Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: Ponsel yang Iya Iyalah

Terlalu banyak sisi menarik yang penulis alias HSW temukan di Asus Zenfone 3 ZE520KL. Karena itu, ketika akan mulai mengetikkan review ZE520KL varian RAM 3 GB, HSW sempat bingung. Sebaiknya dimulai dari sisi mana ya? Enaknya diberi judul apa?

Sambil terkantuk-kantuk di pujasera suatu pusat perbelanjaan, mendadak HSW teringat dengan klip video senam. Masuklah ke https://youtu.be/IqwbAeIgtiI kalau Anda ingin menontonnya. Dan… judul serta sudut penulisan pun sukses ditemukan. Ponsel yang iya iyalah. Bagus? Ya. Layak beli? Ya.

ze520kl-1

Desain Zenfone 3 berbeda total dengan Zenfone 2. Tombol volume tidak lagi diletakkan di bagian belakang, melainkan di kanan. Permukaan depan dan belakang ponsel terbuat dari kaca. Tepatnya, Gorilla Glass 3. Sementara itu, bingkai ponsel terbuat dari logam.

Ponsel itu dibekali layar 5,2 inci yang oleh Asus diistilahkan sebagai layar Super IPS+. Resolusinya full HD 1.920 x 1.080 piksel. Layar tersebut pantas diacungi jempol karena sanggup menampilkan huruf, ikon, dan foto dengan tajam. Bahkan, saat dipandang di bawah terik sinar matahari. Bagian tepi layar agak melengkung sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman kala menyapukan jarinya ke layar.

Untuk menyalakan dan memadamkan layar, pengguna bisa memanfaatkan fitur double tap. Ketuklah layar dua kali untuk menyalakan layar. Ketuk lagi dua kali saat ingin memadamkan layar. Cara lain yang lebih praktis, optimalkan saja sensor sidik jari yang terdapat di bagian belakang ponsel. Pengguna tinggal menyentuhkan jari ke sensor itu. Dengan cepat layar ponsel akan menyala sekaligus terbuka.

Di sisi atas ponsel terdapat konektor audio 3,5 milimeter. Tombol power ditempatkan di sisi kanan, sedikit di bawah tombol volume. Sama dengan beberapa ponsel keluaran terkini, Zenfone 3 telah memanfaatkan konektor USB tipe C sebagai penghubung charger dan kabel data. Posisi konektor itu di bagian bawah ponsel, bersebelahan dengan speaker.

Selot kartu bakal dijumpai di sisi kiri ponsel. Dua kartu bisa diletakkan bersamaan di satu baki. Kalau pengguna menempatkan satu kartu micro SIM dan satu kartu microSD, berarti Zenfone 3 akan berfungsi sebagai ponsel single SIM dengan tambahan memori eksternal.

Sementara itu, bila pengguna memasangkan satu micro SIMl dan satu nano SIM, Zenfone 3 akan berfungsi sebagai ponsel dual SIM. Konsekuensinya, tidak tersedia lagi selot untuk kartu memori tambahan. Dua nomor akan siaga bersamaan. Salah satu di antaranya, yang bebas dipilih pengguna, leluasa masuk ke jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE.

Zenfone 3 kompatibel dengan layanan 4G LTE di frekuensi 850, 900, 1800, 1900, 2100, dan 2300 MHz. Hal tersebut bermakna ia cocok dengan layanan 4G LTE seluruh operator di Indonesia. Jangankan Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri, mau dipadukan dengan 4G LTE Smartfren maupun Bolt pun bisa.

ze520kl-2

Hal lain yang tak kalah menarik, di mayoritas ponsel dual SIM, ketika salah satu nomor sedang berada di jaringan 3G atau 4G LTE, maka satu nomor lainnya bakal terkunci di jaringan 2G. Zenfone 3 tidak seperti itu. Saat nomor di selot kartu pertama berada di jaringan 3G/4G, nomor di selot kartu kedua masih bisa masuk ke jaringan 3G. Demikian sebaliknya.

Sekarang di benak Anda mungkin timbul pertanyaan, “Dengan kemampuan seperti itu, keuntungan apakah yang bisa dinikmati pengguna Zenfone 3?” Kalau dijelaskan dengan bahasa yang membumi, begini ceritanya.

Berbagai operator seluler beroperasi di Indonesia. Masing-masing memiliki alokasi frekuensi yang ditetapkan pemerintah sebagai regulator. Anggaplah frekuensi itu ibarat jalan. Ada operator yang memiliki jalan lebar, ada pula yang mempunyai jalan sangat lebar. Dulu jalan itu hanya dipakai untuk layanan 2G dan 3G. Ketika operator mulai menawarkan layanan 4G, sebagian jalan digunakan untuk menggeber layanan 4G LTE.

Pengaturan ini-itu yang dilakukan operator membuat jalan yang tersedia untuk layanan 2G menyempit. Dampak nyata yang mulai dirasakan pengguna, meskipun sinyal penuh, saat berada di jaringan 2G nomor miliknya sulit dihubungi. Penelepon mendapatkan notifikasi kalau nomor tujuan tidak aktif, di luar service area, sedang sibuk, bahkan tidak terdaftar. Pengguna berpotensi kehilangan peluang bisnis maupun terlambat menerima kabar penting.

Zenfone 3 yang memungkinkan dua nomor secara simultan berada di minimal jaringan 3G memberikan keuntungan ekstra. Sebab, jalan yang disediakan operator untuk layanan 3G biasanya lebih lebar daripada jalan untuk layanan 2G. Dengan demikian, tingkat keberhasilan panggilan masuk akan lebih tinggi. Peluang bisnis bisa diraup, kabar penting pun tak terlewatkan. Jelas?

Saatnya membicarakan kamera yang menjadi keunggulan lain Zenfone 3. Kamera belakang ponsel itu mengadopsi tiga teknik fokus otomatis. Yaitu, laser autofocus generasi kedua, phase detection autofocus (PDAF), dan continuous autofocus.

Kamera dengan lampu kilat tersebut sanggup menghasilkan foto beresolusi 16 megapiksel dan klip video beresolusi 4K 3.840 x 2.160 piksel. Pengguna yang rutin melakukan perekaman video sambil bergerak, entah berjalan kaki atau menumpang kendaraan bermotor, pantas menjajal fitur video stabilization. Fitur itu dapat diaktifkan kalau pengguna memilih resolusi video maksimal full HD 1080p.

Masih ada lagi. Kamera utama itu mempunyai pilihan mode yang sangat banyak. Total mencapai 20 macam, termasuk mode manual. Di mode manual, kecepatan rana (shutter speed) dapat diatur mulai 1/5000 detik sampai 32 detik. Sedangkan ISO-nya bisa diatur mulai 50 hingga 3200.

ze520kl-28 ze520kl-29 ze520kl-30

Beralih ke kamera depan. Kamera depan Zenfone 3 tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Spesifikasi lain Zenfone 3, di antaranya, prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB. Ketika ponsel bersistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow itu baru dikeluarkan dari kardus, sisa memori internalnya mencapai 23,51 GB.

Di ponsel berdimensi fisik 146,9 x 74 x 7,7 milimeter dan berat 144 gram tersebut pengguna juga bakal menjumpai radio FM dan penyaring panggilan telepon masuk. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai tanam 2.600 mAh di Zenfone 3 biasanya bertahan 11-12 jam. Ponsel harus lebih awal dihubungkan dengan charger ketika GPS digunakan secara intensif.

Kalau dirangkum, Zenfone 3 mengandung banyak ya. Secara umum bagus? Ya. Desain cantik dan mewah? Ya. Ponsel itu juga berlayar tajam, berkamera prima, dan gegas. Kemampuan dual SIM 3G/4G dan 3G secara bersamaan menjadi nilai tambahan Zenfone 3.

Bila dicari-cari, menurut HSW, faktor “tidak” Zenfone 3 hanya ada tiga. Pertama, kapasitas baterainya pas-pasan. Seandainya minimal 3.000 mAh pasti lebih asyik. Kedua, saat dipakai memotret objek dalam jarak dekat, fokus otomatisnya sesekali terasa kurang akurat.

Terakhir, tombol kapasitif di bagian bawah ponsel tidak dibekali lampu. Jadi, awalnya pengguna harus membiasakan sekaligus menghafalkan urutan tombol dulu. Umpama tombol home, menu, dan back itu disatukan dengan layar sentuh, menurut HSW, Zenfone 3 bakal lebih mendekati sempurna.

Apakah Zenfone 3 pantas dibeli? Ya, sangat layak beli. Agar tak bingung ketika berburu Zenfone 3, ketahuilah kalau di Indonesia Zenfone 3 tersedia dalam tiga varian spesifikasi. Varian terendah adalah ZE520KL dengan RAM 3 GB seperti yang HSW gunakan. Harga ritel resminya Rp 4.099.000 dan sejak bulan lalu telah tersedia di pasar.

Berikutnya, ZE520KL dengan RAM 4 GB. Spesifikasi lain sama dengan varian pertama. Ponsel tersebut seharusnya mulai didistribusikan pada bulan ini. Patokan harga ritelnya Rp 4.399.000.

Buat konsumen yang menginginkan layar lebih besar, tersedia ZE552KL dengan layar 5,5 inci. Ia dibekali RAM 4 GB, ROM 64 GB, dan baterai tanam 3.000 mAh. Varian yang dijual Rp 5.099.000 itu sudah bisa ditemukan di berbagai toko ponsel. Beberapa situs belanja online juga telah memasarkannya.

Saran HSW, usai meminang Zenfone 3, Anda sebaiknya langsung membeli case tambahan. Sebab, permukaan ponsel itu relatif licin. Jelly case transparan merupakan pilihan terbaik karena mampu melindungi bodi ponsel tanpa menutupi kecantikan fisik Zenfone 3.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan Zenfone 3. Semua pemotretan dilakukan tanpa mengaktifkan lampu kilat.

ze520kl-3

ze520kl-4

ze520kl-5

ze520kl-6

ze520kl-7

ze520kl-8

ze520kl-9

ze520kl-10

ze520kl-11

ze520kl-12

ze520kl-13

ze520kl-14

ze520kl-15

ze520kl-16

ze520kl-17

ze520kl-18

ze520kl-19

ze520kl-20

ze520kl-21

ze520kl-22

Dua foto berikut ini dijepret menggunakan kamera depan.

ze520kl-23

ze520kl-24

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

ze520kl-25

ze520kl-26

ze520kl-27

407 thoughts to “Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: Ponsel yang Iya Iyalah”

  1. Terimakasih atas ulasan nya pak hsw, saya tertarik juga untuk membeli ponsel ini mm yang saya ingin tau, apakah hape ini mendukung fast charging? Apabila iya, berapa lama pengecasan untuk mencapai penuh dari baterai 0 persen, Terimakasih pak hsw, mohon petunjuknya,

    1. Pak Kevinchandika,

      Tak tahu pastinya karena saya tidak memiliki charger yang memenuhi standar Qualcomm Quick Charge. Di atas kertas sih seharusnya mendukung Quick Charge.

  2. Pertamax, om mau nanya utk hp kamera belakang rata2 kenapa lensanya pasti ada list hitam melingkar baru kamera ditengahnya apakah ada fungsinya,,

    Demikian dan terimakasih,

    Salam

    1. Pak Dimas Kanjeng,

      Tolong ponsel saya digandakan dong. πŸ™‚

      Lebih ke alasan estetika alias keindahan sih. Kemungkinan juga untuk menghadang flare cahaya.

    1. Pak Bagus,

      Baterai boros atau tidak? Ayo baca lagi naskah review-nya. Sudah saya sebutkan.

      Saya tidak menghitung detail waktu yang dibutuhkan untuk charging. Lebih dari dua jam, tetapi kurang dari tiga jam deh.

  3. Halo pa Herry, hp diatas klo dibandingkan dengan infinix zero 3 dan Vibe p1 turbo, lebih baik mana dr kegegasan, kamera, outlook, dan lain2. Tks

  4. Akhirnya review zen3 keluar. Apa kameranya bisa disandingkan dengan lg g4? Bingung mau beli zen3 atau lg g4.. Soalnya g4 takut bootloop sih…

  5. Terimakasih pak Herry, postingan yang saya tunggu – tunggu akhirnya muncul juga, jadi tambah manteb pengen beli nih.
    sekalian ingin menanyakan satu hal lagi pak, kira-kira untuk versi ram 4gb apakah akan lebih menguras baterai secara signifikan daripada ram 3gb ? ataukah ram tidak terlalu berpengaruh dalam konsumsi daya baterai ? Terimakasih sebelumnya

    1. Pak Andri,

      Tidak. Kalau anggaran tersedia dan versi RAM 4 GB sudah tersedia, mending ambil yang RAM 4 GB sekalian.

  6. kualitas kameranya Asus Zenfone 3 ZE520KL Kalau sama LG G4 udah sebanding blm pak? atau mungkin berada diantara lenovo vibe shot dan LG G4

  7. Wah, Terimakasih untuk reviewnya, Pak. Bagaimana dibanding LG G5 SE, kalau Pak Herry memilih beli yang mana dalam semua aspek? Kameranya bagus mana, Pak?

    1. Pak Sofy,

      Ya saya lebih memilih G5 SE. Ponsel itu lebih bagus daripada Zenfone 3. Namun, harga jual G5 SE kan memang lebih mahal.

  8. Wah, ini nampaknya ponsel keren ya om. Mendukung semua operator di Indonesia (yang dulu hanya hisense pureshot) dan kamera yang oke. Baterai yang mungkin jadi sisi kurang menariknya.

    Oh iya, seri ZE552KL di Semarang harganya kisaran Rp4.750.000 sampai Rp4.850.000 di retail non erafone dan sejenisnya.

    1. Pak Kuat Wj,

      Thanks infonya. Berarti, si penjual mengambil keuntungan tak sampai Rp 100 ribu hingga sedikit di atas Rp 100 ribu.

  9. Akhirnya yg di tunggu-tunggu keluar juga .
    Dibandingkan dengan xiaomi redmi 3 prime mana yg unggul pak? Dari segi Kamera, dari segi daya tahan batrai, dari segi multitasking nya, deri segi semuanya.
    Arigatou gozaimasu.

  10. Pak Herry

    Mantab pak spek dan kinerjanya….semantap harganya ?
    Lebih mantab lagi andai harganya kurang dari 3 jt.

  11. Review luar biasa dan sangat ditunggu”..
    Penantian yang cukup lama,
    Namun masih penasaran dengan Zenfone 3 Max 5.5 inci,
    Akankah masuk ke Indonesia?
    Versi 5.2-nya masih belum laser autofocus ya?
    Saya sempat baca”, Max versi 5.5 sudah laser autofocus, benarkah?
    Terima kasih banyak untuk review lengkapnya..

    1. Pak Asep Gunawan,

      Zenfone 3 Max 5,5 inci? Ada ya? Yang akan masuk resmi ke sini varian layar 5,2 inci sih.

      Ya, Zenfone 3 Max dengan layar 5,2 inci tanpa laser autofocus.

      Benar. Zenfone 3 Max layar 5,5 inci (ZC553KL) dibekali laser autofocus.

  12. Om Hsw,

    Mohon bisa di komen soal GPS performance nya om,ketika di pake buat driving navigation,akurat apa tidak,atau kah agak loncat2?
    mohon info
    thanks,

    1. Pak Agubg,

      Soal GPS memang sengaja tidak saya singgung karena kinerjanya baik-baik saja. Akurat.

      Saya baru menyinggung GPS di review kalau menemukan sesuatu yang dirasa kurang normal. Saat kelak mengulas P9 Lite, contohnya, fitur GPS akan saya senggol.

      1. Pak Herry,

        Tapi skor Antutu Benchmarknya lebih besar Redmi Note 3 daripada Zenfone 3. Itu karena apanya ya kok bisa besar skornya?

        1. Pak Valiant Puspo N,

          Saya kebetulan termasuk orang yang tidak memedulikan skor Antutu. Buat saya, yang lebih penting adalah kinerja nyata saat suatu ponsel saya gunakan. Karena apa kok bisa besar skornya? Hmm… coba Anda tanyakan kepada pengembang Antutu.

  13. Pak Herry

    Untuk varian Zenfone 3 layar 5,2 inch tidak tersedia internal 64GB yah?

    Sekalian mohon saran terbaik pak untuk budget maksimum 2 juta selain Redmi 3 Pro (distributor) dengan kriteria :

    4G LTE
    Layar 5 inch
    Slot microsd terpisah tidak hybrid dengan sim 2

    1. Pak Arsan,

      Sejauh ini belum ada rencana memasukkan varian tersebut secara resmi ke sini.

      Asus Zenfone 2 Laser atau Hisense Pureshot. Untuk Zenfone 2 Laser, bila Anda lebih menyukai layar lima inci, belilah yang memiliki kode tipe ZE500KL. Kalau lebih suka layar 5,5 inci, belilah tipe ZE550KL.

  14. Terimakasih reviewnya Pak Herry. Memang lagi ngincar seri ini.
    Tapi kok saya tidak menemukan fitur NFC di spesifikasi Zenfone 3 ZE520KL ini… Memang seri ini tidak di lengkapi fitur NFC ya?

  15. pak,
    untuk penggunaan standar pak hsw sendiri, ram 3gb itu apa tidak terlalu besar yah? kedepannya gimana?

    kemudian apa ada rekomendasi hp yang bisa rekam slo-mo dengan kualitas yang oke pak?atau pake app kamera pihak ke3? setidaknya 60fps..

    1. Pak Alayhim,

      RAM 3 GB tidak terlalu besar. Lha sekarang malahan sudah ada ponsel yang menawarkan RAM 6 GB.

      Hmmm… berarti yang dicari fitur perekam videonya ya. Terus terang saya tidak terlalu memperhatikan kemampuan itu. Yang lebih saya perhatikan adalah kemampuan kamera ponsel dalam memotret.

  16. Itu screenshoot benchmark klo bisa di kasih liat detailnya

    Klo cma total aja tanpa tau parameternya detailnya mending gga usah di lampirkan sekalian screenshootnyaa

    Padahal di patameter ada yg penting seperti 3D score

    1. Pak Jaka,

      Samsung-nya silakan dicoret dulu. Kalau Anda perlu ponsel dengan baterai awet, tetapi kameranya kurang bagus, silakan ambil Vibe P1 Turbo. Namun, kalau Anda lebih membutuhkan ponsel dengan kamera bagus dan baterai lumayan, berarti Zenfone 3 jawabannya.

        1. Pak Angga,

          Iya. Domain Ubaya.com milik saya. Saya memakainya hanya untuk mencuci gudang gawai milik pribadi.

          Karena tak mempunyai adapter USB OTG dengan konektor USB tipe C, dulu saya tidak bisa mengecek kemampuan USB OTG di Zenfone 3.

  17. Bung HSW

    Dari semua review smartphone baik itu flagship maupun kelas low end.
    hasil kamera yang di tampilkan selalu tampak sangat bagus.
    apa sih rahasianya Bung?
    kasih tau dong?

    1. Pak Yoobee,

      Nggak ada jurus khusus kok. Saya bukan fotografer profesional. Ya tinggal jepret-jepret gitu saja. Foto yang saya unggah ke blog ini hanya mengalami dua proses:
      * Resize. Ukuran yang aslinya besar saya perkecil.
      * Kompresi file 80 persen supaya ukuran file tidak terlalu besar.

      Tidak ada editing atau olah digital lain yang saya lakukan.

  18. menurut pak HSW ponsel ini overprice seperti merk “apa” ngga? mengingat promonya pake 2 org artis seperti merk “apa” yg jg pake artis utk promo.

    1. Pak Eko,

      Tak perlu pengaturan tambahan.

      Zenfone 3 tidak mendukung native VoLTE. Kalau Anda ingin menggunakan VoLTE Smartfren, silakan mengunduh dan menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE dari Play Store dulu.

  19. Om mo tanya, Zenfone 3 kan sudah dipasarkan di Indo, kalau Zenfone 3 Max dan Zenfone 3 Laser apakah sudah dapat info kapan kiranya mulai dipasarkan di Indo?
    Terima kasih.

    1. Pak Cecep,

      Zenfone 3 Max seharusnya bulan ini. Namun, tanggal tepatnya tidak saya ketahui.

      Kalau Zenfone 3 Laser direncanakan bulan depan.

    1. Pak Andhy,

      Tak perlu aplikasi tambahan. Tinggal ketuk layar dua kali atau menyentuhkan jari ke sensor sidik jari.

    1. Pak Pandu,

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Pureshot+ 2. Dengan harga Rp 3,699 juta, kalau saya kok lebih condong meninggalkan Pureshot+ 2 dan beralih ke Zenfone 3 ya. Ngeri saja sih beli ponsel Hisense dengan harga setinggi itu.

  20. Salam pak Herry, saya mau tanya beberapa hal

    1. Aperture itu apa ya? Bisa dijelaskan kegunaannya?
    2. Saya ingat antara 1,5-2 tahun lalu, hampir tak ada smartphone yang mencantumkan aperture di spesifikasinya hanya besaran MPnya saja, namun sekarang hampir semua smartphone menuliskan aperturenya, kenapa ya pak?
    3. kalau ada program tukar tambah resmi (misal Samsung), apakah bisa gadget yg jenisnya memenuhi persyaratan tapi lcdnya pecah atau retak ditukar tambah? Umumnya bisa atau tidak pak Herry?

    Terima kasih, salam

    1. Pak Leo,

      1 + 2. Anda sudah pernah mengirimkan pertanyaan ini pada 8 Oktober 2016. Saya telah menjawabnya dengan panjang lebar pada 10 Oktober 2016.

      3. Tergantung kebijakan penyelenggara tukar tambah resmi. Biasanya sih tidak bisa.

      1. Oh ya setelah saya cek ada pak Herry,

        Saya kira sebelumnya komen saya tidak masuk karena “Your comment is awaiting moderation” tidak muncul, kalau komennya masuk harusnya muncul tulisan itu kan pak? Atau tidak selalu begitu?

        Terima kasih, salam

        1. Pak Leo,

          Kalau muncul notifikasi itu, berarti komentar/pertanyaan Anda sudah terkirim, tetapi masih menunggu moderasi. Saat saya menjawab pertanyaan, moderasi tersebut otomatis sekaligus dilepaskan.

          1. Maksudnya setelah pencet post comment, pak Herry
            Ga muncul komen dan “your comment is awaiting moderation”nya

            Waktu itu mau kirim ulang takut double post akhirnya ga jd, eh tahu2 masuk tetap ya? Hehe

            Terima kasih pak, salam

    1. Pak Amin,

      Dulu Zenfone 5 terhadap warna pink gimana ya? Saya lupa. Barusan saya coba cermati beberapa foto yang dijepret pakai Zenfone 3, kebetulan tak ada yang objeknya warna pink. Terhadap warna merah sih baik-baik saja.

  21. Ada satu kelemahan kecil hp asus menurut pengalaman saya, saat hp sedang dicas kalau ada sms, telpon, email masuk, lampu notifikasi tidak berkedip. Apakah ini masih tetap terjadi pada Asus zenfone 3 pak?

    1. Pak Adi Olie,

      Terus terang saya tidak mengetahui dan memedulikannya. Sebab:
      * Saya terbiasa mengecek email dll berdasarkan bunyi. Lampu notifikasi tidak saya perhatikan.
      * Saya terbiasa men-charge ponsel dalam kondisi padam total.

  22. Akhirnya sy beli nih zenfone 3 5.2. Sempat ragu nau beli nunggu review dari hsw, tp krn lama akhirnya sy beli saja. Gila ni hp bagus bgt sy eks user s5 dari segi kamera, audio bagus, baterai wlpn kecil sempat sy gunakan gps dari wonosobo ke solo, always on pulang pergi sampai rumah msh sisa 10%an.
    Yg paling disayangkan body yg licin gila, nyari case belum ada yg oke, akhrnya pake yg transparan, 1 mg sudah nguning.
    Sy puas dg ini zenfone 3

    1. Pak Ajir,

      Beli Nillkin Nature Series TPU Case saja deh. Transparannya baru mulai menguning setelah dipakai beberapa bulan.

  23. Pak HSW, saya kepincut sebenernya dengan zenfone 3 ini, namun karena tidak ada NFC, saya jadi mengurungkan niat untuk mengupgrade zenfone 2 saya ke hp ini. Karena saya pengguna komuter dan bus trans jkt yg sangat mengandalkan NFC untuk cek dan isi ulang e-money.
    Kira2 di kisaran harga tersebut, hp apa sajakah yg pantas dipinang dan ada fitur NFC nya?

  24. OOT Om, kenapa Twitter Om Herry digembok? Saya gak pakai Twitter, jadi gak bisa lagi dibaca lewat browser. Kalau boleh request, jangan digembok ya Om. Makasih.

    1. Pak Dimas,

      Sengaja saya gembok sampai Selasa, 18 Oktober 2016. Sebab, saya ada poling yang hanya berlaku untuk follower @herrysw.

      Bikin akun Twitter saja lho, Pak. Gratis kok.

  25. pagi pak Herry
    Abis ngintip di twitter ttg cclbk, jadi penasaran pengen nanya ttg Motorola ..
    Apa ada rencana Motorola seri Moto G, Moto X , ke Indonesia sebelum akhir tahun, dan serie apa? dan yang masuk ke indo apakah made in usa atau sudah made in china ?
    Terima kasih

    1. Pak Geni,

      Minggu depan akan ada satu ponsel Motorola (eh… pakai nama Moto ding) yang diluncurkan resmi ke sini. Tipe apa? Tunggu tanggal mainnya. Buatan mana? Tunggu info lebih detail deh.

  26. Waduuuuh kena racun lagi dari bung HSW.

    List kena racun ala HSW:
    1. Xiaomi Redmi 2
    2. LG G4
    3. Speedup Mifi 4G
    4. Sony Smartband SWR (lupa tipe pastinya)
    5. Asus Zenwatch 2

    Ada lagi tidak ya? Saya lupa. Terlalu sering kena racun.

    Confirm ya pak Zenfone 3 ini bisa Smartfren, dan slot kedua bisa di 3G GSM nya? Asumsi saya jika GSM kita set 4G, Smartfrennya jadi ga dapat signal ya pak?

    1. Pak Andhy,

      Sekitar empat tahun lalu saya pernah cari. Ada sih, tetapi sangat tidak reliabel, memperboros konsumsi baterai, dan belum tentu berfungsi. Saya lupa judul aplikasinya apa. Saran saya, mending jangan pakai aplikasi seperti itu deh.

  27. Maaf pak Herry, saya tanya di luar pembahasan ini. Saya mau beli Mifi yang support semua 3G dan 4G di indonesia. dana saya sekitar 500rb an. Apakah pak Herry ada rekomendasi? terima kasih.

  28. Pak HSW, saya mau tanya

    1. Untuk garansi di asus ini bagaimana ya Pak? Denger2 untuk service center agak kurang dan tidak bisa ganti baru kalau ada cacat. Di surabaya yang melayani juga hanya di klampis saja.
    Distributornya synnex metrodata yang saya baca di box.

    2. Case tipe dan merk apa yg bapak rekomendasikan dengan hp ini? Karena kebanyakan dari kaca saya kuatir mudah pecah.

    3. Kalau untuk range 4-5 juta ini, apakah bapak lebih merekomendasikan zenfone 3 daripada lawan2nya seperti huawei p9 lite, xiaomi mi5, oppo f1 plus/f1s, samsung galaxy a5, vivo v3 max, lava, lenovo z2 plus, dll. (yang menurut bapak satu kelas dan bagus hehe).
    Saya survei2 dpt < 5 juta untuk zenfone 3 tipe 5,5 inch ini.

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Arya,

      1. Ya, service center Asus memang masih kurang bagus. Distributor ponsel Asus ada beberapa perusahaan. Yaitu, TAM, Synnex Metrodata, dan Datascrip.

      2. Beli Nillkin Nature Series TPU Case saja deh. Bodi ponsel terlindung, kecantikan ponsel juga masih terlihat.

      3. Huaewi P9 Lite harganya Rp 3,799 juta. Jadi, tidak masuk ke rentang Rp 4 juta sampai Rp 5 juta.

      Mi 5 dan Z2 Plus belum ada yang bergaransi resmi. Mending coret. Oppo dan Lava juga silakan langsung dicoret. Galaxy A5? Kalah bagus dibandingkan Zenfone 3 dong. V3 Max belum pernah coba.

      Harga ritel resmi Zenfone 3 layar 5,5 inci Rp 5,099 juta. Harga pasar memang bisa di bawah itu.

    1. Pak Ari,

      Saya belum pernah mengetahui ada ponsel bermerek Xiomi.

      Saya belum pernah mencoba Galaxy A5 (2016). Ponsel Samsung selain seri S dan Note sih biasanya jelek.

  29. Maaf OOT Pak, knapa saat ponsel saya mati dan ada yg mengirim pesan, lalu waktu yg tercatat pada pesan masuk di ponsel saya adalah pas ponsel saya dihidupkan, bukan waktu saat pesan itu terkirim, apakah semua ponsel seperti itu atau ponsel saya saja?

  30. Dear, Tn. Herry.

    Terima kasih buat respon jawabannya bapak. Kali ini, menurut bapak secara pribadi. Untuk membeli sebuah ponsel secara online, online shop (blibli, erafone, dll) mana kah yang bapak sukai? Secara pribadi bapak, saja. Kalau bisa di ranking.
    Terima kasih. πŸ™‚

  31. Om sedikit mau nanya, kenapa featured phone merk lokal sprt Advan, polytron, evercoss utk penerimaan sinyal dan speaker sering bermasalah dibandingkan merk Nokia, apakah harga hp <200 ribu itu pasti kualitas dibawah brand global….

  32. Kalo om HSW sendiri, kalo nyari ponsel untuk kebutuhan sehari” (kerja, ngeblog, dll) cari yg kriteria gmn? Dan urutannya gmn?
    Misal : 1. Baterai, 2. Kamera 3. Prosesor. 4. Internal memory

  33. Koh apakah layak upgrade dr lg g4 ke zenfone 3?sy sangat suka kamera lg g4 tp tidak tahan ama baterenya yg boros.tapi saya tidak mau downgrade kualitas kamera depan dan belakang dr lg g4.karena fitur kamera adalah yg utama.kalau tidak layak sebaiknya upgrade ke hp apa y?jangan galaxy s7 edge,layar edge sepertinya bakal menyusahkan.makasi

    1. Pak Hendra,

      Kalau Anda peduli kamera, dari G4 ke Zenfone 3 akan downgrade.

      Hmmm… upgrade dari G4 ke G5 SE. Namun, karena berbagai faktor, saran saya bertahan dulu saja di G4.

  34. Halo Ko…
    OTT ya ko πŸ™‚
    1. Di atas ada pertanyaan tentang smartphone di bawah 2 juta dan dijawab Herry Asus Zenfone 2 laser atau hisense pureshot. Pertanyaan saya kira2 kedua smartphone tersebut masih sanggup bertahan untuk pemakaian hingga berapa tahun kedepan?
    2. Jika pertanyaan pertama dijawab hanya 1 tahun. Kira2 rekomendasi apa yang bisa diberikan untuk smartphone dengan kriteria sama yang bisa bertahan minimal 3 thn.
    3. Saya pernah membaca namun lupa review yang mana, kalau Ko Herry lebih menyarankan membeli smartphone di WTC daripada di Plasa Marina. Kenapa ya?
    Thanks

    1. Pak Andrey,

      1. Mau dipakai sampai empat tahun lagi pun masih bisa deh. Masalahnya, apakah Anda kuat bertahan selama itu? Ketika muncul ponsel-ponsel baru yang menggiurkan, amat mungkin Anda ingin melakukan peremajaan ponsel.

      2. –

      3. Ya. Kalau Anda tidak paham harga pasaran, lebih baik beli di WTC dengan membandingkan harga di beberapa toko. Persaingan harga di WTC sangat ketat, bahkan kasar. Jadi, peluang dapat barang dengan harga terlalu tinggi lebih minimal.

      Sebaliknya, kalau Anda mengetahui harga pasar, lebih enak beli di Plasa Marina. Suasananya lebih nyaman. Setelah beli ponsel, kalau lapar ada banyak pilihan restoran. Mau pijat refleksi pun ada, meskipun kualitas pijatannya menurut saya kurang prima.

  35. akhirnya asus mengeluarkan smartphone ada harga ada rupa tidak seperti sebelumnya ya om herry, untuk interface operasionalnya apakah tampilannya sama dengan seri zenfone sebelumnya om?karena kalau masih sama dengan seri sebelumnya saya rasa kurang istimewa.

    1. Pak Ariwf,

      Secara umum sih tampilan antarmukanya masih sama. Menurut saya sih tampilan antarmuka Asus baik-baik saja.

  36. Terima kasih tanggapan yang luar biasa pak

    Jadi makin mantep mau ambil ini. satu lagi pak, mau tanya.

    Menurut pengalaman bapak, apa saja (software, hardware, kamera dll.) yang sebaiknya dicek baik secara umum maupun secara khusus secara teliti sebelum kita sebelum kita meninggalkan counter hp. Dan bagaimana cara melakukan cek secara detailnya?

    Karena kebanyakan hanya garansi toko 1×24 jam saja. Jadi kalau ada yang tidak beres dapat langsung ditukarkan.

    1. Pak Arya,

      Karena ada biasanya ada garansi tukar unit lain bertipe sama dalam 1 x 24 jam, saat di toko sih sekadar coba nyala saja. Di rumah Anda baru mengecek fungsi-fungsi dasarnya. Misalnya, kamera, bluetooth, Wi-Fi, dan GPS.

  37. halo ko
    saya penggemar zenfon, pertanyaan saya untuk bermain game sama foto lebih bagus mana zenfon 3 , zenfon 3 laser atau zenfon 3 max?
    karena saya suka bermain game di zenfon

    1. Pak Susanto,

      Wah, saya malahan baru tahu ada Zenfon. Itu ponsel merek apa ya, Pak? Sepintas membaca paparan Bapak, tipe-tipenya kok mirip dengan ponsel merek Asus.

      1. itu memang hp asus zenfon 3 family ko
        saya lage mencari pengganti asus zenfon 6 milik saya dengan asus zenfon 3 family
        saya tunggu review asus zenfon 3 yg lain nya

  38. Permisi Pak Herry
    tadi PakHeri bilang kalau jangan belanja diLazada Kenapa ya pak , Hehehe , saya bertanya itu sebab udah sering belanja diLazada , dan mudah mudahan belum ada masalah , Emang Pernah ada masalah pak dengan Lazada?

    1. Pak Gilang Ramadhan,

      Ada banyak pengalaman tak mengenakkan yang pernah saya alami. Di antaranya:
      1. Pengiriman lama sekali. Dari Jakarta ke Surabaya hingga 19 hari.
      2. Transaksi yang sudah dilunasi dibatalkan sepihak oleh Lazada. Proses refund lama dan berbelit-belit.
      3. Ketika ada masalah dengan barang yang dibeli, komplain ke CS Lazada sangat melelahkan. Seolah saya bukan sedang berinteraksi dengan manusia, melainkan manusia setengah robot.

  39. Maaf koh oot
    Diberitakan kalau oppo sekarang merk ponsel terlaris nmr dua dicina setelah huawei koh.
    Apa koh masih menilai oppo masih g layak beli?menurut saya oppo serius membenahi layanan purna jual,ponselnya jg mantap koh.

  40. Hallo Pak Herry…
    Langsung saja ya pak…
    Dibandingkan LG G5 SE bagusan mana?
    Penasaran saya, kalau bagus asus mau saya tukar aja ini HP

    Terima kasih sebelumnya pak Herry..

  41. pak herry saya penggunga z3, mau tanya dong, di gambar ke dua terakhir, screenshot ‘sensor for android’ itu ada di menu sebelah mana ya?
    sama aktifin indikasi kecepatan internet seperti di gambar koh herry ada keterangan 1kb/s, itu settingnya gimana pak,
    terima kasih

  42. Terima kasih reviewnya pak Herry

    Lagi tunggu kiriman dari Blibli, dapat promo diskon 10%, semoga cepat sampai.

    Berdasarkan pengalaman pak Herry berapa lama pengiriman Jkt-Surabaya oleh Blibli?

    Terima kasih
    Abdi

  43. Pak Herry, ada rekomendasi toko yang jual case zenfone 3 merk nillkin di WTC? atau dimana aja yang penting case merk nillkin seperti yg anda rekomendasikan di komen-komen atas. Terimakasih.

    1. Pak Diki,

      Di Gudang Case, WTC lantai 3, sempat ada barang. Namun, barusan saya cek sepertinya sudah habis. Dulu sih saya beli online di Bukalapak.

  44. Akhirnya keluar juga reviewnya. πŸ˜€
    Makasih banyak ulasannya ya, Pak Herry SW. ^_^
    Pengen banget sebenarnya ma zenfone yang satu ini. Tapi harganya msh blm ramah di kantong. -_-
    Mo nunggu review zenfone 3 Laser sama samsung J7 2017 atau J7 2016 prime dulu ah. :p
    Semoga kelak Pak Herry SW bisa me review kedua gawai tersebut.

  45. Pak HSW, kalo motret pilih2 obyek yg mau difoto dong !
    Masa pot tempat kencing cowok di toilet dijadikan obyek foto??!
    Bagi bpk mungkin gak apa2, bagi sebagian orang akan merasa jijik dan pengen muntah !!!
    Tolong diperhatikan ya pak. Tq.

    1. Bu Lily,

      Terima kasih atas masukannya.

      Saya memotret toilet cowok itu karena interiornya saya nilai cantik. Maaf kalau kurang berkenan.

  46. mo komen pak setelah pake bbrp hari asus ini
    -quick charge tidak didukung
    -harus pake adapter bawaanya baru bisa charge normal(dr 30persenan jdi full 1.5jam)
    -pake tronsmart atau adapter quickcharge milik samsung note 5,zenfone 2, nexus 6 malah jadi 3 jam.kalau dicek amperemeter ternyata cuma sedot maks 550ma sperti mode colok ke usb komputer

    sayang juga tidak mndukung quick charge minimal 2.0 pdhal chipset mndukung

    1. Pak Albert,

      Terima kasih atas informasinya.

      Bapak berarti sudah coba nge-charge pakai Qualcomm Quick Charger ya? Kabelnya pakai kabel bawaan charger atau kabel bawaan ponsel?

  47. @pak herry
    saya coba pake kabel bawaan, kabel bawaan masing2 charger+adapter microusb to c, sudah coba colok gantian jg
    sepertinya memang tidak mendukung quick charge makanya tidak ada di iklannya juga soal quickcharge ini, seperti seri xiaomin redmi note 3 pro harusnya mendukung chipsetya tapi tidak ditulis support
    sayang asus main sunat di fitur quickcharge ini πŸ™
    entah nanti kalau ada update software tapi saya aga ragu bakal ada

  48. Pak sebaiknya ambil yg tipe 5.2 atau 5.5″ ya? Saya tahu bapak belum pernah tes untuk yg 5.5″, tapi kira-kira untuk selisih 1 juta masuk akal tidak? Perbedaannya kalau tidak salah hanya di RAM, memory internal, battery yg lebih besar dan ukuran layarnya. Saya kayaknya kena racun HSW lagi mau ngambil Zenfone 3 untuk gantikan LG G4 saya yg bermasalah hanya sanggup bertahan 6-8 jam per charge pemakaian 2 minggu terakhir ini

    1. Pak Liat2aja,

      Bergantung selera Anda sih.

      Selisih harga Rp 1 juta dengan perbedaan spesifikasi seperti itu, menurut saya, masih cukup masuk akal.

  49. Malam pak ingin minta masukan lagi jika berkenan. Setelah 6 bulan istri menggunakan pureshot akhirnya saya putuskan untuk meng-upgrade-nya karena kasian dengan baterainya yg lumayan cepat habis, meskipun performa kameranya memuaskan. Tadinya ingin ke zenfone 3 ini, eh ternyata ada pengeluaran besar tak terduga. hehe
    Dengan menjual pureshot ditambah anggaran 1juta kira2 bapak merekomendasikan smartphone apa ya dengan kriteria: (1) performa baterainya meningkat, kurang lebih sanggup bertahan 16jam-an. (2) kamera tidak harus sebagus hisense namun setidaknya masih cukup bagus, dan tidak menuntut harus 4G bila terpaksa?
    Apa zenfone max masuk kriteria tsb pak, atau ada alternatif lain yg lebih menarik? Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Tyan,

      Dengan kriteria seperti itu, pilihan terbaik saat ini ya Asus Zenfone Max. Alternatif berikutnya Infinix Note 2.

      1. Terima kasih pak atas rekomendasinya, namun saya gagal membujuk istri saya mengambil zenfone max maupun zenfone 3 max. Ujung2nya kmbali ke brand minded, j7 2016. Memang sesuai dengan kriteria yg dibutuhkan, tetapi nambahnya jadi 2 juta.. hikks

        1. Pak Tyan,

          Ha… ha… pengguna wanita memang masih banyak yang Samsung-minded. Mereka menganggap Samsung pasti bagus. Padahal, realitanya berbeda 180 derajat.

  50. Maaf pak ingin sedikit meralat, maksud saya baterai minimal sanggup bertahan 14 jam dengan pemakaian ala bapak dan kamera tidak harus sebagus hisense pureshot.. (sukur2 kalau bisa sebagus pureshot hhe)

  51. Malam Pak Herry, saya mau belikan kado utk adik saya, cewek.
    Pertimbangan saya antara ZenFone 3 ini atau Samsung A7 16.
    Kira2 mending yg mana ya Pak? Kalau melihat review Bapak soal ZenFone 3 ini sih cukup menarik minat saya, hny saja saya tkt jk trjd kendala dan hrs dibawa ke SC, krn posisi saya yg di luar pulau Jawa, saya khawatir adik saya kesulitan utk ke SC ASUS.
    Sedangkan SC Samsung kan sudah terkenal bagus dan bs ditemukan di beberapa tempat…
    Atau mgkn Pak Herry ada saran lain? Hehe

    1. Pak Edwin,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Samsung selain seri S dan Note sih jelek. Jadi, saya sebenarnya lebih condong ke Zenfone 3.

      Pusat perbaikan resmi Samsung memang dikenal bagus. Namun, setengah tahun terakhir terjadi penurunan yang cukup signifikan lho.

  52. Hallo Pak HSW, saya ingin menanyakan beberapa hal terkait dengan asus zenfone 3 yang telah bapak review,

    1. Apakah aplikasi bawaan yang tersemat device ini cukup banyak, sehingga menguras ram dan memori dan tidak dapat di-uninstall (hanya dapat di-disable) ? Sedikit intermezzo, kemarin sudah sampai counter *pp*ll* yang di WTC, salah seorang asistennya mengatakan jika sisa ram asus zenfone 3, tersisa 500mb-1gb saja karena terlalu banyak aplikasi bawaan yang disematkan.

    2. Apakah benar asus zenfone ini mudah sekali overheat dan selama melakukan pengujian device ini Bapak pernah mengalami hal tersebut? Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya (seperti zenfone 2/5) apakah overheat-nya terlalu berlebihan atau sebaliknya semakin berkurang?

    3. Sekali lagi berdasarkan sumber dari asisten counter tersebut, apakah camera device ini cenderung menguning? Jika Bapak telah menguji Huawei P9 Lite, bagaimana perbandingan performa camera huawei dibandingkan dengan device ini?

    4. Dengan ram 3gb, butuh berapa banyak aplikasi hingga device tersebut menjadi sangat lambat? Apakah dengan ramb 3gb jika digunakan untuk bermain game (yang rata-rata size dw dr play store 70mb-an) cukup kuat?

    5. Terlepas dari skeptisme anda mengenai strategi pemasaran brand “apa”, jika dibandingkan F1S vs Asus ZE520KL, secara spesifikasi, spesifikasi” mana yang lebih baik dan lebih buruk? Seperti yang dikomentarkan “Ajir” pada artikel anda “Berbagai Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Oppo”, device F1S juga memiliki spesifikasi yang cukup garang.

    Terimakasih Pak.

    1. Pak Lin,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      1. Cukup banyak, tetapi bisa dihapus kok. Jadi, tak ada masalah deh. Ehm… yang bilang begitu promotor Oppo, Coolpad, atau Huawei nih? πŸ™‚

      2. Tidak benar. Zenfone 3 jauh lebih adem daripada Zenfone 3.

      3. Tidak. Relatif imbang sih. Kalau yang bilang promotor dari merek-merek yang saya sebutkan di atas, mending diabaikan deh. Anggap saja tidak ada orangnya. Ha… ha… ha….

      4. Wah, berapa aplikasi ya. Saya pakai sih terasa gegas. Nggak pernah iseng menghitung jumlah total aplikasi. Saya bukan penggemar game. Kalau cuma 70-an MB sih pasti kuat. Lha game yang 1 GB saja lancar kok.

      5. Buat saya spesifikasi di atas kertas tak bisa jadi patokan. Harus mencoba langsung ponselnya.

  53. Maaf diterima Pak :).
    Sekali lagi mohon masukkannya Pak.

    Saya sudah 3x mengujungi gerai *pp*l* di WTC, saya sudah membulatkan tekat untuk membeli zenfone 3 ram 4GB/internal 64GB tetapi selalu saja gagal karena asisten disana selalu menjelekan kualitas zenfone 3. Mereka mengatakan jika zenfone 3 ini tidak support 4G, device mudah panas, banyak barang kembali karena error dsbg. Hal yang membuat saya maju mundur adalah harga di gerai itu paling murah yaitu 4,7jt (dgn garansi TAM Erajaya) sedangkan gerai-gerai lain di WTC menawarkan harga yang paling murah adalah 4,9jt.

    Ini mungkin hanya skeptisme orang Indonesia saja, kalau harga murah belum tentu bagus, namun hal yang membuat saya sedikit was-was adalah gerai tersebut menawarkan harga termurah namun diikuti embel-embel bawah device ini memiliki kualitas yang buruk (intinya mencoba meyakinkan pembeli untuk tidak membeli device ini).

    Saya sempat berfikiran, apakah gerai tersebut menjual barang yang tidak lolos quality control (kasarannya barang cacad) atau gerai tersebut memang sengaja menekan penjualan asus zenfone 3 di gerainya atau bagaimana.

    Disini saya minta pendapat Bapak, sebaiknya saya harus membeli dimana dan bagaimana cara memperoleh device yang baik?

    Atas masukan Bapak saya sampaikan terimakasih.

    Mengenai pesaing yang dibahas adalah oppo, Pak. Saya sempat survey ke teman-teman yang menggunakan handphone dengan brand tersebut memang sejauh ini review mereka bagus-bagus, namun jika saya membaca blog atau forum, tetap saya yang memberikan review negatif masih lebih banyak. Terimakasih.

    1. Bu/Pak Iin,

      Sudah deh, nggak usah pusing-pusing. Silakan tetap membeli Zenfone 3 di sana. Itu barang bagus kok.

      Pengalaman tidak menyenangkan yang Anda alami barusan langsung saya WhatsApp-kan ke pemilik toko tersebut.

        1. Pak Amaris,

          Yang menyensor si pengirim pertanyaan, bukan saya. Ejaan nama tokonya sebenarnya kurang tepat. Namun, dari ciri-ciri yang tersirat, saya paham kok nama toko yang dimaksud.

  54. Pak Herry,
    Berarti Zenfone 3 ini kalau kita install software Smart VoLTE kita bisa telpon pake nomor Smartfren yah pak? dialnya pake dialer native atau harus panggil program smart volte dulu pak?

    Thanks,

      1. Kualitas suara juga sebagus kalo kita pake andromax atau hisense yah pak?
        Soalnya lagi cari pengganti hisense pureshot. Hisense pureshot 2 harganya ketinggian. Jadi lagi cari alternatif yg tidak downgrade. Apakah ada alternatif pilihan lain pak? hehehehe

        Thanks

        1. Pak Chandra GTE,

          Ya.

          Harga Hisense Pureshot+ 2 barusan turun dari Rp 3,699 juta menjadi Rp 2,499 juta. Namun, saya belum pernah mencobanya sehingga tak tahu bagus atau tidak.

          Hmmm… Huawei P9 Lite? Harga Rp 3,799 juta.

  55. Met Siang Om Herry,
    Maaf Om ada yg saya tanyakan, karna saya tertarik mau beli Asus Zenfone 3 ZE520 KL, tapi masih ragu.
    1.Apa Asus Zenfone 3 ZE520KL yg dijual di toko-toko wilayah Surabaya saat ini garansi resmi Asus atau garansi distributor?
    2.Asus Zenfone 3 ZE520KL didistribusikan oleh perusahaan mana (tercantum di dosbuknya)?
    3.Bagaimana hasil rekaman videonya? halus mulus atau patah-patah, saya dengar katanya rekaman videonya patah-patah apa benar?
    4.Apa ada fitur Mini Movie seperti Asus Zenfone Selfie? kalo membuat Mini Movie bisa sampai berapa menit?
    5.Kalo buat main game cepat panas atau gak?

    1. Pak Bayu,

      1. Yang bergaransi resmi sudah banyak kok.

      2. Erajaya/TAM, Datascrip, dan Synnex Metrodata. Ada keterangannya di stiker kardus.

      3. Kemampuan video hanya saya coba sepintas. Menurut saya, bagus sih. Saat naik mobil saya iseng merekam. Halus dan tidak terlihat goyang-goyang.

      4. Ada. Durasinya saya tak tahu karena tidak saya coba.

      5. Selama saya pakai sih tidak mudah panas. Namun, saya bukan gamer lho.

  56. terima kasih jawabannya Om Herry,
    kalo Asus Zenfone 3 ZE520KL sudah diberi case/ jelly case, umpama kalo jatuh apa permukaannya yg terbuat dari lapisan gorilla glass bisa retak atau pecah?
    dalam paket penjualan gak ada earphone yaa?
    apa suara speakernya kencang?

    1. Pak Bayu,

      Tak ada jaminan seperti itu, bahkan meskipun Anda memakai case yang tebal dan mahal.

      Ya, tidak ada earphone atau handsfree berkabel.

      Sama dengan mayoritas ponsel deh.

    1. Pak/Bu Ami,

      Saya belum pernah menguji pakai Galaxy J7 Prime. Samsung selain seri S dan Note sih biasanya jelek.

  57. Knapa asus indonesia ngundur perilisan zen 3 ze520kl ram4gb (harusny buln oktber), dgn zen 3 laser (bulan ini) yh koh dari info launching di bali..
    Katany kedua tipe ntu resmi ny jadi desember barengan sama ultra dan deluxe

  58. koh, mau tanya skarang saya pegang lg g3, tertarik sama zenfone 3 basic ze520kl, tapi bingung antara mau ganti ke zenfone 3 atau galaxy note 4, komparasi 3 hp ini gimana ya?

    terima kasih

    1. Pak Ryandi,

      Silakan ambil Zenfone 3 ZE520KL deh. Secara umum itu lebih bagus daripada G3 dan Note 4. Note 4 belum bisa 4G LTE lho.

      1. terima kasih atas responnya koh HSW, kalau dikomparasi dengan lg g4 gimana koh? dari sisi kamera, dan performa antara zenfone 3, lg g4, dan note 4.

        terima kasih

  59. OOT Mau tanya om Kalau Asus Zenfone 3 Max ZC520TL apa sudah bergaransi resmi.
    Terus perbandingan xiaomi redmi 3 prime dgn Asus Zenfone 3 Max ZC520TL.

  60. Oh ya maaf sekali lagi om tanya untuk kamera yg di review Asus Zenfone 3 ZE520KL ini apa bisa dipakai mode light painting seperti di huawei p9 lite.

    1. Pak Ibeey11,

      Bisa, tetapi tidak semudah di P9 Lite yang langsung ada menu light painting.

      Di ZE520KL, Anda harus masuk ke mode manual dulu. Setelah itu baru mengatur kecepatan rana dan ISO secara manual sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling cocok.

  61. Dengan nilai 1(terendah)-10(tertinggi), menurut pak Herry, kamera Zenfone 3 ZE520KL ada di angka berapa? Zenfone 2 ZE551ML (4/32) ada di angka berapa? Dan LG G4 di angka berapa?
    Terimakasih πŸ™‚

  62. Salam kenal Pak Herry, maaf agak OOT.
    Saya tertarik dengan Asus Zenfone 3 ZE552KL karena RAM 4 GB & ROM 64 GB-nya. Menurut Pak Herry, apa ada hape lain yg lebih baik dari ZE552KL (dengan komposisi RAM & ROM tersebut) di harga max.
    5 jutaan? Terima kasih sebelumnya.

  63. Selamat siang pak herry,

    Ciri2 asus zenfone 3 dengan garansi asus resmi bagaimana?
    Asus zenfone 3 dengan garansi distributor (Tam dkk) apa di terima jika mau menggaransikan ke service center resmi asus di klampis?

    Terima kasih

    1. Pak Frans,

      Perhatikan saja stiker di kardus. Kalau dirakit di Indonesia atau didistribusikan oleh Erajaya/TAM, Datascrip, atau Synnex Metrodata, berarti bergaransi resmi.

      TAM kan distributor resmi Asus. Jadi, tentu saja bisa digaransikan ke pusat perbaikan resmi Asus di Klampis (ketahuan kalau Anda di Surabaya nih).

  64. Pak Herry SW
    saya ingin bertanya panjang lebar nih
    1. Zenfone 3 sama Sony Z3 + unggul mana? secara keseluruhan , secara kamera dan daya tahan baterai?
    2. kalau smartphone dengan spek seperti LGG4 tetapi daya tahan baterainya bagus atau seperti zenfone max adakah?
    3. Untuk Kamera adakah yang lebih baik dari LG G4?

    Terimakasih, sukses selalu.

    1. Pak Ubed,

      1. Zenfone 3.

      2. Belum ada.

      3. Ada. Misalnya, LG G5 SE dan Huawei P9. Kemungkinan LG V20 juga lebih bagus.

    1. Pak Dedet Renaldi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba dua ponsel itu. Redmi 3X karena tanpa garansi resmi bakal langsung saya coret.

    1. Pak Dedet Renaldi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Saya belum pernah menguji pakai dua ponsel itu. Redmi 3X sih langsung saya coret karena tanpa garansi resmi.

  65. Malam ko
    Mau tanya lagi ko…
    1. Apa beda nya Asus zenfone 3 ZE552Kl β€” 1A022ID_MD dengan Asus zenfone 3 ZE552Kl β€” 1A022ID_KJ, apakah cuma nama atau ada hal yg berbeda dari kedua nya, saya lihat di Hartono harga kedua nya sama Rp 5jt
    2. Ko herry punya rekomendasi toko di surabaya yg jual asus zenfon 3 ze552kl dng harga lebih murah…?
    3. Dengan rentang harga max Rp 5jt ada kah hape merek lain yg ko herry rekomendasikan…?
    Thx ko..

    1. Pak Ay,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      1. Kalau sampai detail kode tipe seperti 1A022ID_MD dan 1A022ID_KJ, saya tak mengetahuinya. Apakah keduanya bergaransi resmi?

      2. Tidak ada rekomendasi khusus.

      3. Selain Asus Zenfone 3, ada Huawei P9 Lite.

  66. Koh Herry mending mana beli Zenfone 3 yg 5,5 inch atau LG G 4 ? Kan harga baru nya hampir sama 5jtan. Kameranya bagusan mana baik hasil foto n video nya? (Terutama kamera belakang). Kamsia

    1. Pak Hf Ramly,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Saya belum pernah menguji pakai Zenfone 3 yang berlayar 5,5 inci. Dengan merujuk kepada hasil uji pakai Zenfone 3 yang berlayar 5,2 inci, daya tahan baterai lebih bagus Zenfone 3. Sedangkan kamera lebih mantap LG G4.

    1. Pak Hf Ramly,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Sempat ada 1-2 testimoni positif di antara lebih banyak testimoni negatif.

    1. Pak Cucu Bachtiar,

      Kalau low light, shutter speed otomatis akan melambat. Itu hal yang sangat wajar di dunia fotografi.

  67. maaf pak,jika mengesampingkan masalah garansi..mana yang lebih ok antara Asus Zenfone 3 Max vs Xiaomi redmi 3X ?? terima kasih atas jawabannya pak…

    1. Pak Yudi,

      Nomor Smartfren hanya untuk berinternet. Kalau juga ingin bertelepon, Anda harus menginstalasikan aplikasi smart VoLTE dan mengaktifkan fitur VoLTE.

  68. Koh, zenfone 3 make intel engga ya? Mau beli tapi takut ternyata hpnya intel inside soalnya pengalaman saya memakai intel buruk. Banyak aplikasi yang tak bisa di buka dengan intel :'(

    1. Pak Anonim,

      Zenfone 3 pakai Qualcomm Snapdragon, bukan Intel.

      Boleh tahu contoh aplikasi yang tak bisa dibuka di ponsel dengan prosesor Intel?

  69. Met Malam Koh Herry,
    Bagaimana hasil rekam video Zenfone 3 ZE520KL kalo dizoom secara maximal gambarnya pecah atau masih bagus?
    Zenfone 3 ZE520KL apa punya teknologi voLTE?

  70. salam kenal Pak Herry

    kebetulan saya lagi pgn upgrade hp… saat ini pake Zenfone2 4/32.

    Ada bbrp pertanyaan nih:
    1. manakah yg lebih baik antara Samsung A9 Pro dg Zen3 4/64?
    2. memang disayangkan Zen3 dual sim nya hybrid. apa kekurangan dan kelebihan dari dual sim hybrid ini utk Zen3 4/64?
    3. Bila kita menggunakan 2 sim, apakah ke 2 sim slot bisa 4g spt A9 pro? Karena di Zen2 tidak bisa.
    4. Apakah ada merk lain (yg dual sim) yang speknya sama atau lbh baik dari A9 pro dg harga yang tidak berbeda jauh.

    Terima kasih

    1. Pak Nagote,

      1. Saya belum pernah menguji pakai A9 Pro maupun Zenfone 3 varian 4/64. Namun, saya pernah menguji pakai Zenfone varian 3/32 yang spesifikasi dasarnya sama dengan Zenfone 4/64.

      2. Kekurangannya ya Anda tak bisa menyiagakan dua nomor secara bersamaan sekaligus memasangkan kartu microSD. Namun, dengan ROM 64 GB, menurut saya, penggunaan kartu microSD bukanlah suatu kebutuhan mutlak.

      3. Dua nomor mustahil siaga bersamaan di jaringan 4G. Hal itu berlaku untuk A9 Pro maupun Zenfone 3. Ketika salah satu nomor berada di jaringan 4G, satu nomor lainnya pasti tidak bisa masuk ke jaringan 4G.

      4. Kan sudah jelas, ada Zenfone 3.

      1. Pak Herry,

        Terima kasih replynya.

        Cm mau klarifikasi pertanyaan sy no 3, mksd sy adl kalau di A9 pro, dua slot sim nya sdh mendukung 4G. Jd kalau mau ganti provider utk internet/data, tinggal pilih gantian yg mana, baik sim 1 maupun 2, dua2nya bs utk data 4G.
        Sedangkan di Zen 2 4/32, sim 2 utk data hny 2G.

        Itu sebabnya sy tny, utk di Zen 3, apakah sim 2 nya utk data bs 4G juga atau tdk.

        Terima kasih lagi Pak Herry

        1. Pak Nagote,

          Oh, maksudnya 4G bergantian tho.

          Kalau di Zenfone 3 malahan lebih bagus lagi, Pak. Ketika SIM1 masuk ke jaringan 4G, SIM2 bisa masuk ke 3G. Bukan hanya 2G.

          Sebaliknya, kalau SIM2 4G, SIM1-nya bisa 3G. Bukan hanya 2G.

          1. Pak Hery,

            1 lagi nih…. masalah hampir semua di Zen 2 adl ghost touch… adanya layar yg tiba2 spt ada yg nyentuh2 sendiri… jd aplikasi terbuka sendiri…
            Di Asus, ada menu utk test… begitu utk dilakukan test touch…kita tarik garis lurus, kadang ada bagian yg terputus garisnya

            Ada yg blg mslh LCD ada yg blg krn batre.

            Apakah ada keluhan hal yg sm dr zen 3?

  71. Akhir nya ko….
    Jadi bawa pulang zenfone 3 ze552kl, beli di globalteleshop marina Rp 5.1jt
    Awal nya mampir di erafone tp kehabisan stok.
    Trus ke apollo, zenfone 3 ze552kl Rp4.8jt, tp seles konter nya mbulet aja (sepertinya seles oppo)
    Secara keseluruhan ok!! Sesuai rekom ko herry
    Hasil kamera ok!! Sempat foto anggrek & di posting di fb (resanda ran)
    Tapi baru sehari pakai sdh tersungkur ( lupa kalo body nya licin. he..he..)
    Akhirnya pesan hard case di lazada, sdh transfer 280rb, ternyata di batalkan sepihak oleh lazada (itu hukuman kalo tdk nurut pesan ko herry)
    “Sudah aku bilang jangan beli di lazada… beli juga…akhir nya mati kau….dimakan cacing”
    Ko herry beli jeli case nilkin nya di mana….?
    Cari di marina kok belum ada ya…

    1. Pak/Bu Ay,

      Anda berarti di Surabaya kan? Mau ketemuan di WTC hari ini (3 Desember 2016) pukul 13.00? Saya beri jelly case untuk ZE552KL secara gratis. Barang dalam kondisi baru.

  72. Koh saya mau bertanya. Lebih baik saya ambil zenfone 3 ze520kl RAM 3GB atau RAM 4GB? Apa alasannya koh? Dan apakah woth it dengan perbedaan harga 300-400rb untuk penambahan RAM 1GB?
    Kalau untuk zenfone 3 ze552kl menurut saya terlalu besar di tangan saya yg kecil.

    1. Pak Ibnu,

      Kalau anggaran tersedia, sekalian ambil yang RAM 4 GB deh. Biar lebih enak kalau multitasking. Beda harganya Rp 300 ribu. Masih cukup rasional.

  73. Tapi apakah penambahan ram 1GB akan berakibat pada daya tahan battrei yang lebih boros? Atau malah tambah hemat koh?
    Oh iyaa pernah me riview p9lite ya koh? Nah kalau kamera asus zenfone 3 dikompare dengan kamera p9lite lbh bagus mana?
    Dan secara overall smartphone mana yg lbh bagus diantara zenfone 3 dan p9lite?
    Makasih atas jawabannya koh.

    1. Pak Ibnu,

      Saya tak pernah khusus mengukur. Seharusnya takkan berdampak signifikan terhadap baterai, entah lebih boros maupun lebih hemat.

      Pernah. Secara umum sih lebih bagus Zenfone 3. Kecuali, Anda ingin melakukan light painting. P9 Lite memiliki menu bawaan yang mempermudah pengguna melakukan light painting.

      Zenfone 3 dong.

  74. pak harga zenfone 3 ze552kl bulan ini kena berapa ya ? itu kan ram 3 gb kalo di kurang sama aplikasi bawaan asus jadi sisa berapa ram nya ya pak?

    1. Bu Liyasetiyana,

      Harga resmi Rp 5,099 juta. Harga pasar sekitar Rp 4,8 juta.

      RAM-nya 4 GB, bukan 3 GB. Saya belum pernah menguji pakai ponsel itu. Jadi, sisa RAM awal tidak saya ketahui.

  75. Pak hery akhirnya saya beli zenfone 3 5,2 inci. Yang ingin saya tanyakan..
    1. Saya beli jelly case merk yume, kalau main game panas ponsel terasa ke jelly casenya. Apa tidak pengaruh ke ponselnya.
    2. Merk nilkin rekomendasi pak hery apa juga begitu. Apa perlu saya ganti merk nilkin aja.
    3. Zenfone 3 apa perlu pakek anti gores. Karena anti gores yg ada dipasaran tidak full satu layar ponsel karena layar ponsel melengkung.
    Terima kasih pak

    1. Pak Abdul Azis,

      1. Yume atau Ume? Jelly case biasanya tidak terlalu ketat. Jadi, masih ada ruang buat ponsel untuk “bernapas”.

      2. Nillkin sih memang bagus. Layak beli.

      3. Lebih baik tetap pasangkan pelindung layar tambahan. Ya, memang tak bisa penuh satu layar.

  76. Pak Herry yang baik…

    Kemarin saya sempat komen, tapi lupa di artikel yg mana. Saya cek email tidak ada notif balasan…

    saya cek harga asus zenfone di tokopedia kok cuma 2 jutaan ya… menurut pak herry lebih worthed beli yg zenfone 3 max, zenfone 3 atau pureshot ya? Tiga-tiga saya lihat ada di tokopedia… mohon petunjuknya ya pak ^^

    1. Bu Kania,

      Zenfone tipe apa tuh yang harganya Rp 2 jutaan?

      Kalau harga diperhatikan dan Anda bisa dapat Pureshot dengan harga resmi Rp 1,299 juta, ya mending Pureshot.

  77. Pagi koh…lenovo saya pecah lcd nya nih..saatnya ganti baru.menurut koh herry pilih zenfone 3 yg varian 4GB atau samsung A7 2016 yg 5,5 jutaan atau samsung A9 pro yg 6,5 juta?tolong kasih alasannya ya koh..makasih.Gb

    1. Pak Donny Irawan,

      Zenfone 3. Alasannya, saya sudah yang varian ZE520KL – RAM 3 GB. Hasilnya mengesankan. Logikanya, yang RAM 4 GB akan lebih baik atau minimal sama. Samsung selain seri S dan Note nggak menarik.

  78. Pak, kemarin saya baru update si zenfonenya abis selesai terus didiemin.. Eh ternyata pas mau dipake touchscreenya gak jalan sama sekali bahkan gak bisa unlock hp.. Udah direstart gak bisa2 malah stuck terus dipin karena gak bisa ngetik angka pinnya.. Udah coba hard reset masih gak bisa.. Udah coba di downgrade juga gak bisa… Masa ini hardwarenya sih… ??? Apa ada solusinya pak? Terimakasih

  79. pak herry, hari ini saya ke wtc dengan niatan mau membeli zenfone 3 yg ram 4gb. saya menemukan toko kecil di depan eskalator pas yg menjual dengan harga 4.150 sudah free tempered glass, dan spg-nya menjelaskannya nyantai tapi sangat “menjual”. saya lalu mencoba ke beberapa toko lainnya, yg besar maupun yg kecil, harganya semua kisaran 4.150-4.400. yg terakhir ada sebuah toko lumayan besar (saya 2x beli hape disana), saya bertanya tentang zenfone 3 ram 4gb internal 32 mereka jual harga 4.175 no bonus dengan sangat menjelek-jelekkan zenfone 3 dan mengagungkan oppo f1s. menurut pak herry, lebih baik beli di toko yg mana ya? toko kecil depan eskalator dengan harga 4.150 atau toko yg terakhir dengan harga 4.175? apakah ada kemungkinan ada toko yg sengaja menjual barang cacat? soalnya toko yg 4.175 tadi berulang kali menegaskan bahwa sekalinya dus dibuka dan ada cacat, maka toko tidak bisa berbuat apa-apa (sekali lagi mereka menegaskan bahwa oppo f1s jauh lebih terjamin hahaha).

    1. Bu Ayu,

      Apakah Anda ingat nama toko yang kecil maupun toko lumayan besar (yang Anda pernah dua kali beli ponsel di sana) itu? Saya jadi penasaran.

      Silakan beli di toko yang pasang harga Rp 4.150.000.

      Toko yang lumayan besar itu terlihat jelas sedang berusaha nge-push Oppo F1S. Sebab, keuntungan yang diperoleh lebih besar daripada bila menjual Zenfone 3. Soal kinerja, ya jelas lebih bagus Zenfone 3.

  80. toko yg kecil saya lupa pak namanya, kalau toko yg saya 2x beli hape disana namanya p*rd*n* (hint: kartu telepon baru beli). yg (menurut saya) lucu pak, ketika membandingkan ram, untuk zenfone 3 masnya menunjukkan di bagian manajer aplikasi, dimana memang pasti jumlah ram juga sudah bukan 4gb lagi karena sudah terpakai untuk menjalankan aplikasi saat hape itu hidup, sedangkan untuk yg oppo f1s masnya menunjukkan di bagian device information dimana tentu saja tulisannya ram masih full 3gb pak hahahaha.
    semua toko di wtc apakah sudah menjual zenfone 3 dengan garansi resmi pak? atau ada toko yg masih perlu diragukan?

      1. baik pak. terima kasih sarannya.
        nanti setelah membeli zenfone 3 berarti tugas saya adalah mencari jelly case biar tetep keliatan cantiknya hape ini hehe.

          1. alhamdulillah sudah di tangan pak sekarang zenfone 3-nya. saya akhirnya beli di toko yg 4175 itu tapi tadi harganya jadi 4150. yg melayani spg berbaju asus langsung (yg kemarin tidak). sayangnya saya belum menemukan jelly case karena di kartika nillkin untuk zenfone 3 5.2 masih kosong dan di mitra sejati juga tidak ada. di beberapa toko case hp tadi juga tidak ada untuk zenfone 3. mungkin harus coba lain hari.

          2. Bu Ayu,

            Syukurlah sudah mendapatkan Zenfone 3 yang diidamkan. Anda membelinya kemarin (Minggu)? Kemarin saya berada di WTC sejak pukul 11.30 sampai 18.30.

          3. iya pak kemarin saya beli zenfone 3 di wtc sekitar pukul 15.00.
            tidak lama setelah utak-atik hapenya saya dapat notif untuk system update pak, ini harus saya update langsung kah atau bagaimana ya? so far selama pemakaian tadi malam hape ini di saya pemakaiannya enak pak, lumayan awet baterainya dan touchscreen-nya responsive sekali menurut saya.

  81. Ko Herry…
    Saya kebetulan lagi galau mencarikan handphone penganti untuk istri saya, dimana saat ini masih memakai Zenfone 2 Laser ZE550KL.
    Apabila mencari HP yang bisa lancar untuk multitasking (dimana aplikasinya ada bbm, line, wa, fb messenger, dan juga aplikasi sosmed yang aktif seperti facebook dan instagram karena untuk jualan serta relasi teman kerja)
    Kira2 HP merk dan jenisnya apa ya? Budget saya sekitar 4 – 4,5Jt
    Pertimbangan ganti HP karena Ram 2GB di HP lama suka penuh dan kinerja prosesor cukup tinggi (hal ini mungkin saya salah, karena cuma lihat dari aplikasi CPU monitor usage)

    Note : Saya sebelumnya tertarik dengan Samsung J7 Prime dan juga Mi5 (Distributor)

    Terima kasih

  82. Wah … Keren ya Pak Herry dynamic range kamerannya , Kalo dicompare dengan Vibe Shot unggulan mana pak ? Rekomendasi LG G4 Second atau Asus Zenfone 3 ini pak ? Terimakasih

    1. Pak Gilang Ramadhan,

      Lebih unggul Zenfone 3.

      Kalau Anda menomorsatukan kamera, kamera G4 lebih bagus daripada Zenfone 3.

  83. Hay Koh Herry,

    Saya mau tanya, zenfone 3 ini kalo Ram 4gb apakah mempengaruhi kinerja baterai (menjadi lbh boros) dibanding Ram 3gb? mengingat ukuran baterai yg hanya 2600mah. Thx

    1. Bu Cyndi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Mustinya takkan berdampak sesignifikan itu.

  84. Sore Pak Herry,

    Minta masukannya pak, saya sedang cari handphone dengan budget maksimal 2,3 juta.
    Kebutuhannya baterai tahan lama, speaker bagus, dual sim dan bukan hybrid, jaringan 4G, bisa microsd, bisa dipakai minimal 2 tahun, bisa multitasking.

    Opsi saya saat ini moto e3 power, lg x power, asus zenfone 3 max, infinix hot 4 pro, hisense pureshit plus 2.
    Sejauh ini saya cenderung moto e3 power. Tp ada yg bilang hp tersebut kurang cocok dipakai dlm jangka waktu lama krn prosesornya yg ketinggalan jaman.

    Mohon masukanny ya pak.
    Tolong diurutkan dari yg terbaik.
    Oh iya sekaligus pertimbangan service center dan kualitas produk ny jg pak.

    Apa ada opsi lain diluar itu?

    Terima Kasih banyak pak.

    1. Pak Fandi,

      Saya belum pernah menjajal X Power, Hot 4 Pro, dan Pureshot+ 2 (bukan Pureshit Plus 2). Jadi, tersisa E3 Power dan Zenfone 3 Max.

      Zenfone 3 Max sebenarnya lebih menggiurkan. Masalahnya, service center Asus tak sebagua Lenovo/Moto. Keputusan akhir di tangah Anda. Kalau faktor service center mau diabaikan, ambillah Zenfone 3 Max.

  85. sore pakde herry ?

    ajeng tanglet nggih, hp budget max 3,5 juta yg bagus apa ya pak. kamera bagus, gaming lancar ,batrey tahan lama.
    mohon pencerahannya …
    maturr suwun..

  86. Ko Herry… Saya akhirnya ambil Zenfone 3 ZE520KL 3/32 di Blibli… Dapet seharga 3.375.000… Menurut Ko Herry wajar gak sih? Atau kemurahan? Saya beli varian warna putih mengingat varian lainnya ada tapi dengan harga yang lebih tinggi…

    Terus apa Ko Herry tau soal skin untuk smartphone semacam DBrand? Bagaimana kalo dipasangkan ke ZE520KL? Kekhawatiran saya adalah kalo dicopot bakal membekas di belakang layar…. Terima kasih…

    1. Pak Bernardus Leonardo,

      Murah banget tuh.

      Saya mengetahui skin seperti itu. Dulu malahan pernah iseng pasang. Setahu saya, skin itu dipasangkan di bodi ponsel, bukan di layar. Jadi, kalau dilepas ya takkan membekas di belakang layar. Lha wong tidak dipasangkan ke layar kok.

      1. Iya sih murah… Tapi naga naganya pesanan bakal dibatalkan… Soalnya sampai hari ini (terhitung dari kemarin siang) statusnya masih Sedang Proses…

        Sepertinya sih siap siap cari yang lain… Memang kisaran harga normalnya berapa sih Ko? Untuk varian 3/32 dan 4/32?

        Eh maksud saya di belakang body Ko… Apa membekas?

        1. Pak Bernardus Leonardo,

          Lah… saya pikir barangnya sudah diterima.

          Varian 3/32 sekitar Rp 3,7 juta. Kalau 4/32 saya kurang mengikuti pergerakan harga pasar.

          Oh di belakang bodi. Kadang bisa membekas, tetapi bisa dibersihkan dengan mudah memakai lap kacamata + minyak kayu putih.

          1. Belum Ko… Saya sudah kontak sellernya sih, ternyata stoknya habis dan harganya lupa di update, jadi sama dia diusahakan mau di ganti ke warna hitam saja…

            Iya… Perkiraan saya hari ini datang, taunya ada kendala… Malah hard case yang saya pesan untuk Zenfone 3 5.2inch dari Blibli sudah datang duluan… Hahaha…

            Oh ya Ko Herry, boleh minta list rangking untuk toko online di Indonesia mulai dari yang terbaik? Hehehe…

          2. Pak Bernardus Leonardo,

            Oh ceritanya begitu tho. Semoga segera datang deh.

            Terbaik sih buat saya masih Blibli. Berikutnya, JD.id. Yang lain cenderung setara sih.

          3. Ko Herry, akhirnya pesanan saya datang nih dari Blibli… Hahaha…

            Sekarang malah bingung, apakah bagusnya dipasang skin atau tidak? Soalnya informasi ponsel yang ditempel di belakang terus terang cukup mengganggu saya, dan ada kekhawatiran sendiri bakal ter kletek. Terus, case nya bagusnya gimana? Soalnya hardcase keluaran Nillkin yang saya beli ternyata tidak sesuai ekspktasi saya dan berisiko membuat bagian tepi ponsel tergores. Atau mending beli case lain gitu semisal Nillkin Nature TPU Case? Terakhir, mending beli tempered glass atau tidak? Takut layar tergores soalnya… Apa Ko Herry punya saran bagaimana bagusnya untuk menjawab kebingungan saya? Terima kasih…

            Oh ya untuk tambah testimoni saja, saya sependapat sama Ko Herry. Puas banget berbelanja di Blibli, hehehe…

          4. Pak Bernardus Leonardo,

            Akhirnya dapat warna hitam atau putih?

            Kalau saya sih nggak aneh-aneh. Beli jelly case dan screen protector bening biasa (bukan tempered glass).

          5. Saya akhirnya dapat warna hitam Koh…

            Ada rekomendasi merek apa Koh? Saya sejauh ini sudah mengincar Nillkin TPU Nature… Dan tempered glass Nillkin (bukan screen protector)

          6. Pak Bernardus Leonardo,

            Jelly case-nya boleh Nillkin TPU Nature Fit.

            Kalau mau beli tempered glass, coba cari merek Tyrex. Saya kurang tahu Tyrex sudah mengeluarkan produk untuk Zenfone 3 atau belum.

          7. Tyrex Tempered Glass untuk ZE520KL udah ada sih Ko… Tapi harganya ngeri, sampe 200ribu Ko… Kalo boleh tau, kenapa merekomendasikan merk Tyrex?

            Terus kalo menurut Ko Herry, mending Screen Protector atau Tempered Glass ya? Soalnya layar nya yang 2.5 D ini cukup bikin susah…

            Oh iya satu lagi, tripod untuk smartphone, apa Ko Herry punya rekomendasi?

          8. Pak Bernardus Leonardo,

            Ada harga ada rupa. Harga Tyrex memang premium, tetapi sebanding dengan kualitas yang didapatkan. Mengapa saya merekomendasikan merek Tyrex? Ya karena bagus.

            Kalau saya sih lebih condong ke screen protector bening biasa + jelly case.

            Tidak ada rekomendasi khusus.

          9. Hmmm… *Keracunan

            Kalau saya boleh tau, Ko Herry kan sempat menyinggung beberapa kali memakai tripod untuk mengambil gambar menggunakan smartphone. Nah, peralatan apa saja yang Ko Herry gunakan? Apa tripod ditambah U Holder atau memang tripod yang khusus untuk smartphone (mini tripod)? Terus terang saya buta soal ini, dan saya berniat mencari tripod untuk ZE520KL ini, jadi maaf kalo terkesan bertanya paksa…

          10. Pak Bernardus Leonardo,

            Saya pakai tripod mungil murahan kok, Pak. Saya lupa tepatnya dulu beli di harga berapa. Tak lebih dari Rp 20 ribu deh.

            Mini tripod itu lalu saya padukan dengan U holder atau L holder. Saya lebih sering menggunakan yang L holder karena built quality unit yang saya miliki lebih bagus daripada yang U holder.

  87. Pak herry mau nanya kalau dri sektor kamera asus zenfone 3 (ZE520KL), samsung galaxy a5 2017, huawei p9 lite lebih unggul yang mana?

    1. Pak Fiqi,

      Yang Galaxy A5 2017 tidak bisa saya komentari karena saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

      Kalau Zenfone 3 vs P9 Lite, secara umum kamera Zenfone 3 lebih unggul. Namun, kalau Anda ingin bereksperimen menghasilkan foto light painting atau silky water, menu di P9 Lite lebih sederhana daripada Zenfone 3.

  88. Oh iya pak, terima kasih atas jawabannya pak.

    kalau di zenfone 3 cara foto light painting dan silky water bagaimana caranya?

    1. Pak Fiqi,

      * Light painting:
      Anda harus memilih mode manual/profesional. Kecepatan rana (shutter speed) diatur rendah. Minimal empat detik. Pengaturan lain menyesuaikan.

      * Silky water:
      Kaca kamera perlu dilapisi dengan plastik hitam transparan untuk menurunkan intensitas cahaya yang masuk. Pengaturan lainnya mirip dengan light painting. Asal tahu, menghasilkan foto silky water memakai Zenfone 3 cukup sulit dan harus banyak melakukan uji coba.

  89. Pak kalau zenfone 3 dipakai untuk bermain game seperti simulator habisnya berapa jam ya? Dibanding zenfone 3 max zc553kl kalau untuk bermain game dan ga cepat habis baterai lebih cocok mana ya pak antara zenfone 3 ze520kl dan zenfone 3 max zc553kl?

  90. Pak, saya rencana mau beli zenfone 3 ze520kl 4gb di wtc beberapa hari ke depan. Harganya per hari ini berapa ya? Kalo apollo sama erafone enak mana pak? Menurut bapak enak beli di wtc atao plasa marina? Trus Nillkin Nature Series TPU Case buat ze520kl nya per buahnya brp? Makasih sebelumnya?

    1. Pak Arta,

      Hmm… saya tak mengikuti harga yang RAM 4 GB.

      Pelayanan lebih bagus Erafone. Harga lebih murah Apollo. Kalau ingin pelayanan cukup bagus dan harga kompetitif, coba ke Garuda Teknik atau G Shop. Keduanya di WTC lantai dasar.

      Sama saja.

      Sekitar Rp 85 ribu.

    1. Pak Ahmad,

      Kalau pengaturan otomatis ya tinggal jepret-jepret. Kalau pengaturan manual, sesuaikan kecepatan rana dengan kondisi di lokasi pemotretan. Bila memungkinkan, ISO diatur serendah mungkin agar hasil foto lebih halus.

  91. Btw makasih buat balasannya pak. Notify me of follow-up comments by emailnya kok kurang berfungsi ya? saya nggak dapet email dari komentar tgl 17 feb, di folder spam pun ngga ada.

    1. Pak Arta,

      Fitur notifikasi, baik untuk berlangganan naskah baru maupun follow up comment, sejak beberapa bulan lalu memang tak berfungsi normal. Masalahnya, saya coba telusuri belum ketemu penyebab pastinya.

      Saya pernah coba lakukan survei. Ada pembaca yang kiriman notifikasinya tetap lancar. Namun, ada pula yang kiriman notifikasinya macet.

      Solusi tidak tuntas yang bisa saya berikan, pembaca yang kiriman notifikasinya macet saya minta unsubscribe, kemudian subscribe ulang.

    1. Pak Irianto,

      Tak tahu. Kalau ZE5520KL sih kinerjanya minimal sama dengan ZE520KL. Kalau yang Zenfone 3 Laser sama sekali tidak ada bayangan.

  92. Terima kasih atas infonya. Pak herry, saya mau nanya lagi nih, jika asus ZE5520 KL dibandingkan dengan ponsel OPPO F1 s, menurut bapak..mana yang lebih oke baik dari kualitas, baterai, konektivitas, camera, dll.
    sebab saya memang tertarik dengan ZE552 KL tapi tadi pas jalan ke SUN Plaza medan di toko inticom, ditawari sama SPG OPPO nya. Trims atas info dari Pak Herry.

  93. Akhirnya udah beli zenfone 3 4/32gb 4,040jt di garuda tehnik warna hitam. Di G shop lebih murah 15rb sih tapi tinggal warna putih. Trus juga beli hardcase nilkin di jm cell (setelah ngecek gmaps baru tau aq kalo jm cell itu gudang case). Mangkane tak cari muter2 gudang case di lantai 3 kok gak nemu. Untung aja aq ketemu sama org dari garuda dan ditunjukkin tempatnya. Makasih ya pak buat review dan rekomendasi toko2nya. Puokoke mantap deh

  94. Pak Herry maaf ya saya tanya terus hehe. Saya mau beli micro sd sandisk 64gb. Ada toko recommended ga? Di gudang cell tadi lupa nanya ada apa gak. Oiya emailnya tak ganti yahoo, mungk8n aja bisa dapet notifikasi hehe

      1. @Pak Herry

        ZE520KL maksudnya, makasih koreksinya
        ketika zenfone 3 Zoom keluar, zenfone 3 yang laen bakal turun ga ya?

  95. pak herry
    saya mau nanya neh, apa sering kejadian neh touch screen asus zenfone 3 ZE520KL bermasalah? saya rencana mau beli jadi takut pak, mengingat kalau bermasalah susah bagusin di servis center nya

  96. Pak Hery, kalo dari segi peforma lebih bagus mana asus zenfone 2 ze551ml (4gb) atau asus zenfone 3 ze552kl, secara asus zenfone 2 ze551ml memakai prosesor quad-core intel atom 2,3ghz sedangkan asus zenfone 3 ze552kl memakai prosesor octa-core snapdragon 2.0ghz?

    1. Pak Sam Bro,

      Saya belum pernah menguji pakai ZE552KL. Diadu dengan ZE520KL yang di bawah ZE552KL pun, ZE551ML kalah mantap kok.

  97. 1.kalo lg g4 di adu sama huawei p9
    lebih bagus mana peforma dan hasil kameranya

    2.kalo disuruh milih kamera yang bagus
    antara lg g4,huawei p9 dan zenfone 3
    zenfone 3 ada diurutkan keberapa

  98. pak herry, saya pengguna zenfone 3 dan baru saja mendapat notif untuk upgrade ke nougat. apakah sebaiknya saya upgrade atau dibiarkan saja di marshmallow?

    1. Bu Ayu,

      Upgrade saja deh. Biasanya pembaruan itu membuat ponsel lebih enak digunakan. Usai update, jangan lupa lakukan factory reset satu kali ya.

      1. apa benefit dari factory reset setelah update ya pak? kalau mau factory reset berarti semua file lebih baik dipindah ke laptop dulu ya? saya belum memasang external di zenfone 3.

        1. Bu Ayu,

          Integrasi antara OS baru dan aplikasi/ponsel lebih optimal.

          Ya, file penting silakan dikopikan dulu.

  99. pak herry,saya berniat membeli asus zenfone 3 ze520kl yg ram 3. skrg harga pasarannya brp ya?

      1. tapi pak asus zenfone 3 ze520kl ini keluaran tahun kemarin, kalo pendapat pak hsw lebih baik ngambil asus zenfone 3 ze520kl atau cari hp yg agak baru di harga yg sama?

  100. maksudnya yg baru rilis tahun ini di harga yg sama. pendapat bapak hsw lebih baik membeli asus zenfone 3 ze520kl di counternya resminya asus atau di counter biasa dan apa keuntungannya?

    1. Pak Lutvi Derialdi,

      Oh ok. Bila begitu, ZE520KL masih layak beli kok.

      Beli di toko biasa saja. Barang sama-sama baru dan bergaransi resmi, tetapi harga lebih murah.

      1. apakah battery asus zenfone 3 ze520kl ini boros kah pak? mengingat hanya 2.600 mAh . dan apakah hp ini sudah fast charging?

        1. Pak Lutvi Derialdi,

          Tingkat konsumsi baterai relatif hemat. Namun, kapasitas baterai bawaan memang kurang besar. Di atas kertas seharusnya sudah fast charging. Kalau memakai charger bawaan, praktiknya terasa bukan fast charging.

    1. Pak Amaris,

      Ponsel dengan konektor USB tipe C apakah berarti bermakna bisa dihubungkan ke monitor TV? Saya malahan baru dengar.

  101. Pak Herry,

    Jika mempertimbangkan kamera dan baterai, lebih baik ambil zenfone 3 atau LG G5 SE?
    saya rencana mau ambil barang second dan harga nya tidak terpaut jauh

    Terimakasih

      1. Pak Herry,

        Dulu pak herry apa sempat mencoba LG G5 (bukan yg seri SE)?
        Apa LG G5 memang tidak masuk secara resmi ke Indonesia ya pak?
        Soalnya di salah satu situs online shop di Indonesia ada yg menjual LG G5 second, di bandingkan dgn harga second LG G5 SE hanya terpaut 300 – 400rb

        Jika Zenfone 3 ZE552KL vs LG G5 (hanya membandingkan baterai dan kamera), apakah masih lebih baik zenfone 3 ZE552KL pak?

        Terimakasih

        1. Pak Derry,

          Tak pernah coba.

          Benar, G5 tidak masuk resmi ke sini.

          Tak tahu. Lha nggak pernah uji pakai G5.

  102. Selamat siang Pak Herry.
    Pak saya mau menanyakan beberapa hal berkaitan dengan zenfone 3 ini.
    1. Zenfone 3 saya dapet notif pembaruan sistem software 13.20.10.152. Apakah ini notif untuk update android sistem dari marshmallow ke nougat?
    2. apa perlu saya lakukan update? kira kira menurut Pak Herry perlu di update?
    3. Jika perlu, apa hanya tinggal menekan panel “Yes” lalu sudah atau ada tahap lain yg harus saya lakukan? semisal hp harus direstart atau factory reset atau lainnya?
    4. apa keuntungannya dari update itu? apa nanti akan ada data yg hilang atau bug/bootlop?
    5. Apa ada rekomendasi dari Pak Herry untuk screen protector atau tempered glass yg full cover untuk zenfone 3 5.2″. Jika ada, berapa harga dan dimana saya bisa dapatkan itu?

    Terimakasih Pak Herry.

    1. Pak Irawan,

      1. Saya sudah berpisah dengan Zenfone 3. Baca saja keterangan yang muncul di layar. Mestinya ada penjelasannya.

      2. Update saja deh.

      3. Ya. Selanjutnya ikuti petunjuk di layar. Kalau ternyata major update (dari Marshmallow ke Nougat), silakan lakukan factory reset.

      4. Tak tahu. Lha saya nggak pegang ponselnya. Kalau di-factory reset tentu akan hilang. Update biasanya menyembuhkan bug.

      5. Tidak ada rekomendasi khusus untuk screen protector. Tinggal beli yang Rp 25 ribuan. Kalau sudah jelek tinggal dicopot dan diganti baru. Untuk tempered glass, sama sekali tak ada rekomendasi karena saya tak pernah mencari untuk Zenfone 3.

  103. Selamat sore Bapak HSW. saya sangat suka dengan Zenfone Max, yang mana saya membeli nya atas saran bapak juga, dan beberapa artikel dan jawaban komentar bapak di situs ini. Beberapa kali saya sangat yakin merekomendasikan hp tersebut.

    Tetapi sore ini, ketika saya mencari disesuaikan toko besar hp Zenfone Max sudah habis. Saya tidak pernah berani mencari di toko kecil. Karena khawatir ada penipuan. Yang ada adalah Zenfone 3 max yang Tl, membaca penjelasan bapak, saya jadi ragu membeli nya karena kualitas kegegasan, dan foto nya.

    Dengan anggaran 2.5 jt, apa hp yang bapak rekomendasi kan?

    Terimakasih banyak, semoga kebaikan bapak dibalas.

    1. Pak Azzam S.A.,

      Asus Zenfone Max yang lama (seperti yang Anda pakai) sebenarnya masih bisa ditemukan di pasar. Namun, stok memang telah menipis.

      Dengan anggaran Rp 2,5 juta, saya merekomendasikan Xiaomi Redmi Note 4. Harga ritel resminya Rp 2,399 juta. Harga pasar sedikit lebih rendah.

      Ponsel itu lebih gegas daripada Zenfone Max. Bisa simultan 4G-3G menjadi kelebihan lain ponsel itu. Dimensi fisiknya lebih enak digenggam maupun dikantongi. Namun, kamera Redmi Note 4 memang tidak sebagus Zenfone Max. Saran saya, belilah Redmi Note 4 yang berwarna hitam karena tampilan fisiknya jauh lebih bagus daripada yang berwarna emas. Pastikan membeli unit yang bergaransi resmi.

      1. Inggih, Bapak.

        Terimakasih banyak, terimakasih banyak atas masukannya. Sungguh masukan bapak benar-benar menjadi pertimbangan bagi kami, mengingat kami memang tidak tau menau soal gawai.

        saya sudah mencari di seluruh toko, dan menghubungi penjual-penjual gawai asus, mereka menyampaikan Zenfone Max sudah habis semua, sudah discontinue. jadi memang sudah tidak ada lagi. tapi aneh nya banyak tipe sebelum ZenfoneMax ini masih tersedia stok nya, saya pikir mungkin karena kurang diburu, seperti GO dan Selfie, mereka menyampaikan ZenfoneMax ini katanya best seller.

        jadi saya putuskan untuk meminang Xiaomi Redmi Note 4.

        jika kami boleh bertanya kembali bapak, agar menjadi masukan untuk kami, dan teman-teman. (pertanyaan ini sudah bapak jawab di komentar atas, tetapi sudah tahun lalu, saya khawatir ada masukan baru). Jika kami turunkan budget nya menjadi 2 juta. gawai apa saja yang bapak sarankan?

        Terimakasih banyak, bapak.
        terimakasih.
        Semoga kebaikan bapak dibalas.

        1. Pak Azzam S.A.,

          Sip. Selamat meminang Redmi Note 4.

          Anggaran Rp 2 juta? Untuk saat ini ya paling-paling Asus Zenfone 2 Laser atau Infinix Zero 3.

          1. Baik bapak,

            sekali lagi terimakasih dan terimakasih banyak, terimakasih banyak.

            dari bapak saya belajar banyak hal secara tidak langsung, kemanfaatan untuk banyak orang yang luar biasa. ilmu yang baik sekali.
            saya berharap bisa banyak belajar dari adat western countries, yang sungkan jika tidak memberikan timbal balik, jika blog ini di sana, mungkin akun Patreon bapak sudah penuh sekali.

            semoga kelak saya bisa bermanfaat layaknya bapak.

            semoga memiliki hari yang penuh berkah, Bapak.

  104. Siang koh..dbanding sama xiaomi redmi note4 gmana koh?kalo sekarang berapa harga ZE520KL yg ram 4g koh? Trus aftersales Asus tergolong bagus kah? Trims koh herry

    1. Pak Nabildigresik,

      Kinerja kamera jelas lebih unggul ZE520KL, sedangkan daya tahan baterai lebih mantap Redmi Note 4.

      Rp 3,499 juta.

      Cukup bagus.

  105. Halo pa Herry, saya mau beli hp second pilihannya di zenfone 3 [4/64] dan lg g5 se,, kira2 menurut bapak lebih baik mana utk kalian A.kamera,
    B.body,
    C.baterai
    D.kegegasan,
    Keseluruhan bpk pilih hp apa dan alasanya tsb. Tks
    Nb :utk asusnya atas pemakaian zenfone ze520kl

    1. Pak Lolot,

      A. G5 SE.
      B. Imbang.
      C. Zenfone 3.
      D. Imbang.

      Dengan harga G5 SE yang sekarang Rp 3,999 juta, termasuk battery kit dan quick cover, saya memilih G5 SE. Keseluruhan kinerja dan kelengkapan fiturnya lebih mantap.

      Btw, ZE520KL bergaransi resmi tak ada yang 4/64. Hanya tersedia varian 3/32 dan 4/32.

    1. Pak Bana,

      Dua foto di atas swafoto saya memakai mode manual. Selain itu, foto dihasilkan oleh mode otomatis.

  106. halo koh heri untuk sekarang asus zenfone 3 ini mah worth it kah? saya ingin beli hp baru tp msh bingung antara asus ini sm samsung j7prime.. menurut koh heri sy harus pilih mana? atau adakah pilihan lain selain ke 2 hp ini?

  107. tp saya masih mengganjal di usb tipe c nya koh, msh blum umum dan kalo ada kerusakan dicolokan + kabelnya psti sedikit agak ribet dan mahal. adakah pilihan hp lain di range harga 2-3 jt selain ke2 hp yg saya sebutkan td.. πŸ™‚

  108. yth Pak Herry,

    Utk saat ini, dengan budget sekitar 3.5jt, kira2 lebih baik beli Asus Zenfone 3 ZE552KL, LG G5 SE atau Xiaomi mi A1?
    Kira2 alasannya apa?

    Terima kasih

      1. Pak Herry,

        kebutuhan saya sbg hp utk harian sih, bukan penggemar game berat, paling sosmed dan dokumentasi.
        kalau bisa sih kualitas kamera yg cukup baik dan daya tahan gadget, dalam artian sy membeli gadget utk dipakai cukup lama karena sy bukan orang yg selalu update dengan yg terbaru, sehingga kalau gadget ringkih atau software-nya akan segera ketinggalan jaman mungkin tidak akan dilirik.

  109. Hallo Pak Herry, Mau nanya nih,, rencana mau beli hp, tapi bingung antara xiaomi mi a1 sama zenfone ze552kl ram 4gb, kebutuhan sih paling cuma main game moba sesekali, main sosmed sama cekrak cekrek,,kalau dari tiga faktor tadi enaknya milih yang mana ya? yang utama sih kameranya

      1. Maaf Pa Herry,
        mengapa bpk lebih prefer ke mi A1 drpd ze552kl utk kualitas fotonya ?
        Apakah perbedaan yg kontras dr hasil ke2 hp tersebut… TKS

        1. Pak Robbie,

          Ya karena hasil fotonya lebih tajam dan terang. Itu untuk kamera belakang ya. Untuk kamera depan dan perekaman video, Zenfone 3 ZE552KL lebih oke.

          1. Terimakasih pa Herry, klo zenfone ze552kl dibandingkan dengan moto G5s plus bagimana hasilnya utk kamera dan videonya..?

          2. Pak Robbie,

            Kamera (untuk foto) relatif imbang. G5s Plus unggul tipis.
            Kamera (untuk video) lebih unggul ZE552KL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *