Review Asus Zenfone 4 Max Pro: Baterai Awet tanpa Berebut Selot

Ponsel Asus yang nama lengkapnya mengandung kata Max selalu menonjolkan daya tahan baterai. Contohnya, Asus Zenfone Max dan Asus Zenfone 3 Max. Keduanya pernah penulis alias HSW review di blog Ponselmu.com ini.

Tradisi baterai berkapasitas besar masih dipertahankan di Asus Zenfone 4 Max Pro. Ia dibekali baterai tanam 5.000 mAh. Ponsel dengan kode tipe ZC554KL itu malahan memiliki daya tarik tambahan: kamera belakang berlensa ganda.

Zenfone 4 Max Pro hadir dengan layar IPS 5,5 inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel. Untuk mengaktifkan maupun memadamkan sekaligus mengunci layar, pengguna tinggal mengetuk layar dua kali. Agar lebih kekinian dan aman, pengguna sebaiknya memanfaatkan sensor sidik jari.

Konektor audio 3,5 milimeter untuk menancapkan handsfree berkabel atau earphone terletak di sisi atas ponsel. Tombol volume dan power diposisikan di bagian kanan. Sedangkan di bagian bawah ponsel, pengguna akan menjumpai speaker dan konektor micro USB.

Ketika mengamati sisi kiri ponsel, pengguna bakal melihat satu selot kartu. Tusuklah lubang kecil di samping selot. Sebuah baki panjang akan keluar. Ia mampu menampung dua kartu nano SIM dan sekeping microSD secara bersamaan. Dengan demikian, paripurnalah status Zenfone 4 Max Pro sebagai ponsel dual SIM yang dilengkapi selot memori eksternal.

Sepasang nano SIM yang diselipkan dapat siaga bersamaan. Pengguna bebas memilih ingin berinternet via SIM1 atau SIM2. Nomor mana pun yang dipakai berinternet leluasa berpindah-pindah ke jaringan 4G LTE, 3G, maupun 2G. Sedangkan satu nomor lainnya dapat berada di jaringan 3G dan 2G.

Apakah dua nomor yang siaga dapat berada di jaringan 4G-3G atau 3G-3G secara bersamaan? Bisa! Seandainya pengguna berinternet menggunakan nomor di selot SIM2, berarti kombinasi simultan 3G-4G juga dapat direalisasikan.

Ponsel itu bukan hanya kompatibel dengan 4G LTE Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri. Pengguna bisa pula menikmati layanan 4G LTE Smartfren. Akses internet Smartfren dapat langsung digunakan tanpa perlu melakukan pengaturan APN secara manual.

Namun, lantaran belum mendukung native VoLTE, pengguna Smartfren yang ingin bertelepon lewat Zenfone 4 Max Pro perlu menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE dulu. Aplikasi itu tinggal diunduh dari Google Play Store. Dalam bahasa yang sedikit lebih teknis, Zenfone 4 Max Pro mendukung LTE Cat 4 di band 1, 3, 5, 7, 8, 20, dan 40.

Kamera dengan fokus otomatis plus lampu kilat di bagian belakang ponsel berlensa ganda. Lensa normalnya mampu menghasilkan foto beresolusi sampai 16 megapiksel, sedangkan lensa sudut lebarnya lima megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, mereka siap memproduksi klip video full HD 1080p.

Tersedia mode profesional yang memungkinkan pengguna mengatur parameter pemotretan secara manual. Misalnya, kecepatan rana diatur mulai 1/40.000 detik hingga 1/4 detik. Pengguna juga dapat mengubah pemfokusan, kompensasi pencahayaan, white balance, dan ISO mulai 50 sampai 3200.

Saatnya membicarakan kamera depan. Kamera itu tanpa fokus otomatis, tetapi dibekali lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi 16 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan kecepatan hingga 1,4 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Zenfone 4 Max Pro. Ketika ponsel baru dinyalakan, sisa memori internal tercatat 22,73 GB.

Ponsel berukuran 154 x 76,9 x 8,9 milimeter dan berat 181 gram itu memakai sistem operasi Android 7.1.1 Nougat. Asus telah memastikan kelak pengguna memperoleh pembaruan ke Android Oreo. Ia mendukung USB On-the-Go (USB OTG) dan dapat difungsikan sebagai power bank.

Saat ini harga ritel resmi Zenfone 4 Max Pro dipatok Rp 2,999 juta. Harga pasar, terutama di pasar daring (online), lebih murah sekitar Rp 200 ribu. Di dalam kardus penjualan telah disertakan sebuah jelly case transparan dan kabel adapter USB OTG.

Pertanyaannya sekarang, apakah ponsel itu layak dibeli? Bodinya solid. Selot kartu yang tak mengharuskan dua nano SIM berebut tempat dengan kartu microSD menjadi nilai plus.

Daya tahan nyata baterai Zenfone 4 Max Pro pantas diberi acungan jempol. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai bawaan ponsel rata-rata mampu bertahan 28 jam. Selama periode itu, ponsel tak pernah dipadamkan.

Dua nomor senantiasa siaga. Salah satu di antaranya berada di jaringan 4G LTE dan aktif dipakai berinternet. WhatsApp, Twitter, email, dan browsing rutin dilakukan. Ponsel juga digunakan mengakses aplikasi transportasi daring dan sesekali bertelepon.

Asalkan aplikasi yang dijalankan bersamaan tak sampai menyentuh belasan, ponsel masih relatif gegas. Perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain dapat dilakukan dengan lancar dan cepat.

Fitur yang realitanya di bawah harapan HSW adalah kamera. Di tempat yang terang benderang, foto yang dihasilkan Zenfone 4 Max Pro masih tergolong bagus. Namun, begitu diajak memotret di lokasi berpencahayaan memadai cenderung redup, kamera ponsel itu mulai kedodoran.

Catatan ekstra HSW berikan untuk kamera berlensa sudut lebar di sisi belakang ponsel. Area tangkapannya memang luas, tetapi foto yang dihasilkan kurang bagus. Foto yang diproduksi cenderung menyerupai lukisan cat air. Ia tak mampu merekam detail objek dengan prima.

Secara umum, asalkan tidak mengharapkan hasil foto yang istimewa, Zenfone 4 Max Pro masih boleh dibeli. Seseorang yang banyak beraktivitas di luar kantor/rumah pantas meminang ponsel itu. Pengemudi Grab, Go-Car, maupun Uber yang membutuhkan ponsel dengan GPS andal dan baterai tahan lama seharusnya terpuaskan.

Zenfone 4 Max Pro yang diuji pakai HSW sekarang menjadi ponsel andalan mama. Sehari-hari mama HSW sangat intensif ber-WhatsApp. Bila dulu saat memakai Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dia selalu membawa power bank Xiaomi 10.000 mAh, kini peranti tersebut ditinggalkan. “Enak. Tasku jadi lebih ringan. Ponselnya dipakai ini-itu juga cepat,” kata mama.

***

Inilah contoh foto yang dihasilkan kamera Zenfone 4 Max Pro. Semua dijepret memakai mode otomatis dan tanpa mengaktifkan lampu kilat. Olah digital yang dilakukan hanya resize foto dan kompresi ukuran file.

Seperti apa perbedaan hasil jepretan kamera belakang lensa normal dengan lensa sudut lebar? Berikut contohnya.

Dua swafoto ini dijepret menggunakan kamera depan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

 

101 thoughts to “Review Asus Zenfone 4 Max Pro: Baterai Awet tanpa Berebut Selot”

  1. Review infinix rencananya tayang kapan oom…
    Kalau bisa sebelum tanggal 11 November ya oom…
    Soalnya lagi nunggu flash sale nih

  2. Akhirnya keluar juga reviewnya. Saya cukup tertarik dgn handphone ini tapi masih ragu untuk membelinya.
    Jika dibandingkan dengan handphone harga serupa seperti Xiaomi Redmi Note 4 4gb/64gb, secara keseluruhan baik dari segi build quality maupun performanya lebih baik yang mana, Pak? Atau dengan seri terdahulu Asus Zenfone 3 Max, mana pilihan yang lebih baik?
    Saya sebenarnya tidak terlalu perduli dengan kamera, asal terlihat bagus di layar handphone sudah cukup buat saya. Yang penting handphone tersebut gegas, kokoh, baterenya awet dan spesifikasinya tidak terlalu ketinggalan jaman untuk dipakai 1 atau 2 tahun ke depan.

    1. Pak Dhani,

      Tidak ada mode portrait. Namun, pemotretan dengan sudut tertentu bisa menghasilkan efek bokeh.

      Yang Pro layar 5,5 inci, kamera belakang 16 + 5 megapiksel, dan kamera depan 13 megapiksel. Kalau yang bukan Pro layar 5,2 inci, kamera belakang 13 + 5 megapiksel, dan kamera depan delapan megapiksel.

    1. Pak Agung,

      Zenfone 4 Max Pro unggul di kapasitas memori dan kemampuan 4G-3G secara simultan. Selain dua hal itu, Vibe P1 Turbo lebih menarik.

  3. Apakah zenfone 4 max zc520kl performanya kurang lebih sama dengan zenfone 4 max pro koh. Kamera, layar dan gegasnya

    1. Pak Leno,

      Zenfone 4 Max Pro unggul di daya tahan baterai. Poin lain lebih bagus dua ponsel lain yang Anda sebutkan.

  4. Melihat kapasitas baterainya yang 5000 mAh
    1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan saat charging menggunakan charger bawaan?
    2. Apakah sudah mendukung fast charging?
    Trims.

    1. Pak Destha,

      1. Tidak saya hitung. Menjelang tidur saya charge, bangun tidur sudah penuh.

      2. Kalau yang Anda maksud standar Qualcomm QC 2.0 atau 3.0, jawabannya belum.

  5. Om, kalau mengabaikan simnya yang gak hybrid, jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 4, om HSW lebih prefer yang mana?

  6. Pak Herry, mana lebih baik kamera Zenfone 4 Max Pro ini dengan kamera Redmi Note 4?

    Lebih baik mana Zenfone 4 Max Pro dengan Mi A1 secara keseluruhan?

    Apakah kamera Zenfone 4 Max Pro ini akan terkoreksi jadi lebih baik saat nanti upgrade ke Android O?

  7. Siang Koh Herry SW,

    Jika dilihat dari aspek kamera (depan maupun belakang), maupun kegegasan, hasilnya lebih baik mana jika dibandingkan antara Asus Zenfone 4 Max Pro ini dengan Motorola Moto G5 S Plus ataupun Xiaomi Mi A1?
    Mengingat harganya yang tidak jauh berbeda.
    Terimakasih.

  8. Om Herry, jika untuk ketahanan battery hp merk apa yg direkomendasikan selain Asus Zenfone 4 max pro ini, di range harga 2-3 jutaan, terima kasih

  9. Halo pak Herry,

    Mau tanya, kira2 mending Asus Zenfone 4 max Pro ini atau Xiaomi Mi A1 ya? soalnya harga beda tipis, dari segi kegegasan apakah setara (untuk pemakaian harian biasa seperti chat, sosmed, email), soalnya beda processor SD 430 dan 625? Dan utk hasil kamera-nya mana yg lebih bagus? karena sesama pengusung dual-camera.

    Terima kasih pak

  10. akhirnya keluar juga pak review zenfone max yg saya tunggu, terima kasih atas ulasannya saya pikir yang diulas zenfone 4 max yang 4000 mah
    pertanyaan saya:
    1. apakah mendukung Nfc
    2. apakah mendukung radio fm
    3. dengan procesor snapdragon 430 dan ram 3 gb apakah sudah layak untuk dibeli dengan harga rp.3.999.000,
    4. kira kira ada alternatif lain dengan harga segitu

    1. Pak Cak Teguh,

      1. Tidak.
      2. Tidak.
      3. Harganya Rp 2,999 juta, bukan Rp 3,999 juta. Kalau Rp 3,999 juta sih tidak layak beli.
      4. Moto G5s Plus, dengan catatan Anda sukses mendapatkan sesuai harga resmi online.

  11. Foto yang dihasilkan oleh lensa wide memiliki distorsi yang cukup berat. Ranjang yang ada di foto menjadi bengkok.

    Saat masih memakai Zenfone Max dulu, saya sering memakai mode panorama untuk memotret area lebar, hasilnya? Jangkauan foto menjadi lebih luas, tapi semakin luas area yang diambil, semakin besar distorsi yang dihasilkan.

    Yang ingin saya katakan adalah lensa wide di Zenfone 4 Max pro terkesan alakadar, sebagai pemanis saja, biar ada embel-embel dual lens gitu.

    2 bulan yang lalu Zenfone 4 max pro sempat saya jadikan kandidat ponsel baru versus Zenfone Zoom S.
    Untung deh saya lebih milih Zenfone Zoom S. Hehehe

    1. Pak Ruslan,

      Wajar. Karakteristik lensa sudut lebar memang begitu.

      Kalau dibilang sekadar pemanis tidak juga sih. Di lokasi yang terang masih lumayan kok.

  12. om, mau tanya, jika dibandingkan redmi note 4 (Snapdragon625) :
    1. awet mana batrenya?
    2. gegas mana dalam penggunaan sehari hari?
    khawatir seperti zenfone max generasi pertama, batre awet tapi seringkali ada lag.

    trims om 😀

    1. Pak Reza,

      Kalau dihitung per mAh-nya, lebih awet Redmi Note 4.

      Redmi Note 4. Oh, Zenfone 4 Max Pro lebih gegas daripada Zenfone Max generasi pertama.

  13. Apakah salah satu lokasi foto Pak Herry adalah kamar Hotel Pullman Central Park? Bagaimana penilaian Pak Herry terutama dari segi value for money? Maaf saya bertanya diluar topic karena ada rencana menginap di hotel tersebut. Terima kasih

    1. Pak Eka,

      Benar. Kamarnya nyaman. Value for money-nya saya kurang tahu karena nggak ikut pesan/bayar. Anda dapat rate berapa? Sampai maksimal Rp 1,5 juta untuk sekelas Pullman Central Park, menurut saya, masih rasional.

    1. Pak Yosi,

      Yang saya coba ini Zenfone 4 Max Pro lho, bukan Zenfone 4 Max.

      Redmi Note 4X berarti pasti tanpa garansi resmi. Saya tak mau mengomentari ponsel tanpa garansi resmi.

  14. Secara umum, dari berbagai aspek, seperti harga, ketahanan batere, dan kegegasan, dibandingkan dengan lenovo vibe p1 turbo lebih bagus mana om HSW?

    1. Pak Muhtahida,

      Dengan harga Vibe P1 Turbo seperti sekarang, secara umum lebih menarik ponsel itu. Namun, ia ponsel lama dan belum mendukung 4G-3G secara simultan ya.

      1. Pak Herry,
        1. Bagaimanakah maksudnya simultan 4G-3G?
        Maaf, saya belum memahaminya.
        2. Bukankah memory P1 Turbo juga 32GB, Pak?
        Atau sisa memori Zenfone 4 Max Pro yang lebih banyak?

        Terima kasih.

        1. Pak Chicho,

          1. Ketika SIM1 berada di jaringan 4G LTE, nomor di SIM2 masih bisa masuk ke jaringan 3G. Sampai saat ini kan masih banyak ponsel yang saat SIM1 berada di jaringan 4G LTE, SIM2 bakal terkunci di jaringan 2G. Akibatnya, nomor di selot SIM2 itu lebih sulit ditelepon maupun dipakai menelepon.

          2. Ehm…. saya tidak mempermasalahkan memori Vibe P1 Turbo maupun Zenfone 4 Max Pro deh.

  15. Di cirebon, lenovo vibe p1 turbo masih dijual dengan harga 2,3 juta. Apakah masih layak beli Om? Atau lebih baik saya arahkan pilihan saya ke HP lain? Mohon saran Om HSW donk!

  16. Pak klo di genggam dibandingkan dengan asus zenfone max lebih tebal mana/enak mana?dan kualitas foto dibandingkan dengan asus zenfone max bagus mana?tks sblmnya

    1. Pak Cep,

      Lebih tebal Zenfone Max. Zenfone 4 Max Pro lebih tipis dan lebih enak digenggam.

      Hasil jepretan foto lebih bagus Zenfone Max.

  17. Koh HSW,
    Itu smartfren dengan Telkomsel kalau datanya pakai Telkomsel, smartfrennya mati ga ya? Mati kutu nih, nomor smartfren udah dikenal banyak orang tapi begitu dinyalakan data yang lain malah mati sinyal. Call/SMS forwarding kadang ga berfungsi. Entah nanti Telkomsel yang menang tender frekuensi 2300MHz apa dengan smartfren bisa saling “akur” atau ga dalam satu smartphone.

  18. Dear Bp. Herry,

    Lokasi pemotretan di Jakarta ya pak? Kok ga sekalian bikin gathering di Jakarta?
    Terima kasih.

  19. Hi pak Herry, lalu bila dibandingkan dengan Redmi Note 4 lebih baik mana untuk keperluan driver online? Atau barangkali ada smartphone lain yg lebih pantas dengan harga yg tidak terpaut jauh dari Zenfone 4 Max Pro dan Redmi Note 4?

    1. Pak Baghus,

      Untuk kebutuhan seperti itu, sama saja sih. Namun, karena Redmi Note 4 lebih murah, silakan ambil itu.

  20. Pagi, pak Herry. Salam kenal, saya Hendi…

    Saya memang mengincar hp ini, mau nanya pak,
    Apakah Zenfone 4 max pro ini :
    – body hp terasa cepat hangat utk browsing / main sosmed bbrp jam?
    – menurut bapak, layarnya bagus ngga ya klo ditambah tempered glass lg?

    Trimakasih

    1. Pak Hendi,

      * Kalau Anda aktif memakainya tanpa henti selama beberapa jam, mau pakai ponsel apa pun bakal hangat deh.
      * Asalkan tempered glass-nya bagus sih tetap akan terlihat oke.

  21. Ijin bertanya pak, dari segi tangkapan kamera ketahanan battery serta pengalaman penggunaan dibandingkan dengan redmi note 4, lebih baik mana ya? Maturnuwun

    1. Pak Ganang Triatma Indrianto,

      Kamera: lebih bagus Zenfone 4 Max Pro.
      Baterai: kalau dihitung per mAh-nya, lebih bagus Redmi Note 4.

      Secara keseluruhan, kalau saya lebih condong ke Redmi Note 4.

  22. Pak Herry ini saya sedang bingung gara2 hp ini.Budget 2jt an cari hp baterai besar,ok buat kerja maksutnya baca dan kirim email,buat aplikasi2 lain juga gegas,kalau kamera ya butuh nggak butuh.Maksutnya yaa butuh kalau cuma sekedar ngabadikan momen aja Pak.Pilihannya antara lain moto e4 plus,zenfone 4 maxpro,lenovo p1 turbo,dan infinix zero 4.Kalau dari merk diatas yg kiranya masuk dg kriteria saya yg mana ya pak ? Atau mngkin ada saran lain

    1. Pak Fadill,

      Butuh kemampuan 4G-3G secara simultan atau tidak? Kalau butuh, ambil Zenfone 4 Max Pro. Kalau tidak butuh, ambil Vibe P1 Turbo.

  23. Ko Herry,
    Kalau boleh tau skrg harga pasaran Asus Zenfone Zoom S brp ya? (area sby)
    Fast charging nya itu harus menggunakan adapter+kabel bawaan asus ya Ko? atau minimal pakai kabel lain kira-kira bisa atau enggak ?
    Apakah dapat update Zen UI 4 dan Oreo juga?
    Service center Asus yang buat mengganti baterai apabila udah drop area surabaya yg Ko Herry tahu daerah mana?
    Penilaian Ko herry tentang service center asus brp? (antara 1-10)
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Ferdinand,

      Rp 4,999 juta. Kalau mencari di toko online bisa lebih murah sekitar Rp 200 ribu.

      Bisa. Fast charging 2A biasa ya.

      Ya. Tahun depan.

      Klampis.

      Cukup baik. Saya nggak mau pakai angka-angka.

  24. Ko Herry,

    Untuk kualitas kamera dan kegegasan dibanding dg Asus Zenfone ZE520KL, Asus Zenfone 3 Max ZC553KL, Asus Zenfone 3 Max ZC520TL dan Asus Zenfone 2 Laser?

    Sedangkan dg Xiaomi Redmi Note 4, jika hanya dibandingkan sisi kamera apa beda jauh kualitasnya?

    1. Pak Fendi,

      * Saya tak pernah menggunakan ZC553KL. Zenfone 2 Laser-nya yang varian apa dulu nih? Kamera dan kegegasan ZE520KL lebih baik.

      * Cukup signifikan.

  25. Pak Herry,
    Saya minta sarannya, saya mau beli hp dgn buget 5 jt an.
    Kamera lumayan bagus, dual sim on, bat lumayan tahan lama,
    Kira2 hp apa ya pak herry?
    Terima kasih sebelumnya

  26. Pak Herry,
    Saya mau minta sarannya, saya mau beli hp dgn buget -+ 5jt an,
    Kamera bagus, dual sim on, bat cukup tahan lama,
    Kira2 hp apa aja ya yg menurut pak Herry layak utk dibeli.
    Terima kasih..

  27. Dear pak Herry,

    Apakah Redmi note 4 bisa simultan 4G-3G?

    Berapa harga Lenovo vibe P1 Turbo baru dan garansi resmi sekarang?

    Apakah ada niatan me-review Redmi note 5A atau xiaomi 5A (maaf sy kurang tahu namanya) yg bakal beredar di Indonesia 9 Nov ini?

    Thanks Pak

    1. Pak Vicky,

      * Bisa.
      * Rp 2,299 juta. Harga pasar di bawah itu.
      * Oh Redmi Note 5A. Saya sudah memasukkan ke daftar rencana antrean.

  28. Mohon rekomendasi, sy sedang mencari ponsel untuk main game online dg harga dibawah 3jt,
    Trus apa saja yang mempengaruhi untuk memainkan game online tersebut?apakah ram, chipset atau ada yang lain. Terimakasih.

    1. Pak Arya Pramana,

      Kebetulan saya bukan penggemar game nih. Coba cek Xiaomi Redmi Note 4.

      Prosesor, GPU, memori, dan koneksi internet.

  29. Pagi ko herry,saya punya budget 5jt.saya rencana mau beli hp yg penting utk foto2 depan belakang n videonya harus yang ok bgt gambarnya di cahaya terang n kl malem jg jelas n ok dan 1 lgi kl bs ram nya besar biar ga lemot.mnrt ko herry Zenfone zoom s atau Zenfone 4 selfie pro zd 552KL Atau merk lain yg ko herry bisa suggest (xiomi ato apa gitu). Thanks ya ko…

      1. Ko herry, service center infinix mnrt ko herry sdh banyak Dan baik di jkt blm ya ko? Lebih baik beli infinix note 4 pro atau mending xio mi note 4 ? Thanks ko

        1. Bu Vitry,

          Belum banyak, tetapi sudah lumayan memadai. Kualitas layanan cukup bagus.

          Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Infinix Note 4 Pro. Saya tak pernah mengetahui ponsel bernama Xio Mi Note 4.

          1. Ko herry, saya sdh Cari Asus Zenfone zoom S di beberapa tempat di jkt tapi kosong brgnya. Mohon masukannya dong ko Herry hp alternative lain yg kemampuannya setingkat dan hrg yg kurang lebih sama. Thanks ya ko.

          2. Bu Vitry,

            Hmm… agak aneh nih kalau Zenfone Zoom S dibilang kosong. Sebab, stok di pasar ada banyak kok. Sudah mencoba mencarinya di Erafone?

      1. Bu Vitry,

        Silakan mencarinya di Bukalapak atau Blibli. Barusan saya cek, ada banyak sekali penjual yang memiliki stok.

        Aduh… jangan beli Samsung seri A dan J deh.

  30. Salam Pak Herry SW,

    Mau tanya nih pak.

    1. Saya penasaran dgn kata2 bapak bahwa kalau dihitung per-mAh baterai Xiaomi Redmi Note 4 lebih bagus dari Asus Zenfone 4 Max Pro ini, apa itu artinya beda durasi pemakaiannya tipis begitu? Kalau boleh spesifik berapa berbanding berapa ya berdasarkan hasil tes bapak?

    2. Kalau boleh tahu, kenapa bapak lebih condong memilih Xiaomi Redmi Note 4 ketimbang Asus Zenfone 4 Max Pro? Apakah faktor value for money atau murni user experience ya pak? Kalau mengesampingkan perbedaan harga apakah bapak tetap merekomendasikan Xiaomi Redmi Note 4 (terutama yang 4G / 64GB)?

    3. Kalau boleh dibilang untuk saat ini apakah Asus Zenfone 4 Max Pro ini adalah smartphone dibawah 3 juta yang 4G-3G simultan, non-hybrid, mendukung jaringan 4G semua operator, memiliki kamera yg “lumayan bagus” dan dengan baterai terawet (durasi pemakaian terlama) ya pak?

    Terima kasih atas jawabannya. Sukses selalu untuk bapak.

    1. Pak Alexander Ipin,

      1. Ya, kalau dihitung begitu. Beda sekitar empat jam dengan perbedaan kapasitas 900 mAh.

      2. Perpaduan antara kinerja, pengalaman pemakaian, dan kesepadanan harga. Ya. Sebab, Redmi Note 4 lebih terasa gegas.

      3. Ya.

  31. Selamat Siang Pak Herry

    Mohon info dan masukan 🙂

    Redmi Note 4 vs Lenovo P2 Turbo bagaimana menurut Pak Herry dari segi multitasking, kemampuan menangkap sinyal operator ataupun wifi, ketahanan batre, dan long term use?

    Cheers,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *