Review Asus Zenfone Max Pro M2: Memuaskan di Berbagai Hal, Kecuali Kamera

Setiap kali mendengar kata Zenfone Max, penulis alias HSW langsung terbayang ponsel dengan baterai yang tahan lama. Citra itu sejak lama telah tertanam dan sampai kini sukses dipertahankan Asus. Sama dengan sebelumnya, Asus Zenfone Max Pro M2 yang merupakan generasi terbaru menarik dicermati.

Dibekali baterai tanam berkapasitas 5.000 mAh, Zenfone Max Pro M2 berbobot 175 gram. Hal itu berarti lebih ringan daripada keluaran terdahulu yang sama-sama berbaterai 5.000 mAh. Yakni, Zenfone Max Pro M1 dengan berat 180 gram, Zenfone Max 4 Pro 181 gram, dan Zenfone Max 202 gram. Pemakaian bahan akrilik di bodi belakang, bukan logam atau kaca, menjadi salah satu kunci untuk memangkas berat.

Berdimensi fisik 157,9 x 75,5 x 8,5 milimeter, Zenfone Max Pro M2 nyaman digenggam. Apalagi, sisi belakang bodi sengaja dibuat melengkung, seolah hendak mengikuti bentuk telapak tangan manusia kala memegang benda padat. Agar ponsel lebih aman tanpa kehilangan kecantikannya, sebuah jelly case transparan disertakan di dalam paket penjualan.

Ponsel tersebut hadir dengan layar IPS 6,3 inci beresolusi full HD+ 2.280 x 1.080 piksel. Permukaan layar berponi itu telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 6 yang diklaim dua kali lipat lebih tahan dibandingkan Gorilla Glass 5.

“Riset kami menunjukkan pengguna rata-rata menjatuhkan ponselnya tujuh kali dalam setahun. Itu sangat berbahaya. Ponsel ber-Gorilla Glass 6 bisa bertahan sampai 15 kali uji jatuh dengan ketinggian satu meter,” kata Scott Forester, Division Vice President Marketing and Innovation Products Gorilla Glass.

Untuk menyalakan maupun memadamkan layar, pengguna cukup mengetuk permukaan layar. Ketuk layar dua kali untuk mengaktifkan layar. Ketuk dua kali lagi untuk memadamkan layar. Dikombinasikan dengan sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel atau pemindai wajah, aktivitas buka-kunci ponsel bakal terasa lebih nyaman sekaligus aman.

Di sisi kiri Zenfone Max Pro M2 pengguna bakal menjumpai selot kartu bukan hybrid. Dua nano SIM dan satu kartu microSD dapat dipasangkan bersamaan. Kedua nomor seluler bisa siaga di jaringan 4G LTE secara simultan. Layanan native VoLTE Smartfren pun leluasa dinikmati pengguna.

Tombol volume dan power tersedia di kanan ponsel. Sedangkan konektor audio universal 3,5 milimeter, konektor micro USB, dan speaker terletak di bagian bawah ponsel. Dengan menggunakan pengisi daya Quick Charge 3.0, baterai Zenfone Max Pro M2 akan terisi penuh dalam waktu sekitar 2 jam 50 menit.

Kamera belakang ponsel Android 8.1 Oreo itu berlensa ganda 12 + 5 megapiksel. Kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat tersebut memanfaatkan sensor Sony IMX486 dan lensa dengan bukaan f/1,8. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 12 megapiksel dan klip video 4K UHD. Kalau saat merekam video pengguna ingin memanfaatkan fitur Electronic Image Stabilization (EIS), resolusi video perlu diubah menjadi maksimal full HD 1080p.

Ingin menghasilkan efek bokeh? Pengguna tinggal memanfaatkan fitur depth effect. Ada pula mode HDR dan profesional. Pada mode profesional, pengguna bebas mengatur pemfokusan, kecepatan rana, ISO, kompensasi pencahayaan, dan white balance secara manual. Kecepatan rana dapat diubah mulai 1/2.000 detik sampai 1/4 detik, sedangkan ISO mulai 100 hingga 1600.

Asus tidak asal-asalan dengan spesifikasi kamera depan Zenfone Max Pro M2. Kamera untuk berswafoto itu dilengkapi lampu kilat, fitur portrait, dan EIS. Ia mampu memproduksi foto beresolusi sampai 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Pada Desember tahun lalu, ketika Zenfone Max Pro M2 baru memasuki pasar, kamera ponsel itu tidak memuaskan. Pemfokusan lambat, hasil foto pun kurang mantap. Kamera berulang-ulang gagal melakukan pemfokusan otomatis.

Seiring pembaruan firmware yang beberapa kali dihadirkan Asus, kinerja kamera membaik. Pemfokusan lebih cepat. Hasil foto juga lebih bagus, walaupun belum layak dibilang memuaskan. Kasus gagal fokus hampir tak pernah terjadi lagi.

Prosesor delapan inti (octa core) Snapdragon 660 AIE dengan kecepatan sampai 1,95 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan radio FM merupakan sebagian spesifikasi lain Zenfone Max Pro M2. Unit yang HSW uji pakai dibekali RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Ketika ponsel kali pertama diaktifkan, sisa memori internal tercatat 53,48 GB.

Jika dirangkum, secara umum Zenfone Max Pro M2 memuaskan di berbagai sisi. Jumlah aplikasi bawaan relatif minim. Dengan demikian, di awal pemakaian pengguna tak perlu repot membuang aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukannya. Ponsel selalu terasa gegas, termasuk bila dipakai menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Dengan perilaku pemakaian ala HSW, sekali diisi ulang sampai penuh, baterai ponsel itu sanggup bertahan 24-28 jam. Selama rentang waktu tersebut dua nomor selalu siaga. Minimal salah satu di antaranya berada di jaringan 4G LTE. Ponsel sesekali difungsikan sebagai hotspot.

Tak usah menanyakan apakah bodi ponsel cepat panas. Ponsel Asus yang lekas panas itu cerita masa lalu, ketika pabrikan asal Taiwan itu masih membenamkan prosesor Intel di ponsel-ponsel yang diproduksinya. Merujuk kepada pengalaman pribadi, sejak Zenfone 2 Laser hingga saat ini, ponsel Asus tak lagi mudah meriang. Umpama ketika mampir ke toko ponsel ada promotor ponsel non-Asus menyarankan Anda membeli ponsel lain, dengan alasan ponsel Asus mudah panas, abaikan saja.

Menurut HSW, sisi minus Zenfone Max Pro M2 praktis hanya di kinerja kamera. Tak bisa dibilang jelek, tetapi juga tak pantas dibilang memuaskan. Kata kurang bagus lebih cocok disematkan.

Kalau mau dicari-cari, ada pengurang daya tarik lain yang bagi HSW sebenarnya tak perlu dipermasalahkan. Misalnya, susunan tombol navigasi virtual tak bisa diganti. Poni di bagian atas layar juga tidak dapat disembunyikan.

Zenfone Max Pro M2 tersedia dalam tiga varian kapasitas memori. Yaitu, RAM 3 GB dan ROM 32 GB Rp2,799 juta; 4/64 Rp3,199 juta; dan 6/64 Rp3,699 juta. Selain kapasitas memori, spesifikasi antarvarian ponsel persis sama.

Asalkan tidak menomorsatukan kinerja kamera, Asus Zenfone Max Pro M2 layak dibeli. Bila dana tersedia, HSW merekomendasikan pembelian varian 4/64. Varian 6/64 tidak menarik karena pengeluaran dana tambahan Rp500 ribu terasa kurang sepadan demi perbedaan RAM 2 GB saja.

***

Berikut contoh hasil jepretan kamera Zenfone Max Pro M2.

Saatnya mencoba fitur depth effect.

Pemotretan pertama, depth effect nonaktif.

 

Pemotretan kedua, depth effect aktif. Titik fokus di tulisan S.BAYA.

Pemotretan ketiga, depth effect tetap aktif. Titik fokus kini di tulisan Titik Nol.

Masih mencoba fitur depth effect. Kali ini tak perlu dijelaskan lagi ya.

Dua foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

Bagaimana hasil rekaman video Zenfone Max Pro M2? Inilah contohnya.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, kondisi awal RAM, dan versi firmware yang dipakai saat uji pakai.

177 thoughts to “Review Asus Zenfone Max Pro M2: Memuaskan di Berbagai Hal, Kecuali Kamera”

    1. Pak Risky Wijaya,

      * Bonus earphone terpisah atau bagaimana nih?

      * Zenfone Max Pro M1 6/64 juga memiliki perbedaan spesifikasi kamera dibandingkan varian 3/32 dan 4/64.

      1. Bonus earphone termasuk di dalam box Pak Herry,

        Iya, asus zenfone max pro M1 versi 6/64 terdapat perbedaan spek kamera dan bonus earphone juga di dalam box

          1. Misalkan hp Asus Zenfone max pro m2 saya kadang2 masuk cassnya kadang2 tidak bisa klaim garansi ka ?

  1. Persepsi “kurang bagus” kualitas kamera menurut Pak Herry dalam skala 1-10 kurang lebih pada point mana?
    Soalnya masih galau antara meminang Max Pro M2 atau Zenfone 5 yg sudah ganti harga (Max budget 3,5jt). Masing2 ada kelebihan & kekurangan di critical point fitur yg saya butuhkan (kamera, batteray, dan pengisian daya). Terima kasih

  2. Pak herry,

    Untuk sektor kamera dibanding redmi note 5 pro/mi A 2. Bagus mana secara peringkat dengan zenfone max pro m 2 ini.

    Khusus untuk foto2 minim cahaya apakah mumpuni dibanding kedua xiaomi tsb?

    Terima kasih.

    1. Pak Efri,

      * Redmi Note 5 Pro tidak beredar resmi di Indonesia. Yang beredar Redmi Note 5. Kalau Zenfone Max Pro M2 diadu dengan Redmi Note 5 dan Mi A2, kinerja kamera Zenfone Max Pro M2 berada di posisi paling buncit.

      * Tidak.

      1. Izin nanya pak Herry.. Smartphone apa yg cocok dgn saya di Budget 2,7 juta…
        Dgn kriteria:
        -batre tahan lama/besar
        -kamera bagus (kalo bisa di kondisi low light y juga)
        -update software aman

  3. Terima kasih Ko,
    sudah lama nunggu review ini HP,
    tanya ;
    apa ada HP lain dengan harga sebanding yg lebih layak beli dibanding HP ini

    kebutuhan saya ;
    1.hp untuk telp, chat, browsing, banking, (tidak untuk game)
    2.butuh kamera yg cukup bagus untuk dokumentasi kerjaan
    3.butuh kapasitas baterai yg besar, karena sering kerja di luar

    mohon rekomendasi Pak

    terima kasih Pak

      1. terima kasih Pak untuk jawabannya,
        terlalu banyak pilihan, jadinya bingung,

        ditambah nafsu keinginan punya hp bagus n terbaru…

        hahahaha…

  4. Harapan saya dengan prosesor seri 660 AIE hasil jepretan kameranya lumayan…. Ternyata dibawah harapan. Sekaligus tanya om HSW, mohon rekomendasi untuk gawai dengan budget 4 jutaan yang hasil fotonya baik dan baterai minimum 3500 mAh. Terimakasih sebelumnya…

  5. om, numpang nanya bila di bandingkan redmi note 5 dan asus zenfone m2 pro ini, mana yang kualitas kameranya paling bagus?

  6. Pak Herry SW.

    Foto penjual gorengan itu dimana? Tertarik dengan banyaknya varian gorengan dan jajanan yang dijual. Hehehe

    1. Pak Rudi G. Aswan,

      Kalau mengutamakan kamera, berarti Zenfone Max Pro M2 kurang cocok. Untuk merek Asus, silakan melirik Zenfone 5.

  7. Melihat cepatnya setiap merk mengeluarkan tipe smartphone baru, bahkan ada di kelas harga, merk, dan sepesifikasi yang hampir sama, sehingga ketika sudah menunggu untuk memutuskan membeli sambil membaca dan melihat hasil reviewer sudah selesai, ternyata muncul produk lagi yang lebih menarik, alhasil membuat bingung dan berulang menunda lagi untuk meminang sebuah gawai impian.
    Hal bijak apa yang menurut Koh Herry harus dilakukan? Atau bagaimana cara memilih yang ter- dari setiap pilihan melihat cepatnya produk baru terus ada? Mungkinkah ada patokan waktu atau kuartal berapa setiap merk biasanya mengeluarkan produk baru?

    1. Pak Teguh,

      Pakai prinsip sederhana saja, Pak. Belilah ponsel saat Anda membutuhkannya. Berikutnya, bertahan di ponsel itu sampai Anda membutuhkan ponsel yang memiliki spesifikasi dan kinerja jauh lebih bagus. Ditilik dari waktu, untuk pemakaian normal, berganti ponsel setiap 1-1,5 tahun sekali sudah lebih dari cukup deh.

  8. Pak herry, jika mengabaikan kinerja baterei gimana kalau dibandingkan dengan xiaomi mi 8 lite? soalnya secara spesifikasi hampir mirip. Dan dari segi kamera lebih unggul mana pak dibanding xiaomi mi 8 lite? terimakasih

    1. Pak Joko,

      Kegegasan dan kinerja lain sih mirip. Pembeda utama Mi 8 Lite dengan Zenfone Max Pro terletak di baterai dan kamera. Daya tahan baterai Zenfone Max Pro M2 unggul signifikan atas Mi 8 Lite. Sebaliknya, performa kamera Mi 8 Lite menang telak atas Zenfone Max Pro M2.

  9. Hallo om, terima kasih review yang menarik. tetapi saya mau bertanya diluar tema ponsel om, tapi masih berkaitan dengan review diatas.
    Kaca mata yang di foto selfie itu type atau merk apa ya? Om Herry ada rekomendasi optik kacamata gak? Maaf saya “kepo”.
    Terima kasih.

    1. Pak Arif Cahyadi,

      Barusan saya lihat di tangkai kacamata saya, mereknya B-Memory. Bukan merek terkenal kok. Bingkai dan lensa plastik dengan minus tinggi + silindris + dipertipis total sekitar Rp900 ribu. Saya sudah lupa tepatnya. Yang pasti kurang dari Rp1 juta.

      Saya membelinya di sini https://goo.gl/maps/ZQmpkaC3jyS2

  10. Om Herry, menurut Om Herry apakah dengan makin banyaknya smartphone resmi yang menggunakan stock android, seperti Asus (Zenfone Max Pro M1, Zenfone Max Pro & Max M2), Xiaomi (Mi A1, Mi A2 & Mi A2 Lite), dan Nokia, adakah kemungkinan produsen smartphone lain juga mulai menggunakan stock android pada smartphone mereka?
    Misalkan Vivo, Oppo, atau bahkan Samsung

    1. Pak Herry, kalau redmi note 5 itu, ada slot buat 2 kartu dan 1 kartu memori tambahan gak pak?
      Kalau pocophone ada juga gak?
      HP sy sekarang redmi note 4, nah sy sering charge di malam hari mulai jam 23.00. Esoknya baru sy cabut jam 7-8 pagi saat sy bangun.
      Apakah ini bisa ngurangin daya batere sy Pak? Bijaksananya sy harus gimana ya, biar batere awet. Thanks ya Pak

      1. Pak Vicky,

        * Redmi Note 5 dan Pocophone F1 menganut selot kartu hybrid. Anda tidak bisa memasangkan dua nano SIM dan satu microSD secara bersamaan.

        * Ponsel di-charge dalam kondisi menyala atau padam? Kalau padam, tak ada masalah. Kalau menyala, lebih baik lain kali ponsel di-charge dalam kondisi padam. Kecuali, ponsel Anda memang dituntut selalu siaga.

  11. Ko Herry.
    Kalau dr segi performa ( kamera diabaikan),buat Email, Maps, ,FB, Instagram, Line, tdk unt Game Hape yg rekomended apa ko?
    MI 8 Lite, Asus Max Pro M2 , MiA2 ?
    Atau nunggu Review ko Herry unt. Redmi Note 7 , Redmi 7, Vivo V15 Pro ? Trimakasih

    1. Pak Yulius,

      * Kalau kebutuhannya seperti itu, Asus Zenfone Max Pro M1 3/32 Rp1,799 juta pun sudah memadai deh. Bila tetap harus memilih salah satu di antara tiga ponsel yang Anda sebutkan, saya menyodorkan Zenfone Max Pro M2. Biar Anda bisa seharian berponsel tanpa khawatir kehabisan daya.

      * Redmi Note 7 dkk itu kan belum beredar resmi. Abaikan dulu saja.

  12. Om Herry, jika dibandingkan dengan hasil kamera Asus Zenfone Zoom S (tanpa lensa tele) mana yang lebih bagus ? Terima kasih.

  13. Maaf koh, mau tanya diluar topik, kl vivo v11 biasa ( versi mediatek ) apakah kameranya sama bagus dengan yang versi pro ? Terimakasih koh.

  14. Untuk max pro m1 masih recommended tdk ya klo untk gaming krn perbedaan antutu nya nggk jauh sama m2 dan hnya punya budget terbatas, terima kasih

    1. Pak Ikhsan AZ,

      Karena saya hampir tak pernah bermain game. kalau pertanyaannya spesifik gaming saya tidak berani menjawabnya.

  15. Sore pak HSW
    Kalo max pro m2 3/32 di banding dengan redmi note 6 pro 3/32 bagaimana
    1. kualitas kamera?
    2. lalu kegegasan?
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Wahyu,

      Saya tidak pernah menguji pakai Zenfone Max Pro M2 varian 3/32. Kinerja kamera diduga sama dengan varian 4/64, sedangkan tingkat kegegasan sedikit lebih rendah.

      Kalau kemudian diadu dengan Redmi Note 6 Pro 3/32, khusus kamera saya cukup yakin performa kamera Redmi Note 6 Pro juga mengungguli Zenfone Max Pro M2 3/32.

  16. Pak, mohon rekomendasinya untuk budget 3000K- 4000K dapet HP merk apa ya?
    HP nya yg punya kemapuan utama di kamera, baterai tahan lama. Kebutuhan lainnya mbanking, socmed, chat dan telepon. Tidak untuk gaming.

    1. Pak Asap Way,

      Berarti, cari ponsel dengan kamera bagus dan baterai tahan lama ya. Xiaomi Redmi Note 5 varian 4/64 sudah memadai deh. Harga kurang dari Rp3 juta.

  17. Dari pengalaman teman pengguna asus nih om, ngeluh soal layar & sounds. Walaupun tingkat kecerahan udah diturunin masih gak nyaman juga di mata dan sounds walaupun volume udah full katanya masih kurang jelas. Gimana ni pengalaman Pak Herry dg zenfone max pro m2? Trims.

  18. Koh hsw.

    Beberapa teman saya mengeluhkan penerimaan sinyal di gawai asus max pro m2 miliknya

    Apakah terjadi selama uji pakai oleh koh hsw?
    Kira2 untuk rentang harga s/d 4 jt. Gawai apa yg layak di lirik?

    1. Pak Deshinta,

      Tidak. Saya tidak mengalami hal tersebut.

      Kalau mengutamakan daya tahan baterai: Zenfone Max Pro M2. Kalau mengutamakan kamera: Xiaomi Mi A2. Kalau mencari ponsel yang memiliki keseimbangan antara kinerja kamera dan daya tahan baterai: Xiaomi Redmi Note 5.

  19. Pak Herry,
    Asus Zenfone Max Pro M2 dan Samsung Galaxy M20 menurut saya kok seperti saudara kembar, karena harganya sama, spek sama (khususnya battery dan kamera belakang), hanya beda di chipset dan kamera selfie, pertanyaan saya :
    1. Bagus mana chipset Snapdragon 660 atau Exynos 7904 ?
    2. Kedua HP tersebut apakah akan kebagian update Android 9.0 ?
    3. Penilaian Secara keseluruhan, menurut pak Herry lebih baik beli yg mana diantara kedua HP tersebut, atau nanti tunggu Xiaomi Redmi Note 7 resmi beredar, karena kalau saya baca di GSMARENA ketiga HP yg saya sebut itu speknya mirip dgn harga mirip pula ?

    Terima kasih pak

    1. Pak Dwi Wahyudi,

      Buat saya sederhana saja. Ponsel Samsung mending langsung dicoret.

      Sudah tahu kan kalau saya mendapatkan pengalaman buruk atas klaim garansi Samsung Galaxy S9+ Rp12,999 juta? Baru dibeli dan dipakai satu hari (kurang dari 24 jam), sensor sidik jari bermasalah. Saya meminta penggantian unit baru ditolak. Ponsel hanya bisa diservis. Kalau ponsel mahal saja layanan purna jualnya kayak gitu, entah bagaimana perlakuan terhadap ponsel yang lebih murah.

    2. Pak Herry,

      1. Asus Zenfone Max Pro M2 apakah ada fitur NFC nya dan bekerja dgn baik fitur tsb ?

      2. Kedepannya, Asus Zenfone Max Pro M2 apakah kebagian android pie (9.0) ?

      3. Diatas kertas jika Asus Zenfone Max Pro M2 dibandingkan dgn Xiaomi Redmi Note 7 (yg katanya akan segera beredar resmi) secara keseluruhan pilih mana (abaikan kamera) ?

      Terima kasih

  20. sekedar informasi aja,daripada ambil hape ino,lebih baik Asus zenfone 5 di plaza marina harga turun 3.550jt,atau MiA2 kemarin harga turun di erafone 2.999.000 ga tau sekarang,tp karna ane butuh memory internal gede ga jd ambil zenfone 5,dan pilih honor 8x meskipun koh herry tidak recomendasi merk honor…hiks sedih?

    1. Pak Gigih,

      Penurunan harga Mi A2 menjadi Rp2,999 juta sudah berlaku mulai 13 Februari 2019 kok. Dengan harga segitu, jadi menarik banget deh.

      1. Pak Herry, sy mau nunggu pocophone 6/128 garansi resmi harganya turun. Kira² kapan ya turun signifikan dan bisa nyentuh harga berapa ya? Bisa gak pak, harga cuma 3.5 juta? Makasih pak

  21. Jika dibandingkan dengan pendahulu nya, zenfone max pro m1, apakah upgrade prosesor membuat kegegasan nya bener2 beda jauh ya?

  22. Selamat sore pak herry ,
    Dari beberapa review gawai yg ditulis oleh bapak, saya membaca jika pak hsw memakai kepala charger yg bukan bawaan dari handphonenya, yg ingin saya tanyakan apakah jika memakai kepala charger dan kabelnya yg bukan bawaan dari handphonenya akan berpengaruh terhadap batrainya??

        1. Pak Audi Siena,

          Cukup bagus, walaupun tidak semantap Anker dan Energea. Di kisaran harga yang sama dengan Aukey, Anda juga boleh melirik merek Tronsmart.

      1. Koh Herry,
        Kalo si redmi note 5 4/64 atau pocophone 6/128 itu ada 2nd space-nya gak si koh?
        Apa cuma redmi note 4 aja yg terakhir kalinya bikin menu/ fasilitas tsb ya koh?
        Thanks koh

  23. Salam Pak Herry..
    Mau bertanya lagi mungkin ada sedikit diluar topik.

    1. Mohon info gawai apa saja yg sudah mendukung fitur fast charging / quick charge ?

    2. Apakah Max Pro M2 ini sudah ada fitur fast charging / quick charge nya ?

    3. Lantas, apabila suatu gawai yg belum support fast charging / quick charge tetapi ngecharge nya pake charger yg support quick charge 3.0 apakah aman, Pak? Ada pengaruh dlm hal kecepatan pengisian daya atau tidak kira2, Pak?

    4. Di online ada charger merek Qualcomm quick charge 3.0 apakah recommended?

    Makasih Pak 🙂

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      1. Paling mudah unduh saja daftar yang ada di sini https://www.qualcomm.com/documents/quick-charge-device-list. Namun, harap jangan dijadikan patokan mutlak ya. Sebab, kadang ada ponsel yang tidak tercantum atau terlambat dicantumkan.

      2. Ya. Namun, tak jelas yang versi berapa.

      3. Aman. Charger yang sebenarnya sudah mendukung Quick Charge akan mengisi daya ponsel dengan kecepatan standar/biasa.

      4. Mereknya Qualcomm? Kalau iya, malahan agak aneh. Sebab, setahu saya, Qualcomm tidak pernah memproduksi dan menjual charger sendiri.

  24. Selamat siang Om Herry, mau tanya agak oot, adakah gawai resmi yg beredar di Indonesia saat ini (2019) yg memiliki kriteria: Ada NFC, Ada Infrared, Baterai besar (min. 4000mah), Ram min 4gb (harus terpenuhi semua 1 paket). Kamera boleh diabaikan, Hybrid/Non-Hybrid boleh, harga dan merek tidak masalah (samsung pun boleh, walaupun Om Herry sudah mencoretnya dr rekomendasi). Klo ada hape apakah itu dan berapa harganya? Kalau ada lebih dari satu boleh disebutkan semua? Terima kasih. Tuhan memberkati.

    1. Pak Alexander Ipin,

      Huawei P20 Pro Rp 11 juta.

      Sebenarnya juga ada Huawei Mate 20 Pro, tetapi saya belum berani merekomendasikannya.

  25. Pak Herry,

    Dari segi Camera, bagus mana Asus Zenfone Max Pro M1 dengan Asus Zenfone Max Pro M2?

    Khusus camera saja.
    Kalo bagusan M1 maka M1 jadi menarik, terutama yang versi 6GB.

    Tambahan pertanyaan, apa ada info SAR value M1 dan apakah SAR value perlu diperhatikan bagi yang takut radiasi ponsel?

    Thanks Pak

    1. Pak Zulfikar,

      * Zenfone Max Pro M2.
      * Saya tak mengetahui besaran SAR Zenfone Max Pro M1.
      * Kalau takut radiasi ponsel, ya silakan diperhatikan.

  26. Liat2 di review lain pasang google camera di zenfon max pro m2 mungkin ceeitanya lain ya koh Herry? Apa pa Herry rekomendasikan pasang gcam di max pro m2?

    1. Kayaknya ide bagus itu Pak.
      Sayang GCAM sering gagal di Install. Termasuk di BlackBerry Aurora saya ga mau jalan.

      Saya coba pakai OPEN CAMERA bagus Pak hasilnya. Tak pernah salah fokus spt aplikasi Camera bawaan semula.

      Recommended.

    2. kalau saya pribadi rekomendasikan jika merasa sektor kameranya kurang…karena dari ulasan ko Herry di atas bagus kecuali kamera tapi setelah pasang gcam…booom…silakan coret kata kecualinya. bagusnya lagi pemasangannya ga seribet merk sebelah yang mesti root. cukup via PC lewat fastboot dan lebih simple stepnya

  27. Selamat Siang Koh Herry

    Saya ingin bertanya, Apakah layar Zenfone Max Pro M1 aman-aman saja ketika digunakan tanpa tempered glass?

    1. Pak Rizal Dwi Prasetya,

      Saat menggunakan ponsel merek apa pun, termasuk yang sudah memakai Gorilla Glass, saya selalu menambahkan pelindung layar tambahan. Kadang pakai yang non-tempered glass, kadang pakai tempered glass. Buat perlindungan ekstra gitu deh.

  28. Pagi ko Herry

    MI A2, MI 8 Lite, Redminote 6 Pro, Asus Zenfone 5

    – kalau diurutkan berdasarkan kamera terbaik?
    – kalau diurutkan berdasarkan all spec yg 4/64 ( kamera, fitur dan performance ) serta harga ?

    Terima kasih

    1. Pak Victor,

      * Mi A2, Mi 8 Lite, dan dua ponsel terakhir relatif imbang.
      * Mi A2, Mi 8 Lite + Zenfone 5, dan Redmi Note 6 Pro.

  29. Pagi ko Herry

    MI A2, MI 8 Lite, Redminote 6 Pro, Asus Zenfone 5

    – kalau diurutkan berdasarkan kamera terbaik?

    – kalau diurutkan berdasarkan all spec ( kamera, battery, performance ) + ke sesuai an harga, yg terbaik?

    Terima kasih

  30. Pak HSW, maaf oot. Minta sarannya untuk hp yg memenuhi kriteria baterai awet minimal pagi smpai malam, performa gegas, kamera mumpuni (kalo bisa baik jg untuk low light) untuk perjalanan, layar amoled, build quality baik dan fitur lainnya. rekomendasinya apa ya pak jika budget sekitar 5-6,5jutaan (baru atau bekas tidak apa). Kandidat saya saat ini Galaxy A8 plus (karena baterai tahan lama), galaxy A8 Star (baterai lumayan dan kamera katanya bagus), Galaxy S8 plus dan LG V30 plus. Klo diurutkan lebih rekomen mana pak(terlepas dri LG setngah hidup dan samsung dicoret dari rekomendasi pak HSW). Diluar dr kandidat jg blh ditambahkan pak. Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Fandi,

      Buat saya sih Samsung langsung kena tagar #SamsungCoret. Jadi, walaupun diminta, saya takkan merekomendasikan ponsel Samsung.

      LG sebaiknya juga tidak dibeli lagi. Biarpun “masih seperempat hidup” (iya, kini bukan lagi “setengah hidup”, tetap jangan deh.

      Yang paling mendekati kriteria Anda tampaknya Vivo V11 Pro.

      1. Terima kasih pak HSW sarannya.
        Gak nyangka ternyata kandidat saya ga ada yg masuk rekomendasi dan LG sudah seperempat hidup hehe..

        Hmm, kalo kriteria layar amoled dicoret, rekomendasi selain vivo V11 pro kira2 apa ya pak?
        Selain itu, build quality vivo v11 pro apa cukup baik mnrt pak HSW?

        Terimakasih

  31. Koh saya pikir kameranya masih lumayan daripada Xiaomi redmi note 4 resmi Tam saya yang dulu juga salah satu ponsel rekomendasi pak herry.

    Oh iya itu daya tahan baterai 24 sampai 28 jam apakah Screen om time atau apa?

    Saya malah pengen yang seri 6GB ram.
    Karena cuma ada tipe ini, kalau samsung M20 ram gak ada sampai segitu. Dan merk lain semacam RealMe ada yg murah ram gede sampai 8GB tapi pemakaian jangka panjang buruk updatenya.

    Ada saran kah? Apakah nunggu M20 versi 6GB? Hehe

    1. Pak Wahyuu Soloraya,

      * Andaikan Zenfone Max Pro M2 ini hadir di zaman Redmi Note 4, kameranya masih termasuk cukup bagus. Pada masa kini, kamera seperti itu sudah tergolong kurang bagus.

      * Bukan screen on time. Saya justru termasuk orang yang tak peduli screen on time. Durasi 24-28 jam itu dengan asumsi ponsel saya gunakan untuk beraktivitas harian. Mulai telepon, browsing, medsos, chat, dll.

      * He… he… kalau tanya Samsung kepada saya, jawabannya pasti #SamsungCoret.

  32. Spek dan fitur sudah menarik sayang yang beredar di Indonesia tanpa nfc. Padahal di seri 5Q saja masih ada nfc. Mungkin kalau ada nfc bisa menang banyak kalau lawan merk ‘sebelah’.

  33. Selamat malam Pak Herry…..
    Mau minta rekomendasi gawai budget 2-3juta yang kriteria utamanya sektor kamera, kiranya rekomendasi dari pak Herry apa ya selain xiaomi? soalnya untuk pemakaian jangka panjang biar awet ?
    Terima kasih….

    1. Pak Jefri Bastian,

      Kalau kriteria seperti itu dan tidak mau Xiaomi, pilihannya:
      * Asus Zenfone Max Pro M1 4/64.
      * Huawei Nova 2i.

      Kamera keduanya tidak sebagus Xiaomi Redmi Note 5 dan Mi A2. Untuk pemakaian jangka panjang, saya lebih pilih Zenfone Max Pro M1 daripada Nova 2i.

      1. Kalau Zenfone Max Pro M2 gimana pak herry? Itu kan produk lebih baru,kenapa kok pak herry merekomendasikan Zenfone Max Pro M1?

          1. Ouw…oke pak Herry, berarti kriteria untuk pemakaian jangka panjang kiranya minim mencari RAM yang 4gb ya?

          2. Pak Jefri Bastian,

            Minimal Snapdragon 636, RAM 4 GB, dan ROM 64 GB. Kalau lebih tinggi lagi sih lebih baik.

  34. Akhirnya muncul juga ulasan ponsel ini.

    Dalam pemakaian dua bulan ini, ponsel Asus Zenfone Max Pro M2 saya beberapa kali mengalami kejadian aplikasi tidak menanggapi, umumnya terjadi pada aplikasi email bila sedang masuk banyak email. Menurut Pak Herry, apakah ini wajar? Mengingat ketika memakai samsung, hal itu tidak pernah terjadi.

    Terima kasih.

    1. Pak Michael Eliantono,

      Semacam freeze begitu? Boleh tahu pakai Gmail atau apa, Pak? Saya pakai Gmail dan setiap hari menerima ratusan email. Ponsel selalu baik-baik saja. Kalau hanya untuk email sampai freeze, hal itu tidak wajar deh.

      1. Iya, pakai gmail dan outlook di aplikasi gmail. Coba saya update firmware dulu deh siapa tau ketidakwajaran ini hilang.

        Terima kasih infonya

  35. Pak Herry, kalau untuk android huawei yg mirip zenfone max pro m2 (prosesor cepat dan batre awet) dengan kisaran harga yg sama seperti hape ini, kira2 apa ya?
    Saya tertarik coba android huawei

    1. Bisa Pak, install aja software ScreenMaster dari Playstore. Gratis cuman ada iklan. Bisa screen capture tanpa tekan tombol. Dan abis itu bisa langsung edit, crop, nambahin text atau kotak atau tanda panah. Trus langsung share. Tanpa pindah program.

  36. Ko herry. Saya mau tanya.
    Di forum jb kota saya ada yang jual huawei nova 2i dengan harga 2.100.000 dengan kedaan fullset dan no minus.
    Menurut ko apakah cocok itu hape saya ambil atau ada hape yang lebih recommended di rentan harga maximal 2,5 juta rupiah.
    Kebutuhan saya : baterai agak besar, kamera, game palingan aov dan pubg. Rencana untuk melengkapi hape saya yang saya pakai ini

    Terimakasih ko.

    1. Pak Muhaimin,

      Kalau anggaran tak bisa ditambah, saya lebih condong ambil Asus Zenfone Max Pro M1 4/64 baru dan bergaransi resmi. Harga Rp2,299 juta.

      Kalau anggaran bisa ditambah, saya menyarankan Anda membeli Xiaomi Redmi Note 5 4/64 Rp2,6 juta.

  37. Salam, Pak Herry SW.

    Semoga dalam keadaan sehat dan berbahagia. Saya ingin bertanya, Pak. Dengan dana maksimum 3,6 juta Rupiah ponsel apa yang direkomendasikan dalam segi performa, baterai dan kamera ya, Pak? Dengan kriteria layar tanpa notch konvensional atau dengan notch bergaya waterdrop. Menurut Pak Herry SW, ponsel apa yang mendekati kriteria tersebut?

    Sebenarnya kepincut dengan ponsel ini tetapi dengan adanya notch saya jadi mundur perlahan. Mohon ditanggapi, Pak. Terima kasih.

    1. Pak Jokohi,

      Kalau kriteria layarnya seperti itu, ya berarti Xiaomi Redmi Note 5 varian 4/64. Harga ritel resmi Rp2,799 juta. Harga pasar sekitar Rp2,6 juta.

  38. Ko Herry,
    Saya pernah beli Asus zenfone max pro M1 yg 3/32 GB (sdh dijual) & 6/64 GB (skrg dipakai anak sulung saya). Dibandingkan hasil foto Asus zenfone max pro M2,menurut pandangan ko Herry lbh baik yg mana?
    Saya pribadi merasa msh lbh baik hasil foto Asus zenfone max pro M1,bahkan mungkin jg Huawei nova 3i.

    Saya pernah lihat reviewnya dari Putu Reza,ia mengatakan jgn mengaktifkan 1 aplikasi (sy lupa namanya) karena hp nya ntar jadi bermasalah. Solusinya dgn menonaktifkan aplikasi tsb. Apakah ko Herry pernah mengalami/mencoba aplikasi tsb?
    Terima kasih.

    1. Pak Chely Sutio,

      * Zenfone Max Pro M1 3/32 dengan firmware terakhir saat saya pakai vs Zenfone Max Pro M2 dengan firmware yang saya gunakan saat uji pakai: lebih bagus hasil foto Zenfone Max Pro M2.

      Saya sempat mendapatkan info kalau hasil kamera Zenfone Max Pro M1 kini lebih bagus daripada dulu. Namun, saya belum pernah membuktikannya sendiri.

      * Saya belum pernah mencoba Zenfone Max Pro M1 6/64. Spesifikasi kameranya di atas kertas lebih tinggi daripada Zenfone Max Pro M1 3/32 dan 4/64.

      * Ehmm… aplikasi Caping? Memang sempat bermasalah, tetapi sudah diatasi oleh Asus.

  39. Mohon maap Pak, saya mau nanya soal Zenfone Max Pro M1 disini.
    Dulu waktu awal2 beredar di pasaran kan beberapa kali dapat update pembaruan sistem / security patch dsb., nah yg ingin saya tanyakan, apa kalo beli Max Pro M1 sekarang memang sudah otomatis terupdate ke pembaruan sistem terbaru, Pak?
    Soalnya beberapa waktu lalu Saya beli Max Pro M1, saya coba update sistemnya tidak keluar alias tidak ada yg perlu diupdate. Mohon pencerahannya. Thx

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      Mungkin belum ke versi terbaru yang tersedia saat ini, melainkan mundur satu versi. Tak masalah tho. Tinggal di-update sendiri.

      Kalau Anda coba cek pembaruan dan dibilang tak ada yang perlu di-update, ya berarti memang belum ada versi lebih baru.

      1. Iya Pak, tapi maksud saya bukan itu. Poinnya, apa memang ponsel ‘jadul’ BNIB waktu pertama kali diaktifkan sudah otomatis terpasang sistem terbaru dari OS ponsel tsb.? Nah disini saya ada contoh Zenfone Max Pro M1, kan dulu waktu awal2 dipasaran sudah beberapa kali dapat pembaruan sistem nih. Tapi minggu lalu saya beli Max Pro M1 kok tidak muncul update-annya ya, Pak? Saya pikir, ‘Ooh mungkin sudah terupdate otomatis dari sononya waktu pertama kali diaktifkan..’
        Begitu Pak.. dan sampe skrg pun blm keluar notifikasi apapun untuk pembaruan sistem. Gimana Pak kira2 ada penjelasannya nggak? Trims..

        1. Pak Dico Sugandhiko,

          * Terbaru saat ponsel itu diproduksi. Kalau setelah didistribusikan ponsel itu sempat menjadi penghuni toko selama beberapa bulan, padahal di rentang waktu tersebut ada pembaruan firmware, ponsel tentu tidak bisa langsung berada di firmware terbaru saat dikeluarkan dari kardus. Pengguna harus melakukan pembaruan dulu.

          * Ya mungkin saja memang belum ada versi firmware yang lebih baru.

  40. Terima kasih atas tanggapannya, Pak. Setelah insiden #SamsungCoret, apakah Pak Herry berencana untuk menguji coba ponsel Samsung A30 dan A50 yang sepertinya akan segera rilis di pasar Indonesia? Menurut Pak Herry, apakah lebih baik menunggu sampai akhir bulan untuk melihat ponsel-ponsel baru pada kelas menengah? Tolong berikan bocorannya Pak jika memang memungkinkan. Terima kasih, Pak Herry SW.

    1. Pak Jokohi,

      * Saya belum berencana me-review ponsel #SamsungCoret, Pak.
      * Abaikan saja ponsel Samsung. Bulan ini ada beberapa ponsel non-Samsung yang mestinya lebih menarik.

      1. Halo koh Herry,

        Mau nanya nih, meski sistem OS yg diusung zenfone max pro2 stock android, apakah gawai tersebut juga mengusung android one? Karena ada “kabar burung” gawai tersebut hanya memakai stock android nya saja, sedangkan android one tidak.

        Lalu, mohon saran gawai dengan android one selain merk xiaomi dikisaran harga 3jutaan koh.

        Terima kasih dan sehat selalu
        Salam,

  41. Koh Her tanya, di awal tahun 2019 ini Mifi merk-merk apa saja dan seri berapa yang rekomen untuk dibeli, yang tentunya sudah support 4G? Saya tidak menyertakan rentang budget/anggaran saya. Yang setidaknya jangkauan sinyal Mifi-nya bisa nyantol dalam 1 rumah ukuran minimalis 2 lantai Koh.
    Lalu pernahkah Koko ke Kota Batu? Jika pernah, berapa hari dan kapan waktu itu ke Batu? Saat itu memakai kartu apa untuk berinternet-nya?

    1. Pak Rizqy Afrizal,

      * Saya jarang menjajal mifi. Saat ini sih memakai mifi Smartfren S1. Mifi-nya bagus dan tentu saja mendukung 4G LTE.
      * Pernah, tapi sudah lama. Hanya satu malam. Saya tak ingat saat itu menggunakan operator apa.

      1. Adakah rekomendasi lain selain mifi Smartffren S1-nya yang pernah Kokoh sempat coba dan bagus Koh? Yang harga resmi barunya kira-kira ratusan ribu (dibawah 1 juta)

  42. Ko Herry, saya mau tanya.
    Untuk harga yg relatif sama, pilih mana antara ASUS ZENFONE MAX PRO M1 3/32 & ASUS ZENFONE ZOOM S 4/46
    Jika pemakaian lebih untuk menonton video ,terimakasih

    1. Bu Aini,

      Dengan harga yang relatif sama? Apakah berarti Anda mendapatkan penawaran Zenfone Zoom S 4/64 (pasti bukan 4/46 seperti yang Anda tuliskan) dengan harga kurang dari Rp2 juta? Murah banget itu. Ambil Zenfone Zoom S-nya deh.

    2. salam Pak Herry

      antara zenfone 5 atau max pro m2, kira2 Pak Herry lebih condong kmn ? mohon penjelasan jg knp memilih gawai itu. sy sepekan ini benar2 bingung harus pilih yg mn.

      terima kasih

      1. Pak Bowo,

        Hari ini saya telah menjawab pertanyaan serupa sebanyak 4-5 kali. Namun, sepertinya nama penanya tidak sama.

        Menurut saya, cara memilihnya berdasarkan kebutuhan utama Anda. Kalau Anda menomorsatukan daya tahan baterai, ambillah Zenfone Max Pro M2. Kalau Anda mengutamakan kamera dan ketersediaan NFC, ambil Zenfone 5.

  43. Pak Herry SW
    terima kasih pak sudah mereview hp asus zenfone max pro m2 ini.
    pak saya mau tanya sekarang kan asus zenfone 5 sudah di sekitaran harga 3,5 jutaan juga, jadi sekarang bingung lebih baik mengambil asus zenfone max pro m2 atau asus zenfone 5.
    kalau pak Herry sendiri akan lebih memilih yang mana ya? terima kasih pak.

    1. Pak Wan,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Kuncinya begini. Kalau Anda lebih mengutamakan daya tahan baterai, ambillah Zenfone Max Pro M2. Sebaliknya, bila Anda menomorsatukan kamera dan ketersediaan NFC, pilihlah Zenfone 5.

  44. Pak her kalau di suruh memilih asus zemfone 5 dan asus zenfone max pro m2 lebih memilih yang mana ya? Dan alasannya apa?
    Krn dua duanya sudah harga sekitaran 3.5jt jadi bingung mau ambil yang mana.

    1. Pak Albert,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Cara memilihnya sederhana saja. Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, ambil Zenfone Max Pro M2. Kalau Anda lebih mengutamakan kinerja kamera dan ketersediaan NFC, ambil Zenfone 5.

  45. Halo ko Herry saya ingin bertanya apakah dengan bujet yang hampir sama, apakah sebaiknya saya membeli Asus Zenfone Max Pro M2 yang liris lebih akhir atau Zenfone Zoom S yang sudah agak lama? Mengingat harganya saat ini hampir sama dan performa baterai sama, hanya Zoom S lebih dahsyat di kamera, sedangkan Max Pro 2 lebih baru dalam perilisan. Apakah Zoom S saat ini dalam pemakaian harian sudah tertinggal atau masih relevan? karena dari review ko Herry, kamera Max Pro M2 kurang memuaskan. Terima kasih

    1. Pak Yoyok,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Harga dua ponsel itu berbeda cukup jauh lho. Zenfone Zoom S varian 4/64 bisa didapatkan dengan dana maksimal Rp2 juta. Sedangkan Zenfone Max Pro M2 varian 4/64 masih di harga Rp3,1 jutaan.

      Kalau Anda mementingkan fitur kamera, silakan ambil Zenfone Zoom S. Sebagian spesifikasinya memang sudah agak ketinggalan. Namun, untuk pemakaian harian normal sih masih layak.

  46. Salam koh Herry ..terima kasih karena reviewnya ini akhirnya saya meminang m2 pro ini…..di pangkalpinang harga 3.250.000……dapat unit garansi TAM……oya koh….setelah cek2 cari2 di menu kok nggak ada kompasnya yaa….?

    1. Pak Yusmin,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Memang tidak ada aplikasi bawaan kompas. Silakan mengunduhnya di Play Store.

    1. Pak Aditama Wakhid,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Saya tidak pernah mengalami ghost touch saat memakai Zenfone Max Pro M2.

  47. pak herry saya mau tanya dengan budget 3,5 jutaan lenih memilih asus zenfone max pro m2 6/64 atau asus zenfone 5 ?dan kenapa hp itu yang dipilih. terima kasih.

    1. Pak Wan,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Saya belum pernah menguji pakai Zenfone Max Pro M2 varian 6/64. Menurut saya, cara memilihnya berdasarkan kebutuhan utama Anda. Kalau Anda menomorsatukan daya tahan baterai, ambillah Zenfone Max Pro M2. Kalau Anda mengutamakan kamera dan ketersediaan NFC, ambil Zenfone 5.

      1. Terima kasih pak herry sudah membalas. Saya mohon maaf untuk pertanyaan berulang di karenakan saya kira koment saya belum masuk, karena pada saat saya menekan send koment saya tidak muncul di blog ini. sehingga saya bingung dan mencoba kirim ulang lagi. Terima kasih pak Herry atas pengertiannya.

        1. Pak Wan,

          Komentar atau pertanyaan yang dikirimkan memang tidak langsung masuk. Ia baru muncul saat saya meresponsnya.

  48. Om HSW, nanya dong, kalo nggak salah si Max Pro M2 ini Android nya murni ya? Ada pengaruh nya ke kinerja nggak sih Om kalo dibanding dgn yg kyk MIUI misalnya? Gara2 Om HSW jd kepincut pingin ngangkut si Max Pro M2 ini krn utk kamera saya nggak concern.

    Satu lagi Om, HP yg saya pakai skrg ASUS Zoom S, secara spek jauh nggak sm si Max Pro M2 ini? Kebutuhan yg penting responsif dan baterai tahan bakar..eh..tahan lama..

    Makasih sebelumnya Om HSW

    1. Pak Krisna,

      * Ya, Zenfone Max Pro M2 menggunakan plain Android. Enaknya Android polosan, aplikasi bawaan tidak banyak dan biasanya terasa lebih ringan.

      * Dari Zenfone Zoom S ke Zenfone Max Pro M2, Anda akan merasakan ponsel dengan kegegasan lebih tinggi. Namun, performa kamera merosot.

  49. maaf mau nanya untuk urusan kamera dibandingin asus zoom s bagusan mana koh..
    rencana mau update ke max pro M2,

  50. sore koh herry

    ini asus rog phone kok molor nya lama sekali ya?
    apa mereka tidak belajar dari kasus zenfone 5 dulu yg tersedia di pasar nya lama dr waktu launching nya?
    thx u sblmnya koh.

  51. Malam om, Untuk penggunaan sosmed, game sedikit, batere awet seharian, kamera bagus.. dengan bujet di bawah 2juta ( garansi resmi) rekomen handphone apa om Hery?

    1. Pak Dimas Jak,

      Hmmm… yang memenuhi semua kriteria sih harganya masih lebih dari Rp2 juta. Kalau yang mendekati, silakan melirik Asus Zenfone Max Pro M1 3/32 Rp1,799 juta.

      1. Halo om saya mau menanyakan untuk aplikasi yg kita download di asus zenfone max pro m2 apakah bisa di pindahkan ke micro sd card..biar internal memory tidak kepenuhan..trims sebelumbya om

        1. Pak Adiswa,

          Saya tidak memperhatikannya. Sebab, sejak dulu saya berpinsip aplikasi akan berjalan lebih optimal bila diinstalasikan di memori internal.

  52. Malam Pak Herry, saya ada budget 3,5jt niatnya ingin beli Xiaomi redmi note 7 nnti kalo sudah rilis. Untuk jaga” jika gajado beli hp itu saya punya beberapa list:
    1. Samsung M20
    2. Asus Max pro M2
    3. Xiaomi redmi note 6 pro
    Dari list tersebut mana yg lebih pak herry pilih jika kebutuhan saya adalah fotografi dan kadang suka main game tolong beri alasan knp tidak memilih yg lain. Adakah hp lain yang ingin pak hery rekomendasikan di harga segitu?
    Terimakasih

    1. Pak Tio,

      Saya yakin belasan menit lalu usai menjawab pertanyaan yang sama. Namun, nama pengirimnya berbeda.

      Buat saya, ponsel Samsung tipe apa pun langsung terkena tagar #SamsungCoret. Mengapa? Silakan membaca ini https://twitter.com/i/moments/1105038894934814720

      Di antara dua pilihan yang tersisa, cara memilihnya begini:
      * Kalau Anda lebih mengutamakan main game, ambillah Zenfone Max Pro M2.
      * Kalau Anda lebih mementingkan kamera, ambillah Redmi Note 6 Pro.

  53. Om mau tanya, Om merekomen provider internet apa (3G ataupun 4G) yang penting lancar jika ingin digunakan didalam sebuah ruangan di daerah Sukolilo (ITS), Surabaya? Barangkali Om mungkin sudah pernah ke daerah Sukolilo atau hafal bagaimana kualitas jaringan2 di Surabaya, karena saya saat ini pakai Axis untuk Data, saat digunakan di daerah kota pun di ruangan tertutup (indoor) sering masih kesulitan dalam mencari sinyal 3G. Makasih Ko

    1. Pak Rizqy Afrizal,

      Wah, kalau spesifik Sukolilo saya kurang tahu. Sebab, saya jarang beraktivitas di daerah sana. Apalagi ini untuk pemakaian di dalam ruangan. Konstruksi gedung sangat berpengaruh.

  54. Pak Herry,
    Asus zenfone max pro M2 saya setelah update firmware 15.2016.1902.192 release 12 Maret 2019 kemarin, kamera depan kadang-kadang tidak berfungsi, setelah hp direstart baru berfungsi, kenapa ya pak?

    1. Pak Yayan,

      Saya sudah berpisah dengan Zenfone Max Pro M2. Mungkin saja memang ada bug. Kalau tidak keberatan mencoba, saran saya, lakukan factory reset agar ponsel kembali seperti kondisi pabrikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *