Review Asus ZenPower: Kembaran Xiaomi yang Layak Beli

Anda yang rutin menyimak review dan komentar penulis di blog maupun Twitter pasti mengetahui rekomendasi penulis terhadap ponsel serta tablet Asus. Kali ini rekomendasi penulis atas Asus ZenPower berbeda 180 derajat. Power bank yang sepintas menyerupai power bank Xiaomi itu penulis sarankan untuk dibeli.

Mengapa? Lha barang bagus. Tampilan fisik tidak murahan, kinerja prima, dan berharga jual rasional. Sampai detik ini, ada dua varian ZenPower yang telah dipasarkan resmi ke Indonesia. Awalnya beredar ZenPower berkapasitas 10.050 mAh seperti yang penulis uji pakai. Berikutnya, muncul ZenPower 9.600 mAh.

ZenPower-1

ZenPower berkapasitas 10.050 mAh (selanjutnya disebut ZenPower saja) tersedia dalam lima varian warna. Yaitu, hitam, emas, perak, merah, dan biru. Harga ritel resminya Rp 259.000. Tak sedikit penjual yang mematok harga lebih tinggi. Paling sering Rp 275.000. Rekor harga termahal yang pernah penulis jumpai adalah Rp 350.000.

ZenPower-4

Asus mengklaim ZenPower adalah power bank 10.050 mAh seukuran kartu kredit pertama di dunia. Menurut penulis, klaim tersebut tidak sepenuhnya benar maupun salah. Panjang dan lebar ZenPower memang setara dengan kartu kredit atau kartu ATM. Namun, tebalnya berkali-kali lipat melebihi kartu kredit. Demikian pula bobotnya. Power bank itu berdimensi fisik 90,5 x 59 x 22 milimeter dan berat 215 gram.

ZenPower-3

Bodi ZenPower terbuat dari aluminium. Kali pertama melihatnya, sebagian orang mungkin akan menilainya mirip dengan power bank Xiaomi 10.400 mAh. Hal itu tidak berlebihan. Sebab, sekilas penampakannya memang bak saudara kembar. Bedanya, ZenPower sedikit lebih ramping.

ZenPower-2

ZenPower hanya memiliki satu konektor output. Colokan USB itu mampu melewatkan arus maksimal 2,4A. Untuk mengetahui sisa daya, pengguna tinggal menekan tombol power dan memperhatikan jumlah lampu yang menyala. Bila empat lampu menyala, berarti daya power bank setidaknya masih 75 persen. Semakin sedikit lampu yang menyala, semakin sedikit pula sisa daya.

ZenPower-5

Ketika power bank kehabisan daya, pengguna tinggal menghubungkan ZenPower dengan charger berkonektor micro USB. Ia sanggup “disuapi” arus listrik sebesar maksimal 2A.

Selama menguji pakai ZenPower, penulis telah memadukannya dengan aneka ponsel. Mulai ponsel berharga jual Rp 300 ribuan sampai Rp 9 jutaan. Power bank yang menggunakan sel baterai Panasonic itu juga penulis pakai untuk menyuntikkan tenaga ke mifi LTE.

Hasilnya, ZenPower selalu berfungsi dengan baik. Power bank itu terpantau dapat menyesuaikan besar kecilnya output sesuai kebutuhan masing-masing gawai yang baterainya di-charge. Penulis memantau kondisi itu dengan memanfaatkan peranti tambahan.

Bagi penulis, sisi minus ZenPower hanya satu. Kabel bawaannya berwarna putih. Setelah beberapa lama digunakan, kabel itu menjadi kotor dan sulit dibersihkan.

ZenPower-6

Sssstt… penulis berencana mencari majikan baru untuk ZenPower yang telah selesai diuji pakai itu. Berminat? Syaratnya cuma satu. Penulis meminta power bank tersebut ditukar dengan power bank Samsung yang di dalamnya berisi pasir. Contohnya seperti di bawah ini. Kalau Anda memilikinya, silakan me-mention penulis di Twitter @herrysw.

UPDATE: supaya tidak berkali-kali ditanyakan, penulis berikan batasan waktu. Penawaran tukar guling ZenPower dengan power bank Samsung berisi pasir hanya berlaku sampai 20 Agustus 2015 pukul 23.59 atau bila telah ada partisipan yang memenuhi syarat. Mana yang lebih dulu.

ZenPower-7

133 thoughts to “Review Asus ZenPower: Kembaran Xiaomi yang Layak Beli”

  1. Pak saya punya power bank yg merk Samsung itu pak Herry. Nanti saya foto lewat twitter. Asli apa palsu saya kurang tahu.

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Ada tidaknya pasir baru ketahuan setelah dibongkar. Kalau dilihat dari fisik luar, tak ketahuan, Pak.

    1. Pak Ilham,

      Itu power bank Samsung palsu. Fungsi pasirnya untuk pemberat. Biar power bank palsu yang diklaim berkapasitas puluhan ribu mAh tersebut tampak berat dan meyakinkan.

  2. betul2 copy paste dari powerbank mi dengan sedikit edit sana-sini, meski asus tidak se-jujur xiaomi di website resminya dalam hal menjelaskan apa saja komponen di dalamnya
    lumayan jadi pengobat rindu yang gak kebagian mi 10400 mAH yang sudah tidak dijual secara resmi di Indonesia
    dengan harga mepet mi 16000 mAH, lebih masuk akal beli yang 16A ketika dimensi dan berat tidak menjadi masalah

    itu powerbank yang “diduga” isi pasir sempat beberapa kali saya lihat di pusat handphone berbagai Mall ko, tentunya dijual dengan harga super murah hehehe

    1. Pak Thanmustbay,

      Iya, asalkan tidak keberatan dengan power bank yang panjang dan lumayan berat, Xiaomi 16.000 mAh boleh dilirik.

      Soal power bank Samsung, apakah di dalamnya pasti ada pasirnya? Saya beberapa kali iseng beli, nggak dapat yang berisi pasir nih. Ada teman satu kali beli, langsung dapat pasir.

      1. terus terang saya juga tidak tahu ko, karena rata2 yang jual msh melabeli dengan harga di atas 100rb, untuk sebuah keisengan, saya masih eman2 hahaha
        mungkin nanti kalau ada yang jual di bawah 100rb coba saya beli

        1. Pak Thanmustbay,

          Oh ok. Saya pernah beli yang Rp 65 ribu pun masih gagal dapat yang pasir. Sedangkan teman yang membeli dengan harga lebih mahal malahan dapat pasir. Sayang, terlanjur dibuang. Waktu saya titip beli ke tempat dia berbelanja, stok sudah habis.

  3. Om herry pernah coba kabelnya diganti dengan yang ada dipasaran ga om? Misal yang kabelnya panjang,ada potensi merusak chip ga sih om?
    Saya pernah pakai kabel data BB (kw),yang saya sambung ke hp androoid lokal. dalamya kabel isi 3 hanya bisa buat ngecharge,kalau disambung ke PC,bisa ke detect tapi ga bisa ”nyambung”di hp nya loncat2 masuk ke menu2 dan seperti nge klik sendiri ga bisa dikendalikan. Tp setelah pakai yang isi 5 ..baru bisa conect ke PC dan bisa ngecharge. Saya masih takut pakaii power bank takut merusak chip hp,panas,atau bahkan meledak..
    Om herry Ada tips khusus tentang power bank,kabel konektornya / kabel data?
    Terima kasiih

    1. Pak Alex,

      Pernah. Saya memakai kabel merek Delcell yang dikenal bagus sih. Soal dalaman kabelnya bagaimana dan yang bagus seperti apa, terus terang saya tak terlalu paham.

    1. Pak Wandy,

      Silakan mencari di pusat penjualan ponsel, pusat penjualan komputer, atau membeli online di situs Asus Store Indonesia.

  4. Pak Herry.. maaf saya mau tanya agak melenceng.. apa bpk ada rencana mencoba Axioo Windroid.? saya pnasaran terutama dgn versi 8G.. katanya gawai nya punya 2 OS… windows dan android.. mksi pak..

    1. Pak Deko Andre,

      Tidak ada rencana. Saya sempat mencoba yang berlayar sembilan inci di sebuah toko. Menurut saya, nggak banget deh. Finishing-nya keliatan murahan banget. Beberapa kenalan saya sempat beli kloteran (membeli dalam jumlah banyak secara bersama-sama). Hasilnya, banyak yang komplain karena ada yang macet ini itu.

  5. saya punya pb samsung, sptnya isinya pasir. krn buat ngecharge nda bisa berfungsi layaknya pb, yg harusnya ngecharge ini malah nyedot batre.
    masi berlaku nda itu trade in nya? kl.masi tlg kasi tau email ya kang, nti sy kirim gmbr pasirnya stlh dibongkarskalian lwt email.

    1. Pak Yunus,

      Penawaran masih berlaku sampai 20 Agustus 2015. Siapa yang memenuhi syarat duluan, dia yang dapat.

      Maaf, saya tak melayani permintaan kontak via email.

  6. Wah akhirnya keluar juga reviewnya Pak Herry. Terima kasih banyak atas reviewnya, ini yang saya tunggu πŸ˜€

  7. Pak HSW, saya pembaca baru tulisan anda dan langsung terkesima dgn tulisan anda. Sket saya sdh subscriber to ponsel.com
    Saya langsung mau nanya ni pak soal xiomi mi4i kira2 recommended nggak smartphonnya, soalnya saya ada niat ganti smartphone tapi masih ragu2 gitu mau ambil smartphone apaan. Tks pak

  8. Salam kenal pak HSW, saya member baru yg sering baca tulisan anda, dan subscriber to ponsel.com
    Saya minta pendapat ni pak, kira2 smartphone xiomi mi4i recommended nggak pak? Soalnya ada rencana mau ganti smartphone tp masih ragu mau ambil apa, keren sdh search tentang iphone 5, ternyata sdh tidak diproduksi lagi, kebanyakan sdh barang refurbished. Dan ada juga barang refurbished certified apple tp nggak tau mau beli dimana? Tolong share pendapatnya pak Hsw. Terimakasih

  9. punya dana 1.3jt, rekomendasi pak hery hp apa ya?
    saya btuh android, yg bsa aktif di medsos dan kameranya lumayan.
    terimakasih atas sarannya pak πŸ™‚

    1. Bu Putry,

      Menurut saya, langkah terbaik adalah menabung Rp 200 ribu lagi, kemudian belilah Xiaomi Redmi 2 bergaransi resmi. Harga barunya saat ini Rp 1,499 juta.

      Kalau Anda sudah sangat membutuhkan ponsel itu, belilah Redmi 2 bekas. Pastikan yang bergaransi resmi ya.

    1. Pak Indra,

      Kalau ponsel, ada macam-macam. Mulai dari Xiaomi Redmi 2 yang dijual Rp 1,499 juta, Infinix Hot Note Rp 1,599 juta, hingga Acer Liquid Jade Rp 1,999 juta.

      Kalau tablet, cuma ada HP 7 Voice Tab dan Acer Iconia Tab 7. Harga masing-masing tablet tersebut kurang dari Rp 1,5 juta.

  10. Zenpower yg ini mirip sama xiaomi yang 10.000 mAh (belum masuk resmi ke indonesia tetapi sudah banyak yang jual dengan range harga 220.000 sampai 250.000). Ada yg bilang satu pabrik, karena ukuran fisik yang persis sama hanya penempatan port nya saja yang beda.

    1. Pak Iffan Fahmi,

      Benar sekali. Namun, karena yang lebih dulu populer adalah Xiaomi 10.400, maka di naskah review saya sebutkan Xiaomi 10.400 dengan ukuran lebih kecil. Biar orang mempunyai gambaran. Kalau saya menyebutkan Xiaomi 10.000, kebanyakan orang akan belum paham.

  11. pak Herry, mungkin bpk bs kasih rekomen ttg wireless clip on ( mic kecil yg bs disematkan ke kerah baju utk rekaman wawancara) itu merk apa yg bagus ( tp gak mahal …) dan biasanya bs dibeli dimana di surabaya? maaf, mungkin out of the topic; barangkali bpk tau infonya… πŸ™‚ terimakasih ya pak Herry

    1. Bu Nita,

      Maaf, saya tidak bisa membantu Anda. Sebab, saya belum pernah membeli dan menguji pakai peranti seperti itu.

  12. pak Herry….. mungkin bpk bs kasih rekomen ttg wireless clip on ( mic yg biasanya disematkan di kerah baju utk wawancara) yg bagus merk apa ya ? ( tp yg gak mahal…). dan biasanya ada dijual dimana di surabaya ? maaf pak, mungkin out of the topic. barangkali bpk tau infonya… πŸ™‚ trimakasih pak

    1. Bu Nita,

      Lain kali pertanyaan yang sama tolong dikirimkan satu kali saja. Setelah terkirim, sabarlah menantikan jawaban.

    1. Bu Dewita,

      Sampai saat saya mengetikkan jawaban ini (17 Agustus 2015 pukul 11.59), belum ada yang memenuhi syarat.

    1. Bu Dewita,

      Oh, kalau memercikkan api, berarti isinya bukan pasir. Jangan dipaksakan dibongkar karena bisa meletus.

      Kalau yang berisi pasir, tak ada percikan api yang keluar.

  13. oh,,, maaf ya pak Herry, sy sampai kirim 2 kali krn di laporannya tertulis ” waiting for moderation” gitu,,, sy kira apa gak masuk pertanyaan sy ke bpk,,, πŸ™‚ biasanya gak ada tulisan spt itu.

    1. Bu Nita,

      Mestinya sudah sekitar setahun ada tulisan “waiting for moderation”. Pengaturan di blog saya ubah karena setiap hari banyak spam penawaran barang ini itu. Jadi, biar nggak masuk ke blog, saya lakukan moderasi dulu.

  14. Pak Herry maaf oot. Untuk bisa digunakan sebagai video call, syarat apa saja yang harus dimiliki sebuah ponsel? Dan apakah semua ponsel berkamera depan bisa digunakan untuk video call? Matur nuwun sanget

    1. Pak Haris,

      Ini yang dimaksud video call memakai layanan 3G operator atau video call memakai aplikasi seperti Skype ya?

      Kalau yang pertama, syaratnya harus ada pilihan video call di dalam menu telepon. Tidak semua ponsel berkamera depan memiliki fitur tersebut.

      Kalau yang kedua, saya tidak pernah coba. Mestinya sih mayoritas ponsel dengan kamera depan bisa dipakai. Saya bilang mayoritas bukan semua karena pernah ada ponsel dengan kamera depan yang gagal dipakai video call. Saya tak ingat tipenya.

    1. Pak Rudy,

      Sampai saat saya mengetikkan jawaban ini (18 Agustus 2015 pukul 07.30) masih belum ada yang memenuhi syarat.

      Btw, batas akhir penawaran itu sampai 20 Agustus 2015. Bila sampai batas tersebut masih belum ada yang memenuhi syarat, penawaran tukar guling power bank Samsung berpasir dengan ZenPower otomatis berakhir.

        1. Pak Rudy,

          Yang Anda tanyakan ini membongkar power bank atau membongkar sel baterai di dalam power bank?

          Kalau membongkar power bank, ya tinggal dicongkel.

          Kalau membongkar sel baterai di dalam power bank, bagian atas yang menonjol coba dicongkel perlahan. Bila ada percikan api, jangan diteruskan karena bisa meletus. Timbulnya percikan api menunjukkan kalau sel baterai itu bukan berisi pasir.

  15. wooow bentuknya mirip banget dengan yang XiaoMi punya. sedangkan untuk power bank Samsung, dari dulu saya selalu curiga. karena sepertinya Samsung ga pernah ada produk power bank hahaha

    1. Pak Michael Adrieza Darmawan,

      Samsung memasarkan produk power bank kok. Namun, harganya premium dan belum ada yang berkapasitas sampai puluhan ribu mAh.

  16. Malam om herry.
    Boleh tau alasan kenapa tidak merekomendasikan produk smartphone asus?
    Tmohon petunjuk. Terima kasih om.

    1. Pak Maho,

      Saya sudah berkali-kali menjawabnya. Saya copy paste-kan ya.

      Mengapa tablet dan ponsel Asus sebaiknya dicoret?
      1. Sejak zaman Transformer, Nexus, dll sering terlambat memasukkan barang. Khusus poin ini, saya lihat Asus di sini sudah mulai membaik.

      2. Pengaturan distribusi terlihat acak adut. Pada rentang waktu tertentu, saya melihat unsur kedekatan sangat berperan.

      3. Selama mencoba ratusan tipe ponsel, baru di Asus saya mendapatkan sebuah ponsel baru gres sudah geripis di tiga sisi.

      4. Pusat perbaikan resminya cukup andal dalam melatih pengendalian emosi.

  17. Pak Herry, apakah ada produk xiaomi yang secara bawaannya bisa digunakan untuk tanda tangan elektronik , atau ada rekomendasi produk untuk itu dengan budget low

  18. Pak Herry, maaf kalau OOT. Berhubung Xiaomi Redmi Note sekarang sudah sulit ditemukan, kira2 smartphone yang memiliki spesifikasi dan harga mirip dengan Redmi Note apa ya? Terima kasih Pak.

  19. Waduh maaf pak herry, salah menyebutkan nama hehe.

    pak kalo bujet 3.5 juta hp yang kameranya bagus apa ya ?

    baru atau bekas gak masalah, kalau bisa 5inch kebawah.

    terima kasih

  20. Mas Herry. Saran hp yang cocok untuk anak kuliah dong. Kira kira os yang bagus untuk anak kuliah apa ya? Android atau Windows phone? Uang saya 2.5 juta

    1. Pak Andin,

      Lebih asyik mencoba Android deh. Dengan anggaran segitu, silakan melirik Xiaomi Redmi 2 yang dijual Rp 1,499 juta dulu deh. Itu mestinya sudah memadai.

  21. Oiya saya lupa. Pokoknya yang penting itu layar harus gede (5 inci keatas. 5.5 inci lah), batre hemat seharian, sama speaker lantang. Soalnya denger alarm sama notif masuk suka ga kedengeran mas. Saya sih lirik LG G3 Stylus sama Lumia 540. Bagus mana ya mas? Atau mas herry punya pilihan lain?

    1. Pak Andin,

      Hmm… kalau kriterianya seperti itu, silakan mencoba Infinix Hot Note dulu deh.

      G3 Stylus tidak layak beli. Kalau Lumia 540 saya belum pernah coba.

  22. Wah saya cewek mas x_x Xiaomi banyak sih yang bilang bagus, tapi apa emang kualitasnya teruji sebaik samsung lg sony gitu? Infinix juga saya baru denger itu merek. Kok g3 stylus ga layak beli mas?

    1. Ups… maaf Bu Andin.

      Umur Xiaomi jauh lebih muda daripada LG, Samsung, dan Sony. Jadi, untuk jangka panjang masih belum ketahuan. Sejauh ini sih Xiaomi terpantau baik-baik saja.

      Ya, G3 Stylus tidak layak beli karena sering tersendat alias nge-lag. Sangat mengganggu deh.

  23. Maaf pak OOT, kalau cari power bank xiaomi yang asli dimana ya pak?? takutnya kalau ternyata palsu,, kalau di erafone ada tidak pak??

  24. Pak Herry… Asus zenpowernya aman gk y klo untuk LG G3…? Soalnya kan Zenpower outputnya 2.4A… Sedangkan charger punya G3 cm 1.8A… Trims..

    1. Pak Frans,

      Aman. Output 2,4A itu kan output maksimal. ZenPower bisa menyesuaikan besar kecilnya output secara otomatis kok.

  25. Pak Herry..
    Pernah coba beli barang secara online di metrodata.com? Klo pernah cepet g kirim nya..
    Atau klo di WTC sdh ada ga y..?? Trims

    1. Pak Frans,

      Metrodata.com? Barusan saya membuka situs itu, tak terlihat ada barang yang dijual tuh.

      Kalau ternyata yang Anda maksud Metrodataonline.com, saya pernah berkali-kali ke sana. Namun, belum satu kali pun bertransaksi karena harga yang ditawarkan tidak menarik.

      Tinggal keliling ke WTC, Pak. Saya yakin sudah ada toko yang punya stok ZenPower.

  26. Om HSW mau nanya

    Menurut penjelasan om HSW PB ini siap disuapi dg charger 2A

    Boleh tau om HSW merekomendasikan charger apa + PB ini bisa terisi penuh berapa jam?

    Oiya kalo g salah om HSW pernah nulis koefisien PB mnyuapi 60% (kalo gak salah) apa berlaku u/ PB ini om?…berarti max bisa mencharge 6000mAh y om?

    Makasih bnyak jawabnya

    1. Pak Yudi Eko,

      Silakan pakai charger bawaan ponsel merek global dengan output 2A. Boleh pula pakai charger buatan pihak ketiga yang memiliki reputasi bagus. Misalnya, MiLi dan LVSUN.

      Wah, saya nggak memantau dengan detail terisi penuh dalam berapa jam.

      Ya. Asus ZenPower itu praktiknya bisa lebih dari 60 persen. Mendekati 65 persen deh. Jadi, lebih bagus tho.

  27. pak, minta recommendasi merk power bank yang berkualitas bagus beserta link untuk membelinya originall. terimakasih

    1. Bu Nafisah Nur I.,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Silakan mempertimbangkan merek (saya urutkan berdasarkan abjad):
      * Asus http://store.asus.com/id/category/B6282
      * Delcell http://www.delcell.com
      * MiLi http://www.delcell.com
      * Xiaomi http://www.mi.com/id/powerbank/

  28. Ko zenpower bisa menyesuaikan arus output ya?karena core 2 saya charger bawaannya cuma output 0.7a. Sedangkan zenpower max 2.4a.
    Dan bagaimana kalo yg powerbank xiaomi apa bisa menyesuaikan arus juga?

  29. Pak Herry,

    Selamat malam, sebenarnya pingin banget powerbank asus ini sayang saya tidak punya PB samsung Pasir buat dibarter, hehehe
    Kalau powerbank Huawei bagaimana pak? Soal kualitas dibanding xiaomi dan asus? Saya liat di http://www.honor.co.id/honor/accessories/ap007-70.html harganya lumayan bahkan kapasitasnya 13.000mAH. Kalau pak Herry belum pernah coba setidaknya sepengetahuan pak Herry tentang powerbank Huawei tersebut bagaimana. Terima kasih.

  30. Pak Harry, sya sdng btuh powerbank slim berkapasitas d atas 4000mah dgn budget skitar 200an. Btuh slim krn mau d gendong bersma hp.. Mhon petunjuk saran nya Pak.. Terima Kasih πŸ™‚

  31. Mau nanya nih Ko Herry,

    Kalo powerbank merk taff, hame, yoobaobao itu bagus apa nggak ya?
    Lagi susah nyari zenpower sama pbnya xiaomi. Hehe. Lagi nyari alternatif ceritanya.
    Makasih ko πŸ™‚

    1. Bu Merry,

      Taff belum pernah coba. Hame cukup bagus. Yoobaobao? Jangan beli deh.

      Power bank Xiaomi dan ZenPower kan mudah ditemukan, baik offline maupun online.

  32. Pak Herry, misi mau nanya…
    1. Apakah kinerja/umur Powerbank di ukur dari siklus recharge nya ya? Jadi misalnya siklusnya 100x recharge, bila telah melewati 100x recharge, kinerja baterai Powerbank tersebut akan menurun?.
    2. Trus, bila Powerbank itu di pakai cuma 1x siklus saja lalu di simpan/tidak di gunakan (karena saya tidak butuh gitu) dalam waktu lama.. katakanlah berbulan-bulan, apa juga akan berpengaruh pada kinerja/umur Powebank tersebut?.
    Trim’s sebelumnya Pak…

    1. Pak Dennis,

      1. Ya.

      2. Tak masalah. Yang penting secara berkala periksalah sisa daya power bank itu. Lebih baik lagi kalau digunakan sampai habis, di-charge, dipakai sampai tersisa sekitar 60 persen, baru kemudian disimpan lagi.

  33. Minta rekomendasi mana yg lebih patut dibeli antara zenpower 9600 & xiaomi 10.000/10.400 koh..,mungkin sekalian point yg paling berpengaruh antara keduanya.
    πŸ™‚

  34. koh, mau nanya, sy punya hp asus zenfone 5 lite.
    nah masalahnya kenapa ya kok kalo buat foto pake app pixel master bawaan asus, kontras layarnya malah redup, jadi layarnya seperti mati gt tp kalo di amati lg sebenernya masih hidup dan berfungsi hpny..
    mohon pencerahannya. terimakasih

    1. Pak Rudy,

      Kalau mau, coba lakukan factory reset. Bila hal serupa masih terjadi, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Asus.

  35. Pak, saya mau tanya, output keluar zenpower yang sebesar 2,4A apa ga merusak baterai ya?karena dari charger asus sendiri, output keluar nya cuma 1,35A. Kebetulan gadget saya itu Zenfone 4S.
    Tks sebelumnya pak

    1. Pak Rafi,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sebab, saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana aktivitas tergolong padat.

      Bebas sih. Namun, kalau menemukan yang 10.050 mAh dengan selisih harga tidak lebih dari Rp 50 ribu, menurut saya, mending ambil yang 10.050 mAh. Harga ritel resmi ZenPower 9.600 mAh dan 10.050 mAh sebenarnya hanya berbeda Rp 30 ribu.

  36. Koh,, saya mau nya,, di asus ada fitur over charge… nah fungsi nya apa ya? Apa sama kayak fitur auto cut off, yang memutus arus kalo baterai full.

    1. Pak Rinaldo,

      Maksudnya overcharge protection ya? Ya, intinya memutus arus kalau baterai penuh. Fitur itu sudah menjadi fitur bawaan aneka ponsel keluaran terkini kok. Jadi, bukan hanya di Asus.

  37. Selamat malam Pak Herry SW

    Butuh info dari Pak Herry
    1. Biasanya kinerja power bank asus zenpower/xiaomi Power bank 10.000 mAh akan menurun setelah berapa kali siklur recharge ?? Kebetulan saya memiliki kedua tipe power bank tersebut

    2. Saya mempunyai Xiaomi Redmi 2 Prime, mengapa hasil kameranya jika menggunakan Flash selalu muncul effect kuning berlebih ?, bagai mana mengatasinya ?

    3. Saya mempunyai Xiaomi Redmi Note 2 Helio X10, mengapa xiaomi yang menggunakan processor Mediatek selalu panas ? Dibandingkan redmi 2 prime yang menggunakan processor Snapdragon, biasanya apa yang menjadi faktor penyebab panas berlebih ?? Bagaimana cara mengatasinya menurut anda ??

    1. Pak Alam Purnama,

      1. Tak tahu. Sebab, saya belum pernah memakai power bank dalam jangka waktu sangat lama. Mestinya sih ratusan kali ya.

      2. Foto yang dihasilkan memang agak menguning, tetapi mestinya tidak sampai berlebihan. Kalau sampai kuning berlebihan, terus terang saya tak memiliki alternatif solusi selain memadamkan lampu kilat.

      3. Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Redmi Note 2 karena belum ada yang bergaransi resmi. Saat ini saya sedang memakai Infinix Zero 3 yang menggunakan Helio. Ponsel tidak terasa panas tuh.

  38. Pak HSW bagaimana dengan jasa pengiriman dari erafone.com? Apakah cepat & kondisi baik atau mungkin sebaliknya?

    1. Pak Septian,

      Biasanya agak cepat dan aman. Namun, jangan harap ada informasi nomor resi pengiriman ya. Pokoknya beli, bayar, dan tunggu barang tiba 4-5 hari berikutnya (asumsinya kota tujuan di Surabaya).

  39. Pak Herry, bolehkah kita charge zenpower menggunakan charger standar asus zenfone karena yg saya baca di manual book zenpower kalau input nya maks 5.0v / 2.0a sedangkan output dari charger asus adalah 5.2v/1.35a? Trims.

    1. Bu Fera,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba dua ponsel itu. Saya malahan baru tahu ada ponsel merek Xiomi.

  40. Pak Herry, mau minta saran nih, untuk power bank yang bagus dengan kapasitas besar dan kalau bisa yang ringan (tanpa pertimbangan harga), merk apa ya Pak?
    Oya, kalau power bank Asus & Xiaomi ini ada fitur auto-cut nya tidak?
    Terimakasih sebelumnya.

    1. Pak Cholil,

      Kapasitas besar, tapi ringan. Wah, itu dua hal yang bertolak belakang. Semakin besar kapasitas, semakin berat bobotnya.

      Ada. Power bank merek lokal Delcell pun bisa auto cut kok.

  41. Hehehe..iya juga sih Pak, maksud saya yang relatif ringan lah dibandingkan dengan powerbank lainnya.

    Oya, satu lagi Pak, barusan saya sempat cari-cari info, eh ketemu dengan Xiaomi Powerbank Pro 10.000 mAh. (Infonya saya dapat dari sini: http://xiaomi-mi.com/powerbanks/xiaomi-mi-power-bank-pro-10000mah-black/)
    Saya tertarik dengan bentuknya yang slim dan fitur quick&fast charge-nya.
    Bagaimana menurut Pak Herry? Memang belum resmi masuk Indonesia sih, tapi resiko beli powerbank BM begitu, apakah seriskan kalau kita beli produk xiaomi BM lainnya (semisal smartphone)?

    1. Pak Cholil,

      Sepintas sih menggiurkan ya. Saya tidak bisa berkomentar lebih lanjut karena belum pernah coba.

      Silakan dibeli deh. Kalau beli power bank BM masih boleh. πŸ™‚

  42. Selamat pagi pak.. saya senang sekali akhirnya menemukan review mengenai xiaomi dan asus powerbank. Sudah 2 minggu menimbang2 beli powerbank mana.

    Namun, bila menurut pak herry mana yang lebih baik ya?
    XIAOMI Slim Power Bank 10000mAhΒ / 10000mAh
    Mi Power Bank/ASUS ZenPower Powerbank 10050mAhΒ ?

    Saya butuh power bank untuk samsung note 3 saya yang baterainya sudah tidak bisa diharapkan lagi. Kebutuhannya hanya untuk pergi kekantor seharian jadi saya rasa 2Γ—charge sudah cukup.

    Kira2 kalau bapak jadi saya mana yang bapak pilih bila dilihat dari sisi awetnya dan ringannya?

    Oh iya saya rencana mau beli di bhinneka.com kira2 amankah? Sebab terakhir beli external harddisk do lazada, 1 bulan rusak. Masih kecewa nih. Hehe..
    Terima kasih

    1. Bu Vanny,

      Sama saja sih. Di antara tiga tipe power bank itu, manakah yang desainnya paling Anda sukai dan harganya paling menarik? Beli yang itu deh.

      Bhinneka aman kok. Saya sendiri lebih memilih berbelanja di Bhinneka daripada Lazada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *