Review Acer Liquid Z320: Siap Jadi Ponsel Pintar Pertama atau Kedua

Para produsen dituntut menghadirkan ponsel berdesain menawan dengan spesifikasi tinggi. Kalau tidak, produsen itu bakal dicap ketinggalan zaman. Meskipun demikian, produsen sebenarnya juga pantang melupakan segmen pemula. Sebab, pasar tersebut sampai detik ini masih lumayan potensial.

Kelompok pengguna yang baru beralih dari feature phone biasanya mencari smartphone berharga relatif terjangkau. Versi mereka, batasan terjangkau adalah tidak jauh-jauh dari angka Rp 1 juta. Itulah yang tampaknya dibidik Acer lewat Liquid Z320.

Liquid Z320-1

Ponsel berlayar IPS 4,5 inci dengan resolusi 854 x 480 piksel itu dibanderol Rp 1.099.000. Dengan harga tersebut, mudah ditebak kalau spesifikasi Liquid Z320 tidak terlalu tinggi. Namun, bila dicermati, sebenarnya juga bukan ala kadarnya.

Berbincang soal tampilan fisik, misalnya, ponsel itu terlihat cukup elegan dan kukuh. Digenggam pun nyaman. Sama sekali tak tersirat kesan bodi plastik murahan. Tanpa diberitahu mengenai spesifikasinya, orang yang disodori Liquid Z320 mungkin bakal menyangka ponsel tersebut berharga jual Rp 1,5 jutaan.

Ketika melihat sisi belakangnya, Liquid Z320 seperti mempunyai dua kamera. Satu di atas, satu lagi di bawah. Padahal, realitanya tidak demikian. Lingkaran di bagian bawah ponsel bukanlah kamera, melainkan speaker.

Liquid Z320-2

Spesifikasi teknis ponsel itu juga lumayan. Di antaranya, prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 210 MSM8209 1,1 GHz, layar IPS 4,5 inci beresolusi 854 x 480 piksel, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 1 GB, ROM 8 GB, dan selot microSD. Saat ponsel belum diutak-atik, sisa memori internal yang leluasa dimanfaatkan pengguna mencapai 2,31 GB.

Dua nomor GSM, keduanya berwujud kartu micro SIM, bisa siaga bersamaan di Liquid Z320. Pengguna bebas memilih nomor mana yang ingin dipakai berinternet. Pengguna leluasa pula menentukan nomor mana yang diizinkan berkelana di jaringan 2G dan 3G, termasuk HSPA+.

Sepasang kamera tersedia di ponsel bersistem operasi Android 5.1.1 Lollipop itu. Kamera utamanya dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video HD 720p. Kemampuan kamera depan Liquid Z320 lebih rendah. Kamera tanpa fokus otomatis itu hanya mampu memproduksi foto beresolusi dua megapiksel dan klip video HD 720p.

Kala hendak selfie di tempat yang cenderung gelap, pengguna bisa meminta tambahan pencahayaan dari layar ponsel. Sekeliling jendela preview akan memancarkan cahaya putih. Memang tidak ekstraterang, tetapi dalam kondisi tertentu agak membantu.

Liquid Z320-23

Entah bug atau memang disengaja, ketika kamera Liquid Z320 difungsikan sebagai perekam video, penghitung waktu yang tersaji tidak berubah detik per detik. Penghitung waktu itu berubah per 10 detik. Dengan demikian, pengguna tak bisa mengetahui sebenarnya sudah melakukan perekaman selama 11, 15, atau 19 detik. Sebab, yang tersaji di layar sama-sama 00:00:1. Ketika durasi perekaman menyentuh 20 detik, angka di layar baru berubah menjadi 00:00:2.

Sumber daya ponsel berasal dari baterai 2.000 mAh yang bisa dilepas pasang. Fitur lain Liquid Z320, di antaranya, radio FM, DTS Studio Sound, Acer Aid Kit, dan Acer SnapNote. Aid Kit membantu pengguna saat ingin menutup aplikasi yang tidak diperlukan, membersihkan file sampah dari memori internal, dan membatasi akses internet aplikasi tertentu. Sementara itu, SnapNote pantas dicoba kala pengguna ingin memotret materi presentasi, nota, atau brosur. SnapNote otomatis mengoreksi sudut foto yang dihasilkan sehingga pengguna dapat membacanya dengan lebih nyaman.

Liquid Z320-3

Liquid Z320-4

Tak sedikit orang tua yang risau saat ponsel pintarnya dipinjam oleh anak yang masih balita. Kekhawatiran ponsel rusak karena dibanting atau diinjak-injak mencuat. Tersembul pula kecemasan kalau-kalau si buah hati mengakses konten yang tidak sesuai dengan usia mereka.

Orang tua pemilik Liquid Z320 boleh sedikit lega. Pasalnya, ponsel berdimensi fisik 136 x 66,5 x 9,6 milimeter dan berat 142 gram itu dibekali Kids Center. Dengan mengaktifkan Kids Center, anak yang sedang memainkan ponsel hanya dapat mengakses aplikasi atau situs yang sesuai dengan usianya.

Liquid Z320-24

Liquid Z320-25

Liquid Z320-26

Bukan hanya itu. Supaya anak tak bermain ponsel sampai lupa waktu, orang tua bisa mengaktifkan batasan waktu bermain. Kalau waktu bermain telah habis, ponsel tak dapat dioperasikan lagi. Di layar Liquid Z320 akan muncul pilihan add time. Untuk mengeksekusinya, pengguna wajib memasukkan password dulu.

Liquid Z320-27

Liquid Z320-28

Liquid Z320-29

Kalau dirangkum, untuk sebuah ponsel yang dibanderol sedikit di atas Rp 1 juta, Liquid Z320 termasuk cukup gegas. DTS Studio Sound-nya terasa cukup mantap, dengan syarat pengguna mendengarkan musik atau menonton video dengan memakai handsfree berkabel.

Sisi minusnya, performa kamera ponsel itu pas-pasan. Tidak bagus, tetapi belum pantas dibilang buruk. Hal lain, layar Liquid Z320 terasa kurang mantap. Ketajaman tampilan layarnya tidak sebagus Acer Liquid E700 single SIM yang harga ritel resminya dipatok sama, yaitu Rp 1.099.000.

Kesimpulan versi penulis, Liquid Z320 siap dijadikan ponsel pintar pertama maupun kedua. Ponsel pintar pertama yang dimaksud di sini, Liquid Z320 berperan sebagai ponsel pintar perdana bagi seseorang yang baru saja beralih dari feature phone ke smartphone. Daripada membeli ponsel merek lokal yang seringkali mengerikan, lebih bijak membeli ponsel bermerek global dengan garansi resmi tiga tahun dong. Setuju?

Sementara itu, Liquid Z320 sebagai ponsel pintar kedua bermakna ponsel tersebut menjadi ponsel pendamping atau ponsel cadangan. Pemiliknya adalah seseorang yang sudah lama menikmati ponsel pintar. Dia memakai ponsel utama yang spesifikasinya minimal termasuk kelas menengah. Karena memiliki banyak nomor, pengguna itu memerlukan satu ponsel tambahan. Spesifikasinya tak perlu terlalu tinggi. Yang penting murah, tetapi bukan murahan.

***

Inilah aneka foto yang dihasilkan Liquid Z320.

Liquid Z320-5

Liquid Z320-6

Liquid Z320-7

Liquid Z320-8

Liquid Z320-9

Liquid Z320-10

Satu foto di bawah ini dijepret menjelang maghrib.

Liquid Z320-11

Liquid Z320-12

Liquid Z320-13

Liquid Z320-14

Liquid Z320-15

Liquid Z320-16

Liquid Z320-17

Liquid Z320-18

Liquid Z320-19

Saatnya mencoba lampu kilat. Dimulai dengan pemotretan dengan lampu kilat tidak aktif.

Liquid Z320-21

Sekarang lampu kilat diaktifkan.

Liquid Z320-22

Foto selfie di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

Liquid Z320-20

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Liquid Z320-30

Liquid Z320-31

Liquid Z320-32

Liquid Z320-33

146 thoughts to “Review Acer Liquid Z320: Siap Jadi Ponsel Pintar Pertama atau Kedua”

  1. Lumayan juga hasil fotonya untuk ukuran harga segitu. Usul nih koh klo bisa foto yang diambil out door yang bener2 cahaya minim,minim bukan dalam arti gelap ya koh..mksd saya bukan di tempat2 hiburan yang memang banyak cahaya meski tidak dibawah nya langsung. Dan yang in door mungkin bukan yang mall2 atau resto yang banyak cahaya melimpah.. Mungkin lingkungan tempat tinggal pedesaan/kota kecil bisa mewakili koh 😀

    1. Pak Lekpujo,

      Untuk usulan yang outdoor, jadi apakah misalnya di tepi jalan atau warung tenda yang remang-remang gitu?

      Untuk indoor, sulit deh merealisasikan suasana pedesaan. Lha saya kan mustahil pergi ke sana khusus untuk mencoba kamera ponsel. Bisa-bisa seminggu sekali saya harus ke luar kota. 🙂

      1. Iya koh ya cahaya alam lah pokoknya 🙂
        Misal klo siang yang langsung dibawah matahari langsung atau di dalam ruang yg mmg cuma dapat sinar matahari dari luar
        Klo malam yang cuma cahaya dari satu lampu atau beberapa yang berjauhan lampunya,bukan kaya di mall ,klo di mall pake kacamata gelap ga bakalan nabrak2 juga 🙂 .., kadang kan yang lensanya jelek ga bakal keliatan padahal udah dipake juga flash nya..

  2. Kalau diadu dengan Wiko LENNY (hadiah sayembara #ponselmu) yang harganya sama, kayaknya LENNY kalah mulai dari sisi versi OS-nya, kualitas hasil kamera sampai prosesornya.

  3. sdh lama ngincar e700 single tapi kok susah pake bingit,,,,di marina kagak ada yg punya.apalagi yg e700 triple yg warnanya marun..

    1. Pak Trayan,

      Saya kurang tahu kondisi di Marina. Kalau di WTC, Liquid E700 single SIM mudah ditemukan kok.

      Liquid E700 triple SIM memang sudah diskontinyu.

  4. Pa Herry, wah jadi naksir gegara kameranya nih
    ~Mode kamera yg tersedia di Z320 ini apa saja ?
    ~Untuk adu lowlight dibawah 2 jt Anda lebih pilih Redmi 2 Prime atau Acer Liquid Jade?
    Terimakasih

    1. Pak Sonny,

      * Mode kamera Z320 ada otomatis/normal, HDR, dan bright magic.
      * Untuk low light, saya lebih pilih Liquid Jade.

  5. Pak Herry SW, mohon info, kelebihan dan kekurangan Acer Liquid E700 dibanding Acer Liquid Z320.
    Lalu, mohon rekomendasi produk2 yang setara dari merk global (Lenovo, Samsung, LG, Xiaomi, Meizu, dll), dengan range harga sekitar 1jt.
    Terimakasih sebelumnya.

    1. Pak Dede,

      Layar lebih bagus, kamera lebih bagus, dan baterai berkapasitas lebih besar. Minusnya, ROM/memori internal hanya 4 GB.

      Lenovo di harga maksimal Rp 1 juta lebih sedikit paling A319 dan A536. Namun, saya belum pernah coba. Kalau Samsung ada Galaxy V. Nggak layak beli deh. LG tipe lama. Xiaomi dan Meizu tak ada. Jadi, rasanya pilihannya ya Acer vs Acer.

  6. Dengan harga yang sama, adakah yang lebih worth it dari Z320 ini pak?
    Kalau di angka 1.249.000 kemarin udah coba infinix hot 2 dan puas. Ini mau cari lagi yang harg di bawah infinix. Ada saran pak selain acer z320 itu?

    1. Pak Muqtafun,

      Di harga yang sama, rasanya pilihannya cuma dua dan kebetulan sama-sama Acer. Yaitu, Liquid Z320 atau Liquid E700 single SIM.

      Oh, kalau anggaran tersedia, ya mending beli Hot 2 daripada Liquid Z320.

    1. Pak Budi Permana,

      Lha ROM-nya kan cuma 8 GB. Aplikasi bawaan memang lumayan banyak, tetapi mayoritas bisa dihapus kok.

  7. Koh herry bagaimana dengan kualitas touchscreennya? Bisa berapa multi-touch? Jangan2 mirip z205 yg ada bug gak bisa mengetik 2 jari secara berdekatan kwkwkw bahaya buat yg doyan chating…
    Anyway polytron zap 5 ane batre udah mlendung macem ibu hamil padahal jarang dipake cuma jadi 2nd kalo pas keadaan darurat… Mana cari batre kudu online lagi haduuhh
    *dikit curhat ya koh kkkw kalo dijual laku berapa kira2 yak hahahaha tuker sama ini acer lumayan koh hahahahhaa

    1. Pak Siomay1s,

      Layar sentuhnya lumayan kok. Untuk ukuran ponsel harga segitu lho ya. Jangan dibandingkan ponsel flagship. Saya tak perhatikan berapa multitouch.

      Waduh… dengan kondisi seperti itu, dijual Rp 500 ribu Polytron Zap 5 Anda belum tentu laku.

    1. Pak Delavega,

      Kalau maksimal Rp 1.000.000, saya belum ada rekomendasi ponsel Android. Bekas mau nggak? Kalau mau, cari Xiaomi Redmi 1S bekas saja.

      Kalau maksimal Rp 1.099.000, silakan mempertimbangkan Acer Liquid Z320.

  8. Koh herry saya terus terang kaget sisa ruang yg bisa dipakai dari ROM hanya 2,xx GB. Pengalaman saya di Xiaomi dan Lenovo yg ROM nya 8 GB kita bs memanfaatkan ruang sisa 5xx GB. Itu memang Acer OS nya yg ukurannya besar atau aplikasi bloatware bawaannya banyak sekali ya pak?

    Saya lg mempertimbangkan beli Acer Liquid Z520 untuk anak saya. Tp kalau ruang sisa HP Acer dengan ROM 8GB semuanya hanya 2,zxx sekian saya sepertinya tidak akan jd ambil.

    Anyway kalau diantara Acer Liquid Z520, Lenovo A6000, Asus Zenfone C 4S, Xiaomi Redmi 2 atau Samsung J1 Ace yg paling best value antara user experience dengan harganya apa ya koh?

    Untuk OS saya cenderung paling nyaman dengan MIUI, Lenovo jg masih lumayan. Asus dan Acer saya belum pernah pakai, tidak suka dengan TW UI nya Samsung.

    Suwun yo koh

    1. Pak Henry,

      Sepertinya OS Lollipop mengonsumsi sekitar 4 GB sendiri. Barusan saya cek di dua ponsel lain yang pakai Lollipop, kondisinya mirip-mirip.

      Kalau saya sih pilih Redmi 2. Jangan beli J1 Ace ya. Ponsel itu banyak problem.

        1. Pak You,

          Lumayan sering terjadi problem ponsel mati sendiri. Padahal, ponsel sedang tidak dipakai dan hanya dibiarkan siaga di meja.

  9. Pak kameranya kalo diadu xiaomi redmi 2 bagusan mana ????
    Maaf pak oot , menurut bapak miui berat atau enteng ??? saya kan males update2an nahh kalo miui gak dia update ada efeknya atau tidak ??? , soalnya saya ngidam xiaomi redmi 2

    1. Pak Dharma,

      Itu wantanmie spesial di depot Acu Aling. Satu porsi Rp 18.000.

      Ini alamat lengkapnya: Jl Dapuan Bendungan III/1, Surabaya. Ancar-ancar lokasinya sekitar tiga menit berkendara dari House of Sampoerna.

  10. Selamat sore pak Herry……, kalau menurut bapak Herry kira-kira Acer seri apa yang sama/setara dengan Hisense PureShot/PureShot+, Xiaomi Mi4i, atau Red Mi2 Prime dan Meizu M2. dari fitur, tampilan grafisnya(kamera bukan hal utama), kualitas Audio dan keandalan prosesornya.
    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih pak Herry……:)

    1. Pak Deny Yen Martin Rahman,

      Kebetulan sedang tidak ada ponsel Acer yang setara dengan ponsel-ponsel tersebut. Yang tersedia adalah ponsel Acer dengan kelas di bawahnya.

    1. Pak Rifky Aries,

      Tak ada rencana. Yang akan saya review (kemungkinan besok mulai saya ketik) adalah Xperia Z5 Dual.

  11. Om,mau nnya tpi agak menyimpang dkit
    Saya pemakai redmi 2,pingin ganti ke hp yg ram ama internal lebih besar + kameranya kudu bagus karena saya suka foto” om
    Budget sktr 3-4,5jt
    Kira” hp apa ya om?
    Makasih om

  12. saya tertarik dengan ponsel baterai jumbo antara lenovo p780 dan lenovo a5000 dan karena kisaran harganya sekarang juga sudah sama, kalau pak herry pilih mana diantara itu?

  13. Mas herry, minta saran dong. Mending saya beli redmi note 2 prime atau zenfone selfie ya? Untuk urusan kamera, game, dan baterai

    1. Pak Megan,

      Redmi Note 2 Prime saya belum coba dan memang belum ada yang garansi resmi.

      Zenfone Selfie baru towel-towel sebentar.

  14. Oiya ketinggalan. Redmi note 2 nya kan garansi distributor tuh mas. Nah bedanya beli hp garansi resmi sama distri itu apa ya mas?

    1. Pak Megan,

      Iya, Redmi Note 2 pasti tanpa garansi resmi. Lha yang garansi resmi belum masuk. Asalkan Anda tidak keberatan dengan kemungkinan-kemungkinan berikut, ya silakan saja beli. Kalau saya sih nggak mau.

      Kemungkinan apa saja?
      * Dapat ponsel dengan firmware yang mengandung banyak bug.
      * Dapat ponsel yang aksesorinya tidak orisinal.
      * Yang lebih buruk lagi, biarpun probabilitasnya kecil, dapat ponsel replika alias palsu.
      * Dipersulit ketika akan klaim garansi.

  15. Pak Herry, kalau saya menginginkan ponsel dengan baterai besar, mending pilih lenovo p780 atau lenovo a5000 ya? mana diantara 2 ponsel tersebut yang kameranya lebih bagus? atau ada pilihan hp lain di kisaran harga 1,5 juta tersebut? kebutuihan utama, baterai besar dan kamera lumayan. trms

    1. Pak Uwashi,

      Hmm… pertanyaan pertama saya yakin sudah pernah Anda kirimkan dan saya jawab. Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja.

      Kalau ngejar baterai, ada Infinix Hot Note. Harga Rp 1.599.000.

  16. Pak Herry,
    Saya ingin membeli BlackBerry PlayBook, namun sudah berkeliling kemana-mana kok tidak nemu yang jual. Mungkin Pak Herry bisa memberikan pencerahan. Terimakasih sebelumnya.

    1. Pak Reymon,

      Review Xperia Z5 Dual baru saja saya unggah, Pak. Yang masih antre ada beberapa ponsel. Ada merek Huawei, Leagoo, Lenovo, Wiko, dan Asus. Tipe apa saja? Rahasia dulu deh. 🙂

  17. Maaf OOT bung Herry,
    kalau Lenovo s660 di harga Rp 1,25jt apa masih layak beli untuk ukuran sekarang? Saya hanya butuh untuk BBMan untuk urusan kerja dan sedikit browsing saja.

    1. Pak Riyanto,

      Pertanyaan yang sama harap diketikkan satu kali saja dan di satu tempat. Tadi saya yakin sudah menjawab pertanyaan Anda. Entah Anda mengetikkannya kali pertama di thread berjudul apa. Silakan cek di sana.

  18. Pak herry. Maaf nih melenceng dulu dari postingan. Saya ada uang 2 juta, nah rencananya mau saya belikan Android untuk menggantikan Galaxy Y saya yang sudah rewel ini. Kalau menurut bapak, dilihat dari segi performa (game), kamera (terutama kamera belakang), dan juga batere (paling tidak tahan seharian lah) lebih pas ambil Meizu M2, Redmi 2 Prime, Zenfone 2 Laser, atau Alcatel Flash 2? Atau apa bapak punya saran yang lain? Hehe. Oiya, dari hp yang saya sebutin tadi (kecuali zen2 laser) 4G nya yang mendukung kartu smartfren yang mana ya pak?

    Oiya biar ngga menyimpang amat dari postingan, itu bagian belakang hpnya lucu banget pak. Tapi sekilas tampilan mirip liquid jade ya

    1. Pak Ricky,

      Saya bukan penggemar game. Jadi, poin ini mungkin takkan bisa saya jawab dengan mendalam.

      Dengan memperhatikan tiga faktor yang Anda sebutkan, yang lebih pas sih mestinya Flash 2. Ponsel itu mendukung LTE Smartfren.

      Oh, bagian belakang Liquid Z320 lebih mirip Acer Liquid Z500 sih.

  19. mau tanya koh.
    klo dibandingkan nexian journey secara hardware & software lebih unggul mana y? *mengabaikan merk lo koh

  20. Maaf bung Herry, saya mengetikkan pertanyaan saya cuma 1 kali saja dan cuma di thread ini. Kalau bung Herry merasa sudah menjawab pertanyaan yg sama/mirip mungkin ada teman lain yg kebetulan menanyakan pertanyaan sama/mirip di thread lain, tapi yg pasti bukan saya. Trima kasih.

    1. Pak Riyanto,

      Waks… maaf kalau begitu. Ini jawaban saya:
      ———
      Pak Riyanto,

      Seberapa tinggi frekuensi Anda ber-BBM? Kalau sering dan banyak grup, lebih baik melirik ponsel lain dengan RAM minimal 2 GB. Sebaliknya, kalau pemakaian BBM Anda tak terlalu tinggi, S660 masih boleh dilirik.

  21. Trima kasih atas jawabannya bung Herry. Pemakaian BBM saya tidak sering, dan tidak banyak group jadi saya mantap ambil Lenovo S660 saja.

  22. pak herry bs kasih referen type buat acer yg dibawah 1 juta (semakin rendah semakin baik ^_^) untuk sosmed-ria? yg paling proposional antara harga fitur dan liability nya. makasih sebelumnya

    1. Pak Fajar,

      Sebenarnya ada Acer Liquid Z220 yang harga barunya sekitar Rp 800 ribu. Namun, saya belum pernah mencobanya. Jadi, tak tahu bagus atau tidak.

    1. Pak Rahmad,

      Dengar-dengar Acer Indonesia masih berusaha memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah supaya Liquid X2 bisa beredar resmi di sini.

    2. Om Herry, maaf minta sarannya, lebih bagus acer liquid Z320 atau acer E700 single sim, saya bingung mau pilih yg mana?

      1. Pak Deni Suheri,

        Saya belum pernah menguji pakai Liquid E700 single SIM. Mengacu kepada pengalaman mencoba Liquid E700 triple SIM, saya yakin Liquid E700 single SIM lebih gegas daripada Liquid Z320. Layarnya juga lebih enak dipandang mata. Sayang, memori internal E700 single SIM hanya 4 GB. Kapasitas segitu untuk ukuran saat ini terasa kurang.

        Nah, saya sudah paparkan kondisinya. Silakan memilih berdasarkan kebutuhan Anda.

  23. Om Herry, maaf minta sarannya, lebih bagus acer liquid Z320 atau acer E700 single sim, saya bingung mau pilih yg mana?

    1. Pak Deni Suheri,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Saya belum pernah menguji pakai Liquid E700 single SIM. Mengacu kepada pengalaman mencoba Liquid E700 triple SIM, saya yakin Liquid E700 single SIM lebih gegas daripada Liquid Z320. Layarnya juga lebih enak dipandang mata. Sayang, memori internal E700 single SIM hanya 4 GB. Kapasitas segitu untuk ukuran saat ini terasa kurang.

      Nah, saya sudah paparkan kondisinya. Silakan memilih berdasarkan kebutuhan Anda.

  24. Kameranya lumayan saat macro untuk harga segitu ya pak. Acer ini promosinya kayak kurang gencar ya dibandingkan saudara se negaranya, Asus 😀

  25. Koh Herry,

    Boleh suggest untuk second smartphone ga koh?
    Ponsel saat ini sih iP6, dan mau smartphone yg “melengkapi” hp saya yg sekarang. Budget 2.5-3.2jt, pengen yg dual sim, radio, battery kuat, memory besar. Saya bukan gamers, tapi penggiat socmed, blog, dan photo editor, koh.. Kebetulan memang lagi ada onlineshop.. Jadi mau misahin hp pribadi dan kerjaan. ?
    Mohon masukannya koh..

    Turnuwunsanget

    1. Bu Deviana,

      Karena Anda sudah memakai iPhone 6, berarti ponsel pelengkap ini tak perlu yang dibekali kamera bagus, bukan? Silakan melirik Infinix Note 2. Harga barunya Rp 1,899 juta.

  26. koh herry
    saya kok tertarik sama fitur kid’s center nya ya
    apa semua smartphone asus angkatan z320 juga dilengkapi fitur sama?
    mau meminang z320 ini kok ragu sama ram nya yg terbatas, kalo misalkan semua smartphone asus ada kid’s center nya mending cari yg specs nya lebih tinggi

    atau mungkin koh herry ada saran aplikasi android yg serupa dgn kid’s center? berbayar no problem sih karena bisa dipadukan dgn smartphone lain shg pilihan lebih luas

    terima kasih
    n0d

    1. Pak Donny,

      Liquid Z320 itu merek Acer lho, bukan Asus. Kebetulan usai menjajal Liquid Z320, saya belum mencoba ponsel Acer lain yang segenerasi. Jadi, saya tak mengetahui soal ketersediaan Kids Center.

      Saya kurang tahu aplikasi apa di Play Store yang fungsinya mirip Kids Center.

  27. Nanya Ko,
    Untuk kualitas musik nya apakah cukup mumpuni? Krn saya sedang mencari hape kedua yang nantinya jg akan saya fungsikan sebagai mp3 player. Thx.

  28. Malam pak Herry 🙂 saya berencana untuk membeli Android untuk ibu saya. Kebutuhan paling cuma buat fb dan bbman saja. Saya melirik Acer Z320 dan Lenovo A2010. Budget tok 1.3 juta pak. Diantara kedua hp itu mending beli yang mana ya pak?

    1. Pak Mahmud,

      Saya lebih cenderung ke Lenovo A2010. Alasannya, ponsel itu sudah mendukung layanan 4G LTE sehingga ibu Anda berpeluang merasakan kecepatan internet yang lebih tinggi.

      Kalau di kota ibu Anda ternyata belum tersedia layanan 4G LTE, silakan mencoret dua ponsel tersebut, lalu belilah Infinix Hot 2. Harga resminya Rp 1,299 juta alias sama dengan Lenovo A2010.

  29. Wah kalo infinix disini kayanya ga ada tuh pak. Dia mesti pesen di internet gitu kan? Hehe

    Oya pak, A2010 kalo soal kamera dibandingkan dengan Z320 bagus mana? Disini dih sudah tercover jaringan 4G sih. Saya pakai Andromax R sinyal smartfrennya lancar disini 🙂 A2010 bisa pakai kartu smartfren gak pak? Dan kalau tidak bisa, apa bapak ada saran kartu yang paket 4G nya murah? Antara simpati, xl sama indosat lah. Terima kasih 🙂

    1. Pak Mahmud,

      Anda di kota mana tho? Di beberapa kota, kadang ada pemilik toko ponsel yang kulakan Infinix dari penjual online, trus dijual di tokonya.

      Kamera Liquid Z320 lebih bagus daripada A2010.

      Saya belum pernah mencoba memadukan A2010 dengan Smartfren. Kalau melihat spesifikasi di atas kertas, ada kemungkinan bisa. Saat ini paket internet Indosat sedang lebih murah daripada Telkomsel dan XL.

  30. hp acer vs asus diharga jual kembali yg masih agak tinggi menurut om herry apa?
    om jual hp acer mudah atau susah?

    1. Pak Tyo,

      Kalau dibilang jatuh banget sih tidak. Harga bekasnya sekitar 75% dibandingkan harga baru. Jadi turun 25%. Kalau ponsel Oppo atau Coolpad bekas kan harga bekasnya sekitar 50% harga baru. Nah, itu baru jatuh banget.

    1. Bu Ima,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Mending Liquid Z320 dong.

  31. maaf koh, rekomendasi utk android ram 1gb kamera lumayan dan 5″ dengan budget 1jt ke bawah apa ya ? thanks…

    1. Pak Lutwin,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Hmm… dengan kriteria seperti itu, belum ada ponsel yang bisa saya rekomendasikan.

  32. slm’t pg Bang Admin.. lagi bingung ni bg.. 1 bln yg lalu beli acer z320, trus sy unduh byk lagu secara online.. trus masuk ke memori internal, krn memori internalnya hmpr habis, sy berniat Pindahkan ke memori external (micro sr 8 gb). Sampai skrg ga bisa sy pindahkan.. Kata tmn sy, cb pk aplikasi winzip, ternyata ttp ga bisa. Jadi bg.. mohon solusinya. trims ..

    1. Bu Melani Siregar,

      Anda mengunduh lagu memakai aplikasi apa? Kalau bukan memakai aplikasi pihak ketiga seperti Joox dll, Anda tinggal masuk ke file manager, kemudian pindahkan file secara manual ke memori eksternal.

    1. Pak Moli,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Liquid Z520. Mestinya sih lebih bagus Z520 ya.

  33. Mohon pencerahan nya pak. Saya baru pertama kali mau beli hp smartphone. Tp saya msh bingung hrs pilih hp merk acer atau samsung yg harganya di bwh 1,2 jt. Dan saya takut kcewa jk hp yg saya beli tdk sesuai hrapan sya, krn sya suka main game & browsing di internet.

    1. Bu Dewi,

      Harga di bawah Rp 1,2 juta? Berarti, silakan langsung mencoret Samsung. Ponsel Samsung berharga jual Rp 2 juta pun jelek kok. Apalagi, yang lebih rendah daripada Rp 1,2 juta.

      Di rentang harga itu sebenarnya ada Acer Liquid Z330 yang sudah mendukung 4G LTE. Namun, saya belum pernah mencobanya. Jadi, saya tak mengetahui bagus tidaknya.

  34. Ko herry Sw, sori oot, mau nanya kalo tablet 7inch yg d bwh 1 jt, apa bener wifi nya lemot? Ada perlu mau beliin anak buat utama nonton youtube dan game yg simple2.
    Keperluan cuma d wifi aja ga perlu slot simcard sih… apa ko herry ada rekom barangkali?

    1. Pak Sutikno,

      Nggak deh. Itu lebih ditentukan oleh hotspot tempat Anda numpang berintenet.

      Hmm… tak ada rekomendasi. Harga segitu mesti berurusan dengan merek lokal yang mengerikan. 🙂

  35. koh mau tanya, kalau untuk penggunaan orang tua yang sering bersosial media dan easy mode karena tak familiar dengan android. kira kira bagusan Liquid Z320 atau Liquid E700 single?

  36. koh mau nanya

    saya harus pilih samsng j1 atau acer z320 ?
    trus case acer z320 tipis ga ?

    sya pakai buat kuliah aja

    1. Pak Jaka12,

      Dua ponsel itu sama-sama kurang menarik sih. Namun, bila tetap harus memilih salah satu, mending Liquid Z320.

      Cukup tipis kok.

      Anggaran Anda berapa tho? Siapa tahu ada pilihan ponsel yang lebih menarik.

  37. Koh saya sudah beli acerz z320 hp nya bagus,
    Sayq mau nanya saya lihat di review nya ksn hasil kamera nya lumayan jernih , Tapi hp sy ini kpk hasil nya kurang atau pecah , itu gmn ya koh ?

    1. Pak Jaka12,

      Pastikan tangan/kamera tidak bergoyang saat memotret. Pencahayaan juga idealnya memadai. Silakan coba memotret lagi ya.

  38. Udah di foto berulang ulang , aku kan ada oppo joy r1001kamera nya belakang cuman 3 mp tapi hasil foto nya bagus ,dan acer z320 kan kameranya 5 mp , tapi hasil nya kurang , saya kira itu acer bisa lebih bagus , itu gmn ya koh ? Jgn jgn aku dapat yg bukan ori acer , tapi di dusnya ada setiker Tam dan setiker hologram acer , mhn bantuan nya koh

    1. Pak Jaka12,

      Begini deh. Kalau Anda masih ragu, coba mampir ke service center Acer dan minta tolong dicek.

      Untuk menilai bagus tidaknya hasil foto, jangan mengacu kepada tampilan layar ponsel ya. Pindahkan foto itu ke laptop/PC, lalu bandingkan dengan hasil foto ponsel lain yang sekelas.

  39. mau tanya, lebih bagus mana acer z320 dengan Asus Zenfone GO (ZB452KG), atau ada usulan untuk handphone budget maksimal 1juta..

    1. Bu Putri,

      Tak tahu karena saya saya belum pernah mencoba Zenfone Go.

      Saya mengusulkan Andromax E2+ Rp 999 ribu.

  40. hp dengan spesifikasi sama dengan acer liq z320, tapi ukuran layar lebih besar ada rekomendasi pak ? saya lumayan tertarik acer liq z330 dengan 4g lte tapi saya tidak terlalu terarik dengan kamera yg ditawarkan ada saran hp 4g lte dengan harga murah (mengesampingkan kamera) layar 4″ atau lebih? secara keseluruhan antara acer dan oppo untuk penggunaan jangka panjang (hp saya gunakan untuk medsos setiap harinya) lebih baik mana y pak ? terima kasih

    1. Bu Ima,

      Kalau spesifikasi persis sama sih tidak ada.

      Ada Andromax E2+ (RAM-nya 2 GB lho) Rp 999 ribu dan Lenovo A2010.

      Oppo sih mending coret deh.

  41. Pak Herry,
    Performa Z320 ini apakah sama dengan Z330? Secara diatas kertas speknya sama. Berhubung harganya sekarang 900 ribuan apakah masih layak sebagai pengganti Huawei Y210? Apakah ada pilihan lain dengan kisaran harga yang sama? Nanti saya berencana menggunakan kartu Indosat 4G. Terima kasih.

    1. Pak Hendra,

      Tak tahu karena saya belum pernah mencoba Liquid Z330. Di atas kertas sih Liquid Z330 itu mudahnya Liquid Z320 yang diberi tambahan kemampuan 4G LTE.

      Di harga Rp 900 ribuan, ada Lenovo A2010 yang boleh dicoba.

  42. Selamat Siang Pak.
    Mohon maaf ya pak, agak di luar topik.
    Saya berencana ingin membeli hp baru. Rencananya HP ini untuk dipakai BBM dan sosial media (seperti Facebook). Ada saran HP dengan budget maksimal 1,2 Juta dengan Kamera lumayan dan performa tidak buruk?
    Terima Kasih.

    1. Pak Dimas,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Bisakah menambah anggaran Rp 99 ribu menjadi Rp 1,299 juta? Kalau bisa, silakan beli Hisense Pureshot.

      Kalau tak bisa nambah anggaran, ada Smartfren Andromax E2+.

      Saya lebih cenderung menyarankan Anda membeli Pureshot. Cuma nambah dana sedikit, tetapi Anda bakal memperoleh ponsel yang bagus.

      1. Sayangnya Saya kurang tertarik pada Andromax karena satu slot simnya pasti akan terkunci di Smartfren. Kira-kira ada saran lain nggak pak? Terus kalau seandainya saya tidak memprioritaskan kamera (Tapi tetap jangan buruk), masih ada yang pas tidak? (Kalau bisa dibawah 1 juta, soalnya Saya masih anak sekolah SMK)

        1. Pak Dimas,

          Kalau 4G sih belum ada pilihan lain. Yang paling mendekati Lenovo A2010, tetapi Anda harus menambah anggaran sekitar Rp 50 ribu.

          1. Boleh nanya lagi, pak?
            1. Apakah Android One yang pertama masih layak dibeli untuk saat ini?
            2. Kalau seandainya Koneksi 4G bisa dicoret, Ada saran HP yang cocok dengan harga maksimal 1,2 Juta ?
            Terima Kasih

  43. Mohon maaf pak numpang tanyak..
    Saya ada rencana tukar tambah hp asus zenfone 5 saya dgn acer z320..
    Dai nambah 300 cocok gk mnurut bpk??

  44. Hello Pak HSW,

    Saya mencari smartphone kedua (mostly untuk telpon, sms, dan sesekali internet) dengan maximal budget 700 ribu. Saya tidak perlu koneksi LTE. Ada saran Pak?

    terima kasih

  45. Apakah Acer Z320 atau Acer Z220 masih layak dibeli?
    Penggunaan cuma telp, sms, WhatsApp dan BBM saja Pak. LTE tidak perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *