Review Asus Zenfone 2: Satu Tipe, Empat Varian

Sebuah undangan yang dikirimkan via email bergegas penulis balas. “Saya konfirm dapat hadir,” ketik penulis. Hasilnya, 23 April lalu penulis mengikuti acara Experience 2Morrow yang digelar di suatu hotel berbintang lima di Jakarta. Saat itu CEO Asus Jerry Shen resmi mengumumkan kehadiran Asus ZenFone 2 di Asia Tenggara.

Setelah seharian lelah mendengarkan presentasi, partisipan yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina dijamu makan malam. Perut kenyang, rasa kantuk pun mulai menerpa. “Harap jangan meninggalkan tempat dulu,” pesan pembaca acara. Ternyata masing-masing partisipan kemudian diberi satu unit Asus Zenfone 2 varian RAM 4 GB dan ROM 32 GB. Gratis!

Zenfone 2-1

Varian RAM 4 GB dan ROM 32 GB? Ya. Jangan bingung dulu. Meskipun nama tipenya sama, Zenfone 2, ponsel itu tersedia dalam beraneka varian. Zenfone 2 yang bakal dijual ke Indonesia terdiri atas empat varian. Spesifikasinya berbeda, demikian pula harga jual resminya.

Varian pertama adalah ZE550ML. Ponsel itu dibekali layar 5,5 inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel. Ia memanfaatkan prosesor 64-bit empat inti (quad core) Intel Z3560 1,8 GHz. Memorinya terdiri atas RAM 2 GB dan ROM alias memori internal 16 GB. Harga jualnya dipatok Rp 2.699.000.

Kedua, ZE551ML dengan spesifikasi sama seperti varian pertama, kecuali resolusi layar. Biarpun sama-sama memiliki bentang layar 5,5 inci, layar ZE551 beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Ponsel tersebut dibanderol Rp 2.999.000.

Ketiga, ZE551ML dengan layar 5,5 inci full HD 1.920 x 1.080 piksel, prosesor 64-bit empat inti Intel Z3580 2,3 GHz, RAM 4 GB, dan ROM 32 GB. Harganya Rp 3.999.000. Varian keempat mempunyai spesifikasi tertinggi. Layar, prosesor, dan RAM persis sama dengan varian ketiga. Namun, memori internal atau ROM-nya berdaya tampung dua kali lipat: 64 GB. Harga jual resminya Rp 4.499.000.

Sesuai yang dibagikan usai jamuan malam, dalam uji pakai kali ini penulis menggunakan Zenfone 2 varian ketiga. Penulis langsung teringat dengan LG G3 Stylus ketika menggenggam Zenfone 2 tersebut. Sensasinya di telapak tangan penulis bak pinang dibelah dua.

Zenfone 2-2

Entah kebetulan atau tidak, “hawa” LG memang lumayan terasa di ponsel Android 5.0 Lollipop dengan tampilan antarmuka ZenUI itu. Tombol volume Zenfone 2 bukan diletakkan di samping ponsel, melainkan di bodi belakang. Penempatan tombol volume semacam itu dipopulerkan LG lewat G2 yang beredar pada 2013. Tombol belakang tersebut kemudian diwariskan ke berbagai tipe ponsel LG keluaran lebih baru.

Saat ponsel siaga dan pengguna Zenfone 2 ingin menyalakan layar, ia cukup dua kali mengetukkan jari ke permukaan layar. Layar pun bakal menyala. Untuk memadamkan layar, ketukkan jari lagi sebanyak dua kali. Kemampuan semacam itu kali pertama penulis jumpai di LG G2. Berikutnya, beragam tipe ponsel LG dengan harga jual mulai ratusan ribu rupiah memiliki fitur serupa. LG menyebutnya sebagai KnockON.

Meskipun menggunakan baterai tanam, cover belakang ponsel itu dapat dibuka. Ketika dilepaskan, terlihat dua selot kartu micro SIM dan satu selot kartu microSD. Kartu SIM yang diselipkan ke selot SIM1 leluasa masuk ke jaringan 4G LTE, 3G, maupun 2G. Penulis sempat memasangkan kartu USIM Telkomsel dan XL. Hasilnya, layanan 4G LTE dua operator itu dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut sekaligus membuktikan kalau Zenfone 2 kompatibel dengan layanan LTE di frekuensi 900 dan 1.800 MHz. Nomor di selot SIM1 itu bisa dipakai untuk bertelepon, ber-SMS, maupun berinternet.

Kondisi berbeda berlaku untuk kartu SIM yang dipasangkan ke selot SIM2. Kegunaannya lebih terbatas. Nomor di selot SIM tersebut hanya bisa berada di jaringan 2G. Ia cuma dapat digunakan untuk bertelepon dan ber-SMS. Bukan hanya itu. Fungsi SIM toolkit yang salah satunya dipakai untuk mobile banking juga tak dapat diakses.

Dua kamera dibenamkan ke ponsel yang telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3 itu. Kamera utama Zenfone 2 dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi sampai 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Selain mode otomatis, tersedia aneka pilihan mode lain. Di antaranya, mode manual, HDR, beautification, super resolution, low light, dan depth of field.

Zenfone 2-28

Pada mode manual, pengguna bebas mengatur parameter pemotretan. Misalnya, fokus, kecepatan rana (shutter speed), ISO/ASA, kompensasi cahaya, dan white balance. Kecepatan rana terendah yang bisa dipilih 1/2 alias setengah detik, sedangkan tertinggi 1/500 detik. Sementara itu, rentang ISO yang tersedia 50-800.

Zenfone 2-29

Mode beautification akan mempercantik wajah orang yang dipotret. Sesuai namanya, super resolution, mode itu bakal memproduksi foto beresolusi super. Empat foto beresolusi 13 megapiksel digabungkan menjadi sebuah foto beresolusi 52 megapiksel. Lebih tepatnya 50,33 megapiksel sih. Ukuran file foto yang dihasilkan tentu juga super. Mengacu kepada uji coba yang penulis lakukan, besarnya file antara 15 MB dan 22 MB.

Menurut penulis, kelebihan kamera Zenfone 2 terletak di mode low light. Kemampuannya menghasilkan foto yang terang kala dipakai di lokasi berpencahayaan terbatas melebihi mayoritas ponsel yang kini beredar di pasar. Satu hal yang perlu diketahui, bila mode low light diaktifkan, resolusi terbesar foto akan mengecil. Bukan lagi 13 megapiksel, melainkan 3,15 megapiksel.

Beralih ke kamera depan. Kamera tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat itu mampu menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia siap memproduksi klip video full HD 1080p. Tersedia pilihan, antara lain, mode beautification, selfie panorama, HDR, dan low light.

Selfie panorama merupakan fitur paling menarik dari kamera depan. Dengan mengaktifkan mode tersebut, kamera ponsel bisa menangkap objek sejauh 140 derajat. Itu berarti aktivitas berfoto selfie beramai-ramai dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Kumpulan foto yang dihasilkan Zenfone 2 masih bisa diolah lagi. Dengan menggunakan aplikasi bawaan Photo Collage, pengguna dapat membuat sebuah kolase foto. Foto-foto dapat disusun dengan lebih cantik dalam satu bingkai, kemudian kirimkan via jejaring sosial.

Foto-foto yang dimiliki juga dapat “dimasak” menjadi sebuah film singkat lengkap dengan iringan musik. Caranya, jalankan aplikasi bawaan Mini Movie. Tampilan antarmuka yang sederhana membuat pengguna awam pun dapat mengoperasikan aplikasi tersebut.

Karena berbagai alasan, pengguna yang telah menyandang status orang tua mungkin kadang risau saat ponselnya dipinjam anak tercinta. Di Zenfone 2, pengguna tinggal mengaktifkan Kids Mode. Pengguna bisa memilih maksimal 21 aplikasi yang diizinkan diakses anak.

Zenfone 2-30

Pengguna juga dapat memberikan batasan waktu pemakaian. Ketika batas waktu telah habis, ponsel spontan tak bisa dipakai. Seandainya ada panggilan telepon masuk saat Kids Mode aktif, pemegang ponsel harus memasukkan pin dulu sebelum menerimanya.

Zenfone 2-31

Wi-Fi, bluetooth, GPS, NFC, dan radio FM merupakan sebagian spesifikasi lain Zenfone 2. Ponsel berdimensi fisik 152,5 x 77,2 x 10,9 milimeter dan berat 170 gram itu juga dibekali penyaring panggilan telepon dan SMS masuk. Kalau mau merekam percakapan telepon, tersedia fitur auto call recording.

Zenfone 2 yang penulis gunakan memiliki kapasitas RAM 4 GB dan ROM 32 GB. Saat ponsel kali pertama dinyalakan, sisa RAM mencapai 2,5 GB, sedangkan ROM 24,8 GB. Ketika penulis memakai ponsel untuk beraneka aktivitas, sisa RAM biasanya menciut menjadi 1,2 GB hingga 1,4 GB.

Zenfone 2-35

Sama dengan Zenfone generasi pertama, Zenfone 2 menggunakan prosesor Intel. Ponsel berprosesor Intel dikenal panas dan boros baterai. Bagaimana dengan Zenfone 2? Bodi ponsel masih hangat mendekati panas. Namun, tak sampai sepanas Lenovo K900 atau Asus Zenfone 4 yang pernah penulis tuliskan review-nya.

Soal baterai, tingkat konsumsi Zenfone 2 tak seboros ponsel Intel lain yang pernah penulis uji pakai. Ini perhitungan detailnya. Saat penulis memakai Lenovo K900 yang menggunakan baterai 2.500 mAh, ponsel itu rata-rata bertahan delapan jam saja. Bila satu jam sama dengan 60 menit, berarti tiap menit ponsel itu mengonsumsi daya baterai 2.500 : (8 x 60) = 2.500 : 480 = 5,2 mAh.

Beralih ke Zenfone 4. Ponsel yang dulu penulis gunakan dibekali baterai 1.200 mAh. Ketika dipakai selama 4,5 jam, ponsel biasanya akan kehabisan daya. Kalau dihitung, setiap menit ponsel itu memakan daya 1.200 : (4,5 x 60) = 4,44 mAh.

Sekarang menghitung pemakaian daya Zenfone 2 yang memakai baterai tanam lithium polymer 3.000 mAh. Daya tahan baterainya di tangan penulis rata-rata mencapai 12 jam. Itu berarti setiap menit ia mengonsumsi daya 3.000 : (12 x 60) = 4,17 mAh.

Jadi, dibandingkan K900 dan Zenfone 4, tingkat konsumsi baterai Zenfone 2 terbukti lebih hemat. Bila tak ada aral melintang, kelak penulis akan membandingkan konsumsi baterai Zenfone 2 dengan Lenovo P90.

Zenfone 2-3

Bagaimana kesimpulan akhir Zenfone 2? Sederhana saja. Pertama, ponsel itu tidak sepanas dan seboros ponsel berprosesor Intel lain yang pernah penulis uji pakai. Kedua, kinerja kamera Zenfone 2 tidak buruk, tetapi juga tidak istimewa. Janganlah mengacu kepada material promo ponsel itu yang terkesan lebay. Percayalah, hasil foto ponsel tersebut masih belum mampu mengimbangi, apalagi mengalahkan kamera DSLR.

Ketiga, bila Anda berencana membeli Zenfone 2, sejak awal persepsikan kalau Zenfone 2 adalah ponsel kelas menengah. Ia bukan ponsel kelas atas alias high end yang dijual murah. Kalau Anda menganggap Zenfone 2 adalah ponsel high end, hmm… siap-siaplah bernyanyi sakitnya tuh di sini. Sudah jelas?

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan Zenfone 2.

Zenfone 2-4

Zenfone 2-5

Zenfone 2-6

Untuk mendapatkan satu foto ini, penulis harus 53 kali berusaha menjepret di lalat.

Zenfone 2-7

Zenfone 2-8

Perhatikan skornya.

Zenfone 2-9

Pengguna Esia di Surabaya “dipaksa” menukarkan kartu Esia. Seperti inilah manajemen antrean operator CDMA itu.

Zenfone 2-10

Kini saatnya mencoba aneka mode kamera yang tersedia di Zenfone 2.

Hasil pemotretan dengan mode otomatis.

Zenfone 2-11

Hasil pemotretan dengan mode super resolution.

Zenfone 2-12

Untuk memperjelas perbedaan hasil foto dua mode tersebut, bagian tertentu sengaja penulis cropping. Berikut tampilan foto mode otomatis.

Zenfone 2-13

Yang ini hasil mode super resolution. Terlihat lebih halus.

Zenfone 2-14

Hasil pemotretan dengan mode otomatis.

Zenfone 2-15

Hasil pemotretan dengan mode HDR.

Zenfone 2-16

Sekarang mencoba mode low light.

Zenfone 2-17

Sepiring santapan makan malam. Mode otomatis.

Zenfone 2-18

Hidangan yang sama dijepret memakai mode low light.

Zenfone 2-19

Menjajal mode depth of field.

Zenfone 2-22

Seberapa jauh sih bedanya dengan mode biasa/otomatis? Mari kita coba. Botol air dijepret memakai mode otomatis.

Zenfone 2-20

Bila memakai mode depth of field, seperti ini hasilnya.

Zenfone 2-21

Mode otomatis.

Zenfone 2-23

Mode depth of field. Titik fokus di kepala.

Zenfone 2-24

Tiga foto berikut ini dijepret menggunakan kamera depan.

Mode otomatis.

Zenfone 2-25

Mode beautification. Herry tampaknya harus berganti nama menjadi Henny nih. 🙂

Zenfone 2-26

Mencicipi selfie panorama. Perhatikan ruang kosong di kiri dan kanan saya. Itu cukup untuk menampung beberapa orang sekaligus. Wefie tak menjadi masalah lagi.

Zenfone 2-27

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Zenfone 2-32

Zenfone 2-33

Zenfone 2-34

435 thoughts to “Review Asus Zenfone 2: Satu Tipe, Empat Varian”

  1. Aduh.. Ga tahan pingin komen ko herry hehehe
    Photo yang mode beautification itu lho.. 😛
    Tapi secara overall ini gadget worth to buy kah ?

    1. Pak Reymond Abe,

      Ha… ha… ha….

      Saya memakai Zenfone 2 RAM 4 GB dan ROM 32 GB. Harga resmi Rp 3,999 juta atau mudahnya dibulatkan jadi Rp 4 juta. Seandainya saya punya uang segitu, saya takkan beli Zenfone 2. Mending saya pakai untuk membeli ponsel lain.

        1. Pak Syafiq,

          Oh, yang dual SIM ya? Hmm.. mending turun ke Lenovo P70 deh. Sisa dana bisa ditabung.

  2. Jadi gimana intinya dengan harga 4.5 u/ rom 64Gb apa whorted nih?
    Kalau zenfone 2 di bandingkan dengan galaxy S4 lebih memilih mana?
    Kalau S4 kan memiliki status ex flasgship
    Dan zenfone 2 ini skrg flasgship mending mana ya?

    1. Pak Kelvin,

      Yang saya pakai varian RAM 4 GB dan ROM 32 GB. Jadi, saya takkan mengomentari varian ROM 64 GB.

      Saya sih mending coret keduanya dan ambil LG G2.

  3. Pak, apakah ponsel ini layak menggantikan nexus 5 lama saya? Atau bertahan dulu di nexus 5?

    Terima kasih.

  4. Pertanyaannya….. Layak belikah untuk harga segitu untuk semua type? Atau adakah pilihan lain yg lebih bijak misal mi4, mi4i dsb

    1. Pak Budi,

      Untuk varian lain saya tak tahu. Khusus varian yang saya coba, seandainya saya memiliki dana tunai Rp 3,999 juta, saya sih takkan membelanjakannya untuk Zenfone 2 RAM 4 GB dan ROM 32 GB.

      1. Loh pak Herry malah nggak mau beli zenfone 2 ya pak dengan harga 4juta? ???? lalu apa dong pak rekomennya.saya liat reviewnya pak herry kok kliatan bagus ini

        1. Pak Armand,

          Iya, saya memang tidak merekomendasikan pembaca membeli Zenfone 2. Dengan anggaran Rp 4 juta, mending beli LG G2 32GB.

      2. Loh pak Herry malah nggak mau beli zenfone 2 ya pak dengan harga 4juta? ???? lalu apa dong pak rekomennya.saya liat reviewnya pak herry kok kliatan bagus ini

  5. hahahaah henny 😀

    btw knock on dan off nya lancar dan nyaman tidak pak hsw ?
    free ram nya masih lega ya setelah di pakai2, menarik nih

    quick charge nya gimana om ? 1 – 100 % dapat berapa lama ?

    low light mode itu apakah flash nya menyala ? jadi terang banget ya … kaya ada lampu yg menyinari … kalao mode low light di jalankan di kondisi normal (tidak gelap) apakah jadi overbright ?

    makasih, itu dulu yg di tanyakan

    1. Pak Tula,

      Ketuk-ketuk layarnya relatif lancar. Khusus untuk menyalakan layar, tingkat keberhasilannya sedikit di bawah LG G2.

      Quick charger tidak saya perhatikan. Lha saya tinggal tidur. 🙂

      Low light dalam kondisi lampu kilat padam. Saya tidak terpikir menjalankan low light di lokasi terang.

  6. Dear pak herry
    Kesimpulan yang bagus pak, sejujurnya kesimpulan ini tak saya dapatkan di review lain
    Pak jika membandingkan kamera, zenfone 2 ini jika dibandingkan dengan lumia 730, xperia T3, bahkan one plus one, bagusan siapa ya pak? Terima kasih

    1. Pak Qashmal,

      Saya belum pernah menguji pakai Xperia T3 dan OnePlus One. Jadi, saya tak tahu lebih bagus mana.

      Kalau kamera Zenfone 2 versus Lumia 730, unggul dalam pemotretan di lokasi berpencahayaan terbatas. Selain di kondisi tersebut, Lumia 730 yang tampil sebagai pemenang.

  7. pak herry saya punya usul, pak herry buat semacam chanel di youtube biar tambah keren bagus reviewnya 😀

    1. Pak Ikipyon,

      Terima kasih atas masukannya. Saya memiliki impian serupa. Namun, karena beragam hal, saat ini belum bisa terwujud. Channel sih sudah ada, tetapi isinya tidak update.

  8. pengalaman pakai Zenfone5 yg iklan nya PixelMaster bla bla bla, foto gelap yg menjadi terang benderang, emang kalau ditelan iklannya emang lebay, hasilnya olah software menuju ke arah “vandalisme” hehehe, termasuk resolusi nya yg hancur lebur, dan jg seperti diungkap di sini zenfone harus ditanamkan dalam benak dalam2 adalah hp middle end, bandingkan di kelas yg sama biar sakit nya tuh gak di sini hehehe

    1. Pak Enwui,

      Kalau Zenfone 5 diadu dengan Zenfone 2, saya merasa hasil jepretan Zenfone 5 justru lebih bagus. Iya, olah software-nya lumayan ekstrem.

  9. ini zf2 yg 4jt ga best buy, best buynya one plus one, kalo yg zenfone 2 varian yg murah ya mending nunggu mi4i nya xiaomi

  10. Ko Herry SW

    Seperti nya ada hal yg membuat Koko illfeel dgn gadget ini. Apakah itu? Kalo ada dana sejumlah di atas, pilihan terbaik apa Ko?
    Terima kasih.

    1. Pak Patra,

      Tidak sampai ilfil seperti saat tahun lalu mencoba Zenfone 2 sih. Namun, kinerja nyata Zenfone 2 terus terang di bawah harapan awal saya. Waktu menghadiri peluncuran Zenfone 2 dan mengikuti seluruh sesi presentasi, terbentuk persepsi kalau Zenfone 2 itu keren banget. Top deh. Ketika kemudian mencobanya sendiri, realitanya ternyata tidak seperti itu.

      Dengan dana Rp 3,999 juta dan harus dihabiskan, saya akan mencari LG G2. Ia memang bukan ponsel keluaran terbaru. Namun, menurut saya, lebih menarik daripada Zenfone 2.

      Kalau dana tidak harus dihabiskan dan boleh memilih ponsel dengan spesifikasi lebih rendah, Xiaomi Redmi 2 yang dibanderol Rp 1,6 juta boleh dilirik. Skor kesepadanan antara harga, spesifikasi, dan kinerja Redmi 2 lebih tinggi daripada skor serupa untuk Zenfone 2 yang saya coba.

  11. kemampuan camera zenfone series emang terlalu dibesar-besarkan. zenfone 2 dibandingkan ama padfone s, mana yang lebih value koh?

  12. Dear pak HSW,
    Hal apakah yang membuat anda enggan untuk membeli ponsel ini? Apakah terkait dengan kesimpulan ketiga di review anda, yakni behubungan dengan asumsi ponsel high end? Alias harga untuk ponsel ini kemahalan?

    1. Pak Nugeraha,

      Bukan karena kesimpulan ketiga. Saya berpikir, dengan harga yang sama, lebih baik saya membeli LG G2. Ponsel itu memang bukan keluaran terbaru, tetapi nyaman dipakai dan untuk ukuran sekarang relatif belum ketinggalan zaman.

      Kalau tetap ingin mencoba Zenfone 2, saya kok malahan menyarankan ambil versi terendah saja. Kinerjanya memang takkan setinggi Zenfone 2 varian tertinggi. Namun, spesifikasi kamera dan baterainya toh sama.

      1. Untuk kebutuhan Dual sim/Dual on GSM , Apakah LG G2 ada pak varian Dual sim nya?
        Jika ndak ada, apa alternatif lain nya pak?

        1. Pak Nugeraha,

          LG G2 yang beredar di sini hanya single SIM.

          Kalau dual SIM, turun ke Lenovo P70 saja, Pak. Harga resmi Rp 2,899 juta. Harga pasar sekitar Rp 150 ribu lebih rendah.

  13. Pak Herry, untuk daya tahan battery bisa berapa lama ya?

    Kemudian dalam hal multitasking apakah ada lag?

  14. Untuk sebuah ponsel yang bermain di rentang harga 3 jutaan – 4 jutaan, detail tampilan fisiknya kok kayaknya biasa saja, ya, untuk tidak mengatakan “kok jelek, ya”, … atau ini cuman perasaan saya saja, ya? Hehehe … habis memelototin foto-foto penampakan fisik Zenfone 2 yang pak Herry tampilkan di atas itu. Barangkali tak ada itu “geripis” yang pak Herry pernah sebutkan ada di Zenfone 4, tapi Zenfone 2 ini seharusnya bisa tampil lebih cantik lagi di setiap “detail finishing”-nya. Bahkan kalau diposisikan sebagai ponsel kelas “menengah” rasa-rasanya masih banyak ponsel lain yang lebih “cantik” tampilan fisiknya. Atau saya terlalu berharap lebih pada Zenfone 2 ini? Bagaimana menurut pak Herry? Satu lagi pertanyaan saya, memangnya sudah ada pak, ponsel yang benar-benar “high end” tapi dijual dengan harga relatif murah? Jadi tak sampai harus bernyanyi “Sakitnya Tuh di Sini” … 🙂

    1. Pak Doubleyoueyedee,

      Iya, Zenfone 2 saya bebas geripis. Nggak kayak Zenfone 4. Ha… ha… ha….

      Intinya, jangan mematok ekspektasi terlalu tinggi terhadap Zenfone 2.

      Ponsel yang benar-benar high end dan dijual dengan harga relatif murah? Belum ada deh. Kalau yang mendekati ada OnePlus One.

  15. Pak hery, boleh dunk ditambahkan link, hasil foto ukuran asli nya zenfone 2 ,,, dan kalau boleh berlaku juga untuk review2 selanjut nya …
    TerimaKasih Pak herry …

    1. Pak Ahmad,

      Foto Zenfone 2 yang saya tampilkan di review itu foto unit asli Zenfone 2 kok. Apakah maksudnya perlu saya tambahkan penggaris di belakang ponsel? Mohon info.

  16. ce Henny, eh ko Herry… hihihi
    faktor apa yang membuat kita harus berpikir ulang untuk membelanjakan IDR 4 juta utk zen2 ini?

    kalau membeli varian 2 GB 16 GB dengan IDR 3 juta apakah msh kurang layak beli juga?

    soal manajemen panas, sepertinya Intel dan asus sudah berhasil mengatasinya, di youtube ada perbandingan uji temperatur pas benchmark dengan mi4i, zen2 di kisaran 45° C sedangkan mi4i tembus 60° C

    trims ko

    1. Pak Thanmustbay,

      Harus berpikir ulang karena dengan dana sama ada ponsel lain yang saya nilai lebih menarik. Silakan membaca-baca thread ini mulai dari atas. Biar lebih jelas.

      Bila tetap ingin mencoba Zenfone 2, saya justru menyarankan ambil varian termurah saja. Perbedaan resolusi layar mestinya tidak terlalu dirasakan oleh mata. Sedangkan spesifikasi lainnya kan sama.

      Ha? Mi 4i tembus 60 derajat Celcius? Panas banget.

  17. Halo ko, ,
    Kalo punya uang segitu, ndak beli zenfone 2,
    Brrti nurut koko ada yg lebih worth dong, ,??? Boleh tau hape apa tuh,?? Yg pastinya sama spek dan harga mungkin, ,

    1. Pak Roman,

      Ya. Dengan harga sama, saya lebih memilih LG G2. Lebih enak digenggam, lebih enak dikantongi, baterai lebih tahan lama, dan bisa jadi remote control. Performa kamera juga bagus kok. Cuma kalah untuk pemotretan low light.

  18. Hallo ko herry..saya lagi nih,sampai saat ini saya masih bertahan dengan sabda ko herry yang menyarankan ‘wait&see’ soal lenovo p70,tapi jujur sekarang malah menunggu review xiaomi mi 4i keluar dulu buat perbandingan soalnya harganya menurut kabar gk jauh beda sama p70..pertanyaan saya kali ini :
    1.lebih recomended mana antara lenovo p70 sama asus zenfone 2 yang ko herry pake??
    2.terus kalau misal ada perbandingan ‘khayalan’ antara p70 sama xiaomi mi 4i (yang spek nya udah banyak di bahas,walaupun masih katanya) kira2 masih lbh layak p70 atau xiaomi mi 4i??
    Semoga ko herry tidak bosan dgn ke ‘rewel’an saya..hehee hatur nuhun

    1. Pak Fandhye,

      1. Asumsinya P70 versus Zenfone 2 yang saya coba ya. Berarti, Rp 2,899 juta vs Rp 3,999 juta ya. Itu harga resminya. Harga pasar P70 lebih murah, sedangkan harga pasar Zenfone 2 saya yakin akan lebih mahal. Dengan kondisi seperti itu, saya lebih memilih P70.

      2. Wah… nggak tahu. Saya tak mau berkhayal. Satu hal yang pasti, kelak saya akan me-review Mi 4i.

  19. Baca komentar bapak menarik juga. Yg tidak merekomendasikan dana 4 juta untuk zenfone 2 4G/32G. Lantas yg saya tanyakan.
    Rekomendasinya apa dong dana segitu? Thanks 🙂

    1. Bu Faida,

      Dengan harga yang sama, lebih baik berburu LG G2. Alasan detail bisa dibaca pada jawaban saya untuk penanya lain. Silakan scroll layar ke atas.

      1. Haha, kok pas kebetulan saat ini saya sedang menggunakan G2 2G/32G, berarti untuk saat ini apa saya tidak perlu mengupgrade hp ini kah(budged saya 4jtan)? Dari 1 tahun pakai, Poin minus besar dari LG ini yg saya rasakan saat ini hanya servis center yg di wtc surabaya pelayanannya payah.

        1. Bu/Pak Falda,

          Ya, bertahan dulu saja di G2. Hari ini ada peluncuran LG G4. Sepertinya menarik.

          Lho, pengalaman Anda kebetulan berbeda dengan saya. Pusat perbaikan resmi di WTC Surabaya justru saya nilai relatif bagus. Boleh tahu pelayanan payah yang Anda dapatkan seperti apa?

  20. Pak Herry, cuma mau nanya nih, dari banyak review ponsel nya, kok fitur double tap to wake itu sering disebut punya LG terus ya? Setahu saya sih fitur itu pertama muncul di Nokia , lupa tipe berapa, baru LG ngikut dengan nama KnockOn, Nokia N9 juga udh ada fitur itu (2011)

    1. Pak Rocky,

      Saya biasanya menyebutkan “dipopulerkan” atau “kali pertama penulis jumpai”. Sebab, G2-lah yang saya ketahui berusaha mempopulerkan kemampuan itu. Saya juga pertama kali melihatnya di G2. Oh, N9 bisa juga ya? Terima kasih atas informasinya.

  21. Koh Herry,

    Saya salut dengan penilaian bapak soal ZF2 ini. Walau dapat gawai gratis, Koh Hery tetap bisa melakukan penilaian objektiflah menurut saya. Penilaian yang (sangat) jarang saya temui dari reviewer2 lain. Saya cukup intens loh mengikuti info ZF2 dari berbagai sumber. Saya benar benar penasaran dengan ram 4Gg-nya. Saya sih awalnya memang punya rencana meminang gawai ini diseri terendah (harga Rp 2,6 jt). Sayang tipe tersebut belum beredar dipasaran. Saya kebetulan pengguna ZF5. Sya pikir harga segitu yg paling pas jika harus mengupgrade handphone saya. Seri proci meningkat, kemampuan kamera meningkat ditambah peningkatan minor lainnya. Kalau saya merasa display dan kerapatan ZF5 sudah cukuplah. Jadi peningkatan harga dari Rp 2 juta (ZF5) ke Rp 2,6 juta (ZE550ML) cukup sepadan. Btw saya masih menimbang Lumia 640 sebagai alternatif. Bagaimana menurut Koh Hery? Saya belum pernah menggunakan WP. Benarkah manajemen memory WP lebih baik ketimbang android? Trims Pak atas perhatiannya.

    1. Pak Agho,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Saya merasa hasil jepretan kamera Zenfone 5 justru lebih bagus daripada Zenfone 2.

      Soal Lumia 640, saya belum pernah coba. Jadi, belum bisa berkomentar. Ya, saya merasa Windows Phone lebih tidak rakus RAM. Dengan asumsi spesifikasi relatif sama, kecuali RAM 512 MB (Windows Phone) vs RAM 1 GB (Android), performanya relatif sama. Detail teknis soal manajemen sistem operasi terus terang tidak saya kuasai.

    2. Pak Herry, kok sisa RAM nya dikit ya? Padahal RAM nya sdh besar. Sebetulnya bagaimana pabrikan mengisi RAM? Kok beda2 sisa yg bs digunakan user. Jadi kesan nya percuma punya RAM dan ROM besar, karena sisa yg tersedia utk user paling2 setengah, malah ada yg kurang dr setengah. Mohon petunjuk.

  22. saya suka reviewnya. tapi jarang keluar review2 nya ya, mungkin karena bpk tidak mau memakai sponsor demi kenetralan, tapi tetap aja saya tunggu artikel2 bpk selanjutnya.

    Lanjutkan pak (y) 🙂

    1. Pak Kenshin,

      Ya, frekuensi review saya tidak bisa terlalu sering. Sebab, ponsel yagn di-review harus saya coba dulu dalam jangka waktu yang, menurut saya, telah memadai.

    1. Bu Tanta,

      Lain kali pertanyaan yang sama cukup dikirimkan satu kali ya. Kali ini masuk dobel lho.

  23. Sekilas, spesifikasi kameranya meyakinkan ya pak… Saya lihat foto gambar pohon itu terlihat nggak naturan dan detailnya kurang, bagaimana menurut pendapat pak herry? 😀 Syukurlah ternyata nggak sepanas Zenfone gen pertama, saya tertarik meminang varian terendah 😀

    1. Pak Tuxlin,

      Di atas kertas spesifikasi kamera sangat meyakinkan. Namun, kinerja nyatanya tidak seheboh yang digembor-gemborkan.

  24. trims responnya ko 🙂

    LG G2 single sim dan LTE-nya tidak dijelaskan di GSM Arena bermain di frekuensi apa aja, bisa repot nanti klo ternyata gak akur dengan frekuensi yg bakal ramai dipakai… atu ko Herry ada data akurat?

    soal Mi4i panas, silakan buka tautan di bawah…
    https://youtu.be/zHfA0bDB3Yg

    P70 jelas bakal saya lupakan, gak adanya e-compass jadi salah satu minus besar

    1. Pak Thanmustbay,

      LTE di LG G2 kompatibel dengan layanan LTE operator GSM di sini. Namun, menu LTE baru muncul bila yang diselipkan kartu USIM 4G LTE.

  25. Ko Herry, mau tanya saya ingin beli hp harga di kisaran 1,5 sampai ya mungkin 2,5 jt. selama ini saya memiliki beberapa pertimbangan yaitu zenfone 5, huawei honor 3c, dan acer z500. menurut koh mana yang lebih recommended ya? atau sebenarnya saya juga sedang menunggu zenfone 2 yg paling murah yaitu yg dipatok dengan harga Rp 2.699.000. apakah zenfone 2 varian termurah itu layak saya tunggu? atau di antara beberapa alternatif itu dan saran ko herry sudah ada yg terbaik yg bisa saya pilih?

    sekedar info saya butuh ram 2gb krn saya suka main game, kamera utama minimal 8megapixel krn saya suka foto, dan garansi /layanan purna jual yg baik, jelas dan tidak mengecewakan. mohon bantuannya. terima kasih

    1. Bu Rara Dzikrina,

      Dengan kriteria seperti yang Anda sebutkan, Acer Liquid Jade menjadi pilihan terbaik. Harga barunya Rp 2,399 juta. Buat pengguna wanita, saya lebih menyarankan membeli Liquid Jade berwarna putih daripada hitam. Sebab, yang putih tampak lebih seksi.

          1. Pak Rizki,

            Thanks infonya. Btw, saya baru sadar kalau Anda ternyata menginformasikan soal G Pro 2. Saya pikir Zenfone 2.

  26. Pak…saya sdh byk liat video review speed test,benchmarking & multitasking zenfone 2 vs samsung galaxy s6,iphone 6,galaxy note 4
    Hasilnya hanya dgn harga 4juta zenfone 2 mampu bersaing dgn ponsel mahal2 itu,bahkan ram 4gb nya itu bisa unggul di adu multitasking…
    Yg jd tnda tnya buat saya,knp ya pak herry pribadi kurang tertarik dgn zenfone 2 ni…
    Apa sbnrnya minusnya si zenfone 2 ini yg mmbuat tdk direkomendasikn?
    Juda pada pernytaan kesimpula ke 3 knpa bisa disebutkan bhwa zenfone 2 bukan ponsel high-end harga murah?sdg faktanya harganya mmg murah & punya spesifiasi ponsel high-end??
    Maaf pak klo prnytaan saya berbau kritikan,cuma pgn tau aj pendapat bpk yg sdh menguji ponsel ini
    Saya mmg blm punya hp ni,bru brncna meminang hp ni..jd saya blm merasakan sndri +/- si zenfone 2 ni… 🙂

    1. Pak Runobiy,

      Mungkin saya pengguna gawai yang agak aneh. Dalam memilih gawai, saya cenderung tidak memedulikan hasil benchmarking dkk. Buat saya, yang lebih penting adalah kemampuan gawai itu dalam memberikan pengalaman pemakaian yang nyata dan menyenangkan.

      Dikaitkan dengan Zenfone 2, saya mencoba unit yang harga jual resminya Rp 3,999 juta. Dengan dana segitu, saya merasa pengalaman nyata yang saya dapatkan kurang sepadan. Kameranya tidak semantap yang saya bayangkan. Bodinya mudah hangat mendekati panas, meski tidak separah Zenfone 2. Daya tahan baterainya juga masih kurang sip.

      Bahwa Anda memandang Zenfone 2 memiliki spesifikasi ponsel high end dan harga murah, di atas kertas mungkin terlihat begitu. Saya pun sempat berpikir demikian. Namun, setelah berhari-hari mencoba, ponsel itu ternyata kurang cocok dianggap sebagai ponsel high end.

      Btw, lain kali bila mengetikkan komentar, tolong tuliskan dengan kalimat yang lengkap ya, Pak. Jangan disingkat-singkat. Saya bingung saat membacanya.

  27. Halo pak herry

    Ini adalah komentar pertama saya di postingan bapak, minta saran dong pak, adik saya pengen kamera belakang dan kamera selfie yang bagus, dan kalo saya liat liat zenfone 2 ini sudah cukup memberikan foto yg baik, apa saran pak herry? Type yang manakah yang harus saya pilih? Atau adakah rekomendasi hape lain? Sudah cukup baikkah zenfone untuk selfie & foto2? Makasih banyak

    1. Pak Mochammaddody,

      Bila tujuan utama untuk selfie dan foto-foto, Zenfone 2 sudah memadai. Silakan membeli varian terendah saja, Pak.

  28. maaf pa sebenarnya saya agak ragu ketika ingin membeli zenfone 2, tapi menurut Pa Herry lebih baik mana zenfone 2 atau Oneplus One?
    saya masih agak ragu-ragu

    1. Pak Arief,

      Saya belum bisa menjawab pertanyaan Anda karena belum pernah menguji pakai OnePlus One.

  29. Aneh2 saja Asus ini, satu tipe tapi 4 varian. Sudah kayak jualan Kijang Innova yg ada varian J, E, G dan V. Belum ada varian Luxury, Diesel/Bensin, Matik/Manual (lah jadi ngebahas mobil). Tapi masih mending mobil ada J, E, G dan V nya, lah ini?

    Contohnya Erafone dah mulai jual (atau PO ya?) Zenfone 2 ini, tapi ga jelas tipe yg mana dari yg disebutkan Pak HSW diatas. Membingungkan pokoknya.

    Highlight dari review kali ini: foto saudaranya pak HSW, Henny 😀

    1. Pak Liat2aja,

      Yang dijual Erafone.com varian kedua dan ketiga. Namun, harganya kok lebih mahal semua daripada yang diumumkan saat acara peluncuran ya?

      Ha… ha… Henny. 🙂

  30. Zenfone 2 atau lg g2?sy setuju pendapat ko hery. Lg g2 emang lebih mantap dan lebih nyaman. Hp 5.5inci itu ribet dikantongin. Cuma beli lg g2 nyari casenya udah susah. Kalo mau beli yg kayak zenfone 2 sy saranin xperia z ultra. Harganya jg dah murah.

  31. Baca review pak herry.. Saya jd sangsi beli zen2 ini.. Pgn nyoba 4g 900 mhz jd nyoba aja redmi 2s + lenovo p70 kalo gt.. Thanks review pak herry

  32. Siang Om HSW
    Maaf OOT ya…
    Lho esia itu antre apa ya Om?
    Seperti flexi gitu kah?
    Dipindah ke nomor apa Om?
    Menginggat saya pakai nomor esia, yang terakhir ini buruk sekali kualitas call nya
    Tks Om

    1. Pak JW, SH,

      Esia antre tukar kartu RUIM dari Esia ke Esia. Kalau kartu tidak ditukarkan, sinyal Esia yang terpasang di ponsel minimal akan sering hilang. Di kebanyakan nomor malahan selalu tak dapat sinyal.

  33. Review mantab. dan enak dibaca pak HSW.
    Terjawab sudah rasa penasaran saya terhadap zenfone2 ini yang sebelumnya saya menganggap kalau z2 ini adalah hp idaman dg spek hight en dg harga terjangkau, setelah membaca review pak HSW, jadi kebalikan dg yang saya bayangkan terutama kameranya dan mengurungkan niat saya untuk meminang hp ini..
    Kalau dibanding dg lenovo p90 kameranya bagus mana pak..?

    Terima kasih.

  34. Setelah baca review ini meningan saya tetep pake Galaxy S4 dari pada dituker dengan ini. S4 hanya kalah dibesaran RAM dan udah berumur aja. Tapi meski udah berumur jelas ini masih termasuk mantan flagship.

    Ngomong2 mode beautificationnya parah banget ya om, bukan tambah cakep malah jadi serem hehe 😀

  35. Pak hery, yg dimaksud hasil hasil jepret nya, disediakan hasil jepretan asli nya dan bisa kami unduh … seperti review2 tetangga sebelah. Teknoup, Gsm Arena, Phone Arena …

    1. Pak Ahmad,

      Oh, maksudnya saya juga disarankan mengunggah foto dalam resolusi aslinya (full resolution) tho. Kalau mereka biasanya mengunggah file asli ke mana ya, Pak? Sebab, kalau saya unggah ke blog, akan membuat akses lebih lambat. Kapasitas penyimpanan di blog saya juga lekas penuh.

  36. Wah keluar jg review om herry. Kurang lebih sama ya om ma review yg g tulis di milis Id android. Berarti persepsi om dgn saya ampir sama mengenai zf2. Iklan promosinya terlalu berlebihan dan tidak sepadan dgn kenyataannya. Sehingga membuat user merasa agk kecewa. G cm tahan pake 3hr lsg lego hahaha

  37. malam pak herry..2 minggu yg lalu atas rekomendasi pak herry saya membeli acer liquid jade(dapat yg hitam)
    harga 2,4jt stock tinggal satu2nya..kameranya bagus diatas rata2 harga hp lain sekelasnya
    nah,kemarin teman tawar hp acer ini 2,6 karena dia suka kameranya..
    yg mau saya tanyakan,kalau kamera liquid jade vs zenfone 2 untuk kondisi normal dan low light bagus yang mana pak?soalnya kalau hp ini saya jual,pasti saya beli yg lain biar ga kembar sma yg saya jual ke teman..he
    o iya pak..kalau untuk pelindung casing belakang liquid jade ada ga pak?dan namanya apa?

    1. Pak Putranegara,

      Wah, teman Anda sangat ingin Liquid Jade sampai-sampai berani membeli ponsel itu melebihi harga baru ya.

      Kondisi normal: lebih bagus Liquid Jade.
      Kondisi low light dengan mode normal: lebih bagus Liquid Jade.
      Kondisi low light dan mode low light di Zenfone 2 diaktifkan: lebih bagus Zenfone 2.

      Pelindung bodi belakang Liquid Jade yang pernah saya jumpai baru berupa flip cover. Jadi, case itu melindungi bodi belakang dan depan.

  38. Saya pakai varian yg ke 3,sampai sekarang aplikasi BCA mobile belum bisa jalan di Asus saya, selalu gagal setelah masukan 16 digit nomer kartu, sepertinya saya harus ganti HP lagi nih, atau tetap bawa 2 HP.

    1. Pak Giri Rochmadi,

      Saya tidak memakai aplikasi BCA Mobile. Yang rutin saya gunakan adalah mobile banking BCA via SIM tool kit. Kartu SIM yang saya pasangkan di selot SIM2 Zenfone 2 tidak bisa melakukan mobile banking.

  39. Kalau di banding dengan G3 ram 2Gb gmna?
    Kok banyak di youtube yang mengatakan bahwa bagus banget multi task di zen 2 4Gb ram..
    Gmna multi task nya om hsw..

  40. baca review membuat saya langsung loyo pak, hehehe. Padahal sy sudah menunggu lama untuk zf2 ini. Saya belum beli krn dipasaran tidak ada barangx, kalupun ada, hargax sangat tinggi.

    Kalo masalah kualitas foto, sy tdk terlalu masalah krn jarang sy gunakan. Tapi bagaimana dengan kemampuannya pak, apalagi dengan gembar gembor memori 4gb. Apakah dari hasil tes bapak, kemampuannya jadi berbeda dibanding yg memori 2gb? Utamanya ketika menjalankan aplikasi atau game yg berat?

    1. Pak Muhith,

      RAM 4 GB-nya sih bermanfaat. Saya tak tahu perbedaannya dengan Zenfone 2 ber-RAM 2 GB karena belum pernah memakainya.

  41. tadinya saya ingin membeli Zenfone 2 varian RAM 4GB ROM 32GB, tapi setelah membaca ulasan Pa Herry saya jadi agak ragu ragu untuk membelinya. dengan harga 3,9jt(harga asli) tetapi di pasaran 4,3jt(harga pasaran) itu yg membuat saya agak ragu. apakah lebih baik menunggu Xiaomi Mi5 yg kabarnya/rumornya akan rilis juli ini atau lebih baik menunggu bulan september untuk flagship OnePlus Two?
    kebetulan saya bukan org yg suka gonta ganti HP, jadi kebiasaan saya membeli HP dengan harga yg cukup mahal tapi untuk pemakaian untuk jangka waktu yg lama.
    mungkin dari Pa Herry ada saran lain sebagai sang ahli dalam hal ini?

    1. Pak Arief,

      Soal Mi5 dan OnePlus Two, saya belum bersedia berkomentar. Lha masih rumor atau belum beredar di sini. Sudah beredar pun, bila saya belum mencoba sendiri, saya pasti akan kesulitan memberikan pendapat.

  42. Ko Herry, saya adalah pengguna ponsel yang sedang mencari spesifikasi yang gahar setara ponsel high end tetapi dengan harga yang ramah di kantong.
    Karena saya kecewa dengan hp lama saya (merk pabrikan ponsel terbesar saat ini) yang sangat nge- lag dan lambat.
    Bila hanya menimbang spek saja dan mengacuhkan kamera, daya tahan baterai apakah asus zenfone 2 ini layak beli? Saya hanya menggunakan untuk multitasking berbagai macam aplikasi serta gaming dan butuh RAM ekstra. Karena dilihat dari skor benchmark nya zenfone 2 setara dengan misal galaxy note 4, lg g3.
    Terima kasih atas masukannya.

    1. Pak Vincent,

      Sekarang pakai merek apa? Samsung? Mereknya boleh disebutkan kok. Samsung memang tidak selalu bagus.

      Ok, jadi yang Anda utamakan adalah kemampuan multitasking dan kapasitas RAM ya? Kinerja lain, termasuk layanan pusat perbaikan resmi, boleh diabaikan. Benar begitu? Kalau iya, Zenfone 2 boleh Anda beli. Tentu dengan segala konsekuensinya yang sudah saya sebutkan.

  43. Ko Herry
    Jika hanya concern atas spek, hasil benchmark, serta bertujuan cari ponsel yang performancenya smooth dan anti lag serta harga yang tidak semahal ponsel flagship apakah zenfone 2 layak?

  44. Mungkin bisa ditautkan ke photobucket, atau web file storage mediafire … kami tunggu ya pak hery, update nya … hehehehe. Buar gak penasaran ma hasil foto2 yg direview pak hery … thx

  45. Om HSW
    Mau minta pendapat, kalo om akan pilih mana antara zenfone 2 jdi dibanding Huawei honor 6 dual sim ram 3gb internal 32gb?
    Thanks

  46. P. Herry S.W.
    sy minta saran, bantuan, & pendapat bapak.
    sy pingin beli iPhone 5 64GB, kira2 kelemahan yg fatal dr iPhone 5 apa ya?
    Harga pasaran plg murah brp? Sy liat di online shop ada yg pasang harga 3,7 jt.
    Trus toko hp plg murah & terpercaya itu di mn aja? (Klo pnya kontaknya mungkin bisa di share).
    Terimakasih.

    1. Pak Daniar Bimantara,

      Saya belum pernah menguji pakai iPhone 5. Jadi, tak mengetahui plus minusnya.

      Saya kurang mengikuti perkembangan harga pasarnya. Hati-hati dengan produk rekondisi yang dijual murah.

      Wah, tidak ada rekomendasi toko khusus. Untuk produk Apple, paling aman sih cari di gerai resmi seperti iBox dan Infinite. Namun, harga ya biasanya kalah murah dengan toko-toko ponsel milik perorangan.

  47. iy pak ..saya kan bilangnya klo wktu saya beli liquid jade ini seharga Rp 2,999jt..hee (orangnya ngebet pula,,baru dpt gusuran mungkin)
    dan klo saya jadi jual Rp2,6 jt..saya mau cari hp lagi yg setara kualitas kameranya,kalo bisa sih lebih bagus kualitasnya..mnurut bapak hp apa aja ya pak?budget 2,6-3jt deh..
    trima kasih infonya pak..sepertinya lebih bgus tanpa flip cover deh pak

    1. Pak Putranegara,

      Gimana kalau beli Liquid Jade lagi, tapi yang warna putih? Biar beda. 🙂

      Alternatif lain di kisaran harga segitu, Lenovo P70 dan Vivo X3S. Kinerja kamera utama sih di bawah Liquid Jade.

      Iya, lebih seksi tanpa flip cover.

  48. esia saya 2 nomor modem saya simpan karena paket internet super mahal.flexi sudah tukar ke as flexi,starone sudah tukar im3.tukar ruim esia berarti hanya untuk telepon dan sms saja.yang modem berarti tak ditukar.ya sudah bye bye esia
    tadi sore lumia 430 saya datang.lumayan

    1. Pak Budi Wiryo,

      Iya, nomor Esia cuma untuk telepon dan SMS.

      Kesan pertama Lumia 430 gimana, Pak?

  49. Hahahahah. Review yg sgat jujur. Sy sndri sdh smnggu ini megang yg 5.5 inchi dan ram 2gb dgn mahar tebusan 3.4 jta (gransi distro). dgn spek sgtu performance riilnya sdh sesuai dgaan. Tdk istimewa tp jg tdk mengecewakan so..so sja sjalah. kcuali utk kamera yg mmg mmbuat hrapan awal sja jatuh terjerembab sedalam2nya. videonya sprti upscale dr resolusi setingkat dibwahnya. Wkakakaaa. Untung sja zf2 ini mmg sjak awal tdk sy tujukan sbgai driver utama sy Jdi ga trlalu gmn gtu. untung tmpilannya sya suka jdi bsa sdikit mengobati sakitnya itu. Sy stuju skali utk dana 4jt mnding lirik yg lain sja. Klo ttp pgin zf2 ambil yg termurah sja deh. sy jga tdk prnah trmakan dgn bencmark krn sering tdk berkorelasi dgn real experience nya. kbtulan sy jg prnah pegang G2 dan hasil kameranya msh lbih oke. ksimpulan sy Stlah smnggu make rasanya zf2 ini cma akan sy pke utk browsing dan buka2 file2 krjaan sja Krn layarnya yg gede. Driver utama sy cm 4,7 inchi tp jauh lbh unggul disemua aspek kcuali ukuran layar dan koneksi ke device2 lain dan kemudahan kustomisasi (mga2 bsa menebaknya mksd sya).

  50. sorry bang herry oot….sy mau tanyakkan ttg smartphone xiaomi redmi note LTE 1 SIM….aplikasi yg digunakan memang aplikasi dari china yaa seperti baidu browser,UC dan adanya tulisan china kurang bahasa indonesia…apa d hp xiaomi bang herry jg begitu?

    1. Pak Adam,

      Risiko membeli ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi memang begitu. Ponsel itu biasanya dialokasikan dijual di Tiongkok atau Hong Kong. Saya sendiri tak pernah memakai Redmi Note LTE single SIM.

  51. ko herry,

    saya berencana membeli zenfone 2 yg ram 2gb hrg 3jt, tapi setelah membaca reviewnya koq saya jadi ragu alias galau krn sdh cukup lama saya menunggu, menurut ko herry yg bagus apa ya utk hrg kisaran max 3,2 jt. sy mengutamakan spec layar 5,5″, kamera mumpuni / 13mp, dan ram 2gb. thank u…

    1. Pak Hart,

      Hmm… sebenarnya Xiaomi Redmi Note dual SIM bergaransi resmi. Masalahnya, barang itu sudah langka di pasar.

  52. Pak Herry,

    Jadi zenfone 2 ini sudah tidak sepanas dan seboros batere pendahulu nya ya?
    Sudah cukup sebanding ya Pak antara performa dengan harga nya?

    apabila ada budget kisaran 4 juta, selain zenfone 2 ini, smartphone apa pak yang layak dibeli?

    1. Pak Ragil Sunyoto,

      Benar, tidak sepanas dan seboros Zenfone generasi pertama.

      Hmm… umpama saya ada dana Rp 4 juta, saya takkan membeli Zenfone 2 sih. Saya lebih memilih beli LG G2.

  53. mengamati dari beberapa pertanyaan ..kayakny orang2 ‘nggak terima’ kalo hp ini ‘biasa-biasa’ saja ya pak 🙂 berati betapa produsen hp selalu berlebihan dalam menawarkan produknya ya..

  54. Salam kenal Koh Herry SW

    Baru kali ini saya main ke situs review gadget Koh Herry, selama ini ngertinya pocketnos,technobuffalo,gsmarena

    Superb review, ulasan reviewnya lugas, to the point dan objektif sekali, beda jauh dengan kebanyakan review dalam negeri yg terkesan seadanya

    Sekali lagi saya ucapkan, Welldone Koh Herry

    Nah, saya mohon bantuan masukan nih Koh
    Saya selama ini memakai 2 gadget yaitu iPhone 6 (primary) dan Nexus 5 (secondary)

    Akhir2 ini saya lebih sering dan intens dengan Nexus 5 yg udah pake Lollipop 5.1 dan dari sudut pandanh user awam saya entah kenapa skrg nyaman dengan Lollipop,,

    Sebelum jangan salah sangka, meskipun awam, tapi saya pengguna iPhone dari jama 3GS, 4, 4s, 5, lalu 6 (skip 5s)
    Dan saya dulu dari dulu terbiasa beli apps via iTunes dengan gift card maupun CC

    namun sekarang entah kenapa makin klop dengan Nexus 5 ketimbang iPhone 6, dan alasan yg saya rasakan android udah tidak tertinggal jauh dari iOS atau bahkan sudah setara dalam banyak segi

    Nah skrg saya ada niatan menjual iPhone 6 untuk kemudian menjadikan Nexus 5 sbg primary phone, lalu berencana membeli phablet (layar 5,5inch keatas) untuk dijadikan secondary phone

    Sempat terbesit Zenfone 2 551ML tapi kemudian makin mengerucut pada 2 kandidat yaitu :
    1. LG G Pro 2
    2. Sony Xperia Z Ultra

    Dengan harga LG G pro 2 skrg 3.9juta (LTE)
    Dan Xperia Z Ultra 3.3 juta (LTE)

    Kira2 dengan mempertimbangkan segala aspek, ambil yg mana ya?

    Mohon masukannya Koh Herry
    Sekali lagi terima kasih sebelumnya

    1. Pak Aris Wahyu,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Di antara dua kandidat itu, saya sama sekali belum pernah mencoba Xperia Z Ultra LTE. Yang pernah saya towel-towel adalah Xperia Z Ultra HSPA (non-LTE). Menurut saya, G Pro 2 lebih menarik dipilih karena lebih enak digenggam, kinerja tergolong prima, dan layanan pusat perbaikan resmi LG jauh lebih bagus daripada Sony.

  55. mnurut bang herry utk harga max 3.2 jt lbh baik beli hp apa?samsung e5 or lg g3 beat or lenovo p70 or xiaomi mi4i or zenfone 551 ml 2gb/16gb or yg lain suwun bang

  56. Seperti expectasi sy, ZenFone 2 ini yg membuat sy tercengang spek ram yg 4Gb it sj, dg sy pengguna zf5 skrng ram 2GB pun masih lumayan cukup.
    Ditambah layout ZenFone 2 tdk terlalu mantap sy rasa, layar 5.5 blm pernah jg sy coba menurut ko bila dikantong celana bgmn rasanya?

    Dari saran2 ko’ d atas suka ke lg G2 ya, sayangnya seri2 flagship kadang tdk dual sim, salah satu pertimbangan saya paling tdk dual sim.

    Sepertinya sampai 2016 sy tdk akan upgrade smartphone, melihat blm ada yg menggairahkan..

    Apalagi Windows 10 akan rilis, sepertinya pengen coba hh win10 nantinya..

    1. Pak Edi Utomo,

      Layar 5,5 inci dengan bingkai tipis masih enak dikantongi. Kalau bingkainya tebal atau layarnya berukuran mulai 5,7 inci, nah… itu baru kurang nyaman dikantongi.

  57. Om Herry,
    Terus terang saya tadinya sangat berharap dengan ZF2 ini terutama yang pilihan ke 3 (RAM 4 GB dan ROM 32 GB) tetapi setelah membaca review anda langsung kabur/hilang keinginan tersebut…hehehe.
    Selanjutnya mohon pencerahannya gawai apa yang layak dibeli apabila spesifikasinya sbb :
    – Dual SIM Card (LTE Support) – Dual ON
    – RAM > 2 GB
    – ROM (Internal Memory) >= 16 GB
    – Ada slot untuk External Memory Card
    – Layar ful-hd
    – Harga max. 5,5 juta
    Seandainya tidak ada yang memenuhi semua spec tersebut di atas, tolong disebutkan yang paling mendekatinya.
    Terima kasih.

    1. Pak Sieman,

      Terus terang saya kesulitan menemukan ponsel yang memenuhi semua kriteria tersebut.

      Kalau yang mendekati, ada Lenovo P70. Layarnya bukan full HD, melainkan HD saja. Yang bisa LTE hanya selot SIM1. Untuk sementara ia hanya bisa dipadukan dengan LTE 1800-nya XL.

  58. Ko herry mau tanya untuk kamera lebih baik saya menambahkan sedikit budget saya untuk membeli iphone 5s/sony xperia z2? atau membeli zenfone2 aja? Kualitas kamera dimalam hari zenfone 2 menurut koko gimana? Dan untuk kualitas video dimalam hari yg minim cahaya gimana?

    1. Pak Ricky,

      Soal iPhone 5S saya tak bisa berkomentar karena belum pernah menguji pakai ponsel itu.

      Kalau anggaran Anda cukup untuk membeli Xperia Z2 dan Anda mengutamakan kinerja kamera, saya menyarankan Anda membeli ponsel Vivo Xshot saja. Review bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-vivo-xshot-performa-kamera-imbangi-flagship-lg-samsung-dan-sony/

      Silakan baca ini juga http://ponselmu.com/mencoba-mode-kamera-profesional-di-ponsel-vivo/

      Terakhir, nyaris semua foto di http://ponselmu.com/tingkatkan-produktivitas-nelayan-xl-luncurkan-mfish/ saya jepret memakai Xshot.

      Kamera Zenfone 2 untuk pemakaian di malam hari dan low light tergolong bagus. Namun, kalau di lokasi berpencahayaan memadai, masih banyak ponsel lain yang lebih bagus deh.

  59. Pak herry, kalau cumm di kasih 2 pilihan, pilih asus zen2 atau oppo R1x,? (mengacu spesifikasi di atas kertas, merek dan hrg), bpk lebih pilih yg mn, 😀

  60. koh,, bentar lagi ada PO lenovo a7000 nih di lazada, gmna koh pendapatnya dgn harga segitu dan spek.nya yg lumayan? worth di beli gak

    1. Pak Jhon,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah coba A7000.

      Kalau saya sih nggak akan beli. Alasannya, penjualnya Lazada yang layanannya amburadul banget.

  61. setelah saya membaca review dari Pa Herry tentang Asus Zenfone2 RAM 4GB dan juga membaca komen Pa Herry. tadinya saya memang sangat ingin sekali membeli HP ini, tetapi sekarang ini urung atau tidak jadi untuk membelinya.
    dikarenakan hasil kamera yg tdk sesuai dgn harapan, dan juga banyak nya aplikasi bawaan Asus yg tidak bisa di uninstal, sehingga RAM 4GB jadi percuma.

    saya org yg tdk suka gunta-ganti HP, saya terbiasa membeli HP dengan budget yg agak mahal tetapi untuk pemakaian jangka waktu yg sangat lama.
    kira-kira saran dari Pa Herry dengan budget 4-4,5jt HP apa yg sangat recomen untuk saya?
    asalkan jgn LG G2, karna saya kurang suka produk LG
    terima kasih atas review zenfone2 nya, jadi saya tidak akan bernyanyi “sakitnya tuh disini” hehe

    1. Pak Ilham,

      Anggaran apakah masih bisa ditambah? Kalau bisa ditambah, beli Vivo Xshot Rp 4,999 juta saja.

      Sebenarnya saya ada alternatif lain. Masalahnya, mereknya LG semua. Padahal, Anda bilang tak suka LG.

  62. Kalau saya lihat diatas mending ambil LG G2. Kalo dengan Sony Z Ultra gimana pak? Apakah masih ok juga?

    1. Pak Hart,

      Ponsel merek Asus sebaiknya dilupakan. Namun, bila Anda memang sangat ingin membeli ponsel Asus, lebih baik melirik Padfone S daripada Zenfone 2.

      Pesan saya:
      * Belilah Padfone S yang paket penjualannya tanpa docking tablet. Sebab, menurut saya, tabletnya parah. Dengan membeli Padfone S tanpa docking, Anda akan berhemat sekitar Rp 500 ribu.

      * Bila Anda tidak memiliki preferensi tertentu terhadap warna, sebaiknya Anda membeli Padfone S berwarna putih. Sebab, di Padfone S putih tak ditemukan masalah terkait kompatibilitas layanan LTE. Hal sebaliknya terjadi dengan unit Padfone S berwarna hitam.

  63. Pak Herry,

    Selain kids mode, apakah ada feature guest mode (seperti di hape LG) di Zenfone 2?

    Thanks

    1. Pak Surya,

      Ya, ada. Namun, cara kerjanya agak beda. Di Zenfone 2 lebih mirip dengan username: guest di sistem login-nya Windows di laptop/PC.

  64. Halo pak Herry. Salam kenal. saya sudah beberapa kali mampir kesini tapi baru kali ini nimbrung. kebetulan lagi menunggu review zenfone 2, dan terjawab sudah kegalauan saya berkat review lugas pak herry. ternyata RAMnya yang besar habis hanya untuk program bawaan. sayang banget. Tapi Saya lagi tertarik dgn Lenovo A7000. kayanya belum ada ulasannya. saya tunggu reviewnya ya pak. yang saya liat lumayan tuh, udah lolipop, harganya 2juta, ram 2gb. spek segitu kebetulan lagi saya lirik. tapi berhubung msh baru jadi belum ketahuan performanya. makanya sy tunggu ulasannya ya pak. thanks a lot

    1. Bu Veta,

      He.. he.. saya belum pernah menyentuh A7000. Jadi, ya otomatis tidak bisa mengulasnya.

      Spesifik ke ponsel merek Lenovo, saya justru ingin mencoba Lenovo P90 yang menggunakan prosesor Intel. Saya ingin tahu bagaimana performanya kalau dibandingkan Lenovo K900 yang dulu saya nilai parah banget. Kebetulan spesifikasi prosesor P90 itu mirip dengan dua varian Zenfone 2. Jadi, bisa sekalian intip-intip deh.

  65. dear koh herry,

    dlu saya sempet mo beli zenfone 5 tp ga jadi gara2 gps ny yg parah (lemot bgt) klo dkompare ma redmi1s.

    nah utk zenfone 2 ni gps ny gmn koh?

    tks

  66. malam pak herry
    dari semua jawaban pertanyaan di atas, sepertinya pak herry sangaat rekomendasikan lg g2 pertanyaannya ;
    berapa harga lg g2 untuk sekarang ini pak? kalo gak salah bukannya 5 jutaaan ya pak?
    apakah lg g2 bakal mendapat update lolypop ? karena setahu saya dulu lg paling lama dalam memberikan update os

    1. Pak Jabbar,

      Harga baru G2 16GB saat ini Rp 3.999.000. Kalau yang 32 GB beberapa ratus ribu rupiah lebih mahal.

      Saya kurang tahu G2 akan mendapatkan update ke Lollypop atau tidak. Jangan-jangan malahan sudah ada update-nya nih. He… he… he….

      Dibandingkan zaman LG Optimus 2X, kini LG lebih rajin menghadirkan update firware, terutama untuk tipe-tipe high end.

  67. Halo Pak Herry, saya pembaca setia blog bapa nih karena reviewnya saya rasa beda dengan review kebanyakan.

    Saya mau tanya mana yg lebih baik antara Zenfone 2 ZE551ML varian ram 2GB dan storage 16GB yang dijual di erafone seharga 3,199 atau Padfone S + Docking yang seharga 3,4 Juta ?

    1. Pak Pandu,

      Saya jadi penasaran nih. Boleh tahu perbedaan review di blog saya dengan tempat lain apa ya?

      Lebih baik Anda membeli Padfone S. Kalau ada yang tanpa docking, lebih baik beli yang tanpa docking deh. Sebab, docking tablet untuk Padfone S kurang asyik. Dengan membeli Padfone S tanpa docking, Anda bisa menghemat pengeluaran sekitar Rp 500 ribu.

  68. menyambung jawaban Pa Herry terkait pertanyaan saya di atas dan sebelumnya.

    bisa saya menambah kan budget sampa 5jt untuk membeli Vivo XShoot. tapi mungkin saya akan menunggu beberapa gari lagi untuk melihat review tentang Xiaomi Mi4i

    bukan saya kurang suka merk LG, tetapi kebetulan teman saya memakai LG, dan LG dia bermasalah dengan layarnya/LCD nya. sehingga itu membuat saya agak ragu.
    mungkin kalo boleh Pa Herry bagikan tipe LG apa saja yg recomen untuk budget 4jt-4,5jt.

    oh iya Pa Herry, saran dari saya alangkah baik nya bila disediakan fitur membalas atas jawaban Pa Herry di atas, agak mempermudah percakapan.
    Terima kasih

    1. Pak Ilham,

      Vivo Xshot ya, Pak. Bukan Vivo Xshoot.

      Untuk melihat review Mi 4i, tepatnya Anda harus menanti beberapa minggu lagi. Mi 4i akan diluncurkan di Indonesia pada 19 Mei 2015. Penjualan takkan dilakukan bersamaan.

      Boleh tahu teman Anda memakai ponsel LG tipe apa? Di kisaran harga segitu, ada LG G2 yang menarik dilirik.

      Soal fitur membalas, sejak dulu saya inginnya juga begitu. Jadi, alur percakapan lebih mudah dipantau. Masalahnya, saya tak tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur itu. Saya sudah sempat mengutak-atik, tetapi tak berhasil menemukan/mengaktifkan fitur tersebut.

  69. Iya saya rasa review di blog bapa lebih menonjolkan sisi user experience gitu. Dan kadang suka anti mainstream nih,, contohnya ketika demam zenfone generasi pertama disaat banyak yang merekomendasikan zenfone , review bapa malah kurang merekomendasikan.. Kan agak aneh kalo baru baca, tapi setelah nyobain emang bener nih kata kata pa herry tentang zenfone hehehe..

    Oh iya pak jadinya saya membeli Padfone S + Docking. Karna saya rasa memilih padfone s adalah memilih smartphone yg sekaligus bisa menjadi tablet, kalo cuma smartphone nya aja jadi serasa bukan padfone hehehe.

    Ikut share pengalaman memakai padfone :
    – Desain : Desain smartphone nya cukup elegan dengan list metal walau bukan metal. Yang sangat disayangkan kurang nyaman digenggam , dan ketebalannya cukup tebal. Apalagi station tabletnya bezelnya bener bener tebal, berat dan memegangnya agak “kagok”. Saya sulit mencari posisi memegang station tablet yang pas ketika menjadi mode tablet.

    – Kamera : Ini nih yang saya suka dari padfone s, gerakan kamera kekanan dan kekiri sangat smooth, proses fokus juga cepat dan hasilnya jernih baik kondisi terang maupun low light. Melihat introduction oleh ASUS, padfone s ini dilengkapi dengan modul hardware ISP yang katanya meningkatkan kualitas kamera. Kamera depan standar standar saja , bagus kalau cukup cahaya namun sudut pengambilan tidak begitu luas.

    -Layar: Layarnya sangat tajam cerah dan jernih, namun masih kalah dibanding LG G3. View angle cukup luas dan tampilan text tidak nampak bergerigi.

    – Baterai dan Performa : Untuk baterai cukup awet bisa dibilang karena dengan spek setara G3, Mi4 baterainya hanya 2300mah. Namun cukup menemani ber BBM, dan sosmed lainnya sampai 10jam, dan masih terbantu dock station yg bisa mengisi daya smartphone nya,
    .Untuk performa sangat mulus, menjalankan aplikasi apapun terasa lancar, hampir tidak ada jeda ketika bernavigasi maupun membuka aplikasi.

    Mungkin hanya sekian pa herry pengalaman yang saya bagikan tentang Padfone S 🙂

    1. Pak Pandu,

      Terima kasih atas apresiasi dan penjelasannya.

      Boleh tahu Padfone S + docking-nya kena harga berapa? Garansi resmi ya, Pak?

      Iya, bezel tabletnya tebal. Serasa memegang pigura foto deh.

  70. Saya beli di BEC dapat harga 3,390 pak, untuk versi tanpa station 2,9 juta. Namun di asus store sedang ada promo dengan 3,499 sudah dapat padfone + station dengan bonus flip cover ori untuk smartphone dan dock nya. Seandainya saya tau sebelumnya di asus store ada promo itu mungkin saya beli di asus store pak karna bonus nya menurut saya sangat worthed hehe..

    Iya pak memang saya kurang suka sebenarnya dengan desain station nya, namun untuk saya sangat berguna untuk menunjang pekerjaan seperti melihat file pdf, word dan edit dokumen hehe.. Dan juga bermain game lebih asyik di layar besar, bukan begitu pak ? ????

    1. Pak Pandu,

      Yang di Asus Store itu berarti dapat dua flip cover ya? Satu untuk ponsel, satu lagi untuk tablet. Iya, bonusnya menarik.

  71. Kembali menyambung jawaban Bapa diatas

    Kebetulan teman saya memakai LG Pro Lite, Dan kata teman saya LCD nya bermasalah.

    Baik mungkin saya akan mempertimbangkan Vivo Shot atau LG G2 dgn melihat spek Dan jga review nya dahulu

    Terima kasih pa

  72. Pak Herry…terima kasih untuk jawaban atas pertanyaan saya sebelumnya dengan merekomendasikan Lenovo P70.

    Tetapi setelah membaca review P70 jadinya kurang tertarik dengan gawai tsb, kali ini mohon info penjual LG G2 dengan harga 4jt di Surabaya karena saya lihat di beberapa onlineshop harga masih 6jt.

    Sekalian mohon info apakah LG G2 Mini masih tersedia ? Saya sempat ke Erafone katanya sudah discontinue, mohon pencerahannya.

    Terima kasih.

    1. Pak Sieman,

      Coba cek di Telesindo Shop. Gerainya ada di Grand City, WTC, dan Plaza Tunjungan. Untuk gerai di Plaza Tunjungan, saya kurang mengetahui status terakhirnya masih buka atau tidak. Harga Rp 3,999 juta itu sering on off. Kadang berlaku sekitar seminggu, selesai, nyambung lagi, selesai lagi, dst.

      G2 Mini sudah diskontinyu, tetapi masih bisa ditemukan di pasar. Sabtu minggu lalu saya menjumpainya di Erafone. Harga di sana Rp 2,2 juta. Saya sempat lihat (tapi lupa di mana) ada yang jual Rp 2,1 juta.

  73. Kenapa bpk kok mengunggulkan produk LG??
    Dari atas saya liat kok LG G2 trus yg disebutkan bpk..
    Apakah bapak dibayar LG kok smpe segitunya

    1. Pak Faiq,

      Menurut saya, ponsel LG tersebut bagus. Jadi, ya saya rekomendasikan. Saya tidak dibayar LG kok. 🙂

  74. Halo Om…
    Kebetulan saya pengguna Zenfone 5 dan cukup penasaran sama Zenfone 2 walaupun sebenernya gak terlalu tertarik sih. Dan semakin gak tertarik setelah baca ulasan si om hahaha
    Saya lebih tertarik sama Xiaomi Redmi 2, Mi4i, Lenovo A7000 dan Alcatel One Touch Flash Plus.
    Alcatel sih yg bikin penasaran, octacore 1,5ghz, batre 3500, ram 2Gb, Rom 16Gb, rear kamera 13mp, front camera 8mp cukup menggoda sih, apalagi harga dibawah 2juta.

    1. Pak Colis,

      Kalau diperhatikan, Alcatel termasuk merek yang sering berganti-ganti distributor. Terus terang saya sangat meragukan layanan purna jualnya.

  75. om herry..
    dari dulu nie aku bimbang mau beli hp apa.. kemarin aku coba zenfone 2 tpi baru pemakain 1 hari udh ngelag.. jadi saya jual lagi dan sekarang saya mau beli hp lagi.. klu menurut om herry mana yg bagus nokia lumia 730,640 LTE atau padfone s???
    trims ^-^

    1. Pak Fandy,

      Saya belum pernah coba Lumia 640 LTE.

      Lumia 730 dan Padfone S sama-sama oke. Tergantung suka Android atau Windows Phone. Bila harus memilih, saya memilih Lumia 730 dengan alasan yang sangat subjektif: ngeri dengan Asus.

  76. Om Herry,
    Sekarang kan saya pakai Zenfone 5, kalau misalkan saya ganti ke Xiaomi Redmi 2 apakah worth it?
    Mending ke Redmi 2, P70 apa saran Om Herry sebaiknya?

    1. Pak Colis,

      Zenfone 5 yang Anda pakai varian RAM 1 GB atau 2 GB?

      Kalau varian 1 GB, silakan beralih ke Redmi 2. Kalau varian 2 GB, beralih ke Redmi 2 akan terasa turun kelas. P70 boleh dilirik. Namun, performa kameranya di tempat gelap pasti kalah dengan Zenfone 5.

    2. Tapi ga ada keluhan seperti bootlop kan koh ..
      Saya trauma banget nih hp oppo saya 1thn pakai sekarang mati total …

      1. Bu Nisa,

        Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

        Sejauh ini saya tak pernah menerima keluhan bootloop di Vivo Xshot.

  77. om Herry
    klu di bandingkan kamera lumia 730 6,7mp vs padfone s 13mp mana yg lebih bagus ??.. n klu untuk gaming mana lebih baik???
    lalu om herry, lumia 735 udh masuk indonesia belum ya?? soalnya lumia 730 n 735 bedanya kan klu lumia 730 gak ada jaringan 4G sedangkan lumia 735 ada jaringan 4G.. jadi aku mau beli yg 735 aja nie.. tapi udh masuk indonesia belum ya??
    dtrims ^-^

    1. Pak Fandi,

      Tanpa melihat resolusinya, lebih bagus kamera Lumia 730.

      Saya bukan penggemar gaming. Saat menjalankan game yang iseng saya mainkan, keduanya boleh dibilang setara sih.

      Lumia 735 mestinya takkan beredar resmi di Indonesia. Entahlah kalau kemudian ada perubahan rencana.

    1. Pak Colis,

      Boleh banget. Pastikan Redmi Note-nya yang bergaransi resmi. Masalahnya, mencari penjual yang masih memiliki stok Redmi Note dual kini sudah sulit banget.

  78. om herry..
    makasih om atas infonya.. jadi om herry ane mau minta saran nie om.. dengan bajet 3.800.. bisa dapat hp apa om?? yah dilihat dri spesifikasi n kameranya heheh ^^ soalnya kemarin mau beli LG G2 tapi gara2 udh terlanjut beli zenfone 2 lalu ane jual lagi, akhirnya bajet ane tingggal 3.800.. jadinya ane bimbang mau beli hp apalagi nie hehehehhe ^-^
    oh iya om herry klu di bandingkan ram android sama windows phone, lebih boros android ya dalam pemakain ramnya???
    maaf ya om banyak nanya hehehe ^^

    1. Pak Fandy,

      Dengan anggaran Rp 3,8 juta, Anda masih bisa mendapatkan LG G2 16GB kok. Harga barunya kini Rp 3,499 juta. Erafone kebetulan sedang melakukan clearance sale.

      Iya, Android lebih rakus.

  79. Pak Herry,

    Saya sedang mencari HP dgn layar 5.5-6 inch, pertama pilihan saya jatuh pada asus zenfone 2, tapi setelah membaca review dari Pak Herry saya jadi ragu2, kalo harus memilih antara zenfone 2 dan lg g pro 2, lebih memilih yg mana Pak Herry?
    Ada satu pertanyaan lagi, apa perbedaan yg dirasakan dan dilihat antara kit kat dan lollipop? Karena salah satu poin ingin meminang zenfone 2 adalah ingin merasakan sensasi lollipop dan gadget saya yg dipakai sekarang xperia zl sampai saat ini blm mendapat update lollipop
    Terima kasih Pak Herry atas jawaban dan sarannya

    1. Pak Indra,

      Asalkan Anda tidak memerlukan ponsel dual SIM, LG G Pro 2 lebih layak dibeli daripada Zenfone 2.

      Yang paling terasa adalah perbedaan tampilan antarmukanya (user interface). Pakai KitKat pun masih nyaman kok.

    1. Pak Fandy,

      Saya belum pernah menguji pakai Mi3 dan OnePlus One. Jadi, tak tahu lebih bagus mana.

  80. Dear koh herry …
    Saya bulan depan rencana mau beli hp vivo xshot koh , menurut anda bagus ga ya hp vivo xshot …

  81. Salam Pak Herry, maaf sebelumnya karena OOT
    Dalam jangka waktu dekat ini saya berencana beli HP baru
    Dana saya, maks 2juta saja. Saya masih bingung antara memilih Zenfone 5, Acer Liquid Z500, atau Lenovo A7000. Mohon pencerahannya

    1. Pak Chandra,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Lupakan Asus deh. Liquid Z500 boleh dilirik. A7000 saya belum pernah coba. Alternatif lain yang boleh dipertimbangkan adalah Xiaomi Redmi 2.

  82. Halo pak, maaf kalau mungkin OOT. Saya minta saran, lebih baik Lenovo A7000 atau zenfone 2? lalu kenapa? atau mungkin bapak ada rekomendasi lain? terima kasih pak.

    1. Pak Aris,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Karena belum pernah mencoba A7000, otomatis saya belum bisa menjawab pertanyaan Anda.

    1. Pak Fandy,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Zenfone 2 RAM 2GB.

  83. Koh Herry, maaf oot, pernah cicip alcatel flash one touch yg lg heboh di lazada ndak? harganya murah, speknya keren, tapi kok ngga meyakinkan pas liat merknya itu loh hahaha.. Menurut Koh Herry gmn?

    1. Bu Mayank,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Sekadar menyentuh One Touch Flash pun saya belum pernah. Kualitas ponsel Alcatel sih secara umum cukup baik. Namun, soal layanan purna jual dan kemudahan mendapatkan aksesori, nah… itu tanda tanya besar banget. Alcatel sering sekali berganti distributor.

  84. Asus zenfone 2 ram 4GB vs One Plus One,lebih recommended mana ya pak kalau untuk pengguna yang aktif,banyak install aplikasi,sosial media & beberapa game berat,untuk fitur kamera bisa dinomor 2 atau 3 kan,karena saya tidak hobi berfoto ria,yang utama performa yg baik untuk kenyamanan dlm pemakaian yang aktif
    Mohon pencerahannya pak!
    Atau Mungkin Pak herry punya rekomendasi Smartphone yang lain dengan budget 4-5jutaan

    1. Pak Runobiy,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Saya belum pernah menguji pakai OnePlus One sehingga tak mengetahui status kelayakan belinya. Zenfone 2 sih sebaiknya dicoret saja.

      Dengan anggaran sampai Rp 5 juta, Anda boleh mempertimbangkan LG G2 atau G Pro 2.

  85. halo Koh Herry S.W.
    maaf, saya mau tanya seputar smartphone android..
    sesuai dengan topik zenfone2.. kebetulan saya mau beli smartphone baru, untuk budget dapat menyesuaikan.
    setelah saya baca review Koh Herry, saya mulai ragu.. mata saya terbuka.. hp mid-end tetaplah mid-end.. dan memang tidak dapat dikategorikan sebagai high-end..

    to the point aja Koh (maaf oot kali ini), ada info tanggal 5-7juni ini launching event LG G4 (surabaya) dengan beragam cashback+bonus..
    menurut Koh Herry, worthed apa tidak ya LG G4 dengan harga segitu ? dengan segudang fitur yang digembar gemborkan LG..
    lalu apakah display nya memang se “wow” itu ?
    jujur sih secara desain eksteriornya, saya senang dengan desain LG G4.. apalagi dgn versi leather nya.. namun saya kurang tahu menahu mengenai “daleman” ponsel..

    lalu baterai jenis lithium ion dibandingkan dengan lithium polimer, memang beda jauh Koh ?

    maaf saya jadi kayak nulis cerpen,,
    ditunggu komentarnya Koh..
    terima kasih.. sukses & sehat terus Koh Herry

    1. Pak Willy Fredrick,

      Oh, tanggal 5-7 Juni 2015 ada acara peluncuran LG G4 di Surabaya ya? Saya malahan baru tahu. Tepatnya di mana dan ada promo apa saja, Pak?

      Saya belum pernah menguji pakai G4 versi komersial/final. Yang selama ini saya gunakan adalah G4 versi prototipe. Kinerja G4 prototipe itu memuaskan. Saat minggu lalu ke Beijing, saya tak perlu lagi membawa kamera tambahan. Untuk reportase di sana, saya cukup memakai G4. Kalau kinerja G4 prototipe saja terasa memuaskan, performa G4 komersial mestinya minimal sama, bahkan lebih baik.

      Soal layar, menurut saya, tidak terasa wow. Enak dipandang sih. Namun, resolusi Quad HD rasanya terlalu tinggi untuk mata manusia. Jadi, keistimewaan resolusi layar tersebut menjadi kurang bermanfaat untuk pemakaian sehari-hari.

      Lithium polymer dan lithium ion beda bahan baku. Performa keseluruhan sih relatif sama.

      1. ini Koh sumber yang saya dapatkan.. mengenai launching g4 surabaya..
        tepatnya di galaxy mall.. mungkin kita bisa ketemu disana nanti hahaha
        sumber : http://www.telkomsel.com/lgg4

        maaf bila saya bertanya lagi koh Herry..
        untuk budget serupa dengan g4.. apakah ada ponsel lain rekomendasi dari koh Herry ?
        sebenarnya “toleransi” mata saya sangat tinggi.. sebelum menggunakan g3, saya menggunakan s3..dan malah bagi saya hasil kameranya kurang lebih sama bagus.. (bukan photographer profesional koh)
        untuk kamera, saya sebenarnya tidak terlalu membutuhkan sesuatu yang sangat “wah”

        hanya mencoba mencari gadget yang sesuai..
        apakah worthed mengganti g4 untuk sektor kamera nya saja (mungkin) yang meningkat pesat dibandingkan g3 ?
        lalu secara teknis, spesifikasi zenfone2 4/32 terbilang cukup tinggi.. bahkan mungkin menyamai g4 atau mengungguli g3… namun mengapa (kalau boleh tahu) koh Herry tidak merekomendasikannya ? maaf saya belum pernah mencoba brand asus untuk smartphone sebelumnya.

        selama ini, saya memang puas dengan keunikan LG.. praktis tanpa tombol untuk membuka layar.. hal serupa saya temukan di zenfone2.. plus spesifikasi tertulis yang terbilang cukup “meyakinkan” hahaha.. dan semakin dekat launching event g4.. saya jadi sangat galau hahahaha..

        maap kalau “mbulet” koh Herry
        ditunggu balasannya 🙂
        sehat sukses terus koh Herry

        1. Pak Willy Fredrick,

          Terima kasih atas informasinya. Dua hari lalu (2 Juni 2015) saat saya ke Mal Galaxy, saya tak sengaja melihat ada pameran LG G4 di depan gerai J.Co. Ini pameran yang sama dengan yang Anda berikan tautannya.

          Di kisaran harga sama, kalau saya sih tetap pilih LG G4.

          Kalau kamera G3 Anda anggap cukup, ya sudah, tak usah ganti ke G4. Bahkan, Anda bisa turun ke Vivo Xshot yang harga barunya Rp 4,999 juta.

          Zenfone 2 itu ponsel mid-end yang oleh Asus coba “digoreng” supaya dipersepsikan high-end. Saran saya, jangan membeli ponsel dan tablet Asus.

  86. halloo koh
    saya mau beli Asus Zenfone 2 yang RAM nya 2 giga (di pasaran 3,2 jt), Lenovo P90 (3,5 jt), atau Sony Ultra z *(3,5 jt)
    mana rekomendasi koh herry?
    mungkin hari ini saya akan membeli salah satu di antaranya
    thx.GBU

    mr.don

    1. Pak Mr Don,

      Saya belum pernah mencoba Asus Zenfone 2 RAM 2GB dan Sony Xperia Ultra Z LTE. Zenfone 2 RAM 4GB saja tak terlalu menarik lho, apalagi yang 2GB ya. Kalau Xperia Ultra Z LTE, saya nilai kurang asyik karena kameranya tanpa lampu kilat.

      Bagaimana dengan Lenovo P90? Proses uji pakai belum selesai. Secara umum barangnya cukup bagus sih. Namun, harga Rp 3,5 juta (harga resmi setahu saya malahan Rp 3,999 juta) terasa terlalu tinggi. Idealnya maksimal Rp 2,999 juta.

  87. Salam Pak, maaf sebelumnya karena mungkin OOT.
    Pak, saya berencana membeli lenovo A7000. apakah layak beli? atau bapak ada usulan handphone lain dengan harga yang tidak jauh berbeda?

    1. Pak Joe,

      Saya belum pernah menguji pakai A7000. Jadi, saya tak mengetahui performanya.

      A7000 Rp 1,999 juta kan? Saya merekomendasikan Xiaomi Redmi 2 bergaransi resmi yang harga barunya sekitar Rp 1,6 juta.

      1. iya pak A7000 sekitar itu. xiaomi redmi 2 RAM nya 1 gb ya? saya cari yg 2 GB hehe, bisa tolong bantu pak?
        oiya, saya masih pelajar, jangan panggil saya “Pak” hehehe

        1. Pak Joe,

          Oh, mau yang RAM 2 GB. Pilihannya turun ke Acer Liquid Z500 atau naik ke Acer Liquid Jade. Review dua ponsel itu bisa Anda cari di blog ini. Ketikkan saja tipenya di baris pencarian.

          He.. he.. kalau cowok langsung saya panggil Pak, sedangkan cewek langsung saya panggil Bu. Lha saya kan tidak mengetahui usia masing-masing pengirim pertanyaan.

  88. Salam Pak, tadinya saya minat banget sama asus ini cuma lihat reviewnya kok kayaknya rada kurang “nendang” ya.. Malah jadi bingung ni pak herry dgn dana antara 4-4,5 mndg pilih one plus one, asus ato xiaomi ya? Ato malah cari secondnya HTC ato LG G3 aja ya? :bingung kebutuhan saya multitasking gak lemot game sama nonton video bening di mata itu aja kamera ga begitu pntng.. Makasih pak

    1. Pak/Bu Madya,

      Saya belum pernah menguji pakai OnePlus One. Namun, beberapa teman saya yang memakai ponsel itu mengaku puas.

      Dengan anggaran segitu, menurut saya, silakan mempertimbangkan LG G2 baru dan bergaransi resmi. Harga varian 16 GB saat ini Rp 3,499 juta, sedangkan yang 32 GB Rp 3,999 juta.

  89. slamat siang koh Herry,

    saya tadinya berniat untuk meminang zenfone2 ini..
    tapi stelah review dari ko Herry sptnya saya akan beralih ke merk lain…
    apa ko Herry ada saran untuk saya?

    buget 3-4jt..
    RAM min. 2Giga
    kamera kalo bisa sih oke jg ko,

    thanks,

  90. sore koh herry, saya ko baru tahu ada situs review hape yg objektif kayak gini? hehe
    mau tanya ttg lenovo dan asus, walaupun kayaknya koh herry nih anti asus hehe
    1.apa iya lenovo jarang ngasih update OS gawai lama mereka dan lebih fokus ke produksi gawai baru?
    2. kayaknya koh herry pernah pake asus padfone s ya, tp ta’liat di situs ini ko ga ada link nya ya? bisa minta link nya? 🙂
    saya cuma punya dana Rp. 2.999.999 buat beli smartphone, selaen asus padfone s putih, koh herry punya referensi laen?
    pengennya yg internal minimal 16GB, Ram 2Gb, LTE, batere di atas 2000mAH, purna jualnya bagus
    oiya kalo boleh usul, review juga hape2 minimalis non android/WP/BB dunk. soalnya saya juga lagi pengen beli nokia 215 buat dampingi smartphone saya
    tolong dibalas y ko,terima kasih 🙂
    nb: kalo udh meluncur di indonesia, tolong review lenovo K80 y ko

    1. Pak Yudhistira GP,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      1. Ya, biasanya begitu. Dulu bahkan tipe baru pun tak kunjung muncul update-nya.

      2. Benar. Saya pernah pakai Padfone S. Tidak sempat review karena ketika saya belum tuntas menguji pakai, ada teman yang sangat membutuhkannya, tetapi gagal menemukan di pasaran. Akhirnya punya saya diambil alih olehnya.

      Dengan anggaran Rp 2.999.999, silakan melirik Xiaomi Mi 4i. Ia dibekali RAM 2 GB, ROM 16 GB, mendukung LTE 1800, dan baterainya 3.120 mAh. Layanan purna jual lebih bagus daripada Asus, tetapi masih belum bisa mengalahkan pusat perbaikan resmi LG dan Samsung.

      Terima kasih atas usulannya soal review feature phone. Secara berkala saya memang tetap menulisnya. Namun, karena ponsel pintar yang akan di-review sedang panjang, review feature phone sementara dinomorduakan.

      Soal K80, semoga kelak harga jualnya di sini rasional dan bukan dijual lewat Lazada. Biar saya lebih tertarik mengulasnya. 🙂

  91. Hello koh…
    Sy jdne beli p90.overall sy puas dg kinerja lenovo ini,drpd nungguin zenfone 2 yg msh aja susah nyarinya or ultra z yg kegedean.mslh harga sy susah cr yg 3 jt setara dg p90. Bahkan rata2 spec nya jauh si bwh p90 sih.anyway,thx ya atas masukannya.ciaooo

  92. Pak Herry,
    Dulu kan asus terkenal PHP waktu taon lalu jaman zenfone4. Ada yg bilang ‘urus before sales aja ga becus, gimana mau urus after sales’.

    Kalau sekarang situasi php dan after salesnya gmn pak ?

    Anyway, sy sih kalo uda di atas 3 jt ngerasa ga worth beli asus ato lenovo. Uang 3 jt cukup besar. Kalo mau keluarin uang 3 jt, pastikan dapet barang yg jelas, misalnya dr merk samsung, LG, apple..hehe..just my opinion..

    1. Pak Darius,

      Asus masih stabil. Kayaknya dia penggemar lagu “aku masih seperti yang dulu….” 🙂

      Soal beli ponsel dengan uang Rp 3 juta, LG-nya saya setuju. Kalau Apple, dana segitu rasanya belum cukup untuk membeli iPhone baru dan bergaransi resmi termurah deh.

  93. Koh vivo xshot aftersalenya gimana ya? Kalo dibandingkan dengan samsung A5 atau S5 meneurut kokoh mending ambil mana untuk kualitas kamera?

    1. Pak Ricky,

      Layanan pusat perbaikan resmi Vivo masih semi-misterius. Masih sangat sedikit testimoni yang masuk ke saya.

      Dengan asumsi Galaxy A5 dan Galaxy S5-nya yang bergaransi resmi, kalau saya pilih Vivo Xshot.

  94. Salam pak Herry

    Mohon pencerahan pak, niat awalnya saya akan membeli asus zenfone 4, tapi setelah saya membaca tulisan bapak diatas saya malah menjadi ragu terhadap performa nya dan kepuasan nya.
    Jika boleh bertanya,
    1. Gadget apakah yang pas atau cocok untuk dibeli dengan budget serupa ataupun budget lebih murah? Dengan spesifikasi yang wahh?

    2. Pak herry lebih merekomendasikan smartphone dengan sistem operasi iOS, Windows atau Android?

    Terimakasih sebelumnya, sukses terus pak Herry!

    1. Pak Tama,

      1. Silakan mempertimbangkan LG G2. Harga G2 16 GB baru dan bergaransi resmi saat ini Rp 3,499 juta, sedangkan G2 32 GB Rp 3,999 juta.

      2. Saya lebih cenderung ke Android dengan alasan pilihan banyak, fleksibel, dan variasi harga juga banyak. iOS sebenarnya asyik, tetapi harganya itu lho.

  95. pak bagusan mana ya antara zenfone 5, samsung grand prime dan zenfone 2. saya tertarik dengan zenfone 2 karena kameranya….tapi mau beli yang versi 2gb romnya 16gb yang versi kedua

    1. Bu Indah Permata Sari,

      Kalau Anda tertarik Zenfone 2 karena kameranya, berarti lebih baik silakan langsung dicoret. Kamera Zenfone 5 justru lebih baik daripada Zenfone 2 lho.

  96. om Herry..
    menurut om herry bagusan asus zenfone 2 atau samsung galaxy A5???
    lalu klu di bandingkan merek Asus n Samsung itu bagusan mana om?
    oh iya Asus zenfone selfi Ram 2gb/3gb.. Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615… kamera depan 13 led flash, kamera belakang 13 menggunakan laser..
    menurut om herry asus keluaran terbaru ini bagus gak?? ^^

    1. Pak Fandy,

      Saya belum pernah memakai Galaxy A5. Jadi, belum tahu bagus mana.

      Kalau yang dilihat hanya mereknya, ya mending Samsung daripada Asus. Asus itu layanan purna jualnya mengerikan.

      Soal Zenfone Selfie, saya tak tahu bagus atau tidak. Lha menyentuh barangnya pun belum pernah.

  97. Pak, mau nanya nih ? sbnrnya saya tertarik dg kamera asus zenfone 2 nih . tp klo boleh minta recom, antara Asus / LG / Samsung , yang sesuai budget 3 jutaan pilih yg mana ? saya punya asus zenfone 5, dan pernah pegang lenovo temen dg kamera 8mp. dan hasilnya lenovo mengecewakan 😀 buruk bgt kamera nya.

    1. Pak Feb Tama,

      Anda mengutamakan kamera dan sekarang sudah memakai Zenfone 5 kan? Saran saya, bertahan di ponsel itu saja dulu. Kamera Zenfone 5 justru lebih bagus daripada Zenfone 2.

  98. kenapa sih kayaknya orang ini benci banget sama asus zenfone 2? padahal udh jelas kalo dibandingkan dengan smartphone lainnya performa asus zenfone 2 lebih baik. secara, RAM nya aja 4 GB

    1. Pak BillyPrayoga,

      Kalau bicara tingkat kegegasan, Zenfone 2 dengan RAM 4 GB memang layak diacungi jempol. Namun, kalau soal kamera, realitanya tidak sebagus yang digembar-gemborkan. Dibandingkan Zenfone 5 yang lebih murah pun, menurut saya, kamera Zenfone 2 masih kalah nendang.

  99. mungkin pak herry aja yg kurang bisa fotografi. buktinya foto2 di grup official asus zenfone 2 bagus2 tuh hasilnya. jujur saya juga bukan pengguna asus zenfone 2. saya sekarang masih menggunakan lumia 520 dan rencananya habis lebaran ini mau beli samsung galaxy A3, tapi saya kagum dengan performa asus zenfone 2 ini. sampe2 saya gabung ke grup officialnya

    1. Pak BillyPrayoga,

      Ya, saya memang bukan ahli fotografi. Namun, bukan ponsel seharusnya menyasar pengguna awam?

  100. ya berarti itu tergantung penggunanya smart atau tidak. namanya jg smartphone, kalau yg pake gk smart ya percuma!

    1. Pak BillyPrayoga,

      Namun, idealnya produsen tetap harus memikirkan pengguna awam lho. Mayoritas pengguna justru termasuk kelompok tersebut.

  101. Saya tertarik pada zenfone 2 karena kualitas kameranya saat low light, tapi setelah membaca reviewnya jadi ragu-ragu untuk membelinya.
    Menurut Pak Herry ponsel apa yang kameranya bagus untuk low light dengan mode normal ???
    Terima kasih…

    1. Pak Alvin,

      LG G4. Namun, harganya jauh lebih tinggi daripada Zenfone 2.

      Kalau mencari yang lebih murah, silakan melirik Acer Liquid Jade yang sekarang dijual Rp 1,999 juta.

  102. bisa dikasih pnjlasan g ? knp kamera nya bisa dibilang jelek? bknnya kamera asus zenfone 2 13mp lebih besar di banding asus zenfone 5 8mp? jdi bingung say mu beli apa kagak 😀

    1. Pak Feb Tama,

      Resolusi kamera tidak menentukan baik buruknya suatu kamera. Maksud saya, kamera delapan megapiksel belum tentu lebih jelek daripada kamera 13 megapiksel. Demikian sebaliknya. Yang lebih menentukan bagus tidaknya kamera ponsel adalah prosesor, sensor, dan lensa.

      Mengapa saya menyatakan kamera Zenfone 2 lebih jelek daripada Zenfone 5? Ya karena foto yang dihasilkan lebih jelek. Hal itu sangat terlihat kala ponsel dipakai memotret di lokasi berpencahayaan memadai, baik di dalam maupun luar ruangan.

  103. ya mungkin penggunanya aja yg kurang smart. namanya juga smartphone, kalo penggunanya gk smart ya percuma!

  104. ya mungkin penggunanya aja yg kurang smart. namanya juga smratphone, kalo penggunanya gk smart ya percuma!

  105. maaf pak sebelumnya, kenapa komen saya dihapus? gk mampu jawab? haha :v
    yaudah deh ini saya ulang komennya, tapi jangan dihapus lg yaa :v :v :v
    “ya mungkin penggunanya aja yg kurang smart. namanya jg smartphone, kalo penggunanay gk smart ya percuma!

    1. Pak Billy Prayoga,

      Komentar mana yang saya hapus? Semua muncul lho, termasuk komentar sama yang Anda kirimkan tiga kali.

  106. om Herry
    asus zenfone 2 ram 4gb yg terpakai untuk sistem bawaan stengah dri ramnya.. klu LG G2 ram 2gb yg di pakai untuk sistem bawaannya sisa berapa om??

    1. Pak Fandy,

      Saya sudah lupa kondisi awal RAM G2 mencapai berapa GB. Sudah lama banget saya mencoba ponsel itu.

  107. Menurut saya, review yg dibuat om herry ini sudah sangat baik dan jelas, berdasarkan pengalaman pribadi selama menguji pakai. Tidak semata menilai dari merk maupun spec yg tertulis di media promosi.
    Dan untuk merekomendasikan hp berdasarkan permintaan pembaca pun beliau selalu memberikan pilihan sesuai dgn harga & spec yg diinginkan. dan tentunya merekomendasikan hp yg memang pernah di uji pakai sebelumnya, jika belum pernah menguji pakai, beliau pun tdk akan memberi rekomendasi/komentar.
    Dan terakhir, jika bagi om herry tidak merekomendasikan mengeluarkan uang sebanyak 4 juta untuk zenfone2 varian ketiga ini, dan lebih baik untuk membeli LG G2 seperti disebutkan, menurut saya memang karena beliau sudah menguji pakai kedua produk tersebut dan merasakan plus minusnya masing masing.
    Benar begitu om herry?? (Maaf jika komentar terlalu panjang, Hhee)

    1. Pak Jo,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Di kisaran sampai Rp 4 juta, selain LG G2 ada LG G Pro 2. Apa lagi ya? Samsung tak ada, Microsoft tak ada, Sony juga tak ada. Ada OnePlus One, tetapi saya belum pernah coba.

  108. Pak herry berniat untuk review lg g4? Kata bapak vivo xshot mempunyai kamera yg memuaskan? Bagaimana dg vivo x5 pro dan samsung a5? Lebih baik menambahkan budget membeli Lg g4 atau memilih vivo xshot?
    Terimakasih pak

    1. Bu/Pak Windylcr,

      Saya sebenarnya berminat me-review LG G4. Masalahnya, saya belum pernah mencoba G4 versi komersial. Yang pernah saya gunakan adalah G4 purwarupa alias prototipe. Karena bukan prototipe versi final, saya tak berani menggunakannya untuk review.

      Ya, kamera Vivo Shot memuaskan. Saya belum pernah mencoba Vivo X5 Pro dan Samsung Galaxy A5.

      Kalau harus memilih G4 atau Xshot, dengan mengabaikan perbedaan harga jual, saya akan memilih G4.

  109. Wah reviewnya beda ya ga kayak review di tempat lain yang mengesankan kehebatan si zenfone 2 ini hehe.
    Pak Herry saya mau minta usulan, lebih baik memilih LG G3 ram 2gb atau asus zenfone 2 ram 4 gb ya? mengingat kalau di atas kertas spek zenfone 2 jauh lebih gahar dengan ram 4 gb dan rom internal 32 gb dibanding G3 dengan ram 2gb dan internal 16gb. Kalau secara general, Pak Herry lebih memilih LG G3 ram 2gb atau zenfone 2 ram 4gb? saya tidak terlalu mementingkan kualitas kamera, lebih penting kesenangan pemakaian sehari-hari saja seperti tidak lemot, sisi ergonomi pemakaian, dsb. Harga juga tidak menjadi patokan, namun perbandingannya hanya terbatas pada kedua ponsel ini saja.

    1. Pak Reza,

      Kalau yang dicari tingkat kegegasan, Zenfone 2 RAM 4 GB lebih gegas daripada G3 RAM 2 GB. Sedangkan bila dilihat dari faktor ergonomis, G3 yang tampil sebagai pemenang.

      Soal kamera, di tempat terang lebih unggul G3. Kalau di tempat gelap dan mode low light diaktifkan, Zenfone 2 yang menang.

  110. Salam Pak Herry,
    saya mau rekomendasinya dong, menurut bapak lebih bagus mana asus zenfone 2 dengan ram 2GB, dibanding Lenovo P70?
    Terimakasih Pak

    1. Pak Hanan Maritza,

      Maaf, saya tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Zenfone 2 varian RAM 2 GB.

  111. Pak herry kok tidak mereview oneplus one ya!
    saya ingin sekali membaca review oneplus one ala pak herry,soalnya oneplus one cukup fenomenal sampai dijuluki flagship killer,saya ingin tau lebih direkomendasikan yang mana antara oneplus one dengan asus zenfone 2 ram 4gb.Saya masih bimbang memilih diantara ke duanya karena range harga & kualitasnya saya pikir hampir setara,mohon pencerahannya.Trims

  112. Hallo ko herry

    Saya berencana membeli zen2 varian paling rendah yg harga 2.699jt. Saya ingin bertanya apakah spesifikasi kameranya sudah cukup memadai untuk menunjang saya foto seperti kamera DSLR? Dan minta saran zen 2 dengan iphone 4s pilih mana?

    Terimakasih ko sebelumnya.

    1. Bu Wenni,

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 2 varian terendah. Spesifikasi kameranya sama dengan Zenfone 2 RAM 4 GB. Kameranya kalau diadu dengan kamera DSLR pasti kalah deh. Dengan sesama ponsel pun bisa kalah kok.

      Soal iPhone 4S, saya tak bisa jawab karena belum pernah pakai.

  113. om Herry…
    harga asli LG G2 internal 32gb berapa om? ane cek di olx, ane dapat kisaran 4.500 dan 4.800.. klu di Lazada yg internal 32gb kisaran 4.999 – 5 jutaan.. klu yg internal 16gb 4.146 sedangkan di toko pedia masih 5 jutaan ke atas.. jadi dri semua harga ane milih internal 32gb harga 4.500 tpi ane masih ragu dengan semua harga itu. takutnya dengan harga murah nanti malah dapat yg replika lagi heheh oh iya om LG G2 itu kemasannya warna putih atau cokelat? klu lihat review di youtube kemasannya warna putih tpi klu lihat stoknya di olx kemasannya warnanya cokelat.. itu membuat ane tambah ragu lagi nie om herry hehehe…
    jadi gimana pendapat om??

    1. Pak Fandy,

      Harga G2 varian 16 GB saat ini Rp 3,499 juta. Yang varian 32 GB Rp 3,999 juta. Semua dalam kondisi baru dan bergaransi resmi.

      Soal warna kemasan, saya nggak ingat warna apa.

  114. Om herry..
    tapi kok ane cek harganya semunya 4 juta ke atas om?? klu beli dengan harga 3 jutaan ke atas di mana om?? oh iya om menurut om herry garansi LG, asus zenfone n samsung memuaskan gak?? atau sama aja seperti garansinya sony yg sering di komplain heheh…

    1. Pak Fandy,

      Ya harus rajin berburu. Pakai patokan harga yang tadi saya sebutkan. Coba cek di Erafone atau Telesindo Shop deh.

      Garansi yang paling memuaskan versi saya: LG, disusul Samsung dan Acer. Asus mending dicoret deh. Saya malahan lebih memilih berurusan dengan service center Sony daripada Asus.

  115. oh gitu ya om tpi om klu ane baca review di internet.. banyak yg kecewa sama service center sony pelayanannya kurang memuaskan.. kadang 2 – 3 bulan belum juga selesai service om
    itu gimana tuh?? udh banyak kok yg komplain…

    1. Pak Fandy,

      Begini lho: service center Sony masih buruk. Asus tak kalah “sedap”. Seandainya saya disuruh memilih, saya lebih memilih berurusan dengan service center Sony daripada Asus. Semoga Anda menangkap maksud saya.

  116. om herry..
    oh iya mau minta pendapat om herry lagi nie.. lebih bagus mana LG G2 atau LG G3 ram 2gb?
    lalu di bandingkan dengan performa asus zenfone 2,LG G2 n LG G3 ram 2gb.. mana yg lebih unggul om?

    1. Pak Fandy,

      Kalau bicara tingkat kegegasan, lebih gegas G2 daripada G3 RAM 2 GB. Namun, kalau G3-nya yang RAM 3 GB, mending G3 deh.

      Ponsel dan tablet Asus sih sampai saat ini, menurut saya, mending dicoret.

    1. Bu Dmust,

      Kecepatan unduh lebih dipengaruhi oleh performa layanan data operator GSM yang Anda gunakan. Jadi, dalam kasus ini, silakan menyalahkan operatornya, bukan Zenfone 2-nya.

  117. Om mau tnya… Awalnya sih saya tertarik asus zenfone 2 tapi jadi mikir-mikir… Budget dbwah 3jt, om recommended hp ap om secara kalau saya sih suka selfie

  118. Awalnya sih saya kira Asus Zenfone 2 itu bagus, ternyata meragukan yaa. Mau minta saran nih, saya lagi nyari HP yang memiliki ram 2GB dan memiliki resolusi kamera yang baik. Kira-kira apa yaa ???

    1. Bu Veny,

      Saran saya, saat mencari ponsel, jangan terpaku pada resolusi kamera saja. Resolusi besar bukan jaminan hasil fotonya bagus lho.

      Lebih tepat kalau pencarian Anda memakai kriteria, misalnya, sebagai berikut: “Saya sedang mencari ponsel dengan RAM 2 GB dan kamera bagus. Sebaiknya pilih apa?”

      Nah… sekarang bergantung anggaran Anda dulu. Kalau maksimal Rp 2 juta, boleh melirik Acer Liquid Jade atau Xiaomi Redmi 2. Kalau anggaran tak terbatas, silakan membeli LG G4.

  119. Untuk keunggulan xiaomi mi 4i sendiri apa ya pak? apabila dibandingkan dengan asus 2 jika harga terendahnya harganya sama. Saya liat tidak mendukung slot eksternal.

    1. Pak Riefian,

      Pada mode otomatis dan HDR, hasil kamera Mi 4i lebih bagus daripada Zenfone 2. Mi 4i lebih nyaman digenggam. Kala dipakai di bawah terik sinar matahari, tampilan layar lebih mudah dilihat. Benar, tidak ada selot memori eksternal.

  120. Hheheh berarti saya salah mencantumkan kriteria yaa 😀

    Kriteria yg ingin saya cari ::
    Memiliki ram kurang lebih 2 GB
    Memiliki ukuran kurang lebih 5.5 inchi karna biar lebih enak untuk browsing dan
    Memiliki kamera yang bagus

    Apakahh ada Rekomendasi selain Acer dan Xiaomi??

    Mohon dibantu, terima kasih.

  121. Halo pak Harry,
    saya mau nanya lagi nih,
    hape lama saya officially rusak dari semalam,
    jadi nih rencana mau ganti antara zenfone 2 atau zenfone 5 atas rekomendasi keluarga saya,
    kalo menurut pak harry sendiri, bapak mau pilih yang mana diantara kedua handphone yg saya sebutkan tersebut?
    berhubung spesifikasi mereka jg beda-beda tipis kan..
    atau adakah handphone lain dengan spesifikasi yang sama tapi dengan budget 2.5jt?
    (saya ingat bapak pernah rekomendasiin lenovo p70, sepertinya saya tidak akan ambil itu, berhubung saya kurang slek aja sama lenovo, hehehhe..)..
    makasih sebelumnya..

  122. Halo pak Herry,
    saya mau nanya lagi nih,
    hape lama saya officially rusak dari semalam,
    jadi nih rencana mau ganti antara zenfone 2 atau zenfone 5 atas rekomendasi keluarga saya,
    kalo menurut pak harry sendiri, bapak mau pilih yang mana diantara kedua handphone yg saya sebutkan tersebut?
    berhubung spesifikasi mereka jg beda-beda tipis kan..
    atau adakah handphone lain dengan spesifikasi yang sama tapi dengan budget 2.5jt?
    (saya ingat bapak pernah rekomendasiin lenovo p70, sepertinya saya tidak akan ambil itu, berhubung saya kurang slek aja sama lenovo, hehehhe..)..
    makasih sebelumnya..

    1. Bu Jesisca Tanoto,

      Kalau saya, buang jauh-jauh rencana membeli ponsel Asus.

      Di kisaran Rp 2,5 juta yang paling mendekati sih memang Lenovo P70. Namun, Anda tidak mau, bukan? Saya berikan dua alternatif:
      * Ambil Acer Liquid Jade putih yang harganya Rp 1,999 juta. Di tempat tertentu sedang ada promo Lebaran sehingga harganya menjadi Rp 1,799 juta.
      * Nambah anggaran, lalu membeli Xiaomi Mi 4i. Harga barunya Rp 2,799 juta.

    1. Bu Jesisca Tanoto,

      Ha… ha… untung Anda lekas sadar. Kalau tidak, Anda harus menanti jawaban dari Pak Harry deh. 🙂

    1. Pak/Bu Statis,

      Zenfone 2-nya yang mana nih? Sebab, Zenfone 2 ada beragam varian. Sama-sama Zenfone 2, tetapi resolusi layar, memori, dan prosesornya berbeda.

      Saya sih mudah saja. Ponsel dan tablet merek Asus langsung saya coret dulu. Kalau power bank merek Asus boleh dibeli.

  123. Pak Herry,
    loo kalo boleh tau nih, kenapa asus harus dicoret dari daftar yaa..
    Saya penasaran aja, soalnya orang-orang disekitar saya banyak yang pakai merek asus, dan respon mereka memuaskan bahkan sampai rekomendasi ke yang lain..

    Hadehh, beli hape aja bingung kali saya pak..

    Thanks

    1. Bu Jesisca Tanoto,

      Sebab…
      1. Sejak zaman Transformer, Nexus, dll sering terlambat memasukkan barang. Khusus poin ini, saya lihat Asus di sini sudah mulai membaik.

      2. Pengaturan distribusi terlihat acak adut. Pada rentang waktu tertentu, saya melihat unsur kedekatan sangat berperan.

      3. Selama mencoba ratusan tipe ponsel, baru di Asus saya mendapatkan sebuah ponsel baru gres sudah geripis di tiga sisi.

      4. Pusat perbaikan resminya cukup andal dalam melatih pengendalian emosi.

  124. Pak henry
    Saya sedikit tertarik sama zenfone 2 ZE550ML 2GRAM terus sy lihat di lazada haharganya 2,7 jt dengan keterangan garansi 1 tahun asus indonesia. Apakah klaim garansinya bisa digunakan di service center asus di tempat saya balikpapan.
    Oiya.. menurut pak henry bagaimana dng pelayanan service center asus

    1. Pak Edy,

      He… he… ternyata pertanyaannya buat Herry tho. 🙂

      Kalau di Balikpapan ada pusat perbaikan resmi Asus, Anda bisa mengajukan klaim garansi di sana.

      Kualitas layanan pusat perbaikan resmi Asus? Membuat konsumen rajin berdoa deh.

  125. Pak herry

    Maaf mau tanya lagi.. asus zenfone 2 ze550ml utk sim 1 nya bisa pilih jaringan 3G / HSDPA only kah?

  126. Hm… pernisi om herry . Saya mau nanya ane kan mau ganti hp yg budjet 2.6 an jt kira” apa yah ? Xiaomi?Spekny : ram 2 gb ,layar 5.5inc,batere mantep (3000mah)lumyn,kamera sih yg bagus aja, memori kalo bisa yg interal 8/16 gb ? ….. btw saya jarang main game tpi paling suka baca berita soalny nyesel abis beli samsung …… mohon bantuanny terima kasih

    1. Pak Tony,

      Hmm… sebenarnya Redmi Note 3G – dual SIM bergaransi resmi. Masalahnya, produk itu sudah diskontinyu. Yang kini beredar di pasar tanpa garansi resmi dan saya menganjurkan Anda untuk tidak membelinya.

  127. Pak hery saya ad rencana ganti hp tpi spekny : ram 2gb – layar 5.5-kamera 13 mp – batere awet y 3000 an – internal sih klo bisa 8/16 gb -udh dukung 4g …… soalny ane nyesal beli merk samsung …… any rwccomended ?xiaomi ? Btw budjet 2.6 jt ( hp g ush mahal yg penting bisa make hehe)

  128. Selamat malam pak herry

    Mau tanya aku pake asus zenpone 2 yang ram 2 gb, kenapa ya pak dr hasil jepret di kamera saya itu lumanyan bersih pas saya ganyi jadi ft DP akun bbm saya kok pecah??? Apakah ada pengaturann lain pak?

    Saya juga coba jasil jepret dr asus zenpone 4 untuk DP akun bbm saya dan aman aja dan nggak pecah, gimana ya pak biar tetap bagus dan nggak pecah

    Terimakasih pa herry

    1. Bu Yunana,

      Saya bukan pengguna BBM. Saran saya, coba lakukan cara ini:
      * Unduhlah aplikasi Reduce Photo Size dari Play Store.
      * Dengan menggunakan aplikasi itu, silakan perkecil ukuran foto yang akan dijadikan DP BBM. Ubahlah menjadi 300 x 300 piksel saja.

  129. Mlm Ko Herry…
    Sabtu lalu saya membeli zenfone 2. Saat digunakan untuk menelepon suaranya tidak jelas dan timbul suara berdengung. Padahal sinyalnya ok.
    Saat saya gunakan untuk browsing jg tidak ada kendala. Kira2 penyebabnya apa ya Ko?
    Saya menggunakan provider simpati. Saat saya cb telp menggunakan hp yg lain suaranya baik2 saja.
    Terima kasih sebelumnya Ko

    1. Bu Novi Herlina,

      Mungkin saja ada cacat di hardware. Zenfone 2-nya bergaransi resmi kan? Silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Asus.

  130. ko… saya berencana membeli hp.. menurut ko henry zenfone 2 atau mi41? Kalau ada rekomondasi lain xiaomi, apa ya ko? budget max 3juta.. terima kasih sebelumnya 🙂

  131. Pak Herry, jika tidak merekomendasikan asus, apalagi asus zenfone 2, kamera handphone apa yang bagus untuk pemotretan di malam hari selain asus, mengingat saya lebih banyak beraktivitas di malam hari dan di kondisi gelap, maklum saya bekerja malam, terimakasih Pak Herry

    1. Pak Agi,

      Sebab, kinerja keseluruhan Zenfone 2 tidak sebagus yang digembar-gemborkan. Ponsel itu dibilang memiliki kinerja seperti ponsel flagship merek lain, dengan harga jual jauh lebih murah. Realitanya, kalau diadu dengan ponsel flagship merek lain ya jelas kalah deh.

      Oh, kalau Anda rutin memotret di malam hari, ya silakan beli Zenfone 2. Alternatif lain, kalau anggaran Anda bisa ditambah, pertimbangkan membeli LG G4.

  132. Maaf pak herry saya bertanya lagi, bapak pernah menyebutkan lebih memilih Xiaomi Mi 4i, apakah terang untuk kondisi gelap, terima kasih pak

  133. Pak, kalau note 3 apakah termasuk ponsel high end? Tapi dari segi performanya koq biasa biasa aj ya.. dan bagaimana solusi trbaik untuk hp yang sering tiba tiba restart sendiri

    1. Pak Rizqy,

      Ya, tergolong high end. Samsung kan memang tidak selalu bagus, Pak. He… he… he…. Note 3 memang tidak segarang Note 4 sih.

      Kalau ponsel Android sering restart, percobaan pertama adalah lakukan factory reset dan gunakan ponsel itu tanpa aplikasi tambahan. Bila tetap sering restart, bawalah ke pusat perbaikan resmi. Ada kemungkinan yang bermasalah adalah hardware-nya.

  134. Pak herry, untuk kamera pilih Mi4i atau Vivo Xshot ?
    Untuk layanan purnajual lebih baik mana di antara keduanya?

    Makasih

    1. Pak Ongko,

      Secara umum untuk kamera saya masih lebih memilih Vivo Xshot.

      Layanan purna jual, dalam hal ini pusat perbaikan resmi, Xiaomi tergolong lumayan. Sedangkan Vivo belum diketahui. Dulu, ketika pusat perbaikan resmi Vivo di Surabaya belum beroperasi, segala kerusakan langsung diganti unit baru. Kini setelah pusat perbaikan resmi beroperasi, saya malahan belum menerima testimoni dari konsumen atau pemilik toko.

  135. Salam Ko Herry,

    Pertama, salut untuk objektifitas review yang diberikan meski itu unit hadiah launching.
    Saya agak berbeda menilai Zenfone 2 ini dengan pernyataan Ko Herry yg “bukan ponsel high end dengan harga miring”. Menurut saya, Zenfone 2 (64GB/RAM 4GB) adalah tetap Produk Flagship “High End” dari Asus dengan harga yg cukup reasonable di 4.5Jt.

    Sebagai perbandingan, saya pernah pegang,
    1. Samsung Galaxy Note 1 (GT-N7000) – IDR 6.8Jt
    2. Iphone 4S (16GB) – IDR 7.7Jt
    3. Blackberry Blod 9900 Dakota – IDR 5.5Jt
    4. Asus Zenfone 6 – IDR 3.5Jt (masih digunakan)
    *Harga waktu saya beli dan berlabel Flagship pada zamannya. Flagship = Top of the Line = High End

    Kesimpulan saya, dari sekian smartphone yang berlabel “Flagship” yg saya gunakan, cuma di Asus Zenfone 6 seharga 3.5Jt (harga waktu saya beli) saya benar2 merasakan fungsi Smartphone.
    Satu kata, value for money dibanding produk Flagship dari brand lain.

    Zenfone 6 bukan tanpa kekurangan, sektor kamera saya masih angkat topi untuk Apple iPhone 4S.
    Dan absennya Backligt di tombol kapasitif memang cukup mengurangi kesan premium tapi tidak sampe mengganggu kinerja keseluruhan.
    Sekian sharing saya sebagai penikmat smartphone.

    Salam.

  136. Om. Dengan budget 3 juta kbwah saya berpikiran ingin membeli samsung a5. Menurut om rekomndasi apa yang paling baik dikisaran budget saya segitu? Terimakasih om….

    1. Pak Arkham Panggayuh,

      Harga Galaxy A5 masih lebih dari Rp 3 juta lho.

      Dengan anggaran kurang dari Rp 3 juta, Xiaomi Mi 4i layak dibeli. Pilihan lain adalah Lenovo P70 dan Wiko Ridge Fab 4G.

    1. Pak Arkham Panggayuh,

      Orang-orang biasanya mampir ke Plasa Marina dan WTC Surabaya. Saran saya, sebelum memutuskan beli, bandingkan harga di 2-3 toko ya.

  137. Koh Henry,
    kalau budget 3.5-4jt, dari segi kamera dan prosesornya lebih pilih mana?
    Asus zenfone 2 atau sony xperia z ultra?
    mohon bantuannya.

    1. Bu Annisaa Riand,

      Kalau saya sih tidak memilih keduanya. Lebih baik membeli LG G2 baru atau LG G3 bekas yang RAM 3 GB. Vivo Xshot bekas juga boleh dilirik. Review tiga ponsel itu bisa Anda cari di blog ini. Tinggal ketikkan tipenya di baris pencarian.

  138. Asus Padfone S tabletnya menurut pak Herry parah … maksudnya parah itu bagaimana ya pak? Ingin beli jadi ragu-ragu. Parah kinerjanya atau parah karena tebal / beratnya itu? Trims.

    1. Pak Dani,

      Benar. Ponselnya oke, sedangkan tabletnya parah. Tampilan fisiknya kurang cantik. Bingkai di sekeliling layar terlalu tebal. Layarnya juga kurang mampu menyajikan gambar dan tulisan dengan tajam sekaligus cemerlang.

  139. HP saya Xperia J menyelam ke dalam air. Sebenarnya kepingin meminang Xperia Z2 yg tahan air, tapi karena dana kurang akhirnya saya beli Zf 2 yang z008d 2gb 16 gb. Tapi rasanya layarnya kalah cerah di banding Xperia J. Atau hanya perasaan saya?

    1. Pak Yovinus,

      Saya sudah lupa tampilan layar Xperia J seperti apa. Layar Zenfone 2 yang Anda sebutkan mestinya cukup cerah.

  140. Siang Gan…Mau tanya saya baru makai HP asus zenfone2 ZE551ML, bagaimana settingnya supaya hasil foto kita untuk dijadikan DP BBM atau yang lain, hasilnya tidak pecah atau ngeBluer yahh?Padahal resolusinya dibuat paling rendah 2MP, tapi masih pecah juga.

    Trim’s

  141. Pak sy sbelumnya pengguna samsung E5 baru 2bulan beli LCDnya rusak kejatuhan hp BB torch sy,sy bw ke samsung center katanya br tersedia spare partnya 2bln lg (desember),nyesel bgt beli hp ini soalnya hp sy sblmnya dibanting2 sm jatuh yg lebih parah dr itu tidak ada kerusakan fatal..
    Pertanyaannya kl sy mau pindah ke zenfone 2 ini recomended g y pak,soalnya slm pakai E5 desain ma fiturnya sdh cukup buat sy yg sehari2 cm buat buka medsos ma foto2 aj..

    1. Pak Okta,

      Kebetulan saya belum pernah mencoba Samsung Galaxy E5. Jadi, saya tak tahu seberapa bagus atau seberapa buruk ponsel itu. Saya jadi belum bisa membandingkannya dengan Zenfone 2.

  142. Om herry numpang nnya,kalo asus zenfone 2 4GB Ram 32 internal dibanding LG G3 2GB ram 16 internal bagus mana ya om?
    Diliat dari segi kamera,kinerja buat gaming?
    Krena klo liat benchmark kan tinggian zenfone

  143. Pak Herry saya menggunakan zenfone 2 laser yang ram 2gb memori int 16gb. Tp saya kepengen jual lagi buat ganti ke alcatel flash 2. Menurut pak Herry, apakah tetap memakai zenfone 2 laser atau ganti alcatel flash 2? Terima kasih pak.

        1. Pak Noldy Yonatan,

          Mungkin ya, mungkin tidak. Aslinya saya ingin menguji pakai Asus ZenFlash. Aksesori itu salah satunya kompatibel dengan Zenfone 2 Laser. Jadi, ponselnya mungkin sekalian saya review.

  144. pak Herry,

    saat ini harga untuk Zenfone2 4GB/32GB di onlineshop sudah ada yg dibawah 3jt bergaransi resmi.
    dengan harga tersebut, apakah Zenfone2 4GB/32GB layak dipinang ?
    bagaimana perbandingannya kalau dibandingkan dengan Xiaomi Mi 4i atau Xiaomi Redmi Note 2 Prime yg harganya juga 2,tebal ?

    kebetulan yg dicari hape untuk main game-game berat dan internalnya 32GB.

    1. Pak Annas,

      Ehmm… kalau ngejar buat game, dengan catatan tak keberatan bodi panas dan baterai boros, silakan saja mengambil Zenfone 2 yang RAM 4 GB. Namun, kalau buat buat gaming, lebih bijak melirik yang lain.

  145. Ko HSW
    saya mau nanya lenovo k80 ram 4gb memori 64 gb harga 3,7juta
    Itu dari segi multitasking bagusan mana sama zenfone 2 ram 4gb
    Terimakasih

  146. kalau soal pilih2 dan mana lebih unggul,bagus,recommend diantaranya xiaomi mi4c,redmi note2,lenovo P70,meizu type apa aku gak tahu pokoknya setara/selevel/saingan itu, one plus two.X, acer liquid Jade, infinix Note 2, Hisense Pureshot +, dll dalam segi harga,pusat perbaikan resmi,garansi,performa,kamera,kecepatan,layar,dll????tolong beri penjelasan dan peringkat hp mereka ya..
    terima kasih Pak Herry

    1. Pak Henry Eka,

      Kemarin (14 Desember 2015) pagi saya yakin sudah pernah menjawab pertanyaan yang sama dari Anda. Silakan cek di tempat Anda mengetikkannya.

      Lain kali biasakan mengirimkan pertanyaan satu kali saja. Jangan dobel-dobel.

    1. Pak Agung,

      Tak tahu. Belum pernah coba, bahkan dengar, ada ponsel bernama Xiomi Redmi Note 2 nih. Kalau Xiaomi Redmi Note 2 pernah tahu, tetapi belum pernah coba.

  147. Ko HSW,

    Menurut koko kalau hp dengan RAM 3-4 Gb dengan budget 2-3jt apa pilihan yang bijak?
    Di situs online sekarang ZF2 RAM 4gb sekitar 2,8. Ada jg axioo venge 2jt kurang seribu yang ada infra red nya, imfinix zero2 dengan kelvar. Atau ada yang lain?

    Tentang kinerja RAM, semakin besar semakin gegas dan lag betulkan begitu? Agak ragu pilih brand ternama dengan RAM 2gb atau brand masih belum ternama dengan RAM >2gb.
    Mohon masukan nya ko. Thanks

    1. Pak Wie,

      Di mata saya, Zenfone 2 nggak menarik.

      Kalau Anda mencari ponsel dengan RAM 3-4 GB dan harga maksimal Rp 3 juta, menurut saya, pilihannya ya Infinix Zero 2 LTE.

      Semakin besar semakin gegas dan lag? Maksudnya gimana ya. Saya bingung karena pernyataan Anda bertolak belakang: semakin gegas dan lag.

      1. Salah ko, seharusnya makin besar RAM makin gegas dan tidak lag apakah benar?
        Apa ada review ko HSW tentang infinix zero 2?

        Saya mencari gadget dengan RAM lebih besar, signal LTE dengan batrei dengan kapasitas besar dan pastinya dukungan garansi yang nyaman. Menurut koko gawai apa saat ini dengan budget max 3-4jt terbaik saat ini? Thanks

  148. Om kalo bajet 3 jt bisa dapat yg lebih baik drpd Z Selfie apa yah?
    dg prioritas 1. kamera belakang, 2. gaming berat, 3. after sales yg bagus.
    kalo ada yg lebih murah namun lebih memenuhi kriteria tsb jg bolehlah.
    trims sebelomnya 🙂

    1. Pak Cariss,

      Karena ada embel-embel gaming berat, saya terpaksa menyarankan Anda melirik Zenfone 2 varian RAM 4 GB. Namun, kamera belakangnya kurang bagus ya. Demikian pula layanan pusat perbaikan resminya.

      1. Pagi Ko Herry… Mau sedikit bertanya soal Asus Zenfone 2 ZE551ML ini, setahu saya sih menggunakan Android Lollipop 32 bit di mana RAM 4GB ini masih belum mampu diakses Androi Lollipop 32 bit yang artinya belum berjalan pada potensi performa terbaiknya. Apa benar begitu? Penjelasan teknisnya sendiri saya kurang paham sih… Makasih sebelumnya….

    1. Pak Cariss,

      Ok. Tetap Zenfone 2 RAM 4 GB. Gaming berat dan dual SIM terpenuhi. Faktor lain tidak terpenuhi. Sejauh ini belum ada pilihan lain lagi sih. Makanya, saya terpaksa menyarankan Zenfone 2 tersebut.

  149. Mau nanya nih pak. Saya pemakai ZF2 ZE551ML.
    Bagaimana cara supaya Sim toolkit muncul lagi. saya memakai kartu XL. Sdh saya coba masukkan ke sim 1 dan sim 2, sama2 tidak muncul sim toolkit nya. terima kasih.
    note : kondisi hp masi gress belum saya apa2kan.

    1. Pak Tommy 2ndace,

      ZF2 itu ponsel apa ya? Biasakan menuliskan nama ponsel dengan lengkap.

      Apakah Anda menggunakan kartu 4G LTE XL?

  150. Selamat sore pak HSW, ini pertama kali saya mengunjungi blog anda, saya melihat review anda yang objektif.

    Saya sedang mencari hp di kisaran maksimal 2 jt, layar min 5″ dan jernih, minimal ram 2 gb, hasil kamera berkualitas , baterai yang awet, merek terjamin aftersalesnya. Sejauh ini pilihan jatuh ke asus zenfone 2 laser ze550kl dengan harga 2 jt masuk di pilihan, namun melihat review pak HSW thdp brand asus jadi pikir ulang.
    Kira2 dari sepengatuhan bpk dan hasil review yg pernah dilakukan, hape apa ya pak yang paling tinggi “value for money-nya” untuk kisaran 1jt-2jt rupiah,

    Tks

    1. Pak Hanifan,

      Yang aftersales-nya, dalam hal ini layanan pusat perbaikan resmi, bagus sejauh ini baru ada tiga merek: LG, Samsung, dan Acer. Masalahnya, saat ini tidak ada ponsel bermerek itu yang dibanderol maksimal Rp 2 juta sekaligus memenuhi semua persyaratan Anda.

      Kalau layanan pusat perbaikan resmi diabaikan dulu, saya merekomendasikan Hisense Pureshot. Silakan membaca review-nya di http://ponselmu.com/review-hisense-pureshot-cocok-dengan-layanan-lte-dan-telepon-semua-operator/

      Yang saya paparkan di tulisan di atas adalah Pureshot+. Perbedaannya dengan Pureshot hanya di ukuran layar dan kapasitas baterai. Lain-lainnya persis sama. Saya pernah mencoba keduanya.

      Harga Pureshot sekarang Rp 1,999 juta. Kualitas layanan pusat perbaikan resmi Hisense belum diketahui. Namun, melihat keberanian mereka mengoperasikan service center sendiri di beberapa kota sekaligus, berarti mereka seharusnya tidak main-main.

    1. Pak Ridha,

      Benar. Kalau di toko Anda melihat ada Zenfone 2 dengan layar lima inci, itu pasti tanpa garansi resmi.

  151. zenfone 2 dgn zenfone 2 laser itu beda ya?

    klo zenfone 2 laser ada ga yang 5 inch di indonesia?
    boleh tau harga barunya brp???

  152. asus zenfone 2 dgn 2 laser beda ya pak??
    klo zenfone 2 laser yg 5 inch di indonesia ada ga?
    boleh tau harga barunya brp?

  153. Pak herry, sedikit curhat dl boleh ya pak.
    2 minggu yg lalu saya beli zenfone ze551ml, kemaren karena sim 1 kuota internetnya habis, saya mencoba menganti ke sim 2.. dan waalah.. betapa kaget nya saya pada pengaturan sim, disitu tidak ada pengaturan untuk menganti layanan internet ke sim 2. Saya sibuk nanya ke mbah googel, ternyata si mbah ga tau.. akhirnya saya ketemu website pak herry tentang zenfone 2 yg tidak bapak rekomendasi kan utk dibeli.. sayang 1 juta kali sayang semua dah telat..
    Dan barusan saya dpt email dr cs asus yg blg klo sim 2 tidak bisa untuk internet.. benar2 pengakalan penjualan yg high class, dual sim standby, dual active (sim 1 utk 2g/3g/4g dan sim 2 utk 2g di kotak).. tapi tanpa penjelasan tidak untuk internet
    Sekarang saya minta pendapat bapak, kira2 hp apa yang bagus, yang setara atau mendekati dengan spesifikasi zenfone 2 tetapi betul2 dual sim standby baik internet dan telpon, budget nya 2-3,5 jt.

    1. Pak Adek Fernandes,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Terlepas dari keterbatasan fungsi SIM2, apakah Anda sudah merasa cocok dengan ponsel Asus? Kalau iya, silakan melirik Zenfone 2 Laser.

  154. Selain asus, apalagi ya pak? Mulai malas pake asus. Kayaknya mo beralih ke xiaomi. Rekomendasi utk xiaomi pak, yg dual sim

  155. Siang pak Herry, mau tanya nih. Untuk pemakaian normal (sms, telfon, chat, medsos, email), lebih worth it mana ya pak antara Asus Zenfone 2 ZE551ML [4 GB/32 GB] dengan lenovo p70?
    Karen dari harga juga sudah tidak jauh selisihnya. Terima Kasih

    1. Pak Jose,

      Dengan kebutuhan seperti itu, menurut saya, mending coret keduanya. Beli Hisense Pureshot Rp 1,999 juta atau Asus Zenfone 2 Laser varian LTE (ZE500KL) Rp 2,099 juta saja. Kalau kamera tidak harus bagus dan baterai wajib tahan lama, ada Infinix Note 2 Rp 1,899 juta yang boleh dilirik.

  156. pak,,mohon pencerahan obyektif, dana antara 1,3-1,7juta.Android Phone, RAM minimal 1GB, jarang ngegame, kamera tidak prioritas, (yg penting ada kamera depan), baterei awet, yg penting stabil dan awet, merk bukan Tiongkok,. boleh saran HP apa ya pak? trimakasih!!

    1. Pak Pulung,

      Infinix Hot Note Rp 1,449 juta. Itu bukan merek Tiongkok kok. Infinix adalah merek dari Hong Kong.

  157. Di salah satu komentar Bapak di atas, Bapak bilang kalau Xiaomi Redmi Note dual SIM bergaransi resmi itu sudah jarang.
    Saya lihat di situsnya Erafone masih ada di sana Pak.
    Pertanyaannya adalah, apakah Xiaomi Redmi Note yg di situs Erafone tsb masih bergaransi resmi?
    Terimakasih.

    1. Pak Princd,

      Benar. Dulu, selama periode tertentu, stok Redmi Note dual SIM bergaransi resmi memang sempat kosong. Sejak beberapa waktu lalu, stok sudah kembali melimpah. Harga di Erafone Rp 1.849.000.

    1. Pak Asa Usio,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba semuanya. Mestinya sih sama saja. Asus kan produsen ponsel kelas global. Standar pengendalian kualitasnya seragam.

  158. ko Hery tanya dong .. saya beli zen 2 lazwr 8gb .. kenapa di pengaturan yang saya liat tertera internal 3gb saja itu apakah sisanya untuk App bawaan apa internal sudah di ganti oleh konter tk bertanggung jawB? dijawab ya maaf newbie hehe

    1. Pak Tio,

      Saya belum pernah mencoba Asus Zenfone 2 Laser dengan memori internal 8 GB.

      Satu hal yang perlu diketahui, 8 GB itu kapasitas awal ketika ponsel masih kosong melompong. Ponsel kemudian akan diisi dengan sistem operasi dan aplikasi bawaan. Nah, hal tersebut pasti mengonsumsi memori internal. Jadi, saat ponsel baru dinyalakan untuk kali pertama, kapasitas kosongnya mustahil utuh 8 GB. Begitu ceritanya. Semoga jelas.

  159. pak herry recomended mana utk ponsel harga 2jutaan,asus zenfone 2 laser ze500kl atau alcatel flash 2…makasih

  160. HP infinix zero 3 vs LG G5 si juara si :LG G5 ya?
    kalau pengin punya 2 hp mending pilih LG G5 dan Samsung galaxy note 6 kalau ada micro sd ya kan??
    kalau dibawah itu better is Xiaomi Mi 5, HTC One,Sony Xperia Z5,dll?
    Kalau Infinix Zero 3 vs One Plus vs ZTE Nubia vs Xiaomi Redmi Note 3 Pro vs Meizu MX 4/5 siapa lebih juara/unggul/bagus???
    kalau tablet harga 1-3 juta bagus si Asus Zenpad, kalau 3-5 jt bagus si Xiaomi Mi Pad, kalau harga 5 juta ke atas bagus si Samsung Tab S2 kan??
    mohon penjelasan ya..

    1. Pak Henry Eka,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah coba G5.

      Tak tahu juga. Saya belum pernah coba G5, sedangkan Galaxy Note 6 malahan belum diperkenalkan. Jangan berkhayal dulu deh.

      Belum semua pernah saya coba. Di antara pilihan itu sih saya condong ke Xperia Z5 Dual.

      Belum semua pernah saya coba. Di antara pilihan itu sih saya condong ke Zero 3.

      Tak tahu. Mi Pad bagus dan harganya di bawah Rp 3 juta lho.

  161. pak herry saya skrg sdh pke infinix zero 3 nih.klo di bandingkan dengan zenfone 2 ze551ml ram 4 gb rom 32 gb soal kegegasan lebih Bagus mana??

  162. pak herry saya skrg sdh pke infinix zero 3 nih.klo di bandingkan dengan zenfone 2 ze551ml ram 4 gb rom 32 gb soal kegegasan lebih Bagus mana??harganya jg udah turun jd 2,9 di lazada

    1. Pak Jason,

      Pertanyaan yang sama lain kali jangan dikirimkan berulang ya.

      Harga Zenfone 2 RAM 4 GB? Memang sudah lama turun segitu. Jangan beli Zenfone 2 deh.

  163. Hasil benchmarknya hmpir sama kaya galaxy note 4.apakah peformanya sebagus galaxy note4 atau setara lenovo a7000se/mi4i
    Apa bener seri zenfone dan lenovo itu boros batre jika dibandingkan dengan mi4i
    Yg sama sama memiliki daya 3000 mah
    Dan apa benar hasil kamera asus/lenovo tidak sebagus mi4i yg sama sama 13mp
    Dan dibanding oppo neo7 pun masih kalah

    1. Pak Ari,

      Tidak. Zenfone 2 termasuk ponsel yang tidak menarik dibeli. Note 4 lebih layak beli. Saya belum pernah coba A7000SE. Kalau diadu dengan Mi 4i, kamera Zenfone 2 kalah telak deh.

      Zenfone dan Lenovoo seri apa nih? Mi 4i justru lebih boros dibandingkan rata-rata ponsel Lenovo deh.

      Ehmm… ponsel Asus dan Lenovo-nya tipa apa dulu>

      Oppo mah buang ke laut saja tuh. 🙂

  164. Zenfone 2 gk layak beli
    Apa karna layarnya reflektif
    Dan bodinya panas kaya mi4i
    Dan batrenya boros
    Padahal peformanya lebih bagus dari mi4i
    Bahkan dari galaxy note4
    Klo dilihat dari hasil benchmarknya
    Soal kamera mi4i lebih bagus dari semua seri zenfone termasuk zenfone max yg lebih bagus dari redmi note3
    Lenovo yg setara mi4i cuma a7000 se dari harganya.tapi kurang yakin sama kualitas kameranya dan daya tahan batre

    1. Pak Ari,

      Saya bingung mana yang pernyataan dan mana yang pertanyaan. Silakan ketikkan ulang lagi. Gunakan tanda baca yang lengkap.

    1. Pak Ari,

      Silakan baca ulasan Zenfone 2 di atas. Sudah terpapar alasan mengapa ponsel itu tidak layak beli.

      Tidak ada ponsel bernama Xiomi Mi 4i.

  165. Peformanya lebih bagus mana om
    Dibanding galaxy note4
    Kan hasil benchmarknya lebih tinggi
    Secara keseluruhan lebih bagus mana
    Antara mi4i dan zenfone2

  166. Pa HSW, Saat ini kan sudah turun harga si ZE551ML 4/32 ini ke harga 1.99 jt, dengan harga segitu apakah masih layak dipinang, dibanding dg ponsel lain yg sama kisaran harganya, seperti Infinix Hot 4 pro / Hot S, Flash Plus 2 3/32, Redmi 3S prime. terima kasih sebelumnya

    1. Pak Ricky Sundara,

      Buat saya sih ZE551ML sebaiknya dilupakan saja.

      Saya belum pernah mencoba Hot 4 Pro, Flash Plus 2 yang RAM 3 GB, dan Redmi 3S Prime. Kalau Hot S, saya menyarankan Anda jangan membelinya.

  167. met siang Pak Herry..Saya mau tanya ya:
    Asus Zenfone 3 ze552kl ram 4gb, Oppo F1s ram 4gb, Vivo v5, dan Infinix zero 4/4Plus mana yang lebih recommend,terbaik,lebih unggul???Tolong dibuat spesifikasi,kelebihan dan kekurangan 4 merek hp itu..dan juga Mohon dibuat rangking 1-4 ya..

    terima kasih.

    salam dari

    Henry Eka

    1. Pak Henry Eka,

      Saya belum pernah menguji pakai semua ponsel itu. Saya sih tertarik memiliki ZE552KL dan Zero 4 Plus.

  168. Pak Herry tertarik pilih ZE552KL dan zero 4 plus…kebetulan ini sama juga bagi saya pilih dan pengin beli salah satu..saya sudah survei di internet..tapi aku masih bingung mau pilih yg mana?soalnya spek mereka sama2 bagus,selevel..cuman di surabaya asus garansi di klampis kan repot kl dikirim ke Jakarta bisa berbulan2..katanya asus gampang panas,byk bloatware..bloatware itu apa?kalau infinix zero 4 plus belum masuk ke Surabaya terus spek,kamera,layar sudah apik…kecuali memori internal cuman 32 gb…cuman baterainya gede, harga lebih murah drpd ze552kl…boleh minta no.pin,wa,line Pak Herry gak??terima kasih

    Henry Eka

    1. Pak Henry Eka,

      Bloatware itu aplikasi bawaan ponsel yang kadang belum tentu dibutuhkan oleh pengguna.

      Saya tidak memakai BBM dan Line. Saya aktif menggunakan WhatsApp, tetapi maaf, saya tidak melayani tanya jawab via WhatsApp.

  169. Oppo f1s ram 4gb,memori internal 64gb,kamera bagus,ada touch access maksudnya kalau layar mati bisa tulis tanda buat keluarin aplikasinya tanpa repot2 tekan tombol2,cari2 di layar…kan canggih..kl ze552kl,zero 4 plus tidak ada kan?kamera ze552kl ama zero 4 plus lebih bagus mana?
    terima kasih

    Henry Eka

  170. ok..terima kasih infonya Pak Herry..
    Kalau Pak Herry sudah uji HP zero 4 plus dan ze552kl tolong beri komentar,pendapatnya di sini ya atau bisa kirim email ke Henry_Eka@yahoo.com
    Terima kasih,

    salam dari

    Henry

    1. Pak Henry Eka,

      Maaf, saya tidak melayani permintaan kirim email dan sejenisnya. Kalau sudah uji pakai, review akan saya unggah ke blog.

  171. om apakah asus punya kesamaan
    di semua kameranya
    seperti zenfone 2.zenfone 2 laser,zenfone max
    dan zenfone selfi punya kualitas kamera yg sama

  172. HP nokia 8,infinix zero 4 plus, samsung galaxy c9 pro, asus zenfone 3 zoom siapa lebih the best,unggul,recommend?kamera mereka lebih bagus yg mana?tolong pak herry buat peringkat dan harga hp mereka ya…kalau lebih murah,spek bagus dari mereka yg the best yg mana?terima kasih

    1. Pak Henry Eka,

      Tak tahu. Lha belum semua pernah saya coba. Sebagian di antaranya malahan belum beredar resmi di sini.

  173. ya aku lupa hp oppo f3 plus juga termasuk bandingan hp2 mereka itu…bagaimana pendapat pak herry ttg kelebihan dan kekurangan nokia 8,zero 4 plus, oppo f3 plus, c9pro, z3 zoom, tolong tulis di sini ya..terima kasih pak herry..

    1. Pak Jono,

      Pilihan ponselnya apa dulu nih?

      Pesan saya, kalau bertanya tolong langsung yang lengkap dan kirimkan sekali saja. Jangan kalimat pendek-pendek tapi tidak jelas dan diulang-ulang sampai ruwet.

    1. Pak Jono,

      Sudah saya jawab di pertanyaan sebelumnya lho. Jawabannya: tidak.

      Sekali lagi, tolong kalau bertanya yang jelas dan lengkap. Plus, jangan muter-muter terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *