Pilih-Pilih Kartu SIM

Ponsel qwerty dual on GSM-GSM bermerek global akhirnya resmi memasuki pasar Indonesia. Samsung Ch@t 322 yang mulai dijual pada akhir minggu lalu menjadi produk perdana. Karena menyandang merek global, setumpuk ekspektasi ditimpakan kepada ponsel itu.

Saking penasarannya dengan 322, penulis turut antre dalam penjualan perdana ponsel tersebut. Datang pagi-pagi, bahkan ketika lokasi penjualan belum dibuka, penulis berhasil memperoleh nomor antrean pertama.

Ketidakasyikan ponsel itu mulai terlihat sejak kardus 322 dibuka. Paket penjualannya minimalis. Hanya ada ponsel, baterai, charger, buku panduan, kartu garansi, dan bonus dua kartu perdana. Kabel data, handsfree berkabel, dan kartu microSD tidak disertakan. Demikian pula dengan file installer aplikasi Samsung New PC Studio yang bermanfaat untuk menghubungkan ponsel dengan komputer. File installer berukuran 173 MB itu harus diunduh sendiri oleh pengguna.

Menyangkut kondisi fisik, 322 dibekali dengan trackpad yang sekelilingnya dibingkai. Keberadaan bingkai itu justru mengganggu kenyamanan jari pengguna saat menyapu area trackpad yang responsif. Permukaan penutup baterai 322 mengilap. Sepintas berbahan baku sama dengan penutup baterai ponsel Samsung E2152 yang mudah tergores.

Sisi minus lain yang lebih fatal, 322 tidak sepenuhnya kompatibel dengan kartu SIM Telkomsel. Penulis mengetahuinya tanpa sengaja. Saat kartuHALO milik penulis dipasangkan, indikator sinyal selalu kosong. Padahal, kartu SIM itu berfungsi normal di puluhan ponsel, termasuk Samsung tipe lain.

Kartu As lalu penulis selipkan. Dalam hitungan detik, sinyal telah muncul di layar 322. Penulis kemudian memasangkan kartu simPATI. Sinyal berhasil muncul, walaupun proses pencarian jaringan sekitar dua kali lipat lebih lama daripada saat kartu As terpasang.

Betapa pun, masih ada beberapa poin positif yang bisa dijumpai di 322. Pengguna dengan mudah dapat menyinkronkan data kontak antara ponsel dan komputer. Kemampuan serupa jarang ditemukan di ponsel qwerty dual on GSM-GSM bermerek lokal buatan Tiongkok. Hal lain, ponsel yang dibanderol Rp 999 ribu itu menggunakan konektor micro USB sebagai penghubung charger dan kabel data. Konektor yang relatif universal tersebut dilengkapi dengan penutup geser.

Layar 2,2 inci 262 ribu warna, bluetooth, kamera 1,3 megapiksel, dan pembuat panggilan palsu adalah sebagian spesifikasi 322. Ada pula buku telepon berkapasitas seribu nama multiple entry, radio FM, bluetooh messenger, dan penyaring panggilan masuk. Memori internalnya berkapasitas 60 MB dan dilengkapi dengan slot microSD.

Di dalam menu communications, tersedia aplikasi Windows Live Messenger, Yahoo Messenger, dan Palringo yang berbasis Java. Pengguna juga bakal menemukan aplikasi Facebook dan Twitter.

Ch@t 322 adalah ponsel dual on GSM-GSM Samsung kelima yang penulis uji pakai. Sebelumnya penulis pernah mencoba D880, D780, C5212, dan E2152. Kesimpulannya, skor kelayakan beli 322 adalah yang terendah.

Update Minggu, 28 November 2010:

Kemarin siang saya mampir ke gerai penjualan ponsel Samsung. Gerai resmi,
bukan toko tradisional.

Iseng saya komplain karena Samsung Chat 322 ternyata tak bisa memperoleh
sinyal saat diisi dengan kartuHALO. Saya mencobanya pada tiga hari
berbeda (Sabtu-Senin minggu lalu), di berbagai lokasi, dan di dua kota
yang berbeda.

Wanita berbusana biru yang sedang bertugas dengan sigap dan rinci
menanggapi keluhan saya. “Ya, kemarinnya kami menerima komplain serupa
dari pelanggan kartuHALO. Kejadian itu sudah ditelusuri dan diselesaikan.
Sekarang seharusnya tak ada masalah lagi,” ujarnya.

Ia menambahkan, pengguna tak perlu melakukan perubahan apa pun di ponsel
maupun kartuHALO yang digunakan. Cukup pasangkan kartu, kemudian
nyalakan ponsel. “Seharusnya sudah bisa langsung dapat sinyal. Kalau
masih no signal, cobal lakukan reset,” tukas sang petugas.

Sorenya, saya coba memasangkan kartuHALO ke Chat 322. Begitu ponsel
dinyalakan dan nomor PIN dimasukkan, sinyal langsung tampak di layar
ponsel.

Berarti, kalau disimpulkan, saat saya melakukan uji pakai, masalah
kompatibilitas antara kartuHALO dan Chat 322 masih terjadi. Beberapa
hari kemudian hal tersebut berhasil ditangani. Karena itu, pada Jumat
pagi, ketika saya iseng memasangkan kartuHALO milik saya ke Chat 322
kepunyaan seorang teman, sinyal langsung muncul.

4 thoughts to “Pilih-Pilih Kartu SIM”

  1. Update:

    Sekitar setengah jam lalu saya mencoba Samsung Ch@t 322 milik seorang
    teman. KartuHALO yang di 322 saya tak pernah bisa dapat sinyal, di 322
    milik teman saya bisa keluar sinyalnya.

    Hmm…. aneh.

  2. Om HSW, mungkin perlu bikin kategori baru di web ini, sbg masukan judulnya “kartu sim mu” .. 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *