Review HP Slate6 VoiceTab: HP Juga Jual Hape

Keterkejutan dan keheranan yang dipungkasi dengan sederet pertanyaan berkali-kali terjadi saat penulis memakai HP Slate6 VoiceTab. Logo HP berukuran cukup besar di sisi belakang peranti itu membuat orang lain di hadapan penulis dengan mudah dapat mengenalinya.

“Lho, HP sekarang juga jualan hape ya? Ikut-ikutan Acer dan Asus. Bagus nggak? Harga berapa? Boleh lihat sebentar?” Ya, bagi para penjual dan konsumen gawai alias gadget, HP identik dengan produk laptop dan PC. Ketika mereka melihat ada produk lain bermerek sama, rasa penasaran pun membuncah.

HP Slate6-1

HP Slate6 VoiceTab merupakan satu di antara dua gawai terbaru yang dipasarkan HP di Indonesia. Slate6 diposisikan sebagai phablet, bukan smartphone maupun hape biasa. Sedangkan satu produk lainnya, HP Slate7 VoiceTab, ditempatkan di kategori tablet.

Dibandingkan mayoritas ponsel berlayar ekstraluas atau phablet yang telah beredar di pasar Indonesia, tampilan fisik Slate6 agak berbeda. Bagian samping Slate6 berwarna emas, bukan perak maupun abu-abu seperti yang lazim dijumpai. Penutup baterainya memadukan corak mozaik dengan carbon style. Hal tersebut membuatnya terlihat elegan, cantik, sekaligus lumayan maskulin.

HP Slate6-3

Sementara itu, desain sisi muka Slate6 amat mungkin bakal dianggap sama dengan beberapa gawai. Misalnya, BlackBerry Z10, HTC One, dan Smartfren Andromax Z. Dua speaker dibenamkan di area ini. Satu di atas layar, satu lagi di bawah layar.

Slate6 memanfaatkan layar sentuh IPS enam inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel. Agar lebih nyaman dipandang mata, penulis menyarankan pengguna menonaktifkan tingkat pencahayaan otomatis. Caranya, masuklah ke menu settings, display, brightness, dan hilangkan tanda centang di baris automatic brightness. Selanjutnya, geserlah lingkaran berwarna biru sampai sekitar sepertiga panjang total garis.

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan di Slate6. Selot nomor pertama menggunakan kartu micro SIM dan leluasa mengakses jaringan 3G. Asalkan layanan operator GSM yang dipakai mendukung, pengguna bisa menikmati akses data HSDPA 21 Mbps. Selot nomor kedua memakai kartu mini SIM dan maksimal cuma mampu berinternet via layanan GPRS/EDGE.

Apakah Slate6 bisa dipakai bertelepon? Bisa. Silakan pilih mau memakai nomor pertama atau kedua. Kalau ingin merekam percakapan yang sedang berlangsung, pengguna cukup menekan simbol mikrofon di kanan bawah layar.

Dua kamera tersedia di peranti berukuran 165 x 82,6 x 8,98 mm dan berat 160 gram itu. Kamera di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video HD 720p. Sedangkan kamera depan Slate6 siap menghasilkan foto dua megapiksel dan klip video HD 720p.

HP Slate6-2

Spesifikasi lain Slate6 meliputi prosesor empat inti (quad core) Marvell PXA1088 1,2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 1 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD. Memori internal peranti itu hanya terdiri atas satu partisi. Diberi nama internal storage, sebanyak 12,11 GB di antara total kapasitas 12,36 GB awalnya masih kosong.

Gawai bersistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean itu juga dibekali radio FM yang siarannya bisa direkam. Baterai yang disertakan dalam paket penjualan berjenis lithium ion dengan kapasitas 3.000 mAh. Baterai yang dapat dilepas pasang tersebut mampu menemani penulis beraktivitas selama 12-14 jam.

Secara umum, kinerja Slate6 yang dibanderol Rp 2,799 juta itu tidak buruk. Pemakaian prosesor Marvell mungkin sempat membuat sebagian peminat ragu. Sebab, peranti Android biasanya memanfaatkan prosesor Qualcomm, MediaTek, atau Intel. Hasil uji pakai ala penulis membuktikan prosesor Marvell tak mudah panas. Jauh lebih dingin daripada Asus Zenfone yang memakai prosesor Intel. Bodi Slate6 maksimal sampai hangat saja.

Sisi minus yang penulis temukan di Slate6, ia tidak bisa dikunci supaya selalu berada di jaringan 3G. Solusinya, pengguna harus menggunakan jurus *#*#4636#*#*. Ketikkan kode tersebut di menu telepon, pilih phone information, lalu ubahlah set preferred network type menjadi WCDMA only.

Satu kekurangan lain, hasil jepretan kamera Slate6 kurang tajam dan cemerlang. Fitur fokus otomatisnya berkali-kali tak akurat. Karena itu, pengguna sebaiknya selalu menyentuh layar dulu untuk melakukan pemfokusan.

Mengingat HP masih tergolong pemain baru di dunia phablet dan tablet Android, dua kekurangan di atas kali ini agak bisa dimaklumi. Anggaplah HP adalah balita yang baru menapak jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD). Ayo belajar lagi HP, biar produkmu kelak lebih mantap!

***

Isi paket penjualan terdiri atas ponsel, baterai, kepala charger 2 A, kabel micro USB, dan handsfree berkabel.

***

Beberapa contoh hasil jepretan kamera Slate6.

HP Slate6-4

HP Slate6-5

HP Slate6-6

HP Slate6-7

HP Slate6-8

HP Slate6-9

Foto di bawah ini memanfaatkan kamera depan.

HP Slate6-10

***

Screen capture Antutu Benchmark, Quadrant Standard Edition, dan Android Sensor Box.

HP Slate6-11

HP Slate6-12

HP Slate6-13

HP Slate6-14

134 thoughts to “Review HP Slate6 VoiceTab: HP Juga Jual Hape”

  1. Pak Taufik Siswanto,

    Baik-baik saja. Baru terasa tersendat (sangat sedikit sih) kalau layar disapukan ke kiri-kanan dengan cepat kala ponsel sudah jalankan 4-5 aplikasi bersamaan.

  2. Pak herry,, slate 6 di surabaya bisa d beli d mana yaa??
    Dibandingkan dgn LG L90 yg mana yg lebih pantas d beli?? (Tanpa membandingkan besar layar).
    Terima kasih pak..

    1. Pak Daniel,

      Yang termudah mencarinya di Oke Shop dan Global Teleshop. Beberapa toko di WTC juga jual. Yang saya ketahui pasti sedang punya stok di Sentra, WTC lantai 2.

      Saya sendiri lebih memilih L90. Sebab, kamera lebih bagus dan ada remote control TV.

    1. Pak Yopie,

      Terima kasih atas informasinya.

      Iya, kalau merujuk pengalaman mencoba Lenovo K900 dan Asus Zenfone 4, prosesor Intel cenderung lebih panas dan boros baterai.

  3. ko herry, sebenernya HP kan bukan pendatang baru di mobile/smartphone, kalau ko hsw ingat jaman smartphone berbasis windows mobile mulai ramai, seri HP iPAQ RW6828 dst sempat jadi favorit orang lo
    saya inget soalnya RW6828 itu salah satu smartphone seri awal favorit saya, bersanding sama palm treo 650 🙂
    setelah seri iPAQ itu sempat keluar bbrp yang seri data dan voice messenger tetapi setelah itu seperti tenggelam hingga seri slate ini muncul

    1. Pak Donny,

      Iya, zaman Compaq Ipaq lalu HP Ipaq dll ya. Ada satu tipe yang tergolong mungil dan tipis pada masa itu. Kalau tak salah ingat, tipenya 1940.

  4. “Spesifikasi lain Slate6 meliputi prosesor empat inti (quad core) Marvell PXA1088 1,2 GHz”. Sepengetahuan saya Marvell adalah chipset, atau dalam smartphone adlh SoC. Sedangkan processor yg terintegrasi pd Marvel PXA1088 adlh ARM Cortex A7. CMIIW

  5. Jadi kira2 recommended nggak oom dgn harga 2jt tsb.
    Mengingat harganya beda2 tipis sama g2 mini….

    1. Pak Iwan,

      Ini maksudnya Slate6 versus LG G2 Mini? Kalau disuruh memilih, saya lebih memilih G2 Mini sih. Bukan karena Slate6 jelek, melainkan karena dengan G2 Mini saya bisa membawa satu gawai saja. Ponsel itu enak dikantongi, bisa jadi remote control TV, dan kameranya cukup bagus.

      Kalau Slate6 bodinya kan cukup bongsor. Jadi, kurang nyaman dikantongi. Saya biasanya memasukkannya ke dalam ransel.

  6. Pak, saya baru tau lo kalo gawai itu artinya gadget. Itu bahasa apa pak? Serapan-kah? Update kosa kata baru Indonesia dari mana Pak? Sori keluar topik bahasan. Soalnya menurut saya gaya bahasa Pak Herry cukup ringan dan mengalir sekaligus banyak kosa kata yang belum pernah saya dengar.
    Btw, apa benar kalau prosesor Intel selalu bikin hangat dan panas? Terus, Lenovo P780 saya gak bisa create folder di halaman dalamnya (cm bisa di layar luarnya). Apa Pak Herrry tau adakah aplikasi di Play Store yang bisa bantu bikin folder? Soalnya saya uda download 2 app tapi gak user friendly alias mbingungi dan gak hasil. Terus terang kalo halaman dalam sampe 6 page susah rasanya telunjuk ini untuk geser2 terus, kalo bisa bikin folder kan ringkas.
    Oya, ditunggu review Xiaomi nya Pak

    Trims

    1. Pak Adrian,

      1. Gawai itu bahasa Indonesia-nya gadget. Ada dua kata yang dapat dipakai sebagai bahasa Indonesia gadget, yaitu gawai dan acang.

      Yang acang bisa dilihat di http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/glosarium/index.php?gloss_asing=gadget&gloss_indonesia=&jenis=exact&Bidang=all&infocmd=Cari

      Kalau yang gawai saya lupa tautannya. Dulu saya lebih sering pakai kata acang. Saya lalu mendapatkan saran dari seorang pemerhati bahasa. Menurutnya, kata gawai lebih tepat daripada acang, lengkap dengan aneka argumen yang dijelaskan di sebuah tautan. Sejak saat itu, saya beralih ke kata gawai.

      2. Soal prosesor Intel, saya baru mencoba dua ponsel yang memakai prosesor Intel. Yaitu, Lenovo K900 dan Asus Zenfone 4. Keduanya kebetulan cenderung panas dan boros baterai.

      3. Terkait folder, maaf, kebetulan saya tak pernah mencari aplikasi sesuai kebutuhan saya. Kalau kebetulan ada ponsel yang mengelompokkan aplikasi di dalam folder, saya justru berusaha membuang folder itu. Saya pribadi merasa tanpa folder, lalu diurutkan berdasarkan abjad, justru lebih praktis.

      4. Review Xiaomi? He… he… sabar dulu ya.

  7. hem… kapan ko review lg l70 dualnya.. udah lwt 1 minggu di tunggu heee… oh ya ko heri sudah nyoba lenovo p770 kan? kualitas lenovo menangkap sinyal i. ternet tetapi dimasukkan 2 sim, kbanyakan android 2 sim klo dimasukkan 2 sim kcepatan internetnya menurun, kcuali sim satunya dilepas menjadi lancar kembali internetnya…. klo merek samsung lancar gk ada masalah ko, tpi samsung gua kurang tertarik dibrentang hrga 2jtaan, gmana dengan lenovo p770 atau lg l70 dual apakah ada masalah dengan penangkapn sinyal internetnya?

    1. Pak Hendra,

      Review LG L70 Dual masih antre. Lha Sony Xperia Z1 Compact yang sudah berada di lemari saya selama sebulan pun belum muncul review-nya kok.

      Ya, saya sudah coba Lenovo P770 dan tidak mengalami masalah yang disebutkan. Satu hal yang perlu diketahui, yang mendukung layanan 3G hanya selot SIM1 lho. Jadi, berinternet via nomor di selot SIM2 yang bakal lambat karena hanya GPRS/EDGE.

      Kalau di ponsel Android dual SIM Samsung, LG, dan beberapa merek global lain, yang bisa masuk ke jaringan 3G memang tetap hanya satu nomor. Namun, pengguna bisa memilih SIM1 atau SIM2.

      Baik di P770 maupun L70 Dual, saya tak mengalami masalah dengan sinyal maupun internet. Kalau pun internet lambat, yang salah adalah operator GSM yang dipakai, bukan ponselnya.

  8. ini ada tambahan lg ko, dlu gua smpat jg tertarik dengan asus zenfone tpi stelah baca di blog ini, jd gk tertarik lagi karena asus berdasrkan review dari blog tersebut agak lemah menagkap sinyal internet, karena ditempat yang sama operator yang sama, istrinya pke samsung yang jg dua sim lancar n cepat internetnya dibanding asus ini link nya ko http://gadoga.com/zenfone-6-faq/

  9. Oom HSW, milih mana HP ini dibandingkan Asus Zenfone 6. 16 GB internal 1GB RAM vs 8 GB internal 2GB RAM? Fyi, skrg saya pake Lenovo S820 yg 4GB, memori ny minim bgt. Utk install byk aplikasi ga bs. Klo milih diantara 2 td di atas, dilema jg soal kamera. Asus jls lbh superior dr HP. Tolong saranny Oom. Terimakasih.

    1. Pak Patra,

      Sudah, mending lupakan Zenfone deh. Spesifikasi dan harganya memang menggiurkan. Namun, dari kondisi nyata di lapangan sejak bulan lalu, jelas terlihat kalau Asus Indonesia tak becus menangani distribusi dan penjualan perdana. Nah, kalau yang seperti itu saja tak sanggup, apalagi kelak menyediakan layanan purna jual yang berkualitas prima.

      Tanpa melihat merek dan spesifikasi lain, kalau ada dua pilihan ini:
      * RAM 1 GB dan ROM 16 GB
      * RAM 2 GB dan ROM 8 GB

      Saya cenderung yang kedua. Dengan catatan, ROM-nya digabung dalam satu partisi, dilengkapi selot microSD, spesifikasi lain menunjang, dan bukan merek abal-abal. Btw, merek seperti Evercoss dan Mito yang terkenal pun bagi saya termasuk merek abal-abal ya.

  10. Dari komen2 disini dan tulisan lainnya, kayaknya Koh Herry udah pegang LG G2 Mini nih. 😀
    Memantau dulu dan berharap reviewnya segera naik, kalau dari review2 luar sih sangat bagus, apalagi kameranya katanya excellent. Tapi review secara penggunaan tetap enak baca disini. 😀

    Btw, temen udah beli Slate 6 dan memang kesannya HP ini sangatbisa buat pameran dan bikin orang heran, asal logo HP-nya kelihatan. 😀

    1. Pak Ondro,

      Ha… ha… iya. Di rumah sedang ada LG L70, L90, dan G2 Mini.

      Kalau mau yang logo HP-nya lebih kelihatan, beli HP Slate7 VoiceTab deh. Logonya sangat mudah dilihat dari jarak jauh. 🙂

  11. smartphone HP sudah ada pada masa windows mobile HP iPAQ H 6365, 6965, 6515w, rw 6828 (kembaran xda atom) dan rw 6818. Dan rupanya HP tetap setia memakai marvell /xscale.

  12. Pak saya mau beli hp tp bingung memilih yang mana antara hp slate 6 dan asus zenfone 6 tolong mana yang lebih baik di antara kedua hp tersebut.
    Terima kasih atas info nya

    1. Pak Purwanto,

      Sudah deh, lupakan Zenfone. Asus Indonesia beneran PHP (Pemberi Harapan Palsu). Hal tersebut bukan kali ini saja terjadi, melainkan sejak zaman Padfone dan Fonepad.

  13. Sorry,, mau tanya nih… saya kok cari2 aplikasi music di menu slate 6 ini kok ga ada ya? Apa memang tidak masuk aplikasi bawaan,, atau hanya hh saya yg seperti ini?? Mohon reply

    1. Bu Nessya,

      Seingat saya ada Play Music. Alternatif lain, tinggal unduh aplikasi pemutar musik dari Play Store.

  14. Hi pak Herry,
    sudah coba GPS nya pak? saya baca2 slate 6 ini ada masalah dengan GPSnya tidak mau locking. jadi pakai aplikasi turn by turn navigation semacam waze tidak bisa. apakah pak Herry mendapatkan hal yang serupa?
    Thank you pak.

  15. Pak Herry,

    kliatannya HP Slate ini desainnya lmyn bagus ya. apalg backcase-nya.. suka bgt.. keren. ditambah internal memory-nya bikin ngiler…
    apalg ditambah logo HP yg cukup besar. jadi kesannya anti-mainstream. haha…
    Kalo UI-nya gmn pak Herry? pengen tau tampilan UI-nya, apakah standar AOSP atau udah dimodif..

    oya, sory kalo OOT. K-Touch octacore udah bisa PO, tp lewat group fb. blm tau kpn bakal dipasarkan luas..

    1. Pak Erik,

      UI-nya boleh dibilang nyaris plain. Jadi, terasa simpel dan ringan gitu deh.

      Soal K-Touch, wow… sudah bisa PO ya. Boleh tahu nama grup FB-nya dan harga berapa?

  16. Pak Herry,, sudah tau belom dmn saya bisa beli softcase or flipcase untuk HP slate 6 ini?? Thanks

  17. P heri, kalo ma s920 8g, lg pro lite, n hp ini kira2 recmended yg mana ya, pngn yg lyar 5,3 keatas soalnya, apa da yg seri lain yg lbh worth mnrt bpk…, ? Trims

    1. Pak Luqman,

      Sejak hadirnya LG L90 dan LG G2 Mini, G Pro Lite kini tidak menarik lagi. Silakan dicoret. Masalahnya, L90 dan G2 Mini berlayar 4,7 inci. Berarti, tidak sesuai dengan kriteria Anda.

      Tinggal S920 dan Slate6. Kamera sih lebih bagus S920. Namun, tampilan fisik bodi dan layar lebih bagus Slate6. Alternatif lain yang tersedia di pasar Sony Xperia T2 Ultra Dual. Namun, saya belum pernah mencobanya.

  18. Nunggu review LG G2 Mini pak, Di phonearena bilang kualitas telpon nya jelek mohon di review ya pak. .:)

    1. Pak Bahrul,

      Review G2 Mini masih lama. Besok saya rencananya membuat review LG L70.

      Sejauh ini G2 Mini baik-baik saja sih. Ponsel itu kini menjadi ponsel utama adik saya, menggantikan Lenovo S920.

  19. Pak Herry,
    Iya dulu prosessor HP iPAQ rata memakai intel xscale, walau ada yang memakai samsung dan texas instrument. Tahun 2006 Intel menjual Xscale ke Marvell Technology. Marvell technology ini co founder-nya adalah Sehat Sutardja, Orang Indonesia.

    1. Pak Dimas Setyo,

      Iya, ada orang Indonesia yang terlibat dalam pendirian dan perkembangan Marvell.

  20. Pak HerrySW, sorry out of topic… lagi mau cari HP. Dgn budget 3.5jt utk pengen HP Quad Core buat kerja, rekomendasi Pak HerrySW apa ya? Trims

    1. Pak Erik,

      Terima kasih atas informasinya. Tautan kedua dibilang “content not found”. Tautan pertama bisa dibuka. Ini saya akan mulai membacanya.

  21. Menarik juga HP slate nya tapi yg mengherankan skor antutu nya cm tembus10539 padahal ini quadcore, apa karena processornya ya pak Herry?

    1. Pak Achmad,

      Skor Antutu dan aplikasi benchmark lain bukanlah segala-galanya. Jangan dijadikan patokan mutlak. Saya pribadi tak pernah mengacu pada hasil benchmark dalam pemilihan ponsel. Buat saya, yang lebih penting adalah kenyamanan pemakaian, bukan skor benchmark. Kalau pun di blog ini skor Antutu dan aplikasi benchmark lain saya sajikan, hal itu saya lakukan untuk memenuhi permintaan pembaca blog Ponselmu.com.

      Saya berikan satu contoh nyata. Alcatel Pop C7 memperoleh skor Antutu 17.140. Itu berarti lebih tinggi daripada skor HP Slate6 VoiceTab yang hanya 10.539. Padahal, dalam pemakaian sehari-hari, Slate6 jauh lebih nyaman daripada Pop C7.

  22. Pak Herry,

    Ok pak. oya tambahan info aja. kalo pak Herry ada produk K-Touch, bisa menyertakan IMEI-nya pada saat PO. bakal ada tambahan diskon lagi 125rb. hehe…

    thanks.

    1. Pak Erik,

      Terima kasih atas informasinya. Btw, tautan yang pernah diberikan kepada saya ternyata mengarah ke sebuah grup di Facebook yang hanya dapat dibaca oleh anggota grup.

  23. Pak Herry,

    Tanya lagi Pak, related dgn advice Pak Herry dgn budget 3.5jt utk ngelirik LG L90 dan G2 Mini, smalem sempet hunting ke Marina. Yg G2 Mini ternyata belon avail stock alias msh indent. Dan smalem sempet lama nyoba Huawei Ascend Mate, lumayan tertarik. Mohon advice-nya Pak Herry…utk Huawei Ascend Mate ini

    1. Pak Zainal,

      Jalur distribusi L90 berbeda dengan G2 Mini. Kalau mencari G2 Mini, jangan di toko-toko biasa, tetapi harus di (istilahnya nih) modern channel. Silakan coba berburu G2 Mini di Erafone.

      Saya belum pernah mencoba Ascend Mate. Jadi, belum tahu bagus atau tidak.

  24. pak Herry,
    maaf pak. itu emang closed group. kalo mau join gampang pasti lgs diaccept sama adminnya. soalnya penghuninya baik2.
    atau kalo tdk,ini saya sertakan tautan di salah satu forum.
    mohon maaf sekali lg. jika tdk berkenan postingan ini bisa pak Herry hapus atau tdk ditampilkan. di tautan tersebut ada kontak petinggi K-Touch Indonesia lgs.
    thanks.
    http://m.kaskus.co.id/post/537c71e4a807e7bf508b45bd/1#post537c71e4a807e7bf508b45bd
    http://m.kaskus.co.id/post/537c71e4a807e7bf508b45bd/1#post537c71e4a807e7bf508b45bd

  25. Pak saat ini susah banget cari hp slate6 di mana pada kosong.perkiraan kapan ada lg dan di mana pejualan yang resmi.
    Terima kasih

    1. Pak Purwanto,

      Anda berada di kota mana? Coba mencarinya di Global Teleshop atau Oke Shop.

      Kalau Anda di Surabaya, coba mampir ke toko Sentra di WTC lantai 2. Sampai beberapa hari lalu, saya lihat mereka masih punya stok. Sekadar info, Slate6 VoiceTab lebih laris daripada Slate7 VoiceTab. Karena itu, Slate6 lebih sulit dijumpai.

  26. Pak Heri.. saya sudah keliling marina dari global dan oke shop semua pada kosong untuk nih barang.. kira2 di mana yah selain sentra wtc ( takutnya ni barang udah abis di sentra ) ? Trus untuk kalo perbandingan saja, slate 6 , p780 atau tab 3 7 mending mana pak ? ( memang beda kelas sih, cuma saya bingung untuk milih diantara 3 barang itu )

    1. Pak Fardian,

      Kalau Global Teleshop dan Oke Shop kosong, ya berarti harus rajin keluar masuk toko bertanya. Masalahnya, setahu saya, belum banyak toko yang kulakan Slate6. Kalau Sentra saya tahu pasti kulakan dan kemarinnya masih ada stok. Entah hari ini.

      Di antara tiga pilihan itu, saya memilih P780. Namun, wajib yang P780 8 GB ya. Tak mau P780 4 GB.

  27. Pak Herry,
    Kemaren saya cari gawai ini ke plaza marina, saya tanya ke beberapa toko seperti Global dan Oke Shop, semuanya kosong untuks slate 6, adanya slate 7. Saya sudah telpon ke beberapa cabang surabaya lainnya seperti TP dan WTC tapi kondisinya sama, yang tersedia cuma slate 7. Akhirnya pagi ini saya pesan lewat Bhineka. Saya juga masih cari asesorisnya seperti anti gores dan flip case, tapi juga belum ketemu. Apa sebab barang ini langka?

    1. Pak Ryan,

      Sudah sempat coba cari Sentra, WTC lantai 2? Minggu lalu mereka masih punya stok Slate6. Entah sekarang. Dalam pantauan saya, Slate6 jauh lebih laris daripada Slate7. Mungkin gara-gara itu Slate6 akhirnya susah ditemukan.

      Screen protector dan flip case khusus untuk Slate6 belum pernah saya temukan. Untuk screen protector, bisa memotong dari screen protector tablet tujuh inci sih. Penjaga gerai aksesori ponsel biasanya mau melakukannya.

  28. Pak Herry, saya tertarik dengan fitur yang dimiliki yang bisa merekam percakapan yang terjadi selama telepun.
    Saya bimbang apakah akan membeli moto G ataukah slate6 ini? Untuk fitur recording percakapan telepon tadi apakah moto G juga memiliki fitur serupa Pak?
    Thanks atas pencerahannya..

    1. Pak Dimmas,

      Saya sehari-hari nyaris tak pernah memakai fitur perekam percakapan telepon. Saya sesekali hanya iseng memakainya kalau sedang menerima panggilan telepon masuk yang diyakin sebagai penipuan.

      Saya tak ingat di Moto G tersedia fitur tersebut atau tidak. Kalau pun tak ada, di Play Store sebenarnya ada banyak aplikasi perekam percakapan telepon kok. Carilah dengan kata kunci “call recorder” atau “call recording”. Namun, saya tidak mengetahui mana yang bagus.

  29. Untuk layanan purna jual merk HP sendiri di Indonesia gimana pak Herry SW.? Kalau boleh juga bisa urutkan merk dengan layanan purna jual terburuk sama terbaik di Indonesia.? Terima kasih sekali,

    1. Pak Anton,

      Kualitas layanan pusat perbaikan resmi HP di sini belum saya ketahui. Untuk ponsel, yang rekam jejaknya saya nilai bagus adalah LG dan Samsung. Kalau yang rekam jejaknya cenderung kelam, ada HTC, Sony, BlackBerry, dan Lenovo. Di mana Nokia? Di tengah-tengah dua kelompok besar itu.

  30. Maaf pHery, blm close kan ini forum, kalo dibandingin ma lenovo s930 bagusan mana ya, secara spek n harga skrng mirip2 thnks

  31. Maaf pHery, blm close kan ya ini forum, kalo dibandingin ma lenovo s930 bagusan mana ya, secara spek n harga skrng mirip2 thnks

  32. Setelah baca2 review pak Herry, akhirnya saya membatalkan DP utk Zenfone 6 yg PHP itu dan membeli gawai ini..
    Dapat di Marina di depan sentral digital.. Td saya liat sih stocknya ada bbrp..
    Salam..

  33. Oom HSW, sedikit terkait dgn prtanyaan saya sebelumny soal dilema memori internal dan ram antara asus n HP, berhubung kedua brg agak susah dicari, balik ke lenovo aja deh. Nah, klo utk produk lenovo skrg yg sudah rom 8 giga, dipartisi gak? Klo iya, pembagianny spt apa? Spt P780 misalnya. Ato yg K900 yg 32 G, pembagian memoriny brp ya. Maaf, saya ga yakin hrs komen disini ato di bagian lenovo.
    Terima kasih Oom.

    1. Pak Patra,

      ROM P780 dibagi dalam dua partisi: internal storage dan built-in storage. K900 juga dibagi dua, yaitu internal storage dan USB storage.

      Sebaiknya Anda berkomentar di bagian Lenovo, boleh di Lenovo P780 atau K900. Kalau saat ini Anda kan mengirimkan pertanyaan di bagian HP Slate6.

  34. pak herry .. mau tanya nih.
    tadi kan sering kali disampaikan kalau produk asus yang zenfone itu php.
    php nya itu dari segi stock nya atau kualitas mesin nya yaa ?
    trus kalau zenfone6 dibandingkan dengan hp slate6 ini, sebenarnya pak herry lebih memilih mana ? saya mohon jawaban yang lebih obyektif. trims 🙂

    1. Bu/Pak Izza,

      PHP-nya dari ketersediaan barang.

      Saya pribadi memberikan penilaian negatif tambahan terhadap Asus dan Zenfone-nya karena satu hal ini:
      http://ponselmu.com/asus-zenfone-4-bonus-geripis/

      Untuk perusahaan sekelas Asus, hal di atas seharusnya tidak boleh terjadi.

      Saya belum pernah mencoba Asus Zenfone 6 sehingga tak tahu lebih bagus mana dibandingkan HP Slate6 VoiceTab.

      Bagi saya, kalau dalam urusan distribusi produk dan jualan saja (berarti terima duit) Asus sudah PHP, apalagi kelak ketika ada konsumen yang akan melakukan klaim garansi (berarti Asus keluar duit).

    1. Pak Irwan,

      Ini maksudnya mau beli HP Slate6 VoiceTab ya? Termudah silakan mencari gerai Oke Shop atau Global Teleshop di Sidoarjo. Btw, beberapa waktu lalu stok Slate6 di seluruh Indonesia sempat kosong. Saya kurang tahu sudah tersedia lagi atau belum.

  35. pak herry saya mau tanya kalua mau beli HP slate 6 di daerah sidoarjo dimana ya??atau daerah sekitrnya

    terimah kasih

    1. Pak Irwan,

      Kalau di Oke Shop dan Global Teleshop sih yang dijual pasti barang bergaransi resmi.

      Saya kurang tahu yang dibutuhkan oleh arsitek atau desain interior seperti apa. Kalau sekadar untuk menunjukkan hasil dan menyunting gambar/foto yang sederhana, Slate6 seharusnya memadai.

  36. pak herry

    kalau di situ kia2 terjamin keaslian nya??soalnya skrng banyak di temui barang bm?
    terus kalu menurut bapak hp slate 6 apa sudah cocok buat naka desain interior / arsitek

    1. Pak Raden,

      Selama menggunakan Slate6, saya tak pernah mengalami ponsel terasa panas. Hal serupa juga dialami seorang teman yang memakai Slate6.

  37. pak herry.
    antara blackberry Z3 sama slate 6 ini, pak herry lebih recomended yang mana yaa ?
    tq. 🙂 🙂

  38. Pak Izza,

    Kunci utamanya, menurut saya, satu hal. Ponselnya ingin dikantongi atau tidak. Kalau iya, ambil Z3. Slate6 sebenarnya menarik. Performanya juga oke. Namun, mengingat bodinya cukup besar, ia kurang nyaman dikantongi. Idealnya Slate6 dimasukkan ke dalam tas.

  39. pak herry saya mau tanya ?

    apa betul hp slate 6 ada keluaran terbaru namanya
    hp line positive 6 voice tab..

    terimah kasih sebelumnya

    1. Pak Irwan,

      Saya malahan baru kali ini dengar ada HP Live Positive 6 Voice Tab. Anda mendapatkan info dari mana?

  40. browsing di internet..keluar nya hp line positive 6 voice tab..
    pak henry kalau menurut bapak, bagus san mana hp slate 6 sama samsung galaxy s4 dari spesifikasi dan yang lainya pak…ini soalnya aq punya temen jual hp samsung galaxy s4 harga nya agak miring soalnya barang BM??

    1. Pak Irwan,

      Wah, saya asli nggak pernah dengar tipe tersebut. Barusan saya coba googling dengan kata kunci “hp line positive 6 voice tab” juga tidak mendapatkan informasi yang memadai.

      Pak Henry? Hmmm… Henry siapa ya? Saya Herry. Jadi, pertanyaan selanjutnya tak perlu saya jawab ya. 🙂

      Asalkan Galaxy S4-nya betul-betul asli dan harganya beneran miring, silakan membeli ponsel itu.

  41. Pak Herry. Saya lagi binging antara lenovo a3000. Dan hp slate7. Apa bisa kasih masukan mana yg lebih bagus performance nya? Keperluan saya untuk edit document ringan, browsing dan mini game. Terimakasih

    1. Pak Mulyadi,

      Saya belum pernah mencoba A3000 maupun Slate7. Di atas kertas, spesifikasi Slate7 mirip dengan Slate6, hanya berbeda di layar dan beberapa spesifikasi minor lain. Jadi, kemungkinan performanya menyerupai Slate6.

  42. maaf ya pak herry sala ketik nama..

    melanjutkan jawaban bapak ..saya masih bimbang pak temen saya yang jual Samsung galaxy s4 bilang cuma beda kameranya aja dengan Samsung yang asli…jadi saya masih bingun mau beli Samsung galaxy s4 dari temen saya. atau bli hp slate 6..
    mohon kasih saran pak..
    terimah kasih

    1. Pak Irwan,

      Ok. Lumayan sering ada yang salah menyebutkan nama saya.

      Yang namanya barang BM (black market) seharusnya mempunyai spesifikasi persis sama dengan Galaxy S4 bergaransi resmi Samsung Electronics Indonesia (SEIN). Kalau sampai berbeda, saya 99 persen yakin itu bukan S4 BM, melainkan S4 replika alias palsu.

      Dalam kondisi seperti itu, lebih baik membeli Slate6.

    1. Pak Irwan,

      Cara membedakan S4 asli dengan palsu? Ada banyak hal yang perlu dicermati. Terlalu sulit bila dijelaskan tanpa menunjukkan barang nyatanya.

      Salah satu hal yang kadang bisa dijadikan patokan, posisi tombol home di S4 palsu terlalu ke bawah. Lebih bawah daripada letak tombol serupa di S4 asli.

  43. apa spesifikasi s4 BM sama dengan spesifikasi s4 asli…apa spesifikasi s4 replica / palsu sama dengan s4 BM / asli?

    soalnya saya googling s4 palsuitu spesifikasinya dipotong separuh dari s4 asli…seperti ram yang asli 1GB jadi cuma 415MB..seprti itu

    1. Pak Irwan,

      Perlu saya tegaskan dulu, yang disebutkan barang BM seharusnya bukan barang palsu. Sama-sama asli dengan S4 bergaransi, tetapi berbeda jalur distribusi. Spesifikasi sama persis dengan S4 bergaransi resmi Samsung Electronics Indonesia (SEIN), asalkan S4 itu sama-sama varian prosesor Exynos. Di beberapa negara, S4 yang diedarkan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon.

      Spesifikasi S4 palsu berbeda dengan S4 BM dan S4 bergaransi resmi. Ya, spesifikasi S4 palsu lebih rendah.

  44. pak herry,

    apa spesifikasi s4 BM sama dengan spesifikasi s4 asli…apa spesifikasi s4 replica / palsu sama dengan s4 BM / asli?

    soalnya saya googling s4 palsuitu spesifikasinya dipotong separuh dari s4 asli…seperti ram yang asli 1GB jadi cuma 415MB..seprti itu

  45. pak herry

    jadi kesimpulannya S4 memiliki prosesor exynos atau qualcomm snapdragon…
    selain dua prosesor tersebut dikatan S4 itu palsu…

    apakah jika tidak ada logo ( SEIN ) S4 bisa dikatakan asli apa palsu..

    maaf klu banyak tanya ..soalnya masih awam tentang android

    1. Pak Irwan,

      > adi kesimpulannya S4 memiliki prosesor exynos atau qualcomm snapdragon…
      > selain dua prosesor tersebut dikatan S4 itu palsu…

      Tidak semudah itu. Ada banyak hal lain yang perlu dicek.

      > apakah jika tidak ada logo ( SEIN ) S4 bisa dikatakan asli apa palsu..

      Tidak ada stiker SEIN bisa bermakna dua: S4 BM (asli, tapi tanpa garansi) atau S4 palsu.

      Saran saya begini saja, bila Anda merasa masih awam dan ingin membeli S4, belilah yang bergaransi resmi SEIN. Jangan tergiur harga murah. Khawatirnya malahan tertipu dan menyesal.

  46. pak herry saya minta saran
    saya punya baget 3 juta. mau beli smartphone android
    kira 2 android yang cocok buat saya apa ya pak?
    yang jelas buat photo bagus bisa game dan masalah dapur pacu harus bagus

    1. Pak Irwan,

      Kalau yang dikejar kemampuan kamera, ada Acer Liquid E3. Harga resminya saat ini Rp 2,899 juta.
      Kalau yang dikejar kenyamanan total dan fleksibilitas, ada LG L90. Harga resminya saat ini Rp 2,999 juta.

  47. pak herry saya minta saran
    saya punya baget 3 juta. mau beli smartphone android
    kira 2 android yang cocok buat saya apa ya pak?
    yang jelas buat photo bagus bisa game dan masalah dapur pacu harus bagus..
    apakah hp slate 6 sudah cocok buat saya apa ada review lain pak??

    1. Pak Irwan,

      Karena Anda mendambakan ponsel yang hasil fotonya bagus, berarti Slate6 kurang cocok untuk Anda. Kriteria lain yang Anda sebutkan sebenarnya dapat dipenuhi oleh Slate6.

  48. pak herry
    kalau gitu jika menurut bapak kalau disuruh pilih polih yang mana ??/
    hp slate 6 ,,acer liquid e 3 atau lg 90

    1. Pak Irwan,

      Cara memilihnya begini:
      * Perlu layar besar? Ambil HP Slate6.
      * Memprioritaskan hasil jepretan kamera? Ambil Acer Liquid E3.
      * Lebih peduli dengan kenyamanan total dan fleksibilitas? Ambil LG L90.

  49. Saya baru beberapa hari menggunakan HP Slate 6 VoiceTab karna gak sabar lagi di PHPin sama ‘zongphone’, selain untuk menggantikan Huawei Mediapad yg harus dipensiunkan karna digitizernya rusak. Secara umum saya puas menggunakan Slate. Namun, ada beberapa hal yg mengecewekan bagi saya yaitu Processor, Camera & kualitas headset.
    Dibandingkan dengan Mediapad yg hanya DualCore 1,2 Ghz (Slate menggunakan Quadcore 1,2 Ghz), mediapad lebih halus & smooth yang paling terasa adalah ketika memainkan game magicpiano. Slate tertatih-tatih & lag ketika memainkan game tsb.
    Begitu juga dengan camera nya, walaupun sama-sama beresolusi 5 megapixel & Mediapad tanpa flash. Kualitas camera Mediapad lebih baik di dalam ruangan dg kondisi minim cahaya. Namun beda ketika untuk di outdoor, camera Slate jauh lebih baik daripada Meped.
    Dan terakhir adalah kualitas headset; dg bentuk headset yg seperti headset berkelas, ketika membuka kotaknya saya langsung berasumsi bahwa kualitas suara yg dihasilkan akan baik. Namun ternyata tidak, kemampuan headset bawaan Slate untuk mengolah suara dg frekuensi rendah kurang begitu baik hanya ada suara treble yg nyempreng. Begitupun dg kualitas speaker eksternalnya, untuk yg sering di luar ruangan akan mengalami kehilangan notifikasi karna suara yg dihasilkan oleh speaker nya kurang begitu keras.
    Namun secara umum saya puas, selain penampilannya yg elegan, kualitas baterai yg baik, tidak cepat panas dan performa yg lumayan baik (lumayan baik).

  50. pak herry

    jika menurut bapak masalah dapur pacu mana yang lebih baik..
    hp slate 6,,acer liquid E3,,atau LG L 90

    1. Pak Irwan,

      Tempat masak balap L90 lebih bagus.

      Tempat masak balap? Dapur itu kan tempat masak. Sedangkan pacu berarti ada hubungannya dengan balapan. He… he… bercanda.

  51. Pak Henry SW. Saya baru beli Slate 6 kemarin, dan secara umum saya puas dgn kinerjanya (kecuali kameranya). Yg masalah atau bug atau error (mohon pencerahan) – saya tidak bisa transfer file musik dan video dari laptop ke slate melalui kabel USB. Slate di detect, MTP active, dan ketika kita drag & drop file dia berhenti atau gagal. Apakah ada setting khusus untuk ini di jellybean?? Terimakasih.

    1. Pak Arie Rachmadie,

      Seperti yang saya sebutkan di review, kamera memang menjadi titik lemah Slate6.

      Soal tidak bisa transfer file, coba tancapkan kabel tersebut ke port USB yang berbeda atau tancapkan ke PC/laptop lain. Seharusnya tak perlu pengaturan khusus kok. Setelah kabel dihubungkan ke laptop/PC dan ponsel, cukup tunggu 1-2 menit sampai ponsel dikenali dan tersaji di Windows Explorer. Itu hanya untuk kali pertama. Kali kedua dan berikutnya, prosesnya lebih singkat. Hanya beberapa detik.

  52. Pak Herry SW, saya berencana membeli tablet di kisaran harga +- 1,5 juta. Menurut anda diantara HP 7 voicetab Bali, HP slate 7 voicetab atau Lenovo Tab 2 manakah yang layak beli? Atau pak Herry SW punya rekomendasi lainnya? Terima kasih

    1. Pak Adrian,

      Saya belum pernah coba Lenovo Tab 2.

      Di kisaran harga segitu, menurut saya, silakan memilih mau HP 7 Voice Tab – Bali atau Acer Iconia Tab 7. HP 7 VoiceTab unggul di kenyamanan saat digenggam, sedangkan Acer Iconia Tab 7 menang tipis dalam performa kamera depan dan daya tahan baterai.

  53. Terima kasih sarannya Ko HSW, jika anggaran dinaikkan maks 2 juta & ditambah syarat spek RAM 2 GB, adakah gawai lain yg bisa Ko HSW sarankan?

    1. Pak Adrian DH,

      Ini masih melanjutkan pertanyaan soal tablet kan? Dengan anggaran Rp 2 juta, belum ada tablet lain yang bisa saya rekomendasikan. Kecuali, anggaran naik sampai sekitar Rp 2,8 juta. Saat itu saya akan menyodorkan Xiaomi Mi Pad.

  54. Saya cukup puas menggunakan hp slate 6 voicetab II disamping mencari barangnya sulitnya minta ampun, tapi akhirnya dapat juga. Saya hanya tanya soal aplikasi, kalau aplikas clen master itu baik tidak digunakan dihp slat 6, dan apakah perlu anti viruskah hp ini? Kalau perlu apa nama anti virusnya yg cocok untuk slate 6 ini? trimakasih.

    1. Pak Muhammad Syaiful Effendi,

      Clen Master? Mungkin yang dimaksud Clean Master ya. Aplikasi itu boleh dipakai, misalnya, dua minggu sekali atau sebulan sekali untuk membersihkan file sampah. Setelah dipakai, saya sangat menyarankan Anda menghapus atau minimal men-disable-kannya. Kalau dibiarkan terus berjalan, aplikasi itu justru membebani ponsel.

      Tak perlu antivirus.

  55. Pak saya bingung antara asus zenfone 2 laser ZE 550 KL atau LG Magna, secara kualitas kamera , cepat panas atau tidaknya serta kelancaran multitasking mending mana ya?? soalnay asus zenfone 5 saya kok sering eror aplikasi kalau asus zenfone laser ze 550 kl ini sering eror n cepat panas gak ya hhehe, mending mana kalau pilihanya samsung J5, LG Magna, sama asus zenfone 2 laser dengan kategori seperti diatas hhehe
    makasih pencerahannya

    1. Pak Ghufron,

      Zenfone 2 Laser ZE500KL dong. Magna sudah nggak menarik.

      Diadu dengan Galaxy J5 yang lebih mahal pun, saya masih lebih memilih Zenfone 2 Laser.

  56. Pak Herry, saya tertarik dgn HP voicetab slate6 II yg skrg harganya menurut saya cukup murah, tp saya baca komentar2 miring di sebuah forum yg mengatakan kalau slate 6 ini sinyalnya sering hilang sendiri, suka lag n hang, cepat panas, dll.. Apa benar? thanks

    1. Pak Kartono,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Slate6 VoiceTab II. Yang pernah saya coba Slate6 VoiceTab.

  57. Setau saya voicetab II ini speknya mirip dgn yg pertama, cm sedikit perbaikan dr voicetab tp anehnya komentar2 penggunanya koq bikin saya jd ragu, pdhl pengen juga sih, modelnya oke sih mirip2 k4 note saya hehehehehe

    1. Pak Kartono,

      Oh ok. Anda membaca komentar penggguna di mana, Pak? Gawai tersebut tidak beredar resmi di sini.

  58. Saya baca2 di gsm arena n kaskus pak, kebanyakan komentar ttg sinyal suka tiba2 hilang, suka hang n lag, cepat panas n boros batere, kalo soal hasil kamera krg bagus n speaker ga kenceng sih ga menggangu buat saya

    1. Pak Kartono,

      Yang berkomentar di GSM Arena mungkin memang pernah mencoba gawai itu. Kalau yang berkomentar di Kaskus apakah mereka pernah mencobanya? Sebab, gawai itu kan tidak beredar di sini.

  59. Di bukalapak, bhineka n online lain skrg banyak yg jual voicetab II pak, harganya murah lg sekitar 1,2-1,4 jt dah dpt tuh gawai, kira2 komentar2 itu paten ga ya?

  60. Itu kan tipe yg voicetab Bali pak, kalo yg itu saya krg tertarik hehe mungkin coba ke bukalapak n search slate 6 voicetab II pasti nemu banyak penjualnya

    1. Pak Kartono,

      Kemarin Anda kan bilang ada di Bhinneka dan Bukalapak. Saya langsung meluncur ke Bhinneka dengan asumsi yang dijual di sana pasti bergaransi resmi. Ternyata, cuma nemu satu barang yang sejak awal saya ketahui adalah VoiceTab Bali. Bukan seperti yang Anda ceritakan.

      Sebentar… saya cek di Bukalapak. Oh iya, ada beberapa penjual. Saya tak berani merekomendasikan karena belum pernah coba.

  61. Iya keliatannya ga meyakinkan pak, kalo gawai yg cocok u/ gantiin Sony Xperia m2 dual apa ya pak? Pengen ganti nih… Meizu m2 ato Mi4 gmn ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *