Review Advan Hammer R3: Feature Phone si Raja Tablet

Advan adalah salah satu penguasa tablet Android di negeri ini. Angka penjualannya bukan bersaing dengan sesama merek lokal buatan Tiongkok, melainkan beradu banyak dengan Samsung. Kini perusahaan yang berkantor pusat di Semarang itu juga menawarkan ponsel berfitur standar alias feature phone.

Hammer R3 menjadi ponsel pertama non-Android yang dipasarkan Advan. Ia tersedia dalam beberapa varian warna. Di antaranya, hitam, putih kombinasi hijau, putih-emas, dan putih biru. Karena terlihat paling bukan pasaran, penulis memilih menguji pakai R3 warna putih-hijau.

Hammer R3-1

Tampilan fisiknya cukup cantik. Sisi mukanya terlihat mewah. Sama sekali tak mengesankan kalau harga jual Hammer R3 hanya sekitar Rp 280 ribu. Ukuran keypad-nya relatif besar sehingga pengguna berjempol besar seperti penulis masih dapat menekannya dengan nyaman. Meskipun terbuat dari plastik, sebagian penutup baterai ponsel itu seolah berbahan baku logam.

Beragam hal menarik dapat ditemukan di ponsel dual on GSM-GSM itu. Hammer R3 dapat menyaring panggilan telepon maupun SMS masuk. Telepon dan SMS masuk dari nomor yang termasuk dalam daftar hitam (black list) takkan sampai mengusik pengguna. Panggilan telepon masuk otomatis ditolak dan tercatat di rejected calls, sedangkan SMS masuk langsung dienyahkan dari ponsel.

Selama dipakai bertelepon, di layar ponsel akan muncul pilihan record. Dengan demikian, seandainya ingin merekam pembicaraan, pengguna bisa melakukannya secara cepat.

Hammer R3-2

Ponsel dengan konektor charger micro USB itu juga dibekali televisi analog dan radio FM. Kapan pun ingin menikmati siaran televisi atau radio, pengguna tinggal mengulur antena yang terdapat di bagian bawah ponsel. Penerimaan siaran relatif bagus. Asyiknya, kalau mau, pengguna bisa merekam tayangan televisi atau siaran radio tersebut.

Lampu senter yang kurang terang, GPRS, MMS, bluetooth, dan buku telepon berkapasitas 500 nama multiple entry merupakan sebagian spesifikasi lain Hammer R3. Ada pula kamera tanpa fokus otomatis dan lampu kilat yang sanggup memproduksi foto 1,3 megapiksel dan klip video 352 x 288 piksel. Kapasitas memori internal yang leluasa dimanfaatkan pengguna sebesar 1,2 MB. Kurang besar? Selipkan kartu microSD.

Sumber daya Hammer R3 berasal dari baterai lithium ion 850 mAh. Penulis menduga keras baterai Nokia BL-4C dapat digunakan di ponsel itu. Alasannya, posisi konektor dan lekukan baterai bawaan ponsel tersebut sama dengan baterai Nokia BL-5C yang penulis miliki. Sayang, baterai BL-5C gagal penulis pasangkan karena terlalu tebal. Nah, baterai BL-4C yang lebih tipis daripada BL-5C mestinya bisa diselipkan.

***

Paket penjualan berisi ponsel, baterai lithium ion 850 mAh, handsfree berkabel, kabel micro USB, dan kepala charger 500 mA.

***

Inilah contoh foto yang dihasilkan Hammer R3:

Hammer R3-3

Hammer R3-4

Hammer R3-5

36 thoughts to “Review Advan Hammer R3: Feature Phone si Raja Tablet”

  1. Ini yg di berita detik.com hari ini ya, kabarnya mau diproduksi di pabrik Advan yg sedang/rencana dibangun di Indonesia saat ini, di Semarang. Produksi mulai akhir taun ini.

    Untuk feature phone Advan kalau tidak salah baca bakal ada 5 tipe taun ini. Akhirnya mereka tidak jadi produsen komputer lagi, malah smartphone dan sekarang telpon biasa.

    Lagi cari hp untuk ortu nih, butuh tombol dan font besar agar bisa membantu beliau. Maklum dah umur 60-an juga. Kepikiran coba Nokia 206 kayaknya sesuai…

    1. Pak Liat2aja,

      Oh, ada beritanya ya?

      Ya, kalau butuh tombol dan tampilan huruf besar, Nokia 206 memang layak dipilih.

  2. Pingin tahun merek serta tipe yang masih beredar yang punya kemampuan merekam pembicaraan telpon, selain tipe hp diatas, terutama yang branded dan bagus kualitasnya, Dulu pernah punya merk Philips tipenya lupa sayang memori kecil Dan nggak bisa tambah memori thks

  3. Om Herry.. emangnya LG A230 bisa merekam pembicaraan telpon?
    Saya butuh sekali sih fitur itu, tapi yang bukan aplikasi dari pihak ke tiga, dan hasil rekaman itu yang bisa di copy file nya, hp apa yah Om Herry? Tks

    1. Pak Jefry W,SH,

      Bisa. Saat sedang bertelepon, di kanan bawah layar ada pilihan record. Pengguna tinggal menekan softkey kanan untuk memulai merekam. Hasil rekaman bisa di-copy.

  4. P Herry, gimana kalo HP advan hammer ini dibandingkan dengan LG A275 dan nokia 206 dual? Karena yg akan menggunakan HP ini adalah orang tua. Trims

  5. Kemarin sore meluncur ke WTC mau beli LG A230 , masuk dari toko ke toko, katanya sudah ga produksi, jadi selalu di sodorin LG A275..
    Wahh sudah ga ada barang barunya yah Om?
    Ada rekomendasi lain ga Om?
    Yang bisa record telp tapi yang bukan aplikasi dari pihak ke tiga, dan hasil rekaman itu yang bisa di copy file nya
    Karena tuntutan pekerjaan sehingga butuh fitur tersebut.
    Tkss Om Herry

  6. Dibandingkan dgn hammer r7 atau r7a Pilih yg mana Pak? Krn harga Hanya selisih 20 ribu rupiah di kota saya.. R7 harga 300 ribu.. Fitur yg saya ingin kan adanya blok panggilan/ sms.. Trimakasih Pak.. Sebelumnya..

  7. Ada di detikcom lagi beritanya hari ini.

    Intinya kembali ke jaman awal hp Indonesia rasa China eh Tiongkok lagi, dual on, TV tuner dsb. Apa User Interface nya sama dengan hp jadul bung HSW?

    Kedua ternyata Hammer akan jadi nama line up feature phone Advan, jadi ibarat Samsung pakai merk dagang Galaxy bukan Samsung Galaxy. Dan katanya sudah terdaftar jadi ga bentrok dengan Hammer baju.

    1. Bu Lisa,

      Bila tidak saya sebutkan, berarti mini SIM alias berukuran sama dengan mayoritas ponsel yang saat ini beredar di pasar.

  8. permisi pak, saya mau tanya, cara menghapus no dari black list gimana ya. soalnya temen saya punya hp advan hammer r3, nanya ke saya. tp sayanya gatau..
    terimakasih sebelumnya

    1. Pak Riza,

      Saya sudah tidak memakai Hammer R3 lagi dan tak ingat menu detailnya. Intinya masuk di dalam menu black list, lalu ada pilihan men-delete semua atau salah satu nomor.

  9. mau tanya gan, advan r3 type sms udah threaded view belum? atau masih seperti biasa? trims yang udah jawab

  10. Pak Herry, mo nanya neh.. Sy br bbrp hr yg lalu beli sodar kandungnya R3 yakni R7. R7 latarnya lebih besar (2.8). utk aplikasi TV analog memang benar bagus, juga radionya; cuma sepertinya tdk ada menu untuk merekam..Yg sy mau tanya, OS ato chipsetnya apa ya? Apa sama dng R3…? Sy bingung, krn instal bbrp aplikasi tp tdk bisa dikenali (java/jar). Makasih sebelumnya. salam.

  11. hammer r3 ini berarti pake java ya pak herry? kece juga, desainnya mirip2 sony ericsson versi java dulu 😀

  12. Pak herry mau tanya hp hammer tipe apa ya yang ada menu blacklist ya.. mohon rekomendasi klo ada hp lain yg bisa kita pilih , ada menu blokir seperti hp tidak aktif dengan memilih kontak tertentu. terima kasih.

    1. Pak Rendy Ahades DP,

      Maaf, tak tahu. Sudah lama banget saya tidak mencermati perkembangan ponsel seri Hammer. Sampai sekarang apakah masih ada yang baru?

  13. Pak herry saya mau tanya gmna setting getar buat advan hammer r3e? Soalnya saya cari2 kok gak nemu buat setting getarnya ya?

    1. Pak Lal,

      Sekitar seminggu lalu ada yang menanyakan hal serupa. Apakah itu Anda?

      Jawabannya, saya sudah tak ingat dengan menu di ponsel itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *