Review Acer Liquid Z410: Mengisi Celah Antara Zap 5 dan Redmi 2

Tidak perlu modal ekstrabesar untuk merasakan layanan 4G LTE. Sebab, tak lama setelah tiga besar operator GSM menggelar layanan komersial LTE, produsen ponsel seolah beradu cepat menawarkan ponsel LTE murah. Salah satunya, Acer yang menyodorkan Liquid Z410.

Liquid Z410 kompatibel dengan layanan LTE di frekuensi 900 maupun 1.800 MHz. Jadi, pengguna ponsel yang dijual Rp 1.349.000 itu leluasa memilih ingin merasakan LTE operator mana. Telkomsel boleh, XL atau Indosat juga oke.

Liquid Z410-1

Dua nomor GSM, keduanya memakai kartu micro SIM, dapat siaga bersamaan di Liquid Z410. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang diizinkan masuk ke jaringan 3G dan 4G LTE. Sayang, di menu bawaan tidak tersedia pilihan untuk mengunci ponsel di jaringan tertentu. Pengguna hanya dapat memilih maksimal berada di jaringan LTE atau cukup 3G. Selanjutnya ponsel akan otomatis berpindah dari satu jaringan ke jaringan lain, sesuai kondisi jaringan operator di lokasi pemakaian.

Kala ponsel siaga, tetapi layar padam dan sedang terkunci, pengguna tak usah menekan tombol power untuk mengaktifkan layar. Pengguna cukup menarik satu garis lurus dari atas layar ke bawah. Sapuan jari yang membentuk huruf I tersebut akan menyalakan layar sekaligus membuka penguncinya.

Kemampuan seperti itu oleh Acer dinamakan Quick Touch. Kalau sapuan jari membentuk huruf Z, pemutar musik bakal aktif. Goresan jari huruf V akan menampilkan menu telepon. Bisakah mengakses kamera dengan sapuan jari semacam itu? Bisa! Tuliskan huruf C di layar.

Ketika serius bekerja menggunakan laptop atau PC, pengguna mungkin sempat membayangkan asyiknya mengendalikan ponsel tanpa menyentuhnya. Dengan demikian, pengguna cukup berfokus menatap layar laptop/PC. Tenang… hal itu bisa diwujudkan via Liquid Z410 kok. Jalankan saja Acer Extend. Tampilan layar ponsel akan ditampilkan utuh di layar laptop/PC. Koneksi antara ponsel dan laptop/PC menggunakan kabel data atau Wi-Fi.

Liquid Z410-23

Ingin tampilan antarmuka (user interface) ponsel lebih sederhana? Gampang. Aktifkan Quick Mode. Tersedia beragam pilihan tampilan yang dapat dikustomisasi secara mendalam. Pengguna yang berencana membekali orang tuanya dengan Liquid Z410 pantas sekali mencoba Quick Mode.

Liquid Z410-24

Liquid Z410-25

Liquid Z410-26

Spesifikasi lain Liquid Z410, di antaranya, layar IPS 4,5 inci beresolusi 960 x 540 piksel, prosesor 64-bit empat inti (quad core) MediaTek MT6732M 1,3 GHz, RAM 1 GB, ROM 8 GB, dan selot microSD. Memori internal digabungkan dalam satu partisi yang diberi nama phone storage. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, memori internal itu masih menyisakan ruang kosong sebanyak 4,52 GB.

Ponsel berdimensi fisik 136 x 66,7 x 9,9 milimeter dan berat 145 gram tersebut juga dibekali Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan radio FM. Sumber dayanya berasal dari baterai lithium polymer 2.000 mAh yang mudah dilepas pasang. Asalkan tidak difungsikan sebagai modem eksternal, baterai itu mampu bertahan 12-14 jam. Selama rentang waktu tersebut, penulis memakainya untuk telepon, SMS, email, WhatsApp, dan sesekali browsing.

Liquid Z410-2

Dua kamera dibenamkan ke Liquid Z410. Kamera di bagian belakang ponsel dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tersedia aneka mode ekstra, antara lain, HDR, multi angle view, dan dual shot.

Sementara itu, kamera di sisi depan ponsel siap memproduksi foto beresolusi dua megapiksel dan klip video full HD 1080p. Meskipun kamera depan itu tanpa lampu kilat, pengguna bisa mendapatkan sedikit tambahan cahaya saat melakukan selfie. Caranya, saat berada di menu kamera depan, pilihlah mode surround light. Layar ponsel yang menampilkan wajah pengguna akan mengecil. Ruang kosong di sekelilingnya lalu memancarkan cahaya putih terang yang agak membantu menyinari wajah pengguna.

Liquid Z410-13

Penilaian akhir penulis setelah menguji pakai Liquid Z410, sebagai ponsel LTE murah meriah ia cukup memuaskan. Fitur LTE-nya terbukti dapat bekerja dengan baik. Layar sentuhnya pun relatif responsif.

Ya, harus diakui kalau ponsel Android 4.4.4 KitKat itu sesekali terasa tersendat. Kameranya juga belum layak disebut bagus. Namun, dengan memperhatikan spesifikasi dan harga jualnya, kondisi tersebut masih agak bisa dimaklumi.

Menurut penulis, volume suara earpiece yang kurang lantang merupakan sisi minus utama Liquid Z410. Earpiece adalah speaker yang berada di atas layar ponsel dan rutin didekatkan ke telinga saat ponsel dipakai bertelepon. Karena suara yang dikeluarkan earpiece Liquid Z410 kurang keras, kala bertelepon di lokasi yang gaduh, penulis kadang kesulitan menangkap ucapan lawan bicara.

Bila diperhatikan, sekarang Liquid Z410 mengisi celah antara Polytron Zap 5 dan Xiaomi Redmi 2. Zap 5 yang dulu dijual Rp 1.099.000 sejak beberapa waktu lalu mengalami penyesuaian harga menjadi Rp 1.299.000. Kenaikan harga tersebut dibarengi sedikit perubahan spesifikasi. Salah satunya, penggantian komponen layar. Sementara itu, Redmi 2 yang harga perdananya Rp 1.599.000 kini justru turun harga menjadi Rp 1.499.000.

Lebih baik pilih yang mana? Panduan dari penulis sangat sederhana. Langkah pertama, coretlah Zap 5. Pasalnya, hanya dengan menambah Rp 50 ribu, Anda akan mendapatkan Liquid Z410. Statusnya merek global, kinerjanya pun lebih bagus.

Kalau Polytron bergaransi setahun, Acer bergaransi tiga tahun. Setahun pertama pengguna dibebaskan dari biaya jasa perbaikan maupun ongkos penggantian suku cadang. Sedangkan dua tahun berikutnya, pengguna tak perlu membayar biaya jasa perbaikan.

Langkah kedua, hitunglah ketersediaan dana. Kalau Anda bisa menambah anggaran menjadi total Rp 1,499 juta, belilah Redmi 2. Spesifikasi dan performa keseluruhan Redmi 2 mengungguli Liquid Z410. Namun, kalau anggaran Anda mentok di Rp 1,349 juta, silakan membawa pulang satu unit Liquid Z410.

Liquid Z410-18

Liquid Z410-19

***

Inilah foto-foto yang dijepret memakai Liquid Z410.

Liquid Z410-3

Liquid Z410-4

Liquid Z410-5

Liquid Z410-6

Liquid Z410-7

Liquid Z410-8

Liquid Z410-9

Mencoba fitur dual shot. Kamera depan dan kamera belakang digunakan bersamaan.

Liquid Z410-10

Liquid Z410-11

Satu foto selfie berikut ini dijepret menggunakan kamera depan.

Liquid Z410-12

Seperti telah disebutkan di atas, kamera depan Liquid Z410 memiliki mode surround light. Layar ponsel akan menyala terang untuk memberikan tambahan pencahaan kala pengguna melakukan selfie. Seberapa signifikan bedanya?

Ketika surround light belum diaktifkan, beginilah hasil fotonya.

Liquid Z410-14

Sekarang mode surround light diaktifkan.

Liquid Z410-15

Surround light nonaktif.

Liquid Z410-16

Surround light aktif.

Liquid Z410-17

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Liquid Z410-20

Liquid Z410-21

Liquid Z410-22

115 thoughts to “Review Acer Liquid Z410: Mengisi Celah Antara Zap 5 dan Redmi 2”

  1. Tanya om

    Apakah acer extender hanya bekerja di laptop acer?
    Apakah bisa di laptop MacBook pro?

    Mohon infonya

    Thanks

    1. Pak Felix,

      Acer Extend tidak harus dipadukan dengan laptop Acer. Saya pernah gunakan di laptop HP bisa berfungsi dengan baik kok. Oh ya, laptopnya kebetulan pakai sistem operasi Windows. Saya tak tahu bisa dijalankan di Mac OS atau tidak.

  2. Om herry, reviewnya yg ini sangat saya nantikan. Berhubung saya sudah beli hape ini ada beberapa hal yg mau saya tanyakan hehe

    1. Baterai saya lebih sering kuat selama 10 jam (menyisakan 15%) dan langsung saya charger. Pemakaiannya pada saat 10 jam itu cukup sering membuka banyak sosmed dan searching. Dengan kemampuan selama 10 jam itu apa bisa dibilang normal baterai saya?

    2. Soal kamera, apa memang kamera acer ini kalau di low light banyak seperti bercak merah yah ?(kebetulan saya gak tau itu namanya apa hehe)

    3. Saya kadang merasakan panas yg sedikit agak menganggu di sekitar kamera. Itu kenapa yah? Panasnya handphone ini apakah lebih panas dari zenfone? (Kebetulan saya bukan pemakai zenfone)

    Tapi overall saya cukup puas dengan kinerja hape ini untuk sosial media dan searching dan kebetulan sih saya bukan penyuka game hehe.
    Terima kasih πŸ™‚

    1. Pak Agus Fadlilah,

      1. Kalau membaca paparan Anda, hal itu tergolong wajar. Mengacu kepada pengalaman pribadi, membuka banyak media sosial itu mengonsumsi lumayan banyak RAM dan daya baterai.

      2. Mengacu kepada pengalaman pribadi, di layar kadang terlihat ada bercak merah (titik-titik kemerahan yang lumayan banyak). Namun, ketika hasil foto dipindahkan ke laptop, ternyata bercah merah itu menghilang atau minimal berkurang banyak.

      3. Kira-kira ada area seukuran lingkaran kecil ya? Sesekali saya mengalaminya kalau ponsel saya gunakan lama dan agak berat. Berarti, ponsel usai bekerja keras. Itu panasnya tidak sepanas Zenfone 4 deh.

  3. Pak HSW,

    Minta saran dong smartphone yg cocok buat orang tua kalau bisa dengan baterai yg tahan lama, budget max 2.5jt

    1. Pak Marundruri,

      Kalau ngejar baterai tahan lama, ada Lenovo P70. Harga pasaran barunya sedikit lebih tinggi daripada Rp 2,5 juta. Anda perlu menambah anggaran sekitar Rp 100 ribu.

      Namun, biasanya nih, pemakaian orang tua tidak terlalu intensif. Karena itu, kapasitas baterai ponsel yang digunakan tak perlu terlalu besar. Bila orang tua Anda termasuk kategori tersebut, saran saya, silakan mempertimbangkan Acer Liquid Jade. Harga barunya saat ini Rp 1,999 juta. Ponsel itu dilengkapi Quick Mode yang memungkinkan tampilan menu ponsel dibuat sangat sederhana.

  4. Terimakasih atas reviewnya pak herry, saya juga pemakai acer z410 dapat dari pre order, waktu itu harganya hanya 1,2 jt tidak sampai 1,35 jt seperti sekarang dan memang benar disekitaran kamera belakang terkadang agak panas dan juga untuk hasil kameranya tidak terlalu bagus.

    Untuk keluaran suara dari earpiecenya dan juga speaker bawahnya memang benar volumenya cenderung pelan tapi bisa diakali memakai mtk engineering ( download di playstore ) caranya, mtk engineering–mtk setting–hardware testing–audio, disitu ada menu normal mode,headset mode,loudspeaker mode, masuk dan ubah nilai max vol nya menjadi 156-158 dari max 160 sedangkan untuk nilai value nya tidak usah diubah. Lumayan ada peningkatan volumenya menjadi agak besar

  5. Om herry, Apakah smartphone Acer liquid Z410 direkomendasikan buat saya yg hanya hobi selfie, sosmed dan searching saja? Terimakasih.

    1. Pak Priyo,

      Acer Extend adalah aplikasi bawaan di beberapa ponsel Acer. Saya tak ingat satu per satu. Yang saya ingat: Liquid Z410, Liquid Z500, dan Liquid Jade. Di E700 tak ada.

    1. Pak Elvinpras,

      Acer Extend itu aplikasi bawaan. Barusan saya lihat di Play Store ada Acer Extend. Silakan coba mengaksesnya via E700. Kalau bisa diunduh, coba unduh dan instalasikan. Siapa tahu bisa jalan.

  6. Bung Herry,saya jadi ragu-ragu beli produk Acer setelah di bikin pusing Acer Z500 saya. Acer Z500 saya sering hang atau gagal booting dengan sendirinya (baru beli 5 bulan). Sudah 2 kali gagal booting dan harus selalu di bawa ke service center dan semua data atau aplikasi selalu hilang kalau sudah di tangani di service center (walaupun sudah di back up tapi capek juga kalau sering gagal booting) . Kata petugas service center kasus ini sudah biasa. Di tambah lagi,kalau Hp setelah on atau di hidupkan,aplikasi-aplikasi tidak bisa di gunakan langsung tapi harus di restart dulu baru bisa dijalankan. Mungkin Bung herry ada solusi tentang Hp saya ini. Trim’s.

    1. Pak Tri Firmansyah,

      Menurut saya, hal yang Anda alami tidak layak dikatakan “… kasus ini sudah biasa.”

      Menurut saya, sebaiknya Anda berharap ponsel sekali lagi gagal booting. Nah, ketika Anda kemudian membawanya ke pusat perbaikan resmi Acer, langsung ajukan permintaan ganti mesin atau ganti unit lain dengan dalih kasus sama sudah terjadi tiga kali.

  7. Pak HSW,

    Kebetulan ini orang tua pria pak dan beliau boleh dibilang sangat aktif di media sosial Facebook.

  8. Menurut saran Koh Herry, HP apa yang sinyalnya kuat suara jernih. Internet cepaf. baterai tidak boros. Tidak mudah panas. Harga dibawah 2 juts

    1. Pak Gondo,

      Wah, kalau mau serbasempurna seperti itu, sulit deh. Yang mendekati ya Xiaomi Redmi 2 dan Acer Liquid Jade.

  9. Iya om herry, sekitar kamera agak sedikit panas. Pernah coba main beberapa game di hape ini lumayan lancar hehe. Oh iya om, apakah dengan mengaktifkan fitur quick mode dapat mengurangi ketahanan baterai? Saya coba aktifkan kok perasaan saya agak sedikit boros yah

    1. Pak Agus Fadlilah,

      Aktivasi quick mode seharusnya takkan berpengaruh terhadap konsumsi baterai. Baterai tidak menjadi lebih boros maupun lebih hemat.

    1. Pak Agus Fadlilah,

      Oh quick touch. Kalau quick touch kemungkinan akan berpengaruh terhadap konsumsi baterai, meskipun perbedaannya tidak signifikan.

    1. Pak Pete,

      Dua tipe ponsel yang terakhir Anda sebutkan belum pernah saya coba. Saya sih cenderung menyarankan orang untuk tidak membeli ponsel dan tablet merek Asus. Untuk Lenovo, seri A biasanya kurang nendang.

  10. Apa ada rencana Pak Herry akan mengulas Lenovo a7000? Saya tertarik dengan a7000, karena dengan harga 2 juta RAM nya 2 GB dan bisa OTG. Sayang penjualan lewat Lazada. Apa Pak Herry punya rekomendasi selain a7000 dengan harga dan fitur yang sama? Terima kasih.

    1. Pak Amaris,

      Tak ada rencana. Sama, penjualan A7000 yang eksklusif lewat Lazada sungguh patut disesalkan.

      Ehmm… bagaimana kalau Acer Liquid Jade dan Xiaomi Redmi 2? Spesifikasi dan kemampuannya memang tidak sama persis dengan A7000. Namun, dua ponsel itu sama-sama tergolong layak beli.

  11. Pak Herry
    Mau tanya oot dari acer ini .
    Ada rekomendasi untuk HP android CDMA ? klu bisa cdma ruim jangan inject .
    karena di pasaran sangat jarang android cdma , yang saya tahu hanya HTC desire 816 yang masih beredar dan harganya cukup mahal 4 jt an
    Terima kasih

    1. Pak Bambang Eko,

      Iya, ponsel Android CDMA kini sangat terbatas. Yang bisa saya sarankan, ya paling silakan mencermati deretan ponsel Smartfren Andromax. Carilah yang kira-kira sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

  12. Antutunya di atas rata2 ponsel sekelas… tapi apa penggunaan sehari2 bener2 smooth pak? Smooth mana sama Redmi 2? πŸ™‚

  13. wah..berarti review mi4i tiggal menghitung hari ya pak?he
    lagi demen merk “xiaomi” nih pak..servis centernya top (nunggu 2 jam dpt ganti baru).
    jade dan redmi 2 ud pgang nih pak,overall dua2nya mantap apa lagi kameranya dngn harga sgitu..siap ngorbanin satu nih buat mi4i klo bagus..he
    semoga cepet ya reviewnya…he he
    mkasih pak herry

  14. Saya sudah membeli ponsel Acer Z410, dan entah kenapa umur sebulan lagi-lagi saya terkena sial setelah dulu juga sial di Acer Z4 mati total.

    Dalam aplikasi CPU-Z, prosesor saya cuma terdeteksi 3 core yang jalan, dan saat charging kadang bisa kadang tidak dengan keterangan suhu baterai terlalu rendah. Dibawalah Z410 saya ke ACSC, dan seperti biasa pelayanannya bagus, replace mesin 3 hari selesai.

    Disini terkadang saya menjadi bingung, menilik kualitas pelayanan ACSC yang bagus jelas menjadi pertimbangan saya. Tetapi dengan pengalaman saya 2X ponsel Acer saya “modar” mesinnya dalaam 1 bulan dan mesti ganti mesin, terkadang hati ini menjadi bimbang untuk meminang ponsel Acer dikemudian hari.

    Oya, buat yang Z500 gagal booting, seharusnya replace mesin karena Z4 saya juga begitu dan replace mesin.

    Buat yang bertanya tentang Acer Extend apakah bisa diinstal manual, jawabannya BISA.
    Caranya, instal aplikasi Acer Extend yang versi lama, dengan demikian aplikasi tidak mendeteksi ponsel yang dipakai Acer tipe apa.

    Link Acer Extend versi lama sudah diupload disini, silahkan diinstal dan dijalankan. Tested di Acer Z200, Z205 milik saya yang tanpa Acer Extend bawaan.

    http://www.mediafire.com/download/u10081qfvf09xgu/AcerEXTEND.apk

    1. Pak Daru Kartiko N,

      Waduh, dua kali berturut-turut ponsel Acer mati total dalam sebulan ya. Namun, belum mengalahkan rekor saya saat memakai Mito sih. Tiga kali berturut-turut ponsel bermasalah dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam. πŸ™‚

      Soal Acer Extend, terima kasih atas informasinya. Kalau Acer Extend yang saat ini ada di Play Store bisa mengenali tipe ponsel ya?

      1. Pak Herry,

        Iya, entah kenapa saya sial saat memakai Acer, padahal saya sangat suka dengan ponsel Acer karena price / spec sangat bagus dikelas low end untuk brand global.
        Dari 5 ponsel Acer yang pernah saya miliki (Z3, Z4, Z200, Z205, Z410), Z4 dan Z410 bermasalah dalam waktu dekat, belum lagi punya saudara saya Z4 yang berusia 10 bulan juga tiba2 mati total. Tetapi untung ACSC layanannya sangat baik entah itu di kota saya Semarang maupun ditempat saudara saya di kota Madiun, replace mesin tidak sampai 5 hari kerja.

        Acer Extend yang terbaru mengenali tipe ponsel Koh, saya sudah coba Acer Extend yang sudah diupdate untuk diinstal di Z200/Z205 ternyata gagal install, kemudian untuk Z200/Z205 di Play Store tidak muncul aplikasi Acer Extend walaupun sudah saya search.
        Kesimpulan, Acer Extend yang terbaru tidak support untuk Z205, tetapi jika kita menginstall lewat apk yang lama masih bisa, kemungkinan apk yang lama dibuild untuk ponsel Acer secara keseluruhan sedangkan yang terbaru sudah dibuild untuk Acer tipe tertentu.

  15. Om hery, z410 saya baru dapet update-an. Setelah saya update ada sedikit perubahan pada tingkat panas disekitar kamera. Panasnya perasaan saya sedikit berkurang (tidak seperti awal) dan batere juga perasaan saya lebih hemat jika dibandingkan sebelum di update. Entah ini perasaan saya saja atau memang juga dialami oleh pengguna lainnya πŸ˜€

    1. Bu Narumi,

      Coba tekan tombol Shift di bagian kiri. Tombol di kanan bawah seharusnya akan berubah jadi Enter.

  16. Selamat pagi Om Herry,

    Apa kabarnya Om..?
    Semoga baik-baik selalu ya Om.

    Mau nanya Om, kalau Z410 dengan dual SIM dipasangi SIM:
    1. XL
    2. Bolt

    Apakah bisa kombinasinya seperti diatas Om?
    Kalau bisa, saya mau cobain pindah SIM Bolt ke Z410.. πŸ™‚

    Terima kasih ya Om atas pencerahannya.

    Salam,
    Arie Jp.

    1. Pak Arie JP,

      Karena di Surabaya tak ada Bolt, saya tak pernah mencobanya. Di atas kertas sih tidak bisa.

      1. Ok Om Herry,
        Terima kasih tanggapannya Om..

        Kalau boleh tahu, yang menyebabkan tidak bisa dipasangi Bolt apa ya Om?
        Bedanya dengan HP 4G yang Bolt jual dengan Z410 dimana jadinya ya Om?

        *penasaran

  17. salam kenal Pa Herry,
    sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas info-infonya yang begitu bermanfaat bagi saya.
    saya mau minta pendapat bapak, saya ingin membeli hp antara samsung J1, Xiomi Redmi 2, dan LG…. sedangkan budget saya hanya 1,5 -1,7 jt. Yang membuat saya bingung adalah:
    1. kalau samsung J1, banyak sekali keluhan-keluhan yang diposting bahwa samsung yg ini sering kali aplikasi bbm dllnya sering hilang begitu saja.
    2. kalau Xiomi, itu kan merupakan ponsel dari China ya?, hp saya yang sudah-sudah yang berasal dari China cepet rusak.
    3. kalau LG saya bingung tipe apa soalnya kurang tau juga? dengan budget segitu.

    dari ketiga merek hp tersebut, intinya saya ingin memiliki hp android yg nyaman untuk sosmed, kameranya dan mesinnya lumayan bagus.

    terima kasih sebelumnya. mohon solusinya ya pa…

    1. Bu Erna Vidiastuti,

      1. Silakan mencoret J1. Samsung yang bukan seri Galaxy S dan Note biasanya nggak menarik. Di pasar sih tetap laris gara-gara merek Samsung terkenal.

      2. Xiaomi (bukan Xiomi) memang dari Tiongkok. Namun, barangnya bagus kok. Tidak semua ponsel Tiongkok jelek lho. Xiaomi dan Vivo adalah contoh ponsel Tiongkok yang oke.

      3. Ada LG Leon, tapi saya tak pernah coba.

      Saran saya, silakan membeli Redmi 2. Pastikan beli yang bergaransi resmi ya. Silakan baca ini http://ponselmu.com/ciri-ciri-xiaomi-redmi-2-bergaransi-resmi/

  18. mau tanya

    budget sekitar 1jt an, tapi gak sampai 1,4jt. untuk hp yg sudah lte, kamera bagus, suara atau speaker bagus apa aja pilihannya?
    smartfren masuk juga gak apa apa
    kalo tidak salah smartfren juga baru saja keluarkan yg type lte, kapan ada rencana reviewnya?
    terima kasih banyak

    1. Bu Lola,

      Dengan anggaran dan kriteria seperti itu, jawaban saya: tidak ada pilihan sama sekali.

      Review Smartfren Andromax Qi akan muncul setelah Lebaran.

    1. Bu Lola,

      Kalau yang memenuhi kriteria Anda, ada Sony Xperia Z3 Compact dan LG G4. Harga Xperia Z3 Compact sekitar Rp 6,5 juta, sedangkan G4 Rp 8 jutaan.

  19. Wow. Saya berniat membeli Acer Jade dan saya baru tau kalau garansinya 3 tahun. Tapi saya masih ga terlalu mengerti. Maksudnya biaya perbaikan dan ongkos penggantian suku cadang apa ya pak herry sw?

    1. Pak Agus,

      Jadi begini:
      * Tahun pertama: Anda tak perlu mengeluarkan uang sama sekali bila ponsel Anda rusak. Seandainya ada suku cadang yang perlu diganti, Anda juga tidak usah membayar. Syaratnya hanya satu: kerusakan terjadi bukan karena kesalahan pemakaian. Misalnya, ponsel terjatuh sampai layarnya pecah dan ponsel mati total karena tercebur ke bak mandi.

      * Tahun kedua dan ketiga: yang digratiskan hanya jasa servisnya. Normalnya jasa servis itu membayar hampir Rp 100 ribu. Saya lupa tepatnya Rp 88 ribu, Rp 98 ribu, atau Rp 99 ribu. Bila diperlukan penggantian suku cadang, Anda harus membayar harga komponen tersebut.

  20. Pak herry

    1.apakah pak herry puas dengan kinerja handphone acer z410 ?
    2. hp 1 jutaan yg bapak recomended selain acer liquid Z410 apa aja pak? Dan
    3. kenapa pak herry tidak pernah menyarankan produk bermerk asus? Alasannya? , makasih pak

    1. Pak Rama,

      1. Dengan memperhatikan harga jualnya yang Rp 1,3 jutaan, saya puas. Namun, kalau ada anggaran Rp 150 ribu lebih banyak, lebih baik ambil Xiaomi Redmi 2.

      2. Rp 1 jutaannya sampai berapa nih? Sebab, Rp 1,999 juta pun masih termasuk Rp 1 jutaan.

      3. He.. he.. saya sampai bosan menjawab pertanyaan ini. Intinya, mulai dari pengaturan harga, kontrol kualitas, sampai layanan purna jual yang buruk.

  21. Slm sjhtra pk harry..sblmmy ada yg mau sy tnya nich,kira2 batre lenovo p770 bisa di pasang gk ya buat acer z410…apkh output input tegangan btre nya sama yg di miliki ke dua gtget trsb.trmks sblmny…

  22. pak herry, mana yg lbh baik antara liquid z410 dan lumia 535, dalam hal kamera dan multimedianya trutama musik.

  23. Maksud bapak gpsnya acer liquid Z410 mengunci lokasinya dengan akurat ? , oh iya pak oot mediatek mt6732m sama mediatek mt6595 bagusan mana pak ? Dalam hal kinerja dan mengunci lokasi ? , kendala yg bapak herry temui apa saja di acer liquid Z410 ? , kalo xiaomi redmi 2 kendala yg bapak temui apa saja ?,, makasih pak

  24. Gpsnya cepet gak pak dalam lock lokasinya ? , pernah ada masalah dengan gpsnya acer liquid Z410 pak ? Menurut saya gps itu penting

  25. Gps Polytron zap 5 bgs tdk pak? apakah setelah instal mavrick gps bisa di on kan dan bisa buat nagging?

  26. Jika tdk melihat merek,apakah performa liquid z410 lbh mantap dari zap 5?Dan apakah hp 4g d bwh 1,5jt yg lbh bgs hanya liquid z410 dan zap 5?

    1. Pak Merdian Adicahya,

      Ya, Liquid Z410 lebih mantap daripada Zap 5.

      Kalau patokannya harga di bawah Rp 1,5 juta, ada tipe lain yang lebih bagus. Yaitu, Xiaomi Redmi 2. Harga barunya Rp 1,499 juta alias Rp 1,5 juta kurang seribu rupiah.

  27. Klu dari chipset zap 5 qualcomm dan z410 mediatek,lbh cenderung qualcomm yg mantap,tp klu praktek z410 yg mantap blh ambil z410.Terima kasih infonya.

  28. Pak herry maaf oot

    fungsi dari aperture f apa sih ? , ada yg bilang kalo aperture f nya besar berarti kamera akan bagus dan aperture f nya kecil kameranya kurang bagus , benar kah ???

    Menurut bapak vendor apa saja yg bagus dari spesifikasi , tidak overprice dan pelayanan service centrenya bagus ? , makasih pak

    1. Pak Rama,

      f untuk untuk menunjukkan besar kecilnya bukaan lensa. Semakin besar angkanya, bukaan lensa justru semakin kecil. Demikian sebaliknya. Misalnya, lensa kamera dengan f/3,5 memiliki bukaan lensa lebih kecil daripada lensa kamera dengan f/1,8.

      Semakin kecil bukaan lensa, semakin sedikit cahaya yang dapat masuk. Sedangkan semakin besar bukaan lensa, semakin banyak cahaya yang dapat masuk. Apa manfaatnya?
      * Dengan asumsi pemotretan dilakukan dengan kecepatan yang sama, cahaya yang dapat dilewatkan oleh lensa dengan bukaan besar akan lebih banyak. Umpama pengguna melakukan pemotretan di tempat yang remang-remang, hasil fotonya akan lebih terang daripada bila memakai lensa dengan bukaan kecil.
      * Lensa dengan bukaan besar memiliki ruang tajam lebih sempit. Jadi, peluang menghasilkan foto yang bokeh (kabur yang artistik) akan menjadi lebih besar.

      Kamera dengan f besar tidak selalu bagus, demikian sebaliknya. Namun, dengan spesifikasi lain yang setara, memang lebih asyik kalau memiliki ponsel berkamera dengan bukaan lensa besar.

      Spesifikasi bagus, tidak overprice, dan pelayanan service center bagus? Kalau mengacu kepada kriteria terakhir, saat ini baru ada tiga merek ponsel yang layanan pusat perbaikan resminya bagus. Saya urutkan mulai dari yang terbaik ya. Yaitu, LG, Samsung, dan Acer. Spesifikasi ketiganya relatif bagus. Kalau kemudian unsur tidak overprice dimasukkan, berarti Samsung akan dicoret duluan.

      Alternatif lain adalah spesifikasi bagus, tidak overprice, dan pusat perbaikan resminya lumayan (belum bagus). Dengan kriteria seperti itu, pilihan terbaik adalah melirik Xiaomi.

  29. Permisi om HSW

    Service center u/ acer handphone di kediri di mana y?

    Mungkin om HSW dpt info resmi dr acer

    Maturnuhun

  30. Maap om skalian

    Kalo dg budget 600-900

    Kira2 tipe acer yg mana y yg rekomended?

    Kebutuhannya
    1. Internet max 3G
    2. Layar min 4 inch
    3. Lumayan gegas
    4. Kamera standar aja
    5. Batre removable biar bisa ganti kalo rusak

    Makasih bnyak om

  31. Mas mo nanyak ,acer liquid e700 bisa di gunakan untuk memutar music via hadshet bloototh gk…?

    TrimakasihTrimakasih πŸ™‚

  32. Saya pakai acer liquid z220..baru beberapa hari sudah error sinyalnya,muncul hilang,sudah saya reset factory ganti nhp, sama konternya di ganti dengan hp baru yg sama tetapi tetap error… gmana klu gitu om?

    1. Pak Sigit WN,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Ok. Intinya sinyal timbul tenggelam ya. Apakah Anda sudah coba menggantinya dengan kartu SIM operator lain?

  33. Pak, saya mau tanya. Apakah Performa Acer Liquid Z410
    untuk menjalankan game HD sudah cukup bagus, karena saya berencana membeli hp ini untuk mengganti Hp lama saya HP 7 VoiceTab Bali

    1. Pak Andreas,

      Kebetulan saya bukan gamer. Menurut saya, kalau Anda memang rutin bermain game HD, lebih baik mencari minimal ponsel kelas menengah.

  34. Pak HSW,

    Mau tanya bagaimana ya cara add clock widget di home screen Acer Z410? Saya baru pertama kali pakai smartphone Acer, clock di home screen ngga sengaja kehapus.
    Mohon pencerahannya.
    Thanks.

    1. Bu Josephine,

      Saya sudah agak lupa dengan struktur menu Liquid Z410. Saat berada di home screen, cobalah menyentuh area kosong di layar. Tahan beberapa detik. Apakah di bagian bawah muncul pilihan widget? Kalau iya, tekan itu kemudian carilah widget yang Anda inginkan.

  35. om mau nyanya hp acer liquid X1 masuk indonesia kpn ya ? kok om herry skrng gk prnah reviuw hp acer terbaru ya pa acer tdk produksi hp lg?

    1. Pak Tyo,

      Liquid X1 kan sudah lama beredar resmi di Indonesia, Pak.

      Terakhir saya me-review Liquid Z320. Setelah ponsel itu memang belum ada tipe baru lagi yang beredar resmi. Minggu ini mestinya Liquid Z330 mulai didistribusikan ke pasar.

  36. tpi kok susah carinya ya ” apa masih ada dipasaran hp acer liquid X1?kok om herry gk mereviuwnya hp strbt?

    1. Pak Tyo,

      Masih ada kok. Beberapa hari lalu saya melihatnya di Erafone Jakarta. Saya tidak me-review-nya karena memang tak pernah mengujipakai ponsel itu.

  37. saya tertarik dan berencana beli hp tsbut om herry tlong reviuw hp acer Liquid X1 saya ingin tahu layak beli atau tdk dan harga skrng brapa y…maaf bnyak brtanya mksh atas jwb’annya….

    1. Pak Tyo,

      He… he… lha gimana saya bisa review kalau belum pernah mencobanya.

      Minggu lalu di pameran Erafone di Jakarta saya lihat harganya Rp 2.299.000.

  38. Pak nanya dong,
    untuk pemakaian sehari2, lebih baik ACER Liquid Z330 LTE atau ACER Liquid Z410 LTE,
    makasih banyak sebelumnya..

    1. Pak Aris,

      Tahun ini baru ada satu ponsel Acer yang beredar resmi di sini. Yaitu, Liquid Z330. Saya belum pernah mencobanya. Dilihat dari harga jual dan posisi ponsel itu yang melanjutkan Z320, saya menduga keras ponsel itu belum dibekali sensor giroskop.

      Tipe lama yang boleh diduga (tapi belum pernah saya cek sendiri) dibekali sensor giroskop adalah Acer Liquid X1.

  39. Pak Hery
    Saya sudah memakai HP Acer z 410 hampir 2 tahun, dan keadaan tampilan masih bagus terus, dan baru-baru ini tampilan layar pada gambar di sosmed, SMS, No kontak tlpn, dan pengaturan pada pindah ke posisi kanan semua,, seharusnya kan d posisi kiri.
    Terus saya mau nanya, cara mengembalikan ke posisi semula itu bagaimana??,, masalahnya saya sudah mencoba lewat pengaturan tapi gak bisa.
    Mohon di kasih solusinya,,,,, Terima kasih.

  40. Sudah saya coba tapi gak bisa pak,, gak cuma sosmed, No kontak telepon, bahkan semua aplikasi gambar kontaknya pindah ke kanan,, tapi untuk data2nya sih gak ngaruh,, apakah harus ke setelan pabrik atau bagaimana,, kalau di atur ke setelan pabrik data2nya pasti hilang kan pak ?,,,
    Terima kasih,,,,

    1. Pak Khoirul Umam,

      Solusi terakhir ya melakukan factory data reset alias kembali ke setelan pabrik. Data di memori internal tentu hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *