh yang Anda berikan, bergantung kapasitas baterai berapa dulu. Hal lain, berapa nomor yang siaga dan berada di jaringan apa?

  13. Pak Herry, itu cuma membersihkan layar aja, kan? Jadi bisa dibilang memuaskan.
    Bagaimana apabila kondisi layar pecah, atau baterai habis, apakah Pak Herry punya pengalaman (tidak memuaskan) dengan pelayanan aftersale produk asal Tiongkok lainnya?

    Jujur, saya sekarang sangat kecewa dengan Xiaomi, kebetulan baterai Xiaomi Mi4i saya sudah harus diganti (ponsel mati). Seminggu saya menunggu pesanan baterai tidak ada kabar, hingga akhirnya hari ini saya telpon dan kabarnya sangat mengecewakan, kata petugas Service Center Xiaomi BEC Bandung, baterai Mi4i sudah tidak diproduksi lagi.

    Jadi…. Produk Xiaomi kalau sudah begini, langsung buang aja ya Pak Herry.

    1. Pak Cep Dudan Rakhman,

      Bukan membersihkan layar. Kalau membersihkan layar saya bisa melakukannya sendiri. Mereka membereskan masalah di kaca layar. Entah itu kacanya diganti baru atau sekadar diperbaiki.

      Kalau layar pecah ya silakan membayar biaya perbaikannya, Pak. Baterai habis? Ya tinggal diisi ulang tho.

      Pengalaman tidak memuaskan dengan merek Tiongkok lain? Dalam beberapa tahun terakhir kebetulan belum ada.

      Masa edar Mi 4i di Indonesia kan sudah hampir tiga tahun, Pak. Jadi, ya agak wajar kalau suku cadang sudah sulit.

      1. Kalau memang tidak diproduksi lagi, saran saya sih beli baterainya secara online atau offline, kisaran 100 ribu an mungkin.

        Cara menggantinya juga banyak di youtube, ya jangan sampai karena hp baterai sudah jelek, ponselnya dibuang.
        Kan sayang.. hehehe..

  14. service center huawei juga cuma 2 jam kok, pengalaman pribadi service Huawei GR3 di ITC Roxy Mas
    diminta nunggu atau mau jalan22 dulu, saya jalan2 dulu aja makan kaepce

  15. Pak herry, karena gak ada reviewnya boleh nanya aja gak?
    Price to performance m2 play bagus gak,pak? Galau redmi 5 apa m2 aja ya? Saya gak pertimbangkan layar ya,pak.
    Terima kasih.

    1. Pak Dhyas,

      * Lumayan. Masih lebih bagus Xiaomi Redmi 4X.
      * Yang Anda tanyakan itu M2 atau M2 Play? Redmi 5 saya belum pernah coba.

    1. Pak Purwanto,

      Anggaplah sekarang Anda sedang menghadap ke layar M2 Play. Intiplah bagian bawah ponsel. Di sisi kiri dan kanan konektor charger terdapat lubang-lubang, bukan? Yang kanan lubang speaker. Nah… mikrofon tersembunyi di deretan lubang kiri.

  16. Om Herry,mau tanya yg recomended karena masih bimbang antara Nubia M2(M2 ya om bukan M2 play) dan samsung j7 prime.
    Mana yg lebih recomend om.
    Thanks.

  17. Pak Herry. Apa kabar?
    Xiaomi Mi A1 dengan Nubia M2 secara overall lebih baik pilih yang mana ya? Terima kasih ?

  18. Saya baru lihat yang secara langsung Nubia N1 lite,Om.itu di konter daerah saya.saya lumayan tertarik sih.sayang kelihatannya ponsel itu ndak bisa pakai smartfren,dilihat dari jaringannya.

  19. Ko misal kalo beli mi A1 online di market place yg official shop kok nggak diwajibkan mengasuransikan paket ya? Kalo rusak gegara pengiriman gimana ? Ngga bisa klaim dong? Lagian pihak Xiaomi sendiri juga bakal nggak mau ganti rugi karena rusak gegara pengiriman

    1. Pak Abdul,

      Mungkin si marketplace itu memiliki perjanjian khusus dengan jasa kurir, Pak. Saya tak tahu pastinya.

  20. mudah-mudahan meski pihak Nubia nya tahu, kalau yang melakukan klaim garansi adalah seorang reviewer gadget kondang, sehiingga respon mereka bagus

    layanan ini bisa dinikmati oleh orang biasa biasa saja

    hehehee

  21. Pak Herry,

    semoga nubia dan honor bisa bertahan.
    tidak seperti Flash yang dilepaskan Alcatel untuk mandiri, sekarang malah benar-benar mati.
    Untung hape-nya bandel dan cukup mumpuni sampe sekarang..

  22. Maaf pak Herry oot saya agak bingung ternyata Pak Herry belum pernah review hp Sharp R1. Malah tidak ada hp sharp di menu gawai. Heheh jadi penasaran kenapa ya?

  23. Pak, meskipun bapak belum pernah mereview handset ini :
    1. Honor 9 Lite
    2. Moto G6 Plus
    3. Nubia Z17 mini

    Manakah yg menurut bapak paling bikin penasaran untuk mencobanya? Saya butuh preferensi hp kekinian namun tidak pasaran Pak. Karena kalau beli Xiaomi atau Samsung itu pasti banyak yg pakai Pak. Dan biasanya setiap 2-3 tahun saya selalu ganti handset. Terima kasih

    1. Pak Inu,

      Item nomor 2 kan belum diperkenalkan resmi oleh Lenovo/Motorola di belahan dunia mana pun.

      Kalau 1 dan 3, saya lebih penasaran dengan Nubia Z17 Mini karena ia berpotensi menjadi ponsel bergaransi resmi dengan RAM 6 GB termurah.

      1. Om Herry

        Adakah info kapan rencana Nubia Z17 Mini akan dipasarkan resmi di Indonesia ?

        Terima kasih atas jawabannya ๐Ÿ™‚

      2. Pak harry,
        Mau tanya,
        Bln 1 saya ada beli M2 tp d wilayah sumatra,
        Tepatny provinsi riau,
        Baru 2 bln pakai langsung mati padam,
        Setiap d carger muncul lampu notifikasi,
        Tp gk bs d hidupkan lagi,
        Kira2 penyebabny apa ya pak,
        Adakah hubngan krn pkai carger ganti2 atw yg lain pak,
        Dan kalau mati padam apakah ada garansi?
        Trus utk servis nubia apakh hnya ada d pulau jawa pak?

        1. Sama seperti kasus yg aneh alami,,,saat comment ini ane tulis,,sdh 2 kali ini nubia m2 ane mati padam,,di charge hanya blink2 led notifnya,,,

  24. Pak herry,
    Apa benar hisense tidak akan mengeluarkan produk lg di indonesia?
    Saya pakai hisense pureshot+ juga berkat review pak herry. Rencana update ke hisense pureshot+ 2 seharga 1.8jtan krn saya puas pake hisense drpd merk lain. Tapi kendalanya,kalau mati suri..jgn2 nantinya hengkang dr indo jd repot.. bs minta referensi gawai seharga pureshot+ 2 yg minimal bs mengimbangi sgala aspeknya?tks

    1. Pak Rio,

      Ya, tidak ada produk baru lagi. Lha Hisense di Indonesia sudah berstatus mati suri kok.

      Memang tinggal menunggu waktu. Saat ini mereka tinggal mempertahankan operasional pusat perbaikan resminya. Sebab, ponsel yang sudah berada di tangan konsumen kan ada yang masih dalam masa garansi resmi.

      Hmmm… Rp1,8 jutaan ya. Nambah sedikit untuk beli Xiaomi Redmi Note 4 deh.

  25. Kalo pengalaman buruk service centre, tahun ini saya nobatkan s*ms*ng pemenangnya. Saya pernah service ke WTC surabaya karena slot sim terganjal. Setelah di cek ternyata ada yang salah masukin memory card ke sim slot. Waktu itu saya menolak ganti slot & tablet dikembalikan. Permasalahan baru muncul saat di rumah (tidak cek detail saat masih di service) saya baru menyadari kalo tombol volume tergencet cover. Saat saya kembali ke service centre, betapa kagetnya saya karena mbak “teknisi” (apakah mbak-mbak yg duduk di meja depan tersebut teknisi semua?) yang handle tablet saya bersikukuh kalo tablet saya saat datang pertama sudah dalam keadaan seperti itu. Padahal kondisi tablet saya tombolnya baik-baik saja saat sebelum di service. Adu mulut dengan si mbak yg sampai dg lantangnya bilang saya teknisi disini. Akhirnya saya minta ketemu supervisor nya. Sekali lagi pihak sana mengelabui saya karena yg datang bukan supervisor melainkan “mbak teknisi” lain yg lebih ramah. Dan terbukti, tombol volume saya memang terjepit casingnya. Si “mbak teknisi” pertama, sama sekali tidak minta maaf atas keteledorannya juga kebohongannya dg bilang tombol saya juga rusak waktu itu. Saya jadi mikir buat beli s*ms*ng lagi kedepannya kalo masalah sepele jadi panjang macam itu.

    1. Pak Arif,

      Samsung ya? Kalau yang Anda maksud pusat perbaikan resmi Samsung di lantai 2, yang duduk di belakang meja memang teknisi.

  26. Pak ijin tanya Nic
    Saya pakai Nubia m2 lite tetapi indikator batreinya tdk akurat tiba tiba mati sendiri dg kondisi masih 40? kemudian ketika di charjing lama untuk menuju 100? dan ketika digunakan indikator batreinya tidak turun semisal di angka 29 ? ..ya terus diangka itu tiba2 langsung drop alias mati sendiri

    Mohon pencerahan trims

    1. Pak Mawan,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      * Untuk mengisi ulang baterai sampai penuh, berapa lama waktu yang dibutuhkan?
      * Anda menuliskan ponsel mati sendiri saat daya baterai masih 40%. Lha di bawahnya kok Anda menyatakan indikator baterai tidak turun, misalnya terus di angka 29%? Manakah yang benar?

  27. Hallo… pak herry mau minta pencerahan dong, mending mana ya nubia M2 sama oppo f7? Kebutuhan si sebatas photografi, chating browsing, multimedia, dan game biasa aja.
    Mohon pencerahannya pak, terimaksih??

    1. Bu Olla,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Coret keduanya lalu membeli Xiaomi Redmi Note 5 saja.

    1. Pak Faza A.R.,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Normalnya tidak bisa. Namun, ada ponsel tipe tertentu yang memberikan garansi tambahan terhadap layar. Nah, kalau ponsel Anda kebetulan termasuk kelompok itu, Anda bisa mengajukan klaim garansi.

  28. Pak herry, kamera belakang nubia m2 saya kok hasilnya noisy (berbintik) ya? Pas ngeletekin plastiknya sih ada tulisan kalo ada lapisan biru gitu yg harus dibuka sebelum foto, tp kok saya ga nemu ya mana yg harus dibuka… Saya kepikiran kalau lapisan itu yg bikin iso kamera tinggi, makanya banyak noise. Ada saran pak?

    1. Pak Hioe,

      Cermati lagi kamera belakang ponsel itu. Kalau masih ada lapisan plastik yang menempel, lepaskanlah.

  29. Om Herry mau tanya. Klo semisal disuruh pilih, mending pilih redmi 4x ram 2/16, apa M2 play?

  30. Pak HSW..saya pake nubia m2play sekitar 1 mggu
    Di buat foto depan..lalu tiba2 mati total..
    Dan saya coba cas hp nya ko cm lampu ketap ketip di indikator pengisian nya..
    Dan ndak bisa di nyalakan lagi..
    Mau saya bawa ke garansi resmi..msh pada libur..
    Kira2 itu apanya ya pak?
    Makasih

    1. Pak Tri,

      Yang bisa memastikan teknisi ponsel. Silakan menanti libur Lebaran selesai lalu bawalah ponsel itu ke pusat perbaikan resmi.

  31. MAaf mas, mau nanya, hp nubia m2 lite saya sering muncul tulisan “mengoptimalisasikan aplikasi 1 dari 1” Kalau di matiin trus d hdupin lagi, atau pas sedang restart trus gak mau hdup normal dan mesti di wipe data dan aplikasi dlu baru normal. Padahal prmakaian ram baru 46% dari 4 gb. Itu apa bisa d klaim garansi ya? Beli nya baru februari kmrn. Makasih atas jawabannya

  32. Gara2 hp sialan ini (M2 play) aku sering kena semprot boss, istri & teman…gimana ngga dengan RAM 3GB masa aplikasi macam WhatsApp aja bisa Force Close sendiri padahal RAM masih tersisa banyak..Sebagai info saya beli baru hanya install app WA & FB saja..Kejadian force close ini juga terjadi pada aplikasi lain kaya FB, Music , File Manager dan aplikasi2 dengan bobot kecil..Dan itu hanya terjadi setelah 2 hari saya beli baru…Intinya saya sangat kecewa dengan kualitas hp ini…Ditambah kualitas kamera nya sangat buruk, hasilnya tidak bisa jernih dan cenderung grainy..Jangan pernah membeli produk Tiongkok satu ini..Kecewa berat pokoknya..Saya memang ga klaim garansi karena saya tau pastinya akan susah sekali karena pasti akan berputar2 saja..

          1. Maaf pak herry sw, mohon info untuk penggantian mesin nubia m2 lite kisaran berapa ya?terima kasih

          2. Pak Irwans,

            Silakan langsung menanyakannya ke pusat perbaikan resmi Nubia. Bila masih bergaransi resmi dan kerusakan bukan karena kesalahan pengguna, seharusnya gratis.

  33. Maaf pak heri..
    Saya pake nubia m2 play..

    Kesulitan utk update dan download apps…
    Kira kira gimana solusinya ya..
    Sudah coba clear data app..
    Masih pending download

    Makasih sebelumnya

    1. Pak Baiz,

      Apakah hal itu tetap terjadi walaupun ponsel terhubung dengan Wi-Fi? Kalau iya, mampir ke pusat perbaikan resmi untuk dicek deh.

  34. Hp Nubia m2play sy jatuh kena injak, kira2 ada tempered glass nya dan harga brp ??

    Mhn konfirmasi nya dr SBY

    1. Pak Umar,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Apakah yang Anda maksud sinyal operator hilang total? Kalau iya, seharusnya hal itu tak terjadi. Periksakan ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Nubia.

  35. Pak Herry maaf sblmnya
    Kebetulan saya jg pakai m2 play, lg main game kadang keluar sendiri, tanpa notifikasi apapun, layar jg bintik2 hitam, itu gimana cara ngatasinya yah

    1. Pak Fauzi Ghufron,

      Kebetulan saya jarang sekali main game. Coba periksakan ke pusat perbaikan resmi Nubia deh.

  36. pak heri hp saya m2 play baru 3 bln tiba” spiker bawah mati dan gak berfungsi saya bingung gmn cara mengatasinya,mohon info nya pak

  37. 2 bulan lalu saya beli hp nubia, beberapa hari ini lcd saya bermasalah kalau kontrasnya di tinggikan akan langsung kedap2 kira2 bisa di garansi kan tidak, kondisi hp nya masih bagus tidak pernah jatuh.

    1. Pak Robi,

      Kalau tidak pernah terjatuh, terbentur, atau terkena air, seharusnya bisa.

      Btw, lain kali pertanyaan yang sama cukup dikirimkan satu kali. Tak usah berulang-ulang seperti saat ini. Yang lain sudah saya hapus.

  38. Om HSW,mau tanya jika hape M2 jatuh(karena kesalahan pengguna),kemudian hape tidak bisa dihidupkan lagi,apa bisa klaim garansi?
    Jatuhnya dlm keadaan jongkok.

  39. saya punya nubia waktu main game kedahuluan drop terus di ces kok tidak mau mengisi katan teman saya aice nya tidak hidup. sedangkan garangsinya masih ada waktu, yang saya tanyakan apa masih bisa atau menganti sperart nya yang rusak itu, trim

    1. Pak Abdulrahman,

      Kalau masih dalam masa garansi resmi, langsung saja dibawa ke pusat perbaikan resmi. Bisa klaim garansi.

    1. Pak Mahmud,

      Silakan ke pusat perbaikan resmi Nubia. Penggantian harus dilakukan di sana. Anda tak boleh membeli komponen saja.

  40. Mohon info, saya mempunyai Nubia M2 Lite, utk baterai di layar masih terlihat 63% tiba2 mati sendiri … Setelah saya nyalakan baterai tinggal 1%. … Masalah seperti ini bagaimnakah penyelesaian ny ?? Trima kasih

  41. malam pk HSW, mau tanya hp sy nubia m2 mngalami krusakan lcd (lcd matot) sy ingin ke pusat perbaikan resminya ttpi servic senter di tmpat sya(plmbg) tdk ada, apa bsa sy kirim hp sy melalui kurir ke servis center yg d jkrta? mohon pncerahannya pak HSW

    1. Pak Rizal,

      Seharusnya bisa, asalkan sebelum mengirimkan ponsel yang bermasalah Anda berkoordinasi dengan pusat perbaikan resmi di Jakarta dulu.

  42. hp Nubia M2 mati karena di pakai Game anak saya erus drop dan tidak bisa di ces lagi, perna saya ces semalaman tidak bisa hidup. masa garansinya udah habis, terus saya servis di tempat servis katanya crent/ ac perlu ganti, yang saya tanya kan ada suku cadangnya dan berapa biaya suku cadangnya itu, trim infonya

    1. Pak Abdulrahman,

      Harga suku cadang silakan langsung ditanyakan ke pusat perbaikan resmi. Namun, karena ponsel Anda sepertinya pernah dibawa ke tempat servis nonresmi, saya tak yakin pusat perbaikan resmi masih bersedia melayani.

  43. Pagi Pak Hery

    saya mau menanyakan pak layar nubia m2 saya sering keclap keclap, dan apabila brightness di low pasti layar blank jadi hitam,
    saya sudah tanya seller di tokopedia “Nubia Official” katanya bisa digaransikan, kendalanya sc katanya cuman ada di sby dan jkt, sedangkan saya domisili solo,
    mau tnya nih pak herry, sc sby itu jam kerjanya hari apa ajah ya dan apakah saya kemungkinan kena fee ?

    Terimakasih
    Salam
    Hendra

    1. Pak Hendra,

      Pusat perbaikan resmi Nubia seharusnya tidak hanya dua. Kalau cuma dua, itu akan melanggar regulasi karena ada aturan bahwa jumlah pusat perbaikan resmi minimal 5 atau 6 (saya lupa tepatnya).

      Kalau Bapak di Solo, rasanya lebih dekat dengan pusat perbaikan resmi Nubia di Semarang.

      Saya tak hafal jadwal operasional pusat perbaikan resmi Nubia di Surabaya. Senin-Sabtu buka. Minggu saya tak tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *