Review HTC 8X dan Nokia Lumia 920: Adu Performa Kamera

HTC 8X dan Nokia Lumia 920 merupakan ponsel Windows Phone 8 termahal yang dipasarkan oleh HTC dan Nokia di Indonesia. Harga ritel yang disarankan untuk satu unit 8X Rp 5,799 juta, sedangkan Lumia 920 Rp 6,499 juta.

Bagaimana performa kamera dua ponsel itu? Penulis iseng melakukan percobaan singkat di dalam gedung bioskop, sebuah kotak gelap berisi gambar, dan suatu bidang datar yang di bagian bawahnya diberi pegas. Seluruh pemotretan dilakukan tanpa memakai lampu kilat.  Inilah hasilnya. Silakan klik untuk melihat foto dalam ukuran lebih besar.

Slide1

Slide2

Slide3

Slide4

8X dan Lumia 920 penulis pegang bersamaan. 8X di bawah, sedangkan Lumia 920 di atas. Lalu, keduanya dipakai memotret adegan film yang sedang diputar.

Slide5

Slide6

Slide7

Slide8

Kedua ponsel bersistem operasi Windows Phone 8 itu penulis letakkan di sebuah bidang datar yang di bawahnya dilengkapi pegas. 8X di sisi kiri, sedangkan Lumia 920 di sisi kanan. Keduanya membidik objek yang sama.

Slide9

Slide10

Masih di bidang datar berpegas. Kali ini melakukan perekaman video.

 

 

 

17 thoughts on “Review HTC 8X dan Nokia Lumia 920: Adu Performa Kamera

  1. Pak Herry,

    mau nanya nokia 109 yg non kamera sudah beredar di indoonesia blom? klo sudah, di review secepatnya ya pak hehehehe…

    Lagi butuh Hp praktis dan simple soalnya nih yg dual sim, buat nelpon sama denger mp3 aja,,,, untuk internet social network dan foto2 dah ada yg high end,,,,, nokia byk amat produk low end nya jadi bingung,
    yg pas banget sih nokia 101 ya, tp waktu liat di internet ada tuh yg non kamera nokia 109, saya suka modelnya mirip 110.
    Atau pak herry tau gak hp nokia yg lain punya ciri2 :
    – dual sim
    – non kamera ( klo bisa )
    – bisa putar mp3 (speaker nya jernih), ada slot memory lebih dari 8 giga
    – desain nya menarik klo bisa hehehehe.

  2. Pak Andros,

    Kebetulan kemarin saya usai dari WTC Surabaya. Belum lihat ada yang jual Nokia 109 sih. Kalau lihat di situs Nokia Indonesia, gambar ponsel itu juga tak disajikan. Jadi, saya curiga tipe itu memang takkan didistribusikan ke sini.

    Wah, belum ada yang memenuhi semua kriteria, Bapak. Kalau mau yang berkamera, Nokia X2-02 cukup memenuhi syarat. Speakernya memang tidak istimewa, tapi masih bisa dikategorikan lumayan.

  3. Pak Andros,

    Nokia X2-02 yang terbaik.

    Btw, bila memungkinkan, lain waktu saat hendak mengajukan pertanyaan, sebaiknya di bawah posting yang masih berhubungan ya, Pak. Dalam hal ini, contohnya, Bapak dapat mengetikkan pertanyaan di bawah posting review saya tentang 101, 110, atau X2-02.

    Terima kasih.

  4. Pak Rahmad,

    Selain melihat sistem operasi, spesifikasi ponsel idealnya dicermati. Namun, dengan asumsi tanpa mengamati spesifikasi ponsel, saya paling suka dengan Palm OS yang sayangnya sudah almarhum.

  5. Palm OS ya pak. Sudah berganti menjadi web OS sejak diakuisisi oleh HP. Pak HSW, adakah ponsel yang mendekati atau bahkan melampaui kualitas kamera professional?kalau ada ponsel apa ya pak?

  6. Pak Rahmad,

    Iya, Pak. Sudah jadi Web OS, lalu nasibnya kembali tak jelas. Sejak jadi Web OS itu saya belum pernah coba lagi. Palm terakhir saya Palm Treo 680 dan Centro.

    Menurut saya, belum ada kamera ponsel yang kinerjanya mendekati, apalagi melebihi kamera profesional. Kalau setara dengan kamera saku digital sih ada. Misalnya, Nokia N8, Lumia 920, dan Sony Xperia ion.

  7. Pak Tejo Kusumo,

    Lha saya menyentuh Lumia 510 pun belum pernah. Jadi, belum bisa review.

    Antrean review saya saat ini:
    * HTC 8X, 8S, One X+
    * LG Nexus 4
    * Nexcom Apollo
    * HK6000 (atau HK6600 ya? Lupa…)

  8. Pak Herry, antrean review nya boleh ditambah 1 lg ngga? Tolong review hp alcatel D662 itu dong.. Yg Dual sim (gsm-cdma).. Please.. Thank you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *