Review HP 7 Voice Tab – Bali Edition: Tablet Ini Bisa Masuk ke Saku Belakang

Kalau BlackBerry Z3 dulu diberi embel-embel Jakarta Edition, tablet HP 7 Voice Tab diimbuhi dua kata: Bali Edition. Hal itu dilakukan bukan karena latah. HP mengklaim tablet tersebut dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna di Indonesia. Entah kebetulan atau tidak, peluncuran tablet itu digelar di Bali.

Fakta lain yang sejak awal perlu diketahui, HP 7 VoiceTab berbeda dengan HP Slate7 VoiceTab. Nama keduanya memang mirip. Sehingga, jangankan pembeli, penjual pun sering menganggap dua tablet itu sama. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Spesifikasi berbeda, apalagi harga jualnya. Saat ini HP 7 VoiceTab dibanderol Rp 1,799 juta, sedangkan HP Slate7 VoiceTab masih bertengger di Rp 2,699 juta. Selisihnya Rp 900 ribu.

7 VoiceTab-1

Setelah sekitar dua minggu menguji pakai HP 7 VoiceTab, menurut penulis, tampilan dan dimensi fisik menjadi nilai jual utama tablet itu. Bodi tablet berlayar 6,95 inci dengan resolusi 1.024 x 600 piksel tersebut tampak elegan. Jauh dari kesan ringkih atau murahan.

Sepintas desain sisi belakang tablet itu menyerupai ponsel Oppo N1. Namun, berbeda dengan N1, pengguna pantang iseng memutar bagian belakang atas HP 7 VoiceTab. Sebab, bagian tersebut memang tak bisa diputar. Bila penutupnya dilepas bakal terlihat selot untuk menyelipkan satu kartu micro SIM.

Dibandingkan tablet tujuh inci yang sekarang beredar di pasar, dimensi fisik HP 7 VoiceTab yang 192,05 x 102,23 x 10,15 mm dan berat 306 gram tergolong lebih ramping. Tablet itu lumayan enak digenggam dengan satu tangan. Meskipun terasa kurang nyaman dan aman, pengguna bisa pula memasukkannya ke saku belakang celana.

7 VoiceTab-2

Prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT8382 1,3 GHz, RAM 1 GB, ROM 8 GB, selot microSD, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS merupakan sebagian spesifikasi lain HP 7 VoiceTab. Memori internal tablet itu hanya terdiri atas satu partisi yang dinamakan Internal Storage. Saat tablet baru dinyalakan untuk kali pertama, sebanyak 4,43 GB di antara total kapasitas 4,63 GB leluasa dimanfaatkan pengguna.

Satu-satunya nomor GSM yang diselipkan ke tablet Android 4.4.2 KitKat itu dapat dipakai bertelepon, ber-SMS, maupun berinternet. Saat bertelepon, pengguna leluasa merekam percakapan yang sedang berlangsung. Terkait internet, asalkan didukung layanan prima operator, pengguna berpeluang menikmati layanan HSPA 21 Mbps. Pengguna dengan mudah juga bisa mengunci HP 7 VoiceTab supaya selalu berada di jaringan 3G.

Tablet beradio FM yang siarannya dapat direkam itu dibekali dua kamera. Keduanya tanpa fokus otomatis. Kamera di sisi belakang sanggup menghasilkan foto beresolusi dua megapiksel dan klip video HD 720p. Kamera tersebut dilengkapi lampu kilat. Sementara itu, kamera di sisi muka cuma mampu memproduksi foto dan klip video beresolusi maksimal VGA.

7 VoiceTab-3

Secara umum, menurut penulis, HP 7 VoiceTab tergolong gegas. Karena intensitas pemakaian tablet tidak setinggi ponsel, baterai 3.000 mAh yang ditanamkan ke tablet itu rata-rata bisa mendampingi penulis selama dua hari. Pada malam hari sampai keesokan paginya, tablet sengaja penulis padamkan.

Kamera menjadi titik lemah utama tablet tersebut. Ia gagal menghasilkan foto yang mengesankan. Kala dipakai memotret di luar ruangan yang terang pun, foto yang diproduksi tampak kurang tajam dan kurang hidup. Suara yang keluar via speaker HP 7 VoiceTab saat memainkan musik juga kurang jernih.

Lebih bagus mana kalau diadu dengan Samsung Galaxy Tab S? He… he… he… tegakah Anda mengadu motor Ducati dengan motor gerobak Tossa? Lawan paling tepat untuk HP 7 VoiceTab adalah Acer Iconia Tab 7 yang sekarang dijual Rp 1,999 juta. Kinerja keseluruhan dua tablet itu relatif setara. HP 7 VoiceTab unggul di kenyamanan saat digenggam, sedangkan Acer Iconia Tab 7 menang tipis dalam performa kamera depan dan daya tahan baterai.

***

Inilah beberapa foto yang dihasilkan HP 7 VoiceTab.

7 VoiceTab-4

7 VoiceTab-5

7 VoiceTab-6

7 VoiceTab-7

7 VoiceTab-8

7 VoiceTab-9

7 VoiceTab-10

Satu foto selfie di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

7 VoiceTab-11

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Android Sensor Box.

7 VoiceTab-12

7 VoiceTab-13

300 thoughts on “Review HP 7 Voice Tab – Bali Edition: Tablet Ini Bisa Masuk ke Saku Belakang

    1. Pak Amaris,

      Kalau mencari produk HP di Erafone ya pasti tidak ada. Lha tablet dan ponsel HP didistribusikan oleh Trikomsel yang merupakan pesaing berat grup Erajaya (TAM, Erafone, dll). Anda seharusnya mencari di gerai Oke Shop atau Global Teleshop.

  1. Pak Herry, dibandingkan dgn Asus FE170CG,menurut anda lebih baik mana yg harganya lebih murah dari HP Tab diatas? Kalo dari score Antutunya,saya lihat keduanya seimbang. Yang menurut saya keunggulan utama Asus tsb mungkin di pilihan dua SIM di mana kita bs menentukan mana yg dijadikan utk koneksi data tanpa perlu memindahkan SIM card.
    Terima kasih.

    1. Pak Chely Sutio,

      Sampai batas waktu yang belum diketahui, saya sangat merekomendasikan penanya untuk tidak membeli tablet dan ponsel merek Asus. Terlepas dari kualitas produknya, saya melihat prinsipal Asus di Indonesia masih setengah hati, kurang serius, dan jago PHP (Pemberi Harapan Palsu).

    1. Pak Dinno,

      Sampai batas waktu yang belum diketahui, saya tidak menyarankan konsumen membeli tablet dan ponsel merek Asus. Kalau laptop sih silakan saja.

  2. pak. ko klo hp saya di cas pake powerbank rasanya lebih cepat terisi daripada charger tembok. apakah itu normal?? saya pakai andromax c dan powerbank advance.

    1. Pak Hendra Y.O.,

      Normal tidaknya bergantung:
      * Berapa besar output charger bawaan ponsel Anda?
      * Berapa besar output power bank yang Anda gunakan?

      Bila output charger power bank lebih besar daripada output charger bawaan, sementara itu ponsel memang mampu menerima output yang lebih besar tersebut, proses charging akan lebih cepat. Kondisi tersebut normal.

  3. akhirnya saya dapat juga acer e700, hasil pantau tweet pak herry πŸ™‚ klo flip case nya kira2 sudah ada blom pak? minta referensi alamat web pak herry belanja casing, pernah lihat tapi lupa d twitter ato d ponselnya.com

    1. Pak Priyo,

      Ambil E700 warna merah atau hitam, Pak? Tolong coba ngetik-ngetik pakai ponsel itu. Apakah keluar hurufnya dobel-dobel? Sebab, saya menerima beberapa keluhan tentang huruf dobel-dobel.

      Soal flip case, kemarin di WTC Surabaya lantai 4 saya lihat sudah ada yang jual. Harga Rp 143 ribu. Kalau di penjual online langganan saya, barusan saya cek belum punya aksesori untuk E700.

      Ponselnya.com? Situs milik siapa tuh. *bingung*

  4. iya sih… saya liat output di powerbank saya sampe 1A… sedangkan charger cuma 0.56A. tanya lagi. aman gak klo begitu di charger pake powerbank? apa buat cepat baterai hp saya kembung???

    1. Pak Hendra Y.O.,

      Asalkan ponselnya mampu menerima dan power bank-nya bukan yang abal-abal, menurut saya, tak masalah. Kalau boleh tahu, power bank Anda merek apa?

    1. Pak Rizky,

      Kinerja nyata pusat perbaikan resmi HP terus terang belum saya ketahui. Belum pernah ada curhat atau testimoni yang saya terima. Kalau zaman dulu banget, waktu HP masih memasarkan PDA, layanan purna jualnya tergolong bagus.

  5. Pak Herry,
    Kalau produk tablet ini service center nya ikut mana? apa sama dengan service center HP PC/Laptop ?

    OOT, habis sakit demam berdarah pak? *soalnya saya kmrn minum fufang juga..

    1. Pak/Bu Yosi,

      Ya, gabung dengan service center PC dan laptop. Apakah Anda pernah berurusan dengan service center tersebut? Kalau pernah, ayo berbagi cerita dong.

      Oh, Fufang itu buat demam berdarah tho. Adik saya diberi oleh temannya.

  6. pak herry apa betul HP 7 ini tidak ada aplikasi file manager bawaannya dari pihak HP?karena saya ada membaca review dr user lain yg mengatakan klo tablet ini tidak ada file managernya.
    trimakasih

  7. powerbank saya merk Advance pak.. bagus gak?

    oh ya disitu juga tertera tulisan = safety efficiency,inteligent protection. itu fungsinya apa pak?

    1. Pak Hendra YO,

      Saya belum pernah mencoba power bank Advance. Kapasitasnya berapa mAh dan Anda beli dengan harga berapa?

      Soal tulisan yang Anda tanyakan, secara teori hal itu memproteksi ponsel dan power bank bila ada terjadi aliran arus atau tegangan yang di luar batas kewajaran.

    1. Pak Yuwono,

      Namun, ukuran tetap tablet lho. πŸ™‚

      Saya belum pernah coba Ainol. Sudah ilfil dulu begitu tahu distributornya di sini adalah Jakarta Notebook.

  8. Yang di Wisma Dharmala/Intiland Sby kalau sepanjang pengalaman saya pribadi sih cukup memuaskan pak..
    Dulu pernah klaim garansi laptop kantor, ternyata sudah selesai sebelum tanggal jatuh tempo estimasi selesai.. Saya lebih suka SC yg ngasih estimasi agak lama dikit tp selesai tepat waktu daripada asal-asalan ngasih estimasi tapi molor ga karuan..

    Iya pak, konon katanya biar trombosit ga terlalu drop dan cepet naik

    1. Pak/Bu Yosi,

      Oh yang di Wisma Dharmala bagus ya. Kalau yang di Raya Gubeng bagaimana? Apakah pernah ke sana?

      Soal Fufang, oh… fungsinya itu tho. Terima kasih.

    1. Pak Akhmad,

      Saya belum pernah mencoba Slate7. Dugaan saya kinerja umumnya sama dengan Slate6. Beda yang satu tablet, satu lagi phablet.

      Nah dengan asumsi seperti di atas, bila tak membutuhkan kamera bagus, lebih menarik beli HP 7 VoiceTab Bali Edition.

  9. Halo Pak Herry, dgn anggaran max 4jt. Mana yang layak saya bungkus? apakah Xperia t2 ultra (3.5jt), vibe z (4jt), Asus z.6 (3.6jt)? Atau ada rekomendasi merek lain? O:) Thx b 4.

    1. Pak Saeful,

      Silakan membawa pulang sebuah Lenovo Vibe Z.

      Sampai batas waktu yang belum diketahui, saya menyarankan Anda tidak membeli tablet dan ponsel merek Asus. Sebab, prinsipal terlihat masih setengah hati, tak becus, dan jago PHP (Pemberi Harapan Palsu).

    1. Pak Hendra YO,

      Kalau membaca jawaban Anda, berarti harus saya perjelas lagi nih. Sebab, definisi palsunya bisa dua macam.

      1. Anggaplah ada power bank Samsung 123. Power bank itu laris manis di pasar. Kemudian, muncul power bank palsu yang juga diberi nama Samsung 123. Bentuknya persis sama. Demikian pula kemasannya. Namun, bila diperhatikan, Samsung 123 palsu hadir dengan bodi yang warna putihnya lebih kusam. Cetakan di kardusnya juga terlihat kurang tajam.

      Nah, untuk kasus pertama ini, cara awal untuk mengidentifikasinya adalah memperhatikan tampilan fisiknya. Dalam banyak kasus jurus itu cukup jitu untuk mengenali power bank palsu, dengan catatan si calon pembeli sudah pernah melihat wujud nyata power bank yang asli.

      Dalam sebagian kecil kasus, jurus di atas ternyata tetap kurang jitu. Sebab, pemalsu power bank semakin lama semakin ahli. Power bank palsu merek tertentu dari waktu ke waktu semakin sulit dibedakan dengan power bank yang asli. Jadi, langkah paling manjur untuk mengenali power bank palsu tersebut adalah dengan membongkarnya.

      2. Sebut saja ada power bank merek Merdeka yang mengklaim berkapasitas 10.000 mAh. Padahal, sebenarnya baterai yang dibenamkan ke power bank itu hanya 5.600 mAh. Untuk mengenalinya tanpa membongkar power bank, diperlukan uji pakai terhadap power bank tersebut. Uji pakainya tak bisa dituntaskan dalam hitungan menit atau jam. Minimal dalam hitungan hari.

      Kesimpulan dari dua paparan saya di atas, tanpa membeli atau mencobanya dulu, tingkat orisinalitas power bank tidak selalu dapat diidentifikasi.

  10. ups, maaf pak. rupanya ada dampak dari auto correct waktu nulis ponselmu.com malah muncul ponselnya.com. saya ambil warna merahnya & dapat free flip case yg merah (karena yg hitam abis). baru liat d koran kompas rupanya exhibition d plaza jambu dua mulai dari 21 agustus, jauh lebih cepet dari lokasi lain. sekarang jadi keenakan pake fitur swype buat ngetik, tinggal geser2 acer yang nebak katanya. terimakasih info2nya sangat membantu pak

  11. Pak Herry yang baik,
    1. Apakah performa touchscreennya terasa gegas dan akurat?
    2. Apakah saat keyboard diakses (dimunculkan) terdapat jeda?
    3. Apakah menurut Bapak duet tablet ini dengan sebuah feature phone dapat menggantikan fungsi satu buah smartphone?

    Terimakasih.

    Salam, Nimus.

    1. Pak Nimus,

      1. Ya.
      2. Tidak.
      3. Belum bisa karena kinerja kamera tablet Bali kurang nendang. Kamera feature phone biasanya juga kurang mantap.

  12. Permisi pak Herry, lama dah tak ketemu dan berbicara di blog nya pak Herry.
    Mau tanya OOT dong, pak.
    Pak Herry apa pernah mencoba / punya Samsung Note 3 Neo ya ? Apabila dibandingkan dengan Note 3 biasa, perbedaannya apa hanya dari segi prosesor dan kamera saja ya, pak ?
    Kalo Note 3 Neo dibandingkan dengan Acer E700 lebih bagus mana ya dalam hal performa, daya tahan battery, dan customer service ?
    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      He.. he.. iya nih. Lama menghilang ke mana?

      Saya belum pernah mencoba Note 3 Neo. Jadi, soal kinerja, saya tidak mengetahuinya.

      Perbedaan keduanya lumayan banyak. Di antaranya, ukuran layar, resolusi layar, RAM, kamera, dan prosesor. Kapasitas baterai juga berbeda tipis.

  13. Iya nih, pak saya hilang tertelan dunia kuliah yang ternyata ribet astajib.
    Hehehehe..

    Kalo belum pernah pake Note 3 Neo nya, pak, apa pernah dengar dari rekan-rekannya begitu gimana kualitas atau kinerja atau minimal gossip-gossip desas-desus nya gitu, pak ? Kebetulan sebenarnya saya suka Note 3 tapi berhubung Note 3 harga selangit 7 dewa jadi wurung deh. Tapi ngeliat Note 3 Neo yang hampir 5 juta ini kok jadi kepingin. Tapi ya tanya pak Herry dulu biar yakin. Hehehe.
    Atau mungkin pak Herry punya solusi lain yang hampir seharga Note 3 Neo tapi mungkin lebih “worth it” ?

    Kalo Acer E700 gimana ya, pak ? Baik secara spesifik E700 maupun dari segi smartphone dengan nama “Acer”.

    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      Anda kuliah di mana ya? Lupa. Perasaan dulu saya pernah diberitahu.

      Kebetulan teman-teman saya juga tak ada yang memaka Note 3 Neo.

      Hampir seharga Note 3 Neo, tetapi lebih sepadan dan layak beli? Hmm… apa ya. Seri Note itu punya S-Pen yang belum tergantikan di ponsel lain. Kalau perlu fungsi S-Pen, ya idealnya beli seri Note. Kalau tak perlu S-Pen, pilihan lain ada banyak.

      E700 masih dalam proses uji pakai. Triple SIM dan daya tahan baterainya enak banget. Namun, tampaknya ada bug di firmware nih. Saat mengetik, huruf yang keluar sering dobel.

      Soal Acer-nya sendiri, untuk smartphone saya nilai baik-baik saja. Kalau laptop, terus terang saya memilih menghindarinya. Engsel laptop Acer yang saya gunakan sudah bermasalah dalam hitungan bulan.

  14. Saya kuliah di UK Petra Surabaya, pak. Hehehe.

    Kalo misal Note 3 biasa itu battery tahan berapa lama ya, pak ? Kan diliat-liat ukuran layar hampir sama, ukuran battery juga hampir sama, malah prosesor lebih rendah, mungkin durasi battery Note 3 Neo mirip dengan Note 3 biasa ?

    Sebenarnya maksud saya suka dengan Note 3 Neo itu bukan dari S pen sih utamanya, tapi dari design exterior dan isi “jeroan” nya sih. Nda fully karena S-pen kok, pak. Jadi mungkin merk lain yang tidak ada “stylus” boleh saja.

    E700 nya sih saya tidak mementingkan mau dual-triple-quad SIM deh (5 SIM aja sekalian ? Penta-SIM. Hahaha) karena pasti dipasang 1 SIM saja. Saya tertariknya dari segi battery (seperti biasa saya selalu mengutamakan battery dalam HP) serta dengan harga segitu dah bisa dapat RAM 2 GB nya sih, tapi juga mau liat konsumsi RAM nya dan akhirnya sisa RAM yang available untuk user seberapa. Takutnya seperti HP lain (saya lupa merk dan seri apa) itu RAM 2GB tapi begitu dibuka, available RAM cuma 500MB.

    Kalo masalah mengetik itu, apa bisa kemungkinan hanya masalah dari segi aplikasi keyboard saja ? (tidak sampai firmware begitu) Karena semua perangkat Android saya sudah pasti saya kasih SwiftKey, mungkin masalah ketik dobelnya bisa fixed kalo diganti aplikasi keyboardnya ?

    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      Oh di UK Petra.

      Saya tak tahu pasti daya tahan baterai Note 3 bisa sampai berapa lama. Sebab, dulu saya hanya mencobanya dalam hitungan jam.

      Oh, kalau nggak mengejar S Pen, mungkin bisa mencoba LG G2 atau Xiaomi Mi3.

      Ternyata tertarik E700 bukan karena triple SIM-nya tho. Kalau saya justru mengejar triple SIM. Di tangan saya, baterai E700 bisa seharian penuh. Dengan asumsi pagi keluar rumah dengan baterai 100 persen, malam saat pulang biasanya masih ada sisa sekitar 30 persen.

      Soal ngetik dobel-dobel, baik memakai keyboard bawaan maupun Swiftkey, hasilnya tetap dobel-dobel. Solusi sementara adalah mengaktifkan fitur glove operation di dalam menu display.

  15. Waduh jangan G2, pak. Saya sangat butuh memory external soalnya. Karena itu saya tidak pernah melihat Lenovo Vibe Z sih. Mungkin ada saran lain, pak?

    Dulu waktu menggunakan E700, pak Herry menggunakan aplikasi apa saja ya? Apa pernah lag gitu?

    Dulu Pak Herry menggunakan E700 tepatnya kapan ya? Mungkin ada update firmware terbaru saat ini?

    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      Hmm… berarti cari G2 versi Korea. Ada selot microSD-nya. He… he… he… Nggak deh. Biarpun memang spesifikasinya benar seperti itu, saran saya tentang G2 Korea cuma bercanda.

      Bagaimana kalau Lenovo P780? Baterai tanam 4.000 mAh dan ada selot microSD?

      E700 kadang terasa ngelag, meskipun hanya saya gunakan untuk email. Entah ini ada kaitannya atau tidak dengan trafik email saya yang sehari sekitar 700 email.

      Aplikasi tambahan yang rutin saya gunakan tidak banyak sih. Cuma WhatsApp, Internet Speed Meter Lite, Blue Bird Taxi Reservation, Facebook, dan Twitter.

      Saya menggunakan E700 sampai kemarin sore. Belum ada update firmware.

    1. Pak Ilham,

      Tidak khusus pasar Indonesia. Namun, HP memang mengklaim kalau tablet itu didesain dengan memperhatikan perilaku dan aspirasi pengguna di Indonesia. Tablet tersebut juga diluncurkan dan dijual kali pertama di sini. Berikutnya, baru akan dipasarkan ke negara lain.

  16. Widuh masa demi sebatang smartphone Android aja yang seharusnya “murah” untuk level smartphone, harus melayang ke Seoul dulu, pak ???
    Hahahaha.
    Budget 4 jutaan bikin galau kalo ingin dapat spek high-end.

    Teman saya pakai Lenovo P780, tapi ternyata untuk aplikasi kelas berat masih kalah sama Lenovo K860 saya sih. Meskipun battery jumbo dan ber-microSD, tapi sepengalaman adik saya yang pakai P770, alokasi penyimpanan internal Lenovo nya bisa dibilang kacau, pak. Memory internal kecil, kemudian akhir-akhir ini error, mau update aplikasi saja tidak bisa karena alasan “Running Low on Storage” padahal jika dicek di setting, memory internal masih tersisa sekitar 500MB. (Mungkin ada saran / solusi sekalian, pak ?) Jadi mungkin saya terpaksa meninggalkan brand Lenovo deh.

    Wah Acer E700 terkadang lag, pak ? Memang available RAM nya sekitar berapa ya ?

    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      Di sini banyak yang jual LG G2 versi Korea kok. Namun, ya tanpa garansi.

      Lenovo keluaran terbaru kini sudah menerapkan satu partisi memori internal. Tidak lagi dibagi dua seperti zaman dulu. Jadi, lebih fleksibel sekarang deh.

      Iya, E700 kadang terasa nge-lag. Available RAM saat masih segar 1,5 GB. Ketika sudah dipakai, saya tidak memperhatikannya.

  17. Siang pak, saya lagi mempertimbangkan untuk membeli antara HP Bali ini atau Acer yang bapak review sebelumnya ya pak. kalau menurut bapak sendiri yang sudah pernah merasakan keduanya lebih worth untuk beli yang mana. kegiatan yang banyak saya lakukan lebih ke browsing, sosmed, dan sesekali email dan foto.

    oh iya pak apa tidak tertarik untuk review Lenovo S850 saya tertarik dengan bahan nya yang katanya glass dan ada lampu belakang yang bisa menyala juga kameranya, tetapi battrey nya non removeable dan hanya 2000 MAh.

    oh iya pak satu lagi kalau membandingkan antara Acer Iconia 7, HP Bali dan Lenovo A5500 kira” bapak akan lebih memilih yang mana.

    makasihh pak πŸ˜€

    1. Pak Meia,

      Cara memilihnya sederhana saja.
      * Kalau Anda lebih mengutamakan kenyamanan memegang dan membawa tablet, pilih HP Bali.
      * Kalau Anda lebih menomorsatukan kinerja kamera, pilih Acer Iconia Tab 7.

      Saya belum pernah mencoba Lenovo A5500. Jadi, saya tak mengetahui bagaimana nilai kelayakan belinya kalau diadu dengan HP Bali dan Acer Iconia Tab 7.

      Soal Lenovo S850, sampai saat ini saya belum berencana me-review ponsel itu. Saya menilai belakangan ini Lenovo sudah terlalu percaya diri dalam menetapkan harga jual. Akibatnya, daya pikat ponsel yang ditawarkannya sudah tidak seseksi zaman dulu.

    1. Bu Meia,

      Ups… saya panggil Pak ya? Maaf… maaf….

      Padahal, dari alamat email mudah ditebak kalau yang bertanya perempuan. Metta itu berarti “cinta kasih”, sedangkan juwita identik dengan wanita. Saya belum pernah menjumpai ada pria yang namanya mengandung kata juwita.

      Namun, alamat email kadang tetap bisa menipu sih. Belum lama ini di blog ini ada yang menggunakan alamat email anastasya siapa gitu deh. Dari alamat email seharusnya cewek kan. Eh, ternyata cowok. πŸ™‚

      Btw, nama saya Herry lho, bukan Henry. πŸ˜€

  18. Pak Herry,

    mau tanya juga deh pak, bukannya inch antara acer dan HP bali itu sama kenapa bisa HP bali lebih nyaman di genggam, dan soal ketajaman gambar dan kecepatan antara keduanya apakah sama saja atau ada yang lebih unggul?

    1. Bu Meia,

      Mengapa HP Bali bisa lebih nyaman digenggam? Sebab, lebar bodinya lebih kecil daripada Acer Iconia Tab 7. Bahan bodi juga berpengaruh.

      Kinerja lain, selain kamera dan kenyamanan digenggam, boleh dibilang berimbang. Oh ya, daya tahan baterai Iconia Tab unggul tipis.

  19. kalo dari benchmark kan unggul di acer iconia tab 7. ko yg hp 7 bali lebih bagus?
    kalo pesaing lain nya ada gak? kalo lenovo a3500, kara nya tab 7 inch juga, ada rencana review?
    lenovo kalo di banding kan dg bali atau iconia tab gimana.
    saya di bali, kira kira bisa beli hp 7 bali atau acer iconia tab dmn.
    apa ada harga diskon d bali
    thanks

    1. Bu Ana,

      Dalam memilih gawai Android, bagi saya, yang lebih penting adalah kenyamanan dan kinerja nyata, bukan tinggi rendahnya skor Antutu. Gawai yang meraih skor Antutu lebih tinggi belum tentu lebih nyaman. Demikian sebaliknya. Bila di naskah review saya menampilkan skor Antutu, hal itu semata-mata untuk memenuhi permintaan dari beberapa pembaca setia blog Ponselmu.com ini.

      Saya belum pernah mencoba Lenovo A3500.

      Kalau di Bali, silakan berburu Acer Iconia Tab 7 di Erafone. Sedangkan HP Bali-nya bisa dicari di Oke Shop atau Global Teleshop. Tak ada salahnya Anda juga mencari di toko-toko ponsel yang besar (saya lupa namanya) di Jl Teuku Umar, Denpasar. Di sana kan ada beberapa toko ponsel yang besar layaknya supermarket ponsel.

  20. wkwkwkw.. wahh maaf pak setelah di post baru sadar kalau saya salah ketik Henry bukan Herry. πŸ˜€

    iya pak waah bapak tahu arti nama saya, agak jarang loh yang tahu arti nama Metta. πŸ˜›
    kecuali Buddhis. ><

    iya nih pak masih galau antara Acer atau Lenovo. harga tidak terlalu beda jauh, tapi dari spec Lenovo kamera depan 2 MP walau kadang 2 MP juga tidak menjamin kamera yang agak lumayan oke sih..

    1. Bu Meia,

      He… he… he…. Yang salah ketik biasanya menuliskan Henry atau Harry.

      Dulu waktu SMP kebetulan saya punya teman bernama Metta. Saya lupa Metta Susanti, Metta Susanty, atau Metta Sutanti.

      Benar, megapiksel bukan jaminan bagus tidaknya suatu kamera.

  21. pak hsw makasih atas jawabannya
    jadi:
    bali lebih ok bentuk ny, ada lampu kilat nya, memory internal lebih besar, harga lebih murah. tapi lebih berat, pakai micro sim jadi sim nya gak bisa pindah2 ke hp lain.
    iconia tab 7 lebih besar kapasitas battery nya, kamera lebih bagus, pakai mini sim yg biasa jadi bs ganti2. tapi harga lebih mahal, gak ada lampu kilat, bentuk gak bagus.
    saya agak bingung, mau pilih bali tapi micro sim nya itu, jadi gimana mengubah nya, trus kalau mau d pakai d hp mini sim gimana, kan terlalu kecil
    saingan lain nya merk n type apa yg dlm harga yg sm?
    atau ada rencana review tab yg dlm range harga yg sama?
    makasih

    1. Bu Ana,

      Karena sudah semakin banyak gawai yang memakai micro SIM, kini kartu SIM utama saya justru dalam ukuran micro SIM. Kalau saya sedang memakai ponsel dengan selot mini SIM, ya tinggal saya selipkan dengan meletakkan chip-nya secara tepat di konektor.

      Bila belum terbiasa dengan langkah yang seperti saya lakukan, ini saya berikan panduannya.
      * Kartu saya mini SIM, sedangkan tablet/ponsel yang akan saya beli pakai micro SIM. Bagaimana? Ada dua alternatif cara. Pertama, potong sendiri menjadi micro SIM. Kedua, kunjungi kantor layanan operator yang Anda gunakan dan minta kartu SIM Anda diganti dengan micro SIM.

      * Kartu saya micro SIM. Kini ponsel saya pakai mini SIM. Gimana dong? Ada dua cara. Pertama, pasangkan kartu micro SIM itu ke penampang mini SIM yang dulu pernah dipotong. Kedua, datang ke kantor layanan operator dan minta ganti ke mini SIM.

      Soal HP Bali dan Acer Iconia Tab 7, keduanya boleh dibilang pesaing paling setara saat ini. Saya belum berencana me-review tablet lain.

  22. makasih lagi bpk herry
    kalo motong mini sim sendiri apa tdk susah?
    sementara stand by dulu sambil mantau kalo ada pesaing kedua tab itu, gak sreg kalo cuma nimbang kedua nya, sama nunggu harga ny melorot hehe
    iya baru pindah, maka nya susah mau menjelajahi dunia selular di sini, gak sama seperti wtc sby atau roxy jkt

    1. Bu Ana,

      Kalau memotong kartu sendiri dianggap susah, seperti saran saya sebelumnya, ya tinggal mampir ke kantor layanan operator seluler. Beres tho.

  23. Ah pak, maaf baru sempat balas comment nya ini.

    Wah kalo non-garansi sih saya ga pernah berani, pak.
    Hehehe..
    Iman saya sih belum kuat, pak apalagi saya kalo mau ganti / beli HP tuh “ngoyo” banget baru boleh, kalo ternyata beresiko dan jadinya bermasalah malah matilah saya..

    Kebetulan beberapa hari yang lalu saya sempat pergi ke Plaza Marina dan ada Acer yang lagi pameran di depan XL center, kebetulan sekali karena ketika saya tanya di Erafone yang sebagai distributor resminya mengenai dummy / demo dari Acer E700 selalu tidak punya (ya selalu diremehkan). Kemudian saya coba di booth Acer tersebut ternyata benar pak E700 sisa RAM sih 1,5GB sepertinya luas sekali yah. Lalu saya coba-coba keyboardnya, menurut saya sih tidak terdapat masalah selama saya coba ketik-ketik di aplikasi SMS nya.

    Bentuk design nya juga bagus sih, tapi kok saya masih ragu ya masalah lag katanya pak Herry. Mungkin masalahnya dari chipset MTK nya kah ? Kalo memang benar dari segi MTK nya, terpaksa deh harus Note 3 Neo. Tapi Note 3 Neo ini belum pernah dengar komentar mengenai battery nya, jadi mumet dah.

    1. Pak Rianto,

      Terima kasih atas informasinya soal Acer Liquid E700. Wah, demo unit tersebut papan ketiknya baik-baik saja ya. Mantap deh.

      Sampai kemarin, saya telah mencoba empat unit E700 dan seluruhnya terkena penyakit huruf dobel-dobel.

      Soal lag yang sebenarnya jarang terjadi itu, saya tak berani memastikan gara-gara MediaTek-nya atau karena firmware yang masih ada bug.

  24. Saya saat INI menggunakan tablet Hp 7 voice tab. Dari segi performs,says puas dengan tablet ini. Membuka video di YouTube atau bermain game clash of clans,PES Manager tidak ada nge-lag sama sekali.

    Masalah keyboard, Dan yang lainnya tidal ada.
    Cuma yang masih mengganjal bagi saya, antara lain :
    1. tablet ini tidak ada pilihan untuk memindahkan memori internal ke SD card sehingga memori internal yang tersedia 4,63 GB tersebut cepat penih.

    Pertanyaannya, bagaimana caranya memindahkan aplikasi yg diunduh yang tersimpan di memori internal me sd card agar memori internal menjadi lebih leluasa?

    Selain keluhan tersebut,tidak ada lagi kekurangannya.

    Terima kasih sblmnya.

    1. Pak Bambang Karnoyudho,

      Kalau yang dimaksud adalah ingin menginstalasikan aplikasi tambahan ke kartu microSD, pengaturan standarnya memang tak bisa.

      Kalau yang dimaksud sebatas memindahkan file multimedia, silakan dipindahkan manual memakai file manager.

  25. Maaf ikut numpang. Saya sudah menggunakan hp voice tab bali edition. Yang saya tanyakan kenapa tidak bisa pindah file dari memori internal ke sd card.. cuma bisa pindah file dari sd card ke memori internal… tolong pencerahannya terimakasih

    1. Pak Dwi Agus,

      File apa yang ingin dipindahkan? Kalau file multimedia mestinya bisa dipindahkan manual. Kalau aplikasi memang tak bisa.

    1. Bu Ana,

      Keduanya sudah mendukung 3,5G kok. Sejak sekitar lima tahun lalu, semua ponsel baru yang dibilang 3G sebenarnya sudah kompatibel dengan layanan 3,5G. Untuk mempermudah penyebutan saja, biasanya yang dipakai adalah istilah 2G, 3G, dan kini 4G.

  26. kalau dari keseluruhan, pilih mana, dari segi after sales, servis center, pelayanan, accessory, ketahanan, keawetan, harga jual kembali, user interface, update software, spare part, lama service, pilih Acer apa HP? Bali apa iconia tab 7?

    1. Bu Ana,

      Secara umum sebenarnya imbang. Namun, karena ketersediaan aksesori juga turut Anda sebutkan, berarti Acer Iconia Tab 7 unggul tipis.

  27. sorry kl banyak tanya. asli nya sih masih banyak hal lagi yg buat pertimbangan tapi ya sementara itu saja. iconia unggul karena ukuran nya, kalau bali ukuran nya unik jadi susah cari asesori nya?
    kalo iconia di banding kan dg samsung galaxy tab 3 lite gmn, kalo ga salah hampir mirip spek nya, mgkn cm lite lbh lama spek nya.
    ap betul iconia ga bisa me mindah kn app ke microsd? berarti memory internal nya bakal penuh krn bnyk app.
    ap ga ada app buat memindah kn app k microsd buat iconia, krn kata tmn ku, samsung galaxy tab 3 lite internal nya 8 gb trs bs mindah app k microsd.
    mksh atas jwbn sblm ny n mksh sblm ny

    1. Bu Ana,

      Kalau Anda bersedia memakai aksesori universal (bukan dirancang khusus untuk tablet tertentu), Anda bisa menemukan aksesori untuk Bali kok.

      Untuk saat ini, menurut saya, Iconia Tab 7 dan Bali merupakan alternatif pilihan terbaik. Galaxy Tab 3 Lite lebih mahal juga lho.

      Instalasi aplikasi kan standarnya memang disimpan di memori internal. Hal itu berlaku untuk aneka gawai Android. Wah, saya jadi penasaran, aplikasi apa yang disebutkan teman Anda?

      Btw, lain kali kalau bertanya lagi, tolong tuliskan dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat seperti menulis SMS.

  28. terima kasih sebelumnya dan maaf atas penulisan sebelumnya juga
    tapi tab 3 lite selain lebih mahal seperti yang bapak bilang, juga tidak punya kamera depan
    maaf itu kan kata teman saya
    maunya saya sih ada tab lain yang buat pembanding gak taunya tab 3 lite lebih mahal
    saya sih sekarang lebih condong ke iconia tab 7, tapi ada yang mengganjal, di website dan iklan acer, iconia tab 7 katanya masih pakai jellybean, tapi yang bapak review kitkat. terus di website nya ada yang full putih, tapi yang di pasaran kan hitam silver

    1. Bu Ana M.,

      Dulu saat saya mencoba Iconia Tab 7, ketika tablet barusan dikeluarkan, sistem operasinya masih Jelly Bean. Setelah terkoneksi ke internet muncul notifikasi bila telah tersedia update ke KitKat. Saya boleh mengabaikannya atau melakukan update.

      Setahu saya hanya satu warna, silver.

  29. File mulyimedia maupun foto maupun musik tdk bisa di pindah.. bahka pindah file yang ada di sd card tdk bisa seperti pindah file dari folder ke folder lain di sdcard. Kenapa ya pak?

    1. Pak Dwi Agus,

      KitKat memang membatasi kemampuan menulis/menyimpan di microSD. Namun, khusus file multimedia seharusnya tetap bisa. Sayang kita tidak sedang berhadapan langsung. Sehingga, saya tak bisa mengecek kondisi nyata di tablet tersebut.

  30. Salam kenal, pak Herry, saya memakai HP 7 Voicetab, dan saya memasang aplikasi ES File Explorer untuk memanage file. Yang ingin saya tanyakan :
    Mengapa saya tidak bisa meng copy/memindahkan file unduhan dari memory internal ke memory external? Hanya ada notif “your system forbids ES writing on external SD card(check bla… Bla… Bla…), so ES can only write on in after rooted”. Mohon pencerahannya, terima kasih.

    1. Pak Aries Pribadi,

      KitKat memang membatasi kemampuan penulisan ke microSD. Yang bisa dipindahkan seharusnya hanya file multimedia. Konon pembatasan itu akan dihilangkan di Lollipop.

  31. Bener2 tidak bisa pak henry… tapi untuk hh merek lain yang sudah kitkat kok lancar2 aja pindah pindah file… sangat sayang kalau kita tidak diberi akses penuh ke sd card… mungkin pak henry bisa coba di tab bali dan bisa kasi solusinya… terimakasih

    1. Pak Dwi Agus,

      Kita nantikan jawaban dari Pak Henry ya.

      Saya, Herry, tak bisa mencobanya karena sudah tidak memakai Bali. Dulu saya bisa memindahkan file multimedia dengan lancar kok.

  32. Ya ditunggu aja jwaban dri pak henry.. hehe… ada ta pak henrynya kalo gak ada yang namanya pak henry yaaa.. pak herry aja yang jawab.. haha.. (kurang teliti pak ketiknya).. kalo di root mngkin bisa pak ya?

    1. Pak Dwi Agus,

      Saya juga tak tahu apakah Pak Henry memantau pertanyaan ini. πŸ™‚

      Anda di kota mana tho? Kalau di Surabaya, mungkin bisa ketemuan di foodcourt mana gitu. Saya penasaran. Lha dulu saya bisa kok.

      Soal root, kebetulan saya pernah nge-root. Uji pakai ala saya merujuk kepada kondisi standar pabrikan.

  33. saya pemakai hp 7 bali, sudah saya coba untuk memindahkan file apa saja, baik itu music, data, ataupun hasil download ke sd card external dengan menggunakan es file manager.. tetap saja muncul pesan kalau tugas itu gagal, hanya bisa kalau perangkat itu di root.. saya googling untuk ngeroot hp 7 bali ga nemu nemu.. pesan saya buat yang ingin beli tablet hp 7 bali ini, mending pikir pikir dulu.. selain sim cuma 1(yang lain sudah dual sim), kendala lainnya yaitu transfer file antar memory.. sekali lagi pikir pikir dulu daripada nyesel

    1. Pak Awan,

      Saya asli penasaran nih. Kalau aplikasi dan dokumen memang tak bisa. Namun, untuk foto dan video seharusnya bisa. Mungkinkah sempat muncul update yang membatasi hal itu ya.

      Btw, pembatasan akses ke microSD merupakan “fitur bawaan” Android KitKat. Konon di Lollipop pembatasan itu akan dihilangkan.

  34. @pak awan : ya, sebelumnya saya pun mengalami kendala tersebut. Tapi sekarang tidak ada masalah, setelah saya pasang kinguser & link2sd. Hanya untuk transfer data memang harus manual. Jadi harus sering memeriksa memory internal. Mungkin itu kelemahan dari kit-kat, entahlah?

  35. Pak. Awan

    Kita senasib … haha.. solusinya memang harus di root. Masalanya belum nemuin juga cara ngeroot hp7voice ini… hemmm…. mungkin adakah yang tau caranya?

  36. setelah ngubek ngubek via mbak google dan ada forum yang sudah share root tablet ini..dan telah berhasil saya root dan tetap tidak bisa move aplikasi yang telah didownload ke sdcard….

  37. tidak ada kemampuan yang berarti dan bisa dibilang sama saja dengan tidak diroot. toh dari kapasitas penyimpanan di HH juga sudah cukup besar dan kemampuan hh untuk proses aplikasi juga sudah ok menurut saya.
    dari app link2sd yang saya pakai untuk memindahkan aplikasi di hh ke sdcard, aplikasi ini tidak support pak.
    mungkin pak herry ada info app apa yg bisa support untuk bisa memindahkan app dari hh ini ke sdcard ?

    1. Pak Arie,

      Sebelum Bali di-root, dulu kan ada yang mengeluh (saya lupa siapa, mungkin Bapak ya) tak bisa pindahkan foto dari memori internal ke kartu microSD. Sedangkan saya menyatakan dulu saat coba bisa kok.

      Pertanyaan saya, apakah sekarang sudah berhasil memindahkan foto ke kartu microSD?

      Wah, maaf, saya sudah lama tak pernah utak-atik lagi demi memindahkan aplikasi dari ponsel ke kartu microSD. Dulu banget saya pernah coba. Namun, hasilnya aplikasi jadi kurang gegas saat dijalankan. Sejak saat itu, saya memilih membiarkan aplikasi tetap tersimpan di memori internal, sesuai dengan kodratnya.

  38. Mohon maaf sebelumnya mau numpang tanya, adakah yang punya informasi di mana jual kabel untuk voicetab 7 untuk di sambungkan ke proyektor alias kabel MHL ke AVG ? soalnya saya cari di hitech mall juga gak ada yg jual. Terima kasih

    1. Pak Mahardhika,

      Saya tidak membantu menjawab, melainkan justru bertanya. Apakah tablet 7 Voice Tab alias Bali mendukung kemampuan tersebut? Kalau tidak mendukung kemampuan itu, meskipun Anda memiliki kabelnya, mestinya tak bisa dipakai.

  39. Pak Herry, mohon masukannya, saya sedang mencari android yg bagus kameranya, processor cpt, dengan mudah dpt memindah data, android APA yang sebaiknya sy beli? Sy mempertimbangkan jg spy hrg sebanding dgn produk yg dibeli, kalo be Tidak lebih Dr 1,4 juta. Bgm menurut pak herry? Sebaiknya membeli Samsun galaxy v duos baru hrg 1,2, smartfren amdeomax g2 hrg 900rb, atau HP 7 voice tab?

    Apalagi stlh membaca banyak review, tetap bgs HP 7 voice tab, namun ternyata terdapat banyak keluhan untuk process transfer data Dan touch screen yg krg responsif Dan juga kameranya yg krg bagus. Says Jadi ragu utk membeli HP, krn sy pasti akan Sering transfer data Dr internal me SD Dan dr SD me laptop. Mohon pendapatnya,. Thanks dan happy new year 2015.

    1. Bu Hilda,

      Yang Anda maksud dengan mudah memindahkan data itu gimana ya? Kalau maksudnya copy paste file dari memori internal ke kartu microSD atau sebaliknya, berarti lebih baik Anda mencari gawai Android yang masih Jelly Bean. Jangan yang KitKat.

      Anda menyebutkan Galaxy V, Andromax G2, dan HP 7 Voice Tab. Ehmm…. Anda ini sebenarnya mau beli ponsel atau tablet ya?

      Kalau membaca paparan Anda di paragraf berikutnya, tampaknya Anda cenderung ke tablet. Dengan kebutuhan Anda tersebut, berarti carilah Acer Iconia Tab 7 yang masih Jelly Bean. Kala ada notifikasi tawaran update ke Android 4.4 KitKat, abaikan saja tawaran itu.

      Selamat Tahun Baru 2015 juga.

  40. maaf pak herry krn ketikannya salah2. Krn sy TDK mematikan English dictionary nya smoga msh bs dibaca.

    Berikut bbrp ralat
    *kalo blh
    *me — ke
    *amdeo — andromax
    * says — saya

    Thank you

  41. Terima kasih Pak Herry, sy mmg blm memutuskan ponsel atau tablet krn sy mau lht fungsinya dulu. Gadget apa, bs ponsel atau tab, dgn budget sekitar 1 jt an dgn processor cpt, kuat dan kamera bgs. Kaalo review hp voice tab disini sy baca ada yg bermasalah dgn transfer data. Kalo sy ditanya transfer data kmana sy jg bingung krn sy bukan pemakai voice tab itu, tetapi yg sy tanyakan apa memindahkan data dr internal memory ke sd itu bs dilakukan dr voice tab langsung, dan apa perpindahan data foto, music dan video bs di copy ke usb dgn otg? Atau hrs manual pake kabel data dan colok laptop?

    Lalu produk acer yg pak herry sarankan itu, bgm dgn kualitas produknya?
    Thanks

    1. Bu Hilda,

      Dengan kriteria yang Anda sebutkan, berarti lebih aman kalau Anda mencari gawai yang memenuhi dua kriteria utama berikut:
      * Sistem operasi maksimal Android 4.3 Jelly Bean.
      * Mendukung USB OTG.

      HP 7 Voice Tab bukan pilihan tepat untuk Anda.

      Acer yang saya ceritakan baik-baik saja kok. Review bisa Anda baca di blog ini juga. Silakan ketikkan kata kunci “Acer Iconia Tab” di baris pencarian.

  42. Bagaimana cara memindahkan aplikasi dari memory internal ke eksternal,,,
    Soalnya saya sudah coba dengan beragam aplikasi masih tetep ga bisa
    Mohon bantuannya

    1. Pak Hamdani,

      Memang tidak bisa karena sengaja dibatasi oleh sistem operasi Android 4.4 KitKat. Hal itu berlaku untuk semua merek.

      Entahlah kalau pakai cara lain (root dll). Saya menguji pakai sesuai standar pabrikan.

  43. Pak Herry, bgm dgn polytron w 1500? @ 1, 050 jt d hartono. Sy tdk bs menemukan spec dan ulasannya di internet. Yg pasti gadget itu 5 inch, ram 512, cam 5mp, dan vga. Processor quad core, os jelly bean. Sy suka dgn processor quad core dan camera 5mp yg ckp ok. Dan bs usb otg. Tp sy ragu pak, krn brandnya polytron, meski peralatan elektroniknya bgs, tp sy blm prnh tau bgm produk ponselnya. Bs ksh masukan pak, thanks jg buat masukan sblmnya.

    1. Bu Hilda,

      Saat mengetikkan pertanyaan, lain kali tolong ketikkan dengan kalimat yang utuh. Jangan disingkat-singkat ya. Saya bingung saat membacanya.

      Maaf, saya belum pernah mencoba Polytron W1500. Jadi, belum tahu ponsel itu layak beli atau tidak.

  44. Pak Herry,
    Saya sudah beli HP VoiceTab7. Overall, cukup puas lah. Dengan berbekal quadcore utk saya sudah cukup. Tapi yg buat saya bingung, akhir-akhir ini kontak di phonebook kok hilang ya?
    Gimana cara memunculkan kontak yang hilang? Saya harap ini bukan kelemahan dari gadget ini.
    Mohon pencerahannya, pak Herry.

    1. Pak Iwan,

      Lho kok aneh? Saya tidak pernah mengalami hal itu.

      Coba ubek-ubek menu di kontak. Biasanya ada pilihan yang ingin ditampilkan kontak dari mana saja. Pilihlah all.

  45. Sekedar info. Jika rekan-2 masih ingin beli HP 7 Bali, silahkan beli ke hypermart.
    Harga 1.550.000, gratis case/dompet original dan screen guard. sangat lumayan kan, daripada membeli terpisah
    Menurut info dari spg HP di hypermart, promo ini berlaku s/d akhir januari 2015 atau selama persediaan masih ada
    Selamat berburu

    1. Pak Ivan Nugroho,

      Terima kasih atas informasinya.

      Case yang dijadikan bonus itu berbentuk flip cover atau pouch/sleeve/kantong?

  46. Pak Herry, cilaka ini, sy beli Bali dg harapan bs transfer file data dr email me flash disk via otg mlh ga support.. Apa mmg tdk ada solusi lain pak??

    1. Pak/Bu Vindo,

      Lain kali tolong kalimatnya jangan disingkat-singkat ya.

      Cara akal-akalannya ya data disimpan di microSD, lalu microSD-nya dibaca di laptop/PC.

  47. Buat info… saya selama satu bulan mencari dan mempelajari tablet dengan budget 1,5 jutaan dari berbagai merk.. Saya membeli Voice Tab Bali di HP Store di mal ambasador lt 3 gratis flip cover. Sudah hampir satu bulan lancar asyikk… responnya cepat…buat main game hd no lag… layar auto brightness…suara jernih dual stereo dengan dua speaker…android 4.4…Kamera asal tidak goyang hasilnya bagus… Tinggal beli printer bisa langsung buat ngeprint…

  48. Nyesel saya beli voice tab bali,, semua file ga bisa dipindahin ke micro sd,, jadinya memory internalnya cepet penuh,, pokoknya nyesel bgt deh….

  49. halo ponselmu.com dan pak herry sw.
    salam kenal dan salam bahagia.

    saya mau beli phablet atau tablet (bedanya apa ya?) hehe
    untuk kebutuhan main game.

    salah satu yang ditawarkan oleh teman saya adalah HP 7 Voice Tab Bali Edition ini.
    tanya pak herry, dengan budget 1,5 jt, selain HP 7 Bali ini, merk apa lagi yang bisa direkomendasikan ? Supaya ada pilihan he he…

    maunya yang performa ok dan tahan banting lah, soalnya anak2 pasti sering pakai juga.

    terima kasih pak herry.

    1. Pak Edho,

      Gawai dengan layar sentuh berukuran minimal tujuh inci biasanya disebut tablet. Sedangkan istilah phablet biasanya dipakai untuk ponsel berlayar sentuh mulai lima inci hingga enam inci.

      Jadi, perbedaan phablet dengan tablet biasanya hanya di ukuran layar.

      HP 7 Voice Tab – Bali Edition kini sudah turun harga. Harga ritel resminya Rp 1,399 juta, sedangkan harga pasar Rp 1,375 juta. Pilihan lain, Acer Iconia Tab 7. Review bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-acer-iconia-tab-7-walau-murah-tak-berbonus-emosi/

  50. Masalah yg sama , sudah pake aplikasi file manager model apapun, tetep gak bisa pindahin data ( image & lagu ) dari Internal ke External. Gmana ya…….ada yg bisa kasih solusi gak ya??
    mohon dibantu……..tks

    1. Pak Ismail,

      Saya jadi penasaran. Dulu saya bisa pindahkan file multimedia ke microSD. Apa mungkin muncul update tertentu yang membatasi hal itu ya.

      Anda di kota mana? Kalau di Surabaya, boleh deh kita ketemuan di foodcourt mana gitu. Saya coba bantu cek.

  51. halo pak herry sw

    lapor pak (he he), saya barusan beli hp 7 voice tab (kayaknya gak ada tag: bali edition-nya) keluaran oktober 2014. apakah sama ya ? (lagi di charge – belum diutak atik).

    sarannya pak herry, supaya awet dan tetap gegas dalam menggunakan hp 7 voice tab ini. apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak boleh dilakukan (termasuk aplikasi rekomendasinya)?

    terima kasih pak herry untuk informasinya yang bermanfaat.

    1. Pak Edho,

      HP 7 Voice Tab polosan dan Bali Edition barangnya sama kok. Cuma beda di kemasan.

      Ya silakan dipakai sepuasnya saja. Instalasikan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Jangan menginstalasikan banyak aplikasi dengan pemikiran: kalau kapan-kapan butuh biar sudah ada.

  52. Pak herry, saya baru beli hp 7 tab voiceni, belum genap 1 tahun
    Ada masalah sedikit, tombol up volumenya gak bisa digunakan, tapi tombol down nya lancar jaya
    Kira2 Gimana solusinya pak? Apa bisa pakai garansi atau ada cara ampuh dan simple pak?
    Terima kasih

    1. Pak Awi,

      Sebaiknya lakukan klaim garansi. Namun, bila masih ingin eksperimen sendiri yang tak sampai menghanguskan garansi, coba area sekitar tombol volume ke atas ditiup-ditiup atau disapu dengan kuas/sikat yang halus.

  53. Halo Pak Herry SW

    Saya sedang mencari casing untuk HP Voicetab 7 ini. Di daerah Jogja, banyak tempat sudah ditanya, tidak ada yang jual, yg ada cuma universal.

    Apakah Pak Herry SW sendiri punya toko Gadget atau mungkin bisa rekomendasikan beli di mana atau …. ?

    Terima kasih Pak Herry SW

    1. Pak Edho,

      Saya pernah coba mencari case untuk HP 7 Voice Tab di Surabaya, Jakarta, dan berbagai toko online. Hasilnya, gagal menemukan satu pun penjual. Di sebuah pameran, saya melihat pembeli HP 7 Voice Tab otomatis mendapatkan bonus flip cover orisinal. Saya lalu bertanya kepada penjaga stan, bolehkah membeli flip cover-nya saja. Ternyata aksesori itu tidak dijual terpisah.

  54. Pak Herry, Happy Morning.

    Ternyata, Flip Case HP ini termasuk barang langka ya. (ha ha..)
    Nanti kalo saya ketemu, saya berbagi info di sini ya.

    Saya mau berbagai info. Membaca bbrp keluhan di atas tentang data gambar, video (multiedia) yang tidak bisa dipindah atau disimpan di SD Card (External Memory).

    Saya kemarin bisa memindahkannya, menyimpan di SD Card melalui media PC / Laptop.
    Dan bisa dibuka dengan baik di HP Voicetab 7 (disingkat HP Vt 7 deh).

    Semoga bermanfaat.

  55. Pak, ini hp bali sy gx bisa sama sekali copy, maupun pindah apalagi delete data di micro sd maupun flash disk via otg … Semua file manager uda saya pake … Dr hp file manager yg resmi tuk hp bali mpe fike manager lainnya …. Dr data office mpe gambar aja gx bisa … Tlg pak solusi detail nya … Sy di jkt … Boleh minta no hp bpak tuk konsultasi masalah ini … Thanks

    1. Pak Agus,

      Data Office memang tak bisa. Kalau foto dan video seharusnya bisa. Terus terang saya penasaran dengan kondisi yang sekarang dialami pengguna. Padahal, dulu foto dan video bisa dipindahkan. Sayang, Anda berada di luar Surabaya.

      Maaf, saya tidak melayani konsultasi via telepon.

  56. Ini serius pak …utk foto saya mau hapus via hp eksplorer gx bisa … Terus pake es file manager juga gx bisa … Seolah olah hanya pelengkap ajah nih micro sd … Knp hp baliku …. ????

  57. Pak herry, salam kenal. Saya angga pak, saya pengguna HP 7 voicetab juga, apa flipcase nya sudah tersedia ya?
    Kalo sudah saya harus cari dimana?
    saya tinggal di surabaya, mohon rekomendasinya.
    Kalo berkenan balas via email pak..

    1. Pak Angga Hamdani,

      Saya belum pernah menemukan penjual flip cover atau flip case yang memang didesain khusus untuk HP 7 Voice Tab.

      Di sebuah pameran, saya pernah melihat pembeli HP 7 Voice Tab berhak mendapatkan bonus flip case orisinal. Kepada penjaga, saya menanyakan apakah boleh membeli flip case-nya saja. Eh, ternyata tak bisa.

  58. Untuk flip case yang non original sudah Ada di pasaran, tp memang kualitasnya tidal seperti originalnya…
    Untuk copy data Mari kits temukan solusinya bersama…
    Otg nya berasa hampa Karena kita Ga bisa pindah data ke flash disk… Hiks… Kalo saya pas ke sby boleh deh pak herry kita ke food court buat Cari solusinya… Thanks…

  59. Soal pindah pindah file sudah di perbaiki di update system terbaru per 3 Maret 2015 kemarin, HH lbh responsif & dan bisa copy paste file jg…

    1. Pak Deni Malik,

      Terima kasih atas informasinya. Wah, kabar gembira untuk pengguna HP 7 Voice Tab deh.

  60. salam knl sobat terutama buat pak herry .untuk copy file data dicard internal ke external maupun hasil downlod saya mau sedikit kasih info saya baru 1miggu beli HP 7voice tab ,,”Bali” Dan itupun secend saya jg mengalami kesulitan copy paste hasil jepretan file instal yg intinya di internal ….sampek puyeng itu tab sampek aq riset factory beberapa x Dan googling gak menemukan solusi. akhirx Sekarang no traubel install via google play …link2SD …ESfilexplorer di HH install root manager di HH tapi gak usah diroot. sucses sekarang bebas copy paste. apabila sudah sesuai ada trobel
    di HH anda saya tidal Bertanggung jawab karna baru pertama x Dan belum
    coba di HP7 voicetab” Bali” yg lain. thx.

  61. Saya menyesal membeli hp7 voice tab bali edition karena applikasi apapun tidak dapat dipindahkan ke sd card…..

    1. Pak Rico,

      Kalau faktor itu menjadi penyebab Anda menyesal, berarti Anda sebaiknya jangan membeli peranti Android bersistem operasi Android 4.4 KitKat bermerek apa pun. Pilihlah versi yang lebih rendah.

  62. Salam kenal Pak Herry SW, saya baru liat review nya HP 7 VoiceTab Bali nya. Kebetulan saya baru dapat gress dari teman, untuk spesifikasinya:
    HP 7 VoiceTab Bali – White | Android 4.4.2, Quad-core Processor, Layar 6.95 inch, Dual Camera 2MP 0.3MP

    Nah kalo melihat review nya, sepertinya agak kurang “joosh” untuk product ini. Kalo mau minta saran, sebanding yang dengan ini apa yaa ? kemudian jika saya mau cari smartphone yang kisaran harga 1,5jt an, android base dan yang berdimensi sekitar 5″ apa ya yg bagus ?

    Sebelumnya terima kasih banyak

    1. Pak Steve,

      Salam kenal juga.

      Tablet yang setara dengan HP 7 Voice Tab adalah Acer Iconia Tab 7. Dengan harga segitu, kita memang tak bisa mengharapkan produk yang sangat jos.

      Kalau ponsel di kisaran harga Rp 1,5 juta, silakan berburu Xiaomi Redmi 1S.

    1. Pak Awi,

      Maaf, saya tak tahu. Saya tidak pernah nge-root. Coba simak satu per satu komentar di atas pertanyaan Anda. Seingat saya, ada yang pernah menginformasikan cara rooting.

  63. Makasih pak
    Oiya, mau tanya lagi ni pak, koq di spek nya di tulis rom 8gb, sementara yang bisa digunakan cuma 4gb. maksudnya gmn tu pak?
    Makasih sebelumnya pak

    1. Pak Awi,

      Kapasitas ROM memang 8 GB. Lha kok cuma bisa dipakai 4,x GB? Kan yang lain digunakan untuk sistem operasi atau firmware.

  64. Terima kasih atas sharing nya para suhu.
    Setelah install essential update dari HP, maka voicetab 7 saya bisa transfer dan delete file di MicroSD. πŸ™‚

  65. Hallo pak Herry,
    Saya memiliki Asus Zenf 5 dengan operation system version Android 4.4.2 Kitkat, tapi bisa memindahkan applikasi apapun dengan applikasi AppMgr III ke Micro SD, lalu apa perbedaannya dengan HP7 voice tab ed. bali ini dengan Asus Zenf.5 dengan operation system Android 4.4.2 Kitkat , yang ternyata HP7 voice tab ed. Bali ini tidak bisa memindahkan applikasi ke Mirco SD ?

    1. Pak Rico,

      Setelah bepergian ke dua kota sejak 17 Maret 2015, baru pagi ini (21 Maret 2015) saya kembali menjawab pertanyaan yang masuk ke blog Ponselmu.com.

      Kustomisasi tertentu yang dilakukan pabrikan kadang menjadi pembeda. Btw, kabar terakhir sudah ada update untuk HP Bali yang memungkinkan penulisan ke microSD leluasa dilakukan lagi.

  66. Halo Pak Herry,
    Kalau untuk layar bagus mana ya pak jika dibandingkan dengan acer iconia?
    Saya cari tablet range 1jtan-2jt, kriteria utama RAM min 1Gb, tidak lag/lemot, layar enak dipandang, kalau bisa sudah ips, baterai kapasitas besar, ada rekomendasi lain selain acer iconia dan hp bali pak?
    Terima kasih

    1. Bu Kartika,

      Boleh dibilang secara keseluruhan Bali dan Iconia Tab 7 itu berimbang sekali. Tinggal Anda lebih sreg tampilan fisik yang mana deh. Harga jual saat ini lebih murah Acer sekitar Rp 100 ribu.

      Belum ada rekomendasi lain lagi. Oh ya, jangan beli merek Asus ya.

  67. pak herry, sy pake hp 7 voice tab
    kalau tdk bisa memindah aplikasi ke kartu memori, gunanya kartu memori apa? saya bingung:’)??

  68. Pak herry,

    Salam kenal ya pak baru nemu review hp 7 ini..
    Overall puas dengan performa barang ini dg pembanding harganya πŸ™‚

    Masalah saya adalah… Dari awal punya sampai sekarang adalah tdk bisa mendapatkan flip cover yg sesuai. Universal mau pakai malah deg deg an….

    Kalau ada yang punya bisa di recomend belinya dimana gitu….

    Btw thanks

    Buat liat sirkulasi kerjaan sangat2 puas…..

    1. Pak Alfons,

      Nah… itu dia. Saya juga belum pernah menjumpai penjual flip cover yang memang didesain untuk tablet tersebut, baik orisinal maupun bukan orisinal.

      Di sebuah pameran saya pernah melihat pajangan flip cover orisinal. Namun, ternyata tidak dijual, melainkan dijadikan bonus untuk pembeli tablet tersebut.

      1. Pak Herry,

        Saya dapat smart cover di https://www.bukalapak.com/p/handphone/case-cover/4tn5h-jual-hp-7-voice-tab-smart-cover-bali-edition-standing-case-free-screen-protector

        masih terjangkau kok harganya, barangnya oke punya sangat presisi dan dapat free antigores.

        Kalau untuk flip cover saya dapat di https://www.bukalapak.com/p/handphone/case-cover/5nplp-jual-leather-case-sarung-hp-bali-voice-tab-bali-7-inch?query=geraihusna&from=list-product

        semoga bermanfaat infonya.

        1. Pak Kirana,

          Terima kasih atas informasinya. Saya yakin sangat bermanfaat bagi pengguna HP 7 Voice Tab yang memantau blog ini.

  69. Akhirnya saya ketemu pak, tp via online sih….

    Lumayan lah dari pada tidak.

    Oh satu lagi pak, knp ya misal ada gambar dari camera lain pas saya kirim via blutut kok hasil gambar tidak sebagus dari pengirim ya ?

    Terima kasih

    1. Pak Alfons,

      Ada tautannya? Silakan diinformasikan di sini karena akan bermanfaat untuk pembaca lain.

      Soal transfer foto via bluetooth, seharusnya file tak mengalami perubahan. Kalau terasa ada perbedaan tampilan saat dilihat di tablet/ponsel, biasanya itu dipicu oleh layar tablet/ponsel.

  70. Oh begitu ya pak.
    Pak Herry ada rencana review samsung galaxy tab 3v (T116)?
    Sepertinya produk baru, disalah satu online shop ada promo jual 1,65jt, harganya lebih mahal sekitar 200-300rb sm acer aprilia pak. Saya lihat spec tertulis untuk layarnya ada tulisan WSVGA, ini maksudnya apa ya pak? menurut bapak kualitas layar bagus acer/samsung ya?
    Tadinya saya sudah niat sm acer nih pak, jadi ragu lagi karena tab 3v ini, beda harga tipis tp sudah merek samsung, menurut bapak gimana ya?

    Terima kasih

    1. Bu Kartika,

      Belum ada rencana mengulas tablet Samsung tersebut. Satu hal yang perlu disadari, Samsung memang lebih populer daripada Acer dan aneka merek lain. Namun, hal itu kemudian jangan membuat Anda mengambil kesimpulan bahwa produk Samsung pasti bagus. Saya pribadi sudah lama tidak memakai Samsung sebagai ponsel utama untuk urusan non-review. Sebab, ponsel Samsung kurang mampu memikat hati saya.

      Layar WSVGA maksudnya beresolusi 1.024 x 600 piksel alias sama dengan layar Acer Iconia Tab 7.

  71. Begitu ya pak, saya sendiri juga sebenarnya belum pernah pakai samsung untuk gadget. Adik saya pernah pakai untuk handphonenya, saya kurang tahu tipenya, dan keluhannya suka panas sendiri gadgetnya, padahal sedang tidak digunakan.
    Ternyata layarnya sama ya pak, saya pikir lebih bagus.
    Oke sudah yakin deh saya sama Acer. Terima kasih atas sharingnya pak.

  72. Iya pak, ini link nya di http://www.bukalapak.com saya sudah beli tapi brg belum sampai.

    Nanti saya kabarin lagi kalau barang sudah sampai.
    Mengenai pindah data saya tidak mengalami masalah seperti bapak bapak yang komen di sini.

    Lawan samsung…dengan tab 2 yg 7 inch saya merasakan kepuasaan dg hp 7 ini………entah mungkin krn sejak jaman pda sudah nyetel kali ya…..

    Hehehehe

    Salam

  73. Pak Herry,,

    Phablet ini bagus ngga’ bwt nge-game?? n bagusan mna asus fonepad 7 ama phablet ini?
    terus katanya layar.y mudah retak/pecah.

    Mohon jawabannya yahh !! Thankz sebeLumnya.

    1. Pak Denny,

      Saya tak tahu kebutuhan game Anda apa. Untuk mengantisipasi game yang agak berat, lebih baik Anda mencari tablet dengan RAM 2 GB.

      Layar mudah pecah? Setahu saya tidak. Kecuali memang terbentur keras, terjatuh keras, atau terinjak.

  74. menurut sya keren sihh hp 7 buat cocan sambil mp3an pun gak ngelag.. .. baterai jga mumpuni..,,speakernya double mantap..,

  75. Saya sudah install essential update dari HP, di voicetab 7 …tapi kok masih belum bisa copy paste file ke sdcard dan flashdisk ya…Pak Herry tolongin donk, saya baca comment diatas ada yang bisa, kenapa kok punya saya gak bisa..

    1. Pak/Bu Kiki,

      Saya sudah tidak memakai tablet itu. Rekan pengguna HP 7 Voice Tab yang kebetulan membaca thread ini, tolong bantu Pak/Bu Kiki ya.

    1. Bu Ainu,

      Ups… maaf sebelumnya saya panggil Pak Ainu.

      Untuk memindahkan file multimedia, paling enak sambungkan tablet ke PC/laptop via kabel data. Kemudian, ya tinggal dipindah-pindahkan. Bisa juga menggunakan file manager di tablet.

      Hal serupa tak dapat dilakukan terhadap file non-multimedia.

  76. Pak Herry.
    HP 7 Voice tab bali edition saya Matot.
    saya hard reset , sudah Wipe Data Complete ,
    di reboot tp tidak mau menyala,,
    malah tertulis Tidak Ada Perintah ! (Lambang Android tertidur !)
    ada Solusi Pak ? ?

    1. Pak Tony,

      Lho… Anda mengirimkan pertanyaan yang sama sebanyak tiga kali. Lain kali cukup sekali dan sabarlah menantikan balasan ya, Pak.

  77. Pak Herry.
    HP 7 Voice tab bali edition saya Matot.
    saya hard reset , sudah Wipe Data Complete ,
    di reboot tp tidak mau menyala,,
    malah tertulis Tidak Ada Perintah ! (Lambang Android tertidur !)
    ada Solusi Pak ? ?

  78. Pak Herry.
    HP 7 Voice tab bali edition saya Matot.
    saya hard reset , sudah Wipe Data Complete ,
    di reboot tp tidak mau menyala,,
    malah tertulis Tidak Ada Perintah ! (Lambang Android tertidur !)
    ada Solusi Pak ? ?

  79. Pak Herry..
    saya mau tanya,apakah HP 7 VOICETAB BALI bisa di-ROOT??
    soalnya berbagai cara sudah saya coba tapi gk bisa..mohon bantuannya

    terima kasih

    1. Pak Afdhel Darmawan,

      Maaf, saya tak pernah mencoba nge-root. Saya terbiasa menggunakan ponsel dan tablet sesuai standar pabrikan.

      1. Pak Kirana,

        Terima kasih atas bantuannya dalam menjawab pertanyaan. Saya kebetulan nggak pernah “mainan” root.

  80. Cara penyimpanan ke memori external gimana ya?foto,video dll,,, Saya sudah cari tp ngga ketemu juga…..thx

    1. Pak Mustofa,

      Detailnya saya sudah lupa. Kalau secara default, seingat saya, tidak bisa. Mesti dipindahkan manual pakai file manager.

  81. Pak Herry..
    Saya mau tanya,Apakah HP 7 Voicetab Bali ini bisa diroot??Segala cara telah saya lakukan tapi tidak ada yg berhasil..Mohon bantuannya
    Terima Kasih

    1. Pak Afdhel,

      Anda sudah mengajukan pertanyaan persis sama dan sudah direspons lho. Silakan scroll ke atas untuk membacanya.

  82. Pak Herry,, maw nanya apLikasi di internal Mem. dpt dipindahkan ngga ke externaL mem. ? seperti apLikasi game ??
    Mohon di jawab yahh ..
    Terima kasih sebeLumnya Pak Herry ..

  83. Yth Pak Herry, terima kasih atas penjelasan Bapak tentang pemindahan file aplikasi ke SD Card. Sangat membantu saya untuk menjelaskannya kembali ke anak saya. Salam.

  84. Hallo pak Herry
    Salam knal
    Ada info untuk semua,semoga berguna…untuk mendapatkan file manager hp voice7 tab bali .pindah file dari internal ke external sebaliknya,rename,dll mantap,hanya saja berbagi bluetooth lewat file manager ini tidak ad..datang aj ke service center hp terdekat..dengan membawa..dus(garansi)
    Mengisi data yg di ajukan..no.hp,email,alamat..
    Sediakn app Es manager,solid explorer manager pilih salah satu atau borong semua untuk berbagi file..apps es M dan solid lewat file manager ini tidak bisa pindah file ex ke internal…datang aj ke service center hp terdekat untuk dapatin file managernya..
    Cuma berbagi info..
    Salam

    1. Pak Ryo,

      Wah, terima kasih sekali atas informasinya. Saya malahan baru tahu kalau ada layanan solusi tersebut.

      Rekan-rekan pengguna HP 7 Voice Tab, silakan mencoba informasi yang disampaikan Pak Ryo di atas.

  85. hallo Pak Herry

    salam kenal,
    Pak mohon info. saya kebetulan pengguna HP 7 voice tab, dan membaca ulasan Bapak mengenai tablet tersebut. Dalam ulasan tersebut nampak terlihat Bapak Herry menggunakan screen capture. mohon info Pak, nama aplikasi screen capture nya apa? sebab saya download beberapa versi namun saat digunakan disebutnya “not root”. saya kurang paham hehe.
    terima kasih sebelumnya Pak.
    salam

    1. Bu Azmi Afiff,

      Saya tidak menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan screen capture. Cukup tekan dan tahan tombol power + volume ke bawah secara bersamaan.

    1. Pak Kecoak (ehm… itu beneran nama Anda?),

      Tidak tersedia file manager bawaan. Silakan mengunduhnya dari Play Store.

    1. Pak Erlangga,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      USB org itu maksudnya apa ya? Kalau yang dimaksud USB OTG, tak ada cara aktivasi khusus.

  86. Pak heri. Ijin bertanya, cara pindahkan data game/ aplikasi dari hp voice tab 7 ke micro sd gmn ya pak?
    Mohon pencerahannya terimakasih

    1. Pak Richo,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Saya tak tahu kondisi terakhir firmware di tablet itu seperti apa. Mestinya aplikasi tak bisa dipindahkan ke microSD.

  87. Slm kenal pak herry…
    Terimakasih ats review HP voice 7 tab bali nya. Sy jg mrpkn slh satu pengguna tab ini, baru sekitar hmpir 1 bln. Yg sy hdpi saat ini adalah sd card yg terpasang di tab ini (vgen 8gb kec 10) tdk terdetect lg. Sdh 3x ganti yg baru sd card nya. Tiba2 selalu ter unmount sendiri. Apakah trjd kerusakan di slot sd card nya? Atau sistem nya? Kl sd cardnya sdh diganti yg baru 3x ttp sama. Awalnya detect, kmdn tiba2 terunmount sendiri. Apakah perlu upgrade firmware? Mohon pencerahan dr bpk. Trmksh

    1. Bu Beti,

      Salam kenal juga. Lain kali tolong jangan menuliskan kalimat dengan penuh singkatan ya. Saya pening saat membacanya.

      Berdasarkan cerita Anda, permasalahan tampaknya bukan di kartu microSD, melainkan di selot memori eksternal tablet tersebut. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi HP untuk diperiksa.

  88. hallo Pak Herry

    salam kenal,
    Pak mohon info. saya kebetulan baru menggunakan HP 7 voice tab, saya mau menindahkan data dari flash disk ke hp slot flash disk nya di mana ya ?

    terima kasih

    1. Pak Heru,

      Apakah yang dimaksud adalah colokan untuk USB flashdisk? Kalau iya, jawabannya memang tidak ada.

      1. Pak Kirana,

        Oh, yang dimaksud Pak Heru USB OTG tho. Karena Pak Heru menuliskan slot flashdisk, yang saya tangkap beliau mencari port USB.

  89. Pak Herry, apakah tab HP Bali ini bisa screen mirroring? Jika tidak bisa bagaimana caranya menghubungkan tab ini ke smart TV ? Apakah ada applikasi android yg busa digunakan untuk screen mirroring?
    Terima kasih πŸ™‚

      1. Pak Triyono,

        Saya tak hafal satu per satu. Tablet merek global biasanya sudah bisa sih. Ada yang pakai istilah “wireless display”, ada pula yang pakai istilah “Miracast”.

  90. hp voicetab saya sistem settingnya unfortunatlly has stoped trus pak
    trus kadang” mati sendiri klo kepanasan
    solusinya gmn pak.???

    1. Bu Lia,

      Kalau panas memang akan mati otomatis. Hal itu juga berlaku di gawai lain.

      Saran saya, sebaiknya tablet Anda di-factory reset dulu.

  91. Pak, mau tanya…

    Sudah berbagai macam cara, baik dengan file manager Dan root to tetap tidak bisa mindahkan file multimedia ke SD card.

    Mungkin bapak bisa bantu?

    Posisi saya di tangerang

    Terima kasih

    1. Pak Yoga Wibisino,

      Maaf, saya tak bisa membantu. Kalau saya perhatikan, kemampuan menyimpan file multimedia ke kartu microSD itu on-off. Dulu waktu saya memakai tablet HP 7 Voice Tab, kemampuan itu tersedia. Namun, kemudian menghilang, ada lagi, dan (kalau membaca cerita Anda) sepertinya hilang lagi.

      Kalau masih ingin coba, silakan coba memindahkan dengan bantuan PC/laptop.

  92. Tuk info temen2 ,cara pindahkan data game/ aplikasi dari hp voice tab 7 ke micro sd sy dah coba menggunakan ES file Explorer sukses, dan untuk yg mencari accesoris/ part nya langsung aja ke servis centre,

  93. pak saya punya baru beli bulan april lalu..
    kmrn jatuh dan layarnya kedap kedip ada garisanya..
    kemungkinan LCDnya kena..
    saya mau perbaiki dimana ya pak dan kira kira berapa harganya.
    terimakasih

    1. Pak Nugroho,

      Silakan cek alamat pusat perbaikan resmi yang tertera di kartu garansi.

      Soal biaya perbaikan, saya tak tahu.

  94. Sy dapat info di Service centre harga Lcd + Touch Voice tab 7 Rp390rb, bisa pick up unit kok katanya lebih jelasnya call aja ke 0213505145

  95. Pak, bs sharing gmn cara nya menghilangkan bunyi saat mengetik pesan di voice tab 7 ini, sy udh cari gk dapet2..agak terganggu jg sama suaranya..trmksh

    1. Bu Amelia Fritha Juliana,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saya sudah lupa dengan struktur menu HP 7 Voice Tab. Silakan coba masuk ke settings, language and input, lalu carilah menu sound on keypress. Carilah pula menu bernama sound and notification atau sejenisnya. Cermati satu per satu pilihan di dalamnya.

    1. Pak Agus,

      Masih ada, meskipun tidak banyak. Silakan cari di WTC dan Plasa Marina. Harga ritel resmi Rp 1,399 juta. Kadang ada penjual yang menawarkan Rp 1,375 juta.

  96. Pak, HP voice tab saya jatuh dan pecah, tapi masih bisa nyala dan bisa dipake. Apakah layar casing yg pecah itu bisa diganti? Karna kemungkinan LCD belum kena, makanya masih bs hidup pak.

  97. Pak saya mau tanya cara mengaktifkan Galeri, soalnya kemaren ngak sengaja kepencet nonaktifkan di Galeri nya hingga sekarang kalau mau buka galeri tidak ketemu

    1. Bu Adawiah,

      Saya sudah lupa dengan struktur menu HP 7 Voice Tab. Menu Galeri mestinya tak bisa dihapus. Coba cek di settings lalu apps. Pada tab di bagian atas, adakah pilihan disabled? Kalau ada, pilih itu dan carilah apakah ada menu Galeri. Jika ada, berikutnya bukalah dan tekan tombol enabled.

      Kalau menu yang saya sebutkan di atas ternyata tidak ada, langkah termudah adalah melakukan factory reset.

  98. Pak herry
    Download es file expl untuk pindah file dr intr ke estr
    nya ada link nya pak?
    Boleh di share…
    Terimakasih….

    1. Pak Richo,

      Maksudnya gimana ya? Saya tidak paham. Silakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap. Ini bukan telegram atau SMS.

  99. saya punya itu, tapi memang sayangnya aplikasi tidak bisa dipindah ke sd card. padahal internal storage cuman 4gb. coba cari2 aplikasi buat mindahin ke sd card juga gak ada yg cocok.

  100. Pak sy juga pake ni ho bwt anak sy, selama pake,cukup worth lah pa dikelasnya, untuk sekedar bermain game COC gd masalah sama sekali..cuma saya msh susah nyari aplikasi untuk root ini ho. Mungkin bpk punya referensi pa ?.

    Satu lagi mungkin OOT, menurut saran bpk untuk HO flagship killer yg skr sedang merajalela, kira2 yg mana yg sy ambil ya pak antara
    a. 1+2
    b. Asus Z.2
    c. Xiaomi mi note pro

    Maaf pak dh kaya pilihan ganda aja??

    1. Pak Wiel,

      Maaf, tak tahu. Saya malahan tidak pernah nge-root. Coba baca komentar di atas satu demi satu. Seingat saya, ada yang pernah membagikan cara nge-root tablet ini.

      HO itu apa ya?

      A. Saya belum pernah coba.
      B. Pernah coba. Menurut saya, belum layak dibilang flagship killer. Review bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-asus-zenfone-2-satu-tipe-empat-varian/
      C. Belum pernah coba juga.

      Kalau mau flagship beneran, beli LG G4 saja, Pak. Ponsel bagus itu. Review dapat disimak di http://ponselmu.com/review-lg-g4-tak-perlu-lagi-kantongi-kamera-saku/

  101. Pak numpang tanya:
    1. Hp bali saya kok wifi tdk bisa dimatikan ya, sekli dimatikan langsung nyala sendir, apa masalahnya n gmn cara memperbaikinya?
    2. Apakah hp bali support dgn kbel mhl? ( bisa dipake ke lcd) klo nfak, ada kah cara agar bisa connect ke lcd projector?

    1. Pak Ian,

      1. Kalau mau dicoba sendiri dulu, lakukan factory reset. Bila Wi-Fi berubah menjadi normal, ya sudah. Namun, bile Wi-Fi masih belum normal, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi HP.

      2. Setahu saya tidak bisa.

  102. Pak, saya pengguna Tablet HP Slate 7 Voice Tab ( Bukan yg Bali edision). Yang mau saya tanyakan apakah tab saya support OTG cable?
    TerimaKasih

    1. Pak Yuniar Pasaribu,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Saya belum pernah mencoba HP Slate7 VoiceTab. Jadi, saya tak tahu bisa OTG atau tidak.

  103. Terimakasih atas ulasan HP Voice Tab 7 nya Pak Herry dan juga para kontributor di sini , banyak info yang berguna buat saya sebagai pengguna tablet ini. Dibanding tablet sekelasnya , tablet ini lebih lancar dan tak ada lag , meski kameranya kurang memadai , saya rasa untuk harga sebanding dengan kinerjanya.

  104. Pak Herry…
    Saya sudah satu tahun pakai HP voice tab7, sangat puas karena support dengan USB OTG. Pertanyaan saya, apakah HP Voice Tab7 bisa dikoneksikan ke proyektor? Kalau bisa kabel koneksi apa yang harus saya pakai, dan dimana saya bisa mendapatkannya.
    Terima kasih atas jawabannya pak.

  105. Pak saya pengguna hp 7 voice tab…saya mau tanya,gimana caranya memindahkan file dari internal ke kartu sd…trima kasih…

  106. Salam kenal pak herry
    Saya baru beli hp7 voice tab ni bisa di lasih nada dering mp3 gak ya? Tolong bantuannya terima kasih.

    1. Pak Iwan,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Bisa. Kopikan dulu file MP3-nya ke memori internal ponsel. Berikutnya, aktifkan file itu menjadi nada dering.

  107. Salam pa herry

    Bagaimana cara buka untuk melihat batre di hp 7 voice tab ini??punya sy skrg jd gbsa ngecas posisi nyala.
    Terimakasih sebelumnya

    1. Pak Fatfat_faidah,

      Wah, saya harus dibongkar. Saya sendiri tak pernah melakukannya. Lebih baik Anda membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  108. Selamat malam pak herry
    ada yang mau saya tanyakan untuk Hp 7 voice tap
    punya saya pecah touch sreennya karena kedudukan
    Saya cari dimana untuk spare partnya
    terima kasih
    Ari ( bekasi )

    1. Pak Ari,

      Ini maksudnya HP 7 Voice Tab (Tab bukan Tap), bukan? Kalau iya, di pusat perbaikan resmi HP mestinya ada. Namun, Anda tentu harus membelinya karena kerusakan itu terjadi akibat kesalahan pengguna.

    1. Pak/Bu Ichal,

      Kita nantikan jawaban dari Pak Gan ya.

      Kalau setahu saya, Herry, bisa dibeli sekaligus dipasangkan di pusat perbaikan resmi HP.

  109. Pa Herry …

    Kenapa ya Hp 7 VoiceTab yg punya saya tibaΒ² kameranya gk jalan ? Tolong minta solusinya ,kalau pusat perbaikan resmi HP di daerah cimahi/bandung dimana?

    Terima kasih atas jawabannya
    Terima kasih telah membalas comennan saya sebelumnya … Salam .

    1. Bu Helina,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Supaya pertanyaan “kenapa” bisa terjawab, silakan memeriksakannya ke pusat perbaikan resmi terdekat. Saya tak hafal alamatnya di dua daerah itu. Mungkin saja modul kamera gawai Anda rusak.

  110. Pak apa benar pabrikan hp 7 voice tab untuk LCD tidak ada barang? Soalnya tab saya udah saya masukan ke service center reami di lampung sampai sekarang belom ada barang untuk LCDnYa.

  111. Mohon maaf pak hery,mengapa kalu saya pindahkan file atau gambar dari internal ke sd card selalu “aplikasi hanya memiliki akses baca saja ke map ini pada sd card ” mengapa yh pak…

  112. maaf, tanya…
    saya punya HP 7 voice tab..namunnn
    1. kenapa setiap foto ataupun unduhan otomatis masuknya ke memory internal???
    2. sampai saat ini sy tdk bisa memindah data yang ada dimemory internal HP 7 voice tab ke card SD…. harus bgmn? krna tdk ada settingan yg bisa dipilih.
    thx

    1. Bu Ani,

      Saya sudah lupa dengan menu HP 7 Voice Tab. Di dalam menu kamera apakah tak ada pilihannya? Coba cek pula menu settings, lalu storage. Kalau tetap tak bisa, ya berarti memang tidak bisa. Silakan memindahkan data secara berkala dan manual menggunakan aplikasi file manager.

    1. Bu Ita,

      Saya tak tahu di Cirebon ada pusat perbaikan resmi HP atau tidak. Coba hubungi call center HP di 08001112111.

  113. Pak, saya sudah punya hp7 voice tab bali edition ini, tapi memory cardnya ga bs kebaca, jadi kalo download app masuknya ke penyimpanan internal
    Gimana cara mengaktifkan memory card-nya ya Pak?
    Terimakasih

    1. Bu Devia,

      Saya sudah lupa dengan detail menu HP 7 Voice Tab. Seingat saya, aplikasi tambahan memang akan diinstalasikan di memori internal dan tak bisa dibuat otomatis ke kartu microSD.

  114. Saran untuk pengguna HP 7 Voicetab, bila ingin mengcopy paste file ke kartu SD bisa dilakukan dengn aplikasi 7Zipper. oiya pak Herry, saya sekarang sedang berusaha menjual HP 7 Voicetab saya di pusat handphone di solo, tepatnya singosaren plaza. tapi para penjual rata rata melego perangkat ini sebesar 750 rb. apakah ini wajar? padahal kondisi nya sangat baik karena selalu saya gunakan bersama flipbook original HP dan Anti Glare Screenguard

    1. Pak Andreas,

      Ini maksudnya pedagang ponsel bekas membeli tablet Anda dengan harga Rp 750 ribu kan? Kalau iya, wajar deh.

    1. Pak Gustap,

      Saya sudah lupa menu detail di tablet itu. Standarnya GPS langsung aktif deh, Pak. Dari home screen, coba sapukan jari dari bagian atas layar ke tengah, lalu cek ikon location/GPS.

  115. pak Herry saya mau tanya, kan saya sudah beli HP 7 Voicetab nih, kira kira udah 1thn, belakangan ini, kalo dicas pake cas cas nya Oppo sambil HP ini dimatikan belum 10 menit baterainya sudah penuh, bagaimana bisa?

    1. Pak Dio,

      Setelah baterai penuh, kalau tablet Anda nyalakan, baterai itu bisa bertahan berapa lama? Saya curiga kemampuan baterai telah mulai menurun.

    1. Pak Fajar,

      Lebih kurang aman sih. Pelindung layarnya sudah jelek-kah? Kalau iya, silakan dilepas lalu belilah pelindung layar baru.

  116. pak Heri..HP 7 voice tab saya sinyal 3Gnya penuh,tapi pas cona browser kok tidak konek ya pak..mohon pencerahannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *