Qwerty Tiga Telunjuk

Saat ini siklus hidup ponsel qwerty merek lokal buatan Tiongkok hanya sekitar dua bulan. Lewat periode tersebut, sebuah ponsel qwerty akan dianggap uzur. Hal itu terjadi karena vendor ponsel merek lokal buatan Tiongkok mencapai puluhan. Setiap vendor mengguyur pasar dengan produk baru.

Di sisi lain, perkembangan fitur dan teknologi ponsel qwerty tidak secepat itu. Strategi yang kemudian diterapkan sebagian vendor adalah bermain dengan tampilan fisik. Misalnya, menghadirkan ponsel qwerty berdimensi fisik mungil seperti CSL Blueberry L900.

Lebar L900 setara dengan tiga kali lebar jari telunjuk penulis. Sedangkan panjangnya hampir sama dengan jari tengah penulis. Ponsel dual on GSM-GSM tanpa layar sentuh itu dibekali dengan trackpad yang lebih responsif daripada trackpad Taxco VX6. Tetapi, kalau diadu dengan trackpad BlackBerry Gemini, apalagi Onyx, ia kalah telak.

Ukuran qwerty keypad L900 sebenarnya masih cukup nyaman. Sayang, tombolnya terasa agak keras kala ditekan. Sebuah konektor mini USB terdapat di bawah bodi. Ia berfungsi sebagai konektor charger, kabel data, sekaligus handsfree.

Bluetooth, kamera VGA, buku telepon 1.000 nama multiple entry, dan perekam suara adalah sebagian spesifikasi lain L900. Tersedia pula alarm pengingat jadwal salat, blacklist 20 nomor, kalkulator, dan konverter kurs.

Bila hendak mendengarkan siaran radio FM, pengguna L900 harus memasangkan handsfree berkabel yang disertakan dalam paket penjualan. Kalau mau, siaran yang sedang dinikmati dapat direkam.

Memori internal ponsel yang dijual sekitar Rp 599 ribu itu hanya 123 KB. Dengan demikian, supaya bisa menikmati fitur kamera, perekam video, dan pemutar multimedia secara optimal, pengguna idealnya menambahkan kartu microSD.

Di menu utama, terlihat ikon Facebook, eBuddy, Yahoo, dan Twitter. Seluruhnya hanya shortcut untuk mengakses situs masing-masing layanan, bukan membuka aplikasi tambahan. Sebab, L900 memang tidak mendukung aplikasi Java.

Nada dering telepon nomor GSM pertama dapat dibedakan dengan nomor GSM kedua. Keduanya bisa memanfaatkan file MP3. Sedangkan untuk nada SMS, pengguna hanya dapat memilih lima nada standar yang tersedia atau sekalian sunyi.

Kalau dicermati, nyaris semua fitur L900 ditampilkan dua kali dalam daftar menu. Contohnya, kamera disajikan di menu utama dan di dalam menu multimedia. Sementara itu, games tampil sebagai menu tersendiri di layar utama. Plus, bakal ditemukan pula di dalam menu CSL Fun Club. Penggandaan itu mungkin sengaja dilakukan agar ikon yang tersaji di menu utama lebih banyak. Sehingga, tercipta kesan bahwa L900 adalah ponsel yang komplet dan canggih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *