Ponsel Oppo Resmi Meluncur

Ponsel Oppo resmi diluncurkan di Indonesia lewat sebuah acara yang digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, 17 April lalu. Pijakan kaki Oppo di sini dimulai dengan pendirian PT Indonesia Oppo Electronics yang berkantor di kawasan Gatot Subroto, Jakarta.

Bagaimana suasana peluncuran ponsel Oppo? Selusin foto hasil jepretan seorang teman yang tak mau disebutkan namanya siap Anda nikmati. Maaf kalau deskripsinya tidak detail. Sebab, saya tidak berada di lokasi acara. Kebetulan belum ada undangan yang mampir.

Oppo Jakarta-1

Ivan Lau, Brand Director PT Indonesia Oppo Electronics (Oppo Indonesia) memberikan sambutan.

Oppo Jakarta-2

Tim Oppo menari bersama di hadapan para undangan. Total undangan yang disebarkan sebenarnya sekitar 600 lembar. Namun, beberapa undangan yakin, saat itu lokasi acara dipadati oleh lebih dari 600 orang. Sebab, dalam pengamatan mereka, orang yang tak diundang pun bisa ikutan masuk.

Oppo Jakarta-3

Jet Lee, CEO Oppo Indonesia, memaparkan kiprah Oppo secara global. Biarpun merek China, Oppo telah merambah ke berbagai negara.

Oppo Jakarta-4

Saat mengetahui nama CEO Oppo Indonesia, sebagian orang mungkin langsung terbayang dengan aktor kungfu terkenal. Apakah si Kungfu Master itu yang menjadi komandan Oppo di sini? Ternyata, bukan. Inilah wajah Jet Lee – Oppo dari jarak dekat. Tak sama dengan Jet Lee – Kungfu Master.

Oppo Jakarta-5

Ponsel Oppo pertama yang segera menghampiri pasar adalah Oppo Find 5. Ponsel itu dibanderol Rp 5,499 juta. Spesifikasinya bisa diintip di sini,

Oppo Jakarta-6

Para undangan yang terdiri atas diler dan pelaku bisnis ponsel dari berbagai daerah plus 300-an awak media memadati area yang memajang ponsel Oppo.

Oppo Jakarta-7

Ini lho Oppo Find 5. Jangan salah fokus ya. 🙂

Oppo Jakarta-8

Sandra Dewi dikerumuni jurnalis dari berbagai media. Dia bersama Nicholas Saputra dipercaya Oppo untuk turut mempopulerkan ponsel baru tersebut.

Oppo Jakarta-9

Yang memegang berbeda-beda, tetapi yang dipegang sama: Oppo Find 5.

Oppo Jakarta-10

Oppo Jakarta-11

Oppo Jakarta-12

18 thoughts to “Ponsel Oppo Resmi Meluncur”

  1. Wah asiknya kalo acara2 seperti ini bisa dilakukan juga di kota lain, Bandung, Jogja & Sby.
    Todak mesti mewah yang pasti infonya jadi lebih lengkap dan bisa lebih banyak orang yang paham dari pegang / coba langsung live unitnya.
    Btw, aku minat untuk pasarkan di daerah Jogja, bisa menghubungi siapa ya apa ada yang paham?
    Terima kasih

  2. Pak Herry, saya mau tanya nih. Sebenarnya alasan utamanya mengapa ponsel Oppo ini (yang terus terang belum pernah dengar dari manapun kecuali dari Pak Herry) ini kok di “spotlight” terus ama Pak Herry ya ?

  3. Pak Rianto,

    Sampai saat ini saya telah mengunggah empat posting tentang Oppo ke blog ini. Alasan umumnya sih untuk memberikan informasi. Sedangkan alasan spesifiknya agak berbeda. Apa saja?

    * Untuk posting pertama, begitu dengar Oppo mau masuk resmi ke sini, saya langsung ingin mempostingnya ke sini. Alasannya, mereknya kan lucu tuh kalau dibaca dalam bahasa Jawa. Karena itu, posting pertama saya beri judul “Opo Iki? Iki Oppo”. Saya pribadi sebelumnya pernah mendengar merek Oppo.

    * Nah, posting pertama itu ternyata direspons cukup bagus oleh pembaca. Sehingga, saya lalu melanjutkan ke posting kedua dan ketiga. Selain memperdalam isi posting pertama, kebetulan saya memiliki akses informasi yang saat itu belum dipunyai aneka media cetak dan media online yang jauh lebih terkenal. Jadi, kondisi itu saya manfaatkan untuk menyampaikan informasi lebih dulu.

    Kalau sempat mencermati pemberitaan Oppo di berbagai media Indonesia, Bapak mungkin akan merasa familiar dengan beberapa foto. Ya, foto hasil jepretan saya digunakan oleh mereka. 🙂

    * Beralih ke posting keempat tentang peluncuran Oppo. Saya sendiri tidak diundang menghadiri acara itu. Namun, kebetulan ada teman yang diundang dan sempat jepret-jepret. Ia memberikan foto-foto hasil karyanya kepada saya. Saya pikir, mengapa tidak saya unggah sekalian ke blog ini. Toh teman saya mengizinkannya.

    Begitulah ceritanya, Pak.

  4. Wah ini oppo bisa jd ajang pembuktian ponsel china di kelas high end. Kebetulan saya juga sedang hendak membeli sebuah ponsel bersistem operasi android, menurut pak HSW apakah oppo find 5 (ini seri tertingginya ya?) ini sebanding kualitasnya dengan harganya? Bagaimana bila dibandingkan dengan xperia z? Terutama pada hal kualitas layar dalam menampilkan gambar dan manakah yg lebih gegas? Kedua hal itu adalah hal pertama yg saya cari pada waktu hendak membeli smartphone. I hate slow. Thanks

  5. Pak Christian Utomo,

    Karena belum pernah menguji pakai Oppo Find 5 dalam jangka waktu yang memadai, saya belum berani memberikan rekomendasi terkait ponsel itu. Harga yang Rp 5,499 juta sih, menurut saya, terlalu tinggi.

  6. @Pak Herry:
    Owh ternyata karena itu toh, jadi awal mulanya untuk guyonan aja yah 😀

    @Pak Christian Utomo:
    Kalo saya boleh berpendapat, pak. Jika bapak bisa / dapat beli Xperia Z (yang seharga 7 juta-an) tentu saya recommend Xperia Z saja karena dari quality, fitur sudah pasti sangat terjamin. Karena mendengar ponsel Oppo ini baru pertama kali sih, dan juga Oppo Find 5 ini kan bagaikan “replika” atau “generasi” paling pertama dari merk Oppo, dan biasanya generasi paling awal dari suatu merk itu banyak terkena masalah (seperti Lenovo K860 saya pada awalnya karena termasuk luncuran generasi pertama Lenovo). Apalagi untuk segmen pasar baru langsung berani dengan harga 5 juta-an tentu bagi saya “terlalu mahal” bagi merk “newbie” di kalangan Android lainnya (meskipun spek nya di atas angin, tapi takut masalah lain seperti firmware, UI, aftersales service, dsb)

    Saya jujur tidak hendak melecehkan merk dan produk Oppo, tapi saya hanya ingin berpendapat mengenai HP yang merupakan generasi pertama dari suatu merk, merk apapun itu dan kebetulan yaitu Oppo Find 5 ini 🙂

  7. Pak Rianto dan Pak Christian Utomo,

    Sedikit menambahkan, Oppo Find 5 bukanlah ponsel pertama keluaran Oppo. Yang lebih tepat, Oppo Find 5 adalah ponsel Oppo pertama yang resmi beredar di sini.

    Di luar negeri, Oppo sudah menawarkan aneka tipe ponsel. Kalau tak salah ingat sejak 2008. Si Oppo baru mulai menarik perhatian pasar sekitar setahun terakhir.

  8. Kalau melihat Merk dan logo dari Oppo ini tampaknya sama dengan Oppo – dari Amerika yang mengeluarkan DVD & Bluray player hi-end. Playernya dikenal berharga mahal dan dipakai oleh mereka yang mendambakan kualitas gambar dan suara yang sempurna, biasanya mereka beli terdekat di singapore. Coba di google ” Oppo Bluray player “. Mungkin info ini bisa menambahkan yang belum tahu merk oppo dan mengira produk dari china.

  9. Memang produknya dibuat di china tetapi merk amerika, sama spt Nokia, dll merek Eropa tetapi dibuat di China.

    Penjelasan bisa dilihat disini http://en.wikipedia.org/wiki/OPPO_Digital.
    Dan ini saya copy – paste sebagian penjelasannya.
    OPPO Digital, Inc., is an electronics manufacturer based in Mountain View, California United States. It is primarily known for its upconverting DVD and Blu-ray Disc players.

    OPPO Digital Inc. and oppo-bluray.co.uk (Europe), OPPO Korea, and OPPO.COM (China) are the same brand, but completely different divisions. OPPO Digital Inc. designs and manufacturers its own products to facilitate regional needs.[citation needed]

    OPPO Digital was founded in California in 2004.[3] Their first product was the OPPO OPDV971H Up-Converting Universal DVD Player.[4

    Tampaknya di negara tertentu diproduksi produk tertentu untuk melayani kebutuhan lokal, tetapi pemegang merknya adalah tetap OPPO Digital – Amerika.

  10. Pak Sata,

    Maaf, pemahaman saya sebaliknya. Oppo itu merek China. Mereka punya divisi bernama Oppo Digital yang lokasi pabriknya di China.

  11. kalo oppo find piano kemaren tanya-tanya spgnya itu lebih bagus dari samsung dan oppo di sejajarin sama iphone.apa bener?kalo menur bpk herry lbh bagus oppo atau samsung galaxy ace 2 yg sama-sama dual core.

    1. Bu Nita,

      Oppo itu merek China. Mereka memang punya pabrik di AS, tetapi untuk memproduksi bluray dan DVD player, bukan ponsel.

      Kalau merek Oppo disejajarkan dengan Samsung dan iPhone, menurut saya, kok lebay ya. Oppo masih di bawah keduanya. Oppo belum bisa dibilang merek global.

      Lebih bagus Oppo (ini maksudnya Oppo Find Piano ya?) atau Galaxy Ace 2? Entahlah. Saya belum pernah mencoba keduanya. Bila melihat merek, harga, dan spesifikasi, Oppo Find Piano sebenarnya terlalu mahal kalau dijual Rp 1,999 juta.

  12. kemarin SPG nya bilang kalo Oppo Find Piano Amerika punya,tapi tadi sudah tanya kawan yg ada di US ternyata tidak ada ponsel bermerek Oppo yg diproduksi di US (China punya tepatnya) dan mereka juga bilang Oppo lebih canggih dibandingkan Apple :p
    harga kemarin Rp 1,700,000 di Plaza Marina SBY

  13. Bu Irma,

    Oppo itu memang merek China kok. Tidak benar bila ponsel berasal dari Amerika. Namun, praktik di lapangan, promoter Oppo memang cenderung enggan mengakui hal itu.

    Oppo memiliki pabrik di AS, tetapi untuk memproduksi DVD dan bluray player. Bukan ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *