Review BlackBerry Z3: Murah Bukan Berarti Ringkih

Harga peranti BlackBerry biasanya lebih mahal daripada ponsel pintar Android. BlackBerry 9220 Davis yang merupakan BlackBerry GSM bergaransi resmi termurah, contohnya, dijual Rp 1,4 jutaan. Ponsel itu belum mendukung layanan 3G. Berbekal dana berjumlah sama, bahkan lebih sedikit, konsumen sudah bisa membeli ponsel Android 3G dengan spesifikasi umum lebih tinggi.

Merujuk pada kondisi tersebut, sebuah kekhawatiran sempat mencuat kala mengetahui harga BlackBerry Z3 Jakarta Edition dipatok “cuma” Rp 2,199 juta. Jangan-jangan ponsel tersebut memiliki performa ala kadarnya. Jangan-jangan bodinya ringkih bak ponsel murahan.

Review Z3-1

Jawaban atas beragam prasangka itu terjawab ketika satu unit Z3 siap dieksplorasi penulis. Penampakan fisik Z3 ternyata cukup elegan dan cantik. Meskipun permukaan belakangnya terbuat dari plastik, sama sekali tak ada kesan ringkih. Ponsel terasa kasat dan nyaman digenggam. Bobotnya tidak dapat dibilang ringan, tetapi masih dalam batas toleransi.

Z3 yang diuji pakai penulis kebetulan termasuk 25 ribu unit pertama yang beredar. Karena itu, sebagai penanda limited edition, di sudut kanan atas belakang terdapat tulisan Jakarta. Hanya tulisan kecil, tetapi minimal membuktikan kalau Indonesia menjadi pasar utama tempat BlackBerry menggantungkan nasib.

Konektor audio untuk menancapkan handsfree berkabel berada di sisi atas ponsel, sedangkan konektor micro USB sebagai penghubung charger terletak di bagian bawah. Tombol power dan volume dapat dijumpai di sisi kiri Z3. Sementara itu, selot microSD dan micro SIM siap diakses dari sisi kanan ponsel.

Bagi penulis yang bukan bertangan kidal, deretan tombol di sisi kiri dan kanan Z3 serasa terbalik. Tombol power dan volume yang lebih sering diakses daripada selot microSD dan micro SIM mestinya lebih tepat diletakkan di sisi kanan. Mungkin BlackBerry mempunyai pertimbangan tersendiri yang tidak penulis ketahui.

Review Z3-2

Beralih ke layar. Layar sentuh lima inci beresolusi 960 x 540 piksel di Z3 tergolong cemerlang dan responsif. Namun, tak dapat dipungkiri bila tampilan layar kurang halus. Cara termudah untuk mengenalinya, perhatikan huruf-huruf yang berderet di bawah ikon aplikasi. Huruf-huruf berwarna putih itu terlihat agak bergerigi.

Ponsel berukuran 72,8 x 140 x 9,26 mm dan berat 164 gram tersebut dibekali dua kamera. Kamera utama di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p mampu dihasilkan olehnya.

Untuk berfoto selfie, pengguna dapat mengoptimalkan kamera depan Z3. Kamera tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat itu sanggup memproduksi foto beresolusi satu megapiksel. Bila difungsikan sebagai perekam video, ia dapat menghasilkan klip video HD 720p.

Prosesor berinti ganda (dual core) Qualcomm MSM8230 1,2 GHz, RAM 1,5 GB, ROM 8 GB, Wi-Fi, bluetooth, GPS, serta mendukung layanan 3G dan HSPA merupakan sebagian spesifikasi lain Z3. Saat ponsel masih segar, sebanyak 4,06 GB di antara 8 GB memori internal berstatus kosong. Ponsel bersistem operasi BlackBerry 10.2.1 yang dapat menjalankan aplikasi Android itu memperoleh tenaga dari baterai tanam berkapasitas 2.500 mAh.

Review Z3-3

Bagaimana pengalaman nyata ber-Z3? Ponsel itu tergolong responsif. Papan ketik virtualnya patut mendapatkan acungan jempol. Kebiasaan pengguna dalam mengetikkan pesan dipelajari oleh ponsel, kemudian digunakan untuk menawarkan prediksi kata yang lebih menukik dan akurat. Bukan hanya bahasa Indonesia dan Inggris. Bahasa Jawa dan Sunda pun bisa. Anggaplah pengguna gemar misuh saat ber-BBM. Tak perlu heran kalau seminggu berikutnya Z3 mulai pintar memaki. Kalau pengguna rutin berbahasa alay, Z3 kelak juga bakal piawai beralay-ria.

Performa kamera ponsel, terutama kamera depan, layak dinilai lebih bagus dibandingkan ponsel lain berharga setara. Bila digunakan untuk memotret objek kecil dalam jarak dekat, peluang menghasilkan latar belakang yang agak kabur relatif terbuka.

Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai Z3 mampu bertahan mulai pagi sampai tengah malam. Sekadar pembanding, sekali diisi ulang sampai penuh, baterai BlackBerry Z10 biasanya telah menyerah sekitar pukul 15.00. Sedangkan BlackBerry Q10 sanggup siaga 4-5 lebih lama daripada Z10.

Saat penulis mengunggah naskah ini ke blog Ponselmu.com, harga pasar Z3 masih lebih tinggi dibandingkan harga eceran resmi yang Rp 2,199 juta. Kebanyakan toko menawarkannya sekitar Rp 2,4 juta. Namun, harga itu sebenarnya sudah lebih rendah dibandingkan harga pasar sebelumnya yang sempat menyentuh kisaran Rp 3,2 juta.

Mengapa sampai melambung tinggi? Semata-mata karena mekanisme pasar. Jumlah pasokan Z3 tidak sebanding dengan permintaan. Karena aliran barang mulai lancari, harga pun berangsur-angsur turun. Seminggu lagi bukan mustahil harga pasar semakin mendekati harga ritel yang disarankan.

***

Paket penjualan terdiri atas ponsel, kabel micro USB, kepala charger dengan output 850 mAh, dan handsfree berkabel.

***

***

Beberapa contoh foto yang dihasilkan Z3. Seluruh pemotretan dilakukan tanpa menggunakan lampu kilat.

Review Z3-4

Review Z3-5

Review Z3-6

Review Z3-7

Review Z3-8

Review Z3-9

Review Z3-10

Review Z3-11

Ini satu-satunya contoh foto yang dihasilkan oleh kamera depan Z3.

Review Z3-12

***

Tulisan singkat, foto, dan video mengenai peluncuran BlackBerry Z3 Jakarta Edition dapat disimak di sini.

106 thoughts to “Review BlackBerry Z3: Murah Bukan Berarti Ringkih”

    1. Pak Robby,

      Anda bisa mencarinya di pusat penjualan ponsel. Namun, harganya di atas harga ritel yang disarankan ya. Saat ini toko-toko biasanya masih buka harga sekitar Rp 2,4 juta.

  1. Hasekk.. Udah direview.. Terimakasih Om Herry, berarti ndak rugi kalo beli bbz3, kan?! Atau mungkin Om Herry berpendapat lain (dgn kisaran harga yg sama)?

    1. Pak Doni F.,

      Kalau Anda memang berniat membeli BlackBerry, Z3 boleh dilirik. Sebaliknya, bila Anda sebenarnya ingin menjalankan aplikasi Android, saran saya, lebih baik membeli ponsel Android beneran. Di kisaran harga relatif setara, ada LG L70 yang boleh dipertimbangkan.

  2. Pak Herry, maaf keluar dari topik diatas..

    need help neh, sy pakai Lenovo s890 sdh lama, tapi sudah sebulan ini koneksi sim1 (3G)nya bermasalah. settingan sdh benar menurut sy. karena sy bandingkan langsung dengan Lenovo punya kawan, pakai kartu sama, settingan sama APN dsb. tapi punya sy ttp kesulitan untuk internetan. anehnya lagi pak, kalo posisi sy di ruang kerja koneksi lancar jaya.. begitu keluar ruangan tidak bisa konek pdhl sinyal 3G terbaca dengan baik.
    sudah sy coba juga kembalikan ke setelan pabrik, tp ttp blm berhasil.
    sy gonta ganti operator bandingkan lg dengan HP kawan dgn operator yg sama jg sudah. ttp aja tidak bisa.
    sementara ini sy pake SIM2 yang hanya mengandalkan koneksi 2G untuk berselancar.

    Mohon pencerahannya pak Herry apakah ini mslh pada hardwarenya atau mslh softwarenya ?
    kalo hardware nya berarti hrs dilipat dlm dompet neh Lenovo sy pak hehehe..

    Terima kasih pak Herry, sy tunggu pencerahannya..

    1. Pak Tony Ariyanto,

      Setelah membaca cerita Anda, saya optimistis sumber masalah di operator. Sebab, saat di ruang kerja, koneksi internet lancar jaya. Langkah spekulasi yang boleh dicoba, kunjungi kantor layanan operator GSM yang Anda gunakan dan minta dilakukan penggantian kartu SIM. Saran ini tampak sangat tidak berhubungan, tetapi kadang manjur. Saya sendiri juga bingung kok bisa begitu.

  3. Pak herry,

    Maaf agak oot, boleh minta rekomendasi hape android yg nyaman dipakai untuk harian dgn budged 1,2-1,5 jt?

    Merk bebas pak, yg penting secara keseluruhan nyaman dipakai, dengan layar lumayan lega

    Makasih sebelumnya

    1. Pak/Bu Harlin,

      Sebenarnya ada beberapa tipe ponsel di kisaran harga segitu. Namun, karena saya belum pernah mencobaya sendiri, saya tak berani memberikan rekomendasi.

      Saya sebatas memberikan informasi saja ya. Di rentang harga tersebut, ada LG L40 dan Lenovo A516. Pesan saya, meskipun spesifikasi terlihat tinggi, jangan membeli produk Mito, Advan, Evercoss, dan sejenisnya ya.

      Ah… saya nyaris lupa. Di kisaran harga itu ada Alcatel Pop C7 yang pernah saya coba. Tidak sangat bagus sih. Namun, secara umum tergolong lumayan. Ini tautan review-nya http://ponselmu.com/review-alcatel-onetouch-pop-c7-separuh-harga-galaxy-grand/

    1. Pak Suheri Nugroho,

      Berbeda banget. qHD (q-nya huruf kecil) itu mudahnya seperempat HD. Kalau QHD (ditulis dengan huruf besar semua) bermakna empat kali HD.

  4. Pak Herry,saya sudah memiliki bb Z3, namun ada yg aneh dengan bb saya. Pernah suatu hari bb saya tinggal tidur,dan baterai menunjukkan 40 persen dalam keadaan tidak ada aplikasi yg aktif dan seluler mati. Tetapi,esoknya handset saya utek-utek sudah tidak menyala lagi dan ketika saya charge,batre menunjukkan 3 persen . Apakah harus dibawa ke service center ? Karena menurut saya konsumsi baterainya tidak wajar,tidak seperti yang anda sebutkan diatas. Terimakasih.

    1. Pak Kurniawan,

      Hal itu hanya terjadi satu kali atau lebih dari sekali?

      Kalau hanya sekali, abaikan saja. Ponsel pintar bak komputer yang kadang bertingkah aneh tanpa kita ketahui penyebab pastinya.

      Kalau lebih dari sekali, coba lakukan reset dulu. Masih bertingkah aneh lagi? Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi. Sebab, kondisinya memang tergolong tidak wajar.

  5. pak herry, akhirnya review z3 nya keluar jg..topp..mohon maaf sebelumnya bagaimana dengan kinerja aplikasi android di z3, apakah semua aplikasi android bisa dijalankan di z3 atau hanya aplikasi2 ringan saja, i.e. untuk game2 berat apakah bisa dijalankan tanpa lag?

    terima kasih.

    1. Pak Yudi,

      Saya sempat coba menginstalasikan beberapa game dan kebetulan berjalan. Saya tak sampai coba memasukkan game yang ukuran filenya, contohnya, 1 GB. Yang konfirm gagal dijalankan adalah Gmail amplop merah.

      Bila tujuan Anda menikmati aplikasi Android, menurut saya, lebih baik membeli ponsel Android beneran.

  6. Saya sedang mempertimbangkan membeli lumia 720. Setelah baca review ini jadi bingung mau tetap beli lumia atau beralih ke bb z3 terutama karena daya tahan batere bb z3 yang lumayan kuat.
    Dengan asumsi BBM bakal rilis di WP8, mana yg lebih layak saya ambil?

    1. Pak Budi,

      Lumia 720 unggul di kamera.

      Kalau demi BBM dan sangat peduli dengan daya tahan baterai, Z3 lebih unggul.

      Nah, silakan putuskan berdasarkan skala prioritas.

  7. Beberapa tahun yang lalu saya sempat pake BB. Beberapa model pun sempat saya pakai. Seiiring maraknya hape Android, saya kemudian betah dengan Android. Walaupun kemudian muncul seri-seri baru BB tapi saya tetap tidak tertarik. Barulah setelah melihat dan mencoba BB Z3 ini, saya kembali tergoda pake BB. Review Oom Herru semakin menggugah saya untuk mendua dengan BB Z3 :-)))

  8. Beberapa tahun yang lalu saya sempat pake BB. Beberapa model pun sempat saya pakai. Seiiring maraknya hape Android, saya kemudian betah dengan Android. Walaupun kemudian muncul seri-seri baru BB tapi saya tetap tidak tertarik. Barulah setelah melihat dan mencoba BB Z3 ini, saya kembali tergoda pake BB. Review Oom Herry semakin menggugah saya untuk mendua dengan BB Z3 :-)))

  9. Maaf pak, rada diluar jalur. menurut anda, antara xperia c dengan galaxy mega, mana yang lebih recomended dari semua aspek, atau ada recomendasi lain dimana budged yang saya punya berkisar 3 jutaan? mohon pencerahannya, terima kasih 🙂

    1. Pak Amin Hidayat,

      Silakan mencoret keduanya. Kalau Anda ingin yang layar lima inci, silakan melirik Lenovo P780 8 GB. Harga barunya sekitar Rp 3 juta.

      Kalau mau yang sedikit lebih mungil (layar 4,7 inci), LG G2 Mini sangat menarik untuk dibawa pulang. Harga barunya Rp 3,299 juta.

  10. Maaf pak hsw out of topik
    menurut bapak dengan baterai 3000mah di lg3 apa gk boros..soalnya resolusi layarnya sudah qhd/2k…dibandingkan lg g2 full hd jg 3000mah…mohon penjelasanya…..makasih pak hsw.

  11. OOT dikit 😀 Pak Harry, saya suka sama review2 Bapak karena bahasanya menarik (terkesan lucu dan mbanyol). Bisa request review2 produk2 Lenovo yg baru2 pak. Misal S860 ato A859. 😀 😀

    Thx

    1. Pak Nicko Candra,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Request diterima. Silakan mengirimkan dua ponsel itu kepada saya. Dengan senang hati saya akan me-review-nya. Usai di-review, saya kirimkan kembali kepada Bapak. 🙂

  12. Di Kaskus saya temukan banyak pengguna yang mengeluh baterainya menjadi lebih boros setelah update OS. Apakah hal ini juga terjadi di ponsel milik pak Herry?

    1. Pak/Bu Sena,

      Saat memakai Z3, saya pernah mendapatkan notifikasi update dan setelah menjalankan update, saya tak merasa baterai Z3 bertambah boros.

      Bila pasca-periode pemakaian saya ternyata ada update lagi dan itu membuat konsumsi baterai lebih boros, terus terang saya tidak mengetahuinya.

  13. Pak Herry,
    numpang tanya :
    1. BB Z3 dengan BB Z3 Jakarta edition tuh sama ato tidak sih dalemannya?
    2. Saya lihat di iklan BB Z3, ada tulisan “android ready”, itu maksudnya apa ya ?

    1. Pak Darius,

      1. Sama saja kok. Itu lebih ke bahasa pemasaran. Sebanyak 25 ribu unit pertama Z3 dianggap sebagai limited edition. Di sisi belakangnya ada tulisan Jakarta.

      2. Sejak versi 10.2.1, peranti bersistem operasi BB10 dapat menjalankan aplikasi Android. Hal itu tidak hanya berlaku di Z3, melainkan juga tipe lain. Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas, silakan intip tulisan ini http://ponselmu.com/cara-instalasi-aplikasi-android-di-blackberry-10/

  14. pak herry,
    maaf oot ya pak, mau tanya.. smartfren andromax itu apa juga setara sama mito evercoss advan dll? lalu antara Lenovo A516 dibandingkan smartfren andromax i3s lebih memilih ke yang mana pak di kisaran harga segitu? sebelumnya terima kasih pak..

    1. Bu Via,

      Agak beda. Ujung-ujungnya memang ke Tiongkok, tetapi ada perbedaan jalur distribusi. Kesetaraan antara harga dan kualitas Andromax saya nilai juga lebih bagus. Saya biasanya tidak merekomendasikan orang membeli Mito, Evercosss, Advan, dll. Namun, kalau Andromax masih saya perbolehkan. 🙂

      Saya belum pernah mencoba A516 maupun i3S. Kalau harus bertransaksi bak membeli kucing dalam karung, saya lebih memilih i3S.

  15. katanya BB ini bisa jalanin lumayan banyak aplikasi android? performanya gimana? apa sama dg performa hp android?

    1. Pak GM,

      Bila Anda bermaksud menjalankan aplikasi Android, saran saya, lebih baik membeli ponsel Android beneran. Untuk menjalankan aplikasi Android, Z3 tak semantap ponsel Android yang sebenarnya.

  16. maaf oot pak Herry..
    klo tablet dengan budget 2,5 jt ada ga yg direkomen ama pak Herry?
    terima kasih..

    1. Pak Akhmad,

      Kebetulan belum ada tablet di kisaran harga itu yang saya rekomendasikan. Saya sendiri memang jarang mencoba tablet.

  17. Pak Herry maaf mau minta rekomendasi smartphone dual sim di bawah 1 jt ada ga?
    Penggunaan hanya untuk pendamping saja. Mohon sarannya pak 😀

    1. Pak Muqtaf,

      Di atas kertas Acer Liquid Z4 yang harga barunya Rp 899 ribu cukup menarik. Namun, saya tak mengetahui kinerja nyatanya karena belum mencoba sendiri.

  18. Halo Pak Herry, pak mau tanya ya, stock LG G2 mini khan belakangan ini di surabaya seret, sudah pre order tp blm ada barang nya, disarankan untuk membeli Xperia M2 dual, menurut pak Herry, apakah saran tersebut masuk akal? apakah performa keduanya sebanding? apa kelebihan dan kekurangan masing2?. Terimakasih pak Herry

    1. Pak Fandy Malonda,

      Minggu ini pasokan G2 Mini sudah lancar kok. Carilah ponsel itu di Erafone, bukan di toko-toko biasa. Seandainya di gerai Erafone yang Anda kunjungi stoknya kebetulan habis, coba minta tolong petugas yang melayani untuk mengecek stok di gerai lain. Stok barang di Erafone biasanya online. Jadi, petugas bisa mengetahui gerai Erafone mana di Surabaya yang masih memiliki persediaan G2 Mini.

      Saya belum pernah mencoba Xperia M2 sehingga tak mengetahui lebih menarik mana dibandingkan G2 Mini. Kalau G2 Mini sudah saya coba dan saya merekomendasikannya untuk dibeli.

  19. Pak Herry,
    Satu setengah tahun lalu saya membeli sony xperia j, dan sekarang hp tersebut rusak lcd nya karena jatuh. Mau ke servis center tapi di kota saya belum ada dan katanya sony memang sering bermasalah di lcd serta servis centernya yang kurang memuaskan. Saya berniat untuk membeli hp yang baru dengan budget kira kira 2 – 2,5 juta. Bisa tolong rekomendasikan beberapa hp android untuk saya pak? yang speknya mirip/ lebih bagus dari xperia j saya yang dulu.
    Terimakasih pak..

  20. Pak Hery sekali kali nulis ttg distribusi bb di sini, soalnya gw lihat di lazada untuk satu type dg beda distributor bisa selisih cukup banyak.

    1. Pak Yuwono,

      Lazada itu kan marketplace atau “pasar”. Di sana ada banyak penjual. Jadi, ya harganya memang bisa berbeda-beda dan selisihnya bukan mustahil cukup banyak. Kalau berhubungan dengan BlackBerry, unit bergaransi resmi (TAM, Comtech, SCM) pasti lebih mahal daripada yang bergaransi distributor independen. Saya tidak merekomendasikan Anda membeli BlackBerry bergaransi distributor independen.

  21. Saya penasaran, hp yg dipake pak herry sehari2 apa ya? Apa hampir tiap hari ganti?
    Jika pake merk tertentu, apa alasannya?
    Lalu mengapa pak herry lbh rekomen smartfren dibanding mito advan dll. Bukankah sama2 perusahaan lokal dgn produk rebranding?
    Kalo hape tiongkok yg recommeded apa saja pak? Tlg sebutkan 5 merk urut dr kualitas tinggi.
    Terima kasih dan maaf merepotkan

    1. Pak Mas Pram,

      Ya, saya berganti-ganti ponsel. Ponsel apa yang sedang dalam proses review, itulah yang saya gunakan.

      Ponsel Smartfren itu, di mata saya, berasal dari pabrikan yang reputasinya lebih jelas. Ada Hisense, Innos, ZTE, dll.

      Ponsel Tiongkok yang saya rekomendasikan? Saya sebutkan secara umum ya. Harus dilihat tipe per tipe lagi.
      1. Xiaomi.
      2. Lenovo.
      3. Alcatel.
      4. Huawei.
      5. ZTE.

      Btw, empat merek terakhir sebenarnya sudah bisa dikategorikan merek global.

  22. mau tanya pak, dari segi kamera dan baterai , mana yang lebih mantap kalo dibandingkan dengan zenfone 4?

    1. Pak Fendy,

      Ini maksudnya Zenfone 4 versus BlackBerry Z3 ya?

      Daya tahan baterai jauh lebih bagus Z3. Sedangkan terkait kamera, Zenfone 4 lebih unggul.

    1. Pak Vito,

      Saya belum pernah tahu dan belum pernah mencoba Lenovo S939. Jadi, tersisa dua pilihan ya: Lenovo P780 dan BlackBerry Z3. Saya lebih memilih P780, asalkan P780-nya yang varian 8 GB, bukan 4 GB.

  23. Pak Herry, saya pakai BlackBerry Z3 ini dari pertama pre-order, dan barang sampai di saya dari sekitar akhir bulan Mei.
    namun dari sekitar 2 bulan pemakaian ada yg sedikit aneh, beberapa kali apabila handset nya saya charge, saya mendapati proses charge full nya hanya sampai 98%, jadi grafik charging nya naik dari awal charge sampai di 98%, lalu setelah itu datar di 98%, tak naik lagi sampai ke 100% seperti normal nya. (kasus seperti ini terjadi beberapa kali)
    dan kalaupun charging berhasil sampai 100%, saat pemakaian saya perhatikan batere langsung turun dari 100% ke 97%, (tidak bertahap turun dari 100 ke 99 ke 98 dahulu)

    Ps: saya sudah beberapa kali lakukan kalibrasi batere.

    yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah ini wajar?
    2. apakah tipe BlackBerry Z3 ini ada klaim garansi batere nya? apabila ada, garansi batere nya bisa di klaim dari berapa lama pemakaian pak?

    Trims. 🙂

    1. Pak Alief,

      1. Asalkan bisa lebih dari 90 persen, menurut saya, masih bisa dikategorikan wajar. Tak perlu dicemaskan.

      2. Ya, baterai termasuk dalam garansi. Saya tak ingat garansi baterai selama tiga bulan atau enam bulan.

  24. Terimakasih Pak Herry.
    Kini saya ingin bertanya, adakah aplikasi di BlackBerry World untuk penghematan dan manajemen batere?
    saya sudah pakai aplikasi Battery Booster dari Anjani Info Tech Private Limited, namun sepertinya tidak ada perubahan signifikan.
    Yang berbayar pun tak apa Pak Herry.
    Terimakasih..

    1. Pak Alief,

      Maaf, saya tak tahu. Dulu waktu memakai Z3, baterai ponsel itu cukup untuk saya gunakan seharian.

  25. Terimakasih pak..
    adakah tips perawatan batere agar awet?
    Untuk pemakaian sehari-hari bagaimanakah treatment batere nya?
    Harus selalu dipakai sampai habiskah atau sampai sisa 10% saja untuk kemudian di charge lagi?

    1. Pak Alief,

      Sederhana saja sih.

      1. Lakukan pengisian ulang baterai saat ponsel dalam kondisi padam total.

      2. Kapan harus mulai di-charge? Ketika sudah muncul indikator baterai lemah (low battery). Tak harus sampai mati total. Sepuluh persen seperti yang Anda sebutkan sudah ideal.

    1. Pak Alief,

      Asalkan segera di-charge sih boleh-boleh saja. Bila tidak segera di-charge, khawatirnya tegangan baterai menjadi terlalu rendah dan tak bisa di-charge lagi.

  26. Pak Herry,
    BB10 khan sudah tidak pakai layanan BIS lagi, apakah push email-nya masih real-time seperti dulu atau tidak? Makasih.

    1. Pak Kiki Nugh,

      Saya terakhir kali mencoba BB10 saat BlackBerry Z3 barusan meluncur resmi. Emailnya real time kok. Yang belum tersedia adalah filtering email berdasarkan kata kunci, subjek, atau pengirim email.

  27. pak herry saya mau tanya saya pakai bbz3 ini,,, yang mau saya tanyakan kenapa ya kok download aplikasi di 1mobilemarket gak bisa jalan hampir seluruhnya kalo buat download gak bisa cuman loading saja sebelumnya aku pakai provider three sinyalnya bagus jaringan oke cuman buat download kok gak bisa kenapa apakah penganturan hpnya ada yang salah
    terimakasih pak

    1. Pak Santoso,

      Terus terang saya mencurigai nomor Tri yang Anda gunakan. Akhir-akhir ini performa layanan akses data Tri memang memburuk signifikan. Indikator sinyal penuh bukan jaminan internet lancar.

      Seharusnya tidak ada pengaturan khusus di ponsel. Bila Anda merasa internet Tri lancar, silakan mencoba pasar aplikasi alternatif lain. Misalnya, Mobomarket. Untuk menginstalasikan MoboMarket, arahkan browser ponsel ke http://goo.gl/NRywKu.

  28. Pak Herry, saya sudah hampir setahun ini pake bbz3 dan puas tanpa keluhan. Tapi 2 bulan ini mulai ada yg aneh yaitu automatic download versi bb10 terbaru ga bisa masuk minta disediakan space lbh banyak. Yg terakhir ini minta disediakan 1.5GB’ utk download nya. Saya cek space memory internal storage saya mmg masih cukup dari 5gb msh ada 3gb tp tetep ga bs download minta disediakan space 1.5 tadi.
    Sy cek di device monitor memory nya memang cuma tinggal 154 kb kadang 300 500 ga mesti berubah terus. Apa hal itu yg menyebabkan tdk bs download versi terbaru bb10 tadi yaa… kenapa ya pak krn program saya udah sy kurangi sampe minimal ya tetep aja, semua data foto dokumen dll sdh sy pindah ke memory external ya tetep aja.
    Program Facebook atau linkedn yg udah saya delete pun koq kadang masih bisa masuk di notifikasi saya… apa belum bener2 terhapus ya pak…

    Please help pak… btw foto selfie nya keren booo… wkwkwkw…

    Makasih
    Hogi

    1. Pak Hogiono,

      Coba cek kapasitas terpakai memori internal Z3 tersebut. Dugaan saya, di bagian other ada angka yang cukup besar. Bila demikian, melakukan factory reset merupakan langkah terbaik.

      Soal foto selfie, waktu adik saya lihat, dia langsung protes tuh. “Lain kali kalau selfie pakai kaos ya. Jangan bertelanjang dada,” ujarnya.

  29. Sorry agak oon pak… aku ga bisa nemu other yg dimaksud itu… tp kapasitas terpakai memori nya besar pak cuman sisa 400 mb an…
    Factory settings nya gimana cara ne juga pak… makasih follback nya….

    1. Pak Hogiono,

      Untuk melakukan factory reset, silakan masuk ke settings, security and privacy, lalu security wipe. Selanjutnya ikuti petunjuk yang tersaji di layar.

  30. Halo Pak Herry.. aplikasi ikon games saya hilang Pak di BlackBerry z3 yang saya pakai. Mohon bantuannya supaya saya bisa kembali memunculkan ikon games nya Pak. Saat ini BlackBerry saya memakai OS paling baru. Trima Pak Herry. Ikon games yang ada gambar stik merahnya.

    1. Bu/Pak Tanta,

      Saya tidak bisa memberikan panduan yang sangat rinci karena saya sudah tak memegang BlackBerry Z3.

      Dulu BlackBerry tidak menyediakan fungsi hide icon di BB10, termasuk BlackBerry Z3 yang Anda gunakan. Saya kurang tahu fitur itu sekarang sudah tersedia atau belum. Kalau belum tersedia, mungkin ikon game yang Anda cari tanpa sengaja masuk ke salah satu folder.

  31. Halo Pak Herry.. aplikasi ikon games saya hilang Pak di BlackBerry z3 yang saya pakai. Mohon bantuannya supaya saya bisa kembali memunculkan ikon games nya Pak. Saat ini BlackBerry saya memakai OS paling baru. Trima kasih Pak Herry. Ikon games yang ada gambar stik merahnya.

  32. Pak Harry,

    Kalau boleh dijelaskan, setidaknya 3 hal yg paling terasa beda pada penggunaan Z3 vs. Z10 apa ya Pak?

  33. Selamat Pagi Pak Herry,

    Kalau boleh dijelaskan, setidaknya 3 hal yg paling terasa beda pada penggunaan Z3 vs. Z10 apa ya Pak?

    1. Pak Iwan,

      1. Hasil jepretan kamera Z3 lebih bagus.
      2. Baterai Z3 lebih tahan lama.
      3. Bobot Z3 lebih berat. Lumayan terasa saat dikantongi.

  34. Ko Herry.
    1. Kamera dpn z3 klo utk video call /skype gmn ko? Ckup jernih kah?
    2. Jaman skg klo memory internal 8 GB aja utk install WA, line, skype, aplikasi pendukung kerja (krna sya property agent jd apps sprti rumah.com , rumah123, calculator kpr, measure maps) ckup kah? (Tnpa install Game)

    3. Trus sama aplikasi belanja, komersil (traveloka, gojek, dll) yg cma ada di android downloadnya lwat apa? N apa bisa lancar jg di BB OS ?
    Thank you ko..

    1. Pak Hanif,

      1. Tak tahu. Saya tak pernah memakainya untuk ber-video call.

      2. Mestinya masih cukup, walaupun mepet.

      3. Install dulu di Android, ambil APK-nya, kirimkan APK-nya ke BB10, lalu coba instalasikan. Sebagian mungkin sukses, sebagian lagi gagal.

  35. Slmt malam Pak Hery..
    maf.. bb z3 sya mati tiba2,stlh untuk download video2 klip musik yg size nya 15MB keatas.
    kira2 masih bisa hidup lg ga?
    trmksih

  36. bb z3 saya tak kasih aplikasi android kok malah jadi error ya, terus tak instal ulang ke tempat servisan. Padahal dari spesifikasi-spesifikasi yang saya baca bisa mendukung ke os 10. Itu gimana ya pak

    1. Pak/Bu Alin,

      Saat ini versi lengkap OS-nya versi berapa? Oh ya, tidak semua aplikasi Android kompatibel dengan BB10 ya.

  37. pak hery mau tanya z3 bisa gak main Game Clash of clans (Coc) mohon solusi nya..
    dan mau tanya Bagusan mana Hp asus C Vs Iphone 4s vs Z3 mohon solusi nya pak hery

    1. Pak Muhammad Rama,

      Maaf tak tahu. Saya tidak pernah memainkan CoC.

      Zenfone C belum pernah coba. iPhone 4s lebih asyik sih.

  38. pak herry, kira kira harga blackberry z3 bekas sekarang di kisaran berapa, dan cocokkah untuk mengganti ponsel saya yang notabene ber Android Kitkat

  39. Ko Herry, apakah blackberry Z3 layak dipertahankan / dijual saja?
    Dengan info Whatsapp akan dihapus akhir 2016.

    Thanks.

    1. Pak Goei,

      Karena dijual pun harganya saat ini sudah rendah, mending dipakai dulu sampai benar-benar tak bisa dipakai untuk ber-WhatsApp deh.

  40. Pak Herry, bukankah Blackberry Z3 mendukung instalasi Aplikasi Android? sehingga bisakah diakali dengan menginstal Whatsapp versi android? sebab saya sangat tertarik dengan Z3 karena harga bekasnya yang tergolong murah saat ini dan keawetannya

  41. Pak Herry saya mw tanya nich harga bb z3 di surabaya sudah mencapai harga berapa?
    Trus klu mw beli enkan dimana yg sekiranya tempat servisnya memuaskan?
    Trims???

    1. Pak Imam,

      Yang garansi resmi terakhir sekitar Rp 1,6 juta.

      Bebas deh beli di mana. Yang penting bergaransi resmi.

  42. Oiya pak herry satu lagi nich_
    Apakah pak herry pernah mngalami masalah saat dulu pakai z3_ ksih sedetail mungkin ya pak apa saja trouble yg pernah bpak alami_ soalnya saya msih mmpertimbngkan mw beli ap tidak_
    Makanya saya tnya lngsung k smpyan yg sudah pernah pakai bb z3

    1. Pak Imam,

      Saya sudah lupa dapat masalah apa saja saat dulu memakai Z3. Seingat saya sih baik-baik saja. Detailnya sudah saya paparkan di naskah.

  43. Pak herry sy mau tnya BlackBerry Z3 sy bermasalah bagian kamera nya ada tulisan kamera tdk bisa dijalankan karena masalah perangkat lunak Atau izin tidak memadai. Apa harus software ulang atau bgimna?
    Terima kasih

    1. Bu Syahriani,

      Coba Anda reset (bukan restart) dulu. Kalau masalah yang sama masih muncul, silakan membawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi BlackBerry.

  44. Pak heri sy mau tanya bbm yg ada di blackberry z3 udah ada fasilitas video call nya, seperti yg ada di android saat i ni, apakah kt harus upgrade lg versi bbm nya…thanks sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *