Review Alcatel onetouch Flash 2: Penyembuh Luka Flash Plus

Beberapa bulan lalu, penulis memberikan predikat “prestisius” kepada Alcatel onetouch Flash Plus. Yakni, ponsel pintar (smartphone) terburuk yang dicoba sejak awal 2015 sampai saat ini. Sisi minus Flash Plus yang tak bisa penulis toleransi, penerimaan sinyalnya tergolong lemah.

Apalah arti sebuah ponsel bila penggunanya sulit dihubungi, bukan? Hasrat penulis menguji pakai Flash Plus spontan sirna. Sehari setelah membelinya, penulis memutuskan menjual ponsel tersebut. Untunglah “penyakit” Flash Plus tidak menular ke Alcatel onetouch Flash 2 yang baru saja penulis uji pakai. Flash 2 sukses menjadi penyembuh luka.

Flash 2-1

Tampilan fisik Flash 2 mengingatkan penulis dengan dua ponsel. Sisi mukanya membuat penulis mengenang kembali Sony Ericsson Vivaz yang beredar lima tahun lalu. Sedangkan permukaan belakangnya yang mengadopsi tekstur sandstone sepintas menyerupai OnePlus One.

Terlepas dari kemiripan itu, desain Flash 2 pantas diapresiasi. Ponsel itu nyaman digenggam. Permukaan sandstone membuat ponsel tersebut tidak licin kala dipegang. Kalau Anda bingung membayangkan sandstone, imajinasikan saja selembar kertas amplas atau butiran pasir halus.

Konektor audio untuk menancapkan handsfree berkabel terletak di sisi atas ponsel. Sedangkan konektor micro USB ditempatkan di bagian bawah. Sementara itu, di samping kanan ponsel berderet tombol power, tombol volume, dan tombol fisik kamera.

Flash 2 dibekali layar IPS lima inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Di atas layar terdapat sebuah kamera yang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Penulis tidak salah ketik: kamera depan dengan fokus otomatis plus lampu kilat. Penggemar selfie mestinya langsung bersorak-sorai saat mengetahui hal tersebut.

Kamera depan Flash 2 sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal lima megapiksel. Bila difungsikan sebagai perekam video, ia mampu memproduksi klip video full HD 1080p. Mungkinkah selfie di tempat yang relatif gelap? Jawabannya, berbekal Flash 2 hal itu sangat mungkin dilakukan.

Flash 2-2

Beralih ke sisi belakang ponsel. Di bagian bawah terdapat speaker. Sedangkan di bagian atas ada kamera berlensa 24 milimeter dengan bukaan f/2,0. Kamera itu dipadukan dengan lampu kilat ganda. Foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p siap diproduksi oleh kamera yang tentu dilengkapi fokus otomatis tersebut.

Sepasang nomor GSM, keduanya menggunakan kartu micro SIM, dapat siaga bersamaan. Pengguna bebas memilih akan berinternet lewat SIM1 atau SIM2. Nomor yang dipilih pengguna dapat masuk ke jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE. Ingin mengatur supaya nomor selalu berada di jaringan 4G LTE? Bisa. Pengaturannya langsung via menu bawaan ponsel. Sementara itu, satu nomor lain yang siaga otomatis akan terkunci di jaringan 2G.

Flash 2-28

Merujuk kepada spesifikasi yang tertulis di situs Alcatel, Flash 2 kompatibel dengan FDD LTE: B1/B3/B7 dan TDD LTE: B40. Kalau diterjemahkan dan disesuaikan kondisi di tanah air, berarti ada dua frekuensi LTE yang cocok. Yaitu, 1800 dan 2300 MHz. Penulis yang sehari-hari berada di Surabaya sukses menikmati LTE Telkomsel, XL, dan Smartfren via Flash 2.

Flash 2-29

Spesifikasi lain Flash 2, di antaranya, prosesor 64-bit delapan inti (octa core) MediaTek MT6753 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD. Ketika ponsel usai di-factory reset, sisa memori internal mencapai 10,63 GB. Ponsel Android 5.1 Lollipop itu juga dilengkapi radio FM yang siarannya bisa direkam.

Untuk menyalakan dan memadamkan layar Flash 2, pengguna bisa menerapkan jurus ketuk-ketuk layar ala ponsel LG. Ketukkan jari dua kali untuk mengaktifkan layar. Usai beraktivitas dan ingin memadamkan layar, ketukkan jari dua kali lagi.

Karena saat ini pengguna ponsel pintar alias smartphone cenderung selalu terkoneksi dengan internet, daya tahan baterai menjadi hal krusial. Pengguna Flash 2 tak perlu lagi membawa power bank atau charger saat beraktivitas. Sebab, bagi kebanyakan pengguna, baterai ponsel itu mestinya sanggup bertahan sehari penuh.

Flash 2 dibekali baterai tanam berkapasitas 3.000 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai tersebut mampu memasok daya ke ponsel selama 24 jam. Mulai pukul 06.00 sampai pukul 06.00 keesokan harinya.

Pada rentang waktu tersebut, sekitar 14 jam di antaranya penulis aktif memakai ponsel untuk email, WhatsApp, bertelepon, memotret, dan sedikit browsing serta media sosial. Sedangkan pada sepuluh jam lainnya, termasuk saat penulis tidur malam, Flash 2 lebih banyak siaga. Namun, ponsel itu tetap selalu terhubung ke internet. Koneksi internetnya memanfaatkan layanan 3G dan 4G LTE operator seluler.

Enak digenggam, relatif gegas, dan tak membuat pengguna repot membawa power bank merupakan sederet sisi menarik Flash 2. Kinerja kameranya secara umum juga layak dikategorikan bagus. Ditambah dengan kemampuan LTE dan harga jual yang “hanya” Rp 1,999 juta, jadilah ia menjadi ponsel yang pantas dibeli.

Sisi minus ponsel yang mendukung USB On-The-Go (USB OTG) itu, menurut penulis, ada dua. Pertama, ketika dipakai menelepon, sesaat setelah menekan tombol call, ponsel lumayan sering kembali ke halaman phone dialer. Panggilan telepon keluar pun gagal tersambung. Pengguna harus mengulang tahapan menelepon lagi.

Flash 2-30

Kedua, kala digunakan memotret, suara jepretan (shutter sound) Flash 2 tergolong lantang. Solusi yang saat ini paling jitu buat pengguna, ubahlah profil ponsel ke silent setiap kali akan memotret.

Dua poin pengurang daya tarik tersebut di atas mestinya kelak dapat disembuhkan via update firmware. Spesifik ke shutter sound, umpama sengaja tak dibuat sunyi total demi melindungi privasi orang lain, semoga standar volumenya minimal dikurangi sekitar separuh.

Upsโ€ฆ nyaris lupa. Paket penjualan Flash 2 termasuk sebuah flip cover. Untuk memasangkan flip cover, pengguna wajib melepaskan bagian belakang ponsel. Penutup bertekstur sandstone tersebut kemudian digantikan flip cover berbahan kulit imitasi. Hasilnya, biarpun memakai flip cover, Flash 2 tetap terlihat relatif tipis.

Flash 2-3

Flash 2-4

Flash 2-5

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan Flash 2.

Flash 2-6

Flash 2-7

Flash 2-8

Flash 2-9

Flash 2-10

Flash 2-11

Flash 2-12

Flash 2-13

Flash 2-14

Flash 2-15

Flash 2-16

Flash 2-17

Flash 2-18

Sekarang mencoba lampu kilat kamera belakang Flash 2. Foto pertama dijepret tanpa lampu kilat, sedangkan foto berikutnya dengan lampu kilat aktif.

Flash 2-19

Flash 2-20

Kini menguji lampu kilat kamera depan. Ya, kamera depan Flash 2 dilengkapi lampu kilat.

Kalau lampu kilat padam, seperti ini hasilnya.

Flash 2-21

Lampu kilat diaktifkan.

Flash 2-22

Satu foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan. Tak perlu bantuan lampu kilat karena lokasi pemotretan terang.

Flash 2-23

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Flash 2-24

Flash 2-25

Flash 2-26

Flash 2-27

329 thoughts to “Review Alcatel onetouch Flash 2: Penyembuh Luka Flash Plus”

  1. Wow menarik juga di range 2jt an. Dari ponsel2 2015 yg ko Herry uji pakai, mana yg paling layak di harga 2-3jt ? Harus LTE dan dual sim, kamera juga harus lumayan. Trims

    1. Pak Victor,

      Kalau kamera boleh “hanya” lumayan, Infinix Zero 2 LTE layak dilirik. Kalau kamera bagus, mestinya Hisense Pureshot ya. Yang sudah saya coba sebenarnya Hisense Pureshot+. Nah, Pureshot itu cuma beda layar dan kapasitas baterai.

      1. Mi4i ga masuk koh?
        Dari segi kegegasan,kamera bagus pilihan terbaik apa koh?
        Infinix zero lte, acer jade, LG G2 mini, xiaomi mi4i,pureshot

        1. Pak Lekpujo,

          Tidak. Daya tarik Mi 4i di mata saya sudah dikalahkan Pureshot.

          Kalau kegegasan dan kamera jadi pertimbangan utama, ya berarti Pureshot.

          1. Iya sih koh, mi4i sudah layu, banyak minusnya meniurut saya,klo perkembangannya spt ini ke depannya,sayang klo mau beli hp mahal2 ๐Ÿ˜€

  2. Slamat sore Pak Herry..menurut bapak untuk kamera flash 2 ini layan tidak.lbih bagus kamera belakang flash 2 atau redmi 2 pak?trimakasih

    1. Pak Cahyo,

      Kamera Flash 2 pantas dikategorikan cukup bagus. Diadu dengan Redmi 2, kamera Flash 2 lebih unggul. Namun, kalau dikomparasikan dengan kamera belakang Redmi 2 Prime, menurut saya, Redmi 2 Prime menang tipis.

    1. Pak REC*303,

      Ingin tahu alasan saya membeli helm itu? Sebab, hanya tipe itu yang tersedia dalam ukuran besar dan mampu menampung kepala saya. ๐Ÿ™‚

    1. Pak Rama DS,

      Saya pribadi masih lebih suka Redmi 2 Prime dengan pertimbangan layarnya terasa lebih enak disentuh dan kamera belakang sedikit lebih bagus.

  3. Akhirnya di review juga sama Bang Herry.
    Kalau lihat dari reviewnya terbilang positif ya Bang dengan harga segitu.
    Saya kebetulan juga ambil nih hp dan setelah pakai lumayan juga untuk kebutuhan internet, media sosial, dan jepret2.
    Sukses terus Bang Herry, ditunggu review ponsel lainya.

  4. Pak kalau hp alcatel flash 2 dibandingkab LG magma. Apa plus minus nya utk sebagai pertimbangan.
    Oh ya satu lagi xiaomi redmi 2 prime ? Tingkat kegegasan, kamera depan-belakang,baterai. Trims

    1. Pak Rusli,

      Maksudnya LG Magna ya? Kalau iya, Magna kalah di berbagai sisi deh. Mulai dari tingkat kegegasan, kinerja kamera, daya tahan baterai, dan kemampuan LTE.

      Flash 2 versus Redmi 2 Prime? Tingkat kegegasan relatif imbang. Kamera depan lebih bagus Flash 2, sedangkan kamera belakang lebih bagus Redmi 2 Prime. Ini saya tak berbicara soal resolusi kamera, melainkan lebih ke ketajaman hasil foto ya.

      Menyangkut baterai, Flash 2 mengalahkan Redmi 2 Prime. Satu hal yang ingin saya tambahan soal kepekaan layar sentuh. Saya merasa layar Redmi 2 Prime lebih prima daripada Flash 2.

  5. Tks Om herry review nya, saya test antutu di Alcatel flash 2 saya, di kolom info kenapa pixel untuk rear camera nya gak 16mp?

    1. Pak Kristianto,

      Ya wajar tho. Kamera Flash 2 kan memang bukan 16 megapiksel.

      Btw, spesifikasi yang ditampilkan Antutu saya perhatikan tidak selalu akurat. Saya pernah mencoba ponsel Sony (lupa tipe apa) yang kameranya 20,7 megapiksel. Oleh Antutu dibilang 8 megapiksel saja.

  6. Malam, Pak Herry SW..

    Pak, kalo tidak salah liat itu smartphone ini tidak mendukung Orientation Sensor? apakah itu artinya tidak bisa memainkan games racing yg memakai tilt steering?

    mohon infonya, Pak Herry SW..terima kasih..

  7. Saat melakukan panggilan apakah sering gagal pak? Terus kalau mau beli offline dimana toko yang ada stok pak?

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Saat menekan tombol call, kadang ponsel kembali ke halaman phone dialer. Pada percobaan kedua pasti berhasil.

      Belum pernah lihat ada toko offline yang jual Flash 2 nih.

  8. Selamat malam pak,

    Untuk ponsel dengan harga 1,999 juta sepertinya bersaing dengan Meizu M2 Note, Samsung J2. Cuman memang Alcatel Flash 2 ini pakai ROM bawaan android (AOSP) yang bagi saya terlalu kaku kustomisasi. Sisi baiknya RAM sangat legaaaa.
    Pak ada Evercoss Elevate Y3+ yang baru rilis, berani ngereview nggak?

    *sejenak saya melihat foto ponsel dalam kondisi tertutup di meja itu merk delcell, eh powerbank ?

    1. Pak Izal,

      Yang akan saya review kemungkinan Evercoss Winner T3, bukan Elevate Y3+. Nggak berani deh beli ponsel Evercoss semahal itu, trus saat dijual lagi turun 50 persen.

      Ya, itu power bank Delcell Note.

  9. Wah.. super juga ya Pak, Alcatel Flash 2 ini.
    Nyaris tidak ada kelemahannya.
    Sayang sekali masih dijual secara online.

    Sepintas kalau sy lihat untuk kelas harga Rp 1,999jt Flash 2 ini tampaknya paling unggul.
    Bagaimana menurut Pak Herry ? Untuk harga segitu apakah ada yg lebih unggul ?

    Oiya, bagaimana dengan after sales service-nya ?

    Terima kasih Pak Herry untuk reviewnya.

    1. Pak Ignatius Tanoto,

      Ya, di kelas Rp 1,999 juta paling menarik.

      Layanan purna jual, dalam hal ini service center, masih misterius.

  10. Halo, Koh HSW…
    Kl diminta pilih flash 2 ini dan lenovo p70 bakal pilih mana? Kelebihan dan kekurangan dibanding p70 apa?
    Terima kasih.

    1. Pak Dhani,

      Saya pilih Flash 2. Dengan harga yang lebih murah sekitar setengah juta dibandingkan P70, kamera Flash 2 malahan lebih baik. Memang ada dua minor bug yang saya sebutkan di akhir naskah review. Namun, menurut saya, masih bisa ditoleransi. Anggaplah itu konsekuensi dari dapat barang lebih murah setengah jutaan.

  11. Saya sudah coba Flash2 pak, touchscreen kok masih terasa lebih enak punya meizu M2 dan Redmi2prime ya, atau cuma perasaan saya saja, kamera depan lebih bagus, tapi kamera belakang lebih banyak noisenya daripada Meizu M2/Redmi2prime kalau dilihat di PC.

    1. Pak Chandra,

      Setuju. Sentuhan layarnya lebih enak M2 dan Redmi Prime.

      Setuju juga. Kamera depan Flash 2 lebih bagus. Untuk kamera belakang, dengan asumsi sama-sama mode auto, kalau diurutkan dari yang terbaik versi saya: Redmi 2 Prime, Flash 2, dan Meizu M2.

  12. Pak Herry..kok nggak diulas dimensi hp. Di gsmarena.com nggak disebutkan. Salah satu pertimbangan buat sy, hp tidak terlalu lebar sehingga bisa dioperasikan dengan satu tangan. Dimensi, terutama lebar hp dibanding dengan Meizu M2 yg diulas sebelum ini..bagaimana Pak Herry? Terima kasih.

    1. Pak Nunoz,

      Dimensi ponsel yang saya tuliskan di naskah review biasanya merujuk kepada informasi di situs resmi produsen. Untuk Flash 2, saya sudah ubek-ubek situs Alcatel, tetapi tak ada informasi mengenai panjang, lebar, tebal, dan berat ponsel. Karena itu, saya tidak menuliskannya.

      Oh, lebih gede daripada Meizu M2, Pak.

  13. Lebih besar daripada Meizu M2.. berarti hp ini memang lebih besar biarpun sama2 berlayar 5 inchi ya? Dengan Meizu M2…secara keseluruhan pak herry lebih pilih mana dan mengapa?

    1. Pak Nunoz,

      Benar. Biarpun bentang layar sama, bodi secara keseluruhan lebih gede Flash 2.

      Saya pilih Flash 2. Sebab, aneka bug di M2 terasa mengganggu banget. Sudah baca review saya tentang M2 kan?

        1. Bu Devi,

          Harga ritel resmi Redmi 2 Prime memang Rp 1,799 juta. Anda bisa membelinya di mi.com/id. Stok tidak selalu tersedia. Jadi, harus rajin-rajin memantau situs itu.

  14. Maaf oot pak. Pada beberapa review yang pernah saya baca (bukan pak Herry yg mereview), disebutkan kalau baterai tanam merupakan nilai minus pada smartphone. Benarkah demikian? Apakah mempengaruhi kinerja smartphone secara menyeluruh? Mohon pencerahannya pak.

    1. Bu Retno,

      Dulu, ketika baterai tanam masih jarang dipakai, penggunaan baterai tanam bisa dianggap sebagai sisi minus. Sedangkan sekarang, kala baterai tanam sudah semakin lazim digunakan, baterai tanam menjadi sisi netral. Bukan sisi minus, bukan pula sisi plus.

      Namun, kalau ada pilihan baterai lepas pasang (removable) atau baterai tanam, ya saya lebih memilih yang bisa dilepas pasang. Kinerja ponsel sama saja kok.

  15. Tadi di atas saya baca Pak Herry lebih pilih Hisense Pureshot ya? Atau Pak Herry bisa rekomendasikan HP lain di rentang harga 2-3 jutaan yang menurut Pak Herry lebih bagus? Makasih banyak untuk bantuannya .
    Sukses selalu untuk Pak Herry.

  16. pak herry, akhir2 ini banyak vendor ponsel asal china banyak yg masuk ke indonesia, ane masih ragu buat minang salah satunya seperti xiaomi, meizu, lenevo, infinix, alcatel…menurut pengalaman pak herry, susah gak jual second dr brand tsb, dari beberapa brand tsb harga jual kembali dan pelayanan aftersale yg terbaik siapa pak? terimaksh

    1. Pak Farid,

      Lenevo atau Lenovo?

      Di antara aneka merek yang Anda sebutkan, yang layanan purna jualnya relatif bagus dan harga jual bekasnya cukup oke sih Xiaomi. Saat membeli, pastikan Anda mendapatkan Xiaomi bergaransi resmi ya. Sebab, banyak barang tanpa garansi resmi yang beredar di pasar.

  17. Pak Herry khilaf review flash 2 :),mau tnya soal layar yg katany tdak sebagus layar hd merk lain dan mode miravisionny pak…sperti triliminos displayny sony ya pak,makan batrekah?apakah signikan jika meng-onkan mode miravision secara kualitas layar?

    1. Pak Danar,

      Layar HD merek dan tipe apa dulu nih? Untuk ponsel harga Rp 1,999 juta, tampilan layar Flash 2 sih masih oke. Spesifik ke layar sentuhnya, menurut saya, memang tak seenak punya Redmi 2 Prime.

      Soal Miravision, saya sih memilih mode default. Tidak saya utak-atik.

  18. sayang desainnya ga sebagus alcatel yg lain (pendapat pribadi).
    oiya koh herry kalo acer jade dgn harga sekarang yg sekitar 1.8jtan apakah masih menarik untuk dibeli? mengingat sudah byk kompetitor yg lebih cakep di harga segitu

  19. Kameranya ada efek keunguannya pak herry kalo foto ranting” pohon apakah pengaruh hardware atau softwarenya… seperti milik zenfone 5 ada efek keunguan.

  20. Om, aplikasi ketuk ketuk layar ala LG kira kira ada apa y yang ada di play store?? Kayaknya asik juga ketuk2 tanpa harus tekan tombol..

    Trims..

    1. Pak Delavega,

      Coba cari di Play Store dengan kata kunci tap tap tap atau smart screen. Namun, pasti tak senyaman yang memang bawaan ponsel.

  21. Pak Herry,
    Apakah sudah mencoba fungsi GPS di Flash 2 ?
    Apakah GPS-nya Flash 2 ini dapat menunjukkan posisi kita berada secara cepat dan akurat ?

    Terima kasih

  22. Sebelumnya maaf om herr mau nanya tp keluar dr tema, kalo cara pindahin semua dan sekaligus phonebook pada bb (davis) ke android bs ga ya? Sy udh cb pake bluetooth dgn cara klik transfer contact ternyata hanya satu yg pindahnya. Sy pengen sekaligus om herr.. Mohon pencerahannya, Tks

    1. Pak Wins,

      Kontak di BlackBerry Davis disinkronkan dulu dengan akun Gmail. Berikutnya, ketika akun Gmail ditambahkan ke ponsel Android, kontak itu akan otomatis tersinkron.

  23. Berarti dengan selisih harga yg tipis dengan redmi 2 prime, bapak tetap memilih redmi 2 prime ya pak? Dengan melihat keseluruhan aspeknya…

  24. Halo Pak Herry,
    Mohon pencerahan nih, saya pakai Flash 2 sudah hampir 1 bulan ini, tapi tiba tiba saja secara tidak saya sadari lampur tombol Back, Home dan Menu tidak menyala.
    saya sudah coba cek settingan mulai dari display, sampai inputan bahasa tidak ada yg aneh.
    pernah ada kendala tersebut?
    thanks buat review nya.

  25. mau tanya pak,kalo prosesor snapdragon 800,snapdragon 615,mediatek mt6753 ini kira2 bagus mana secara performa dan game kl di layar fullHD dan ram sama2 2 GB.seri 800 kan mantan high tp msh 32bit

    1. Pak Adit,

      Kalau saya sih lebih mementingkan realita pemakaian. Di atas kertas mestinya kepala 8 paling oke, baru kepala 6.

  26. Dear Pak Herry,

    Berbagi pengalaman soal service center Alcatel:

    Seminggu lalu, saya mengantarkan pacar saya ke service center Alcatel di Roxy Square untuk memperbaiki Alcatel Onetouch Flash nya yang rusak. Saat tiba di depan pintu masuk service center, petugas di sana memberitahu kami dari dalam bahwa service center sudah tutup. Padahal, di pintu masuk service center tertulis tutup jam 15, sedangkan kami datang jam 14 tepat.

    Beberapa waktu sebelum kami ke sana pun, pacar saya sempat menghubungi service center Alcatel melalui telepon. Ketika ditanya di mana alamat lengkap service center Alcatel, petugas hanya menjawab: “Cari saja di Roxy Square”, kemudian menutup telepon. Sungguh pelayanannya kurang mengenakkan.

    FYI, service center Alcatel di Roxy Square jadi satu dengan service center untuk Lenovo, HTC dan satu lagi vendor dari Tiongkok (lupa namanya).

      1. Pak Herry

        Berdasar yang saya tahu, SC Alcatel di Indonesia dipegang oleh M-Care / ASTech termasuk yang di Roxy itu. Perusahaan yang sama juga memegang SC produk Lenovo, HTC dan ZTE.

        Untuk track record SC Alcatel memang masih misterius seperti yang Pak Herry bilang, namun jika melihat track record ASTech / M-Care “menggarap” produk Lenovo dan HTC, saya kira testimoni dari Pak Cahyo tidak terlalu mengejutkan.

  27. Pak Herry,
    Apakah Alcatel masih merupakan merek Perancis? Kalau masih,kok “feel” Perancis nya tidak segreget dulu ya? Mohon Pencerahannya.

  28. Pa apakah alcatel flash 2 layak dibeli?fitur saya suka semua,hanya 2 hal yg bikin saya ragu,desain back cover yg terlalu bling bling sama service centernya.apakah lebih baik saya ambil lenovo a6010 atau lenovo p1m?

    1. Pak Hendra,

      Secara umum masih boleh dibeli.

      Back cover-nya sama sekali nggak bling bling kok. Bayangkan saja selembar kertas amplas yang biasa dijual di toko besi itu lho.

      Saya belum pernah coba A6010 dan P1m. Jadi, tak tahu bagus tidaknya.

  29. Pak Herry,

    Sy mau tanya, tapi maaf out-of-topic, bagaimana caranya untuk dapat undangan acara semacam Asus Zenfestival 19 Nov’15 di Jakarta ?
    Terima kasih

  30. Pak herry berarti secara realita redmi 2 dan redmi 2 prime itu kameranya berbeda ya?soalnya secra spesifikasi masih sma menggunakan kamera 8megapiksel?

    1. Pak Cahyo RR,

      Spesifikasi kamera dua ponsel itu sebenarnya sama. Namun, mungkin firmware Redmi 2 Prime yang saya gunakan sudah lebih optimal. Hal tersebut berdampak pula terhadap performa kamera.

    1. Pak Eko,

      Ehmm… memangnya sudah ada Flash Plus kedua?

      Kalau dibandingkan Flash Plus yang superduper mengecewakan saya, Flash 2 masih layak beli.

      Belum ada rencana review P1m.

  31. Koh, maaf mau tanya lagi. Senengnya kalo tanya koh nih cepet respon nya, jd org yg lg cari hp ga repot pilihnya ???, pertahankan ya koh.
    Gini koh, sy pengen beli andro yg biasa aj sih, keperluan wa,line,ig,bbm,fb,twit..sosmed gitu, budget max 1,2jt…ga mau yg besar koh. Pengen nya 4inc aj gitu…bnyk mau nya ya koh ????.
    Sempet lirik Wiko Fizz or Sunset…yg lain ga tau yg mana. Sempet pengen asus katanya boros batt. Sy baca review koh baru cuma 1 review wiko ?. Ada rekomen ga koh?!
    Terima kasih bnyk koh seblmnya ?

    1. Pak Tony,

      Saya sedapat mungkin akan menjawab pertanyaan masuk dalam 1 x 24 jam. Namun, bila kebetulan sedang sangat sibuk atau berada di luar kota, pertanyaan mungkin baru terjawab dalam 3 x 24 jam.

      Hmm… dengan kriteria seperti itu, baik dari kebutuhan, harga, dan ukuran layar, tak ada ponsel yang memenuhi syarat deh.

      Ya, saya baru review Wiko Ridge Fab 4G. Belum pernah coba Wiko Fizz dan Sunset.

    1. Pak Doris,

      Alasannya sederhana, hasil poling lebih banyak yang meminta saya me-review M2. Untuk menentukan ponsel yang akan di-review, kadang saya kan melakukan pemungutan suara di Twitter @herrysw.

    1. Bu Retno,

      Kalau Anda lebih mengutamakan daya tahan baterai dan layar besar: Hot Note.
      Kalau Anda lebih mengutamakan kamera dan LTE: Flash 2.

  32. Koh maaf lanjut lagiii…terima kasih sdh jawab walaupun blum ketok palu beli apa..hahaaa.

    Rekomen apa koh utk kebutuhan yg perlukan itu, mungkin under 2jt ga papa x yaa koh ???!!!. Soalnya sdh pake lumia 625, tp utk bbm wa dkk masi lelet bangetttt koh. Kalo budget under 2jt kamera jd perlu ya koh …heheee. Mohon pencerahan nya ya koh?!

    Nuhun lg koh

  33. Koh. Redmi 2 vs redmi 2 prime. Saya pikir hanya ram 2gb dan storage 16 gb saja beda nya. Ternyata prime lebih unggul juga dr sektor kmera. Wlau msh sm2 8 mpx. Btul kh bgt……(stlh bc kment2 diatas).

    1. Pak Ahmad,

      Benar. Di atas kertas spesikasi kamera dua ponsel itu memang sama. Namun, mungkin karena ada perbaikan di firmware, kalau diperhatikan hasil jepretan Redmi 2 Prime unggul tipis.

  34. Pak Herry review motorola moto x (2013) masih layak beli kah ? terus service center motorola menurut pak Herry gimana ?

  35. Daya tahan baterainya menggiurkan, 24 jam aktif berarti power bank bisa pensiun. dengan harga yg di kisaran 2 jt ponsel apa yg baterainya juga tahan lama dan layak dilirik. Thanks

  36. selamat malam koh Herry..
    sorry mungkin OOT..

    request boleh yh koh ?
    mau minta tolong kalau memungkinkan, tolong dong review merek one plus.. habis saya lihat (maaf kalau kelewatan ga keliat) belom ada nih review mengenai merk one plus..
    saya ancang2 pengen beli salah satu dari pentolan one plus..
    saya sih bingung, merek dagang one plus sih sbenarnya belum terlalu banyak orang kenal (dibandingkan samsung dan apple tentu saja) cmn saya mau tahu saja, apakah merk tersebut layak utk dibeli/digunakan ? sebelum ada review dari koh Herry mengenai merk tersebut saya kok rasanya agak ragu2 utk membeli..

    P.S. barangnya one plus X koh Herry.. (belom keluar, desember 2015 bilangnya ๐Ÿ˜€ )

    1. Pak Willy Kurniawan,

      Selamat malam. Boleh saja request, tetapi saya tak menjamin akan dipenuhi ya.

      Benar, saya memang belum pernah menguji pakai OnePlus. Saat ini saya masih menyelesaikan satu per satu ponsel yang sudah antre di lemari. Saya belum berani memastikan akan me-review OnePlus X atau tidak. Kemungkinan sih tidak karena sebenarnya yang lebih membuat saya penasaran adalah OnePlus 2.

    1. Pak Eko,

      Saya memang belum pernah mencoba Redmi Note 2. Lha ponsel itu belum beredar resmi di sini. Redmi Note 2 yang saat ini beredar di pasar pasti tanpa garansi resmi.

  37. Kalo android dual sim cdma gsm dual on antara Hisense pureshoot/pureshoot+ dengan xiaomi redmi 2 prime/note prime…pilih mana ya rekomendasi baiknya…Makasih

    1. Pak Prius,

      Redmi 2 Prime tidak bisa CDMA. Belum ada ponsel bernama Redmi Note Prime.

      Pureshot atau Pureshot+ tinggal dipilih berdasarkan selera Anda terhadap layar. Mau yang berlayar 5 inci atau 5,5 inci.

  38. Hallo Pak Herry Sorry Mao Nanya Lagi Pak Mohon Pencerahan..

    Kemarin Saya Mau Beli HH Lagi Trus Kepincut Antara Lenny P70 Or Flash 2 Jujur Aja Pak Saya Penggemar HH/Android Buat Gaming And Multifungsilah Pokoknya, Jujur Aja Saya Udah Males Nyoba Brand Baru Or Ikutin Omongan Temen Soalnya Saya Pernah Rugi Sekayangnya Gara2 Meizu M2 Note Ceritanya Begini Waktu Itu Saya Punya One Touch Flash 1 Yang Kemudian Temen Saya Beli Meizu M2 Dan Bilang Ke Saya Katanya Meizu Benchmark Bisa Ampe 37000 Jadi Saya Jual Ganti Ke Meizu M2 Ga Taunya Wew Super Jelek, Buat Gaming Super Lelet (Entah Kata Orang Ad motion Sensornya Or Whatever) Yang Jelas Sehari Beli Langsung Jual Rugi, Nah Kemarin Saya Tertarik Flash2 Daripada P70 Setelah Saya Review Spec Saya Kaget Karena GPU Nya Koq Lebih Rendah Dari Yang Pertama 1,5Ghz Jd 1,3Ghz Nah Karema Saya Inget Meizu Dulu Juga 1,3Ghz Makanya Kemarin Saya Ambilnya Lenny P70 (Harga Nego Karena Saya Kenal Ama Bakulnya Hahaha), Pak Herry Apa Flash2 Itu Sama Dengan Yang Lama Kalo Untuk Multitask? Kalo Yang Flash Plus 1 Saya Acungi 2 Jempol Masalah Jaringan Juga Sudah Teratasi, Yg Ke 2 Ini Apakah Sama Kecepatan Untuk Semua Walaupun Lebih Rendah Dari Yg Pertama? Saya Takut Coba2 Lagi Soalnya, Thx Sebelumnya Pak Herry, Salam N Sukses Selalu

    1. Pak Jericho,

      Maaf, terus terang saya tak tahan membaca pertanyaan Anda yang panjang dan tanpa titik koma. Silakan ketikkan ulang dulu ya. Tuliskan dalam kalimat yang tidak terlalu panjang. Bagilah dalam beberapa paragraf.

  39. Malam Pak Herry,

    Mau tanya, kalau micro SIM card itu berarti kartunya SIM-nya harus dipotong dulu biar fit dengan tempatnya, atau tidak perlu?

    Lalu, kalau Alcatel Onetouch Flash 2 dengan Lenovo A6010, lebih worth it yang mana ya, Pak?

    Terima kasiiiih

    1. Bu Fadilla,

      Kalau kartu SIM Anda saat ini masih berukuran reguler (mini SIM), tentu harus dipotong dulu. Kalau tidak dipotong kan tak bisa masuk ke selot yang tersedia.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba A6010.

  40. Om herry dgn kapasitas baterai yg besar waktu re-charge-nya berapa lama?
    Satu lg setahu om herry moto G 2015 bakal masuk indonesia ga?

    1. Pak Hartono,

      Wah, saya tidak menghitung berapa jam. Biasanya saya charge menjelang tidur. Bangun tidur sudah penuh.

      Belum tahu pastinya.

        1. Pak Kevin Naufalizar,

          LTE Indosat di 21 kota berjalan di 1800. Hanya di empat daerah yang aktif pula di 900, yaitu Jakarta, Jogja, Bali, dan Bandung.

  41. Pak Herry, layarnya flash 2 sdh gorilla glass?
    Btw kalo dibandingkan flash 2 yg octa core dengan redmi 2 prime yg quad core secara kinerja apa bisa diperbandingkan langsung? Trims

    1. Pak Hartono,

      Karena di situs resminya hal itu tak disinggung, jadi lebih baik dianggap tanpa Gorilla Glass.

      Kinerja nyata dua ponsel tersebut, menurut saya, boleh diperbandingkan.

  42. pak herry reviewnya detail sekali…

    saya kebetulan sedang tertarik dengan hp ini, namun setelah membaca review lain pak herry mengenai hisense pureshot saya jadi bimbang…
    menurut pak herry dari 2 HP itu mana yg durabilitynya paling ok, saya temasuk pemakai yang sedikit ceroboh. yang kira2 secara fisik gak ringkih dan tidak mudah rusak.

    1. Pak Andi,

      Wah, kalau soal ketahanan fisik, saya tak tahu deh. Lha dalam uji pakai tak pernah saya coba jatuhkan.

      Btw, Hisense Pureshot kini harganya semakin menarik lho: Rp 1,999 juta alias sama dengan Flash 2.

      1. Wah serius nih pak Hisense Pureshot udah turun drastis jadi pas 2 juta??? Bagaimana dengan Pureshot+ pak?

        Dan mending mana ya antara Pureshot sama Flash 2? Kalau dilihat dari kamera audio sama baterai

        1. Pak Ricky,

          Ya. Harga terbaru yang berlaku mulai 1 Desember 2015:
          * Pureshot Rp 1.999.000
          * Pureshot+ Rp 2.499.000

          Wah, kalau bicara baterai, ya pasti menang Flash 2. Namun, untuk faktor lain, saya lebih memilih Pureshot.

  43. Maaf oot,, alcatel flash 2 vs xiaomi redmi note 2 vs lenovo a6010 dari kamera dan multitasking nya bagus mana pak herry? makasi

    1. Bu Hera,

      Kalau saya lebih memilih Hisense Pureshot (bukan Smartfren Pureshot lho). Harga Pureshot kini Rp 1.999.000.

  44. Om klo yg paling murah, 1-2juta, dengan spesifikasi baterai tahan lama, 4G dan otg dan klo bisa kamera bagus,(kamera jadi tambahan)

    1. Pak Eric,

      Mengajukan Redmi Note 2 yang Helio? Siapa yang mengajukan dan mengajukan apa?

      Saya belum pernah mencoba Redmi Note 2. Jadi, tak tahu lebih bagus mana dibandingkan Pureshot (bukan Pure Shot).

  45. Pak, saya mau minta rekomendasi, nih.

    Untuk browsing dan nonton video dalam jangka waktu cukup lama, layanan purna jual cukup baik, dengan budget sekitar 2 juta, kira-kira lebih baik Alcatel Onetouch Flash 2 atau Infinix Hot Note, Pak? Atau mungkin ada yang lain yang Bapak rekomendasikan?

    1. Bu Sabilla,

      Karena untuk kebutuhan itu diperlukan daya tahan baterai yang lama, saya lebih condong ke Hot Note.

  46. Maaf Pak, saya ingin tanya lagi.

    Menurut Bapak, Hot Note ini dapat digunakan untuk jangka waktu yang cukup panjang (kira-kira lebih dari satu setengah tahun) atau tidak, Pak?

    Oh ya, saya baru saja membaca review Bapak tentang LG Magna. Saya menjadi tertarik karena bagusnya layanan purna jual LG, meskipun RAM Magna tidak sebesar Hot Note. Untuk pemakaian jangka panjang (dan pemenuhan kebutuhan), kira-kira lebih baik Infinix Hot Note atau LG Magna, Pak?

    1. Bu Sabilla,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Saya anggap dua tahun ya. Seharusnya bisa.

      Tanpa melihat layanan purna jual yang dalam hal ini masih lebih unggul LG, saya cenderung ke Hot Note. Alasannya, spesifikasinya lebih tinggi daripada Magna. Jadi, kalau Anda berencana memakainya selama, sebut saja, dua tahun, lebih baik memilih Hot Note.

  47. Salam pak Herry.

    To the point aja :
    1. Mana lebih bagus quad core atau octa core
    2. Bisa dijelaskan (secara garis besar) alasan dari kedua processor tsb
    3. Dari kedua processor tsb, manakah yang menguras battrey
    Sementara itu dulu pak Herry, terima kasih dan sukses selalu.

    1. Pak Saleh,

      Jawabannya tidak bisa langsung diputuskan bagus mana. Sebab, jenis prosesor, aneka komponen lain, dan firmware turut menentukan performa akhirnya.

      Yang bisa dijawab: quad core itu ibarat bekerja bareng-bareng 4 orang, sedangkan octa core itu 8 orang. Hasil akhirnya belum tentu lebih bagus yang 8 orang, bukan?

  48. pak HSW,kalau di bandingkan dengaan Infinix Note2 yang 1899 itu recomended yang mana yapak??atau saya redmi 2 prime??

    1. Pak Wawa Kurnia,

      Karena sedang ada acara di luar kota dan jadwal aktivitas di sana relatif padat, baru sore ini saya bisa mulai merespons pertanyaan dan komentar yang dikirimkan ke blog ini. Mohon maklum.

      Dibandingkan Note 2 saya belum tahu. Sebab, Note 2 masih antre uji pakai.

      Kalau diadu dengan Redmi 2 Prime, saya lebih memilih Redmi 2 Prime daripada Flash 2.

  49. Pak herry sw mau tanya mending milih hp xiaomi redmi 2 prime apa alcatel flash 2 dilihat dari seluruh spesifikasinya terutama kamera dan dapur pacunya trims

  50. benar pak,
    saya sudah mencoba mencari referensi dari banyak sumber di internet.tapi hasilnya masih belum meyakinkan saya.
    terima kasih untuk respon yang bapak berikan.

    1. Pak Jihan,

      Tekan dan tahan tombol power + volume ke bawah secara bersamaan. Kalau belum pernah mencoba, memang perlu latihan beberapa kali dulu.

  51. numpang tanyak om

    beli Alcatel OneTouch Flash Plus di WTC ada gak?
    kalau ada nama tokonya apa dan harga ter barunya berapa ya sekarang?
    ok thanks.

    1. Pak Ian Surabaya,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Wah, jangan membeli Alcatel onetouch Flash Plus, Pak. Ponsel itu saya beri predikat smartphone terburuk 2015. Kalau Flash 2, Anda masih boleh meliriknya. Di WTC ada yang jual kok. Saya lihat setidaknya ada tiga toko di lantai 1 WTC yang menawarkannya. Saya tidak memperhatikan harga jualnya. Yang pasti sih lebih mahal daripada harga resmi.

    1. Pak Tupank,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Masuk ke menu droid? Maksudnya gimana ya?

      Untuk melakukan factory reset, silakan masuk settings, lalu backup & reset.

  52. Pak Herry,

    Jika dibandingkan hasil kamera antara Alcatel Flash 2 dengan Meizu M2 mana yang lebih Bapak rekomendasikan ?
    Terima kasih jawabannya

  53. selamat malam pak herry
    mau tanya nih pak , saat ini saya pake hp redmi 2 prime, saya pingin upgrade pak, kira2 hp apa yg kamera,layar,prosesor, di atas redmi 2 prime dengan harga yang sedikit di atas redmi 2 prime pastinya, kisaran 2,5 jutaan pak, Apa harus bersabar menunggu Redmi 3 resmi pak? soalnya jujur puas banget pake xiaomi.

    Terimakasih pak herry

    1. Pak Zainudin,

      Menurut saya, mending wait and see dulu. Kalau tetap mau beli sekarang, silakan melirik Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

  54. terimakasih pak herry

    kayanya wait aja nih pak, baca review hisense pureshot pak herry bikin pingin dan di komentar2 pak herry juga banyak kasih saran untuk hp itu, karena bagus, tapi kayanya ga ada LED notif sama ga support USB OTG ya pak?

  55. permisi pak mau tanya
    kalau antara Alcatel Flash 2 dengan asus zenfone 2 laser gimana menurut anda? terima kasih pak

  56. Permisi bertanya pak.. Bgm cara mengaktifkan kartu smartfren d flash 2 pak… soalnya punya saya tdk bisa aktif… signalnya tdk ada… sudah k galeri smartfren tetap tdk bisa digunakan… trims..

    1. Pak Rahmat,

      Kartu Smartfren milik Anda apakah sudah kartu 4G LTE? Kalau belum, silakan tukar dulu.

      Setelah memiliki kartu 4G LTE Smartfren, pasangkanlah di selot kartu SIM pertama. Berikutnya, kuncilah ponsel supaya selalu berada di jaringan 4G LTE. Buatlah profil APN baru. Data yang perlu dimasukkan:
      * APN: smartfren4g
      * Username: smartfren
      * Passoword: smartfren

      Btw, semua paparan di atas berlaku bila Anda berada di area layanan LTE 2300 Smartfren. Kalau lokasi Anda di luar area layanan, Flash 2 tentu akan gagal dipadukan dengan Smartfren.

  57. Pak herry .. Mau nanya dari segi desain Alcatel flash 2 mirip-mirip bener gak ama Oneplus one?

    Dan Alcatel flash 2 ini kelihatan tipis gak menurut bapak ?

    Satu lagi pak hehehe……
    Alcatel flash 2 vs ZTE blade A711 bagusan mana menurut bpk ? Maaf kbnyakan nnya .. Sukses slalu pak ya

    1. Pak Juljas,

      Permukaan sisi belakang Flash 2 saya nilai menyerupai OnePlus One.

      Tipis? Untuk ukuran saat ini ya tidak tipis-tipis banget.

      Tak tahu. Lha saya belum pernah menguji pakai Blade A711.

  58. Menurut bpk , dari segi lebarnya gimana ? Cocok2 atau biasa aja …. Desain nya kelihatan compact gak pak ?

    Trus , mngatur miravision menurut bpk bisa sama dgn rsolusi 1080p gimana pak ? Mkasih pak

  59. Pak saya mau tanya kalau flash 2 di adu dengan xiaomi redmi note 2 dari segala sisi lebih unggul mana Dan sarannya lebih pilih flash 2 atau redmi note 2. Trimakasih

  60. Pak, saya mau tanya Kenapa kontak saya di alcatel flash 2 sering lambat respon nya begitu keluar mau di klik no HP nya diam dulu agak lama. Sebenarnya berapa no kapasitas kontak di Phone HP android.

    Ini juga terjadi di Acer liquid 700 E39

    Tks

    1. Pak Hermawan,

      Boleh tahu dulu jumlah kontak Anda ada berapa nama? Sebenarnya pada prinsipnya unlimited. Namun, semakin banyak kontak, semakin lama pula loading-nya.

      1. Pak Herry, kontak saya sampai saat ini 1300 nama, di dalam nya ada yang 2 nomor (40-50%)
        sisanya hanya 1 nomor saja, masalahnya loading nya lama sekali bisa sampai 1 menit lebih, pada saat sudah muncul namanya pada saat di klik diam lagi.

        Tks

        1. Pak Hermawan,

          Kontak sebanyak 1.300 nama memang berpotensi loading lama. Namun, seharusnya tak sampai satu menit. Setengah menit pun tak sampai deh. Ada berbagai kemungkinan yang bisa menjadi pencetus. Di antaranya, ada banyak aplikasi yang sedang berjalan, sisa memori internal terlalu kecil, dan ponselnya memang kurang mampu.

  61. Jaringan Alcatel Flash 2 saya kog 3G trus ya pak? Belum pernah H ato H+ sama sekali, padahal pilahan jaringannya udah saya pilih yg 4G/3G/4G (recomended). Saya make card Telkomsel, HP saya yg sebelumnya biasanya udh H+. Makasih pak.

  62. Dan 1 lg ne pak. Kenapa hasil rekaman video pake kamera depan Alcatel Flash 2 kotak2 (sangat tdk jermih/aneh) di tempat yg cukup cahaya, sedangkan di tempat yg gelap jd bgus hasil rekaman videonya . makasih pak

    1. Pak Alex,

      Nah… ini yang bikin saya bingung. Mengacu kepada pengalaman pribadi, di tempat terang maupun gelap, hasil rekaman video kamera depan Flash 2 sama saja. Sama-sama buruk.

  63. Slamat Pagi pak Herry, terimakasih banyak untuk tanggapan Bapak. Gambar rekaman videonya pecah-pecah pak, bukannya buram atau gelap. Tpi waktu di out door aja yg gitu gambarnya (aneh bgt, jdi kaya kartun gtu) . Kalo di in door tetep bagus gambar hasil rekamannya. Gag tau jg kenapa gitu Pak. Kalo terlalu banyak cahaya ke objek jadi hancur bgt gambarnya.. Susah jg jelasinnya. Hehehe

    1. Pak Rama,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Redmi Note 2. Saya tak tertarik mencicipi Redmi Note 2 karena belum bergaransi resmi.

  64. pak herry, saya ada kendala mengenai baterai flash 2 boros, dicharge full pagi, siang sudah habis, padahal tidak dipakai, hanya standby saja, ada solusi pak?

    1. Pak Wahyu,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Selama ponsel siaga, apakah koneksi internet tetap aktif? Kalau iya, aplikasi apa saja yang sedang berjalan, tetapi tidak Anda buka? Misalnya, BBM dengan beberapa grup BBM dan Facebook.

      Hal lain, bagaimana kondisi sinyal di ponsel? Stabil atau tidak? 4G atau 3G?

  65. Pak, saya mau nanya. Alcatel flash 2 saya tiba-tiba hang/layar tidak tampil, namun tetap dapat dioperasikan. Cara mengatasinya bagaimana ya pak? Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Himmel Yoel Popper,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Ini maksudnya layar kosong total ya? Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  66. Pak Herry, kalo Alcatel Onetouch Flash 2 vs Meizu M 2 Note vs Infinix Hot Note, pilih yg mana ya pak? Karena saya lihat harganya beda tipis nih… Dilihat tingkat kegegasan dan daya tahan baterai. Saya sbenarnya minat dengan infinix hot note, tapi kok belum 4G. Seandainya beli infi note 2, dana tidak mencukupi. Dana saya sekitar 1.6 hingga 1.8

    1. Pak Amaris,

      Yang M2 Note saya belum bisa berkomentar karena belum pernah coba.

      Kalau Flash 2 vs Hot Note, saya pilih Flash 2 dengan alasan sudah 4G LTE.

      Kegegasan sih relatif imbang. Daya tahan baterai lebih unggul Hot Note.

        1. Pak Amaris,

          Sama-sama misterius. Namun, kalau harus memilih, saya lebih condong ke Infinix karena wujud fisiknya lebih jelas.

  67. Selamat malam..
    Pak, mau tanya..kalau untuk hp 4G dual sim, yg secaa spesifikasi paling oke dari segi kamera, baterai, dan audio, dengan harga di bawah 2jt, kira2 yg di-suggest apa ya?
    Maklum ingin yg bagus tapi daya beli hanya under 2jt.
    Kepikiran alcatel flash 2..tp masih cari tau juga c produk lainnya.
    Terima kasih..

    1. Bu Nitha,

      Dengan kriteria seperti itu, jawabannya tidak ada deh.

      Anda harus memilih, mengutamakan kamera bagus atau baterai tahan lama.

  68. Pagi Pak Herry,
    Saya mau minta sarannya.
    Antara Hisense Pureshot, Andromax R2 dan Lenovo A6010, lebih baik yang mana dari sisi kamera nya?
    Thanks Pak

    1. Pak Andi,

      Kamera Pureshot dan Andromax R2 sama. Lha Andromax R2 itu ibarat Pureshot yang diganti wajah dan LTE-nya dikunci untuk Smartfren saja kok. A6010 saya tak pernah coba.

  69. Selamat pagi, kakak saya baru beli Alcatel Flash 2. namun kendalanya, jaringan internet nya tidak bisa aktif (offline) walaupun sudah di aktifkan. Beliau menggunakan SIM Card 3(three) dan XL . Sudah di otak atik pada dua SIM Card tersebut, namun tetap tidak bisa. Mohon bantuannya. Makasih

    1. Bu Ika,

      Coba cek:
      * Pengaturan data connection. Pastikan sudah aktif.
      * Pengaturan APN. Pastikan APN yang dimasukkan sudah tepat.

      Kalau masih tak bisa, silakan mampir ke kantor layanan operator GSM yang digunakan. Mintalah bantuan petugas di sana.

  70. saya bru meminang alcatel flash 2 by online.
    Tiba di rmh ga pkir panjang lgsng root ๐Ÿ˜‰

    Utk harga yg ditwarkan, sya rasa hh ini bs jd pilihan dibnding kompetitor yg mmliki range hrga yg sma.

    kekurangan yg sya rasakan dr hh ini hnya sensitivitas touchscreen saja. apa ada yg bs dilakukan utk meningkatkan sensitivitas touchscreen tsb pak ??

    Terima kasih,

    1. Pak Setiawan,

      Berarti, penilaian Anda sama dengan saya. Saya juga merasa layarnya kurang enak. Sejauh ini tidak ada solusi.

  71. Pak henry mau tanya utk ponse diharga 2jt an lbh baik mana, alcatel flash 2,lenovo vibe p1m atau redmi 3(grnsi distro),makasih

  72. Ko henry,, spt na banyak yg bertanya jg ttg reno 2 prime,, Kl bisa, tolong nanti buat review redmi note 2 prime yaaaaaaa,,
    dan bagaimana jika dibandingkan dgn flash 2 ini (dari segi harga sangatttt menarik krn turun drastis menjadi 1,499jt)
    Terima kasihhh

        1. Bu Besty,

          Sebelum ada yang bergaransi resmi (dan dugaan saya memang takkan ada), saya takkan me-review Redmi Note 2 Prime (bukan Reno 2 Prime).

          1. Hmmm, jd ragu mau beli Redmi Note 2 Prime (tmn” terbiasa mempersingkat namanya menjadi reno2prime :D)

            Makasih ko Herry, sebenarnya sy tergiur dgn harga Alcatel Flash 2 saat ini, tp jwbn ko Herry lbh meyakinkan sy utk bersabar menunggu Mi5 saja (yg bergaransi resmi tentunya)

  73. Koh nanya dong
    Saya kurang paham ttg barang distributor seacam xiaomi note 2 dll
    Itu barang bm? Kw ? Ato rekondisi
    Soalnya klo bli barang gransi distri bisa dianggap gk ada garansi ya

    1. Pak Robby,

      Barang BM? Iya. KW? Belum tentu. Kemungkinannya kecil. Rekondisi? Bisa ya, bisa tidak.

      Benar. Biarpun ada kartu garansi yang disertakan, lebih baik dianggap serasa membeli ponsel tanpa garansi.

  74. Pak saya mau nanya alcatel plash 2 bagus atau tidak saya jadi binggung dengan alcatel plash 2
    Menurut bapak bagai mana…

    1. Bu Aulia Ananda,

      Tidak ada ponsel Alcatel dengan tipe Plash 2. Kalau yang dimaksud Flash 2, secara umum sih sebenarnya lumayan. Namun, ada satu sisi minus yang buat saya lumayan fatal. Yaitu, layar sentuhnya kurang nyaman.

  75. Siang Pak Herry
    Dari review bpk, nampaknya layar sentuh kurang nyaman menjadi bug yg plg mengganggu di Alcatel Flash 2 ini. Kalo di bandingkan langsung dengan lenovo a2010, mana yg layarnya paling tidak nyaman Pak?
    Sy sudah jual lenovo a2010 sy ke teman, brhubung responsibilitas layar sentuhnya bagi sy pribadi sgt mengganggu aktivitas email, sms, dan bermain game juga. Selain itu, bila dibandingkan dgn xiaomi redmi 2 prime dan hisense pureshot (abaikan harga), urutan terbaik menurut bpk ap saja pak? Trims

    1. Pak Fikri Ahadian,

      Wah, itu sih bukan pembanding yang setara. Lha harganya saja beda 50 persen sendiri.

      Untuk sebuah ponsel berharga jual Rp 1 juta lebih sedikit, layar A2010 tergolong nyaman. Namun, kalau diadu dengan layar Flash 2 ya masih lebih enak Flash 2.

      Saya sih pilih Pureshot dulu, baru Redmi 2 Prime, lalu Flash 2.

  76. Oh ya pak, sy tergiur Alcatel ini krn sesuai dgn yg d sebutkan bu Besty d atas, harganya sdh turun jadi 1,499 jt pak.

  77. Pak, sebelumnya saya ingin ucapkan terima kasih karena atas pertimbangan bapak saya telah resmi meminang pureshot. he he
    Saya cukup puas dengan performa pureshot karena bisa memenuhi banyak fungsi, minus hanya di baterai yg tergolong standar.
    Kemudian sekarang giliran saya ingin mencarikan hp untuk istri dengan kriteria: kamera cukup bagus dan daya baterai lebih besar dari pureshot (harga maks 1,8 jt). Apakah alcatel flash 2 ini sesuai dengan kriteria tsb, atau ada ponsel lain yang lebih bapak rekomendasikan? Lalu apakah isu sensivitas layar yg lemah pada flash 2 ini cukup mengganggu, separah apa ya pak kondisinya?

    1. Pak Tyan,

      Hmmm… pilihannya begini deh:
      1. Nekat membeli Flash 2. Masalah di layar buat saya lumayan mengganggu karena membuat aktivitas berponsel kurang nyaman. Nggak bisa tangkas gitu deh.

      2. Melirik Infinix Hot 3. Kamera tidak sebagus Flash 2, tetapi layarnya baik-baik saja. Kapasitas baterai Hot 3 sebesar 3.000 mAh.

      1. Oh begitu ya pak, katanya ada isu buzzer speaker rentan rusak juga sih pada flash 2.. Hmm iya sebenarnya saya juga kepikiran hot 3, tapi belum ada review termasuk dari pak herry yg bisa dijadikan pertimbangan.
        Berarti bapak sudah punya gambaran dan merekomendasikan hot 3 ya? Kira2 kapan bapak akan selesai mereview infinix hot 3? hehe

        1. Pak Tyan,

          Saya malahan baru dengar sekarang soal isu buzzer speaker Flash 2 rentan rusak.

          Review Hot 3 baru akan muncul paling cepat dua minggu lagi. Kalau anggaran Rp 1,6 juta, Hot 3 boleh dilirik. Namun, bila anggaran Rp 1,8 juta, saya sebenarnya lebih menyarankan menambah anggaran Rp 200 ribu untuk membeli Hisense Pureshot. Baterainya memang tidak sebesar Hot 3, tetapi kinerja keseluruhan Pureshot lebih bagus.

          1. Iya pak, hal tsb dikeluhkan oleh beberapa pengguna flash 2 di grup tertutup flash series indonesia di salah satu medsos.
            Ok deh pak, dengan pertimbangan ekonomis sepertinya saya lebih condong ke hot 3 nih. Terima kasih banyak atas masukannya pak, mudah2an performanya tidak terpaut terlalu jauh dari pureshot.

          2. Pak Tyan,

            Ok, Pak. Performa kamera Hot 3 berbeda cukup jauh dibandingkan Pureshot sih.

  78. Sy baru beli hp ini pak heri, sy bingung dgn hasil foto selfinya, terbalik seprti menggunakan miror..
    Sy cari di settingan kameranya ga ketemu.
    Mohon bantuannya pak herry.
    Trima kasih

    1. Pak John,

      Sebagian hasil kamera depan ponsel memang mirror. Ada yang dilengkapi menu untuk mengubahnya otomatis, ada pula yang tidak. Saya tak ingat di Flash 2 ada menu itu atau tidak. Bila tak ada, ya terpaksa Anda harus mengubahnya manual menggunakan aplikasi penyunting foto.

  79. Hi, Ko Herry..

    Saya baru mencoba Alcatel Flash 2, seandainya baca review Ko Herry lebih cepat, mungkin HP nya tidak saya beli. Touch nya memang gak nyaman, bahkan ada titik2 tertentu yang lbh gak sensitif dari titik lain.
    Hasil potretnya pada cahaya minim, biarpun udah ada flash tetap gak terlalu bagus. n shoot nya harus bener2 dalam posisi still/diam, kalau objek gerak dikit hasilnya jelek.. Apa karena saya yang tidak ngerti penggunaan fitur2 kameranya, ya?
    Yang paling mengganggu suara saat menelpon, suara lawan bicara bisa kedengaran seisi ruangan. Ada saran gimana mengecilkan suaranya?

    Terima kasih

    1. Pak Jana,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      1. Objek yang difotonya sebaiknya memang dalam posisi diam.

      2. Yang tinggal Anda kecilkan volume suaranya tho.

  80. Pak heryy kalo xiomi redmi note 2 itu bagus atau tidak bagi bapak …kalo menurut bapak apa yg tidak enak dari hp xiomi redmi note 2…

    1. Pak/Bu Aulia Ananda,

      Tak tahu. Saya belum pernah mengetahui ada ponsel merek Xiomi. Kalau yang Anda maksud ternyata Xiaomi Redmi Note 2, saya belum pernah mencobanya karena tak ada yang bergaransi resmi.

  81. Untuk pak HSW (sekalian juga dgn pak /bu Jana), ad yg ingin sy tanyakan..
    Apa memang se-mengganggu itu kah responsivitas touch screen Alcatel Flash 2?
    Sy berniat membelikan adik Sy ponsel ini, untuk menggantikan mito impact a10 (Android one) miliknya, berhubung harganya sdh sgt terjangkau (1,499jt via lazada)..
    Utk pak HSW, Ada rekomendasi hp lain di kisaran harga max 1,5jt gak pak, selain Alcatel Flash 2 ini? Kriteria layar max 5″, respon layar gegas, gegas juga dgn frekuensi penggunaan social media (WA, BBM, line, fb , instagram) sgt aktif, 4G kompatibel telkomsel, Indosat, xl, Dan Tri, pak? Sejauh ini penggunaan adik sy utk mito impact a10 nya tidak ada masalah, hanya Bluetooth nya saja tdk bs berfungsi segera stelah update firmware nya pak..

    1. Pak Fikri Ahadian,

      Buat saya sih mengganggu.

      Hmm.. dengan kriteria sebanyak itu, saya belum punya alternatif lain.

    1. Pak Okky R,

      Saya lebih memilih Hot 3 karena problem di layar Flash 2 buat saya sangat mengganggu.

  82. Dear Ko Herry,
    Seandainya cukup mengecilkan volume saja bisa mengatasi masalah, jamin, saya gak akan menanyakan.. ini dikecilin paling kecil jg masih kedengaran alias gak pengaruh. Herannya klo nelpon pakai fasilitas call WA apa Line, suara normal.
    Mungkin HP nya memang rusak, ya?

    1. Pak/Bu Jana,

      Oh, sudah diatur pada volume terkecil masih tetap keras ya? Alternatifnya tinggal melakukan factory reset. Bila tetap begitu, ya berarti perlu diperiksakan di pusat perbaikan resmi Alcatel.

  83. saya pakai kartu telkomsel sudah saya cek daerah saya sudah 4g tapi setelah saya ganti seting ke 4g malah emergency calls only

  84. Pa hery,sy mau tanya untuk perbanding alcatel flash 2 versus alcatel flash plus bagus mana pa.sebab pa hery pernah tulis bahwa flash plus yg terburuk sepanjang 2015,sedangkan dari segi spesifikasi lebih banyak flash plus unggul.mohon ulasannya.terimakasih.benny.

    1. Pak Benny CH,

      Menurut saya, lebih bagus Flash 2 daripada Flash Plus. Alasannya sederhana. Kekurangan paling fatal di Flash 2 (layar sentuh kurang sensitif) tidak separah kekurangan paling fatal di Flash Plus (sinyal lemah).

  85. Pak Herry, setahu saya Alcatel Onetouch Flash 2 kedua slotnya hanya untuk GSM tapi kalau dari ulasan Bapak bisa digunakan untuk Smartfren, apakah memang bisa untuk Smartfren juga Pak atau harus ada cara khusus supaya pisa support Smartfen.

    1. Pak Herry Kristianto,

      Iya, sukses saya padukan dengan kartu Smartfren. Yang penting pengaturan jaringan Anda arahkan ke 4G saja.

  86. Mat Sore Pak Herry,
    Saya pakai alcatel flash 2, simcard telkomsel sudah migrasi dari 3G ke 4G di grapari (soalnya di kotaku baru telkomsel yg 4G/operator lain belum) ..trus phone sudah disetting 4G/3G/2G tapi jaringan 4G gak deteksi kemudian setting saya rubah ke 4G malah jaringan hilang. Penasaran.. kemudian saya melakukan pencarian jaringan secara manual hasilnya cuma 3G & 2G. Gak kehilangan akal setting APN secara manual sesuai panduan di internet jg sudah hasil tetep Nihil. Apa mungkin phone Alcatel saya rusak ya, lihat punya temen sebelah merk Assus dan Iphone deteksi 4G dg bar yg full. Mohon pencerahan pak, soal tiap sy beli data telkomsel bonus 4G gak terpakai/hangus…trks bantuannya.

    1. Pak Azis Bael,

      Saya rekap dulu ya:
      * Anda telah memakai ponsel 4G –> Flash 2.
      * Anda telah memakai kartu 4G.
      * Anda berada di area layanan 4G –> terbukti teman Anda sukses memperoleh sinyal 4G via ponsel Asus dan iPhone.

      Benar begitu? Kalau iya, tetapi Anda masih tak bisa memperoleh sinyal 4G LTE, kemungkinannya tinggal satu nih. Silakan hubungi call center Telkomsel atau datang langsung ke GraPARI Telkomsel. Mintalah petugas untuk mengecek status nomor Anda di sistem. Apakah fitur 4G untuk nomor Anda sudah aktif? Kalau belum, mintalah diaktifkan. Saya menduga fitur 4G LTE untuk nomor Anda lupa diaktifkan oleh petugas yang dulu melayani Anda migrasi ke 4G.

  87. Om mau nanya nih, Saya mau beli hp tapi masih bingung pilih Meizu M2/Alcatel Flash 2/Xiaomi redmi 3, Menurut om gimana? Apa alasannya?

    1. Pak Tio3300,

      Redmi 3 saya belum pernah coba karena belum ada yang bergaransi resmi.

      Tersisa dua ponsel. Menurut saya, dua-duanya jangan dibeli deh. Dengan anggaran Anda yang saya perkirakan mendekati Rp 2 juta, mending beli Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL atau Hisense Pureshot.

  88. Memangnya kenapa om tidak boleh? saya baca review om tentang alcatel flash 2 jadi tertarik karna hampir tidak ada kekurangannya

    1. Pak Tio3300,

      Layarnya terasa kurang enak dan itu cukup mengganggu lho. Saat ini sudah ada banyak pilihan lain yang lebih menarik deh.

    1. Pak Tio3300,

      Kalau Flash Plus 2, silakan tanyakan kepada saya minimal seminggu lagi. Sebab, saya baru memakainya beberapa jam.

      Galaxy J5 jangan deh.

  89. mauu nayaa dikit ini gan saya mau beli hp antara wiko robby,alcatel flash2,meizu m2
    sedikit saran ini gan mana yang bagusan yaaa?

    1. Bu Ririn Ninda,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Redmi 3 semua varian dengan alasan belum ada yang bergaransi resmi.

  90. Mas herry mau tanya .bisa gak xl4 g nya untuk wilayah jakarta jika di pakai di flash2 nya. Trimakasih sebelum nya selamat siang

    1. Pak Odie,

      Maksudnya kalau pakai kartu 4G XL + Flash Plus 2 apakah bisa dapat sinyal 4G LTE di Jakarta ya? Jawabannya, bisa.

  91. Siang koh mau nanya nih kalo smartphone dibawah 2 juta recommendsasi om apa ya?saya punya candidat ada 3….alcatel flash 2,infinix hot 3 max,meizu m2 note……

    Kalo kokoh recommends yg mana?atau ada saran yg lain koh,terimakasih

    1. Pak Adi,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      Di antara tiga pilihan itu, saya memilih Infinix Hot 3. Alternatif yang lebih mantap adalah Asus Zenfone 2 Laser.

  92. pak klo ini apa artinya . Nemu di pencarian jaringan manual lte Alcatel flash 2
    510284g (menonaktifkan)
    510094g (menonaktifkan)
    ati dari menonaktifkan apa ya pak
    kalo Telkomsel ma Indosat ga ada (menonaktifkan)

    1. Pak Mulyana,

      Yang angka-angka itu kode jaringan 4G LTE Smartfren.

      Menonaktifkan itu maksudnya Anda nggak bisa masuk ke jaringan tersebut.

  93. saya membeli ponsel ini akhir tahun 2015 online. baru beberapa minggu sering mati atau kalau di-restart malah mati. dihidupkan lagi susah. tombol dipencet agak lama baru bisa nyala. saya cari2 di google ternyata itu disebut bootloop. sebulan dari pembelian saya komplen ke service center di bandung. ponsel dirawat kurang lebih 2-3 minggu. katanya mesin harus diganti. OK saya terima. mesin ganti, imei ganti. beberapa bulan lancar jaya. pertengahan 2016 penyakit bootloop kembali datang. sampai saat menulis ini penyakit masih sering kambuh. ponsel sering mati mendadak ketika dipakai, terutama ketika dipakai google maps atau internetan. kadang batere ngaco tiba2 ngedrop. kadang2 dicas lama, kadang baru sejam langsung full. parah nih…

  94. Halu pak Herry,
    Sy mau tny,
    AOFP+ sy klo di-charge pake power bank koq ndk smpe 100% ya,selalu smpe 85% PB mati dan berhenti nge-charge. PB dicoba nge-charge HP laen bs smpe 100%.
    Sy jg dah coba dg 3 PB beberapa kali,hasilna tetap stag di 85% aja,PB mati sendiri dan berhenti nge-charge.
    Knapa ya pak? Pernah ngalamin hal tsb tidak pak?
    Trims.

    1. Pak Gama,

      AOFP+ itu apa ya? Saya anggap itu ponsel.

      Karena Anda sudah mencoba dengan tiga power bank berbeda, kemungkinan ketika daya baterai telah terisi 85%, selanjutnya ponsel cuma bisa menerima arus listrik yang sangat kecil/lambat. Power bank menganggap baterai ponsel telah penuh dan menghentikan proses pengisian.

  95. AOFP+ itu Alcatel Onetouch Flash Plus…..hehe sy singkat pak Herry…
    Jadi klo begitu,ponsel Alcatel Onetouch Flash Plus tidak cocok jika di charge dengan powerbank?
    Mungkinkah begitu pak?

  96. semuanya bagus,,, hanya 1 klemahan flas2 ,,
    speacker outputny,,, kresek-kresek,,, ga begitu jrlas,,, kecil suaranya…

  97. Wah klo begitu HP Alcatel Onetouch Flash Plus sy ndk berjodoh dg powerbank Delcell Grand 16.800 mAh yg mau dikaseh gratis sama pak Herry nih…
    Ya sudahlah ndak apaยฒ hehehe…
    Tapi sy tetap optimis bisa dapetin powerbank tersebut lho pak hehehehehehe………

  98. Hehehehe…ya pak…
    Oya,meneruskan pertanyaan sy,
    pak Herry pernah ndk ngecharge Alcatel Onetouch Flash Plus (AOFP+) dg power bank?klo pernah,apa bisa smpe 100% kah?
    Tks…

  99. Halo pak HSW, setelah saya baca beberapa jawaban bapak untuk rekomendasi smartphone di range harga 2jutaa ke bawah, pak hsw banyak sekali menjagokan hi sense pure shot. Kira2 kalau dibandingkan dengan redmi 2 prime lebih baik mana?

    1. Bu Kania,

      Ya, Hisense Pureshot memang menarik. Namun, karena stoknya di mana-mana sudah ludes, silakan melupakan ponsel itu deh.

      Redmi 2 Prime juga bagus. Namun, lagi-lagi saya meminta Anda melupakannya karena Redmi 2 Prime bergaransi resmi sudah tidak tersedia lagi di pasar.

  100. Saya pakai flash’ 2 sekitar 4 bulan, cuma suara saat menerima telpon sangat kecil, kalo volume di setel full maka suara menjadi pecah/tidak jernih, begitu juga suara kalo pake speaker, suara pecah dan sangat kecil. Apakah memang seperti itu kualitas suara pada flash’ 2? Pada kamera belakang tampak seperti ada dua led flash’ warna kuning dan putih, tapi hanya led kuning yg bisa on. Bisakah led flashnya disetting menjadi putih?

    1. Pak Rudi,

      Coba Anda periksakan ke pusat perbaikan resmi deh. Seharusnya tidak begitu kok.

      Warna lampu kilat tidak bisa diganti.

  101. Pak Herry maap keluar topik,
    Untuk ponsel Flas Plus,kiraยฒ brp jam ya klo dipakai nonstop atau layar menyala terus dg kondisi paket data on dipakai utk medsos???
    Soalna sy pernah baca bbrp testimoni,ni ponsel bs bertahan sehari penuh utk pemakaian nonstop (medsos,browser)..

    1. Bu Hana,

      Nggak pernah menghitung tepatnya berapa jam.

      Kalau nonstop dipakai untuk medsos dan browsing, saya yakin baterainya takkan tahan sehari penuh.

  102. Selamat pagi pak.. Mau tanya nih soal HP flash plus 2, di HP saya setingan Pengaturan Gambar di Kamera (seperti ketajaman, warna, kecerahan, saturnasi) kenapa selalu kembali ke Pengaturan awal (Pengaturan Aseli) setelah Kamera kita tutup dan buka kembali?? Diatur lagi, selalu balik lagi pengaturannya ke Awal, jadi ribet kalo mau pake kamera harus selalu diatur settingannya… Apakah HP saya error atau bagaimana pak? Mohon bantuannya, terima kasih

    1. Pak Andre,

      Saya lupa default pengaturan di kamera ponsel itu seperti apa. Di banyak kamera ponsel, pengaturan memang akan auto-reset kalau pengguna keluar dari menu kamera.

  103. om apa benar alcatel itu punya nokia
    dan katanya alcatel flash 2
    punya kamera bagus dan peforma kencang
    kalo dibanding sama kamera mi4i dan zenfone 3
    bagus mana om performa dan hasil kameranya

  104. aku kira alcatel itu punya nokia
    karna nokia akuisasi alcatel lucent
    jadi untuk kamera masih bagus mi4i ea om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *