Review Acer Liquid E2: Quad Core Global Dua Jutaan

Kesuksesan di pemasaran notebook tidak menjamin keberhasilan dalam penjualan ponsel. Hal itu telah dibuktikan oleh Acer di Indonesia. Laris manis di penjualan notebook maupun netbook, namun praktis tak terdengar di bisnis ponsel.

Keberadaan ponsel Acer baru mulai sayup-sayup terdengar pada tahun lalu, ketika mereka menawarkan Acer Liquid Z1 Duo (Z110). Ponsel Android dual SIM itu dibanderol dengan harga perdana Rp 1,099 juta, lalu dikoreksi menjadi Rp 999 ribu. Saat ini ada satu ponsel lain Acer yang lebih menarik dicermati: Acer Liquid E2.

Liquid E2-1

Spesifikasi Liquid E2 (V370) yang tercetak di brosur cukup menggoda hasrat. Di antaranya, prosesor empat inti (quad core) MT6589 1,2 GHz, layar sentuh 4,5 inci beresolusi 540 x 960 piksel, RAM 1 GB, ROM 4 GB, dan Android Jelly Bean. Ponsel berdimensi fisik 131 x 68 x 9,9 mm dan berat 140 gram itu dibekali DTS sound, Wi-Fi, GPS, bluetooth, dan mendukung layanan HSPA+ 42 Mbps. Sumber dayanya berasal dari baterai berkapasitas 2.000 mAh.

Tebaklah harganya! Rp 4,5 juta? Hei… ingat, ini Acer lho. Dia bukan Samsung yang sangat populer dan rutin mematok harga jual ekstramahal. Bunuh diri deh kalau Acer berani memasang harga jual setinggi itu.

Acer membanderol Liquid E2 dengan harga ritel Rp 2,499 juta. Harga yang menggiurkan untuk sebuah ponsel Android berprosesor empat inti dan bermerek global. Sebab, harga tersebut berarti “hanya” sekitar 20 persen di atas harga ponsel merek lokal buatan Tiongkok yang kualitas dan layanan purna jualnya kadang mendebarkan.

Tampilan fisik Liquid E2 tidak spesial. Tak sampai terkesan murahan, namun juga belum layak disebut mewah dan istimewa. Layar ponsel mampu menampilkan huruf dan gambar dengan relatif prima. Enak dipandang, kecuali saat dipakai di bawah terik sinar matahari. Responsnya terhadap sentuhan jari relatif tanpa cela.

Liquid E2-2

Dua speaker terdapat di sisi belakang ponsel. Saat pengguna memainkan musik via speaker internal, kemampuan DTS sound di Liquid E2 kurang mencuat. Nilai lebih DTS sound baru terasa kala pengguna memutar musik atau memainkan game dengan earphone terpasang di kedua telinga. Indra pendengar pengguna bakal dimanjakan.

Sepasang kamera dibenamkan ke bodi ponsel dual standby GSM-GSM itu. Kamera utama dilengkapi fokus otomatis, lampu kilat, dan mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel. Kinerjanya cukup baik. Khusus untuk pemotretan jarak dekat, performa kamera itu pantas memperoleh skor tambahan. Satu kamera lain, dengan resolusi dua megapiksel, berada di sisi muka ponsel.

Memori internal empat GB di Liquid E2 dibagi dua, internal storage dan phone storage. Kali pertama ponsel diaktifkan, tersisa 893 MB ruang kosong di antara total kapasitas internal storage yang 2,35 GB. Sedangkan phone storage-nya masih utuh 1,65 GB. Selipkan kartu microSD untuk memperbesar ruang penyimpanan file multimedia.

Selama menguji pakai Liquid E2, ada anomali yang penulis alami. Tuntas menjalani proses charging pertama dan kedua, baterai ponsel itu hanya sanggup menemani penulis beraktivitas selama masing-masing enam jam. Saat dipakai, area di kiri lampu kilat kamera terasa panas. Ya panas, bukan sekadar hangat.

Setelah pengisian baterai untuk kali ketiga dan berikutnya, baterai Liquid E2 mampu bertahan 10-12 jam. Ponsel juga tak pernah terasa panas. Padahal, beban kerja ponsel justru lebih berat daripada sebelumnya.

Namun, timbul satu keanehan baru. Sesekali indikator pengisian baterai terus berjalan meskipun ponsel sudah di-charge selama lebih dari enam jam. Dalam kondisi seperti itu, bila charger dilepas, lalu ponsel diaktifkan, baterai sebenarnya telah terisi 99 persen, bahkan 100 persen.

Selain anomali yang belum ditemukan penyebab pastinya itu, Liquid E2 berfungsi dengan normal. Ponsel tak pernah hang atau mendadak restart sendiri. Di antara aneka ponsel Android merek Acer yang pernah penulis coba, baru kali ini ponsel Acer mampu menyita perhatian penulis.

158 thoughts to “Review Acer Liquid E2: Quad Core Global Dua Jutaan”

  1. Pak Herry,
    sebenarnya saya sempat tertarik dengan Acer namun bukan E2 tapi C1, yang harganya sekitar 1,9 – 2 juta, selain lebih murah saya rasa fiturnya juga sudah sangat cukup untuk saya, dan saya sangat tertarik dengan processor Intel Atom nya yang walaupun single core tapi berkinerja hampir sama seperti dual core, namun saya teringat kata pak Herry, kalau harga jual kembali smartphone Acer sangat jatuh, lagipula yang memiliki smartphone tersebut tampaknya juga sangat jarang, sehingga saya mengurungkan niat saya tersebut.

    1. Pak Yopie,

      Setahu saya C1 dijual di kisaran harga Rp 2,7 juta. Di manakah ada yang menjualnya Rp 1,9 juta?

  2. Baru sadar, posisi peletakan speakernya sangat unik dan bentuk nya juga seperti speaker pada body belakang hape merk lokal buatan tiongkok πŸ˜€

  3. waktu saya test di ICS, kamera nya laggy banget, kita arahkan ke object, lalu kita gerak gerakin hp nya, tampilan di layar nya lebih lambat dari gerakan kita

  4. btw saya pribadi lebih condong ke clock speed daripada sekian core, dualcore sudah cukup asal mumpuni kinerja nya sich, belom test lebih lanjut sich hp ini, bagaimana kinerja Quadcore 1,2ghz dia kalo dibanding hp lama saya yang cuma 1,4ghz dualcore misalnya

    1. Pak Enwui,

      Yup, quad core bukan jaminan smooth dan lancar jaya. Namun, karena di pasar telah terbentuk image bahwa quad core pasti lebih bagus daripada dual core, produsen ponsel akhirnya juga beradu gengsi di poin tersebut. Quad core sekaligus dijadikan gimmick pemasaran. Ini ceritanya seperti bertahun-tahun silam, saat para produsen ponsel beradu besar-besaran megapiksel kamera.

      Bulan lalu, di ICS Jakarta, saya sempat mencicipi ponsel Mito quad core. Pergerakan menunya ternyata kalah smooth dibandingkan ponsel Lenovo yang “cuma” dual core.

  5. Pak Harry, stau saya bpk jg berencana utk mreview Andromax-V yg specny ‘mirip2 hp ini. Klo mnurut bpk, kira2 yg mn yg lbh worthed utk dbeli…tks

    1. Pak Punkky,

      Pak Harry siapa ya? πŸ™‚

      Saya belum pernah mencoba Andromax V, meskipun saya memang berencana kelak akan meminangnya. Jadi, saya belum bisa membandingkan Andromax V dengan Liquid E2.

  6. Apakah benar pada Acer liquid E2, dual sim nya tidak dual on?
    Dan kalau dibandingkan dengan Samsung Galaxy Grand Duos, menurut ko Herry, lebih layak di beli yg mana ( point : Harga, Fitur dan Kenyamanan ). Terima kasih

    1. Pak Victor,

      Dua nomor GSM benar-benar bisa menyala bersamaan di Liquid E2 kok.

      Kalau dibandingkan Galaxy Grand Duos, saya lebih memilih Liquid E2. Kecuali, harga Grand Duos dikoreksi menjadi di bawah Rp 3 juta.

  7. yup betul di stand acer, wah sayang sekali pamerin kok unit nya ga sesuai, sampai terbentuk opini di saya, kameranya laggy parah, ampe jari tangan digerakin di depan lensa, tampilan di layar hp nya seperti adegan film the six million dolar man πŸ™‚

  8. Pak Herry,

    Pak Herry saja yang beli, kan sudah merupakan hobi dari pak Herry πŸ˜€ dan itulah tujuannya Ponselmu.com.
    Saya tinggal menyimak reviewnya saja, hehehe…

    1. Pak Yopie,

      He… he… he… Karena C1 keluar lebih awal daripada E2, padahal E2 sudah tuntas di-review, C1 takkan saya review.

  9. Pak Herry,

    Wah, ya sudah, padahal saya penasaran dengan kinerja processor nya πŸ˜• …
    Saya juga ingin tahu, tentang anomali baterai E2, berapa jam masing2 pengisian baterai dari pertama, kedua, ketiga, dan selanjutnya ?
    Apakah dari low battery (bawah 15%) lalu sampai full atau lebih ?
    Dalam kondisi off atau on ?
    Terima kasih.

    1. Pak Yopie,

      He.. he.. tapi, harga C1 bekas pasti hancur. Kalau E2, karena peminatnya lumayan banyak, harga pasar bekasnya relatif bagus.

      Saya nggak menghitung dengan detail waktu pengisiannya. Charging dimulai dari kondisi di bawah 15 persen. Sampai penuh butuh waktu 3,x jam. Ponsel padam total selama proses charging.

  10. Pak,
    kalau dibanding sama Lenovo P770, mending pilih yang mana dan kenapa? Beda performa, konektivitas dll (yang pasti batere P770 lebih besar sih). Bingung milihnya.

    1. Pak Dan,

      Ini ceritanya P770 versus Liquid E2 ya. Saya pribadi lebih memilih P770 dengan berbagai pertimbangan:
      * Dual core di P770 sudah terasa nyaman kok. Ya kalau bisa quad core sih memang lebih asyik.
      * Baterai P770 lebih mantap. Saya nggak perlu khawatir kehabisan baterai meskipun keluar rumah subuh dan baru pulang tengah malam.
      * Saya bisa mendengarkan siaran radio FM tanpa perlu menancapkan handsfree berkabel.
      * Dalam kondisi darurat, P770 bisa saya fungsikan sebagai power bank untuk mengisi ulang baterai acang lain.

  11. pak, klu kemampuan GPS antara Liquid E2 dibanding P770, gimana hasilnya?
    saya sebenernya niat beli P770, tapi kok ada yg bilang kemampuan GPS-nya gak bagus.
    bagi saya, pertimbangan GPS lumayan penting juga.

    terima kasih
    didik

  12. Pak Yunianto,

    “Biasa kok om, banyak MediaTek yang seperti itu… ” di atas maksudnya dalam hal apa ya?

  13. Pak Didik,

    Kecepatan locking GPS Liquid E2 sedikit lebih singkat daripada P770 yang tergolong lama.

  14. Pak Herry,

    Toko apa di wtc atau plaza marina surabaya yg sudah menjual hape ini ?
    Matur tengkyu sebelumnya.

  15. Pak Yusuf,

    Saran saya, sebaiknya Anda menunda pembelian Liquid E2. Stok di pasar sedang kosong. Kalau pun ada toko yang kebetulan punya barang, harga yang ditawarkan seringkali di luar batas kewajaran. Bisa sampai Rp 3 juta.

  16. Pak Aje,

    Saya belum pernah mencoba S89.

    He.. he.. daripada membel ponsel Imo, Cross, atau Mito, uangnya mendingan saya tabung, Pak.

  17. Pak Herry
    Apa pernah punya pengalaman buruk dengan merk tersebut ? Kok sepertinya alergi hehehe boleh di-share donk di sini

  18. Pak Yusuf,

    Kinerja nyata jauh di bawah yang diiklankan. Sayang banget deh karena Cross dan Mito beberapa tahun lalu tergolong cukup bagus dibandingkan rata-rata ponsel merek lokal buatan Tiongkok. Kalau Imo, dulu parah, sekarang ada perbaikan, tetapi masih belum mencapai ambang batas minimal.

  19. Tak ada perbedaan yang terlalu jauh dari keempat tipe ponsel android quad-core ini. Pilihan kembali di tangan anda. Untuk yang berbudget mepet, bisa memilih IMO S89 miracle. Tak ada masalah dengan jaringan CDMA dan memiliki budget lebih, ada Andromax V. Ingin merasakan layar yang lebih lebar, bisa mencoba Mito A355, dan untuk urusan Brand, sepertinya Acer lebih unggul dibanding kompetitornya, selain spesifikasi yang tak begitu jauh berbeda.

  20. Siang PAk Herry,

    saat ini saya baru mau beli P770 atau Acer Liquid E2, kalo dari specknya saya tertarik ama Liquid E2, apalagi saya sering perjalanan di mana saya butuh sekali GPS yang cepet, dan juga kamera yang bagus karena berhubungan dengan Foto2 juga. kira2 sebaiknya saya beli yang mana ya pak Herry? apakah ketahanan Batere Liquid E2 hanya 6 Jam Saja? apa kalo kerjanya terlalu berat Baterenya juga cepet habis? saya lebih berhubungan dengan GPS, Email, Browsing, Foto dan Internet, mohon masukkannya pak Herry.. oya ada info juga Acer lemah di LCDnya apa benar?

    1. Pak Bayu,

      Penguncian lokasi di GPS E2 memang lebih cepat daripada P770. Namun, ia belum bisa dibilang cepat banget lho.

      Kalau soal kamera, relatif imbang deh. Untuk pemotretan jarak menengah, foto yang dihasilkan S890 lebih cerah dan cemerlang.

      Soal ketahanan baterai, daya tahan E2 yang hanya enam jam itu saya alami pada dua charging pertama. Setelah itu bisa lebih lama. Kalau diadu dengan S890, daya tahan baterai S890 lebih lama daripada E2.

      E2 lemah di LCD? Dalam hal apa nih, Pak? Saya tidak menemukan sesuatu yang mencurigakan di layarnya.

    1. Pak Bayu,

      Saya belum pernah mencoba Lenovo S6000. Tablet itu bukannya belum beredar, Pak? Entah bisa telepon atau tidak. Dugaan saya sih tidak bisa.

  21. pak Herry,

    saya berencana beli E2, tapi saya dengar katanya tidak bisa install app di micro SD, harus di root dan di swap / switch memory dan semacamnya lah saya ngak ngerti. apakah itu benar info nya pak?

  22. Pak Sony,

    Bukankah mayoritas ponsel standarnya memang tak bisa menginstalasikan aplikasi di microSD. Asalkan memori internal cukup besar, menurut saya, hal itu tak masalah.

    Saya sendiri tak pernah melakukan rooting atau swap memory dan sejenisnya.

  23. Pak Herry,

    Saya pengen beli Acer Liquid E2 nya tapi bisa kasi info gak kekurangannya apa aja. takut nyesel ujungnya hehe.

    oh iya apa bener kalau ngambil gambar kameranya lama tanggap pak ? mohon balasannya terima kasih

    1. Pak Arif,

      Sisi minusnya: tampilan kurang spesial. Bagian belakangnya malahan kayak ponsel merek lokal buatan China. Baterainya kadang anomali seperti sudah saya paparkan di naskah review.

      Soal kamera, responsnya memang tidak sangat cepat. Namun, juga tak bisa dibilang lemot.

  24. Pak Herry, terkait install aplikasi di microSD, ternyata Lenovo agak lain ya… dengan setting di storage management ternyata dengan mudah default write disk bisa diubah dari stoarage internal (usb storage) ke external/microSD (SD storage).
    Kalau sudah begitu, dengan appmgr kita bisa pindahkan penyimpanan file aplikasi ke SDCard. Apakah itu yg dimaksud om Sony?
    Dengan fasilitas ini saya bisa install aplikasi & game sampe puluhan biji loh πŸ™‚ dengan syarat microsd nya minimal class 10.

    Apakah yang seperti itu bisa dilakukan di smartphone lain? Saya coba di samsung grand kok ngga bisa-bisa ya? jangan jangan ini keunggulan Leno…
    coba nanti cek di Himax nya yg baru ya pak… abis itu Himax nya pak Herry gw mau beli deh πŸ™‚

    1. Pak Dhan,

      Iya, memang ada pilihan tersebut di ponsel Android Lenovo. Kalau ingin mengubah default-nya, idealnya pengguna langsung melakukannya sejak awal. Ketika mereka belum menginstalasikan aplikasi tambahan.

      Di ponsel Lenovo pun seingat saya tak semuanya bisa. Ketika default diubah menjadi SD storage, di sebagian ponsel instalasi aplikasi tambahan tetap masuk ke internal storage. Yang saya ingat bisa: Lenovo P770.

    1. Pak Arif,

      Tanpa melihat popularitas merek, saya memilih Acer Liquid E2. Kalau boleh menyebutkan pilihan lain, di kisaran harga yang sama, saya lebih memilih Lenovo P770.

  25. Bisa lebih terperinci ga pak, mengapa lebih memilih lenovo P770 dilihat dr layar, suara, kamera. Saya bingung mau beli antara dua ponsel itu. Yg P770 suka di baterenya, yg E2 tergiur sm kualitas rekam video 1080 per 30s sama prosesornya yg quadcore.

    1. Pak Zainal,

      Alasan saya lebih memilih P770 ketimbang Liquid E2 sebenarnya lebih banyak bukan didasari oleh layar, suara, dan kamera.

      Saya lebih suka P770 karena:
      * Siaran radio FM bisa didengarkan tanpa perlu menancapkan handsfree berkabel. Kalau perlu, saya bisa merekamnya.
      * Baterai P770 berkapasitas 3.500 mAh. Saya bisa beraktivitas sehari penuh, mulai pagi sampai tengah malam, tanpa khawatir kehabisan baterai.
      * Dalam kondisi darurat, saya bisa memanfaatkan P770 untuk men-charge baterai ponsel lain.

      Layar, suara, kamera, dan prosesor P770 yang “hanya” dual core masih dalam taraf yang bisa saya toleransi. Untuk pemakaian sehari-hari, kinerja nyata poin-poin tersebut relatif nggak terasa berbeda dengan Liquid E2.

  26. Kalau perekam video jelas kerasa bedanya ngga pak liquid E2? Kan 1080 per 30s. Sama suaranya, memang relatif tiap orang beda. Tp kalau pake earphone bagus mana pak sama lenovo P770. Satu lagi, masih belum ngerti sama fungsi canceling noise nya E2. Terimakasih pak.

    1. Pak Zainal,

      Yang paling terasa adalah resolusi videonya, lalu tingkat pencahayaan. Klip video yang dihasilkan Liquid E2 sedikit lebih terang (bukan lebih tajam) dibandingkan P770.

      Dengan asumsi P770 + earphone bawaan dan Liquid E2 + earphone bawaan, lebih nendang yang punya Liquid E2.

      Noise cancellation itu untuk menyaring noise. Jadi, suara yang terdengar lebih jelas.

  27. apa ya penyebab panas di back cover di sekitar bawah kamera?kalo dipake main game dan browsing lumaysn lama jadi tidak nyaman.
    apakah hal ini wajar di smartphone?

  28. Pak sy tertarik dgn Acer E2 tapi masih galau dengan pilihan lain antara Lg 7 dual atau sony experia l. Klw dikisaran harga tdk terlalu jauh beda. Kecuali experia l agak mahal sedikit.tks

  29. Pak Heffy Riyanto,

    Kalau yang sempat saya alami, yang panas daerah di kiri lampu kilat kamera. Entah di bagian tersebut ada komponen apa. Kalau Anda mengalami panas di bawah kamera ya?

    Bila yang Anda rasakan sebenarnya hangat, hal itu masih tergolong wajar. Tetapi, kalau panas yang sudah tak memungkinkan dipegang memakai tangan, hal tersebut tidak wajar.

  30. Pak Hedi,

    Saya belum pernah mencoba LG Optimus L7 II dual. Kalau Xperia L, minggu depan saya baru mulai menguji pakainya. Dengan demikian, belum tahu lebih bagus mana dibandingkan Liquid E2.

  31. pak, apa kualitas suara di loudspeaker acer liquid e2 untuk volume di atas 70 terdengar “ngeprek” ?
    saya sudah coba lepas back cover, masih ngeprek jg, apa mesti ke sevice ctr ya pak ?
    kalo pake earphone sih memang mantap suaranya pak… mohon saran

    1. Pak Roni,

      Yang dimaksud dengan “ngeprek” itu apakah “sember” atau “pecah”? Sekitar 70 persen mestinya belum pecah. Kalau diposisikan maksimal, baru terasa pecah.

    1. Pak Ahma,

      Panduan memilihnya kira-kira begini:
      * Ambil Lenovo S890 kalau ingin yang berlayar lebar dan baterai tahan lama. Paket penjualan ponsel itu sudah termasuk flip cover. Jadi, tak perlu mengeluarkan dana tambahan lagi.
      * Pilih Acer Liquid E2 kalau ingin yang prosesornya quad core dan lebih nyaman digenggam.

  32. Pak Herry, sama masih bingung mau pilih Xperia J, Galaxy Fame atau ini pak, Kalau Xperia J dan Fame bagusnya pilih yang mana pak ? mohon pencerahan nya

    1. Pak Arif,

      Saya belum pernah menyentuh Galaxy Fame. Kalau Xperia J versus Acer Liquid E2, saya sih memilih Liquid E2. Ia unggul dalam berbagai hal, kecuali menyangkut desain atau tampilan fisik.

  33. Pak, saya berencana membeli hp android yang bisa video call karena ingin tele conference dgn professor di luar negeri dan bisa wifi hotspot, budget 2.5 – 3 jtaan, kira-kira hp android apa yg mumpuni di kisaran harga tsb?

    1. Pak Wicaksono,

      Ini berarti maksudnya ber-video call via internet ya, bukan jaringan seluler? Acer Liquid E2, Lenovo S890, Sony Xperia L, dan LG Optimus L9 boleh Anda pertimbangkan.

  34. Gw mau kasi review aja neh bwt yg baru minat sm ni hp. Klo lg charging jgn di pake main” kyk browsing ato gaming. Ntar dket led flasnya overheat.
    Baterai kurang ngangkat, 2000mah utk spec segini tuh berasa sangat kurang. Gw beli power bank 5600mah yg in/outnya 1A cma kuat bwt 1,5x charge dr 30% ke full.
    Performance? Memuaskan. Gak pernah restart, lcd jg jernih n sangat responsif. Gak over sensitif. Tap n touchnya gak perlu keras” kyk pake Gal tab 7. Ram 1GB, quad core n kamera 8+2mpix, dgn harga 2,5jtan? Silahkan bandingkan dgn Son* yg jauh di atas harga Hp ini n Samsu** yg udah 4jtan.^_^

    1. Pak Stanfranzz,

      Terima kasih atas sharing-nya. Lain kali, merek dan tipe silakan disebutkan dengan lengkap dan jelas. Tak perlu disensor.

  35. Ko Herry… gimana nih tambah bingung mau pilih e2 takut harga bekasnya hancur….kalo s890 koq kebesaran ya??
    Sebetulnya mana yang lbh worth it ya e2 ato s890?
    Makasih buat masukannya.

    1. Pak Singgih,

      Kalau takut S890 terlalu besar, berarti silakan ambil Lenovo P770 saja. Harga Rp 2,499 juta alias sama dengan Acer Liquid E2.

  36. Sekedar informasi, sekarang acer E2 ini udah dpt update jelly bean 4.2.2 plus sudah bs install aplikasi ke sdcard..

  37. Pak Herry,

    Jd penasaran dg hp2 yg sudah sls dreview oleh Bapak, apakah djual murah seperti di tabloid Pulsa pak? Hehehe…

    Btw saya jg sudah pernah pake Lenovo S890 pak. Mnurut saya sih ini hp lenovo dualcore yg plg enak (saya bandingkn dg p700, s560, s880). UI, kamera, layar, desain body bagus, plus ga lelet…
    Saya blm prnh jajal p780

    1. Pak Punkky,

      Acang yang usai saya review selanjutnya dikemanakan? Ada beragam kemungkinan, yaitu:
      * Dikembalikan kepada pemiliknya.
      * Dibagikan gratis lewat kuis atau sayembara iseng yang sesekali saya adakan di Ponselmu.com.
      * Langsung diantre oleh beberapa teman.
      * Ditawarkan lewat http://www.ubaya.com.

      Terima kasih atas sharing-nya tentang Lenovo. Wajar kalau belum pernah coba P780. Lha barangnya memang belum beredar.

  38. Pak Herry,

    Saya mau menanyakan hp smartphone android apa yang harganya dibawah 3jt utk kriteria kualitas kejernihan gambar,kamera,and kecepatan browsing yg terbaik?
    untuk pertimbangan sy Sony Xperia L,menurut bapak bgmna? dan menurut pertimbangan bpk hp tipe apa yg memenuhi kriteria yg sy sebutkan di atas?
    terimakasih

    1. Pak Alwan Z,

      Sony Xperia L, Lenovo P770, Lenovo S890, LG Optimus L9, dan Oppo Find Piano boleh dimasukkan dalam daftar pertimbangan.

      Di antara lima ponsel itu, hasil jepretan Oppo Find Piano, menurut saya, paling bagus. Namun, harga jual bekasnya juga paling terjun bebas.

      Kalau dikaitkan dengan kriteria Anda plus memperhatikan kesepadanan harga, menurut saya, Lenovo S890 menjadi pilihan terbaik. Anda hanya perlu sedikit berkompromi dengan hasil foto yang tidak istimewa, tetapi tak sampai tergolong buruk.

  39. Saya udah pake 2 bulan Acer Liquid E2 ini. Sejauh ini kinerja bagus dan memuaskan. Sensitifitas dan prosesornya bekerja dgn sangat baik dan lancar. Apalagi dgn spec dan fitur yg ada, harganya msh oke. Dibanding merk2 lain yg specnya sama (malah dibawahnya) tp pasang harga gila2an. Baterainya juga oke kok. Pokoknya mantap banget deh nih ALE2. Gak nyesel belinya.

    1. Pak Satyawada,

      Maaf, baru siang ini saya bisa merespons pertanyaan masuk karena sempat
      tumbang akibat demam hingga 39,5 derajat Celcius.

      Saya belum pernah mencoba Galaxy Core dan Xperia M dual. Jadi, belum tahu bagus atau tidak. Kalau Liquid E2 sih tergolong cukup menarik. Boleh dibeli.

  40. Pak Herry,

    Saya sedang galau dan bingung….kalau menurut bapak, galaxy core dan liquid e2 duo ini mana yang dipilih ya pak??? untuk kualitas gambar kamera lebih bagus mana ya??
    mohon konsul pak herry…. trm kasih

    1. Pak Punkky,

      Harga S920 sudah turun di bawah Rp 3 juta lho.

      Review S820 atau S920 dulu? Tergantung tipe mana dulu yang tersedia untuk saya coba-coba. Mau meminjamkan kepada saya, Pak? πŸ™‚

  41. mau minta saran ni,, bajet max 2,5 tapi nak bsa 2jt ja,,he
    kira2 android yg bagus apa ya?? suka aplikasi2, ngenet, chat, jalan2, game (tapi jarang2 sih) πŸ˜€

    1. Pak Satyawada,

      Saya anggap maksimal Rp 2 juta ya. Sony Xperia miro, Xperia E dual, Lenovo P700i, dan Oppo Find Piano boleh dipertimbangkan. Kalau anggaran bisa ditambah sampai Rp 2,175 juta, lebih baik naik sekalian ke Lenovo P770.

  42. imo s89 , mito a355 , cross a27

    lenovo p780 , lenovo p770 , lenovo s890, oppo find piano

    saya punya dana 2 juta,rencana mau beli hp lokal terutama cross yg bs tv analog dan batre 2700mah,tp setelah baca komen2 saya jd ragu pak herry,apakah benar kwalitas jauh dari fitur yg tertera di spec?

    saya kerja di hotel, jd net gratis dr hotel dgn wifi…dengan keinginan
    1. batre tahan lama
    2. kamera jernih (mp tinggi blm tentu kwalitas bagus)
    3. bisa gaming biar gak jenuh
    4. kalau bisa digenggam nyaman,tapi tdk terlalu prioritas

    atau ada pilihan laen untuk saya,saya tabung 2 juta untuk gajian bulan depan jadi 3 juta…terima kasih pak sebelumnya

    1. Pak Nando,

      Ini berarti akan dipakai untuk ponsel utama ya? Saran saya, mending ambil yang merek global deh. Lenovo P770 boleh dipertimbangkan. Namun, Anda harus menambah anggaran sekitar Rp 200 ribu ya. Harga pasar ponsel itu saat ini sekitar Rp 2,2 juta.

    1. Pak Alamsah,

      Lupakan dulu BBM untuk Android, apa pun merek Android Anda. Daripada sebal karena harus menanti dalam ketidakpastian.

      Dengan anggaran maksimal Rp 2,5 juta, ponsel Android GSM-CDMA yang beredar resmi di sini terdiri atas:
      * Smartfren Andromax V. Boleh dilirik. Namun, CDMA-nya dikunci Smartfren ya.
      * Alcatel one touch D920. Saya belum pernah mencobanya. Full unlocked.
      * Alcate one touch D668. Saya belum pernah mencobanya. Full unlocked.

  43. terima kasih atas sarannya Pak. Herry,
    klw untuk perbandingan :
    1. LG optimus L7 II dual P715
    2. Samsung galaxy core duos I8262
    3. Acer V370 liquid E2
    4. Lenovo P770
    5. HTC T328D Desire VC

    yg baik yg mana yaa Pak. terima kasih sebelumnya,..

    1. Pak Alamsah,

      Saya belum pernah mencoba dua ponsel pertama. Tiga ponsel berikutnya pernah saya coba.

      Tanpa melihat dual on GSM-GSM atau GSM-CDMA, Desire VC silakan dicoret dulu. Sebab, performanya lebih buruk daripada Liquid E2 dan P770.

      Nah, sekarang Anda tinggal memilih Liquid E2 atau P770. Saya pribadi lebih menyukai P770 dengan alasan fitur-fitur yang saya butuhkan lebih banyak tersedia di P770. Di antaranya, baterai tahan lama, bisa mendengarkan siaran radio FM tanpa perlu menancapkan handsfree, dan dalam kondisi darurat P770 bisa difungsikan sebagai power bank.

  44. bener pak untuk hp utama,hp cadangan pake nokia x1 anti error.
    lenovo p770 uda tv analognya pak?
    apakah bapak uda perna uji imos89 dan cross a27?
    p770 benchmark kalah ma cross a27 liat dari browsing2..
    tolong bantuannya pak,karena hp yg lama uda terjual jd ak uda bosan gak ada hiburan pak

    1. Pak Nando,

      Lenovo P770 tidak dibekali televisi.

      Saya belum pernah mencoba Cross A27. Kalau Imo S89 pernah towel-towel milik teman. Imo S89 itu aslinya ponsel Amoi 828 yang diganti merek.

      Dalam memilih ponsel Android, saya tidak berpatokan skor benchmark. Buat saya, yang lebih penting adalah kenyamanan pemakaian dan kejelasan merek. Buat saya, merek Cross (kini berganti nama menjadi Evercoss) hanya layak dibeli kalau sudah tidak ada merek lain lagi. πŸ™‚

  45. Slamat siang pak.
    Mhon bantuan nya.
    Baru 1 bln saya mnggunakan acer liquid e2.
    keluhannya:
    – suara speaker luar, suaranya pecah. pdhl saat di mainkan di hp lain tdk sampai pecah wlpun volume full 100%
    – gps tdk bs lock, sllu salah alamat.
    – karena suara speaker pecah, sya penasaran. saya coba root dg harapan bs ngutak ngatik dalemannya, trnyta suara msh pecah (wlpun vol baru 50%). Muncul niatan utk saya bawa ke service center. Krn tahu mereka g bakal nerima saat pssi hp di root, mau saya kmbalikan lg ke stelan pabrik. kata temen: skalian di flash aja. Stelah di flash hp MATI TOTAL. Hny bs memandang. hehe…
    Dr beberapa keluhan diatas mungkin bapak bisa memberikan solusi. Krn saya udah # hari nyari link ksana kmari blum ada. Dr beberapa kali percobaan ttep blm mnuai hasil.
    Sekian dan terima kasih atas bantuan nya.

    1. Pak Meds,

      Terus terang saya hanya bisa memberikan “saran nakal”. Ponsel yang dalam kondisi mati total itu langsung dibawa saja ke pusat perbaikan resmi Acer. Pasang tampang lugu. Bilang saja ponsel tersebut pada pagi hari mendadak tak mau dinyalakan. Sudah coba di-charge tetap tak ada respons. πŸ™‚

    1. Pak/Melly,

      Saya sudah pernah mencoba Liquid E2, tetapi belum pernah menguji pakai A706. Kalau tetap harus memilih secara buta, saya cenderung memilih E2. Alasannya:

      * Dari beberapa kali mencoba ponsel Lenovo seri A, saya biasanya kurang puas. Ada saja deh penyebabnya.
      * Teman saya September lalu membeli A706 dalam kondisi 100 persen baru. Tanpa pernah jatuh atau terbentur, bodinya bisa retak sendiri.

  46. Pagi ko…
    Saya ingin ganti HTC Desire VC saya dengan yg baru dengan spec sbb :

    Dual core, layar diatas 4″, sdh Jelly bean ( pokoknya diatas specnya HTC saya ) dan yg pasti reasonable price!!

    mohon bantuannya… thx ko

    1. Pak Michael,

      Sesuai dengan HTC Desire VC, berarti inginnya dual on GSM-CDMA dan full unlocked ya. Di atas kertas, ponsel Haier Maxx sepertinya cukup menggiurkan. Entah kinerja nyatanya seperti apa. Sekadar menyentuh ponsel itu pun saya belum pernah. Silakan membaca spesifikasinya di http://www.haiermaxx.com/

  47. wah… keliatannya menarik ko. tapi kelihatannya di surabaya blm keluar nih.

    sorry… kalau yg dual GSM koko recommend apa??

    thx sekali lagi

    1. Pak Michael,

      Jangankan di Surabaya, di Jakarta pun Haier Maxx belum beredar kok. Statusnya masih pre-order.

      Dual on GSM-GSM Android? Lenovo P770 boleh dipertimbangkan. Tipe lama sih. Tetapi, performa secara umum oke dan harganya relatif rasional.

    1. Pak Andre,

      Saya belum pernah mencoba HTC Desire XC dan LG Optimus L7.

      Kalau Acer Liquid E2 dan Lenovo S890, saya sudah pernah mencobanya. Pilih mana? Yang paling mudah begini deh: kalau ingin yang lebih nyaman digenggam dan dikantongi, ambil Liquid E2. Kalau ingin yang berlayar lebar, ambil S890. Dua ponsel itu sama-sama boleh dilirik kok.

  48. pak saya punya acer liquid e2, tapi setiap
    saya memanggil atau menerima pangilan display layar langsung mati dan terkunci sehingga sulit memonitor, setingan apa ya yg harus saya rubah. terimakasih

    1. Pak Rudy Widi,

      Saat ponsel Anda dekatkan telinga, layar memang akan padam. Sengaja dibuat begitu karena logikanya, ketika ponsel menempel di pipi, pengguna kan tak perlu melihat layar.

      Terus terang saya lupa pengaturannya di sebelah mana. Coba Anda cari di settings, lalu display atau call settings.

  49. Pak Herry,
    Saya tertarik dengan Acer Liquid E2, cuma apakah gampang mencari asesoris2 lain yang sesuai? seperti hardcase, antigores dll.
    Terimakasih

    1. Pak Ryan,

      Dulu saat saya mencoba Acer Liquid E2, aksesorinya belum tersedia. Saat itu Liquid E2 memang baru sekitar dua minggu beredar di pasar. Kondisi terkini saya kurang tahu.

      Untuk antigores alias pelindung layar, andaikan masih tidak ada, Anda bisa menggunakan screen protector ponsel lain. Tinggal dipotong sesuai kebutuhan. Penjaga toko aksesori biasanya siap membantu.

    1. Pak Haikal Shiddiq,

      Terima kasih atas informasinya. Saya yakin akan bermanfaat untuk pembaca Ponselmu.com yang mengikuti thread Acer Liquid E2.

    1. Pak Faisal,

      Sepintas hasil kamera tiga ponsel itu relatif setara. Namun, kalau dicermati lebih detail, Liquid E2 sedikit lebih unggul di ketajaman. Sementara itu, S890 dan P770 sedikit menang dalam hal tampilan warna. Warna yang ditangkap Liquid E2 sedikit lebih pucat daripada aslinya.

  50. pak kalo maslah batrei E2 itu bisa dibeli dimana ya?
    yang saya pernah baca batrei E2 itu tanggal tidak bisa diganti…?

  51. pak batrei liquid e2 gk bisa sembarangan beli ya??ato bisa di counterbesar manapun.??
    soalnya dari merek aja itu sepertinya langka ya??
    trus untuk batre itu bis di lepas2 kan??jadi saya ingin persiapan 2 batre jadi ketika habis saya bisa pakai yg satunya…
    apa kah itu recomended??

    1. Pak Cakra,

      Lebih tepatnya, saya belum pernah menjumpai ada toko biasa yang jualan baterai E2. Karena itu, saya menyarankan Anda mencarinya di pusat perbaikan resmi Acer.

      Ya, baterai E2 bisa dilepas pasang seperti di mayoritas ponsel. Boleh-boleh saja memiliki baterai cadangan.

  52. pak Herry, saya sangat terbantu dengan tulisan anda. Saat ini saya sedang mempertimbangkan membeli smartphone. Saya bekerja di bidang grafis desain dan multimedia. Menurut anda mana yang lebih baik Acer Liquid E2 atau Huawei 3C atau Moto G? dengan harga yang setara antara 2 – 2,5 jutaan apakah ada opsi lain. Saya membutuhkan koneksi GPS yang baik juga.

    1. Pak Arya S,

      Saya sudah pernah mencoba Liquid E2. Review-nya tentu sudah Anda baca.

      Untuk Huawei 3C, apakah yang dimaksud adalah Huawei Honor 3C? Saya belum pernah mencobanya. Ponsel itu juga belum beredar di sini. Jadi, saya belum tahu bagus atau tidak.

      Kalau Moto G, secara resmi ponsel itu belum beredar resmi di sini. Namun, Moto G tanpa garansi resmi sudah dipasarkan dalam jumlah terbatas. Harga pasarnya sekitar Rp 3,5 juta. Saya belum pernah mencobanya. Sepintas sih sepertinya cukup menarik untuk dicoba, apalagi kalau kelak Moto G versi dual SIM beredar resmi di sini.

    1. Pak Mamat Prasetyo,

      Saya pribadi tidak memakai Liquid E2 dalam jangka waktu berbulan-bulan. Jadi, saya tidak memiliki pengalaman pribadi mengenai daya tahan ponsel itu.

  53. pak herry, saya mau tanya
    ketika penyimpanan hasil foto di hp samsung galaxy ace 3 awalnya masuk ke sd card, tapi saat itu saya ubah ke perangkat. Setelah saya coba ganti default ke sd card lagi, kenapa tidak bisa menyimpan di sd card ya jadi bisanya hanya ke perangkat?
    terimakasih πŸ™‚

  54. maaf dok numpang tanya, acer liquid e2 saya ini bermasalah dengan memory, apl kn selalu jalan ni dok, sedangkan memory internal selalu penuh dan saya harus menghapus beberapa apl. sedangkan saya klo menghapus data saja, apl sosmed saya seperti baru lagi, kontak dll selalu hilang, solusinya gmn ni dok, ko saya mesti hapus apl trs ya klamaan gadget saya kosong tanpa apl dong..
    tolong tutorialnya, makasihh

    1. Pak Dian Daru W,

      Hmm… aneh nih. Menghapus “sampah” di memori internal seharusnya tak sampai menghilangkan kontak.

      Begini saja deh:
      1. Pastikan di memori internal tak ada file-file multimedia yang tersimpan. Kalau ternyata masih ada file foto, video, dan musik di memori internal, pindahkan ke microSD.

      2. Instalasikan aplikasi Clean Master dari Play Store. Jalankan dan ikuti petunjuk yang tersaji di layar.

  55. tambahan om padahal settingan sudah masuk ke memory eksternal, tetap saja ada sebagian yang otomatis masuk ke internal

    1. Pak Dian Daru W.,

      Ya, meskipun diinstalasikan ke memori eksternal, tetap ada semacam file inti yang akan tersimpan di memori internal.

  56. saya sudah pindahkan semua apl masuk ke eksternal sob, tapi masih ada juga apl yg tidak mau dipindah seperti BBM, dengan bantuan app2SD pun masih tidak membantu, yang saya herankan walaupun saya tidak mengunduh apl lagi, tapi tetap aja dihari berikut pasti ada peringatan penyimpanan internal hampir penuh, sampe saya terus2an buang apl, seterusnya seperti itu, klo msh saja seperti itu bisa2 handphone saya kosong dr apl dong, tolong tutorialnya, makasih

    1. Pak Dian Daru W.,

      Ini saya berbicara ekstremnya ya. Meskipun Anda hanya menginstalasikan satu aplikasi tambahan, yaitu BBM, seiring perjalanan waktu kapasitas memori internal Anda memang akan terus berkurang.

      Mengapa? Sebab, ketika Anda menjalankan BBM dan rutin chatting maupun bertukar file, aktivitas itu akan mengonsumsi memori internal. Anda rutin membaca email, browsing, dan bermedia sosial, hal itu juga mengonsumsi memori internal. Jadi, secara berkala ponsel perlu dibersihkan.

      Supaya benar-benar segar dari awal, kalau Anda tidak keberatan, lakukan factory data reset dulu saja. Setelah itu, instalasikan BBM. Cukup itu dulu. Jangan menginstalasikan aplikasi tambahan lain. Gunakan ponsel Anda selama 2-3 hari dan rasakan perbedaannya. Setelah itu baru Anda boleh mencoba menginstalasikan aplikasi tambahan lain.

  57. maaf om herry bisa minta alamat email, atau apa buat komunikasi lebih mudah, saya masih bingung ni, hehehe
    klo sungkan posting disini bisa mulai dulu dech saya tunggu di dian.daroe91@gmail.com / PIN 755EA017
    makasih om sebelumnya

    1. Pak Dian Daru W,

      Untuk tanya jawab, silakan langsung diketikkan di blog ini. Boleh pula via akun Twitter @herrysw. Tidak ada batasan jumlah pertanyaan kok. Satu hal yang perlu diketahui, saya tidak selalu bisa menjawab pertanyaan dengan cepat.

  58. mau tnya om harry, semisal itu saya reset bawaan pabrik, lalu saya download dan instal ulang lagi seperti sosmed (termasuk BBM) apa kontak bisa utuh seperti semula atau bakal hilang??

  59. Ko sy tertarik sm review acer liquid E2. Mohon saran donk antara acer liquid E2 atau lenovo S920 dilihat dari ketahanan baterai, keawetan, kecepatan kerja procesor plus foto. Thanks b4.

    1. Pak/Bu Shandra,

      Untuk keawetan saya tak berani menjawab. Sebab, supaya bisa menjawab pertanyaan itu, idealnya saya memakai dua ponsel itu selama minimal satu tahun.

      Kalau soal ketahanan baterai dan kriteria lain yang Anda sebutkan, saya lebih memilih Lenovo S920.

  60. Hallloo Pak Herry ,

    Mau minta solusii doonk , memang Acer LE2 ini kameranya laggy banget yaa , buat foto kalo goyang sedikit pasti blur , ada saran pak agar supaya hasil foto lebih tajam (tidak kabur)

    Apakah saya perlu sampai mengganti hardware kamera nya ? Jika iya , apa referensi hardware kamera yang oke pak ?

    Thank you

    1. Pak Tunggul,

      Kamera Liquid E2 mestinya tidak laggy, kecuali Anda berada di lokasi yang remang-remang cenderung gelap. Coba masuk ke kamera, lalu cari pilihan untuk me-reset pengaturan. Reset di dalam menu kameranya ya. Bukan di dalam menu factory data reset.

  61. Hallloo Pak Herry ,

    Saya baru beli Acer Liquid E2 semingguan, setelah instal berbagai aplikasi, 2 hari kemudian ponsel tiba” restart terus ampe logo acer balik restart lagi, tombol power di tekan baru bisa masuk normal, dan saat gk di pakai juga restart restart di saku,setelah di factory reset berharap bisa normal, tp tetap aja ngulah lagi..kalo karena panas ponsel tdak panas, ram penuh juga gk, program mencurigakan juga gk ada,semua yg umum aja,

    Mohon solusi nya Pak..Thanks

    1. Bu Noza,

      Silakan segera membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Acer. Pusat perbaikan resmi ponsel Acer sama dengan pusat perbaikan resmi laptop Acer.

  62. Pak hery.

    Okay pak udah saya bawa ke acer, tapi butuh waktu 2 minggu paling cepat…mana hp kan buat bisnis..terhambat dengan kinerja sdm acer..

  63. Pak hery

    Syukur tadi udah di telfon pak.. udah saya ambil kembali.saya di medan.. 2 minggu jikalau ada pergantian sparepart, karena harus indent sparepart nya..
    semua udah normal,,hanya os nya di instal ulang smua,dan memakan waktu 3 hari πŸ˜€ , tpi koq wifi acer lemah ya pak… padahal jarak nya -+7 meter dari hostspot nya..

    1. Bu Noza,

      Syukurlah kalau sudah ada perkembangan positif.

      Untuk Wi-Fi, dengan jarak sekitar tujuh meter, dapat berapa bar? Idealnya masih bisa dapat sekitar setengah penuh.

  64. P Herry, barangkali ada info beli baterai acer liquid E2, krn HP saya baru 6 bln baterai sdh kembung. Syukur bisa beli on line biar ngga repot. tx

  65. hallo pak herry,
    saya baru beli hp acer di palembang, tapi untuk back cover ya dan sarung kondom ya belum ada. tolong dong saya mau beli lokasi saya tinggal di palembang di.mana tempat belinya. saya pengemar prodak acerr pak terima kasih.

    1. Pak Azied,

      Anda baru beli Acer tipe berapa? Maaf, saya tak mengetahui penjual aksesorinya di Palembang.

  66. pak, saya pake acer v370 tp ternyata internal memory kecil ya utk instal aplikasi misal Fb, twitter,WA, gak cukup? apakah ada trik2 utk bisa instal aplikasi lbh byk?

    1. Pak Ananto,

      Kapasitas tersisa internal memory seharusnya 800-an MB. Jadi, mestinya memadai untuk instalasi Facebook, Twitter, dan WhatsApp lho.

  67. Saya pengguna handphone liquid jade, saya ingin bertanya bagaimana cara menyembunyikan aplikasi agar tidak terlihat di handphone. Terimakasih

    1. Pak Ronny,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Seingat saya, Liquid Jade tidak memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi. Alternatif yang boleh dicoba adalah mengaktifkan Quick Mode. Ikon aplikasi tidak 100 persen menghilang, tetapi minimal lebih ngumpet.

  68. Misi mas saya mau tanya knapa ya pas sesudah saya mencopot kartu sim & mengganti dengan kartu sim yg baru kok malah ada perintah tampilan di layar sperti ini mas under battery temperature truz mas truz bagaimana ya mas cara mengatasinya di acer liquid E2..??

    1. Pak Yanto,

      Hmm… aneh. Anda bukan berada di tempat yang dingin banget tho?

      Setelah muncul notifikasi itu, ponsel apakah sukses dinyalakan dan tetap berfungsi normal? Kalau iya, dipakai dulu saja. Bila ada waktu senggang, coba periksakan ke pusat perbaikan resmi Acer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *