Retro Review Apple iPhone: Bukan untuk Ponsel Utama

Sejak belum beredar, Apple iPhone telah menghebohkan dan dinantikan banyak orang. Kabar burung menyebutkan iPhone bakal beredar resmi di Indonesia pada semester pertama 2008. Kalau saja terealisasi, bukan mustahil sambutan pasar takkan seantusias di luar negeri. Bukan karena konsumen di sini tidak berminat, melainkan lantaran mereka telah terpuaskan dahaganya.

Dengan dana sekitar Rp 6 juta, pengidam iPhone saat ini bisa membawa pulang satu unit iPhone 8 GB. Gadget itu siap dipadukan dengan kartu SIM operator GSM Indonesia. Statusnya memang tanpa garansi. Namun, bukankah bagi sebagian konsumen di tanah air memiliki kesempatan bergaya lebih awal lebih penting daripada status garansi?

Menurut penulis, iPhone ternyata bukan pilihan bijak untuk menjadi ponsel utama. Ketika digunakan bertelepon, peranti yang dapat bekerja di jaringan GSM 850/900/1800/1900 MHz itu masih relatif nyaman. Keypad numerik virtual yang muncul di layar mudah disentuh dengan tepat.

Namun, begitu hendak mengetik SMS, jadilah iPhone memiliki fungsi ganda. Sebagai perangkat komunikasi sekaligus sarana belajar mengendalikan emosi. Tombol QWERTY keyboard virtual yang tersaji di layar tergolong kecil. Kesalahan ketik pun tak bisa disebut rendah.

Ada bukti pendukung terkait hal itu. Pertengahan tahun ini User Centric, sebuah perusahaan konsultan yang berbasis di Chicago, AS, melakukan survei terhadap pengguna iPhone dan ponsel. Hasilnya, pengguna iPhone membuat 5,6 kesalahan saat mengetik satu SMS. Pemakai ponsel ber-keypad numerik seperti di kebanyakan ponsel melakukan 2,4 kesalahan, sedangkan pengguna ponsel dengan QWERTY keyboard hanya membuat 2,1 kesalahan.

Kekurangmenarikan lain iPhone, SIM card tray atau alas kartu SIM-nya berada di sisi atas dan tak mudah dikeluarkan. Pengguna harus memakai alat bantu yang runcing serta keras. Misalnya, klip kertas atau peniti. Tak praktis!

Suara yang diperdengarkan via speaker internal iPhone tergolong kecil. Sehingga, bila ingin optimal, kala memainkan file musik atau video pengguna sebaiknya memakai headset stereo.

Beralih ke sisi menarik iPhone. Gadget berukuran 115 x 61 x 11,6 milimeter dan berat 135 gram ini dibekali layar sentuh 3,5 inci yang amat prima. Resolusinya 480 x 320 piksel dan konon mampu menyajikan sampai 16 juta warna. Kala matahari bersinar terik pun, tulisan dan gambar yang tersaji masih relatif mudah dilihat.

Mengamati foto dan browsing via iPhone menawarkan pengalaman baru yang menarik. Pengguna cukup “mencubit” layar untuk memperbesar (zoom in) tampilan atau mengembalikan ke kondisi normal (zoom out). Kalau pengguna memutar posisi iPhone, maka tampilan di layar langsung menyesuaikan diri.

Sebuah kamera dua megapiksel berada di sisi belakang iPhone. Hasil jepretannya, menurut penulis, tak layak disebut prima. You Tube, Stocks, Maps, Weather, Calendar, Clock, Calculator, Mail, dan Notes merupakan ikon-ikon lain fitur yang terlihat di layar iPhone. Peranti ini mendukung konektivitas EDGE, Wi-Fi, dan bluetooth. Bluetoothnya sebatas untuk dihubungkan dengan handsfree bluetooth, kemudian dipakai bertelepon. Pengguna tak dapat mentransfer data via bluetooth.

Keterangan: Retro review merupakan review gawai yang HSW buat pada bertahun-tahun silam. Gawai yang dibahas di atas merupakan iPhone generasi pertama. HSW tak ingat kapan ulasan tersebut dibuat. Dengan memperhatikan isinya, kemungkinan review itu diketik pada akhir 2007. Isi naskah tidak diunggah utuh sesuai aslinya. Ada sedikit modifikasi yang dilakukan.

127 thoughts to “Retro Review Apple iPhone: Bukan untuk Ponsel Utama”

  1. Menanggapi tulisan retro om hsw ini artinya teknologi iPhone sudah ditiru oleh sebagian besar produsen, mulai dari layar sentuh, keyboard virtual, kartu SIM yg ditusuk-tusuk..
    Walau pun tulisan di atas merupakan kekurangan, tapi pada kenyataannya sekarang mendunia.

    Jadi, menurut Om hsw, apa Apple yang terlalu hebat sehingga bisa meramalkan teknologi yg ditiru semua produsen dalam 10 tahun ke depan? Atau produsen saingan yang kurang inovatif sehingga minim trobosan, cuma meniru?

    Kedua, apakah teknologi iPhone 7 yang sekarang akan kembali menjadi landasan untuk teknologi 10 tahun kedepannya?

    Trims Om..

    1. Pak Delavega,

      Benar. Sesuatu yang pada rentang waktu tertentu dianggap kekurangan, lain waktu bisa dianggap biasa bahkan menarik.

      Ya, pandangan ke depan Steve Jobs saat itu luar biasa. Dia bukan sekadar memenuhi permintaan pasar, melainkan menciptakan permintaan pasar.

      Hmm… saya kok nggak yakin ya.

  2. Maaf oot koh… Saya mau tanya apa bisa beli smartphone xiaomi di unicom ? Trus apa harganya lebih mahal dari xiaomi distributor ? Trimakasih koh…

  3. saya ingin tanya koh, saya ingin membeli hp dengan budget 2,1jt

    kriteria yang saya inginkan
    4G LTE
    Ram 2/3 gb
    Battery lumayan 3000/lebih
    kamera standar juga gpp,

    sebenernya saya ingin redmi note 3 prime, tapi katanya belum 4g ya karena tkdn.
    rekomendasinya apa ya koh?

  4. maaf pertanyaan saya menyimpang dari topik.. Sekarang lenovo p1 turbo sudah turun di angka 3.1juta.. Menurut pa herry masih layak dibeli dan untuk pemakain 1 atau 2 tahun kedepan.. Saya tidak mengutamakan kamera.. Yg penting tahan lama menemani saya seharian, gegas gak lemot dan bandel..

    1. Pak Alfian, kalau boleh saran, Asus Zenfone 3 max ZC553KL aja. Harga 2,75juta. Saya beli minggu lalu, ok barangnya. Baterai 4100mah, 3/32gb, bodi metal & tipis, ga lemot, kamera bagus & bisa manual, fingerprint, os Marsmellow. Mantap lah

  5. meski banyak kekurangan, iPhone dulu menjadi kiblat vendor lain pada sisi desain, fitur, dan teknologi. Akan tetapi sejak rilis iPhone 6 hingga sekarang ini iPhone 7, saya ras iPhone sudah bukan menjadi kiblat vendor lain dan yang terjadi malah sebaliknya… 😀

  6. wah mantap ya zenfone 3 max pas sama budget saya, kalo untuk gaming zenfone 3 max termasuk bagus gk procesor nya koh?

    1. Pak Fadlilah Akbar,

      Kebetulan saya bukan penggemar game nih. Jadi, standar gaming versi saya amat mungkin tak sama dengan Anda.

  7. ko heri.. maaf melenceng nih.
    mendingan mana beli HP baru spek lumayan (tidak terlalu tinggi) atau beli HP bekas tapi dengan spek tinggi.? terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Yayax,

      Kalau ponsel bekasnya masih dalam masa garansi resmi dan berbeda jauh dibandingkan harga baru, itu pilihan yang lebih menarik.

    1. Pak Ahmad,

      Dulu bisa dianggap fakta, sedangkan sekarang mitos. Asalkan baterai sudah penuh, kini charger boleh dicabut. Tak usah menunggu delapan jam.

      Wajar. Charger baru pasti begitu. Masih seret.

  8. Pak Herry

    Berdasarkan sudut pandang anda saat ini, apakah iPhone sekarang worth it dengan harganya yg cukup jauh dibanding gawai lain sekelasnya?

    1. Pak Indramaul,

      Karena saya sangat jarang memakai iPhone, saya kurang bisa menilai layak tidaknya. Satu hal yang pasti, iPhone tanpa pesaing langsung karena hanya dia yang pakai iOS.

    1. Pak Abdi,

      Ada Lenovo Vibe P1m. Kapasitas baterai 4.000 mAh. Harga Rp 1,6 jutaan. Namun, saya belum pernah mencoba ponsel itu.

  9. Pak Herry, saya ingin membeli android baru dengan harga sekitar 2-2,5, saya ingin minta rekomendasi bapak apa yang sebaiknya saya ambil? oh iya pak untuk Asus Zenfone 3 Max dengan Asus Zefone 2 Laser ZE550KL bapak lebih prefer mana? saya perhatikan bapak selalu merekomendasikan Asus Zefone 2 Laser ZE550KL utk harga max 2. terimakasih pak

    1. Pak Askari,

      Saya lebih condong ke ZE550KL karena kameranya lebih bagus daripada Zenfone 3 Max. Soal daya tahan baterai, ZE550KL memang tak selama Zenfone 3 Max. Namun, setidaknya masih cukup untuk pemakaian mulai pagi sampai petang.

  10. Menarik sekali ulasannya Bung HSW.
    Apple iPhone memang punya market tersendiri, bahkan sampai detik ini pun masih jadi benchmark dari vendor lain untuk kelas Flagship.

    Salam.

  11. Maaf pertanyaan keluar dr topik, kalau mau beli hp 4G harga dibawah 2 jt apa ya pak hsw, kegunanan cuman buat youtuube sama browsing alias hp kedua bukan hp utama, terimakasih.

    1. Pak Banar,

      Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Rp 1,999 juta. Kalau mau yang lebih murah, Moto E3 Power sekitar Rp 1,8 juta.

  12. Biuhh termasuk hp legend nih menurut saya
    Wlo cuma running di edge tp user experience nya saat itu main game or just texting terasa beda dan wow dimana saat itu kita” masih menggunakan tombol” fisik

  13. Pak hsw

    Saya mau tanya kalo kouta sudah habis (smartplan) apa kecepatannya lelet?

    Lanjutkan pertanyaan hsw
    Ibuku punya j2 dan zenfone 2 laser ze500kl, nah yg j2 mw dijual utk beli zenfone 2 laser ze500kl utk kakakku

    1. Pak Seto,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Ya. Lelet.

  14. Pak Herry, mau tanya

    1. Untuk skrg dan setahun ke depan, Pak Herry lebih Pilih Redmi 3 atau Infinix Note 2?
    2. Pak, tidak setiap merek ponsel punya Flagship ya? Asus, Acer dan Lenovo tidak punya ya pak? Flagship yang beredar resmi di Indonesja yang pak Herry tahu apa saja?

    Terima kasih, salam

    1. Pak Leo,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      1. Note 2. Redmi 3 kan tidak ada garansi resminya.

      2. Lebih tepatnya, ada flagship-nya, tetapi flagship merek A kalau dimasukkan ke deretan produk merek B belum tentu tergolong flagship. Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL bisa dikategorikan flagship.

      Acer Liquid X1 di Acer dapat dianggap sebagai flagship, tetapi buat merek lain, Liquid X1 cuma termasuk kelas menengah. Btw, Acer sudah memutuskan keluar dari pasar ponsel Indonesia. Jadi, takkan ada tipe ponsel baru lagi yang masuk.

      Lenovo Vibe Shot bisa dianggap sebagai flagship versi mereka. Untuk tahun ini, flagship-nya kemungkinan pakai “bendera” Moto.

  15. Siang Pak, saya sudah ngambil Zefone 3 Max, ada sedikit masalah, ketika di dealer HP sudah dites baik2 saja 100% dengan kartu XL saya sinyal 4G full, tapi setelah itu dimatikan dan sampai rumah saya cas 1jam dan saya nyalakan lg tertulis “tidak ada sambungan”, memang rumah saya aga memanjang dan dibelakang kadang susah sinyal sedikit pak, mohon bantuannya pak, terimakasih.

    1. Pak Askari,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Coba keluar rumah. Dapat sinyal nggak? Kalau dapat sinyal, berarti permasalahan bukan di ponsel Anda, melainkan kondisi lingkungan pemakaian.

  16. selamat malam koh herry
    mau minta rekomendasi ponsel dengan ram 3gb dan rom 32 gb serta layar di atas 5 inchi. batas harga tidak lebih 3 juta. Gk terlalu fokus ke kamera.
    terima kasih sebelumnya

    1. Pak Ian,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Sebenarnya ada Asus Zenfone 3 Max ZC553KL. Namun, saya tak tahu bagus atau tidak karena belum pernah mencobanya.

  17. Pak Herry,

    Apa kedepan ada rencana review Asus Zenfone 3 Zoom?
    Sepertinya gawai ini cukup menarik di kelas mid-end, karena RAM sudah 4GB, kamera depan – belakang dengan spek yang cukup menjanjikan dan batere 5000 mAh, walau chipsetnya masih kelas menengah
    Terima kasih.

    1. Pak Andrie,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Belum ada rencana. Lha beredar resmi di sini pun belum kok.

    2. ikutan request review Zenfone 3 Zoom ya ko…
      (kalo sudah masuk indo)

      tertarik sekali dengan desainnya, kapasitas batre dan kameranya… apakah akan menjadi golongan hape worth to buy…

  18. Ko herry, besok kalau samsung galaxy a 2017 series udah resmi dirilis di indonesia dan udah banyak tersedia di toko toko tolong direview ya ko? lagi kepingin nih terutama yang seri samsung galaxy a5 2017

    1. Pak Leo,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Boleh saja. Syaratnya, Anda meminjamkan ponselnya kepada saya.

    1. Bu Bejita,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Hmmm… yang memenuhi tiga kriteria itu nggak ada deh. Yang ada:
      * Kamera bagus, performa oke, baterai hanya tergolong lumayan: Asus Zenfone 3 ZE520KL.
      * Performa oke, baterai tahan lama, kamera biasa-biasa saja: Lenovo Vibe P1 Turbo.
      * Kamera bagus, baterai tahan lama, performa hanya tergolong cukup: Asus Zenfone Max.

    1. Pak Panjigu,

      Garansi resmi Asus Indonesia. Distributor resminya terdiri atas Erajaya alias TAM, Synnex Metrodata, dan Datascrip.

  19. koh saya mau beli hp budget 2,5 saat ini pilihan saya ada di Hisense pureshot plus 2, huawei GR5 dan LG X power menurut koh jsw mending yg mana koh ??

  20. Maap koh, saya mau tanya, saya bingung ingin membeli hp baru apa sekarang, hp lama saya microsoft lumia 535. Saya sekarang ingin mencoba android,

    Saya telah melihat lihat barang di lazada, saya terpikat dengan beberapa merek seperti, lenovo k4 note, lenovo k5 plus, moto e3 power, dan zenfone 3 max.

    Menurut pengalaman Koh HSW, ponsel yang memiliki kinerja tinggi, layar jernih, kamera unggul di antaranya, dan kesan premium/build quality yg bagus yang mana ya koh? Saya lumayyan tertarik dengan k5 plus, tapi karena saya membaca di website koh hsw, k5 plus tidak menjaid pilihan utama koh hsw, itu kenapa ya ?

    Kalo ada rekomendasi lain dengan harga seperti di hp di atas juga gpp.

    Terimakasih sebelumnya…

    1. Pak Akbar,

      Kamera terbaik E3 Power. Layar saya menjagokan Vibe K5 Plus. Kesan premium saya mengunggulkan Zenfone 3 Max. Nah… sekarang Anda makin bingung harus memilih yang mana deh. 🙂

      Ya, Vibe K5 Plus tak terlalu saya rekomendasikan karena kameranya kurang bagus.

  21. Siang Ko, mau minta pendapatnya punya bajet 1.3jt pengen beli hp apa yg lumayan ok, rencana hp tuk sepupu saya anak sd kalo boleh sih kamera gak jelek2 amat, Terima Kasih

  22. Siang koh HSW maaf nih saya minta masukan untuk beli hp..
    Menurut koh HSW saya lebih baik beli sony Z3 atau LG g4? Atau sekalian aja beli zenfone 3 yg harga ritel barunya 3.999.000…
    Saya sih nyarinya yg camera bagus… Multitasking cepat.. Sama batre lumayan.. (Untuk saat ini lebih condong ke sony karena ram 3gb. Batre 3000mAh dan kamera belakang 20mp)
    Terima kasih koh

    1. Pak Bhanu,

      Karena Anda berencana membeli Xperia Z3 atau G4, berarti anggaran Anda sampai sekitar Rp 5 juta. Saran saya, mending beli Zenfone 3 yang varian ZE552KL. Harga pasarannya di toko online sekitar Rp 4,4 juta. Sedangkan harga pasaran offline sekitar Rp 4,6 juta.

  23. Iphone sekarang dibuat oleh Foxconn kan ya? Berarti kalau saya bilang iphone itu made in china, betul atau salah?
    Kalimat “dirakit di china” itu apakah sama artinya dengan kalimat “made in china,” Pak Herry? Terima kasih atas jawabannya.

    1. Pak Amaris,

      Betul sih.

      Made in China berarti diproduksi di Tiongkok. Itu bisa bermakna beragam. Contohnya:
      * Dikerjakan mulai awal di Tiongkok.
      * Dirakit di Tiongkok.

  24. Pak HSW, antara Lenovo P1 turbo & Lg G4 bekas bapak pilih yg mana?
    Kira2 tipe lain dengan anggaran < 3,5jt apa pak?
    Terima kasih.

    1. Pak Daniel,

      Tergantung Anda mengutamakan daya tahan baterai (Vibe P1 Turbo) atau kinerja kamera (G4).

      Huawei P9 Lite Rp 3,299 juta.

  25. Selamat Siang Pak Herry SW,

    Saya melihat Blackberry passort silver edition di jual di erafone.com dengan harga 4 juta,
    Apakah hand phone tersebut masih layak untuk di beli?

    Terimakasih
    Salam

  26. Pak Herry, nanti kan Moto Z launching tanggal 25 Januari. Bapak dateng ga ke acaranya? Kalo dateng, ditunggu loh postingannya hehe

  27. Pak herry saya membaca beberapa berita yg menyebutkan bahwa pada tahun 2017 ini nokia akan kembali memproduksi ponsel tp tdk dgn nama lumia lg? Kbrnya ponsel tsb ber OS android. Benarkah berita tsb? Kalau iya saya sdh tdk sabar menanti come backnya nokia 🙂

    1. Pak Kristianto,

      Oh… yang Anda maksud Nokia non-Microsoft ya. Benar, ada Nokia bersistem operasi Android. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda kalau ponsel itu akan beredar resmi di sini. Namun, peluang ke arah sana tetap terbuka. Diam-diam mereka mulai merekrut karyawan untuk Indonesia.

  28. koh herry, hp dengan spesifikasi size max 5″ layar jernih dilindungi anti gores gorillas glass, bisa USB OTG n harga kurang dari 3 juta. pilihan hape apakah yg terbaik.

    terimakasih

  29. Maaf oot..
    Mau tanya Om, untuk jamannya 2017 rekomendasi ponsel android apa dgn kbutuhan:

    layar 5 inci, ram 2 gb, kamera bagus, lancar buka2 aplkasi dan intrnet, dyathan batrai mnimal mampu pagi – malam.
    Dengan budget 1.5 – 1.8 juta..
    Tlong ya Om? Trma ksih

      1. iya mungkin Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL bisa jadi plihan..

        oya xiaomi redmi 3s recommended kah Om krna teman ada pakai katanya malah bagus dri pada oppo A37?

  30. Selamat Malam, Pak Herry.

    Ketika saya membaca review Coolpad Max Lite, saya mendapati banyak komentar yang menyatakan bermasalah tidak bisa mengakses aplikasi Google melalui data seluler. Saya cuma ingin berbagi pengalaman, bahwa mungkin itu terjadi pada pemakai Indosat di jaringan 4G.

    Saya sekarang menggunakan Hisense F20, kemudian teman saya juga memakai Y6 4G. Ketika kami menggunakan kartu Indosat dalam jaringan 4G, kami tidak bisa mengakses semua layanan Google (Youtube, Chrome, Hangout) tetapi bisa browsing dengan baik di Opera. Ketika kami ganti dengan kartu Telkomsel maupun WiFi, layanan Google dapat berjalan dengan baik. Saya tidak mencoba kartu lain dan HP lain, karena sedikitnya HP yang dibolehkan pemiliknya untuk dijadikan percobaan.

    Mungkin itu juga yang terjadi pada sebagian pengguna HP Coolpad, dimana pada HP tertentu (mungkin yang ber-IMEI awalan 86 misalnya) Indosat 4G mengalami masalah untuk mengakses layanan Google (dan mungkin juga pada daerah tertentu karena posisi saya Semarang).

  31. Selamat malam Pak Herry
    Sudah 2 tahun ini saya memakai Samsung Grand 2 duos. Tapi karena belum support 4G, kuota 4G sering tidak terpakai. Saya berniat membeli Asus zenfone go yang sudah support 4G. Saya dapat selebaran dari erafone hp tersebut seharga Rp 1.099.000. Yang saya tanyakan, apakah menurut bapak hp tersebut layak beli. Adakah rekomendasi hp lain dari bapak hp yang sudah support 4G dengan harga yang setara. Apakah ada perbedaan dari segi kecepatan antara hp yg hanya support HSDPA dengan HP 4G, jika sama- sama memakai wifi yang sama? Terima Kasih atas jawaban bapak.

    1. Pak Agung,

      Saya belum pernah mencoba varian Zenfone Go. Jadi, tak tahu layak beli atau tidak.

      Dengan harga setara, saya belum ada rekomendasi ponsel.

      Kalau memakai Wi-Fi yang sama, seharusnya kecepatan sama.

  32. Siang koh HSW maaf nih saya minta masukan untuk beli hp..
    Menurut koh HSW dengan budget 3,5 – 5jtaan tablet yg rekomendet apa ya ?
    Saya nyarinya yg camera lumayan bagus, multitasking cepat, sama batre lumayan..
    Terima kasih koh

  33. Pak Herry SW,

    Saya barusan membeli Xiaomi Mi 4i bekas bergaransi TAM, namun tidak mendapat charger orisinalnya. Apakah cocok jika saya menggunakan charger dari Moto E3 Power? ketika hendak mencari charger pengganti, manakah yang harus sesuai: besarnya ampere atau voltase?

    Saat ini MIUI version yang saya gunakan adalah seri Global 7.5 Stable. Kata teman saya jika diupdate ke V8.1.5.0 maka 4Gnya akan hilang. Padahal setau saya Mi 4i dengan distributor TAM adalah resmi sehingga memang sudah diseting bisa 4G. Bagaimana menurut anda?

    1. Pak Iok,

      Bisa saja sih. Yang terutama perlu diperhatikan adalah voltasenya.

      Mestinya tak masalah di-update karena Mi 4i beredar resmi dan memang mendukung 4G LTE. Btw, saya sudah lama berpisah dengan Mi 4i.

    1. Pak Seto,

      Minggu depan. Karena laptop saya rusak dan sebagian data hilang, proses review V20 menjadi terganggu.

  34. Siang koh HSW maaf nih saya minta masukan untuk beli hp..
    Menurut koh HSW dengan budget 3,5 – 5jtaan tablet yg rekomendet apa ya ?
    Saya nyarinya yg camera lumayan bagus, multitasking cepat, sama batre lumayan..
    Terima kasih koh

      1. Oh oke mksih koh

        Mau tanya lagi koh, kalau dengan budget 4-5jt maks, keperluan performa oke, kamera bagus, batrei awet n untuk 3-4 tahun kedepan masih oke kira-kira apa yg rekomendet koh ?

          1. tanya lagi koh, harga buat asus zenfone 3 Ze522KL kalau beli online dikisaran berapa ya ?

            Kalau beli di tokopedia termasuk rekomendet atau tidak koh ?

          2. Pak Fedus,

            Sekitar Rp 4,6 juta.

            Tokopedia sih oke. Namun, kalau boleh memilih, saya lebih condong ke Bukalapak daripada Tokopedia. Sebab, kalau sampai ada masalah dengan transaksi, berhubungan dengan CS Tokopedia itu lebih menguras kesabaran ketimbang Bukalapak.

          3. maaf koh tadi postingan yang atas salah seri handphonenya

            tanya lagi koh, harga buat asus zenfone 3 Ze552KL kalau beli online dikisaran berapa ya ?

            Kalau beli di tokopedia termasuk rekomendet atau tidak koh ?

          4. Koh mau tanya, tempered glass yang bagus buat asus zenfone 3 ZE552KL merk apa ya ?
            Apakah nillkin atau kingkong, mana yang lebih rekomendet, atau merk lain, mohon bantuannya

          5. Pak Fedus,

            Tak tahu. Saya belum pernah memasangkan tempered glass ke ponsel itu. Kalau ada merek Tyrex, saya lebih menyarankan merek tersebut.

  35. oke koh terimakasih sarannya,, GR5 sepertinya tidakbisa OTG saya jadi kurang minat,, saat ini saya malah melirik Vibe K5 Plus sama Xiaomi Redmi Note 3 atau hisense pureshot + menurut ko hsw mending mana yaa???

    1. Pak Ghufron,

      Wah… harganya beda-beda jauh nih. Kurang pas dibandingkan. Kira-kira anggaran Anda berada hingga sekitar Rp 2,5 juta ya? Kalau begitu, bagaimana bila membeli Infinix Zero 3 saja? Harga baru Rp 1,999 juta. Itu bisa USB OTG. Kameranya lebih bagus daripada ponsel lain yang Anda sebutkan.

  36. Siang koh HSW maaf nih saya minta masukan untuk beli hp..
    Menurut koh HSW dengan budget 3,5 – 5jtaan tablet yg rekomendet apa ya ?
    Saya nyarinya yg camera lumayan bagus, multitasking cepat, sama batre lumayan..
    Terima kasih koh

    1. Pak Seto,

      Silakan jepret-jepret pakai kamera ponsel, lalu hasilnya ditransfer dan dilihat di layar monitor PC/laptop.

  37. Kalau carger asli bawaan Mi 4i tertulis 5v/2A saya ganti dengan carger Vivan 5.3v/1A pengaruhnya apa pak? lebih lama mengisi saja atau bisa menyebabkan kerusakan baterai?

  38. Tapi Pak, kenapa (khususnya) mahasiswa
    /anak muda skrng lebih bangga make iphone? Sedangkan yg make gawai spt Lenovo, Asus, Xiaomi, LG, Infinix, Pureshot, Meizu, Huawei, masih dipandang sebelah mata, apa karena merek china?

    1. Pak Salman,

      Kan ada kesan kalau pakai produk Apple itu lebih bergengsi. Kayak zaman dulu pakai Nokia Communicator deh.

  39. Hi ko herry sy mau tanya
    Minggu ini sy rencana flight ke SG saya mau beli iphone 6s 128gb
    Tapi sudah tanya dan email beberapa Apple premium reseller disana dia bilang stok kosong dan saranin ke iphone 7
    Ada saran kah any recomended place for buy it ?
    Yang ada GST nya kalo bs ?
    Selain di lucky plaza dan simlim thanks

    1. Bu Shelly Fujita,

      Sepertinya iPhone 6s memang sudah diskontinyu dari pasar Singapura. Di mana-mana kosong.

      Setuju. Jangan beli di Simlim, apalagi Lucky Plaza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *