Review Acer Liquid E3: Kamera Depan Dilengkapi Lampu Kilat

Acer Liquid E3 bukan Samsung Galaxy S5 yang kehadirannya dinantikan banyak penggemar gawai alias gadget. Acer Liquid E3 juga berbeda dengan BlackBerry Z3 yang harga pasarnya sempat melonjak sejuta rupiah di atas harga resmi. Meskipun demikian, Liquid E3 sebenarnya tak boleh dibiarkan berlalu begitu saja.

Liquid E3 yang cuma sayup-sayup terdengar, menurut penulis, memiliki kelebihan yang menarik dicermati. Berbekal dana Rp 2,999 juta, peminat sudah bisa mengantongi ponsel Android merek global dengan kapasitas RAM 2 GB. Manfaat nyata RAM sebesar itu, pengguna bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan lebih mulus. Mau berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lain juga relatif lancar.

Liquid E3-1

Keunggulan lain ponsel bergaransi tiga tahun tersebut, lensa kamera utama mempunyai bukaan alias diafragma f/1,8. Semakin kecil angka di belakang huruf “f”, berarti semakin besar bukaan lensa. Hal itu bermakna kamera di Liquid E3 lebih siap diajak memotret di lokasi berpencahayaan terbatas. Ia juga lebih piawai menonjolkan objek foto dengan memberikan efek kabur di latar belakang.

Kamera dengan fokus otomatis plus lampu kilat itu mampu menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Kinerjanya pantas diacungi dua jempol. Dibandingkan aneka ponsel Android berharga jual sampai Rp 3 juta yang setahun terakhir penulis coba, kamera Liquid E3 adalah yang terbaik.

Suka berfoto selfie? Di sisi muka ponsel tersedia kamera yang mampu memproduksi foto dua megapiksel dan klip video VGA. Uniknya, kamera depan itu dilengkapi lampu kilat. Ingat, fungsi lampu kilat sebatas memberikan tambahan cahaya. Pengguna pantang berharap bisa selfie di dalam studio bioskop dengan hasil terang benderang.

Liquid E3-2

Spesifikasi lain Liquid E3 meliputi prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6589 1,2 GHz, ROM 16 GB, selot microSD, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS. Ada pula DTS Studio Sound dan radio FM yang siarannya bisa direkam. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, ruang kosong di memori internal mencapai 12,78 GB. Sumber tenaga ponsel berasal dari baterai lithium polymer 2.000 mAh yang ditanamkan ke dalam bodi.

“Wah, ternyata baterainya tak bisa dilepas. Bagaimana kalau suatu saat ponsel kebetulan hang?” Pertanyaan itu mungkin sempat terlintas di kepala. Jawabannya, ada jurus pengganti melepas baterai kok. Tekanlah tombol power dan volume ke bawah selama sekitar sepuluh detik.

Ponsel Android 4.2.2 Jelly Bean itu memakai layar IPS 4,7 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Dua selot micro SIM terdapat di sisi kiri, sedangkan selot microSD berada di sisi kanan ponsel. Pengguna dapat mengaksesnya tanpa memerlukan alat bantu seperti peniti atau jarum pentul. Di sisi belakang, terdapat tombol yang disebut Acer Rapid. Tombol itu merupakan jalan pintas untuk mengakses kamera dan satu aplikasi lain yang bebas ditentukan pengguna.

Liquid E3-3

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan. Pengguna leluasa memilih nomor mana yang akan diarahkan ke jaringan 3G. Mau dikunci supaya selalu berada di jaringan 3G pun bisa. Asalkan performa operator GSM di sini sudah sesuai dengan iklannya, pengguna berkesempatan merasakan layanan akses data HSPA+ 42 Mbps. Wus… wus… bermimpi dulu deh.

Berbagai fitur khas Acer tetap dapat dijumpai di Liquid E3. Misalnya, float caller alias jendela mengambang yang bakal muncul di layar kala ada panggilan masuk. Quick mode untuk mengubah tampilan home screen menjadi lebih sederhana dan live screen untuk berbagi isi layar ke sesama ponsel Acer juga tersedia.

Liquid E3-18

Aplikasi bawaan yang baru kali ini penulis temukan di ponsel Acer adalah Acer SnapNote. Kegunaannya untuk mengubah file foto menjadi file berformat PPT (PowerPoint) atau PDF. Pengguna yang rutin memotret materi presentasi wajib mencobanya.

Apakah sisi minus Liquid E3? Di mata penulis, ada dua poin utama. Pertama, ponsel berdimensi fisik 138 x 69 x 8,9 mm x 135 gram itu menggunakan baterai tanam. Padahal, kapasitas baterainya hanya 2.000 mAh yang agak pas-pasan untuk pemakaian ala penulis. Sekali diisi ulang sampai penuh, baterai ponsel tersebut rata-rata bertahan 12 jam.

Kedua, sidik jari penulis sangat mudah menempel di permukaan belakang ponsel itu. Supaya tetap sedap dipandang mata, ponsel harus sering dibersihkan. Kalau ingin lebih optimal, belikan saja “baju” untuk Liquid E3. Contohnya, jelly case atau softcase. Aksesori itu akan menjaga kebersihan bodi belakang sekaligus melindungi ponsel.

***

Paket penjualan terdiri atas ponsel, kepala charger 1 A, handsfree berkabel, dan kabel micro USB.

***

Berikut aneka foto yang dihasilkan Liquid E3. Pemotretan dilakukan tanpa menggunakan lampu kilat, kecuali disebutkan khusus.

Liquid E3-4

Liquid E3-5

Liquid E3-6

Liquid E3 sukses memberikan efek bokeh. Latar belakang foto terlihat kabur. Jangan diadu dengan hasil jepretan kamera digital SLR berlensa tele ya. Berbeda kelas plus berbeda harga.

Liquid E3-7

Liquid E3-8

Pukul sebelas malam mampir ke GraPARI Telkomsel untuk meminta penggantian kartu SIM. Sambil menanti antrean, iseng memotret karcis antrean.

Liquid E3-9

Usai makan malam, mendadak saya merasa piring yang tinggal berisi lombok menarik untuk difoto.

Liquid E3-10

Selfie menggunakan kamera depan, yuk! Pemakaian fitur beautify membuat pipi saya terlihat halus dan kemerahan.

Liquid E3-11

Padahal, seperti inilah kondisi nyata pipi saya.

Liquid E3-12

Berbeda dengan mayoritas ponsel, kamera di sisi muka Liquid E3 dibekali dengan lampu kilat. Untuk mengetahui kinerjanya, saya masuk ke kamar gelap, lalu berpose. Inilah hasilnya.

Liquid E3-13

Masih penasaran dengan lampu kilat di sisi muka ponsel, saya sengaja nonton film di gedung bioskop. Selfie lagi ya…

Liquid E3-14

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Android Sensor Box.

Liquid E3-15

Liquid E3-16

Liquid E3-17

99 thoughts to “Review Acer Liquid E3: Kamera Depan Dilengkapi Lampu Kilat”

    1. Pak Alvin,

      Kalau secara keseluruhan, saya masih lebih menjagokan G2 Mini. Namun, bila spesifik dalam hal kamera, Acer Liquid E3 menang mutlak melawan G2 Mini.

  1. Dear pak Herry,

    Moto G uda release pak, lebih bijak pilah mana moto G 16 g atau LG G2 mini atau Lg G pro lite? dengan harga yang tidak berbeda jauh di 2 jutaan. trims

  2. Pak Adank,

    Iya, Moto G sudah dijual secara pre-order. Di antara tiga pilihan itu, saya pilih LG G2 Mini.

  3. RAM-nya menang ini ya dibanding G2 mini.

    Kalo lihat foto promosi dibandingkan foto yang Om HSW ambil, bagian belakang E3 ini tampak kusam ya di fotonya Om HSW. Bahan bagian belakangnya apa Om?

  4. maaf oot dikit. gmn pendapat ko herry tentang procesor mediatek? prnh make sony xperia c (procie quad core mediatek) kinerjax dlm memainkan music ga sebagus ponsel sony yg lain, lalu buat game jg byk incompatible dgn game seperti modern combat 4 full hd, fifa 2014 full hd, pemutar videox jg tdk mendukung file full hd. pdhl dihp branded lain yg cm dual core aja mampu menanggani game & film full hd. jd kecewa skli dgn procie mediatek karena cm menang harga aja?

    1. Pak Budi Santoso,

      Yang Anda sebutkan jarang saya lakukan. Saya biasanya hanya memainkan game ringan di ponsel. Game dengan file terbesar pernah iseng saya instalasikan ke ponsel adalah Asphalt 7. Ukuran file-nya 1,x GB.

      Saya juga jarang banget menonton video di ponsel. Kalau pun ingin menonton, maksimal saya hanya mengisikan file HD. Sebab, resolusi segitu sudah sangat cukup. Mata saya relatif tak bisa membedakan video HD dengan full HD saat diputar di layar ponsel.

      Berbicara prosesor MediaTek, saya merasa ada perkembangan yang signifikan dibandingkan beberapa tahun lalu. Locking GPS yang dulu lama banget, contohnya, kini sudah lebih cepat.

  5. ko herry, udah pernah mereview acer liquid z4 ato z5 belum? klo belum ditunggu ya, soalnya lagi ngidam ma 2 smartphone itu..trima kasih sebelumnya..

  6. hi, pa herry, saya suka dengan review review hp yang skrg ini balik seperti model dulu yang emang ada review yang bukan hanya dari spec aja. top notch dah.
    pa herry, apakah spec itu selalu menentukan hp itu lebih bagus dari yang lain atau tidak?
    asumsi nya terkadang kalau misalnya kombinasi antara part yang dipakai kurang cocok, mungkin ga membuat performa nya jadi tidak maksimal?
    jujur aja, web ini sangat sangat mempengaruhi saya untuk memilih hp. saya sudah baca review yang ada. tapi kok rasanya kurang afdol kalo ngga nanya lagi hehehe
    moto g vs acer liquid e3 vs asus zenfone 5 ? yang mana juara nya?

    thx pa herry untuk komennya

    1. Pak William,

      Terima kasih atas apreasiasinya.

      Spesifikasi yang bagus tidak menjamin sebuah ponsel lebih menarik, lebih andal, dan lebih layak beli daripada ponsel lain. Hal serupa berlaku untuk skor/hasil benchmark.

      Jadi, apa yang bisa dijadikan patokan? Tak ada patokan mutlak. Spesifikasi yang menarik hanyalah jalan pembuka. Idealnya kita harus mencoba sendiri ponsel itu. Spesifikasi sama, tetapi software/firware berbeda, hasil akhirnya dapat berbeda.

      Moto G versus Liquid E3 versus Zenfone 5? Saya belum pernah mencoba Zenfone 5.

      Bila harga menjadi penentu, Moto G paling menarik. Bila kinerja kamera menjadi prioritas, Liquid E3 sangat pantas dilirik.

  7. tp pak herry, untuk kinerja multitaskting dsb nya antara moto G dan Liquid E3 perbedaan nya tidak terlalu terasa kan? Bisa dibilang sama gak? Soalnya Tipe prosesor dan ukuran Ram nya berbeda.

    1. Pak Andros,

      Kalau untuk aplikasi yang biasa-biasa sih relatif tidak terasa. Namun, bila menjalankan game yang besar (misalnya Asphalt 7 yang 1,4 GB) baru deh mulai terasa.

    1. Pak Andros,

      Kalau dikerucutkan begini deh:
      * Bila menomorsatukan kamera: Liquid E3.
      * Bila sangat peduli harga: Moto G.
      * Bila harga bukan prioritas utama: Liquid E3.
      * Bila perlu memori eksternal: Liquid E3.
      * Bila suka pakai aneka aksesori tambahan: Moto G.

  8. Pak Herry,

    Saya tertarik dengan dengan handphone LG yang bapak foto menggunakan acer liquid E3. Itu tipe apa ya pak?, masih ada yang jual kah?

    Oya, apakah bapak pernah berurusan masalah garansi dengan acer pak? gimana penilaiannya? maaf agak keluar dari topik pak, hehehe…

    1. Pak Rifky,

      Yang candybar kan? Itu LG A230. Ponsel tersebut sudah tidak diproduksi lagi. Kalau Anda berada di Surabaya, coba mampir ke Garuda Teknik di WTC lantai dasar. Sampai sekitar sebulan lalu mereka masih punya beberapa unit stok lama. Entah sekarang.

      Kebetulan saya belum pernah berurusan dengan garansi ponsel Acer.

  9. ko herry,
    kalo liquid e3 vs hp slate 6 vs asus zenfone 5 mana yang paling ko herry rekomen? untuk internet dan audio video..

    1. Pak Akhmad,

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 5. Jadi, ponsel itu dicoret dulu ya. Saya sih cenderung menyarankan penanya untuk melupakan Zenfone karena Asus Indonesia terbukti juara PHP. Pemberi Harapan Palsu.

      Tersisa Liquid E3 dan Slate6. Audio video yang Anda maksud adalah menonton video atau menghasilkan foto dan video? Kalau menonton, Slate6 lebih tepat. Kalau menghasilkan foto dan video, Liquid E3 yang lebih tepat dilirik.

    1. Pak Rudi Ismawadi,

      Secara umum Liquid E3 hanya kalah di baterai. Jadi, kalau Anda tak keberatan dengan baterai tanam yang kapasitasnya 2.000 mAh, silakan melirik Liquid E3.

  10. Pak Herry,

    Betul pak, yg candybar. Tadi saya cek di web garuda teknik masih ada pak, harga 340 ribu. Kalo menurut bapak, LG A230 vs LG A275 secara keseluruhan bagus mana?

    Saya tertarik mau beli hp LG berfitur dasar untuk mendampingi Nexus 5 saya yang masih di LG service center, udah hampir 2 minggu. Semoga Service center LG disini sebaik yang seperti bapak review. Soalnya baru kali ini saya pakai merk LG, sebelumnya saya pakai Blackberry.

    1. Pak Rifky,

      Lho, Garuda Teknik ada situsnya ya?

      Secara keseluruhan lebih bagus A230.

      Lho, lama banget Nexus 5 Anda menginap? Anda berada di kota mana? Kerusakannya apa?

  11. Pak Herry,

    Iya pak, ada situsnya..kalo gak salah saya dapat blog bapak ini juga. http://www.garudateknik.com, betul kan ini pak?

    Layarnya bergaris dan bergetar pak, dan ada dead pixel 2 titik kecil, keliatan kalo kita pake wallpaper hitam polos sama masuk ke mode Recovery. Masalah dead pixelnya sih saya tidak masalah. Layarnya yang bergetar dan bergaris itu yang bikin saya terpaksa klaim garansi.

    Saya tinggal di Martapura, 40 menit dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. Di sini LG Mobile dan Elektronik jadi 1 tempat pak. Tapi saya terkesan sih, waktu itu handphone saya langsung ditangani, dibuka, dicek..kayanya teknisinya berpengalaman. Setelah dicek katanya harus di tinggal, sampe box dan isi-isi nya diminta tinggal.

    1. Pak Rifky,

      Oh ya. Saya malahan lupa. Barusan saya cek, ya itu benar situs Garuda Teknik.

      Oh ok. Semoga ponsel Anda segera sembuh. Kalau melihat domisili Anda dan dikaitkan dengan pusat perbaikan resmi, saya menduga lokasi Anda termasuk lapisan ketiga. Jadi, perbaikan mungkin harus dilakukan dengan mengirimkan ponsel itu ke pusat perbaikan resmi LG yang level-nya lebih tinggi.

  12. Pak Herry,

    Oke sip, jadi saya yakin kalo mau pesan online pak.

    Wah, lapis ketiga ya..alamat lama ya memang kalo service cabang ini. Barusan saya cek tadi ke LG service center Banjarmasin, teknisi yang memeriksa Nexus 5 saya lagi berhalangan masuk, dan ternyata nexus-nya masih rawat inap, belum di “rujuk” ke RS yg lebih bagus.

    1. Pak Rifky,

      Jangan-jangan Nexus 5 Anda sedang dipesankan suku cadangnya. Jadi, selanjutnya tinggal dikerjakan di Banjarmasin. Semoga cepat beres ya, Pak.

  13. Pak herry,,

    saya juga pakai acer L3, tapi sekarang saya agak bingung, karena untuk wallpaper saya jadi tidak bisa digeser2 kesamping padahal gambar yang saya pakai lebar & keinginan saya adalah bisa digeser2 kesamping.. kira2 settingan dimananya ya pak yang tidak sengaja saya ubah,, karena saat saya beli pertama kali wallpapernya dapat digeser2..

    Terima kasih…

    1. Bu Riena,

      Ini maksudnya Liquid E3 ya? Wallpaper digeser ke samping gimana ya? *bingung* Saya biasanya memilih wallpaper bawaan atau justru saya hitamkan polos.

  14. Pak Herry,

    Saya mau tanya, Liquid E3 ini selain battery apa lagi ya kekurangannya? Apa bener cepat panas atau battery suka turun drastis sendiri??

    Mohon dijawab..
    Terima kasih

    1. Pak Rayner,

      Selain menggunakan baterai tanam yang berkapasitas “hanya” 2.000 mAh, sidik jari pengguna mudah meninggalkan bekas di bodi belakang Liquid E3. Jadi, harus rajin dibersihkan. Alternatif lain yang dulu saya gunakan: beli jelly case. Bodi lebih terlindung, sidik jari pun tidak menempel di bodi belakang ponsel.

      Cepat panas dan baterai suka turun drastis sendiri? Saya tidak mengalaminya.

  15. Dear Pak Herry
    kalau disuruh pilih antara acer liquid E3 atau asus zenfone 6 atau samsung galaxy grand 1. Jujur ini sy pny grand 1..tp kadang suka lag dan delay 10 detik klo dr kamera ke galery. Trims. Ditunggu pencerahannya.

    1. Bu Diana,

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 6.

      Acer Liquid E3 atau Samsung Galaxy Grand pertama? Ya jelas Liquid E3. Performanya lebih unggul dibandingkan Galaxy Grand generasi pertama.

  16. Tapi layarny kecil ya pak…acer lain yg kamera bagus dan layar lbh besar apa ya??
    Untuk harga jual sndiri bgmn? Sy dl prnh punya LG. Harga jual jatuh. Bahkan di marina ga ada yg mau trima. Ada saran? Sy pny budget sekitar 3jt. Thx

    1. Bu Diana,

      Anda ingin yang berlayar berapa inci tho? Liquid E3 berlayar 4,7 inci dan, menurut saya, ukuran segitu tak bisa dibilang kecil.

      Harga jual? Rp 2,999 juta untuk Liquid E3 baru dan bergaransi resmi saya anggap masuk akal.

      LG tipe apakah yang waktu itu ingin Anda jual? Menjual ponsel LG bekas memang tak semudah menawarkan ponsel Samsung bekas. Namun, sudah sekitar setahun belakangan harga jual ponsel LG bekas cukup bagus kok. Kecuali, bila yang Anda tawarkan adalah ponsel LG yang relatif mati di pasar.

      Satu lagi, Anda menuliskan anggaran sekitar Rp 3 juta. Tepatnya maksimal berapa? Sebab, Rp 3,9 juta pun masih sekitar Rp 3 juta.

  17. Waktu itu punya lg l7″ sbnrny bagus hny internal memory ny 4gb. Kliatanny sy tertarik unt beli acer e3. Thx pak buat pencerahanny ya..

  18. Pak Herry,
    Apakah battery 2000mAh nya liquid e3 bisa bertahan diatas 6jam bila pemakaian normal?
    Dan saya sekarang memakai Samsung Grand 1 yang battery nya hanya 2100 tapi kuat hampir seharian(game,bbm,kamera). Kalo liquid e3 yang hanya beda 100mAh akan berbeda jauh dengan Samsung Grand? Mohon penjelasannya..

    Terima Kasih

    1. Pak Rayner,

      Dengan perilaku pemakaian ala saya, baterai Liquid E3 bisa bertahan lebih dari enam jam. Kalau dibandingkan Galaxy Grand 1, baterai Liquid E3 rata-rata sanggup bertahan 2-3 jam lebih lama.

  19. Pak Herry,
    Bagaimana dengan penangkapan jaringannya dan apakah layarnya sensitif? Saya mempunyai kendala saat Samsung Grand di masukan ke kantong celana, kadang2 suka ke unlock dan bahkan bisa mengganti settingan dengan sendirinya..

    Terima Kasih

    1. Pak Rayner,

      Penangkapan jaringan baik-baik saja. Layar juga sensitif dan baik-baik saja. Supaya tidak tertekan saat dikantongi, pastikan layar telah terkunci sebelum dimasukkan ke dalam saku.

  20. Oiya Pak Herry,
    Teman saya sedang mencari android berukuran mini kalau bisa seukuran iphone tapi berkamera bagus(untuk memotret wajah biasanya) dan enteng, tipe apa menurut pak Herry yang recommended dengan kriteria yang teman saya mau?
    Terima kasih

    1. Pak Rayner,

      Untuk memotret wajah. Berarti, untuk selfie menggunakan kamera depan ya? Hmm… saat ini belum ada ponsel yang memenuhi kriteria teman Anda.

      Kalau mau yang ukuran layarnya lebih besar, Lenovo Vibe X boleh dipertimbangkan.

  21. Sy akhirny beli juga…di marina agak susah cari tipe ini. Adany hny di apollo ato di toko be-one. Hrg td mlm antr 2.850.000-2.825.000. Smp saat ini sy puas dgn kinerjany. Kecuali baterai tanamny. Overall….suka denga Acee Liquid E3.

  22. Pak Herry,
    Teman saya mengunakan kamera utama bukan kamera selfie, kalo bisa yang rada mini pak..

    Terima Kasih

    1. Pak Rayner,

      Oh, pakai kamera utama tho. Acer Liquid E3 dan LG G2 Mini boleh dipertimbangkan.

      Bila masih dianggap terlalu besar, ada LG L70. Ukuran lebih besar daripada iPhone, tetapi sedikit lebih kecil dibandingkan dua ponsel yang saya sebutkan pertama.

      Masih kurang kecil lagi? Hmm… silakan melirik Acer Liquid E4. Spesifikasi tidak setinggi ponsel lain yang saya sebutkan. Namun, hasil kameranya cukup bagus.

      Review seluruh ponsel yang saya sebutkan tersedia di Ponselmu.com. Anda dapat mencarinya dengan mengetikkan tipe ponsel yang diinginkan di baris pencarian di kanan atas layar.

  23. Pak Herry,
    Saya kalo saya kasih saran.. Mungkin pak Herry perlu review Aplikasi dan Game untuk Android yang recommended.. Soalnya mungkin ada yang bingung waktu pertama kali beli android aplikasi apa saja yang harus di download.. Itu aja sih pak sarannya.. Thx

  24. Pak HSW, kalo utk layanan purna jualnya Acer gmn? Saya sedang mempertimbangkan utk beli ponsel android harga 3jutaan nih, tapi selama ini blm pernah pakai merk Acer.

    1. Bu Nadia,

      Layanan purna jual ponsel Acer belum diketahui nih. Pusat perbaikan resmi ponsel Acer digabungkan dengan laptop. Dengar-dengar sih pelayanan untuk laptop lumayan bagus.

  25. Pak Herry,
    Dibandingkan dengan Lenovo S920, mana yang lebih awet? S920 atau Liquid E3?
    Terima Kasih

    1. Pak Rayner,

      Baterai Lenovo S920 lebih awet daripada baterai Acer Liquid E3. Namun, kamera Liquid E3 jauh lebih mantap.

  26. Kalau dibanding lenovo S820 bagus mana pak? Omong-omong lenovo seri itu emg udah susah cari yg gress ya?

    1. Pak Didi,

      Dalam hal kamera, Liquid E3 lebih bagus. Dalam hal daya tahan baterai, S820 yang lebih unggul.

      S820 memang sudah diskontinyu. Jadi, ya susah mencarinya dalam kondisi baru.

  27. Pak Herry,
    Akhirnya saya dapat HH ini juga di erafone harga 2,899. Ada yang saya mau tanyakan :

    1. Mana yang lebih memakan battery? WiFi atau Sinyal 3G?
    2. Mana yg lebih bagus di harga 3jutaan kurang, Liquid E3/G2 Mini, alasannya?

    Terima Kasih

    1. Pak Rayner,

      1. 3G, apalagi kalau sinyalnya kembang kempis.
      2. Kalau Anda sangat menomorsatukan kamera, pilih Liquid E3. Kalau kenyamanan total dan fleksibilitas, G2 Mini.

  28. Pak Herry,
    Saya pernah melihat Bapak tweet tentang screen protector Liquid E3 ini, yang katanya dipotong dikit dari Oppo Find mirror ya? Dipotong untuk apanya ya pak?

    Terima kasih

    1. Pak Rayner,

      Yup, benar. Saya pernah mencuit alias ngetwit begitu. Dipotong bagian mananya? Terus terang saya sudah lupa. Waktu itu ponsel saya berikan ke penjaga toko dan dia yang langsung berkreasi sendiri.

  29. Pak Herry ternyata mendambakan Lg G2 mini ya.
    Saya mau tanya pak ,namanya garansi kan sebuah keutamaan ya?
    Menurut bapak diantara sony, LG, and Acer, dari segi kualitas garansi dan kepuasan mana yang paling baik. Kalo bisa ada alasannya pak. Makasih

    1. Pak Taufiq Nurrohman,

      Pendapat setiap orang bisa berbeda. Bagi saya pribadi, garansi bukan faktor utama, melainkan faktor penunjang. Anggaplah ada kondisi seperti ini:
      * Ponsel A memiliki spesifikasi menggiurkan, harga rasional, tetapi tanpa garansi resmi.
      * Ponsel B mempunyai spesifikasi cukup bagus, harga lumayan terlalu mahal, dan bergaransi resmi.

      Dalam kondisi seperti itu, amat mungkin saya lebih memilih ponsel A.

      Di antara tiga merek yang Anda sebutkan, saya akan menudingkan jari ke pusat perbaikan resmi LG. Hal itu mengacu pada laporan yang masuk ke saya plus pengalaman pribadi. Kebetulan ada satu pengalaman yang pernah saya tuliskan. Ini dia:
      http://ponselmu.com/layanan-service-center-lg-tidak-memuaskan/

  30. Pak,
    1. Kalo liquid e3 dibanding lenovo a859 secara overall mending mana ya?
    2. Secara spek internal memory kan besar lenovo, tp pada start awal memori yg tersisa masih besar mana?
    Terima kasih.

  31. Pak Herry,

    Saya liat di gsmarena untuk liquid e3 dan liquid jade ramnya cuma 1gb ya pak? apakah yg dijual internasional dan dijual di indo type ramnya berbeda?

    Oh iya pak pernah coba hp powerphone yg dibundle dg kartu bolt? kira2 kualitasnya bagaimana ya pak, saya sudah puas dg layanan data bolt, cuma mau beli hp nya kok masih bingung, mungkin pak Herry punya masukan dikit atau pernah denger bisik2 dari rekan2 hehe

    Makasih Pak Herry

    1. Pak Wisnu,

      Saya kurang tahu yang dijual di luar negeri bagaimana. Liquid E3 dan Liquid Jade bergaransi resmi Acer Indonesia pasti dibekali RAM 2 GB.

      Saya belum pernah mencoba Powerphone-nya Bolt, baik yang bermerek ZTE maupun Ivo.

  32. Oh maaf pak Herry, gak baca komen di atas saya, ternyata sudah ada yg tanya dan dijawab hehe

    “Liquid E3 yang bergaransi resmi Acer Indonesia dibekali RAM 2 GB.”

    Makasih

  33. kalo di banding dengan liquid z500 bapak lebih milih yang mana ?

    kalo soal performa lebih baik yang mana e3 apa z500 ?

    sekalian mau nanya harga baru e3 berapa ya ?

    1. Pak M. Ridha,

      Liquid E3 dong.

      Terakhir saya mendapatkan informasi kalau harga Liquid E3 saat ini Rp 1.999.000.

  34. pak kalo di banding dengan liquid z500 bapak lebih milih yang mana?

    kalo performanya lebih baik yang mana dibanding z500 ?

    baterainya termasuk boros apa hemat ?

    sama sekalian mau nanya harga barunya berapa sekarang ?

    Thanks……..

    1. Pak M. Ridha,

      Liquid E3 dong. Saya lupa tepatnya dulu bisa bertahan berapa jam. Sepertinya sekitar 12 jam.

      Terakhir Rp 1,999 juta. Namun, Liquid E3 sebenarnya sudah sulit ditemukan.

  35. Pak HSW, salam kenal. Saya suka cara bapak mereview ponsel terbaru..
    Saya pelaku ol shop pak, kira2 acer L3 E380 mumpuni gak ya untuk menyimpan bnyk gambar2 dagangan dan gampang mengedit harga atau merename harga yg akan di share. Terima kasih pak

    1. Bu Ainun,

      Salam kenal juga.

      Apakah yang Anda maksud adalah Acer Liquid E3? Ponsel itu bernama lain E380. Kalau Acer L3, terus terang saa tak tahu.

      Liquid E3 bukan barang jelek. Namun, bila Anda memiliki banyak gambar dan akan rutin menyunting data untuk toko online, apakah tidak lebih nyaman kalau menggunakan laptop?

  36. Maaf, betul acer liquid E3. Betul pak, kalo pakai laptop memang lbh mudah. Cuma kadang saya lebih memilih praktisnya. Karena sdh terbiasa dengan BB davis. Jadi gambar2 dari grup klo tersimpan di galeri biasanya sdh akan otomatis tersimpan dengan detail harga, jadi kalo upload ke fb sdh tinggal copas saja untuk captionnya dengan mengedit harga dan detailnya. Tapi di acer sy liquid E3 saya blum menemukan bagaimana cara copasnya. Baik terima kasih bnyk pak.

    1. Pak/Bu Ainun,

      Terus terang saya belum memiliki gambaran jelas caption yang Anda inginkan seperti apa. Kalau Anda ingin menambahkan tulisan di foto via ponsel Android, cobalah mengunduh aplikasi PicSay atau Phonto. Keduanya tersedia di Play Store.

  37. pak kalau di banding dengan redmi 2, lebih milih yang mana?

    secara keseluruhan lebih baik yang mana redmi 2 atau e3?

    makasih byk….

    1. Pak Ridha,

      Tergantung fitur apa yang lebih Anda butuhkan.

      Liquid E3 unggul di kamera dan RAM 2 GB. Sedangkan Redmi 2 unggul di layanan LTE dan baterai removable.

  38. pak, saya termasuk user yg kebetulan membeli hp acer e3 ini yg populer dengan nama ALE. Karena saya sanagat tertarik dengan ulasan bapak yg satu satunya ada hehe, entah mengapa layar hp saya mulai sering flickering dan makin lama makin parah… adakah solusinya pak? saya sudah bawa ke service centernya dan katanya no problemo dan blum masuk kategori perbaikan… kok saya bingung hehe

    1. Pak Agman,

      Kalau saya sih tetap ke service center lagi dan bersikeras minta perbaikan. Bila petugas di sana menyatakan itu normal, saya akan meminta surat pernyataan tertulis. Berikutnya, masukkan ke surat pembaca.

  39. pak , acer saya tidak bisa membuka kamera depannya , dan pas di buka fitur camera depannya tidak ada , sebenernya masalahnya knpa pak ? terima kasih

    1. Pak Wahyu,

      Bisa jadi modul kamera depan rusak. Sebaiknya Anda segera ke pusat perbaikan resmi Acer untuk memeriksakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *