Pocophone F1 Hadir di Indonesia, Inilah Isi Kardusnya

Pocophone F1 resmi diluncurkan di Indonesia, kemarin (27/8). Dipasarkan dengan harga mulai Rp4,499 juta, ia menjadi ponsel dengan Snapdragon 845 termurah yang beredar resmi di sini. Penjualan perdana dilakukan pada 30 Agustus 2018 di Mi.com, Mi Store, dan Lazada.

Asal tahu, Pocophone merupakan submerek dari Xiaomi. “Kata Poco berarti kecil. Kami meyakini mimpi besar dapat terwujud mulai dari hal-hal yang kecil,” kata Alvin Tse, Head of Poco Global. Di Indonesia jalur distribusi dan layanan purnajual Pocophone sama dengan ponsel Xiaomi.

Spesifikasi

Pocophone F1 memanfaatkan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 dengan kecepatan hingga 2,8 GHz. Sampai saat ini, Snapdragon 845 merupakan prosesor kelas tertinggi yang ditawarkan Qualcomm untuk gawai. Agar kinerja puncak ponsel dapat berkesinambungan dalam rentang waktu lama, F1 dilengkapi dengan sistem pendingin berteknologi LiquidCool.

Ponsel bersistem operasi Android Oreo dengan tampilan antarmuka MIUI for Poco itu dibekali baterai tanam 4.000 mAh. Pembaruan ke Android Pie dijadwalkan tersedia pada kuartal keempat tahun ini.

Bentang layar F1 sebesar 6,18 inci dengan rasio 18,7:9. Resolusinya full HD+ 2.246 x 1.080 piksel. Mengadopsi Corning Gorilla Glass 3, permukaan layar ponsel itu relatif lebih tahan terhadap goresan.

Di atas layar terdapat kamera inframerah dan infrared illuminator untuk mengakomodasi fitur infrared face unlock. Fitur tersebut diklaim tetap sanggup berfungsi optimal kendati pengguna berada di lokasi yang minim cahaya. Sederet dengan kamera inframerah itu, terdapat kamera depan beresolusi 20 megapiksel yang siap diajak berswafoto.

Beralih ke sisi belakang F1. Terdapat sensor sidik jari dan kamera berlensa ganda 12 + 5 megapiksel. Kamera utama beresolusi 12 megapiksel itu memanfaatkan sensor Sony IMX363. Bukaan lensanya f/1,9. Mengikuti tren terkini, kamera di F1 mendukung kecerdasan buatan alias AI.

Memakai konektor charger USB tipe C dan mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0 merupakan sebagian spesifikasi lain F1. Ponsel dengan bodi polikarbonat itu menganut selot kartu dual SIM hybrid. Seandainya pengguna memasangkan dua nano SIM, kedua nomor dapat siaga bersamaan di jaringan 4G LTE. Ponsel itu terbukti kompatibel dengan layanan native VoLTE Smartfren.

Harga dan Jadwal Penjualan

Ada tiga varian F1 yang didistribusikan ke Indonesia. Pertama, RAM 6 GB dan ROM 64 GB yang dibanderol Rp4,499 juta. Kedua, RAM 6 GB dan ROM 128 GB dengan harga Rp4,999 juta. Dua varian tersebut tersedia dalam pilihan warna graphite black dan steel blue.

Penjualan dimulai pada 30 Agustus 2018 melalui situs Mi.com dan Lazada.co.id. Bila di kota calon pembeli telah beroperasi Mi Authorized Reseller alias Mi Store, pembelian dapat pula dilakukan di sana.

F1 varian ketiga disebut Armoured Edition. Bodi belakangnya terbuat dari DuPont Kevlar yang dikenal kuat dan lazim dipakai dalam pembuatan rompi tahan peluru. Dibekali RAM 6 GB dan ROM 128 GB, harga jualnya dipatok Rp5,199 juta. F1 Armoured Edition hadir menyusul.

***

Sekarang saatnya membuka isi kardus Pocophone F1. Beberapa tangkapan layar dan hasil kamera juga disertakan.

Selain memanfaatkan jalur distribusi dan layanan purnajual Xiaomi, perakitan Pocophone di Indonesia dilakukan di pabrik yang sama. Ya, di PT Sat Nusapersada Tbk, Batam.

Stiker di sisi belakang kardus ini sekaligus dapat dijadikan patokan unit Pocophone F1 bergaransi resmi.

Paket penjualan terdiri atas ponsel, SIM ejector, kabel USB tipe C, charger yang mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0, lembaran panduan singkat pemakaian, dan lembaran informasi garansi.

Disertakan pula jelly case alias soft case. F1 steel blue mendapatkan jelly case bening, sedangkan F1 graphite black memperoleh jelly case hitam transparan.

Nah, ini penampakan F1 dari berbagai sisi.

Dibuat di Indonesia.

Bila kelak Anda membeli F1 dan ingin menambahkan tempered glass ke permukaan layar, tetapi gagal menemukan penjual aksesori F1, ada solusi sementara. Gunakan tempered glass milik Xiaomi Redmi Note 5, Redmi S2, atau Mi 6X/Mi A2.

Tempered glass Redmi Note 5 dan Redmi S2 akan terpasang lebih rapi di F1. Namun, bagian atas dan bawah menyisakan ruang kosong agak lebar. Sedangkan tempered glass Mi 6X/Mi A2 lebih sempurna menutupi sekujur layar F1, tetapi bagian atas dan bawah agak terangkat.

***

Berikut contoh hasil kamera F1.

Foto ini dijepret di sebuah kamar hotel. Sinar matahari dengan intensitas sangat berlebihan menerobos dari jendela.

Tujuh foto berikut dipotret di dalam ruangan dengan tingkat pencahayaan mendekati pas-pasan.

Kini mencoba kamera depan.

***

Aneka tangkapan layar alias screen capture.

Tampilan home screen.

Daftar aplikasi bawaan.

Kondisi awal memori internal F1 varian 6/64.

Kondisi awal RAM.

Versi firmware saat ini.

Skor Antutu Benchmark.

Ragam sensor yang dimiliki F1.

 

134 thoughts to “Pocophone F1 Hadir di Indonesia, Inilah Isi Kardusnya”

  1. kayaknya bakal ghaib lagi ya om? itu PT Sat nusapersada kayaknya load produksi nya lagi banyak2nya, vendor lain juga banyak yang lagi diproduksi disana

      1. iya ternyata malah gak jadi barang ghaib. untung gak jadi menimbun, kok hype nya kalah sama redmi 5a & redmi note 5 ya? apa karena di level mid range itu terlalu sengit persaingannya, terlalu banyak opsi. harga pun stabil gak melambung

  2. Kapan review gawai ini pak? Melihat hasil fotonya dan procesor yang terbaru sepertinya gawai ini layak untuk dibeli,iya kan pak HSW?

    1. Pak Rizal,

      Kalau bisa menambah anggaran sekitar Rp100 ribu, ambillah Xiaomi Redmi 5 Plus. Kalau tak bisa menambah anggaran, turun jauh ke Xiaomi Redmi 5A deh.

        1. Pak Ilham All,

          Saya bukan tidak merekomendasikan Redmi 5. Saya memang belum berani merekomendasikan ponsel itu karena tak pernah memakainya.

  3. Pocophone F1 menjadi ponsel ber-notch pertama yang mampu menarik minat saya

    kira-kira pak, Face Unlocknya masih mumpuni jika wajah yang didaftarkan berubah karena kumis/dagu/atau memakai/melepas kacamata?

  4. Halo Pa Herry..

    Menurut Pa Herry, Hasil jepretan kamera Pocophone F1 dibandingkan dengan Redmi Note 5 lebih baik mana? berikan kriterianya apakah hasil jepretannya jauh diatas redmi note 5, beda tipis atau setara, terima kasih…

    1. Pak Slamet,

      Saya belum berani menjawab karena Pocophone F1-nya belum dieksplorasi. Setelah ponsel tuntas dipakai untuk acara towel-towel, saya baru akan menguji pakai dengan lebih mendalam.

  5. Selamat Siang Koh,
    Pocophone ini pembeda Utamanya dengan Xiaomi di fitur apa nya ya
    layak beli ya Koh ?

    terimakasih…

    1. Pak Arief N,

      Fitur umum sih boleh dibilang relatif sama. Yang tidak saya temukan di Pocophone F1, tetapi sering tersedia di ponsel Xiaomi, adalah fitur remote control.

      Saya belum berani menyimpulkan karena uji pakai belum mendalam. Sepintas sih layak beli banget.

    1. Pak Agus Banjar,

      Kalau yang dimaksud adalah ponsel Samsung seri S dan Note, saya kok yakin takkan terganggu Pocophone F1 ya. Yang potensial terganggu itu Asus Zenfone 5Z, Oppo F9, dan Vivo V9 varian RAM 6 GB.

  6. Koh, saya baru beli (po) Huawei Nova 3i iris purple, mau nanya untuk temperednya bisa pakai type hp apa ya? Soalnya susah cari.
    N dimana jual casenya? Kalau bisa sih offline store.
    Thanks

    1. Pak Aming,

      Maaf, kebetulan dulu saya tidak pernah mencari tempered glass Nova 3i. Yang pernah saya cari case-nya, tetapi saat itu belum ada yang jual.

    1. Pak Tahan,

      Saya belum mengeksplorasi secara mendalam. Dari pemakaian sepintas, kinerja kameranya tidak sebagus ponsel flagship seperti Huawei P20 Pro dan LG G7+ ThinQ. Namun, harga Pocophone F1 kan memang jauh lebih murah.

  7. mantap sekali review nya pak HSW. kebetulan saya kemarin beruntung jadi pemenang pocophone F1di komentar live stream. ga sabar pengen unboxing ?

    1. Pak Fuad,

      Uji pakai yang saya lakukan belum selesai. Dengan memperhatikan pengalaman awal pemakaian plus spesifikasinya, menurut saya, harga Rp4,5 juta sih langsung dihajar saja. Menarik.

    1. Pak Victorius Pribadi,

      Pada 12 Agustus 2018 saya tidak membawa Pocophone F1 kok. Apakah alasan Bapak menyimpulkan hal tersebut?

      1. Karena ada hasil foto Poco F1 berupa tiket masuk Keraton, ko. Jadi saya simpulkan pas ke Solo kmrn, ko Herry bawa Poco F1, hehehe

        1. Pak Victor,

          Oh, karcis parkir itu ternyata masih ada di dompet. Jadi, sebelum dibuang, iseng saya foto dulu pakai Pocophone F1.

    1. Pak Sugi,

      Barometric sensor yang Anda maksud apakah sama dengan sensor barometer? Kalau iya, rasanya sensor tersebut memang sangat jarang ditemukan di ponsel.

  8. Mas herry karena sekarang mulai banyak yang uji banding kamera, bisa dicoba tidak untuk uji noise saat foto malam dengan handphone yang menurut mas herry ponsel kamera terbaik. Sehingga walau secara spesifikasi hardware mirip tapi kita ingin melihat hasil akhir kemampuan kamera di malam hari

    1. Pak Cahyadi,

      Saya takkan membuat artikel perbandingan. Untuk contoh hasil foto, kelak bisa melihat review Pocophone F1 dan Huawei P20 Pro.

  9. Koh.. minta pendapat nih.. hp android di kisaran 4jt dengan fitur NFC yg terbaik apa ya.. trims!
    (saya tanya via twitter belum ada reply).

    1. Pak Dieter,

      Langkah Anda sudah benar. Bila dalam 1 x 24 jam pertanyaan ke Twitter tidak direspons, silakan tanya ke blog.

      Asus Zenfone 5.

  10. Ko Herry,
    Pocophone F1 ini sdh dukung native voLTE Smartfren saat ko Herry towel2, apakah kedua SIM nya jg dual ON 4G-4G seperti Asus zenfone max pro M1 / Xiaomi redmi note 5?
    Terima kasih ?

  11. Sore pak, Saya awalnya berencana untuk membeli redmi note 5 untuk menggantikan redmi 2 prime yang sudah rusak, tetapi saya pun tertarik dengan apa yg ditawarkan oleh pocophone. Saya mau tanya lebih baik ambil yg mana untuk jangka panjang, karena perbedaan harganya pun cukup lumayan. Kebutuhan saya paling untuk komunikasi, sosial media, hiburan seperti musik atau youtube, dan terakhir mungkin game sekali”. Untuk penggunaan saya sendiri merupakan tipe yg baru ganti kalau sudah rusak.

    1. Pak Dewo,

      Kalau anggaran tak masalah sih ya lebih baik ambil Pocophone F1 sekalian. Namun, kalau anggaran agak terbatas, Redmi Note 5 pun sudah memadai.

  12. Pak HSW,

    Bagus dan lengkap sekali ulasannya pak. Pak, dikarenakan harganya yang menyentuh angka 5 juta rupiah Pocophone ini apabila disandingkan dengan Zenfone 5 lebih baik mana ya pak? Terutama ketahanan baterai, kamera dan suara yang dihasilkan dari speakernya?

    Terima kasih

    1. Pak Christian Utomo,

      * Ulasan ini, menurut saya, justru masih singkat banget. Jauh dari lengkap.
      * Hmmm… saya belum berani menjawabnya sekarang. Silakan tanyakan dua minggu lagi ya, Pak.

  13. Mantab nih, yang jadi masalah sekarang nentuin mau warna dan varian yang mana.
    Memori 64 GB masih cukup kan ya jaman sekarang om? Soalnya mau jadiin ini hape jangka panjang. Hehe.

    1. Pak Yoga,

      Kalau untuk jangka panjang, saran saya, ambil yang 128 GB sekalian deh. Menurut saya, warna birunya lebih bagus daripada hitam.

  14. Pak Herry SW,

    Wah menarik sekali artikel ini. Ponsel ini harganya setara dengan Zenfone 5 ya tapi menggunakan snapdragon 845. Agak keluar dari topic sedikit, pak kapan ulasan tentang Nova 3i diunggah nih? He he he

    1. Pak Christian Utomo,

      Nova 3i sudah dikembalikan kepada pemiliknya, ketika proses uji pakai baru berjalan sekitar 20 persen.

  15. Pilihan saya selama ini cuma di Xiaomi Red Mi Note 5 4/64 tp setelah Poco F1 Muncul, jd berpikir utk skalian ngambil yg chipset nya lbh Gahar…. tp sayai tunggu dulu Review Poco F1 nya Om Herry!!

  16. Om herry, mau tanya nih. Smartphone apa yang beredar saat ini di Indonesia punya kemampuan Dual 4G secara simultan?

    1. Pak Indra,

      Perhatikan saja prosesor yang dipakai, Pak. Kalau pakai Snapdragon 636, Snapdragon 845, Kirin 970, atau Kirin 710, itu pasti bisa dual 4G-4G simultan. Saya lupa Snapdragon 835 bisa atau tidak.

  17. Jika menilik spesifikasinya menurut saya ponsel ini bukan ditujukan untuk pasar penggemar swafoto, tetapi resolusi kamera depannya malah 20 megapiksel, sementara resolusi kamera utamanya “hanya” 12 + 5 megapiksel saja. Apa tidak terbalik ya pak Herry?

  18. Kalau menurut koh herry, apa yg membuat hape ini harganya murah? Apakah kemungkinan mengorbankan kualitas bahan, fitur atau dari non produksi misalnya pemangkasan biaya distribusi, promosi? Soalnya rasanya masih ga percaya…merk2 lain dengan harga segitu mentok2 pakai Snapdragon 636 atau 660. Hahahaha

    1. Pak Ashar,

      Biaya pemasaran yang salah satu komponennya adalah promosi pasti dipangkas besar-besaran. Penggunaan bodi polikarbonat dan penghapusan NFC turut mengurangi biaya produksi. Hal lain, Pocophone pasti berusaha menjual F1 sebanyak-banyaknya sehingga volume produksi menjadi besar. Semakin besar volume produksi, biaya produksi per unit menjadi lebih rendah. Ujung-ujungnya harga jual kepada konsumen juga bisa ditekan.

  19. Koh tolong hasil fotonya PocoF1 ini dicompare dengan redmi note 5 ya, terutama AI dan lowlightnya, sudah terlanjur beli note 5 soalnya hahaha. Makasih om

  20. Siang koh, titip pesen ya ntar kalo review ada fitur apa aja di kameranya, mendukung slow motion dan timelapse tidak untuk mem-video hehehe

  21. Koh, nanti kalo udah sempat tolong bandingin kualitas foto low lightnya ama MiA2 ya koh.. makasih. Penasaran soalnya review di luar, lowlightnya bagusan MiA2.

    1. Pak Christian,

      Selain saya sangat jarang membuat artikel perbandingan, saya tak punya Mi A2. Jadi, permintaan Anda takkan terpenuhi deh.

  22. om herry, dulu sekali saya pernah pakai ponsel xiaomi (tidak ingat tipenya), dan tidak bisa ganti font (bisa tapi harus root dulu sedangkan saya tidak berani).
    poco ini (dan ponsel2 xiaomi jaman sekarang) sudah bisa ganti font tidak ya?
    terima kasih, om herry.

  23. padahal saya udah mau menjatuhkan pilihan pada vivo V9 RAM 6GB, jadi mikir lagi ni koh, tapi ketersediaan barangnya kira2 gimana ya koh?

    1. Pak Irur,

      Kalau melihat penjualan perdana Pocophone F1, dua hari lalu, ketersediaan barangnya tidak segaib Redmi Note 5.

    1. Pak Agus,

      Mengacu kepada pengalaman pribadi saat dulu menguji pakai ponsel itu, saya lebih condong ke jangan dibeli.

  24. Pak Herry mohon rekomendasinya donk hp android dengan minimum processor qualcomm 636, ram 6gb, dual sim + micro sd dedicated slot, NFC? Trima kasih

  25. begitu saya dengar ponsel ini akan segera meluncur, saya langsung ingat Ponselmu..
    ngomong ngomong, apakah layarnya enak di pandang pak? lebih baik dari LG G6 atau tidak? (sama sama IPS Full HD)

    1. Pak Abis,

      Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan. Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja.

  26. Maaf oot
    1. Pada saat launching xiaomi redmi note 5 disebutkan mi mix 2s akan masuk resmi ke indonesia, apa kabar tersebut batal?
    2. Sepertinya banyak gawai yang naskah revirw ny HSW tunda trlalu lama, kapan huawei p20 pro dan asus zenfone 5 akan diterbitkan naskah review ny?
    3. Pocophone ini body terbuat dari plastik, apakah feel hand on seperti gawai murahan atau terasa mantap di genggaman?

    1. Pak Jefri,

      1. Siapakah yang menyebutkannya? Seingat saya, tak pernah ada pernyataan itu.

      2. Tunggu tanggal mainnya. Sebagian file review Zenfone 5 hilang sehingga ada yang harus saya ulang.

      3. Polikarbonat. Mantap kok. Tidak terasa murahan. Namun, tampilan fisiknya memang tak terlihat mewah.

  27. Ko Herry, maaf keluar topik.

    Dengan budget 2.5jt kebutuhan untuk multi tasking jualan online, foto produk dan sedikit game. Mana yg oke?
    A. Asus Zenfone Max Pro M1
    B. Redmi Note 5 Plus
    C. Infinix Zero 5

    Terima kasih.

    1. Pak Ruli Perdana,

      Infinix Zero 5 langsung dicoret dulu. Saya sebenarnya akan memilih B, tetapi kok tertulis Redmi Note 5 Plus. Padahal, setahu saya, tak ada ponsel bernama itu.

      Kalau yang Anda maksud ternyata Redmi Note 5, silakan membeli ponsel tersebut.

      1. Infinix kalau boleh tau kenapa langsung dicoret dulu pak? apa mungkin quality product jelek atau after salesnya yg buruk?

          1. Pak Raja,

            Sejak Infinix saya masukkan ke dalam daftar hitam, saya tak pernah mencoba ponsel terbaru Infinix. Jadi, kondisi terkini tak tahu.

            Sekadar gambaran, teman saya yang pemilik toko ponsel belakangan ini sudah enggan menjual Infinix. Padahal, dulu dia termasuk paling rajin menawarkan Infinix.

  28. Pak, mau nanya apakah anti gores tempered huawei nova 3i bisa disubtitusi pakai yg lain, krn carinya susah n harus beli online.

    1. Pak Ming,

      Seharusnya bisa, asalkan Anda tidak menuntut wajib presisi. Silakan mencari yang paling pas di toko aksesori ponsel.

  29. Maaf oot pak, sudah pernah coba Huawei Nova 3i belum? kalau sudah recommended gak pak? Mau beli tapi kurang yakin bagus soalnya belum pernah pakai Huawei sebelumnya

    1. Pak Jonathan Crispy,

      Baru coba sebentar, Pak. Kameranya sih sepintas kurang bagus. Tampilan fisik yang warna ungu tergolong cantik.

  30. Ko Herry,
    Mantap memang poco-poco yang pernah di kode sewaktu postingan MiA2.
    Saya sedang menunggu Pocophone F1 saya yang masih dalam pengiriman oleh kurir Lazada.
    Susah sekali flash sale kemarin, error nya terus-terusan, jadi stress..
    Untung dapat..

  31. Pak Herry SW,

    Menarik sekali pak ulasannya. Pak, secara harganya yang menyentuh angka 5 juta rupiah bagaimana apabila di komparasikan dengan Zenfone 5? Terutama dari segi kamera, layar, ketahanan baterai, dan speakernya?

    Terima kasih

    1. Pak Christian Utomo,

      * Kamera dan layar: unggul Zenfone 5.
      * Daya tahan baterai: unggul Pocophone F1.
      * Speaker: relatif imbang.

  32. Mantap pak HSW ratjoennja…….akhirnya saya berhasil order dengan sushi payah dari mi.co.id/ warna biru sesuai arahan pak Herry.
    Sekarang sedang dalam proses pengiriman.

  33. Pak Herry SW saya tertarik dengan smartwatch merek amazfit, apakah amazfit masuk resmi ke indonesia, soalnya ada di salah satu market place, penjualnya bilang klo dia adalah official resmi amazfit indonesia, dan dia bilang di buku garansi nya tertulis amazfit indonesia.
    Terimaksih Pak

    1. Pak Tedjha,

      Nah… itu dia. Saya juga penasaran. Saya sempat dua kali mengirimkan email kepada mereka yang mengaku sebagai pihak resmi penjual Amazfit. Namun, sampai sekarang email saya tidak dibalas.

  34. Pak Herry, tolong diluruskan, apakah screen bleeding bisa menyebar jika dibiarkan?. Dalam kasus saya (& banyak user lain) di ponsel Pocophone F1 mengalami hal ini. Punya saya tipis banget sih. Seperti ada sedikit bayangan putih di bagian bawah.

  35. Oh iya Pak Herry….. apakah di Poco F1 ini MIUI nya masih mendukung fitur Second Space… fitur ini bagi sy sangat penting, bisa mempengaruhi minat beli saya… hehehe

  36. Semoga sukses koh, saya mau bertanya untuk anggaran maks 5 juta rekomendasi aoa ya koh?
    Target saya sih zenfone 5 tapi setelah ada pocophone f1 jdi saya tunda dulu sambil lihat2 review nya. Saya lihat koh herry sedang pakai vivo x11 pro ya? Layar amoled kah koh? Ada bocoran harga koh?

  37. Selamat Pagi Pak,

    Bagaimana dengan kualitas rekam videonya di resolusi 1080P pada saat siang / malam Pak?

    Saya sering menggunakan HP untuk merekam, menggunakan DJI Osmo Mobile.

    Sekarang sedang pakai Redmi Note 5 Pro 4/64, tapi kurang puas dengan hasil rekam videonya Pak, beda jauh dengan Samsung A7 2016 sy dulu. Terima kasih Pak.

  38. Ko, minta saran mi 8 sama Pocophone F1 mending ambil yg mana? Kalo lihat dapur pacu sama Snapdragon 845. Utk tampil muka yg beda ya

  39. Pak apa benar letak sim slot nya terbalik? Untuk pocophon f1 6/64 kan dia hybrid. Sim 1 nya di tempatkan di memori external sedangkan sim 2 nya baru di depan nya? Benarkah?

  40. Selamat Pagi Pak Herry

    Saya sangat antusias menunggu review Pocophone F1 ini dari Pak Herry karena saya berniat membelinya. Tapi ternyata saya baru tau ada beberapa masalah di Pocophone F1 ini, yang saya baca ada 10 masalah, berikut artikelnya
    https://amp-kompas-com.cdn.ampproject.org/v/s/amp.kompas.com/tekno/read/2018/09/11/19090007/jawaban-xiaomi-terkait-10-masalah-di-pocophone-f1?amp_js_v=a2&amp_gsa=1&usqp=mq331AQCCAE%3D#referrer=https://www.google.com&amp_tf=From%20%251%24s

    Jika memang tidak keberatan, mohon diulas pada saat review nanti apakah masalah tersebut sudah terselesaikan atau belum.

    Terima Kasih sebelumnya Pak Herry

    1. Pak Bayu D. Maulana,

      * Biasakan mengirimkan komentar/pertanyaan yang sama satu kali saja. Jangan berkali-kali. Kali ini komentar/pertanyaan Anda masuk 14 kali lho. Sebanyak 13 yang lain sudah saya hapus.

      * Poin nomor 1, 2, 3, 9, dan 10 tidak pernah saya alami karena saya tak melakukannya.

      * Poin 4, 5, 6, dan 7 semata-mata karena tampilan antarmuka MIUI for Poco. Jadi, itu kurang tepat dianggap sebagai masalah. Persentase sisa baterai dapat dilihat dengan menarik baris notifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *