Ponsel Oppo Buatan Cina; Ini Buktinya…

Oppo adalah merek ponsel yang berasal dari Tiongkok alias Cina. Mungkin khawatir dipersepsikan negatif, apalagi dianggap setara dengan merek lokal buatan Tiongkok seperti Evercoss dan Mito, tak sedikit promotor Oppo yang berkelit. Kepada calon konsumen mereka menyatakan Oppo buatan Amerika, Italia, Belgia, Denmark, atau Korea.

Itulah salah satu dampak stereotipe masyarakat Indonesia terhadap produk buatan Tiongkok. Produk made in China selalu dianggap buruk. Padahal, kenyataannya belum tentu demikian.

Tulisan setengah halaman karya wartawan Kompas yang mengunjungi pabrik Oppo membuktikan bahwa ponsel Oppo dibuat di Tiongkok.

Oppo Kompas-2

Silakan klik gambar di bawah ini untuk melihat versi komplet tulisan tersebut dalam ukuran yang jauh lebih besar. Anda bakal mendapatkan gambaran nyata bila produk Tiongkok ada yang digarap dengan sangat serius.

Oppo Kompas-1

Kalau dulu penulis pernah mengunjungi pabrik Nokia di Finlandia dan pabrik LG di Korsel, semoga suatu saat penulis bisa melihat langsung proses pembuatan ponsel Oppo di Tiongkok.

482 thoughts to “Ponsel Oppo Buatan Cina; Ini Buktinya…”

  1. Beberapa teman yang sudah membeli OPPO juga bersikeras bahwa OPPO bukanlah buatan Cina. Kalau dilihat secara sepintas (saya sedikit mencicipi OPPOnya) saya rasa kesan HP Cina memang tidak melekat pada HP ini. Tapi tetap saja harga Premium cukup membuat saya berfikir ulang untuk membeli hp ini?

  2. Ya…ya…ya…. buatan china, tapi (katanya sales/penjualnya) soal kualitas BISA bahkan LEBIH BAIK daripada SAMSUNG bahkan APPLE. Kalau saya pribadi sih, LEBIH MASUK AKAL jika mereka meng-claim produk mereka sejajar dengan Lenovo atau paling tidak LG lah. Mana ada Samsung/Apple menggunakan procie low bugdet macam MTK series.

  3. Dari dulu nunggu2 harga oppo find muse turun, yg ada malah harganya naik terus. Dari awal muncul dgn harga 1,699jt terus jd 1,799jt smpai sekarang jadi 1,899jt. Untuk harga 2nd juga sama di semua penjual yakni 1,5 jt. Dan dgn harga 1,5jt tsb sama dgn harga 2nd hp lenovo p706 yg sdh quad core dan ram 1 GB. Layak yg mana dibeli ya Pak Herry? πŸ™‚

    1. Pak Rizal,

      Lho, kok mahal banget Find Muse bekas Rp 1,5 juta? Biasanya sekitar Rp 1,3 juta. Itu harga jual dari toko kepada konsumen ya.

      Kalau Anda menawarkan Find Muse bekas kepada pedagang, kemungkinan akan ditawar Rp 900 ribu atau Rp 1 juta.

      Dengan anggaran Rp 1,5 juta, daripada membeli Find Muse atau A706, saya lebih memilih Lenovo P770.

  4. kapan ya Indonesia bisa bikin ponsel yg bisa menandingi produk yg sdh ada/beredar di negri ini…paling gak bisa ber”partisipasi” lah…

    1. Pak Sandi,

      Masih ada banyak kendala untuk mewujudkan hal itu. Salah satunya, soal pengenaan tarif pajak. Tarif pajak impor komponen ponsel lebih tinggi daripada impor ponsel yang siap pakai. Belum laku soal SDM, overhead cost, dll.

      Semoga segera terealisasi deh. Turut bangga kalau ada ponsel buatan Indonesia yang populer dan terjual masal. Kalau modem, baru-baru ini ada modem buatan Sidoarjo yang laris manis lho. Ini tautan ulasan saya: http://ponselmu.com/review-mifi-bolt-alias-zte-mf90-1-modem-fantastis-buatan-sidoarjo/

  5. iya Pak Herry. harga 2nd di Bjm utk find muse semua toko sama seharga 1,5jt. btw kualitas hp android merk beyond bagaimana ya Pak?soalnya beyond mau keluarin android qwerty.thanks Pak Herry πŸ™‚

    1. Pak Rizal,

      Oh iya, Pak Rizal di Banjarmasin ya. Mungkin harga pasaran ponsel bekas di sana rata-rata lebih tinggi.

      Beyond? Dulu hancur, sempat membaik sebentar, lalu hancur lebur lagi. Sejak tim mantan HT Mobile masuk ke sana dan melakukan beragam perubahan, saya belum pernah mencoba Beyond lagi.

    1. Pak Rizal,

      P770 nyaman dipakai lho. Trus, dia punya fitur-fitur yang cukup unik. Misalnya, bisa jadi power bank.

  6. Saya jadi kasihan kepada saudara-saudara kita yang masih awam tentang ponsel. Ada teman saya yang akhirnya membeli oppo karena dibujuk dengan rayuan bahwa ponsel ini buatan Amerika,dan kualitas oppo sejajar atau bahkan diatas.Samsung,Sony,maupun LG. Setibanya di rumah,dia menyesal karena harapan tidak sesuai kenyataan(yang ini pasti kita tahu). Banyak sekali penjual di gerai-gerai ponsel mempromosikan oppo sebagai ponsel pabrikan Amerika. Bahkan saya pernah melihat di situs gs*arena.com,ada salah satu pemberi komentar yang menyatakan bahwa ponsel oppo adalah “Made in Italy”. Apakah Hal tersebut merupakan bagian Dari trik promosi ? Entahlah.

  7. Pak hsw, saat kita sedang telpon di tempat ramai tentu lawan bicara kita akan sulit mendengar suara kita, pertanyaan saya adalah apakah ada aplikasi android yang bisa membuat background suara ramai menjadi sunyi? Terima kasih

    1. Pak Rahmad,

      Oh, yang dimaksud fitur noise cancellation ya. Kebetulan saya tak pernah coba mencari aplikasi untuk kemampuan seperti itu. Namun, terus terang saya ragu kemampuan tersebut bisa dimunculkan hanya dengan memakai aplikasi. Mestinya ada unsur perangkat keras (hardware) yang lebih berperanan.

  8. Oppo termasuk brand china yang bagus… tapi sayang overprice banget. Oppo Find Clover R815 dengan spek MTK6589, kamera 5mp layar 4.3 resolusi 480×800 dibandrol 2.9 juta, dibandingkan dengan polytron W7450 (Rebranding dari Gionee) dengan spec. lebih tinggi: MTK6589 kamera 8mp dengan bukaan diafragma f/2.2 BSI sensor, layar 4.5 resolusi 540×960 dibandrol cuma 1.7jt an.

    1. Pak/Bu Uni Sovie,

      Setuju. Built quality Oppo sebenarnya bagus. Namun, ya begitu deh, overprice banget dan masih kurang jujur menginformasikan asal usul produknya.

  9. Apa kalian tau semua brand buatan darimana? Jawabannya china. Apa tau brand samsung, nokia, apple dllbuatan mana? Silahkan search digoogle ;D

    1. Pak Fendy Lim,

      Setuju. Banyak sekali ponsel merek global yang dibuat di Cina. Namun, mereka mengakui negara asalnya. Huawei dan Lenovo, misalnya, mengaku kalau mereka berasal dari Cina dan diproduksi di Cina.

      Sementara itu, Oppo tak mau mengaku berasal dari Cina dan diproduksi di Cina. Promotor ponsel tersebut sangat sering menyatakan Oppo berasal dari Amerika. Nah, hal itu tentu tak bisa dibenarkan.

  10. Mau dari china ga masalah, yang penting fungsinya dapet, puasnya dapet. Foxconn yang buat iphone & ipad aja juga dari china, lenovo pun demikian. Jangan terlalu skeptis lah. Berkali kali saya datang ke stand oppo, terang2an kok memang buatan china. Justru saya kagum dengan fungsionalitasnya. Spek memang kalah, tapi hasil kamera, performance, dan ide2nya patut diacungi jempol. termasuk N1 (meskipun kegedean :mrgreen: )

    1. Pak Diposedicipg8,

      Saya sangat setuju dengan Anda. Mau buatan mana pun, asalkan berkualitas dan andal, tak perlu dipermasalahkan. Sekarang saya sedang memakai modem Wi-Fi buatan Sidoarjo, Jawa Timur. Performanya ternyata bagus lho.

      Yang sangat saya permasalahkan dari Oppo, promotornya seringkali menyatakan merek itu berasal dari Amerika. Sebagian menyatakan dari Amerika dan dibuat di Cina, sebagian lagi sekaligus menyebutkan buatan Amerika. Kondisi itu tidak bisa ditoleransi. Kalau Anda pernah bertanya kepada promotor Oppo dan dijawab dari Cina, berarti Anda kebetulan selalu berjumpa dengan promotor yang jujur. Dalam pantauan saya, tak banyak promotor Oppo yang seperti itu.

  11. Pak Herry SW, bisa tolong disebutkan merk ponsel apa saja yg berasal dari China yg di jual di Indonesia? Dan kalau boleh dijelaskan sedikit kualitasnya. Terima kasih.

    1. Pak Anton,

      Saya sebutkan beberapa ya.

      1. Huawei.
      Merek Cina, buatan Cina, tetapi sebenarnya sudah termasuk kelas merek global. Kualitas secara umum lumayan.

      2. ZTE.
      Merek Cina, buatan Cina, tetapi sudah termasuk kelas merek global. Kualitas secara umum lumayan. Kalau diadu dengan Huawei, merujuk pada pengalaman selama ini, Huawei sedikit lebih unggul.

      3. Lenovo.
      Merek Cina, buatan Cina, dan kini sudah berkelas merek global. Kualitas secara umum cukup bagus.

      4. K-Touch.
      Merek Cina, buatan Cina. Kualitas lumayan.

      5. Haier.
      Merek Cina, buatan Cina. Kualitas yang belum saya ketahui karena produk terbaru Haier belum pernah saya coba. Kalau rujukannya kondisi sekitar lima tahun lalu, tergolong lumayan.

      6. Oppo.
      Merek Cina, buatan Cina, tetapi sering mengaku dari Amerika. Kualitas produk secara umum bagus. Sayang, selain tak mau mengaku dari Cina, harga jualnya sangat tinggi (overprice).

      7. Hisense.
      Merek Cina, buatan Cina. Di sini sering dipasarkan sebagai ponsel Smartfren Andromax. Kualitas secara umum biasa-biasa saja, kecuali untuk tipe tertentu yang pantas dilabeli bagus.

  12. Dear pak HSW,

    kebetulan saat ini saya sedang pakai merk K-Touch. overall emang bagus sih.. komunitasnya jg open.. cuman sayang tipe2 yang dikeluarkan tidak banyak…

    soal oppo, saya juga merasa harga yg diterapkan overprice..dibanding dgn brand2 China global lainnya.. mungkin jika oppo menerapka strategi seperti lenovo, pandangan skeptis masyarakat seperti skr ini beda lagi..
    sayang seribu sayang..marketingnya kurang jujur..

    1. Pak Erik,

      Pakai K-Touch yang Lotus 2 atau Titan nih? Iya, tak banyak tipe K-Touch yang diedarkan di sini. Sudah pernah coba berhubungan dengan pusat perbaikan resminya atau belum, Pak? Kalau sudah, bagi-bagi cerita ya, Pak. Saya ingin mengetahui kinerja pusat perbaikan resmi K-Touch.

      Iya, sayang cara jualannya agak mengelabui konsumen. Padahal, built quality Oppo sebenarnya bagus. Btw, saya dapat laporan dari beberapa rekan, promotor Oppo di Surabaya sudah mulai berubah. Mereka mulai mengaku kalau Oppo itu merek Cina. Setelah bilang begitu, mereka kemudian menjelaskan bahwa meskipun merek Cina, Oppo itu bukan berkualitas ala kadarnya bla.. bla… bla… Bagus deh. Tindakan mereka patut diapresiasi positif.

  13. Suatu hari,saya pernah bertanya pada sales oppo. Dia mengatakan bahwa oppo adalah ponsel buatan Cina Dan berlisensi Amerika. Apakah ponsel oppo memang benar berlisensi Amerika ? Terimakasih

    1. Pak Kurniawan,

      Kalau berlisensi Amerika, berarti pemegang mereknya berada di Amerika dong. Setahu saya, Oppo adalah merek Cina buatan Cina.

      Di Amerika memang ada pabrik yang dimiliki Oppo. Namun, pabrik itu memproduksi blu-ray dan DVD player, bukan ponsel.

  14. Pah Herry,

    Saya pakai yg Titan pak Herry. layarnya bening bgt dan terang. kinerja jg oke.gampang di-oprek… Pak Herry apa juga pernah pakai K-Touch?

    saya blm ada pengalaman dengan service center’nya.. (semoga tidak akan pernah dan jangan sampai.. hehe..)
    Tapi kabar2nya SC yg di sby ditutup sementara karena sedang ada masalah internal. saya tidak tahu benar atau tidaknya kabar tsb. Hanya, kalau berdasar dari komunitasnya, masalah service yang gampang tinggal hubungi petinggi K-Touch Indonesia yang kebetulan jg nimbrung di forum tersebut. beberapa kasus terselesaikan dengan baik bahkan byk yg tanpa biaya meskipun ada penggantian part.

    Dulu saya sempat tertarik dengan oppo pak. karena model dan build quality-nya bagus.. cuma ya itu…niat saya urungkan karena saya merasa overpriced. coba kalo misal harganya setara dengan lenovo atau acer mungkin lain cerita.. akhirnya setelah tengok sana sini, jatuh hati ke k-touch.
    Thanks pak.. maaf kalo jadi curhat. πŸ™‚

    1. Pak Erik,

      Saya sempat towel-towel Lotus 2 dan Titan S100.

      Oh, ternyata petinggi K-Touch nimbrung di komunitas tho. Bagus deh. Jarang lho ada yang mau begitu.

      Iya, harga Oppo terlalu tinggi. Memang sih built quality-nya oke, tetapi harga yang dipatok saya nilai masih terlalu mahal.

  15. Pak Herry,

    iya kebetulan saya mengikuti komunitas tersebut. dan memang, tidak tahu sebutannya apa, mungkin CEO-nya K-Touch Indonesia juga sering memantau. dan memang sudah ada beberapa pengguna yang komplain dan ditangani langsung sama petingginya.. Betul pak, jarang2 ada petinggi sebuah perusahaan ikut turun langsung ke “medan-nya”..
    Kabarnya sebentr lg K-Touch akan keluarkan tipe terbarunya..

    Thanks pak..

    1. Pak Erik,

      Terima kasih atas informasinya. Wow… luar biasa kalau sampai sekelas CEO masih menyempatkan diri mendengarkan suara pasar dengan mengikuti forum atau komunitas.

      Saya sih siap saja mengulas produk terbaru K-Touch. Semoga distribusi ponsel itu kelak lebih merata. Dulu saya kesulitan menemukan penjual Titan di Surabaya. Baru akhir tahun lalu saya bisa meminang ponsel itu melalui sebuah toko online.

    1. Pak Anto,

      Saya malahan baru dengar info kalau Cyrus buatan ZTE. Untuk modem, hal itu mungkin saja. Namun, kalau untuk ponsel, kemungkinannya kok sangat kecil ya.

  16. merk cyrus termasuk yang mana pak Herry ,yang pantas dilirik atau tidak ,soalnya sekarang banyak hp cyrus dengan spesifikasi yang menarik perhatian.

    1. Pak Anto,

      Cyrus termasuk merek lokal buatan Cina. Untuk ponsel, saya cenderung tidak meliriknya. Kalau modem, tipe tertentu tergolong boleh dilirik.

  17. Pak Henry SW,

    Pak lebih memilih Huawei atau Lenovo??
    tadinya Oppo juga sya pngn cuma terlalu mahal..
    nah sekarang jatuh hati ke Huawei Honor 3C pak, gmn menurut pak henry??kekurangannya ap pak?

    1. Pak Ugi AF,

      Huawei atau Lenovo? Secara umum saya lebih memilih Lenovo.

      Iya, ponsel Oppo sebenarnya banyak yang menarik. Namun, harganya overdosis. πŸ™

      Lho, Huawei Honor 3C sudah beredar di sini? Saya belum pernah mencobanya.

  18. Bisa dijelaskan Pak Herry kenapa lebih memilih lenovo?
    Iya Oppo terlalu over harganya pak…
    Huawei Honor 3C iya belum beredar di Indonesia pak.hee
    Baru rilis di china..

    Klo untuk pesan dulu kira2 retailer resmi huawei ada ga ya pak?trs di mana ??
    supaya pas dateng ke indonesia saya udah pesen n tinggal kirim saja dari retailer resminya..gt hee
    mhon penjelasannya lgi pak..

    1. Pak Ugi AF,

      Di kisaran harga yang sama, built quality (ehmm… saya kesulitan menemukan padanan katanya dalam bahasa Indonesia) Lenovo biasanya lebih bagus daripada Huawei. Kalau suatu saat ingin menjualnya lagi, menawarkan Lenovo bekas jauh lebih mudah daripada menjual ponsel Huawei bekas. Meskipun sama-sama merek global yang berasal dari Tiongkok, Lenovo sudah lebih dianggap sebagai merek global. Sedangkan Huawei masih lebih sering dianggap sebagai merek Tiongkok.

      Hal lain, bila terbiasa memadukan ponsel dengan case tambahan, saat ini sudah semakin banyak penjual aksesori yang menawarkan leather case, hard case, dan jelly case Lenovo.

      Di Indonesia memang ada distributor resmi Huawei. Namun, mereka biasanya tidak melayani pesanan khusus seperti yang Anda harapkan.

  19. Iya sya setuju bgt sama pak herry, kalo di lihat dri spec huawei trsbut bagus, harga murah sdangkan lenovo harga mahal tpi spec msh kurang gt pak.hehe

    Klo sya mngharapkan Spec bgus harga agk murah gt pak.hee

    Menurut bpk lebih memilih menunggu huawei honor 3c dateng ke indonesia itu jg klo djual di indonesia atau lebih untuk mencari produk yg lain??

    klo cari produk yg lain dri China jg bpk lebih menyarankan apa pak??

    Lenovo atau ada merk lain jg yg disarankan?

    1. Pak Ugi AF,

      Karena jadwal edar Honor 3C belum diketahui, bila memang segera memerlukan ponsel, lebih baik mencari ponsel lain deh. Anda bisa melirik Lenovo dan aneka merek lain. Saran saya, selain merek lokal buatan Tiongkok ya.

  20. Emh gt Pak Herry, sekarang ga terlalu memerlukan bgt c.hee
    Lenovo dan merk lain ya pak?
    oke2.
    maksud selain merek lokal buatan tiongkok maksdunya gmna pak Heryy??
    Kalo xiaomi dan himax gmn pak,

    1. Pak Ugi AF,

      Saya belum pernah mencoba Xiaomi. Kalau Himax, jangan deh. Kecuali, Anda memiliki pengetahuan teknis yang cukup mendalam dan bersedia mengutak-atik ponsel Himax itu. Saat masih out of the box alias standar pabrikan, ponsel Himax yang pernah saya coba mengandung banyak bug yang tergolong fatal.

  21. waduh gitu ya pak, tapi ternyata banyak juga pak pengguna Himax,.
    kaya di Forum2 banyak Himax Lover dll.
    Emh mungkin saya akan lebih mencari informasi lagi tentang hal tersebut pak.Thanks.

  22. Kepada Pak Anto, Pak Herry, dan yang lainnya,

    saya ingin sharing, saya menggunakan Cyrus Apel sejak sekitar pertengahan tahun lalu, saya membelinya di Hypermart,
    saya tertarik karena kameranya 8 megapixel, autofocus, touch focus(fokus sesuai area sentuh), flash, 10 face detection (hasil foto termasuk bagus dan cepat), dan spesifikasi yang lain juga lumayan untuk harga 1,8 jt (saat itu) :
    internal 8 GB (unified storage -> aplikasi & multimedia jadi satu) sisa 4,7 GB saat kondisi awal.
    Ram 1 Gb (700an MB)
    CPU 1,2 Broadcom Dual Core
    GPU Broadcom VideoCore IV

    secara keseluruhan (kecuali ukuran layar) spesifikasi mirip Galaxy Grand.
    Dan ternyata bisa menjalankan dengan lancar game Real Racing 3 (1,5GB), Injustice Gods Among Us (1,6GB) yang termasuk game cukup berat.

    Kelemahan yang saya rasakan : baterai cukup boros, mungkin karena kinerja CPU & GPU nya.

    Rata2 smartphone/acang lain (merk global bahkan merk lokal) dengan range harga sama, spesifikasinya :
    Ram 512 (470an MB)
    Internal 4 GB (saat kondisi awal cuma sisa 900MB – 1GBan masing2 untuk aplikasi & multimedia)
    GPU Adreno 203 / Mali 400MP / SGX 531.
    Kamera 5 megapixel, autofocus, flash, tidak touch focus.

    Sampai sekarang Cyrus Apel tersebut kondisinya masih baik, semoga tidak ada masalah.

    Saya belum pernah mencoba Cyrus Cerry yang spesifikasinya hampir sama, cuma beda CPU sudah Quad Core, layar 5″, kapasitas baterai lebih besar.

    Semoga informasi yang saya sampaikan dapat membantu.

    Terima kasih.

    1. Pak Yopie,

      Saya juga pernah mencoba Cyrus Apel. Tidak saya review karena saya baru mencicipinya berbulan-bulan setelah ponsel itu diluncurkan. Setuju, respons ponsel memang cukup gegas, tetapi baterai tergolong boros.

      Ada satu hal lain yang buat saya terasa mengganggu. Aplikasi bawaannya terlalu banyak dan buat saya tak bermanfaat. Ada Harga Hot, Cyrus ini, Cyrus itu, dll. Parahnya, aplikasi-aplikasi itu tak bisa dihapus. Bahkan, ada satu ikon aplikasi (saya lupa apa) yang tak bisa dihilangkan dari home screen.

  23. Pak Herry,

    mengenai aplikasi bawaan yang jelas2 tidak saya pakai, saya memang terganggu, namun saya bisa menghilangkan semuanya, cukup drag ke atas, ada 2 pilihan uninstall atau app info, pilih app info, lalu klik ‘disable’,
    atau cara kedua : masuk menu setting -> apps -> all, pilih aplikasi yang bersangkutan, klik ‘disable’, hilanglah aplikasi2 tersebut di home screen atau di menu aplikasi.

    saya juga sudah membeli baterai berkapasitas 2800 mAh beserta tutup casing belakang (karena baterai lebih tebal) seharga 200rb di dealer Cyrus.

    1. Pak Yopie,

      Iya sih, dulu saya juga pakai jurus disable. Namun, kan tetap menghabiskan memori internal. Btw, khusus satu ikon di home screen yang saya ceritakan, biarpun sudah di-disable dulu tetap muncul.

      Lho, kini ada baterai yang berkapasitas besar ya? Wah, kalau baterainya 2.800 mAh, seharusnya cukup buat pemakaian mulai pagi sampai malam ya.

      Terima kasih atas informasinya, Pak.

  24. Pak Herry SW,
    mau tanya lagi pak..
    Gini pak ada temen dari China mau ke indonesia lagi, kebetulan dulu sempet belajar di indonesia.gt
    nah yang saya tanyakan gini pak, kalo misalkan saya nitip beli Smartphone dari china langsung gt pak nanti temen saya bawa ke indonesia, itu kira-kira ada kendala ngga ya pak dalam penggunaanya??misal dari bahasa, ataupun dari SIM card bisa pake yg dari indo apa ngga gt??pengen bgt beli huawei honor 3C gt pak..

    1. Pak Ugi AF,

      Ponsel GSM yang dibeli di Cina, asalkan statusnya unlock, biasanya bisa digunakan di Indonesia. Namun, untuk ponsel Android, biasanya tak ada Google Services-nya (Play Store, Gmail, dll). Soal bahasa, biasanya ada pilihan bahasa Inggris.

  25. Pak Herry SW,
    berarti sbenernya gda masalah ya pak?bisa digunakan di indonesia ya,
    emh untuk google service itu emang di semua android gda ya pak??

    1. Pak Ugi AF,

      Ya, seharusnya tak masalah. Ponsel Android yang dijual di Tiongkok biasanya memang tanpa Google Services.

  26. Kalian smua salah ,saya adalah penggemar setia oppo,saya membeli oppo find mirror hrg 4 jt ,awal saya kurang puas tetapi setelah saya memakai seminggu saya sangat puas,kamera belakang berbekal 8 mp sangat jernih saya bandingkan dengan samsung s4,iphone 5,dengan harga diatas 4 jt hp saya msh menang,dengan rom nya 1 gb,processor 1,2 quadcore sudah lumayan.blum lg oppo aktif dlm update seperti br” ini Update ColorOs yg menambah canggih produk oppo ini,TERUS HARGA HP OPPO TIDAK PERNAH TURUN ,JADI HARGA PASARAN STABIL,JIKA KITA JUAL KEMBALI kita msh bisa untung,dibanding merk lain samsung ,sony,LG HP MAHAL PROC RENDAH + HARGA CEPAT TURUN.
    sekian komentar saya terhadap anda smua!!!

    1. Pak Pencius,

      Anda menyatakan harga pasaran Oppo stabil dan kalau dijual kembali masih bisa untung. Sudah pernahkah Anda iseng coba menawarkan Find Mirror bekas? Saya jadi penasaran ingin tahu ponsel Anda ditawar berapa.

      Dalam pantauan saya di Surabaya, Find Mirror bekas maksimal cuma ditawar Rp 2 juta oleh pedagang ponsel bekas. Lebih banyak yang berani menawar hanya Rp 1,5 juta. Padahal, ponsel itu baru dipakai seminggu dan dibeli dalam kondisi baru dengan harga Rp 3,999 juta.

      Soal lisensi Amerika, boleh tolong tunjukkan bukti pendukung mengenai hal itu? Sepengetahuan saya, Oppo adalah merek Tiongkok dan dibuat di Tiongkok.

  27. Oh ya soal merk mereka licensed dr amerika pak,buatan china,SAMSUNG JUGA BEGITU licensed korea ,BUATAN CINA,SMUA produk jg bakalan buat brng di CINA karena terbentang para tenaga kerja PAK henry….

  28. Pak lbh baik diam kalo gak tau, bapak jgn asbun,bpk lihat dulu bnyk ga yg jual hp nya,sgt sedikit pak dikarenakan puas pak dengan hpnya, saya sendiri pernah test jual ke toko hp pak,lengkap dengan kotak charger sm garansi mereka buka harga di 3jt pak.soal buatan, mereka emg dibuat di cina tetapi licensed amerika,soal layar pun mereka memakai dragontail, layar yg cukup tangguh bukan,aanda silakan buka oppo rusia anda akan menemukan apa yg anda cari….

    1. Pak Pencius,

      Wow… bagus banget tuh kalau ada toko yang berani membeli Find Mirror dengan harga Rp 3 juta.

      Soal lisensi Amerika, boleh tolong minta tautan/link yang menukik dari situs Oppo Rusia yang Anda sebutkan?

      Saya sudah berkali-kali mencoba ponsel Oppo dan mengulasnya kok. Silakan mencarinya di http://ponselmu.com/category/gawai/oppo/

  29. Quote:
    “..,bpk lihat dulu bnyk ga yg jual hp nya,sgt sedikit pak dikarenakan puas pak dengan hpnya..”

    Banyak yg puas atau banyak yg gak jadi jual gara” sakit hati, karena ditawar kemurahan? Atau lebih parah lagi, jarang laku makanya jarang ada yg jual ????????????

  30. Pencius..

    Setau saya kalau barang elektronik dijual lg(second) pasti harga nya jatuh banget deh,kalau takut rugi banyak jgn beli hp yg mahal,beli aja hp yg harga nya kisaran 200rb,jadi ntar kalau dijual gak rugi banyak πŸ™‚

  31. saya gak ngerti apa yang bapak2 bicarakan tentang hp
    tapi yang jelasnya saya mau mintak usulan atau pendapat tentang oppo find muse tentang vidio call..tentang kualitas kejernihann dan apakah kejernihan tergantung jaringan juga???

  32. Mending pilih Asus Zenfone series.. Harga murah tpi memiliki spek diatas rata2 dgn budget yg sama… Sayangnya susah stoknya.

    1. Pak Nando,

      Iya, mending Zenfone daripada Oppo. Masalahnya, Asus Indonesia PHP-nya tak kunjung berhenti.

        1. Bu Nina,

          Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

          PHP-nya Asus sekarang sudah sembuh. Dulu kan suka PHP soal harga jual, jadwal edar, dll.

  33. saya baru aja beri hape Oppo joy… kata penjualnya udah banyak dipake sama orang amerika dan di eropa juga… memang pabrikan cina… yah agak kerayu gitu akhirnya beli juga… gak tau ah pasrah aja. mudah2an gak ada masalaha & cepat rusak macam hape Adv*n …

  34. Saya baru beli Oppo Joy, kemain mencari HP di bawah 2 juta yang bagus. Menurut saya dengan fitur yang ditawarkan, harga 1.699.000 relatif pantas. Sebelumnya, saya juga merasa harga Oppo overprice. Hanya saja, untuk tipe ini, sepertinya masih wajar. Memang RAM 512, internal memori 4 GB, dual core. Nah, saya mau nanya, yang masalah Color OS. Gimana tu pak?

    Boleh review ya pak Oppo joy nya kapan2 hehe..
    terimakasih

    1. Bu Nelly,

      Strategi penetapan harga Oppo Joy memang paling beda dibandingkan tipe lain yang pernah beredar di sini.

      Waktu akan beli, apakah Anda sempat menanyakan kepada penjual Oppo itu merek dari negara mana?

      “Yang masalah Color OS. Gimana tu Pak?” Nah, maksudnya mau tanya apa ya? *bingung*

      Untuk jangka waktu yang belum ditentukan, saya takkan bersedia me-review ponsel Oppo. Sebab, saya tidak mau tak bisa bersikap independen dan beraktivitas dalam “ancaman”.

  35. saya dari awal dah tau kabar ini hp oppo dr china. kemarin jg penjualnya (crystal phone, tamini square) menjelaskan dari awal bahwa ini hp china tapi kualitas bagus. mereka mengatakan ini hp dbuat di china, bahkan pemiliknya adalah orang china asli. tapi sudah bisa masuk pasar eropa n amerika. padahal kita tau untuk bisa masuk ke pasar eropa pasti ada standar sendiri. sy tertarik krn dg harga 1,7 dah cukup bagus, tampilan hp oke, kamera walau 5mp cukup bagus, dah ada flash (sedangkan tipe neo yg mirip n lebih mahal malah blm ada flash), ada fitur mode tamu, bbm bisa banyak (sampe 4 bbm dlm 1 hp), kmrn jg krn dkasih bonus silicon case dan screen guard dari oppo. klo hp jenis lain dg harga segitu sy bingung enaknya yg mana. oia selain itu, hp oppo joy ini jg relatif msih baru dbanding tipe lain. dulu gak mau beli krn rasanya mahal bgt dan berat.

    ttg color OS ya jd ada bs pake ketuk atau sandi layar gt utk langsung akses ke misal buka kunci, aktifin kamera dll.

    oia lagi, perintah suara bs dpake utk foto cm dg blng cheese atau color hehe.. smg baik2 aj ke depannya lah.

    dan lg (halah nyambung terus ni pak maaf ya hehe), klo mau service, tokonya mau mhubungkn. jd gk hrs ke roxy. hmm apalagi ya.. itu aj deh.. sy klo boleh mau minta pjelasan bapak ttg apa itu color OS. makasih ya pak sebelum dan sesudahnya :))

    1. Bu Nelly,

      1. Kalau membaca cerita Anda, tampaknya Anda kebetulan bertransaksi di toko yang jujur, bertanggung jawab, dan bersedia membantu konsumen. Tak banyak toko yang seperti itu. Andaikan toko tersebut berada di Surabaya, hari ini juga saya ingin iseng berkunjung ke sana untuk melihat-lihat.

      2. Dalam bahasa sederhana, Color OS itu sistem operasi yang dikembangkan dan dimodifikasi oleh Oppo. Basisnya sebenarnya Android.

    1. Pak Dwian,

      Iya. Jadi, seandainya ponsel terjatuh dan ponsel itu bisa berbicara, dia akan berkata, “Rapopo. Aku rapopo. Mung lecet sitik.”

  36. Sebetulnya ini hanya masalah sudut pandang bagi yg berfikir .. smartphone apa salahnya dr cina .? Apa gr” rummornya barang” made in cina itu jelek cpt rusak cuman niru.. ingat cina itu negara yg hebat apa apa aja hampir mereka bisa buat.. skrng apa yg tak mungkinnya negara cina yg hebat ngebuat theknologi yg bagus bahkan setara dengan kelas dunia ? Kalo selama ini cina hanya meniru mungkin skrng dia sudah pandai dan lihai dr setiap apa yg dia pelajari dr meniru.. dan muncullah hasil karya sendiri smartphone yg mungkin slh 1nya itu ya hp oppo ini . Jangan meremehkan buatan cina dulu ingat sampai ada pepatah. Kejarlah ilmu sampai ke negri cina.. πŸ˜€

    1. Pak Sambudy,

      Tak ada yang salah dengan ponsel buatan Tiongkok alias China. Sebab, buatan Tiongkok tidak selalu jelek. Ada yang bagus kok.

      Yang sangat saya permasalahkan adalah ketidakjujuran promotor Oppo saat menawarkan ponsel itu kepada konsumen. Mereka nyaris selalu menyatakan bahwa ponsel Oppo adalah lisensi Amerika. Ada pula yang bilang Oppo merek Amerika, Denmark, Jerman, dll (biasanya yang disebutkan adalah negara di Eropa). Nah, tindakan itu yang harus diberantas habis.

  37. gw baru beli oppo R1 Rp 4.990.000……
    layar oppo R1 paling jernih dari semua HP yg pernah gw beli….
    yang bikin kaget, hasil rekaman video pake oppo outputnya HD ……. wow.
    tadinya bingung antara samsung S5 sama oppo R1.. akhirnya pilih oppo R1 he..he…he.
    layarnya IPS sama persis kayak nonton film format blueray….

    1. Pak Pranata,

      Boleh tahu harganya yang benar Rp 4.990.000 atau Rp 4.999.000?

      Semoga ponsel itu awet dan Anda tidak cepat bosan.

  38. Saya sempat mengunjungi toko resmi oppo di surabaya waktu mereka baru buka, sekitar bulan Mar 2014. Sejujurnya, harga termasuk mahal, namun melihat feature yg ditawarkan sangat bagus, hampir saya mau beli on the spot, namun akhir nya batal karena mau mikkir dulu. Feature yg paling saya suka adalah rotating camera n personal assistantnya (semacam Siri nya apple) yg bisa langsung bahasa Indonesia yg medok, langsung diperagakan sama spgnya – baik bercakap cakap maupun utk voice to text messaging.
    Barusan saya ke singapore, kaget karena iklan Oppo dimana mana mulai dari MRT station sampai poster elektronik di bus station. Belom lagi yg terakhir pake iklan film transformer yg terbaru – age of extinction. Phone nya oppo find 7. Feature yg paling keren disana selain tsb diatas, adalah fast charging yg belum ada di hp manapun. Iklannya 30 menit charging batt dari mati sampe 75 persen full. – saya cek youtube ternyata juga bener yg udah dapet barangnya.
    Gimana pendapat yg lain? Casingnya udah metal juga seperti iphone. Cuman harga nya selevel samsung note.

  39. permisi mas Herry SW. saya mau minta saran. saya punya budget di bwah 2 jutaan persisnya 1,5 juta, tapi saya masih bingung untuk membeli yang mana? maunya sih yang ramnya udah 1gb alhasil ada beberapa produk yang masuk seperti asus fonepad 7, advan s5j, advan s5d, zenfone 4 sama lenovo seri s. menurut mas Herry lebih baik yang mana ya?

    1. Pak Sendy Alfiyan,

      Advan silakan langsung dicoret dulu.

      Zenfone 4 nggak menarik karena baterainya boros banget.

      Lenovo seri S seharusnya tak bisa dibeli dengan dana Rp 1,5 juta.

      Berarti, tersisa satu pilihan: Asus Fonepad 7. Namun, sepertinya Anda tetap harus menambah anggaran sekitar Rp 200 ribu. Saya pribadi belum pernah mencoba Fonepad 7 sehingga tak tahu produk itu bagus atau tidak. Buat saya, dengan mengacu pada kekacauan distribusi Zenfone, Asus bukan merek yang seksi untuk dibeli.

    1. Bu Regiani,

      Oppo Neo 3 itu apakah berbeda dengan Oppo Neo? Saya belum pernah mencoba keduanya. Hal yang perlu diingat saat akan membeli ponsel Oppo:

      1. Ponsel Oppo adalah merek China buatan China. Jangan tertipu kalau promotornya menyatakan Oppo produk Amerika yang dibuat di China.

      2. Harga jual ponsel Oppo bekas sangat hancur.

      3. Layanan pusat perbaikan resmi Oppo belum layak diberi acungan jempol.

  40. Maaf numpang tanya, saya lagi cari hp baru. Saya bingung, mau beli samsung tapi sepertinya itu-itu saja, bahkan serinya terlalu banyak. Trus saya liat oppo, saya lagi ngincer oppo Real 20 atau R831K. Saya udah liat-liat bahkan mainin, dan kayanya oppo lebih ke gestur. Jadi enak mau ngapa-ngapain praktis. Bahkan teknologinya bagus. Tapi saya masih dilema, takutnya nanti oppo ngeluarin produk baru dengan android kitkat. Saya juga berharap samsung mengeluarkan produk baru dengan android yang meningkat yaitu KitKat. Tolong dikomen ya πŸ™‚ terimakasih..

  41. Pak herry oppo overprice karena masih menjaga kualitas barang seperti iphone.Nggak seperti samsung yg memberi harga murah tetapi cara produksi hpnya terlalu over dan kualitas barang pun menjadi berkurang karena selalu ada produk hp yg baru lagi?
    Apakah benar begitu?

    1. Pak Andy,

      Saya tak tahu Oppo di luar negeri seperti apa. Kalau di Indonesia, harga yang overprice itu terutama terjadi karena:
      * Belanja iklan mereka gila-gilaan.
      * Memberikan profit margit atau keuntungan yang jumlahnya sangat besar kepada toko.
      * Menawarkan insentif yang jauh di atas rata-rata kepada promotor (SPG/SPB).

  42. Saya juga bingung, saya lagi nyari hp yang harganya 2 jutaan trus kamera belakang&depan bagus. Terlebih lagi saya suka selfie πŸ˜€ jadi bingung mau beli hp apa. Ada gak yah hp yg cocok buat saya? Yang kamera depannya gak VGA tapi 2 mp??

  43. Pak herry, saya mau cari hp dengan budget 2 jutaan, saya prefer hape yg awet dan kamera bagus.
    Kira2 lebih baik mana ya oppo r831k atau nokia xl?
    Terima kasih

    1. Bu Gabby,

      Anggaran Rp 2 jutaan itu tepatnya maksimal berapa? Sebab, Rp 2,999 juta pun masih Rp 2 jutaan.

      Apa pun jawaban Anda, silakan mencoret dua ponsel yang Anda sebutkan. Kalau anggaran Anda Rp 2 juta lebih sedikit, silakan membeli LG L70. Kalau anggaran Anda sampai mendekati Rp 3 juta, ada Acer Liquid E3 dan LG L90 yang boleh dilirik. Semua ponsel yang saya sebutkan telah di-review dan diunggah ke blog ini.

  44. Oh jadi oppo kayanya kurang bagus ya sama saya? Soalnya saya ini kan anak abg πŸ˜€ jadi hp apa gitu yg cocok sama saya? πŸ˜€ *maaf banyak nanya

    1. Bu Citra,

      Jangan beli Oppo deh. Daripada kelak menyesal.

      Ponsel apa yang cocok? Lha tadi kan sudah saya sebutkan. Coba baca lagi jawaban saya.

    1. Bu Soviea Zulkarnain,

      Kalau pilihannya dua itu, ya saya pilih Samsung. Namun, sebenarnya merek lain seperti LG dan Sony juga layak dipertimbangkan lho.

  45. Permisi pak herry,, apakah samsung s5 itu oke?
    Saya kemarin sempet nyari samsung s5, dan saya mengalami apa yg bapak sebutkan. malah ditawarin oppo seri terbaru yg katanya masih pre order .. mereka bilang oppo rakitan cina, lisensi US .. Sempet dilema saya.. Karna saya tipe orang yg bosanan ,, Menurut bapak, mending pilih samsung s5 ,, iphone 5s ,, atau oppo yg seri terbaru ( yg katanya 4 kali ngecharge lebih cepat pak ?..
    Thank’s be 4.

    1. Pak Abeille,

      Nggak heran deh kalau yang disodorkan Oppo dulu. Lain kali kayaknya saya perlu membuat tulisan tentang kenakalan Oppo, termasuk bagaimana mereka mengajari pemilik toko untuk “menekan” karyawannya.

      Oppo itu jelas-jelas merek Tiongkok buatan Tiongkok, bukan lisensi Amerika.

      Saya cuma pernah towel-towel S5 dan belum pernah mencoba iPhone 5s. Kebetulan seorang teman saya yang gemar gawai pernah memakai keduanya. Ia lebih puas dengan iPhone 5s.

  46. mohon bantuannya….
    saya juga gak dilema antara 3 pilihan…
    1. OPPO Find 7
    2. Note 3
    3. HTC One

    ke-3 nama tersebut memiliki harga yang rata2 sama…
    1. OPPO Find 7
    tetapi saya melihat OPPO Find 7 memiliki banyak kelebihan dibanding yang lainnya, seperti kemampuan proses sistem kerjanya, kamera nya, dll. sayang nya OPPO yang saya dengar merupakan produk China… itu yang bikin saya galau.
    2. Samsung Note 3
    Bila dibandingkan OPPO Find 7, Note 3 Punya kelebihan lebar layar nya, dan punya brand yang semua orang sudah mengakuinya, tetapi kalau saya liat dari spek dan kualitasnya saya melihat lebih bagusan OPPO Find 7.
    3. HTC
    kalau HTC saya tertarik… tetapi gerai nya masih sangat sedikit sekali… jadi kalau mau garansi atau apa2 agak susah…

    jadi kesimpulan saya saya melihat OPPO Find 7 lebih unggul soal spek… sayang nya brandnya kurang mendukung… sedangkan harga sebanding dengan brand terkenal….

    mohon masukannya…..

    Terima kasih

    1. Pak Hyegun,

      Saya bahas satu per satu ya. Biar lebih detail.

      1. Oppo Find 7.

      * Di atas kertas, spesifikasinya memang menggiurkan. Ada beberapa poin yang tampaknya menarik. Namun, saya belum pernah mencoba ponsel itu.

      * Oppo adalah merek Tiongkok buatan Tiongkok. Kalau promotor (SPG/SPB) Oppo biasanya menyatakan bahwa ponsel Oppo adalah produk lisensi Amerika yang dibuat di Tiongkok seperti halnya iPhone, jangan percaya. Itu omong kosong.

      * Produk buatan Tiongkok alias China tidak selalu jelek kok.

      * Menurut saya, harga jual ponsel Oppo terlalu mahal.

      * Selama Oppo masih berdusta saat menawarkan produk kepada calon pembeli, saya pribadi takkan bersedia memakai ponsel Oppo sebagai ponsel utama. Ekstremnya nih, biarpun diberi gratis, saya tidak mau memakainya sebagai ponsel utama.

      * Ini ada beberapa catatan saya tentang Oppo. Silakan dibaca satu per satu supaya Anda memperoleh pencerahan.
      http://ponselmu.com/aturan-aneh-ala-oppo-untuk-jurnalis/
      http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/
      http://ponselmu.com/sayembara-oppo-berhadiah-uang-tunai-rp-1-juta/
      http://ponselmu.com/mengetahui-asal-usul-oppo/

      2. Samsung Galaxy Note 3.
      Keunggulan utama ponsel ini terletak di ketersediaan S-Pen dan layar lebar. Dalam hal lain, menurut saya, ia kalah menarik dibandingkan aneka ponsel high end lain.

      3. HTC.
      Harga baru yang tinggi, harga jual bekas yang terjun bebas, dan layanan pusat perbaikan resmi yang buruk merupakan beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membeli ponsel itu.

  47. Pak Herry,

    jadi saran bapak… kalau saya ada budget sekitar 7 – 8 jt bagusan beli yang mana y pak?

    thx

    1. Pak Hyegun,

      Silakan melirik LG G3. Harga ritel resmi Rp 7,199 juta, sedangkan harga pasar Rp 6,9 juta. Sebagian sisa angggaran bisa dipakai untuk membeli case tambahan. Selebihnya dapat disimpan.

  48. Mohon bantuannya pak herry, saya ada budget cuma 2jt.. menurut saran bpk yang bagus dengan budget segitu bisa beli smartphone apa ya pak?

    thx…

    1. Pak Hyegun,

      Boleh saja sih. Namun, menurut saya, lebih menarik LG G3. Service center LG tak kalah bagus dibandingkan Samsung.

  49. pak henry kalau saya memiliki di bawah 1,5 juta hape ap yg menurut bapak bagus untuk seorng mahasiswa?

  50. Pak Herry SW, saya mau nanya beberapa pertanyaan:
    1. hp apa ya yang kamera depan&belakangnya bagus, baterainya awet, prosesor bagus dan kalau ada yang RAM-nya 2GB
    2. Hp yang harganyanya 3-4 jutaan tapi sangat memuaskan.
    3. Pendapat bapak tentang HP xiaomi terlebih yg bertipe mi4 dan tipe xiaomi redmi

  51. Dear Mr.Herry
    menurut bapak lebih milih mana lenovo K900 atau Sony Xperia T2 klo di liat dari kebandelan smartphone….?thx p.Herry

    1. Pak Elico,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Saran saya, jangan membeli ponsel Oppo deh. Alasannya, mari kita memberi pelajaran kepada penjual ponsel Oppo. Berjualan itu harus jujur, bukan mengungkapkan informasi yang terkesan mengelabui konsumen. Oppo adalah merek Tiongkok buatan Tiongkok, bukan produk lisensi Amerika yang dibuat di Tiongkok seperti yang lazim diungkapkan promotor Oppo.

      Soal kesetaraan harga, kalau dilihat harga ponsel Oppo terlalu mahal dibandingkan ponsel lain dengan spesifikasi setara. Hal itu terjadi karena keuntungan yang diberikan Oppo kepada penjual sangat tinggi. Keuntungan menjual satu unit ponsel Oppo bisa mencapai jutaan rupiah. Satu unit saja lho.

      Kalau kelak Anda bosan dan ponsel Oppo itu ingin dijual, harga jualnya terjun bebas. Bisa setengah harga dibandingkan harga barunya, walaupun baru dipakai sekitar seminggu.

  52. Sedikit share ya buat temen temen.
    Kebetulan saya kerja di salah satu toko hp yang di dalemnya ada promotornya imo,lenovo,beyond,dan oppo.
    semuanya jujur kecuali sih kecuali si promotor oppo.kadang dia bilang ke customer A oppo tuh buatan amerika,tapi ke customer B oppo tuh buatan jerman.padahal di wikipedia aja tercantum jelas di kalimat utamanya bahwa oppo itu perusahaan dari ghuangzou,China

    terus dia bilang oppo joy lebih bagus karena layarnya udah corning gorilla glass 3(padahal belum),jaringannya hsdpa di kedua simnya(iya emang sih),terus processornya qualcomm snapdragon(padahal chipset MTK).
    Lebih parahnya lagi zenfone 4 dibilang belum berlayar gorilla glass(padahal gorilla glass 3),jaringan sim 2nya belum 3g(padahal hp ecek ecek aja sim 2nya udah 3g).dan bukan zenfone aja,bahkan galaxy core 2 aja dia bilang konektivitasnya masih edge,sinting ga tuh promotor?.

    memang sih komisi dari penjualan oppo gede banget,Rp.50.000/unit.makanya di counter sebelah banyak sales yang ikut ngebantu promotor oppo biar dapet komisinya,tapi alhamdulillahnya di counter tempat saya kerja lebih mementingkan kejujuran dan kepuasan customer jadi counter saya bagaikan neraka bagi promotor oppo,hahaha.

    jadi pesan saya buat temen temen.
    jangan sampe ditipu sama promotor ataupun sales counter karena ga semua dari mereka jujur.percayalah kepada fakta bukan opini,dan percaya kepada penjelasan yang berbobot ketimbang yang ga masuk akal.
    Be a Smart People,Be a Smart Customer.
    Karena segala sesuatu yang dimulai dengan hal buruk(kebohongan) akan berakhir dengan keburukan juga.
    Thanks πŸ™‚

    1. Bu Sofia,

      Silakan dibaca lagi dengan cermat. Yang saya permasalahkan adalah ketidakjujuran promotor Oppo dalam berjualan. Mereka menyatakan bahwa ponsel Oppo adalah produk lisensi Amerika yang dibuat di Tiongkok alias sama dengan iPhone. Padahal, Oppo adalah ponsel merek Tiongkok buatan Tiongkok.

  53. selamat sore, minta komentarnya tentang hp xiaomi donk? sekarang saya lgi bingung mau beli hp apa,,, awalnya mau beli samsung grand 2, tapi akhirnya sempat bingung setelah liat hp xiaomi redmi note selain itu ada juga xiaomi mi3. Kepengennya sih dapet yang ram 2GB, kitkat, kamera bagus, barang awet, kalau jatuh tidak rusak parah. harga 2-3 jutaan. Ada ga ya? hp apa kira2 yang pas untuk saya? hehehe… mohon bantuannya ya… terimakasih sebelumnya. πŸ™‚

    1. Bu Salsa,

      Ya. Oppo adalah ponsel merek Tiongkok buatan Tiongkok.

      Promotor Oppo seringkali tidak mengakui hal itu. Kepada konsumen mereka mengatakan kalau Oppo adalah ponsel lisensi Amerika yang dibuat di Tiongkok, sama dengan iPhone. Jangan mempercayai penjelasan tersebut.

    1. Bu/Pak Ismu,

      Tak bisa digeneralisasikan berdasarkan merek. Mesti tahu tipe yang mana dulu. Satu hal yang pasti, promotor Oppo seringkali tidak jujur dalam menyebutkan asal negara Oppo.

  54. Pak Herry mau tanya..sy awalnya mau beli zenfone 6. Sy butuh kamera dpn belakang yg bagus hasilnya, ramnya sudah 2, layarnya lumayan besar, dan fiture2 yg ok (sy bisnis OL) Pas sy lg cek harga di counter, sy di jelasin ttg oppo find 5 mini. Stlh baca blog bpk dan komen2nya sy jd bingung nih mau beli yg mana. Tlg jelasin ttg zonfone 6 scr detail ya pak? Zonfone boros batrai ya? Bagusnya ambil yg hp apa yaa pak? Alamat twitter bpk apa? Terima kasih

    1. Bu Desi,

      Karena berbagai alasan yang sudah berkali-kali saya sebutkan di sini, sebaiknya jangan membeli tablet dan ponsel merek Asus. Kalau beli laptop Asus masih boleh.

      Find 5 Mini tidak jelek. Namun, untuk ukuran saat ini, ponsel itu sudah kurang menarik.

      Karena sudah berbincang soal Zenfone 6 dan Find 5 Mini, saya mengasumsikan Anda memiliki anggaran Rp 3 juta. Saran saya, silakan membeli Xiaomi Redmi Note saja. Review ada di blog ini. Silakan dicari dengan mengetikkan kata kunci “Redmi Note” di baris pencarian. Anggaran Anda malahan pasti akan tersisa.

      Twitter saya @herrysw

  55. Ternyata oppo buatan cina ya pak heri tp bagus lho pak hp. nya tdk kalah sma samsung hp nya tipis kualitas nya juga ok.

    1. Pak Ferry Lie,

      Oppo adalah merek Tiongkok buatan Tiongkok. Setuju, untuk ukuran merek Tiongkok, Oppo tergolong bagus.

  56. gara-gara kena bujuk rayu penjual HP dan memang gak tau tentang HP akhirnya teman saya beli oppo juga, katanya produk jerman.

  57. saya pun baru tau, dulu waktu gencar-gencarnya promotor oppo di kota saya, mereka ngakunya produkan amerika, hanya beberapa bagian diproduksi di china dengan alasan tenaga kerja di cina melimpah dan budget bisa ditekan untuk pasar asia..
    ternyata akal bulus doang ckckck ga nyangka sampe segitunya

    1. Pak Athar,

      Maaf baru bisa merespons pertanyaan Anda hari ini. Karena ada perpindahan server, pada 6 Februari 2015 pukul 00.01 sampai 8 Februari 2015 pukul 06.00 saya tak bisa membalas pertanyaan maupun memposting naskah baru.

      Saya rekomendasikan untuk melirik merek lain saja deh, Pak.

        1. Pak Arif,

          Dengan harga segitu, Redmi Note boleh dipertimbangkan. Pilihan lain, Acer Liquid E3 dan (kalau bisa tambah anggaran sedikit) LG G2 Mini.

  58. pak, mau nanya dengan budget 6jutaan mendingan ambil oppo find 7 atau samsung s5? atau ada rekomendasi lain dengan spec yg bagus? makasi

    1. Pak Tata,

      Maaf baru bisa merespons pertanyaan Anda hari ini. Karena ada perpindahan server, pada 6 Februari 2015 pukul 00.01 sampai 8 Februari 2015 pukul 06.00 saya tak bisa membalas pertanyaan maupun memposting naskah baru.

      Rp 6 jutaan berarti bisa enam juta lebih sekian ratus ribu kan? Di antara dua pilihan itu, mending Galaxy S5 deh. Lebih baik tidak membeli Oppo yang cara jualannya dikenal kurang jujur.

      Pilihan lain, Vivo Xshot dan Xperia Z3 Compact. Merek Vivo masih bersaudara dengan Oppo. Bedanya, ia mau mengaku dari Tiongkok.

      Review Xshot dan Z3 Compact bisa dibaca di:
      http://ponselmu.com/review-vivo-xshot-performa-kamera-imbangi-flagship-lg-samsung-dan-sony/
      http://ponselmu.com/review-sony-xperia-z3-compact-cocok-dengan-layanan-lte-operator-gsm-indonesia/

        1. Pak Arif,

          Itu bekas kan? Toko-toko biasanya membeli N1 Mini di kisaran harga Rp 2,5 juta.

          Sudah deh, jangan beli Oppo. Kalau memang ingin mencoba ponsel Tiongkok yang premium, mending beli Vivo.

    1. Pak Arif,

      Maaf baru bisa merespons pertanyaan Anda hari ini. Karena ada perpindahan server, pada 6 Februari 2015 pukul 00.01 sampai 8 Februari 2015 pukul 06.00 saya tak bisa membalas pertanyaan maupun memposting naskah baru.

      Silakan membeli Redmi Note. Jangan beli Oppo. Buat apa beli ponsel yang dikenal kurang jujur dalam berjualan. πŸ™‚

  59. Saya pengguna Oppo Find 7a sejak bulan Juni 2014. Sampai hari ini cukup puas dan tidak ada keluhan. Ini pertama kali coba smartphone Tiongkok setelah sebelumnya pakai LG Optimus One, SE Xperia Pro, HTC Sensation, dan Samsung Ativ S. Kalau kita cermati, seri flagship Oppo saat release awal relatif ‘good value for money’. Berbeda dengan kelas di bawahnya yg cenderung overpriced. Di Jakarta rasanya kebanyakan orang menyadari kalau Oppo itu brand dan produk Tiongkok. Sekarang sih saya lagi penasaran dengan Oppo R1C…

  60. Saya pengguna oppo R819 dari desember 2013.Alhamdulillah sampai sekarang masih betah saya pakai sebelumnya saya pakai S3 .Unggul dari segi kamera 8mp nya,dibandingkan dengan zenfone 6 yang baru saya beli.Sama2 8mp ..tapi zenfone terlalu banyak noise..itu alasan saya tetap bertahan dengan oppo.Apalagi Oppo R819 ini limited edition.

    1. Pak Heru Pratama,

      Oppo R819 itu berarti Oppo Find Mirror ya? Hal apakah yang membuat ponsel Oppo Anda termasuk limited edition? Apakah berbeda dengan Find Mirror yang beredar di pasar?

  61. Dri semua yg saya baca tentang hp Oppo dri percakapan di atas..
    Inti nya yg mengkritik hp oppo menang tidak suka, jd percuma mau tanya tentang type oppo yg mn aja, jwban nya pasti ng jelekin terus.
    .
    Pak herry, mending coba dulu deh beli salah satu hp oppo nya,, terus anda boleh berkomentar.
    .
    Kalau memang soal harga yg mempengaruhi anda benci sama oppo. Ywdah jangan se olah2 menyudutkn dong.
    .
    Kalau soal promotor, emg semua spg ngmong nya kaya gtu, sekarang kita juga udh tau kn hp oppo di buat dmn dan berlisensi mn. Yaudah jgn dengerin promotor nya aja, kalau emg suka ya beli aja.
    Saya pengguna oppo, allhmdllh udh hampir 1 thun gak ada masalah tuh.

    1. Pak Bebet Dwi Bastian,

      He.. he.. he… Saya sudah pernah membeli maupun mencoba ponsel Oppo kok. πŸ™‚

      Yang membuat saya “membenci” Oppo bukanlah harga jualnya, melainkan cara promotor Oppo berjualan. Kalau promotor langsung jujur mengakui ponsel Oppo adalah merek Tiongkok, biarpun ponsel Oppo dijual Rp 10 juta pun, saya takkan “ngisengin” mereka.

      Semua SPG ngomong kayak gitu? Maksudnya ngomong tidak jujur dan mengelabui konsumen? Saya sangat jarang menjumpainya di promotor ponsel merek lain deh. Kita yang di sini mungkin sudah tahu kalau Oppo merek Tiongkok dan dibuat di Tiongkok, tetapi di luar sana masih ada banyak orang yang belum paham. Buktinya, sudah berkali-kali saya bertemu dengan pengguna Oppo yang membeli ponsel itu gara-gara dibilang dari Amerika, Jerman, atau negara Eropa lainnya.

  62. Pak herry ini aneh,, ko yg jd mslh nya mlah harga jual kembali nya. Emg bapak herry ini mau beli terus di jual lg gtu, mau jd calo apa gmn pak.
    .

  63. Saya mgkn awam soal android, tp mnrt sy fitur2 oppo menarik,, oppo jg dgn kamera yg cuma 8 mp trnyata mampu menghasilkn gambar menyaingi samsung dgn kamera 20 mp.. Amazing!!

    1. Bu Ginni Widya,

      Boleh tahu yang Anda ceritakan di atas itu Oppo tipe apa dan Samsung tipe apa? Saya terutama penasaran dengan ponsel Samsung berkamera 20 megapiksel.

  64. Koq saya tidak pernah mengalami ya? Entah sudah berapa kali lihat-lihat smartphone Oppo di toko retail berbagai mal di Jakarta selalu dinyatakan bahwa Oppo produk asal Tiongkok. Kalau ada yang coba bicara ngawur ke saya pasti orang itu langsung saya ‘semprot’. Kalau perlu managernya saya panggil. Langsung sikat selagi hangat, biar rame…

    1. Pak/Bu Dwi SM,

      Boleh tahu Anda di kota mana? Di Jakarta ya?

      Sehari-hari saya di Surabaya. Di sini saya sangat sering mengalaminya. Saat sedang ke luar kota, termasuk Jakarta, saya pernah melihat stan Oppo dan iseng bertanya. Eh, lagi-lagi ketemu promotor yang enggan mengaku ponsel Oppo itu merek Tiongkok.

  65. emang pandai2 sales OPPO itu menggoyahkan iman org, kawan saya aj yg awal nya mw membeli samsung atau lenovo dgn budget 2 jt an malah lgsg di tawari OPPO Neo 3(disalah satu Mall terbesar di pekanbaru), katanya Oppo lisensi nya dri Amerika, trus layar Oppo itu di ketok2 sma salesnya kayak ngetok pintu(katanya produk Oppo tahan benturan), ya lgsg aj my friend itu jd beli yg Neo 3. yg saya tidak suka dgn cara sales itu adalah masa katanya samsung dan lenovo itu tdak bagus dan biasa aj dibanding oppo, trus saya perhatikan lg setiap ada org yg datang selalu ditawarkan produk oppo, setiap ada yg menanyakan merk lain pasti di alihkan ke oppo, ada apa ini ??? padahal mereka menjual merk lain jg tpi kenapa Oppo trus yg sanjung?? aturan nya kan biar saja konsumen yg memilih, kan konsumen yg punya selera,, ini seolah2 malah menjelekkan produk lain, org mw beli merk A, B atau C eehh malah di suruh beli oppo…. aneh

    1. Pak Andi,

      Mengapa Oppo terus yang berusaha dijual? Alasannya sederhana. Komisi menjual ponsel Oppo lebih besar daripada Samsung, Lenovo, dan mayoritas merek lain.

  66. kalo oppo sebagai perusahaan hp dr tiongkok sih memang tidak terduga ya, karena hasilnya bagus. mungkin bisa meningkatkan industri ponsel disana

  67. siang pak..saya lagi gegana ne pak..bingung mau beli android..menurut bapak dgn budget saya 2000000 kebawah..android mana yang bagus ya pak..yang punya spek kamera belakang dan depan yg bagus bila digunakan pada malam hari..ram 2gb, dan baterainya tahan lama..mhon info na pak..
    mw tanya jg pak menurut bpk bagusan andro merk apa ea pak acer, asus, lenovo ato LG ea pak..

    1. Bu Fauziah,

      Maaf, saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Pada 25-27 Februari 2015 saya menjalani aktivitas yang padat di luar pulau. Sehingga, relatif tak sempat menjawab pertanyaan masuk.

      Sedang gegana? Maksudnya apa ya? *bingung*

      Dengan anggaran kurang dari Rp 2 juta, terus terang tak ada ponsel yang berani saya rekomendasikan. Sebab, tak ada satu ponsel yang mampu memenuhi semua kriteria yang Anda sebutkan.

      Merek apa yang bagus? Idealnya kita melihat tipe per tipe. Bukan satu merek secara umum. Di antara merek-merek yang Anda sebutkan, secara umum saya akan memilih Acer dan LG. Asus saya sarankan untuk dihindari, sedangkan Lenovo antara silakan beli dan jangan beli.

  68. Pak herry sw saya mau tanya. Saya adalah pengguna asus zenfone 5. Yg saya tahu dari media asus zenfone 5 itu buatan taiwan tapi kenapa pas saya beli di dusnya ada tulisan buatan china?

    1. Pak Irfan Fajar Pradana,

      Asus memang merek asal Taiwan. Namun, ponselnya belum tentu diproduksi di Taiwan. Karena berbagai alasan, terutama terkait biaya produksi, banyak produsen yang melakukan produksi di Tiongkok alias China.

  69. Kenapa di Komunitas Fotografer, untuk mobile photography mereka lebih menyarankan Iphone, ASUS Zenfone 4,5,6 dan Samsung Note .. Memang ASUS boros batre, tapi selain itu oke banget, saya pernah punya lenovo sebelum asus. Beda jauh pak. Sekarang ada Xiaomi, tapi rasa-rasa tiongkok pada screen dan UI nya masih terasa..

    1. Pak Ridho,

      Kalau membaca ponsel-ponsel yang disebutkan, tampaknya yang dikejar adalah kemampuan kameranya. Soal konsumsi baterai dll agak diabaikan.

  70. haii pak hery…
    anda belum pernah pakai handphone OPPO sudahh asbun..
    silahkan review ulang dengan langsung mengaplikasikan OPPO R5 & N3..
    OPPO ituu produk inovatif dan kreatif contoh nya colorOS , dan VOOC CHARGING,hingga KAMERA BERPUTAR OTOMATIS hanyaa OPPO YG PUNYAA

    1. Pak/Bu Novry Oppo Papua,

      Ha… ha… ha… sepertinya ada penjual Oppo yang kegerahan.

      Silakan membaca satu per satu dulu tulisan saya di http://ponselmu.com/category/gawai/oppo/

      Yang sampai saat ini masih saya permasalahkan adalah cara promotor Oppo dalam berjualan. Saya tidak mengatakan Oppo jelek atau tidak inovatif.

  71. sy bukan sales atau apapun tentang oppo. tapi sy konsumen ya doyan gonta ganti hp yg pgen tau aja akhirny sy bli 1 buah oppo joy. sy penasaran ama COLor os punya oppo inilah yg menguatkan oppo berani bilang prduk amerika krena color os mungkin melibatkan produsen software amrika. kyak sony ama ericsson kaya siemens ama benq. wajarkan motor build up ama rakitan negri sndiri pada gak mau di samain. padahal isinya sama aja. he he he.

    1. Pak Rudy,

      Meskipun ternyata melibatkan pengembang software dari Amerika, Oppo tetap tidak berhak mengklaim kalau ponsel Oppo dari Amerika.

  72. Pak.Henry, saya pakai oppo joy r1001, mau saya tanyakan, aplikasu bawaan oppo yg aman di uninstall apa… krn saya belum bisa menambah ram ,,,

    1. Pak/Bu Hayyun,

      Kita nantikan jawaban dari Pak Henry ya.

      Saya tak berani menjawab. Khawatir Pak Henry marah.

  73. Buat pak Herry SW, mau nanya nih pak
    Saya orangnya suka main game. Disini saya punya modal 5juta kebawah
    Tapi, saya pengen nyari HP yang ramnya kalau bisa 2gb, dual sim, dan kalau bisa sih kameranya juga bagus dan batrenya agak lumayanlah (hehehehehh)
    Menurut bapak hp apa yang bisa dibeli dengan kisaran 5 juta dan sesuai dengan keinginan saya ya pak?, soalnya saya kurang terlalu paham kalau masalah ini

    1. Pak Edison,

      Anda boleh mempertimbangkan Acer Liquid E3 plus power bank tambahan. Alternatif lain, Xiaomi Redmi Note. Total anggaran yang terpakai sekitar Rp 2,6 juta. Sisanya bisa ditabung dulu.

      Kalau boleh tidak dual SIM, silakan mempertimbangkan LG G2 atau LG Nexus 5.

  74. Baru2, ini sih teman saya saranin buat beli vivo x3s, kata dia kalau dibandung hape itu baru 3 bulan, dan lancar buat ngegame
    Menurut bapak gimana?

    1. Pak Edison,

      Saya belum pernah mencoba Vivo X3S. Yang pernah saya coba Vivo Xshot. Kamera Xshot tergolong bagus dan berani diadu dengan merek lain yang lebih terkenal. Misalnya, Samsung, LG, dan Sony.

      Di Bandung Vivo baru tiga bulan ya? Berarti, mirip-mirip dengan Surabaya. Kalau di Jakarta, Vivo telah eksis lebih awal.

  75. Ijin share ,curhat

    Lega udh jual oppo mirror 3,
    Perfomanya ga sesuai yg di bilang penjualny,terlalu manis…64bit ga ngaruh.malah ngelag,makanya di jual lagi, beli 3,2. Jual lg 1,8. Harga segitu sudah muter2 paling tinggi di b*c bdg. Baru 2 minggu pake iklan nya jg masih new.
    Ini sebagai pelajaran buat saya, sebagus bagus produk cina?!ya gitu deh.
    Heran nya para penjual di b*c bnyak yg bilang oppo sekelas samsung. Malah banyak yg bilang lebih bagus.

  76. saya laki laki pak Herry ,hehehe

    Pantes saja pak harga jual kembalinya jatuh bgt,
    dan sales nya semangat abis.

    terimakasih informasinya pak herry.
    kalau boleh tanya,saya rencananya mu beli hp lagi
    1.galaxy e5
    2.asus padfone s
    3……………?
    menurut pak herry yang paling recomen untuk harga sekelas di atas yang mana?
    kebutuhan game dan kamera.

    1. Pak Priski H,

      Ups… maaf.

      Galaxy E5 saya belum pernah coba.

      Padfone S lumayan. Paket penjualan ponsel itu ada dua macam:
      * Hanya ponsel
      * Ponsel + docking tablet. Saran saya, jangan beli yang ini. Tabletnya nggak sip.

      Btw, bila boleh memberikan saran, lebih baik Anda tidak membeli ponsel dan tablet merek Asus. Alasannya:

      1. Sejak zaman Transformer, Nexus, dll sering terlambat memasukkan barang. Khusus poin ini, saya lihat Asus di sini sudah mulai membaik.

      2. Pengaturan distribusi terlihat acak adut. Saya melihat unsur kedekatan sangat berperan.

      3. Selama mencoba ratusan tipe ponsel, baru di Asus saya mendapatkan sebuah ponsel baru gres sudah geripis di tiga sisi.

      4. Pusat perbaikan resminya cukup andal dalam melatih pengendalian emosi.

  77. oppo…. makin lama makin mendaun… bikin penasaran aza.
    gara gara ada multimedia lain kali ya macam amplifer,dvd playernya semua bisa diakses dari smartphonenya guys. saya awam baru tau juga oppo punya produk lain juga. sy sampe beli sett ampli ama dvdnya. kualitas cukup okelah. tapi jujur sejujurnya dibanding sony yang duluan saya punya dari smartphone ( sony j ) ampli, dvd, subwoofernya he..he..he.. masih belum cukup memuaskan hati tu.. maklum anak baru gede kali ya. banyak belajar yaaaa. tapi tak acungi jempol deh. smart inspirasinya

  78. pa Herry, sya pengen beli smartphone yang layarnya lebar, 5 atau 6in, trus dual sim, kebutuhan saya, untuk foto, email, bb, medsos, youtube, browsing. budget saya 1,5jt. max 2jt meski kudu nabung lagi. kira2 yang pas buat saya apa ya pa? bingunggg…asus, samsung, lenovo, atau oppo. kalau bisa tolong pilihkan yang paling pas buat saya tipe yang apa. trimakasih pa #hug

    1. Bu Taza,

      Kalau baru, menurut saya, di kisaran harga segitu tak ada yang cocok dengan kriteria Anda.

      Bila mau yang bekas, belilah Xiaomi Redmi Note dual SIM bekas. Saya sangat menyarankan jangan membeli ponsel Asus dan Oppo.

  79. Mas Herry SW utk android kurang lebih 3jt utk jualan online, koneksi kenceng (utk fb, wa, bbm) dan kamera bagus, enaknya pake apa ya? Saya coba2 tanya2 dikasih alternatif xperia t3, samsung galaxy a3, dan lg g3 stylus. Atau ada yg lain?

    1. Pak Danang Cipto,

      Kencang tidaknya koneksi internet itu lebih dipengaruhi performa layanan operator yang Anda pakai. Biarpun Anda menggunakan Galaxy Note 4 yang harga barunya Rp 7 jutaan pun, bila operator GSM sedang lemot, ya internetnya bakal ikutan lambat.

      Dengan kebutuhan seperti yang Anda paparkan, saya merekomendasikan Anda mencari ponsel Android non-Samsung dengan RAM 2 GB. Kalau Samsung, RAM-nya cari yang 3 GB. Dikaitkan dengan anggaran, yang paling cocok tampaknya Xiaomi Redmi Note dual SIM. Pastikan beli yang bergaransi resmi ya. Cara mengidentifikasinya, nama importir yang tercetak di belakang kardus adalah Erajaya atau Trikomsel. Harga pasaran saat ini Rp 2,6 juta. Silakan membaca review-nya di

      Alternatif lain, Acer Liquid E700. Harga baru Rp 2,599 juta. Kameranya hanya tergolong lumayan, bukan bagus. Ada beberapa sisi minus yang perlu Anda ketahui dulu. Silakan membaca review-nya di http://ponselmu.com/review-acer-liquid-e700-tiga-operator-hidup-rukun-seponsel/

  80. Pak herry saya mau tanya,,saya menggunakan nokia X2 dual sim..dan mau tuker hape dengan punya kakak saya oppo neo 3…lebih bagus mana ya pak herry.terima kasih

    1. Pak Yafet Christian,

      Itu sekadar tukar guling tanpa menambah uang ya? Kalau iya, silakan tukar ke Oppo Neo 3. Setidaknya Anda akan lebih leluasa dalam mencari aplikasi tambahan.

  81. pengalaman pribadi saya lebih nyaman di oppo find clover R815 di bandingkan dengan samsung core atau lenovo a706.
    alasan saya pakai oppo R815 adalah
    1.segi body lebih kuat kalau jatuh di lantai
    2.soal musik luar maupun pakai heandset lbh sempurna
    3.segi penyimpanan ke sd card 90% jadi gak lemot di heandphone
    4.kamera 5mp depan 2mp sudah termasuk katagori nyaman
    5.walaupun segi proccecor msh mediatek selama ini saya sering download masih stabil
    6.ram 1gb sudah aman untuk game ashplat 8 atau fifa 2014/2015 gak lek
    7.saya pengguna oppo find clover sudah 2.5 tahun find find aja gak ada masalah

    1. Pak Ridwansolution,

      Setelah bepergian ke dua kota sejak 17 Maret 2015, baru pagi ini (21 Maret 2015) saya kembali menjawab pertanyaan yang masuk ke blog Ponselmu.com.

      Terima kasih atas sharing-nya. Anda menyebutkan sudah memakai Find Clover selama 2,5 tahun. Boleh tahu Anda dulu membeli ponsel itu di mana? Sebab, 2,5 tahun lalu ponsel tersebut belum dijual di Indonesia.

  82. numpang nanya…

    saya pengen beli hp android tp msh bingung…antara samsung core 2 – azus sama oppo…

    tolong masukannya gan…pengennya yg kameranya bagus n ga lola

    1. Pak Dwi,

      Samsung Galaxy Core 2 lumayan. Namun, kamera kurang bagus dan sebenarnya agak lemot.

      Azus? Mungkin yang Anda maksud Asus ya? Jangan beli tablet dan ponsel merek Asus deh. Lumayan mengerikan.

      Oppo? Jangan juga. Penjual cenderung mengelabui pembeli soal asal usul merek. Padahal, kejujuran dalam berjualan seharusnya patut dijunjung tinggi.

      Kalau cari yang kameranya bagus, beli Vivo Xshot saja. Kalau cari yang lebih murah, pertimbangkan membeli Acer Liquid E3.

    1. Pak Dwi,

      Ok. Silakan mempertimbangkan beberapa ponsel berikut ini:
      * LG G3 RAM 3 GB.
      * Sony Xperia Z3 Compact.
      * Vivo Xshot.

      Yang saya sebutkan di atas telah saya coba sendiri dalam jangka waktu memadai.

  83. oppo yoyo R2001 vs samsung galaxi prime mana yg lebih ok kamera nya pak. n mana yg lebih tahan layar lcd nya.

  84. Keliatannya Oppo bakal menggeser Samsung, Sony, cs. Saya pake Oppo find 5 mini, anak saya pake sony xperia m2 dual. Harga keduanya di kota kami sama, 2,8jt. Speknya sony kalah di kamera depan yg cuma 0,3 mp oppo 2mp, kamera belakang sama 8 mp. Memori internal oppo kalah karena cuma 4gb, sony 8 gb. Spek lain relatif sama. Setelah pake skitar 2 bln anak saya minta tukar pake sama saya, saya ngalah. Skitar 1 bln anak saya minta tukar lagi dg saya katanya bagusan oppo, saya ngalah. Memang menurut saya dan anak saya Oppo lebih unggul di beberapa fitur dan kinerja. Soal awet atau tdk awet saya tdk tau krn baru pake skitar 3 bln dan keduanya masih oke.

  85. Saya lagi bingung nih antara mau beli asus zenfone 5 atau vivo y22..mohon sarannya dongg.
    kalau ada rekomendasi merk lain juga boleh Pak…

    1. Bu Fitri,

      Waduh… jangan beli Asus deh. Vivo Y22 saya baru pernah towel-towel sebentar. Saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

      Saya memperkirakan anggaran Anda sekitar Rp 1,8 juta. Benar? Kalau iya, silakan membeli Xiaomi Redmi 2 saja. Pastikan membeli yang bergaransi resmi.

  86. maaf pak herry sw

    saya pengguna baru di OPPO
    menurut saya oppo memang harganya over bgt tapi tentang kualitas bisa di jamin good
    kalo untuk comparean
    saya cuma bisa kasih saran kalo kalian disini mau beli smartphone
    di pilih yg detail
    contoh
    ada banyak pilihan
    samsung,LG,OPPO,Iphone,BB,Acer,lenovo,xiaomy,asus
    saya saranin
    ke servis center brand yg di atas
    trus di survei yg paling banyak nerima servisan itu brand apa?
    contoh:
    lenovo : 1hari 100user
    samsung: 1hari 300 user
    kita survei yg paling dikit di datengin user itu brand apa?
    trus coba ke erafone liat brand yg paling dikit servisnya kalo tertarik beli simple kan ?

  87. Harga menentukan kualitas
    Tpi balik lgi ke para penggunanya
    Kualitas bagus tp pengguna ceroboh ya gtu deh πŸ˜€ ..
    Tergantung pd cara penggunaannya dong :’)

  88. Pak herry Maaf saya ikut bertanya,saya pakai galaxy v,ada yg nawarin tkr tambah sama oppo neo r381, kira2 berapa rupiah pantasnya saya nambah? makasih!

  89. Pak Herry maaf ikut bertanya nih, saya pakai galaxy v, membutuhkan sensor yg lbih lengkap/compas, ada yg nawarin tkr tmbah sama oppo neo 1 r381, kira berapa layaknya saya nambah,? makasih!

  90. iya maaf pak, gangguan jaringan, saya kira yg prtama gak terkirim, terima kasih referensinya, tapi setelah saya cek trnyata oppo neo gak ada magnetik sensornya, barangkali bapak prnah cek experia e1? saya butuh untuk kiblat kompas!

  91. Pak herry,Sudah saya buka situs review e1nya, tapi tdk menyinggung soal sensor, untuk kelas e1 yg sudah pasti ada magnetik sensornya dari LG atw lenovo dari type apa ya? makasih banyak

  92. Iya ada pak, andai dari dulu saya menukan situsnya pak Herry sw ini, begitu membantu, dan reviewnya apa adanya! salut buat pak Herry,Semoga mendapat balasan yg setimpal!! !

  93. Dear OPPO,

    saya tertarik membeli OPPO R827 saat penjualnya memberikan jaminan kepada saya bahwa handphone ini tidak akan rusak saat terjatuh.
    ternyata setelah pemakaian 5 bulan, hape saya terjatuh.
    saat membawa ke service centre OPPO di bogor, dinyatakan bahwa OPPO mengganti kerusakan akibat kelalaian pemakai (termasuk terjatuh).
    Saya sebagai konsumen merasa tertipu mengingat saya membeli OPPO R827 karena anti jatuh dan mengingat pekerjaan saya di lapangan yang mobilitas nya tinggi

    thanks,
    franky

    1. Pak Franky,

      Maaf, saya bingung dengan postingan Anda. Anda menuliskan:

      1. …penjualnya memberikan jaminan kepada saya bahwa handphone ini tidak akan rusak saat terjatuh…

      2. …service centre OPPO di bogor, dinyatakan bahwa OPPO mengganti kerusakan akibat kelalaian pemakai (termasuk terjatuh)…

      Nah, bukankah berarti poin 1 dan 2 memang sesuai? Lalu, mengapa Anda merasa tertipu?

      Dugaan saya, Anda sedikit melakukan kesalahan ketik yang membuat makna keseluruhan paragraf menjadi berubah. Saya menebak kondisi sebenarnya sebagai berikut: service center Oppo menolak klaim garansi yang Anda ajukan. Mereka berdalih ponsel rusak karena terjatuh dan itu dianggap sebagai kelalaian pengguna. Benar begitu?

    1. Pak Pryan Kelly,

      Maksudnya jendela gimana ya? Tolong tuliskan kalimat Anda dengan lengkap dan jelas. Jangan disingkat-singkat.

  94. Pak Herry,
    Mohon sarannya….sy mempunyai budget 4 jt dan sy bingung antara membeli Samsung A5 atau Oppo R1X.
    Secara penampilan sy tertarik dengan Oppo R1X yg memiliki spec kurang lebih sama dengan Samsung A5.

    Apakah ada advice pak….?

    1. Pak Rusly,

      Saya belum pernah mencoba dua ponsel itu.

      Sebagai wujud protes saya terhadap cara berjualan Oppo yang saya nilai kurang etis dan terkesan mengelabui konsumen, sejak tahun lalu saya tidak bersedia membeli dan me-review ponsel Oppo. Hubungan saya secara personal dengan petinggi Oppo tetap baik. Namun, untuk review dan pemberian rekomendasi, saya tetap memegang prinsip: selama belum jujur, saya takkan me-review ponsel Oppo.

  95. Pak herry, utk harga hp dibawah 2,5jt, saya mau yg kamera dpn blkngnya bagus, dan hemat batre, saya bingung antara samsung dan nokia bagusan mana ya pak,terima kasih

  96. Pak Hary SW
    Saya boleh minta saranya ga?
    Begini, saya kan sdh pake hp Samsung trus ini pengin ganti hp… Menurut bapak sya mesti ganti hp apa? Tp yg harganya 2jutaan atau dibawahnya h(hehe maklum kantong pelajar) tp yg spesifikasinya bagus yah :))

  97. assalamualaikum… maaf menggangu pak herry
    maw bertanya., saya ada dana 1,8 pengen beli tablet.. saya pernah melirik asus fenopad 7new.. menurut pak harry gmn??? dan ada gak rekomendasi dari pak harry kpd saya…mana tablet yg bagus.terimakasih banyak …mohon pencerahanya

    1. Pak Andy Rusandy,

      Asus? He… he.. mending lupakan deh.

      Hmm.. di kisaran Rp 1,8 juta belum ada yang dapat saya rekomendasikan. Kalau di kisaran Rp 1,4 juta, Anda boleh mempertimbangkan Acer Iconia Tab 7 dan HP 7 Voice Tab. Review dua tablet itu bisa dibaca di blog ini.

  98. waaahhhhh saya sgt tdk setuju pak herry.. alhamdulillah saya,adik,teman2 yg pakai oppo semua lancar jaya.. saya sendiri pke tipe R1.. alhamdulillah sangat memuaskan dibanding sy pakai samsung.. dr prtma beli jg sales ny bilang kok buatan cina.. dmn2 saya tny sales ny blg buatan cina,tp kualitas gk kalah sm iphone ato samsung.. alhmdllh slma saya n adk saya pke.. lancarc aja. malah oppo saya udh prnah kerendam air hmpir stgh jam, sy smpt panik tp tak lama kemudian aktif normal lg.. punya adx sy jg udh kebanting gk sngja dan prnh dibanting sengaja jg normal aja gk ad mslh.. dr sistem smpe ke kamera smua sngt memuaskan.. jd sy gak nyesel kok buang uang 4,7jt utk sebuah hp cina.. klo emg terbukti bgs. cb bapak beli dlu atau cobain yg find7 hmmm ykin deh klepek2 hahaa.. tmn2 ku bnyk jg yg pke iphone smsung,tp ad2 j mslh.. yg jelas harga emg gk akan mmpengaruhi kualitad y pak…

    1. Bu Elin Oktarina,

      Boleh saya tahu Anda tidak setuju dalam hal apa?

      Silakan perhatikan aneka postingan dan komentar saya. Yang saya permasalahkan bukan kualitas ponsel Oppo, melainkan caranya berjualan.

      Anda di kota mana ya? Bagus tuh kalau salesnya mengaku Oppo adalah ponsel dari Tiongkok.

      Wah, mantap tuh bila ponsel Oppo Anda masih berfungsi normal biarpun pernah terendam dan sengaja dibanting. Saya jadi penasaran ingin coba membantingnya.

  99. waaahhhhh saya sgt tdk setuju pak herry.. alhamdulillah saya,adik,teman2 yg pakai oppo semua lancar jaya.. saya sendiri pke tipe R1.. alhamdulillah sangat memuaskan dibanding sy pakai samsung.. dr prtma beli jg sales ny bilang kok buatan cina.. dmn2 saya tny sales ny blg buatan cina,tp kualitas gk kalah sm iphone ato samsung.. alhmdllh slma saya n adk saya pke.. lancarc aja. malah oppo saya udh prnah kerendam air hmpir stgh jam, sy smpt panik tp tak lama kemudian aktif normal lg.. pernahvjg beberapabx hp sya kebanting n alhmdllh gk ad mslh.punya adx sy jg udh kebanting gk sngja dan prnh dibanting sengaja jg normal aja gk ad mslh.. dr sistem smpe ke kamera smua sngt memuaskan.. jd sy gak nyesel kok buang uang 4,7jt utk sebuah hp cina.. klo emg terbukti bgs. cb bapak beli dlu atau cobain yg find7 hmmm ykin deh klepek2 hahaa.. tmn2 ku bnyk jg yg pke iphone smsung,tp ad2 j mslh.. yg jelas harga emg gk akan mmpengaruhi kualitad y pak…

  100. Saya Esni dari sorong papua raja ampat. saya pengguna Hp Oppo R1. R829.
    Saya beli hp ini bulan october 2014, tapi sepertinya hp jenis ini kurang tahan lama, saya buktikan dari baterainya yang udah gak bisa lama di pakai, yang paling menyedihkan adalah spekernya setelah saya pakai kurang lebih 6 bulan spekernya liang timbul dan kadang tidak ada suara pada saat di pakai, bunyinya kadang gak ada pada saat tlp masuk. Saya saya bawa kembali ke counter penjualnya, mereka mengatakan bahwa, mereka akan kirim kembali ke servis center, tapi yang menyedihkan adalah, mereka tidak bisa memberikan ke pastian kapan hp saya yang oppo ini bisa kembali ke tangan saya, mungkin 3 bulan atau lebih…haha…kepercayaan terhdap oppo bener bener habis deh. Padahal belinya harganya lumayan mahal dan garansi. Tapi begitu deh….garansi ada tapi tidak bisa di garansi berapa lama kembali ke tangan pemilik dalam keadaan sudah baik.

  101. R1X bagus tuh prosesornya octa core 1.5
    udah 64 bit juga
    trus kamera belakang 13 kalo kita pake fitur ultra HD ia setara 50 mega pixel resolusinya
    body belakangnya juga cutting diamond lebih elegan dan keliatan mewah
    ga nyesel beli HP OPPO R1X

    1. Pak Tri Dani Setiawan,

      Mau sebagus dan semurah apa pun Oppo, bila cara jualannya tetap tidak jujur, buat saya ponsel itu tidak menarik. πŸ™‚

  102. maaf saya ga nyambung nih mau minta saran punya dana 1jt mau beli hp yg bagus buat selfie pake kamera depan biar ga nyesel beli apa ya?

    1. Pak Firman,

      Ok. Anggaran Rp 1 juta dan ingin ponsel berkamera depan bagus ya. Hmm… terus terang tak ada ponsel yang berani saya rekomendasikan.

  103. Slm kenal pak heri gmana pak dg hp merk evercoss. Sebab sy pake sejsk sep 2014 evercoss A26c sampe skrg alhamdillah ga ada mslah. Skrg beli lgi evercoss A7z. Yg pasti kalo beli kardus hrs keadaan segel wrpping spt sgl samsung shg hp tsb blm pernah tersentuh orang

    1. Pak Aryatona Firdaus,

      Evercoss adalah ponsel merek lokal yang mayoritas proses produksinya masih dilakukan di Tiongkok.

      Segel wrapping utuh bukan jaminan belum pernah tersentuh orang lho. πŸ™‚ Penjual yang “kreatif” (baca: nakal) selalu memiliki cara untuk menyiasatinya.

  104. pak.. xiaomi redmi note itu awet gak sih hpnya? saya takutnya hpnya cepet rusak kayak smartfren atau produk cina lainnya

  105. Mengapa sih orang memandang Mediatek jelek. ..belum tau y keistimewaan Mtk.

    MTK kalau kena software gampang di perbaiki. Bda snapdragon

    BUAT game jg gak gampang nge lek

  106. Pak saya mw tanya kalau budget sekitar 1,5 jt an mnding beli merk Advan Atau Lenovo ?

    Hmm sekalian bpk jabarkan dari segi kualitasnya kedua brand itu

    Kalau Lenovo A6000 mnurut bpk gmn ya ? Karena udh mndukung LTE… Trims

    1. Pak AndroID_20,

      Tanpa melihat tipe per tipe, saya sih lebih memilih Lenovo daripada Advan.

      Beberapa kali mencoba gawai Android Advan, saya selalu tidak puas. Ada saja masalah yang terjadi. Tingkat kerusakan produk Advan saya pantau juga lumayan tinggi. Layanan pusat perbaikan resminya pun kurang mantap.

      Kalau Lenovo, secara umum lebih bagus daripada Advan deh. Namun, layanan pusat perbaikan resminya harus diakui masih amburadul.

      Saya belum pernah menguji pakai A6000. Ponsel itu memang mendukung LTE, tetapi hanya LTE 1800. Padahal, saat ini lebih banyak operator LTE di Indonesia yang beroperasi di jaringan 900. Frekuensinya nggak cocok deh. Seandainya Anda tetap ingin ber-LTE memakai A6000, sekarang Anda baru bisa memadukannya dengan LTE XL. Area layanan LTE XL sangat terbatas. Mengecewakan deh.

  107. Pak saya mw tanya kalau budget sekitar 1,5 jt an mnding beli merk Advan Atau Lenovo ?

    Hmm sekalian bpk jabarkan dari segi kualitasnya kedua brand itu detailnya

    Kalau Lenovo A6000 mnurut bpk gmn ya ? Karena udh mndukung LTE… Trims

    1. Pak AndroID_20,

      Maaf, lain kali pertanyaan yang sama cukup Anda kirimkan satu kali. Tak perlu sampai berganda.

      Oh ya, dengan anggaran segitu, saya lebih menyarankan Anda membeli Xiaomi Redmi 2. Meskipun merek Tiongkok, ponsel itu bagus kok. Kompatibilitas LTE-nya dengan operator di Indonesia juga lebih bagus daripada Lenovo A6000.

  108. Saya Justru penggemar Hape Himax .. Hape murah dgn Kualitas Oke…
    Saya pernah bergabung d Himax lumayan lama jadi promotor. Tapi sampe saat ini D tempat sya bekerja teman2 kuliah dan kerja sya mulai banya yg berminat dgn Hape Himax…
    Menurut pak Herry bagaimna tanggapannya dengan Himax..???
    Kalo bapak menyarankan lebih baik saya beli hape Oppp, Himax atau Huawei???

    1. Bu Chytra Dwie,

      Saya pernah dua kali membeli ponsel Himax. Hasilnya, saya kecewa dengan performa dan built-in quality-nya.

      Dilihat dari etika bisnis, Himax juga mendapatkan catatan negatif dari saya. Silakan coba membuka http://www.xiaomi.co.id dan http://www.xiaomiindonesia.com. Anda pasti akan diarahkan ke Himax.co.id. Praktik itu berpotensi menimbulkan persepsi bahwa Himax bekerja sama dengan Xiaomi. Padahal, kenyataannya tidak demikian.

      Bagi saya, Himax cuma pintar di strategi pemasaran. Ia sukses membentu citra bahwa Himax adalah barang bagus. Kalau ditelusuri, pemilik Himax sama dengan Maxtron, sebuah ponsel merek lokal yang relatif tidak berkembang.

      Mending beli Oppo, Himax, atau Huawei? Kalau pilihannya tiga merek itu, saya memilih Huawei. Alasannya sederhana dan sangat subjektif. Minimal Huawei lebih menghargai etika berjualan daripada dua merek yang lain.

  109. Pak salam kenal
    Android yg harga kurang dr 1,5jt apa ya pak yg awet dan tahan banting,mksdnya gak gampang rusak

    1. Pak Febri,

      Kalau bersedia menambah anggaran sedikit, beli Xiaomi Redmi 2 Rp 1,599 juta saja.

      Bila tetap harus kurang dari Rp 1,5 juta, silakan mempertimbngkan Nexian Journey 1.

  110. buat rekan-rekan klau mau bli mnding jgn hp oppo liat dlu mrek lain ,so bgi yg hoby fto android oppo kurng baik saat di ruang yg kurng cahaya…karena flashny g’bgus

  111. Dulu pertama dgr merk ini pandangan negatif langsung muncul dalam pemikiran saya… tetapi setelah saya sendiri mencoba untuk menggunakan produk dr oppo (find 7a) akhir tahun lalu (2014) semua pandangan awal saya tentang Oppo berubah 180Β°
    Kalau sekarang saya di tanya kalau mau ganti smartphone, mau yang merk apa?
    Tanpa berpikir 2x saya langsung menjawab untuk menyebut “OPPO” my next OPPO R7 plus

    1. Pak Deka,

      Kalau bicara kualitas barang, Oppo memang relatif bagus. Namun, kalau bicara etika bisnis dan kejujuran, Oppo berada di peringkat teratas terburuk deh.

  112. Mau tanya. Oppo tuh gak bisa nyimpen dimemory sd??? Lah kalo gak bisa buat apa ada memory eksternal. Tolong bantu dong jawab dong pak,om,mas siapapun lah. Kasih tau kalo misalnya emang bisa. Itu gimana? Saya sudah lelah. Mau download gak pernah bisa.

    1. Bu Nisa,

      File multimedia bisa disimpan di kartu microSD kok. Silakan cari-cari di menu penyimpanan. Saya tak ingat strukturnya.

  113. Asss.. Bapak.
    Saya mau nanya, saya punya dana max 2,5 . Saya pingin beli android. kira-kira cocok yang mana ya pak, Acer liquid E3, Xiaomi redmi note, redmi 2, redmi 4G, samsung grand neo, oppo neo 3 ? menurut bapak bagus yang mana pak ?
    makasih sebelumnya pak

    1. Bu Nola,

      Redmi Note bergaransi resmi sebenarnya menarik, tetapi sudah sulit sekali didapatkan. Kalau yang bukan bergaransi resmi, saya tidak menyarankan Anda membelinya.

      Dengan anggaran Anda sekarang, saya menyarankan Anda membeli Acer Liquid Jade saja. Untuk pengguna wanita, pilihlah Liquid Jade warna putih.

    2. Menurut saya mending samsung aja. Kalo oppo neo 3 itu gak ada blitznya. Kalo gk salah yg neo 3 yg gk ada blitznya. Coba dicek dan diteliti lagi untuk memilih hp. Dibandingkan

  114. Kalau oppo neo 3 itu pada aplikasi BBMnya apa yang kita tonton misalnya video apa tidak bisa di lihat orang lain di pemberitahuannya?

    1. Bu Eka Putrii Sch,

      Maaf, saya tak tahu. Selain belum pernah menguji pakai Neo 3, saya bukan pengguna rutin BBM.

  115. Bapak Herry
    yahh pak aku masih remaja belum ibu-ibu -_-
    kalau acer liquid jade kelewat 2,5 pak,, kalau redmi 2 gmna pak ? keren kagak tu ?

    mbak nisa
    kalau sansung grand layarnya gaa banget mbak, gaa cocok layarnya sama bobotnya yang 5 inc

  116. Ribett bgd jelek jelekin oppo bgd .
    Nyatanya oppo hp keren , baguss .
    Klo masalah promotor ngibul itu urusan mereka. Mereka ngibul dosa jg mereka yg tanggung . Emg pengguna hp butuh Cara promotor ngejual?!
    Pengguna butuh kecanggihan dr hp itu !

    1. Bu Tia,

      Buat calon pembeli yang melek informasi, Anda masih bisa mengatakan demikian. Bagaimana kalau calon pembeli sangat awam? Yang beli ponsel Oppo gara-gara mereka percaya itu ponsel dari Amerika? Kasihan mereka dong. Praktik tidak jujur dalam penjualan harus diberantas.

  117. buatan cina sekarang juga udah bagus menurut saya… oppo itu brand image ..oppo kelasnya juga udh beda.. itukan berarti menentukan kualitas juga dong… saya sendiri memakai oppo 2 tahun bahkan saya gunta gantii setiap mereka kuluar produk baru… masalah promotor bilang resensi dri rusia atau segala macem saya enggak ambil pusing karna bagi saya tekhnologi mereka kelas dunia.. pengecasaan 40 menit udh full.. apa lagi saat mendesak lupa bwk charger 20 persen tahan 15 jam… dan yg ok punya camera oppo itu udah kerja sama dari perusahaan lensa terkenaal didunia sheneder aku kmrin cetak ukuran poster jg wowo hasilnya gak pecah.. aku puas pakek oppo. tadinya aku searching bagus mana oppo atau vivo eh ketemu dan gak sengaja baca link ini… teman mengkritik itu boleh tapi semua produk ada plus minusnya..hahah

    1. Bu Taata,

      Anda boleh saja mengatakan “…masalah promotor bilang resensi dri rusia atau segala macem saya enggak ambil pusing karna bagi saya tekhnologi mereka kelas dunia”. Kalau paham sih tak masalah. Yang saya persoalkan, di luar sana banyak pengguna awam. Mereka mudah terkena bujuk rayu promotor Oppo yang kurang jujur dalam berjualan. Nah, praktik bisnis seperti itu tak bisa dibiarkan.

  118. Pak henry sw
    saya mau beli hp
    Kira” yg mana yg saya pilih
    Opo find 5 mini
    Samsung grand 2
    Sony xperia m2 dual
    Mohon sarannya

  119. Assalamualaikum Pak Herry SW..
    Saya ad bbrp prtanyaan..
    Saya bingung memilih smartphone antara Sharp Aquos Crystal, Xperia C3, ato merk LG ya??

    Saya mencari bagus_a kamera dan suara yang lumayan besar, selain itu krn saia pengen buatan asli bkn Tiongkok. Setau saya Sharp Aquos Crystal msh buatan Japan, bkn bgitu pak?
    Dan saya jg suka hasil kameranya yg sdh di review bbrp web.
    Apa bapak prnah mncobanya? Bgaimana tnggapan bapak?

    Klo Xperia & LG kn skrg sdh beredar di Indo kn buatan tiongkok..
    Lg_an teman saya jg prnah mngalami Xperia_a ad kerusakan gag bisa idup, tp krn rue bbrp bLn msh garansi, dh hmpir brbln2 jg di sevice center_a akhirnya diganti baru.
    Itu yg saya takutkan utk merk sony yg skrg.
    Okela msh garansi, klo uda gag kn bs ribet pak krn beli HP dh mhaL2,,

    LG tipe brp ajj y pak yg kira2 msh built in made Korea bkn tiongkok?
    Terimakasih jawabannya Pak πŸ™‚

    1. Bu Nadia,

      Sharp Aquos Crystal buatan Tiongkok lho. Saya belum pernah mencoba ponsel itu.

      Saya sedang menguji pakai LG G4. Unit yang saya gunakan bergaransi resmi LG Electronics Indonesia. Baru saya lihat, ponsel itu buatan Korea.

  120. Mulai awal baca oppo di jelekan sama bapak2 yg d atas tadi,semakin tertarik nih,sama oppo…..
    Kan bapak itu menjelekkan SPGnya..
    Si hp Oppo sendiri nampaknya keliatan banget kualitasnya oke banget,sampai2 bapak tersebut melarang orang2 beli oppo,dengan alasan Spg yg ga jujur….
    Makasih bapaknya,udah kasih pencerahan tentang bagusnya oppo

  121. Ms’ sih pak Sharp Aquos Crystal buatan tiongkok?
    Dr review yg saya baca2 kog dr Japan yaa pak keluarnya?
    Bapak tau dr mana ya?

    Hanya LG G4 y pak yg asli korea?
    Selain itu pak?

    1. Bu Nadia,

      Iya, di kardusnya tertulis buatan Tiongkok. Tahu dari mana? Ya melihat stok Sharp Aquos Crystal di toko.

      Saya yakin bukan hanya G4 yang masih buatan Korea. Masalahnya, saya tak tahu tipe apa lagi. Saya biasanya tidak memperhatikan hal itu. Asalkan merek global, tak peduli buatan negara mana, standar kualitas mereka mestinya jelas.

  122. Owh..
    Klo Sharp uda buatan tiongkok gag jd beli laa…
    Knapa liat kotaknya pak? apa krn liat negara pembuatnya ya? πŸ˜€

    Saya pngen buatan asli pak,
    Krn emg berbeda tahan lamanya,
    Kyk nokia dulu sm skrg mlh tahan lama yg dlu..
    Nokia N73 saya msh buatan asli finlandia msh baik2 ajj pak pdhl dh sering jatuh :p
    Kira2 masih ada tdk pak merk smartphone yang msh asLi japan?

    Iya saya jg yaqin gtu pak..sampe2 saya cari list tipe LG yg buatan asli korea tp sepertinya hrus liat langsung ke toko.
    Klo antara LG G2 dan G3 bapak lebih prefer kemana?
    Apa ada perubahan fitur yang signifikan antara keduanya Pak?

    1. Bu Nadia,

      Lha Anda ingin tahu ponsel itu buatan mana. Ya saya melihat kotaknya.

      Kalau yang made in Japan, rasanya tak ada lagi yang beredar resmi di sini deh.

      LG G3 yang RAM 3 GB. Ya, beda. Silakan baca review-nya di blog ini.

  123. Makasih Pak bela2in liat kotak Sharp Aquos..
    xixi πŸ™‚

    Hmm..
    Kalo tdk melihat harga antara Xiaomi Mi3, LG G2, & Xperia Z1 bapak lebih prefer kmn ??
    LG G2 cassing di body_a msh plastik y Pak??

    Btw, Bapak lebih suka android Kitkat ato Lollipop y?
    Kekurangan N’ kelebihan masing2nya apa ya Pak? krn belm prnh pkai kedua android itu
    >.<

    1. Bu Nadia,

      Saya belum pernah mencoba Mi 4i. G2 atau Xperia Z1? Tergantung Anda lebih mengutamakan kenyamanan pemakaian (bisa ketuk-ketuk layar, bisa untuk remote control, dll) atau kemampuan tahan air. Kalau yang pertama, pilih G2. Kalau yang kedua, ambil Xperia Z1. Ya, permukaan bodi G2 berbahan plastik.

      Saya sih mau KitKat atau Lollipop sama-sama oke deh. Secara umum beda di tampilan antarmuka. Keduanya sama-sama menarik kok.

  124. Maaf Pak Herry,
    Yg saya ketik td Redmi 3i bkn yg 4 pak..
    Apa bapak msh prefer G2 jg?

    Kalo utk penggunaan musik dentuman suaranya lebih bagus Xperia Z1 ato LG G2 y Pak?

    Trus utk Xperia Z1 apa tidak ada fitur menariknya pak seperti LG G2?
    Permukaan Xperia Z1 apa berbahan plastik jg Pak?

    Masalah aplikasi dgr2 untuk lollipop apa msh terbatas pak ?
    Dr bbrpa komen bapak yg saya baca katanya kalo Kitkat mmbatasi kapasitas penggunaan memory eksternal apakah sm dg lollipop?
    Terimakasih Pak sdh mw mnjawab pertanyaan yg bnyak πŸ™‚

    1. Bu Nadia,

      Ups… sori. Saya yang salah ketik. Maksud saya, saya belum pernah mencoba Mi3. Ngetiknya kok malahan Mi 4i. Kalau Mi 4i saya sudah pernah review.

      Ya, G2.

      Kalau suka dentuman suara, Xperia Z1 lebih oke.

      Xperia Z1 memiliki kemampuan tahan air. Permukaan dari kaca.

      Nggak juga. Ya, mirip.

  125. Pak Herry SW
    saya mau tanya kalau samsung grand prime, oppo neo 5 sama Asus bagus mana ya pak? Budged nya cm Rp.2jt 500 πŸ™‚

    1. Bu/Pak Okta,

      Waduh… waduh… pertanyaan Anda masuk tiga kali lho. Lain kali cukup kirimkan satu kali saja ya.

    1. Pak Sayidina Usman,

      Dua merek itu boleh dibilang berimbang. Kalau ditelusuri, pemilik dua pabrikan tersebut sebenarnya sama kok.

      Perbedaan di antara keduanya, promotor Vivo jujur mengaku kalau Vivo adalah ponsel merek Tiongkok. Sedangkan promotor Oppo seringkali menutup-nutupi fakta itu. Saya berkali-kali menjumpai promotor Oppo yang menyatakan kalau Oppo berasal dari Amerika.

  126. Pengalaman beli hp china…saat pake oke…mulai rusak colokan charger nya…ganti di tukang service…jadi…1 bulan rusak lagi…sakitnya tuh di sini..bayangin hp gk bisa dipake krn colokan charger lonte haha ..hp china ..sakitnya tuh diaini..saat saya pake hp merek /lisensi jepang…tuh hp jatuh sampe gropel…anak gw nyabut chargernya nyudut tekuk…tp bandel..gak rusak….

    1. Bu/Pak Acha,

      Lupakan Oppo dulu deh. Mari kita berikan pelajaran kepada merek yang cara berjualannya cenderung mengelabui konsumen. Supaya lebih jelas, silakan membaca ini http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/

      Saya belum pernah mencoba Galaxy J5. Yang di atas kertas patut dicermati, untuk ponsel seharga itu, RAM-nya masih 1,5 GB. Padahal, ponsel Samsung biasanya dibekali aneka bloatware yang menghabiskan RAM.

      1. sya sdh bca.. lbih bagus yg mna.. dn pa herry akn beli yg mna dri kualitas dn sfek d antara mirror 5 dg galaxy J5

        1. Bu Acha,

          Sekali lagi….
          * Biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap.
          * Kirimkan pertanyaan yang sama satu kali saja. Ini saya menerima tiga kali lho.

          Jawaban atas pertanyaan Anda sudah saya tuliskan di bawah pertanyaan pertama.

  127. sdh sya bca pak.. gmna mnurut bapa. bapa ak bli yg mna antra oppo mirror 5 dg samsung galaxy J5.. dri segi spek dn kualitas plih yg mna bapa?

    1. Bu Acha,

      Haduh…. Kalau menuliskan kalimat yanga lengkap tho. Jangan disingkat-singkat.

      Mau sebagus apa pun spesifikasinya, kalau cara jualannya tetap seperti sebelumnya, saya takkan merekomendasikan Oppo.

      Kalau Galaxy J5, 1-2 minggu mendatang saya berencana mencobanya.

    1. Bu Acha,

      * Biasakan menuliskan kalimat dengan lengkap, bukan disingkat-singkat.
      * Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja.

  128. P.herry sw
    Apakah semua ponsel yg berkamera 8mp hasilnya sama ya pak?
    Saya pernah mencoba lenovo a859 cam 8mp & hasilnya cukup memuaskan, lalu saya coba zenfone6 cam 13mp tapi hasilnya kurang jernih tidak seperti yang lenovo. Apakah jenis lensa yang digunakan berpengaruh pada hasil kameranya pak?

    1. Pak Bastian,

      Tidak sama. Bagus tidaknya hasil foto ditentukan oleh lensa, sensor, dan prosesor. Ini kita asumsikan kemampuan tukang fotonya sama ya.

      Benar, lensa adalah salah satu faktor yang mempengaruhi.

  129. Salam sejahtera Pak Herry SW
    Semoga Blog ini semakin rame dan memberi manfaat buat pembacanya,
    Mohon ijin ikutan komen, sebagai user seperti saya, mungkin alangkah baiknya sebelum membeli Smartphone kita mencoba dulu secara langsung, jangan cuma baca spesifikasi diatas kertas, (share saja) saya urutkan dari pertama beli Sony xperia mini (boros batere), lenovo a390 lalu lenovo s890 (kasusnya sama buat browsing panas banget, kamera gak memuaskan), Nokia Lumia 625 (ribet), galaxy grand 2 (casing jelek, bezel cepet ngelupas), xiaomi redmi 1s (spek bagus, tapi kurang sreg), dan setelah saya baca blog ini, saya malah penasaran sama OPPO, akhirnya saya beli OPPO find 5 mini bulan mei 2015 s/d sekarang menurut saya paling nyaman, dan kualitasnya menurutku bagus terutama finishingnya..
    Kesimpulannya menurut saya sebenarnya oppo kualitasnya bagus, tp karena kelakuan oknum, Pak Herry tdk merekomendasikan untuk membelinya..
    Maaf kalo ada kata yang tidak berkenan Pak Herry SW…

    1. Pak Wadi,

      Betul. Idealnya dicoba dulu. Masalahnya, seringkali kan kita tak bisa mencoba dulu sebelum beli. Kalau pun bisa coba, terbatas hanya beberapa menit towel-towel live demo unit yang dipajang.

      Di antara aneka ponsel yang disebutkan, kalau disaring yang menarik tinggal dua tipe terakhir. Yaitu, Redmi 1S dan Find 5 Mini. Tampilan fisik lebih terlihat mewah si Find 5 Mini. Namun, karena memori internalnya hanya 4 GB dan dipartisi menjadi dua, saya lebih memilih Redmi 1S dengan kapasitas memori internal dua kali lipat lebih besar.

      Kesimpulan Anda tepat. Kalau kita bicara ponsel Tiongkok, Oppo di atas rata-rata. Namun, saya cenderung menyarankan menghindari Oppo dulu karena cara mereka berjualan cenderung mengelabui konsumen. Istilah kerennya, kalau ada yang usul koruptor dimiskinkan, versi saya ayo kita miskinkan Oppo di Indonesia. Sebab, praktik jualan yang kurang etis itu, menurut saya, sudah bukan kelakuan oknum lagi. Lha kejadiannya masal. Kalau oknum kan hanya sebagian kecil.

  130. Sip pak Herry… semoga dgn artikel2 seperti ini akan menjadi koreksi untuk perubahan yang lebih baik bagi yang bersangkutan (OPPO), saya yakin berjualan dengan tanpa mengelabuhi konsumen dan lebih jujur, OPPO tetap bisa bersaing dengan vendor lain, karena seperti yang saya sebutkan diatas, build quality OPPO untuk sekelas produk dari Tiongkok sangat baik, walaupun harganya memang tergolong mahal, tapi konsumen sekarang sebagian besar sudah tau akan kualitas OPPO seiring dengan berjalannya waktu.

    1. Pak Wadi,

      Betul sekali. Saya pernah berkata kepada petinggi Oppo, lebih baik memberikan penjelasan yang jujur dan apa adanya kepada konsumen. Memang tak mudah. Begitu mengaku ponsel Tiongkok, lebih banyak konsumen yang akan batal beli daripada kalau mengaku ponsel Amerika. Namun, kalau Oppo bisa mempertahankan hal itu selama 2-3 tahun dan kualitas Oppo terbukti bagus, konsumen bakal mulai datang.

      Itu lebih baik daripada mengklaim Oppo dari Amerika. Sekarang memang laris, tetapi lambat laun akan diketahui konsumen dan mereka merasa tertipu. Tak bagus untuk bisnis jangka panjang.

  131. pak herry, tolong dong compare oppo mirror 5 dengan samsung E5 mana yang lebih bagus.saya ada budget 3jt,kira-kira rekomendasian bapak untuk hp yang layarnya terang dan jernih dan kameranya oke apa ya pak.teirmakasih

    1. Bu Belle,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Selama cara berjualan Oppo masih kurang jujur, saya tak mau mencoba ponsel merek Oppo. Silakan membaca tulisan ini untuk mendapatkan gambaran tentang kenakalan Oppo. Kalau sempat ada usul koruptor di Indonesia dimiskinkan, saya mengusulkan Oppo dimiskinkan pula. πŸ™‚

      Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas tentang sepak terjang Oppo, silakan mampir ke http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/

      Beralih ke Galaxy E5. Saya belum pernah mencobanya.

      Dengan anggaran Rp 3 juta, saya merekomendasikan Anda membeli Xiaomi Mi 4i. Layar terang dan jernih, kameranya juga oke. Silakan membaca review saya di sini dulu untuk mengetahui plus minusnya:
      http://ponselmu.com/review-xiaomi-mi-4i-bukan-hanya-panas-tapi-panas-dingin/

  132. pak saya ingin bertanya, kemarin saya ke gerai smartphone di mall. awalnya saya berniat ingin membawa pulang 1 buah xiaomi redmi note akan tetapi berkat bujukan mas2 penjualnya, saya di pojokkan dengan 2 pilihan. yaitu oppo dan xiaomi redmi note yang notabennya harga sama tapi spesifikasi jauuh berbeda, mulai dari RAM, batre dan juga kelebihan xiaomi yg sudah menggunakan 4g. tapi saya akhirnya membawa pulang oppo dengan pertimbangan, kalo terjadi kerusakan cari tempat servise mudah dan sepertinya layar oppo dan xiaomi lebih awet oppo. bagaimana pendapat bapak??

    1. Bu Yani,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Saya hanya bisa berkata, semoga Anda beruntung deh. Kalau beberapa pihak sempat mengusulkan koruptor dimiskinkan, saya juga ingin memiskinkan Oppo yang cara berjualannya kurang jujur. Silakan membaca http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/ untuk mendapatkan gambaran lebih jelas.

  133. saya mau tanya, saya mau beli hp assus zenfone 2 ze551ml ram 2 gb, pas saya datangin ke setia-setiap konter saya malah di tawarin oppo mirror 5, jd sekarang saya malah jd bingung pilih mana? ada yg bisa share atau pendapat untuk saya?

  134. pilih oppo samsung iphone? ngapain beli barang mahal, sama sama di bikin di china, mending pilih xiaomi ke mana mana. mau prosesor kelas berat juga xiaomi ada, harga benar benar ditekan tanpa biaya iklan artis counter mewah dll. syaratnya. harus jadi costumer berpendidikan. punya uang saja ga cukup, harus well educated karrna beli harus online atau counter khusus dan promosinya melalui internet.

  135. Pak saya mau tanya. Bingung sekali mau beli asus zenfone 2 ze551ml atau xiaomi mi 4i. Kalau soal awet, lebih baik mana ya? Thanks sebelumnya πŸ™‚

    1. Pak Gayus,

      Buat saya sederhana saja. Mau sebagus atau sejelek apa pun Oppo, ponsel itu tetap tidak layak beli. Sebab, cara berjualannya masih cenderung mengelabui konsumen.

  136. Setiap orang punya pilihan unk memakai smart phone….cm disini jangan saling menjelekan brend masing2 merek semua punya pilihan …klo aq pribadi ttp pilih oppo udah 2x ganti dr find 5 mini pindah ke R5 tp aq pilihnya OPPO krn sudah terbukti pakenya nyaman dan pengisian baterainya pun tergolong cepat dibanding sama samsung b asus krn ini benar2 terbukti dan sebelumnya aq pake samsung grand2 klo masalah produk saya rasa Oppo sesuai dengan.harga dan kwalitasnya….klo msslah promotor gak usah dipermasalan lah jelas2 dikotak dibuat made in china….promotor khan juga manusia….walaupun dr cina gak kalah koq sama samsung klo mau bandingkan hrs bandingkan dengan harga yg sama br ba ketahuan buat yg mau beli Oppo beli aja dijamin.puas suami aja beli oppo miror 5 bodynya keren ram 2gb n 4G harga juga mendukung apalagi kameranya bersih bgt…gak da rugi de beli Oppo…selamat mencobo

    1. Bu Elin,

      Ketidakjujuran dalam berjualan tidak bisa ditoleransi. Tak boleh dibilang promotor kan cuma manusia. Enak banget alasannya.

      Oppo Find Mirror Anda tuliskan memiliki RAM 2 GB dan mendukung 4G. Bolehkah saya titip beli kepada Anda? Sepertinya Find Mirror 5 milik Anda adalah edisi spesial. Sebab, dari hasil jalan-jalan ke toko ponsel, ponsel tersebut belum mendukung layanan LTE.

  137. Maaf nihh pak herry sblumnya. Aya menjelaskan sedikit hp yang saya pakai. Sy pake samsung grand prime.. lumayan bagus ram 1 gb. Internal 8 kamera 8 mp belakang depan 5. Tapi kamera terlalu banyak noise. Trus kalo banyak instal aplikasi ngelag yaa..
    Yang kedua yg saya pake asus zenfone 6. Ram 2 gb internal 16. Kamera lumayan kalo outdorr. Gak sebanding dengan antara angka kamera yg 13 dgn hasil yg didapat. Namanya juga hp cina.. tapi saya puas nya install aplikasi banyakk gakk ngelag..
    Yg saya mau Tanya.. saya mau ganti hp. Antara samsung a5 sama oppo r7 lite lebihh rekomen yg mana.. kalo a5 ringann.. kamera 13 belakang depan 5 tapi noise juga.. jadi kirang tajam.. kalo layar saya suka amoled samsung yg super bening.. tapi saya juga coba toel toel oppo pak.. saya tanya produksi dari mana.. dia jawab darii cina tapii kualitas premium.. bukan cina pinggirann ktanya.. trus kalo samsung dari mana… sekarang samsung di produksi di bekasii. Katanya.. saya kann bingungg..truss sedikit saya coba.. oppo r7 lite kamera okke.. visual nya juga okke.. tapi sedikit mirip iphone si paa tanpilan buka tutup menu sama tampilan kameranya.. oppo harganya 3.999. Nahh kalo samsung 4.499.. kan beda nya lumayann.. saya tanya lagii sama mbak nya.. mbakk rekomendasi in yg mana buat saya.. kat mbakk nya mending oppo mass.. saya makinn bingung.. saya suka juga oppo.. kayak nya lebihh kokoh dsain nya.. tapi saya takutt jelekk.. kann buatan cinaa.. trus pak herry bisa rekomend gak buat saya kisaran harga 5 jt sya mending pilih hp apa..maaf sebelum nya saya jadii bikin cerpenn.. mohon si jawab pak herry .. terimakasih

    1. Pak Enggan,

      Boleh tahu Anda waktu itu mampir ke toko ponsel di mana? Sangat jarang ada promotor Oppo yang jujur mengakui ponsel itu berasal dari Tiongkok. Biasanya mereka mengklaim dari Amerika.

      Terkait kebutuhan Anda, kalau Anda bisa menambah anggaran Rp 500 ribu, saran saya, beli LG G4 bekas saja. Masa edar G4 belum lama. Jadi, peluang mendapatkan G4 dengan kondisi mulus, lengkap, dan sisa garansinya masih lama terbuka sangat lebar.

  138. Minggu kemarin pak. Di bulan ini. Saya lokasi ada di cibubur jaktim tepatnya di lippo mall cibubur junction lantai LG di eraplus..
    Tapi saya kayak nya kurang suka brand ituu.. blom pernah pake soalnya.. yg tadinya sy ngebet banget sama a5. Sekarang malah terbalik ngebet oppo r7 lite. Yg saya takutkan nyesel setelah beli pak.. tolong saran nya.. terimakasih

    1. Pak Enggan,

      Oh ok.

      Buat saya sih Oppo langsung coret saja. Ponsel LG sebenarnya lebih bagus daripada Samsung lho. Masalahnya, promosi LG tidak gencar sehingga orang tahunya Samsung terus.

  139. Ohh iya pakk terimakasih..
    Saya sudahh searching kemarin lg g4
    Tapi sy kurang suka dsain nya pak. Sy bingung banget. Pilihan saya jatuhkan pada oppo r7 lite.
    Dan semua resiko sudah saya tanggung..
    Siap lahir bathin.
    Terimakasih yaa pak..saran nya

  140. IC eMMC oppo mudah corup….hati2 bagi yang sering gonta ganti kartu,,,pasang apk aneh2,,,oprek sana-sini. memang sih tidak ada hape yang selamanya awet, tergantung penggunaan dan keberuntungan..penilaian saya terhadap oppo hanya satu point diatas everrcoos…dilihat dari spek hardware dan ketahananya..

  141. pak herry saya mau tanya nih..merek asus sama lenovo bagusan mana yah…soalnya saya bingung mau beli asus zenfone 5 , lenovo s860 atau lenovo a6000 atas perhatiannya terima kasih

    1. Pak Rudy,

      Kalau spesifik ke ponsel, mesti dilihat tipe per tipe. Namun, kalau secara umum, saya masih merekomendasikan jangan membeli ponsel Asus. Saya melihat masih ada banyak problem di berbagai sisi.

  142. TIDAK MEMUASKAN!
    Saya KAPOK menggunakan produk hp merk OPPO. sangat banyak kerabat dan saudara saya yg kecewa dengan oppo. Produk2 oppo saya rasa adalah PRODUK GAGAL. Karena kerusakan pada hp oppo sangat sering terjadi. Tapi SANGAT DISAYANGKAN, Hp sering sekali HANG, BLANK, juga tdak bisa nyala, hanya tulisan oppo pada awal menyalakan yg muncul. Hal ini jg dirasakan para customer yg datang untuk complain. Mereka semua bilang kecewa dgn oppo dan sangat rentan dgn kerusakan. Bukti lain dibuktikan dgn PENUHNYA TEMPAT CUSTOMER SERVICE dr OPPO. pelayanan di CS oppo pun tidak menyenangkan. Kurangnya counter2 yg buka disana dan banyak yg tutup. Padahal customer banyak yg menunggu berdiri, bahkan smpe berdiri d luar tempat customer service. Seharusnya lbh d perhatikan mengenai itu. Juga tidak ada pemisah antara tempat pengambilan barang dgn tempat untuk komplain. Sehingga menyebabkan antrian yg tidak jelas juga berhenti karena harus melayani customer yg menunggu d panggil untuk pemberian kmbali hpnya. Jangan sampai ada orang lain yg merasakan hal aprti sy dan kerabat2 yg sdh merasakan keTIDAKNYAMANAN karena PRODUK juga PELAYANAN di CUSTOMER SERVICE.

    1. Pak Vivo,

      Lho, Pak Vivo kok tanya tentang Vivo? πŸ™‚

      Sejak awal masuk ke sini sampai sekarang, saya tak hafal Vivo sudah memasarkan berapa tipe ponsel. Hitung-hitungan kasar saya sekitar sepuluh tipe.

  143. mungkin ini terdengar gila untuk membanggakan hp masing”.tapi ini yg saya lakuin bertiga dengan teman saya,adu kuat hp Pa..khahaha…,saya pemakai oppo yoyo,temen saya zenpon 5 satu lagi xiomi redmi2,biar adil satu temen saya yg akan membeturkan hp semua ke siku meja besi,di undi seperi arisan keluar nama si B zenpon di benturkan dengan keras langsung hancur lcd hp tapi masih bisa di gerikin,yg kedua keluar nama saya tanpa babibu hati saya degdegan di benturkan tu si yoyo ke ujung meja besi, hanya retak satu baris dari tengah hampir sampai kepinggir lcd masih bergerak normal,yg terakhir xiomi redmi 2 di benturkan lagi hancur dari gorolla glass sampai menembus ke dalem lcd matot….

    1. Pak Joetank,

      Wow… uji cobanya ekstrem banget. Foto tiga ponsel yang usai diuji nyali itu diunggah dong, Pak. Difoto berdampingan biar lebih bagus. Saya penasaran melihatnya.

  144. Selamat pagi Pak Herry,

    Saya memiliki kebutuhan hp dengan Ram 3g, internal memori yg besar dan bisa extend external. Kamera depan diatas 5 mega pixel dan belakang minimal 13. Untuk harga antara 4 – 5jt. Kebutuhan lebih kepada kamera.
    Saya pernah pakai iphone 5s namun kejadian bluescreen jd kapok sm iphone. Samsung juga pernah dan kebanyakan tipe dan juga harga mahal.
    Mohon saran bapak diantara beberapa pilihan saya berikut ini :
    1. Samsung A5 atau samsung s5 –> mahal
    2. Lg G4 –> mahal dan hasil warna foto kurang oke.
    3. Lenovo Vibe Shot –> harga ok. Kamera ok. Speck ok. Cm saya kurang tau kualitas lenovo secara general.
    4. Oppo r7 –> Saya baca2 oppo kurang di sarankan ya pak.

    Ditunggu sarannya pak.

    Terima kasih

    1. Pak Catur Aribowo,

      Dengan kriteria seperti itu, yang memenuhi syarat Lenovo Vibe Shot. Galaxy A5 dan Galaxy S5 RAM-nya belum 3 GB. G4 harganya tak boleh Rp 5 juta. Oppo sih mending dicoret.

  145. Slmt Mlm Pak..
    Oppo Saya R831K rusak
    Tapi Tdak Bisa Diperbaikin…Yang Kna ColorOS Nya..itu bagaimana caranya pak supaya bsa Di Pakai Lagi..??
    Makasih..tlong bantu jwb ya Bapak”/Ibu πŸ™

    1. Pak Indah A,

      Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Oppo. Untuk kerusakan seperti itu, mereka pasti bisa memperbaikinya. Btw, lain kali jangan beli ponsel Oppo ya.

  146. Thanks Sarannya Pak..Saya Kan Dapat Garansi 1Tahun Pak..Klo Kta Kasih Gransi nya itu ke konter yang kita beli gmna pak?Biar Bsa Dia Krim Ke Pabrik Oppo…Kalo garansi Gituan Biasanya Bsa Baik lagi gak Hp Oppo nya Pak..???
    Tlong Dijawab Ya Pak… :):(

    1. Bu Indah A,

      Anda seharusnya datang sendiri ke pusat perbaikan resmi Oppo di kota Anda. Kalau pusat perbaikan resmi itu sampai tidak bisa memberikan solusi, masukkan ke surat pembaca deh.

      Pesan saya, lain kali jangan beli Oppo lagi ya.

  147. Selamat siang pak

    Saya sedikit membutuhkan pencerahan, dalam jangka waktu kedepan, saya ingin membeli smartphone. Saya memiliki budget 2.5jt. Pilihan saya adalah Xiaomi, namun teman saya juga menyarankan untuk memilih Asus. Mohon dibantu ya pak.

    1. Bu Fatma Saleha,

      Kalau saya lebih memilih beli Xiaomi. Beli Xiaomi Redmi 2 Prime yang harga barunya Rp 1,799 juta saja, Bu.

  148. Pak Herry,

    Saya ingin bertanya dan minta pendapat Bapak. Dengan mengabaikan atau mengesampingkan bahwa promotor dan cara penjualan Oppo yang “nakal”, berdasarkan review Bapak terhadap produk Oppo itu sendiri bagaimana?

    Sekali lagi, dengan mengesampingkan apa yg Bapak benci ttg sales Oppo ya. Saya penasaran sebenarnya quality dari produk Oppo itu sendiri bagaimana.
    Thanks

    1. Pak Mahendra,

      Dengan mengabaikan kejujuran dan harga, kualitas ponsel Oppo sih di atas rata-rata merek Tiongkok.

  149. Selamat malam pak Herry SW..
    dengan membaca dari awal s/d akhir intinya Bapak tidak merekomendasikan konsumen membeli HP merk ”OPPO” dgn alasan cara sales berjualan mengelabuhi konsumen.. Bahkan Bapak lebih merekomendasikan untuk membeli merk lain yg mungkin sebenarnya secara kualitas dan Pelayanan Sevice Centernya masih dibawah OPPO, dgn alasan untuk memiskinkan OPPO karena alasan tersebut diatas..
    Yang ingin saya tanyakan.. apakah kalau kita tidak membeli HP OPPO lantas ada efeknya buat Vendor besar sekelas OPPO ? Apakah lantas OPPO akan bangkrut? Atau malah kita sendiri yg rugi karena membeli barang yg kualitasnya dibawah OPPO, karena alasan tersebut diatas?
    Maaf mungkin saya kurang setuju dengan pernyataan Bapak “Sebagus apapun kualitas OPPO, kalau jualannya masih mengelabuhi konsumen, buat saya tidak layak beli” ini. Karena untuk konsumen pada umumnya seperti saya yang dicari salah satunya kualitas, dan sedikit yg mempersoalkan “cara berjualan salesnya”. Dan menurut saya (berdasar pengalaman pribadi) kualitas OPPO sangat baik, bukan cuma untuk ukuran ponsel tiongkok, untuk ukuran ponsel korea pun masih berani diadu.. Jadi intinya, sebagai konsumen biasa seperti saya dan yang lainnya seandainya ingin mencari HP gak usah berpendirian “ingin memelaratkan OPPO”, dll, Ujung-ujungnya kita sendiri yang rugi, karena mungkin produk yg kita inginkan ada di OPPO.. Dan untuk Pak Herry, semoga postingan ini bisa menjadi cambuk buat OPPO untuk meningkatkan pelayanan & kualitas produknya..
    Maaf bila banyak salah kata Pak Herry..

    1. Pak Wadi,

      Selamat siang.

      Benar. Saya memang melarang orang untuk membeli Oppo dengan alasan cara berjualannya tidak jujur. Kalau ponsel Oppo semakin tidak laku (yang sempat saya istilahkan memiskinkan Oppo itu), kemungkinan yang kelak terjadi ada dua:
      1. Oppo melakukan pembenahan terkait caranya berjualan.
      2. Oppo keluar dari Indonesia.

      Konsumen tidak rugi kok. Dengan jumlah uang yang sama dengan yang awalnya akan dipakai untuk membeli ponsel Oppo, Anda bisa memperoleh ponsel lain yang spesifikasi dan kualitasnya lebih bagus.

      Di sisi lain, kalau Anda ingin membeli ponsel dengan spesifikasi dan kualitas yang setara dengan Oppo, Anda sudah bisa membawanya pulang dengan jumlah dana yang lebih sedikit.

      Jadi, dilihat dari dua sisi, konsumen sama-sama untung.

    1. disamping itu kita sabagai orang yg bijak juga patut memberi apresiasi positif.trhdp merk oppo.karna mmg pasalnya produk ini memang slah satu produk berkualitas . kita sama.sama sikapi teknologi yg marak ini dgn moderat

  150. Wah, salut deh sm pak Herry SW ini
    Baru kali ini saya betah baca komentar sampe handphone kehabisan batre :D.
    Overall saya setuju dengan apa yg dikatakan pak Herry, kita sebagai konsumen emang harus kritis & selektif, jgn asal termakan omongan para sales yg asbun hanya utk mngejar target.
    Klo saya perhatikan banyak salesΒ² terselubung yg ikut nimbrung komentar disini pak.
    Ada jg konsumen yg ngakunya udh beli Oppo dan menganggap itu produk paling bagus dri merk lain, yg parahnya lg malah menjelekΒ²an produk lain yg justru dari segi spek & harga lbih wajar ketimbang Oppo (overpriced).
    Gak ada yg salah dari pak Herry, yg salah adalah org yg tdk punya jiwa demokrasi dan selalu menyalahkan argumen org lain.

  151. Mohon solusinya pak lenovo vibe s1 lite dan oppo mirror 5 lebih bagus yg mna untuk spek dan kameranya??

    Thankz pak πŸ™‚

  152. Pak Herry SW
    Mohon saran/penjelasan, saat saya sedang cari referensi hp antara Oppo dan Samsung, salesnya mengatakan bahwa performa Samsung akan lebih cepat lemot dibanding Oppo jika terdapat banyak aplikasi yg digunakan. Apakah benar Samsung memang terkenal lemot sesuai pernyataan sales tersebut?
    Terimakasih πŸ™‚

  153. Sebelumnya terimakasih Pak untuk share info nya,,
    Misal kita mengesampingkan ketidakjujuran promotor, keuntungan sales serta harga jual second yg anjlok..
    Antara galaxy J5 dan Oppo Neo 7 specnya lebih baik mana?
    Dan jika td bapak berpendapat tdk diantara 2 merk tersebut, bagaimana untuk lenovo A7000+?

    1. Bu Zia,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saya sih tidak memilih ponsel-ponsel tersebut. Mengacu kepada tiga ponsel yang Anda sebutkan, saya mengasumsikan Anda memiliki anggaran sekitar Rp 2,25 juta. Saran saya, beli Hisense Pureshot saja. Harga barunya Rp 1,999 juta.

  154. saya baru 2minggu beli oppo r7s dengan spek yg lumayan waw..dsana kapasitas batrei 3070mah tentunya kita pasti berfikir akan sangat awet batrei..tapi ketika hanya sy gunakan untuk browsing n musik oppo r7s hanya bertahan 6jam..sungguh diluar dugaan, sy kira stidaknya 8/10 jam lah . sdgkan sy pernah beli sony xperia tp dengan spek hmpir sama batre bisa lebih awet padahal cuma 2600mah. kenapa bisa begitu ya?? secara MAh oppo lebih besar dr sony tp kok cepat habis oppo .. mungkin ada yg bisa jelaskan. trimakasih banyak

    1. Bu Idayuyung,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Perbedaan spesifikasi dan hardware, termasuk di dalamnya manajemen baterai, dapat menjadi pemicu terjadinya hal itu.

      Btw, lain kali sebaiknya jangan membeli ponsel Oppo lagi deh.

  155. Pak Herry SW

    Mohon saran/penjelasan mengenai hp Vivo. Saya dijelaskan dan mencoba fitur2 Vivo yg menurut saya lumayan canggih dan harga relatif terjangkau. Apakah benar kualitasnya memang bagus? dan apakah benar lisensi US, tapi termasuk Cina premium? terima kasih pak. Salam

    1. Bu Helena,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saya pernah beberapa kali mencoba ponsel Vivo. Secara umum cukup bagus.

      Wah, siapa yang menjelaskan lisensi AS tuh? Yang benar, Vivo adalah ponsel merek Tiongkok. Dia memang membidik segmen pasar premium.

  156. handphone oppo or vivo sama” produksi cina tulen bahkan yg punya pun bersaudara karna perselisihan mereka bikin mereka bertarung di dunia gadget.
    untuk harga memang mereka berdua terlalu over, tp untuk kualitas berbeda..
    vivo masih lebih baik dibandingkan oppo knapa saya bilang seperti itu karna saya pernah memakai kedua hh tersebut. dan kenapa mereka(promotor oppo) menyebut lisensi mereka dari amerika karna mereka sadar kalau disebutkan ini hp cina kita sudah berfikir negatif. berbeda dengan promotor vivo merka tetap akan bilang lisensi dari hongkong produksi di cina.
    sebagai buyer kita harus teliti lagi dan pintar, setelah promotor mengatakan keunggulan hp mereka tanyakan lagi apa kekurangannya disitulah kejujuran yg diuji,bukan masalah hp buatan mana lagi.??

    1. Pak Ega,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Iya, selain Vivo dan Oppo, masih ada satu lagi yang sebenarnya satu keluarga. Yaitu, OnePlus.

  157. Pak Herry, terimakasih untuk pilihan hpnya
    Saya ada anggaran Β±2,8 krna sya suka browsing jadi mencari android yg tdk boros baterai n tdk cepat panas, “? ????????? “?
    Saya jg tdk terlalu suka hp yg lemot πŸ˜›
    Mungkin ada rekomendasi dr bapak?

    1. Bu Zia,

      Berarti, yang dipentingkan adalah daya tahan baterai ya. Kalau begitu, beli Infinix Note 2 saja. Harga resmi Rp 1,899 juta, sedangkan harga pasar online Rp 2 juta dan harga pasar offline Rp 2,1 juta.

  158. trimaksih banyak pak herry ..penjelasan anda sangat membantu…mungkin kalo sy tau artikel itu lebih dulu,, sy tidak mmbeli produk yg salah. soalnya mmg baru kali ini sy kira mrek yg sy beli meskipun trmasuk produk baru lumayan patut d coba. gak lage2 deh…hmmm….

  159. pak harry
    saya mau nanya kalau asus zenfone selfie sama oppo f1 bagusan mana dari segi sekeluruhan nya dan body nya pula ? (tidak termasuk harga ) dan apa klbihan sma kekurangan nya ?

  160. ikut nimbrung aja buat pengguna gadget..

    saya udah sering gonta ganti hp,
    dari bberapa merk yg d sebutkan di atas..
    bukan untuk menjelekkan atau menghujat merk..
    tetapi dari pengalaman,saya ganti karena bosan,
    tetapi tetap ada minusnya juga
    samsung awet,tetapi model monoton bagi saya
    oppo saya berakhir di jual dgn harga murah karena kondisi matot
    asus saya jual karena hot nya berlebihan
    xiaomi adik saya pake,cm bingung di pengaturan bahasanya,kok campur2,tp overall blm menemui keganjilan lain
    kembali ke pengguna,padahal saya ibu2 yg termasyk ga terlalu suka byk aplikasi

    sekarang saya beralih ke vivo Y35,sebelum nya saya perbandingan dengan j5 karena saya termasuk pengguna samsung dari dulu..
    tp karena bentuk yang monoton saya coba vivo,
    dengan spek yang hampir setara,bisa utk perbandingan rekan2 yang berniat memilih,
    Alhamdulillah make vivo beberapa bulan blm ada gangguan,dan kamera lumayan bagus..

    rekan2 bisa mencba hp vivo jika ada demolive nya,pasti tertarik sensiti nya yang beda sama fitur2 uniknya..

    terima kasih,
    semoga ga salah pilih handphone^^

    1. Bu Wati,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Ponsel Xiaomi milik adik Anda kemungkinan bukan bergaransi resmi.

      Ya, ponsel Vivo seringkali ada live demo unit-nya. Jadi, bisa coba-coba dulu.

  161. iya pak Herry..
    mungkin bisa jadi bkn resmi/BM yah?

    oh ya..kan bpk lebih ngerti handphone..
    kalau mnurut bpak sdri
    Samsung J5 sama Vivo y35 lbih bagusan mana ya?
    walo ini saya sdh pakai Vivo Y35,
    mgkin bisa membeli info perbedaannya scara signifikan..

    trimakasih πŸ™‚

    1. Bu Wati,

      Benar. Bisa jadi ponsel Xiaomi milik Anda tanpa garansi resmi atau BM.

      Karena belum pernah menguji pakai Y35, saya tak tahu lebih bagus mana dibandingkan Samsung Galaxy J5.

  162. pak istri saya pingin bli oppo f1..
    tp saya ragu,apakah ada refrensi hp lain dr bpk selain oppo.
    uang saya 3,5.

    1. Pak Reki Oktapriadi,

      Setuju. Jangan membeli ponsel Oppo.

      Saya belum pernah mencoba Asus Zenfone Selfie. Beberapa pengguna wanita yang saya ketahui hobi selfie telah memakai ponsel itu dan rata-rata menyatakan puas. Mungkin ponsel itu cocok.

    1. Bu Aan,

      Pertanyaan pertama jawabannya bukan. Pertanyaan kedua, iya. Sebab, cara berjualan Oppo cenderung tidak jujur.

    1. Bu Ajeng,

      Tak tahu karena saya belum pernah mencoba dua ponsel itu. Buat saya sih ponsel Oppo langsung masuk ke keranjang sampah. Coret.

  163. Mohon rekomendasi dari bpk heri, bajet 5 – 6 jt ingin hp dengan hasil kamera bagus dan buat internetan ok. Kira2 merk ya pak

    1. Bu/Pak Jurniah,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Beli LG G4 saja. Namun, lebih baik agak wait and see dulu menanti harga turun. Di situs belanja online, beberapa minggu terakhir saya lihat ponsel itu sempat dijual dengan harga promo Rp 4,799 juta. Setiap kali promo, masa berlakunya cuma satu hari.

    1. Bu Kartika,

      Ponsel Oppo silakan dicoret dulu.

      Lenovo Vibe 1? Saya belum pernah mendengar ponsel tipe tersebut.

  164. Aneh2 aja tu promotor sales Oppo bilang Oppo sekelas apple ? Ngaca dong ! Gw pake iPhone 5.

    Kamera Oppo bisa nandingin iPhone
    Hanya spek di atas kertas tapi kalo real use Kamera iPhone lebih unggul

    Layar Oppo Jernih ?
    Harusnya promotor Oppo cobain iPhone dulu yah yg notabenenya Retina Display setara dengan Full HD

    Processor Oppo lebih galak daripada iPhone
    Cobain dulu iOS nggak nyesel beli HP iPhone 8 jutaan ke atas tapi dapet support and Update iOS ampe 5 th ke atas.

    Oh ya Processor Oppo tuh Mediatek mau ngalahin Processor Apple A Series ( A6 , A7 , A8 ) nggak bakalan bisa coyyy

    Apple pake Dual Core Tapi Core nya di Optimized jadi Performa Di Atas Quad Core bahkan Octa Core punya Mediatek / Qualcomm , oh ya apple juga yg design iOS jadi Stabil di setiap iDevice.

    Intinya jangan cuma liat spek di atas brosur tapi harus di uji secara real.

  165. Contoh promotor Oppo bilang Oppo kamera belakang 13mp lebih bagus daripada iPhone 5 / 5S / 6

    Tetapi Apple tidak mementingkan Ukuran megapixel semata tetapi Apple juga mementingkan Jenis Lensa , Ukuran Lensa , Autofocus , Flash , Shutter Iso , Hardware Camera ,DLL

    Jadi kalo secara real life Oppo tidak ada bandinganya karena iPhone 5 ke atas menggunakan Lensa Safir.

    1. Pak Nikko Gunawan,

      Maksudnya gimana ya, Pak? Pilih yang mana gitu? Oppo sih buat saya langsung coret.

  166. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

    Saya sangat nyaman menggunakan HP Oppo R7 Lite, setelah 4 bulan pemakaian belum pernah bertemu dengan masalah/kendala apapun dari Oppo ini.

    Sebelumnya saya menggunakan Xperia Z2, tentu saja performanya tidak perlu diragukan lagi dong, tapi karena saya terlalu sering mengajak si Z2 menyelam, akhirnya anti airnya ya nyerah juga. Cape mungkin.

    Dan setelah cari tau kesana kemari termasuk di blog ponselmu.com ini, akhirnya pilihan saya jatuh kepada Oppo R7 Lite.

    Menurut saya lebih baik dari tipe HP sejajar dari merek lain seperti Xiaomi, Huawei, LG, Samsung, bahkan iphone sekalipun (dilihat dari harga aja), dengan harga sekian dapat hp dengan spek seperti ini.

    Yang rada bikin eneg mungkin yang jualnya aja pas di BEC Bandung bilangnya Oppo adalah HP lisensi dari Amerika. sekalipun dia bilang dari mana juga saya sih sudah tau kalau Oppo ini merek Cina dan di produksi di Cina. (Saya semprot juga tuh si mbak nya wkwkk) Dan tetap saya akan membeli merek Oppo dengan Tipe R7 Lite ini.

    Mungkin mereka kurang PD aja, tidak seperti Xiaomi.

    Kebanyakan kan yang tau kalau merek asal Cina tuh asal-asalan, baru dipakai beberapa menit aja kadang sudah ada yang hank alias zonk alias (apa lagi ya). Hehee
    Tapi kan tidak semua merek dari Cina itu kualitasnya jelek, terbukti Oppo R7 Lite ini keren banget. (Termasuk Xiaomi juga tuh).

    Well, jika mau membeli HP atau apapun juga jangan melihat dari mana di produksi produk itu, tapi lebih dilihat kebutuhan kita seperti apa, dan yang terpenting adalah budget anda cukup atau tidak. Hehee

    Ok salam kenal dari Bandung Pak.

  167. Pak Herry saya boleh minta rekomendasi untuk hp budget 3-4 jutaan?
    Saya pusing sekarang lumayan banyak merk ponsel yang masuk ke Indonesia.
    Dulu saya taunya cuman Nokia, Sony, Samsung, Blackberry, O2 (udah nggak produksi lagi ya?). Saya pernah pake Nokia N95 8GB awet keseluruhan nggak pernah kena servis 6 tahun lebih (akhir 2007-2013) dan Sony Experia M single dari 2013 sampe sekarang (tapi sebulan pertama langsung mati total, untung garansi resmi), tapi lensa kamera jadi buram tergores karna saya hobi ngantongin hp disaku celana/jaket. Sayang Nokia sudah tidak sejaya waktu dulu merajai pasar ponsel hi-end.
    Sekarang saya mau mencari hp seperti Nokia yang lumayan awet keseluruhan (nggak sering hang, lag, atau mati total), awet batere, pemutar musik bagus, dan kapasitas memori besar (32GB atau 64GB kalau ada dibawah 4 jutaan). Kalau untuk kamera saya tidak terlalu prioritas dan biasanya rata-rata bakal mengikuti kualitas hpnya juga menurut pengalaman saya. Saya hobinya denger musik, browsing, donlot dan main app games yang real-time, sama yang paling boros batere, tethering portable hotspot (suka ngilangin modem saya mah).
    Jadi prioritas saya di kapasitas batere dan memori, sama chipset plus RAM gede buat main game (2-3GB).
    Setelah saya browsing sana sini liatin spek sama harga, saya tertarik dengan tipe-tipe ini:
    1. Lenovo Vibe Shot (unggul di kamera, tapi kurang yakin dengan batere walau di 3000mAh)
    2. Lenovo Vibe P1 Turbo (batere 5000mAh, tapi 5,5 inch nggak bisa dikantongin, hehe)
    3. Xiaomi Redmi 3 Pro (batere 4100mAh dan harga 2,5-3 jutaan)
    4. Xiaomi Mi 4c Pro (batere 3080mAh, snapdragon 808, harga dibawah 3 jutaan)
    5. Xiaomi Mi 4s (batere 3260mAh, storage 64GB, snapdragon 808, harga hampir 4 jutaan)

    Untuk Xiaomi saya tertarik murahnya, tapi saya denger rumornya batere cepat panas, sama masalah garansi resmi/nggak resminya. Saya ragu sama aftersales service nya karna merk baru sama baterenya yang non-removable. Kalau batere soak nggak bisa ganti, kalau diservice kurang yakin).
    Mohon pencerahannya Pak, mungkin ada rekomendasi merk/tipe lain untuk kebutuhan diatas.
    Oiya, itu infonya semua saya dapat dari lazada.

    Terimakasih.

    1. Bu Anita,

      Dengan kriteria yang Anda sebutkan, paling cocok sih Vibe P1 Turbo. Gegas dan baterai tahan lama. Ponsel berlayar 5,5 inci masih bisa dikantongi deh.

      1. Iya pak, tapi justru saya galau nya di ukuran hp nya. Tangan saya nggak nyaman pakai hp ukuran 5 inch ke atas. Saya bisanya genggam seukuran iPhone 4-4,5 inch (overbudget ini mah). Tapi sekarang ini untuk spek yang bagus, paling kecil di 5 inch, untuk kapasitas batere besar butuh dimensi besar juga. Jadi saya incer yang 5 inch-an tapi best value juga.
        Saya tertarik dengan Vibe Shot yang sudah bapak review. Untuk kapasitas 3000mAh, apakah tergolong tidak boros untuk aktivitas standar (Wasapp, Gmail, browsing, GPS)? Apakah hp ini tidak cepat panas seperti Xiaomi atau Asus pak?
        Terimakasih sebelumnya Pak

        1. Bu Anita,

          Tidak terlalu boros sih.

          Ponsel Asus dan Xiaomi tipe apa yang Anda anggap cepat panas? Asus mulai generasi Zenfone 2 Laser sudah tidak panas lho. Beda banget dengan zaman Zenfone 4 dan Zenfone 5.

  168. Pak Herry SW, saya mau minta rekomendasi hape dan tablet dengan budget 1,5 – 2 juta.
    Ramnya kalau bisa 2GB, atau kalau tidak ya minimal 1 GB.
    Resolusi kameranya pun sudah tinggi, baik kamera depan maupun kamera belakang. kamera depan setidaknya jangan VGA, Pak.
    Untuk prosesor kalau bisa sudah octa core, pak.
    Saya sempat melirik Galaxy tab 3 V dan huawei mediapad T1 7.0, untuk tablet. Lebih baik yang mana, Pak? atau ada yang lebih bagus lagi?
    sedangkan hapenya, saya sempat melirik huawei honor 3C ataupun 4X. Apakah ada saran lain?

    Terima kasih sebelumnya, Pak.

    1. Bu Rahmi,

      Untuk ponsel, saya merekomendasikan Hisense Pureshot. Harga Rp 1,999 juta.

      Untuk tablet, saya tak ada rekomendasi karena sudah lama tidak mencoba tablet terbaru.

  169. apakah xiaomi redmi note 3 (resmi) bisa di katakan awet ?? Soalnya banyak komentar dari org* yg sudah beli banyak terjadi kerusakan, mungkin karena memakai rom abal* yaa ?? saja mau beli note 3 resminya pak.. apakah saya akan menyesal setelag 3-5 bulan bahkan 2 taun ?? Terus jaringan4gnya gak ada .. lalu apakah xiaomi kalo di modiff itu aweet penggunaanya ?? Dan bahasahnya sudah indOnesia ?? Lalu duit 2-3 jutaan bisal pilih android yg mana pak ,, yang sekiranya speknya tidak kalah sama xiaomi redmi note 3 resmi)
    Maaf pa terlau banyak tanya.. Terimakasih pak heri

    1. Pak Yehez,

      Tolong diperhatikan, pertanyaan yang sama harap diketikkan satu kali saja. Jangan dobel-dobel seperti sekarang. Satu Anda ketikkan di sini, satu lagi di tempat lain.

      Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda ketikkan di tempat lain.

  170. Saya mau berbagi cerita sedikit. Dulu saya pengguna asus tipe zenfone 5. Saya membelinya awal tahun 2015 dengan harga 2,3jt. Hp asus saya mudah sekali panas dari awal pemakaian dan baterainya cepat habis padahal kondisi standby. Jadi saya paling tidak harus charge 3x bahkan pernah sampai 4x dalam sehari. Bulan mei 2016 sering restart sendiri, hang, bahkan mati sendiri saat baterai masih cukup sekitar 60%. Sampai akhirnya pertengahan bulan juni lalu benar2 mati dan tidak mau menyala meskipun sudah disambungkan dengan chargernya. Dan ternyata setelah sama bawa ke asus center, baterai + motherboardnya rusak. Jika diganti harus membayar 1,6jt. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak mengganti motherboardnya. Saya membeli oppo neo7, walau sempat bimbang antara oppo atau xiaomi. Pertimbangan saya membeli oppo karena jika semisal ada gangguan ada oppo service centernya di kota malang. Dan alhamdulillah cukup baik. Tidak ada keluhan panas seperti saat saya memakai asus, baterai awet (saya charge jam 11 malam, cabut jam 4 pagi, pemakaian aktif paket data, main, chatting, jam 9 malam msh tersisa 20%). Semoga oppo ini tetap awet.

    1. Bu Anna,

      Zenfone generasi pertama memang dikenal panas.

      Semoga ponsel Oppo Anda awet deh. Semoga pula kalau ada masalah, pusat perbaikan resmi Oppo bisa melayani dengan baik.

  171. pak Herry yg baik.
    minta saran… saya menghindari untuk membeli oppo. tp saya tertarik dg fitur oppo f1 selfie expert. minta saran pak merk lain yg sebanding spek nya dan harganya

    1. Pak Abdul,

      Anda sudah benar. Jangan beli Oppo.

      Di kisaran Rp 3,5 juta saya belum ada rekomendasi. Kalau Anda mengutamakan kamera, ada Infinix Zero 3 Rp 2,599 juta yang boleh dilirik.

  172. Pak Herry kalau menurut anda memilih yg mana antara oppo f1 dan samsung s7edge?? mohon penjelasannya….thx

  173. Pak Herry
    aku mau tanya
    kemarin baru beli oppo a37
    kenapa oppo a37 saya kok speker yang 1 berfungsi yang 1 nya kok gak berfungsi ya
    kenapa ni gan
    mohon infonya gan
    terima kasih

    1. Pak Fauzan,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba ponsel itu. Saran saya, lain kali jangan beli ponsel Oppo.

  174. Pak Herry SW.
    maaf pak,saya mau tanya. saya punya budget 2juta,saya pengen beli hp kualitas kamera depan belakang jernih,menurut anda saya harus memilih hp apa pak,,jangan oppo ya,saya punya 2 hp oppo,mati semua,harus Ganti EMMC nya,padahal masih di pakek 2 tahun aja,menurut anda,saya beli hp apa yang kamera bagus serta tahan lama pak.

    dan saya mau tanya sekali lagi,hp xiaomi merk apa yang harganya sekitar 2juta,dan tidak panas pak?
    apa benar hp xiaomi cepat panas.
    terimakasih pak Herry

    1. Pak Dony,

      Tenang, saya memang rutin merekomendasikan jangan beli Oppo kok. πŸ™‚

      Silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.

      Ponsel Xiaomi merek apa? Lha Xiaomi itu kan merek.

      Benarkah ponsel Xiaomi cepat panas? Bergantung tipenya. Kalau anggaran Rp 2 juta, yang paling memenuhi syarat sebenarnya Redmi 2 Prime. Masalahnya, ponsel itu sudah diskontinyu.

  175. pak herry saya pengguna vivo v3. saya baru menggunakan ponsel ini 1bulan dan saya pake bermain pokemon go. nah pertanyaan saya saat ini finger print yg terletak di blekang bodi dibawah kamera sekarang sdh tdk berfungsi. saya coba untuk mendeteksi atau menambah sidik jari sdh bisa. apakah game pokemon yg merusak sensor sidik jari nya atau memang kualitas nya yg kurang bagus. dan apakah bsa di komplainkan. smoga saya diberi pencerahan

    1. Bu Christi,

      Saya belum pernah mencoba V3. Kerusakan yang terjadi mestinya bukan karena Pokemon Go. Silakan segera mengajukan klaim garansi.

  176. Kalo oppo dibuat dicina beda bngt ga mungkin,soalnya aku pny temen hp evercross dari cina dibandingin ama hp aku oppo neo 7 beda bngt dari tata rias sampai kamera semuanya beda bngt

  177. Min, saya sudah baca artikelnya, dan saya skr sedang bingung, mau beli smartphone Oppo F1s atau Huawei P9 Lite, secara 2 smartphone ini di kisaran harga yang sama yaitu 3,8 Jt saya benar2 bingung banget ini min, galau berat, hehehehe… kalau admin jadi saya, bakalan pilih yang mana min? Terima Kasih sebelumnya.

    1. Pak Reza,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Oppo sih dibuang ke laut saja. Mending beli P9 Lite.

  178. Pak Herry SW
    Saya seorang gamer dan tidak lepas dari internet. Banyak kegiatan keluar daerah tidak lepas dari sosmed terutama chat dan fotograper. Dari kegiatan sehari-hari ini apakah Vivo Y55 cocok buat saya? Apakah Vivo Y55 tahan baterai bila waktu standby? mohon saranya, bila ada rekomendasi lainnya selain Vivo dengan Budget 2 Jt. dan tahan batera?? Terima kasih

    1. Pak Surya,

      Maaf, tak tahu. Saya belum pernah mencoba Y55.

      Hmmm… kalau ngejar daya tahan baterai, dengan anggaran Rp 2 juta, silakan melirik Infinix Note 2. Kameranya hanya tergolong biasa-biasa saja ya.

  179. sy punya HP oppo find 5 mini awalnya tertarik membeli karena fitur yang diperkenaljan cukup bagus harga pada saat itu 2,8 jt. setelah belum setahun sy gunakan nampak masalah yg sering terjadi terutama saat nyalakan hpx sulit dibuka yg nampak cuma gambar tulisan oppo saja..dan kejadiAN INI SUDAH 2 KALI TERJADI…

  180. Pak Herry

    Saya mau membeli smartphone anggaran 3jutaan
    Bagusnya pilih
    1.Oppo f1s
    2.iphone 5s
    3.samsung A3 2016
    Atau bagusnya apa pak, dan beri alasanya ya pak
    Terimakasih banyak

    1. Pak/Bu Gryanda Wahyu,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Oppo silakan coret dulu. Jangan beli ponsel Oppo. Nomor 2 dan 3 belum pernah coba. Samsung seri A biasanya jelek.

      Dengan anggaran Rp 3 jutaan, saya merekomendasikan Anda membeli Asus Zenfone 3 ZE520KL atau Huawei P9 Lite.

  181. mau tanya ni, sebaiknya pilih hp oppo A37 atau samsung j3 ya? inginnya yang tidak mudah cepat rusak,tahan lama,dan 4g. terima kasih.

  182. Menurut Pak Herry SW, Mesin,garansi,aksesoris dan lain-lainnya lebih bagus Oppo atau Xiaomi ya? terutama dari segi ke awetan. saya sedang bingung antara memilih OPPO A37 – XIAOMI REDMI 3 PRO

  183. oppo fitur seabrek tp emmc-nya payah.. mau kamera 100 mp, mau ram-nya sampe 100Gb juga, klo emmc-nya kelas kacang percuma… ibarat punya perangkat PC.. RAM gahar, Processor Core 2 extreme,, tp HARDDISK-nya BAD SECTOR di track 0, kalah ama pentium 1 yg normal… :V

  184. Pak herry, sy terkejut trnyata oppo gk recomended, pdahal sy suka bngt dg hp oppo. Sy brniat beli oppo a37, sudah mau berangkat tp sy ragu2, krn hp oppo neo 5 sy 2 kali di flash di oppo centre krn hidup cm sebatas logo, sy mau jual krn takut emmc nya lemah dan ganti oppo a37. Tp sy bingung skrg. Menurut pak herry, sy harus beli hp apa ya?, budget di bawah 2jt. Kalau HP LG bagus gk pak. LG k8

    1. Pak Adi,

      Anggaran di bawah Rp 2 juta itu maksimal berapa ya? Sebab, Rp 1,9 juta; Rp 1,5 juta; bahkan Rp 500 ribu kan sama-sama di bawah Rp 2 juta.

      Saya belum pernah memakai LG K8.

  185. Dananya 1,5 maksimal 1,9 pak herry.
    Tlg bantu rekomendasikan hp yg pas ya pak, sy pingin punya hp yg multitasking lancar, gk lemot, kinerja cepat dan yg pasti gk mudah mati. Tentu saja di harga segitu hp apa ya pak?, kmrn target sy oppo a37. Tp skrg bingung. Tlg masukannya pak?

  186. Herry lagi ?
    Aduhhh
    Oppo dari nama saja sudah berkode chines prodct
    Lah apa kabar dengan pabrikan aple di china tepatnya zhongzhou?
    Kalau mau yang memang bukan china, pilihlah samsung yg memang pabrikan korea langsung atau lamborgini phone yang memang pabrikan dari america,gampang
    Kalau jatuhkan suatu brand yang sudah mendunia sih,bapak sudah terlambat,dengan bapak membuat ini ,oppo akan semakin meningkat… terimakasih pak herry….
    Untuk yang dikatakan promotor oppo bahwa oppo di buat di china memang benar,tapi bukan product smartphone,tetapi product2 electronik seperti dvd dan lainnya yang harga nya menyaingi product merk yang sudah mendunia duluan…
    karna chipset yang di gunakan berbagai smartphone bukan lah asal china,china punya chipset tidak di gunakan untuk product yang ada di indonesia, bagaimana dengan asus?
    Sama saja…
    Boleh silahkan terjun langsung ke pabrikan nya…
    dan bagaimana dengan product unggulan bapak herry? Terkalahkan pada 1 march 2017 Bukan? Dengan oppo mendudukin peringkat ke 2 di asia tenggara ? apakah saya yang seorang promotor oppo berkelit?
    jangan pandang yang di lapangan, disini saja saya jelaskan ?

    1. Pak Promotor,

      Silakan baca lagi komentar-komentar di atas. Yang saya permasalahkan bukan Oppo dibuat di Tiongkok, melainkan sikap sebagian promotor Oppo yang tidak mau mengakui kalau Oppo adalah merek Tiongkok.

      Anda menuliskan “Untuk yang dikatakan promotor oppo bahwa oppo di buat di china memang benar,tapi bukan product smartphone,tetapi product2 electronik seperti dvd dan lainnya yang harga nya menyaingi product merk yang sudah mendunia duluan…”. Jadi, menurut Anda, smartphone Oppo diproduksi di mana?

      Lebih baik ponsel jagoan saya penjualannya kalah dibandingkan Oppo, tetapi mereka memberikan informasi yang jujur kepada konsumen. Ha… ha… ha….

  187. Pak Herry SW ,
    Sy minta pendapat nya Pak Herry. Sy saat ini sdh punya Hp Samsung J7(2015). Kemudian saat ini sy ingin beli Hp android sekitar 750rb sampe 1 jt yg fungsinya hanya untuk panggil taxi online semacam Grab, Uber dan Gojek jg belanja online(elevenia, tokopedia dll). Karena dulu sy pernah punya Samsung galaxy V koq sulit buat panggil taxi online. Apa karena RAM nya cuma 500.
    Makasih banyak Pak sebelumnya.

    1. Bu Susan,

      Kalau Anda sudah memiliki Galaxy J7 (2015), tak perlu membeli ponsel lagi untuk sekadar memesan taksi online. Pakai ponsel itu saja. Bisa kok.

      Saya tak pernah memakai Galaxy V sehingga tak berani memastikan apakah kegagalan memesan taksi online itu dipicu oleh RAM yang cuma 512 MB.

  188. Permisi Pak Hery mw tanya pilih yang mana samsung J5 Prime, Sony M4 atau asus zenfone 2 ram 4gb?
    sekarang harga asus jadi sekitar 2 jutaan saja pak..
    terima kasih

    1. Pak Doni,

      Jangan beli Samsung seri J deh. Xperia M4 saya belum pernah coba. Zenfone 2 yang RAM 4 GB jangan dibeli.

      Jadi, beli apa dong? Dengan anggaran Rp 2 jutaan, Anda boleh melirik Asus Zenfone 2 Laser yang kode tipenya diakhiri huruf KL.

  189. Pak heri ini kaya sangat sensitif sekali kepada merek hp oppo, tiap kali ada yang nanya jawaban nya “jangan beli hp oppo deh” haha.

  190. saya suka sekali membaca kolom pak herry
    karena sangat menarik, lugas, terpercaya
    terima kasih atas ilmunya.
    anyway saya baru pesan lenovo P1 turbo walau agak terlambat
    gmn pak kondisi lenovo bpk sekarang, apa masih mantabh?
    cheers

  191. Kalau sekarang mending beli Iphone aj. Udh murah meriah tp Cari yg second ex international aj yah jngn yg refurbish. Iphone biar spek rendah tp performa nya smooottthh bngt deh. Bahkan iphone 5 yg notaben HP tahun 2012/2013 masih smooth jalanin game tahun 2017.

  192. Sore Pak Herry SW, saya mau minta saran dari Bapak mending Xiaomi Redmi 6 atau Huawei P10 ya Pak? Saya masih galau banget mau beli yang mana, mohon pencerahannya Pak, thanks.

    1. Bu Theresia,

      Belum ada ponsel bernama Xiaomi Redmi 6 deh.

      Huawei P10 saya belum pernah mencobanya. Ponsel itu belum beredar resmi di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *