Review Charger Multiport Antec dan Wellcomm: Wajib Dimiliki “Peternak” Acang

Meja kerja pengguna banyak acang alias gadget seringkali dipenuhi dengan berbagai charger dan kabel. Tak sedap dipandang mata. Suatu saat, kala pengguna terburu-buru hendak mengambil salah satu charger, eh… kabelnya terlilit kabel charger lain. Ruwet!

“Peternak” acang seperti itu mestinya mulai mempertimbangkan pemakaian charger dengan banyak colokan atau port USB. Selain lebih praktis dan mempercantik tampilan meja kerja, pengguna relatif tak perlu risau dengan keterbatasan colokan listrik.

Penulis baru saja tuntas menguji pakai Antec Advance 4-port USB Charging Station dan Wellcomm USB 5 Port TAP. Harga jual eceran dua charger multicolokan itu kebetulan sama, yaitu Rp 299 ribu. Khusus Antec, ada gerai elektronik berjaringan nasional tertentu yang menjualnya Rp 399 ribu.

Antec

Berbentuk kotak minimalis berwarna putih, Antec Advance 4-port USB Charging Station mempunyai empat colokan USB. Dua di antaranya mampu melewatkan arus sebesar masing-masing 2 Ampere (A). Sepasang colokan tersebut tepat digunakan untuk mengisi ulang tablet, misalnya, Apple iPad dan Samsung Galaxy Note 10.1. Pengguna juga pantas memakainya untuk mengisi daya power bank berkapasitas besar, dengan catatan power bank itu mendukung masukan (input) minimal 1,5 A.

Dua colokan USB lain di bodi Antec didesain untuk mengisi ulang baterai ponsel, pemutar MP3, router nirkabel mini alias mifi, power bank, dan aneka acang lain. Setiap colokan memiliki keluaran (output) maksimal 1 A.

Kalau dijumlahkan secara matematis, seluruh colokan di Antec mempunyai keluaran 6 A. Perhitungannya, (2 x 2 A) + (2 x 1 A) = 4 + 2 = 6 A. Namun, bila empat colokan USB itu dipakai bersamaan, total arus maksimal yang dapat dilewatkan Antec “hanya” 5 A. Charger multicolokan tersebut akan otomatis melakukan penyesuaian arus.

Selama terhubung dengan sumber listrik, sebuah lampu berwarna biru di permukaan atas Antec bakal menyala. Hal itu mempermudah pengguna untuk mengetahui charger sedang bekerja atau tidak.

Tampilan fisik yang cantik, sentuhan akhir alias finishing bodi yang prima, dan memiliki lampu indikator menjadi kelebihan Antec. Sisi minusnya, tiga colokan USB yang berjajar di salah satu sisi Antec memiliki jarak yang relatif rapat. Kondisi itu membuat Antec kurang ideal dipadukan dengan modem USB yang berfungsi ganda sebagai router nirkabel mini. Produk yang singkatnya disebut sebagai mifi USB itu tetap bisa ditancapkan ke Antec. Namun, ia bakal berdesakan dengan kabel data lain yang terpasang di sebelahnya.

Wellcomm

Pengguna aneka acang yang rutin memakai mifi USB lebih tepat melirik Wellcomm USB 5 Port TAP. Alasannya, lima port USB di peranti itu seluruhnya menghadap ke atas. Dengan demikian, mifi USB akan berdiri saat dipasangkan. Ia tidak akan didesak maupun mendesak kabel charging lain yang ditancapkan bersebelahan.

Lima colokan USB di Wellcomm memiliki kemampuan berbeda-beda. Empat colokan USB pertama masing-masing sanggup melewatkan arus maksimal 1 A. Sedangkan satu colokan USB lain, yang posisinya paling kanan, mempunyai keluaran sampai 2,1 A. Total keluaran maksimal yang bisa dihasilkan Wellcomm sebesar 5,1 A.

Hal lain yang perlu diketahui, mengingat colokan dengan output 2,1 A di Wellcomm hanya satu buah, peranti tersebut kurang tepat dipilih oleh pengguna yang sehari-hari memakai lebih dari satu tablet. Pasalnya, proses charging tablet alias sabak digital biasanya mensyaratkan masukan 2 A. Kalau arus yang lewat hanya 1 A, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai akan jauh lebih lama. Di sebagian tablet, proses pengisian ulang malahan tak dapat berlangsung.

Dibandingkan charger multicolokan Antec, produk Wellcomm terlihat kalah cantik dan elegan. Bodinya yang berwarna hitam sama sekali tak mencuatkan kesan mewah. Di sekujur bodi Wellcomm juga tidak tersedia lampu indikator. Dengan demikian, kalau hanya melihatnya sepintas, pengguna bakal kesulitan mengidentifikasi peranti tersebut sedang aktif atau tidak.

Charger multicolokan yang ditawarkan Antec maupun Wellcomm sama-sama menarik. “Peternak” alias pengguna banyak acang wajib memilikinya. Perkara memilih yang mana, hal itu bergantung kebutuhan dan selera masing-masing pengguna. Harga mestinya tak perlu diperhitungkan lagi karena banderol keduanya persis sama.

19 thoughts on “Review Charger Multiport Antec dan Wellcomm: Wajib Dimiliki “Peternak” Acang

  1. Pak Herry SW, bagaimana cara mengetahui charger yang saya gunakan mengeluarkan output 1 atau 2 A ? Lumia saya diisi dengan charger bawaan dengan model: AC-20E output: DC 5V, 750 mA
    Terima kasih.

    1. Pak Anton,

      Di bodi charger kan biasanya ada tulisan output-nya berapa.

      Ponsel Lumia Anda memiliki charger bawaan 750 mAh. Lalu, saat ini Anda memiliki charger dengan output 1 A dan 2 A. Berarti, Anda cukup memakai yang 1 A.

  2. Om HSW, jadi secara kualitas (daya tahan & after service) tanpa melihat brp byk port 2A, lebih rekomendasi yg mana ya pak?

    1. Pak Adhytia Rahman,

      Kalau posisi port juga tidak dipedulikan, saya lebih memilih Antec. Konsekuensinya, bila dipadukan dengan modem USB Wi-Fi bakal berdesakan.

    1. Pak Anton,

      Coba dicermati lagi. Puluhan charger yang pernah saya coba selalu mencantumkan output-nya. Kadang tertulis di stiker yang menempel di bodi charger, kadang “terukir” samar-samar di bodi charger.

  3. Pak Herry,
    Setelah lihat review ini, jadi tergoda untuk beli wellcomm. Hanya sayangnya setelah dicoba, tidak bisa nge-charge battery samsung galaxy core. Padahal udah seneng dengan membawa satu alat untuk charge banyak gadget; ipad2 lancar, ipad mini lancar, nexus4 lancar, mifi lancar, powerbank lancar. Hanya samsung galaxy core yg gak mau. Udah ganti kabel, tetep gak mau juga. Kabel ori samsung, maupun non-ori, kabel nokia, tetep gak mau. Lagi pesen kabel zaxti, berharap bisa menolong. Kalau yg antec kira-kira bisa nge-charge galaxy core gak ya? Kabarnya samsung yg baru memang pilih-pilih charger ya…
    Maturnuwun…

    1. Pak Yuf,

      Wah, saya jadi penasaran nih. Boleh tolong diintipkan output charger bawaan Samsung Galaxy Core berapa ampere? Chargernya menyatu dengan kabel atau terpisah (kepala charger + kabel data)?

  4. Charger terpisah sama kabel(kepala charger + kabel data). Tulisan di body chargernya: Frekuensi 50-60Hz 0.15A Output:5.0V 1.0A
    Setelah ketemu kabel zaxti dan dicoba, ternyata baru bisa Pak nge-charge dengan wellcomm ini ke galaxy core.
    Problem solve…

    Maturnuwun.

  5. Yg Antec belinya dimana ya? Terutama online shop. Tertarik juga nih. Tapi pemakaian jangka panjang bagaimana, apa merusak hp?

    Yg sampai sekarang masih dipakai sama bung HSW yg Wellcomm ya? Alasannya apa?

    1. Pak Liat2aja,

      Antec bisa dibeli online di http://www.delcell.com dan http://www.paziashop.com. Harga jual di toko kedua lebih mahal sekitar Rp 100 ribu daripada toko pertama.

      Karena bukan berkualias abal-abal, untuk pemakaian jangka panjang mestinya baik-baik saja kok.

      Yup, yang masih saya pakai Wellcomm. Alasannya, colokan charger-nya menghadap ke atas. Jadi, saya bisa menancapkan modem mifi tanpa berdesakan dengan kabel lain di sebelahnya.

  6. Thanks jawabannya bung HSW.

    Sudah saya cek ke web tsb (Delcell dan Pazia) sepertinya produknya sudah tidak dijual lagi.

    Ternyata setelah dibaca-baca Antecnya hanya sanggup mengeluarkan max 5A ya? Kebutuhan saya padahal 5.5A yaitu Galaxy Note 2 dan Mega 5.8 punya istri @2A lalu Lumia 520 dan BB punya istri @750mA. Intinya suami istri punya masing2 dua gadget yg perlu dicas tiap malamnya, ini belum termasuk iPad istri dan Galaxy Tab 7 lama saya yg (untungnya) tidak perlu dicas tiap hari.

    Kalau untuk Wellcomm kebetulan ada di salah satu web online yaitu Bh*nn*k* (boleh sebut webnya tidak ya?) dengan harga seperti yg disebutkan bung HSW yaitu Rp 299 ribu. Saya juga tertarik dgn produk SKROSS (Contoh http://www.skross.com/content/product/show/cat/1/name/Euro+USB+Charger/id/57) dan world adapternya (isinya 1 stop kontak dan 2 port USB 2A).

    Kemungkinan saya bakal coba produk SKROSS, walaupun tetap bukan solusi terbaik saya karena hanya sanggup handle 2-3 gadget saya dan istri.

    1. Pak Liat2aja,

      Di sisi kiri bawah situs Delcell seingat saya ada nomor teleponnya. Coba hubungi nomor tersebut, Pak. Kadang sebuah produk tidak tercantum di situs, padahal mereka masih menjualnya. Kalau Pazia, saat sedang jalan-jalan ke mal, coba langsung mampir ke gerai mereka.

      Ya, Antec total maksimal 5 A, sedangkan Wellcomm maksimal 5,1 A. Tetap bisa dipakai untuk mengisi ulang baterai gawai yang total 5,5 A sih. Namun, sedikit lebih lambat.

      Di blog ini menyebutkan nama situs dengan tujuan saling berbagi informasi, bukan berjualan, diperbolehkan kok. Bahkan, justru disarankan. Sebab, kalau disensor dengan diberi tanda bintang, pembaca lain yang membutuhkan informasi serupa belum tentu bisa menebaknya.

  7. Saya sedang membandingkan produk travel adapter Skross dan charging station Wellcomm seperti yg dibahas diatas. Kalau travel adapter Skross ternyata mirip dgn yg bung HSW pernah bahas yaitu produk aMagic. Kelebihannya saat di luar negeri produk tsb bisa dipakai. Tapi saya sendiri belum tentu setaun sekali bisa beruntung ke luar negeri.

    mungkin saya coba produk Wellcomm, tak pikir2 dulu.

  8. Akhirnya saya beli produk Skross di Bhinneka. Sedang promo dapat harga 410-an ribu. Jenisnya travel adaptor mirip aMagic yg juga pernah dibahas bung HSW. Intinya ada 2 port USB dan tetap ada stop kontak sehingga sekali pakai bisa cas 3 gadget, 1 melalui stop kontak dan 2 via USB.

    Ada yg kontradiksi, menurut keterangan di web Skross 2 port USB jika digabungkan bisa mengeluarkan 2A output (berarti masing2 1A). Tapi di gambar ada logo 2x 2.1A port, ntah mana yg benar.

    Produk belum dikirim oleh Bhinneka karena baru transaksi kemarin malam, mudah2an cepat sampai, soalnya sudah penasaran bgt!

  9. salam kenal Pak boleh nanya tapi sama saudara Yuf mengenai kabel zaxti itu beli dimana? kalo boleh minta gambarnya
    ini sehubungan dengan galaxy core saya dua kali beli powerbank awalnya bisa tapi setelah dua minggu tiba2 tidak bisa ngecas
    powerbank normal aja dipake hp lain kaya galaxy gio,hp nexian, asus …memang galaxy core unik kok
    tolong keterangannya tentang kabel zaxtinya
    trima kasih

    1. Pak David,

      Salam kenal juga. Anda tinggal di kota mana?

      Pak Yuf, silakan memberikan pencerahan kepada Pak David ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *