Review Acer Liquid M220: Windows Phone Non-Lumia yang Enak Digenggam

Kala mendengar kata pompa air, mayoritas orang bakal teringat dengan merek Sanyo. Masih jarang yang mengasosiasikan pompa air dengan produk merek Shimizu, DAB, atau Grundfos. Bagaimana bila mendengar Windows Phone? Penulis yakin kebanyakan orang akan mengaitkannya dengan Lumia. Entah Nokia Lumia atau Microsoft Lumia.

Padahal, ponsel Windows Phone sebenarnya tidak dimonopoli Lumia. Jika hari ini Anda berjalan-jalan ke pusat penjualan ponsel, mungkin Anda menjumpai ponsel Windows Phone merek lain yang dibanderol Rp 749.000. Nama lengkapnya, Acer Liquid M220.

Liquid M220-1

Ponsel dual SIM GSM-GSM itu dibekali layar sentuh empat inci beresolusi 480 x 800 piksel. Tampilan layar tak bisa dibilang cemerlang. Tiga tombol navigasi di bagian bawah layar juga terasa kurang sensitif. Pengguna harus menyentuhnya dengan sedikit tekanan pada posisi yang tepat.

Saat mengamati bagian samping ponsel, di bagian tengah terlihat bingkai berwarna perak yang terasa bergerigi kala disentuh. Sementara itu, permukaan belakang ponsel bertekstur garis-garis horizontal dan vertikal yang konon terinspirasi kain sutera Thailand. Motif itu membuat back cover Liquid M220 terlihat elegan. Tidak terkesan murahan atau rapuh.

Singkatnya, kalau berbicara tentang kenyamanan digenggam, ponsel berdimensi fisik 124,9 x 64 x 9,6 milimeter dan berat 119 gram itu layak disanjung. Menurut penulis, sensasi menggenggam Liquid M220 seperti memegang ponsel OnePlus One dengan ukuran lebih mungil. Enak banget.

Sepasang kamera ditanamkan ke ponsel itu. Kamera di bagian belakang ponsel mampu menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video beresolusi FWVGA 864 x 480 piksel. Kamera tersebut dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat.

Satu kamera lain yang terletak di bagian muka memiliki spesifikasi lebih rendah. Kamera tanpa fokus otomatis itu hanya sanggup memproduksi foto dua megapiksel dan klip video FWVGA 864 x 480 piksel.

Menurut penulis, kinerja dua kamera di Liquid M220 belum bisa dikatakan bagus. Meskipun dipakai memotret di luar ruangan dengan pencahayaan sangat memadai, foto-foto yang dihasilkan terlihat kurang tajam dan cemerlang. Warna yang tersaji di foto cukup sering meleset dibandingkan warna aslinya.

Liquid M220-3

Spesifikasi lain ponsel itu, di antaranya, prosesor berinti ganda (dual core) Qualcomm Snapdragon 200 MSM8210 1,2 GHz, RAM 512 MB, ROM 4 GB, dan selot kartu microSD. Tampak pas-pasan? Wajar untuk sebuah ponsel pintar berharga Rp 700 ribuan. Namun, kalau Anda kemudian membayangkan ponsel itu sangat lambat, hal itu salah besar. Sebab, Liquid M220 ternyata cukup gegas.

Wi-Fi, bluetooth, GPS, radio FM, RAM 512 MB, dan ROM 4 GB adalah spesifikasi lain smartphone pertama Acer yang dijual di Amerika Serikat tersebut. Saat ponsel masih segar, sebanyak 1,07 GB di antara 2,57 GB phone storage berstatus kosong. Bila pengguna menilai sisa memori kurang besar, ia tinggal menyelipkan kartu microSD ke selot yang tersedia. File multimedia selanjutnya dapat disimpan di kartu memori itu. Aplikasi tambahan juga bisa diinstalasikan ke sana.

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan di Liquid M220. Selot kartu pertama mensyaratkan kartu mini SIM, sedangkan selot kartu kedua meminta kartu micro SIM. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang akan dipakai berinternet. Nomor itu selanjutnya dapat masuk ke jaringan 2G dan 3G. Sedangkan satu nomor lainnya, yang tidak dipakai berinternet, otomatis akan terkunci di jaringan 2G.

Sebagian pengguna yang rutin memakai mobile banking mungkin akan menyimpulkan Liquid M220 tak mendukung SIM Tool Kit (STK). Sebab, di halaman daftar aplikasi tidak terlihat pilihan STK. Padahal, ponsel itu sebenarnya mendukung STK. Letak menunya saja yang tersembunyi.

Untuk mengakses STK kartu SIM pertama, pengguna tinggal masuk ke menu settings, cellular+SIM, SIM 1 settings, lalu SIM applications. Kalau yang ingin diakses STK kartu SIM kedua, langkah awalnya sama, tetapi kemudian memilih SIM 2 settings.

Liquid M220-2

Saat ini Liquid M220 menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1. Acer menyatakan versi sistem operasi ponsel itu kelak bisa di-upgrade ke Windows 10. Sumber daya ponsel berasal dari baterai lithium ion 1.300 mAh yang dapat dilepas-pasang (removable). Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai tersebut rata-rata bertahan 12 jam.

Kesimpulannya, apakah Liquid M220 layak dibeli? Jawabannya bergantung kebutuhan dan anggaran. Versi penulis, ada dua kelompok konsumen yang boleh meliriknya. Pertama, individu yang ingin merasakan ponsel Windows Phone, tetapi tak mau membelanjakan terlalu banyak uang. Untuk sekadar berkenalan dengan “Jendela 8.1”, Liquid M220 mestinya sudah memadai. Tak perlu membeli, misalnya, Microsoft Lumia 435 yang harga ritel resminya saat ini Rp 999 ribu.

Kedua, seseorang yang sebenarnya cuma memerlukan fungsi dasar telepon dan SMS. Namun, ia juga menginginkan kemampuan sinkronisasi banyak kontak dengan akun Google. Kalau Anda tak termasuk minimal salah satu di antara dua kelompok itu, berarti membeli Liquid M220 bukanlah langkah bijak.

Liquid M220-4

Liquid M220-5

***

Beragam foto yang dihasilkan Liquid M220.

Di tempat yang cenderung remang-remang.

Liquid M220-6

Suatu malam di suatu kota….

Liquid M220-7

Liquid M220-8

Liquid M220-9

Liquid M220-10

Liquid M220-11

Liquid M220-12

Liquid M220-13

Liquid M220-14

Liquid M220-15

Liquid M220-16

Liquid M220-17

Liquid M220-18

Liquid M220-19

Satu foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan.

Liquid M220-20

139 thoughts to “Review Acer Liquid M220: Windows Phone Non-Lumia yang Enak Digenggam”

  1. om, entah ini informasi bener atau salah saya masih belum tahu, tapi saya pernah baca di det*k.com sepertinya kalo tdk salah, utk upgrade WP10 katanya memori internal minimalnya harus 8gb. tak tahu lagi om ini bener atau salah hehe

    1. Pak Alvin,

      Terima kasih atas informasinya. Saya mengacu ke situs Acer. Di sana disebutkan kalau Liquid M220 akan bisa di-upgrade ke Windows 10.

  2. Pak Herry saya puas sekali dengan produk Acer,pertama beli yg Acer Liquid Z500,sebelum beli saya baca review pak herry di sini,pelayanan purna jual pun bagus…..
    beberapa waktu lalu adik saya dgn budget 1,5 juta mau beli hp,saya minta saran pak herry,di sarankan xiomi (lupa tipenya)….,klu saya menyarankan beli ACER Z 500,biar saya tambah 100,katanya gak suka,bentuk nya jelek,ada Flip cover yg gak bisa di copot….
    begitu nyampe di WTC adik saya tertarik beli Lenovo A6000 Plus harga1,7 an ( terpaksa saya nambahin 200 he..he…) ,begitu sampai di rumah adik saya kecewa,bagus sich A6000 plus,cuma katanya buat foto hasil kurang bagus,trus SIM card gak bisa di tuker tuker langsung tanpa di copot,hanya SIM 1 yg sudah 3G/4G( maksudnya seperti Acer Z500 dual SIM dua duanya 3G,SIM 1 sudah 3G,SIM2 sudah 3G pula)

    Karena bener bener nyesel,malam itu juga Lenovo A6000 plus suruh jual,saya jual di toko online 1,6 rugi rugi dweh 100,langsung laku malem itu juga

    Pagi nya ke marina ,niat awal pokoknya beli hp persis punya saya Acer Z500,muter muter 1 Jam,stock gak ada,akhirnya kepincut Acer Liquid Jade ,akhirnya beli Acer Liquid Jade harga 2 jutaan,padahal dulu saya pas beli Acer Z500,harga Acer Liquid Jade ini masih 3 jutaan,puas deh akhirnya ( walau saya terpaksa nambahin 400ribu….he…he)

    Acer ini saya bilang kurang gencar promonya,padahal produknya bagus lho,Sekarang nich yg lagi gencar tiap ke marina dan WTC ya Merk VIVO,katanya adeknya OPPO lah….bla…bla…

    maaf panjang pak herry,terima kasih

    1. Pak Joko,

      Harga Acer Liquid Jade kini Rp 1,999 juta.

      He.. he.. promotor Vivo dan Oppo memang paling gencar menawarkan produk.

  3. Nice review as always Om.

    Pertanyaan saya, kenapa Om HSW beli yg hitam? Biasanya Om HSW senang warna mencolok hehe. Putihnya apakah banyak dijual juga?

    1. Pak Hilmy,

      Liquid M220 hanya tersedia dalam warna hitam dan putih. Saya memutuskan ambil yang hitam karena terlihat lebih sangar daripada yang putih.

      Warna putih dan hitam sama-sama mudah ditemukan.

  4. Pak herry reviewnya keren , maaf oot oh iya bapak pilih mana smartphone yg sudah dukung 4g atau smartphone yg sudah dukung usb otg?

    1. Pak Rama,

      Buat saya, fitur 4G lebih penting daripada USB OTG. Sebab, saya lumayan sering berada di area 4G LTE dan sudah merasakan enaknya ber-LTE.

  5. kenthir apaan ya om herry?

    700rb? dengan harga segitu saya sudah dapat pre-order nya lumia 435 dengan ram 1gb… tapi itu cerita dulu… sekarang udah kisarang 800-900rb

    1. Pak Yuda,

      Kenthir itu berarti gila atau sinting.

      He.. he.. harga pre-order sih nggak bisa dibandingkan, Pak. Harga termurah Lumia 435 saat promo malahan Rp 499 ribu lho. Namun, jumlahnya tak banyak. Seingat saya hanya sekitar 40 unit.

  6. Tumben Om Herry selfie pake ekspresi senyum, jadi seneng ngeliatnya. Keliatan lebih sip. Biasanya wajahnya datar-datar saja.

    1. Bu Lia,

      He… he… itu ide selfie-nya spontan banget. Setelah menempuh perjalanan darat selama berjam-jam, saya sedang beristirahat di hotel. Sambil tiduran dan memantau email masuk, tiba-tiba muncul ide untuk selfie.

      Kalau Anda perhatikan, pada selfie kali ini saya tidak mengenakan kacamata. Itu perlu percobaan berkali-kali. Minus mata saya kan tinggi. Jadi, saya agak meraba-raba tombol shutter. Demikian pula komposisi pemotretannya.

  7. Kalau untuk video call apakah baterai bisa tahan lama ya Pak? Saya butuhkan sebagai smartphone kedua untuk telepon SMS WhatsApp dan video call ( biasa bisa lama Pak karena untuk komunikasi dengan anak yang tinggal jauh dari saya ). Atau Pak Herry bisa beri rekomendasi smartphone murah lain yang lebih tahan lama baterainya untuk kebutuhan saya di atas, kasihan G3 saya Pak kalau saya pakai buat video call terus hehehe

    1. Pak Sofy,

      Default-nya tak bisa video call via layanan 3G operator. Kalau video call memakai aplikasi buatan pihak ketiga, saya tidak mencobanya.

      Murah dan baterai tahan lama. Hmm… Rp 1,6 juta masih oke nggak? Kalau iya, beli Infinix Hot Note saja.

  8. Pak Herry, kalau memungkinkan, bisa mencoba menggunakan kartu XL pada Liquid M220?
    Saya dan saudara saya sama2 pake XL di hape tersebut dan hape suka hang serta panasnya sangat berlebihan. Bila hendak switch ke WiFi ke operator XL atau sebaliknya, sulitnya minta ampun.
    Ketika Liquid M220 saya ganti nomor lain dan XL-nya saya pindah ke Lumia, tidak ada masalah sama sekali.
    Nah, apakah ini hanya faktor bad luck saja atau barangkali memang ada ketidaksesuaian spesifikasi dengan sinyal XL?

    1. Oom Yahya,

      Kebetulan saya memang pernah menggunakan kartu XL di Liquid M220. Hasilnya, baik-baik saja sih.

      Kombinasi kartu yang pernah saya pasangkan ke Liquid M220:
      * XL – Indosat.
      * Indosat – Indosat.
      * Indosat – Telkomsel.

  9. Menyambung pertanyaan saya di atas Pak, kalau murah,4G, dual sim , baterai tahan lama dan garansi oke mohon Pak Herry kasih saran saya ya. Saya tinggal di Malang, jadi kalau bisa yang SC nya ada di Malang saja Pak. Saya video call biasa lewat Line , telepon pakai WhatsApp . Skype saya pertimbangkan juga. Kalau butuh kamera saya bisa pakai G3 saya sih. Jadi tidak penting sekali. Lebih prioritas untuk komunikasi saja. Sekali lagi makasih banyak Pak Herry.

    1. Pak Sofy,

      Hmmm…. tidak ada. Kalau murah dan garansi okenya dicoret baru ada.

      Namun, kalau tetap dicari-cari, yang paling mendekati sih Xiaomi Redmi 2 bergaransi resmi. Harga baru Rp 1,499 juta. Baterai tidak ekstratahan lama, tetapi masih lumayan lama (menembus belasan jam).

  10. Kenapa loe ga mau jawab tiap gua tanya? Ternyata gw tau lg 1 sifat loe selain emosian trus jg loe itu dendaman..buktinya gw tanya udah 2x ama ini loe ga mau jawab2..ya gapa2 pak hell..gw sih ketawa aja kalo inget jawaban loe dulu,gw tanya malah suruh tanya balik ke gsm arena.ingetkan loe pertanyaan gw tentang hp huawei y3?sorry pak hell gw jg ga rugi ga nyesel loe cuekin,gw jg punya harga diri.msh ada tabloid pulsa,teknoup,dll.loe itu ngaku profesional padahal udah goblok n bego emosian lg..haha..haha

    1. Pak Lucky,

      Ehmm… pertanyaan Anda sebelumnya yang mana? Kalau Anda mengirimkannya sebelum marah-marah ini, semua pertanyaan masuk sudah saya jawab kok.

      Baiklah. Supaya lain kali Anda tidak emosi lagi, saya menyarankan Anda bertanya ke tempat lain yang Anda sebutkan.

    1. Pak Rama,

      Mau tahu saja atau mau tahu banget? πŸ™‚

      Saya sebenarnya sedang proses menguji pakai headset bluetooth. Namun, karena di telinga saya sedang ada jamur nakal dan dokter THT menyarankan jangan pakai handsfree dulu, uji pakai saya hentikan sementara.

      Beberapa ponsel yang rencananya saya review: LG Magna, Samsung Galaxy J5, Lenovo Vibe Shot, dan Sony Xperia M4 Aqua. Namun, saya belum memutuskan urutannya gimana.

  11. Mas Hary..
    Saya kenal sampean di JTV dulu..ulasan dan review mantap dgn gaya suroboyoan..

    Kalo gak keberatan minta masukanya mas..
    Saya ada duit 2jeti untuk beli hape ..kira kira saya pilih meizu m2 note apa infinix hote note 551x

    Saya tunggu balasan dari pean

    Mator suwon

    1. Pak Cak Kun,

      Kita nantikan jawaban dari Mas Hary ya. πŸ™‚

      Setahu saya, Mas Hary nggak pernah bekerja di JTV. Dia kayaknya juga belum pernah coba Meizu M2 Note dan Infinix Hote Note 551x. Yang pernah dicobanya Infinix Hot Note X551.

    1. Pak Gugun,

      Di WTC pada Senin lalu Rp 7,1 juta dan dapat bonus battery kit. Harga hari ini belum tahu. Saya belum survei lagi.

  12. Malam koh Herry. .
    Maaf oot nih, saya ada rencana beli acer z410 LTE. Menurut ko Herry di rentang harga 1-1,5jt saingannya apa aja koh? Saya sih mau beli punya teman z410 nya dengan harga 900rb.menurut ko Herry gimana? Trimakasih sebelumnya.

    1. Pak Mario Kornel,

      Di rentang harga segitu, menurut saya, Redmi 2 menjadi pilihan terbaik.

      Oh, kalau Rp 900 ribu dan dalam kondisi mulus, normal, sekaligus komplet, sambar deh.

  13. jadi kalau menurut om Herry, dengan budget max sejuta, mending mana ini vs lumia 435?
    trims πŸ™‚

    oiya, foto kenthir itu di mana om? dan mengapa ada tulisan itu? hehehe

    1. Pak Shinosuke Nohara,

      Tujuan pemakaiannya untuk apa dulu nih? Kalau sekadar untuk mencicipi Windows Phone, Liquid M220 pun sudah cukup. Sedangkan kalau untuk dijadikan ponsel utama, menurut saya, mending coret keduanya. Beli Xiaomi Redmi 1S bekas saja.

      Foto kenthir itu dijepret di Jogja. Pemilik tempatnya memang nyentrik.

      1. sekedar untuk punya-punyaan, tapi ya jangan yang busuk banget hehehe
        ponsel utama sudah ada redmi note, pengen punya windows phone yang “konon” lebih baik manajemen memory nya

        kalau seandainya pilihan cuma dibatasi 2 di atas, lebih baik pilih yang lebih mahal kah?

        trims πŸ™‚

        1. Pak Shinosuke Nohara,

          Oh, kalau buat punya-punyaan, ya silakan. Biar terlihat nggak pasaran, boleh mempertimbangkan Lumia 435 warna oranye. Bila stok Lumia 435 yang tersedia hanya hitam, mending beli Liquid M220.

  14. Acer memang selalu menarik untuk ponsel harga murahnya…Pak Herry mau tanya di bandung ada promo Lenovo P780 Rp.1.350.000,-…apa ponsel tersebut untuk saat ini masih layak untuk dibeli atau tidak, mengingat harganya dulu mencapai 2 s/d 3 jutaan (Saya lihat review dari Pak Herry)…terima kasih

    1. Pak Slamet,

      P780 yang ditawarkan dengan harga segitu apakah baru, bergaransi resmi, dan varian 8 GB? Kalau iya dan Anda membutuhkan ponsel relatif murah dengan baterai tahan lama, ponsel itu boleh dilirik.

  15. Pak Herry,antara acer M220 dengan Lumia 435 kalau dinilai dari tingkat kegegasan, hasil foto dan build quality manakah yang lebih baik?

    1. Pak Rahmat N,

      Tingkat kegegasan imbang, hasil foto lebih bagus Lumia 435, sedangkan built quality lebih oke Liquid M220.

  16. Windows Phone bisa sinkron kontak dengan akun Google Pa Herry? Pengen coba WP sih, tapi kepikiran hal-hal seperti sinkron kontak dan aplikasi antara Android dan WP. Selama Pa Herry pakai WP, ada catatan tidak yang terasa ‘hilang’ di WP dibanding Android..?

    1. Pak Dodo Nandito,

      Bisa. Kontak saya di akun Gmail bisa tersinkron kok.

      Tidak. Data kontak saya tersaji dengan baik.

  17. Yes bapak herry pengen review sony xperia m4 aqua , maf pak saya nanya 2 kali soalnya jaringannya eror , tambah2 lagi pak reviewnya saya ingin request bapak herry hp evercoss winner t boleh kan ??

    1. Pak Rama,

      Oh ok.

      Request review Evercoss Winner T? Boleh saja. Namun, sekaligus saya pastikan kalau request Anda tidak akan saya penuhi. Kecuali, ada yang berbaik hati meminjamkan ponsel itu. Hanya bila sedang sangat iseng saya akan membeli Evercoss, Mito, dan yang sejenis, Pak. Sebab, menjual bekasnya sulit banget, bahkan meskipun sudah dibanting harga sampai setengah harga baru.

  18. Mau tanya OOT bung Herry, kalau sekedar untuk BBM an (tidak intensif) dan browsing saja apakah smartphone dgn RAM 512MB mencukupi? Trima kasih sebelumnya.

    1. Pak Riyanto,

      “Mencukupi” dapat dimaknakan sebagai “bisa” maupun “bisa dan nyaman”.

      Kalau sekadar “bisa”, jawabannya bisa. RAM 512 MB mencukupi. Namun, kalau yang dicari adalah “bisa dan nyaman”, jawabannya RAM 512 MB kurang mencukupi.

  19. Nice review pak
    Oiya pak hsw, maaf oot. Tp saya pny bbrp pertanyaan
    1. Rekomen hp LG dibawah 3juta ?
    2. Sama seperti nomer 1, tp merk samsung
    3. Sama seperti nomer 1, tp.merk sony
    4. Sama seperti nomer 1, tp jika diliat seluruh merk
    5. Saya ingin memastikan, apa benar hp merk LG seperti g3 stylus, magna tdk memiliki mode camera (night, hdr, sport, beauty, dll )
    6. Ada niat mereview lg g4 stylus tdk pak ? Sepertinya cukup menarik. Meskipun sangat disayangkan versi yg masuk sini hanya versi internal 8gb dan ram 1gb, bukan yg internal 16gb dan ram 2gb
    7. Last question, setelah mereview apakah biasanya hp itu akan bapak jual ? Jika iya, saya berminat untuk membeli

    Sebelum itu terima kasih atas tanggapan nya pak

    1. Pak Jem,

      1. Masalahnya tak ada yang harganya dekat Rp 3 juta, Pak. Yang ada turun jauh di bawah Rp 3 juta, bahkan kurang dari Rp 2 juta, yaitu LG G2 Mini. Ya, saya tahu itu ponsel tipe lama. Namun, menurut saya, kinerjanya bagus.

      2. Hmmm… paling Samsung Galaxy A3. Bodinya keren, tetapi ponsel itu terasa agak lemot.

      3. Baru dapat Sony Xperia M2 Aqua. Namun, menurut saya, kurang sip.

      4. Xiaomi Mi 4i.

      5. Saya tak ingat LG G3 Stylus ada mode kamera itu atau tidak. Kalau di Magna konfirm tidak ada. Semua serba-auto. Kalau Anda ingin ponsel berharga kurang dari Rp 3 juta, tetapi ada mode kamera yang lengkap, bahkan bisa diatur manual, silakan melirik merek Vivo. Tipe paling murah belum ada mode manual, tetapi mulai tipe kedua termurah sudah ada mode manual.

      6. Tidak. Karena cuma mengalokasikan anggaran untuk satu ponsel, saya waktu itu harus memilih mau membeli LG Magna atau G4 Stylus. Saya memutuskan beli LG Magna. G4 Stylus yang RAM 2 GB kan hanya yang dijual T-Mobile.

      7. Ya. Kalau ada yang mau dijual, biasanya langsung saya pasang ke Ubaya.com.

  20. Slamat siang Koh Herry, kemarin saya tidak jadi ambil acer z410, karena mau nunggu redmi note 2. Kira” kapan ya redmi note 2 garansi resmi masuk indonesia. Soalnya saya cari di online dan olx kebanyakan garansi distributor. Posisi saya masih stay di redmi 1s. Thanks ya koh Herry atas sarannya terdahulu untuk ambil redmi 1s. Ini hp masih on banget untuk harga jual kembali punasih tinggi.

  21. halo pak nice preview.
    saya pembaca artikel bapak di ponselmu.com ini. saya ingin bertanya pak tapi ini out of topik sih. saya punya budget 1.500.000 – 2.700.000 (maklum mahasiswa yang lagi nabung hehe) apa bapak bisa kasih saya referensi merk dan tipe smartphone apa yg harus saya beli, yg pastinya worth it gitu sama budget saya. saya ingin baterai yg awet, kamera yg cukup bagus untuk budget segitu, dan RAM yg cukup untuk multi tasking.
    oh iya saya pernah baca preview bapak ttg asus zenfone 2 , tadibya saya mau beli yg versi terendah tapi pas saya baca preview bapak saya jadi ragu pak. mohon pencerahan nya pak .
    terimakasih pak HSW πŸ™‚

    1. Bu Nelah Roswati,

      Belum ada ponsel yang mampu memenuhi seluruh kriteria Anda. Saya menyarankan Anda melakukan langkah kombinasi: membeli ponsel dengan kamera bagus dan RAM 2 GB, lalu membeli power bank untuk “nyawa cadangan”.

      Kombinasi yang bisa dipertimbangkan: Acer Liquid Jade (untuk cewek, saya sarankan warna putih) + power bank Xiaomi 16.000. Total dana yang harus dikeluarkan Rp 2.325.000.

      Bila Anda tetap ingin membawa satu ponsel saja, tanpa menggenggam power bank, yang paling mendekati kriteria adalah Lenovo P70 dan Wiko Ridge Fab 4G.

  22. alo pak nice review.
    saya pembaca artikel bapak di ponselmu.com ini. saya ingin bertanya pak tapi ini out of topik sih. saya punya budget 1.500.000 – 2.700.000 (maklum mahasiswa yang lagi nabung hehe) apa bapak bisa kasih saya referensi merk dan tipe smartphone apa yg harus saya beli, yg pastinya worth it gitu sama budget saya. saya ingin baterai yg awet, kamera yg cukup bagus untuk budget segitu, dan RAM yg cukup untuk multi tasking.
    oh iya saya pernah baca review bapak ttg asus zenfone 2 , tadibya saya mau beli yg versi terendah tapi pas saya baca review bapak saya jadi ragu pak. mohon pencerahan nya pak .
    terimakasih pak HSW πŸ™‚

  23. pak herry mau tanya2

    1. saya punya acer z4, jatuh & layarnya pecah. misal dibawa ke SC gantinya kira2 lama ga ya pak. soalnya sya bukan dikota besar jadi harus ke jogja perjalanan 2 jam klo bolak balik waktunya itu yang repot.

    2. hp yang layar 4 inch dengan spec lumayan apa ya pak. kebutuhan sekadar komunikasi WA, BBM, browsing, foto(klo bisa ada auto focus & flash). nb: jangan merk advan, mito, cross

    makasih sebelumnya

    1. Pak Jol,

      1. Kalau suku cadang tersedia, mestinya bisa minta tolong langsung dikerjakan. Jadi, Anda dapat menunggunya. Satu hal yang perlu diketahui sejak awal, layar pecah tidak termasuk dalam garansi. Anda akan dikenakan biaya penggantian suku cadang.

      2. Ya, saya juga takkan merekomendasikan merek Advan, Mito, dan Evercoss (Cross sudah berubah jadi merek ini) kok. πŸ™‚

      Yang di atas kertas agak lumayan sepertinya Acer Liquid Z220. Namun, saya tak mengetahui pastinya karena belum pernah mencoba ponsel itu.

      Dulu sih ada AccessGo 4E dan Acer Liquid Z205. Ponsel itu layak beli. Masalahnya, ponsel tersebut sudah diskontinyu.

  24. Ehhh maaf mas herry…
    Baru tanya skali udah salah sebut nama….dan yg fatal lg salah sebut nama dan seri hape …hahaa
    Nyuwon sepuroooo

    1. Pak Cak Kun,

      He.. he.. he.. Saya belum pernah mencoba Meizu yang Anda sebutkan. Kalau Hot Note boleh dibeli. Saran saya, beli yang warna gold saja. Lebih keren dan lebih cantik daripada yang abu-abu.

    1. Bu Lia,

      Siap. Sabar dulu ya. Minggu depan saya buatkan review-nya. Besok sampai akhir minggu ini saya ke luar kota, baik di dalam pulau maupun luar pulau.

  25. hai ko herry
    akhirnya di review juga m220 nya, bbrp minggu yg lalu sy sempat nanya ko herry via twitter masalah review m220, dan akhirnya beli juga tanpa nunggu review dulu heheh eh sekarang udah kebeli malah nongol review nya
    eniwei, menurut saya sih hp ini worth the price lah dengan harga segitu udah dapet 3G dualsim, body bagus, kamera lumayan ada autofocus dan ga lelet
    tapi minus nya sebenernya ada di OS nya, yaitu win 8.1
    sebagai user baru windows phone, ada 1 kelemahan OS windows yg sangat sangat mengganggu, yang ditemui dari hampir seluruh lini windows phone (karena pengaruh OS bukan pengaruh specs hardware) yaitu: aplikasi tidak bisa running in background (kalaupun bisa juga sangat terbatas), mungkin juga ini yg membuat sistem windows cukup gegas dan ga lelet kaya android karena hampir seluruh aplikasi tidak running di background
    tapi akan sangat sangat mengganggu buat user aplikasi BBM, line, WA, terutama BBM karena yang terjadi adalah notifikasi BBM akan 90% selalu terlambat masuk
    kadang malah menunggu kita buka aplikasi nya baru berbondong2 notifikasi masuk barengan, kasus Line sama WA tidak separah BBM, walaupun tetap ada jeda dibanding di iOS dan android (dan bukan pengaruh signal atau koneksi data)
    diluar itu sebenernya hampir tidak ada kelemahan lain dari hp ini juga dibandingkan dengan harga nya
    jadi bener kesimpulan koh herry, kalo perlunya hanya telp+SMS dengan sinkronisasi kontak google (agar bisa sync sama gawai android, ios dll) tapi saran saya jangan digunakan untuk BBM an kecuali anda tahan di omeli orang gegara seakan2 tidak di respon BBM nya hehe
    mudah2an memang hanya bug dan bisa segera diatasi di win 10 atau versi aplikasi BBM berikutnya

    1. Pak Donny,

      Kalau rutin pakai BBM, sebaiknya memang jangan pakai Windows Phone dulu. Mau menggunakan ponsel Windows Phone termahal sekali pun, BBM-nya masih kurang oke. Entah ini salah siapa. Dulu sih agak bisa dimaklumi karena BBM-nya masih versi beta. Kalau sekarang kan sudah bukan BBM versi beta lagi.

  26. Pak Herry, saya denger” produk acer yang 1.5 juta kebawah layar sentuhnya sering bermasalah ya? (temen pake yang Z520 atau berapa gitu saya lupa tepatnya. Dia beli 1.3 jt tapi layar sentuhnya kurang responsif). Apa pak Herry mengalami masalah yang serupa ketika bapak memakai M220? Budget saya mentok di 800rb nih. Saya naksir sama kamera depannya, kayaknya terang banget ya pak

    1. Pak/Bu Okta,

      Saya sudah berkali-kali mencoba ponsel Acer dengan harga jual baru kurang dari Rp 1,5 juta. Layar sentuhnya baik-baik saja kok. Tentu saja layar sentuh ponsel berharga jual, misalnya, Rp 700 ribuan jangan diadu dengan yang harga Rp 2 juta ya.

      Oh, kalau Liquid Z520 saya tak tahu. Saya belum pernah mencobanya. Waktu pakai M220, layar sentuhnya sih secara umum baik-baik saja. Hanya tombol navigasi di bagian bawah layar yang terasa kurang oke.

  27. santai aja pak.. gak usah buru2.. kbetulan ingin kasi istri surprise krn hpnya, lg l80, kameranya kurang meski mesinnya top markotop, kasian istri suka foto anak tp hasilnya kurang bagus (blur/standart)
    sbetulnya pilihan saya ada 2: lg g3 stylus (13 mp) dan lg magna yg mnurut review2 di youtube kameranya joss.
    coba kita liat hasil review bpk bsok πŸ™‚
    thanx before pak..

  28. pak herry saya mau tanya.?
    saya udah punya acer m220 satu bulan yang lalu tapu knpa yah hp saya sering restart sendri bisa 2/3x sehari itu knpa yah pak.??

    1. Pak Mulhat,

      Sudah coba me-reset ponsel Anda? Tetap sering restart? Kalau iya, bisa jadi ada masalah di hardware-nya. Silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi ponsel Acer.

  29. Pak saya ingin tanya lagi , maaf oot lagi , kata temen saya samsung galaxy v bisa 4g bener gak ? , saya sih udah tau kalo samsung galaxy v belum support 4g temen saya keras kepala setelah itu saya bilang kalo samsung galaxy v belum bisa 4g , nah dia gak percaya kalo samsung galaxy v belum 4g , nah dia ingin membuktikan dengan beli paketan telkomsel flash yg 4g tapi dia ingin nabung terdahulu sampai sekarang dia belum dapet paketan telkomsel flash (dia masih tahap nabung) dan ada lagi pak dia bilang samsung galaxy v bisa buat prient , nah kata saya begini : samsung galaxy v gak bisa buat prient , tapi seperti biasa dia gak percaya , dia ingin membuktikannya tapi gak ada duit nah saya juga ingin membuktikan kalo samsung galaxy v belum 4g dan gak bisa prient , tapi apadaya saya juga gak bisa ngasih bukti , nah saya dapet ide dengan nanya ke pak herry saja biar dia tau nanti saya suruh dia buka blog bapak biar saya dapet membuktikanya kalo samsung galaxy v belum 4g dan gak bisa prient , maaf kepanjangan, makasih pak

    1. Pak Rama,

      Samsung Galaxy V tidak bisa 4G LTE.

      Bisa buat prient? Prient itu maksudnya apa ya, Pak?

      Btw, karena besok subuh harus ke luar kota, pertanyaan Anda berikutnya baru saya jawab pada 12 September 2015.

    1. Pak Rahmad,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Semoga jadi masuk pada kuartal keempat 2015.

    1. Pak Hafidz,

      Silakan mempertimbangkan Xiaomi Redmi 2 atau Infinix Hot Note. Review dua ponsel itu sudah saya unggah di blog ini.

  30. Infinix hot note di Lazada hargnya sdh ‘menyesuaikan’ jadi 1.999 pak.itupun bukan yg gold. Hiks… Ada rekomendasi tempat lain ndak pak yg sedia infinix selain Lazada?*garansi resmi tentunya. Lebih baik infinix hot note atau menunggu xiaomi red mi prime aja ya pak? Dijual bebas atau terbatas tho? Terimakasih pak herry

    1. Bu Linda,

      Lho kok naik? Beberapa hari lalu teman saya beli masih Rp 1.599.000 tuh. Namun, saat itu memang tak ada warna gold.

      Hot Note hanya dijual via Lazada. Kalau ada toko yang jualan, berarti mereka kulakan dari Lazada.

      Red Mi Prime? Maksud Anda Redmi 2 Prime ya? Saya belum pernah mencobanya. Dijual model rebutan kayak biasanya.

  31. iya pak, per kemarin pagi saya tengok harganya 1.999 (tanpa diskon). malamnya saya tengok lagi kembali diskon namun harga menyesuaikan jadi 1.649 (setelah diskon). eh pagi ini malah 1.799. hehehee
    Sepertinya saya akan “wait and see” redmi 2 prime dulu ya pak. Mudah2an ga susah dapatnya.

  32. Koh, minta saran. Budget 1 jt. Butuh android atau windows phone. Kebutuhan browsing gegas dan awet bateray. Plus kamera tidak mengecewakan Kira2 pilih apa ya? Makasih koh…

    1. Pak Wahyu,

      Terus terang dengan kriteria seperti itu, sulit menemukan ponsel yang benar-benar pas.

      Yang agak mendekati, kalau Android:
      * Xiaomi Redmi 1S bekas.
      * Nexian Journey One bekas.
      * Acer Liquid Z205 baru.

      Kalau Windows Phone:
      * Nokia Lumia 435 baru.

      Kamera semua ponsel tersebut tidak bagus, tetapi juga tak sampai superjelek.

  33. Makasih koh… Kalo nokia 225 ama nokia 222, menurut sampean pilih yang mana? (Mau beli nokia 301 udah gak ada…) Dari keduanya yg penting browsing gegas

  34. Ko Herry, saya liat baliho di perempatan Jemur & Marina Sby, ada iklan Acer Z520 versi RAM 2 GB & ROM 16 GB mungkin Koko pernah liat jg. Nah, menurut Koko apa layak dicoba? Harga gak disebutkan, hanya ditampilkan yg versi ram 1 GB Rp1.199.000,-

    1. Pak Denny,

      Benar. Acer Liquid Z520 kini tersedia dalam dua varian:
      * Varian lama RAM 1 GB dan ROM 8 GB. Harga Rp 1.199.000.
      * Varian baru RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Harga Rp 1.499.000.

      Selain RAM dan ROM, spesifikasi lain dua ponsel itu persis sama. Saya belum pernah menguji pakai Liquid Z520 sehingga tak tahu layak beli atau tidak.

  35. Xie xie Ko Herry, wah kl harga segitu sama dg Acer Z500 donk πŸ™‚ Speknya mirip2 tuh. Kl gak pertimbangkan layanan perbaikan Acer, mgk sy lbh melirik Infinix Android One? Sptnya saat ini ia jd ponsel RAM 2 GB termurah ya. CMIIW

    1. Pak Denny,

      Kalau Liquid Z500 harga barunya kan Rp 1.599.000.

      Infinix yang Rp 1.299.000 itu ya. Iya, kayaknya termurah dengan RAM 2 GB. CMIIW.

  36. Oh, baiklah Z500 & Z520 harga beda 100rb ya. Ko HSW, sy renc mo ganti Redmi 2 dgn ponsel RAM 2 GB biar lbh gegas & nyaman dipake dg byk aplikasi. Minat ke Z520, Redmi 2 Prime atau Infinix Hot 2 itu tp nunggu Koko uji pake Zero 2 dl deh. Sapa tau worthed nambah anggaran tuk dpt yg RAM 3 GB hehe Btw ponsel RAM 2 GB termurah ada Evercoss Winner Y Ultra yg hrgnya <1 juta, tp krn merk lokal … ya gitu deh πŸ™‚

    1. Pak Denny,

      Kalau pilihannya tiga itu, saya kok cenderung ke Redmi 2 Prime ya.

      Zero 2? Kira-kira besok malam selesai uji pakai, trus masuk ke sesi pemotretan dan ngetik naskah. Kalau Anda galau Zero 2, saya suruh membayar Zero 2 bekas milik saya Rp 2 juta lho. πŸ™‚

      Evercoss? Lupakan deh.

  37. Koko Herry ini hp acer M220 saya kenapa ya??baru beberapa hari pemakaian suka ngehang(Mati sendiri hidup sendiri,semau2nya dia -_-)yang parahnya tiba2 profilnya ke modus pesawat g bisa di balikin ke profil normal.kira2 knp itu koko ?:(

    1. Bu Atin,

      Kalau kenapanya saya tak tahu. Yang pasti itu tidak normal. Coba lakukan reset dulu. Bila hal serupa tetap terjadi, silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Acer.

  38. Wah Ko HSW nawarin pre order Zero 2 sblm launching ubaya.com nih hehe πŸ™‚ Cm sayang sisi kameranya yg kurang ya. Ko, apa kualitas kamera lebih buruk dari Redmi 2?

  39. Wah, br OL eh Zero 2 nya sdh laku aja :’-( Kl gt sy nunggu pre launching berikut tuk Redmi 2 Prime aja deh hehe πŸ™‚ hbsnya susah kl sy hrs rebutan di flash sale & gak yakin kl order online. Apa Ko HSW ada info Prime bakal dijual offline? Xie xie

  40. Ko HSW, gimana caranya biar dpt notif ada lelang atau penawaran di ubaya.com. Tiap kali saya buka eh teng teng teng lelang berakhir :’-( hiks… waktunya singkat sekali

    1. Pak Denny,

      Namanya saja lelang iseng, durasi lelang sengaja saya buat singkat. Lelang berakhir pukul 16.00 pada hari yang sama.

      Kalau lelang berlangsung terlalu lama, peserta lelang juga tak nyaman lho. Sebab, harus rajin memantau selama berhari-hari. Serunya lelang malahan gagal didapatkan.

  41. Pak Herry.

    Saya malah baru tau ternyata acer liquid z220 saya ternyata punya sodara kembar si liquid m220 ini yang pake os windowsphone..
    Sekedar review singkat untuk z220 yang pake android sebagai sistem operasinya yang saya alami adalah respon touchscreen yang kurang gegas. Kadang tersendat dan layar yang reflektifnya lumayan ganggu. Yah namanya juga bujet merek global kurang dari 900rban. Saya jadi penasaran pingin jajal m220 ini

    1. Pak Yatss,

      Iya, secara fisik Liquid Z220 dan Liquid M220 ibarat saudara kembar.

      Oh, Liquid Z220 tidak nyaman dipakai ya, Pak? Saya malahan belum pernah mencobanya.

  42. Pak Herry,

    Tulisan XL 4G LTE di tampilan depan Acer M220 ini apakah memang basic providernya apabila dipasang di ponsel apapun seperti itu, ataukah memang Acer M220 ini mendukung 4G?

  43. pak herry

    saya mau nanya, saya kan udah beli acer m220 ini, tp yg aneh klo di charge hp jd lngsung hidup lagi, padahal sudah saya matikan sebelumnya. apakah memang seperti itu klo pas d charge, apa hp saya yang error??
    thanks

    1. Pak Diky,

      Ponsel Windows Phone memang begitu. Solusinya, sebelum di-charge, ubahlah ponsel ke airplane mode. Bukan dipadamkan total.

  44. Selamat sore Ko Herry
    Mau nanya perihal hotspot m220 apakah lancar digunakan tatheringan di notebook atau hh android lain?tks

  45. Dear Pak Herry,

    Saya juga pakai M220. Cuma ada yang ngganjal nih..
    Saat pakai 1 SIM untuk telepon, sms, data juga kadang hang..

    Pertama dihidupkan normal. sinyal H+. buat telepon dan internet an ga masalah.
    Namun sesudah saya biarkan kira kira 30 menit, hp jadi error..
    internet ga connect, telepon 888 pun ga nyambung dan ditutup teleponnya ga bisa.
    ketika hp dimatikan, tulisan sampai jumpa muncul terus ga hilang. normal nya kan sekitar 5-10 detik mati.. hampir 5 menitan baru bisa mati.

    Namun kalau pakai 2 SIM. 1 untuk tlp dan sms, 1 untuk data = normal ga masalah..

    mohon solusi nya..

    1. Pak Mukhamad Agus Arifin,

      Saat memakai Liquid M220, kebetulan saya selalu memasangkan dua kartu SIM. Jadi, saya belum pernah mengalami masalah yang Anda sebutkan. Coba berkonsultasi ke pusat perbaikan resmi Acer.

  46. Om Herry SW,
    Dari segi harga dan spesifikasi pilih mana, Acer Liquid M220 harga Rp501.000, Lumia 430 harga Rp687.000, Lumia 530 harga Rp745.200

    1. Bu Rida,

      Baru satu kali ini kan? Ponsel silakan Anda pakai seperti biasa dulu. Kalau tak mengalami masalah serupa lagi, kejadian yang cuma satu kali itu boleh diabaikan.

    1. Bu Rida,

      Wah, kalau tiap hari, hal itu tidak bisa dibilang normal. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Acer untuk dicek.

    1. Bu Rini,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Mungkin yang Anda maksud harus login dulu ya? Silakan login dulu. Tak apa-apa kok.

  47. Saya pakai M220 bekas dan gak tau sandi akun microsoftnya. Saya kepinginnya ganti dengan akun yang baru. Urutan langkahnya gimana pak ya..? Trimakasih atas pencerahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *