Retro Review Mito 288: Ponsel Pertama Mito di Indonesia

Merek ini pasti terdengar asing di telinga Anda. Mito. Kendati ada nuansa Jepang di kata yang terdiri atas empat karakter itu, ponsel bernama lengkap Mito 288 ini sebenarnya buatan Tiongkok.

Hal paling menarik dari Mito 288 adalah kemampuannya siaga alias stand by bersamaan di jaringan GSM 900/1800/1900 dan CDMA 800/1900 Mhz. Mengacu pada paparan penulis kala me-review Samsung SCH-W569, beberapa minggu lalu, Mito 288 termasuk ponsel dual system/mode, dual slot, dan dual online.

Di bagian belakang ponsel terdapat dua slot kartu. Masukkan kartu RUIM operator CDMA apa saja, tidak terbatas keluaran Mobile-8, di slot pertama. Lalu sisipkan kartu SIM operator GSM di slot kedua. Posisi ini harus benar, tidak boleh dibolak-balik.

Setelah ponsel dinyalakan, di kiri atas layar terlihat dua sinyal. Paling kiri CDMA, di sebelahnya GSM. Kala ada panggilan masuk, di layar akan tampil tulisan G-Call atau C-Call. G-Call bermakna panggilan itu ditujukan ke nomor GSM, sedangkan C-Call ke nomor CDMA.

Untuk melakukan panggilan keluar, pilih nomor tujuan dulu. Berikutnya, bila ingin memakai nomor CDMA, tekan tombol bersimbol telepon dan tulisan C berwarna hijau. Sedangkan bila hendak menelepon menggunakan nomor GSM, tekan tombol bertuliskan G. Pembedaan G dan C ini berlaku pula untuk SMS keluar-masuk.

Saat pengguna bertelepon kemudian ada panggilan masuk, di layar akan muncul notifikasi yang dilengkapi nomor penelepon. Pengguna boleh memilih melanjutkan pembicaraan yang sedang berlangsung atau menerima panggilan baru. Jika panggilan baru diterima, maka panggilan pertama otomatis terputus.

Baterai
Karena ibarat mencangkokkan dua ponsel ke dalam satu tubuh, sempat tebersit kekhawatiran bila konsumsi baterai Mito 288 amat boros. Kenyataannya tidak demikian. Untuk perilaku bertelepon ala penulis, sekali diisi ulang, baterai bawaan yang berkapasitas 1100 mAh rata-rata mampu bertahan 1,5 hari. Ponsel dalam kondisi selalu siaga alias tak pernah dimatikan.

Ketika membeli Mito 288 konsumen akan memperoleh dua baterai plus desktop charger yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai tanpa harus terhubung dengan ponsel. Andaikan terjadi sesuatu pada baterai bawaan, tak perlu cemas. Sebab, perangkat  berslot memori T-Flash alias microSD ini ternyata bisa menggunakan baterai Nokia BL-5C yang mudah ditemukan di gerai penjual ponsel.

+62 dan 0
CDMA tidak mengenal nomor yang diawali karakter +. Artinya, di Mito 288 yang dual mode GSM-CDMA ini, nomor +628781234567 dianggap berbeda dengan 08781234567. Supaya suatu nomor bisa dikenali sempurna, pengguna wajib memasukkan nomor itu dua kali di buku telepon, dengan awalan berbeda. Hal serupa wajib pula dilakukan bila pelanggan ingin memanfaatkan fitur firewall, yang terdiri atas black list dan white list, untuk membatasi panggilan masuk.

Hal lain, kalau panjang nomor yang menghubungi nomor GSM di Mito 288 lebih dari sepuluh digit, nomor itu takkan tersaji lengkap. Contohnya, penelepon menggunakan nomor sebelas digit +6285133445566. Maka yang akan tampil di layar adalah +628513344556… alias satu digit terakhir tidak terlihat. Kondisi serupa tidak terjadi pada panggilan ke nomor CDMA. Nomor sepanjang 12 digit pun masih bisa tersaji lengkap di layar.

Fitur Lain
Layar 262.144 warna, buku telepon berkapasitas 1.000 nama, nada dering MP3 untuk telepon dan SMS, pemutar musik serta video, dan perekam suara merupakan fitur lain Mito 288. Ponsel itu juga dibekali kamera dua megapiksel yang dalam penilaian penulis kurang mampu menghasilkan gambar berkualitas prima.

Ada pula fitur GPRS, MMS, kamus Inggris-China-Inggris, alarm, jam dunia, kalkulator, dan flight mode. Untuk koneksi dengan komputer pengguna hanya dapat menggunakan kabel data, mengingat Mito 288 tidak dilengkapi inframerah maupun bluetooth.

Di Surabaya, kemarin, Mito 288 dipasarkan di rentang harga Rp 3,8-4 juta dan bergaransi distributor independen selama setahun. Selain ponsel itu, di pasaran beredar CoolPAD 288 yang fisik, fitur, dan paket penjualannya persis sama dengan Mito 288. Pembedanya hanya tulisan di bawah layar: Mito atau CoolPAD.

Keterangan: Retro review merupakan review gawai yang HSW buat pada bertahun-tahun silam. Tulisan di atas HSW ketikkan 13 tahun lalu. Naskah diunggah persis sama dengan aslinya, kecuali judul yang awalnya ”GSM dan CDMA Aktif Bersamaan” diganti menjadi “Retro Review Mito 288: Ponsel Pertama Mito di Indonesia”.

***

Berikut contoh hasil jepretan kamera Mito 288. Foto terakhir menggunakan efek filter.

143 thoughts to “Retro Review Mito 288: Ponsel Pertama Mito di Indonesia”

  1. Om Herry, mengapa sekarang sudah tidak mengulas iPhone lagi? Ulasan terakhir yang saya baca adalah iPhone 7 yang belum dual SIM, dan sekarang iPhone sudah dual SIM walaupun salah satunya esim

    1. Pak Ferdy,

      Alasannya sederhana. Saya ngeri dengan harganya. Andai dual SIM fisik, mungkin saya akan nekat beli satu unit. Namun, karena dual SIM-nya fisik + eSIM, ogah deh.

  2. Mas herry, rekomendasi smartphone dgn sertifikasi tahan air yg paling terjangkau dong namun masih mumpuni. Terutama dari baterainya. Dimasa covid-19 bgini hp jadi lebih sering di dilap-lap basah. Makasih mas ?

    1. Pak Johan,

      Selama pandemi Covid-19 sih suram. Bukan hanya WTC, melainkan berlaku pula di pusat penjualan ponsel lain di Surabaya maupun luar Surabaya.

  3. Mosok om 3 juta lebih harga e -?
    Ngalah ngalahi ht mobile G33 lak an om
    Sama Nokia 5700 lak an om

  4. Pak herry, saya mau minta petunjuk :
    Dengan dana maksimal 1.6 juta, kira kira hp apa yang layak dibeli?? Kriterianya :
    1. Hasil kameranya bagus
    2. Gegas saat dipakai multitasking
    3. Baterai tidak boros.

    Untuk hp keluaran lama tidak apa apa. Sebelumnya terima kasih.

    1. Pak Joko,

      Dengan anggaran dan kriteria tersebut, saya tak berani memberikan rekomendasi ponsel apa pun deh.

  5. Pak herry….kalau pilihannya Redmi 7, Redmi 8, Redmi 8A Pro, Realme C3, Asus ZenFone Maxpro M2 dan Redmi Note 5, hasil kameranya yang terbaik yang mana pak??

      1. Om powerbank merk delcell apa masih recomend ?
        Dulu saya beli merk delcell nitro karena baca twitter e om herry.

        1. Pak Joko

          Saya tidak mengetahui kondisi terkini karena sudah sekitar dua tahunan ini belum mencoba power bank Delcell lagi.

  6. Ko ingin bertanya diluar topik Mito ini. Saya mempunyai budget 1 juta. Saya ingin mencari HP bagus second resmi dengan harga segitu. Keperluannya rencananya untuk dibuat jualan online saja. Kira-kira HP dan seri apa ya Ko yang Koko rekomendasikan? Kalau yang ada lebih dari satu juta lebih sedikit misal 100-200 ribu juga tidak apa-apa Koko rekomendasikan, intinya second.
    Minal aidzin walfaidzin ya Koko dari Kota Batu.

      1. Memang harga second TAM kalau normal dari Redmi Note 5 saat ini kisaran berapa Om? Karena diluar pasti ada yang distributor juga walaupun second

  7. Permisi koh, jadi sodara saya dikirimin Samsung A7 2018 oleh istri nya WNA Singapura. Alasan dikasih ke dia karena bekas jatuh layarnya rusak, katanya klo disana lebih baik beli lagi daripada memperbaiki hapenya. Dikirimkan ke sini udah lama sekitar 9-7 bulan lalu. Niat nya sama sodara saya ini mau di betulin tapi ga kunjung di diperbaiki, lalu di berikanlah ke saya daripada nganggur. Saya mau memperbaikinya, tapi masalahnya IMEI nya koh saya cek ga terdaftar. Saya nyalakan dan masukan sim card ga bisa di telpon (asumsi saya ya ga dapet sinyal). Saya cari-cari info katanya bisa mendaftarkan lewat aplikasi mobile beacukai, tapi banyak banget data yg harus dimasukkan no penerbangan, npwp dsb. Sodara saya juga ga bisa ngisi data-data tersebut. Saya sudah tanya kebeberapa forum hape blm dapet solusi nya. Tolong bantuannya koh, terimakasih sebelumnya.

    1. Pak Arief,

      Kalau membaca kronologisnya, wajar bila IMEI ponsel itu tidak terdaftar. Anda belum pernah memadukannya dengan nomor Indonesia sebelum aturan blokir IMEI resmi berlaku.

      Aplikasi mobile Bea Cukai itu disiapkan untuk konsumen yang membawa ponsel dari luar negeri, setelah aturan blokir IMEI resmi berlaku. Saya tak tahu bisa diterapkan atas kasus Anda atau tidak. Cobalah menanyakannya via akun media sosial Kemenkominfo.

    2. gak dapet sinyal bisa jadi frekuensi di singa beda sama di indo bisa jadi gak dapet sinyal gara gara itu

  8. Om herry kalau mau beli charger untuk xiaomi
    Itu beli nya di mi store apa di service center nya om ?

  9. Pagi Ko, mo minta saran, mo beliin hp baru buat mama, budget max 2jt. Kayaknya ga butuh spec yg tinggi, cuman cari yg handal dan awet aja. Kira2 yg recomended apa ya, boleh lah kasih 2 pilihan alternatif gitu. Makasih sebelumnya Ko.

        1. Om Herry saya sdh beli Vivo y 30 ,merunut om Herry gmn Vivo y 30 Kekurangannya dan kelebihan ?
          Saya sebenar waktu beli itu mau beli note 8 pro tp SM makertingnya di prospek SM Vivo akhirnya saya ke pindah haluhan k Vivo y 30,
          Makasih om herry

          1. Bu/Pak Suwani,

            Saya belum pernah menguji pakai Y30. Di atas kertas, prosesor ponsel itu untuk ukuran sekarang sudah kurang menarik. Baterai yang besar bisa dijadikan salah satu kelebihan.

            Wah, kalau saya ya jelas pilih Redmi Note 8 Pro. Lebih mantap.

      1. Mas herry bisa minta rekomendasi smartphone dibawa 1 juta untuk orang tua. Yang penting bisa whatsapp. Terima kasih

        1. Pak Akbar,

          Hmmm… kalau di bawah Rp1 juta, sebenarnya tidak ada yang benar-benar saya rekomendasikan. Rasanya pilihan terbaik mencari stok lama Asus Zenfone Live L2. Terakhir harganya Rp800 ribuan.

  10. koh herry,,, ada kah cara kita cek no operator apa saja yg terdaftar di NIK kita,,, (bukan per operator) secara keseluruhan,,, thank u koh herry

        1. Pak Yogi Permana,

          Risiko kartu tersangkut di dalam ponsel, selot kartu jadi longgar, dll. Ponsel merek dan tipe tertentu yang didesain kedap air bukan mustahil menjadi tidak kedap air.

        2. om herry saya kan pakai asus zenfone max pro m1.
          misal saya mau beli charger untuk asus yang saya pakai. itu beli nya di mana om herry ?
          di service center resmi asus om ?

  11. Pak Herry, boleh minta link ulasan anda di twitter mengenai realme 5 pro? Saya sempat mendengar kendala pada bodynya adalah mudah jamuran, bagaimana mengatasinya? Terimakasih

    1. Pak Rian,

      Saya jawab di sini saja dalam bentuk poin-poin.

      Kelebihan: secara umum kinerjanya bagus. Gegas, kamera tergolong prima di kelasnya, dan baterai cukup awet.
      Kekurangan: untuk saat ini bodinya kurang terlihat mewah. Bagi saya sih tak terlalu masalah.

      Terkait bodi jamuran, selama berbulan-bulan memakainya, saya tak mengalami hal itu. Secara berkala cobalah melepaskan ponsel dari case lalu membersihkan bodinya. Case-nya juga perlu dicuci memakai sabun cuci tangan.

      1. Terimakasih koh, oh iya koh sebagai pembaca setia blog ponselmu sejak 2015 (saya pertama membaca blog ini pada ulasan anda mengenai kemantapan kamera LG G4) saya sangat menantikan review dari anda melalui blog ini sebagai salah satu acuan pertimbangan saya dalam membeli gawai baru, semoga koh herry tetap setia menulis di blog ini mengenai ulasan soal gawai ya, karena saya bukan pengguna Twitter ?

        1. Pak Rian,

          Walaupun bukan pengguna Twitter, Bapak tetap bisa membaca lini masa saya kok. Ketikkan saja twitter.com/herrysw di browser. Alternatif lain, bikin saja akun Twitter. Gratis.

          Saya juga lumayan rutin mencuit di Instagram @herrysw.

          1. Benar koh, cara tersebut memang bisa dilakukan, tapi saya kesulitan mencari ulasan anda tentang gawai tertentu di twitter (tidak semudah di blog bisa search hehe)

          2. Pak Rian,

            Oh ok. Benar juga ya. Mungkin perlu dipikirkan cara tertentu agar lebih mudah dicari.

            Berarti, silakan langsung ditanyakan di sini saja.

  12. Om herry. Anker powercore select 10.000 mah itu apa bagus ? Kok harga nya sangat terjangkau untuk sebuah merk anker ?
    Di emart by shoppe om herry.

    1. Pak Paul,

      * Saya belum pernah menguji pakai power bank Anker tipe itu. Namun, saya sudah pernah memegangnya. Diduga murah karena Anker melakukan penyesuaian dalam proses produksinya. Misalnya, bodi power bank tersebut tidak semantap power bank Anker biasanya.

      * Ini maksudnya emart by Shopee ya? Karena pernah mengalami hal kurang menyenangkan sebanyak dua kali, saya malahan menghindari penjual tersebut.

  13. om herry sekarang realme ada iklan nya ya ?setelah update android 10
    realme ui di realme 3 pro
    gimana cara menghilangkan nya om herry ?

    1. Pak Bagas,

      Ada yang bilang begitu, tetapi saya belum pernah menjumpainya sendiri.

      Saya belum tahu cara menghadang iklan di ponsel Realme.

  14. Om herry
    *untuk hp merk vivo dan oppo apakah memberikan update version untuk android nya ?

    *untuk hp merk vivo dan oppo di aplikasi nya sistem nya apa juga ada iklan nya kayak xiaomi om ?

    Kepingin migrasi om saya dari xiaomi ke oppo atau vivo,

    1. Bu Hermin,

      * Biasanya iya. Namun, sepertinya pernah 1-2 kali ada yang tidak muncul major update-nya. Saya lupa tipe apa.

      * Sampai saat ini belum ada. Btw, iklan di ponsel Xiaomi bisa dihadang dengan pengaturan mudah (perlu waktu satu menit saja kok).

    1. Pak Mario,

      Dalam masa pemulihan di rumah. Sehari-hari masih banyak berbaring di kasur.

      Iya, akhir April lalu sempat masuk ICU sebuah rumah sakit di Surabaya.

  15. om herry kalau untuk iphone enak nya beli charger merk aukey anker atau tronsmart ?
    soalnya dari ketiga merk itu
    pakai teknologi quick charger 3.
    ada rekomendasi merk charger yang 5v 2A om herry?
    saya cari yang itu om

  16. Om herry saya cuma kasih tau ada berita kalau samsung yang pakai one ui 2.5 akan pakai iklan,
    Hahahaha
    Berati apakah semua android akan menerapkan iklan om ?

      1. Tapi enggak tau om benar atau tidak,
        Coba om herry baca berita nya
        Lagi terupdate sekarang.

        Oya menurut prediksi om herry xiaomi bakalan melanjutkan android one atau tidak?
        Saya tunggu tunggu kok enggak ada berita android one terbaru xiaomi.
        Sudah pingin upgrade si Xiaomi MiA1 saya
        Cuma sayang Xiaomi MiA3 ttidak resmi

  17. Koh herry mau tanya, apakah koh herry pernah mencoba memasang hydrogel untuk melindungi layar smartphone dan meninggalkan tempered glass? Kalau iya apakah lebih bagus hydro gel atau tempered glass koh?

      1. Terimakasih koh, saya tetap setia sama hikaru aja deh hehe, oh iya koh, apakah masih aktivis #samsungcoret? Saya sebenarnya penasaran dengan samsung seri A dan M beberapa reviewer di yt banyak yang merekomendasikan nya, saya ingin mendengar pendapat dari anda.
        Satu lagi koh, ada niatan review di yt gak koh kedepannya? Saya yakin pasti gak akan kalah sama mas david hehe

  18. Om Herry,
    Rekomendasi dong hp android yg layarnya kecil dibawah 6″ yg kualitasnya bagus. Ga terlalu suka dgn hp yg layar besar om

    1. Pak Wisnu,

      Sekarang saya selalu bingung bila diminta memberikan rekomendasi ponsel Android yang bagus dengan ukuran layar kurang dari enam inci. Sebab, tren ponsel Android terkini cenderung berlayar lebih dari enam inci.

      Satu hal yang perlu Anda ketahui, rasio layar ponsel keluaran terkini berbeda dengan dulu lho. Jadi, ponsel Android berlayar 6,2 inci keluaran terbaru dimensi fisiknya malahan lebih kecil daripada ponsel Android 5,5 inci keluaran beberapa tahun lalu. Saya berikan satu contoh nyata nih. https://www.gsmarena.com/compare.php3?idPhone1=7918&idPhone2=10169

  19. Pak herry maaf oot krn sy tdk pny akun twitter jd sy tanya d sini saja, bagaimana dgn kcepatan/kejituan sensor sidik jari redmi note 9 pro yg berada d samping itu

    1. Pak Bobi,

      Baik-baik saja. Sensor sidik jarinya dapat diatur bisa membuka layar hanya dengan disentuh atau perlu ditekan.

  20. Maaf jika pertanyaan ini tak ada hubungan nya dengan artikel
    1. Adakah ponsel Google Pixel yang masuk resmi ke Indonesia pak ? Kalau ada adakah link toko daring / store resmi nya ?
    2. Apakah pak HSW pernah mereview/ paling tidak mencoba ponsel Google Pixel , terutama di sektor kamera, ( entah produk resmi / tidak ) , apakah hasilnya bagus ( dibanding dengan merk lain dengan spesifikasi kamera yang sama ) .
    3. Adakah ‘bocoran’ tahun ini Asus akan mengeluarkan produk baru tidak pak ? Misalnya penerus Max Pro Series (entah nama ini bakal dipakai lagi tidak ) atau ada seri lain di kisaran harga dibawah 3 jutaan
    Makasih pak HSW

    1. Pak Febrianto,

      1. Tidak ada.
      2. Tidak pernah. Saya kan aliran garansi resmi saja.
      3. Produk baru ada, tetapi harganya pasti lebih dari Rp3 juta.

  21. om herry rekomendasi pilih mana antara
    redmi 7 dan redmi 8 ?
    di kantor dapat fasilitas 2 hp itu om
    disuruh pilih salah satu

    1. Bu Fransiska,

      Tak tahu karena saya tidak pernah mencoba Redmi 7.

      Kalau melihat spesifikasi di atas kertas, asalkan dapat memori yang sama besar, saya condong ke Redmi 7.

      1. iya memori nya yang 32/3 om
        kalau di liat spek nya redmi 8 baterai nya lebih besar
        kalau redmi 7 lebih nge gas chipset nya.
        om itu kan triple slot kan om si redmi 7 dan 8 ?

        1. Bu Fransiska,

          Saya lupa Redmi 7 bagaimana. Kalau Redmi 8 bukan hybrid. Dua nano SIM dan satu kartu microSD bisa dipasangkan bersamaan.

      1. Sudah saya coba koh, lucunya tertulis di live chat bahwa jam operasional sudah tutup, silahkan menghubungi via live chat pada senin sampai jum at jam 09.00-18.00. Padahal saya menghubungi pada hari senin pukul 13.48 hehehe

          1. Pada saat itu jawaban yang saya terima adalah jawaban bot yang menginformasikan bahwa sedang tutup, namun sehari setelah saya komen disini saya cek web live chat nya sudah normal kembali, kebetulan yang bisa disangkutkan hehe.
            Koh ada rekomendasi headset atau speaker aktif yang suaranya enak dan harganya tidak terlalu mahal? Terimakasih

          2. Pak Spermanologhy,

            * Oh ok. Jadi, apakah akhirnya sudah berhasil cek masa garansi?

            * Maaf, tak ada rekomendasi karena saya sudah lama sekali tidak membeli barang tersebut.

          3. Sudah bisa koh, pertanyaan saya mengenai masa garansi terjawab dengan baik melalui live chat web realme

  22. Halo Om Herry SW,

    Maaf OOT. Walaupun mungkin belum lama baru keluar dan baru sekedar towel-towel, boleh saya minta review singkat / impresi awal tentang Redmi Note 9 Pro (terutama yang versi 8/128 kalau bisa)? Jujur saya sangat ngiler sekali sama smartphone satu ini.

    Beberapa faktor yang mohon diulas singkat:
    1. Kamera utama & selfie (terutama untuk video)
    2. Tingkat kegegasan (kesepadanan SOC, RAM & kegegasan)
    3. Daya tahan baterai (5020mah) & kualitas fast charger (33 watt)
    4. Fitur NFC – Infrared – Side Fingerprint
    5. Tingkat kesepadanan harga normal dan kualitas secara umum (terutama yg versi 8/128 seharga 3.899 juta)

    Menurut Om Herry apakah worth it untuk upgrade dari ponsel saya saat ini (Lenovo P2 Turbo) ke Redmi Note 9 Pro 8/128 dengan mempertimbangkan harganya (3.899) dan kebutuhan saya akan fitur2 diatas? Atau mungkin lebih worth it ambil yang versi 6/64 (3.499)?

    Untuk info spesifikasi Lenovo P2 Turbo saya: Snapdragon 625, FHD Amoled, 4/32, Hybrid Slot (saya pasang extension dual sim + micro sd 128gb), NFC, Baterai 5000mah, Charger 24 watt

    Maaf merepotkan, karena saya sebenarnya sungguh menantikan artikel ulasan Om di blog ini tentang Redmi Note 9 Pro, yang fiturnya 1000% sesuai idaman saya (ada nfc, triple slot, baterai besar, ram besar, storage besar, kamera lumayan bagus, fast charging, merk global). Jadi penasaran dengan kinerja fitur2 itu.

    Terima kasih banyak Om. Semoga sehat selalu.

    1. Pak Alexander Ipin,

      Saya memang memakai Redmi Note 9 Pro varian 8/128.

      Layak banget. Hmm… bergantung Bapak perlu memori internal besar atau tidak. Kalau 64 GB dirasa cukup, ya cukup ambil yang 6/64.

      Redmi Note 9 Pro kan masih proses uji pakai. Jadi, ya belum ada ulasannya.

  23. menurut om herry ponsel nokia candy bar nokia yang di rilis hmd apakah kualitas nya setara dengan era nokia tahun 2005-2009 ?

        1. Pak Keldeo,

          Kalau tidak sedang bepergian ke luar kota, saya lebih sering pakai lensa tele. Kalau sedang bepergian ke luar kota, lensa sudut lebar lebih sering digunakan.

  24. Ko Her, saya ingin bertanya mengenai 2 HP Xiaomi yang baru diluncurkan awal bulan kemarin.

    Pertama, dalam posting Instagram Ko Hery merekomendasikan Redmi Note 9 Pro, tapi bagaimana dengan Redmi Note 9-nya?
    Saya berpikir mungkin Ko Hery tidak memegang atau pun mencoba unit Redmi Note 9-nya.
    Tapi Redmi Note 9 kan lebih murah Om daripada Redmi Note 9 Pro-nya, jadi menurut saya butuh pandangan juga dari Om, apakah Redmi Note 9 juga layak beli atau tidak.

    Kedua, mengenai bobot hp tanpa casing. Dalam spesifikasi GSM Arena tertulis bobot Redmi Note 9 199 gram dan bobot Redmi Note 9 Pro 209 gram.
    Saya tahu Om belum mem-publish review Redmi Note 9 Pro ataupun memegang unit Redmi Note 9.
    Dan mungkin bobot dan penggegaman Redmi Note 9 Pro tidak menjadi masalah di tangan Om Hery sendiri, tapi bisakah Om menyampaikan pandangan bagaimana jika pengguna Redmi Note 9 Pro itu adalah orang yang tidak bertangan besar dan sebelum-sebelumnya lebih sering menggunakan hp dengan bobot 190 gram kebawah?
    Apakah akan menjadi masalah, ataukah tidak akan menjadi masalah?

    Ketiga, terkait letak fingerprint Redmi Note 9 Pro yang ditempatkan disisi hpnya.
    Apakah menurut Om hal tersebut enak dan mudah?
    Apa bisa cepat rusak Om, karena kan tombolnya menyatu untuk Power. Ataukah lebih enak jika fingerprint tetap ada di area belakang HP?

    1. Pak Rizqy Afrizal,

      1. Lha saya kan tidak pernah menggunakan Redmi Note 9. Jadi, ya tak tahu layak beli atau tidak.

      2. Tidak bertangan besar seharusnya masih oke. Sebelum pakai ponsel berbobot berapa nih? Kalau sebelumnya, misalnya, 180 gram, selisih beratnya takkan terasa deh.

      3. Enak. Mudah. Produsen ponsel mestinya sudah melakukan pengujian dan analisa mendalam sebelum menerapkan sensor sidik jari di samping, menyatu dengan tombol power. Lagipula sensor sidik jari seperti itu sebenarnya bukan hal baru. Bertahun-tahun lalu ponsel Sony sudah menerapkan hal serupa.

      Saya pribadi paling suka dengan sensor sidik jari di sisi belakang ponsel.

      1. Baik Ko.

        Sebelumnya (saat ini) saya memakai Redmi Note 7 yang tanpa casing-nya berbobot 186 gram Ko. Apakah kalau pindah (upgrade) ke Redmi Note 9 atau Redmi Note 9 Pro tidak akan terasa jauh perbedaan bobotnya?

        Terkait side fingerprint Redmi Note 9 Pro, jempol Koko kan cukup besar, apa fingerprint-nya tetap responsif di jempol Koko bila unit dipakaikan dengan soft case?

        Apakah di Redmi Note 9 Pro ada fasilitas doble tap to wake Ko? Karena fungsi tersebut yang saya perlukan, seperti di Redmi Note 7 yang saya pakai saat ini.

        1. Pak Rizqy Afrizal,

          * Dari sisi bobot takkan terasa jauh lebih berat.
          * Tetap responsif. Softcase-nya tidak menutupi sensor sidik jari kok.
          * Ada.

  25. om herry saya kelahiran 2006, jadi era nya nokia dan blackberry. dulu nokia sama blackberry itu larisan mana om ?

    1. Pak Milotic,

      Awalnya Nokia lebih laris, lalu BlackBerry lebih laris, Nokia tenggelam, dan akhirnya BlackBerry ikutan tenggelam.

  26. om herry.
    charger yang om herry di twitter yang harga 99 rb itu kan charger xiaomi quick charger 3 di mi store itu yang mirip bawaan e pocophone F1 kan ?
    kalau iya, sama kayak di Mi Store MOG Malang om.
    Tapi dulu saya beli 90rb buat pocophone

    1. Pak Robert,

      Saya tidak ingat charger Pocophone F1 seperti apa.

      Intinya, yang harga Rp99 ribu itu charger orisinal Xiaomi yang mendukung Quick Charge 3.0 18 Watt.

  27. om herry saya kan enggak pernah pakai aplikasi ojol.
    saya pingin nya instal salah 1 aplikasi ojol biar tidak memberatkan kinerja hp karena fungsi nya sama.
    menurut om herry enak kan mana antara grab dan
    gojek untuk di daerah surabaya.

  28. om herry menurut om herry lebih pilih mana xiaomi redmi note 8 pro dan 9 pro buat saya yang mahasiswa ?
    saya sudah nabung buat xiaomi redmi note 8 pro udh lumayan terkumpul uang nya

    1. Pak Nick,

      Kalau dana tersedia, lebih baik langsung pilih Redmi Note 9 Pro. Perbedaan kinerjanya dibandingkan Redmi Note 8 Pro, terutama kamera dan kecepatan charging, sangat signifikan.

  29. Om herry asesoris untuk iphone xr enak nya pilih merk aukey apa tronsmart om herry ?
    Kok saya lebih suka ke aukey ya om ?

    1. Pak/Bu Naxia,

      Aukey dan Tronsmart biasanya sama kok. Saya condong ke Tronsmart karena masih lebih aman dari pemalsuan.

      1. oalah om herry untuk aukey ternyata banyak yang palsu toh. kalau anker gimana om apa ada yang di palsukan juga ?

  30. om her. baseus itu apa bagus ?
    kemarin lek enggak salah pas baca twitter e om herry.
    charger baseus e kadang bisa fast charging kadang enggak di vivo s1 pro ya om ?

    oya om herry charger quick charger 3 yang beli di mi store harga 99rb kok enggak di uploda di twitter om saya kepo bentuk dan type nya heheheh.

    1. Pak Emanuel,

      Dulu bagus. Terakhir saat saya membeli charger-nya, terus terang saya kecewa. Mengapa?

      1. Pengecekan kualitasnya kurang bagus. Barang yang saya terima ada cuwil di bagian tertentu.
      2. Fitur pengisian cepatnya tidak selalu berfungsi optimal.

      Terkait charger yang dibeli di Mi Store, saya kan sekadar membantu follower saya beli. Langsung saya kemas dan kirimkan.

      1. om herry charger nya yang beli di mistore yang harga 99rb itu apakah mirip dengan charger bawaan redmi note 9 om ? kan redmi note 9 bawaan e 18 watt kan.

    1. Pak Daniel,

      Urutan tepatnya saya lupa. Ada Nexian, HT Mobile (sebelumnya Hi-Tech), dan Cross (kini Evercoss).

  31. om herry apakah ada rekomendasi
    smartphone android nokia
    harga dibawah 2.5 jt om,
    soalnya bapak saya mau nya merk nokia
    aduh aduh…

    1. Pak Elman Navian,

      Ponsel Android Nokia dengan harga kurang dari Rp2,5 juta sekarang tidak ada yang menarik, Pak. Harganya terasa terlalu mahal dibandingkan spesifikasi yang didapatkan.

  32. om herry dulu kan pernah share.
    bila pakai hp android tapi tidak di gunakan internet lebih baik gprs telkomsel di matikan.
    karena nanti nyedot pulsa meskipun data kondisi off.
    sampai sekarang apa tetap gitu om herry ?

  33. om herry untuk ponsel nokia 5310 yang om herry beli.
    itu kalau ada ada sms atau missed call yang belum kebaca apakah lampunya di lcd nyala byak byak kayak jaman nya nokia lama om ?
    om herry paham kan yang saya maksud.

    1. Pak Alberyo,

      Nokia 5310-nya belum saya coba. Saya akan menyelesaikan uji pakai Nokia 5.3 dan Realme C11 dulu.

  34. om herry.
    di twitter yang foto kardus vivo x50 pro yang ada foto beberapa charger, yang charger xiaomi putih di foto itu apa yang charger quick charger yang om herry beli di mi store sing harga e 99 rb ?

    1. Om yang charger xiaomi di twitter e om herry yang di shoppe. Mirip yang di beli om herry di mi store ta ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *