Review Evercoss A28S dan Mito Fantasy Type A350: Adu Qwerty Android Dual SIM Merek Lokal

Evercoss (dulu Cross) dan Mito adalah dua pemain papan atas di kategori ponsel merek lokal buatan Tiongkok. Produknya laris manis di pasar dan dikenal berani dalam beriklan di televisi. Mereka kebetulan sama-sama memiliki ponsel qwerty Android dual SIM. Bagaimana performanya?

Tampilan fisik Evercoss A28S mengingatkan penulis dengan BlackBery Q5. Papan ketik qwerty ponsel itu tergolong cukup nyaman. Setiap kali ditekan, ia memberikan tactile feedback alias umpan balik yang memanjakan ibu jari. Sayang, kenyamanan keypad tersebut tidak diimbangi layar yang prima. A28S berlayar sentuh kapasitif 3,2 inci dengan resolusi 320 x 240 piksel. Tampilan layar sangat tidak layak disebut tajam dan cemerlang.

Evercoss A28S-1

Fitur lain A28S, di antaranya, televisi analog dan radio FM yang siarannya bisa direkam. Ada pula sepasang kamera ganda tanpa fokus otomatis. Kamera belakang berlampu kilat dan beresolusi dua megapiksel, sedangkan kamera depan 1,3 megapiksel.

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan di ponsel Android 4.2.2 Jelly Bean yang dijual sekitar Rp 700 ribu itu. Satu nomor di antaranya, yang bebas dipilih oleh pengguna, leluasa dikunci di jaringan 3G. Aktivitas video call juga bisa dilakukan.

Terkait ruang penyimpanan, ponsel berbaterai lithium ion 1.050 mAh tersebut hanya memiliki RAM 256 MB dan ROM 512 MB. Sangat terbatas. Kala ponsel masih kinyis-kinyis, sisa memori internal yang bisa dioptimalkan cuma 177 MB. Bila ingin memanfaatkan fitur kamera, pengguna wajib menyelipkan kartu microSD ke selot memori eksternal dulu.

Berbeda dengan ratusan ponsel Android yang pernah penulis uji pakai, A28S tak bisa melakukan sinkronisasi kontak dan kalender dengan akun Gmail. Agar dapat disinkronkan, penulis harus menginstalasikan file tambahan yang tidak tersedia di Play Store. Ketiadaan GPS menjadi kekurangan tambahan ponsel berprosesor dual core MediaTek MT6577 1 GHz itu.

Fantasy Type-1

Beralih ke Mito Fantasy Type A350. Ia sukses memberikan kenangan tak terlupakan kepada penulis. Baru satu hari digunakan, ponsel sudah bermasalah. Empat problem muncul, mulai dari layar berkedip-kedip, ponsel bergetar sendiri saat diletakkan di meja, hingga dua tombol keypad tak berfungsi. Masih ada satu lagi. Ketika ponsel digunakan, ia bisa mendadak kembali ke home screen tanpa disentuh.

Saat diperiksakan di pusat perbaikan resmi Mito, ponsel dengan masa kerja kurang dari 24 jam itu harus ditinggal selama minimal satu minggu. Penulis tak rela menginapkan ponsel tersebut, lalu iseng membawanya ke toko tempat penulis bertransaksi. Penjual spontan menukarnya dengan unit baru. Cerita belum berakhir. Tak sampai sehari, Fantasy Type pengganti ternyata mulai bermasalah pula.

Layar sentuh kapasitif ponsel itu berukuran 3,5 inci. Resolusinya 320 x 480 piksel. Secara umum, tampilan layar masih agak enak dipandang mata. Prosesor dual core MediaTek MT6572 1 GHz, RAM 512 MB, ROM 4 GB, selot microSD, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS merupakan sebagian spesifikasi lain Fantasy Type.

Memori internal ponsel berbaterai lithium ion 1.380 mAh itu dibagi dua, internal storage dan phone storage. Saat ponsel masih segar, sebanyak 1,18 GB di antara 1,27 GB internal storage berstatus kosong. Pengguna juga leluasa mengoptimalkan phone storage yang masih utuh 1,27 GB.

Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan di Fantasy Type. Nomor yang terpasang di selot SIM1 diizinkan masuk ke jaringan 3G dan dipakai ber-video call. Sementara itu, nomor di selot SIM2 hanya dapat menikmati jaringan 2G.

Ponsel Android 4.2.2 Jelly Bean itu hanya mempunyai satu kamera. Kamera dengan lampu kilat, tetapi tanpa fokus otomatis tersebut beresolusi 3,15 megapiksel. Fantasy Type juga dilengkapi radio FM. Meskipun harga ritel resminya Rp 799 ribu, peminat kini bisa membawa pulang ponsel itu dengan dana maksimal Rp 750 ribu.

Jadi, lebih baik memilih ponsel yang mana? Penulis merekomendasikan Anda tidak membeli keduanya. Seandainya di dunia ini hanya tersisa dua tipe ponsel di atas, terpaksa penulis memilih Evercoss A28S. Spesifikasinya memang di bawah Mito Fantasy Type A350. Tampilan fisiknya juga kalah mewah. Namun, minimal daya tahan A28S lebih baik.

 ***

Evercoss A28S

Paket penjualan terdiri atas ponsel, baterai 1.050 mAh, kepala charger 1 A, kabel micro USB, dan handsfree berkabel.

Berikut beberapa contoh foto yang dihasilkan kamera A28S.

Evercoss A28S-2

Evercoss A28S-3

Evercoss A28S-4

Evercoss A28S-5

Screen capture Antutu Benchmark, Quadrant Standard Edition, dan Android Sensor Box.

Evercoss A28S-6

Evercoss A28S-7

Evercoss A28S-8

Evercoss A28S-9

 ***

Mito Fantasy Type A350

Paket penjualan terdiri atas ponsel, baterai 1.380 mAh, kabel micro USB, handsfree berkabel, dan kepala charger 500 mA.

Contoh foto yang diproduksi.

Fantasy Type-2

Fantasy Type-3

Fantasy Type-4

Fantasy Type-5

Fantasy Type-6

Screen capture Antutu Benchmark, Quadrant Standard Edition, dan Android Sensor Box.

Fantasy Type-8

Fantasy Type-9

Fantasy Type-10

Fantasy Type-7

52 thoughts to “Review Evercoss A28S dan Mito Fantasy Type A350: Adu Qwerty Android Dual SIM Merek Lokal”

  1. Ini ya latar belakang jawaban twit saya tentang Mito A68 kemarin pak … hahaha

    Kesan pertama saya dengan artikel ini adalah, antutu benchmark nya itu mungkin diakali dengan script pak, Andromax U dual core punya saya benchmarknya cuma 5000 an, tapi sangat smooth, termasuk juga yang di Nokia X itu.

    1. Pak Helmi Al Hazziq,

      He… he… he….

      Bisa jadi ya. Saya pribadi tak pernah menggunakan hasil benchmark dalam memilih ponsel. Yang penting nyaman dipakai, mau berapa pun skornya. Atas masukan dari pembaca blog ini, akhirnya mulai Januari 2014 saya menambahkan screen capture benchmark dan contoh hasil foto saat mengunggah naskah review.

  2. Kalau fantasy type kudunya VS Evercoss a28b, oom herry. Karena lebih sebanding, a28s rasanya versi “irit” a28b

    1. Pak Ali Sutiyo,

      A28B harga berapa, Pak? Waktu itu saya langsung ke toko, cari dua ponsel qwerty yang harganya mirip-mirip. Satu Mito, satu Evercoss. Yang paling mendekati kebetulan ya A28S dan Fantasy Type itu.

  3. Hmm… Gmn rasanya ram 256mb & storage 177mb di android 4.2.2 pak?
    Di 2.3 aja 256mb ram udh sangat pas2an…

    Kalo dibandingkan dgn galaxy chat gmn pak? 😀

    1. Pak Rahadian,

      Masih mendingan itu daripada RAM 256 dan Android 2.3 di Huawei Y210 Dual kok. 🙂

      Kalau dibandingkan dengan Galaxy Chat, kecepatan responsnya mirip-mirip deh.

  4. evercross A28B looks nya lumayan solid, will it be next review, Pak? selamat nyoblos buat besok…sukses sll utk anda, Pak…Herry.

  5. bagaimana dengan android qwerty merk branded pak herry?
    saya sedang nyarikan buat istri. rencananya yang nyaman buat BBM-an.
    ini istri mau berganti dari blackberry karena sudah rusak.

    1. Pak Fadilah,

      Nah, itu masalahnya. Pilihan saat ini sangat terbatas. Praktis cuma ada Samsung Galaxy Chat yang tidak menarik.

  6. Di harga 800ribuan seharusnya pak, cuman kemarin lihat di booth Evercoss jadi 950ribu include microsd 8Gb, belum sempat muter-muter ke toko lainnya sih. Kalau A28S gak sebanding ama Fantasy Type, istilah kerennya sih “not apple to apple” 😀

  7. saya beberapa waktu lalu juga melirik kedua tipe tsb pak Herry.tp pas cari info di net speknya kurang sreg jadi beli advan s4a saja seharga 780rb.mirip andromax c tp kameranya lbh bagus hehe

    1. Pak Rizal,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada saat ini. Beberapa hari terakhir saya terkena sinusitis sehingga kesulitan berlama-lama menatap layar laptop atau ponsel.

      Ayo Advan S4A-nya di-review di sini, Pak.

  8. maaf Pak Hery, untuk android tiongkok yg bertombol qwerty kan masih ada Cyrus Chat dgn RAM 512 MB… tapi harganya memang masih di atas 1 juta sih… hehe
    saya nantikan ulasannya yaaa…
    matur nuwun sebelumnya

    1. Pak Joko,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada saat ini. Beberapa hari terakhir saya terkena sinusitis sehingga kesulitan berlama-lama menatap layar laptop atau ponsel.

      Iya, saya tahu soal Cyrus Chat. Waktu itu nggak saya bandingkan sekalian karena harga jualnya berbeda lumayan jauh dengan A28S dan Fantasy Type A350.

  9. Kebetulan sy nyoba nekat beli Mito A350 krn spek nya jauh d atas EC A28S. Sjauh ini sy ga da masalah & puas krn spek sbanding dg hrg. Kkurangnnya cm d kamera. Meski sdh 3,2 Mpx tp ko’ yaa msh kurang banget kualitasnya.

  10. @Pak joko,
    yup… dari A28S, A28B, A350 dan Cyrus Chat, saya memutuskan mengambil cyrus chat (setelah mencoba demo unit pilihan yg lain). Keypadnya nyaman (di atas curve, di bawah bold), kamera autofocus (tapi jangan berharap terlalu banyak), ada notification light (macam handphone kategori buah-buahan). Sayangnya…. unit yang barusan saya beli ternyata ada masalah di kameranya, jadi harus swap unit (sebelum 14 hari ada masalah, bisa swap unit). Berhubung stock kosong, harus nunggu 3 hari. Maybe next oom herry bisa pinjam untuk di review.

    1. Pak Ali Sutiyo,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada saat ini. Beberapa hari terakhir saya terkena sinusitis sehingga kesulitan berlama-lama menatap layar laptop atau ponsel.

      Wah, terima kasih berat kalau saya boleh meminjam Cyrus Chat-nya.

  11. Pak Herry, Tolong Review EVC A28B-nya Sepertinya Spek-nya udah lebih bagus dari A28S… Atau jangan” Ada yg Ditambah dan ada jg yg di-Drop..?

    1. Pak Fahri,

      Silakan mengirimkan A28B-nya ke saya. Saya akan review-kan.

      Saya pribadi nggak berani terlalu sering beli Evercoss atau Mito. Sebab, harga jual bekasnya seringkali tinggal separuh daripada harga baru. Kalau terlalu sering beli produk tersebut, saya bisa defisit.

  12. kalau dari spek antara andromax c dan advan s4a sama saja kecuali kamera s4a ada muka 2 mp dan belakang 5 mp plus led flash.kualitas hasil foto lebih bagus s4a adapun hasil foto andromax c sama persis dgn kamera 5 mp advan s5e yg pernah saya coba. hanya saja utk hasil foto s4a apabila diperbesar malah jelek nampak seperti lukisan cat minyak.

    dari sisi ketajaman layar dan responsifnya layar malah lebih bagus andromax c menurut saya.s4a saya kalau menarik jendela notifikasi sering gagal dan ketika browsing opmin jika hendak kembali ke halaman sebelumnya, satu kali sentuhan layar malah dianggap 2x sentuh.

    untuk keyboard sms s4a tdk bisa didefault agar keyboard selalu menggunakan aplikasi GO keyboard.setiap kali hp dimatikan,default keyboard kembali ke keyboard bawaan.di andromax c tdk terjadi seperti ini.

    tapi untuk advan s4a tentu kita bisa ganti operator selular untuk internetan 🙂

  13. Pak, after sales evercoss bagaimana? Kalau yg Mito & Advan sih sdh baca banyak testi di surat pembaca yg kurang lebih bilang lempar batu sembunyi tangan.

    1. Bu Vivi,

      Ibarat anak kuliah, kalau Mito dan Advan Anda beri nilai D, berarti Evercoss dapat E. Bila Mito dan Advan dapat E, berarti Evercoss E kuadrat.

  14. hehe… bujet dibawah 1jt soalnya pak buat hp cadangan… pakai galaxy chat lemot n sdh saya jual… liat tmn saya pakai cyrus chat eh koq sering panas n nge hang hp nya… jd bingung bin galau pilih android qwerty yg stabil. trims banyak info nya

    1. Pak Waqa,

      Oh, ceritanya mau cari ponsel dengan qwerty keypad dan harga di bawah Rp 1 juta ya? Maaf, belum ada yang dapat saya rekomendasikan.

  15. Cyrus Chat lagi turun harga di bawah 1 juta.. Rp.7xx rb an yang paket baterai 1900mAh atau Rp. 8xx-rb an yang paket baterai 2800mAh.

    1. Pak Didiet,

      Terima kasih atas informasinya. Yang tidak menarik dari ponsel Android Cyrus, aplikasi bawaannya banyak banget dan kebanyakan justru mengganggu.

  16. Saya pakai mito a350 permasalahannya ada di tombol keypad sering error jika saya sudah menelepon atau lain2 jika ingin normal hrs d restart 🙁

  17. Sy baru beli a350,awal chrger pake bawaan,g penuh2, ehh pake charger merk lain lbh cpt penuh tapi blm lama hbs rwt inap di servis center,sbab hank(mati total),g lama sich…cm 3 hr,pulang smpe rumah…skrng charger hmpir seharian,g penuh2 jg,mslhny dmn y?ad saran tuk solusiny pak ? :'(
    Trima ksh

    1. Pak Salim,

      Idealnya diperiksakan ke service center sih. Untuk memastikan sumber masalah di charger, konektor charger di bodi ponsel, atau baterai.

      Kalau boleh menyarankan, lain kali jangan membeli Mito lagi deh.

  18. saya lagi cari hp qwerty murah tapi bisa bbm, fb, watsaap, Kalau axioo picophone 2.6 gbc gmn pak HeHerry bagus gak ya ??

    1. Pak Ferdy Bastian Murphy,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Jawabannya, kalau Android, saat ini belum ada yang mampu memenuhi kriteria Anda dengan optimal. Bagaimana kalau membeli ponsel BlackBerry saja, Pak?

      Dengan dana Rp 1 juta, Anda sudah bisa mendapatkan BlackBerry 9360 Apollo baru dan bergaransi resmi. Ponsel itu mestinya sanggup memenuhi hal-hal yang Anda sebutkan.

      Axioo yang Anda sebutkan mestinya kurang nyaman dipakai untuk aneka aktivitas yang Anda sebutkan di atas. Ponsel itu akan terasa lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *