Review Acer Liquid E700: Tiga Operator Hidup Rukun Seponsel

Kali pertama memakai ponsel GSM, penulis memilih XL sebagai nomor utama. Karena promo gila-gilaan membuat layanan XL terus memburuk, penulis berpindah ke Indosat. Pilihan tersebut tidak bertahan lama. Sekitar dua tahun kemudian, Indosat sukses “memaksa” penulis mengibarkan bendera putih. Penulis lalu hijrah ke Telkomsel dan sampai sekarang masih bertahan.

Nomor XL dan Indosat yang telah pensiun nyaris selalu menjadi penghuni kotak penyimpanan kartu SIM. Ketika Acer Liquid E700 muncul, dua mantan nomor utama itu, ditambah satu nomor utama terbaru, bisa siaga bersamaan. Tiga operator GSM hidup rukun serumah eh… seponsel.

Acer E700-1

Tiga nomor GSM dapat aktif bersamaan karena Liquid E700 merupakan ponsel Android triple SIM GSM-GSM-GSM. Selipkan saja tiga kartu micro SIM ke ponsel, kemudian nikmatilah enaknya menggunakan ponsel 3-in-1. Praktis. Tidak repot.

Asal tahu, Liquid E700 adalah ponsel Android triple SIM pertama yang beredar resmi di Indonesia. Sebelum ini, LG dan Samsung sebenarnya telah memproduksi ponsel Android triple SIM. Namun, entah mengapa, LG L1 II Tri dan Samsung Galaxy Star Trios tidak dipasarkan ke Indonesia.

Kala mengetahui penulis memakai Android dengan tiga nomor siaga, biasanya spontan terlontar pertanyaan begini: “Tiga kartu nyala semua? Sehari harus ngecas ponsel dua kali atau tiga kali?” Disodori pertanyaan seperti itu, dengan percaya diri penulis bisa menjawab, “Cukup sehari sekali saat akan tidur malam.”

Penulis tidak sedang bercanda. Liquid E700 dibekali baterai tanam berkapasitas 3.500 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai ponsel itu siap mendampingi penulis seharian penuh. Mulai pagi sampai malam, bahkan tengah malam. Kala penulis pulang ke rumah, daya baterai biasanya masih tersisa 16 persen hingga 30 persen. Ponsel itu tak pernah lunglai sebelum penulis tiba di rumah.

Suatu hari, kebetulan beban kerja Liquid E700 lebih rendah daripada biasanya. Ponsel selalu terkoneksi ke internet, tetapi penulis jarang menyentuhnya untuk mengakses email, browsing, maupun bercakap via WhatsApp. Kondisi tersebut otomatis membuat pemakaian baterai lebih hemat. Sejak ponsel diaktifkan sampai dihubungkan dengan charger, waktu siaga ponsel menembus 36 jam.

Sisi menarik lain Liquid E700, pengguna bebas menentukan nomor mana yang akan dipakai berinternet. Anggaplah pengguna memilih nomor kedua. Atas kemauan pengguna, nomor kedua itu bisa dikunci supaya selalu berada di jaringan 3G. Berinternet di jaringan 3G seharusnya lebih nyaman dan cepat daripada di jaringan 2G, bukan?

Acer E700-2

Layar IPS lima inci beresolusi 1.280 x 720 piksel, prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6582 1,3 GHz, RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD adalah sebagian spesifikasi teknis Liquid E700. Saat ponsel masih segar, memori internal yang bebas dimanfaatkan pengguna mencapai 12,59 GB. Ponsel bersistem operasi Android 4.4 KitKat juga dibekali Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan radio FM. Ia mendukung USB OTG dan layanan HSPA+ dengan kecepatan unduh sampai 42 Mbps.

Kamera utama Liquid E700 dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Kamera tersebut siap memproduksi foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sementara itu, kamera di sisi muka ponsel tanpa fokus otomatis, tetapi dibekali lampu kilat. Ia dapat menghasilkan foto beresolusi dua megapiksel dan klip video VGA.

Dibandingkan ratusan ponsel Android yang saat ini tersedia di pasar Indonesia, nilai jual utama Liquid E700 terpampang nyata. Ponsel berdimensi fisik 147 x 73 x 9,9 mm dan berat 155 gram itu menjadi pemain tunggal ponsel Android triple SIM. Tanpa pesaing. Daya tahan baterainya juga pantas diacungi dua jempol. Empat jempol malahan, seandainya penulis mengacungkan jempol sambil berbaring.

Meskipun demikian, Liquid E700 bukan tanpa kelemahan. Sisi minus yang paling mengganggu, papan ketik qwerty virtual ponsel itu sangat sering memunculkan huruf berganda. Misalnya, saat pengguna berniat mengetikkan selamat malam, apa kabar, bukan mustahil hasil yang tersaji di layar adalah selamaat maalam, apaa kabar.

Solusi sementara untuk meminimalkan pengetikan dobel, pengguna sebaiknya mengaktifkan mode glove operation. Mode itu bisa ditemukan di dalam menu setting, lalu display. Penulis berharap, problem pengetikan berganda yang sudah diketahui tim Acer itu dapat sembuh total saat kelak muncul update firmware.

Kekurangan lain yang sebenarnya juga dipengaruhi selera pengguna, tombol sentuh di bawah layar Liquid E700 tidak bercahaya. Mau tak mau pengguna harus menghafal urutan tombol kala memakai ponsel di tempat gelap. Satu lagi. Menu perekam video ponsel itu tidak dilengkapi penunjuk waktu. Sehingga, pengguna kesulitan mengetahui telah berapa lama merekam video.

Saat ulasan ini penulis ketikkan, 30 September 2014, harga ritel resmi Liquid E700 dipatok Rp 3,099 juta. Harga pasar lebih murah. Mayoritas pemilik toko di WTC Surabaya menawarkan Liquid E700 dengan harga Rp 2,9 juta.

***

Beberapa contoh foto yang dihasilkan Liquid E700.

Acer E700-3

Acer E700-4

Acer E700-5

Acer E700-6

Acer E700-7

Acer E700-8

Acer E700-9

Acer E700-10

Satu foto di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

Acer E700-11

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Android Sensor Box.

Acer E700-12

Acer E700-13

136 thoughts to “Review Acer Liquid E700: Tiga Operator Hidup Rukun Seponsel”

  1. Malam, Pak. Waah, dari ulasan Pak Herry, ponsel ini terdengar menarik & baik. Bagaimana dgn layanan purna jual dan service centrenya Pak, apakah ada pengalaman yang bisa dibagikan? Lalu bagaimana dengan reputasi produk2 Acer, apakah memang cukup baik?

    Terima kasih.

    1. Pak Budi A.,

      Saya belum pernah berurusan dengan service center ponsel Acer. Laporan dari beberapa konsumen, mereka biasanya menyatakan puas atau cukup puas. Berdasarkan hal itu, sepertinya layanan pusat perbaikan resmi Acer pantas disebut cukup mengesankan.

      Mengacu kepada pengalaman pribadi, ponsel Acer baik-baik saja kok. Predikat yang bertolak belakang saya berikan untuk laptopnya.

  2. Ponsel lenovo triple sim bersistem operasi android ada yg murah i856 sekitar $50, tapi tidak resmi. Cukup bagus untuk melatih kesabaran kita.

  3. Maaf pak herry keluar dr topik..saya pakai g3..yg saya tnyakan..apakah jenis baterai pada g3 perlu sebulan sekali dihbskan sampai hp mati…gimana cara kalibrasi yg baik dan bener..thx b4

    1. Bu Rency,

      Menurut saya, tidak sampai padam sendiri pun tak masalah. Yang penting sudah low batt dan sisa daya sekitar sepuluh persen. Cukup itu.

  4. Baru kemarin saya ancang-ancang mau beli LG G2 Mini di lazada (karena ada diskon lumayan)
    Ini muncul review Acer E700 dengan harga setara dan specnya juga saya kira lebih tinggi.
    Pilih sing ndi iki @_@

    1. Pak Sigit Herry W.,

      Cara memilihnya sederhana. Apakah Anda perlu ponsel triple SIM? Kalau iya, ambil E700. Kalau tidak perlu, ambil G2 Mini.

  5. Ko Herry SW

    dari pengalaman e Ko Herry mending beli acer e 700 atau redmi note ya? harga ama spek juga ga beda jauh khan.
    kebetulan lg mau beli hp baru πŸ˜€

    thanks

    1. Pak Tjutjun,

      Apakah Anda memerlukan ponsel triple SIM? Bila iya, ambil E700. Bila tidak, ambil Redmi Note.

      Seandainya saya diwajibkan memilih satu, saya akan memilih Redmi Note, dengan konsekuensi tidak ada garansi resmi.

  6. mau tanya pak… bagaimana kualitas musiknya apakah masih sama seperti keluaran sebelumnya seperti acer E2 ?
    saya selalu tertarik dengan acer tapi blom ada dananya hehehhe…

    klo pak hery dah bosen dan akan dijual E700 nya, saya penimat pertama loh pak hehehhe πŸ™‚

  7. Maaf pak herry kalau yg ingin saya tanyakan beda topik.. Apakah pak herry pernah menggunakan xperia z? Nah kalau dibandingkan dengan lg g2 mini untuk keseluruhan pak herry lebih senang menggunakan yg mana pak? Soalnya kawan saya ada yg mau menjual xperia z (second) dengan harga yg tidak jauh beda dengan lg g2 mini (baru).. Mohon jawabannya pak, terimakasih..

    1. Pak Reza,

      Ya, saya pernah memakai Xperia Z. Review-nya ada di blog ini kok. Kalau ingin membacanya, Anda tinggal mengetikkan kata kunci Sony Xperia Z di baris pencarian di bagian atas halaman ini (bila mengakses blog dari laptop) atau di bagian bawah halaman (bila mengakses blog dari ponsel).

      Xperia Z unggul di performa kamera dan kemampuan tahan air. Selain dua hal itu, G2 Mini lebih menarik.

  8. Wah akhirnya yg saya tunggu direview juga. Menurut P Herry layak tidak saya beralih dr sony xperia m dual ke acer liquid e700 jika dilihat dr kesepadanan harga dan spesifikasi yg didapat? Kalau boleh tau P Herry mendapatkan acer liquid e700 di harga berapa? Garansi resmi? Trims

    1. Pak Han,

      Sangat layak. Saat ini Liquid E700 bisa diperoleh dengan harga pasar Rp 2,9 juta. Baru dan bergaransi resmi.

    1. Pak Sat,

      Oh ok. Berarti, tipenya kebetulan sama, padahal barangnya berbeda dengan yang tadi tautannya saya sebutkan ya, Pak.

      Sejak beli sampai kiriman tiba, berapa bulan, Pak? Kena bea masuk berapa?

    1. Bu Indah,

      Liquid E700 tersedia dalam dua pilihan warna. Merah dan hitam. Menurut saya, yang merah lebih bagus. Yang fotonya terlihat di atas adalah E700 merah.

  9. Pak Herry,

    di review anda terdahulu mengatakan tidak ada sensor kompas. Di review sekarang ada sensor magnetik. Apa itu sama dengan kompas? saya membutuhkan kompas sebagai penentu arah kiblat dalam sholat. Klo benar bisa.. Layak bungkus ni hape πŸ™‚

    1. Pak Azham,

      Saya hanya satu kali me-review E700 lho. Di review mana saya menyatakan tidak ada sensor kompas?

      Untuk sensor, saya biasanya sebatas menyajikan screen capture Android Sensor Box. Sensor magnetik biasanya berhubungan dengan kompas.

  10. Saya bacanya di bagian komentarnya pak Herry.. Katanya tidak ada sensor giroskop dan kompas. Saya cek di gsmarena juga tidak menyebutkan sensor kompas.

    1. Pak Azham,

      Saya jadi penasaran nih. Saya mengatakan tidak ada sensor giroskop dan kompas di postingan yang mana ya? Saya ubek-ubek tak ketemu.

      Apakah maksudnya di naskah preview E700? Kalau iya, saat itu saya menjawab pertanyaan.

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Saya belum pernah mencoba Lenovo S860. Jadi, saya tak tahu lebih bagus mana kalau dibandingkan S860. Yang pasti, service center-nya lebih bagus Acer.

  11. @p Azham, saya pengguna E700. Sensor compass/magnetic di E700 ada koq. Saya sering pakai navigasi dengan aplikasi Waze atau google maps, bisa menunjukkan arah kita menghadap. Sekalian nambahin kesan saya terhadap chip gps di acer ini jauh lebih baik daripada ponsel lenovo S860 yg sebelumnya saya pakai. Kalau di lenovo lock gps lama, kalaupun sudah lock sering lost signal. Kalau di acer ini lock lumayan cepat dan stabil, tidak lost signal.

  12. di preview E700 komentar tgl 23 juli, mungkin saya salah tangkap maksud dari si penanya. Saya kira pak irfan menanyakan sensor yg ada di E700

  13. ikut menjawab buat Pak Azzam ya Pak Herry

    untuk sensor kompas, setahu saya semua android atau smartphone apapun yg dilengkapi fitur GPS, tentu mudah ditemukan aplikasi penentu arah mata angin, atau bahkan arah kiblat di google playstore atau apple store atau bbm store

    Komentar buat Pak Herry,
    ternyata Acer yg dipandang sebelah mata di laptop dan netbook, malah mengalahkan performa Asus di smartphone ya Pak
    hehehe

    1. Pak Joko Waluyo,

      Sekadar info, ponsel dengan GPS belum tentu dilengkapi kompas.

      Iya. Yang terpenting, Acer tidak PHP. πŸ™‚

  14. Pak herry saya minta rekomendasi smartphone dgn harga sekitaran 2-3jt yg diutamakan kamera belakang maupun depan, menurut pak herry apa yg bagus pak? Terimakasih..

    1. Pak Reza,

      Bila tidak keberatan dengan tidak adanya garansi resmi, silakan melirik Xiaomi Redmi Note.

      Kalau harus bergaransi resmi, silakan mempertimbangkan Lenovo Vibe X.

      Review dua ponsel itu bisa ditemukan di blog ini.

    1. Pak Kurniawan,

      Saya belum pernah mencoba Acer Z200 sehingga tidak bisa membandingkannya dengan Lenovo A316i.

    1. Mbak Fitri,

      Mesti lihat per tipe sih. Namun, kalau disuruh menentukan secara umum, LG lebih bagus daripada Samsung.

    1. Pak Rianto,

      Lha ini di samping saya ada Xiaomi Mi4. πŸ™‚

      Xiaomi dan Oppo sebenarnya sama-sama merek Tiongkok buatan Tiongkok. Xiaomi sudah mendekati masuk level merek global. Kalau Oppo sering kurang jujur dalam berjualan, Xiaomi jelas-jelas mengaku dari Tiongkok.

      Xiaomi yang sudah beredar resmi di Indonesia sampai saat ini baru satu tipe, yaitu Redmi 1S. Penjualan dilakukan secara online via Lazada.co.id. Tak sedikit penjual ponsel yang beli di Lazada, lalu dijual lagi. Tentu saja dengan harga lebih mahal.

      Di pusat penjualan ponsel seperti WTC dan Plasa Marina, Xiaomi tipe lain juga bisa ditemukan. Namun, pasti bukan bergaransi resmi.

  15. Ko Herry,saya ingin menanyakan 1 hal saja,yaitu apakah hasil foto kamera depan Acer E700 dgn flash di ruang gelap,hasilnya sama kualitas gambarnya yg pernah di review pada Acer E3? Pada review ini ko Herry tdk menampilkan gbr foto depan dgn flash di ruang yg gelap seperti yg pernah dimuat pd review Acer E3. Terima kasih atas reviewnya yg bagus dari dulu2. Saya terus ikuti perkembangan review ko Herry,hanya jarang memberi komentar/pertanyaan karena sebagian besar keingintahuan saya sudah ditanya org lain. πŸ™‚

    1. Pak Chely Sutio,

      Ya, intinya sama.

      Ada sedikit tragedi saat saya hendak menulis review Acer Liquid E700. Satu folder berisi catatan dan data pendukung lenyap dari laptop. Saya curiga beberapa hari sebelumnya tak sengaja terhapus, saat saya bersih-bersih file.

  16. Terima kasih atas informasinya,ko Herry. Soalnya anak saya yg memakai Smartfren Andromax U (edisi awal sekali seblm Andromax U L.Edition) ingin meremajakan hpnya sekaligus selfie. Ia tertarik dgn Andromax V3s yg terbaru tapi saya anjurkan jgn dulu karena frekwensi smartfren nanti akan pindah ke 2300 mHz,takutnya hp itu tdk bs pakai lg. Makanya saya sarankan Acer E3 tapi wkt lihat review ko Herry,sepertinya flash camera depan tdk byk manfaatnya. Wkt lihat review ini,saya tdk melihat hasil camera dpn dgn flash,makanya saya menanyakan pada anda. Terima kasih lg,ko Herry πŸ™‚

    1. Pak Chely Sutio,

      Sama-sama.

      Sekadar info, ponsel Smartfren biasanya dapat berjalan di frekuensi 800 dan 1900 MHz. Kelak yang tak bisa dipakai 1900-nya. Kalau 800-nya tetap bisa digunakan.

  17. Oh begitu, saya baru tau ternyata Xiaomi sekelas nya Oppo.
    Kinerjanya Mi4 nya gimana, pak ? Kalo dibanding Acer E700 ini gimana ?
    Selama ini apa Pak Herry pernah mendengar rumor / gossip negatif tentang smartphone Xiaomi, pak ?

    Btw, itu 3 posting terbaru nya Pak Herry yang Andromax G2 sama E700 ini apa tidak dipendekkan di homepage nya, pak ?

    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      Kalau menurut saya, Xiaomi malahan di atas Oppo, dalam hal kesepadanan antara harga dan kinerja. Apalagi, dalam hal kejujuran. Beda jauh deh.

      Mi4 diadu dengan Acer Liquid E700? Tanpa melihat jumlah kartu SIM-nya, si E700 langsung klepek-klepek dong.

      Ya. Pernah ada rumor kalau ponsel Xiaomi diam-diam mengirimkan data ke server di Tiongkok. Hal itu sudah dibantah oleh Xiaomi. Kalau pun benar, saya pribadi tak terlalu khawatir. Lha isi ponsel saya tak ada yang rahasia banget kok.

      Tiga posting terbaru tidak dipendekkan? Maksudnya gimana ya, Pak? *bingung*

    1. Pak Stefanus,

      Sampai batas waktu yang belum diketahui, saya sangat menyarankan konsumen untuk tidak membeli ponsel dan tablet merek Asus. Kalau laptop Asus masih boleh. Mengapa? Sebab, saya melihat prinsipal di sini masih setengah hati dan nggak becus dalam menangani pemasaran tablet maupun ponsel.

  18. maaf maksud saya zenfone 6 asus, bagaimana kualitasnya, baik dan buruknya.
    sekali lagi terima kasih pak. herry.

  19. Dipendekkan itu dibikin muncul di homepage nya “Read More” itu lho, pak. Jadi nda muncul seluruh paragraf waktu di tampilan depan blog nya pak Herry.
    Saya lupa nama fitur itu di WordPress apaan. Hehehehe.

    1. Pak Rianto,

      Oh yang itu. Bukankah selama ini memang sudah seperti itu? Kecuali, bila saya memberikan tautan yang langsung ke naskah review tertentu. Tautan itu kalau diklik akan menyajikan naskah utuh tanpa tombol read more.

  20. Pak Herry, tolong tanya nih pak.
    Saya habis browsing-browsing GSMarena, saya tertarik ZTE Grand S2 sama ZTE Nubia Z7 (atau Nubia Z5s). Pak Herry apa pernah melihat ya terjual di Surabaya sini ?
    Merk ZTE di Indonesia apa banyak supportnya ya ?

    Makasih.

    1. Pak Rianto,

      Tiga tipe yang disebutkan belum pernah saya jumpai di Surabaya. Kalau ZTE Nubia Z5S Mini, silakan cari di Global Teleshop atau Oke Shop.

      Support ZTE di sini masih kurang jos. Eksistensinya saja masih sayup-sayup terdengar kok.

  21. Wah kalo ZTE nda ada gitu, coba Huawei Honor 6 aja gimana, pak ? Liat spek & review orang-orang luar negeri, kayaknya dewa banget itu. Jadi ngiler.. Hehehehe..

  22. Pak Herry, setelah membaca review bapak saya jadi galau menentukan, apakah pilih e700 atau G3 Beat.. apalagi preorder G3 beat yg berlimpah hadiah, hanya satu kekurangannya dibanding dengan E700, yaitu memorinya lebih besar E700.
    Kalau Pak Herry sendiri akan pilih yang mana pak, mohon pertimbangannya.

    Thx

    1. Pak Fauzan,

      Sampai batas waktu yang belum diketahui, sebaiknya tidak membeli ponsel dan tablet merek Asus. Sebab, prinsipalnya di sini saya nilai masih setengah hati, nggak becus, dan jago PHP. Kalau laptop Asus sih masih boleh dilirik.

  23. Lagi tertarik bgt, harganya sudah turun jadi 2.5 juta sekarang. Cuma untuk aksesoris kayaknya masih sulit, saya tipenya suka pakai case biasa (bukan flip cover), lebih simple. Dan (lagi2) ragu dengan layanan service Acer Mobile

    1. Pak Liat2aja,

      Sama, saya juga tak suka flip cover. Jelly case sudah ada yang jual kok. Namun, karena belum banyak pesaing, harganya cukup tinggi: Rp 75.000.

      Layanan pusat perbaikan resmi Acer lebih bagus daripada Lenovo, HTC, dan Sony.

  24. Dear Pak Herry, saya berencana membeli produk ini. Kira2 ritel besar apa yg menjual acer ini? Global teleshop, oke shop ato yg lain? Karena saya ingin menggunakan cicilan CC. Terimakasih.

  25. Pak apakah problematika acer e700 yg suka dobel dobel hurufnya masih terjadi? karena saya beli kemarin HH ini, problem itu masi tetap saja muncul πŸ™ sangat mengganggu

    1. Pak Hendra Suparyawan,

      Pascaupdate firmware, ada E700 yang masih suka dobel-dobel, ada pula yang sudah sembuh. Persentase yang sembuh jauh lebih kecil. Saya hanya dapat laporan dari 2-3 orang.

  26. pagi pak herry,

    kalau secaran keseluruhan, saya tidak begitu perlu triple sim. toh redmi note sudah dual sim kan?. apa yang membuat redmi note lebih rekomen pak?, selain karena spek yang tertulis memang diatas e700 (kecuali untuk rom masih lebih besar e700). secara real pemakaian saja pak. saya lagi memilih antara e700 dan redmi note (feeling sih lebih suka acer ini), fyi saya sering sekali menggunakan aplikasi WAZE untuk GPS, browsing aplikasi online shop, dan socmed-socmed, kalau game Clash of Clan, kamera gak jadi point 1, baterai harus tahan lama.

    keseluruhan pilih mana ya pak?, dan apakah redmi note yang tidak bergaransi resmi itu tidak apa-apa?

    terimakasih pak.

    salam. prams.

    1. Pak Pram,

      Kalau materi pembicaraannya Acer Liquid E700 dan Xiaomi Redmi Note, plus Anda cukup dengan ponsel dual SIM, ada satu alasan yang membuat Redmi Note lebih layak dilirik. Papan ketik qwerty virtual ponsel itu tidak mengalami masalah dobel-dobel saat mengetik ala E700.

      Saran saya, belilah Redmi Note yang bergaransi resmi, entah yang diimpor oleh Trikomsel atau Erajaya. Saya pribadi menilai pusat perbaikan resmi Xiaomi sebenarnya juga belum benar-benar bagus. Namun, setidaknya masih lebih terjamin daripada kalau Anda membeli Xiaomi non-garansi resmi.

      Hal lain yang perlu Anda ketahui, Xiaomi non-garansi resmi yang dipasarkan di sini bisa jadi sebenarnya bukan dialokasikan untuk pasar Indonesia. Kalau Anda dapat unit yang seharusnya dijual di Singapura sih masih mendingan. Namun, kalau dapat unit yang mestinya dipasarkan di, misalnya, Tiongkok, kadang ada “pekerjaan tambahan” yang harus dilakukan. Jadi repot deh. Khusus Redmi Note non-garansi resmi, pernah pula dijumpai ada unit palsu.

  27. Pak hsw,
    Saya mau tanya…sya baru saja ambil acer e700 ini, yg ingin saya tanyakan…ketika saya melakukan panggilan untuk telepon dan didekatkan ke telinga kenapa layar tetap menyala ya? Tidak standby ketika didekatkan telinga dan menyala ketika dijauhkan telinga seperti handphone saya sebelumnya….tks

    1. Pak Wisnu Budi,

      Lho kok aneh. Seharusnya layar padam ketika ponsel didekatkan ke telinga. Saya sudah mencoba tiga unit E700 yang berbeda dan semua seperti itu.

      Coba masuk ke menu Phone, Settings, lalu Call Settings. Pastikan kotak di samping “Set proximity sensor” sudah dicentang.

      Kalau layar E700 itu masih belum mau padam otomatis, lakukan factory reset.

  28. Pak hsw
    Trimakasih sarannya pak hsw, setelah saya coba utak atik kesanna kemari, ternyata permasalahan nya ketemu, yaitu pada screen guard yg sy gunakan, krn sy pakai yg untuk universal, proximity sensor nya terganggu, ketika sy lepas screen guard nya semua berjalan normal pak…
    Hehehe…
    Tks pak…

    1. Pak Wisnu Budi,

      Iya, screen protector memang bisa mempengaruhi. Apakah Anda memakai screen protector yang tebal atau buram? Kalau bening dan tipis, biasanya tak apa-apa.

  29. Iya pak herry, screen guard sy yg agak tebal &,memang tidqk begitu bagus, tp apalah dqya dripada saya baru beli tp tdk pakai anti gores dan lecet…
    Kbetulan sy beli jumat kmrin di erafone banjarmasin, wktu itu sales menawarkan promo 2,499 bonus flip cover+screenguard, tp stelah di input trnyata promo itu sdh berakhir dan hrg segitu tanpa bonus, sedangkan kalau mau beli terpisah flip cover & screen guard nya tidak bisa krn tdk ada harga nya disana dan tdk bisa diinput, aneh kan..hehehe….ya sudah sy beli screen guard universal yg motong sendiri sampai nanti dapat yg bener sesuai ale e700 ini..

    1. Pak Wisnu Budi,

      Oh ok. Begitu tho ceritanya.

      Masih berencana membeli flip cover dan screen protector-nya atau tidak? Kalau iya, saya carikan penjual online yang tepercaya.

  30. Boleh pak herry, kmren coba kontak bbrp seller di kaskus,tokopedia, & bukalapak smua out of stock / warna tdk sesuai keinginan yg wrna hitam…

    1. Pak Wisnu Budi,

      Eh… iya ternyata. Saya coba kontak beberapa penjual, stok yang tersisa tinggal warna merah. Yang hitam sudah habis.

  31. Saya pengguna E700, dan saya suka produk acer yang satu ini. Speknya bagus,dan menurut saya juga anti mainstream jika pake acer E700 karena jarang yg pake hehehe…Saya juga ga suka flip cover,agak susah jg beli softcase nya tp alhamdulillah dapat dari online. Over all puas dengan performa E700, namun yg mengganggu saya adalah DTS yg apabila diaktifkan speaker terdengar meletup-letup. Apakah pak Herry atau yang lain pernah mengalaminya?

  32. Terima kasih pak Herry atas jawabannya. Dengan kondisi demikian apakah ada kesalahan software atau speakernya yg memang bermasalah ya? Apakah harus dibawa ke Acer service center?

    1. Pak Yogi,

      Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Acer untuk diperiksa. Kalau benar suaranya begitu, mestinya hardware ya.

    1. Pak Ian,

      Maaf, saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Pada 25-27 Februari 2015 saya menjalani aktivitas yang padat di luar pulau. Sehingga, relatif tak sempat menjawab pertanyaan masuk.

      Saya belum pernah mencoba Honor 3C sehinggak tak tahu seberapa bagus atau seberapa jelek ponsel itu.

    1. Pak Ian,

      Di rentang harga Rp 1-2 juta, menurut saya, ada dua pilihan yang menarik. Yaitu, Xiaomi Redmi 1S dan Acer Liquid Z500.

      Di rentang harga Rp 2-3 juta, silakan melirik Acer Liquid E3, Acer Liquid E700 (hanya jika perlu triple SIM), LG G2 Mini, dan Xiaomi Redmi Note.

  33. Pak hery, saya pengguna acer liquid e700 saya mau beli case untuk hp ini susah sekali, nah saya mau tanya apa bentuk acer e3 sama dengan acer liquid e700? Kalau bisa berarti case nya sama ya pak?

    1. Bu Eva,

      Bentuknya tidak sama. Btw, Anda mau cari case jenis apa untuk E700? Flip cover dan jelly case-nya tersedia di pasar kok. Khusus flip cover, saat ini yang tersisa di pasaran kebanyakan berwarna merah. Susah banget cari yang berwarna hitam.

  34. Hallo Pak Herry..
    Apakah ponsel acer e700 ini sangat layak dibeli?
    Tolong minta alamat online shop yang menjual jelly case nya donk Pak. Terima Kasih.

    1. Pak Timmy,

      Status kelayakan beli E700 adalah “cukup layak beli”, bukan “sangat layak dibeli”. Sebab, ponsel itu memiliki bug di keypad yang sering mengeluarkan huruf dobel-dobel saat dipakai mengetik.

      Saya lupa dulu menemukan penjual jelly case-nya di Kaskus, Bukalapak, atau Tokopedia. Salah satu di antara tiga itu deh.

  35. Permisi pak Herry.
    Salam kenal,

    Saya sedang mencari smartphone utk mengganti i9082 saya yg sudah mulai uzur dan lambat mengingat RAMnya di bawah 1 GB.
    Kriteria yg saya perlukan utk smartphone saya adalah (urut dr prioritas kepentingan) :
    1. Dual SIM
    2. RAM minimal 2GB
    3. Punya sensor Compass
    4. mendukung screen Mirroring (maksud sy bisa menampilkan layar HP ke TV atau Monitor PC)
    5. layar 5″-5.5″
    6. harga max.3.000.000

    Dari banyak pilihan akhirnya mengkerucut menjadi 2 kandidat utama yg memenuhi kriteria saya tsb, yaitu ACER Liquid E700 dan Xiaomi Note 3G dual SIM yang secara kebetulan sekali disinggung oleh Pak Herry dalam review ini sehingga review bapak sungguh membantu saya untuk mengambil keputusan menentukan pilihan.

    Namun ada 2 hal yang belum saya dapatkan jawaban pastinya yaitu:
    1. Apakah E700 dengan sensor Kompassnya dapat berjalan baik tanpa bug dalam menentukan arah.
    2. Manakah diantara kedua samrtphone ini (E700 & Mi Note 3G) yg mendukung screen mirroring?
    3. Apakah Acer sudah mengeluarkan firmware terbaru utk mengatasi bug double huruf pada pengetikannyaa?

    Terima kasih sebelumnya atas pencerahannya.

    1. Pak Doddy,

      1. Saya tidak memperhatikan fungsi kompasnya dengan sangat detail. Saya lebih mencoba GPS-nya dan baik-baik saja sih.

      2. Di E700 pasti ada. Kalau Mi Note saya belum pernah coba. Mi Note kan belum beredar resmi di Indonesia.

      3. Ya, sudah ada firmware baru. Masalah dobel-dobel tetap terjadi, tetapi tidak separah sebelumnya.

  36. pak herry,
    ada sesuatu yg mau saya tanyakan tt acer e700, apakah smartphone ini bisa pancarin internet ke tablet wify only alias jadi tetering gitu pak?
    terimakasih untuk perhatiannya pak.

  37. jadi cuman ini ya pak utk pilihan ponsel gsm triple on ya?
    gak ada yang lain ya pak yg ada pencet an nya

  38. Pak Henry,maaf sblm nya kalo pertanyaan sy ini pernah di jawab sebelum nya.
    sy tertarik antara Liquid Jade S krn unggul di kaca Gorilla Glass 3, Liquid X1 unggul di ukuran layar 5,7″ dan Gorilla Glass 3 dan Liquid E700 unggul di baterai 3000mAH lebih.
    bener pilihan yg bikin pusing,maklum dana terbatas πŸ™‚
    yg ingin sy tanyakan di E700, stlh sy liat di gsmarena.com sy compare antara Jade S dan E700=
    Features
    Jade S = Sensors= Accelerometer, proximity, compass.
    E700= Accelerometer, proximity (compass tidak ada).
    http://www.gsmarena.com/compare.php3?idPhone1=6864&idPhone2=6420
    pertanyaan nya=
    1. sebenarnya kegunaan compass di software android untuk apa?
    2. maaf,sy agak awam, apa spt “kompas” asli nya?
    3. bgmn jk tanpa “compass”, di E700 utk software GPS, arah kiblat apa msh bisa berfungsi?

    cuma itu pertanyaan saya.

    NB= sy mimpi πŸ™‚ dg spec & harga sama. kalo Liquid E700 dg tambahan = screen Gorilla glass3 & screen 5,7″ … lengkap dah… πŸ™‚

  39. Maaf pak Herry SW,bukan saya yang salah ketik,tp ini gara2 akibat autospell yang tdk saya priksa sblm post comment di BB10 saya.maaf,bkn dgn sengaja.
    sy edit ulang pak Herry SW

    Pak Herry SW,maaf sblm nya kalo pertanyaan sy ini pernah di jawab sebelum nya.
    sy tertarik antara Liquid Jade S krn unggul di kaca Gorilla Glass 3, Liquid X1 unggul di ukuran layar 5,7? dan Gorilla Glass 3 dan Liquid E700 unggul di baterai 3000mAH lebih.
    bener pilihan yg bikin pusing,maklum dana terbatas
    yg ingin sy tanyakan di E700, stlh sy liat di gsmarena.com sy compare antara Jade S dan E700=
    Features
    Jade S = Sensors= Accelerometer, proximity, compass.
    E700= Accelerometer, proximity (compass tidak ada).
    http://www.gsmarena.com/compare.php3?idPhone1=6864&idPhone2=6420
    pertanyaan nya=
    1. sebenarnya kegunaan compass di software android untuk apa?
    2. maaf,sy agak awam, apa spt β€œkompas” asli nya?
    3. bgmn jk tanpa β€œcompass”, di E700 utk software GPS, arah kiblat apa msh bisa berfungsi?

    cuma itu pertanyaan saya.

    NB= sy mimpi dg spec & harga sama. kalo Liquid E700 dg tambahan = screen Gorilla glass3 & screen 5,7? … lengkap dah…

    1. Pak Ferry,

      Oh, ternyata pertanyaannya buat saya tho. πŸ™‚

      1. Untuk menunjukkan arah. Pengguna muslim seringkali juga memakainya untuk menunjukkan arah kiblat.

      2. Ya, seperti kompas yang dipakai ketika dulu ikutan Pramuka.

      3. Tentu saja tak bisa menunjukkan arah kiblat.

  40. Pak Herry SW, terima kasih jwb nya.

    Kalo blh,mau tanya lagi,pertanyaan susulan.

    Dg hy lihat “spec+features” saja (tanpa lihat jumlah simcard), mhn sarannya, lbh baik pilih mana, Acer Liquid =
    – Jade S.
    – liquid X1.
    – E700.
    Txs sblmnya.

    1. Pak Ferry S.,

      Saya belum bisa berkomentar soal Liquid Jade S (bukan Liquid Jade) dan Liquid X1 karena belum pernah menguji pakai ponsel itu.

  41. Pak Herry,
    2 pertanyaan sy:

    Pertama, Bagaimana menghilangkan auto spelling/auto dictionary pada keypad ketika kita mengetik messages?

    Kedua: kok ketika sy terima panggilan telpon masuk pd saat keadaan layar hp terkunci (locked) , layarnya kenapa hitam yaa? Krn biasanya di hp yg sy pakai sebelumnya, samsung, begitu ada panggilan masuk walaupun layar sedang terkunci , di layar akan tertera nama atau nomor telpon si penelpon.
    Kendala tsb membuat sy harus menekan tombol power terlebih dahulu begitu ada panggilan masuk.
    Bagaimana mengatasi ini?

    Trims pak…

    1. Pak/Bu Daficka,

      1. Silakan cek ke menu settings, kemudian language & input. Matikan di sana.

      2. Hmm… apakah di layar ponsel terpasang screen protector? Yang bening atau buram? Tebal atau tipis?

  42. Pak Herry. …
    2 pertanyaan sy barusan maksud sy utk acer E700.
    Trims banyak pak sebelumnya atas jawabannya.

  43. izin Ikut nimbrung pak

    Saya juga mengalami kendala yang sama masalah double input dan auto spelling/ auto dictionary. saya mengakalinya dengan instal keyboard penganti seperti a.i. keyboard yang di costumize sesukanya. dijamin hilang auto spellingnya.

    kalo masalah yang kedua, sampai saat ini saya belum tau jawabannya, padahal ga pake screen protector atau casing tambahan. Setiap ada panggilan masuk, layarnya blank, harus pencet tombol power. sebelumnya pernah bisa sih. tapi ga tau salah setting dimananya ya hehehe…. tapi kalo layarnya lagi nyala. walaupun di lock baru nyala.

    1. Pak Rey,

      Kalau mau coba, untuk masalah kedua coba lakukan factory reset. Dulu langkah itu ampuh untuk menyembuhkan masalah serupa di sebuah ponsel yang saya gunakan.

  44. Saya pengguna Acer E39 ini kurang lebih 3 bulan. Ini sebenernya hp kantor dan pimpinan memang menginginkan fitur triple simnya. Secara real saya cukup puas tetapi masih ada sedikit ganjalan, mungkin karena bukan milik pribadi ???? tetapi sebenernya fitur 3 sim yang baru bagi saya..hehehe. Bagi saya cukup memuaskan. Sayang ada sedikit penyakit, gampang restart. Kemudian error jika menyimpan di memory card. Saya bawa ke service centre Acer Purwokerto, ditangani dengan baik dan ketahuan memory card rusak. Sering restart diatasi dengan upgrade versi OS. Lancar jaya. Saya coba internetan dg kartu maupun wifi overall lumayan kinerjanya. Tapi hari ini, 11 Juni 2015 Acer E39 saya masuk rawat inap karena tidak bisa booting dan hang bahkan layar seperti ada gangguan, seperti lcd rusak. Saya bawa ke service centre, diterima dengan baik dan langsung rawat inap. Tanpa biaya karena masih garansi. Jika ada sparepart rusak diganti gratis hanya harus menunggu setelah lebaran karena problem transport dari Jakarta. Walau sedih berpisah sementara dari E39 saya ini, namun overall saya puas dengan service centre dan aftersalesnya. Saya rasa ini kekuatan utama Acer. O ya pak Herry, saya juga pake G3 Stylus juga pny kantor. Pernah error tapi LG service harus ke jogja dan luama akhirnya saya ambil jalan pintas factory reset. Bagusnya ada upgrade OS, sekarang jadi Lollypop. Nah apakah E39 juga ada upgrade os seperti ini? Terima kasih Pak.

    1. Pak Dheni,

      Terima kasih atas kesediaannya berbagi pengalaman.

      Sampai saat ini belum tersedia update ke Lollipop untuk E39 alias Liquid E700.

  45. Selamat malam Pak Herry SW,

    Pak, ada yang ingin saya tanyakan,
    saya cek di online shop, yang type 3 sim sudah sold out, tapi tinggal yang 1 sim masih ada.
    apakah ada perbedaan spec antara yang mendukung 3 sim dan 1 sim (kecuali urusan sim card)..?

    1. Pak Arthur,

      Triple SIM masih ada yang punya stok kok. Kalau ada di Jakarta, coba kontak Pak Edwin di nomor HP 0811951800. Sabtu lalu dia masih punya barang.

      Ya. Spesifikasi yang single SIM lebih rendah. RAM-nya hanya 1 GB, sedangka ROM-nya 4 GB saja.

  46. Saya mau tanya pa hp sy acer e700 katanya triple sim ko pas sya buka cuma 1 sim? Memang ada tmpt buat 2sim.tpi yg bisa d pake cuma 1 sim. Apa ini hp replika???

    1. Bu Fatimah,

      Liquid E700 yang saya bahas di bagian atas tulisan ini memang triple SIM. Kalau Anda barusan membeli Liquid E700 dengan harga baru Rp 1 juta lebih sedikit, berarti Anda membeli Liquid E700 yang varian single SIM.

  47. saya mau nanya pak, antara HP Asus Zenfone 2 ZE500CL dan HP Acer Liquid E700 , lebih bagusan mana pak kalau soal kamera ?? misalnya kita mau foto pemandangan lebih bagusan asus zenfone 2 ZE500CL atau acer Liquid E700 ?? dan kekurangannya dari segi kamera dari masing2 HP .., dan harga terbaru dari kedua handphone trsebut,
    makasih..

    1. Pak Dwi Fri,

      Tak tahu. Sebab, saya tak pernah mencoba Zenfone 2 ZE500CL.

      Harga terkini ZE500CL sekitar Rp 2 juta. Sedangkan Liquid E700 sudah diskontinyu. Harga pasaran bekasnya Rp 1,5 juta.

  48. Pak saya baru beli E700 dari Lazada. Tp kenapa ya dari 3 sim card yg dipasang 2 tidak ada layanan, dan yg 1 ada tetapi sinyal nya agak lemah. Suka hilang hilang. Sim card sy coba d hp samsung bs terbaca dan full sinyal. Mohon pencerahan pak..
    Terimakasih.

    1. Bu Latifah,

      Baru beli kan? Lebih baik segera hubungi Lazada dan lakukan retur, entah dengan diganti unit lain atau refund dana. Sebab, Anda tampaknya mendapatkan unit yang cacat produk.

    1. Pak Adrian,

      Cukup kredibel. Namun, saya sarankan jangan melakukan pembayaran memakai kartu kredit.

      Kalau Anda perlu Android triple SIM, harga segitu masih layak beli. Namun, bila Anda sebenarnya cuma perlu ponsel Android dual SIM, mending beli ponsel lain.

  49. thanks responnya Pak. Apa ada testimoni atau pengalaman buruk membayar dgn credit card di OL shop tersebut? Sebaiknya COD ya pak πŸ™‚

    1. Pak Adrian,

      Saya tak pernah mengalaminya sendiri. Namun, ada beberapa teman yang pernah mengalaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *