Review Anker PowerLine+: Kabel Tak Rusak walau Diajak “Tarik Tambang”

Saat menguji pakai charger dengan enam colokan USB yang ulasannya dapat dibaca di sini, penulis alias HSW juga menjajal kabel Anker PowerLine+. Usia pemakaian kabel itu diklaim minimal lima kali lipat lebih lama dibandingkan rata-rata kabel charging lain. Sedangkan daya tahannya terhadap tekukan hingga sepuluh kali lebih tinggi daripada kebanyakan kabel.

Benarkah kabel itu tangguh? Siapa tahu klaim sepihak produsen ternyata omong kosong. Sebab, namanya saja promosi, tak ada kecap nomor dua. Semua mengklaim sebagai kecap nomor satu. Terbaik di dunia.

Ada dua kabel PowerLine+ yang dicoba. Satu berwarna putih dengan konektor micro USB, satu lagi merah dengan konektor lightning ala Apple. Masing-masing kabel dilengkapi semacam dompet untuk mempermudah pengguna membawanya.

Hingga saat ini, sepasang kabel tersebut telah HSW gunakan selama lebih dari dua bulan. Kabel micro USB sudah dipadukan dengan belasan ponsel dari berbagai merek, dua tipe mifi, dan tiga unit power bank. Hasilnya, proses pengisian ulang daya dan transfer data dapat dilakukan dengan baik. Kabel itu terbukti pula mendukung fast charging maupun Qualcomm Quick Charge 3.0.

Berbeda dengan kabel micro USB yang sudah bersentuhan dengan aneka gawai, kabel lightning selalu dipasangkan dengan iPhone 7. Maklum, iPhone 7 itu satu-satunya produk Apple yang tersedia di rumah HSW. Proses charging serta transfer file juga selalu sukses.

Sedikit pengetahuan tambahan, produk Apple dikenal “cerewet” kala dipadukan dengan kabel dan charger non-orisinal. Bila suatu ketika Anda ingin membeli kabel atau charger bukan orisinal Apple, pastikan membeli produk yang telah mengantongi sertifikat MFI.

MFI merupakan singkatan dari made for iPod, made for iPhone, sekaligus made for iPad. Sertifikat MFI diberikan kepada produsen perangkat keras (hardware) dan peranti lunak (software) yang dinyatakan berhasil memenuhi standar Apple.

Serangkaian pengujian dilakukan terhadap produk yang ingin disertifikasi. Bukan hanya pengetesan kinerja dan daya tahan. Desain suatu produk juga wajib sesuai dengan “cita rasa” Apple. Konon tingkat keberhasilan mendapatkan sertifikat MFI dua persen saja. Di antara seratus produk yang menjalani proses sertifikasi, cuma dua yang dinyatakan lulus. Wow!

Saatnya melakukan percobaan ekstrem untuk mengetes daya tahan kabel PowerLine+. Kalau dicermati, permukaan kabel PowerLine+ bukan berwujud karet biasa (ehmm… lebih tepatnya PVC). Ada nilon yang membungkusnya. Istilah bakunya nylon braided cable. Sepintas mirip tali prusik yang lazim digunakan dalam aktivitas panjat dinding dan panjat tebing.

Uji ketahanan kabel ala HSW sederhana saja. HSW memegang satu ujung kabel PowerLine+. Seorang teman yang bertubuh tinggi besar, tetapi tidak berperut tambun seperti HSW, memegang erat satu ujung lainnya. Kami kemudian seolah bermain tarik tambang. Kabel ditarik sekuat tenaga. Mmppfff….

Berikutnya, kabel yang kelar dipakai “tarik tambang” diikatkan ke sebuah botol. Kabel dipegang dan botol yang berisi air tersebut diayunkan berkali-kali. Terakhir, kabel dipilin berulang-ulang.

Puas menyiksa PowerLine+, kabel itu diurai dan dilepaskan dari botol, lalu digunakan untuk men-charge baterai ponsel. Tetap lancar! Sejak “diperkosa” pada 1 Mei 2017 sampai ulasan ini HSW ketikkan, kabel tersebut masih berfungsi dengan baik.

Berminat mencicipi PowerLine+? Kabel PowerLine+ micro USB dijual mulai Rp 209.800, sedangkan kabel PowerLine+ lightning mulai Rp 346.800. Kabel itu digaransi selama 1,5 tahun alias 18 bulan.

Sampai 1 Juli 2017, pembaca blog Ponselmu yang melakukan pembelian produk Anker apa pun via situs www.ankerindonesia.com berhak mendapatkan diskon 15 persen. Caranya, setelah melakukan check out, masukkan kode voucher PONSELMU17. Total pembayaran akan langsung dipotong 15 persen.

Tentang perolehan kode diskon, hal itu berawal dari cuitan HSW di Twitter. Saat itu HSW mencuit tentang iPhone 7. Charger dan kabel data Anker terlihat cukup jelas di latar belakang foto. Mengetahui HSW sedang menguji pakai produk yang dipasarkannya, pengelola Anker Indonesia menawarkan penerbitan kupon diskon. Karena berstatus tanpa syarat dan tidak mengintervensi isi review, HSW memutuskan menerimanya.

47 thoughts on “Review Anker PowerLine+: Kabel Tak Rusak walau Diajak “Tarik Tambang”

    1. Pak Lukman E,

      Saya belum pernah mencoba dan melihat PowerLine. Kalau mengacu kepada tampilan foto di situs resminya, PowerLine tidak dibungkus nilon.

  1. Malam Pak Herry,
    Maaf mlenceng dari judul artikel, sy ingn saran/pendpat mengenai smartphone iphone, sy pnasaran ingin mencoba memakai ios, menurut pengalaman Pak Herry selama pemakaian smartphone merk iphone bgaimna ya? Nilai plus minusnya (Sy ingin mencoba iphone 6)

    1. Pak Wahyu Hary,

      Saya jarang sekali mencoba iOS. Usai iPhone 4 langsung lompat ke iPhone 7. Buat saya, pergerakan menu ponsel yang selalu lancar menjadi kelebihan iPhone. Minusnya, belum ada yang dual SIM.

  2. Awal2 saya ga begitu ngeh dengan produk ini oom. Saya kirain sama kyk produk kebanyakan (maaf). Tapi belakangan kayaknya saya juga liat review produk ini di the verge (saya masih blum ngeh juga). Nah setelah membaca review oom herry di tulisan ini, baru saya beneran ngeh hehehe. Reviewnya mantap oom, worth to buy dengan segala keunggulannya.

    Sukses trus buat ponselmu.com. jujur blog ini sering saya pantengin buat nambah wawasan saya.

  3. Pak maaf oot. saya mau tanya Asus Zenfone Go zb500kl apakah perporma bagus jika dibandingkan Samsung j5 2016, karena dari harga bedanya lumayan tapi speknya mirip?

    saya sblmnya 3 tahun pakai Windows phone Nokia Lumia 720, mau coba pake android yg murah kisaran 1,4 jt. dan mau tanya juga apakah Smartphone Asus gampang overheat seperti banyak ulasan? terima kasih.

    1. Pak Edo,

      Tak tahu. Saya belum pernah coba ponsel itu.

      Yang mudah panas itu generasi sampai Zenfone 2. Setelah itu baik-baik saja kok.

  4. Sore Pak HSW,
    Dalam situs resminya kabel anker usb ini ada 2 macam tipenya ya, powerline micro usb dan powerline + micro usb
    Perbedaanya apa ya Pak, apakah yang powerline micro usb hanya bisa sebagai kabel charger saja namun tidak bisa di pakai sebagai kabel data ? Sedangkan yang powerline+micro usb bisa sebagai kabel data dan kabel charger ?
    Terima kasih, sehat selalu untuk Pak HSW.

    1. Pak Hari,

      Saya belum pernah melihat, memegang, apalagi mencoba yang PowerLine. Kalau melihat foto di internet, PowerLine tanpa + tidak dibungkus nilon. Soal fungsi umum, sepertinya sama.

  5. Pak, saya ada bbrp pertanyaan utk bapak, saya rencana mau beli hp antara Samsung S8 atau iPhone 7, akhir bulan ini utk ulang tahun istri saya,
    1. Pak Herry pernah bilang antara Samsung S8 dan iPhone 7, kalau tidak butuh dual sim mending iPhone 7. Kenapa pak?
    2. Hasil kamera Samsung S8 dan iPhone 7, mana yg lebih baik? Baik outdoor, indoor, low light maupun normal.
    3. Seandainya untuk pemakaian normal, sosial media, kamera, selfie, email kantor nyaris tidak pernah game, kecuali Candy Crush, mana yg menurut bapak lebih baik? Samsung S8 atau iPhone 7?
    4. Di Indonesia, mana yg aftersalesnya lebih baik Samsung atau Apple?
    5. Apakah menurut pak Herry Nokia 3310 reborn seharga 650,000 itu layak dibeli?

    Terima kasih.

    1. Pak Ming,

      1. Alasannya sederhana. iPhone 7 lebih gegas, lebih enak digenggam, dan baterainya lebih hemat.

      2. Sebenarnya setara. Namun, menurut saya, kebanyakan orang akan menilai kamera S8 lebih bagus karena warnanya lebih keluar. Kalau Anda mencari yang hasil jepretan fotonya lebih natural (sesuai warna objek asli), iPhone 7 lebih pas.

      3. Jawabannya bergantung poin nomor 2 dan Anda perlu dual SIM atau tidak.

      4. Layanan pusat perbaikan resmi Samsung jauh lebih bagus daripada Apple.

      5. Dilihat dari spesifikasi, harga jual segitu jelas terlalu mahal. Ponsel itu lebih cocok dilirik buat bernostalgia. Sebatas itu deh.

      1. Pak, apakah klaim garansi resmi iPhone masih sama seperti sebelum TKDN, yaitu berbulan2 dan mending dibawa langsung ke Singapore?
        Terima Kasih atas jawabannya yg sebelumnya maupun yg ini, pak.

  6. Selamat malam, Pak Herry. Maaf bertanya hal lain.
    1. Mohon rekomendasi untuk Mifi yang bisa dipakai untuk semua operator 4G, kalau bisa juga dipakai di luar negeri seperti Australia, Singapura.
    2. Saya lagi galau memilih Asus Zenfone 3 Max ROM 32 gb atau Redmi Note 4. Mohon saran mana yang lebih rekomended, Pak. Seingat saya Redmi Note 4 masih dalam antrean ya, Pak. Masih lama kah review Redmi Note 4 nya, Pak?
    Terimakasih banyak untuk bantuan Pak Herry. Semoga Ponselmu makin moncer.

          1. pak Sofy, ditambahi dengan Lenovo k6 note di kisaran 2,8 juta.. jadi ada 4 gawai yang bersaing.. saya menunggu review koh HSW dulu saja

          2. noted om HSW.
            om mau tanya dikit.. meskipun beda kelas harga, boleh nanya komparasi value atas uang yang dikeluarkan antara infinix zero 4 plus di harga 3.6 an dengan xiaomi redmi note 4…? Menurut om HSW yaang mana yang lenih worthed atas biaya yg dikeluarkan?

    1. Pak Seto,

      Bolehnya sih boleh saja, apalagi bila Anda harus selalu mudah dihubungi. Namun, hal itu sebenarnya kurang bagus karena proses pengisian ulang akan menjadi lebih lama. Ponsel juga bakal cenderung panas.

      1. Pak HSW… Msemoga makin mendunia… Cakep dah hahaha.. Saya masih menanti review xiaomi redmi note 4 nya. Semoga cepat diupload naskahnya

  7. Mau tanya om herry, lebih baik mana antara samsung a5 2016 sama asus zenfone 3 ze520kl. Soalnya dari segi harga sekarang hampir sama. Kalo yg hasil foto video bagus dan battry Irit lebih baik pilih yg mana?

      1. Indikasinya apa ya pak? Soalnya saya baru2 ini beli kabel lightning MiLi. Perbedaan harganya 2x lipat dibanding Anker untuk kabel lightning nya.

        1. Pak Bayu,

          Diajak main tarik tambang masih kuat. Saya yakin dengan perlakuan ekstrem serupa, punya MiLi bakal rusak duluan.

  8. selamat siang Pak Harry, mau Tanya, apa ya bedanya kabel powerline lightning dan powerline plus lightning? karena perbedaan harganya lumayan

    1. Bu/Pak Dira,

      Kita nantikan munculnya Pak Harry ya. Saya tak tahu dia pergi ke mana. Sudah lama menghilang.

  9. Selamat siang Pak Herry, mau Tanya, apa ya perbedaan kabel angker powerline lightning dan powerline + lightning? karena perbedaan harganya cukup lumayan juga.
    terima kasih.
    mohon maaf Saya kirim ulang pertanyaannya, tadi typo ketik namanya. hehe

    1. Pak/Bu Dira,

      Yang tanpa + cuma kabel karet/PVC. Kalau yang dengan + berlapis nylon sehingga lebih kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *