Review Apple iPhone 7: Lebih Memuaskan daripada Galaxy S8

Tanggal ini, sepuluh tahun lalu, iPhone generasi pertama mulai dipasarkan. Dengan memanfaatkan momen tersebut, hari ini HSW menuntaskan review iPhone 7 kemudian mengunggahnya ke blog Ponselmu.

Kesimpulan HSW terhadap iPhone 7 sederhana saja. Dengan mengabaikan kemampuan dual SIM yang belum pernah tersedia di iPhone, gawai itu rupanya menarik. Kinerjanya pantas diberi acungan jempol. Performa keseluruhan iPhone 7 lebih memuaskan daripada Samsung Galaxy S8. Serius!

iPhone 7 dibekali layar IPS 4,7 inci retina HD 1.334 x 750 piksel. Tampilan layarnya sangat enak dipandang mata. Berdimensi fisik 138,3 x 67,1 x 7,1 milimeter dan berat 138 gram, ponsel itu nyaman digenggam maupun dikantongi.

Di sisi kiri bodi terdapat tombol geser ke mode silent dan tombol volume. Sedangkan di sisi kanan, pengguna bakal menjumpai tombol power dan selot yang hanya dapat menampung satu kartu nano SIM. Speaker dan konektor lightning ditempatkan di bagian bawah.

Karena HSW berjari tangan besar, tingkat kesalahan ketik kala memakai ponsel berlayar sentuh kecil biasanya cukup tinggi. Hal serupa tidak terjadi di iPhone 7. Papan ketik virtual bawaan ponsel itu seolah mampu menebak maksud HSW.

Kamera utama iPhone 7 dibekali fokus otomatis, lampu kilat, dan lensa dengan bukaan f/1,8. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi 12 megapiksel dan klip video 4K UHD. Hasil kameranya sangat layak disebut bagus. Terang dan natural. Detail objek yang dijepret mampu diabadikan dengan baik.

Sementara itu, kamera depan ponsel siap memproduksi foto beresolusi tujuh megapiksel. Walaupun tanpa fokus otomatis dan lampu kilat, realitanya saat berswafoto (selfie) pengguna bisa meminta tambahan pencahayaan. Tekan saja ikon lampu kilat. Kala tombol penjepret alias shutter ditekan, layar iPhone 7 bakal memancarkan cahaya bak lampu kilat. Kamera depan iPhone 7 siap pula menghasilkan klip video beresolusi full HD 1080p.

Prosesor empat inti (quad core) Apple A10 Fusion 2,34 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan sensor sidik jari merupakan sebagian spesifikasi lain iPhone 7. Ponsel bersistem operasi iOS 10.3.2 itu juga mendukung fungsi 3D Touch. Hanya dengan menekan layar di ikon atau notifikasi tertentu, pengguna bisa mengintip pesan dan mengakses suatu fitur secara cepat.

Berinteraksi dengan air tawar bukanlah hal tabu bagi iPhone 7 karena ia mengantongi rating IP67. Gawai itu ditawarkan dalam tiga varian kapasitas memori: 32 GB, 128 GB, dan 256 GB. HSW memakai varian terkecil. Saat ponsel usai diaktivasi, sisa memori internal tercatat 27,35 GB.

Bagi HSW yang cuma pernah me-review iPhone generasi pertama, loncat mencicipi iPhone 4, dan kini lompat ke iPhone 7, harus diakui iPhone 7 secara umum memuaskan. Enak dipandang, gegas, dan berkamera bagus. Daya tahan baterainya pun melebihi ekspektasi. Maksudnya?

Begini. Baterai tanam di iPhone 7 berkapasitas 1.960 mAh saja sehingga awalnya HSW merasa perlu membawa charger atau power bank. “Sore hari paling-paling telah kehabisan daya,” pikir HSW.

Kenyataannya tidak seperti itu. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai iPhone 7 ternyata sanggup bertahan hingga 16 jam. Kalau diadu dengan ponsel pintar yang sama-sama mahal dan flagship, iPhone 7 sukses mengalahkan Samsung Galaxy S8. Di tangan HSW, baterai Galaxy S8 hanya mampu bertahan paling lama 12 jam.

Betapa pun, karena lebih sering menggunakan ponsel Android dan sangat jarang memakai peranti iOS, HSW harus beradaptasi kala memakai iPhone 7 sebagai ponsel utama. HSW juga mesti menerima empat hal yang selama ini dapat dinikmati di ponsel Android.

Pertama, saat papan ketik alias keyboard virtual ditekan, iPhone 7 tidak memberikan sensasi getaran. Padahal, buat HSW, ponsel yang bergetar membuat aktivitas mengetik terasa lebih nyata.

Kedua, tidak tersedia tombol back di bagian bawah layar ponsel. Ini sebenarnya masalah kebiasaan sih. Ketiga, tak bisa berkirim file ke ponsel lain via bluetooth. Keempat, hanya single SIM. Seandainya kelak muncul iPhone dual SIM, amat mungkin HSW akan lebih akrab dengan gawai berlogo apel kroak itu.

Bundel dengan Smartfren

Bila biasanya Apple bermitra dengan Telkomsel, kali ini kondisinya berbeda. Apple menunjuk Smartfren sebagai mitra eksklusif pemasaran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di Indonesia. Di mata pengguna awam, hal itu memunculkan banyak pertanyaan. Kesimpulan yang salah kaprah pun bertebaran.

Apakah iPhone 7 merupakan iPhone CDMA? Jawabannya, bukan! iPhone 7 mendukung layanan 4G LTE dan Smartfren merupakan salah satu penyedia layanan tersebut di Indonesia. Ketika membicarakan 4G LTE, tak ada lagi dikotomi operator GSM dan CDMA.

Saat kartu Smartfren diselipkan ke iPhone 7, pengguna bisa berinternet via layanan 4G LTE Smartfren. Aktivitas bertelepon juga leluasa dilakukan karena ponsel itu telah mendukung native VoLTE.

Kartu perdana GSM dan GSM+ Smartfren katanya lancar dipakai di iPhone 7. Jadi, sekarang Smartfren resmi menjadi operator GSM ya? Kartu perdana GSM dan GSM+ memang dapat berjalan dengan baik di iPhone 7. HSW telah membuktikannya. Kartu lama Smartfren yang HSW miliki juga bisa dipakai di iPhone 7 kok.

Namun, jangan lantas menyimpulkan Smartfren telah berubah menjadi operator GSM. Kata GSM ala Smartfren merupakan singkatan dari Gaya Semau-Mu, bukan Global System for Mobile Communication ala Telkomsel, XL Axiata, atau Indosat Ooredoo.

Menurut HSW, Smartfren sengaja menamakan kartu perdananya GSM dan GSM+ sebagai bagian dari strategi komunikasi pemasaran. Mereka ingin mempertegas bila kartu Smartfren dapat dipakai di ponsel GSM yang mendukung 4G LTE di frekuensi 850 atau 2300 MHz.

Bisakah iPhone 7 memakai nomor selain Smartfren? Tentu bisa. Walaupun demikian, harga terbaik (baca: termurah) iPhone 7 hanya akan diperoleh kalau peminat membelinya secara bundling dengan layanan Smartfren.

Sekadar ilustrasi, saat ini harga ritel resmi iPhone 7 yang HSW uji pakai dipatok Rp 11,999 juta. Kalau konsumen membelinya bersama paket layanan yang dinamakan iPlan, iPhone 7 tersebut cukup ditebus Rp 7,499 juta. Skema rincinya terlalu panjang bila dibahas di tulisan ini. Silakan mengintipnya di sini.

Kalau artikel sederhana ini ternyata dibaca oleh petinggi Smartfren dan Apple, HSW menitipkan dua usulan. Pertama, dalam pantauan HSW, jalur layanan purna jual unit iPhone yang dipasarkan Smartfren berujung di (sengaja disamarkan) *B*x. Reputasi perusahaan itu dalam melayani klaim garansi dikenal menguji kesabaran konsumen.

Alangkah indahnya bila Apple menyediakan jalur yang memungkinkan Smartfren berurusan langsung dengan, misalnya, pusat perbaikan resmi di Singapura. Mekanisme detailnya tinggal diatur lebih lanjut.

Asal tahu, selama ini proses klaim garansi di Singapura jauh lebih cepat daripada bila melewati “pintu” yang daftar alamatnya tertera di kartu garansi. Sekian hari terasa berbeda banget dengan sekian minggu, bahkan sekian bulan, bukan?

Kedua, kalau dicermati, pangsa pasar ponsel dual SIM terus meningkat. Wahai Anda yang berada di Cupertino, apakah Anda tak berencana menghadirkan iPhone dual SIM? Bila hal itu terwujud, minimal iPhone memiliki satu penggemar baru. Saya eh.. HSW!

***

Inilah foto-foto yang dijepret memakai mode otomatis di iPhone 7. Olah digital yang dilakukan hanya resize foto dan kompresi ukuran file.

Foto lalat di atas coba di-crop. Beginilah hasilnya.

Seperti biasa, diakhiri dengan swafoto memakai kamera depan.

131 thoughts on “Review Apple iPhone 7: Lebih Memuaskan daripada Galaxy S8

  1. Sebenernya saya bukan tipe orang yang beli hp flagship karena harganya yang wooww..

    Tapi semenjak ada program bundling dengan operator.. harga flagship pun makin terjangkau bila dibandingkan dengan harga ritel

    Walaupun ada review S8 yang tidak terlalu memuaskan.. dengan saya yang membeli dengan harga 3juta saja, membuat saya penasaran dengan

    iPhone 8

    Saya tidak bisa menikmati bundling iPhone 7, karena penugasan kerja saya belum ada signal smartfren..

    Semoga ketika launching nanti iphone8.. smartfren sudah luas lagi coverage nya

  2. Loh, fotonya peluncuran Mi 6 lagi? Bukannya waktu itu bapak pake Infinix ya?

    Soal masalah transfer file, karena di iphone tidak ada file explorer, lalu mengatasinya gimana ya Pak? Kalo misalnya pake OTG gtu gimana? Atau misalnya transfer file via Wifi?

    Terima kasih atas jawabannya.

    1. Pak Amaris,

      Saat itu saya membawa dua ponsel: Infinix Zero 4 Plus dan iPhone 7. Yang lebih banyak saya gunakan buat live tweet dan kemudian diposting di blog adalah Zero 4 Plus.

      Bisa pakai aplikasi tambahan. Misalnya, SHAREit. Saya tak punya OTG untuk iPhone sehingga tidak bisa mengetesnya.

      1. Sy mantan ios user yg kebetulan dulu ga tau share it.pertanyaannya apakah iphone 7 bisa menggunakan share it?file apa aja yg bisa dikirim?dikirim dr iphone ke android yg sama sama terinstal share it bisa g?atau sebaliknya.makasi

    1. Pak Rofas,

      Saya memakai iPhone 7 pada awal April 2017. Saat itu yang merah belum beredar resmi di sini.

    1. Pak Faizin,

      Kalimat lengkapnya: Hanya orang goblok dan cerobohlah yang percaya bahwa harta dan kekuasaan bisa dibawa menghadap tuhan yang maha kaya & kuasa.

  3. OOT ni koh herry
    1) samsung galaxy s8 apakah akan di review ?
    2) apakah bisa menelepon pakai kartu smartfen tanpa harus mendownload aplikasinya dulu di xiaomi redmi note 4 ?
    3)koh herry lebih pilih asus zenfone 3 max zc520tl atau xiaomi redmi note 4 jika mementingkan hal kegegasan dan kamera ?

  4. Wah, menurut bapak lebih bagus iPhone 7 ya daripada s8 tapi kalo kata om mouldie lebih bagus s8 hahaha perbedaan itu indah ya hehe

  5. Berarti ini menggunakan skema pascabayar via smartfren yg sama seperti verizon, docomo dll ya Pak Herry?
    apabila iphonenya kita ganti operator lain tidak apa-apa kan ya, Pak? yg penting kita tetap bayar paketan pasca bayar smartfrennya ya, Pak?

    1. Pak Rizky Edric,

      Saya tak tahu detail skema ala Verizon dan DoCoMo seperti apa. Yang Smartfren ini, intinya konsumen diikat kontrak, tapi ponselnya tidak di-lock. Boleh dipadukan dengan operator lain. Benar, yang penting tiap bulan tetap bayar.

  6. Pak herry dengan yg iPhone 7 plus bedanya apa ya? (selain ukuran body),kalo gak salah iPhone 7 plus menggunakan dual kamera. Apakah hasil foto keduanya beda jauh? Bagaimana hasil foto iPhone 7 dibangkitkan smartphone Android misal:S8/G6/P9

    1. Pak Djunaedi,

      Beda di layar, kapasitas RAM (2 GB vs 3 GB), kapasitas baterai, dan kamera.

      Benar, kamera belakang iPhone 7 Plus berlensa ganda. Saya tak pernah memakainya sehingga tidak mengetahui seberapa besar perbedaannya.

      Menurut saya, iPhone 7 unggul di warna yang natural dan kemampuan menangkap detail objek.

    2. temen saya pernah beli yang 7+.

      fitur yang pasti ada di 7+,,,
      – ada 1 menu (saya lupa nama menunya), jika di aktifkan, akan menambahkan sedikit video dalam sebuah foto.
      jadi misal kita memotret dengan menu itu aktif, foto yang kita hasilkan, ketika kita open, tidak hanya berupa gambar. akan tetapi ada semacam rekam jejak kamera selama beberapa periode sebelum menjepret dan setelah menjepret. intinya foto kita jadi seperti video.
      – red color (varian 7+ 128GB dan 7+ 256GB.

      saya baru xplore 2 fitur itu di 7+ (teman saya beli yang 128GB, red Iphone).
      kurang tau apakah fitur yang sama juga apply di Ip 7.

      1. Pak Kang Abet,

        * Yang pertama di iPhone 7 juga ada kok.
        * Soal varian warna merah, iPhone 7 pun ada.

  7. Menggiurkan….. Pak jika boleh tau, sedikit melenceng dari topik, skema bundling pembayaran di charge full di depan dengan kartu kredit ya pak? Kemudian flat per bulan dibayarkan minimal payment sesuai skema yang disepakati? Terima kasih

    1. Pak Joe Iwan,

      Limit kartu kredit dikunci di awal (bukan ditagihkan penuh). Seiring dengan pembayaran yang dilakukan konsumen per bulan, limit kartu kredit dikembalikan sedikit demi sedikit.

  8. Wah sudah ada iPhone 7 di ponselmu.com
    Tanpa melihat harga om, ponsel paling “baik” menurut om diantara para flagship Xiaomi MI6, Samsung galaxy S8, Huawei P10, LG G6 dan iPhone 7?
    Dalam kinerja kamera juga yang paling bagus Smartphone yang mana (diantara 5 diatas)

    TRIms om..

    1. Pak Delavega,

      Mi 6 saya abaikan karena tanpa garansi resmi ya. P10 juga dicoret karena saya belum pernah coba. Tersisa Galaxy S8, G6, dan iPhone 7. Yang paling nyaman dipakai sih sebenarnya G6.

      Di antara pilihan tersisa, Galaxy S8.

      1. Kalau misalnya saja Mi 6 datang dengan garansi resmi, urutan ponsel paling baiknya jadi gimana om? (Saya sangat2 penasaran, hehehe)

  9. Hasil kamera
    Iphone 7, lg g6, samsung s8 dan huawei p9 bagus mana ?

    Akhir2 ini tertarik sama flagship huawei
    Sayangnya p10 tidak masuk ya

  10. selamat sore pak herry, review bapak untuk iphone 7 cukup jelas
    begini pak ada yang ingin saya tanyakan diluar topik Iphone 7, apakah service center lenovo Indonesia cukup baik pak?
    atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih pak

    1. Pak Eka,

      Tak pernah saya celupkan. Khawatir screen protector tambahan terangkat. Mestinya ritual itu saya lakukan sebelum beli pelindung layar tambahan ya.

    1. Pak Fahmi,

      Kamera Galaxy A5 2017 biasa-biasa saja. Saya tak pernah mencoba Galaxy S7. Mestinya lebih bagus S7 flat.

    1. Pak Syaifan,

      Agak beda karakter sih. Hasil jepretan Galaxy S8 seolah telah “digoreng” sehingga hasil akhirnya terlihat lebih wow, walaupun berbeda dengan warna asli objek. Kalau hasil jepretan iPhone 7 lebih natural dan menyerupai kondisi asli.

      Secara umum sih dalam hal kamera sama-sama bagus.

  11. Salam Pak hendry.
    Ada yang saya tanyakan nih.mengenai service centernya gimana.apakah bagus?.kualitas kamera nya apakah oke.dan juga harga iphone kok mahal banget ya pak hendry.makasih

    1. Pak Itachi,

      Kita nantikan jawaban dari Pak Hendry ya. Saya tak tahu dia pergi ke mana. Sudah bertahun-tahun tidak pulang.

  12. Malam pak harry semoga sehat.
    Cara mengetahui iphone hdc bagaimana nih pak harry.saya mau beli tapi takut barang refurbish.

  13. Om.kok harga iphone ini gak masuk akal ya om.spek ram 2gb quad core dijual 11 juta.apakah wajar kah?

    1. Iphone menjual keselarasan, keindahan, pride & prestige. Coba pahami 4 kata itu.
      Jika tak membutuhkannya acuhkan Apple.

  14. Pak saya sempat tanya di postingan lain, tidak tahu sudah dijawab atau belum.

    Pertanyaan masih sama, jika saya ambil iPhone 7 garansi resmi ini, apakah untuk purna jualnya bisa di bawa ke Singapore juga? Atau stuck service di iBox saja? Maaf untuk uraian diatas saya tetap belum yakin jawabannya bisa atau tidak

    1. Pak Liat2aja,

      Bisa. iPhone 7 bergaransi resmi Indonesia bisa diklaimkan di Singapura. Saya justru menganjurkan begitu.

  15. Dear pak HSW

    Apakah pada ios yang bapak pakai bisa lock di jaringan 4G only? Kalau tidak apakah ada “triknya” supaya bisa lock di 4G, di lokasi saya sinyal 4G masih lemah jadi di iphone saya lebih sering sinyal 3G yang muncul. Terima kasih

    1. Pak Kurnia,

      Tidak ada pilihan menu untuk lock 4G only. Kalau Anda padukan dengan Smartfren, pasti 4G only deh. ๐Ÿ™‚

  16. Koh,
    Kalau untuk hp pendamping dengan ukuran layar maksimal 4.7 inch supaya bisa gampang masuk kantong, sarannya pakai apa ya?
    Mau nya yang Android aja karena biasa menggunakan Android dan sekarang lagi beralih ke iPhone 7 plus. Oh iya mesti yang dual sim ya soalnya punya 3 nomor yang dipakai bersamaan.

    Thanks

    1. Pak Wiwi,

      Terus terang tak ada rekomendasi. Sebab, ponsel Android dengan bentang layar segitu spesifikasinya rendah banget.

  17. Hasil kameranya jika dibandingkan dengan Mi 6 dan Asus Zenfone zoom s kira kira mana yg lebih baik Koh? Begitu juga dengan ketahanan baterai dengan pemakaian ala HSW. manakah yg paling tahan? Jawaban dari 2 prtanyaan saya tadi apa bisa diurutkan kualitas ketiganya? Terimakasih sebelumnya koh..

    1. Pak Chris,

      Untuk kamera, diurutkan dari yang terbaik: iPhone 7, Mi 6, dan Zenfone Zoom S (saat belum update ke Nougat).
      Untuk daya tahan baterai, diurutkan dari yang terlama: Zenfone Zoom S (Nougat), Mi 6, dan iPhone 7.

      Saya belum mengetes kamera Zenfone Zoom S usai mendapatkan update ke Nougat, beberapa hari lalu.

  18. pak kalau bole tau contak bapak saya ingin bertanya sesuatu tp harus kirim gambar jg

    enaknya d mana ya pak

  19. Keren ulasan nya pak hsw. Kalau iPhone 7 vs zenfone zoom s dalam hal kamera dll pilih mana. Matur suwon.

    1. Pak Hasyim,

      Untuk kamera saya lebih memilih iPhone 7. Untuk daya tahan baterai, ya jelas Zenfone Zoom S.

  20. Hasil foto dan ketahanan baterai Iphone 7 memang mantab ya Pak HSW. Teknologi yang ditawarkan apple benar2 mumpuni. Btw, akhirnya saya meminang Infinix Zero 4. Setelah melihat review Infinix Zero 4 plus dr ponselmu.com. Tks ya pak.

  21. Akhirnya review iphone keluar juga setelah sekian lama gak keluar2.

    Empat poin yg di Android pasti ada itu, yg no. 4 emang dr generasi pertama emang begitu koh

    Dulu waktu iphone 5s masuk resmi kesini koq gak langsung direview koh? Padahal klo gak salah harga barunya waktu itu sekitar 8-9 juta..

  22. Mohon maaf out of topic Pak Herry, saya ingin tanya

    1. Budget 3.5 juta zenfone 3 ze520kl 4/32 worth it gak pak? Mengingat dapat review bagus juga dari Pak Herry

    2. Selain zenfone 3 ze520kl, Gadget tipe apa ya yang menurut Pak Herry sangat layak untuk dibeli kisaran harga tersebut (3.5 juta).

    Terima kasih pak

  23. Pa Herry, mau tanya apakah tahu handphone yang ukuran layarnya di atas (> lebih besar) dari 5,5 inch yang memiliki dual sim card (yang jika salah satunya 4g aktif dan satu lagi 3g nya bisa aktif pula) ?
    Terima kasih.

  24. Memang seharusnya Bung HSW pake iOS sih untuk daily driver, menurut saya loh yah. Performa jangan ditanya, dan memang iOS juara soal user experience. Anti ribet, classy, dan tetap gengsi..

  25. Pak Herry, sy mau beli handphone budget 4 jutaan, mohon saran hape terbaik menurut pak herry untuk budget segitu..
    Sy tertarik dengan Asus Zenfone 3 ZE552KL 4/64.. Mungkin Pak herry punya bbrp saran hape yang lain yg lebih worth it..

    Terima kasih..

    1. Pak Khalid,

      Lah… ya sudah pas. Saya memang akan menyarankan ponsel tersebut. ๐Ÿ™‚

      Kalau Rp 4 jutaan mendekati Rp 5 juta, LG G5 SE boleh juga dipertimbangkan.

  26. Yg swafoto koq tulisan di kaosnya tidak terbalik ya ?
    Apa malahan aslinya tulisan di kaos terbalik, begitu swafoto malah jadi terbaca ?

    1. Pak Otong Tjahjono,

      Saya malahan tidak memperhatikannya. Di banyak ponsel kan sudah ada fitur untuk “membalik” hasil swafoto. Kaosnya sih normal.

  27. Om herry.snapdragon 430 milik redmi 3s sama snapdragon 616 milik 3 prime bagus mana ya pak herry.saya liat di google banyak yang bilang bagus s430.

    1. Pak Tomo,

      Terus terang saya kurang mengikuti perkembangan harga baru maupun bekas produk Apple. Khusus iPhone 7 32 GB, karena memilikinya, saya kebetulan agak memantau. Harga pasaran bekasnya sekitar Rp 8,5 juta.

    1. Pak Soni,

      Tidak saya perhatikan dengan detail sampai ke hitungan menit. Cepat kok. Sekitar satu jam lebih sedikit.

  28. Pak HSW, mau tanya.
    Bagusan mana antara redmi 4a vs redmi 2 prime?
    Untuk smartphone andoid termurah terbaik apa y Pak? (Kalau ada dibawah 1 juta)

    Makasih pak..

    1. Pak Leno,

      Secara umum Redmi 2 Prime terasa lebih mantap.

      Hmmm… kalau di bawah Rp 1 juta saya nggak berani memberikan rekomendasi. Kalau yang penting termurah, ya Redmi 4A (Rp 1,499 juta) lalu Moto E3 Power (Rp 1,55 juta).

  29. Pak HSW mau tanya,
    Untuk zenfone 2 laser ze500kl apakah bs pakai kartu smartfren? Terima kasih sebelumnya

  30. Nanya lagi om HSW
    1. Zenfone 2 laser kalau mau pakai smartfren langsung pakai atau harus diseting dulu?
    2. Stelah pkai smartfren apaka nanti bs gnti kartu lain/operator lain (krn pnya tman sy smsung j2 setelah pke smartfren drubah k krtu xl gk bs dbuat telpon cmn bs dbuat sms, pdhal sebelum pke smartfren bisa)?

    1. Pak Abdul,

      1. Cukup melakukan pengaturan APN secara manual.
      * APN: smartfren4g
      * Username: smartfren
      * Password: smartfren

      2. Bisa.

  31. Pak HSW saya user Iphone 5s. Apakah pak HSW punya trik untuk mengelock sinyal 4G di iphone? Iphone 5s punya saya sinyalnya susah ngelock sering berpindah 4G ke 3G dengan sendirinya padahal jaringan 4G di daerah saya lumayan stabil.
    Mohon bantuannya pak.

  32. Pak hsw, hp saya meizu m2 ada masalah kalau sedang 4g tidak lancar, selalu hilang jaringannya trus 10 detik ada lg jaringannya, padahal sinyal 4g nya full, saya sudah coba semua operator tp hasilnya sama, pak hsw punya solusinya? Terima kasih

    1. Pak Luqman,

      Silakan diperiksakan di pusat perbaikan resmi yang terus terang agak misterius itu.

  33. Pak Herry, setelah membaca review bapak, akhirnya saya membeli iPhone 7 instead of Samsung S8 untuk istri saya.
    Saya cuma “ngeri” ama after salesnya saja…
    Moga2 aman sampai bbrp th yah…
    Btw, ada info ga pak, kalau2 Apple akan membuka Apple store di Indo?
    Saya baca, Apple mulai serius di negara berkembang jg seperti India, apa Indonesia termasuk?
    http://m.dw.com/en/apple-targets-indias-mega-market/a-37353779

    1. Pak Ming,

      Belum ada kabar.

      Apple tentu serius menggarap pasar Indonesia. Kalau tidak, mereka takkan berinvestasi hingga ratusan miliar rupiah. Namun, saya tak mengetahui seberapa serius mereka. Sekadar bertemu dengan pejabat Apple pun saya belum pernah kok.

  34. Maaf pak Herry oot nih, lg g4 msh layak gak nih di 2017 ni saya dapat harga 1.800.000 mulus seri 60

    1. Pak Dian Sukoco,

      Kalau barang dalam kondisi bagus dan berfungsi normal, harga segitu sih langsung dibeli saja.

  35. antara Samsung Galaxy S8, Apple iPhone 7, dan Xiaomi Mi 6 menurut Om HSW urutan dari yang terbaik gimana?
    salam #mendingXiaomi
    kwkwk

    1. Pak Fajar Sidik Nugroho,

      Karena saya cinta yang bergaransi resmi, terpaksa Mi 6 dicoret duluan.

      Dengan mengabaikan kemampuan dual SIM, saya lebih memilih iPhone 7.

  36. Pak Hsw , rekomendasi ponsel harga 5 juta yang kamera nya bagus ?
    Untuk LG g5 se apakah masih layak beli ?

  37. Om Herry, saya ingin bertanya.

    Bukankah “lightning” merupakan nama merk colokan (port) ciptaan Apple? Jika iya, bukankah lebih benar jika ditulis seperti nama, yakni huruf kapital di huruf pertama saja dan tanpa huruf miring/italic, dalam sebuah wacana?

    Maafkan saya jika ternyata pertnyaan saya ini salah, karena semata-mata saya mendukung sikap Om berbahasa Indonesia yang benar. Terima kasih.

    1. Pak Ega_32,

      Oh, “lightning” itu merek tho? Saya malahan baru tahu. Terima kasih atas informasinya.

      1. Iya, salah satu teknologi ciptaan dan di-trademark-kan Apple Om, seperti Retina display dan Touch ID yang disebut pada layar ber-DPI tinggi dan pengenal sidik jari dalam produk-produk keluarannya.
        Tidak hanya ini, sebenarnya colokan kabel lain atau teknologi yang terstandardisasi oleh lembaga yang menciptakan pada umumnya juga sebuah merek dagang, seperti USB, microSD, dan Bluetooth. Maka dari itu pada dus aksesori gawai (baik di depan dalam bentuk โ„ข/ยฎ, maupun di belakang dalam sebuah kalimat) sering tertera informasi merek dagang pada teknologi yang diterapkan produsen aksesori tersebut.

        Sama sama Om

        1. Pak Ega_32,

          Oh begitu tho ceritanya. Namun, seiring perjalanan waktu, sebagian di antara benda-benda itu seolah telah menjadi istilah yang universal ya.

  38. Selamat pagi pak HSW, saya pengguna infinix zero 3 dan kenapa saya pilih itu? Karena itu adalah rekomendasi anda pak! Serius.

    Namun saya daridulu adalah fans setia Apple. Alhamdulillah pak HSW mereviewnya namun kelihatannya semakin tahun semakin rupiah melemah, iphone juga semakin tinggi harganya
    Rencana saya pengen iphone 7 biasa. Semoga tercapai dan harga turun.

    Ohya menurut pak HSW, apakah sudah tau bocoran iphone selanjutnya?
    Kabarnya akan ditiadakan tombol home padhaal itu ciri khas iphone yang bikin dia spesial.

    Pak HSW terlalu fokus ke android. Beberapa artikel bahas iphone juga dong pak.

    1. Ohya menurut pak HSW warna iphone 7 favorit apa?
      Saya memilih gold karena bersih tanpa garis antena menjadikannya seperti emas batangan haha.
      Atau jet black yang langka. Keren macam iphone 4.

      1. Pak Yan,

        Saya belum pernah melihat iPhone 7 yang merah. Di antara yang pernah saya lihat, hitam yang bukan jet black justru kelihatan lebih elegan.

    2. Pak Yan,

      Karena sifatnya baru rumor, nggak berani komentar soal iPhone generasi berikutnya deh.

      Ha… ha… lha iPhone harganya mahal, Pak. Ngeri kalau tiap kali keluar tipe baru mesti ambil satu unit.

  39. Salam Pak HSW, mohon rekomendasinya nih budget 7jutaan beli hp apa ya pak ? Included masih belum resmi juga seperti mi6 ya pak herry hehe

    1. Pak Lulung,

      Maaf, ponsel tanpa garansi resmi takkan saya masukkan ke dalam daftar rekomendasi.

      Dengan anggaran Rp 7 jutaan, Anda boleh melirik LG V20.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *