Review Flash Plus 2: Resmi Lepaskan Diri dari Alcatel

Ketika mendengar nama Flash Plus dan Flash 2, ingatan sebagian orang pasti langsung melayang ke merek Alcatel. Dulu tidak salah sih. Lha nama lengkap dua ponsel itu memang Alcatel onetouch Flash Plus dan Alcatel onetouch Flash 2.

Namun, sejak Flash Plus 2, Flash tak cocok lagi diasosiasikan dengan Alcatel. Sebab, Flash telah resmi melepaskan diri dari bayang-bayang Alcatel. Ia bukan lagi menjadi salah satu seri ponsel Alcatel, melainkan tampil sebagai merek tersendiri.

Flash Plus 2-1

Strategi pemasaran Flash berbeda dengan Alcatel dan TCL yang sebenarnya masih satu keluarga besar. Flash menyasar pengguna muda yang melek internet. Jalur penjualannya via daring alias online. Kalau ponsel Flash kebetulan dijumpai di gerai offline, amat mungkin si pemilik toko kulakan online, lalu menjualnya lagi di toko.

Flash Plus 2 tersedia dalam dua pilihan warna dan spesifikasi. Peminat bebas membeli sesuai selera, mau warna luna silver atau venus gold. Ditilik dari spesifikasi teknis, ada dua varian memori. Varian pertama dibekali RAM 2 GB dan ROM 16. Harganya dipatok Rp 1,999 juta dan sudah beberapa kali dijual lewat flash sale di Lazada.

Ingin memori lebih besar? Ada Flash Plus 2 dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Produk tersebut bakal dijual via Lazada juga. Kalau tidak ada perubahan, jadwal penjualannya dimulai akhir bulan ini dengan harga Rp 2,299 juta.

Dalam uji pakai kali ini, penulis alias HSW menggunakan satu unit Flash Plus 2 warna emas dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB. HSW bukan memperolehnya dengan membeli di Lazada. Karena itu, fitur 4G LTE di ponsel yang HSW gunakan telah aktif dan siap dipadukan dengan kartu 4G LTE operator Indonesia.

Kesan pertama memegang Flash Plus 2 sangat positif. Penutup belakang (back cover) berbahan logam dengan warna emas membuatnya tampak mewah. Tidak sedikit pun terkesan murahan. Umpama karakter yang terukir di bodi belakang ponsel bukan Flash melainkan Samsung, amat mungkin peminat harus menyiapkan dana minimal Rp 4 juta.

Flash Plus 2-2

Jika penutup belakang ponsel itu dilepaskan, di sisi kanan terlihat sebuah baterai tanam berkapasitas 3.000 mAh. Sedangkan di sisi kiri terdapat satu selot kartu micro SIM, nano SIM, dan microSD. Dua nomor dapat siaga bersamaan di Flash Plus 2. Salah satu di antaranya dapat masuk ke jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang dipakai berinternet dan diizinkan merambah ke jaringan 3G dan 4G LTE.

Di atas kertas, Flash Plus 2 kompatibel dengan layanan 4G LTE band 1, 3, 5, 7, 38, 40, dan 41. Hal itu bermakna ponsel yang HSW gunakan sesuai dengan layanan 4G LTE yang digelar Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Tri, Smartfren, dan Bolt. Ya, semua operator. Komplet!

HSW sempat memadukan ponsel tersebut dengan 4G LTE Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan Smartfren. Hasilnya terbukti sukses. XL tidak dicoba karena masa aktif paket internet milik HSW telah berakhir. Sementara itu, layanan 4G LTE Tri dan Bolt belum tersedia di Surabaya.

Sepasang kamera dibenamkan ke Flash Plus 2. Baik kamera depan maupun belakang dilengkapi lampu kilat. Kamera utama di sisi belakang ponsel itu beresolusi 13 megapiksel dan dilengkapi fokus otomatis. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia sanggup menghasilkan klip video full HD 1080p.

Sulit disangkal bila memotret balita itu tidak mudah. Agar si balita mau menghadap ke kamera, orang tua seringkali harus memancing mereka dengan mainan atau bunyi-bunyian. Perancang Flash Plus 2 tampaknya menyadari hal tersebut. Karena itu, di menu bawaan kamera Flash Plus 2 telah disiapkan aneka suara. Ada suara kambing mengembik, kucing mengeong, tembakan pistol laser, hingga denting harpa dan klakson kereta api. Saat memotret buah hati tercinta, pengguna tinggal mengaktifkan salah satu suara tersebut.

Flash Plus 2-22

Beralih ke kamera depan. Kamera berlampu kilat itu dapat menghasilkan foto beresolusi maksimal delapan megapiksel. Ia juga siap memproduksi klip video HD 720p.

Ponsel bersistem operasi Android 6.0 Marshmallow itu dibekali layar IPS 5,5 inci. Resolusinya full HD 1.920 x 1.080 piksel. Untuk menyalakan dan memadamkan layar, pengguna tak usah memencet tombol power. Sebab, sama dengan beragam tipe ponsel LG, Flash Plus 2 mempunyai fitur ketuk-ketuk layar. Ketuklah permukaan layar sebanyak dua kali untuk menyalakan layar. Lakukan hal yang sama saat ingin memadamkan layar.

Di bawah layar terdapat tombol fisik home yang mengingatkan pengguna dengan home button ala ponsel Samsung. Di situ pula diletakkan sensor sidik jari (fingerprint sensor) Flash Plus 2. Sensor sidik jari tersebut memiliki tiga kegunaan. Apa saja?

Pertama, untuk membuka pengunci layar. Saat ponsel terkunci dan layar padam, pengguna cukup menekan tombol home plus menyentuhkan jarinya. Layar akan menyala lalu dengan cepat terbuka.

Kedua, mirip dengan poin pertama, tetapi kali ini sekaligus membuka aplikasi tertentu. Misalnya, aplikasi WhatsApp “dijodohkan” dengan sidik jari jempol kanan. Kala ponsel terkunci dan layar padam, pengguna menyentuh dan menekan tombol home menggunakan jempol kanan. Hasilnya, layar bakal menyala, terbuka, kemudian langsung menyajikan aplikasi WhatsApp. Praktis.

Ketiga, mengakses folder safebox yang dapat diterjemahkan bebas sebagai kotak aman. Di safebox pengguna leluasa menyimpan file-file privat. Untuk membuka folder itu pengguna harus menyodorkan sidik jari yang tepat. Kalau tak sesuai dengan sidik jari yang terdaftar di ponsel, isi folder pasti gagal diakses.

Wi-Fi, bluetooth, GPS, wireless display, dan mendukung USB On-The-Go (USB OTG) merupakan sebagian spesifikasi lain Flash Plus 2. Saat ponsel belum diutak-atik, sisa memori internalnya mencapai 9,2 GB. Ponsel itu menggunakan prosesor delapan inti (octa core) MediaTek Helio P10 MT6755M yang terdiri atas empat inti 1,8 GHz dan empat inti 1 GHz.

Selama HSW menggunakan Flash Plus 2 sebagai ponsel utama, ia selalu terasa gegas. Tampilan layarnya sedap dipandang mata. Sensor alias pemindai sidik jarinya bekerja dengan cepat dan akurat.

Kinerja kameranya tergolong lumayan. Proses pemfokusannya relatif cepat, sedangkan kualitas foto yang dihasilkan sebatas cukup bagus. Di kisaran harga setara, ponsel berdimensi fisik 152,6 × 76,4 × 8,2 milimeter dan berat 157 gram harus mengaku kalah bersaing dengan kamera Asus Zenfone 2 Laser.

Daya tahan baterai Flash Plus 2 tidak mengecewakan. Di tangan HSW, sekali diisi ulang baterai ponsel itu rata-rata mampu bertahan 16 jam. Dengan memanfaatkan charger bawaan, proses isi ulang daya dari sepuluh persen sampai penuh dapat dituntaskan dalam waktu maksimal 70 menit.

Menurut HSW, sisi minus utama Flash Plus 2 ada dua. Pertama, entah mengapa, ponsel kadang seolah diubah dari mode dering ke mode getar. Ponsel enggan berdering kala ada panggilan telepon dan notifikasi masuk. Ponsel cuma bergetar. Padahal, saat dicek di pengaturan, nada dering ponsel dalam posisi aktif.

Kejadian aneh itu terjadi secara acak. Biasanya tidak lebih dari satu kali per hari. Kalau sudah mengalami hal tersebut, solusi paling jitu untuk menyembuhkannya adalah me-restart ponsel. Boleh pula dengan memadamkan ponsel sejenak, lalu mengaktifkannya lagi.

Kekurangan kedua, GPS Flash Plus 2 kurang cepat dalam mengunci lokasi. Biarpun sudah diatur pada mode high accuracy, ponsel masih membutuhkan waktu hampir dua menit untuk mengunci lokasi.

Secara umum, dengan memperhatikan beragam faktor, Flash Plus 2 masih layak dipertimbangkan oleh pemilik anggaran Rp 2 juta yang sedang mencari ponsel baru. Kalau tidak terburu-buru dan memiliki dana lebih, tak ada salahnya sekalian menunggu ketersediaan Flash Plus 2 dengan RAM 3 GB.

***

Inilah contoh foto yang dihasilkan kamera Flash Plus 2.

Flash Plus 2-3

Flash Plus 2-4

Flash Plus 2-5

Perhatian area yang ditandai dengan kotak merah.

Flash Plus 2-6

Kalau di-crop, inilah tampilan area tersebut.

Flash Plus 2-7

Flash Plus 2-8

Flash Plus 2-9

Flash Plus 2-10

Flash Plus 2-11

Flash Plus 2-12

Flash Plus 2-13

Flash Plus 2-14

Flash Plus 2-15

Flash Plus 2-16

Saatnya mencoba lampu kilat di kamera belakang Flash Plus 2.

Dimulai dengan pemotretan tanpa lampu kilat.

Flash Plus 2-17

Kini lampu kilat diaktifkan.

Flash Plus 2-18

Tiga foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan.

Flash Plus 2-19

Kamera depan Flash Plus 2 dibekali lampu kilat. Bagaimana hasilnya?

Kalau lampu kilat nonaktif, begini….

Flash Plus 2-20

Kalau lampu kilat diaktifkan, begini hasilnya.

Flash Plus 2-21

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Flash Plus 2-23

Flash Plus 2-24

Flash Plus 2-25

251 thoughts to “Review Flash Plus 2: Resmi Lepaskan Diri dari Alcatel”

  1. Pak Herry SW,

    Harga versi ram 2gb dgn ram 3gb relatif beda tipis ya… Btw menurut bapak jika dibandingkan dgn hasil jepretan foto Xiaomi Redmi Note 3 yang direview kemarin, kira2 kualitasnya lebih bagus mana pak? Trima…

    1. Pak Farid LM,

      Iya, beda tipis. Karena itu, bila tidak terburu-buru, mending menanti kehadiran yang RAM 3 GB.

      Kinerja kamera relatif imbang. Saya lebih suka dengan warna yang disodorkan Redmi Note 3.

  2. Legaaaa ko Herry…semua review yang saya tunggu udah keluar..
    Lanjut ke pencerahan,dari ke 4 gadget yang saya taksir..tolong urutkan dari yg paling OK ke yang paling KO..dilihat dari semua aspek yaa ko’ .. nominasinya adalah..samsung galaxy J5,lenovo vibe K4 note,flash plus 2&xiaomi redmi note 3
    Hatur nuhun sebelumnya,

  3. pak herry,
    * kalau diurutkan yang paling bagus kameranya hisense pureshot, xiaomi redmi note 3 pro, flash plus 2, asus zenfone 2 laser, urutannya bagaimana?

    * kalau smartphone android dilakukan factory reset apakah update systemnya ikut terhapus?

    1. Pak Kk Bakti,

      * Pureshot, Zenfone 2 Laser, Redmi Note 3, dan Flash Plus 2. Dua ponsel terakhir sebenarnya imbang. Namun, saya lebih suka dengan warna yang dihasilkan Redmi Note 3.

      * Tidak.

  4. Lumayan nih Flash Plus 2 , ada rencana review Samsung Galaxy Note 7 ga koh? Penasaran sama Iris Scannernya

  5. kenapa ya harus dijual via online koh -_-
    hnya lazada partner penjualan nya koh ?? apa ada toko online lain ?

    1. Pak Rizal,

      Ya itu kan bagian dari strategi pemasaran Flash 2. Jalur online merupakan salah satu jurus untuk menekan harga jual.

      Sampai saat ini mitra resminya hanya Lazada. Di toko online lain ada, tetapi harganya lebih tinggi. Biasanya sih ada yang beli dari Lazada, trus dijual di tempat lain.

    1. Pak Rizal,

      Jalur penjualan resmi hanya di Lazada. Kalau mau beli di tempat lain, cari di Bukalapak atau Tokopedia deh.

  6. Cover belakang bisa dilepas.trus batrenya bisa d lepas tidak pk herry? Mw nanya jg.rekomendadi hp d bwh 2 juta yg tidak unibody (batre bs d lepas) n sim kartu tidak hybrid n ud ada sensor gyroscopenya,apa y pk herry? Trmksh…

    1. Pak Aka,

      Kan sudah saya sebutkan kalau pakai baterai tanam. Hayo… bacanya kurang teliti ya.

      Redmi 2 Prime.

  7. selamat siang pak Herry
    kl dibandingkan lbh bgus mana pak? dr semua”nya tanpa melihat harga antara zero 3 dan flash plus 2…

    terima kasih

    1. Bu Sila,

      Kuncinya begini:
      * Kalau Anda mengutamakan kamera, silakan beli Zero 3.
      * Kalau Anda lebih memprioritaskan sensor sidik jari dan daya tahan baterai, silakan beli Flash Plus 2.

  8. klo hisense pureshot vs flash plus 2 dilihat dr body nya, gegas dan ketajaman layar saat dibawah sinar matahari unggul mana ya koh ?

  9. Salam pak HSW, saya ingin tanya. Jika saya mencari hp dengan ciri2: gegas, baterai tahan seharian untuk pemakaian sedikit berat dan kamera diatas rata2, apa rekomendasi nya di rentang 1,5 sampai 2,5 juta? Terimakasih

    1. Pak Fauzi,

      Dengan kriteria seperti itu, jawaban saya: tidak ada. Yang mendekati sih Asus Zenfone 2 Laser.

      1. maaf pak mau tanya lagi, jikalau saya ingin membeli hp bekas, apa saran bapak untuk saya periksa mengenai hp yang bersangkutan? terimakasih

        1. Pak Fauzi,

          Sederhana saja:
          * Pastikan masih ada sisa garansi resmi.
          * Cek kondisi fisik.
          * Cobalah fungsi utama ponsel itu. Misalnya, telepon, Wi-Fi, internet, kamera, dan bluetooth.

  10. selamat siang pak Herry

    kalau dibandingkan dengan zero 3 lebih bgus mana pak??

    terima kasih

    (maaf pak Herry klo sy double kirim nnti soalnya yg pertama ga ke posting sepertinya)

    1. Pak Mas Buana,

      Saya lebih condong ke Redmi Note 3 bergaransi resmi. Namun, ingat, harga ponsel itu Rp 600 ribu lebih mahal daripada Flash Plus 2.

  11. Kalo untuk aftersales nya gimana koh herry?
    Karena dari reviewnya saya cukup tertarik koh,kuatirnya aftersalesnya ga jelas

    1. Pak MbahTarno,

      Nah… tentang poin itu, terus terang saya tak tahu. Saya belum pernah menerima testimoni mengenai layanan pusat perbaikan resmi Flash.

  12. Pak Herry gimana dengan kualitas layar Flash Plus 2 ini dibandingkan dengan Lenovo K4 note, Infinix Zero 3, Redmi note 3, bisa diurutkan pak, dan untuk servis center Flash plus 2 gimana menurut bapak?

    1. Pak Tejha,

      Oh, kalau dibandingkan layar tiga ponsel itu, menurut saya, tampilan layar Flash Plus 2 harus mengaku kalah. Hmm… susah untuk mengurutkannya, kecuali empat ponsel tersebut saya letakkan bersamaan di meja. Kalau semata-mata berdasarkan ingatan saya, saya paling suka dengan tampilan layar Redmi Note 3, Vibe K4 Note, Zero 3, lalu Flash Plus 2.

      Kualitas layanan pusat perbaikan resmi Flash masih belum saya ketahui.

  13. Pak herry, kalo secara keseluruhan lebih baik mana antara infinix hot s dengan flash plus 2. Walaupun hot s baru sekedar toel toel

  14. Kalo lihat review2nya Koh Herry malah lebih tertarik sama foto2 kulinernya daripada gadgetnya, bikin laper aja ngeliatnya…. Enak banget sepertinya makanan2nya hahahaha
    Bikin review kuliner juga aja koh… hehehe

    1. Pak Roni,

      Ha… ha… ha….

      Kalau kuliner saya tahunya cuma sangat enak, enak, agak enak, dan tidak enak deh. Nggak paham soal pengolahan dan bumbunya. 🙂

    1. Pak Rizki,

      Saya tak terlalu paham detail teknisnya. Intinya ada perbedaan di cara menghasilkan cahaya, sudut pandang, dan konsumsi baterai.

      TFT itu yang paling lama. Cukup hemat baterai, tetapi sudut pandang layarnya sempit. IPS pengembangan dari TFT.

      AMOLED itu layar yang menggunakan OLED. Lha OLED itu apa? Benda padat dengan film sangat tipis yang mampu mengeluarkan cahaya kalau mendapatkan aliran listrik.

  15. Om, hp yg layarnya selain dilapisi corning gorilla glass, apakah ada yang lain dan merk/ type apa aja…. Tq

    1. Pak Biga,

      Ada yang pakai Dragontrail. Ponsel merek dan tipe apa saja? Saya tak hafal satu per satu. Beberapa yang saya ingat, Lenovo A7000, Meizu M2, dan Xiaomi Redmi 1S.

  16. koh mending mana ya asus zenfone selfie atau lg stylus 2 hheheh bingung sih minusnys LG tidak support OTG hhehe

  17. Saya user xiaomi redmi 1s ko, saya agak sedikit kecewa, dengan produk xiaomi yang sekarang seperti xiaomi redmi note 3 pro bergaransi resmi dan redmi 3 garansi Distributor, kualitas kameranya kok tidak sebagus jaman xiaomi redmi 1s, redminote 3G dan redmi 2 prime, malahan msh lebih bagus kamera xiaomi redmi 1s jadul saya, saya compare dengan teman yang pake xiaomi redmi note 3 dan redmi 3 mereka juga mengakui, padahal saya pengen updrade hp, dan pengen beli xiaomi lagi, hardware xiaomi tanggug banget, belum pernah ada masalah sama sekali sudah berapa x jatoh, yang terakhir lebih extrim smpe tempered glass nya pecah, baterenya keluar dari hp, tpi hpny tidak ada kerusakan sama sekali, msh bertahan sampe skrg, hmpir 2thun saya pake hp ini, flashsale kedua lazada waktu itu,

  18. Om Hsw, sedikit mau nanya mnrt om hp dgn kriteria terbaik dr segi sound / speaker apa, dan hp apa aja yg sudah dolby atau speaker ganda ? Tq

    1. Pak Zenny,

      Dual speaker di HTC One M7 tuh enak banget.

      Ponsel apa saja yang sudah dolby atau berspeaker ganda? Wah, ya saya nggak hafal satu per satu. Ada banyak. Tanya Om Google deh.

    1. Pak Iyas,

      Saya pribadi lebih memilih Pureshot karena saya memerlukan ponsel dengan kinerja kamera lebih baik. Daya tahan baterai Pureshot memang tidak seawet Flash Plus 2, tetapi masih dalam batas toleransi.

    1. Pak Yoga AB,

      Saya menilai hasil jepretan kamera G4 Stylus lebih detail. Namun, dalam hal kecepatan pemfokusan, G4 Stylus kalah telak melawan Flash Plus 2.

  19. Selamat Malam Om Herry,
    Hasil reviewnya cukup memuaskan om.
    Sebenarnya saya memang ingin meminang flash plus2, tapi nunggu
    hasil review om Herry.
    Kalau begini sudah puas dan yakin untuk meminangnya.
    Terima kasih om atas reviewnya.

  20. Koh Herry,
    Klo d’bandingkan dengan Xiaomi Redmi 3 pilih mana.? alasan nya.?

    + klo perbandingan kamera belakang nya dengan Redmi 3 lebih Bagus’an mana seperti Produksi warna , kecepatan fokus, efek bokeh’x + efek lampu flash’x ..

    Makasih

    1. Pak SS,

      Saya belum dan memang tak berminat mencoba Redmi 3 karena tak ada yang bergaransi resmi.

      Mestinya Redmi 3 beda kelas dengan G5 SE ya.

  21. Pak Herry, maaf oot, tolong tanya, jika saya mau beli hp dengan budget 2,5 juta sampai maksimal 3 juta, dengan nengutamakan kecepatan, kamera sedang dan model elegan, mungkin bapak bisa memberikan saran? Terima kasih sebelumnya.

  22. “ponsel berdimensi fisik 152,6 × 76,4 × 8,2 milimeter dan berat 157 gram harus mengaku kalah bersaing dengan kamera Asus Zenfone 2 Laser.”
    Type asus zenfone 2 laser berapa koh yg dimaksud ?

    1. Pak Aldy,

      Dengan Zenfone 2 Laser varian terendah pun, ZE500KG, harus diakui kameranya sudah kalah kok. Apalagi, varian Zenfone 2 Laser yang lebih tinggi.

  23. Bung HSW

    Antara Helio x10 dengan Helio P10 , lebih gegas mana mana jika buat ngeGame bung?

    kalo flash plus 2 punya bung HSW mau diLego, saya mau Bung?
    ~terima kasih~

  24. Loh Pak, hasil foto kamera Flash Plus 2 kok rada pink ya? Ini layar laptop saya yang bermasalah atau memang hasilnya seperti itu?

    Maaf OOT nih Pak, kira2 dengan budget 2.5 juta, saya mencari smartphone dengan RAM 2 GB dan layar maksimal 5 inch, kira2 dapat apa ya Pak, selain Redmi 2 Prime? Terima kasih Pak Herry.

    1. Pak Amaris,

      Anda benar. Barusan saya coba perhatikan lagi, hasil fotonya memang agak merah muda.

      Ada Lenovo Vibe K5 Plus yang malahan dibekali RAM 3 GB. Namun, saya belum pernah coba.

  25. Pak Herry,

    Menurut Bapak smartphone berukuran 5 inchi mana yg paling gegas dilihat dari segala aspek dikisaran harga 2-3 juta?

    1. Pak Valiant Puspo N,

      Pertanyaan yang sederhana, tetapi sulit dijawab nih. Sebab, ponsel di rentang harga segitu biasanya dibekali layar berukuran lebih dari 5 inci.

      Sebenarnya ada Lenovo Vibe K5 Plus, tetapi saya belum pernah coba.

  26. Koh, maaf oot harga pasar LG G3 saat ini di kisaran 3.250.000. Secara umum, apakah masih layak beli atau ada rekomendasi dari anda di kisaran harga tersebut?

    1. Pak Ade,

      Untuk ukuran saat ini, LG G3 sudah tidak menarik.

      Mending beli Infinix Zero 3 deh. Harga Rp 2,599 juta.

  27. Sempat baca” pak di komentar bapak lebih mengunggulkan lenovo k4 note dari pada flash plus 2 ini pak kira” karena hal apa ya pak sepertinya spesifikasi diatas kertas mirip” soalnya pak

    1. Bu Meia,

      Sensor sidik jari Vibe K4 Note yang berada di belakang terasa lebih nyaman daripada sensor sidik jari di muka ala Flash Plus 2. Kinerja keseluruhan juga lebih oke.

  28. om Herry, terkait durasi penguncian posisi gps, apa disebutkan di kardus kalau hp ini mendukung GLONASS?
    kalau tidak disebut, wajar agak lama nguncinya, tapi harusnya gak selama itu

  29. pak, saya liat beberapa review di youtube, katanya kalo hp ini ada kerusakan kita gk perlu ke servis center, tp teknisinya sendiri yg dateng ke rumah kita ya?

    1. Pak G,

      Setahu saya bukan teknisi datang ke rumah, melainkan ada kurir yang mengambil ponsel kita lalu mengirimkannya ke kantor pusat.

  30. Pak Herry, mau tanya, tp maaf oot pak.
    Saya baru aja beli hp LG k8, trus pas pertama kali mau saya charger hp dalam keadaan mati, tapi hp’nya malah hidup sendiri Pak. Itu normal atau ada yang janggal dengan hpnya Pak?
    Suwun Pak kalau berkenan menjawab.hehe

    1. Pak Andri Al,

      Ponsep padam total. Charger Anda tancapkan ke ponsel dan sumber listrik. Beberapa detik kemudian ponsel menyala, seolah tombol power-nya usai ditekan. Begitu kan? Itu normal. Ponsel LG mulai generasi terdahulu (saya lupa sejak G2 Mini atau L90) memang seperti itu.

      1. Oalah jd mmang bgitu to pak. Pak mau tanya lagi. Pak apakah semua tipe hp lg tidak bisa ngelock jaringan 4g atau tipe k8 saja yang tidak bisa pak? Soalnya saya cari di pengaturanya bwt ngelock 4g ga ada pak d lg k8.

        1. Pak Andri Al,

          Lebih kompletnya begini:

          1. Tidak semua ponsel 4G, bukan hanya merek LG, dibekali pilihan untuk mengunci “4G only” di menu bawaan.

          2. Sebagian ponsel yang disebutkan di poin 1 masih memungkinkan penggunanya melakukan penguncian 4G dengan mengetikkan kode tertentu. Sebagian ponsel lain sama sekali tak bisa dikunci.

          Kalau Anda tetap ingin melakukan penguncian 4G only di K8, coba lakukan tahapan ini. Saya tak yakin berhasil. Namun, siapa tahu bisa.

          1. Pasangkan kartu SIM yang ingin dikunci LTE only di selot kartu SIM1.
          2. Masuk ke menu telepon, *#546368#*350#, pilih field test, modem settings, network mode, lalu SIM1 LTE only.

  31. Selamat malam Pak HSW, izinkan saya bertanya beberapa hal berikut.

    1. Agaknya, terlalu lama menunggu varian 3GB di Indonesia, bagaimana menurut Bapak kalau saya beli di situs luar negeri? Rugi/tidak? (kaitannya dengan biaya dan dukungan after salesnya) Apakah kira-kira pajak dan perhitungan biaya lainnya akan berpengaruh signifikan terhadap penambahan harga yang harus saya bayarkan? (saya belum pernah belanja dari situs luar, takutnya membengkak)
    2. Kalau Flash Plus 2 ini jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi4 LTE 3GB RAM, Bapak recommend yang mana? Mungkin juga bisa dijelaskan sedikit alasannya.
    Terima kasih. 🙂

    1. Pak Greg,

      1. Abaikan dulu soal hitung-hitungan pajak deh. Kalau Anda beli di luar negeri sekarang, barang mungkin baru tiba 1-2 bulan mendatang. Padahal, yang garansi resmi rencananya dijual akhir bulan ini. Jadi, ya mending beli yang bergaransi resmi tho.

      2. Flash Plus 2 dong. Alasannya sederhana banget. Mi 4 kan pasti tanpa garansi resmi.

  32. Koh.. kalo beli di lazada.. 4G nya ke kunci nggak?
    Terus jika ke kunci.. ada tips2.. ato cara2ndak koh buat unlock 4G nya..
    Tolong d bantu koh.. lane udah minang HP ini.. tinggal nunggu dateng aja.
    Terima kasih

  33. Om Herry teman saya banyak yang menggunakan hp OPPO F1 Selfie, pertanyaan saya . Apakah Oppo sekarang purna jual dan kualitasnya sudah jauh lebih baik? Apakah Om Herry merekomendasikan untuk membeli Oppo? Karena saya tertarik RAM 3 GB dan kamera yg menurut teman2 saya bagus. Terima kasih

    1. Bu Tasalina Yohana,

      Layanan purna jual sih masih seperti dulu ya.

      Kualitas produk sejak dulu kan memang di atas rata-rata merek Tiongkok buatan Tiongkok.

      Tidak. Saya sangat tidak merekomendasikan Anda membeli ponsel Oppo. Ngapain merekomendasikan ponsel yang cara penjualannya cenderung mengelabui konsumen. Kalau diminta menyebutkan merek yang paling saya harapkan gulung tikar, saya akan memilih Oppo.

  34. Pak Herry, saya minta tolong rekomendasi smartphone untuk ibu saya dengan
    budget
    1) dibawah 1 juta dan
    2) dibawah 2 juta….

    yang diprioritaskan :
    -layar max 5,5 inc
    -baterai besar
    -Ram min 1 GB
    -kamera belakang lumayan

    itu aja pak terima kasih

    1. Pak Salahuddin Al Ayyubi,

      * Di bawah Rp 1 juta: tak ada yang baterai besar deh. Kalau kriteria baterai diabaikan, beli Andromax E2+ saja deh. Harga Rp 999 ribu.

      * Di bawah Rp 2 juta: Infinix Hot 3 X553 Rp 1,499 juta dan Flash Plus 2 Rp 1,999 juta.

  35. HSW bukan memperolehnya dengan membeli di Lazada. Karena itu, fitur 4G LTE di ponsel yang HSW gunakan telah aktif dan siap dipadukan dengan kartu 4G LTE operator Indonesia. dari kata” ini apakah artinya yang membeli di lazada 4G LTE tidak otomatis aktif ko??

    1. Pak Vim,

      Seharusnya begitu karena Flash Plus 2 belum memenuhi aturan TKDN. Realitanya saya belum tahu karena saya dan teman di sekitar saya belum ada yang membeli dari Lazada.

  36. Koh Herry, mau nanyak

    1. Huawei Y5 apa tidak beredar di Indo ? Saya tanya mbah gugel ndak ketemu. Atau ada nama lain yah ?

    2. ZTE blade L2 vs Huawei Y5 bagus mana jika dilihat dari :
    – performa
    – kamera
    – GPS lock
    – service / garansi

    3. Saya penasaran apa yg terjadi kalo pilih clear data di google chrome & playstore service. Apa aja koh yg bakal kehapus ? Efeknya apa jika kedua app tsb di clear data ? Abis data nya bisa sampe ratusan MB sih.

    Udah itu dulu deh koh hehe

    Matursuwun

    1. Pak Mas Didot,

      1. Huawei Y5 beredar resmi di sini kok. Namanya ya Huawei Y5. Malahan sudah muncul Huawei Y5II sebagai penerusnya.

      2. Tak tahu. Saya belum pernah mencobanya.

      3. Saya belum pernah iseng menghapusnya. Kalau Chrome, kemungkinan yang terhapus jejak browsing dan aneka bookmark yang pernah kita buat. Sedangkan untuk Play Store services, data yang berhubungan dengan Play Store.

  37. Selamat malam oom, dianatara xiaomi redmi2 prime dan infinix hot3 lebih bagus mana dilihat dari ketajaman layar, kamera, dan kinerja ponsel?,
    apakah kedua ponsel tersebut bakal mendapat upgrade sistrm android?.
    Secara keseluruhan lebih menarij yang mana menurut oom?.
    Terima kasih..

    1. Pak Reynaldi,

      Secara umum Redmi 2 Prime terlihat lebih menarik. Masalahnya, ponsel itu sudah diskontinyu.

      Ya, mestinya begitu.

      Kan sudah saya sebutkan. Kalau masih bisa menemukan Redmi 2 Prime bergaransi resmi, silakan ambil itu.

  38. Selamat malam koh, dari ketiga hp yg saya sebutkan Infinix Zero 3 , Hisense Pureshot , dan Flash plus 2 . mana yg lebih baik dari segala aspek nya? saya minat meminang salah satunya hehe. salaam

  39. Pak HSW yang baik,
    Klo budget 2,5 jt, apa hp rekomendasi menurut Bapak? Saya cari yang gegas, bisa LTE, battere gak boros, dan kamera lumayan. Kalo ada beberapa alternatif, tolong di rangking ya Pak.. Terima Kasih

  40. selamat malam koh , saya minat dari salah satu infinix zero 3 , pureshot dan flash plus 2 ini, dari ketiganya mana yg lebih baik menurut koh herry tanpa melihat segi harga?

  41. “Umpama karakter yang terukir di bodi belakang ponsel bukan Flash melainkan Samsung, amat mungkin peminat harus menyiapkan dana minimal Rp 4 juta”

    kalimat yang paling saya suka hihihi 😀

  42. Seperti biasa… Makanannya menggiurkan hahahaha
    1 infinix hot s
    2 flash plus 2
    3 lenovo vibe k5 plus
    Saya utamain layar ciamik, gegas, sensor lmayan komplit (minimal gyro), kalo ada lg selain hp yg saya sebutin ada lg ga om? Range 1,6-2,5 jt
    Trims

  43. pak hsw

    Apa alasan anda memilih zenfone 2 laser kebanding pureshot ?

    Apa mifi m2y qc layak beli ?

    apa pendapat hsw tentang andro samsung dibwh 2 juta ?

    Terus sya dpet informasi klo beli kouta di TDC metro, lampung malam ini dapat makan

    1. Pak Seto,

      Harga baru kini lebih murah daripada Pureshot. Focusing kamera juga lebih cepat.

      Layak.

      Barang busuk. 🙂

      Ehmm… itu nama toko?

  44. Dibandingkan asus Zenfone 2 ZE551ML (Ram 2GB Rom 16) , secara keseluruhan lebih baik mana ya, terutama kamera ?

    Terima kasih

  45. Pa Herry, mau tanya lagi nih. Kalau disuruh pilih smartphone antara samsung j5 atau asus zenfone 2, mending yang mana ya ? 🙂

    1. Pak Ramadhan,

      Saya tidak memilih keduanya. Dana yang tersedia mending dibelikan Infinix Zero 3 atau turun jauh ke Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.

  46. Wah tapi tumben pak hsw mau mencoba dan mereview varian gak resminya pak, pantas saya heran kalau flash sudah lolos tkdn sedangkan si redmi note3 pro gak pak.

    1. Pak/Bu Vim,

      Flash Plus 2 yang saya uji pakai memang bukan bergaransi resmi. Saya me-review-nya karena Flash Plus 2 bergaransi resmi telah masuk ke pasar Indonesia.

  47. “Pak Halfi,

    Mending Redmi 2 Prime bergaransi resmi deh. Redmi 3 kan pasti tanpa garansi resmi.”

    kalo secara performa dan kualitas gimana?

    Redmi 2 Prime resmi dapat dimana ya bung HSW? soalnya yg saya ketemu barang distributor semua

    1. Pak Halfi,

      Tak tahu. Saya belum berminat menguji pakai Redmi 3 karena belum ada yang bergaransi resmi.

      Redmi 2 Prime bergaransi resmi sudah sulit ditemukan. Jadi, harus rajin keliling ke toko ponsel untuk memburu sisa stok.

  48. Ko Herry, saya ada beberapa pertanyaan :
    1. Mengenai aturan TKDN terhadap ponsel yg beredar, apakah berlaku khusus ponsel yg udah support LTE saja atau utk semua tipe & merk ponsel.
    2. Saya fansboy SONY (tapi bukan fans garis keras hehehe), kenapa ya skrg SONY srperti lambat sekali dlm melaunching produknya di indonesia, sperti Xperia X, XA, E5. Apa krn terkendala dgn aturan TKDN? soalnya sayang kalo ponsel merk sekelas SONY sampe tdk masuk indonesia

    1. Pak Roni,

      1. Ponsel yang sudah mendukung 4G LTE.

      2. Ya, mereka terkendala aturan TKDN. Sony lebih memilih patuh dengan regulasi, biarpun konsekuensinya tidak bisa memasarkan ponsel tipe baru. Mereka tak mau ikut-ikutan merek lain yang mengakali regulasi.

  49. Pak herry,
    Saya lagi bingung pilih hp, saya tertarik flash plus 2 ini tetapi tidak dijual bebas di toko2 ya? Harus via lazada ya? Kenapa tidak dijual bebas? Untuk garansi bisa klaim dimana?

    Last question diantara bbrp hp ini menurut pak herry mending beli yg mana? Dilihat dr segi harga dan performanya (alias ga gampang hang) :
    Samsung galaxy j7, zenfone 2 lazer 6.0, lenovo a7000, huawei GR5 dan flash plus 2 ini?

    Mohon dikasih pencerahan. Terima kasih pak.

    1. Pak Herma,

      Ya, jalur penjualannya resminya hanya online via Lazada. Mengapa begitu? Hal itu menjadi bagian dari strategi pemasaran Flash.

      Kalau Anda ingin membelinya di toko offline, bisa saja sih. Ada pemilik toko offline yang kulakan dari Lazada, lalu menjualnya di toko. Harga yang dipatok tentu lebih mahal.

      Daftar pusat perbaikan resmi Flash Plus 2 bisa dilihat di http://www.flash3c.com/id/support/service-center/

      Mestinya Zenfone 2 Laser. Saya belum pernah mencoba yang enam inci, tetapi pernah menguji pakai yang lima inci. Kalau yang lima inci saja kinerjanya oke, apalagi yang enam inci.

    1. Pak Reynaldi,

      A. Hmmm… paling turun ke Andromax E2+ Rp 999 ribu.
      B. Infinix Hot 3 LTE.
      C. Xiaomi Redmi 2 Prime. Masalahnya, unit bergaransi resmi sudah tergolong langka di pasaran.

  50. Lewat update sistem, Si Flash plus 2 udah bisa 4G. Tapi paketan 4G yang paling bagus menurut koh herry apa? Telkomsel? Smartfreen? Atau Indosat?

    1. Pak Isa,

      Flash Plus 2 Anda dibeli di Lazada?

      Yang kinerjanya secara umum paling stabil adalah Telkomsel. Hindari Indosat dulu. Sedang jelek nih.

        1. Pak You,

          Biarpun sinyal 4G cuma 1-2 bar, seringkali kecepatan internetannya lebih ngebut daripada 3G sinyal penuh lho.

    1. Pak Herman,

      Saya belum pernah menguji pakai Zenfone 2 Laser dengan layar enam inci. Yang pernah saya uji pakai varian lima inci. Kalau diperhatikan, spesifikasi dasar Zenfone 2 Laser enam inci itu sama dengan yang lima inci dan ditambah beberapa pengembangan. Kalau yang lima inci saja sudah bagus, yang enam inci mestinya lebih baik. Paling sial kinerjanya sama deh.

      Saran saya, lebih baik ambil Zenfone 2 Laser daripada Redmi Note 3.

  51. Bagi saya sensor sidik jari dan body metal adalah fitur yg useless, hahaha. Rasanya lebih menarik jika dipasang NFC, infra red, dan wireless charging

  52. Pak Herry, mau tanya nih.
    hp yg pernah bapak review/pakai mulai tahun 2013 sampai sekarang, yg kameranya punya fitur setting shutter speed, ntu apa aja?
    saya lagi butuh info buat nyobain hp yg punya fitur2 manual. Trims.

    1. Pak Kevin,

      Wah, kalau diminta menyebutkan satu per satu ya saya nggak hafal. Silakan saja lihat arsip review saya di blog ini.

  53. kira2 harga pasti acer predator itu dikisaran berapa . saya lihat di berbagai macam web atau blog harganya berbeda beda

  54. Berarti sekarang Infinix note 2 sudah tak direkomendasikan oleh koh herry? Atau Infinix note 2 sudah tak layak beli?

  55. Oke pak Herry..
    Kalau d urut,wiko highway star, wiko ridge fever,xiaomi mi4i,asus zenfone 2 laser,samsung j5 2015,lenovo s90,xiaomi redmi note 3,infinix note 2, kamera nya dalam kondisi low light..bagusan mana?..maaf banyak tanyak pak..hehehe..:D trima kasih.

  56. Bos Herry,, mau nanya sedikit
    Mnrt bpk hp dengan procesor quadcore dan ram 3gb dibandingkan hp dengan procesor octacore dan ram 2gb, kira2 lebih gegas yg mana ? Tanps melihat merk dan jenisnya….tq

    1. Pak Nono,

      Wah… ya nggak bisa ditentukan cuma dengan data seminim itu. Spesifikasi sama persis pun hasil akhirnya bisa berbeda kok.

  57. Pak Herry, boleh minta rekomendasi Android terbaik dengan harga dibawah 4jt?

    Oh ya, kan Zenfone 3 bakal launching di Bali 6 September mendatang. Apa bapak bakalan datang ke acara launchingnya?

    1. Pak Sam,

      Lenovo Vibe Shot kalau Anda mengutamakan kamera dan Lenovo Vibe P1 Turbo kalau Anda menomorsatukan daya tahan baterai.

      Zenfone 2 bakal launching di Bali pada 6 September 2016? Info dari mana tuh, Pak?

      1. Walah memangnya Vibe shot masih dijual pak? Saya sore tadi ke mall nanyain vibe shot katanya udah ga ada barunya lagi tuh pak. Saya mengedepankan kamera sih

        Taunya dari artikel di website tabloid pulsa pak

  58. Ko Herry, saya tanya topik lain:
    1. Bagaimana bila Wifi dan Paket Data nyala bersamaan? Internet akan tersambung lewat mana? Apakah di Android ada setting-annya
    2. Benarkah ada cara untuk meningkatkan kecepatan internat dengan menggabungkan Wifi dan Paket Data? Bagaimana caranya?
    3. Menurut Ko Herry bagus mana antara Li-Po dan Li-Ion? Mengapa semua Li-Po yang berkapasitas besar selalu tertanam? Apa kelebihan dan kekurangan baterai tanam?
    4. Saya mencari hp baru dengan spek: 4G LTE – RAM 3GB – Baterai 4000 mAh – Dual SIM – OTG – Corning Gorilla – Harga Max 4.25 Jt. Hp apa yang recommended.

    Thx

    1. Pak Adrian,

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Silakan cek jawaban di tempat Anda kali pertama mengirimkan pertanyaan tersebut.

  59. Selamat siang om, apakah flash2 bisa di root tanpa menggunakan flashtool. Contoh kingroot . terima kasih.

  60. Ko Herry, mau tanya. Xiaomi Redmi 3 Prime rencananya akan dijual resmi di Indonesia, melalui Erafone (baru saja mendapat pesan LINE dari Erafone, tapi masih berstatus “coming soon”). Apakah Ko Herry punya rencana untuk membeli dan me-review nya? Terima kasih.

  61. Pak Herry, gawai seperti Zenfone 2 Laser yg resolusinya HD, dan gawai2 lainnya yg HD juga, kalau dipakai u/ Virtual Reality apakah bagus/nyaman u/ dinikmati?

  62. selamat malam, pak
    saya ingin tau, pendapat tentang infinix hot s dengan flash plus2, dari segi performa dan kamera

    trimakasih

    1. Pak Farki,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

      Tak tahu. Lha saya belum pernah menguji pakai Hot S.

  63. Ko Herry,

    banyak komen di toko LZD, yg beli Flash Plus 2, 3GB + 32Gb, pada mengeluh plastik sudah dibuka dan 4G lock gak bisa dipake, ada kabar kenapa gak ya? Mungkin tau? Sedangkan kalo liat contoh hasil foto kamera depan tanpa flash, emang rada gelap ya? karena bnyk jg yg ngeluh kalo video-call mukanya gak keliatan……tapi untuk harga 2jt-an, Flash Plus 2 ini paling ok sih ya.

    1. Pak Aga,

      Soal plastik dibuka, saya tak tahu alasannya. Apakah tak ada stiker segel tambahan? Kalau ada dan masih utuh, terbukanya plastik tidak perlu dipermasalahkan.

      Tentang fitur 4G LTE tak bisa dipakai, hal itu sangat wajar. Flash Plus 2 kan belum lulus TKDN. Jadi, ya nggak boleh dijual sebagai ponsel 4G LTE.

      Contoh hasil kamera depan bisa dilihat di bagian atas halaman ini.

  64. FP2 dua saya kok ga bisa 4g? Punya adik saya yang oppo bisa kok, beli di kulakan tokopedia tapi masih garansi resmi.
    Bgamana cara settingnya? Kartu loop sudah migrasi ke 4g, saya coba kode *#857857#

    1. Pak Shiddiq,

      Wajar kalau Flash Plus 2 tidak bisa 4G LTE. Lha ponsel itu kan belum lolos TKDN. Jadi, ia diimpor sebagai ponsel 4G LTE.

      Oppo-nya tipe apa? Beberapa ponsel 4G LTE Oppo memang telah lolos TKDN.

  65. Pak harry.
    Pak FP 2 punya pak hary bisa 4G caranya gimana? Saya coba setting APN dan kode *#857857# tetap ga bisa, di flash community bisa, apa ada faktor lain ya?

  66. Pak Herry, kalau hasil kamera dalam kondisi low light masih lebih bagus yang mana antara flash plus 2 dibandingkan dengan xiaomi redmi note 3 pro? Terima kasih atas penjelasan ny 🙂

    1. Pak Febi,

      Saya merasa Redmi Note 3 (Redmi Note 3 Pro versi garansi resmi dituliskan tanpa embel-embel Pro) unggul tipis.

  67. Hi pa Hsw, saya mau tanya utk Hot 3 dan Flash plus 2,,
    Menurut pandangan bapak lebih layak / baik yang mana dan tolong alasannya serta bisa disebutkan kelebihan dibandingkan lawannya,, Tks

    1. Pak Roby Wibowo,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Hot 3. Alasannya, kesepadanan antara harga, spesifikasi, dan kinerja ponsel itu lebih baik daripada Flash Plus 2.

  68. Gimana min, hp saya Alc. Flash plus 2 mengalami masalah tidak bisa operasi. hanya muncul gambar tulisan flash waktu direstart.

  69. pak herry, mohon maaf mengganggu.. boleh saya minta masukan untuk hape 4G dengan anggaran tidak lebih dari 2 juta pak? saya sempat memakai lenovo zuk z1 tp sangat kecewa (pdhl udah beli mahal) jadi mau cari yang murah2 aja.. kalau bisa yang RAM minimal 3GB.. kepengen Flash Plus 2 ini sie pak, tapi worth it ga ya pak? karena merek belum banyak yg tau dan service center juga bingung saya.. terima kasih sangat.

    1. Pak Heppy,

      Kalau cari RAM 3 GB, yang bergaransi resmi ya cuma Flash Plus 2. Ponsel itu tidak jelek, tetapi juga tidak terlalu mengesankan.

  70. Pak HSW, jika harga Flash Plus 2 ini menjadi Rp 1,7 juta apakah masih menarik? Menurut anda lebih baik upgrade ke varian 3 GB Rp 2 juta atau adakah rekomendasi lain yang lebih worth to buy?

    1. Pak Adrian,

      Flash Plus 2 tidak jelek, tetapi juga tidak terlalu mengesankan. Kalau pilihannya seperti itu, mending yang 3 GB sekalian deh.

  71. Om Hsw…
    Flash plus 2 ini apa layanan 4G sudah aktif & bisa dinikmati, review Om Herry diatasi bilang bukan beli si Lazada jd 4G nya sudah aktif, kalau beli dilazada apa belum aktif 4G nya,ma’af kalau sy salah baca.
    Terima kasih.

    1. Pak Win,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Karena Flash belum memenuhi TKDN, kalau beli di Lazada seharusnya cuma bisa maksimal 3G. Ada beberapa konsumen yang mengaku ponselnya bisa 4G, tetapi belum pernah saya buktikan sendiri dengan melihatnya langsung.

  72. Permisi pak hsw mau tanya mengenai flash plus 2 nya. Apakah sudah lolos TKDN? Dan juga tolong rekomendasikan brand smartphone yg sudah lolos TKDN. Terima kasih

    1. Pak Rizky,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Sepertinya belum. Barusan saya coba cek belum ada.

      Ehmm… kebutuhan Anda apa dulu? Berapa pula anggaran Anda?

  73. Pak Herry,
    Mohon saran ponsel dengan harga maksimal Rp 2.599.000, dengan prioritas pertama pada camera, kedua gegas, lalu memory internal lega apa ya pak?
    Terima kasih sebelumnya.

  74. Yang saya suka dengan blog punya Pak HSW ini adalah Pak HSW bersedia menjawab satu per satu pertanyaan yang masuk, tidak peduli sekonyol apapun pertanyaan tersebut. Luat biasa. Salut dengan jawaban detail anda, Pak.
    By the way, saya baru saja membeli Flash Plus 2. Yang jadi perhatian utama saya adalah baterainya. Menurut saya, baterainya kok boros ya? Padahal penggunaannya hanya standar harian, seperti media sosial dan browsing sesekali seperti saat membuka blog ini. Sebagai gambaran, 100% pada pukul 11.00, tersisa 50% pukul 17.30.
    Gimana menurut Pak HSW?

    1. Bu Rila Alyussa,

      Baterai baru biasanya baru optimal setelah 3-4 kali di-charge. Coba kita lihat perkembangannya setelah siklus tersebut. Kalau tetap terasa boros, baru kita cermati faktor lain. Misalnya, kondisi sinyal dan perilaku pemakaian.

  75. Om Herry…

    Mau tanya mengenai kualitas suara HiFi Flash Plus 2?
    Apakah benar2 WOW atau biasa saja?
    Kalau dibanding suara yang dihasilkan Mi Note, bagusan mana?
    Thanks bangettttt Om….

    1. Pak Brandon,

      Apakah Anda bertelepon lama? Apakah sinyal di lokasi Anda lemah atau kurang bagus? Apakah ponsel dipakai untuk tethering?

  76. Tidak kok Pak . Padahal saya cuma menggunakan untuk buka WhatsApp tapi langsung panas. Kira – kira apa penyebabnya ya Pak ?

  77. sudah pak saya membelikannya untuk bapak saya performa gegas terutama multitasking nya dibandingkan dengan reno3 pro distri ,lalu untuk masalah GPS kayaknya memang masih mungkin karena mediatek kali yah (pengalaman dulu saya pakai Meizu M2)makanya sulit mencari jaringan GPS,dan mode dering sudah normal

  78. Euh… Maksud saya testimoni dari rekan rekan lain yang masih memakai Flash Plus 2 hingga kini… Hehehe… Soalnya dengar dengar update firmware terbaru nya membuat kinerjanya membaik, terutama kamera…

  79. Pak, kenapa fitur ketuk dua kali di layar Untuk mrnyalakan dan mematikan layar tidak aktif pak? Apa ada yg harus diaktifkan dulu? Mohon bantuannya

  80. Saya sudah menggunakan hp flash plus2 ini, hasilnya cukup memuaskan. Tp saya masih penasaran dengan savebox (kotak aman) yang ada di storage. Apakah file yg sudah dimasukan kedalam kotak aman itu tidak bisa di pindahkan lagi ke tempat sebelum dipindahkan?
    Mohon penjelasannya.
    Trimakasih

  81. Koh herry klo di banding antara flash plus 2 3/32gb vs one plus one dan oppo find 7 lebih baik beli yg mana asumsi ny flash plus 2 dpt baru sedangkan one plus one dan oppo find 7 bekas.

    1. Pak Ncak Nardi,

      Saya belum pernah mencoba Flash Plus 2 dengan RAM 3 GB. Saat mencoba yang RAM 2 GB, ponsel itu tidak sampai saya kategorikan jelek, tetapi tidak istimewa sih.

      OnePlus One saya belum pernah coba. Oppo sih mending coret.

      Umpama dipaksa memilih secara buta, saya condong ke OnePlus One.

  82. Koh hery klo alcatel flash plus 2 di banding infinix zero 3 vs redmi note 3 pro lebih baik mana dr segi performa, kamera dan kegegasan layar.

  83. ini gimana ya cara mengatasi kamera depan saat vidio caal menjadi gelap, pdhal kalo buat kamera gg ada gangguan,
    mohon bantuanya

  84. Halo..
    Ko.
    Gimana ya cara me non-aktifkan pola sandi di flash plus 2 ini.
    Mau saya nonaktifkan kok ada tulisan kalo tidak didukung oleh administratornya?
    Mohon pencerahannya

    1. Bu Riezma,

      Pola sandi itu berarti pattern lock ya? Bila benar, tinggal masuk ke submenu security, lalu ubahlah pilihan pattern lock ke swipe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *