Review Acer Liquid Z4: Kalahkan A316i dan Galaxy Y Neo

Peredaran ponsel Acer Liquid Z4 yang dijual Rp 899 ribu belum banyak diketahui pengguna ponsel. Padahal, spesifikasi dan harganya berpotensi mengusik niat calon pembeli Lenovo A316i dan Samsung Galaxy Y Neo. Apalagi, bila calon pembeli kebetulan bukan termasuk penggemar fanatik merek tertentu.

Liquid Z4, A316i, dan Galaxy Y Neo sama-sama hanya dibekali satu kamera. Tidak tersedia kamera depan di trio ponsel tersebut. Bedanya, spesifikasi kamera Liquid Z4 lebih unggul. Kamera ponsel itu dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video HD 720p. Sementara itu, kamera A316i dan Galaxy Y Neo sama-sama tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat. Resolusi foto terbesar yang dapat diproduksi hanya dua megapiksel.

Liquid Z4-1

Beralih ke dapur pacu atau prosesor. Liquid Z4 memanfaatkan prosesor berinti ganda (dual core) MediaTek MT6572 dengan kecepatan 1,3 GHz. A316i menggunakan prosesor yang sama. Sedangkan Galaxy Y Neo masih berkutat dengan prosesor berinti tunggal (single core) Broadcom BCM21654 850 MHz.

Perbedaan utama lain menyangkut kapasitas baterai. Liquid Z4 memperoleh sumber tenaga dari baterai lithium polymer 1.630 mAh. Kapasitas baterai bawaan A316i lebih kecil. Cuma 1.300 mAh. Galaxy Y Neo? Baterainya lebih minim lagi, hanya 1.200 mAh.

Daya tarik Liquid Z4 yang memiliki nama alias Z160 bukan hanya itu. Ia dibekali Acer SnapNote, aplikasi untuk mengubah file berformat JPG menjadi file PPT (PowerPoint) dan PDF. Ponsel berlayar sentuh empat inci dengan resolusi 800 x 480 piksel itu juga dilengkapi radio FM dan DTS Sound.

Sebagian spesifikasi lainnya adalah RAM 512 MB, ROM 4 GB, selot microSD, bluetooth, Wi-Fi, dan GPS. Memori internal Liquid Z4 digabungkan dalam satu partisi yang dinamakan phone storage. Saat ponsel baru diaktifkan, sebanyak 2,16 GB di antara 4 GB phone storage masih kosong.

Liquid Z4-2

Untuk membaca file dokumen, pengguna Liquid Z4 tinggal menjalankan Polaris Viewer 4.0. Kalau ingin mengubah tampilan ponsel menjadi lebih sederhana, pengguna cukup memilih mode yang disukai di Quick Mode. Mau tampilan ala ponsel berfitur ala kadarnya pun tersedia.

Dua nomor GSM yang seluruhnya memakai kartu micro SIM dapat siaga bersamaan di ponsel bersistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean itu. Satu nomor di antaranya dapat masuk, dikunci, dan berinternet di jaringan 3G. Nomor yang mana? Sangat fleksibel. Pengguna bebas memilih, mau nomor di selot kartu SIM pertama atau kedua.

Bagaimana performa Liquid Z4? Hasil jepretan kameranya tergolong bagus dibandingkan ponsel merek global lain yang berharga setara. Daya tahan baterainya juga lumayan. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai ponsel itu siap menemani selama 12-15 jam. Kuantitas pemakaian dan kondisi sinyal operator turut mempengaruhi tingkat konsumsi baterai.

Tidak adanya kamera depan bakal menjadi sisi minus utama Liquid Z4 di mata penggemar selfie. Bagi penulis, bodi belakang yang mudah kotor terkena sidik jari merupakan kekurangan utama ponsel berdimensi fisik 124 x 64 x 9,7 mm dan berat 122 gram itu. Satu lagi. Tombol sentuh di bawah layar sama sekali tidak bercahaya. Jadi, pengguna idealnya hafal susunan tombol di sisi muka ponsel.

Kesimpulan singkat versi penulis, Liquid Z4 merupakan pilihan menarik untuk konsumen yang mencari ponsel Android dual SIM berharga jual kurang dari Rp 1 juta. Daripada membeli ponsel merek lokal buatan Tiongkok yang seringkali memberikan bonus uji keberuntungan dan latihan pengendalian emosi tho. Setuju?

***

Paket penjualan terdiri atas ponsel, baterai lithium polymer 1.630 mAh, kepala charger 1 A, kabel micro USB, dan handsfree berkabel.

***

Beberapa contoh foto yang dihasilkan Liquid Z4.

Liquid Z4-3

Liquid Z4-4

Liquid Z4-5

Liquid Z4-6

Liquid Z4-7

Liquid Z4-8

Liquid Z4-9

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Android Sensor Box.

Liquid Z4-11

Liquid Z4-10

101 thoughts to “Review Acer Liquid Z4: Kalahkan A316i dan Galaxy Y Neo”

  1. pilihan dg budget yg menarik, build quality-nya bagus nggak Ko? layanan purna jualnya bagaimana? di Oke Shop ada nggak ya? trims …

    1. Pak Surya Pramono,

      Built quality untuk ponsel seharga itu tergolong bagus.

      Terkait layanan purna jual, kebetulan ponsel Acer yang saya coba belum pernah bermasalah. Pusat perbaikan resmi ponsel Acer digabungkan dengan laptop dan PC.

      Di Oke Shop seharusnya tak ada. Sebab, Oke Shop adalah milik grup Trikomsel, sedangkan distributor resmi ponsel Acer adalah Erafone yang merupakan pesaing beratnya. Silakan mencarinya di Erafone atau toko-toko ponsel biasa di pusat penjualan ponsel.

    1. Pak Marundruri,

      Kebetulan saya belum pernah mencoba L40. Sekadar info, harga ritel resmi L40 Rp 300 ribu lebih mahal daripada Liquid Z4.

  2. Pak Herry, saya sangat butuh konsultasi atas masalah dari hp saya, kemana saya bisa kirim e-mail? Terimakasih

    1. Pak Adam,

      Silakan saja berkonsultasi. Jalurnya ada dua, lewat blog ini dan Twitter @herrysw. Silakan pilih yang mana.

      Saya tidak melayani konsultasi via email, apalagi SMS dan telepon.

  3. Pak Herry SW, Saya mau bertanya untuk ponsel yang paling unggul saat ini dengan anggaran dibawah 3.5 juta kira kira apa ya pak ? Terimakasih

  4. Pak saya ingin tanya, saya pengguna galaxy s3 mini, sekarang2 hp saya sering reboot sendiri saat digunakan dalam kondisi di charge. Sebelumnya saya pernah install firmware yang tidak ori dari samsungnya. Tapi sekarang saya sudah kembalikan ke firmware asli dari samsungnya, tapi masih sering reboot sendiri. Bahkan saya sudah coba flashing sampai 3 firmware, tapi semuanya hasilnya sama. Ada solusi atas permasalahan dr hp saya pak? Apa non-official firmware / rom itu dianjurkan? Terimakasih pak sebelumnya

    1. Pak Adam,

      Saran saya, mending dibawa ke pusat perbaikan resmi deh. Biarkan petugas di sana melakukan pengecekan tuntas.

      Saat memakai ponsel Android, saya tak pernah melakukan root atau custom ROM. Pakai yang tidak ofisial, asalkan cocok, mestinya tidak masalah.

  5. review nya sangat menarik (selalu menarik sih….)

    pas banget lagi nyari hp dibawah satu jutaan….

    1. Pak Dinno,

      Ya mending Acer Liquid Z4. Harga lebih murah, barang lebih menarik.

      Samsung Galaxy Star Plus memiliki satu kekurangan yang, menurut saya, untuk ukuran saat ini tak bisa ditoleransi. Ia hanya mendukung layanan 2G. Belum bisa 3G. Prosesor dan kameranya juga di bawah Liquid Z4.

  6. Wah kalo review dari ko herry ini positif, bisa2 harganya Z4 dipasaran naik :)))

    Btw, dibawah lensa kamera ada bunderan itu buat apa ya? Apa kayak punya LG G2? mungkin saya terselip bacanya..

    1. Pak @halloarie,

      Oh, tombol itu namanya AcerRAPID. Fungsinya untuk mengakses kamera dan aplikasi lain dengan lebih cepat.

  7. Pak Herry,

    ada photonya box LG G3 nih. Apakah ini artinya LG G3 sudah masuk dalam list to be reviewed-nya Pak Herry?
    *semoga iya

  8. Pak Herry SW, ini Liquid Z4 pakai Mini atau Micro SIM card?

    Dengan RAM 512MB bagaimana kinerjanya jika diinstal beberapa aplikasi chat (BBM, WhatsApp, GTalk/Hangout, Yahoo Messenger, Telegram) dan beberapa akun email?

    Apakah akan ada upgrade ke Kitkat dari Acer?

    1. Pak Teguh,

      Menggunakan micro SIM. Hal itu sudah saya sebutkan di naskah review lho.

      Saya biasanya memakai untuk dua akun email dan WhatsApp. Kalau seluruh aplikasi yang Anda sebutkan dijalankan bersamaan, saya yakin akan lemot. Idealnya Anda harus mencari ponsel yang memiliki RAM minimal 2 GB.

      Tentang upgrade ke KitKat, saya tak tahu pasti apakah kelak akan ada.

  9. terimakasih pak hery , reviewnya acer liquid z4 sangat membantu saya yang sebelumnya ragu akan ponsel ini.
    sukses buat pak hary .

    1. Pak Imam,

      Hery atau Hary nih? Kebetulan nama saya sih Herry. πŸ™‚

      Selamat menikmati Liquid Z4.

  10. Pak Herry,

    Acer Liquid Z4 ini dibandingkan LG Optimus L1 overall mending mana ya pak? di laza*a harga lebih murah LG Optimus L1.

    Untuk Hp android diharga <= 1,5jt yg bagus untuk kebutuhan socmed/game2 ringan/multimedia player ringan? sempat melirik asus zenfone4, tapi di bagian lain saya baca pak Herry bilang kurang bagus penjualannya. Ada opsi selain asus zenfone 4 pak?

    1. Pak Wisnu,

      Optimus L1 yang Anda maksud L1 II kan? Lebih bagus Liquid Z4 daripada L1 II.

      Terkait Android dengan harga maksimal Rp 1,5 juta, setuju, lupakan Zenfone 4. Di kisaran harga itu, Anda bisa melirik Sony Xperia E1 single SIM. Harga barunya sekitar Rp 1,475 juta. Tambahkan anggaran Rp 100 ribu kalau ingin membawa pulang Xperia E1 dual SIM.

    1. Pak Ciptadi,

      Buat saya sih Zenfone 4 tidak layak beli. Ini alasannya:
      http://ponselmu.com/sehari-bersama-asus-zenfone-4/
      http://ponselmu.com/2-5-plus-minus-zenfone-4/
      http://ponselmu.com/asus-zenfone-4-bonus-geripis/
      http://ponselmu.com/review-asus-zenfone-4-murah-gegas-dan-merepotkan/

      Asus Indonesia untuk sementara juga saya masukkan dalam daftar hitam. Sebab, mereka terbukti sukses jadi PHP (Pemberi Harapan Palsu) kelas berat. Mereka sekaligus membuktikan dirinya kalau tidak becus dalam berjualan. Nah, kalau jualan yang mendatangkan duit saja nggak beres, apalagi bila kelak menangani klaim garansi dari pembeli.

  11. Terimakasih pak Herry, untuk Sony Experia E1 ini sayangnya minus kamera depan dan ramnya masih 512mb, kalau harus menambah budget sdikit untuk dapat front cam+ram 1gb, ada opsi?

    Sedikit OOT berbagi pengalaman mengenai Asus Indonesia, sekitar 6 minggu yg lalu saya terlanjur “terjebak” membeli netbook hybrid asus transformer T100TA, baru dipakai 2minggu saya baru sadar kalau saya dapat produk cacat, touchscreennya ada yg tidak normal di sekitar 3 inch dibawah layar, dan langsung saya bawa ke service center resmi asus di STC Senayan, namun sampai saat ini sudah hampir 4minggu nginep disana belum beres juga, dan juga ketika saya tanya mengenai RMA/penggantian barang mereka menyatakan tidak bisa, padahal gadget saya baru dipakai 2minggu dg harga yg tidak murah.

    1. Pak Wisnu,

      Benar, Xperia E1 tanpa kamera depan. RAM-nya juga 512 MB. Btw, spesifikasi tersebut sama dengan Acer Liquid Z4.

      Kalau mau menambah anggaran dengan harapan bisa dapat RAM 1 GB dan kamera depan, ada LG L70 sih. Harga pasar barunya Rp 2 juta lebih sedikit. Tak sampai Rp 2,1 juta.

      Tentang layanan di pusat perbaikan resmi Asus, terima kasih atas ceritanya. Ternyata parah juga ya.

  12. Hari rabu tgl 9.7.2014 harga acer z4 di wtc surabaya kisaran 825rb-950rb, kalo yg 950rb ”dapat” bonus powerbank. Dikomparasi dengan LG L3 dual menurut pak herry bagus yg mana? Apa perbedaan chip set yg menggunakan kode MTK 65xx dengan MTK 75xx, apakah juga mempengaruhi kinerja suatu gawai?. Ketika tanya gawai acer rata rata tiap gerai terkesan kurang antusias untuk beri info gawai tsb dan pengunjung terkesan selalu di arahkan ke gawai Oppo dan nokia x. πŸ™‚

    1. Pak Sandi,

      Kemarin saya juga di WTC. Saya ada di sana mulai pukul 11.00 sampai 14.15.

      Harga Rp 825 ribu kemarin saya temukan di Apollo, tetapi hanya ada warna putih. Di G Shop saya lihat ada warna hitam dan putih, tetapi harganya Rp 900 ribu.

      Boleh tahu Rp 950 ribu yang dapat power bank itu penawaran di toko mana? Power bank-nya yang berapa mAh?

      LG L3 dual yang dimaksud adalah LG Optimus L3 dual atau LG L3 II dual, Pak? Kalau yang pertama, menurut saya, lebih bagus Acer Liquid Z4. Kalau yang kedua, saya belum pernah coba.

      Soal perbedaan kode, mudahnya itu membedakan nomor seri chipset. Ya, bisa berpengaruh terhadap kinerja, tetapi kita tak bisa hanya berpatokan pada jenis chipset yang dipakai. Komponen lain maupun optimasi firmware turut berpengaruh.

      He.. he.. tidak heran kalau penjual cenderung mengarahkan konsumen ke Oppo dan Nokia X. Pengin tahu alasannya? Keuntungan menjual ponsel Oppo itu besar banget. Nilainya jauh lebih besar dibandingkan menjual ponsel merek lain. Intensif yang akan diterima promotor (SPG/SPB) Oppo juga di atas rata-rata. Karena itu, kadang mereka menghalalkan segala cara dalam berjualan.

      Soal Nokia X, stok macet di toko ada banyak. Jadi, mereka berusaha “membuang” stok.

  13. Oala..begitu ya pak..makanya gencar sekali konsumen diarahkan ke oppo dan nokia x, untuk yang bonus powerbank pada pembelian acer z4 tokonya di sebelah gerai sony mobile maaf nama toko saya tdk memperhatikan patokan kalo masuk dari samping parkiran delta (pintu wtc sebelah selatan) belok kanan sedikit sdh tampak tokonya pak..

  14. Halo…Pak Hery, mau tanya nich siapa tahu bisa kasih solusi he..he…saya udah Beli Acer Z4 sekitar 2 minggu yang lalu, hanya dipake internetan aja sama main game untuk anak, ada sedikit masalah nich pada saat anak saya main game terus menerus kadang sampai bosan sekitar 2 – 3 jam. Pernah sekali waktu HP tersebut setelah dipakai anak main game atau nonton film, tidak bisa dinyalakan lagi meskipun sudah menekan tombol bagian atas HP, saya sempat bingung harus diapain nich….akhirnya saya buka penutup belakang dan di lepas baterainya beberapa detik, kemudian saya pasang lagi…ternyata HP bisa hidup normal lagi. Kejadian seperti ini sudah 5x, itupun kalau dipakai oleh anak saya, kalau dipakai oleh saya untuk internetan sampai sekitar 2 jam tidak pernah ada masalah seperti disebutkan diatas, kenapa yach bisa terjadi seperti itu, apa karena anak saya mencet HPnya terlalu keras atau ada kesalahan lain seperti dari devicenya ?? terima kasih

    1. Pak Slamet,

      Terus terang saya juga bingung dengan kasus tersebut.

      Kalau dibilang ponsel dipencet terlalu keras, mestinya tidak. Sebab, sudah sempat dipakai tanpa henti hingga tidak jam.
      Kalau dibilang ada kesalahan dari device/ponsel, mestinya juga tidak. Buktinya, ponsel baik-baik saja saat Anda pakai.

      Cuma terpikir satu hal yang belum tentu benar. Saat dipakai oleh anak Anda apakah bodi ponsel sampai terasa panas (bukan cuma hangat)?

  15. Pak Herry…apa masalah yang saya alami itu masuk kedalam kategory anomali yang Pak Herry alami saat menggunakan Zenfone 4 yang sampai dilepas baterainya karena ga bisa dihidupkan lagi sehabis nelpon ? oh ya pada saat anak saya memberikan HP Z4 yang tidak bisa dihidupkan tersebut menurut saya tidak dalam keadaan panas tetapi cuma hangat biasa…apa saya masukkan ke Service Centre Acer saja gitu, bagaimana layanan Servicenya memuaskan kah??

    Yach…namanya juga buatan manusia, pasti aja ada cacatnya he…he…Terima kasih atas jawabannya Pak Herry….Website yang membantu menurut saya

    1. Pak Slamet,

      Menurut saya, kasus ini bukan anomali. Sebab, sangat random dan kebetulan sekali hanya terjadi saat dipakai pengguna tertentu. Anda bisa saja membawanya ke pusat perbaikan resmi Acer. Namun, karena kejadiannya sangat acak, petugas di sana mungkin juga kesulitan menemukan penyebab pastinya. Tak ada salahnya dicoba sih, Pak.

      Bagaimana kinerja pusat perbaikan resmi ponsel Acer? Kebetulan saya belum pernah mengalaminya sendiri. Cerita dari teman yang pernah sih cukup bagus.

  16. Selamat siang pak Heri, saya mau minta pendapat nya, saya saat ini menggunakan lumia 520, rencana mau saya jual lalu ganti dengan yang mempunyai harga sesuai harga jual l520, salah satu nya yaitu acer z4, yang saya mau tanya kan kalau untuk pemakaian normal (sosmed,chat app, game kecil2) apakah acer z4 ini mengalami gejala lag? Apakah kalau untuk membuka aplikasi ataupun browsing bisa smooth gerakannya? Bagaimana kalau dibandingkan dengan l520? Dan yg terakhir, saran bapak selain acer z4, hp apa yang harga nya selevel dengan ini? Terima kasih pak

    1. Pak Zuli,

      Saya pernah memakai Liquid Z4 untuk Facebook, Twitter, dan WhatsApp. Ponsel tidak nge-lag. Saya tak tahu bagaimana kinerja ponsel bila dipakai ber-BBM atau Line.

      Game kecil-kecil bisa berjalan dengan baik. Saya malahan pernah iseng menginstalasikan game Asphalt yang ukuran filenya lebih dari 1 GB. Sesuai dugaan, hasilnya nge-lag. Gerakan mobil patah-patah. Yang di luar dugaan, nge-lag-nya ternyata tidak separah yang saya sangka.

      Membuka aplikasi dan browsing smooth kok. Namun, bila diadu dengan 520, saya optimis lebih smooth Lumia 520. Di kisaran harga yang setara, menurut saya, Liquid Z4 adalah pilihan terbaik.

  17. Begini pak hary, ini patokan saya lumia 520 ya, kira kira hp apa yang kinerja nya bisa seperti l520 dalam hal menjalankan aplikasi (tingkat kemulusan), saya pengen ganti android tapi takut nya setelah instal beberapa aplikasi malah jadi nge lag, sejauh ini yang kurang dari l520 menurut saya hanya jumlah aplikasi nya saja yang masih terbatas. Setelah saya baca tulisan bapak tadi untuk harga di bawah satu juta, saya bisa simpulkan belum bisa setara dengan hp saya sekarang (bener ga pak?) CMIIW. Itu dilihat dari segi kemulusan menjalan kan aplikasi, nah rekomendasi android yang bisa seperti maksud saya tadi kira kira apa ya pak? Untuk budget sekitar 1-2,5 juta. Terima kasih pak hary

    1. Pak Zuli,

      Kita coba nantikan jawaban dari Pak Hary dulu ya…. Saya, Herry, juga ingin mengetahui jawabannya.

    1. Pak Josef H,

      Boleh tahu anggaran tepatnya maksimal berapa? Sebab, Rp 1,999 juta pun masih tergolong Rp 1 jutaan.

  18. Siang pak Herry, saya salah satu pengguna acer z4, harus saya bilang kalau performa gadget ini melebihi harganya yg murah, semua game HD yg saya coba di z4 ini berjalan lancar, kadang ada lag sih, tapi tidak mengganggu kenyamanan nge-game πŸ™‚

  19. Game2 HD yg sudah saya coba diantaranya N.O.V.A 3, Asphalt 8, Modern Combat 4 Pak, Itu size diatas 1,5gb semua pak, apalagi MC4 1,9gban.. game bukan HD yg lumayan berat GTA San andreas saya coba juga jalan di gadget saya ini πŸ™‚

    1. Pak Muhammad Chandra Wicaksana,

      Terima kasih atas responsnya. Yang pernah saya coba Asphalt 7 (ukuran file 1,4 GB). Memang terasa kurang smooth, tetapi terus terang di luar dugaan. Saya awalnya menyangka gerakan mobil di Asphalt 7 bakal terpatah-patah parah saat dijalankan di Liquid Z4. Namun, realitanya tidak seburuk itu.

  20. dg reverensi dr ko Herry dan akhirnya sudah trbeli Acer Liquid Z4, harga naik sy dpt 1.120 + antigores. Sangat puas dg hrga sgtu dpat kinerja yg bagus, kamera n musik GOOD. tinggal memaksimalkan saja, mungkin ada saran spya lbih meringankan knerja RAM n Baterai..
    trimakasih Ko Herry, πŸ˜€

    1. Pak Dimas,

      Waks… lha kok mahal banget. Dulu harga ritel Liquid Z4 Rp 899 ribu, lalu naik menjadi Rp 999 ribu. Dengan asumsi harga screen protector dianggap Rp 20 ribu, berarti Anda telah membayar Rp 100 ribu di atas harga resmi.

      Tak ada saran khusus sih. Gunakan ponsel itu sepuas-puasnya. Kalau memang ingin menghemat RAM, ya tutuplah aplikasi yang tidak digunakan. Untuk menghemat baterai, atur tingkat pencahayaan layar ke posisi terendah serta padamkan Wi-Fi, bluetooth, maupun GPS. Kalau perlu akses internet dinonaktifkan juga. Namun, jadinya kan serasa memakai ponsel berfitur ala kadarnya dong.

  21. p.Herry
    katanya Acer liquid z4 itu speaker nya buruk
    saat mendengarkan lagu suara nya kecil dan apabila menarima panggilan masuk suara nya tidak terdengar suaranya karna, speakernya tidak bagu
    ‘ pak herry lebih memilih dualcore 1.3 ghz dg RAM 512 atau quadqore 1ghz dg RAM 512?
    T.E.R.I.M.A.K.A.S.I.H πŸ˜€

    1. Pak Wida Ganteng,

      Menurut saya, speaker Liquid Z4 baik-baik saja deh. Memang tidak sebagus, sebut saja, speaker Boom Sound-nya HTC One. Namun, harga Liquid Z4 kan jauh lebih murah daripada HTC One.

      Pilih dual core 1,3 GHz – RAM 512 MB atau quad core 1 GHz – RAM 512 MB? Saya harus coba dulu dua ponsel itu. Kalau pun harus laksana membeli kucing dalam karung, saya minimal harus mengetahui merek dan harga masing-masing ponsel.

  22. Sama-sama Pak Herry πŸ™‚ saya juga sudah coba asphalt 7, entah kenapa apshalt 8 berjalan lebih smooth dari yg 7 hehe.. saya belli ponsel ini krna membaca review Pak Herry, sejauh ini performanya memuaskan, niatnya cuma untuk penggunaan sekedarnya aja, eh ternyata bisa nghandle games juga :D, makasi Pak Herry, reviewnya membantu sekali

    1. Pak Chandra,

      Oh, ternyata sempat coba Asphalt 7 juga dan hasilnya lebih smooth Asphalt 8 ya. Terima kasih kembali.

  23. [ASK] Pak Herry,

    Sy sudah muter” brencana beli hp Acer Z4/ Lenovo A316i. Ada pertanyaan mendasar,
    “Kenapa hp saat ini dijual dlm bntuk Box Tidak Tersegel, bahkan ada hp yg ditaruh diluar lalu dibungkus plastik perekat ? hmpir beberapa merek sy lihat bgtu”

    krna alasan ini sy blum bli hpnya. apakah itu wajar, trimakasih

    1. Pak Agung,

      Ada ponsel yang dijual dalam kondisi kardus tersegel, entah memakai stiker segel/hologram atau dibungkus ketat dengan plastik (istilahnya plastic wrap). Namun, ada pula yang dijual dalam kondisi tanpa segel, dengan alasan supaya calon pembeli bisa melihat wujudnya dulu sebelum membeli. Tersegel atau tidak, saran saya, belilah di toko yang tepercaya.

      Mengapa ada ponsel yang ditaruh luar, lalu dibungkus plastik? Biasanya yang begitu adalah display unit. Sengaja dikeluarkan supaya calon pembeli bisa melihat bentuk nyata ponsel.

      Wajarkah tidak membeli ponsel dalam kondisi kardus tidak tersegel? Kalau kardus asli ponsel itu seharusnya tersegel, masih bisa dikategorikan wajar.

  24. Help,
    Pak Herry 2 minggu lalu sy bli hp ini. Bbrapa hri lalu audio hp sy brmasalah, maslahnya Suara saat Pakai Headset tidak jernih n pecah bhkan buat skit tlinga ,sperti rdio kurang signal. Kira” ap yg brmslah ya… Apakah Headsetnya ? Setingan musik asli blum diubah. Trimkasih Pak..

    1. Pak Hanif,

      Coba lakukan perubahan volume pada berbagai tingkat suara. Apakah masih pecah? Kalau masih pecah, patut dicurigai bahwa handsfree berkabel bawaan kebetulan bermasalah.

      Coba pula pasangkan handsfree berkabel ponsel lain atau earphone lain ke ponsel itu. Apakah masih pecah? Bila handsfree atau earphone lain ternyata berfungsi dengan baik, berarti handfree bawaan yang Anda dapatkan kebetulan tidak sempurna.

  25. Pak Herry, minta rekomendasinya dong pak 3 pilihan terbaik untuk Smartphone dibawah 2 juta (selain blackberry)?

    Terima kasih.

    1. Pak Pipu,

      Boleh coba melirik (saya urutkan berdasarkan harga): Acer Liquid Z4 (Rp 950 ribu), Sony Xperia E1 dual (Rp 1,475 juta), dan LG L70 (Rp 1,95 juta). Harga yang saya sebutkan adalah harga pasar terkini.

      Tiga ponsel itu pernah saya review dan bisa Anda baca di Ponselmu.com. Tinggal ketikkan tipe ponselnya di baris pencarian di kanan atas halaman (bila Anda memakai laptop/PC) atau di bagian bawah halaman (bila Anda memakai ponsel).

  26. Pak Herry, di plaza marina dan WTC, toko apa yang masih punya stok Acer Liquid Z4? rencananya mau beli hp ini..

    1. Pak Erfan,

      Kalau di Plasa Marina saya kurang tahu. Kalau di WTC, sampai kemarin siang di Apollo lantai 2 dan G-Shop lantai 1 saya lihat masih ada stok.

  27. Sudah saya pinang liquid Z4-nya, pak Herry..950 rb plus bonus powerbank 3000 mah..di apollo dan g-shop stok sdh habis, dapatnya di sentra lt.2 WTC..mantap untuk harga dibawah 1 juta nih pak Herry..

  28. Barusan tadi sore saya beli Z4 di G-Shop, Harga 995rb, warna putih dgn tanpa bonus apapun.

    sebetulnya masih ada 4 Toko di lantai satu yg ready, dgn kisaran harga 950rb-1,025rb
    hanya sayangnya mereka semua cuma punya stok hitam.

    Kalo minat warna hitam bisa datang ke AMARIS lt.1 WTC (standnya persis di sebelah kiri pintu masuk barat).
    atau ke sentra HP DELTA PLAZA lt.2 juga masih ada satu toko yg jual 950rb, hanya saya lupa nama tokonya πŸ™‚

  29. Salam kenal Pak Herry. Saya ingin membeli handphone android dengan budget 1 jutaan. pilihan saya antara acer liquid z4 ini dengan sony xperia e c1505. Menurut bapak sebaiknya yang mana yang saya pilih di antara kedua ponsel tersebut?

    1. Pak Kristianto,

      Salam kenal juga. Rp 1 jutaan yang Anda maksud itu maksimal berapa ya? Sebab, Rp 1,999 juta pun masih termasuk Rp 1 jutaan.

      Bila harus memilih Liquid Z4 atau Xperia E, saya lebih memilih Liquid Z4.

  30. Iya soalnya di lazada sedang ada diskon xperia c1505 jadi 950 ribuan. Saya jadi bingung memilih antara acer z4 atau sony c1505 karena harganya tidak terpaut jauh. Tapi saya agak ragu memilih acer pak terkait masalah keawetan barang dan layanan purnajual

    1. Pak Kristianto,

      Soal layanan purna jual, kalau yang dimaksud adalah kinerja service center, saat ini Acer lebih bagus daripada Sony.

      Kalau soal keawetan ponsel Acer, untuk pemakaian jangka panjang banget, saya tidak mengetahuinya. Sebab, saya sering berganti ponsel. Namun, saya yakin lebih bagus daripada laptopnya. Engsel laptop Acer saya sudah bermasalah saat baru dipakai beberapa bulan.

  31. Siang Pak Herry, katanya Acer Z4 ini didistribusi oleh dua distributor. Garansi Acer Indonesia dan satunya lagi garansi TAM. Nah kalau harus memilih pilih yang mana Pak? Juga kalau boleh beserta alasannya. Makasih.

    1. Bu Linda,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Seluruh ponsel Acer Liquid Z4 yang resmi beredar di sini bergaransi Acer Indonesia kok. Tak perlu bingung.

  32. Pak apa efeknya jika Smartphone tidak dilengkapi dengan sensor magnetk/E Compass saat digunakan sebagai aplikasi navigasi macam Sygic,Here Map,Navitel dll??

    Terimakasih

    1. Pak Budz,

      Saya biasanya cuma pakai Google Maps. Kalau tak ada kompas ya tidak bisa menunjukkan arah mata angin.

  33. Selamat siang, pak Herry…
    Saya pemakai Acer Liquid Z4 sejak Agustus 2014, sampai detik ini tidak ada error yang mengganggu bagi saya selama menggunakan gadget yang saya beli dengan harga 825.000 rupiah ini. Apalagi kualitas kamera, dijajarkan dengan smartphone berharga sama bahkan diatasnya, saya lihat masih kalah jauh. Namun sayangnya hanya ada primary camera, jadi yang mau selfie-selfie agak kerepotan, walaupun smartphone ini dibekali acer rapid, hehe…
    Rencananya dalam waktu dekat, saya ingin berganti gadget dengan RAM yang lebih besar, jika saya memiliki budget sekitar 1,5 jutaan. Ada saran smartphone yang bagus gak pak? Saya tipe orang yang gak memandang merk, namun kualitas.
    Terima kasih, pak Herry

  34. Terima kasih pak,
    Saya juga sudah kepikiran sama 2 barang itu, hehe…
    Jadi lebih mantab untuk membeli diantara keduanya. Btw, saya ini perempuan pak.
    Terima kasih

  35. Pa Herry
    kamera z4 saya hsl fotonya blur, kira2 knapa?
    kalo sya bwa ke service center kira2 biayanya berapa?
    terima kasih

    1. Pak Ihfan,

      Coba bersihkan kaca lensa kamera tersebut memakai kain halus dulu. Siapa tahu kotor.

      Bila setelah dibersihkan hasil jepretan kamera tetap kabur, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Acer. Saya tak mengetahui estimasi biayanya.

  36. emang pak, lumayanlah, sesuai dengan harganya
    tapi sayang termasuk langka ni barang.saya beli bulan april harga 865rb itu juga tinggal 1 di simpanglima semarang. udah puter2 banyak toko.nyari jely casenya juga puyeng, ampe modifikasi punya oppo.sejauh ini ga ada masalah sih paling, cuman suaranya kurang mantap & cenderung cempreng

    1. Pak/Bu Julfa,

      Suara seharusnya tidak sampai cempreng.

      Jelly case kalau cari di toko online mestinya masih bisa dapat.

  37. Selamat malam Pak Herry,
    Acer Liquid Z4 saya saat di charging biasanya kalau bateray penuh lampu notifikasinya berwarna biru. Tapi kemarin saat bateray penuh 100% lampu notifikasi berwarna hijau. Dan daya tahan bateray mulai menurun. Apakah sudah waktunya ganti? Tapi saya cek di *#*#4634#*#* status bateray masih baik. Bagaimana ini menurut Pak Herry

    1. Pak Kurniawan,

      Soal lampu, saya sudah lupa lampu di Liquid Z4 bagaimana.

      Daya tahan baterai menurun dari berapa jam menjadi berapa jam? Jumlah aplikasi dan perilaku pemakaian apakah relatif sama dengan sebelumnya?

      Saya malahan baru tahu kalau kondisi baterai bisa dicek dengan kombinasi tombol tersebut.

  38. Pemakaian relatif sama Pak. Klo dulu bisa tembus 16 jam, sekarang sekitar 10 jam.
    Akhirnya saya siaati di jaringan 2G biar awet.

  39. Pak Herry,mau bertanya lagi..lebih bagus mana kualitas acer liquid z4 dengan nexian/evercoss android one?
    Atas jawabannya,trima kasih.

    1. Pak Tris,

      Kalau Anda peduli dengan layanan purna jual dan hasil kamera, silakan ambil Liquid Z4. Namun, saat ini mestinya sudah tak tersedia lagi di pasar.

      Kalau lebih menomorsatukan responsivitas ponsel, Nexian Journey 1 lebih cocok Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *