Review Delcell P56: Tak Sesuai Spesifikasi, tapi Menyenangkan

Pernahkah Anda membeli power bank yang kemampuan nyatanya tidak sesuai dengan spesifikasi? Misalnya, dibilang berkapasitas 10.000 mAh, tetapi baru satu kali dipakai men-charge ponsel sudah kehabisan daya. Contoh lain, saat power bank yang berbobot lumayan berat dibongkar, di dalamnya terdapat bungkusan kecil berisi pasir. Pasir itu berfungsi sebagai pemberat agar power bank seolah berkapasitas ekstrabesar.

Delcell P56 yang baru saja penulis uji pakai juga memiliki kemampuan nyata yang tidak sesuai. Namun, kali ini ketidaksesuaian yang menguntungkan sekaligus menyenangkan pemiliknya. Kinerja nyata power bank itu ternyata melebihi spesifikasi yang tertulis di bodi maupun kardus.

P56-1

Di kardus dan bodi bawah P56 tertulis power bank tersebut mempunyai output maksimal satu Ampere (1A). Input-nya maksimal juga 1A. Sel baterai lithium ion yang dibenamkan ke P56 berkapasitas 5.200 mAh.

Dengan menggunakan kabel yang dilengkali alat pengukur, penulis menguji pakai P56 untuk mengisi ulang aneka ponsel. Hasilnya, saat dipakai mengisi ulang baterai ponsel Sony Xperia Z2, power bank itu mampu mengalirkan arus sampai 1,43A. Seiring terisinya baterai ponsel, kecepatan charging menurun otomatis secara bertahap. Mulai dari 1,43A; 1,3A; turun, turun, dan terus berkurang sampai akhirnya mencapai 0,025A atau 25 mA saja. Manfaat nyata kondisi tersebut, proses charging dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tetap aman.

P56-3

Lain waktu, penulis memadukan P56 dengan feature phone LG A230 yang harga barunya Rp 345 ribu saja. Seperti biasa, feature phone tidak membutuhkan masukan arus yang tinggi. P56 terbukti mampu menyesuaikan diri pula. Kecepatan proses charging rata-rata hanya 0,4A.

Beralih ke aspek fisik. Di antara aneka power bank berkapasitas nyata 5.200 mAh yang saat ini beredar di pasar, dimensi fisik P56 pantas dikategorikan paling kecil. Ukurannya hanya 85 x 40 x 21 mm dan berat 123 gram. Kira-kira sedikit lebih besar daripada dua korek api gas yang diletakkan berimpitan. Kalau dibandingkan tabung tablet effervescent seperti Redoxon, P56 lebih mungil.

Power bank yang terlihat elegan itu hanya dibekali satu colokan USB sebagai output. Konektor input-nya berwujud micro USB dan dilengkapi lampu. Kala power bank melemah dan dihubungkan ke sumber listrik, lampu di sisi konektor micro USB akan menyala merah. Cahaya lampu otomatis berubah menjadi biru ketika power bank terisi penuh.

P56-2

Untuk mengetahui sisa daya power bank saat akan atau sedang dipakai, tekanlah tombol power dan perhatikan jumlah lampu biru yang menyala. Bila empat lampu biru menyala, berarti daya baterai power bank masih penuh. Semakin sedikit lampu yang menyala bermakna semakin sedikit daya yang tersisa.

Saat ini harga ritel yang disarankan untuk P56 Rp 297.500. Begitu mengetahui harganya, Anda mungkin bakal merespons, “Kok mahal ya?” Komentar penulis, prinsip ada harga ada rupa sampai sekarang masih berlaku lho. Tinggal Anda memilih mau bersikap peka harga atau peduli kualitas.

62 thoughts to “Review Delcell P56: Tak Sesuai Spesifikasi, tapi Menyenangkan”

  1. pak Herry, bagaimana kalau dibandingkan dengan Delcell P78? baik dari ukuran fisik, materialnya dan keamanannya.

    1. Pak Deny Yen Martin Rahman,

      Fisik dan material P56 terlihat lebih mewah. Kalau soal keamanan, saya tidak sampai membongkar power bank-nya. Namun, untuk merek Delcell, saya percaya mereka tidak main-main.

  2. Selama ini saya belum pernah punya atau pakai power bank, karena merasa belum perlu saja…

    Sebenarnya power bank itu di pakai ketika kondisi darurat atau bagaimana? Rata2 saya lihat pengguna hp cenderung langsung charge hp ke PB ketika low battery, bukan nya langsung charge ke tembok…

    Kebiasaan seperti ini berpengaruh atau tidak ya ke hp?

    1. Pak Amaris,

      Kebiasaan pengguna power bank yang Anda lihat itu sudah benar. Fungsi power bank kan sebagai charger kala pengguna jauh dari colokan listrik atau tidak membawa charger bawaan ponsel.

      Kalau power bank yang digunakan bukan yang berkualitas ala kadarnya, ponsel akan baik-baik saja. Power bank itu “dianggap sama” dengan charger bawaan.

    1. Pak Riezkie,

      P180 itu yang ukurannya setara dengan harddisk eksternal laptop ya. Iya, mantap banget tuh.

  3. Kalo saya koq g menyenangkan ya, kebalikan punya P hery, tertulis spec 5600mAh e, ternyata baru buat sekali ngisi batry kapsitas 2500mAh dah habis, kadang nggak mpe 100%. Untung kmrn pas mudik g nyampe macet berhari2……haduh…..

  4. Saya belum ngerti Dellcell, baru ngerti kalau produk powerbank paling bagus itu Probox. Tulisan pak HSW jadi referensi saya, coba pak lain kali review Probox

    1. Pak Hammam,

      Probox, menurut saya, sekelas Delcell. Bedanya, Delcell merek lokal dan jarang promosi sehingga relatif tidak dikenal. Distribusinya pun tidak semerata Probox.

      Di atas Probox masih ada aneka power bank yang lebih premium. Misalnya, Sony, Energizer, dan MiLi.

  5. kalau powerbank merk Vivan dibanding Delcell mending mana yah? rasanya dari berbagai review, Vivan dinilai cukup bagus yah, Pak

    1. Pak Stephen,

      Vivan sekarang tidak semantap zaman dulu. Satu hal lagi. Proses klaim garansinya lumayan ribet. Nota dan seluruh kelengkapan, termasuk kardus dan lembaran panduan pemakaian, harus dibawa semua. Satu saja tidak ada, klaim garansi ditolak.

  6. Pak Herry, sori OOT.. Pak mau nanya soal Lenovo P780 saya. Di dalamnya ada aplikasi cleaner yang kalo dipencet ada perubahan angka %nya. Saya nggak seberapa ngerti aplikasi itu untuk apa. Apa Pak Herry bisa jelasin? Terus kalo terus2an dipencet kok nggak ada perubahan ya Pak? Angkanya seputar itu2 aja. Kalo bagus kata orang % nya harus rendah. Gimana ya Pak cara nuruninnya? Thx

    1. Pak Adrian,

      Membaca cerita Anda, tampaknya yang dimaksud adalah RAM cleaner. Ketika ada banyak aplikasi yang berjalan, lalu Anda memencet tombolnya, angkanya seharusnya akan berubah. Itu berarti ada aplikasi tak terpakai yang kemudian ditutup.

      Sampai di sini mungkin timbul pertanyaan:
      1. Ketika ponsel baru dinyalakan, mengapa angkanya sudah mencapai puluhan?

      Jawabannya, hal itu wajar. Sebab, saat ponsel sekadar siaga pun tetap ada RAM yang terpakai.

      2. Kalau terus-terusan dipencet kok angkanya suatu saat tidak berubah lagi?

      Jawabannya, iya memang begitu. Berarti, saat itu semua aplikasi yang berjalan di belakang dan tidak digunakan sudah tuntas ditutup. RAM tetap terpakai untuk proses ponsel siaga.

  7. Pak Herry, kira kira bagus mana Delcell ini sama powerbank Xiaomi 10400mAh ?? Soalnya harganya tidak terpaut jauh.. Kalo bisa buat review nya ya… hehe XD…

    1. Pak Yufal,

      Soal kinerja sih seharusnya sama. Bedanya, kapasitas Xiaomi 10400 mAh dua kali lipat lebih besar.

      Satu hal yang perlu saya ingatkan, hati-hati saat membeli power bank Xiaomi. Versi palsunya ada banyak sekali dan semakin sulit dibedakan. Power bank Xiaomi palsu biasanya hanya mampu mengisi ulang baterai ponsel satu kali.

      Sampai di sini, mungkin akan timbul pertanyaan. Jadi, bagaimana cara paling ampuh untuk mengetahui keaslian power bank Xiaomi? Karena yang palsu secara fisik sudah semakin mirip produk asli, cara paling manjur adalah membongkarnya.

  8. Sorry mau nanya, kalau charger samsung dan lg dibagian colokan ke hp kaki-kaki kuningannya saya lht samsung 4kaki dan lg 5 kaki kuningannya, apakah sama ko dayanya? Dan kalo charger samsung saya pakai ke lg apa akan merusak baterai?trims

    1. Pak Leos,

      Bisa saling dipertukarkan kok. Tak masalah. Takkan merusak ponsel. Yang penting sama-sama micro USB kan.

    1. Pak Brata,

      Dengan asumsi ponsel di-charge dalam kondisi padam: satu kali charge penuh dan satu kali lagi charge setengah penuh.

    1. Pak Atha,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Setahu saya, Delcell belum ada yang palsu. Kapasitas 3.000 mAh dijual Rp 110 ribu, menurut saya, adalah harga yang sangat wajar. Bahkan, sedikit terlalu mahal.

  9. mau nanya nih pak.

    powerbank delcell menggunakan jenis baterai japan cell bukan?

    terimakasih atas jawabanya.

    1. Pak Oscar,

      Sebenarnya yang lebih perlu dicermati bukan masalah Japan cell atau China cell, tetapi kualitas sel baterai yang dipakai. Mau China cell pun, asalkan yang kualitas bagus, tetap andal kok. Power bank merek Romoss dan Yoobao menjadi bukti nyata.

  10. Om herry, barusan saya beli delcell four yg 8000 mAh seharga 135rb di olx. yg jadi pertanyaan saya itu apakah pb ini asli dan bukan kw? juga kata penjualnya pb ini hadiah dari situs bli2. apa benar om?

    1. Pak Alvin,

      Mestinya asli. Harga power bank itu biasanya Rp 139.000.

      Soal apakah benar hadiah dari Blibli, jawabannya ya saya tidak tahu.

  11. oya om itu kan ada garansi 12 tahun, klaim nya dimana ya ntar kalo rusak? masa harus kirim ke jakarta? btw saya di surabaya

    1. Pak/Bu Can2,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Paket penjualan Delcell Turbo seharusnya tidak termasuk charger. Apakah Rp 250 ribu terlalu mahal? Bergantung Anda dapat charger apa dulu.

  12. saya dapetnya jg charger delcell pak, tp pasaran harga pb delcell Turbo sbenernya brapa ya klo tanpa charger?
    Itu chargernya yg model USB pak, tapi saya ga tau deh chargernya ori atau Ga. Tp mengingat pak herry pernah bilang kalo delcell ini kan hampir ga ada versi palsunya ya pak, jd seharusnya charger yg saya dpt jg ori pak (mudah2an) he2

    Terus kalo menurut bpk bagusan mana ya antara pb Xiaomi 10400mah dan delcell Turbo 10000mah kalo sama2 Real capacity..
    Mengingat skg banyak jg pb xiaomi yg labelnya Real pdhl ga Real.. nah utk mengetahui Real / gak’nya , apakah bs dilihat dari garansinya pak? Jd kalo power bank itu garansi 1th pasti Real capacity, apakah demikian?
    Mohon pencerahan soalnya adek saya jg mau beli power bank pak.. Terima kasih

    1. Bu Can2,

      Delcell Turbo-nya maksimal Rp 175.000.

      Charger Delcell yang model USB ada banyak banget. Demikian pula harganya.

      Dengan asumsi power bank Xiaomi dan Delcell itu sama-sama asli, lebih bagus punya Xiaomi. Pemilik Delcell pun mengakuinya kok. Karena skala produksinya sangat besar, harga power bank Xiaomi bisa ditekan murah sekali.

      Garansi setahun hanya menjadi salah satu tolok ukur. Tidak bisa dijadikan patokan mutlak. Kalau ingin tahu cara mengidentifikasi power bank Xiaomi 10.400 mAh asli, silakan baca ini:
      http://ponselmu.com/inilah-ciri-power-bank-xiaomi-asli/

  13. Om Herry, saya punya powerbank delcell four kapasitas 8000 mAh. yang saya tanyakan adalah bagaimana tanda powerbank ini ketika sudah penuh dicharge? apakah keempat lampu indikator menyala terus, atau mati? trims Om 🙂

  14. Pak saya mau menanyakan tentnag powerbank delcell ultra 16.000mah,,, mnrut bapak apakah bagus dan real kapsitas? Mhon review nya… kelebihan dn kekurangannya..
    Terimaksih

    1. Pak Denboy,

      Di rumah saya sudah punya power bank itu, tetapi belum sempat mengetesnya.

      Kalau merek Delcell biasanya kapasitas nyata.

  15. pak, powerbank delcell yang 10500mah, untuk charge baterai 3000mah kira2 dapet berapa ya? apakah sampai 3 kali? biasanya kan gak terlalu persis seperti di tulisan.

    oh iya pak, pernah nyoba powerbank hi-rice? kalo pernah, reviewnya gimana pak? makasih

    1. Pak Ary,

      Pasti takkan bisa tiga kali. Saat dipakai mengisi ulang baterai ponsel, power bank itu perlu konversi tegangan dll. Spesifik ke Delcell Note 10.500 mAh, dari hasil uji pakai yang saya lakukan, daya nyata yang bisa disalurkan sekitar 6.700 mAh. Itu bermakna kapasitas power bank itu benar-benar nyata. Silakan baca ini dulu supaya lebih jelas http://ponselmu.com/kenali-seluk-beluk-power-bank/

      Hi Rice? Pernah coba. Hasilnya, kemampuan powerbank itu tidak sesuai dengan yang tertulis.

  16. Pak Herry, punyaku delcell turbo.
    Kalau baterai udah full, lampunya tetap nyala.
    Kalau usbnya dipisahin dari pbnya baru deh mati.
    Apa memang seperti itu sistem auto cut – off?

  17. Om Herry, saya ada tiga pertanyaan soal powerbank delcell four saya.
    Pertama, kenapa ya powerbank saya ketika sdg mengecharge hp saya, baterai hp saya tidak bertambah isinya? Indikator charging menyala, tetapi sama sekali tdk menambah isi baterai hp saya. Bahkan terkadang mengurangi. Ini kenapa ya om dan solusinya apa?
    Kedua, garansi 12 tahun ini utk replace atau servis aja om?
    Ketiga, jika harus diservis, kemana saya harus menyerviskannya ? (saya di surabaya)

    1. Pak Andre,

      Saya belum pernah mencoba Delcell Four sehingga tak bisa memberikan jawaban yang menukik.

      Untuk poin pertama, selama di-charge ponsel dalam kondisi padam atau menyala? Kalau padam total, berarti power bank Anda tidak normal. Sebaliknya, kalau ponsel menyala, masih ada kemungkinan wajar. Hal itu bergantung perilaku pemakaian Anda saat ponsel di-charge dalam kondisi siaga.

      Untuk poin kedua, garansi 12 tahun? Tak ada garansi selama itu, Pak. Masa garansinya 12 bulan alias setahun. Barang harus dikirimkan ke Jakarta. Pihak Delcell yang akan menentukan barang diperbaiki atau diganti unit baru.

      1. Ponsel baik dlm hidup maupun mati sama saja om, indikator di hp charging tapi malah berkurang. Oh iya om, maksudnya 12 bulan, maaf typo om hehe. Btw klaim garansinya kalau di surabaya dimana ya pak? Saya soalnya beli di toko online om. Trims

        1. Pak Andre,

          Wah, kalau kayak gitu sih ya jelas tidak normal. Saran saya, coba gunakan power bank lain lagi dulu. Tujuannya untuk memastikan yang bermasalah ponsel Anda atau power bank Delcell tersebut.

          Di Surabaya tidak ada kantor cabang Delcell. Proses klaim garansi dilakukan dengan mengirimkan power bank itu ke Jakarta.

  18. sudah saya coba om, pakai powerbank lain bisa charge dan isi baterai jadi bertambah. cara klaimnya gimana om? kartu garansinya aja ga di sobek yang untuk toko 😐

  19. Maaf pak, mau nanyak bagaimana mengetahui kalo powerbank dellcel daya nya sudah habis dan sudah terisi penuh? Terimakasih

    1. Bu Debora,

      Sudah habis: tak bisa dipakai nge-charge lagi. Kalau power bank itu dibekali lampu indikator, semua lampu tak bisa menyala.

      Sudah penuh: kalau tombol power ditekan, semua lampu menyala.

  20. Maaf pak Herry, ijin bertanya sekaligus rekomendasi? DellCell Powerbank ECO Polymer Battery 10000 Mah diberikan list harga 99.000 dalam promo Harbolnas kali ini di lazada. Apakah itu cukup murah dan berkualitas pak? Lalu bagaimana perbandingan powerbank tersebut dengan merk Hipo Powebank Ilo F1 12500 mAh yang diberikan list harga 129.000 dalam promo harbolnas di lazada? Terima Kasih pak?

    1. Pak Kevin Andreas,

      Saya belum pernah menguji pakai dua power bank itu.

      Yang kedua itu merek Hipo atau Hippo? Kalau Hippo, merek itu dikenal cukup bagus kok. Demikian pula Delcell.

  21. Mau tanya ic assembling powerbank dell cell 10000mah rusak ke bakar berapa no serinya yah ada yg tau?? Mohon infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *