Review HK Power Prince: Dibekali Layar Indikator Baterai

Tak sedikit pengguna power bank atau portable charger yang kesulitan mengetahui daya tersisa di peranti yang dimilikinya. Sebagian power bank memang dilengkapi lampu indikator untuk menginformasikan sisa tenaga. Namun, pengguna masih harus setengah menebak karena lampu indikator biasanya hanya memberikan informasi di rentang per 20 persen atau 25 persen.

Contoh nyatanya begini. Seseorang memiliki power bank yang dilengkapi empat lampu mungil indikator daya. Tiga di antara empat lampu itu menyala saat pengguna mengecek sisa daya. Pengguna sebatas mengetahui kalau sisa daya power bank yang dibawanya berarti antara 50 persen dan 75 persen dari kapasitas. Berapakah tepatnya? Entahlah.

HK Power Prince-2

HK Power Prince tampil berbeda. Power bank itu dibekali layar digital yang menampilkan indikator baterai. Sisa daya bisa diketahui pengguna dengan rinci. Masih 100 persen, 77 persen, atau ternyata tinggal 17 persen, semua tersaji jelas di layar mungil tersebut.

Prince yang berkapasitas 6.000 mAh memiliki dua konektor output. Konektor pertama mampu mengantarkan arus listrik hingga 1 Ampere, sedangkan konektor output kedua sanggup melewatkan arus listrik sampai 2 Ampere. Ketika baterai yang dibenamkan ke Prince telah melemah, pengguna dapat mengisi ulang dayanya memakai charger berkonektor micro USB.

Dalam sebuah uji coba yang dipantau dengan detail, sebuah Prince bertenaga 100 persen mampu mengisi ulang sampai penuh baterai LG Nexus 4. Ponsel itu sebelumnya padam otomatis (auto shutdown) karena daya baterainya telah sangat lemah. Tuntas dipakai mengisi ulang, kalau dicek, layar indikator baterai Prince menunjukkan angka 50 persen.

Berjam-jam kemudian, Nexus 4 yang padam otomatis lagi lantaran kehabisan daya, kembali dihubungkan dengan Prince. Sisa daya Prince saat itu 50 persen. Ketika Prince tak mampu menyuntikkan tenaga lagi, proses charging Nexus 4 tersebut baru mencapai 77 persen.

HK Power Prince-1

Kalau dihitung, dengan memperhatikan konversi tegangan dan kehilangan tenaga selama proses pengisian ulang baterai, Prince memiliki kinerja nyata sekitar 3.700 mAh. Itu berarti, kalau Anda memiliki ponsel dengan baterai bawaan berkapasitas 1.200 mAh, Prince mampu mengisi ulangnya tiga kali.

Bagaimana kalau baterai bawaan ponsel Anda berkapasitas 1.900 mAh? Prince sanggup men-charge-nya sampai penuh satu kali. Plus, satu kali lagi menyuntikkan tenaga hingga nyaris penuh.

Saat ini Prince dijual di kisaran harga Rp 290.000. Paket penjualannya terdiri atas power bank, kabel charging, kepala charger dengan output 750 mAh, dan sembilan konektor aneka bentuk. Di antaranya, konektor mini USB, micro USB, bundar dua milimeter ala Nokia, dan konektor lebar ala iPhone.

Bodi yang mudah mengalami goresan tipis alias gores rambut menjadi sisi minus Prince. Kalau dicermati, di kardus Prince ada kesalahan penulisan yang agak unik karena terkesan konsisten. Kata digital display tertulis sebagai digitac dispcay. Di mana huruf L seharusnya berada, di situlah huruf L tergantikan dengan huruf C.

38 thoughts to “Review HK Power Prince: Dibekali Layar Indikator Baterai”

  1. wktu sy hi-tech mall ada power bank merk “yoo-bao” kt penjualnya sih juga bagus dan sejajar dgn energizer, apa benar p.herry? saat ini sy juga lg nyari yg bagus.

  2. Pak Sandi,

    Yoo-bao atau Yoobao? Kalau Yoo-bao, saya malahan baru dengar. Sedangkan kalau Yoobao, memang tergolong bagus. Satu lapis di bawah Energizer, namun di atas Vivan dkk.

    Ketika membeli merek Yoobao, harap berhati-hati ya. Sebab, barang palsunya beredar di pasaran.

  3. Pak Kelvin, maksudnya merek Yoobao kan? Bukan Yobao. Thanks atas sharing-nya.

    Pak Daniel Vincent, finishing dan hal lainnya apakah juga bagus? Sebab, belakangan ini merek murmer pun sering mengklaim pakai cell Samsung.

    Pak Sandi, thanks atas konfirmasinya.

  4. Pak Herry, boleh tahu alasan bapak tidak memasukkan powerbank HK ini di deretan yang terbaik, apakah karena sisi minus bodi mudah gores rambut ? atau ada pertimbangan lainnya ? saya tertarik dengan yang HK ini karena ada layar indikator batere. Saya lagi bingung mau beli powerbank apa, makanya ingin minta masukan dari bapak. thks

  5. Pak Itsmeihenz,

    Ada beberapa alasan yang membuat saya belum memasukkan HK Power Prince ke deretan powerbank terbaik.

    1. HK Power Prince tergolong merek baru yang beredar di sini. Eksistensi merek maupun daya tahan produk dalam jangka panjang belum diketahui.

    2. Masa garansi hanya tiga bulan. Untuk powerbank, idealnya kita mencari yang bergaransi enam bulan. Syukur-syukur kalau ada yang garansinya lebih panjang lagi. 🙂

    3. Spesifik ke Prince, benar, bodi yang mudah tergores menjadi salah satu pertimbangan tidak memasukkannya deretan powerbank yang direkomendasikan. Finishing bodinya juga nggak halus-halus banget.

    Setuju, adanya layar indikator baterai memang unik dan menjadi nilai jual Prince.

  6. Pak Herry,
    Untuk powerbank Luminous gimana Pak? apa sudah pernah dengar kualitas dari merk ini? soalny lagi ada promo nih…hehe

  7. Pak Herry kapan review produk Powerbank Yoobao neh hehehe… betul sekali kalau Yoobao itu produk KW nya alias palsunya bertebaran dipasaran, kita sebagai seller resmi aja kadang puyeng soalnya customer cenderung tau harga kw yang murah 🙂

  8. Pak Enwui,

    Ini Pak Enwui yang dulu di Surabaya (ehmm… kalau tak salah ingat di Kapasan). Kalau iya, apa kabar? Sekarang di kota mana, Pak?

    Iya nih, belum pernah review power bank Yoobao karena sering terlambat coba. Terakhir sempat mau review Transformer. Eh, kehabisan barang sampai akhirnya sudah saya anggap basi.

  9. hehe iya Pak Herry, yang dulu aktif di fp, baik pak saya sekarang di Jakarta, rajin ngikutin twitter Anda juga, iya transformers laku keras dan saat ini pun lagi kosong, adanya malah seri2 baru seperti bisa diliat di website sederhana saya hehehe

  10. Pak Enwui,

    Oh ok. Wuih… sampai sekarang pun masih sering kosong ya.

    Selain Transformers, Yoobao apakah punya tipe lain yang bentuknya unik?

  11. ada neh Pak Herry, type YB-651i Swarovski Edition, uniknya karena adanya element swarovski aja sich, buat segmen perempuan nich kayaknya, tapi masih status coming soon, harganya hampir sama dengan Transformers hehehe padahal cuma 7800mAh

  12. Pak Herry,saya mau tanya apakah pernah dgr power bank merk “itech”? Garansinya 6 bln dan kabarnya power bank tsb sejajar dgn kualitas merk “Vivan”.
    Mohon infonya kalo pak Herry tahu ttg power bank merk tsb. Dan apakah pak Encui yg diatas (yg ada jual power bank “Transformer”) adalah yg menjual produk tsb di website http://www.gadgetvillage.com tempat yg biasa pak Herry langganan?
    Terima kasih.

  13. Maaf,pak Enwui (bukan Encui). Saya salah ketik karena menulis komentar ini bukan dari laptop tapi dari hp lenovo saya. Demikian saya koreksi yg td. Terima kasih.

  14. Pak Chely Sutii,

    Saya malahan baru dengar kalau ada power bank merek itech. Kalau handsfree bluetooth memang ada merek i.Tech (perhatikan ejaannya ya). Merek handsfree bluetooth tersebut sudah eksis sejak bertahun-tahun silam. Kinerjanya lumayan.

    Kalau kualitas dibilang sejajar dengan Vivan, berarti ya termasuk golongan biasa-biasa saja ya.

    Pak Enwui yang menjual power bank Transformer bukan pemilik Gadgetsvillage.net (bukan Gadgetsvillage.com lho). Pak Enwui dulu tinggal di Surabaya. Kalau pemilik Gadgetsvillage.net bernama Pak David.

  15. Terima kasih penjelasannya pak Herry. Maaf,sejak td pagi saya salah ketik. Nama saya salah ketik td pagi (hrsnya Sutio),mungkin td pagi pak Herry jg uda kira2 Sutii itu hrsnya Sutio yg sharing info ttg batere pengganti Lenovo S880 dgn bat Nokia Bl5C dan Nexian G900. Sekali lg maaf kesalahan ketik nama saya dan terima kasih atas penjelasan pak Herry. 🙂

  16. Pak Chely Sutio,

    Nah, kemarin saya sudah membatin, Pak Chely Sutii ini apanya Pak Chely Sutio ya. Apakah saudara atau kebetulan punya nama yang sangat mirip. Ternyata, salah ketik tho.

  17. Terima kasih info nya pak..
    dimana saya dapat membeli Power Bank Energizer atau merek HK ini yang asli?
    adakah rekomendasi tempat?
    trims. 🙂

  18. Pak Andres Pramana,

    Power bank Energizer paling mudah ditemukan di gerai Wellcomm. Mereka biasanya punya stok komplet berbagai tipe.

    Untuk HK, lebih baik dilupakan deh. Tidak sangat jelek sih, tetapi juga tidak istimewa. Kalau Bapak tertarik karena ada layar digital yang mampu menunjukkan sisa kapasitas, lebih baik melirik Delcell P150.

  19. Pak Andres Permana,

    Delcell memang merek lokal. Namun, kualitasnya boleh diandalkan. Saya sudah berkali-kali mencoba power bank merek Delcell dan puas.

    Kalau disuruh memilih, daripada merek HK, Hippo, dan Vivan, saya lebih memilih Delcell. Masalahnya, dia kurang populer karena iklan dan jaringan distribusinya tidak segencar Hippo atau Vivan.

  20. Maaf memberondong dengan pertanyaan lagi pak.

    1. apakah dua tipe dari Delcell yaitu Delcell P150 dan Delcell P180 kedua nya aman? dalam artian kualitasnya baik (tak banyak keluhan)?
    karena beberapa waktu lalu ada banyak keluhan dari pengguna-pengguna Delcell P5800 dan P6000.

    2. Bagaimana dengan Yoobao Magic Box YB655 Pro 13000mah dan Yoobao Thunderbolt Power Bank YB665 15,600mAh.
    dan apakah benar Jencell.com adalah authorized distributor resmi dari Yoobao di Indonesia pak?

    3. Yang terakhir pak, bagaimana perbandingan antara kedua merek diatas pak? bagaimana pula dengan efisiensi nya?

    Terima Kasih.

  21. Pak Andres Permana,

    1. P180 saya pernah coba. Baik-baik saja sih. Namun, dimensi fisiknya memang tergolong besar. Serasa membawa harddisk eksternal laptop.

    Untuk P150, saat ini saya sedang memakainya. Baik-baik juga. Saya justru lebih senang dengan P150 daripada P180. Alasannya, pertama, P150 dilengkapi indikator digital. Jadi, saya bisa mengetahui sisa daya dengan presisi.

    Kedua, jarak antarkonektor USB tidak terlalu berdekatan. Jadi, modem USB Mi-Fi bisa saya tancapkan berbarengan dengan kabel data ponsel tanpa berdesakan. Kalau di P180 lumayan berdesakan.

    Untuk P5800, saya tak pernah coba. P6000 saya pernah coba dan, menurut saya, tergolong power bank terbaik pada masanya. Di manakah Bapak membaca banyak keluhan dari pengguna dua tipe power bank tersebut? Sebab, saya penasaran membacanya juga.

    2. Terkait Yoobao, saya belum pernah mencobanya. Jadi, belum bisa berkomentar lebih dalam. Dulu sebenarnya sempat ingin membeli Yoobao Transformers, tetapi kehabisan barang terus.

    Saya tak mengetahui pasti apakah Jencell benar merupakan distributor resmi Yoobao.

    3. Karena nomor dua belum bisa saya jawab, otomatis nomor tiga belum terjawab juga.

    1. Pak Yanuar,

      Maaf, saya tidak mengetahuinya. Perasaan dulu di kemasan power bank HK yang saya beli tidak ada alamat sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *