Review Redmi Note 7: Perusak Pasar yang Rutin Dirisak

Ponsel ini menggunakan prosesor Snapdragon 660. Kaca layar dan bodi belakang menggunakan Corning Gorilla Glass 5. Kapasitas baterainya 4.000 mAh. Asyik! Konektor USB tipe C? Ada. Headphone jack 3,5 mm? Ada. IR blaster untuk remote control? Ada juga.

Harga ritel resminya di Indonesia mulai Rp1,999 juta. Wow! Tempik sorak Mi Fans yang menghadiri peluncuran Redmi Note 7 di Jakarta, 21 Maret lalu, masih teringat jelas oleh penulis alias HSW. Beberapa di antara mereka saat itu berkomentar, “Ponsel perusak pasar nih.” Berselang enam hari, ponsel tersebut mulai rutin dirisak netizen. Ia dilabeli ponsel gaib karena sulit diperoleh sesuai harga ritel resmi.

Redmi Note 7 adalah ponsel pertama Redmi setelah “melepaskan diri” dari Xiaomi. Ponsel itu dibekali layar IPS 6,3 inci full HD+ 2.340 x 1.080 piksel dengan Corning Gorilla Glass 5. Kaca yang sama juga digunakan untuk melapisi permukaan belakang ponsel.

Di sisi atas ponsel terdapat konektor audio 3,5 milimeter dan inframerah yang dapat difungsikan sebagai remote control aneka perangkat elektronik. Sedangkan di sisi kanan, ada tombol volume dan power. Mikrofon, konektor charger USB tipe C, dan speaker bakal pengguna temukan di sisi bawah ponsel.

Selot kartu Redmi Note 7 tersedia di samping kiri bodi. Menganut prinsip 3-pilih-2, pengguna mesti memilih akan memasangkan dua nano SIM atau satu kartu nano SIM + satu kartu microSD. Anggaplah pengguna menyelipkan dua nano SIM. Kedua nomor dapat siaga bersamaan di jaringan 4G LTE. Layanan native VoLTE Smartfren bisa dinikmati di ponsel Android 9 Pie dengan tampilan antarmuka MIUI 10 itu.

Berdimensi fisik 159,21 × 75,21 × 8,1 milimeter dan berat 186 gram, Redmi Note 7 tersedia dalam tiga pilihan warna. Yaitu, yaitu hitam (space black), merah (nebula red), dan biru (neptune blue).

Menurut penulis alias HSW, nebula red paling cantik. Gradasi warna merah ke ungunya sedap dipandang mata dan bisa berubah bergantung cahaya yang menerpa ponsel. Karena tidak terkesan feminin, pria pun masih cocok menggenggam Redmi Note 7 merah.

Masih terkait warna, nama neptune blue diusulkan oleh seorang Mi Fans Indonesia dalam sebuah kontes pemberian nama. Saat itu ada lebih dari 20 ribu usulan nama yang dikirimkan partisipan dari tujuh negara. Kalau ingin mengetahuinya dengan lebih detail, klik saja tautan berikut.

 

Kamera di bagian belakang Redmi Note 7 berlensa ganda 48 megapiksel dan lima megapiksel. Kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat itu dilengkapi fitur kecerdasan buatan alias AI. Ada pula mode portrait, night, dan pro.

Pada mode normal, awalnya kamera akan menghasilkan foto beresolusi 12 megapiksel saja. Kalau menginginkan foto beresolusi 48 megapiksel, pengguna harus mengaktifkan fungsi itu dari menu kamera dulu. Bila dipakai sebagai perekam video, kamera Redmi Note 7 sanggup memproduksi klip video full HD 1080p 60 bingkai per detik atau 60 fps.

Pengguna yang gemar mengatur parameter pemotretan secara manual disarankan mengeksplorasi mode pro. White balance, pemfokusan, kecepatan rana, ISO, dan resolusi dapat diubah dengan leluasa. Kecepatan rana bisa diatur mulai 1/1.000 detik sampai 32 detik, sedangkan ISO mulai 100 hingga 3200.

Mengacu kepada hasil uji pakai yang HSW lakukan, foto beresolusi 48 megapiksel yang dihasilkan Redmi Note 7 tidak lebih baik daripada foto 12 megapiksel. Ukuran foto memang lebih besar, tetapi tidak lebih tajam. Karena itu, menurut HSW, lebih baik pengguna membiarkan ponsel memproduksi foto “hanya” 12 megapiksel. Langkah tersebut sekaligus akan menghemat pemakaian memori internal ponsel.

Beranjak ke kamera depan. Kamera tunggal itu mampu menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p 30 bingkai per detik. Tersedia fitur AI dan portrait. Swafoto yang dihasilkan tidak jelek, tetapi masih kalah prima dibandingkan hasil jepretan kamera depan Xiaomi Mi 8 Lite.

Dapur pacu Redmi Note 7 memanfaatkan prosesor delapan inti Snapdragon 660 yang terdiri atas empat inti berkecepatan 2,2 GHz dan empat inti 1,8 GHz. Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan sensor sidik jari di sisi belakang ponsel merupakan sebagian spesifikasi lain ponsel itu. Unit yang HSW uji pakai dibekali RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Ketika ponsel kali pertama diaktifkan, ruang kosong di memori internal sebesar 52,33 GB.

Fitur ketuk-ketuk layar (double tap screen to wake), dual apps, second space, kompas, dan radio FM yang siarannya bisa direkam juga tersedia di Redmi Note 7. Ada pula pemindai wajah (face unlock) yang dalam pemakaian sehari-hari kadang agak lambat dalam membuka pengunci layar.

Sumber daya ponsel berasal dari baterai tanam berkapasitas 4.000 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai itu biasanya mampu bertahan 14-16 jam sebelum harus diisi ulang lagi.

Di atas kertas, Redmi Note 7 mendukung standar Qualcomm Quick Charge 4. Kendati demikian, pembeli ponsel itu tak bisa langsung menjajalnya. Sebab, pengisi daya yang disertakan dalam paket penjualan hanya setara dengan Qualcomm Quick Charge generasi pertama.

Bila dirangkum, Redmi Note 7 adalah sebuah ponsel dengan tampilan fisik yang sedap dipandang mata. Varian warna merah dan biru tampak atraktif. Sedangkan varian hitam sepertinya menyasar pengguna yang cenderung “main aman”.

Tingkat kegegasan dan daya tahan baterai ponsel itu tidak mengecewakan. Demikian pula hasil foto dan video kamera ponsel. Tersedianya fitur remote control menjadi daya tarik tambahan. Pemakaian konektor USB tipe C membuat pengguna tak perlu lagi khawatir terbalik saat menancapkan kabel pengisi daya.

Betapa pun Redmi Note 7 tidak luput dari kekurangan. Versi HSW, kamera belakang yang amat menonjol menjadi kekurangan utama ponsel itu. Untuk meminimalkan risiko kaca kamera tergores, pengguna sebaiknya membeli case buatan pihak ketiga yang dapat memberikan perlindungan ekstra.

Apakah ada rekomendasi case? Ada! Carilah di Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Gunakan kalimat kunci “Redmi Note 7 Nillkin TPU Case” atau “Redmi Note 7 Rugged Shield Armor Full Protection”.

Saat ini Redmi Note 7 tersedia dalam tiga pilihan kapasitas memori. Seluruhnya bergaransi resmi selama 18 bulan alias 1,5 tahun.

Pertama, RAM 3 GB dan ROM 32 dengan harga ritel resmi Rp1,999 juta yang hanya berlaku di Mi Store, Mi.com, dan saluran penjualan tertentu. Pedagang ponsel seringkali menawarkannya di harga Rp2,3 juta sampai Rp2,4 juta.

Hal yang patut disayangkan, khusus penjualan Redmi Note 7 3/32 di Mi Store seluruh Indonesia sekarang berlaku kewajiban bundel (bundling). Dalam pantauan HSW, konsumen juga harus membeli satu unit power bank Xiaomi atau Mi Band 2. Belum diketahui kapan kebijakan itu berakhir.

Lebih baik membeli di Mi Store dengan kewajiban bundel atau membeli di pasar bebas tanpa bundel? Menurut HSW, mending beli di Mi Store. Alasannya sederhana. Jumlah dana yang harus dikeluarkan konsumen maksimal sama dengan harga pasar dan mendapatkan satu produk ekstra. Kalau tak berencana memakainya, power bank atau Mi Band 2 itu dapat dijual lagi.

Redmi Note 7 varian kedua sama dengan yang HSW gunakan dalam uji pakai. Memorinya terdiri atas RAM 4 GB dan ROM 64 GB dengan harga ritel resmi Rp2,599 juta. Unit berwarna hitam hampir selalu tersedia di Mi.com, sedangkan merah dan biru masih cukup langka. Harga pasar Redmi Note 7 4/64 hitam maksimal Rp2,7 juta. Warna merah dan biru lebih mahal sekitar Rp150 ribu.

Varian ketiga dibekali RAM 4 GB dan ROM 128 GB. Harga ritel resminya Rp2,999 juta, sedangkan harga pasar mencapai Rp3,4 jutaan. Redmi Note 7 dengan kapasitas memori terbesar ini lumayan sulit ditemukan di pasar luring (offline).

Kalau tertarik melihat foto-foto proses produksi Redmi Note 7 di Indonesia, silakan mengintipnya di tautan ini.

***

Berikut contoh hasil jepretan kamera Redmi Note 7.

Menjajal mode portrait.

Selanjutnya mencoba mode night. Bila mode itu diaktifkan, hasil foto terlihat lebih terang dan detail.

Dua foto di bawah ini dihasilkan oleh kamera depan. Satu dengan mode portrait aktif, satu lagi mode normal.

Seperti apa perbedaan hasil foto 12 megapiksel dengan 48 megapiksel? Ternyata hasilnya relatif sama. HSW justru lebih menyukai foto yang beresolusi 12 megapiksel.

Contoh hasil foto lain Redmi Note 7 dapat dilihat di sini.

Sedangkan contoh klip video yang dihasilkan kamera ponsel itu telah HSW unggah ke YouTube.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, kondisi awal RAM, dan versi firmware terakhir yang digunakan dalam uji pakai. Sebagian foto yang ditampilkan merupakan hasil jepretan kamera Redmi Note 7 dengan versi firmware 10.2.7.

249 thoughts to “Review Redmi Note 7: Perusak Pasar yang Rutin Dirisak”

  1. Entah kenapa minat saya dengan handphone mid end sudah surut di tahun ini… Padahal tahun lalu beberapa handphone silih berganti di tangan, redmi 5,max pro m1, redmi note 5, vivo v9 6gb… Tapi tahun ini belum ada yang menggantikan vivi v9 6gb walaupun sudah 2 generasi V bergulir

    Perbedaan yang tidak signifikan antara beberapa brand membuat saya malas berganti… Redmi note 7 yang diharapkan jadi angin segar ternyata ghoib dan saat bisa dibeli harus bundling.

    Realme 3 pro yang diharapkan bisa mengganggu redmi note 7 juga g bisa di dapatkan… 2 mall besar di Palembang tidak ada yang punya stok, ada pun harus indent padahal ke Palembang cuma dalam rangka lebaran…

    alhasil seperti nya saya harus bersabar menanti handphone baru bergulir… Karena kl menanti dua handphone itu “normal” mungkin sudah ada tawaran handphone yang lebih baik…

    1. “Tempik sorak Mi Fans yang menghadiri peluncuran Redmi Note 7 di Jakarta”, maaf koh herry, kata pertama di paragraf d atas maksudnya gimana yaa? Karena saya merasa janggal dg kalimat itu

      1. Pak Sigit Pribadi,

        Jadi, saat harga Redmi Note 7 diumumkan, Mi Fans yang hadir bertepuk tangan dan bersorak gembira gitu deh. Makna kata tempik sorak berdasarkan KBBI sudah saya lampirkan di bagian bawah naskah.

        1. Btw, entah kenapa fungsi auto sleepnya pakai case flip Nillkin Qin error.
          Sampai bingung cari di settingnya tidak ketemu juga

        2. Dear koh herry

          Budget maksimal 3,5 jt rekomendasi hp apa ya?
          Yg menurut koh herry worth aja harga segitu dg spek yg ada pada hp tsb.
          Temen saranin Samsung A50 cm saya berasa kurang cocok ya.

          Makasih koh

        3. Bang Hery.
          Kasih saran dong. Hp yang rentan harga 1 – 1.5 yang bagus apa ya. Buat hp cadangan . Kebutuhan cuma buat sosmed sama foto aja. Bantu bang. ?

          1. Pak Wafiyul Ahdi,

            Di kisaran harga segitu tidak ada yang kameranya layak disebut bagus. Kalau bisa menambahkan dana Rp100 ribu, silakan membeli Asus Zenfone Max Pro M1 3/32.

    2. Pak HSW,

      Apakah benar pocophone F1 bermasalah dengan aplikasi mobile Banking, jika slot microsd nya terpakai?
      Karena slot microsd nya menggunakan slot sim 1, bukan slot sim 2.
      Repot jika aplikasi mobile bankingnya tidak bisa terpakai pak.

      Mohon konfirmasinya.

      Terima kasih.

      1. Pak Prasetyo,

        Kebetulan saya tak pernah memasangkan kartu microSD di Pocophone F1. Sebab, sehari-hari saya lebih memerlukan fitur dual SIM daripada selot memori eksternal. Dengan demikian, maaf, saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda.

    3. Pak Herry, minta tolong rekomendasinya HP 2jutaan harga sekarang yang kamera termasuk bagus dan batere awet . Keluaran lama beberapa tahun yang lalu juga tidak apa-apa. Terimakasih sebelumnya.

      1. Pak Fajar,

        Rp2 jutaan berarti sampai Rp2,999 juta. Silakan membeli Realme 3 Pro varian 4/64 Rp2,999 juta.

      2. Pamaan herry, sayaa mau tanyaa, hp dengan kisaran 1,8jutaan yg sesuai untuk multitasking sosial media, baterai awet, dan kamera untuk fotografi yg bagus apa yaaa kohh?

    1. Pak Sugiarta07,

      Dengan merujuk kepada kondisi saat saya kali terakhir memakai Zenfone 5, secara umum lebih bagus hasil foto Redmi Note 7. Zenfone 5 unggul di hasil pemotretan luar ruangan dalam kondisi terang dan tersedianya lensa sudut lebar.

      1. Betul sekali Pak Herry, saya pengguna Zenfone 5 sampai sekarang, saya sangat suka keseluruhan Zenfone 5 ini, tapi satu hal itu yang membuat jengkel, yaitu kameranya. Kamera hp ini tuh bagus banget saat kondisi terang benderang di indoor maupun outdoor, baik foto, rekam video yang 30/60 fps bagus saat kondisi tersebut, namun semua berubah drastis saat kondisi kondisi kurang cahaya, itu yang membuat jengkel. Dan sampai sampai update software terakhir bulan Mei 2019 tidak ada perbaikan untuk software kameranya, mereka hanya rutin menggulirkan update patch keamanan saja, sekian Pak Herry berbagi pengalaman saya pengguna Zenfone 5, Terima Kasih.

  2. Dear Pak Herry,

    Jika dibandingkan antara Redmi Note 7 dengan Realme 3 Pro, untuk pemakaian jangka panjang di atas 1 thn, mending yg mana mnrt Pak Herry?

    Menyambung pertanyaan di atas, dengan asumsi budget tdk masalah maka sebaiknya pilih yang varian mana baik Redmi Note 7 atau Realme 3 Pro?

    Maaf sedikit menyimpang, apakah Oppo R17 Pro layak beli saat ini, mengingat Oppo Reno segera meluncur? (melihat dari value for money secara overall)

    Terima Kasih

    1. Pak Osos,

      * Tak tahu. Lha dua ponsel yang Bapak tanyakan belum berumur satu tahun. Realme sendiri belum setahun beredar resmi di sini. Jadi, catatan daya tahan untuk pemakaian lebih dari setahun belum diketahui. Kalau Xiaomi, yang dalam kasus ini saya anggap sama dengan Redmi, biasanya masih cukup oke. Tinggal pengguna tahan godaan atau tidak karena ponsel baru yang menggiurkan terus bermunculan.

      * Langsung ambil varian tertinggi saja.

      * Tidak tahu. Saya belum pernah menguji pakai R17 Pro. Namun, dengan harga terakhir yang Rp5,999 juta, ponsel itu memang terlihat menggiurkan.

  3. Ko minta pendapatnya jika di harga 2jt ke bawah selain redmi note 7 3/32 yg susah dan sekarang bundling pula apa ya? Kalo ganti ke mi A2 lite yg 1.899.000 gmana ko?

    1. Pak Rully,

      Saya belum pernah menguji pakai Mi A2 Lite secara mendalam. Kalau dari hasil pemakaian sekitar satu hari, ponsel itu tidak terlalu mengesankan, terutama kinerja kameranya.

      Saya merekomendasikan Anda membeli Asus Zenfone Max Pro M1 4/64 Rp1,999 juta.

    2. Saya beli reno 7 udah 2 bulan tp blm saya update sampe sekarang soalnya saya gak berani. Sarannya ko mending diupdate gak ya?

        1. Kalau kualitas kamera,kemudahan pengoperasian, dan cepat (tidak tersendat) antara REDMI NOTE 7, NOKIA 6.1 PLUS, DAN asus max pro m2 pilih mana pak?

          Hp untuk jualan barang via online.

          1. Pak Henry Kusuma,

            Dengan asumsi sama-sama yang varian 4/64 GB dan memperhatikan kriteria yang Anda sebutkan, saya merekomendasikan Redmi Note 7.

    3. Pusing baca judulnya, Om.
      Saya bolak-balik ponselnya tetap saja ga masih kurang paham.
      Sengaja bikin pusing pembaca ya, Om? hehhehh 🙂

      1. Pak Iful,

        Nah… sekarang saya gantian yang bingung. Apakah hubungan antara judul dan membolak-balik ponsel?

  4. Diantara kamera 48 mp dari redmi note 7, vivo v15, dan oppo f11, device mana yang menghasilkan gambar yang lebih baik?

    1. Pak Rama,

      Saya belum pernah menguji pakai F11. Sedangkan kamera V15 bukan beresolusi 48 megapiksel.

      Jadi, pertanyaan Anda tak bisa dijawab lebih lanjut deh.

  5. Dear pak Herry,

    Apakah kamera pada HP Redmi Note 7 ini juga ada pilihan wide angle?
    Jika dibandingkan dengan Asus M2 Pro, dari segi kualitas kamera, kegegasan dan daya tahan batere, lebih bagus mana?

    Terima kasih.

    1. Pak Adi Siswadi,

      Tidak ada lensa sudut lebar (wide angle).

      Kalau diadu dengan Asus Zenfone Max Pro M2 (bukan Asus M2 Pro), kamera Redmi Note 7 lebih bagus. Kegegasan imbang. Sedangkan daya tahan baterai lebih unggul Zenfone Max Pro M2.

  6. Selamat malam, Om Herry.
    Maaf kalau malam-malam gini saya komen di blog nya Oms. ^_^

    terus terang,
    saya binun banget antara milih Redmi Note 7 dengan Asus Max Pro M2,
    secara RedNot 7 saya butuh IR nya, tapi selama ini saya lebih lekat dengan gadget berbaterai jumbo.
    kira-kira Oms Herry bisa kasih solusi?
    terimakasih

    salam kenal,
    ardi ^_^

    1. Pak Ardi,

      Bergantung kebutuhan utama Anda apa. Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, Zenfone Max Pro M2 lebih cocok dipilih. Namun, kalau mencari ponsel dengan kelengkapan fitur dan keseluruhan performa tergolong bagus, ya berarti Redmi Note 7 (bukan RedNot 7).

      1. Terimakasih, Om Herry.
        hehehe,
        akhirnya pilihan saya “jatuh” ke Redmi Note 7 yg 4/64, dapet yg Neptune Blue malah. ^_^

      2. 1.Pak Herry SW, kalau kita punya budget sekitar 3-3,2 jt lebih baik pilih yg mana Redmi Note 7 Rp2,7 juta (4/64) ATAU Rp3,1 juta (4/128)?
        2. Untuk soal camera ada masalah apa pak terbalik2 dengan camera depan atau belakang Redmi Note 7? Apa camera belakang tetap oke untuk berfoto ria? TERIMA KASIH, SALAM

        1. Pak Aska,

          1. Kalau dana tersedia dan Anda memerlukan memori besar, silakan ambil varian 4/128.
          2a. Maksudnya gimana ya, Pak? Saya masih tak paham dengan pertanyaan Anda.
          2b. Kamera belakang Redmi Note 7 baik-baik saja kok.

  7. Akibat goib parah sekarang sudah tidak tertarik lagi karena sebentar lagi ada yang lebih pantas ditunggu we’ll see…

    1. Pak Hermin,

      Sebelumnya kamera relatif imbang, kecuali night mode lebih unggul Realme 3 Pro. Setelah Realme 3 Pro mendapatkan pembaruan firmware ke versi 14, secara umum kamera ponsel itu mengungguli Redmi Note 7.

      Daya tahan baterai lebih mantap Realme 3 Pro.

      1. Bimbang memilih antara Mi 8 lite dengan Redmi Note 7. Sekarang sudah tahu setelah membaca reviewnya Om Herry SW, comment, pertanyaan sobat ponselmu.com, dan tentunya jawaban dari Om Herry. Terima kasih

  8. 1. Mungkin yang 48 MP itu untuk keperluan print saja ya pak? Di layar mungkin tidak terlalu terlihat? Kalau memang ga ada bedanya dengan 12 MP, kan mubazir juga ya.
    2. Pak Herry, nanti bisa dibuatkan Redmi Note 7 vs Realme 3 Pro? Sepertinya keduanya menarik dan mirip.
    3. Lebaran kemaren sepertinya OPPO sudah sungkeman sama Pak Herry ya? Hehehe…
    4. Apa tidak ada rencana mencoba smartwatch atau smartband Pak? Saya tertarik dengan Zeblaze, DT No.1, Honor Band 4. Harganya murah meriah, mungkin bisa dijadikan pengganti jam tangan.

    1. Pak Amaris,

      1. Entahlah.
      2. Sudah saya buatkan kultwitnya kok.
      3. Ha? Sungkeman apa? #bingung
      4. Belum ada rencana.

  9. Pak Herry SW, mau tanya tentang kualitas kamera (foto). Menurut bapak, bagaimana urutan HP Xiaomi group (termasuk Redmi & Pocophone) muali dari yang berkualitas terbaik?
    terima kasih

    1. Pak Rizal,

      Saya sebutkan tiga teratas dan dengan asumsi kamera belakang saja ya. Urutannya: Mi A2, Pocophone F1, dan Redmi Note 7. Penilaian itu merujuk kepada kondisi masing-masing ponsel saat saya kali terakhir memakainya.

  10. Pak Herry, Realme 3 Pro 4/64 kok kemarin saya ke WTC kosong ya barang nya ?, sampai kapan pak stoknya ada lagi di WTC/Surabaya ?

    1. Pak Dwi,

      Varian 4/64 memang sedang gaib. Sedangkan varian 6/128 sejak dua hari lalu juga mulai kosong.

      Sepertinya baru normal lagi minggu depan.

  11. Untuk hasil jepretan kamera kalo dibandingkan dengan asus zenfone 5 bagaimana koh?
    Mengingat harga asus zenfone 5 yg saat ini turun harga lebih baik pilih asus atau redmi note 7 koh?

    1. Pak Diar,

      * Dengan merujuk kepada kondisi saat saya kali terakhir memakai Zenfone 5, secara umum lebih bagus hasil foto Redmi Note 7. Zenfone 5 unggul tipis di hasil pemotretan luar ruangan dalam kondisi terang dan tersedianya lensa sudut lebar.

      * Apakah Anda perlu NFC? Kalau perlu, ambillah Zenfone 5. Kalau tak perlu, ambil Redmi Note 7 saja.

  12. koh menurut koh herry, setiap peluncuran produk xiaomi/redmi baru mesti jadi “ghaib” karena harga resmi yang dibandrol sangat menggiurkan. apakah itu cuma akal2an biar dari produsennya biar permintaan lebih gede, atau emang bener2 ghaib karena sangat laris?

    1. Terima kasih Pak Herry, akhirnya mereview juga redmi note 7nya.
      Saya mau nanya, kalo untuk main game apakah ponsel ini sudah cukup mumpuni ya?soalnya saya suka banget internet dan game.
      Terima kasih.

      1. Pak Andit,

        Kalau Anda suka banget main game, saya justru kebalikannya. Di ponsel saya hampir selalu tak ada satu pun game. Di atas kertas, Redmi Note 7 mestinya masih cukup mumpuni buat main game.

  13. Selamat siang, om Herry.

    Saya pengguna Xiaomi Redmi Note 5, untuk urusan multi tasking dan fotografi apa terjadi peningkatan yang cukup signifikan dengan Xiaomi Redmi Note 7 dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 5? dan apakah layak untuk upgrade?

    Terima Kasih.

  14. Pak Herry,
    Redmi Note 7, Xiaomi Mi A2, dan Mi 8 Lite, bila dibandingkan dalam hal kegegasan ketika multitasking dan sektor kamera bagaimana urutan perbandingannya? Terimakasih.

    1. Pak Joenaidi,

      Mi A2, Redmi Note 7, dan Mi 8 Lite.

      Namun, kalau Anda sangat senang berswafoto, Mi 8 Lite mestinya lebih cocok dipilih. Itulah nilai plus Mi 8 Lite dibandingkan dua ponsel yang lain.

  15. Koh Herry, Redmi Note 5 dan Redmi Note 7 kalau diadu dalam sektor baterai menang mana?

    Soalnya saya pernah dengar kalau Snapdragon 636 lebih hemat dari Snapdragon 660. Sementara kedua HP baterainya sama² 4000 maH.

    Saya sekarang sedang pakai Redmi Note 5 (3/32) dan mempertimbangkan upgrade ke Redmi Note 7 (4/64) karena butuh storage dan kamera yang lebih baik. Tapi saya sendiri jauh lebih mengutamakan baterai. Jadi saya agak ragu untuk beli Redmi Note 7. Sebaiknya gimana koh?

    1. Pak Ilham Arifin,

      Redmi Note 5 unggul tipis. Paling beda satu jam. Namun, kinerja lain Redmi Note 5 tidak semantap Redmi Note 7.

      1. Kalau dilihat dari segi kamera dan performa, Sebaiknya upgrade ke Redmi Note 7 sekarang atau sekalian menunggu upgrade tahun depan ke Redmi Note 8/9 ya? (Jika spek HPnya lebih baik)

        1. Pak Ilham Arifin,

          Sepertinya lebih baik menunggu Redmi Note 11 muncul, Pak. Spesifikasinya jauh lebih menggiurkan daripada Redmi Note 7.

          He… he… saya bercanda. Spesifikasi Redmi Note 8/9 kan belum diketahui, Pak. Kalau perlu ganti ponsel sekarang, ya langsung ambil Redmi Note 7 dulu saja deh.

  16. Pak Herry,

    Mohon penjelasannya untuk 2 pertanyaan saya ini.

    Pertanyaan #1:

    Mohon infonya di antara ponsel di bawah ini, mana urutan mulai dari yang terbaik sampai terburuk dari segi harga pasar saat ini vs. performa dalam hal:
    1. Kegegasan
    2. Kamera
    3. Daya tahan baterai
    4. Tampilan fisik

    Catatan:
    Kriteria performa di atas sudah urut dari yang paling penting menurut saya.

    Untuk daftar ponselnya:
    – Redmi Note 7
    – Realme 3 / Realme 3 Pro
    – Asus ZenFone 5
    – Asus ZenFone MAX Pro M1
    – Asus ZenFone MAX Pro M2
    – Asus ZenFone Zoom S
    – Pocophone F1

    Pertanyaan #2:
    Berapa harga pasar saat ini untuk masing-masing ponsel di atas?

    Terima kasih atas penjelasannya.
    – Adrian –

    1. Pak Adrian,

      Hmmm… ini ceritanya mau beli ponsel atau menulis skripsi ya? Pertanyaan maupun jawabannya perlu sma-sama panjang. 🙂

      Realme 3 saya keluarkan dari daftar dulu karena saya tak pernah menguji pakai secara mendalam. Zenfone Zoom S juga saya keluarkan karena sudah diskontinyu.

      1. Pocophone F1, Realme 3 Pro, Redmi Note 7, Zenfone Max Pro M2, Zenfone Max Pro M1, dan Zenfone 5.
      2. Pocophone F1 Rp4,4 juta (6/64) dan Rp4,9 juta (6/128).
      Realme 3 Pro Rp2,999 juta (4/64) dan Rp3,699 juta (6/128).
      Redmi Note 7 Rp2,3 juta (3/32); Rp2,7 juta (4/64); dan Rp3,4 juta (4/128).
      Zenfone Max Pro M2 Rp2,4 juta (3/32); Rp2,6 juta (4/64); dan 3 juta (6/64).
      Zenfone Max Pro M1 Rp1,6 juta (3/32); Rp2,1 juta (4/64); dan Rp2,3 juta (6/64).
      Zenfone 5 Rp3 juta.

  17. Pak Herry,

    Maaf double post, karena saya lupa menyertakan informasi tambahan untuk pertanyaan #2 saya, yakni semua ponsel tersebut adalah varian RAM/ROM yang 4/64 atau jika tidak ada, mengacu pada spek yang lebih tinggi.

    Mohon abaikan posting yang sebelumnya.

    Mohon penjelasannya untuk 2 pertanyaan saya ini.

    Pertanyaan #1:

    Mohon infonya di antara ponsel di bawah ini, mana urutan mulai dari yang terbaik sampai terburuk dari segi harga pasar saat ini vs. performa dalam hal:
    1. Kegegasan
    2. Kamera
    3. Daya tahan baterai
    4. Tampilan fisik

    Catatan:
    Kriteria performa di atas sudah urut dari yang paling penting menurut saya.

    Untuk daftar ponselnya:
    – Redmi Note 7
    – Realme 3 / Realme 3 Pro
    – Asus ZenFone 5
    – Asus ZenFone MAX Pro M1
    – Asus ZenFone MAX Pro M2
    – Asus ZenFone Zoom S
    – Pocophone F1

    Pertanyaan #2:
    Berapa harga pasar saat ini untuk masing-masing ponsel di atas?

    Terima kasih atas penjelasannya.
    – Adrian –

    1. Pak Adrian,

      Pertanyaan Anda sudah saya jawab. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

      1. Pak Herry,

        1. Xiaomi Redmi Note 4 (resmi) kenapa “msa” nya tidak bisa di cabut (nonaktifkan) ?
        2. Sering saya spek HP keteranganya “NFC : yes (market dependent), itu maksudnya apa pak ?

        Terimakasih atas perhatian pak herry

        1. Pak Dwi,

          1. Saya tidak mengetahuinya secara pasti. Beda versi firmware atau MIUI mungkin saja bisa begitu.
          2. Di negara tertentu ponsel itu dilengkapi NFC, sedangkan di negara yang lain lagi tanpa NFC.

    2. Pak Herry,

      Maaf numpang tanya lagi…
      Mohon sarannya untuk ponsel dg rentang harga 2 – 3 juta dan minimum RAM 3 GB, dengan urutan prioritas berikut ini:
      1. keseimbangan antara gegas, kamera (belakang) bagus dan daya tahan baterai
      2. ada proteksi layar, kalo bisa minim Corning Gorilla Glass 3

      Saya tidak keberatan dengan ponsel yang sudah keluar sejak 1 atau 2 tahun lalu, asalkan masih ada toko yang jual baru dan bergaransi resmi.

      Mohon infonya untuk harga pasar ponsel Vivo berikut ini:
      – Vivo V11
      – Vivo V11 Pro
      – Vivo V9
      – Vivo V9 6GB

      Terima kasih.
      – Adrian –

      1. Pak Adrian,

        Boleh tahu Anda sebenarnya ingin membeli ponsel apa? Saya perhatikan ponsel yang ditanyakan sudah banyak banget, tetapi tak kunjung bertransaksi. Dengan anggaran yang disebutkan, saat ini lebih baik membeli Redmi Note 7 atau Realme 3 Pro.

        Saran saya, abaikan empat ponsel yang Anda sebutkan itu.

  18. Salam Bang HSW..

    1. Wow.. Ternyata kinerja kamera belum bisa mengalahkan Mi A2 ya bang?
    2. Seandainya ada update firmware di Redmi Note 7, apakah bisa mengalahkan kamera Mi A2?
    3. OOT, Untuk saat ini apakah ponsel Huawei masih layak dibeli?

    Terima kasih banyak bang..

    1. Pak Ari W,

      1. Kamera belakangnya ya.
      2. Mungkin ya, mungkin tidak.
      3. Kalau Anda siap dengan harga jual bekas yang terjun bebas, masih layak beli. Namun, hanya seri P dan Mate ya.

  19. Selamat pagi
    Salam hangat pak Herry

    Saya mau bertanya jika saya membeli HP Xiaomi bergaransi TAM secara online, Misalkan melalui Tokopedia. Jika ada kendala pada HP tersebut apakah cara mengklaim garansi di service centre resmi berbeda dengan membeli secara langsung di toko² hp ataupun membeli di Mistore??

    Jika pak Herry tau dan berkenan untuk menuliskan perbedaannya atau persamaannya, saya akan banyak berterima kasih..

    Salam hangat

  20. Koh Herry..Untuk kegegasan dan kamera dengan kualitas yang baik serta fitur dari masing-masing ponsel, mana yang lebih unggul antara MI A2 dan Redmi Note 7? Terima kasih.

    1. Pak Ahmad,

      Kegegasan dan kamera belakang: Mi A2.
      Kamera depan: Redmi Note 7.
      Performa keseluruhan: Redmi Note 7.

      1. Selamat sore om herry
        Saya mau minta saran om…dengan anggaran maksimal 2 juta, lebih baik beli hp apa om?? Dengan kriteria :
        1. Hasil kameranya bagus (saat siang maupun saat low light)
        2. Kegegasan saat digunakan multitasking
        3. Kapasitas baterai yang besar.

        Atas bantuan / sarannya terima kasih banyak om…

        1. Pak Abraham,

          Kalau bisa mendapatkan Redmi Note 7 3/32 baru dan bergaransi resmi dengan harga Rp1,999 juta, silakan beli itu. Bila tidak bisa, belilah Asus Zenfone Max Pro M1 4/64 Rp1,999 juta. Saat low light kameranya tidak terlalu bagus, tetapi masih bisa dikategorikan lumayan.

          1. Om Herry,
            Zenfone Max Pro M1 4/64 harga Rp1,999 juta, kalo di Surabaya bisa dibeli di mana? Bagus lagi ada nama tokonya.Tq

          2. Pak Anton,

            Silakan mencarinya di WTC atau Plasa Marina. Tidak ada toko yang spesifik.

  21. Koh Herry, jika penggunaan utama adalah Kamera dan sesekali butuh banyak multitasking sekaligus baterai yang lebih lama, manakah yang layak dipilih? Redmi Note 7, Mi A2, Mi 7 Lite? Ataukah ada merek lain dengan kinerje lebih maksimal dikisaran harga ke-3 ponsel tadi?

    1. Pak Fadly,

      Tidak ada Mi 7 Lite. Kalau Redmi Note 7 vs Mi A2, dengan kriteria yang Anda sebutkan, saya condong ke Redmi Note 7.

  22. (Ralat komentar sebelumnya, maksudnya Mi 8 Lite bukan Mi 7 Lite)

    Koh Herry, jika penggunaan utama adalah Kamera dan sesekali butuh banyak multitasking sekaligus baterai yang lebih lama, manakah yang layak dipilih? Redmi Note 7, Mi A2, Mi 8 Lite? Ataukah ada merek lain dengan kinerja lebih maksimal dikisaran harga ke-3 ponsel tadi?

  23. Ko Herry,

    maaf mau minta rekomendasi ponsel kisaran harga 1,9 sampe 2,3 yang:
    – baterai awet
    – hasil kamera depan gak terbalik

    kalo ASUS ZenFone Max M2 rekomen gak ya?

    thanks..

    1. Pak Erik,

      Redmi Note 7 3/32. Soal hasil kamera depan terbalik atau tidak, itu kan tinggal diatur di menu.

      Saya belum pernah mencoba Zenfone Max M2.

  24. Halo Pak Herry SW

    Dengan dana yang kurang lebih dengan Redmi Note 7, bisa direkomendasikan lebih baik beli HP merk apa, yang bisa menutupi atau bahkan menggungguli Redmi Note 7 ?

    Terima kasih

    1. Pak Edho,

      * Redmi Note 7 3/32 Rp1,999 juta: tetap Redmi Note 7.
      * Redmi Note 7 4/64 Rp2,599 juta: tetap Redmi Note 7.
      * Redmi Note 7 4/128 Rp2,999 juta: ada Realme 3 Pro 4/64 Rp2,999 juta.

      1. Selamat Malam Pak Herry,
        Kalau ada budget 3 juta, sebaik nya ambil Realme 3 Pro 4/64 atau Redmi Note 7 4/128 ?
        Terima Kasih

        1. Pak Sasongko,

          Bergantung kebutuhan Anda. Kalau Anda tidak memerlukan fitur remote control dan tidak mementingkan konektor charger USB tipe C, silakan ambil Realme 3 Pro.

  25. Koh, saya bingung mau pilih antara Redmi Note 7, Mi 8 Lite, dan Mi A2. Saya suka fotografi & gim juga. Kira-kira gawai yang pas untuk saya yang mana ya?

      1. Selamat malam Pak Herry. Mau curhat nih. Sudara saya sedang galau melihat hp redmi note 7 baru saya. Hehe.. Dia mau upgrade hp baru tapi tidak suka dengan adanya notch. Lalu saya sarankan Mi A2. Menurut bapak bagaimana? Apakah hp tersebut masih layak untuk dibeli di pertengahan tahun ini? Ataukah ada rekomendasi lain? Terima kasih.

        1. Pak/Bu Amik,

          Yang dicari apa dulu nih? Ponsel dengan kamera bagus? Mi A2 masih boleh dilirik. Ponsel dengan baterai tahan lama? Mi A2 jelas bukan pilihan bijak.

  26. Salam kenal Ko Herry,
    Kurang lebih 2 minggu lalu saya baru membeli Redmi Note 7 di mi.com varian 4/64. Saat baru dinyalakan vibrate/getar berfungsi. Namun tidak berfungsi pada saat silent mode dan vibrate on tap juga tidak berfungsi, padahal semua pengaturan vibrate sudah di atur pada posisi on/aktif. Apakah ini masalah hardware atau firmware? Mohon petunjuk dan solusi dari ko Herry. Sy tinggal di kota kecil, jadi tidak ada service center Xiaomi, Terima kasih Ko

    1. Pak Hendra,

      Coba dicek dulu Anda masuk ke mode silent atau DND. Seharusnya tetap bisa bergetar kok. Kalau pada mode normal ponsel bisa bergetar, berarti ada sesuatu terkait software ponsel. Lakukan reset deh.

  27. Koh Herry, maaf OOT dari Redmi Note 7.

    A. Mau cari HP ber NFC yang murah, milih Asus Zenfone 5Q atau Nokia 3.1 Plus ya ?

    Asus Zenfone 5Q dengan Snapdragon 630 apakah masih layak dibeli ya sekarang ini ? Dan di SMG cari barangnya susah sekali.. Kalau akhirnya gak dapat, bagaimana Nokia 3.1 Plus Mediatek Helio P22.
    2 prosesor ini apakah masih layak pakai sampai sekitar 2 tahun ke depan. Jarang ngegame, paling buat Telegram yang super buanyak dan browsing sama sesekali ngegame balapan. Butuh NFC, batre yang lama dan ngelock GPS nggak susah

    B. Keperluan buat anak yang jadi cadangan buat GPS.
    Dulu pernah pakai Redmi 3S Prime yang menggunakan Snapdragon 430 tapi kendalanya yaitu GPS nya gak sinkron realtime. Kalau Asus Zenfone Live L2 yang menggunakan prosesor yang sama tsb, apakah mengalamai masalah GPS yang susah ngelock juga kah ? Karena harga 1,050 juta sudah dapat 3 GB walaupun prosesor tua. Dan daripada beli Redmi Go

    1. Pak Igo,

      A. Dengan kebutuhan Anda yang seperti itu, dua ponsel tersebut sama-sama lebih baik dicoret.

      B. Saya belum pernah mencoba Zenfone Live L2. Yang masuk ke sini hanya varian RAM 2 GB deh. Tak ada yang 3 GB. CMIIW.

  28. Om Herry SW, saya sedang memilah gawai low end yg allrounded & berfitur nfc. Pilihan saya ada di nokia 3.1plus, nokia 4.2 dan asus zenfone 5q, kalau menurut Om Herry mana yg paling worthed? Atau ada rekomendasi lainnya yg belum saya sebutkan?

    1. Pak Ageng Kuncoro,

      Saya belum menguji pakai Nokia 4.2.

      Kalau Nokia 3.1 Plus versus Zenfone 5Q, saya condong ke Zenfone 5Q.

  29. Pak Herry SW, apakah Xiaomi Redmi Note 7 bisa untuk menggunakan 2 akun Whatsapp tanpa aplikasi kloning seperti parallel space?

      1. Entah pernah dibahas atau belum, cm mau berbagi info kalo headset bluetooth tidak bisa berfungsi dgn maksimal jika dipakai di app yg digunakan di dual apps nya xiaomi. Yg terjadi di WA dual apps jika ada telp masuk Ringtone bunyinya di speaker hp, bukan di headset. Tapi suara telp lawan bicara masih bisa didengar ketika sudah diangkat telp nya.

  30. pak herry saya ingin bertanya,apa kah untuk mistore sampai mi service center xiaomi itu dipegang oleh erajaya bapak atau bagaimana,karena kadang saya merasakan perbedaan pelayanan. terima kasih pak herry

    1. Pak Titiandi,

      Ditangani Xiaomi dengan menggandeng beberapa mitra. Dulu TAM dan Unicom. Sempat ada rencana menambah mitra baru, tetapi saya kurang tahu sudah terealisasi atau belum. Di antara dua pilihan itu, saya lebih merekomendasikan yang ditangani Unicom.

    2. Om HSW mau nanya, antara vivo v15 dan redmi note 7 varian 128gb worth it yg mana ya? Buat hadiah anak perempuan

        1. Terima kasih saran nya om HSW, setelah ke counter hp, kena rayuan maut sales, akhirnya istri milih ambil oppo f11, hehe

  31. Ko Herry SW,

    Charger yang mendukung Quick Charge 4 untuk Xiaomi Redmi Note 7 apa yang cukup murah dan bagus dan direkomendasikan apa yah ?

    1. Pak Marvin,

      Belum ada deh. Selain belum ada yang beredar resmi di sini, harga pengisi daya Quick Charge 4.0 belum murah.

        1. Pak Ardi,

          Ini ceritanya Anda akan membeli pengisi daya yang mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0 ya? Kalau iya, silakan mencari merek Anker atau Energea.

    1. Pak Reynaldi,

      Samsung? Ha… ha… langsung kena tagar #SamsungCoret deh.

      Silakan membeli ponsel Xiaomi. Pastikan yang bergaransi resmi ya.

  32. 2 hari sebelum lebaran saya ingin membeli Realme 3 Pro di WTC Surabaya,dengn opsi pilihan ke 2 Redmi note 7 jika Realme 3 pro kosong, dan setalah 2jam muter muter nanya satu toko ke toko yg lain ternyata kosong. Dikasih info sama pegawai toko kalau emang di WTC Realme 3 pro kosong semua. Akhirnya nemu Redmi note 7 Ram 4gb rom 128gb seharga 3,1juta Warna black. Puas dengan kinerja si Redmi note 7 ini, baterenya juga awet, ngecas juga cepet.
    Setelah saya menyimak ulasan koh HSW kalau si Redmi Note 7 ini mendukung fitur QUICK CHARGE, apakah ada Charger Quick charge dipasaran yg ko HSW rekomendasikan..?
    Trimakasih..

    1. Pak Neill Gunawan,

      Redmi Note 7 Pro tidak beredar resmi di sini. Jadi, langsung coret.

      Samsung A30? Semua ponsel Samsung buat saya berstatus #SamsungCoret. Saya enggan membeli ponsel Samsung lagi sejak ponsel Samsung harga Rp13 juta yang baru sehari saya beli sudah bermasalah dan hanya bisa diservis. Tak bisa minta ganti unit baru.

        1. Pak Ndemik,

          Kalau ingin mengajukan klaim garansi, ya silakan datang ke pusat perbaikan resmi. Bila kerusakan terjadi setelah 1 x 24 jam terhitung sejak pembelian, biasanya ponsel akan diservis. Bukan ganti unit baru.

  33. barusan pukul 11:00 wita saya ke mistore jl teuku umar denpasar mau membeli redmi note 7, ga muluk muluk nyari yg warna merah yg penting dapat ga masalah warna apa.
    begitu masuk disambut ramah sama karyawan toko dan menyakan apa yg bisa dibantu, saya jawab mau nyari redmi note 7 sang karyawan langsung kayak lesu, dengan nada minta maaf dia menjelaskan kalo redmi note 7 udah 2 minggu ga ada stok.

  34. Pak,tadi saya ke toko offline karena di daerah saya tidak ada mi store. Saya mencari redmi note 7. Ada di box nya tertulis TAM tetapi kata penjualnya itu bergaransi distributor. Apakah benar itu?
    Penjualnya pun menyuruh saya untuk membeli ponsel merek lain.

    1. Bu Agnes,

      Apakah penjual mengarahkan Anda membeli ponsel merek Oppo, Vivo, atau Realme?

      Kalau di sudut kiri atas kardus Redmi Note 7 itu ada stiker TAM, ya berarti bergaransi resmi.

    2. Ehehehehe sama, waktu saya beli Redmi note 7 yg saya pakai ini juga di geruduk pegawai toko dan coba diracuni suruh beli Vivo/Oppo..

  35. Pak HSW, tolong rekomendasi hape dengan kebutuhan:
    1. Online shop & Sosmed – berarti multitaskingnya oke
    2. NFC
    3. harga kurang dari 3 juta.
    Terima Kasih.

  36. om, saya pengguna redmi note 5 3/32 GB
    menurut om Herry, apakah menggantinya dengan REDMI 7 4/64 itu upgrade atau downgrade??
    karena budget untuk redmi note 7 4/64 belum memadai..

    1. Salam bpk Herry.
      Mau tanya, saya udah angkut redmi note 7 4/64 garansi tam, tapi kok baterai nya kayak cepat habis ya, daya tahan baterainya kalah sama Nokia 5.1 plus saya, penggunaan sama2 normal saja, apakah ada yg salah di settingan ya? 100% dari pagi jam 6, jam 4 sore sudah habis, mohon petunjuknya suhu??,, pengalaman pakai redmi note 4 sama redmi note 7 lebih tahan lama baterainya

      1. Pak Yudha Pratama,

        Karena saya tidak pernah menggunakan Nokia 5.1 Plus, saya tak memiliki gambaran perbandingan daya tahan baterai.

        Daya tahan baterai dipengaruhi pula oleh perilaku pemakaian. Mungkin saja pemakaian Anda cukup tinggi.

  37. Ko Herry mau tanya OOT
    saya punya hape motorola moto M,belum setahun dpt upgrade sampai android 7.0..nah masalah muncul disini,setelah upgrade,skrg hape saya setiap batre nya di bawah 100persen…dipakai telp langsung drop ke 1% lalu mati.kira2 kenapa ya ko? Atau bisa di tanyakan ke pihak motorola perihal tsb. Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Gigih,

      Sepertinya baterai ponsel Anda sudah mulai rusak alias drop. Saya tak bisa menanyakan ke pihak Motorola karena sejak pertengahan tahun lalu divisi ponsel mereka di Indonesia sudah tutup buku.

  38. Dear HSW, mohon rekom HP di range harga 2-2,5 jt. pengguna wanita untuk foto dan sosmed, bisa 2 kartu dan ada slot mmc. terima kasih

  39. Pak Herry SW, boleh tau apa kegunaan NFC pada smartphone? apa Redmi Note 7 mempunyai fungsi NFC? TERIMA KASIH, SALAM

    1. Pak Darul,

      Di antaranya:
      1. Mengirimkan dan menerima file secara nirkabel.
      2. Mengecek saldo kartu tol.

  40. Pak Herry SW, boleh tau dimana bisa dapat Redmi Note 7 4/64 Rp2,599 juta. di MI Store area Jakarta. Terima Kasih, matur nuwun….

    1. Pak Salman,

      Saya tidak bisa mengecek ketersediaan stok di Mi Store. Mengapa tidak membeli secara daring di Mi.com/id saja, Pak? Sudah beberapa minggu ini saya perhatikan stoknya selalu ada.

  41. Pak Herry,

    Redmi Note 7 vs Realmi 3 (tanpa pro) dengan varian sama 4/64 mending mana?
    Pertimbangan kegegasan, daya tahan baterai, dan kualitas bangun (mau dipakai istri yang agak hobi jatuhin ponsel).

    1. Pak Danu,

      Saya tidak berani memastikan karena hanya mencoba Realme 3 (bukan Realmi 3) sebentar banget. Sepintas sih tidak semantap Redmi Note 7.

  42. Dear Pak Herry

    Mohon masukan,apa Pak Herry merekomendasikan pemakaian temperred glass untuk lensa kamera yg menonjol?
    Apakah akan mempengaruhi kualitas hasil foto?
    Terima kasih atas jawabannya

    1. Pak Bagus,

      Tidak karena pengguna tempered glass dikhawatirkan akan mengurangi kualitas foto yang dihasilkan. Lebih baik Anda mencari case buatan pihak ketiga yang agak tinggi/tebal. Sehingga, lensa kamera yang menonjol itu terlindung.

  43. Pak Herry SW, sy browswing di tokopedia Xiaomi Redmi Note 7 4/128 ready harga 3.190.000
    kalau yg 4/64 harga 2.625.000 garansi TAM, apakah ini garansi resmi?

  44. Salam ko herry
    Saya mau nanya, apa om tau tempat beli hp mi 9 T yang global version? Kalau boleh tau, link yang terpercaya

  45. Pak HSW, stlh mencoba kamera Realme 3 pro selama bbrp saat bgmn tanggapannya? Apakah benar2 superior dibandingkan Redmi note 7? Thanks

  46. Pak saya ingin membeli Redmi Note 7 3/32 tapi masih menahan diri karena agak keberatan diharuskan bundling Mi Band 2. Apakah dengan harga 2.25 juta masih sepadan untuk Redmi Note 7 3/32 Bundling Mi Band 2? Apakah ada alternatif lain di harga 1,9 juta sampai 2.25 juta? Terimakasih.

    1. Pak Rizky,

      Kalau dana Anda memadai, langsung naik ke varian 4/64.

      Kalau dana pas-pasan, ya silakan beli bundel lalu Mi Band 2-nya dijual dengan harga miring agar cepat laku. Misalnya, dijual Rp150 ribu. Dengan begitu, Redmi Note 7 3/32 itu memiliki harga bersih Rp2,1 juta. Itu masih lebih murah daripada harga pasar yang bisa menembus Rp2,4 juta.

  47. salam Pak Herry
    saya mau nanya redmi note yg garansinya resmi itu selain yg ada stiker tam di pojok kiri atas apa ada yg lain? soalnya saya ditawari itu sama toko karena yg stiker tam katanya habis
    satu lagi Pak Herry, hp yg delay shutter kameranya paling cepat untuk harga maksimal 3 juta apa ya?
    terima kasih

    1. Pak Ida Bagus Bagiyasa,

      1. Yang resmi hanya yang berstiker TAM di ujung kiri atas kardus. Selain itu, ya berarti bukan garansi resmi.

      2. Nggak ada satu ponsel yang menonjol cepat sih. Relatif sama kok.

      1. 1. terimakasih Pak Herry, pantas saja harganya lebih murah dari mi store
        2. kalo hp yg kameranya bagus saat minim cahaya maksimal 3 juta apa ya Pak? terimakasih

    2. Halo pak herry,
      1. Selama ini pak herry memakai charger apa? Saya lagi cari charger yang bagus dan cepat. Apakah sudah berikut kabel atau beda lagi?
      2. Realme 3 versus nokia 6.1 lebih bagus mana secara keseluruhan?

      1. Pak Colis,

        1. Anker atau Energea. Sesekali pakai Aukey atau Tronsmart. Biasanya paket penjualan tidak termasuk kabel.

        2. Saya tidak pernah memakai Nokia 6.1. Jadi, tak tahu deh.

  48. Salam Pak Herry,

    Untuk urusan kamera dibandingkan dengan Xiaomi Mi A2 lebih bagus mana ya?

    Terima Kasih

    1. Bu Linda B.,

      Lebih bagus kamera Mi A2. Namun, daya tahan baterai Mi A2 lebih boros daripada Redmi Note 7 lho.

  49. Koh Herry, maaf mau tanya dikit.
    Redmi Note 7 vs Samsung Galaxy A30, dengan harga selisih hanya 400 ribuan, bagusan mana?
    Dalam hal :
    – Kegegasan
    – Kamera
    – Daya tahan battery
    Mana yang lebih value for money?
    Kalau Koh Herry sendiri pilih yang mana?

    1. Pak Sigit Priyanto,

      Buat saya, ponsel Samsung apa pun langsung terkena tagar #SamsungCoret deh. Saya sudah kapok membeli ponsel Samsung sejak mendapatkan pengalaman buruk dengan Galaxy S9+.

      Ceritanya, saat itu saya membeli Galaxy S9+ yang harga ritel resminya Rp12,999 juta. Baru dipakai kurang dari 24 jam, sensor sidik jarinya bermasalah. Saya meminta ganti unit baru dan ditolak mentah-mentah. Ponsel hanya bisa diservis.

      Kapok deh saya. Beli ponsel mahal, baru sehari bermasalah dan bukan karena kesalahan pengguna, eh lho kok cuma bisa diservis. Ponsel Mito saja kala baru sehari dipakai sudah bermasalah langsung diganti baru kok.

      1. Jadi sekedar review saja tdk ya Koh?
        Saya punya pengalaman pakai Redmi 2 garansi distributor. Awal-awal pakai Joss banget, setelah 3 tahun terasa sekali penurunan kinerja kegegasannya dan juga batterynya. Battery dari charge full buat browsing baru 1 jam sudah habis padahal kapasitasnya besar, 4000 mAh. Sebelumnya pakai Samsung (bukan Android) sampai 5 tahun lebih masih ok-ok saja.
        Barangkali pembaca yang lain punya pengalaman memakai Xiaomi & family yang sudah lama (lbh dari 3 tahun), nanti dicompare dengan Samsung yang sama2 sudah lama pemakain (lebih dari 3 tahun), kira2 durabilitynya bagusan mana.

        Terimakasih sebelumnya Koh Herry.

        1. Pak Sigit Priyanto,

          Betul sekali. Jangan mengharapkan ada review ponsel #SamsungCoret oleh saya.

          Perilaku pemakaian seringkali turut menentukan. Hal lain, boleh tahu harga beli ponsel Xiaomi dan Samsung tersebut masing-masing berapa, Pak?

          1. Koh Herry,

            Maaf utk yg Redmi ternyata Redmi 3, bukan Redmi 2. Saya beli waktu awal-awal setelah release, harga saat itu 1,8 jt. Saya ingat betul waktu itu nyari Redmi 3 susah sekali, makanya ketika ada stock harga segitu langsung saya beli.
            Utk yang Samsung, HP biasa (belum Android) harga sekitar 800 ribuan saat itu.

          2. Pak Sigit Priyanto,

            Berarti, ponsel Xiaomi-nya smartphone, sedangkan ponsel Samsung-nya bukan smartphone ya. Kalau iya, wajar bila usia baterai ponsel Samsung Anda lebih lama.

            Umur baterai biasanya sangat dipengaruhi oleh sudah berapa kali baterai itu diisi ulang. Baterai smartphone biasanya lebih sering diisi ulang. Misalnya, satu hari satu kali. Sedangkan baterai bukan smartphone akan lebih awet karena baru di-charge, contohnya, dua hari sekali. Hasil akhirnya, baterai smartphone terlihat lebih cepat rusak.

  50. Maaf koh herry klo boleh tau nama hotelnya d acara XL d banyuwangi apa?
    Seperti bagus view nya.

  51. Selamat siang Pak.
    Apakah kegegasan Realme 3 Pro 4/64 sebaik 6/128? Berhubung saat ini sangat sulit mendapatkan yang 6/128. Atau apakah Bapak memiliki rekomendasi HP lain yang seimbang dengan hp ini selain Redmi Note 7?

    Terima kasih

    1. Bu Natalia,

      Tak tahu. Saya tidak pernah menguji pakai varian 4/64.

      Maaf, apakah pengamatan Anda tidak terbalik? Setahu saya, varian 6/128 justru lebih mudah ditemukan daripada varian 4/64.

      Seimbang sih ada, tetapi harganya jauh lebih mahal. Jadi, mending bertahan mencari Realme 3 Pro.

      1. Pak herry,
        Kalau disuruh milih :
        1.HP dengan prosessor snapdragon 625,RAM
        3GB,ROM 32GB. Keluaran setahunan yang
        lalu
        2.HP dengan prosessor snapdragon 632, RAM
        2GB,ROM 32GB. keluaran sekarang
        Menurut bapak pilih yang mana..?

        Terima kasih atas jawabannya

        1. Pak Vladimir,

          Hmmm… merek dan firmware juga menentukan lho. Anggaplah merek dan firmware-nya persis sama, saya lebih condong ke pilihan pertama.

  52. Karena di kota saya khusunya saat ini, Realme 3 pro kosong. Dan barusan saya mendapat kabar bahwa baru masuk yg varian 4/64. Yang 6/128 belum tahu kapan adanya.

  53. Pak Herry SW, sy rencana minggu ini akan membeli Redmi Note 7 tp sy masi bingung ambil antara varian 4/64 atau 4/128, tolong rekomendasikan yg mana pak? terima kasih.

    1. Pak Darul,

      Kalau memang perlu memori internal besar dan anggaran tersedia, silakan langsung ambil varian 4/128.

  54. Dear Pak Herry,
    Mau tanya, kl untuk pemakaian sehari-hari (kerja + ojol/taksol) atau ojol/taksol saja, ada rekomendasi gak? Budget sekitar :
    1. 1-1.5jt
    2. 2-2.5jt
    Terima kasih.

    1. Bu Nining,

      Untuk kebutuhan taksi atau ojek daring, idealnya Anda memakai ponsel yang baterainya tahan lama, gegas, GPS andal, dan ukuran layar tidak terlalu kecil.

      1. Hmmm… tak ada yang benar-benar pas. Lebih baik tambahkan anggaran menjadi Rp1,6 juta lalu belilah Asus Zenfone Max Pro M1 3/32.

      2. Asus Zenfone Max Pro M1 4/64 atau Xiaomi Redmi Note 6 Pro 4/64.

  55. Pak Herry SW, jika ada pilihan Redmi Note 5 6/64 harga 2,8 (promo) dengan Redmi Note 7 4/64 harga 2,6 dengan Redmi Note 7 4/128 harga 2,99 lebih baik ambil yang mana pak?

    1. Pak Adri,

      Lupakan Redmi Note 5.

      Kalau Anda perlu memori besar dan dana tersedia, silakan langsung ambil varian 4/128.

    1. Pak Rudu,

      Saya tidak memiliki alat pengukur Quick Charge. Alat pengukur yang saya miliki masih model lama. Hanya mendukung pengukuran dengan tegangan sampai lima volt.

      Walaupun demikian, pengisian Redmi Note 7 terasa lebih cepat kala dipadukan dengan pengisi daya Quick Charge 3.0 kok. Saya sudah membuktikannya sendiri.

  56. Pak Herry,

    Saya mempertimbangkan mengganti ponsel saya sekarang ( redmi note 5).
    Dengan budget 4 jt saya tertarik dengan samsung a7 dan a50.
    Saya tertarik dengan wide camera yg tersedia di samsung karena sering mengambil gambar indoor dan outdoor dengan jarak yg terbatas.
    Apa Samsung diatas cukup mumpuni dibanding merk lain dengan harga setara?
    Jika iya, mana yg lebih baik a7 atau a50?
    Jika tidak, adakah rekomendasi lain yg memiliki fitur wide kamera?

  57. Koh mau tanya … utk orang yg TIDAK HOBI GANTI HP … brand Redmi termasuk rekomen tidak?! Untuk pemakaian jangka panjang koh.

    Terima kasih sebelum nya koh.

    1. Pak Tony,

      Kalau akan dipakai dalam jangka panjang, sebaiknya Anda membeli ponsel kelas flagship. Dengan demikian, Redmi otomatis juga dicoret karena belum ada ponsel flagship Redmi yang beredar resmi di sini.

      Alternatif lain, belilah ponsel kelas menengah dan lakukan peremajaan setiap 1,5-2 tahun. Nah, kalau Anda memilih alternatif ini, silakan membeli ponsel Redmi.

  58. Mohon sarannya om.. Diantara Redminote 6 pro, Redminote 7,Realme 3 pro:
    1. Kamera depan terbaik?
    2. Kamera belakang terbaik kondisi cukup cahaya?
    3. Kamera belakang low light terbaik?
    Trm ksh.. Salam

  59. Pak Herry SW

    Untuk saat ini,
    kamera terbaik utk gadget Xiaomi ada di seri apa?
    Baterai terbaik utk gadget Xiaomi ada di seri apa?

    Terima kasih.

    1. Pak Edho,

      Jawaban hanya merujuk kepada ponsel yang beredar resmi di Indonesia ya. Xiaomi yang dimaksud di sini meliputi Xiaomi, Redmi, dan Pocophone.

      Kamera belakang terbaik: Mi A2.
      Kamera depan terbaik: Mi 8 Lite.
      Baterai terbaik: Pocophone F1.

  60. Ko hery,apakah ada rencana mau review realme 3 pro???saya penasaran dengan review dari ko hery kalau review dari media lain ataupun youtubers semuanya sdh di endorse oleh realme jadi reviewnya sdh tidak real lagi

  61. Koh, adalah ponsel Huawei atau Honor dengan harga maksimal 5 juta yang bisa koh Herry rekomendasikan buat saya.? Beserta alasannya ya koh..

    1. Pak Billy,

      * Huawei: tak ada yang layak direkomendasikan. Ponsel Huawei yang bagus biasanya hanya seri P dan Mate. Harga jualnya lebih dari Rp5 juta.

      * Honor: waks… sampai detik ini saya tidak berani merekomendasikan ponsel Honor bergaransi resmi Indonesia. Masih mengerikan. 🙂

  62. Permisi pak, saya tertarik dengan Redmi Note 7 ini, tetapi barangkali bapak ada saran pilihan gawai lain direntang harga dibawah 2,5-3jt yang bisa memakai dua simcard dan memori eksternal bersamaan. Ini rencana untuk ibu mertua saya, warna Nebula Red sepertinya cocok, tapi masih ragu di slot hybrid nya.
    Terima kasih.

  63. Pak Herry, setelah menimbang beberapa lama, akhirnya saya memutuskan meminang Redmi Note 7 4/64, Neptune Blue. harga dibawah harga flash sale di salah satu marketplace (orange), 3 Juli 2019

    ada sedikit yang mengganggu di Redmi Note 7 saya, untuk lampu senter warnanya kuning (warm), sedangkan flash foto warnanya putih. Saya coba pake aplikasi pihak ketiga untuk senter, tetap warna kuning.
    sudah saya restart dan factory reset, hasilnya masih tetap.

    apakah pak Herry juga pernah mengalami hal yang sama?

    jika harus ke service center, pak Herry lebih prefer SC xiaomi yang mana, WTC atau Plasa Marina?

    terima kasih atas informasi dan masukannya

    1. Pak Anton,

      Saat memakai ponsel saya jarang menggunakan fitur lampu kilat.

      Agar Anda lebih yakin dengan kondisi Redmi Note 7 tersebut, silakan memeriksakannya ke pusat perbaikan resmi Xiaomi. Yang di WTC saja. Jangan yang di Plasa Marina.

      1. Pak Herry, melanjutkan diskusi dan sharing

        saya sudah ke service center Xiaomi di WTC, tanggal 5 Juli 2019.
        mas yang menangani HP saya juga bingung karena setelah membandingkan dengan 2 handphone Redmi Note 7 yang lain yang sedang di service, warna cahaya senter 2 handphone tersebut warnanya putih.

        Mas tenaga service yang lain bilang, kalau handphone yang keluaran baru baru memang warnanya agak kekuningan, malah dia bilang kalau 2 handphone Redmi Note 7 lain tadi malah tidak keluar warna kuningnya.
        (2 handphone yang dibuat perbandingan dicek IMEI produksi akhir Mei 2019, sedangkan punya saya produksi akhir Juni 2019)
        Nah apakah benar demikian?
        Hehehehe

        Saya bandingkan dengan Redmi 7 (tanpa Note) milik adik saya, pembelian tanggal 4 Juli 2019.. Warnanya juga agak kekuningan.

        Wah apakah memang tren warna lampu senter / lampu kilat berubah jadi agak kekuningan ya? Untuk mendukung fotografi secara pencahayaan..
        Masih belum menemukan jawabannya 🙂
        Maaf pak, ceritanya panjang… Terima kasih atas perhatian dan responnya

        1. Pak Anton,

          * Tentang beda waktu produksi, beda warna lampu, saya tidak tahu.
          * Hmmm… rasanya bukan tren deh. Bila dipakai untuk memotret manusia, lampu kilat yang agak kuning justru akan menghasilkan foto yang lebih natural daripada putih.

          1. baik pak Herry,

            terima kasih atas tambahan pemahaman yang diberikan perihal lampu kilat yang agak kuning lebih natural jika digunakan untuk memotret manusia.

            semoga pak Herry sehat selalu dan bisa terus memberikan informasi gawai terkini sebagai rujukan / pertimbangan.. aamiin

  64. Om HSW,

    Jika dana maksimum 2 juta, diberi pilihan Asus Zenfone MAx Pro M1 4/64 dan Redmi Note 7 3/32, lebih baik pilih mana ya Om? Kedua unit garansi resmi dan baru, tentunya. Terima kasih Om.

    1. Om HSW,

      Sebagai tambahan, saya tidak terlalu mengutamakan kamera, namun butuh kegegasan gawai Om. Terima kasih..

      1. Pak Fikri A,

        Ok. Karena yang diadu Zenfone Max Pro M1 4/64 vs Redmi Note 7 3/32, dalam hal kegegasan bakal terasa relatif mirip sih. Namun, kalau Redmi Note 7-nya diganti dengan varian 4/64, Zenfone Max Pro M1 4/64 akan terasa lebih lambat.

    2. Pak Fikri A.,

      Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai dan kapasitas memori, silakan ambil Zenfone Max Pro M1 4/64. Bila dua faktor itu bukan menjadi hal mutlak, membeli Redmi Note 7 3/32 jelas lebih menarik.

      1. Terima kasih, Pak Herry SW.

        Izin curhat ya pak, sebelumnya saya menggunakan Infinix Zero 3 (2016), kemudian sempat beralih ke Xiaomi Redmi Note 4 (2017), namun hanya 4 bulan, saya kembali meminang Infinix Zero 3, dikarenakan kualitas kamera depan dan belakangnya masih lebih baik Infinix Zero 3 menurut saya. Namun belakangan ini, baterainya mulai bermasalah, butuh waktu 3 jam untuk penuh (dari 3%), dan habis dalam tempo 8 jam saja.

        Nah, jika saya meminang Redmi Note 7 3/32 tahun ini, apakah ada peningkatan pesat di bagian kualitas hasil foto dan kegegasan perangkatnya, pak Herry? Karena saya agak trauma dengan hasil foto Xiaomi Redmi Note 4 saya dahulu.

        1. Pak Fikri,

          Ya. Kualitas kamera Redmi Note 7 jauh lebih baik daripada Redmi Note 4.

          Redmi Note 7 3/32 lebih gegas daripada Redmi Note 4. Namun, kalau anggaran tersedia, saya menyarankan sekalian mengambil Redmi Note 7 4/64. Sebab, kegegasan varian 4/64 amat terasa lebih tinggi daripada varian 3/32, terutama saat digunakan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

      2. Dear pak Herry,

        Cuman penasaran aja…..koq saya gak pernah tahu SIM card yang bisa sekaligus jadi SD card berkapasitas besar…..
        Kan slot hybrid bisa handle kedua jenis kartu tsb…

        Apa produk seperti ini eksis ?

        1. Pak Alfons,

          Kartu SIM yang sekaligus berfungsi sebagai kartu SD? Hmmm… saya juga belum pernah mengetahuinya.

  65. Mau nanya, kalo menurut om herry apa ponsel blackmarket yang sudah digunakan masyarakat juga akan diblokir pemerintah? Ato hanya yang baru aktivasi saja?

  66. Terjebak iklan qc 4.0 pakai charger qc 3.0 stabil dayanya sama persis kayak charger bawaan,setelah ganti karnel bisa sempurna fast charginya aneh xiaomi

    1. Pak Rudi Khoi,

      Saya sempat memadukan Redmi Note 7 dengan charger QC 3.0. Pengisian lebih cepat daripada memakai charger bawaan deh.

  67. Pak Herry SW bagaimana perbandingan Redmi Note 7 dengan Samsung A50, apakah itu setara? tapi dari harga berbeda signifikan.

  68. Selamat malam Pak HSW. Saya hendak membeli ponsel baru dengan kriteria sebagai berikut :
    1. Kualitas layar baik, saya sering membaca artikel dan menonton video YouTube.
    2. Kualitas audio/speaker yang baik.
    3. Ketahanan baterai baik dan pengisian ulang cepat.
    4. Dapat menangkap sinyal selular dengan baik karena saya bekerja dalam gedung yang sering susah sinyal.
    5. Kinerja kamera memadai, terutama ketika digunakan didalam ruangan.
    Setelah menimbang-nimbang dan survei harga serta ketersediaan di kota saya, pilihan saya mengerucut kepada Xiaomi Mi A2, Xiaomi Redmi Note 7, Xiaomi Mi 8 Lite, Asus Zenfone 5, Nokia 8, Samsung Galaxy A50 dan Realme 3 Pro. Menurut Pak HSW manakah yang paling sesuai dengan kriteria saya? Terima kasih

    1. Pak Arka,

      Tidak ada. Dengan kriteria yang “rakus” di atas, idealnya Anda membeli ponsel flagship. Bukan membeli ponsel kelas menengah.

      Kalau tetap harus memilih salah satu di antara ponsel yang Anda sebutkan, saya condong ke Realme 3 Pro.

  69. Pak Herry,

    Untuk kamera depan (selfie), HP apa yang pernah diuji dan hasil fotonya paling baik, dan juga hasil videonya. Apakah makin besar MP dan jenis lensa akan menentukan hasil foto dan videonya?
    Untuk kamera belakang, sudah dijawab di atas.

  70. mau tanyak pak HSW
    antara redmi note 7 dan xiaomi MIA2 hasil kameranya jauh gk,kalo seandainya note 7 di nilai 80 kira kira MI A2 dapat nilai berapa

  71. Bagaimana tanggapan Pak Herry mengenai harga ponsel yang cepat sekali turun,
    Contoh, Asus Zenfone Max Pro M1 pada saat pertama keluar, Harganya Rp. 2.300.000
    Selang beberapa bulan, Saat Ini Harganya Rp. 1.600.000

    Jadi Ragu membeli ponsel dengan harga diatas 2 Juta,

    terimakasih banyak

    1. Pak Abu Zakir,

      Zenfone Max Pro M1 diluncurkan pada April 2018. Saat ini masa edarnya sudah lebih dari satu tahun. Jadi, wajar deh kalau harganya turun segitu.

  72. Jadi gini koh.
    Saya bimbang milih redmi note 7 atau mi 8 lite yang sama sama 4/64 storagenya. Kisaran harga resmi juga setara. Malah mi 8 lite lbh murah resminya. Kalo bicarain soal kamera, apa bener bagusan konfigurasi kamera redmi note 7 dibanding mi 8 lite yg notabene nya sensor yg dipake lebih oke? Sebut saja redmi note 7 yg make sensor samsung gm, sementara mi 8 lite pake sensor sony imx3xx dan 4xx. Saya juga sudah banyak lihat reviewer lain yg mengatakan kalo mi 8 lite lebih worthy drpd note 7 ini disektor kamera, depan ataupun belakang. Sebut saja keunggulan fitur stabilisasi video atau eis yg lbh minim getaran dibanding redmi note 7. Yah, saya cuma lihat perbandingan yg mereka buat sih. Blm coba langsung. Lagian konfigurasi 48mp redmi note 7 kan cuma bohongan:(
    Tapi bener deh, masih bingung koh. Walaupun kaya pengen mi 8 lite (mengesampingkan ir blaster sm baterai ya) tp keknya redmi note 7 jg worthy.
    Tolong cerahkan koh.
    Saya pake hp untuk foto, video, kalo kinerja procie, kan sama2 snap 660 sih ya.

    Atau coba bikinin perbandingannya deh:(

    1. Pak Abdi,

      Cara memilihnya sederhana. Kalau Anda lebih sering memakai kamera depan, ambillah Mi 8 Lite. Kalau lebih sering menggunakan kamera belakang, ambil Redmi Note 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *