Review Acer Liquid Jade: Tipis, Ringan, dan Berkamera Mantap

Saat meluncurkan Acer Liquid Jade, petinggi Acer Indonesia mengungkapkan, “Bertepatan dengan bulan parade fesyen di Indonesia, Acer memperkenalkan Liquid Jade untuk para fashionista.” Mendengar kata fashionista, pikiran penulis langsung melayang ke sosok manusia yang peduli desain. Biasanya mereka wanita. Biasanya mereka tidak terlalu peka harga. Asalkan sesuai selera, harga berapa pun dibeli deh.

Realitanya, tampilan fisik Liquid Jade memang cantik. Tak mengherankan kalau ponsel itu memperoleh penghargaan Good Design Award 2014 dari Japan Institute of Design Promotion. Sayang, Acer Indonesia justru memilih memasarkan Liquid Jade warna hitam dan putih. Seandainya yang dijual varian berwarna putih dan merah muda, product positioning ponsel tersebut bisa dibuat lebih menukik. Misalnya, Liquid Jade adalah ponsel pintar nan cantik untuk wanita cerdas.

Liquid Jade-1

Tebal Liquid Jade 7,5 milimeter saja. Tipis. Bobotnya cuma 110 gram. Tergolong ringan untuk sebuah ponsel pintar berlayar lima inci. Kalau dicermati, di sekeliling bodinya tidak ada bagian yang membentuk sudut 90 derajat. Hanya ada lengkungan demi lengkungan yang membuat penampakan fisik Liquid Jade terlihat seksi.

Konektor handsfree berkabel terdapat di bagian atas ponsel, sedangkan konektor micro USB tersedia di bagian bawah. Tombol volume dapat ditemukan di sisi kanan Liquid Jade. Di sisi kiri ponsel terlihat ada sebuah selot. Kalau selot itu ditarik, bakal muncul penampang logam dengan dua lubang.

Penampang logam tersebut memiliki dua kegunaan. Pertama, bila di masing-masing lubang diletakkan kartu nano SIM, Liquid Jade akan menjadi ponsel Android dual SIM GSM-GSM. Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan. Satu di antaranya dapat masuk ke jaringan 3G dan menikmati layanan internet HSPA. Saat itu ponsel hanya mengandalkan memori internal. Kala ponsel belum diutak-atik, ruang kosong yang leluasa dioptimalkan pengguna mencapai 12,35 GB dari total kapasitas 16 GB.

Kedua, kalau yang dipasangkan satu kartu nano SIM dan satu kartu microSD, Liquid Jade bakal berfungsi layaknya ponsel Android single SIM dengan selot memori eksternal. Selot memori itu kompatibel dengan kartu microSD berkapasitas sampai 32 GB.

Liquid Jade-2

Ponsel Android 4.4.2 KitKat tersebut dibekali dua kamera. Kamera utamanya dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Lensa bawaan kamera itu memiliki bukaan alias diafragma f/1,8 sehingga pengguna Liquid Jade mestinya tak perlu jeri memotret di tempat berpencahayaan terbatas. Apalagi, tersedia pula fitur bright magic.

Secara umum, performa kamera belakang Liquid Jade layak mendapatkan acungan jempol. Lebih mantap mana dibandingkan kamera Acer Liquid E3? Hasil jepretannya sama-sama bagus. Nilai plus yang dimiliki kamera Liquid Jade, proses pemfokusan terasa sedikit lebih cepat daripada Liquid E3.

Satu kamera lain Liquid Jade berada di sisi muka. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto dua megapiksel dan klip video HD 720p. Berbeda dengan Liquid E3, kamera depan Liquid Jade tidak dibekali lampu kilat.

Liquid Jade-3

Prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6582 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Liquid Jade. Ada pula wireless display dan DTS-HD Premium Sound. Ponsel berlayar IPS lima inci dengan resolusi 1.280 x 720 piksel itu telah mengadopsi Zero Air Gap dan Corning Gorilla Glass 3.

Barang siapa telah meminang Liquid Jade penulis sarankan mencoba dua fitur berikut: Quick Mode dan Acer Extend. Quick Mode memungkinkan pengguna mengubah halaman muka (home screen) ponsel menjadi lebih sederhana. Asyiknya, Quick Mode di Liquid Jade telah disempurnakan. Kini pengguna bisa mempersonalisasi tampilan dengan lebih optimal. Pengguna bebas menambahkan atau menghapus ikon tertentu sesuai kebutuhan mereka. Tindakan tersebut mustahil dilakukan di Quick Mode versi lama.

Sementara itu, Acer Extend berfungsi “mencerminkan” layar Liquid Jade ke layar komputer. Merek PC atau laptop yang dipakai tidak harus Acer. Tersedia dua alternatif koneksi, yakni kabel data dan Wi-Fi. Bila pengguna memilih koneksi via Wi-Fi, ponsel dan laptop harus terkoneksi ke router yang sama. Setelah terhubung, pengguna leluasa melakukan berbagai hal atas ponselnya melalui laptop. Mau membalas BBM dengan menggunakan papan ketik laptop pun bisa.

Selama uji pakai, penulis sukses mencoba dua alternatif koneksi Acer Extend. Khusus koneksi lewat Wi-Fi, akses internet di router idealnya cukup cepat sekaligus stabil. Umpama prasyarat tersebut gagal dipenuhi, aktivitas mengendalikan ponsel via laptop atau sebaliknya “menyiarkan” layar ponsel ke layar laptop akan kurang real time. Terlihat ada jeda beberapa detik. Koneksi antardua peranti itu bukan mustahil juga bakal terputus mendadak.

Liquid Jade-4

Silakan klik video di bawah ini untuk mendapatkan gambaran lebih jelas tentang Acer Extend.

Sekarang saatnya memperbincangkan sisi minus Liquid Jade versi penulis. Apa saja? Permukaan bodi belakang agak licin, respons ponsel sesekali tersendat alias lag sepersekian detik, dan daya tahan baterai pas-pasan.

Hal lain, kala selot SIM1 diisi nomor XL dan selot SIM2 Telkomsel, penulis sempat mengalami kejadian aneh. Ponsel beberapa kali restart tanpa diminta. Kondisi serupa tak terjadi bila posisi kartu SIM XL dan Telkomsel dibalik.

Dengan harga jual ritel yang sekarang dipatok Rp 3,499 juta, Liquid Jade tak dapat dibilang murah. Namun, bagi fashionista yang seringkali menomorduakan kesetaraan harga jual, Liquid Jade mungkin masih dianggap rasional. Untuk tampil cantik seringkali diperlukan anggaran ekstra, bukan?

Kalau Anda kebetulan termasuk konsumen yang mementingkan kesepadanan antara harga jual, spesifikasi, dan kinerja, penulis menyarankan Anda melirik Liquid E3 saja. Spesifikasi teknisnya mendekati Liquid Jade, tetapi dibanderol hanya Rp 2,299 juta alias lebih murah Rp 1,2 juta.

***

Waduh! Layar Acer Liquid Jade milik penulis terbakar. 🙁

He… he… he… layar ponsel penulis sebenarnya baik-baik saja kok. Video di atas direkam memakai sebuah ponsel yang di menu kameranya ada pilihan efek “AR fun”. Salah satu fungsinya membuat objek rekaman video seolah terbakar. Ponsel apa? Tunggu tanggal mainnya. Kelak akan di-review.

Update 17 November 2014: Ada yang bertanya, mengapa foto Liquid Jade yang saya pasang di naskah ini memakai foto dari internet. Foto dari Acer itu sengaja saya pakai karena saya melihat tampilannya lebih bagus. Bisa jadi lantaran dijepret oleh fotografer profesional, lalu disempurnakan dengan olah digital. Sedangkan saya bukanlah ahli fotografi. Foto yang saya unggah ke blog ini juga tidak diolah lagi secara mendalam. Biasanya hanya di-resize, dikompresi supaya ukuran file lebih kecil, dan sesekali di-crop.

By the way busway, untuk memenuhi permintaan pembaca, berikut saya unggah dua foto Liquid Jade hasil jepretan sendiri. Tangan kiri menggenggam ponsel, tangan kanan memegang kamera. Semoga memuaskan.

Liquid Jade-17

Liquid Jade-18

***

Beberapa contoh foto yang dihasilkan Liquid Jade.

Liquid Jade-5

Liquid Jade-6

Tinggi mainan ini hanya empat sentimeter. Jarak mainan dengan ponsel saat pemotretan tergolong dekat.

Liquid Jade-7

Liquid Jade-8

Di dalam sebuah ruang karaoke. Pemotretan tanpa lampu kilat.

Liquid Jade-9

Lebih murah daripada air minum dalam kemasan? :p

Liquid Jade-10

Liquid Jade-11

Pemotretan di luar ruangan. Fitur HDR nonaktif.

Liquid Jade-12

Objek fotonya sama, tetapi kali ini fitur HDR diaktifkan.

Liquid Jade-13

Yang ini dijepret memakai kamera depan.

Liquid Jade-14

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Sensor Box for Android.

Liquid Jade-16

Liquid Jade-15

116 thoughts on “Review Acer Liquid Jade: Tipis, Ringan, dan Berkamera Mantap

  1. Sepertinya acer sudah mulai agresif nih, hanya dengan 2 juta lebih dikit bisa dapet ram 2gb dan internal 16gb (Acer E3 dan Acer Z500.) Hanya kurang di jaminan update OS.
    Pak Herry, kualitas kamera smartphone acer jika diadu dengan smartphone lenovo, menang mana?

    1. Pak Amaris,

      Kualitas produk sih secara umum boleh dibilang setara. Kalau layanan pusat perbaikan resmi, Acer lebih bagus daripada Lenovo.

  2. Coba kalo tidak ada tulisan acer di bagian depan bawah, mungkin nambah 100-200 ribu lebih mahal dari harga sekarang, banyak yg mau. hehehe.

  3. Pak herry, diantara smartphone berikut tanpa melihat harga, manakah yg kameranya paling bagus, mohon di urutkan. acer E3, acer jade, Lumia 730 dan sony experia C3. Terima kasih

    1. Pak Alvin,

      Saya belum mencoba Lumia 730. Jadi, jawaban saya berikut ini hanya mengacu kepada hasil uji pakai Liquid E3, Liquid Jade, dan Xperia (bukan Experia) C3 Dual ya.

      * Kamera depan: terbaik Xperia C3 Dual, disusul Liquid E3 dan Liquid Jade.
      * Kamera belakang: Liquid Jade, Liquid E3, dan Xperia C3 Dual.

  4. Wah saya kesengsem sama kameranya pak, kinclomng dan noise-nya minim… 😀
    Sayangnya, harganya lumayan tinggi… Coba pake MT6592 octa-core, pasti Liquid Jade ini bakal lebih menarik 🙂

  5. Pak, apa pendapat anda mengenai Acer Liquid Z500..?, Android dibawah Rp. 2 Juta dengan RAM 2GB dan Internal 16GB, Thx!.

    1. Pak Novan Iswandi,

      Saya belum bisa berkomentar karena belum mencoba Liquid Z500. Sekadar info, kelak saya akan me-review ponsel tersebut.

    1. Pak Amunes,

      Ya, saya memakai foto dari Acer karena tampilannya saya lihat lebih baik daripada jepretan saya sendiri.

      Untuk memenuhi rasa penasaran Anda dan pembaca lain, saya sudah mengunggah foto Liquid Jade saat saya genggam. Silakan dilihat di atas ya.

    1. Pak Hendra,

      Keawetan baterai sih sama. Layar lebih unggul E700. Performa lebih bagus E700. Namun, E700 memiliki bug yang sangat mengganggu, yaitu saat mengetik huruf sering keluar dobel.

  6. Pak Herry, terus terang saya kurang suka dengan warna kebiruan pada hasil foto xiaomi redmi 1s. Kalau kualitas foto lainnya memang bagus, dengan pembesaran berkali-kali gambar tidak pecah. Kalau dibanding redmi 1s , apakah foto dari redmi note juga kebiruan? Dibanding kedua xiaomi tersebut, bagus mana dibanding hasil foto dari acer E3 dan E700? Makasih Pak.

  7. Hmm…penasaran dg “AR Fun”,
    cuma nemu “AR Effect”nya Xperia Z1, di blog ini juga,
    hehehe
    apakah dr Xperia jg?

  8. Saya malah naksir sama fungsi Acer Extend nya. Selain ponsel acer ada tidak Pak Herry ponsel lain yang punya fungsi seperti Acer Extend ini?

    Kalau tidak salah, waktu awal keluar erafone kasih potongan s.d. 1 juta ya buat si Jade?

    1. Pak Utomo,

      BlackBerry dengan OS minimal 10.3 bisa juga, Pak.

      Lebih tepatnya, diskon Rp 1,1 juta alias dari Rp 3,599 juta menjadi Rp 2,499 juta.

  9. Pak herry, apakah acer liquid jade dan acer liquid E2 sudah mendukung otg? Dari kedua hp tersebut dari sisi penggunaan menggunakan satu tangan lebih nyaman yang mana pak? Trus untuk layar lebih nyaman yang mana pak? Saya ingin mencari hp yang nyaman di genggam, layar enak di pandang, dan kamera nemawan dg ram 2GB supaya ada upgrade dr hp yang sebelumnya.

    1. Pak Kharis,

      Acer Liquid Jade tak bisa OTG. Kalau Liquid E2 saya sudah lupa.

      Dengan memperhatikan kriteria Anda, Liquid Jade lebih cocok buat Anda.

  10. Pak Herry, klo yg liquid jade S kira2 bakal rilis di indo gak ya? sudah kepincut sama bentuk & kameranya hehe

  11. Om Herry, saya liat2 review anda tentang liquid e3 dan jade, saya mau tanya kalo hasil jepretan kameranya bagusan mana? dan yang noisenya paling minim yang mana?

    1. Pak Catur Teguh,

      Kinerja kamera dua ponsel itu boleh dibilang sangat berimbang. Kalau dicermati dengan ekstrateliti, baru terlihat hasil jepretan Liquid Jade sedikit lebih bagus. Sedikit sekali kok. Tidak terasa.

  12. Terimakasih penjelasanya,
    tapi kalau buat rekam video hasilnya bagusan mana pak? Sama speakernya yang lebih lantang yang mana? katanya orang2 acer jade suaranya kurang lantang.

    1. Pak Catur Teguh,

      Soal merekam video, terus terang saya kurang memperhatikan hasilnya bagus mana.

      Tentang speaker, saya sudah lupa suara speaker Liquid E3 seberapa keras. Kalau Liquid Jade memang tidak terlalu keras.

  13. Terimakasih penjelasanya, tapi kalau buat rekam video hasilnya bagusan mana pak? Sama speakernya yang lebih lantang yang mana? katanya orang2 acer jade suaranya kurang lantang.

  14. Saya baru menggunakan acer jade. Dan mencoba quick mode. Bagaimana cara nya untuk mengembalikan ke penampilan awal? Mohon info. Terimakasih.

    1. Bu Siska,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      *** Kalau Anda belum pernah membuat password Quick Mode:
      1. Anggaplah saat ini Anda sedang berada di halaman Quick Mode yang telah diaktifkan. Sapukan jari di baris notifikasi (gerakkan jari dari bagian teratas layar ke bawah). Tekan ikon gerigi di sudut kanan bawah layar.

      2. Buatlah passcode. Ikuti terus tampilan layar.

      3. Kini sapukan jari di baris notifikasi lagi.

      4. Pilih Exit Quick Mode di kiri bawah layar.

      *** Kalau Anda sudah pernah membuat password Quick Mode, silakan melakukan langkah 1, 3, dan 4 di atas.

    1. Pak Ahmad,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Secara umum lebih unggul hasil jepretan Liquid Jade. Dalam beberapa kondisi, warna foto yang dihasilkan G2 Mini lebih natural.

  15. Koh Herry, aku galau antara acer liquid jade sama lenovo p70 🙁 after sales acer oke2 aja kan, Koh? keknya mending acer ya Koh daripada lenovo haha..

  16. Koh Herry, aku liat di erafone harganya sdh 1,999,000. di mdp it superstore palembang 1,899,000. pingin banget beli, tapi kata pacarku hape acer cepet rusak, masa sih?

    1. Bu Mayank,

      Wah, harganya menarik. Ambil deh. Acer cepat rusak? Kalau laptop iya, terutama engselnya. Kalau ponsel, nggak deh.

  17. pak herry mau tanya, apa semua tipe acer ada aplikasi acer extend nya..

    klo hp 2jutaan max 2,5jt… handphone apa ya yg bagus,
    sy butuh kamera depan yang bagus untuk selfie, internet yang cepat dan memory menampung aplikasi sosmed, batrai yg tahan lama.

    kmrn liat2 xiaomi, samsung grand prime, atau ada saran yang lain?

    1. Bu/Pak Ummu Aqila,

      Tidak semua ponsel Acer dibekali fitur Acer Extend.

      Hmm… ini agak susah. Yang kamera depannya bagus biasanya nggak boleh Rp 2,5 juta. Kalau Anda bisa menambah anggaran Rp 300 ribu, silakan melirik Xiaomi Mi 4i.

      Kalau tak bisa menambah anggaran, pilihan yang paling mendekati sih Lenovo P70.

      1. Pak. Herry….
        Menurut bpk penting gk seh klo beli hp harus beli hp os terbaru. Skrg kan udh ada kitkat n lolipop, bedanya jauh bgt ya sama jelly bean. Apa ud ketinggalan jaman. Sy beli hp untuk dipake lama… Bukan tipe ganti2..

        .ditunggu reviewnya ttg mi4i pak… Naksir bgt. Cuma katanya gk ada memory external…
        Klo 16 giga diisinya buat aplikasi sosmed, foto brg dagangan, video.cukup gk pak…
        Sy gk.suka game.
        Makasih ya pak….

        1. Pak/Bu Ummu Aqila,

          Beda orang bisa beda penilaian. Asalkan ponselnya menarik, meskipun OS ketinggalan 1-2 generasi, bagi saya pribadi tak masalah. Apalagi, kalau produsen sudah memastikan akan tersedia update untuk ponsel tersebut.

          Soal Mi 4i, saya menyimpan ratusan foto di sana dan masih cukup sih. Video yang ingin disimpan berapa banyak nih? Kalau banyak dan durasinya lama, ya bakal kurang.

  18. Selamat pagi, pak

    Sy suka dgn revied Jade-nya. Yg ingin sy tanyakan bagaimana kualitas penangkapan sinyal dari Jade ini, umumnya smartphone dari acer?

    Sbg perbandingan kualitas penangkapan sinyal di lenovo ortu sy (a859) dan beberapa forum yg saya baca kurang baik. Apakah krn pengaruh triband dan quadband?

    Oh iya, pak. Sy mau minta rekomendasi u/ smartphone dgn kualitas penangkapan sinyal yg baik (sy tinggal di jkt, memakai telkomsel dan 3), ram minimal 1.5 gb, rom sekitar 16gb, kalau bisa dual sim yg mampu mengakomodir pemilihan 3g/4g diantara kedua no (sim 2 tak hanya mentok di 2g).

    beberapa pertimbangan lain mungkin daya tahan batere lumayan (pemakaian normal u/ sosmed dan browsing, dan sesekali u/ game)
    Budget sy maksimal 3 jt

    Mohon maaf bila terlalu banyak, terima kasih banyak pak 🙂

    1. Pak Adam,

      Penangkapan sinyal baik-baik saja sih.

      Tri band dan quad band seharusnya tidak berhubungan dengan bagus tidaknya penangkapan sinyal. Hal yang perlu diketahui, jangan selalu terpaku pada indikator sinyal di layar ponsel. Kadang hal itu bisa menipu. Yang lebih patut dicermati adalah kekuatan sinyal dalam satuan dBm yang biasanya bisa dilihat di bagian status pada menu about phone.

      Khusus Lenovo, mengacu kepada pengalaman pribadi, seri A memang sering terasa kurang nendang.

      Terkait permintaan rekomendasi ponsel, dengan anggaran dan kriteria seperti itu, pilihan yang terbaik adalah Xiaomi Mi 4i. Namun, ponsel itu tidak mendukung LTE 900 ya. Jadi, untuk sementara, belum bisa dipadukan dengan LTE Telkomsel dan Indosat. Kira-kira akhir tahun ini ponsel tersebut baru dapat dipakai untuk mencicipi layanan LTE dua operator tersebut.

  19. hallo pak herry saya salah satu pembaca baru di website anda, ada yang ingin saya tanyakan pak antara acer liquid e3 sama liquid jade dari segi performa untuk gaming dan sehari hari lebih enak mana ya pak(kamera dll)+bisa minta tolong referensi olshop yg trusted menjual 2 gadget dari acer ini pak? terimakasihh

    1. Pak Anggit Gagat,

      Performa umum relatif setara. Liquid Jade unggul tipis banget.

      Silakan mencarinya di Erafone.com.

  20. – pak disini liquid jadi menggunakan processor MTK6582 berkecepatan 1,3 GHz lahh sedangkan liquid E3 menggunakan processor MTK6589 1,2Ghz lah itu lebih bagus mana pak?
    – di lazada harha liquid jade variatif ada yg kisaran 2,3xx bahkan ada yg 1,9xx kok bisa beda gitu gimana ya pak?? terimakasih

    1. Pak Anggit Gagat,

      1. Kalau sampai terlalu teknis, terus terang saya kurang menguasai. Dalam pemakaian sehari-hari sih relatif setara. Bila harga jual terkini juga diperhatikan, saya sih memilih Liquid Jade.

      2. Penetapan harga kan terserah penjualnya. Istilahnya, suka-suka penjual dong. Pembeli yang cerdas tinggal memilih.

  21. pak klo liquid jade, liquid e3 sama redmi note yg cocok dibeli dari segi kamera, performa, memory, tingkat kegegasannya dan terutama harganya (dana sekitar 2,5 jt) nuhun

    1. Pak Arissoma,

      Redmi Note bergarans resmi kini sudah sulit sekali ditemukan. Jadi, tinggal Liquid Jade dan Liquid E3. Dengan memperhatikan aneka kriteria di atas plus harga jual barunya saat ini, Anda lebih pantas membeli Acer Liquid Jade.

      1. pak saya sempat lihat di erafone liquid jade kok ramnya 1gb terus ada.liquid jade s55/s5s, s56, jade z emang masing2 bdanya apa pak

        1. Pak Arissoma,

          Kalau Liquid Jade seharusnya dibekali RAM 2 GB.

          S55 itu nama lain Liquid Jade. Kalau S56, itu nama lain Liquid Jade S yang tidak beredar di sini. Liquid Jade Z beda lagi.

          Liquid Jade S itu mudahnya Liquid Jade yang sudah mendukung LTE. Kalau Liquid Jade Z versi rendahnya Liquid Jade S.

  22. liquid jade yg bener kamera depannya berpa megapixel sih koh, ada yg nulis 2MP ada yg 5MP maaf tanyanya berondongan koh hehe

  23. mungkin bisa merekomendasikan olshop yg jual ni hp selain erafone pak?? atau store di daerah semarang jika pak herry tau hehehe

    1. Pak Arissoma,

      Untuk online shop, sementara Erafone.com saja. Beberapa toko online lain yang dulu layanannya bagus, belakangan ini berantakan. Jadi, saya tak berani merekomendasikannya lagi.

      Kalau toko offline di Semarang, maaf, saya tak tahu.

  24. Pak Herry,

    Bila dibandingkan mengenai ketahanan batre antara LG L90 & Acer Liquid Jade, menurut Bapak mana yang lebih unggul?
    Terima kasih

  25. Pak Herry,

    Bila dibandingkan mengenai ketahanan batre untuk LG L90 & Acer Liquid Jade lebih baik mana pak?
    Terima kasih

  26. Pak Herry,

    Mohon maaf double post karena kondisi sinyal yang kurang baik
    Untuk perbandingan kira-kira acer bisa berapa jam dan lg berapa jam?
    Terima kasih

    1. Pak Wisnu,

      Soal double post, oh ok.

      Saya sudah lupa masing-masing tepatnya bisa bertahan berapa jam. Yang saya ingat, baterai Liquid Jade di tangan saya tidak selalu sanggup bertahan mulai pagi sampai melewati waktu makan malam. Kalau L90 sanggup.

  27. Pak herry,
    Saya mencari hp dng budget 2 – 2.3jt, yg utama adl kamera blkg yg bagus dgn fitur yg lengkap (pengaturan iso, wb, apperture, touch focus dll) ram dan memori internal yg gede, kira2 ada rekomen hp tipe apa aja pak?
    Pinginnya redmi note tp garansi resmi sdh langka. Nah, sebenarnya garansi resmi ini penting ga sih, utk org yg tipenya tidak demen ganti2 hp, penggunaan normal (sosmed, browsing, chat, foto) . Soalnya pengalaman saya, hp saya selalu ga pernah kepake garansinya, biasanya saat waktuny ganti hp masa garansi sdh habis lewat waktunya tanpa pernah digunakan.

    Terimakasih, saya menantikan sarannya 🙂

    1. Pak Fifa,

      Dengan kriteria seperti itu, tak ada ponsel yang dapat saya rekomendasikan. Pilihannya adalah menurunkan permintaan spesifikasi atau menaikkan anggaran.

  28. Wah baru aku komen dipostingan sebelah malah liat ini. Desainnya cantik juga ya pak. Upgrade desain, ram dan memori dong dari p780. Baterainya tahan berapa lama nih?

    1. Bu Destia Heriyanti,

      Saya barusan jawab pertanyaan Anda di sebelah dan Anda ternyata sudah baca review Liquid Jade. Ponsel ini tampaknya cocok untuk Anda. Daya tahan baterai bisa tembus 12 jam sesuai permintaan Anda kok.

  29. Iya pak 😀 kayaknya aku ambil ini aja deh. Desainnya cantik sekali pak. Aku liat videonya di youtube langsung naksir. Kalau buat service center gimana? Apa service center hpnya satu tempat dengan sc laptop acer? Dan aku liat postingan bapak tentang acer katanya acer suka bermasalah? Apa di liquid jade juga pak?

  30. Iya pak 😀 kayaknya aku ambil ini aja deh. Desainnya cantik sekali pak. Aku liat videonya di youtube langsung naksir. Kalau buat service center gimana? Apa service center hpnya satu tempat dengan sc laptop acer? Dan aku liat postingan bapak tentang acer katanya acer suka bermasalah? Apa di liquid jade juga pak?

    Maaf kalo seandainya sampai 3x post. Soalnya pas diklik post comment malah dibilang duplicate ya -_-

  31. Selamat Siang Koh HSW

    Saya mau tanya untuk type xiomi redmi 1s dan type 2s lebih bagus mana dari sisi kamera dan performa buat main game?

    Terima Kasih

    1. Pak Dedi,

      Saya belum pernah mencoba Xiomi Redmi 1S dan 2S. Yang pernah saya coba hanya Xiaomi Redmi 1S. Hasilnya, ponsel itu layak dibeli.

      1. Terima kasih atas jawaban sebelumnya

        saya juga mau tanya koh,untuk kamera dan untuk main game lebih bagus mana antara type LG Magna – 4G LTE dan LG G3 Stylus? karena dari selisih harga hanya beda sedikit

        Terima kasih

        1. Pak Dedi,

          Jawabannya, tidak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Magna. Magna yang beredar di Indonesia tidak mendukung 4G LTE.

  32. malam koh herry,
    mohon bantuannya untuk kembali ke menu biasa gimana ya? ini ke klik quick menu.. ga familiar sama ini jd bingung hehe.. makasi

    1. Pak Wahyu,

      Kalau tidak pas memegang ponselnya, terus terang saya tak hafal. Di rumah sebenarnya ada Acer Liquid E700. Masalahnya, struktur menu Quick Mode Liquid E700 berbeda dengan Liquid Jade.

      Yang di Liquid Jade, intinya sapukan jari dari atas layar ke bawah dulu. Berikutnya, ada ikon tertentu yang harus Anda tekan. Namun, saya lupa kalau tidak melihatnya langsung. Maaf ya.

  33. Koh,beberapa hari yg lalu sempet cek di Marina dan h*****no ya memang harga liquid jade sudah di 1.9XX tapi kok Ram nya 1GB ya koh? Nah kobisa koh

    1. Bu Eliana,

      Nama toko lain kali silakan dituliskan lengkap. Ehm… yang Anda maksud apakah Hartono?

      Liquid Jade yang beredar resmi di Indonesia semua dibekali RAM 2 GB. Mungkin penjual salah ketik.

  34. Mlm ko’heri….
    Mohon bantuannya ni, saya lg bingung mau beli hp yg mn, menurut ko”herry bagusan mana antara hp sony xp m2 aqua atau acer liquid jade s55 ?

  35. Pak herry, minta pendapat nya acer liquid jade ini jika dibandingkan dengan lenovo p70, memperhatikan kualitas kamera, performa dengan penggunaan multitasking (non game), bapak lebih merekomendasikan yang mana? Atau ada pilihan lain untuk harga 2-2.5

    Terima kasih

    1. Bu Najwa,

      * Kamera belakang lebih bagus Liquid Jade.
      * Multitasking imbang.
      * Daya tahan baterai lebih unggul P70.

      Nah, Anda tinggal memilih berdasarkan faktor yang Anda prioritaskan. Alternatif lain yang boleh dipertimbangkan adalah Infinix Zero 2 LTE Rp 2,499 juta. Multitasking-nya lebih mantap dibandingkan Liquid Jade dan P70. Kalau kameranya masih lebih bagus Liquid Jade.

  36. pak, herry saya tidak sengaja memencet mode talkback sehabis itu terkunci sendiri dan tidak bisa dibuka lg itu bagaimana ya cara bisa membukanya kembali soalnya lemot gitumaaf kalau kurang jelas terima kasih

    1. Bu Rara,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Ya, kalau talkback aktif ponsel memang akan terasa lemot. Sebab, ponsel harus “membacakan” tampilan layar. Cobalah melakukan langkah-langkah berikut ini dengan penuh kesabaran:
      1. Sapukan dua jari untuk meng-unlock layar.
      2. Masuk ke halaman app drawer (yang banyak ikon aplikasinya itu lho). Ketika muncul kotak, sentuhlah dua kali.
      3. Tekan Settings. Ketika muncul kotak, ketuklah dua kali.
      4. Dengan menggunakan dua jari, scroll ke bawah dan carilah Accessibility.
      5. Tekan Accessibility. Saat muncul kotak, sentuhlah dua kali.
      6. Pilih Talkback. Saat muncul kotak, sentuhlah dua kali.
      7. Pilih ON, kemudian sentuhlah dua kali saat muncul kotak.
      8. Pilih OK, lalu sentuhlah dua kali untuk mematikan Talkback.

      Asal tahu, selamat Talkback aktif, untuk memilih sesuatu Anda memang harus menekannya dengan cepat dua kali (double tap), bukan satu kali sentuhan (single tap) saja.

  37. Selamat malam, hp saya tidak sengaja memencet mengatifkan mode talk back lalu saya restart nah kan terkunci lalu tidak bisa terbuka malah terus”an bersuara wifi,waktu,dll itu bagaimana ya? Apa yang harus saya lakukan? terima kasih

  38. Permisi Pak, saya mau tanya. Saya ingin hp yang baterainya bisa tahan seharian, baik untuk multitasking, dan RAM-nya 2 GB. Kalau bisa sih tahan lama juga, karena saya malas gonta-ganti hp. Budget saya 2 juta, tertarik dengan merk LG, Acer, dan Xiaomi, menurut Bapak tipe apa yang lebih bagus?

    1. Bu/Pak Jurina,

      Kalau baterai tahan lama boleh dicoret, silakan ambil Xiaomi Redmi 2 Prime. Harga baru Rp 1,799 juta. Review bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-xiaomi-redmi-2-prime-dua-kali-lipat-lebih-lega/

      Kalau kriteria baterai tahan lama harus terpenuhi, saya ada rekomendasi, tetapi bukan LG, Acer, dan Xiaomi. Silakan melirik Infinix Hot Note atau Infinix Note 2.

      Infinix Hot Note dibanderol Rp 1,499 juta. Review ada di http://ponselmu.com/review-infinix-hot-note-x551-dua-jempol-untuk-baterai-dan-kecepatan/

      Infinix Note 2 dijual Rp 1,899 juta. Review belum ada karena ponsel masih dalam antrean review. Kalau cerita singkat tentang ponsel itu bisa diintip di http://ponselmu.com/mencicipi-infinix-note-2/

  39. Terima kasih banyak Pak, atas sarannya.

    Tapi saya masih kurang yakin dengan ketahanan merk-merk baru termasuk Infinix, Pak. Takut ada apa-apa di kemudian hari. Dengan Xiaomi pun sesungguhnya saya masih agak ragu, walaupun sedikit terobati setelah melihat banyaknya orang yang menggunakan Xiaomi.

    Sebenarnya saya mulai melirik Acer dan LG setelah membaca tulisan Bapak yang memuji bagusnya layanan dua merk itu. Apakah tidak ada keluaran Acer/LG yang kualitasnya setara dengan Infinix yang Bapak sarankan dalam budget yang sama? Kalau Liquid Jade ini, apa bisa mencukupi kebutuhan saya?

    1. Bu Jurina,

      Masalahnya, tidak ada ponsel LG yang harganya maksimal Rp 2 juta dan memenuhi semua kriteria Anda. Kalau dipaksakan, ya Acer Liquid Jade. Namun, daya tahan baterainya tidak bisa seharian penuh ya. Untuk pengguna wanita, lebih baik membeli Liquid Jade warna putih karena tampak lebih cantik dan feminin.

    1. Bu Agata,

      Untuk ukuran saat ini Acer Liquid Jade sudah nggak menarik sih. Demikian pula LG Magna. Kini saatnya mencoba ponsel 4G LTE. Dengan anggaran yang hanya nambah sedikit, mending beli Hisense Pureshot deh. Harga barunya Rp 1,999 juta.

  40. Maaf pak saya mau bertanya, apakah di indonesia terdapat liquid jade s55 yang memiliki ram 1gb saja dan bukan 2gb ?

  41. Pak kenapa Acer liquid Jade saya mudah sekali panas, padahal cuma nonton video lagu di YouTube aja. Normal atau apa ya Pak?

    1. Pak Randy,

      Nonton video di YouTube kan berarti live streaming dan pakai akses internet. Kalau kondisi jaringan operator kurang bagus, wajar deh panas.

  42. Pak heri..saya mau nanya, appakah acer e3, acer liquid jade dan acer e700 sdh support 4G ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *