Review Hisense Pureshot+: Cocok dengan Layanan LTE dan Telepon Semua Operator

Kehadiran Hisense Pureshot+ ibarat sebotol air dingin di tengah teriknya sinar matahari. Sungguh melegakan dan menyenangkan. Terutama, buat pengguna yang tidak cinta mati dengan operator tertentu. Pasalnya, ponsel itu memiliki kompatibilitas komplet dengan para operator seluler di Indonesia.

Pengguna Pureshot+ bisa merasakan layanan 4G LTE Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, Bolt, dan—jika kelak sudah tersedia—Tri. Pengguna juga dapat menelepon dan ditelepon kala berada di dalam jaringan Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Smartfren, dan Esia.

Pureshot+_1

Hisense? Anda mungkin langsung mengernyitkan dahi saat membaca merek tersebut. Padahal, tanpa menyadarinya, Anda bukan mustahil sedang memakai ponsel buatan perusahaan yang berkantor pusat di Qingdao, Tiongkok itu. Sebab, sejak bertahun-tahun silam Hisense telah menjadi pemasok utama ponsel Smartfren Andromax. Namun, karena yang lebih menonjol nama Andromax-nya, belum banyak konsumen yang mengenal Hisense.

Kalau ditelusuri lebih dalam, sebelas tahun lalu feature phone Hisense sempat pula beredar di Indonesia. Nama lengkapnya, Hisense C289. Penulis lupa, dulu ponsel itu didistribusikan oleh perusahaan bernama Triarga atau Tritama. Satu hal yang pasti, ponsel CDMA tersebut menggunakan kartu RUIM dan penulis pernah mencobanya. Inilah sebuah foto lama yang menjadi bukti otentik. Dari tampilan waktu di layar ponsel, foto itu dijepret pada 28 Februari 2004 pukul 13.47.

Pureshot+_36

Pureshot+_37

Kembali ke laptop eh… ke Pureshot+. Penampakan fisik ponsel berdimensi fisik 151,3 x 75,5 x 8,3 milimeter dan berat 152 gram itu terlihat elegan. Sebagian orang yang melihat Pureshot+ milik penulis menilainya sepintas mirip iPhone. Sebagian orang lagi menganggapnya menyerupai ponsel Sony Xperia seri Z.

Bezel ponsel sepintas menyerupai logam, sedangkan sisi belakangnya jelas-jelas terlihat berbahan baku plastik. Meskipun demikian, tampilan fisik Pureshot+ sama sekali tidak terkesan murahan atau ringkih. Pureshot+ berwarna hitam maupun putih sama-sama sedap dipandang mata.

Mengacu kepada keterangan yang tercetak di kemasan Pureshot+, ia dibekali layar TFT 5,5 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Jangan membayangkan layar buram saat membaca keterangan “layar TFT”. Sebab, realitanya layar ponsel tersebut sanggup menyajikan gambar maupun huruf dengan tajam dan cemerlang.

Layar 2,5D itu telah memanfaatkan Corning Gorilla Glass 3. Dengan demikian, permukaan layar lebih tahan terhadap goresan. Layar 2,5D? Itu jargon pemasaran untuk menyebut layar yang sudutnya melengkung. Bila pengguna meraba sudut layar, permukaan layar terasa melengkung menurun. Bukan siku-siku ala layar 2D (straight). Bukan pula seperti layar lengkung Samsung Galaxy S6 Edge yang lazim diistilahkan layar 3D.

Untuk menyalakan dan memadamkan layar, pengguna tak perlu menyentuh tombol power. Ketika ingin mengaktifkan layar, pengguna cukup mengetukkan jari dua kali di permukaan layar. Lain waktu, saat akan memadamkan layar, pengguna tinggal mengetuk tombol home di bawah layar sebanyak dua kali. Bisa pula dengan menekan tombol home agak lama.

Agar lancar melakukan aktivitas ketuk-ketuk di atas, ada pengaturan singkat yang wajib dilakukan pengguna dulu. Pertama, masuklah ke settings, general settings, motions and gestures, motions, dan double tap to awake. Berikutnya, geserlah tombol ke kanan sampai berubah warna menjadi hijau.

Kedua, saat ponsel siaga, masuklah ke settings, general settings, buttons, lalu pilih double tap action di bagian home button. Selanjutnya pilih turn screen off. Ketiga, masuklah ke settings, general settings, buttons, dan long press action di bagian home button. Kemudian pilihlah turn screen off. Silakan mencobanya.

Prosesor 64-bit delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 415 MSM8929 1,4 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD merupakan sebagian spesifikasi lain PureShot+. Memori internal ponsel itu digabungkan dalam satu partisi. Saat ponsel baru dikeluarkan dari kardus dan untuk kali pertama diaktifkan, sisa memori internal mencapai 10,27 GB.

Di ponsel bernama lain HS-L695 itu, pengguna juga bakal menjumpai radio FM yang siarannya bisa direkam, kompas, Dolby Audio, dan Miracast alias wireless display. Kalau ingin menjadikan tampilan home screen lebih sederhana, pengguna tinggal mengubah home screen style dari standard ke simple.

Pureshot+_31

Sumber daya Pureshot+ berasal dari baterai berkapasitas 2.500 mAh yang dapat dilepas pasang. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai Pureshot+ rata-rata dapat bertahan selama sebelas jam. Selama rentang waktu tersebut, ponsel paling sering penulis gunakan untuk menerima ratusan email dan chatting via WhatsApp. Aktivitas lain dengan intensitas lebih rendah, di antaranya, telepon, browsing, kamera, dan memantau akun Twitter @herrysw.

Pureshot+_2

Tak Takut Gelap

Dua kamera dibenamkan ke ponsel bersistem operasi Android 5.0.2 Lollipop dengan tampilan antarmuka Vision UI itu. Kamera utama yang berada di sisi belakang ponsel dibekali fokus otomatis dan lampu kilat ganda. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Tersedia aneka mode pemotretan bawaan yang pantas dieksplorasi pengguna. Di antaranya, mode makro, HDR, beautify, audio note, dan night. Pengguna yang ingin memotret bayi disarankan mengaktifkan baby mode. Ponsel akan mengeluarkan bunyi-bunyian untuk menarik perhatian bayi. Ketika bayi memandang kamera, jepret… sebuah foto nan menggemaskan sukses diproduksi.

Pureshot+_32

Pureshot+ siap memanjakan penggemar selfie. Kamera depan ponsel itu mampu menyodorkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video HD 720p. Di tempat yang cenderung gelap pun, pengguna masih dapat menyalurkan hasratnya berfoto selfie. Sebab, kamera depan Pureshot+ dilengkapi lampu kilat yang relatif terang.

Menurut penulis, kinerja kamera Pureshot+ layak mendapatkan acungan jempol. Ketika diatur dalam mode otomatis, lalu diajak memotret beragam objek, foto yang dihasilkan pantas dikategorikan tajam dan terang. Bukan hanya itu. Kamera ponsel itu piawai menyajikan warna yang sesuai dengan kondisi asli objek pemotretan.

Bisa CDMA dan GSM

Kalau bagian belakang Pureshot+ dibuka, di sisi atas bakal terlihat satu selot kartu microSD dan dua selot kartu mini SIM. Dua nomor yang diselipkan dapat siaga bersamaan. Pureshot+ siap dipadukan dengan nomor semua operator di Indonesia. Pengguna tinggal memilih akan menyelipkan nomor Telkomsel, Indosat, Tri, XL (termasuk Axis), Smartfren, Esia, atau Bolt. Dengan sedikit pengaturan, Pureshot+ bisa difungsikan sebagai ponsel dual SIM dual standby CDMA-GSM, GSM-CDMA, maupun GSM-GSM.

Pureshot+_4

Dengan merujuk kepada spesifikasi yang tercetak di sisi belakang kardus ponsel, Pureshot+ dapat digunakan di jaringan 4G LTE FDD band 2 (B2, 1900 MHz), B3 (1800), B5 (850), B8 (900), B26 (extended 850), dan TDD B40 (2300). Ponsel itu juga bisa dipakai di jaringan 3G WCDMA 2100 MHz dan CDMA EvDO 800 MHz. Sedangkan di jaringan 2G, ia kompatibel dengan GSM 900 dan 1800 MHz serta CDMA 1x 800 MHz.

Bingung? Sangat wajar. Karena itu, penulis telah menyiapkan penjelasan dengan tata bahasa yang lebih membumi. Intinya begini, Pureshot+ dapat dipakai untuk menikmati layanan LTE Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, Bolt, dan kelak Tri.

Sama dengan ponsel flagship nan mahal seperti LG G4, Samsung Galaxy Note 5, dan Sony Xperia Z3+ dong? Sepintas sama, tetapi sebenarnya berbeda. Kalau trio ponsel itu dipadukan dengan nomor Smartfren, pengguna hanya bisa memakainya untuk berinternet di jaringan LTE. Aktivitas menelepon dan ditelepon takkan dapat dilakukan. Kalau yang diselipkan nomor Esia, ponsel malahan selalu tidak memperoleh sinyal. Pureshot+ berbeda. Nomor Smartfren atau Esia yang diselipkan bisa digunakan untuk bertelepon.

Supaya lebih jelas, penulis berikan berbagai simulasi pemakaian yang lebih kompleks. Pada simulasi pertama, anggaplah kartu 4G LTE Smartfren diselipkan ke selot kartu SIM1, sedangkan kartu 4G LTE XL dipasangkan ke selot kartu SIM2. Smartfren berada di jaringan LTE dan digunakan untuk berinternet. Sedangkan XL yang otomatis terkunci di jaringan 2G cuma dipakai untuk bertelepon dan ber-SMS.

Seandainya ada yang menelepon ke nomor Smartfren, ponsel spontan meninggalkan jaringan LTE dan beralih ke CDMA 1x. Lain waktu, bila pengguna berada di luar area layanan LTE Smartfren, ponsel lagi-lagi bakal otomatis berpindah jaringan. Pengguna saat itu dapat berinternet via layanan EvDO Smartfren.

Masih dengan susunan kartu yang sama, ada skenario lain pemakaian. Nomor XL kini dipakai untuk berinternet di jaringan 2G. Pengguna bisa menikmati layanan akses data berbasis GPRS dan EDGE. Sedangkan nomor Smartfren berada di jaringan CDMA 1x dan siap dipakai untuk bertelepon. Pada skenario pemakaian ini, pengguna bisa pula mengganti nomor Smartfren dengan nomor Esia.

Pureshot+_35

Skenario terakhir dengan susunan kartu ini, nomor XL diarahkan ke jaringan LTE dan aktif dipakai berinternet. Nomor Smartfren akan non-aktif. Sama sekali tidak memperoleh sinyal. Seandainya pengguna berada di lokasi yang belum terjangkau LTE XL, ponsel bisa berpindah otomatis ke jaringan 3G maupun 2G. Ponsel juga akan beralih ke jaringan non-LTE saat nomor XL itu digunakan bertelepon.

Tabel Pureshot-1

Sudah mendapatkan gambaran lebih jelas? Sekarang berlanjut ke simulasi pemakaian kedua. Nomor Smartfren dan XL bertukar selot kartu. Selot kartu SIM1 kini diisi XL, sedangkan selot kartu SIM2 dipadukan dengan Smartfren.

Skenario pemakaian mirip dengan simulasi pemakaian pertama. Kalau nomor XL berada di jaringan LTE dan dipakai berinternet, nomor Smartfren akan padam. Kalau XL digunakan berinternet via layanan GPRS/EDGE, nomor Smarfren bakal berada di jaringan CDMA 1x dan bisa dipakai bertelepon. Lain waktu, kalau nomor XL diarahkan ke jaringan 2G dan hanya digunakan untuk bertelepon, nomor Smartfren yang siaga leluasa masuk ke jaringan LTE. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk berinternet.

Tabel Pureshot-2

Simulasi pemakaian yang terakhir, Pureshot+ difungsikan sebagai ponsel LTE dual SIM GSM-GSM. Misalnya, XL di selot kartu SIM1 dan Telkomsel di selot kartu SIM2. Pengguna bebas memilih nomor mana yang diizinkan masuk ke jaringan LTE. Satu nomor lainnya otomatis akan terkunci jaringan 2G. Salah satu nomor yang siaga dapat dipakai untuk berinternet.

Tabel Pureshot-3

Sementara itu, berhubungan dengan fitur dasar telepon dan SMS, Pureshot+ memiliki kemampuan yang layak dieksplorasi pengguna. Tersedia fitur firewall yang berguna untuk menyaring panggilan telepon dan SMS masuk. Pilihan penghadangan telepon dan SMS yang tersedia tergolong lengkap. Di antaranya, menendang telepon dan SMS masuk dari nomor yang tercatat di daftar hitam (blacklist) atau menolak semua nomor.

Skenario penyaringan dapat dibalik. Misalnya, hanya mau menerima telepon dan SMS dari nomor yang tersimpan di daftar kontak. Mungkin pula diatur agar pengguna cuma bisa dihubungi oleh nomor-nomor yang telah dimasukkan ke dalam daftar putih (whitelist).

Pureshot+_33

Pureshot+_34

Rekomendasi

Selama menguji pakai Pureshot+, ponsel itu selalu terasa gegas. Tersendat, apalagi hang, tidak ada dalam “kamus bawaan” Pureshot+. Kinerja kameranya juga pantas mendapatkan apresiasi.

Fleksibilitas berganti layanan dari operator satu ke operator lain menjadi faktor utama yang membuat penulis jatuh hati kepada Pureshot+. Untuk merasakan layanan LTE Smartfren, kemudian beralih ke LTE Telkomsel atau XL, penulis tak usah berganti ponsel. Cukup satu ponsel untuk merasakan semuanya.

Daya tahan baterai yang tak cukup digunakan sejak pagi sampai menjelang waktu makan malam menjadi sisi minus Pureshot+. Ponsel itu juga belum mendukung USB On-the-Go (USB OTG).

Pureshot+_3

Saat ini harga jual Pureshot+ dipatok Rp 3.199.000. Paket penjualan termasuk kartu perdana Smartfren dengan bonus kuota internet, telepon, dan SMS. Satu hal yang perlu diketahui sejak awal, meskipun dibundel dengan nomor Smartfren, ponsel itu tidak berstatus locked. Pengguna bebas memadukannya dengan nomor operator lain.

Dengan memperhatikan plus minus, spesifikasi, harga, maupun kinerja, penulis menilai Pureshot+ sangat layak beli. Penulis membayangkan, bila nama lengkap ponsel itu bukan Hisense Pureshot+ melainkan Samsung Galaxy Pureshot+, konsumen mungkin harus mengeluarkan dana Rp 5.000.000 untuk meminangnya.

Tertarik, tetapi merasa ukuran layar Pureshot+ terlalu besar? Berarti, Anda boleh mempertimbangkan Pureshot. Tanpa tanda plus. Ponsel itu berlayar lima inci alias setengah inci lebih kecil daripada Pureshot+. Kapasitas baterai Pureshot 2.200 mAh atau 300 mAh lebih sedikit daripada Pureshot+. Spesifikasi lain dua ponsel tersebut bak pinang dibelah dua.

Ketika Anda sudah memiliki Pureshot+ atau Pureshot dan menginginkan ponsel lebih terlindung, padukan dengan jelly case transparan. Dalam pantauan penulis, aksesori itu belum tersedia di gerai-gerai penjual aksesori ponsel. Namun, pusat perbaikan resmi Hisense yang tersebar di berbagai kota telah menyediakannya. Harganya Rp 99.000.

Pureshot+_21

Pureshot+_22

Kalau kebetulan ada petinggi Hisense yang membaca review ini, penulis memiliki dua pesan. Pertama, perhatikan hal-hal detail dalam penulisan nama produk. Di situs Hisense.id dan brosur, tipe ponsel itu tertulis Pureshot+. Sedangkan di bodi belakang ponsel, tipe ponsel tercetak PureShot Plus. Manakah yang benar?

Hal serupa terjadi dengan jenis layar. Di kardus ponsel tertulis layar TFT, di brosur layar IPS, sedangkan di situs Hisense.id tidak disebutkan TFT atau IPS. Sepintas dua hal itu terlihat sepele. Namun, bagi penulis yang terbiasa mencermati spesifikasi ponsel, akurasi dan konsistensi penulisan merupakan hal yang sangat penting.

Kedua, Hisense harus lebih pintar menjaga momentum. Rencana kehadiran Pureshot+ dan Pureshot telah bocor (atau mungkin sengaja dibocorkan?) sejak pertengahan Juni 2015. Seiring bergulirnya diskusi di internet, antusiasme peminat meningkat tajam. Mereka menantikan kehadiran ponsel yang kemampuan LTE-nya tergolong komplet itu.

Sayang, konon karena ada kendala perizinan, dua ponsel tersebut baru bisa diserahterimakan kepada peminat pada minggu kedua September 2015. Itu pun varian warnanya tidak komplet. Pureshot warna hitam belum tersedia. Akibatnya sangat jelas. Hasrat konsumen yang telah membara terlanjur padam lagi. Apalagi, di rentang waktu tersebut muncul Samsung Galaxy J5 yang dipromosikan lumayan gencar. Merek lebih terkenal, sama-sama LTE, dan harga relatif setara.

Ketika kondisinya belum serbapasti, kelak lebih baik Hisense tidak melempar bola duluan. Daripada layu sebelum berkembang. Kali ini masih bisa dimaklumi. Sebab, Pureshot+ dan Pureshot merupakan pengalaman pertama Hisense menjual ponsel Android di open market. Pasar terbuka. Hisense kali ini bukan memproduksi ponsel atas pesanan Smartfren, kemudian diberi label Smartfren Andromax.

Ayo belajar lagi, Hisense! Pengalaman adalah guru yang terbaik, bukan?

***

Inilah contoh foto yang dihasilkan Hisense Pureshot+.

Pureshot+_5

Pureshot+_6

Pureshot+_7

Pureshot+_8

Pureshot+_9

Pureshot+_10

Pureshot+_11

Pureshot+_12

Pureshot+_13

Pureshot+_14

Pureshot+_15

Pureshot+_16

Pureshot+_17

Pureshot+_18

Pureshot+_19

Pureshot+_20

Saatnya mencoba lampu kilat ganda yang mendampingi kamera utama ponsel.

Lampu kilat padam.

Pureshot+_23

Lampu kilat menyala.

Pureshot+_24

Tiga foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan.

Pureshot+_25

Pureshot+_26

Lokasi dan kondisi pemotretan sama dengan satu foto di atas. Bedanya, sekarang lampu kilat kamera depan diaktifkan.

Pureshot+_27

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Pureshot+_28

Pureshot+_29

Pureshot+_30

Pureshot+_38

794 thoughts to “Review Hisense Pureshot+: Cocok dengan Layanan LTE dan Telepon Semua Operator”

    1. Pak Kevink,

      Bagus. Dilihat dari samping dan atas masih enak. Saya pribadi curiga layar Pureshot+ sebenarnya layar IPS.

      Kalau padam berwarna hitam. Apakah warnanya persis sama dengan bezel? Terus terang saya tidak memperhatikannya sedetail itu.

    1. Pak Wahid Saja,

      Dengan spesifikasi GSM-CDMA, termasuk LTE yang komplet, menurut saya, masih bisa dimaklumi. Apalagi, kan belum ada pesaing berkemampuan sama. Kalau mau yang Rp 2 jutaan, ya tinggal ambil Pureshot.

  1. Dear Koh,

    Itu garansi resmi berapa lama ya ?
    Apa gabung dengan Smartfren ?
    Lantas, apa Koh Herry ada pengalaman dengan SC mereka ? Bisa share ?

    Thanks..

    1. Pak Revaldo,

      Garansi setahun.

      Tidak. Meskipun dibundel dengan kartu perdana Smartfren, Hisense Pureshot+ berstatus open market.

      Belum pernah ada pengalaman dengan pusat perbaikan resmi Hisense.

  2. Pak herry Saya jadi bimbang, saya ingin membeli hp hisense ini tp hati saya masih ragu, sebab jikalau saya beli takutx nih si xiaomi redmi note 2 rilis dalam minggu2 ini, dn saya mulai kecewa dengan xiaomi karna minimx informasi, membuat peminat xiaomi redmi note 2 berharap2 tak jelas, alhasil bisnis hp bergaransi distributor semakin jaya, hp kanibal beredar bebas dan hp palsu pun laris manis, akibat ketidak pastian ini, lagi2 pihak konsumen yg dirugikan, hehehe btw pak herry saya suka hape ini, tapi harga masih ketinggian buat saya,,

    1. Pak Ghalib,

      Mode otomatis lebih bagus Pureshot+, sedangkan mode HDR lebih bagus Mi 4i. Untuk kinerja secara keseluruhan plus fleksibilitas, saya lebih menjagokan Pureshot+.

      1. Tanpa melihat fleksibilitas kartu..klo koh herry menilai performa (gegas,lag) & kualitas kamera nya gimana jika diadu dg mi4i..layarnya cemerlang yg mn koh?

        1. Pak Lekpujo,

          Pureshot+ lebih gegas daripada Mi 4i. Pada mode otomatis, saya menilai foto yang dihasilkan secara umum lebih bagus daripada Mi 4i. Namun, untuk mode HDR, Mi 4i yang jadi pemenang.

          Soal tampilan layar, Mi 4i unggul tipis.

  3. akhirnya ada juga yang komplit semua jaringan Pak Herry dengan harga pas dikantong.
    bisa dipadupadankan gsm-cdma atau sebaliknya, biasanya dikunci salah satu kayak smartfren.
    mantaplah.
    sayangnya baterenya yang untuk sekarang terasa kurang. tapi bisalah diakali dengan powerbank.
    sisanya top.

    moga vendor lain bisa mengeluarkan tipe yang sama, berlomba lomba, yang tentunya harga semakin murah dikantong.

    1. Pak Agung,

      Iya. Akhirnya ada yang benar-benar komplet.

      Setuju. Semoga kian banyak produsen ponsel yang mengeluarkan produk serupa. Jadi, konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Hal lain, ketika sudah banyak yang masuk ke arena tersebut, kompetisi harga menjadi lebih seru. Ujung-ujungnya konsumen yang diuntungkan.

  4. selamat siang pak herry 🙂
    maaf keluar dari topik pak.
    mohon dengan sangat infonya pak, di wilayah Pekanbaru-Riau dimana saya bisa membeli smarthphone Xiaomi?
    dengan anggaran dana 2,7 juta xiaomi apa yg bisa saya dapatkan pak? mohon rekomendasinya pak!
    terima kasih sebelumnya pak herry 🙂

    1. Bu Aan Lucky,

      Di Pekanbaru apakah ada gerai Erafone, Oke Shop, atau Global Teleshop? Kalau ada, silakan cari di sana.

      Dengan anggaran Rp 2,7 juta, yang bisa Anda dapatkan Xiaomi Redmi 2.

  5. terimah kasih pak herry 🙂
    maaf sebelumnya saya pria pak, bukan wanita 😀
    oke pak herry nanti saya akan cari infonya tentang geray yang pak herry sebutkan.
    sekali lagi terimah kasih pak herry untuk saranya.
    dan saya akan berusaha tuk dapatkan redmi 2 itu & itu harus 😀
    salam hormat & sukses selalu untuk pak herry

  6. Simulasinya menarik juga, boleh saya simpulin berdasarkan simulasi yang ada, kalau sama mau pakai SIM Card Esia yang hanya fungsinya untuk telp+sms di slot 1, nah di slot 2nya saya pakai 4G LTE Operator GSM nggak bisa ya, bisanya hanya 2G saja.. CMIIW. Tks

    1. Pak Anto,

      Nomor Esia boleh dipasangkan ke selot SIM1 atau SIM2. Namun, pastikan satu nomor GSM yang lain hanya berada di jaringan 2G. Anda tak bisa mengarahkan nomor GSM yang sedang terpasang ke jaringan 3G dan 4G.

  7. Itu inti nya kartu apapun yg dipakai dimanapun slot simnya bisa digunakan untuk 4g maupun telpon sms, gt ya koh? G cm hny sebatas 4g tok,atau 2g/edge tok ya,dibolak balik pun sama?

    Apakah yg Pureshot mmg cm beda dimensi doang? Software,hardware,firmware sama plek??

    1. Pak Lekpujo,

      Ya, selot SIM1 dan SIM2 sama-sama bisa masuk ke 2G, 3G, dan 4G LTE. Namun, harus bergantian dan memperhatikan kombinasi yang saya paparkan di naskah review.

      Ya, beda dimensi layar dan kapasitas baterai. Versi software penomorannya mungkin beda. Namun, “dalamannya” sama.

  8. Pak HSW, di pureshot saya Bolt kok enggak bisa ya. Padahal dilokasi yg sama menggunakan modem bolt lancar. Dilokasi kantor juga sama enggak bisa. Apa pak HSW sdh coba sendiri dan bisa?
    Tks

    1. Pak Kristanto,

      Karena saya di Surabaya dan Bolt belum beroperasi di sini, saya tidak mencobanya sendiri. Ada rekan yang sudah mencoba dan terbukti bisa.

      Saran saya, coba Pureshot-nya dipaksa masuk ke jaringan LTE. Caranya gini:
      * Selipkan kartu Bolt di selot SIM1. Aktifkan nomor itu sebagai primary.
      * Saat ponsel siaga, masuk ke menu telepon. Seolah Anda akan bertelepon.
      * Tekan *#*#4636#*#*, pilih phone information, scroll ke bawah sampai ke baris “set preferred network type”.
      * Kini pilih LTE only.
      * Tak lama kemudian, seharusnya ponsel Anda bisa memperoleh sinyal LTE Bolt.

  9. selamat malam pak herry!

    mohon infonya pak.
    dengan anggaran dana 3 juta pas, produk xiaomi apa yg bisa saya dapatkan dengan kriteria layar minimal 5 inchi?
    terimah kasih pak herry 🙂

    1. Pak Irawan,

      Sudah ada. Paling mudah mencarinya di Galeri Smartfren. Untuk sementara, Galeri Smartfren WTC pindah ke lantai 1 (dekat area parkir motor).

  10. Maaf pak Herry, minta rekomendasi hp di bawah 1,5 jt dengan kamera oke, layar 4,5-5″, dan gegas. Ada pak? Terimakasih

    1. Pak Muqtafun,

      Silakan melirik Xiaomi Redmi 2. Harga barunya Rp 1,499 juta. Jadi, masih kurang dari Rp 1,5 juta kan. Memang cuma beda seribu rupiah sih. 🙂

  11. Malam Ko Herry
    Minta rekomendasi kalau harga max Rp. 3 juta dpt hp apa yg bagus lengkap ada NFC dll.
    Terima kasih sebelumnya.
    Salam

  12. Pak Herry,
    Saat ini saya pakai infinix hot note, apabila ketahanan baterai hot note dinilai 10 (skala 10), maka ketahanan baterai pureshot dinilai berapa?
    Makasih pak.

    1. Pak Adi,

      Wah, kalau pakai skor gitu malahan bingung, Pak. Kira-kira daya tahan nyata baterai Pureshot (bukan Pureshot+ kan?) sekitar setengahnya Hot Note. Kok lebih boros? Pemicu utamanya karena berada di jaringan 4G LTE biasanya memang lebih rakus baterai.

  13. Salam Mas Herry..

    Terima kasih Mas reviewnya, menarik dan cukup jadi “virus” buat saya, hehe. Mau tanya Mas,
    1. Dengan konfigurasi (GSM-CDMA), apakah bisa dengan GSM (Slot 1) digunakan untuk telpon/sms/internet 4G dan CDMA (Slot 2) untuk telp/sms saja?

    2. Bagaimana kualitas Shutter Speed dan penangkapan focus (Mode Otomatis) nya Mas? Apakah secepat MI4i?

    Terima kasih.

    1. Pak Himawan Anindyo,

      1. Tidak bisa. Kalau CDMA-nya ingin Anda gunakan untuk telepon dan SMS, maka GSM-nya hanya bisa dimasukkan ke jaringan 2G. Internetannya via layanan GPRS dan EDGE.

      2. Fokus otomatis akurat, tetapi tidak sangat ngebut. Shutter speed secara umum lumayan cepat. Kalau di luar ruangan ngebut. Kalau di dalam ruangan, kira-kira setara dengan 1/60 pada kamera konvensional. Beda-beda tipis dengan Mi 4i deh.

  14. Akhirnya keluar juga review nya hehehehe,,,, saya minat sama nih ponsel komplit jaringan nya tp masih ragu ntar beli malah nongol ponsel premium yg jaringannya seperti pureshot.
    Pak Herry saya mau tanya , anggap ini kita hanya menggunakan 1 kartu smartfren di slot 1 dan slot 2 kosong tidak ada kartu.
    klo Untuk pureshot jika slot 1 pakai smartfren dan kita kehilangan sinyal 4G nya maka di alihkan ke Evdo ya. dan kita masih bisa berinternet menggunakan layanan CDMA Evdo RevA/B (koreksi klo salah).
    Nah klo untuk LG g4 dual klo tidak salah slot 1 nya bisa juga bisa menggunakan 4G 850 mhz dan 2300 mhz nya smartfren ya, tp hanya untuk internetan saja. Jika kita kehilangan sinyal 4G nya apakah dialihkan ke CDMA Evdo untuk berinternet (sama seperti di pureshot) atau hilang sama sekali dan kita tidak bisa berinternet ?

    1. Pak Android,

      Benar. Hal itu sudah saya jelaskan di review. Di Pureshot+ dan Pureshot, bila kehilangan sinyal 4G LTE Smartfren otomatis akan pindah ke EvDO.

      Kalau di G4, begitu tak dapat sinyal LTE Smartfren ya bakal SOS. Tidak bisa lari ke EvDO.

        1. Pak Andros,

          He.. he.. yang seperti itu bukan hanya G4. Ponsel flagship merek terkenal dengan harga jual lebih mahal daripada G4 juga begitu kok.

  15. aduh, betul2 sial
    saya baru baca review ini jam segini
    padahal tadi siang keliling wtc cari hp harga max 3 juta, yang akhirnya beli mi4i di erafone seharga 2.949.000

    kalau tahu ada ini, beli yang non plus sepertinya jauh lebih murah ya pak Herry?

  16. Pak Henry, maaf bila menyimpang. saya perlu note atau tablet yang harganya kurang dari 5 juta kira-kira yang kualitasnya performanya baik dan kameranya juga bagus apa ya? mohon sarannya. terimakasih

  17. Nice Review, hasil kameranya dibandingin Mi4i bagus mana ya? sayang contoh foto2 nya sudah compressed/resized, jadi tidak bisa bandingkan dan melihatnya 1:1 pada zoom 100%.mana yang noise-nya paling sedikit.

    1. Pak Chandra,

      Mode otomatis lebih bagus Pureshot+. Kalau mode HDR lebih bagus Mi 4i.

      Sengaja saya kompres karena bila diunggah utuh akan terlalu besar.

  18. Secara umum pureshot ini mmg layak diadu dengan mi4i ya koh..
    Batre bisa dilepas,microsd,performa kamera kalah tipis(hny di mode HDR dan auto fokusnya spt koh herry bilang),bebas panas,lebih gegas..ditambah lebih unggul dlm flexibilitas jaringan. Klo layar dibawah terik gimana koh antara pureshot vs mi4i..

  19. Saya masih menunggu dengan rentang harga yg g selisih jauh dengan mi4i tp yg mampu menjadi lawan mi4i dr segi
    1. Performa kegegasan,
    2. Kualitas kamera,kegegasan autofokus & keakuratannnya,detail warna,kecepatan shutter speed,kerja kamera dibawah cahaya melimpah indoor maupun outdoor,kinerja kamera dibawah minim cahaya..
    3. Micro sd vs no micro sd
    4. Batre tanam vs batre bongkar pasang(dlm keadaan tertentu saya masih butuh cabut batre untuk mengatasi gadget yg hang)
    5. Kecemerlangan layar dibawah terik
    6. Issue panas.
    Hahaha banyak banget maunya,..klo bisa malah dibikin artikel head to head antara pureshot vs mi4i koh..
    Review2 koh herry hebat ga cuma ”tulis ulang” spek gadget. Semoga ke depan ttp independent,tidak ewuh pekewuh dg pabrikan 😀 .. Boleh juga hp yg udah direview dilelang disini 😀 siapa tau ada yg butuh,..

    1. Pak Lekpujo,

      Wah, dengan kriteria seperti itu, untuk sementara masih harus bermimpi deh.

      Gawai yang usai di-review kadang memang saya lelang. Lelangnya bukan dilakukan di Ponselmu karena akan bikin rusuh blog review. He… he… he…. Saya melelangnya di tempat lain. Yang biasa memantau akun Twitter @herrysw mestinya tahu tempatnya. 🙂

      1. Maksud saya dari point 1 – 6 diatas pureshot ini diadu dengan mi4i koh..
        Harga terpaut sedikit dg mi4i tp mampu head to head soal performa dan kualitas kameranya,mi4i dari banyak review memang kamera terbaik dikelasnya..mungkin kamera terbaik dibawah 3.5jt ..tp issue panas,batre tanam,minus slot sdcard,itu yg membuat saya menunggu lawan sepadan dengan mi4i..utamamya di performa & kualitas kamera..klo soal flexibilitas kartu sih sbg pertimbangan terakhir,karena di tempat saya susah dapet sinyal stabil.. 3G aja susah apalagi 4G blm ada

  20. Dear, Pak Herry
    Kira2 dengan budget maksimal 3 juta, bisa dapat android apa ya yang kameranya bagus (depan belakang, atau paling nggak belakang saja), microsd, ram 2gb, kalo ada dual sim?

    1. Pak Sacti,

      Beli Pureshot saja. Spesifikasi sama dengan Pureshot+, kecuali layar lebih kecil (5 inci) dan kapasitas baterai sedikit lebih kecil (2.200 mAh).

  21. Pak Herry, apakah Hisense Pureshot bisa memakai mode manual pada kameranya untuk mengatur ISO, EV, dll seperti di ponsel Mi4i?

  22. Pak hsw, minta rekomendasi modem wifi gsm donk.. Yg bentuk stick usb seperti flashdisk itu.. Bukan yg portable pake baterai.. Hehehehe
    Klo bisa yang murah tp berkualitas.. Merk huawei lbh baik lagi..
    Terima kasih pak

    1. Pak Jem,

      Kalau cukup 3G, silakan melirik SpeedUp UM-31. Harga baru sekitar Rp 375 ribu. Bila harus Huawei, belilah Huawei E355.

      Kalau perlu 4G, silakan melirik Huawei E8278. Harga baru mendekati Rp 600 ribu.

  23. Pak herry, infinix dan hi sense kan buatan china. Apa mereka itu hp lokal buatan china atau asli merek china? Karena cari di gsmarena gak ada?
    Tq

  24. Koh Herry,

    Sepertinya bakal bersaing dengan Lenovo P1m yang sama-sama LTE complete. Cuma saya masih penasaran apakah P1m ada compass-nya atau tidak yang bagi saya cukup penting untuk kerja di field.

    1. Pak Andy,

      Saya belum pernah menguji pakai P1m. Cuma sempat towel-towel sebentar. Dugaan saya, selain daya tahan baterai, kinerja P1m akan di bawah Pureshot+.

  25. Pak Herry maaf salah tulis nama,
    saya perlu note atau tablet yang harganya kurang dari 5 juta kira-kira yang kualitasnya performanya baik dan kameranya juga bagus apa ya? mohon sarannya. terimakasih

    1. Pak Satya,

      Kalau mau Wi-Fi only, beli Xiaomi Mi Pad saja.

      Kalau harus ada kartu SIM-nya, silakan melirik Galaxy Tab S.

  26. Saya sudah pakai HH ini.. Karena gak tahan lag nya andromax R..
    Sejauh ini semua menyenangkan.. Mgkn karena ram 2Gb itu.
    Kurangnya mgkn di sisi harganya yg lbh mahal dibanding merk lain dgn spek yg kurang lebih sama.
    Anyway review nya baik sekali dr om herry.
    Trims

  27. Menyimpang dari pembahasan Om herry sony Xperia Seri C mana yg layak beli.C3,C4,C5 ultra atau Xperia M4 aqua…
    Terima Kasih

    1. Bu Anggraeni,

      Jawabannya, maaf, saya tak tahu. Lha tiga di antara empat ponsel yang Anda sebutkan belum pernah saya uji pakai.

  28. Pak herry, saya mau tanya sedikit mengenai ponsel ini, bedanya yang plus dangan yang pureshot apa yang membedakannya, terus harga yang pureshot berapa ya pak? Terima kasih

    1. Pak Ikipyon,

      Ini bedanya:
      * Pureshot+ berlayar 5,5 inci vs Pureshot 5 inci.
      * Pureshot+ baterai 2.500 mAh vs Pureshot 2.200 mAh

      Harga Pureshot Rp 2,699 juta.

  29. Malam Om Herry,

    Saya tadi googling mau compare Redmi 2 Prime vs Meizu M2 Note, eh akhirnya nyasar ke salah satu thread di Android Indonesia, baca-baca terus sampai mau abis ada akun dengan nama Herry SW, wah ini pasti Om Herry, apalagi juga nyebutin konsultasi cuma dilayani di blog Ponselmu.com dan Twitter @herrysw, hehhe…

    Menurut om garansi distributor memang sangat riskan ya om? apakah dengan beda 100rb (Redmi 2 Prime lebih murah) Meizu M2 Note dengan spesifikasi yang lumayan tinggi jadi sangat beresiko untuk dipinang?

    Maat out of topic Om, hehhe..

    1. Pak Riza,

      Android Indonesia? Itu nama situs atau apa ya, Pak? Saya tidak pernah posting di sana. Mungkin yang dimaksud milis id-Android ya? Kalau iya, saya memang ikut di milis itu.

      Ya, garansi distributor sangat riskan. Lha yang garansi resmi saja kadang nggak jelas kok. Saya belum pernah menguji pakai M2 Note sehingga tak mengetahui bagus tidaknya ponsel itu.

  30. Pak herry hanya berbicara tentang 4g digabung dengan 2g. Saya paham karena arahnya di masa depan (jika awet) hisense bisa cover semua jaringan lte yg tersebar secara nasional (amiin). Tetapi untuk skema 3g and 3g apakah bisa? Mengingat beberapa daerah sinyal 3g stabil saja sudah menjadi anugrah terindah. Dulu pernah ada lenovo seri A…. (lupa) dual sim gsm bisa 3g to 3g tanpa pindah kartu. Apakah hisense juga bisa?

    1. Pak Fajar,

      Tidak bisa 3G dan 3G. Seluruh ponsel dual SIM yang beredar di Indonesia, setahu saya, belum ada yang bisa begitu deh.

      Oh, yang Anda maksudkan ini 3G dan 3G-nya itu tidak harus bersamaan berada di jaringan 3G ya? Yang satu boleh 2G, tetapi Anda tak mau lepas pasang kartu. Benar begitu? Kalau iya, Pureshot+ bisa.

  31. Maaf pak Herry, mau nanya pak. Saya kebutuhan akan 4G nya kan tinggi juga nih ya pak, dan Saya suka gonta-ganti provider 4G (disesuaikan dengan kebutuhan Dan harga paket) oleh karena itu device yang mendukung semua jaringan 4G operator tanah air seperti Pureshot ini sangat membantu Saya, tp sayangnya Saya ga butuh fungsi hpnya, hanya frekuensi jaringannya aja pak. Adakah modem yg support frekuensi 4G seluruh atau mayoritas operator tanah air? Makasih banyak pak

    1. Pak Leo,

      Kalau yang support seluruh frekuensi 4G LTE operator di tanah air, saya belum pernah menemukannya. Kebetulan dulu saya pernah cari yang begitu dan hasilnya gagal.

      Kalau modem USB + mifi yang mendukung layanan LTE semua operator GSM, ada Huawei E8278. Harga barunya mendekati Rp 600 ribu. Peranti itu tanpa garansi resmi.

    1. Pak Faiz,

      Kondisi terbaru saya tak tahu karena Mi 4i sudah mengalami pembaruan firmware yang konon juga meningkatkan kinerja kamera. Kalau sebelumnya, boleh dibilang relatif imbang.

  32. Bang, artikel jadi bikin ngiler nih…
    Tapi jadi kepikiran soal setting sinyal (4G LTE,2G,EVDO atau cdma) itu bisa di setting di hp atau tergantung lokasi

    Makasih bang review nya

    1. Pak Bono_qn,

      Bisa diatur di ponsel, tetapi faktor lokasi tentu juga menentukan. Biarpun ponsel diatur LTE, kalau Anda berada di luar area layanan LTE, ya takkan bisa mendapatkan sinyal LTE.

  33. Pak Herry,
    Maaf keluar topik,
    Meizu m2’nya bagaimana pak?
    Sudah towel” belum?

    Kabarnya redmi note 2 sebentar lagi resmi masuk indonesia.
    Apa benar Pak?
    Terima kasih.

    1. Pak Budi,

      Proses uji pakai M2 belum dimulai. Saya masih menuntaskan Infinix Hot 2.

      Soal Redmi Note 2, ehmm… belum ada bocoran yang bisa dibocorkan nih.

  34. Pak Herry ada LED Notifikasi tidak??

    Pemakaian 11 Jam yang bapak sebutkan itu 2 SIM aktif atau single saja??

    Terimakasih

  35. Pak Herry..
    Maaf agak keluar topik..kalo antara lenovo P70 dan Infinix Hot Note dari price to peformance lebih layak mana??…saya lagi mencari HP yang baterainy kapasitasny lumayan besar…

  36. Pak Herry,
    Saya mau beli tablet dengan dana max 2.5jt.
    Pingin nya beli tablet yang gegas. Mungkin minim ram 2gb ya pak.
    Dengan dana sekian tablet apa ya yang pak herry rekomendasikan?
    Terima kasih

  37. Menarik.. tapi saya lagi menunggu review lenovo phab, mudah2an tidak lama lagi… kalau direkomendasikan langsung beli deh..

  38. Pak herry, kalau hisense tsb dibandingkan dg xiaomi mi4i dan asus zenfone 2 , dari segi spesifikasi dan kamera, bagusan mana pak?
    Utk budget dibawah 3,5 , hp yg spesifikasi + kamera ok dan baterai tahan lama plus outlook jg oke, rekomendasinya apa pak? Terima kasih hehe

    1. Bu Miss Shan2,

      Secara keseluruhan lebih menarik Hisense Pureshot+.

      Dengan kriteria yang Anda sebutkan, tak ada satu ponsel pun yang bisa memenuhi semuanya. Outlook? Ehm… apakah yang Anda maksud Microsoft Outlook? Kalau sehari-hari Anda memakai email Gmail, langsung saja pakai aplikasi Gmail di ponsel Android. Lebih enak.

  39. Pak herry, saya sedang mencari2 hp baru, tapi malah jadi bingung setelah banyak baca disana-sini.
    Karena makin bingung, saya ingin meminta saran dari bapak yg lebing mengerti.
    Menurut bapak, mana yg lebih bpk rekomendasikan antara xiaomi 2 prime, xiaomi note (bergaransi resmi), meizu m2 note atau zenfone 2 4/32 (yg sdh turun harga jd 3,2jt).
    Yang bagus secara keseluruhan. Harga berbanding lurus dg kemampuannya
    . Ps : Saya lbh banyak menggunakan hp untuk bermain game dan browsing / streaming video. Terima kasih sebelumnya pak

    1. Pak Bowo,

      Tidak ada ponsel bernama Xiaomi 2 Prime. Apakah yang dimaksud Redmi 2 Prime? Kalau iya, ponsel itu layak beli.

      Xiaomi Note? Apakah yang dimaksud Mi Note? Kalau iya, belum ada yang bergaransi resmi. Saya juga belum pernah mencobanya.

      Meizu M2 Note belum pernah saya coba. Yang pernah saya coba Meizu M2. Hasilnya, saya kecewa karena ada berbagai bug yang fatal.

      Zenfone 2 RAM 4 GB – ROM 32 GB secara umum kurang menarik.

      Kesimpulannya gimana nih? Karena Anda ternyata akan banyak memakai ponsel untuk bermain game dan browsing, berarti yang paling cocok mestinya Zenfone 2 RAM 4 GB dan ROM 32 GB. Sejak awal, ketahuilah kalau layanan pusat perbaikan resmi Asus tergolong buruk.

  40. Mau tanya Pak,
    Mem udah 2 GB proc 64Bit apakah untuk jangka panjang layak, mengingat sekarang ini OS dan Apps sering2 update
    Terima Kasih Pak 😀

    1. Pak Samuel Sappa,

      Boleh tahu apakah hubungan antara 2 GB dan sering update aplikasi? RAM 2 GB saya rasa masih lumayan memadai untuk sekitar dua tahun mendatang.

  41. Salam kenal Ko Herry….saya tertarik dengan hp hisense pureshot+ ini. Apakah benar hp ini jaringan LTEnya hanya berjalan di frekuensi CDMA? Mana lebih baik antara Hisense Pureshot, Sony Xperia C4 Dual dan HTC Desire 826? Tolong reviewnya ko. Terima-kasih.

    1. Pak Andy26,

      Tidak benar. Saya sudah pernah memakainya untuk menikmati layanan Smartfren, XL, dan Telkomsel kok.

      Saya belum pernah mencoba Xperia C4 Dual dan Desire 826. Jadi, saya tak bisa menjawab pertanyaan kedua Anda.

    1. Bu Miss Shan2,

      Oh maksudnya tampilan luarnya tho. Hisense Pureshot+ maupun Pureshot cukup cantik kok. Saran saya, padukan dengan jelly case transparan.

  42. Dear ko HSW

    Saya langsung beli pureshot pak, kinerja oke cuma baterai aj boros.
    Untuk perekaman video atau main game yg lumayan besar kok terasa hangat cenderung panas y ko? Apakah mengalami jg? Normal atau ada solusi ko? Thanks

    1. Pak Adank,

      Kinerja baterai yang sebenarnya baru terlihat setelah baterai baru itu di-charge 3-4 kali. Satu hal yang pasti, kalau ponsel rutin dipakai untuk merekam video yang panjang atau bermain game, konsumsi baterai tentu akan lebih boros.

      Boleh tahu Anda merekam video atau bermain game berapa lama? Selama menguji pakai Pureshot+, ponsel itu maksimal terasa hangat. Tak pernah hangat cenderung panas.

  43. Mungkin Apps sekarang rata2 butuh memory yang besar pak, sekarang ini saya pake HP yang mem nya cuma 512 itu aja udah mau habis padahal yang aktif cuma BBM sama WA , akibatnya sering lambat dan mesti di restart dulu
    Pemikiran saya dengan MEM yang udah 2GB, proc 64Bit udah LTE apalagi harganya 3jt’an bisa 5 tahun (maaf kalo terlalu berlebihan 😀 )
    Sekali lagi terima kasih banyak buat masukkannya pak

    1. Pak Samuel Sappa,

      Memori 2 GB itu RAM lho, bukan ROM yang dipakai untuk menginstalasikan aplikasi.

      Ehmm… perkembangan ponsel relatif cepat. Ponsel berharga jual Rp 12 juta pun lima tahun lagi bakal terasa ketinggalan zaman.

  44. Pak mau tanya hari ini saya baca smartfren keluarkan paket data 4G True Unlimited khusus penguna andromax r, q, ec, dan hisense pure shot harganya cuma 75000 diluar ponsel itu harganya 300000.

    Pertanyaanya
    1. ini apa hanya bisa digunakan dijaringan 4g saja? jadi kalau jaringan ngedrop ke evdo paket ini tidak bisa digunakan?

    2.paket datanya apa bisa kalau dithetringkan dari ponselnya? Kalau boleh sih mending beli yang murah aja yang ec sekarang harganya jadi 799.000.

    3.Apa benar itu paket data 4G True Unlimited smartfren tidak ada batasan kuota fupnya?

    Mungkin bapak hsw ada informasi lebih mengenai paket data ini
    Terima kasih

    1. Pak Dani,

      Saya belum memiliki informasi komplet dan resmi dari pihak terkait.

      1. Di situs Smartfren ada keterangan begini “…Promo khusus paket internet 4G ini memberikan banyak keunggulan dibandingkan paket internet unlimited yang sudah ada sebelumnya.” Kalau membaca paparan itu, mestinya hanya 4G ya. Namun, feeling saya mengatakan, ketika pengguna turun ke layanan EvDO, paket tersebut tetap berlaku.

      2. Setelah membaca syarat dan ketentuan di situs Smartfren, dugaan saya tak bisa.

      3. Saya yakin ada FUP tertentu yang besarnya bisa berubah-ubah bergantung kondisi. Sebab, keterangan tanpa FUP di situs Smartfren diberi tanda bintang. Hal lain, tercantum keterangan berikut “Untuk menjaga kualitas serta kesetaraan layanan bagi semua pelanggan Smartfren, maka Smartfren berhak melakukan pengawasan secara berkala terhadap penggunaan akses Internet pelanggan Paket TRUE UNLIMITED. Smartfren berhak untuk melakukan tindakan yang diperlukan terhadap penyalahgunaan pemakaian, seperti contohnya (tetapi tidak terbatas pada) akses Peer-to-Peer (P2P) dan penggunaan pada perangkat Smartphone non Andromax 4G LTE & Hisense Pureshot.”

  45. Oh iya saat ini saya pake modem m2y yang dari haeir dengan paket data 100000 smartfren connex dapat 12 giga jam kalong, 5 giga 24 jam dan bonus 2 giga 24 jam. Paket segitu aja kalau dikebut udah habis setengahnya dalam 1 minggu. Di lokasi saja paling bagus yah smartfren udah bagus paket datanya juga lumayan murah. Apalagi kalau pake paket data 4G True Unlimited itu wah bisa hemat bulannanya

    1. Pak Dani,

      Saat mengetahui Smartfren menghadirkan paket data 4G True Unlimited, saya justru sedih. Sebab, kinerja layanan internet secara umum pasti bakal memburuk. Pengguna paket biasa terkena imbasnya deh.

  46. Trims review nya Pak Herry, padahal minat banget beli hp ini tapi sayangnya belum support OTG, yang bagi saya termasuk fitur yang amat penting.

    1. Pak Nouval,

      Pureshot+ dan Pureshot cuma beda di ukuran layar dan kapasitas baterai. Spesifikasi lain sama. Kalau disuruh memilih dua ponsel itu atau Xiaomi Mi 4i, saya lebih memilih si Hisense. Sebab, kompatibilitas LTE-nya lebih komplet.

  47. Pak Herry yth.,
    Kartu sim smarfren 4G kok gak bisa di galaxy Tab A?, padahal di spec nya tertulis B5 (850)
    Apa belum benar setting nya ?
    Terima kasih

    1. Pak Rahmad,

      Bisa dapat sinyal, tetapi gagal terkoneksi, atau sama sekali tak memperoleh sinyal? Singgahlah ke pusat perbaikan resmi Samsung dan mintalah bantuan petugas di sana. Saya sendiri belum pernah menguji pakai Tab A. Cuma pernah mencicipinya sebentar, dalam jangka waktu yang tidak memadai untuk sebuah review.

  48. Apakah di hisense pureshot yg 5 inchi, kalau salah 1 kartu pke 4g, kartu lain yg 1 nya sinyal yg standby gak bisa diatur ke 3g? 3g dalam artian bukan dipake internet tapi cuma untuk sinyal yg standby aja soalnya kartu ku xl, truz ditempatku skrg sinyal 2g nya xl jelek.. Aku juga minta kontek atau no.hp koko soalnya ada yg mau aku tanyakan dan lebih enak kalau ngobrol langsung lewat telp krn lebih jelas dan lebih bisa tanya2 banyak. Email aja ko no.mu ke emailku di rido5889@gmail.com. Aku tunggu yah ko. Xie2

    1. Pak Ricky,

      Kalau satu kartu sudah masuk ke 4G, satu kartu yang lain tidak bisa dimasukkan ke 3G.

      Maaf, saya tidak melayani konsultasi via telepon dan email.

  49. Pak Herry, Di Tab A, sim smrtfren 4G tidak dapat sinyal sama sekali. Oke kalau ke Surabaya tak coba singgah ke SCS, terima kasih

  50. Selamat sore Pak Herry,
    Terpengaruh dengan ulasan Pak Herry, kemarin saya jadi membeli Pureshot Hisense….tampilannya memang bagus terutama bagian pinggirnya yg memakai bahan metal…secara umum, Hisense ini memang oke…tidak salah ulasan pak Herry.
    Hanya saja jika saya membuka file gallery layarnya tiba2 terang sendiri dan bila saya kembali ke home maka layar normal kembali. Apakah memang seperti itu atau ada pengaturannya? Terima-kasih pak Herry….
    Ditunggu ulasan gawai2 yang lainnya….

    1. Pak Andy26,

      Pinggirnya itu aksen metal lho, bukan metal alias logam beneran. Namun, tetap terlihat keren sih.

      Soal gallery, sepertinya memang sengaja dibuat begitu supaya pengguna bisa melihat foto-foto dengan nyaman.

  51. Pak Herry, oh ternyata itu hanya aksen metal ya…
    Pak, saya memakai XL 4G LTE & Esia dimana posisi kartu Esia ada di slot 1 dan XL di slot 2, dgn posisi spt itu saya tidak bisa mendapatkan sinyal 3G apalagi 4G, kalau saya tukar posisi kartu Esia menjadi tidak aktif. Lalu saya ganti dengan XL 4G LTE di slot 1 dan IM3 di slot 2, yang saya dapatkan XL 4G LTE dalam status 3G dan IM3 di status 2G. Bagaimana caranya agar saya bisa dapat sinyal 4G untuk XL? Terima-kasih pak Herry.

    1. Pak Andy26,

      Iya. Saya juga sempat tertipu kok. Apalagi, di siaran pers Hisense dituliskan “Kesan premium semakin kental saat melihat sisi bodi Hisense Pureshot diproteksi bezel logam nan solid.”

      Memang begitu. Kalau Esia aktif, Anda takkan bisa masuk ke jaringan 3G atau 4G XL. Anda cuma bisa masuk ke jaringan 2G XL. Bila Esia non-aktif, barulah Anda bisa masuk ke 3G dan 4G XL. Tak ada cara untuk membuat Esia aktif dan Anda bisa masuk ke 4G XL.

  52. ko. mau tanya ni misalnya kalo hisense pureshot/+ dan xiaomi mi4i bagus mana (tanpa melihat kompatibilitas LTE) ??
    terimakasih

  53. Gimana caranya ko kalau saya hanya mau pake sinyal 3G di pureshot ini? Apakah ada pilihan wcdma/3g only seperti di hp samsung? Jadi sinyal kita terlock hanya untuk 3g

        1. Pak Ricky,

          Silakan berpura-pura akan menelepon dan menekan *#*#4636#*#*. Berikutnya pilih phone information, scroll ke bawah untuk mencari set preferred network type, kemudian pilih WCDMA only.

      1. Setau saya nanti katanya akhir 2016 smartfren jg akan mematikan layanan cdma nya krn nanti lte jg akan bisa telp dan sms

        1. Pak Ricky,

          Yang konfirm harus dimatikan pada akhir 2016 itu layanan FWA CDMA. Yang nomor teleponnya pakai kode area 021, 031, dst.

      2. Hri jumat saya ada beli pureshot yg 5inch. Setelah ku pake dengar musik, ku perhatikan dan ku dengar baik2, speaker kiri nya gak keluar suara. Kan ada speaker tuh di posisi bawah hp. Ada 2. Ada yg kiri dan ada yg kanan. Koko punya hp pureshot jg kan? Boleh minta tolong coba dicek punya koko. Coba putar musik dan tutup lubang speaker yg kanan. Dan coba dengar speaker yg di kiri apakah mengeluarkan bunyi atau tdk. Minta tolong ko. Thanks. Ditunggu kabarnya secepatnya

  54. Tadinya saya berminat meminang Pureshot+ ini utk melebur BB 9350 dan Lumia 720 yg saya pakai saat ini, tapi membaca keterangan pak Herry jadi batal. Saya butuh koneksi 4G di kartu XL dan kartu Smartfren untuk telepon, apakah ada smartphone yg memenuhi kriteria seperti itu? Mohon infonya pak Herry, thx…

  55. Pak herry, maaf out of topic…kalau sy punya iphone 4 cdma, saat ini bisa dapat layanan smartfren untuk telp dan internet (evdo)…ke depan apa hp ini masih bisa dipakai jika smartfren sudah full lte…tidak cdma lagi?

  56. Pak Herry,
    Di forum sebelah (k*s*s) ada yang mengalami sinyal turun ke 3G namun tidak kembali lagi ke 4G. Dan saat hp disetting LTE only malah tidak dapat sinyal. Sembuhnya harus direstart. Apa pak herry mengalami kasus yang seperti ini juga?
    Makasih

    1. Pak Adi,

      Saya tidak pernah sekali pun mengalami masalah tersebut. Dalam kasus yang Anda ceritakan, bisa jadi sinyal LTE operator yang dipakai kebetulan kurang bagus di lokasi tersebut.

    1. Pak Sonny,

      Ya, Pureshot+ sedikit lebih minim noise dibandingkan Mi 4i. Namun, itu kondisi Mi 4i saat saya dulu mencobanya ya. Seiring perjalanan waktu, telah ada pembaruan firmware. Kondisi terkini saya tak tahu.

  57. Maaf pak Herry, mau tanya, apakah Pureshot bekas yang dijual 2 jt pas itu wajar? Mengingat harga barunya masih 2,7an.
    Kemudian pak Herry, kalau harga gawai bekas itu secara umum berapa persen harga barunya ya? Soalnya terkadang bingung juga mau menentukan jual berapa atau beli berapa untuk sebuah gawai bekas.
    Pak Herry sendiri menjual gawai bekas review menentukan harganya berapa dan dengan tolak ukur apa biasanya pak? Terima kasih banyak pak

    1. Pak Leo,

      Wajar.

      Tinggi rendahnya harga gawai bekas dipengaruhi banyak hal. Di antaranya, popularitas merek, popularitas tipe, kondisi fisik, dan kelengkapan. Biarpun merek populer, tetapi kalau tipe ponsel yang akan dijual relatif tidak laku di pasar, harga jualnya tetap berpotensi jatuh.

      Gambaran umum yang tidak bisa dijadikan patokan mutlak:
      * Untuk ponsel bermerek populer dan tipe populer, harga bekasnya sekitar 80 persen dibandingkan harga baru saat Anda akan menjualnya.
      * Untuk ponsel bermerek kurang populer, harga bekasnya sekitar 70 persen harga baru.
      * Khusus untuk ponsel merek lokal dan beberapa merek Tiongkok yang dikenal menawarkan profit margin tinggi kepada penjual (misalnya Oppo), harga bekas sekitar 50 persen harga baru.

      Dalma menjual gawai bekas, saya biasanya pakai harga tengah-tengah. Maksud saya begini:
      * Anggaplah saya menawarkan ponsel bekas kepada pedagang ponsel bekas. Pedagang akan menawar Rp A. Kita namakan itu harga A.
      * Pedagang kemudian memajang ponsel bekas yang dikulaknya di toko. Kalau ada calon pembeli yang tertarik, pedagang menawarkannya di harga Rp B. Sebut saja itu harga B.
      * Nah, saat menjual ponsel bekas, saya biasanya mematok harga di tengah-tengah harga A dan B. Jadi, saya dan pembeli sama-sama senang. Saya dapat harga lebih mahal daripada dijual ke toko, sedangkan pembeli dapat harga lebih murah ketimbang membeli di toko.

  58. salam pak,

    akhirnya saya beli gawai ini juga, penasaran mau nyoba.
    kesan pertama memang kece super. kamera juga mantep, multitasking asik, cuman masih ingatkah pengalaman memecet tombol home? kok di pureshot+ saya kadang tidak responsive, knp ya? apa emang ada sedikit lag untuk ke home screen?

    terima kasih

  59. Pak Herry, lebih menarik Pureshot yang hitam atau putih pak? Mau beli nih karena teracuni olwh review bapak hehe terima kasih pak

    1. Pak Leo,

      Lebih menarik hitam atau putih? Ehmm… selera sih. Lebih cantik yang putih, tetapi lebih gahar yang hitam.

  60. pak Herry,

    apakah nomer bawaan dari smartfren hanya bisa untuk 4G LTE?
    soalnya pas saya coba ganti settingan ke WCDMA Only/ 3G malah gak ada sinya sama sekali.
    mohon pencerahannya.

    thanks

    1. Pak Radinal,

      Nomor bawaan Smartfren tidak hanya untuk 4G LTE kok. Pernah saya pasangkan ke ponsel CDMA jadul pun bisa.

      Oh… lha Anda memilih WCDMA only. Ya jelas tak dapat sinyal. Mestinya yang dipilih EvDO.

  61. Dear Ko HSW

    setelah sekian lama coba pureshot yang 5 inch, ada beberapa kendala :
    1. tidak bisa mendeteksi dan connect ke Jabra saya (wearles bluethot) apakah ko hsw pernah coba?
    2. sinyal smartfren 4g tiba-tiba tidak connect padahal sinyal kuat, sembuh setelah di reboot
    3. beberapa aplikasi misal folder google tiba-tiba hilang, sembuh setelah di reboot
    bisa minta tolong sampaikan masalah ini agar bisa di update Pak

    kalau ketemu di wtc atau di jalan dengan Ko Hsw apakah boleh ganggu untuk diskusi atau sekedar kenalan? tks

    1. Pak Adank,

      Setelah me-review Pureshot+, minggu lalu kebetulan saya mencoba Pureshot.

      1. Saya pakai Jabra Eclipse. Bisa konek dengan baik tuh.

      2 + 3 tak pernah saya alami. Kalau lumayan sering terjadi dan khusus poin 2 tetap muncul di lokasi yang berbeda-beda, silakan mengecekkan ponsel Anda ke pusat perbaikan Hisense.

      Sekadar kenalan tentu boleh saja. Kalau diskusi, tinggal dilihat saya sedang mengetik di depan laptop atau tidak. Kalau iya, tanpa mengurangi rasa hormat, berarti saya sedang sibuk. Bila di hadapan saya tak ada laptop, kemungkinan besar saya agak senggang. Silakan mengobrol.

  62. Pak Herry, diforum jual beli ada yang menawarkan pureshot plus baru dan segel hanya 2,4 juta jauh lebih murah dari harga di galeri Smartfren 3,2 juta.. Apakah harga itu wajar? Saya tertarik tapi masih ragu2. Terima kasih

  63. Hmm pak, baik Pureshot+ maupun Pureshot ini bisa diisi microSD up to yang berapa giga ya? Di iklan Dan review ditulis bisa sampai 128 GB, tapi di manual book by a sampai 32 GB saja. Benar yang mana pak?

    1. Pak Leo,

      Di spesifikasinya sih tertulis hingga 128 GB. Namun, saya belum pernah mencoba memasangkan kartu microSD sebesar itu. Karena rajin memindahkan data ke laptop dan jarang menyimpan file video di ponsel, microSD 8 GB atau 16 GB pun buat saya sebenarnya sudah cukup.

  64. Pak Herry, harga hisense pureshot dan pureshot+ lagi didiskon 700rb. Amat sangat layak dibeli ya Pak?
    kayaknya saya nggak jadi ambil andromax qi. hehehe.

  65. Pa Herry usul aja sesekali bikin dong artikel adu kamera, misal kamera Pureshot vs Mi4i vs Liquid Jade vs Redmi 2 Prime terutama di kondisi lowlight, berikut crop image ukuran 100% untuk bandingin noisenya. Sepertinya banyak orang curiuos hal ini. Terimakasih

    1. Pak Sonny,

      Terima kasih atas usulannya. Untuk sementara usul itu sulit direalisasikan. Sebab, ketika saya, misalnya, menguji pakai ponsel D, ponsel A, B, dan C sudah tidak ada.

  66. Pak herry, kalau dengan harga jual sekarang. Lebih layak beli mana antara hisense pureshot & xiaomi redmi 2 prime? Dan untuk kualitas kamera lebih bagusan mana pak? Tks

    1. Pak Yoda,

      Pureshot. Lebih mahal Rp 200 ribu, tetapi sepadan dengan yang kita dapatkan.

      Kamera Pureshot lebih bagus.

  67. Wah saya dibikin galau sama artikelnya pak herry 🙁 tolong dong pak head to head antara pureshot+ sama alcatel flash 2. Dari kamera bagusan mana, mana yang bug nya paling sedikit (oiya kalau bug di pureshot+ apa ya pak?), performa (saya sih paling main game ringan dan chatting. Pemakaian cewek lah), sama baterainya. Lebih worth mana kira” pak?

    1. Bu Regina,

      Kelebihan Pureshot+ dibandingkan Flash 2:
      * Hasil jepretan kamera lebih bagus.
      * Kompatibilitas LTE lebih komplet.
      * Baterai bisa dilepas. Jadi, dapat membawa baterai cadangan.

      Kekurangan Pureshot+ dibandingkan Flash 2:
      * Daya tahan baterai lebih singkat.
      * Bodi belakangnya kalah keren.

      Saya sih pilih Pureshot+. Kalau Anda mau yang harganya sama persis dengan Flash 2, silakan beli Pureshot saja (tanpa +).

  68. Oiya lupa niy pak. Kan si flash 2 pake processor MT6753 tuh, sedangkan Pureshot+ pake Snap 415. Bagusan mana pak herry dari kedua processor itu?

  69. Om Herry, jika pureshot+ di adu sama lenovo p70 prefer mana? Selain kapasitas baterai dan kemampuan 4G all operatornya. Terima kasih.

    1. Pak Wandy,

      Jawaban pertanyaan Anda sebenarnya sudah ada di naskah lho. 🙂

      Ada selot microSD. Pakai kartu mini SIM.

  70. Ooh makasih pak. Kayaknya saya bakalan beli pureshot deh. Kalo menurut bapak, perbedaan harga pureshot dan pureshot+ yg sampai 500 ribu itu gimana ya? Kan cuma beda batere sama layar doang. Apa enakan ambil pureshot yang 5 inci ya? Soalnya kan perbedaannya cuma 2 itu tadi

    1. Bu Regina,

      Dengan perbedaan harga segitu, padahal secara spesifikasi tak banyak berbeda, kalau saya lebih memilih Pureshot.

  71. Om Herry,
    Mungkin dan ada tidak, batere pureshot ini diganti dengan kapasitas lebih besar?
    Oia klo alcatel dengan lenovo P1m vs Alcatel Flash 2 vs Hisense pureshot? Bagaiman head to headnya

    1. Pak Dimas,

      Mungkinkah? Mungkin saja, asalkan ada yang memproduksi dan menjualnya.

      Ada atau tidak? Belum ada.

      Skenario yang saat ini paling mungkin dilakukan adalah membeli satu buah baterai cadangan di pusat perbaikan resmi Hisense.

      Saya belum pernah mencoba P1m. Kalau Flash 2 vs Pureshot, secara umum saya lebih memilih Pureshot.

  72. Terima kasih Om, atas jawabannya 🙂 ,karena saya sering bertanya dan situs ini akan menjadi referensi saya, hebe

  73. Dear pak hery,
    Pak hery saat ini sy memakai smartfren andromax Z dgn ruim smart pd slot 1 dugunakan sbg koneksi data dan sim XL pd slot 2 digunakan utk telpon dan sms. Satu hal yg paling sy sukai pd andromax z ini adalah sy bisa berinternet (download, streaming,browsing) dgn kartu smart BERSAMAAN DGN SY MENERIMA TELPON DI KARTU XL. Artinya saat sy sedang menelpon ( On call ) di kartu XL bersamaan dgn itu koneksi data di smart tetap terkoneksi sehingga jika sy sedang download film dgn ukuran yg besar proses downloadnya tdk terpending ataupun terhenti saat menerima telpon di kartu XL. Nah jika di pureshot sy sisipkan kartu smartfren pd slot 1 dan XL pd slot 2 dan sy mendownload sesuatu kemudian pd saat downloading, sy menerima telpon di kartu XL, apakah proses download td akan terpending, terpaused, terhenti, gagal ataukah bisa terus berlanjut? Mohon petunjuknya pak hery, sebab fitur seperti ini penting buat sy. Sy tdk ingin koneksi data terganggu saat menerima telpon atau sms. Oh iya kalo boleh minta nomor telpon pak hery. Sy ingin berkonsultasi secara langsung lewat telpon. Terima kasih

    1. Pak Joko,

      Soal skenario pemakaian yang Anda sebutkan, saya tidak tahu. Saya tak mencobanya. Kebetulan saya tak keberatan koneksi data terhenti sementara saat saya sedang bertelepon.

      Maaf, saya tidak bersedia menyebutkan nomor telepon. Saya tidak melayani konsultasi via telepon.

    1. Pak Aji Laksono,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Benar. Pureshot turun harga menjadi Rp 1.999.000, sedangkan Pureshot+ menjadi Rp 2.499.000.

  74. Koh.. apa ini juga tanpa drawer Seperti XIAOMI ???
    Apakah ada aplikasi Tema/tema store Gratis Seperti Xiaomi ???

    Jujur tampilan MIUI masih sangat enak, nyaman & sederhana.. enggan rasanya mengganti HH lain jika UI & Tampilan nya biasa ala kadar nya.

  75. Apa kah double tap to awake nya sensitif saat masuk ke saku celana ???

    Karena Beberapa Smartphone yg ada fitur double tap to awak, kadang Saat di dalam saku bisa terbuka & hal ini berbahaya apa lg jika Smartphone jd Nelpon atau melakukan aktivitas tanpa sepengetahuan kita.

    1. Pak Wandy,

      Tidak. Jadi, takkan tertekan tanpa sengaja saat dikantongi.

      Benar. Ada ponsel dengan fitur double tap to wake up yang kurang cerdas membedakan sentuhan jari dengan gesekan kain.

      1. Secara spek, Zenfone 2 laser hanya memakai processor Snapdragon 410, sedangkan Hisense pureshot memakai Snapdragon 415 yg performanya hampir menyerupai Snapdragon 615 + perbaikan di sektor konsumsi daya

  76. Apakah Hisense Pureshot+ ini udah anda lelang koh ?? saya minat nih..

    Oh yaa.. Smartphone apa saja yg sedang dalam antrian utk review koh ??

  77. informasi yg bergunakalau sudah duiabrh tampilannya,,apakah akan berpengaruh pada kinerja hp? misalkan jadi lambat/berat atau hang?dan untuk mengembalikan ke tampilan semula bagaimana?thx__jawaban reply to sefty@rocketmail

    1. Pak Hijos,

      Yang diubah tampilan apanya nih? Tema dan wallpaper? Ponsel takkan hang gara-gara Anda mengubah hal tersebut.

      Untuk mengembalikan ke tampilan semua, ya tinggal di-reset atau diubah manual.

      Maaf, saya tidak melayani permintaan jawaban via email.

  78. Pak mau tanya, prefer ke xiaomi redmi 2 prime / Hisense Pureshot ya?
    Segi kamera & performa sehari hari
    Makasih

    1. Pak Rafasya Patria,

      Secara umum lebih unggul Pureshot. Namun, untuk kemudahan mendapatkan aksesori tambahan, Redmi 2 Prime memang jauh lebih unggul.

  79. Koh.. Saya Udah Ambil Pureshot 5Inch.
    pada saat saya foto hasil nya sungguh di luar harapan. kalah bagus dgn Redmi 2 & Redmi 2 Prime. banyak noise & mirip kaya hot 2 atau bahkan di bawah lagi kualitas foto nya.
    padahal 13mp & 5mp dgn modul & bukaan yg bagus loh Pureshot ini.

    Koq bisa gt yaa koh ?? apa saya harus rettur/tukar aja yaa… padahal lumayan susah loh cari nya.

    1. Pak Wandy,

      Lah… kameranya kok begitu? Apakah ada plastik yang melapisi lensa kameranya? Kalau bebas dari penghalang dan hasilnya seperti itu, coba diperiksakan ke pusat perbaikan resmi deh.

  80. Salah udah tes Semua Pureshot & + ternyata sama pak. stok di Galeri Smartfren pun saya tes jt.
    teman di forum jg sebagian ngeluh.

    tapi saat saat ada update hasil nya bagus koq skrg

    1. Pak Wandy,

      Ini maksudnya gimana ya?

      1. Anda sudah mencoba semua ponsel Pureshot dan Pureshot+ di Galeri Smartfren. Hasilnya, semua berkamera buruk.

      atau

      2. Seperti poin pertama, tetapi masalah itu hilang setelah ada update.

      Hal lain, bagaimana caranya Anda bisa mencoba seluruh stok di Galeri Smartfren? Bukankah masih segel?

      1. Kalau boleh berpendapat, Pureshot saya tidak ada masalah pada kameranya. Hasil jepretannya jernih dan bahkan bisa dikatakan lebih baik dari Galaxy Tab S saya.
        Pada kondisi tertentu, teman saya yang memakai Iphone menggangap jepretan Pureshot saya lebih bagus.

  81. Salam Pak Herry,
    Saya mau tanya pak, setiap kali saya attach file ketika kirim email melalui Pureshot baik dari aplikasi bawaan ataupun installan dari Play Store, attachment file saya tidak terkirim pak.
    Anehnya, ketika saya buka folder sentnya, ada lampiran attachment filenya dan bisa dibuka apabila file tersebut ada di Pureshot, namun apabila file tersebut didelete jadi tidak bisa dibuka attachment yang di folder sent (jadi seperti shortcut saja pak)
    Kemudian juga, apabila saya buka email saya melalui device lain (baik laptop atau Tab), di folder sent saya email tersebut tidak memiliki attached file (namun di Pureshot selalu ada sekalipun saya sudah refresh berkali-kali).
    Apakah kira-kira bapak tahu mengapa dan penyelesaiannya? Terima kasih pak

    1. Pak Leo,

      Karena sedang ada acara di luar kota dan jadwal aktivitas di sana relatif padat, baru sore ini saya bisa mulai merespons pertanyaan dan komentar yang dikirimkan ke blog ini. Mohon maklum.

      Terus terang saya juga bingung karena tak pernah mengalami hal itu. Bagaimana kalau akun email di ponsel coba di-remove dulu, kemudian di-add lagi?

      1. Hehe tidak bisa pak, mungkin ada bug pada firmware saya tapi ya sudah, saya masih bisa kirim attachment lewat Tab. Fitur lain tak ada masalah bahkan terkesan memuaskan.
        Maaf Pak, saya mau tanya agak menyimpang:
        1. SpeedUp Pad Genius baru masih layak beli? Atau ada pilihan lain?
        2. Kalau saya ingin hp dengan koneksi 4G, layanan purna jual yang bagus dan untuk jangka waktu lama baik garansi maupun ketahanan fisik, Acer Z410 cocokkah? Performa seadanya saja cukup (untuk orang tua), atau ada pilihan lain di rentang harga setara?
        3. Ketika saya belanja di Lazada akhir-akhir ini saya perhatikan dengan detail bahwa kartu garansinya tidak dicap atau ditanda apapun dari toko penjual, apa garansi masih berlaku jika seperti itu pak? Atau saya harus protes?
        Terima kasih banyak lak Herry

        1. Pak Leo,

          1. Saat ini sudah kurang menarik sih. Kecuali, Anda ingin tablet murah dengan RAM 2 GB. Pilihan lain HP 7 Voice Tab. Tablet itu dilengkapi selot kartu SIM. Harga Rp 1,2 juta sampai Rp 1,3 juta.

          2. Liquid Z410 sudah diskontinyu, Pak. Yang saat ini masih mudah ditemukan Lenovo A2010. Harga ritel resmi Rp 1,299 juta. Di rumah masih ada satu unit segelan nih. Warna putih. Saya sendiri sekarang memakai satu unit yang warna hitam. Secara umum cukup bagus kok. Kecuali, kameranya tanpa fokus otomatis.

          3. Tak masalah. Tetap berlaku kok.

          1. Terima kasih pak Herry, sayangnya Lenovo tidak masuk pilihan karena service centernya jauh dari rumah saya di Jakarta :”) Service center Lenovo kualitasnya bagaimana pak? Sekelas dengan apa?

            Omong-omong, kenapa pak Herry menyebut ponselmu.com sebagai blog? Kalau di kalangan akademisi (universitas), biasanya blog dianggap yang berasal dari blogspot dan tidak bisa dijadikan dasar ilmiah. Kalau pak Herry kan sudah uji coba sehingga bisa dikatakan sudah teruji ilmiah

            Terima kasih pak

          2. Pak Leo,

            Pusat perbaikan resmi Lenovo dulu sekelas Sony yang luar binasa. Namun, sekitar dua bulan terakhir, pusat perbaikan resmi Lenovo mulai membaik signifikan. Testimoni positif mulai saya dapatkan.

            Ponselmu.com ini menggunakan script WordPress. Nah, WordPress kan blog.

  82. Saya coba yg di Sediakan di both Galeri Smartfren.. ada 2 Pureshot & +.
    Saya update memang hasil lebih baik, tp ntah knapa hasil indooor masih kurang bagus. mungkin tangan saya ya kurang bisa utk foto.. heee

    standar saya sih Redmi 2 Prime,,

    1. Pak Wandy,

      Karena sedang ada acara di luar kota dan jadwal aktivitas di sana relatif padat, baru sore ini saya bisa mulai merespons pertanyaan dan komentar yang dikirimkan ke blog ini. Mohon maklum.

      Ah.. maksudnya mencoba live demo unit tho. Bukan mencoba semua stok di Galeri Smartfren.

      Live demo unit kadang tidak bisa dijadikan patokan detail. Alasannya:
      * Yang dipajang kadang versi prototipe alias purwarupa, bukan versi final yang sama dengan versi komersial.
      * Unit yang dipajang sudah dicoba banyak orang. Nah, kadang ada konsumen yang mengubah pengaturan.

  83. Koh herry, saya nyoba pake boltz udah diganti ke LTE only ataupun global di slot SIM1 kok tetep ga bisa ya? Apa ada pengaturan khusus untuk provider boltz? Kalo pake wifi-nya padahal sinyal kenceng banget, makasih.

    1. Pak Ihwan Setiawan,

      Karena sedang ada acara di luar kota dan jadwal aktivitas di sana relatif padat, baru sore ini saya bisa mulai merespons pertanyaan dan komentar yang dikirimkan ke blog ini. Mohon maklum.

      Boltz atau Bolt? Kalau Bolt, ketika sudah dapat sinyal 4G LTE, Anda tinggal melakukan pengaturan APN. Pertanyaan saya, apakah ponsel Anda sudah berhasil memperoleh sinyal Bolt?

  84. Dear Pak Herry SW,
    Saya berminat membeli Smartphone dalam bulan ini,dengan range harga max 2.8 Juta.
    Setleh membaca review bapak saya punya beberapa pilihan untuk dibeli,yaitu :
    1. Lenovo Vibe x2 (baru)
    2. Lenovo P70 (baru)
    3. Sony Xperia M4 Aqua (second)
    4. LG G3 ram 2 GB (second)
    5. Hisense Pureshot+ (baru)

    Kira-kira ponsel mana yang bapak rekomendasikan untuk 5 pilihan di atas pak?
    Saya butuh desain cantik,konstruksi rapih, SC bagus, baterai tahan lama, kapasitas penyimpanan besar,layar terang (aktivitas outdoor),email untuk 3 akun, sosmed (bbm,wa,path,line,dll), kamera depan belakang bagus, dan sesekali main game.

    Maaf terlalu banyak pertanyaan, mohon respon nya pak, ataupun klo ada masukan untuk tipe hp lain.

    Terima Kasih

    1. Pak Angun Paskah M.,

      Saya belum pernah mencoba nomor 1 dan 3. Nomor 4 kini sudah tak menarik.

      Tersisa nomor 2 dan 5. Kalau baterai tahan lama boleh dicoret, saya lebih condong ke Hisense Pureshot+. Kalau kriteria baterai tahan lama wajib dipenuhi, ya berarti silakan ambil Lenovo P70.

  85. Dear Pak Herry SW,

    bagaimana dengan service center hisense?apakah sebagus LG dan samsung?
    saya pernah memakai LG, dan kesimpulan saya, service center nya sangat baik melayani konsumen.

    untuk LG G3, apa alasan bapak mengatakan tidak menarik pak?
    alasan saya membeli karena LG G3 adalah flagship dulu ya,karena budget saya trbatas, makanya saya tertarik membelinya, itupun mampu yang bekas pak.

    diluar alasan baterai,melainkan performa,selain lenovo p70 dan hisense pureshot, apakah ada hp lain yang bapak rekomendasikan?
    bagaimana dengan samsung j5,atau mungkin mi4i?

    1. Pak Angun Paskah M,

      Layanan pusat perbaikan resmi Hisense belum diketahui. Namun, kalau melihat inisiatif mereka mengoperasikan pusat perbaikan resmi di beberapa kota, tampaknya mereka cukup serius. Pusat perbaikan resmi itu dikelola sendiri oleh mereka. Bukan diserahkan kepada pihak ketiga dan bersama-sama dengan pusat perbaikan resmi merek lain.

      Benar, pusat perbaikan resmi LG memang mantap. Menurut saya, lebih bagus daripada Samsung.

      G3 dulu menarik dan layak beli, Pak. Saya juga memakainya kok. Untuk ukuran saat ini, G3 terasa kurang menarik karena sudah muncul G4 yang jauh lebih bagus. Dengan harga G3 baru yang masih tinggi, kalau saya lebih memilih beli G4 bekas.

      Kalau bicara performa, Samsung Galaxy J5 kurang menarik. Xiaomi Mi 4i juga lebih menggiurkan.

  86. Trims pak, abis baca review nya akhirnya saya angkut Hisense Pureshot plus paket unlimited Smartfren nya, jadi 4G nya sudah nggak pakai quota lagi 🙂 casing silicone nya pun saya beli di service center Hisense di Bandung.

    Sejauh ini puas banget, dengan 2 juta bisa dapet hape dual LTE yg nggak kalah dgn merek lain yg lebih mahal.

    Masalah yang muncul adalah karena sebelumnya saya punya dua sim card, jadinya kalau ketambahan operator Smartfren ini saya jadi musti cari handphone satu lagi, lebih disukai feature phone seperti Nokia atau Samsung yang cuma bisa nelpon doang, karena simcard yg nggak saya pakai itu memang dipakainya hanya utk telpon/sms, bukan utk smartphone & layanan data.

    Kira-kira apa pak yang recommended, mungkin bapak tahu? Saya sih dulu pakai Nokia 208 dual sim, tapi dulu saya beli harganya 800rb, dan ibu saya pakai Nokia 215 dual sim, tapi dia punya masalah 1 phonebook nggak bisa simpan dua nomor. Syarat hape nya sih asalkan harganya di bawah 500 ribu dan chargernya pakai colokan microUSB agar nggak perlu kebanyakan punya charger.

    Terima kasih pak dan wassalam,

    1. Pak Affan,

      Berarti, yang Anda perlukan ponsel single SIM, hanya untuk telepon, dan minta yang berkonektor charger micro USB kan? Beli Nokia New 105 saja deh. Harga baru Rp 250 ribu sampai Rp 270 ribu. Pastikan beli yang di sudut kiri atas kardusnya ada tulisan Microsoft ya. Sebab, kalau yang tanpa tulisan Microsoft, konektor charger-nya masih bundar kecil ala Nokia zaman dulu.

  87. Halo Pak, klau misalnya pureshot+ dibandingkan dgn Asus zenfone selfie lbh unggul yg mana ya pak? Dr segi prosesor, kamera, n lte

  88. Pak HSW, akhirnya saya angkut ni hisense pureshot plus. Sangat puas dengan kualitas dan harganya. Terima kasih ya pak review dan infonya. O iya pak, kalau untuk acesoris (flip cover, silicon case, screen guard, dll) bisa dibeli dimana ya pak di Surabaya?

    1. Pak Agil,

      Jelly case yang bagus dan presisi bisa dibeli di Galeri Smartfren atau pusat perbaikan resmi Hisense. Harga Rp 99 ribu.

      Tempered class dan flip cover dapat ditemukan di pusat penjualan aksesori. Memang harus rajin keluar masuk toko untuk menanyakannya sih. Alternatif lain, beli di Tokopedia. Ada beberapa penjual yang menawarkannya.

  89. om HSW,
    pureshot ini apa bisa kalo slot simcard 1 diisi smartfren LTE lalu slot simcard 2 diisi smartfren yang lama (cdma 1x/evdo)?

    atau salah satunya harus GSM?

  90. Mantap Pak Herry rekomendasinya..! Beberapa hari lau sy beli Pureshot+ di WTC Sby dapat harga 2,485jt dan softcase original 80rb. Sejauh ini saya puas dengan performanya. Bahkan menurut saya, performanya jauh lebih bagus dibanding Sony Xperia C4 saya yang harganya hampir 2x lipat daripada Pureshot+.

    Pak Herry, saya ingin tanya 2 poin ttg Pureshot+ :
    1. Saya butuh koneksi 4G tapi tidak setiap saat. Lebih sering jaringan internet hanya untuk menghidupi WhatsApp. Agar hemat baterai, bagaimana setting agar koneksi internet hanya memilih jaringan EDGE/2G saja? Sampai saat ini pilihannya belum saya temukan, paling rendah ditemukan 2G dan 3G yang bisa dipilih secara bersamaan (Saya pakai dual SIM card Kartu Halo dan IM3).
    2. Ketika “reply SMS”, pilihan default hanyalah dibalas oleh SIM1. Kecuali kalau menu “create SMS”, bisa memilih kirim dari SIM1/SIM2. Bagaimana konfigurasinya agar ketika reply SMS bisa memilih dari SIM1/SIM2?
    Terima kasih Pak Herry atas jawabannya..

    1. Pak Arya,

      Di WTC Anda membeli di Galeri Smartfren atau di mana? Sebab, harga yang Anda dapatkan kok bisa di bawah harga ritel resmi. Kalau ponselnya, memang banyak yang menjual di bawah harga ritel resmi. Sedangkan jelly case orisinalnya, penjual biasanya selalu menjual dengan harga resmi Rp 99 ribu, bahkan dibulatkan menjadi Rp 100 ribu.

      1. Saran saya, biarkan di otomatis 2G/3G. Sebab, kalau dikunci di 2G saja, koneksi berpotensi sering bengong saat Anda butuhkan. Pengaruhnya terhadap konsumsi baterai sangat tidak signifikan kok.

      2. Saya tak ingat menu lengkap Pureshot. Coba masuk ke settings lalu utak-atik SIM card management atau yang bermakna setara.

    2. Pak Arya,
      Untuk reply sms anda bisa mengubah SIM1 ke SIM2 atau sebaliknya dengan cara tekan dan tahan angka SIM card pada layar tempat dimana anda akan mengetik balasan sms. Setelah beberapa detik akan muncul pilihan SIM1 dan SIM2, lalu pilih dengan SIM mana anda akan membalas pesan. Semoga membantu.. SIlakan dicoba.

  91. Ko Herry, saya sedang mencari hisense pureshot yang biasa. Klo di surabaya rekomendasi beli dimana ya? Klo di spanduk-spanduk kan harganya 1.999.000. Apakah memungkinkan harga di bawahnya?
    Sama apakah semua hisense pureshot mendapat bundling kartu smartfren 4g? atau untuk paket tersebut hanya pembelian di galer smartfren saja.

    1. Pak Johan,

      Kalau ingin membeli dengan harga resmi, silakan membeli di Galeri Smartfren atau pusat perbaikan resmi Hisense di Ruko Karimunjawa (seberang RS Budi Mulia/Siloam).

      Kalau ingin membeli di bawah harga resmi, rajin-rajinlah keluar masuk toko di WTC dan Marina.

      Ya. Beli di mana pun, Anda akan mendapatkan kartu Smartfren 4G LTE.

  92. Pak Herry, di pureshot bisa keduanya dipasang nomer smartfren, karena saya punya nomer lama yg masih aktif dan mau juga pake nomer bundlingya pureshot, sim1 utk 4G, sim2 utk tlp-sms atau sebaliknya….(penasaran)

      1. Maaf pak Herry, justru saya yang mau nanya bisa apa tidak..he2..(email sblmnya salah ketik kalimat)

        Btw, terima kasih juga ulasanya pak, setelah baca saya langsung minat beli.

        Demikian pak Herry
        Trmksh

        1. Pak Agus W.,

          Oh, Anda maksudnya bertanya tho. Lha di posting Anda sebelumnya tak ada tanda tanya. He… he… he….

          Jawabannya, tak bisa, Pak.

  93. Setelah membaca, menyimak, merenung akhirnya kemarin saya memutuskan membeli pureshot plus. Sesuai ulasan pak Herry kamera, kinerja dan layar semuanya bagus dan memuaskan. Kameranya yang paling saya suka, mode makro bisa dapat bokeh yang bagus dengan area fokus yang jelas.

  94. Gimana perbandingan hasil jepretan kamera depan & belakang Pureshot vs Sony Xperia C3? Menurut om bagusan yang mana? Istri naksir Xperia C3 cuma rasa berat di duitnya. ha ha ha. Pengen nawarin Pureshot saja sebenarnya kalau hasil jepretannya lebih bagus terutama untuk selfie.

    1. Pak Mr Jahe,

      Ehmm… apakah Anda saudaranya Bu Wedang Bandrek dan Mas Ronde? 🙂

      Lebih bagus kamera Pureshot.

  95. selamat siang pak herry , ini saya kan udah pakai hisense la saya mau beli pelindungnya tapi bener kata bapak belum tersedia di secara luas . mau tanyaa kalau mau beli pelindung di daerah semarang tau di daerah mana gak pak atau lewat online ada gak pak ? terima kasih pak sebelumnya

    1. Bu Alfah,

      Pelindung yang Anda maksud apakah jelly case? Kalau benar, silakan coba mencarinya di:
      * Galeri Smartfren terdekat.
      * Pusat perbaikan resmi Hisense di Jl Sriwijaya 70 H, Semarang.

  96. Ya makasih pak, mau tanya lagi. Kadang kadang pada saat habis dicas ada tulisan mengatifkan versi android itu maksutnya apa pak?

    1. Bu Alfah,

      Saat ponsel usai di-charge lalu dinyalakan? Kalau iya, tak masalah. Itu bagian dari proses booting.

  97. Siang Pak HSW,

    Jika hisense pureshot memakai 2 bh sim GSM, apakah keduanya secara otomatis berpindah ke 3G jika lokasi belum terjangkau LTE..?
    Bukankah jaringan GSM yg tersedia utk pureshot hanya 4G dan 2G pak..?
    Mhn pencerahannya….
    Terimakasih Pak HSW.

    1. Pak Andi,

      Anggapkah dua nomor GSM dipasangkan ke Pureshot. Satu nomor di antaranya terkunci di 2G. Satu nomor lainnya bisa berpindah-pindah ke jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE. Jadi, kalau Anda sedang berada di luar area 4G LTE, ponsel akan turun ke 3G.

  98. Terimakasih pak atas jawabannya…

    Kemarin akhirnya saya beli pureshot dan menurut kami ponsel tsb bagus.
    Kami ingin menanyakan 2 hal lagi pak:
    1. Sebelumnya kami ingin membeli Redmi 2 prime, hanya saja saat ini sdh sulit mencarinya. Menurut bapak, apakah kekurangan & kelebihan pureshot dibandingkan redmi 2 prime..?
    2. Apabila membagikan koneksi pureshot ke laptop atau ponsel lainnya bagaimana ya pak caranya..?

    Terimakasih Pak HSW.

    1. Pak Andi,

      1. Iya. Kemarin saya sengaja keluar masuk toko di WTC mencari Redmi 2 Prime baru dan bergaransi resmi. Stok kosong semua. Kekurangannya: bodi terlihat tidak sekukuh Redmi 2 Prime. Kelebihannya: wah ada banyak. Kompatibilitas LTE lebih komplet, kamera lebih bagus, dan lebih mudah dijumpai di pasaran.

      2. Langsung saja masuk ke menu tethering.

  99. Pak Herry,

    Akhirnya saya keracunan dengan artikel bapak, dan meminang Pureshot ini. Kebetulan di rumah ada Zenfone 2 2GB (3,2 jt), LG Magna (1,7 jt), dan lisensi Amerika yang dibuat di Tiongkok itu (2,5 jt) :D…(semuanya milik saudara). Menurut saya, Pureshot ini sangat worth it pak, sama seperti artikel bapak, sangat gegas, kualitas perakitan baik, dan bentuk cakep (subyektif). Apalagi jika dibandingkan dengan Zenfone 2, dari segi kenyamanan digunakan dan bloatwarenya, jauh pak, ini sangat2 lebih baik.

    Jika dibandingkan dengan LG Magna, diluar masalah spesifikasi, sama-sama menarik. Saya sependapat dengan bapak, LG sebenarnya jauh lebih menarik daripada Samsung, di rentang harga yang sepadan tentunya. Dibanding Pureshot, LG Magna sedikit lebih nyaman bila digenggam, karena bentuknya yang sedikit round pada tutup belakang, dan terkesan lebih kokoh materialnya (subyektif lagi :D). Vision UI Pureshot sangat bagus, sederhana namun informatif, kekurangannya mungkin baterai yang 2.200 mah yang semoga saja nggak bikin bete, seharusnya min 2.500 mah.

    Sukses terus koh Herry, terima kasih atas artikel yang singkat, namun padat, berbobot, lugas, dan apa adanya.

    Btw, OOT, bagaimana cara bapak mereview sebuah produk, apakah dipakai sebagai gawai utama selama beberapa waktu tertentu, misal 1 bulan, ataukah lebih lama dari itu ? atau bagaimana ? penasaran saja pak.

    Terima kasih

    1. Pak Anton,

      Cara saja me-review sebuah produk sederhana saja. Ponsel apa pun yang sedang di-review akan dijadikan ponsel utama selama rentang waktu tertentu. Biasanya minimal satu minggu. He… he… biasanya tidak sampai satu bulan. Bila saya memakainya selama satu bulan, trus review baru muncul di blog ini sebulan sekali, wah para pembaca bisa berteriak-teriak. 🙂

  100. Waaahhhh…ternyata sudah disiapkan penerusnya ya, kalau begitu saya akan tahan dulu untuk meminang Pureshot ini…he he he……
    Terima kasih Pak Herry.

  101. Selamat malam Pak Herry SW,

    Ingin bertanya:
    1. Apakah LG G2 masih layak beli pak? mengingat itu handpone keluaran 2 tahun lalu? dan harganya saya lihat di erafone.com sekitar 3.5 juta.

    2. Lalu overall bapak lebih condong ke LG G2 atau Hisense Pureshot plus ini pak?

    Hehe sekian, terimakasih.

    1. Pak Arya DP,

      1. Kalau Anda pecinta LG, ponsel itu masih boleh dilirik. Namun, kalau mereknya bebas, lebih bijak melirik aneka ponsel keluaran terbaru yang saat ini tersedia di pasar.

      2. Saat ini saya lebih condong ke Pureshot+. Bahkan, bila boleh memilih tipe lain, saya akan menunjukkan jari ke Pureshot (tanpa plus). Spesifikasi dasar Pureshot sama dengan Pureshot+. Hanya beda layar dan kapasitas baterai. Namun, harganya lebih murah setengah juta rupiah. Kan lumayan banget tuh.

    1. Pak Alfa,

      Maksudnya wireless display ya? Kalau televisi Anda kompatibel, tampilan layar ponsel bisa disajikan di layar televisi secara nirkabel.

  102. Dear Koh Herry,

    Mau tanya. Kalau harga gak jadi masalah, mending mana antara Hisense Pureshot+ dan Oppo R7S ? Kan sama2 5.5inchi tuh.

    Apa benar Oppo suka bermasalah macam lagging dan error dalam pengoperasian?

  103. sy merencanakan beli hp utk anak sy krn yang asus zenfon 4 nyamati total lcd nya pecah. ada beberapa pilihan diantaranya :
    – asus zenfon 5 (yg 5 inch)
    -samsung j5
    – xiaomi mi4i
    – hisenses pureshot (yg 5 inch)
    menurut koh Herry mendingan pilih mana di antara ke empat tsb yang lebih menguntungkan dari rasio price/performance nya. oya perlu di ketahui anak saya senang membuat presentasi dengan membuat foto dan video yg di ambil dari video. kalau dlm benak sy sendiri setelah membaca tulisan review hisense pureshot cenderung untuk milih yang pureshot….. terimakasih koh Herry…juga terimakasih untuk tulisan2 review hp yang lain.yg ada di situs ponselmu.com…salam dari bandung..

    1. Pak Jerry,

      Dengan kebutuhan seperti itu, saya merekomendasikan Hisense Pureshot. Harga barunya saat ini Rp 1,999 juta. Kalau Anda melakukan pembelian di pusat perbaikan resmi Hisense, saat ini sedang ada promo bonus jelly case (senilai Rp 99 ribu) dan perpanjangan garansi enam bulan (jadi total 1,5 tahun).

      1. ko herry, untuk promo hisense yang 1.999 bonus jellycase dan garansi 1,5 tahun apa sudah ada stok ya? *mungkin tahu* hehe..
        terakhir saya tanya di servis center adanya pureshot+ sedangkan yang pureshot sedang kosong. mohon infonya dong klo yg ada dengan harga dan bonus seperti itu pureshotnya.

  104. Pak mau tanyaa soal tethering, kalau mau tahu siapa saja atau daftar yang nyambung ke perangkat kita gimana ? Tapi itu udah disandipak .satu lagi pak kadang kadang ada pembaruan nirkabel itu maksudnya apa dan untuk apa pak? Makasih ya pak sebelumnya

  105. Oom Herry,
    kalau di bandingkan samsung j5 vs hisense pureshot vs redmi note 3 bagusan mana di lihat dari price performance ratio nya…..makasih atas tulisan tulisan nya

    1. Pak Jerry,

      Saya belum bisa mengomentari Redmi Note 3 karena belum pernah mencobanya. Kalau Galaxy J5 versus Pureshot, Pureshot lebih layak beli.

  106. Pak Herry,
    Akhirnya saya timang Pureshot warna hitam, saya ambilnya lgsg di Hisense jl.Karimunjawa Sbya.
    Saya masih kebagian program tambahan garansi menjadi 18 bulan dan free soft-case dan portable speaker, tetapi pembayaran harus tunai.

    Setelah sampe rumah ternyata ada masalah di WIFI nya yg tidak mau mengenal Hotspot di rumah (Speedy) pada hal kalau dicoba connect ke Hotspot di LG4 bisa connect, mohon pencerahannya.

    Terima kasih.

      1. Pak Herry,

        Terima kasih utk fast responsenya.

        Sudah saya restart router dan factory reset Hisense Pureshot nya tetapi tidak ada perbaikan (masih bermasalah).

        Mohon info…apakah memungkinkan bila saya claim minta ganti barang baru ?

        1. Pak Siemans,

          Hisense-nya baru berumur 1 hari kan? Kalau kurang dari 1 x 24 jam masih bisa minta ganti baru.

          Btw, ponsel lain apakah bisa mengenali dan terkoneksi dengan router Speedy tersebut?

          1. Pak Herry,

            Sekali lagi terima kasih utk fast responsenya.

            Saat ini sudah beres Pak setelah saya lakukan reset router dan factory reset HP. Koneksi sudah lancar.

            Just info..HP lain sebelumnya tidak masalah koneksi dgn router tsb.

  107. Pak Herry,

    Pak minta solusi,
    mana lebih baik pilih Oppo Neo 7 ato Samsung Galaxy J5 dan atau Huawei P8 Lite,
    posel apa sebaiknya pak dengan bajet saya 3jt?

    Tolong alasan nya pak…
    makasi pak

    1. Pak/Bu Eka Duwi,

      Oppo silakan dicoret dulu. Galaxy J5 cukup bagus. P8 Lite saya belum pernah coba.

      Kalau Anda bersedia mencoba merek lain, beli Hisense Pureshot saja deh. Harga baru Rp 1,999 juta. Lebih murah daripada Galaxy J5, tetapi performa keseluruhannya justru lebih bagus.

      1. Permisi…sekedar memberi tambahan saran dari Pak Herry.

        Saya pribadi cukup atau malah sangat puas dengan performa dan feature Hisense Pureshot ini dengan pertimbanga sbb :

        – Gegas
        – Layar bagus
        – Bisa aktifkan fungsi ketuk-ketuk layar (sesuai petunjuk Pak Herry ulasan lengkap di atas)
        – Fasilitas Auto Power ON OFF
        – Finishing cukup bagus (dibanding harganya)

        Mungkin yg sedikit mengganggu bagi saya pribadi (subjective opinion), antara lain :

        – Buka/tutup back-cover agak sulit/ringkih.
        – Keyboard, sering salah ketik.
        – Kapasitas battery yang kurang memadai.

        Tetapi problem di atas mungkin dikarenakan saya sdh terbiasa dgn ponsel utama saya LG G4 yg notabene dimensinya lebih besar dan build quality back cover nya lebih bagus (maklumlah harganya lebih dari 3x lipatnya…hahaha).

        Secara over-all..Hisense Pureshot memang layak dimiliki (harga dibanding kualitas dan feature).

        Terima kasih Pak Herry yg telah merekomendasi Ponsel Hisense Pureshot ini.

  108. Koh herry, mo tanya. Saya mau ganti hape acer liquid e3 dengan budget kurang dari 4 jt. Bisa dapet apa ya koh? Utamanya kamera, baterai dan multimedia..

    1. Pak Akhmad,

      Baterai dan kamera untuk saat ini tidak bisa dipenuhi keduanya. Kalau baterai tahan lama, kamera kurang mantap. Sebaliknya, kalau kamera mantap, baterainya kurang tahan lama. Nah, Anda lebih mengutamakan yang mana dulu?

  109. Bisa dibilang belum ada yang menjual aksesoris pelindung anti gores khusus untuk Pureshot+. Dengan layar yang model 2,5D tak mungkin untuk memasangkan rapat-rapat “tempered glass” tanpa renggang di bagian pinggir-pinggirnya yang malahan akan mengganggu penampilannya. Yang paling memungkinkan dan relatif lebih rapi adalah memasang anti gores plastik. Menurut pak Herry anti gores plastik apakah yang beredar di pasaran yang kira-kira sesuai untuk dipasangkan ke Pureshot+ ?

    1. Pak Doubleyoueyedee,

      Kalau spesifik pelindung layar ponsel apa yang cocok dengan Pureshot+, saya tak tahu. Saat mencari pelindung layar untuk ponsel yang tidak pasaran, saya biasanya mampir ke toko langganan. Ponsel saya serahkan, saya tinggal sekitar setengah jam, dan saat saya kembali pelindung layar telah terpasang rapi.

      Penjaga toko awalnya biasanya mencoba mencari pelindung layar ponsel lain yang ukuran dan lekukannya cocok. Kalau tidak ada, penjaga toko akan mencari pelindung layar yang lebih besar, kemudian dipotong.

  110. Om HSW, terima kasih buat artikel2nya. Selalu jadi masukan sebelum memutuskan beli gawai.
    Saya mau berbagi pengalaman beli Pureshot kemarin. Saya transaksi di Hisense SC Roxy Mas. Dapat bonus jelly case+tahan air, mini ball speaker. Promosi sampai akhir Feb, khusus di SC. Nomor SF sekalian diaktifkan – gak perlu mampir Galeri SF. Pembayaran bisa gesek tapi tanpa cicilan. Sedangkan di Galeri, bisa cicilan tanpa 2 bonus di atas. Petugasnya ramah dan cekatan. Ditawari juga upgrade firmware terbaru agar tidak makan kuota gratis 2+6GB 7hari. Dijelaskan juga Pureshot anyar ini bisa dimain2kan sampai baterai habis, lalu ‘charge’ selama 6 jam dalam keadaan mati.
    Saya beli Pureshot untuk orang tua yang sekarang masih pakai ‘feature phone’. Ditambah True Unlimited-nya SF, saya pikir kombinasi yang murmergus – murah meriah bagus.
    Semoga membantu. Terima kasih.

      1. Setelah sukses “keracunan” reviewnya pak Herry, ditambah cerita pengalaman pak NN tersebut, buru-buru saya ke SC Hisense yang di Karimunjawa, Surabaya. Dengan pertimbangan saya membutuhkan layar yang besar, saya ambillah Pureshot+ yang warna hitam.

        Ternyata benar, bonusnya berlimpah jika kita beli Pureshot+ di SC Hisense. Selain bonus “standar” yang otomatis akan selalu kita peroleh di mana pun kita beli Pureshot+, yaitu bonus “data plan” 8GB dari Smartfren, saya masih beroleh bonus ekstra lagi:

        1. softcase khusus Pureshot+ merek Orimax yang bungkusnya bisa jadi “waterproof bag” (lumayan melindungi ponsel jika terpaksa harus berhujan-hujan)

        2. mini ball speaker warna kuning merek Orimax

        3. update ke firmware yang terbaru, bonus yang ini nyaris tak saya peroleh, untung saya mendengar cerita pak NN di atas itu, dan setelah saya tanyakan ke mbak-mbak CS-nya yang ternyata kurang paham masalah ini dan harus berkonsultasi dulu dengan bagian teknisinya, setelah menunggu prosesnya kurang lebih setengah jam, saya pun beroleh update firmware terbaru itu menjadi L1117.6.06.00.ID00 (versi awal dari pabrik saya lupa mencatat kodenya)

        … dan sekarang saya sedang mengakali (memotong-motong sendiri … lupa nanya pak Herry tempat di Surabaya yang menerima pemasangan dan pemotongan itu) pelindung anti gores iPhone 6 agar bisa sesuai saat dipasangkan ke Pureshot+.

        1. Ada yang terlupa, … 4. penambahan 6 bulan masa garansi, sehingga total menjadi 18 bulan garansi. Semua bonus ekstra tersebut berlaku hingga akhir bulan Pebruari ini kata CS-nya.

  111. Bagaimana kalau simulasi keduanya dipasang simcard smartfren? Bisa jalan keduanya gak? Simcard 1 bawaan paket, simcard 2 adalah simcard smartfren nomor lama. Mohon pencerahannya… Trims Oom Mimin…

  112. Koh herry.. Saya pake pureshot. Smlm saya coba tukar gsm saya ke sim 1 dan cdma ny ke sim 2. Memang bisa digunakan internetnya pada jaringan gsm 3G.
    Tapi pada saat saya tukar lagi kartu nya.. Cdma nya balik lg ke sim 1. Kenapa jaringannya jadi 3G bukan 4G ya??

  113. Selamat siang pak herry.
    Sy pembaca setia ponselmu.com .
    Maaf pak mau tanya rekomendasi HP sampai saat ini, budget maksimal 3, 5 jt.
    Kriteria
    Terima kasih pak heri, smoga sehat & sukses selalu.

  114. Koh herry, kalo untuk head to head hisense pureshot vs huawei p8 lite secara performa + kinerja kamera apa bisa dikatakan seimbang? Soalnya dari spek di atas kertas nyaris sama persis tapi saya tertarik dengan desainnya p8 lite yg terlihat lebih kokoh dan premium build quality nya. Terima kasih.

  115. Oya maaf pak heri kemarin kepotong teksnya 🙂
    Kriteria kualitas kamera bagus, Ram 2gb, ponsel gegas tdk lemot, & layanan after sales bagus pak.

    Trims pak herry

    1. Pak Januar,

      Kita lakukan penyaringan dulu berdasarkan kriteria terakhir: layanan after sales alias layanan pusat perbaikan resmi bagus. Berarti, untuk saat ini, cuma ada tiga pilihan merek: LG, Samsung, dan Acer.

      Dengan anggaran Rp 3,5 juta:
      * LG: silakan mencari sisa stok LG G Pro 2. Ini contohnya: https://www.blibli.com/lg-g-pro-2-black-lte-ram-3gb-flip-cover-voia-blue-362683.html. Anda perlu menambah anggaran Rp 100 ribu saja. Namun, kalau kebetulan ada promo, Anda tak usah menambahkan anggaran.

      * Samsung: tidak ada.

      * Acer: silakan mencari sisa stok Acer Liquid Jade. Namun, kalau Anda tidak memerlukan fitur dual SIM, lebih baik melirik G Pro 2.

    1. Pak Januar,

      Tergolong bagus, meskipun tentu saja akan kalah kalau diadu dengan, misalnya, LG G4 dan Xperia Z5 Dual.

  116. Oya pak herry last question 😉
    Apakah anda sdh prnh beli barang via blibli.com?
    Klo pernah, bagaimana kualitas barang setelah diterima & apakah barang tsb di asuransikan? Barang garansi resmi kan? Bukan distributor?

    1. Pak Januar,

      Pernah. Kalau dihitung, saya yakin lebih dari 20 kali.

      Kualitas barang saat diterima biasanya baik. Biasanya ya. Pernah juga menerima barang dalam kondisi rusak sehingga saya harus komplain keras.

      Pengiriman tidak diasuransikan.

      Dulu barang yang dijual di Blibli selalu baru dan pasti bergaransi resmi. Sekitar 1-2 tahun terakhir, Blibli juga menjual barang tanpa garansi resmi. Jadi, harus lebih cermat saat bertransaksi.

  117. Tolong tanya Koh. Kualitas kamera Hisense Pureshot jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note 2 bagaimana ya? Yang dibandingkan hanya hasil kualitas kameranya saja tanpa memperhatikan hal lainnya. Jika lebih bagus Samsung Galaxy Note 2, apakah selisihnya jauh?

    Terima kasih

  118. Pak mau tanya soal kartu smartfren yang true unlimited ,itu ada waktunya atau selamanya?kalau ada waktunya sampe kapan?

  119. Siang Ko Herry… Mau tanya soal Hisense Pureshot+ ini, itu indikator kecepatan internet tersedia secara default atau install aplikasi lain? Lalu soal baterai, apa dia punya fitur Battery Saver yang mempengaruhi kinerja baterai? Terakhir, soal Flash di Kamera Belakang itu warnanya sama ya? Bukan dual tone? Bagaimana kinerja flash depan dan belakang untuk lowlight dan memotret manusia menurut Ko Herry? Maaf nih, jadi kebanyakan tanya… Terima kasih atas perhatiannya

    1. Pak Bernardus Leonardo,

      Silakan install aplikasi Internet Speed Meter Lite dari Play Store.

      Soal battery saver, saya tak ingat ada atau tidak. Satu hal yang pasti, dalam uji pakai atau pemakaian sehari-hari ala saya, fitur battery saver ponsel apa pun tidak saya aktifkan.

      Ya, bukan dual tone. Lampu kilat sih biasa-biasa saja.

    1. Pak Bagus,

      Biasanya perlu. Silakan di-update saja.

      Saya tidak pernah me-review Pureshot, tetapi pernah memakainya. Yang saya review Pureshot+. Seingat saya, daya tahan baterai Pureshot selama 10-12 jam. Dua nomor siaga dan satu nomor di antaranya berada di jaringan LTE.

  120. saya mau tanya dimana tempat service untuk hisense pureshot plus karena baru kemarin hp saya terjatuh dan layar nya retak… berapa biaya penggantian dan service center nya di jakarta trims.

    1. Pak Sandi,

      Pusat perbaikan resmi di Jakarta ada di:
      Kompleks Ruko Roxy Mas blok D5 no 15-16
      Jl KH Hasyim Ashari

      Saya tak mengetahui biaya penggantian LCD.

  121. Pak mau nanya lagi nih, kalau yang di iklan tv itu, true unlimitednya bisa semua hp gak? Trus pak, misal saya kan foto gambar di hp saya jelas yang hisense ini, tapi dikirim di temen saya kok jadi blur pak? Itu kenapa pak?

    1. Pak Alfa,

      Asalkan ponselnya mendukung LTE 850 atau 2300, bisa dipadukan dengan True Unlimited. Namun, tarifnya beda-beda ya.

      Kalau Anda memakai ponsel Andromax 4G LTE dan Hisense Pureshot maupun Pureshot+, tarifnya Rp 75 ribu per bulan. Kalau Anda menggunakan ponsel lain, tarifnya Rp 300 ribu per bulan.

      Foto Anda kirimkan ke teman via media apa?

    1. Pak Alfa,

      Oh WhatsApp. Kotak tampilan foto di WhatsApp harus diklik dulu biar fotonya terlihat jelas.

      Pureshot dan Pureshot+ tidak mendukung USB OTG. Jadi, tidak bisa membaca flashdisk.

  122. Selamat malam koh Herry SW, mau tanya antara hisense pureshot dengan alcatel flash 2 koh Herry lebih pilih mana? Pertimbangannya apa saja? Dan menurut koh Herry fitur OTG & led notifikasi penting kah? Terimakasih 🙂

    1. Pak Gede Arya,

      Saya memilih Pureshot dengan alasan lebih lebih bagus, kamera lebih prima, dan kompatibilitas LTE lebih komplet.

      OTG buat saya baru dibutuhkan kalau kapasitas memori ponsel kurang dari 16 GB. Sedangkan LED notifikasi buat saya tidak perlu.

  123. Tanya lagi dong koh Herry, pada gawai 5 inch antara kualitas layar full HD dengan HD apakah sangat terasa bedanya koh? Dan masih pantaskah gawai 5 inch kualitas HD dapat acungan jempol untuk multimedia, menonton film dan gaming? Hehe, Terimakasih 🙂

    1. Pak Gede Arya,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Relatif tidak terasa.

      Asalkan spesifikasi lain mendukung, masih layak dapat acungan jempol kok.

  124. Pagi Ko Herry, maaf sekali lagi mau tanya… Soal kamera depan Hisense Pureshot+ apa bisa dipakai untuk merekam video? Kalau bisa, berapakah resolusi video yang dihasilkan? Di berapa fps? Terima kasih sebelumnya…

    1. Pak Bernardus Leonardo,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Ya, kamera depan bisa difungsikan sebagai perekam video. Resolusi maksimal HD 720p. Berapa fps? Terus terang saya tak ingat. Maksimal 30 fps deh.

    1. Bu Sally,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Ya jelas Hisense Pureshot dong.

  125. Emm pak Herry, Pureshot bapak saya kalau dibiarkan saja untuk tethering (tidak dipakai, tapi didiamkan untuk jadi modem WiFi) kadang-kadang suka shutdown sendiri kalau sudah lama, kenapa ya? Apakah memang begitu atau pertanda baterai sudah mulai drop? Terima kasih.

    1. Pak Leo,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Shutdown yang dimaksud di sini apakah ponsel padam? Setelah berapa jam?

      Katakanlah Pureshot Anda aktifkan sebagai modem Wi-Fi dan dihubungkan dengan laptop. Biarpun laptop sedang jarang dipakai, koneksi tetap akan berlangsung dan hal itu mengonsumsi baterai. Setelah rentang waktu tertentu, ponsel akan mulai kehabisan daya. Puncaknya, ponsel padam. Namun, itu baru terjadi berjam-jam kemudian.

  126. Dear Pak Herry,

    Mau tanya untuk Hisense Pureshot Plus.

    1. Saya suka nonton film dan browsing internet/ berita biar tambah pengetahuan. Apakah nyaman nonton film di layar 5.5” Pureshot Plus? Karena layarnya belum full HD, apalagi ditulis di spek-nya masih TFT ya Pak.
    2. Apakah nyaman nonton di layar 5” Pureshot? Kalau ya, saya mau ambil yg ini saja secara bisa saving Rp 500 ribu.
    3. Resolusi sama untuk Pureshot Plus dan Pureshot, padahal bentang layar Pureshot Plus lebih besar 0.5”. Apakah kualitas gambar, tulisan, huruf di layar Pureshot Plus lebih gabur dibandingkan Pureshot?
    Sebenernya saya suka yg layar 5.5” untuk kegiatan nonton dan browsing (IMO: sepertinya lebih nyaman daripada layar 5”); walaupun minusnya lebih repot untuk dibawa-bawa, lebih aneh saat digunakan untuk bertelepon, juga lebih mahal.
    4. Apakah dijual baterai cadangan asli dan battery kit untuk Pureshot dan Pureshot Plus?
    Kalau ya, dimana dan berapa harganya, Pak?
    5. Apakah akan ada kemungkinan harga gawai ini turun lagi Pak? Rp 2 jt jadi Rp 1.5 jt dan Rp 2.5 jt jadi Rp 2 jt?
    6. Bonus unlimited internet smartfren itu masih berlakukah Pak? Karena kalo belanja di elevenia untuk Pureshot Plus kena Rp 2.2-an saja, tapi dapatkah bonus unlimited internet tsb, Pak?
    7. Dolby atmos-nya baguskah, Pak?

    Nuhun pisan Pak Herry, sudah berkenan menjawab dan memberi masukan. Sehat dan bahagia selalu.

    1. Pak Vicky,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      1. Masih cukup nyaman sih. Soal layar, seorang teman yang bermata elang meyakini kalau Pureshot dan Pureshot+ menggunakan layar IPS. Namun, produsen mungkin memilih menuliskan layar TFT karena IPS sebenarnya merupakan pengembangan dari TFT. Jadi, masih termasuk kelompok TFT.

      2. Cukup nyaman sih. Btw, untuk browsing ringan layar 5 inci saya nilai sudah terasa enak. Namun, kalau untuk melihat video dengan durasi lama, mau layar 6 inci pun buat saya masih kurang enak. Ya, mending beli Pureshot daripada Pureshot+.

      3. Perbedaannya hanya akan terasa kalau diperhatikan dengan cermat.

      4. Baterai cadangan orisinal dapat dibeli di pusat perbaikan resmi Hisense. Saya tak hafal harganya. Battery kit itu maksudnya desktop charger + baterai kan? Tidak ada.

      5. Peluang turun tentu ada. Namun, menurut saya, takkan banyak.

      6. Masih berlaku. Perhatikan saja deskripsi penjualan di iklan yang Anda baca.

      7. Relatif baru terasa kalau Anda mendengarkan musik atau menonton film dengan memasangkan handsfree berkabel. Kalau lewat speaker internal, nuansa dolby-nya tidak terasa.

  127. Dear Pak Herry,

    Numpang tanya lagi ya, Pak:

    1. Untuk wanita, cantikan mana Pureshot+ atau Accer Liquid Jade?

    2. Lebih nyaman mana aktivitas nonton film, browsing berita, baca blog, baca website, dll-nya di layar 5” atau 5,5”?

    3. Ketebalan Pureshot+ berapa ya Pak? Cukup nyamankah di genggaman tangan wanita berperawakan kurus? (tangan kecil sedang, tdk besar seperti tangan orang yg body-nya berisi)

    4. Sudah adakah smartphone RAM 2 GB namun ROM-nya 32 GB bukan 16 GB?

    5. Masih perlukah pasang anti gores untuk Pureshot+ ini? Lebih baik anti gores biasa atau tempered glass? Apakah mempengaruhi sensitivitas layar sentuh dan sinyal atau apalah itu namanya, Pak?

    6. Lebih nyaman mana menurut opini Anda antara micro sim card dengan nano?

    7. Tombol back di Pureshot+ ini terletak di sebelah kanan ya, Pak? Nyamankah bagi saya yg sudah terbiasa dengan penggunaan tombol back yg terletak di sebelah kiri?

    8. Akankah Pureshot+ mendapat updatean ke android Marshmallow?

    Nuhun pisan ya Pak. Sehat dan bahagia selalu untuk Pak Herry.

    1. Pak Vicky,

      Lama kelamaan saya jadi penasaran. Anda sudah mengajukan banyak sekali pertanyaan. Akhirnya Anda beli ponsel apa ya?

      1. Acer Liquid Jade warna putih.

      2. Kalau pilihannya dua itu, ya layar yang lebih besar.

      3. Wah, saya tak pernah mengukurnya. Mestinya masih nyaman.

      4. Ada.

      5. Sebaiknya tetap dipasangkan screen protector untuk proteksi tambahan. Beli yang bening biasa saja. Tak mengganggu operasional.

      6. Sama saja.

      7. Nyaman. Ya tinggal adaptasi tho.

      8. Tak tahu.

  128. Malem pak.
    Pak saya minat beli pureshot yg 5 inch. Ada saran gak utk beli di mana nya? Saya baca2 ada promo beli ponsel pureshot dapet jelly case dan perdana smartfren, tapi saya lupa di mana beli nya itu mungkin bapak bisa beri petunjuk.
    Ponsel ini support flip case kan pak? Yg di buka tutup nyalah sendiri itu lho
    Makasi pak gbu

    1. Pak Yudi,

      Beli di pusat perbaikan resmi Hisense saja, Pak. Harga sama dengan di Galeri Smartfren, tetapi dapat bonus lebih banyak.

      Soal flip cover, saya tidak yakin support karena yang beredar di pasar adalah flip cover bukan orisinal.

  129. Makasi pak. Besok saya langsung meluncur ke sby beli pureshot nya pak.semoga barang nya ada pak. Masih dapet jelly case kan pak kalau besok. Apa udah hbs promo nya pak? Kalau lenovo a6010 apa suport dengan lte semua operator pak? Nurut bapak bagus mana antara lenovo a6010 dengan pureshot. Saya tidak membutuh kan kamera yg joss. Saya cuman bth koneksi utk menjalan kan aplikasi teamviewer aja , fb , bbm dan telp yg cukup sering pak. Owh ia pak skr kan musim tuh review di youtube. Bapak kok gak bikin vidio review di youtube juga pak? Pasti saya subcribe review bapak. Hahaha

    1. Pak Yudi,

      Kabarnya sih promo di pusat perbaikan resmi Hisense itu berlaku sampai akhir Februari 2016.

      Pertanyaan tentang A6010 tak bisa saya jawab karena saya belum pernah mencoba ponsel itu.

      Sejauh ini belum ada rencana review via YouTube.

  130. Pas beli ini hp malah andromax r2 keluar dgn harga yg lebih murah. Aah apes

    Pak herry lagi review andromax r2 kan? Sejauh ini impression bapak gimana? Gimana kalo dibandingin sama pureshot yg notabene punya spek yang hampir sama

    1. Pak Ginan,

      Tak perlu menyesal. Mending beli Pureshot daripada Andromax R2 kok.

      Serasa pegang Pureshot, tetapi SIM1-nya dikunci Smartfren. Gitu deh mudahnya.

      1. Tapi pak, yang bikin nyesek itu fitur otg di r2 malah ada. Kalo urusan operator sih saya malah lebih suka smartfren sih pak hehe. Sinyal smartfren disini kuat. Kalau bisa coba pak di reviewnya nanti dibikin compare sama pureshot ?

  131. Setelah membaca artikel review dan kolom komentar, akhirnya saya mantapkan hati beli Pureshot+ yang bundling dengan smartfren. Sehari sebelum bonus paket habis, saya lgs isi pulsa 100ribu karena saya rencananya mau ambil paket true unlimitednya setelah paket bonus habis.
    Hari 26 Feb 2016 ini paket promo sudah habis, saya cek pulsa masih full 100rb. lalu saya langsung beli paket true unlimited, dan berhasil. Saya cek sisa saldo pulsa saya bener tinggal 25 rb.
    Pagi ini (jam 6.30-7.30)browsing ke detik dan beberapa situs berita lainnya, sesaat kemudian saya cek pulsa saya, saya kaget ternyata berkurang jadi 23.800. Padahal saya sama sekali tidak menggunakan hp tsb untuk keperluan lainnya selain browsing tadi.
    Untuk menghindari pulsa saya makin kesedot, saya langsung coba kirim pulsa saya ke nomor smartfren satunya dengan format KIRIM.088127XXXXX.20000 kirim ke 879 dengan tarif 500/kirim. Tapi dinyatakan gagal dengan balasan : Pastikan pulsa anda mencukupi dan kartu masih aktif. Saya maklum setelah saya cari info bahwa sisa pulsa yang harus disisakan setelah kirim pulsa adalah 5rb. dan pulsa saya cek lagi tinggal 23.300. Lalu saya coba kurangi lagi dengan mengirim 15rb dan 10rb. Tapi tetap saja kembali dinyatakan GAGAL dengan balasan SMS yang sama. Aneh kan…!! Kemudian saya cek pulsa lagi, saldo tinggal 22.300 setelah 2 percobaan kirim pulsa gagal tsb(berkurang 2xRp500)
    kemudian saya diamkan hp saya beberapa saat(sekitar setengah jam) tanpa ada aktifitas apapun.
    Kemudian saya cek pulsa saya tinggal 21.800. Saya diamkan lagi beberapa saat hanya dipakai untuk WA dan BBM saja, ternyata saya makin kaget lagi pulsa saya berkurang lagi jadi 18.700!!!
    Rasa gusar dan penasaran saya langsung ungkapkan dengan menelpon ke customer service Smartfren di 888. Saya mohon penjelasan kenapa pulsa saya bisa berkurang dengan sendirinya tanpa sepengetahuan saya.
    Kemudian mbak-nya nanya ini itu sampai kemudian minta waktu untuk dilakukan pengecekan kebenaran informasi yg saya berikan. Setelah menunggu beberapa saat, mbak-nya menginformasikan bahwa memang benar tidak ada pemakaian apapun selain pemakaian data akses internet yang sudah terdaftar true unlimited. ANEH kan…!!
    Sampai2 saya tak kuasa mengeluarkan kata2 (maaf) Smartfren menggarong pulsa saya dan mungkin pelanggan lainnya, Smartfren meng-korupsi pulsa pelanggannya…saking keselnya saya. Bayangkan coba kalau ternyata ada ratusan ribu bahkan jutaan orang pelanggan smartfren yang pulsanya digerogoti smartfren tanpa sepengetahuan pelanggan. Berapa Milyar duit haram yang sudah dikorupsi oleh mereka.
    Akhirnya saya diberikan solusi sementara untuk menunggu investigasi lebih lanjut dan akan dihubungi selambat2nya tanggal 29 Feb 2016.
    Kemudian anehnya pula, semenjak saya telpon customer service tadi sampai siang ini pulsa saya tetap utuh.
    Saya curiga bahwa memang pihak Smartfren sengaja (bahasa jawa-nya : NGLIMPEKKE) pelanggannya, sehingga hanya pelanggan yang komplin saja yang ditanggapi dan dibenerin, sedangkan pelanggan lainnya yang tidak tahu atau tahu tapi tidak komplin tidak akan ada tindakan perbaikan.
    Mohon maaf bagi saya sebenarnya bukan nominal Rp6000-an tsb yang mereka tilep, tapi saya SANGAT TIDAK SETUJU DENGAN TINDAKAN KORUPSI PULSA YANG DILAKUKAN SMARTFREN TERHADAP PELANGGANNYA.
    Mudah2an ini jadi pembelajaran buat para pelanggan maupun calon pelanggan smartfren lainnya yang kebetulan membaca ini.
    Salam sukses Koh Herry…thanks anyway reviewnya…

    1. Pak Mario,

      Saya sependapat dengan Anda. Saya tidak setuju dengan pencurian pulsa.

      Soal transfer pulsa, saya kok curiga layanan itu sedang tidak dapat digunakan ya. Alasannya, belum lama ini saya juga berusaha melakukan transfer pulsa dan mengalami kegagalan seperti yang Anda ceritakan. Padahal, sisa pulsa masih sangat mencukupi dan nomor masih dalam masa aktif.

  132. Pak Herry,

    Pureshot/Pureshot+ ada led notifikasi-nya tidak?
    rencana mau ambil. nunggu Redmi 3 lama sekali…

    Terima kasih.

  133. Mau nanya nih Pak Herry…
    Saya mau beli purshot 5.0inch nya.. nah.. apa layar nya dah pake proteksi blom… jadi ragu nih bli hp…. makasih ..

    1. Pak Muhammad Adrian,

      Apa pun ponsel yang Anda gunakan, biarpun dibilang sudah memakai Corning Gorilla Glass atau Dragontrail Glass, sebaiknya Anda tetap memasangkan pelindung layar tambahan. Gorilla Glass dll itu bukan bermakna tidak bisa tergores, melainkan lebih sulit tergores.

      1. Masalahnya sampai sekarang Hisense tidak mengeluarkan tempered glass atau screen guard buat Pureshot pak Herry… Mereka dengan pdnya mengatakan kalau Pureshot tidak perlu dipasang pelindung lagi -_- (pengalaman ketika ke SC Hisense menanyakan aksesori untuk Pureshot)
        Omong-omong, saya dengar desas-desus Pureshot akan ada generasi keduanya ya Pak? Benarkah?
        Kemudian, sekarang Hisense Dan Smartfren Customer Servicenya terpisah ya Pak? Saya pergi ke Smartfren untuk bertanya ttg Pureshot tapi kemudian disuruh ke Hisensenya langsung (tepat di belakangnya sih, di ITC Roxy). Kalau memang iya, berarti harus ke Hisense langsung? Bagaimana jika ingin menanyakan Andromax R2 yang juga produk Hisense, ke Hisense atau Smartfren?

        Salam,

        1. Pak Leo,

          Tinggal mampir ke penjual aksesori, trus minta dipotongkan screen protector biasa. Beres deh.

          Ya, generasi kedua telah dipersiapkan.

          Bedakan antara ponsel Hisense open market (contohnya Pureshot) dengan Andromax yang dibuat oleh Hisense (contohnya Andromax R2).

          Kalau Hisense open market:
          * Bila di kota Anda ada pusat perbaikan resmi Hisense, konsumen akan diminta langsung ke pusat perbaikan resmi Hisense.
          * Bila di kota Anda tidak ada pusat perbaikan resmi Hisense, petugas di Galeri Smartfren biasanya mau membantu menampung dan menyalurkannya.

          Sedangkan untuk Andromax yang dibuat oleh Hisense, tidak peduli ada pusat perbaikan resmi Hisense atau tidak, petugas di Galeri Smartfren langsung akan menerimanya. Namun, sebenarnya lebih cepat kalau konsumen langsung membawa ponsel yang bermasalah ke pusat perbaikan resmi Hisense.

          1. Itu kurang ketikannya ya pak? Maksudnya pak Herry itu “jika tidak ada pusat perbaikan resmi Hisense, Smartfren akan menerimanya” (Kurang kata “tidak”)?

            Akhir-akhir ini pak Herry sering salah ketik, faktor umur ya Pak? Hehe :3

            Bisa bagi info tentang generasi kedua Pureshot pak? Terima kasih

            Salam,

          2. Pak Leo,

            Waks… iya. Salah ketik. Barusan saya koreksi.

            Iya nih, faktor umur nggak bisa dipungkiri. 🙂

  134. Dear pak Herry,

    Vicky lagi ni. Merupakan suatu kebanggaan bagi sy seorang HSW pengen tau gawai sy. Sy sdh beli pureshot ini hr ini dn ngetik kolom komen jg pake pureshot. Smga awet. Kalo ada pertanyaan lain, sudi bpk msh membalasnya ya. Tks a lot. Tuhan memberkati Anda.

  135. Pak Herry

    Jika dibandingkan secara head to head antara Hisense Pureshot dengan Redmi 2 Prime pada sektor prosesor, RAM, memory internal, battery, kamera, dan kualitas semburan audio menurut Pak Herry kedua smartphone mana yang lebih baik?

  136. Salam pak Herry,
    Ada satu keanehan juga dalam spesifikasi yang saya temukan dari Pureshot. Berdasarkan website spesifikasi Dan Pak Herry tuliskan, Pureshot memakai Snapdragon 415. Akan tetapi, ketika saya gunakan aplikasi CPU-Z tertulis Snapdragon 615. Kira-kira kenapa ya Pak?

    Salam,

    1. Pak Leo,

      Aplikasi seperti itu tidak selalu akurat. Karena itu, saya biasanya memakai minimal dua aplikasi untuk mengecek spesifiaksi ponsel.

  137. Halo pak. Selamat siang. Habis liat gerhana matahari juga ya pak?
    Akhir nya saya meminang hp ini pak utk menggatikan bb yg mulai gak rusak.
    Yg mau saya tanyakan laya pureshot ini kan udah gorilla glass 2 kalau jatuh gimana? Apa bisa pecah
    Barusan saya beli kan templer glass nya,tapi model nya aneh templar glass cuman nempel di tengah nya doang, cuman gara2 takut layar pecah aja

    Makasi ya pak. Tuhan berkati

    1. Pak Yudi,

      Di Surabaya tak ada gerhana matahari total nih.

      Gorilla Glass tipe berapa pun dan di merek apa pun itu bermakna lebih sulit tergores. Jangan mengartikan Gorilla Glass sebagai tidak bisa tergores dan tidak bisa pecah. Kalau jatuh dan posisinya pas kurang bagus, ya tetap bisa pecah.

      Wah, sudah ada yang jual tempered glass untuk Pureshot ya. Wajar kalau yang nempel cuma di bagian tengahnya. Sebab, bagian samping layar Pureshot agak melengkung sehingga tak bisa diberi tempered glass.

  138. Dear Pak Herry,

    Pak mau nanya sbb:
    1. Browser bawaan di Pureshot tidak bisa menyimpan hasil browsing bacaan secara lengkap/ sempurna di menu save for offline reading. Padahal saya suka sekali membaca, tapi mula-mula saya save for offline reading dulu. Di LG E410 saya yg jadul, hal ini mampu dilakukan secara sempurna oleh browser bawaan.

    Mohon petunjuk ya Pak, karena saya ke CS Hisense dan saya cek Pureshot si mba nya juga tidak mampu save for offline reading secara sempurna.

    2. Baterai pureshot cepat sekali habis loh Pak. Padahal saya hanya browsing, wa, bbm. Jarang banget nonton you tube.

    Nah, saya berencana mau beli desktop charger + 1 buah baterai asli, namun kata mba CS nya, desktop charger (charger kodok ya Pak?) berpotensi besar merusak baterai.

    Rencana saya tuh di malam hari, baterai yg kosong akan saya charge dengan charger kodok yang ada indicator persentasenya, sehingga pureshot sy tetap siaga di malam hari dengan baterai satunya lagi (internet tetap saya matikan).
    Karena siapa tahu ada hal penting di malam hari, sehingga saya dicari orang.

    Selama ini saya terbiasa mencharge HP dalam keadaan mati agar terisi cepat, sempurna, menjadikan baterai awet, begitu 100% langsung saya cabut dan aktifkan kembali.

    Cuma kalau metode seperti yang saya lakukan biasa ini, ada jedah dimana HP saya dalam keadaan mati.
    Saya pikir dengan bantuan charger kodok selesailah masalah saya.

    Namun karena katanya charger kodok berpotensi besar merusak baterai, reduplah harapan saya.

    Sudi ya Pak dikasih masukan dan bantuan atas pertanyaan saya yang panjang ini.

    Tks a lot, Pak.

    1. Pak Vicky,

      1. Terus terang saya tidak memperhatikan kemampuan menyimpan hasil browsing. Bila terpaksa, di-screen capture saja lho.

      2. Boleh tahu yang Anda maksud dengan baterai cepat sekali habis itu bertahan berapa jam?

      3. Hisense tidak memasarkan desktop charger untuk Pureshot. Benar, sebaiknya jangan memakai charger kodok.

  139. Dear Pak Herry,

    1. Bagaimana cara screen capture, Pak? Sungguhan sy tak tahu.
    2. Sy blm sempat mengukur jam nya Pak. Tapi rasanya terlalu cepat bila 4G aktif. Adakah aplikasi yg bagus untuk menghemat baterai?
    3. Pakai charger apaan lagi ya selain kodok pak?

    1. Pak Vicky,

      1. Tekan dan tahan tombol power + volume ke bawah.

      2. Lah… padahal durasi jam itu menjadi salah satu indikator untuk memvonis boros tidaknya. Tak perlu aplikasi penghemat baterai. Ngapain beli smartphone kemudian pemakaiannya dibatasi ini itu biar baterai hemat. Ya mending beli Nokia New 105 yang harga barunya Rp 250 ribuan.

      3. Tidak ada yang orisinal kan? Jadi, ya nggak usah pakai.

      1. Kalau pureshot saya bisa di pakai selama 14 jam. Saya pakai cuman smartfren aja. Sedang kan acer e700 saya bisa 24 jam an. Dengan paket data nyalah juga,triple on gsm dengan 3 operator yg berbeda.
        Saya ingin menggunakan batrei cadangan utk pureshot saya. Selain menggunakan charger kodok ada tipa lain mungkin bapak hsw bisa bagikan.

        1. Pak Yudi,

          Saat ini sih pilihannya cuma charger kodok, dengan risiko charger itu kualitasnya kurang bagus.

        2. Dear Pak Yudi,

          Tahan 14 jam itu kalau pakai cuma smartfren aja. Nah, itu 4G-nya aktif gak Pak?

          Tks ya Pak.

  140. Dear Pak Herry,

    Tks ya Pak atas jawabannya. Gak apa-apa saya bertahan aja beli baterai baru. Nge-charge ya di Pureshot juga. Tapi kurang bagus juga ya Pak, bongkar pasang begitu? Adakah pengaruhnya terhadap HP? Saya sih kalau buka body belakangnya Pureshot bisa extra hati-hati.

      1. Ia pak viky. Dan selalu di lte.Saya pengguna fanatik smartfren. Gak pernah lemot nurut saya smartfren ini. Semua serba cepat. Dan gak ada promo internet. Saya paling kurang suka operator ya suka promo2 internet. Kok jadi promo smartfren. Hahaahahaaha

        1. Dear Pak Yudi,

          Jenengan gak suka barang promo? Hahaha.. Anda sangat langka sekali Pak. Saya penggila barang promo tapi yg emang bener bener saya butuhkan, bukan tipe konsumtif. Tapi kalo itu promo yg saya butuh, saya bahagia sekali.

          Bolehtau kenapa gak suka promo Semar? Saya bahagia banget waktu dapet promo Rp 75 ribu dari pada Rp 300 ribu.

          Tks 🙂

          1. Yg promo bawak an ponsel ini tak kasih temen baik saya om vicky. Saya gak suka nya ganti no nya itu. Kalau promo tanpa ganti no pasti saya ambil pak. Lagian kalau operator sering promo ganggu pengguna yang gak menikmati promo nurut saya pak viki. Itu maksud saya.
            Pak hsw ponsel ini kalau ngecharger dlm posisi mati kok lama ya. Sekitar 2 jam. Apa itu normal pak?
            Makasi ya pak

  141. Dear Pak Herry,

    1. Kalau ngecharge Pureshot dalam keadaan hidup, saat masih 15% boleh gak, Pak? Karna kalau dalam keadaan mati, takut ada panggilan masuk. Cuma saat dalam keadaan hidup discharge itu enggak dimainin Pak, kecuali kalo ada panggilan masuk aja.

    2. Nah kalau discharge dalam keadaan hidup 15% itu, kira-kira butuh waktu berapa lama ya?

    Dear Pak Yuda,

    Tks sudah jelasin saya alasannya. Pernah ngecharge dalam posisi hidup kah Pak? Hehehe…

    1. Pak Vicky,

      1. Kalau ditanya boleh atau tidak, asalkan Anda sudah melewati siklus 3-4 kali charging pertama, boleh-boleh saja sih.

      2. Hmm… bergantung kondisi sinyal saat itu, pemakaian, dll. Sulit dihitung deh.

  142. pak, akhirnya saya membeli Hisense Pureshot+ tapi saya bingung menu hoenya dmana, tolong beri petunjuk pak. makasih.

    1. Pak Yohan,

      Jangan asal beli lho. Banyak yang mengklaim double power, padahal realitanya tidak demikian. Salah satu cara untuk mengenalinya, perhatikan saja dimensi fisiknya. Kalau sama atau hanya berbeda sedikit, pasti bukan double power.

  143. Baru membelikan Hisense Pureshot+ untuk istri. Tapi kok rada kecewa ya, pak herry.

    Pertama, ketika membuka Google Play, lama sekali loading gambar aplikasi-aplikasinya. Malah kadang tidak muncul. Ini berlaku juga ketika memakai wifi dan 3G Axis.

    Kedua, ketika menggunakan 3G Axis terkesan lambat koneksi internetnya. Contohnya seperti ketika mengirim pesan WA. Lama muncul status terkirim.

    Ketiga, kode yang muncul dibagian kanan atas ketika menggunakan mobile data, hanya ada tulisan “3G” dan “E”. Memang ponsel ini tidak mendukung “H” ya?

    O iya, ponsel sudah di update menggunakan software terbaru (2016).

    1. Pak Mr Jahe,

      1. Itu saat kali pertama membuka Play Store atau rutin begitu? Saat kali pertama mengakses Play Store, loading-nya memang lumayan lama. Setelah itu mestinya lancar. Kalau ternyata tidak lancar, kecepatan dan koneksi internetnya yang perlu dicurigai deh.

      2. Saya tak tahu kondisi layanan internet Axis saat ini bagaimana. Saya sudah lama tidak memakainya. Sekadar pembanding, layanan internet 3G XL yang masih “satu keluarga” tergolong lemot.

      3. Di ponsel itu, indikator 3G bisa bermakna 3G, H, maupun H+.

  144. sekilas mirip dengan spesifikasi smartfren andromax R2 ya pak, kira” lebih worth untuk membeli yang mana?? kebetulan saya pengguna hp smartfren sudah lama kira” nomor smartfren saya bisa langsung digunakan di hp hisense ini atau harus ganti RUIM card ya pak?
    Dan yang terakhir, di galery smartfren ada menjual hp hisense ini pak apakah memang ada kerjasama? tapi bukan bundling ya? terimakasih

    1. Bu Mei,

      Benar. Lebih tepatnya, Andromax R2 itu ibarat Hisense Pureshot (tanpa plus) yang berganti wajah dan 4G LTE-nya khusus untuk Smartfren.

      Menurut saya, lebih baik Anda membeli Pureshot.

      Kalau kartu Anda masih yang lama, perlu diganti dengan kartu baru di Galeri Smartfren.

      Hisense Pureshot memang dijual pula di Galeri Smartfren. Ada bundling kartu perdana Smartfren, tetapi ponsel berstatus unlock. Jadi, Anda juga bisa merasakan 4G LTE Telkomsel, XL, dan Indosat via Pureshot.

  145. Oh iya satu lagi pak perbedaan dengan hisense pureshot tanpa plus hanya di bentang layar dan battre saja ya pak??
    kalau disuruh memilih antara hisense pureshot+ hisense pureshot dan andromax R2 lebih baik mana ya pak? saya memperhatikan detail foto dan ketahanan battre pak.
    terimakasih banyak 😀

    1. Bu Mei,

      Benar. Hanya beda di ukuran layar dan kapasitas baterai. Dengan selisih harga Rp 500 ribu, lebih baik Anda membeli Pureshot.

      Pureshot atau Andromax R2? Saya tetap memilih Pureshot.

  146. Wahh cepat di balas nih pak komennya, kalau membandingkan asus zenfone 2 laser dengan pureshot pak?? saya sedang mencari hp yang kameranya bagus masih tergolong nyaman bila ditaruh di kantong serta batere yang diharapkan tahan 18 jam dengan sinyal always on dan sesekali chat. sebenarnya tertarik dengan kamera lenovo vibe shot tapi harga masih lumayan, walau belum update harga terbarunya sekarang ini pak. hehheh

    terimakasih atas balasannya 😀

    1. Bu Mei,

      Kebetulan kemarin pertanyaan masuk saat saya sedang menjawab tumpukan pertanyaan. Jadi, responsnya cepat deh. Kalau yang kali ini lebih lambat.

      Hasil akhir kamera, Pureshot unggul tipis atas Zenfone 2 Laser. Namun, untuk kecepatan pemfokusan kamera, Zenfone 2 Laser mengalahkan Pureshot.

      Hmmm… kalau yang pasti tahan 18 jam, bahkan lebih, Asus Zenfone Max. Harga barunya Rp 2,599 juta.

      Harga Vibe Shot baru saat ini sekitar Rp 4,4 juta.

  147. Wah terimakasih infonya pak. sukses terus 😀
    kemarin saat lagi cari” review jadi dibawa ke review mi4i
    kelihatannya menarik sayang tanpa slot micro sd dan cenderung cepat panas yaa ><

  148. eh iya pak ngom” tentang zenfone max kalau kualitas kamera dibanding zenfone laser dan hisense ini bagaimana ya pak? kemarin juga saat cari review hisense ternyata harganya sempat turun 700rb an saat awal peluncuran ya pak, jadi kepikiran mungkin mereka mau keluarin gawai baru lagi nih. takut nyesel klo bli sekarang. cuma memang mau cari hp yang bisa dipakai kartu smartfren saya lagi, udah jadi nomor kesayangan.

    dan ngom” lagi pak kira” nasib CDMA yang katanya sudah mau dipensiunkan nasib smartfren saya bagaimana kira” ya pak? karena melihat gelagat smartfren yg masih sehat dengan terus berinovasi sepertinya masih aman-aman saja nih

    1. Bu Mei,

      Kamera mirip-mirip dengan Zenfone 2 Laser deh.

      Penurunan harga Hisense sudah terjadi sejak awal Desember 2015. Itu sih biasa terjadi di pemasaran gawai.

      Smartfren masih aman. Dia kan memang terus melakukan transisi dari operator CDMA menjadi operator LTE.

  149. Om Herry,
    Permisi saya mau bertanya sekalian curhat ya, jadi agak panjang.

    Saya lagi mau beli handphone baru nih habis kehilangan. Apakah Pureshot masih direkomendasikan?

    Handphone saya sebelumnya android one generasi pertama, meskipun batere kecil dan kamera pas-pasan, berkat update nya yang rutin saya sangat menikmati mendapat OS yang fresh dan selalu update dan puas dengan fitur Marshmallow (terutama doze) di handphone ini.

    Nah sekarang saya sedia mengorbankan kekinian OS demi mendapatkan fitur yang lebih baik seperti kamera, konektivitas, resolusi layar dll. Apa ya kira-kira yang cocok? Saya lagi benar-benar tidak ada ketertarikan kepada satu jenis handphone tertentu.

    Pureshot ini masih Lollipop kan ya (5.0.1), ada suatu masa di Android One saya ketika masih di Lollipop dimana baterenya sangat boros, tapi sayangnya saya lupa di Loli versi berapa. Berharapnya sih ini Pureshot dapat update ke Marshmallow (tapi kemungkinan besar tidak akan ya?). Walaupun saya baca baca di review di atas dan komen-komen lainnya batere Pureshot agak boros, tapi sebenarnya tidak terlalu parah-parah amat kan ya. kalau masih bisa bertahan 10 jam atau 12 jam masih oke lah, walaupun saya ingin juga punya hp yang baterenya bisa bertahan lebih lama.

    Saya ingin handphone yang mumpuni dibawa bekerja, menggunakan Outlook untuk didaftarkan di Exchange email kantor, menggunakan Word, Excel, Powerpoint, Evernote, Gmail, messaging, kamera, mobile banking dll.

    Saya juga mendengar desas desus akan ada penerus Pureshot, jadi agak ragu-ragu apakah sebaiknya menunggu saja. Saya berharap sudah menggunakan Marshmallow penerusnya nanti hehe. Mungkin April ini akan berkeluaran hp hp tipe baru ya? Oh ya kemarin sempat liat P8 Lite di booth huawei kayanya cukup bagus ya, walau saya agak sakit mata melihat icon pack nya.

    Mudah-mudahan om Herry bisa menyelami keinginan saya akan sebuah Handphone dan dapat memberikan rekomendasi terbaik.

    Terima kasih,
    Gugi

    1. Pak Gugi,

      Pureshot masih layak beli kok. Saya tak berani memastikan kelak ada update ke Marshmallow atau tidak.

      Kalau anggaran bisa ditambah sampai Rp 2,5 jutaan, silakan melirik Asus Zenfone Max.

    2. Saran utk mbak mei.
      Udah beli aja pureshot. Saya juga pake kok. Kalau di sby gila bgt lte nya. Masak di ponsel dpt kecepatan download rata 25 mbps. Sedang kan di sekitaran rmh saya di mlg dpt 10 mbps di malang
      Saya juga pecinta smartfren, kartu nyaris tanpa promo, jadi internet nya gak pernah lag atau lemot atau ping gak pernah sampe 1000. Ponsel saya yg satu nya pake semua operator gsm maklum triple sim card saya nyalain semua internet nya biar bisa ganti2 paket internet, gak ada yg enak gsm internet nya. Masak ping time bisa 8000 9000 an kalau di kota besar kayak surabaya. Kalau di luar kota sby sih enak

  150. Kalau semisal pak saya menggunakan operator smartfren di hisense ini untuk sekedar sms dan tlp kan kalau disimulasi yang bapak berikan maka operator GSM akan berada pada jaringan 2G apa tidak mungkin bila berada pada jaringan 3G pak??

    1. Bu Mei,

      Tidak bisa. Kalau salah satu selot Anda isi dengan Smartfren, maka nomor GSM di selot lain maksimal cuma 2G.

  151. Om mau tanya dong,
    Rencana besok mau beli andromax R2 krn tergiur sama true unlimitednya. Tapi setelah baca review di atas apa bener hisense juga bisa dapet paket true unlimited yang 75 ribu.?
    Soalnya saya pake smartfren di mi4i beli teue unlimited yg 75 ribu kena block sama smart nya jadi nya speednya turun jauh bgt hanya di 4o kbps ..
    Apa kalo pake hisense yg pureshot ga akan kena blok sama smartfren..
    Makasih om

    1. Pak Mario,

      Benar. Hisense Pureshot juga dapat menikmati True Unlimited Rp 75 ribu per bulan.

      Nggak akan kena blog. Itu program resmi dari Smartfren untuk Pureshot kok.

  152. Pak Herry,

    Mau tanya dan mohon bantuannya, ya. Mengapa di Pureshot saya susah banget kalau mau masuk ke Play Store? Sering banget Background Data Disabled. Segala upaya sudah saya lakukan, mulai dari masuk ke data usage, terus allow background data, dan juga saya browsing blog lain, katanya mesti di bagian display nya di bagian sleep pilih never. Udah saya lakukan, hasilnya seringan nihil. Background Data Disabled lagi dan lagi.

    Kadang bisa. Tapi banyakan gak bisanya dari pada bisa.
    Apakah ini bugs namanya, Pak?
    Adakah saran terbaik yg bisa menolong saya.

    Makasih banyak Pak.

    1. Pak Vicky,

      Saya tak tahu pengaturan apa saja yang di ponsel Anda telah diubah secara sengaja maupun tidak sengaja. Karena tak bisa mengeceknya, saya cuma bisa memberikan saran lakukan factory reset dulu saja untuk mengembalikan ponsel ke kondisi standar.

  153. Apakah semua Hisense Pureshot Plus yang dijual via OL & offline bergaransi resmi? Ada OL shop yang lagi promo jual Rp 2.199.000 tapi sy jadi ragu dg keresmiannya 🙂

    1. Pak Adrian,

      Selama ini saya belum pernah menjumpai Pureshot+ tanpa garansi resmi.

      Rp 2,199 juta? Hmm… kok murah ya. Di online shop apa?

  154. Setelah membelikan Hisense Pureshot+ untuk istri, beberapa hari kemudian saya membeli Lenovo A6000+. Ternyata ponsel ini juga lemot untuk membuka Google Playstore.

    Tapi sekarang kedua ponsel ini bisa mengakses Google Playstore dengan sempurna. Semua gambar bisa tampil dan cepat.

    Apa memang begini, semua ponsel baru bakal lambat? Seperti ada sikronisasi atau pembaruaan aplikasi yg berjalan tersembunyi?

    Pertanyaan tambahan, apa Lenovo A6000+ bisa menggunakan 4G smartfren atau Bolt? Tararengkyu

    1. Pak Mr Jahe,

      Pada 1-2 jam awal, ponsel yang baru kali pertama diaktifkan dan di-setting memang berpotensi lebih hangat dan terkesan lemot. Sebab, saat itu dia sedang melakukan aneka sinkronisasi dan mungkin menjalankan aneka update. Wajar sih.

      Tak tahu. Saya belum pernah memakai A6000 Plus.

  155. terima kasih pak herry, sudah berhasil saya buka, lalu lubang dikecil di atas dan di bawah untuk apa ya… saya mencoba menusuknya tadi, saya pikir cara membukanya dengan ditusuk.

    1. Pak Hans,

      Boleh tolong difotokan? Saya sudah lupa dengan tampilannya. Jangan sampai salah menusuk speaker atau mikrofon lho.

  156. saya juga takut salah menusuk speaker atau mikrofon… tapi sudah terlanjur, dan sudah saya cek dengan memakai menelpon dan merekam, suara lawan telepon terdengar jelas dan suara saya juga terdengar jelas di ponsel lawan. masih aman.
    Terimakasih banyak pak herry.

  157. koh Herry, mau tanya
    1. setelah keluar andromax 2 yg bisa otg, apa hisense pureshot 2 (generasi yg ke dua) apa bakal ada fasilitas OTG juga.(pureshot gen 1 spt yg sdh kita ketahui gak bisa OTG)
    2. menurut koh Hery mendingan beli mana,hisense pureshot+ di bandingkan produk2 flagship bekas (dgn rentang harga 2 jt sd 3 jt) spt :galaxy note3 lte, lg g3 lte.
    makasih mohon pencerahannya.

    1. Pak Jeri,

      1. Tak tahu.

      2. Galaxy Note 3 yang beredar resmi di sini kan tidak LTE. LG G3 boleh, tetapi pastikan beli yang RAM 3 GB ya.

      Btw, kalau Anda tidak antimemakai ponsel-ponsel bermerek kurang terkenal, lebih baik beli yang harganya maksimal Rp 3 juta, tetapi berganti baru setiap 1-1,5 tahun sekali.

      1. kalau ingin ponsel yg awet 2-3 tahu dengan harga kurang dari 2jt, bapak merekomendasikan HP apa?
        pureshot di WTC surabaya apa tersedia? di toko apa kalo boleh tau?
        terima kasih

        1. Bu Aiko,

          Kalau ada pertanyaan seperti ini, saya paling tidak berani menjawab. Sebab, perilaku pemakaian pengguna sangat menentukan. Biarpun pakai ponsel mahal, tetapi kalau kebetulan penggunanya adalah seseorang yang hobi memukul ponsel saat marah, ya ponselnya takkan tahan lama. Itu satu contoh ekstrem saja.

          Ponsel merek global sih mestinya bisa bertahan selama itu. Demikian pula dengan beberapa ponsel merek Tiongkok yang termasuk kategori bagus.

          Dengan harga kurang dari Rp 2 juta, saya merekomendasikan Xiaomi Redmi 2 Prime Rp 1,849 juta; Infinix Note 2 Rp 1,899 juta; dan Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

          Pureshot tersedia di Galeri Smartfren dan beberapa toko di WTC.

        2. terima kasih pak.
          jd bimbang antara xiaomi redmi 2 prime & hisense pureshot 🙂
          bapak pilih mana di antara 2 itu? after sales nya lebih baik mana?

  158. Dear Pak Herry,

    Artikel Pureshot ini yg paling banyak peminat ya? Tembus sampai angka 437 comments Hehe..selamat utk Pak Herry.

    Pak, sy mau nanya saran lagi, sbb:
    1. Whatsapp saya gak ada bunyi notif atau tampilan di pojok kiri atas lambang WA. Padahal settingannya sudah sesuai semua loh. Beneran.
    Jadi saya mesti masuk/ buka aplikasi WA-nya dulu baru tahu ada notif di bagian Chats.
    Saya mau ke play store dulu aja terus install ulang. Begitu oke gak Pak?

    2. Kalau Infinix Zero 3, smartfren bisa untuk telponan atau cuma buat internetan aja Pak?

    3. Tapi Infinix Zero 3 bukan 2.5D ya Pak? Secara tampilan agaknya manisan Pureshot ya pak?

    Thanks Pak Herry

    1. Pak Vicky,

      Ada artikel yang komentarnya sudah menembus 1.000 kok.

      1. Saya tak pernah mengalami hal itu sehingga ikutan bingung. Ya, boleh coba cara tersebut.

      2. Hanya internet.

      3. Bukan.

    1. Pak Erick,

      Wah, saya tidak memperhatikan hal itu. Saya punya prinsip, biar lebih optimal, aplikasi ya diinstalasikan ke memori internal.

  159. Wow koment banyak bgt. Artinya ni hp keren ya koh. Mau tanya ni koh.

    1. Notif aplikasi medsos ataupun aplikasi lainnya yg ada notif apa berjalan normal. Karena banyak yg bilang. Ni hp gak bisa munculin notif. Kecuali. App nya dibuka. Hh yg koh hery pakai gmana.

    2. Kalau boleh dibandingin. Antara : zenfone laser 5″ 4G / Xiomi Redmi 3 / Hisense 5″. Koh milih yg mana. Ditinjau dari segi kenyamanan pd layar (saturasi/colour/tone), hasil kamera (auto), kualitas audio, dan kegegasan nya.

    3. Trus hisense pureshot 5″, apa sudah ada sensor gyroscoop.

    Thx ya koh. Atas jawaban nya.

    1. Pak Zaki,

      1. Baik-baik saja sih. Tak ada kendala dengan notifikasi.

      2. Redmi 3 tak bisa saya bandingkan. Alasannya, kalau yang Anda maksud Xiaomi Redmi 3, saya belum pernah mencobanya. Kalau yang Anda maksud benar Xiomi Redmi 3 (he… he…), saya belum pernah mengenal ponsel merek tersebut. Tersisa dua ponsel ya. Saya lebih condong ke Pureshot.

      3. Sudah terjawab di tulisan review lho. Jawabannya, ada.

  160. Selamat pagi pak herry
    Pak herry pernah tau produk bernama mi key?
    Produk yg bikin tombol power awet dan membantu mempercepat membuka aplikasi yg kita ingin kan lebih cepat
    Seperti nya produk itu perlu di sanding kan dengan android2 yg bapak review. Tolong di review pak produk itu
    Kalau membeli produk mi key yg asli di mana ya? Kabar nya yg kw barang nya jelek.

    1. Pak Yudi Kurniawan S,

      Pernah tahu dan sudah lama banget saya pernah memakainya. Realitanya tak senyaman yang tertulis di iklannya kok. Produk itu baru terasa nyaman kalau dipadukan dengan ponsel Xiaomi.

      Rasanya kini lumayan sulit mencari yang pasti asli. Dulu saya membeli waktu produk itu barusan muncul. Saya lupa tepatnya dulu membeli dengan harga berapa. Namun, pasti lebih dari Rp 100 ribu. Terakhir kali iseng beli lagi, harganya sudah Rp 20 ribuan.

      1. Makasi pak tanggapan nya.
        Petunjuk bapak sangat penting bagi saya.
        Kalau kabel remax itu gimana pak? Apa benar bikin fast charger
        Atau charger bisa ngecharger 4 hp langsung kayak merk wellcome? Saya pake utk 2 ponsel aja.
        Apa mempercepat dlm prosew charger pak?

        1. Pak Yudi Kurniawan S,

          Saya belum pernah memakai kabel Remax yang diklaim bisa fast charging.

          Pertanyaan kedua soal charger, saya masih nggak paham dengan pertanyaan Anda. Boleh tolong dipaparkan lebih jelas dulu?

          1. Di charger merk welcome. Ada tulisan 4.2 amper. Apa bisa membantu proses fast charger pak? Pureshot kalau charger pakai bawak an nya ponsel nya nurut saya kurang cepat. Acer e700 juga kurang cepat.
            Sekedar sarang review kabel2 fast charger dong pak dan alat2 charger nya. Diluar an banyak merk hippo,welcome,remak dll. Tapi ga tau yg mana yg ekonomis dan palsu

          2. Pak Yudi Kurniawan S,

            Apakah charger-nya seperti ini? https://goo.gl/sudj6S

            Kalau iya, itu bukan fast charging, melainkan standard charging dengan output maksimal 2A.

            Btw, biarpun Anda memakai charger yang mendukung fast charging, tetapi ponselnya tidak kompatibel, ya takkan bisa fast charging lho.

            Terima kasih atas sarannya. Menguji pakai charger dan kabel itu butuh waktu lama lho. Bisa sampai hitungan bulan.

          3. Ikutan comment. Kalau tidak salah cable Remax itu (atau kabel sejenis dari merk lainnya) yang meng-claim fast charging, kabelnya tidak ada jalur datanya. Jadi hanya bisa dipakai untuk charging dan karena ini lah arus yang masuk bisa lebih besar dan mendekati besaran arus yang disediakan kepala charger.

            Kalau mau dipakai untuk charge dua alat yang arusnya akan dibagi dua. Kalau kepala charger punya arus sebesar 1 Ampere yang kalau dipake untuk 2 HP ya akan dibagi dua, masing masing 500mA secara teoritis.

          4. Pak Gugi,

            Kalau seperti itu, berarti kabel charger standar, tetapi mungkin mendukung output sampai 2A ya?

            Sebab, charger dan kabel yang saat ini mendukung fast charging biasanya juga mempunyai jalur data.

          5. Jadi di apa2 in gak bisa bantu fast chager ya pak hsw? Pureshot dan e700 gak bisa lebih cepat ya?
            Ya gbr nya kurang lebih kayak gitu pak hsw.
            Pak gugi makasih udah ikut bantu jawab.
            Saya baca2 yg mendukung fast charger itu prosesor nya ya? Apa bener itu?

          6. Pak Yudi Kurniawan,

            Saya tak pernah mengecek dua ponsel itu maksimal menerima input berapa. Dengan kondisi sekarang pun saya tak keberatan kok.

          7. Pak Yudi kurniawan s,

            Betul, fast charging memang tergantung chipset nya mendukung apa tidak. Kalau di Pureshot sepertinya tidak mendukung. Mungkin di versi berikutnya. Tapi kalau pakai kabel yang mengaku-ngaku fast charging itu mungkin bisa membantu, walaupun cuma sedikit. Tidak akan seperti kalau pake fasilitas fast charging dari chipset. Misalnya dari 7% ke 70% hanya 30 menit.

            Kalau chipset tidak mendukung, walaupun chargernya punya output 4 A, HP hanya akan membolehkan arus masuk sebesar 1A misalnya secara teori. Tidak akan mungkin sebesar 1A juga karena kabel itu punya hambatan tergantung materialnya. Nah mungkin si kabel fast charging itu hambatannya lebih kecil sehingga lebih mendekati 1A yang diperbolehkan chipset HP.

            Disclaimer: saya sendiri belum pernah pake kabel fast charging, baru mau beli dan tanya-tanya saja. Jadi belum bisa merasakan efeknya ke proses charging. Apalagi HP nya hilang sekarang.

  161. Dear pak Herry,

    Kalau membaca komen pak Zaki, ternyata hal yg sama benar dijumpai oleh pemakai Pureshot lainnya yaitu notif chatting gak bunyi kecuali aplikasinya dibuka. Sy juga sesekali masih sama. Kadang bunyi, tapi seringan gak bunyi atau gak ada notif. Belum melakukan factory reset sih. Hal apa yg perlu kita lakukan n perhatikan ya Pak sebelum melakukan factory reset?
    Juga apakah firmware update sama dengan wireless update? Tks pak

    1. Pak Vicky,

      Saya sih dulu tidak mengalami hal itu. Saya rutin memakai WhatsApp.

      Sebelum melakukan factory reset, silakan backup dulu file penting yang tersimpan di memori internal.

      Intinya sama. Cuma beda istilah.

  162. Pak Herry, saat saya memencet wireless update, kemudian memencet check for updates, keluar kalimat seperti ini:
    Warning

    Your phone has been root or by brush!

    Ok

    Saya kaget luar biasa, padahal saya tidak melakukan apapun pada hp saya. HP saya bahkan tidak pernah saya otak atik untuk fungsi canggih lainnya. Mulus pisan. Saya pakai cuma buat WA, BBM, teleponan, browsing (saya suka baca), nonton (saya suka lihat video, denger lagu beserta lirik, mumpung murah Rp 75 ribu pakai Untrue Limited Smartfren).

    Dulu HP ini cuma di-updatein sama mba Hisense untuk versi software terbaru. Mumpung di Hisensenya langsung, mumpung pakai wifi, mumpung versi terbaru, mumpung di tangan orang yang tepat pikir saya.

    Sehingga software version saya menjadi: L1115.6.06.00ID00

    Kalau saya lihat dari menu About phone, terus Status, terus Software version, tertulis No root.

    Jadi, apakah ini Pak? Apakah Pureshot saya telah kena root? Apakah wireless update, baru bisa saya lakukan apabila mendapat tawaran update dari sistem Pureshot-nya?

    Tks Pak.

    1. Pak Vicky,

      Selama masa pemakaian, mungkin saja Anda telah melakukan sesuatu yang entah disengaja atau tidak membuat ponsel itu dikategorikan telah mengalami “modifikasi”.

      Wireless update bisa dicek secara manual langsung dari menu ponsel. Jadi, tak harus menunggu tawaran update. Kadang sebenarnya sudah ada update terbaru, tetapi karena sesuatu hal Anda belum mendapatkan notifikasi.

  163. Kepada pembaca lainnya, apabila berkenan dapat memberikan pendapat atau saran kepada saya, apabila tahu atau pernah mengalami hal serupa.

    Tks banyak.

  164. Siang pak herry, saya sudah membeli hp pureshot tpi di dalam box kok tidak ada sim card smartfrennya ya? apa sudah terpasang di dalam hpnya? saya belinya di galeri smartfren. baru saya buka sebentar tadi pak boxnya, belum sempat cek lagi.

    1. Bu Dita,

      Di dalam kardus ada kemasan kartu Smartfren-nya? Kalau ada, berarti kemungkinan potongan kartunya sudah diselipkan ke dalam ponsel.

  165. Siang ko Herry . minta saran ko, adek saya mau beli ponsel yang kamera nya bagus dan internetan nya kenceng, ram minimal 1 gb, Rom 8 gb, harga maksimal nya 1.5 jt ko. Ukuran layar min 4″. Kira” apa rekomendasi dari ko Herry
    Makasih ya ko

  166. ko saya menuruti beli hisense pureshot, tp kok rasanya kameranya masih kalah lg magna yg cuma 8MP ya? apa saya salah? kamera depan juga bagus lg magna bisa atur kecerahan otomatis di tempat kurang cahaya. gmna ko? hisense cepet panas ya ko

    1. Bu Ida,

      Kamera Pureshot jauh lebih bagus daripada Magna. Kalau sampai hasil jepretan Pureshot lebih jelek daripada Magna, pasti ada sesuatu yang salah deh.

      Pureshot mestinya tidak cepat panas. Hangat pun jarang kok.

  167. Menurut koh hery atau para teman2. Yg udah komentar.

    Bagaimana dengan kualitas IPS atau TFT hisense pureshot. Apa kah nyaman dimata kalau ditatap berlama2.

    Karena hp yg menjadi incaran saya sekarang ini, selain hasil kamera, kwalitas layar juga menjadi pertimbangan utama (dengan mengabaikan kerapatan 44i ppi). So. 245-295 ppi udah standar mata manusia.

    So. Pernah pake xioami redmi 2, saya anggap ips tsb kalau dipake cenderung membuat mata cepat lelah.
    So. Pernah pake asus zenfone 5. Ips nya cenderung warna putih nya kekuningan (warm). Walau dapat di set di asus splendid. Juga cepat membuat mata lelah.
    So. Pernah pakei Sony Z ultra. Ips nya juga warna putih nya kekuningan. Lagi2. Juga cepat membuat mata lelah.
    So. Pernah menggunakan Note 3. emang mata tidak cepat lelah. Tapi. Ciri khas Amoled, layar terlalu vivid. Sehingga tampilan jadi tidak natural.

    Nah. Bagi saya LG G2 Mini lah yg masih saya pakai sampai skr ini, yg kwalitas IPS nya yg paling adem dimata. Kontras nya imbang. Warna natural, Menatap berlama2 pun mata gak lelah. (Padahal ni hp paling rendah ppi nya di banding hp yg disebutkan diatas, cuma 234 ppi)

    Pertanyaan nya
    apakah kwalitas IPS atau TFT hisense pureshot seperti yg saya harapkan.

    Thanks.

  168. Tapi koh agak kecewa ma pureshot, nge charge lama banget hampir empat jam lebih gak penuh penuh plus panas. Telkomselku sayang gak bisa h plus jaringannya jadi gak bisa download film. Sedih banget kalo cuma stok di 2G. Gimana dong koh? Harga jual paripurnanya masih seminggu beli berapa ya kiranya?

    1. Bu Ida,

      Hmm…. waktu charging-nya harusnya tidak selama itu dan tidak panas. Apakah ponsel Anda gunakan sambil di-charge?

      Jadi, nomor Telkomsel Anda cuma bisa masuk ke jaringan 2G? Pasti ada pengaturan yang kurang tepat nih. Mampir ke Galeri Smartfren dan minta dibantu pengaturannya deh.

      Harga pasaran Pureshot bekas saat ini Rp 1,4 juta sampai Rp 1,5 juta. Tak peduli bekas pakai satu minggu atau tiga bulan, harganya sama.

  169. pak kalau boleh tahu saat mengecharge pureshot plus butuh berapa jam ya? terima kasih atas responsnya

    1. Pak Hamdan,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Saya sudah lupa detailnya. Sepertinya sekitar tigajam.

  170. pak hsw, saya bingung antara asus zenfone selfie atau hisense pureshot+ ini,, kalau di lihat dari keseluruhan dan kualitas kamera mending mana ya koh ?? asus zen selfie ram 3gb, kamera depan belakang 13 mp suport USB OTG,, namun hisense pureshot+ ram 2gb kamera 13mp rear dan front 5 mp dan belum suport OTG dengan kisaran harga hampir sama mending mana ya koh ??

  171. oke koh,, kira koh hsw pernah nyoba asus tipe apa ?? kalau di bandingkan dengan kamera hisense pure shotplus mana yang lebih bagus,,,

    1. Pak Ghufron,

      Gawai Asus yang pernah saya uji pakai bisa dilihat di http://ponselmu.com/category/gawai/asus/

      Di luar itu, ada beberapa tipe lain yang pernah saya coba, tetapi tidak saya review. Sebab, saya baru mencobanya lama banget setelah gawai itu mulai didistribusikan ke pasar.

      Kalau yang spesifik hasil fotonya lebih bagus daripada Pureshot+, hmmm… belum ada deh. Zenfone 2 Laser dan Zenfone Max memiliki kecepatan focusing lebih cepat daripada Pureshot+. Namun, hasil fotonya masih kalah prima.

  172. om HSW…kabarnya akan ada pureshot generasi ke 2,kira2 kapan rilis & bedanya apa,mau beli pureshot yang sekarang ,ntar gx lana generasi ke 2 hadir. untuk amannya beli pureshot di galery smartfren apa ada toko resmi yang lain.trim om hsw.

    1. Pak Win,

      Ya, benar. Kapan dan apa bedanya belum bisa saya paparkan.

      Sama saja. Boleh beli di mana pun.

  173. Mau nanya kalo harga second ya dijual sejuta tapi ada minus ya lengkap pembelian Desember apa bisa claim garansi mas ?
    Terus kira” kalo beli second apa yg harus di perhatikan ?

    1. Pak Rizki Kurniawan,

      Pureshot bekas dijual Rp 1 juta? Lha kok murah banget. Apakah sisi minusnya?

  174. Om Herry S Wibowo…
    Hisense pureshot kalau mau pake GSM-GSM..cara settingnya gimana apa bisa langsung P&p { Pasang & Play }, kata pegawai di galery smartfren..pureshot kartu smartfren paket pembelian harus tetap terpasang jika ingin pakai internet operator lain dan itu juga cuma bisa sebatas internet 3G saja tidak bisa 4G jika pakai operator selain smatfren. apa benar sprti itu, review om Herry wibowo kan all operator bisa 4G dgn syarat disekitar kita terdapat jaringan 4G. Trms.

    1. Pak Win,

      Wah, saya dapat istilah baru dari Anda nih: P&P.

      Tidak ada pengaturan khusus kalau ingin memakai dua nomor GSM di Pureshot. Bisa P&P kok. Satu nomor bisa masuk ke jaringan 4G LTE, satu nomor lainnya berada di jaringan 2G.

  175. Pak HSW,

    Saya barusan melihat promo di Indonesia Cellular Show 2016. Disitu Hisense Pureshoot Plus dijual 2,09 juta. Saya tertarik dengan HP ini setelah membaca review Bapak HSW.

    Saat ini Redmi Note 3 juga lagi pre-order dengan harga 2,6 juta. Saya tahu kalau Pak HSW belum pernah memakai Redmi Note 3 dari review2 Bapak. Tapi kalau dari perbandingan spefikasinya saja sekilas, dengan harga yang lebih murah 500rb, apakah Hisense layak untuk dibeli?

    Saya menggunakan HP untuk internet, whatsapp, Line, Gojek, Grab, Uber, Weiz dan foto2. Saya tidak main game di HP. Budget untuk membeli HP baru dibawah 2 juta sampai 2,5 juta. Mohon saran dari Pak HSW.

    Terima kasih banyak.

    1. Pak/Bu Windy,

      Karena belum pernah coba, saya tak mau memberikan komentar soal Redmi Note 3.

      Pureshot+ (bukan Pureshoot Plus) kalau dijual Rp 2,09 juta sih langsung sikat saja. Penawaran bagus tuh. Cocok dengan kriteria Anda.

  176. Pak HSW,

    Thanks Pak atas balasannya yang super cepat.

    Kebetulan kemarin saya iseng melihat-lihat ICS 2016 meskipun saya agak kecewa. Saya tadinya mengira lebih banyak hp yang akan dipamerkan disana tapi ternyata hanya satu hall saja di JCC.

    1. Pak/Bu Windy,

      Pff… untung minggu lalu saya tidak nekat terbang ke Jakarta untuk melihat ICS 2016. Makin jelek ya.

  177. Saya Bu, Pak HSW.

    Sebenarnya ada beberapa hall yang digunakan pas ICS kemarin, tapi hanya satu hall untuk HP. Itu juga kalau menurut saya boothnya standar. kebanyakan booth lebih mirip booth display biasa di mall. Malah booth paling gede itu booth Hisense. Kalau tidak beli apa-apa disana (hanya melihat-lihat) rasanya rugi bayar Rp 15,000 untuk tiket masuk (ketahuan pelitnya hahaha)

    1. Bu Windy,

      Terima kasih atas informasinya. Yang ramai cuma booth Erafone ya? Mereka melakukan cuci gudang ponsel.

  178. Betul Pak. Yang ramai booth erafone karena lagi cuci gudang. Selain erafone juga ada satu lagi yang rame, booth global teleshop (kalau tidak salah) karena juga lagi cuci gudang.

    Cuci gudang ada yang clearance dan juga jual ex-display. Kebanyakan sih model yang sudah lama. Tapi ada juga yang baru dan ada juga yang dijual terbatas (10 orang pembeli dalam satu hari)

    Xiaomi mi4i misalnya kemarin saya liat di brosur 1.799 juta.

  179. Om Herry S Wibowo…
    Layar Hisense Pureshot kan 2.5 D yang sudut layarnya tdak datar/melengkung,dengan kondisi seperti itu apa layarnya bisa dipasang Tempered Glass tambahan Walaupun dar sononya katanya sudah terlindungi Gorilla glass. trims.

    1. Pak Win,

      Bisa, asalkan Anda mencari tempered glass yang hanya melindungi bagian tengah layar. Jadi, tepi layar dibiarkan terbuka. Terlihat kurang cantik sih.

  180. mantap reviewnya,,
    mau nanya nih pak,,
    saya pake kartu halo untuk pureshotnya dengan layanan paket 55 ribu per bulan unlimited kuota 2gb. setelah 2 gb tidak kena charge hanya kecepatan akses internet yang dikurangi. nah saat ini posisinya kuota 2gb saya telah habis dan sudah tak bisa konek lagi ke internet, sementra kalo kartu halonya dipindah ke handphone samsung note 3 atau asus zen max atau hanphone lain selain hisense koneksinya bisa jalan,, itu knapa yah pak her? mohon pencerahannya,,

  181. Pak Herry, kira2 dengan rentang harga yg sama dengan Pureshot+, yg jepretannya mendekati ini dan bisa OTG ada?

  182. pak Herry. Saya termasuk peminat tulisan2 bapak, sebelumnya saya menggunakan lg g2 mini, ponsel ini saya beli setelah membaca review bapak, secara keseluruhan ponsel ini lumyan memuaskan untuk saya, cuma stelah sebulan yang lalu hp saya mengalami kerusakan karna konsleting arus listrik, akirnya saya memutuskan membeli hesense pureshot berdasarkan hasil review bapak, cuma saya sangat kecewa dengan kinerja ponsel ini,
    Ponsel cenderung mudah panas (bkan hangat) padahal tidak ada program yg background (saya menggunakan kartu 4g smartfreen dan telkomsel).

    Ponsel juga sering tersendat,

    kinerja kamera juga mengecewakan fokus gambar tidak tajam, warna gambar cenderung pucat, dan yang paling mengganggu keseimbangan cahaya gambar terlihat sangat tidak alami, sering mengalami gambar agak silau di beberapa titik, padahal dengan ponsel lainpada objek yang sama gambarny baik-baik saja, dan ada satu lagi yang sangat aneh menurut saya, gambar di kamera ketika mengarahkan kamera ke objek foto terlihat seperti goresan cat air tapi setelah gambar di ambil hasil nya agak lebih baik (kusus indoor), tapi tetap tidak maksimal kaya noise

    menurut bapak apakah wajar jika ponsel memiliki kinerja seperti ini?
    Apakah bapak pernah mengalami hal seperti ini ketika menggunakan ponsel hisense pureshot plus karena ponsel yg saya gunakan tanpa plus (dalam hal kamera)?
    Apakah ada kemungkinan saya mendapat unit ponsel palsu?
    Bagaimana solusinya menurut bapak?

    1. Pak Hawari,

      Yang kali pertama saya uji pakai, kemudian saya review, memang Hisense Pureshot+. Sekitar sebulan kemudian, saya sempat membeli dan memakai Hisense Pureshot. Jadi, saya kebetulan sudah menggunakan sepasang ponsel tersebut.

      Dikaitkan dengan deskripsi Anda, menurut saya, Pureshot yang Anda miliki tidak normal. Kalau Pureshot palsu sih mestinya tidak ya. Saya lebih curiga Anda kebetulan mendapatkan unit yang bermasalah. Dalam produksi dan pemasaran produk elektronik, kemungkinan cacat produk memang sangat terbuka. Biasanya batas toleransi yang diberlakukan adalah dua persen. Sampai angka itu masih dianggap wajar, tetapi kalau lebih sudah dianggap gagal.

      Saran saya, coba lakukan factory reset dulu terhadap Pureshot yang Anda miliki. Bila hal serupa masih terjadi, terutama yang berhubungan dengan kamera, silakan segera membawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Hisense.

      1. Tambahan review setelah memakai pureshot 5 bln.
        Ponsel ini bener2 terbaik nurut saya. Gak pernah rewel. Paling batrei nya relatif cepet habis. Streming pake wifi sampe film habis paling juga hangat. Kadang cek cctv di jalan biar bisa liat tempqt usaha saya juga gak pernah lemot. Foto2 kalau ada moment menarik juga hasil nya bagus dan cepat ambil gbr nya.
        Tp saya masih nunggu ponsel 3 sim gsm selain e700, udah mulai lemot ponsel nya

        1. Pak Yudi Kurniawan S.,

          Terima kasih atas kesediaan Anda berbagi pengalaman.

          Iya nih, belum ada ponsel Android triple SIM lagi.

  183. Pak Herry,

    Mau tanya, apakah masih worth untuk beli hisense pureshot/pureshot+ sekarang, karena kabarnya sudah ada yang pureshot+ 2.

    terima kasih.

    1. Pak Yoga,

      Menurut saya, masih layak dibeli. Harga Pureshot+ 2 kan lebih dari Rp 4 juta. Dua kali lipat tuh.

      Saran saya, mending beli Pureshot daripada Pureshot+.

  184. Pak selain pureshot. Ada gak ponsel support semua lte mirip ponsel ini? Bukan data nya doang. Tp buat tlp dan sms juga. Yg memory nya besar pak. Ingin beli in buat ortu saya pak.
    Pak kok gak pernah ngeriew ponsel nexus bikin nan google. Kalau pake ponsel itu kan enak. Ga perlu ganti2 ponsel,kan selalu dpt update terbaru dr google duluan pak.
    Makasi ya pak

  185. Om herry s wibowo
    Alhamdulillah…Saya akhirnya jadinya beli pureshot juga. Sempet galau mw yang plus tp range hargany lumayan hampir 500ribu. Review diatas om herry jg bilang mending pilih yang pureshot drpd yang plus, alasanya kenapa om.?

    1. Pak Win,

      Benar. Saya lebih merekomendasikan membeli Pureshot daripada Pureshot+. Sebab, perbedaan dua ponsel itu tidak banyak. Hanya berbeda di ukuran layar dan kapasitas baterai yang tak terlalu signifikan. Spesifikasi lainnya sama.

      Padahal, dari sisi harga, selisihnya mencapai Rp 500 ribu. Lumayan banget. Jadi, mending beli yang lebih murah dong.

  186. Om Herry s wibowo…
    Untuk hasil kamera terbaik pada pureshot untuk awam fotografer sebaiknya pakai mode yang mana,apakah mode otomatis sudah bisa mewakili semua mode kamera.

  187. Koh Herry, apakah pure shot bisa pakai kartu tri dan im3 secara bersamaan?..apakah hp tsb sdh dilock hrs pakai smartfrend? Tks ya.

  188. Om herry s wibowo…
    Gmna cara memakai fitur layar transmisi wireless di pureshot, apa bisa dengan layar LED TV.

    1. Pak Win,

      Bisa, asalkan LED TV itu sudah mendukung Miracast. Anda tinggal mengaktifkan menu di ponsel, mencari TV milik Anda, lalu dikoneksikan secara nirkabel.

  189. pak saya mau tanya.. untuk service senter hisense di bekasi di mana yah ? layar’a pecah karna jatuh, saya mau ganti layar lcd hp istri saya

  190. mau nanya koh herry. kalau di mojokerto beli pureshot dimana ya. apa digaleri smartfren pasti ready stock

    1. Pak Bujang Lapuk,

      Di Galeri Smartfren Surabaya sih sudah kosong. Entah di Mojokerto. Kalau di Galeri Smartfren Mojokerto ternyata sudah habis, saya tak tahu toko ponsel apa di sana yang memiliki stok.

      1. oh ok.
        oh iya pak barangkali pak herry punya rekomendasi toko online yg jualan pureshot.
        terimakasih

          1. sudah dapat pak pureshotnya.
            yang diwebsitenya hisense tidak mendukung pengiriman ke kab.mojokerto.
            akhirnya ngubek ngubek twitter hisense nemu stok di galerigadget.com
            transfer hari minggu kemarin nyampe nya baru tadi pagi.
            overall cukup oke pakai pureshot

  191. Bagaimana dengan meizu m2 Dan pureshot? denger2 meizu m2 sudah tidak ada bug nya pak. Nah dari kedua handpone yg sebutkan untuk bidget 2jt(pas) bapak lebih merekomendasikan yg mana ? atau lebih sabar menunggu untuk menambah budget untuk gaway yg spec nya lebih bagus? terimakasih?

    1. Pak Firman Alvaro,

      Tolong diperhatikan! Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan dobel-dobel dan Anda ketikkan di berbagai tempat. Pertanyaan Anda saya terima berkali-kali. Saya tidak menghitung tepatnya, tetapi minimal lima kali. Sebagian sudah saya hapus.

      Silakan cek jawaban saya di tempat Anda kali pertama mengetikkan pertanyaan.

  192. Dear Pak Herry,

    Pak, mohon sarannya, saya butuh smartphone yang:
    – Kuat baterai
    – Charge cepat
    – Cukup gegas (alhamdulillah banget kalo dapet yg begini)
    – Dual sim 4G dengan dedicated slot sd card
    – Syukur syukur kalau slot sd card-nya minimal 32 GB
    – Harga terjangkau
    – Kualitas bagus (alhamdullilah banget kalo dapet yg ini :D)

    Saya tidak perlu: kamera bagus dan fitur-fitur canggih lainnya yang kurang saya butuhkan.

    Sekiranya yang paling mendekati kriteria saya apa ya, menurut point of view Bapak, dari uji pakai smartphone selama ini?

    Yang paling mendekati aja Pak, saya tahu bahwa tidak ada produk yang sempurna, juga saya tahu ada harga ada rupa.
    Ini akan menjadi teman Pureshot saya yang baterainya cepat habis. Hehehe.. Kalo performa sih, bolehlah Pak, gak ngecewain juga kok si Pureshot ini.

    Makasih ya Pak atas sarannya.

    1. Pak Vicky,

      Yang paling sesuai dengan kriteria itu si Lenovo Vibe P1 Turbo. Harga baru sekitar Rp 3,7 juta.

  193. Pak HSW, secara keseluruhan tanpa melihat kemampuan kompatibilitas 4G LTE yg dimiliki pureshot, lebih pilih mana antara Asus Zenfone 2 laser ZE500KL dengan Hisense Pureshot ?

  194. Dear Pak Herry,

    Karena Lenovo Vibe P1 Turbo harganya masih mahal, malahan banyak yang menjual di harga Rp 4 juta, apakah worthy bila pilihan tsb saya alihkan ke Polytron Zap 6 Power?

    Tapi kurang gegas ya, Pak? Hahahahaha…. Dan apakah removable battery?

    Tanya-tanya dulu saran Pak Herry, gak apa-apa kan, Pak. Karena sungguhan sedang mencari smartphone yang gegas dan kuat baterai namun harganya bersahabat untuk para pembeli ekonomi pas-pasan. Hahahaha…

    Tks a lot.

    1. Pak Vicky,

      Harga Lenovo Vibe P1 Turbo mestinya tak sampai Rp 4 juta. Terakhir sudah Rp 3,7 jutaan. Bahkan, saya lihat ada yang sempat menjualnya Rp 3,5 juta untuk varian warna tertentu.

      Wah, kalau pindah ke Zap 6 Power, ya beda kelas deh. Sensasi pemakaiannya beda banget.

      Zap 6 Power pakai baterai tanam.

  195. malem koh,akhirnya buat mengganti zenfone 2 laser ZE500KG saya yg belum LTE dan memori sesak,saya malah membeli pureshot second seharga 1,4 juta (di jogja),fullset mulus,dan kebetulan penjualnya ngerti hape dan ramah (lho malah curhat) ? sekedar saran,utk yg bertanya kenapa notif socmed tdk masuk,berdasarkan pengalaman saya mungkin ada 3 sebab:
    1) battery saver dalam keadaan on,shg app yg berjalan di background dikurangi dan akhirnya notif tdk muncul
    2) app itu ikut dibersihkan saat boost RAM.solusinya,buka aplikasi -> tekan softkey recent apps -> pd ikon app yg dimaksud,slide ke arah bawah (kalo slide ke atas berarti menutup) -> akan muncul tanda gembok,yg berarti app itu akan terus berjalam di background,bahkan jika anda menutup dg slide ke atas maupun melakukan boost RAM.utk mengunlock,slide ke bawah pd ikon app di recent apps lagi,ikon gembok akan hilang…
    3) internetnya saja yg lemot,jd pesan2 datang terlambat ?
    makasih koh,kalo bs mungkin hal ini disampaikan juga pd commenter lain yg bertanya hal semacam ini,krn saya lihat cukup banyak yg menanyakan hal ini

    1. Pak Rafie Mohammad,

      Terima kasih informasinya. Saya malahan tidak terpikir poin pertama karena pengaturan itu default-nya tidak aktif.

  196. Dear Pak Herry,

    Anda sangat membantu saya dengan saran bahwa tidak bisa membandingkan antara Lenovo Vibe P1 Turbo dengan Polytron Zap 6 Power (kastanya beda).

    Namun Vibe P1 Turbo kan pakai nano sim card ya?? Apakah ini mudah bagi saya yang suka ganti sim card tiap bulan dengan provider yang sedang promo, buat kebutuhan berinternet bukan bertelepon. Misalnya akhir-akhir ini saya cinta banget sama IM3 Ooredoo yang dengan harga Rp 25 ribu sudah bisa dapat 10 GB for 4G dan 300 MB for 3G.

    Kebutuhan internet saya buat email, whatsapp dengan saya daftarin nomor simpati saya (yang masih mini sim card), buat browsing detiknews, google, baca blog.

    Nah gampang gak sih Pak, kalau saya ganti sim card ke ukuran nano tersebut? Padahal saya gak punya sim card cutter dan aku gak tahu penjual mau gak tuh bantuin untuk motongnya…

    Satu lagi Pak, di Jakarta, dimana sih, saya bisa menjumpai penjual Vibe P1 Turbo seharga Rp 3.5 juta.
    Ada ndak Pak di Roxy Mas?? Toko real yang bukan online.

    Makasih Pak.

    1. Pak Vicky,

      Berganti ke nano SIM gampang kok. Ada dua cara mudah:
      * Mampir ke kantor layanan operator dan tukarkan kartu lama Anda dengan nano SIM.
      * Anda menuliskan tiap bulan ganti kartu SIM. Nah, saat beli kartu SIM baru itu, sekalian saja meminta penjual menyiapkan nano SIM yang siap pakai. Entah dengan dipotong atau cara lain.

      Vibe P1 Turbo Rp 3,5 juta? Saya tak tahu siapa yang memasang harga segitu di Jakarta. Kalau di Surabaya, kebetulan sempat ada toko yang akan habiskan stok. Karena itu mereka rela memangkas harga jual.

  197. Dear Pak Herry,

    Saya tidak mengganti mini sim card saya ke nano sim card di gerai operator, karena saya pikir kalo saya mau memasukkannya kembali ke HP yg pakai mini sim card saya akan menemui kesulitan. Begitu sih Pak. Anda punya masukan saran ke saya, Pak, guna mengatasi hal ini?

    Makasih 🙂

    1. Pak Vicky,

      Saya menyarankan, setiap kali berganti ukuran kartu SIM, lebih baik Anda meminta kartu baru di kantor layanan operator.

      Alternatif lain sebenarnya membeli SIM card adapter. Namun, pemakaian aksesori itu berisiko membuat kartu tersangkut di selot kartu SIM. Jadi, lebih baik Anda mengabaikan alternatif ini.

  198. pak maaf OOT minta saran budget maksimal Rp 2 juta apakah saran anda untuk gadget gegas 4G? apakah Infinix Note 2, Hisense Pureshot atau yang lain? terima kasih

    1. Pak Bescorpio,

      Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, silakan beli Infinix Note 2.

      Kalau Anda lebih mementingkan kinerja kamera, silakan beli Asus Zenfone 2 Laser.

  199. Hasil kameranya sebanding andromax r2 ea om
    Atau lebih baik
    Klo dibanding zenfone max dan redmi note3
    Lebih bagus mana hasil kameranya
    Klo diliat dari harganya
    Lebih pilih zenfone max.redmi note3 atau hisense pureshot

    1. Pak Ari,

      Setara.

      Kecepatan pemfokusan lebih bagus Zenfone Max, tetapi hasil akhirnya Pureshot+ unggul tipis. Redmi Note 3 di bawah dua ponsel itu.

      Kalau Anda mementingkan hasil kamera dan kegegasan ponsel: Pureshot.
      Kalau Anda mementingkan kamera dan daya tahan baterai: Zenfone Max.
      Kalau Anda mementingkan daya tahan baterai dan kegegasan, dengan mengabaikan kinerja kamera: Redmi Note 3.

  200. pak Herry, apakah Asus Zenfone 2 Laser mendukung OTG?
    sepertinya budget saya naikkan ke maksimal Rp 2,5 juta kalau bisa selain Infinix Note 2 soalnya saya sudah punya hehehe
    kriteria yang saya inginkan 4G gegas, bisa pakai data Smartfren, baterai besar, support OTG dan fast charging
    makasih pak 🙂

    1. Pak Bescorpio,

      Saya lupa pastinya. Sepertinya bisa USB OTG.

      Wah, kalau kriterianya mau kayak gitu, ya minimal Lenovo Vibe P1 Turbo. Namun, harganya nggak boleh Rp 2,5 juta.

  201. waduh pak mahal sekali Rp 3,847 k (Lazada), yang lain apa pak? yang RAM nya 2 GB aja saya kira cukup, kamera gak usah bagus2

    1. Pak Bescorpio,

      Wow… ternyata masih berani belanja di Lazada ya.

      Oh, kalau begitu, silakan turun ke Infinix Note 2. Harga kurang dari Rp 2 juta.

  202. Berarti kamera zenfone max cuma unggul di laser autofokusnya aja
    Jadi lebih bagus andromax r2 dong kameranya
    Klo secara keseluruhan
    Lebih pilih andromax r2 atau zenfone max

    1. Pak Ari,

      Tolong ketikkan ulang dulu komentar Anda. Gunakan tanda baca yang jelas. Sebab, saya bingung manakah yang bersifat pernyataan, mana pula yang pertanyaan. Merek dan tipe ponsel harap disebutkan lengkap.

      1. Om HSW…
        Hisense pureshot apa jika mau tetap pake kartu Smartfren untuk internet apa harus dipasang di slot SIM 1, pasalnya saya pernah coba di sim 2, muncul warning jika sim smartfren diutamakan ada di slot SIM 1.
        TRIms.

        1. Pak Win Ok,

          Nomor Smartfren tidak harus dipasangkan di SIM1. Anda bisa memasangkannya ke SIM2, tetapi pengaturan jaringan untuk SIM2 di ponsel harus diganti menjadi global dulu.

  203. jangan Infinix Note 2 lagi donk, yang lain aja, kan sudah punya, kalau bisa spek nya mendekati Infinix Note 2, yang penting baterainya mumpuni, sempat kepikir Flash Plus 2, atau Infinix Hot S atau apa yah? Hisense Pureshot +? Xiaomi Redmi Note 2 Pro?

      1. Mungkin mengerucut ke Hisense Pureshot aja, dengan pertimbangan stok banyak di gerai Smartfren, tidak seperti gawai2 yang saya sebutkan di atas. Sebenarnya ini untuk istri saya sebagai ganti Xperia M Dual yang seringkali hang. Bagaimana menurut anda pak?

        1. Pak Bescorpio,

          Stok Pureshot di Galeri Smartfren justru sudah kosong. Silakan membelinya di pusat perbaikan resmi Hisense.

  204. Kamera asus zenfone max
    Apakah cuma unggul di laser autofokus aja
    Dan untuk hasil kameranya belum sebagus mi4i
    Dan lebih bagus mana
    Hasil kamera zenfone max dibanding andromax r2

    1. Pak Ari,

      Silakan ketikkan ulang dulu dengan menambahkan tanda baca yang tepat sesuai kebutuhan. Sebab, mana yang pernyataan dan mana yang pertanyaan kurang jelas nih.

  205. Bukanya prosesor hisense pureshot
    Dibawah mi4i kok bisa lebih gegas
    Secara keseluruhan lebih bagus mana
    Hisensen pureshot sama mi4i

    1. Pak Ari,

      Lha itu yang saya rasakan dalam pemakaian sebenarnya kok, bukan hanya membaca spesifikasi di atas kertas.

      Kamera lebih bagus Mi 4i. Namun, secara keseluruhan, Pureshot lebih unggul.

  206. Gini loh om
    Hasil kamera zenfone max
    Apakah sebagus mi4i
    Dan lebih bagus mana hasil kameranya
    Antara andromax r2.mi4i dan zenfone max

    1. Pak Ari,

      Sekali lagi, gunakan tanda baca yang jelas saat mengirimkan pertanyaan.

      Kamera Mi 4i lebih bagus. Urutan berikutnya Andromax R2 baru Zenfone Max.

  207. Jadi kesimpulanya klo nyari kamera yg bagus. pilih xiaomi ea.jngan beli asus dan lenovo walau resolusi sama tapi hasilnya beda

    1. Pak Ari,

      Eits… nggak bisa disimpulkan begitu. Mesti dilihat dulu Xiaomi-nya tipe apa, Asus-nya tipe apa, dan Lenovo-nya tipe apa.

      1. Om HSW..
        Apa benar stok pureshot di galery Smartfren kosong,kondisi itu berlaku disemua daerahkah ?
        Apa alasan stok kosong,apa akan di discontinue.

        1. Pak Win Ok,

          Ya. Namun, di toko-toko biasa dan pusat perbaikan resmi Hisense masih ada kok.

          Kosong karena masa kerja sama untuk penjualan Pureshot dan Pureshot Plus telah berakhir. Setelah ini akan ada kerja sama baru untuk penjualan ponsel Hisense tipe baru.

          1. saya juga mengalami hal yg sama, pureshot sudah tidak dijual lagi di galeri smartfren meskipun stok masih ada.
            kalau beli online bagaimana ya Pak HSW? ada saran?

          2. Pak Bimz,

            Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

            Ya silakan saja beli online. Btw, karena harganya tidak kunjung turun, padahal teman-teman yang sekelas sudah menurunkan harga, menurut saya, Pureshot kini sudah kurang menarik. Lebih asyik Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.

  208. Om HSW…
    Di pureshot apa ada pengaturan kartu SIM untuk pesan masuk/sms supaya masuk di sim 2 . Apa kartu Smartfren harus dipasang di slot SIM 1 ,saya pernah pasang di slot 2 tp muncul warning klo kartu CDMA diutamakan di slot SIM 1.

    1. Pak Win Ok,

      SMS bisa masuk ke SIM1 maupun SIM2 kok.

      Kartu Smartfren boleh dipasangkan ke SIM2, biarpun lebih direkomendasikan di SIM1. Namun, jangan lupa mengubah pengaturan ke global ya.

  209. Ma’af ko HSW pertanyaan saya di atas sudah Anda jawab di kolom lainya . Saya dh cek di kolom sebelumnya.trims.

  210. Salam pak HSW,

    Menurut pendapat pribadi pak HSW, diantara 2 hp berlayar 5″ berikut. Manakah yang lebih baik kinerjanya dari segala sisi. Pureshot vs Zenfone 2 Laser (ZE500KL). terima kasih.

    1. Pak Tendy,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

      Pureshot menang tipis. Namun, dengan memperhatikan harga terakhir dua ponsel itu, saya lebih memilih ZE500KL.

  211. Pureshot turun harga, di website smartfren sekarang harganya menjadi Rp. 1.799.000.
    Setelah turun harga, Hisense Pureshot vs Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL, mana yang menurut Pak Herry lebih layak dibeli ? Terimakasih.

  212. Oom Herry,

    maaf oot. antara Hisense Pureshot 5?, Vibe K5, Vibe K5+, Asus ZE500KL (Laser 4G) mana yang disarankan ? Atau ada merek dan tipe lain di kisaran harga sama yang belum tak sebutke ? Sebenarnya cari HP yang all rounder yang 5″ tapi 5.5″ juga gak papa

    a. ZE500KL > prosesor tahun lalu (apalagi snapdragon 410 yang sekarang diturunkan jadi 1 GHz) apa masih worthed ? Apa yang versi terbaru ini support USB OTG ? Cari-cari barangnya juga susah (gak tahu yang susah ini yang versi lama atau versi “lite”). Terakhir tanya hargaya 1.8

    b. Pureshot > after salesnya bagaimana ya ? Bagus mana dengan Lenovo ? kalau dengan LG dan Samsung seberapa jauh bedanya ? Masih up to date dan worthed gak ini HP ya Om ? Kemarin lihat di Smartfren harganya 1,8. Sayang gak support USB OTG.

    c. Vibe K5 dan K5+ beda harganya nya sedikit (2 vs 2.2 vs 2.5). Apa K5 juga support smartfren di 800 dan 2300 MHz ? Apa kelemahannya di layar juga seperti K5+ ? Rasanya kok seperti kemahalan bila dibandingkan Pureshot. K5 seperti gak ada nilai lebihnya dibandingkan Pureshot selain USB OTG. Apa sebaiknya langsung K5+ saja

    d. Kalau keempatnya dibandingkan dengan Zenfone 3 Max, plih mana akhirnya ? (sayangnya mediatek bukan snapdragon). Urutin ya Om.. all rounder

    1. Pak Pruistin,

      Tolong diperhatikan. Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan diulang-ulang. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama Anda.

  213. Holla Pak Herry,

    Ini pertanyaan oot sebenarnya, namun saya merasakan jawaban Bpk dapat mencerahkan kalo saya nanya ke jenengan.
    Pak, kok Indosat yg saya sering pakai buat berinternet dua hari ini kok cuma bisa sampai E ya? Biasanya mampu sampai 4G. Saya bingung banget ni pak, uda sekian kali restart dan masuk ke menu data usage ataupun dual card setting. Everything is okay, but why only E always?

    Thank you Pak.

    1. Pak Vicky,

      Layanan 4G LTE Indosat akhir-akhir ini memang sedang sangat jelek. Namun, seharusnya tak sampai turun menjadi tinggal E saja.

      Kalau Anda sudah mengecek seluruh pengaturan dan yakin benar, mungkin di lokasi Anda layanan akses data Indosat sedang superjelek. Jadi, jangankan 4G LTE, 3G pun nggak dapat.

  214. dear koh herry
    kalo hisense pureshot+ ini saat ini apa masih bisa direkomendasikan? atau sudah ada rekomendasi lain dengan harga yang sepantaran?
    sekarang harga pasarannya berapa ya?

    1. Pak Donny Andrean,

      Sudah nggak menarik sih. Kalau pun tetap mau beli, mending beli Pureshot biasa. Yang tanpa plus.

      Harga Hisense Pureshot Rp 1.799.000, sedangkan Pureshot+ Rp 2.199.000.

  215. Pak Herry Yth,

    Kalo infinix note 2 masih baguskah Pak, untuk orang tua ku yang berusia 66 tahun. Pengen deh ngasih ini ke papa, mama ku, supaya bisa whatsapp an dengan mudah murah meriah.

    Secara mereka gaptek. Tapi saya mau ngajarin whatsapp an, dan kalo buat telponan kan batere kuat, ya Pak.

    Saranin ya Pak.

    Atau adakah smartphone lain juga hp biasa yg bisa bantu akomodir kebutuhan saya?

    Makasih Pak.

    1. Pak Vicky,

      Yang dicari berarti layar besar dan baterai awet ya? Kalau iya, Infinix Note 2 layak dibeli.

      Ponsel biasa (feature phone) tidak saya rekomendasikan untuk ber-WhatsApp.

  216. hisense ga ada ya di eraphhone terus adanya dimana ya?

    sma tnya dong hisense pure shot+2 udah ad di indo belom ya? klo ad mngki. bida bntu review koh

    1. Pak Fahmi,

      Erafone, bukan Eraphoone. Setahu saya, ponsel Hisense belum dijual di Erafone.

      Pureshot+ 2 sudah beredar resmi di sini. Saya belum pernah mencobanya sehingga tak bisa melakukan review.

      1. ya maksudnya erafone koh,, harganya pureshot+ 2 berapa ya ?
        gda niatan buat meriew hh tersebut ?

          1. kalau begitu bisa di rekomendasikan hape dengan maks budget 3.5 juta dengan kamera yang cukup baik ?

          2. Pak Abdul Wahid Al Fahmi,

            Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Tak perlu dikirimkan ke posting berjudul A, lalu ke posting berjudul B, dst.

            Silakan cek jawaban saya di tempat Anda kali pertama mengirimkan pertanyaan.

  217. ada kok di Erafone Mall Pondok Gede, tapi sewaktu saya menanyakan lagi ternyata sudah ditarik, terus saya ke Mall Cempaka Mas dan Hisense Pureshot masih ada di toko2 biasa dan harganya Rp 2 juta gak bisa kurang, akhirnya pilihan bergeser ke Asus Zenfone 2 Laser 5″ seharga Rp 1,85 juta

    1. Pak Bescorpio,

      Erafone jualan Hisense (bukan Andromax buatan Hisense)? Wah, saya baru tahu. Thanks infonya.

  218. Dear pak Herry,

    Baru baca thread ini beberapa hari lalu. Surprise krn sudah dimulai pertengahan tahun kemarin smp sekarang msh eksis. Dan surprise krn bpk selalu menjawab pertanyaan dg sabar. Pak Herry, saya juga tertarik beli pureshot. Pertanyaan saya :
    1. Sama dg pertanyaan rekan diatas. Kl salah 1 slot dipakai smartfren yg cdma (blm 4G) utk telepon saja, slot lain bs tdk utk GSM sampai 4G? Telpon dan internet.
    2. Kalau memang GSM hanya smp 2G, sy pakai telkomsel internetan worth it gak pak? GSMnya jg bs buat telpon? Paket apa yg cocok? Sy tinggal di pinggiran probolinggo. Tp dulunya dr Surabaya.
    3. Dimana beli hisense pureshot di sby? Sama ga beli dr galeri smartfren atau non smartfren?lg mau telpon2 dr probolinggo sebelum meluncur ke sby. Jadual tdk mesti soalnya.

    Mohon bantuannya ya pak. Makasih atas kebaikannya.

    1. Pak Tatok Fara Fachrio,

      1. Benar. GSM-nya cuma bisa 2G. Tidak bisa 3G atau 4G.

      2. Saya tak tahu kondisi di Probolinggo seperti apa. Kalau di Surabaya, berinternet via 2G Telkomsel sangat membuat emosi. Rasanya ingin membanting ponsel karena lambat banget. GSM-nya bisa dipakai telepon. Paket apa yang cocok? Tergantung kebutuhan Anda sih.

      3. Bisa membeli di Galeri Smartfren, pusat perbaikan resmi Hisense, atau toko-toko ponsel biasa. Sama saja kok.

  219. dear pak Herry,

    baru baca thread ini beberapa hari lalu. surprise karena sudah dimulai sejak pertengahan tahun kemarin dan masih eksis sampai sekarang. dan surprise karena bapak selalu menjawab pertanyaan dg sabar dan jelas. semoga diberi pahala deh. saya juga ingin beli hisense pureshot yg 5″. pertanyaan saya :

    1. kalau 1 slot saya kasi cdma smartfren (belum 4G) dan hanya untuk teleponan, slot yg lain GSMnya cuma 2G saja ya? ga bisa smp 3G atau 4G?
    2. paket internet GSM apa yg worth it hanya untuk 2G pak? saya tinggal di pinggiran probolinggo. dulu dr Sby juga. biasanya sih untuk WA, BBM, browsing. sedikit streaming.
    3. dimana ya beli pureshot di Sby? maksud saya telpon2 dulu dr probolinggo sebelum meluncur ke sby. maklum tdk selalu bisa kesana. apakah beli di galeri smarftren dan toko hp yg umum ada bedanya? takutnya di galeri di-lock.

    mohon jawabannya segera ya pak. anyway, terima kasih banyak atas nasehatnya.

    1. Pak Tatok,

      Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja ya. 🙂

      1. Sudah terjawab di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

      2. Hmmm… kalau dipakai streaming segala, jangan 2G deh. Bisa emosi nanti. Kalau boleh tahu, apakah Anda rutin memakai nomor Smartfren?
      * Kalau iya, saya sarankan berinternet via Smartfren saja. Migrasikan nomor lama Anda ke 4G LTE Smartfren. Nomornya tidak berubah kok.
      * Kalau tak rutin memakai Smartfren, saran saya, tak usah memasangkan kartu Smartfren ke Pureshot. Pasangkan nomor GSM saja sehingga minimal Anda bisa berinternet via 3G.

      3. Sudah terjawab di pertanyaan pertama yang Anda kirimkan. Beli di mana pun sama saja. Semua Pureshot berstatus unlock. Tak ada yang di-lock.

      1. dear mas Herry,

        iya minta maaf. saya kira comment yg pertama tdk ter-upload makanya saya ketik lagi. sori gaptek. hehe..
        1. hp ini sebenarnya buat istri. sampai saat ini dia pakai bb cdma smartfren dan samsung telkomsel dg internet. maksud saya biar 1 HH aja. masalahnya kalau dibawa ke pelosok, smartfren sering ilang sinyalnya. brarti beli hisense di galeri smartfren pun tdk unlock ya? ga perlu ke non galeri?
        2. oya 1 lg. disitu kan ada scheme no.1 yaitu slot 1 smarftfren, slot 2 telkomsel (misal). trus settingan ke-2 yaitu smartfren cdma hanya untuk telp dan sms, yg gsm bisa telpon, sms dan internet 2G. apakah mensetting spt itu hanya via software? jadi kalau suatu saat mau saya kembalikan ke settingan ke-1 smartfren full 4G dan telkomsel cuma telp dan sms cukup setting software? tanpa mematikan hp? kalau bisa gimana caranya ya mas?

        maaf mas kebanyakan tanya. makasih sebelumnya infonya.

        1. Pak Tatok,

          Ok.

          1. Benar, beli Pureshot di Galeri Smartfren pun statusnya tetap unlock kok.

          2. Ya. Tinggal pencet-pencet di menu ponsel. Kelak setelah membeli ponsel itu, silakan membaca buku panduan yang disertakan.

  220. sekedar share galeri smartfren di solo tepatnya solo grand mall masih jual hisense purshot, btw makasih reviewnya pak herry sangat membantu

  221. Om Hsw….
    Sekarang harga Pureshot 5″ 1,799 jt sudah turun hampir 200rb. 4 bulan lalu saya beli masih 1.999 jt.
    Pertanyaanya klo ada gawai mengalami penurunan harga seperti itu apa alasanya, sudah jarang diminati,banyak pesaing baru apa strategi pemasaran saja. apa kedepan bisa turun lagi harganya.
    terima kasih.

    1. Pak Win,

      Ada banyak faktor. Penyebabnya kadang kombinasi dari beberapa faktor itu. Apa saja?
      * Penjualan stagnan.
      * Akan muncul tipe baru di segmen yang sama atau hampir sama.
      * Kompetitor menurunkan harga.
      * Pasar lesu.

      Apakah bisa turun harga lagi? Bisa saja. Mungkin pula tidak turun harga, tetapi langsung diskontinyu.

  222. Om hsw…
    Ada pembaca diatasi bilang beli Pureshot dapet tambahan garansi 6 bulan jadi : 18 bulan,dapet bonus soft case original.
    Itu belinya di hisense center apa dipusat service center. Alamatnya dimana untuk wilayah Jabodetabek.
    TRIms.

  223. kira – kira di WTC, toko mana saja ko yang masih ada stok hisense pureshot bergaransi resmi?
    soalnya habis liat hisense pureshot dengan garansi distributor di olx.
    Terima Kasih ko Herry, semoga sehat selalu

  224. Pak Helmy,

    sudah pernah datang ke service center Hisense di depan RS Siloam Surabaya? 1 bulan yg lalu saya beli disitu. emang sudah habis?

    1. Pak Helmy,

      Telpon dulu aja pak. Tanya barang stok atau tidak. Nomernya saya lupa. Gerainya ga ada nama hisense tapi smartfren.

    1. Pak Bernardus Leonardo,

      Iya, memang turun. Saya sempat menginformasikannya via Twitter.

      Tak tahu bagus atau tidak. Lha saya belum pernah coba. Tak ada rencana review.

  225. Pak Herry SW,

    Sekarang harga hisense pureshot plus sudah turun jadi Rp 1,5 juta, untuk saat ini apakah masih layak beli?
    Atau ada rekomendasi smartphone lain yg setara hisense pureshot plus ini dg harga maksimal Rp 1,5 juta?

    1. Pak Imam,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Layak.

      Dengan anggaran segitu, silakan melirik Pureshot (bukan Pureshot+) Rp 1,299 juta.

    1. Pak Nur Haryadi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Betul. Paling mudah carilah di Galeri Smartfren.

  226. Dear Pak HSW,

    ketemu lagi nih….
    kali ini mau belikan ortu, kayanya nih hisense pureshot + cocok, karena murah dan reviewnya ajibbb

    – boleh tahu kenapa jawaban diatas mending beli yg pureshot 1,299jt? dibanding yg plus 1,499jt
    – kalau beli di lazada itu garansinya resmi ya Pak?
    – 4 kalau beli di lazada itu tanpa smartfren, apakah 4g nya bisa langsung dipakai ya Pak?
    – seperti biasa alat kalibrasi saya adalah zenfone laser 2, overall bagaimana bila dibandingkan Pak? Pureshot vs ZE500 KL (please faktor harga dicoret)

    Thank you sebelumnya ya Pak, maaf selalu tanya terus sebelum membeli hp, hehe sudah kebiasaan minta advis Pak HSW lebih dari 12 tahun nih….hehehehe

    1. Pak Indra,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      * Karena lebih enak digenggam dan dikantongi. Perbedaan utama spesifikasi dua ponsel itu hanya di layar kok.
      * Masih berani belanja di Lazada? Mestinya sih bergaransi resmi. Saran saya, mending beli di Galeri Smartfren deh.
      * Bisa. Mau beli di mana pun, Pureshot-nya tetap berstatus unlock. Siap dipadukan dengan operator 4G LTE apa pun.
      * Imbang banget.

    1. Pak Arianto,

      Asalkan selot SIM2 tidak diisi kartu Smartfren atau nomor GSM yang dimasukkan ke jaringan 3G/4G, jawabannya bisa.

  227. Dear Pak Herry,

    Saya masih sering ngikutin perkembangan Pureshot. Harga HP tuh begini ya Pak, turun drastis dari Rp 1,999 juta saat saya beli sekarang cuma Rp 1,3 juta. Oh 600 ribu itu sesuatu banget. Oh jlebbb banget…
    Cuma harga rumah dan tanah ya Pak, yg malahan slalu naiiikkk terusss..

    1. Pak Vicky,

      Seingat saya, urutan harganya begini: Rp 2,699 juta –> Rp 1,999 juta –> Rp 1,799 juta –> Rp 1,299 juta.

  228. Pak Herry mau tanya ya,

    1. Apakah hisense pureshot yg turun harga menjadi Rp 1,299 juta hanya ada di kota tertentu? Atau apakah ada jg di kota lain misalnya Pekanbaru?

    2. Apakah hisense pureshot masih cukup mumpuni utk pemakaian 1 tahun ke depan?

      1. Pak Herry,

        1. Saya tertarik utk upgrade dari Lenovo A2010 ke Pureshot Pak. Terlebih utk kamera dan konektivitas 4G. Apakah menurut Bapak hal ini sudah tepat?

        2. Kalau A2010 saya jual kira-kira dapat harga berapa skrg ya Pak? Kelengkapannya masih seperti pertama beli, charger, kabel usb, headset, kotak, ditambah dgn anti gores kaca & hard case motomo. Saya beli di akhir bulan Februari. Kira-kira bisa dapat harga berapa ya Pak kalau saya jualnya ke:
        -konter hp
        -orang pribadi/teman

          1. Satu lagi ya Pak,

            Kemaren saya ada baca di berita online kalau Redmi 4A katanya akan masuk resmi ke Indonesia dgn harga Rp 900 ribuan, skrg sedang proses perizinan di postel. Saya jadi kepikiran Pak. Hehehe.
            1. Apakah Pak Herry mengetahui kepastian berita ini? Kalau misalnya memang masuk resmi, kira-kira bulan berapa Redmi 4A akan mulai tersedia dan pasar?

            2. Jika Redmi 4A jadi masuk resmi, apa ada rencana menguji pakai Pak?

            3. Menurut Bapak lebih baik upgrade ke Pureshot atau tunggu Redmi 4A?

          2. Pak Pahala,

            Redmi 4A sedang dalam proses perizinan memang benar. Namun, harganya bukan Rp 900 ribuan deh. Harga itu adalah harga di Tiongkok. Jadwal dan harga jual di sini belum diketahui.

            Ya, kalau masuk resmi, saya akan uji pakai.

            Karena Redmi 4A masih serbabelum pasti, mending ambil Pureshot deh.

          3. Beberapa hari yg lalu saya sudah tanya ke galeri Smartfren Pekanbaru tp ternyata stok Pureshot habis Pak, yg ada stok itu Pureshot+. Itupun katanya tinggal 1 saja.
            Sepertinya saya batal upgrade karna dana tidak cukup Pak.
            Terimakasih atas tanggapannya ya Pak.
            Sukses selalu utk Pak Herry dan ponselmu.com

  229. Pak Herry SW Yth…

    Terima kasih untuk responnya, gpp meski sedikit terlambat, mengingat kesibukan njenengan yang begitu padat.
    Mohon maaf, mau tanya lagi, kira2 kalo dibanding dengan infinix atau xioami atau merk lain dengan rentang harga sama (sekitar 1,2 s/d 1,7 jt) apakah Pureshot ini paling rekomended.

    Terima kasih..

  230. Dear Pak Herry,

    Pureshot ini akankah dapat upgradean ke Marshmallow? Mungkin mungkin Pak Herry tau mengenai hal ini? Makasih Pak.

    Oh iya, apa sih Pak keunggulan utama Marshmallow dibandingkan Lolipop?

    1. Pak Vicky,

      Tak tahu.

      Fitur keamanan lebih diperhatikan. Lalu di sebagian ponsel microSD bisa dianggap sebagai memori internal.

  231. Pak Herry yth…

    Saya cukup puas dengan hisense pureshot…terutama dilihat dari segi harga dan performance nya, rencananya saya mau ngambil lagi satu buat anak saya.namun kemudian sy mempertimbangkan beli sony z1 compact yg bekas (krn jelas2 camera nya lebih bagus 20 mp dan tahan air juga) kalau di pasaran sekitar 1.3 sd 1.5 jt . menurut pak Herry rentang sd 1.5 jt mendingan beli lagi hisense pureshot yg baru atau beli sony z1 compact bekas? atau adakah saran lain di rentang har ga segitu. terimakasih

  232. Pak Herry, saya mau upgrade Acer Liquid Jade dg Hisense Pureshot, layak kah?
    Ini Acer Liquid Jade boros baterai dan belum4G, tp kamera lumayan oke

    1. Pak Mas Miftah,

      Layak. Daya tahan baterai sih tidak meningkat signifikan. Namun, Pureshot mendukung 4G LTE dan terasa lebih gegas.

  233. Cak Herry,

    menurut cak Herry, jika harus memilih hisense pureshot+ dengan harga 1.499.000 dengan flash plus 2 (2gb, 16gb) dengan harga 1.699.000 lebih menguntungkan mana dari price to performance.

    Salam ciamik soro

  234. Om hsw…
    Pureshot digalery Smartfren sekarang harganya 1,299 jt , bulan Juni lalu masih 1,999 jt.
    Turun drastis kenapa y ko hsw…?
    Tetep ada garansi kan ?
    Mending pilih Pureshot atau Pureshot+ dengan harga sekarang.
    Terimakasih.

  235. Halo Pak HSW,
    Akhirnya sdh mengangkut pureshot+, buat ortu, memang material casing kalahbsih ama asus, tp semoga jeroannya top.

    Mau tanya, ini lag open box kutrial pakai indosat 4g, di layar.muncul sih logo 4g, 1-2 bar, kadang turun 3g. Sebelum install account, aku coba browsing kok ga bisa ya? Dikonek wifi lancar……sampai bbrp kali.

    Trus kartu indosat dikembalikan ke zenfone, dpt 4g 1-2 bar juga, tp browsing lancar bgt.

    Mohon info kira2 kenapa ya Pak? Apakah krn blm set google account atau ada masalah perangkat ya?

    Terima kasih sebelumnya

    1. Bu Nanda,

      Tergantung garansi distributor yang dimaksud seperti apa. Kalau garansi distributor resmi, itu berarti sama dengan garansi. Kalau garansinya distributor tidak resmi, nah… itu baru beda. Layanan purna jual dan kualitasnya tidak bisa dijamin.

      Dalam pantauan saya, Pureshot belum ada digaransi distributor tidak resmi. Jadi, biarpun Anda membeli unit yang dibilang bergaransi distributor, itu seharusnya tetap garansi resmi.

  236. Dear Pak Herry,

    Dimana sih Pak beli Pureshot seharga Rp 1.3 juta? Saya amati tokopedia, malahan masih Rp 1.9 juta. Saya ingin menghemat ongkos bensin ke Roxy Mas. Apabila di galeri Smartfren atau di pusat perbaikan resmi Hisense dijual seharga Rp 1.3 juta, saya pertimbangkan hendak kesana, membelikan sebuah untuk keluarga tercinta, karna hemat Pak untuk komunikasi pakai WA dibandingkan telpon pulsa. Kemudian orang tua bisa menghindari pikun dengan baca-baca sumber berita di internet.

    Adakah Bapak mengetahui dimanakah penjual yang menjual Pureshot baru, bergaransi resmi, seharga Rp 1.3 juta tsb?

    Makasih ya Pak.

    1. Pak Vicky,

      Silakan berburu di Galeri Smartfren.

      Anda sepertinya di Jakarta ya? Kalau di Surabaya sih bisa saya bantu temukan.

    2. Sekedar info, di galeri smartfren memang murah tp di bandung stock kosong smua, sya cari2 di toko2 hp jg pda kosong akhirnya sya dpat di butik dukomsel bandung. Yg 5inchi lebih mahal katanya srock lama 1,8jt, yg 5,5inchi 1,599 diskon jd 1,520. Akhirnya sya ambil yg puteshot+ nya karena lebih murah. Kesan pertama memang ni hp ok banget. Terima kasih pak herry atas rekomendasinya.

  237. Dear Pak Herry,

    Saya di Jakarta Barat Pak. Pak, saya tertarik yg jual Lenovo P1 Turbo second seharga Rp 2,55 juta. Bisa COD, garansi masih panjang s/d Oktober 2017. Saya naksir karena batere kuat, tapi nabungnya mesti ngencengin ikat pinggang sampe udah nyesek banget 🙂
    Rencana Pureshot saya, mau saya kasih ke keluarga saja supaya mereka bisa WA sama saya untuk banyak hal penting, pulsa bisa dihemat banget di zaman serba susah macam sekarang, hahaha…

    Pak, minta petunjuk sarannya ya, hal-hal apa yang sangat perlu diperhatikan saat mengecek HP second (P1 Turbo), biar enggak dikibulin. Apabila Bapak berkenan, sudi kiranya dijabarkan satu persatu. Ini pengalaman pertama banget (rencananya) seumur-umur beli hp bekas.
    Dan apabila ada teman-teman disini yang juga mau share ke saya, wah makasih banyak lho.

    Satu lagi, apakah slot duanya hybrid dengan sd card? Juga ini gak bisa 4G dan 3G ya Pak, kaya Zenfone 2 itu tuh 🙂

    Makasih banyak Pak.

    1. Pak Vicky,

      Tak ada cara khusus sih. Cek kelengkapannnya, termasuk kartu garansi. Berikutnya lakukan pengecekan kondisi fisik. Kalau lulus, cobalah fitur-fitur dasar ponsel itu, mulai dari telepon, Wi-Fi, kamera, hingga konektivitas internet.

      Bukan hybrid. Jadi, ada dua selot nano SIM dan satu selot microSD. Tidak bisa 4G/3G dan 3G. Ketika salah satu nomor masuk ke jaringan 4G atau 3G, satu nomor yang lain akan terkunci di 2G.

  238. pak mau tanya, di smartphone Hisense Pureshot ini tidak ada note atau MS. Office? lalu bagaimana cara memasang micro SD card ke dalam slot memori? saya bingung sekali bagaimana memasukkannya 🙁

    1. Bu Mia,

      Tak ada. Namun, Anda kan tinggal mengunduhnya dari Play Store. Mudah sekali kok.

      Cara memasang kartu microSD ya tinggal menyelipkannya ke selot yang tersedia.

  239. siang bang Herry
    di tinjau dari performa keseluruhan apakah ada perbedaan antara PureShot vs PureShot Lite? boleh di jabarkan perbedaannya & bila di rekomendasikan layak dibeli yg mana? Terima Kasih.

    1. Pak Ade yang baik hatinya,

      Saya belum pernah mencoba Pureshot Lite. Seharusnya sih kinerja ponsel itu lebih rendah daripada Pureshot.

  240. halo Koh Herry, tolong tanya tentang pureshot:
    1. saya kan pengguna XL dan Tri. tapi di daerah saya, XL dan Tri belum 4G (masih 3G). nah, jika menggunakan XL dan Tri, apakah pakai Pureshot bisa H+ sinyalnya? atau hanya EDGE? (jika bisa HYBIRD 4G/3G/2G untuk GSM, saya minat beli). sebab di spoesifikasinya, untuk GSM hanya bisa 2G dan 4G.
    2. sejak awal beli hingga sekarang, HP pureshot kepunyaan Koh Herry apa masih awet / tidak ada keluhan?
    3. ada rekomendasi HP all operator hybird 2G -3G-4G yang dual simnya bisa aktif bersamaan 4G-nya? terima kasih Koh

    1. Pak Adi Titi,

      1. Bisa. Anggaplah XL di SIM1 dan Tri di SIM2. Kalau XL masuk ke 3G, maka Tri akan terkunci di 2G. Sebaliknya, kalau Tri masuk ke 3G, XL akan terkunci di 2G.

      2. He… he… sudah lama banget saya berpisah dengan Pureshot. Kalau saya masih bertahan dengan ponsel itu, saya nggak me-review ponsel lain lagi dong. 🙂

      3. Belum ada satu pun ponsel dual SIM yang bisa masuk ke jaringan 4G LTE secara bersamaan.

      1. Terima kasih Koh. Saya jadi minat beli. maaf, tanya lagi boleh ya:
        1. Hisense puresot menurut engkoh dalam beberapa tahun lagi apa “tidak tertinggal”? (misal 4G beralih jadi 5G). sebab pureshot sudah setahun lebih dirilis
        2. saya cari hisense pureshot di gerai smartfren tulungagung, sudah kosong. di surabaya, toko mana yang masih menjualnya?
        di lazada sebenarnya ada sih, cuma saya suka pembelian langsung. kamsia, Koh