Review Alcatel onetouch Idol X: High End Pertama Usai Absen

Terpantau lama absen menawarkan ponsel high end ke negeri ini, Alcatel rupanya mulai bangun dari tidur panjangnya. Merek asal Perancis yang sekarang dimiliki oleh TCL Communication Tiongkok itu menghadirkan Alcatel onetouch Idol X alias 6040D. Mengikuti tren pasar, ponsel tersebut bersistem operasi Android dan dual SIM.

Idol X dibekali dua selot kartu SIM mikro. Satu di sisi kiri bodi, satu lagi di sisi kanan. Untuk memasangkan maupun melepaskan kartu SIM mikro, tak diperlukan jarum atau alat bantu lain. Cukup ditekan memakai kuku, penutup selot kartu bakal terbuka. Satu di antara dua nomor GSM yang sedang siaga dapat masuk ke jaringan 3G. Selain ber-video call, asalkan didukung oleh layanan operator, pengguna bisa menikmati layanan internet HSPA dual carrier 42 Mbps.

Idol X-1

Ponsel Android 4.2.2 Jelly Bean itu dibekali layar sentuh IPS lima inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel. Tampilan layar terasa sedap dipandang mata. Karena sudah mengadopsi Dragontrail Glass, permukaan layar sebetulnya relatif lebih tahan terhadap goresan. Meskipun demikian, seperti yang rutin penulis sarankan, pengguna sebaiknya tetap melapisi layar Idol X dengan pelindung layar. Sekadar untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Lebih baik mengeluarkan dana Rp 20 ribuan daripada menyesal karena layar tak sengaja tergores, bukan?

Prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6589T 1,5 GHz, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Idol X. Memori internal ponsel digabung dalam satu partisi yang diberi nama phone storage. Saat ponsel dalam kondisi belum diutak-atik, sisa ruang penyimpanan yang tersedia mencapai 12,56 GB. Tidak tersedia selot microSD di ponsel berukuran 140,4 x 67,5 x 6,9 mm dan berat 130 gram itu.

Idol X-2

Idol X dibekali pula dengan Wi-Fi, bluetooth, GPS, kompas, dan radio FM. Dua kamera siap dioptimalkan oleh pengguna. Kamera belakang yang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal 4.224 x 3.168 piksel atau setara 13,38 MP. Kamera itu juga sanggup memproduksi klip video full HD 1080p.

Sedangkan kamera di sisi muka hanya dapat menyodorkan foto beresolusi 1.080 x 1.792 piksel (1,81 megapiksel) dan klip video HD720p. Asyiknya, terdapat pilihan fitur Expression. Bila pengguna mengaktifkannya, ponsel bakal merekam empat ekspresi wajah pengguna dalam satu bingkai foto.

Baterai lithium ion 2.000 mAh yang ditanamkan ke bodi menjadi sumber tenaga bagi Idol X. Kala daya baterai menipis, aktifkan saja mode ultimate saver yang spontan mengubah ponsel cerdas itu menjadi ponsel biasa. Fiturnya cuma daftar kontak, telepon, SMS, kalender, dan alarm. Ya, setidaknya untuk bertahan hidup sampai baterai ponsel bisa diisi ulang.

Idol X-14

Selama menguji pakai Idol X, penulis merasa ponsel itu andal dan nyaman dipakai. Saat ini harga jual eceran Idol X dipatok Rp 3,999 juta. Tanpa usaha keras, peminat mestinya bisa mendapatkannya di pasar dengan harga tak lebih dari Rp 3,6 juta. Namun, mengingat popularitas Alcatel di sini masih sangat rendah, mayoritas peminat amat mungkin tetap memandang harga tersebut kurang seksi.

***

Contoh hasil jepretan kamera Idol X.

Idol X-3

Idol X-6

Idol X-7

Idol X-5

Idol X-8

Idol X-4

Yang di bawah ini menggunakan kamera depan, dengan memanfaatkan fitur Expression.

Idol X-9

***

Tampilan layar ponsel usai menjalankan Antutu Benchmark, Quadrant Standard Edition, dan Android Sensor Box.

Idol X-10

Idol X-11

Idol X-12

Idol X-13

11 thoughts to “Review Alcatel onetouch Idol X: High End Pertama Usai Absen”

  1. wah ini lebih menarik dibandingkan lenovo vibe x, sama2 sudah full hd tapi ini dual sim. kalau after sales service nya gimana pak?

    1. Pak Priadi,

      Kalau melihat perkembangan ponsel terbaru, asalkan kapasitas memori internalnya minimal 16 GB, ketiadaan selot microSD bisa sedikit dimaklumi. Namun, kalau ada selot microSD-nya tentu lebih menarik.

    1. Pak Ed,

      Locking GPS nggak terlalu cepat. Kalah cepat dibandingkan Andromax i2 yang harganya Rp 1,4 jutaan.

      Silakan mencari di toko-toko biasa atau, kalau mau online, coba cek http://www.poinbuy.com. Di Erafone dan Oke Shop saya belum pernah lihat.

  2. OOT nih Pak Herry, istri saya pakai Alcatel D920 nya smartfren batere boros sekali…. hanya 4 jam, sampai setiap mau pakai yang agak intensif (browsing, main game) harus colok powerbank/ charger. Di menu battery, sepertinya yang buat terboros adalah display nya. Apa ada batere extended / hi-cap nya ya?

    1. Pak Prayogi2k,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada saat ini. Beberapa hari terakhir saya terkena sinusitis sehingga kesulitan berlama-lama menatap layar laptop atau ponsel.

      Baterai yang boros tampaknya memang menjadi kelemahan bawaan D920. Pengguna ponsel itu rata-rata mengeluhkan hal yang sama. Saya belum pernah menjumpai ada penjual aksesori yang menawarkan baterai high capacity untuk D920.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *