Pre-Order Dibuka, Inilah Yang Perlu Diketahui tentang Moto Z2 Play

Pemesanan awal alias pre-order Moto Z2 Play telah dimulai sejak 10 Juli lalu. Kesempatan memesan akan berakhir pada 21 Juli 2017, sedangkan pengiriman dilakukan mulai 26 Juli mendatang. Dirangkum dari pertanyaan-pertanyaan masuk ke blog Ponselmu dan akun Twitter @herrysw, inilah aneka hal yang perlu diketahui tentang Moto Z2 Play dan proses pemesanan awalnya.

Di manakah pemesanan awal Moto Z2 Play diadakan? Berapakah harganya? Ada diskon atau bonus?

Pemesanan awal dapat dilakukan melalui situs Blibli, Dinomarket, Erafone, dan Lazada pada 10-21 Juli 2017. Harga Moto Z2 Play dipatok Rp 6,499 juta.

Ya, seperti biasa ada diskon dan bonus selama masa pemesanan awal. Nilai diskonnya hingga Rp 500 ribu, bergantung kartu kredit yang digunakan. Setiap pembeli akan mendapatkan satu paket bonus aksesori. Detailnya dapat dibaca di situs masing-masing penjual.

Lebih baik memesan di mana?

Terserah Anda sih. Di posisi sebagai calon pembeli, penulis alias HSW akan memilih Blibli sebagai prioritas pertama. Urutan berikutnya, Erafone. Karena berbagai alasan, dua situs yang lain cenderung dihindari.

Moto Z2 Play baru saja diluncurkan di Bangkok, Thailand. Kok sekarang telah dijual di Indonesia? Apakah sudah lulus TKDN?

Sudah. Usai seremonial peluncuran Moto Z2 Play di Bangkok, HSW dan beberapa rekan kebetulan diberi kesempatan makan siang bersama Augustin Becquet, Executive Director & General Manager of ASEAN, Lenovo Mobile Business Group & Motorola Mobility.

Augustin Becquet (kanan) dan Adrie R. Suhadi, Country Lead, Lenovo Mobile Business Group Indonesia.

Saat itu Augustin menegaskan bahwa proses TKDN dan perizinan lain terkait Moto Z2 Play sudah beres. “Ponsel itu segera kami hadirkan di Indonesia. Menanti orang-orang selesai liburan dulu,” tuturnya.

Sepertinya dia tahu masyarakat di negara ini barusan menjalani libur panjang Lebaran dan liburan sekolah. Berselang lima hari dari pertemuan itu, masa pemesanan awal Moto Z2 Play di Indonesia resmi dimulai.

Seperti apa spesifikasi lengkap Moto Z2 Play?

Lho, Anda belum membacanya? HSW telah menuliskannya di blog Ponselmu sejak 6 Juli lalu. Silakan menyimaknya di tautan berikut. Sedangkan foto-fotonya dapat Anda intip di sini.

Spesifikasi Moto Z2 Play apakah lebih bagus daripada Moto Z Play? Apa saja perbedaannya?

Sebagai penerus Moto Z Play, tentu saja Moto Z2 Play memiliki spesifikasi umum yang lebih menggiurkan. Perbedaan dua ponsel itu telah HSW bahas di halaman ini. Silakan mengkliknya.

Berapakah RAM dan ROM Moto Z2 Play yang beredar resmi di Indonesia? Hybrid atau bukan?

Kapasitas RAM-nya 4 GB, sedangkan kapasitas ROM alias memori internal 64 GB. Moto Z2 Play merupakan ponsel dual SIM hybrid. Pengguna dipersilakan memilih akan memasangkan dua kartu SIM atau satu kartu SIM plus satu kartu microSD.

Apakah Moto Mods milik Moto Z dan Moto Z Play bisa digunakan di Moto Z2 Play?

Tentu saja bisa. Moto Mods yang telah Anda miliki dapat digunakan di Moto Z2 Play.

Motorola menawarkan Moto Mods untuk bermain game. Apakah peranti itu akan dijual di Indonesia? Kalau iya, berapakah harganya?

Oh, yang Anda maksud pasti Moto Gamepad. Belum ada pernyataan resmi tentang pemasaran Moto Gamepad di Indonesia. HSW menduga peranti tersebut akan dipasarkan secara resmi di sini.

Harga ritel Moto Gamepad di luar negeri dipatok USD 79,99 atau sekitar Rp 1,1 juta. Mengacu kepada harga jual Moto Z2 Play di Indonesia dibandingkan luar negeri, umpama kelak benar beredar di sini, harga Moto Gamepad mestinya relatif sama dengan harga di luar negeri.

Mungkin pula kelak Motorola menggunakan pendekatan sedikit berbeda. Misalnya, harga Moto Gamepad dipatok Rp 1,5 juta dan sudah termasuk beberapa judul game berbayar bernilai total Rp 1 juta.

Apakah Turbo Charging di Moto Z2 Play sama dengan di Moto Z Play?

Ya, sama.

Apakah Moto Z2 Play layak dibeli?

Ha… ha… pertanyaan yang singkat, tetapi belum bisa dijawab. Sebab, HSW belum pernah menguji pakai ponsel itu. HSW baru sebatas towel-towel selama beberapa menit saat menghadiri acara peluncurannya.

Konsumen yang mengikuti pemesanan awal Moto Z2 Play disebutkan memperoleh accidental damage protection sebanyak satu kali dalam jangka waktu setahun. Apakah maksudnya?

Itu merupakan perlindungan tambahan terhadap Moto Z2 Play, atas kerusakan yang normalnya tidak termasuk dalam jaminan garansi. Misalnya, layar ponsel pecah karena terjatuh. Mungkin pula ponsel terlindas mobil sampai bodinya melengkung dan tak bisa digunakan lagi.

59 thoughts to “Pre-Order Dibuka, Inilah Yang Perlu Diketahui tentang Moto Z2 Play”

  1. dear ko herry,

    minta kandidat dong koh untuk handphone maksimal 3 juta yang cost and benefitnya ketat.

    terimakasih.

      1. Pak Herry SW.. apakah produk ini adalah flagship dari Lenovo? Berhubung seri Lenovo kebanyakan mid-end

        1. Pak Donny,

          Lebih cocok disebut kelas menengah menjelang atas. Yang flagship kan seri Moto Z tanpa embel-embel Play.

    1. Pak Yassir,

      Ini maksudnya “ponsel yang harga bekasnya relatif tinggi dan stabil” ya? Kalau iya, berarti iPhone.

      1. iya koh..hmmm..saya bukan pemain iphone..hehe..kalo yg android apa y koh..yg harga bekasnya tinggi merk apa?
        btw…kalo lg g5 se screen on time dpt brapa jam? kualitas kamera ny dibanding mi 5/mi 6 gimana?
        satu lagi… rekomendasi smartphone harga 4-5 jt apa y..yg menawarkan kinerja tinggi+camera bagus

        1. Pak Yassir,

          Samsung dan Android seri Nexus. Namun, kalau harga barunya turun (biasanya sekali turun langsung ratusan ribu rupiah), harga bekasnya pun bakal merosot tajam.

          Saya tidak pernah memperhatikan screen on time. Yang saya cermati adalah daya tahan nyata dalam pemakaian sehari-hari.

          Mi 5 dan Mi 6 tanpa garansi resmi. Saya tak bersedia mengomentarinya lagi.

          LG G5 SE tho. Harga barunya maksimal Rp 4,999 juta.

          1. lg g5 se masih worth kah untuk 1-2 th ke depan koh?mengingat spesifikasi menengah?

          2. Pak Yassir,

            Kalau mencari yang berkamera bagus dan memiliki pusat servis resmi bagus, masih layak.

  2. Ulasannya sudah lengkap koh Herry toouupp (y)….Gak perlu di timang-timang lg tinggal bungkus hehehee…

  3. Selamat siang pak, terima kasih atas informasinya kalau komparasi antara xiaomi note 4 dan asus zenfone zoom S kurang tepat. Bagaimana jika xiaomi note 4 dikomparasi dengan asus zenfone 3 max, mana yang lebih layak untuk dibeli dan apa alasannya?

    Terima kasih, saya tunggu jawabannya

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

      Xiaomi Note 4? Tak ada ponsel bernama itu. Mungkin yang Anda maksud Xiaomi Redmi Note 4 ya.

      Kalau benar Redmi Note 4, nah… itu lebih pas. Asus Zenfone 3 Max ZC520TL harganya lebih murah. Ponsel itu juga lebih nyaman digenggam. Namun, kinerjanya di berbagai sisi kalah prima dibandingkan Redmi Note 4.

  4. Pak Herry

    Jika dikomparasi Zenfone 3 ZE520KL (4/32) vs Xiaomi Redmi Note 4 (3/32), Pak Herry pilih mana ya pak?

  5. Pak HSW… Saya dilema nih… Secara baru saja meminang Lenovo P2 dengan pertimbangan baterai dan kinerja yang cukup. Tapi ternyata memory internal 32GB dengan slot hybrid ternyata kurang… Jadi saya tidak bisa menyimpan lagu ataupun video..
    Tadinya saya mau menanti xiaomi mi6 masuk resmi..Tapi kok denger kabar moto z2 play ini jadi agak tergoda iman….
    Apakah kiranya Pak HSW bisa memberi masukan untuk dilema saya ini. Apakah sebaiknya saya tetap menunggu xiaomi mi6 masuk resmi?

    1. Pak Dito,

      Mi 6 malahan tidak bisa dipadukan dengan kartu microSD lho. Jadwal edar Mi 6 bergaransi resmi di sini sangat tidak jelas. Anggaplah takkan masuk resmi deh.

      Moto Z2 Play juga hybrid. Jadi, kalau Anda tak mau selot hybrid, ponsel tersebut otomatis tak cocok.

      1. Kalo Xiaomi Mi6 yang 128GB rasanya cukup untuk kebutuhan saya. Tapi ya itu ga bisa diharapkan untuk masuk resminya ya…

  6. Mas herry keluar dari topik yah.
    Saya lagi mencari hp rentang harga 2.5 sampai 3.5 jutaan, kebutuhan saya kamera yg ok, baterai kuat buat sehari dan harga jual tidak terjun bebas.
    Mohon rekomendasinya mas herry, terimakasih?.

      1. Satu lagi mas, apakah asus Zenfone 3 ZE552kl dengan asus Zenfone 3 ZE520KL ada perbedaan disektor kamera dibagian ois?
        Berapa harga resmi dari 2 hp itu, atau ada rekomendasi lain direntang harga 2 hp asus itu?
        Terimakasih mas herry.

        1. Pak Adi,

          Mestinya sama.

          ZE520KL – RAM 3 GB Rp 3,399 juta.
          ZE520KL – RAM 4 GB Rp 3,499 juta.
          ZE552KL Rp 4,499 juta.

          Pilihan lain Infinix Zero 4 Plus Rp 3,5 juta (harga ritel resmi Rp 3,699 juta).

          1. oh iya kalo hp direntang harga 2 juta sampai 3 juta menurut mas herry apa, yg paling disaranin mas herry nggak melihat kamera atau apa.

          2. Pak Adi,

            Kalau tanpa melihat kamera, dengan penuh keyakinan saya menyodorkan Xiaomi Redmi Note 4.

  7. maaf koh tanya itu kalo pre-order kan dapat(gratis)moto mods ,yang jadi pertanyaan moto mods tersebut bisa di pilih /secara acak?

    1. Pak Akfariz,

      Pre-order Moto Z2 Play dapat Moto Mods gratis? Apakah Anda tak salah baca? Setahu saya, tak ada promo begitu deh.

  8. Pak Herry, kalau untuk urusan multitasking (buka socmed, spotify, youtube dan aplikasi lain selain games) apakah RAM 4GB itu mencukupi ya? Terus apakah kinerja RAM 4GB di smartphone mid end (kayak Zenfone Zoom S atau Luna G) sama smartphone high end (Samsung S8 atau LG G6) beda jauh? Faktornya apa ya pak? Rencananya mau ngambil antara S8 sama G6 ini pak

    oya, apa ada kabar Huawei P10 bakal masuk resmi di Indonesia pak?

      1. Walah, kaget saya. Kok bisa hpnya ngadat gitu ya? Apa karena yang masuk Indonesia pake processor Exynos makanya lemot? Saya juga baca2 katanya LG G6 yang ‘cuma’ pake Snapdragon 821 malah lebih kencang dari S8. Apakah benar? Mengingat bapak udah pernah megang keduanya.

        Medsos saya banyak sih pak, ada wa, kakaotalk, line, fb, twitter, ig dan lainnya. Bahkan saya biasa pakai dual apps di beberapa app medsos. Yah, nggak semuanya super aktif sih pak hehe. Nah buat urusan dual apps apakah ada di hp flagship semisal S8 dan G6 ya? Soalnya saya butuh fungsi dual apps nya pak hehe.

        1. Pak Alex,

          Ya, benar. Saya pun kaget. G6 malahan lebih lancar jaya ketimbang Galaxy S8.

          Wah… pemakaian medsos Anda kelas berat tuh. Seingat saya tak ada dual apps bawaan.

      1. Loh serius pak?? Jadi ngga worthed dong? Rencananya mau beli dalam beberapa bulan kedepan sih. Apa ada rekomendasi smartphone lain yang berharga serupa? Apa mending saya nunggu Galaxy Note 8/LG V30?

        1. Bu Ranti,

          Bukan hanya serius, melainkan dua rius, bahkan tiga rius. 🙂

          Anda baru akan beli beberapa bulan mendatang kan? Saat itu tanyakan lagi kepada saya. Pergerakan ponsel lumayan cepat. Yang saat ini menarik belum tentu menarik pada 2-3 bulan mendatang.

    1. Pak Den Mas,

      Tidak. Sejak dulu, menurut saya, ponsel itu memang kurang layak dibeli, kecuali Anda memerlukan S-Pen-nya dalam aktivitas harian.

  9. Maaf koh kalo tidak salah waktu liat youtube nya gonta ganti hape sistem moto z2 play itu bisa dual sim dan micro sd. Jadi dual simnya diatas dan dibaliknya ada slot micro sd.

    1. Pak Terea,

      Saya belum pernah menguji pakai Moto Z2 Play.

      Saat di Bangkok, saya sempat bertanya kepada Danny Adamopoulos, Senior Director, Portfolio and Product Operations of Asia Pacific, Lenovo Mobile Business Group & Motorola Mobility. Ketika itu saya menanyakan selot kartu di Moto Z2 Play hybrid atau bukan. Dia menjawab hybrid.

      Untuk mempertegas jawaban, seorang rekan menambahkan, “Jadi berbeda dengan Moto Z Play yang bisa dual SIM plus satu microSD ya?” Danny menjawab iya. Moto Z2 Play menerapkan selot hybrid karena pasar menginginkan ponsel yang lebih tipis dan ringan.

    1. Pak Fajar,

      * Yang penting termurah dan cukup bagus: Xiaomi Redmi 4A Rp 1,499 juta.
      * Yang penting baterai tahan lama, kamera lumayan, dan kinerja umum lumayan: Moto E3 Power Rp 1,55 juta.
      * Kamera bagus: Infinix Zero 3 Rp 1,999 juta.

  10. Koh herry, untuk xiaomi redmi note 4 3/32 yg garansi resmi prosesornya Snapdragon atau mediatek? Berapa harga resminya.
    Dan yg xiaomi redmi note 4x ram 4gb itu bergaransi resmi bukan?
    Terimakasih.

    1. Pak Kevin,

      Kelihatan keren sih. Hanya itu yang bisa saya komentari. Lha nggak sempat eksplorasi menunya.

  11. Pak Herry
    Saya hanya membutuhkan layanan email, browsing, telepon dan sms. Apakah BlackBerry Passport masih layak dipakai untuk ukuran saat ini? Terimakasih.

    1. Pak Reza,

      Ini ceritanya ada sudah punya Passport atau masih berencana beli?

      Kalau sudah punya, silakan dipakai dulu saja. Sudah memadai kok.

      Namun, bila baru berencana beli, mending cari ponsel lain.

  12. Koh Herry, jika spesifikasi hp hanya punya sensor accelerometer & proximity saja, apakah masih bisa dipakai utk menjalankan aplikasi kompas & gps?
    Trus hp seharga 2jt kebawah yg paling worth it utk dibeli apa ya pilihannya menurut koh herry kalo bisa NO S*ms*ng ya koh hehehe

    1. Pak Roni,

      Kompas tak bisa. GPS bisa.

      Ya, saya takkan merekomendasikan Samsung di kisaran harga gitu. Pasti kurang bagus. Silakan melirik Xiaomi Redmi 4X Rp 1,999 juta kalau Anda mencari ponsel yang kinerja keseluruhannya bagus. Bila hanya fokus ke kamera, ada Infinix Zero 3 Rp 1,999 juta.

      1. Om Her, redmi 4X yg 1.9 jutaan bukannya yg RAM 4 GB ya? Rencana sih mau beli 4X, kinerjanya gimana ya om?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *