Review Huawei Nova 2 Lite: Tertelan Hiruk-Pikuk Ponsel Gaib

Kehadiran Huawei Nova 2 Lite secara resmi di pasar Indonesia tak sampai menimbulkan kehebohan. Ia tertelan hiruk-pikuk peredaran Asus Zenfone Max Pro M1 dan Xiaomi Redmi Note 5. Tidak seperti duet Asus-Xiaomi yang kini dijuluki ponsel gaib oleh warganet (netizen), Nova 2 Lite sangat mudah ditemukan di pasar. Harga jualnya maksimal sama dengan harga ritel resmi yang dipatok Rp2,599 juta.

Mengikuti tren pasar, Nova 2 Lite dibekali layar fullview berasio 18:9. Bentang layarnya 5,99 inci dengan resolusi HD+ 1.440 x 720 piksel. Untuk membuka layar yang terkunci, pengguna tinggal menyentuhkan ujung jari ke sensor sidik jari di punggung ponsel atau mendayagunakan sensor wajah (face unlock).

Tenang… walaupun berlayar besar, bodi Nova 2 Lite tidak bongsor kok. Berdimensi fisik 158,3 x 76,7 x 7,8 milimeter dan berat 155 gram, ukurannya setara dengan ponsel berlayar 5,5 inci konvensional. Enak digenggam maupun dimasukkan ke dalam saku.

Di bagian bawah ponsel, pengguna akan menjumpai konektor audio 3,5 milimeter, konektor micro USB, dan speaker. Tombol volume dan power terletak di kanan. Sementara itu, di sisi kiri ponsel terdapat sebuah selot kartu non-hybrid. Dua nano SIM dan satu keping microSD dapat dipasangkan bersamaan.

Sepasang nomor yang diselipkan bakal simultan siaga. Nomor mana pun yang dipakai untuk berinternet leluasa menjelajahi jaringan 4G LTE, 3G, maupun 2G. Anggaplah nomor itu berada di selot SIM1 dan sedang berada jaringan 4G LTE. Nomor di selot SIM2 masih bisa menduduki jaringan 3G.

Kondisi yang sekilas terlihat biasa-biasa tersebut praktiknya amat bermanfaat. Terutama, bagi pengguna yang beraktivitas di kota-kota besar. Karena masih dapat masuk ke jaringan 3G, bukan terkunci di jaringan 2G saja, nomor itu biasanya lebih mudah ditelepon.

Hal bertolak belakang akan terjadi bila, misalnya, nomor di selot SIM2 terkunci di jaringan 2G. Meskipun sinyal di layar ponsel penuh, nomor itu berpotensi sulit dihubungi. Penelepon mendapatkan notifikasi kalau nomor tujuan sedang tidak aktif. Padahal, nomor yang dikontak itu sebenarnya sedang siaga dan menganggur.

Merujuk kepada uji pakai yang dilakukan penulis alias HSW, Nova 2 Lite terbukti kompatibel dengan layanan 4G LTE Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Tri, dan Smartfren. Namun, ponsel tersebut belum mendukung native VoLTE Smartfren.

Ponsel bersistem operasi Android 8.0 Oreo dengan tampilan antarmuka EMUI 8.0 itu dibekali kamera belakang berlensa ganda. Kamera beresolusi 13 megapiksel berfungsi mengabadikan objek, sedangkan kamera kedua yang beresolusi dua megapiksel saja bertugas membantu menciptakan efek bokeh.

Hal yang menarik, kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat itu dilengkapi fitur wide aperture. Besar kecilnya bukaan lensa–yang berdampak terhadap tingkat bokeh–bisa diatur berdasarkan algoritma peranti lunak tertentu. Pengaturan tersebut dapat dilakukan sebelum maupun sesudah pemotretan. Titik fokus foto yang sudah tersimpan pun bisa diubah.

Tidak tersedia pilihan mode manual atau profesional di menu kamera Nova 2 Lite. Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera itu sanggup menghasilkan klip video beresolusi full HD 1080p.

Seberapa bagus performa kamera Nova 2 Lite? Dengan melihat beberapa contoh hasil jepretan di bagian bawah tulisan ini, HSW yakin Anda langsung dapat menyimpulkannya.

Saatnya membicarakan kamera depan yang beresolusi delapan megapiksel. Kamera untuk berswafoto itu tanpa fokus otomatis. Namun, ia dibekali lampu kilat untuk menambah pencahayaan di lokasi yang temaram.

Prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 berkecepatan 1,4 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, radio FM, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Nova 2 Lite. Tidak ada NFC. Ketika ponsel baru diaktifkan, sisa kapasitas memori internal mencapai 23,91 GB.

Tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan biru, Nova 2 Lite juga dilengkapi penyaring panggilan telepon dan SMS masuk. Fitur itu dapat ditemukan secara mudah di dalam aplikasi phone manager bawaan.

Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai tanam berkapasitas 3.000 mAh di Nova 2 Lite biasanya mampu bertahan selama 10-11 jam. Proses pengisian ulang baterai membutuhkan waktu hampir dua jam.

Kalau dirangkum, kinerja sensor sidik jari dan sensor wajah Nova 2 Lite relatif prima. Di dalam ruangan pun, asalkan masih cukup terang, fitur sensor wajah alias face unlock dapat bekerja dengan optimal.

Kegegasan ponsel belum bisa dibilang istimewa. Ketika menjalankan beberapa aplikasi sekaligus lalu diajak berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, kadang ia terasa tersendat. Performa kameranya berbeda sangat signifikan dibandingkan Huawei Nova 2i yang dibanderol lebih mahal Rp1 juta.

Andai hingga kini paket penjualan Nova 2 Lite masih menyertakan speaker bluetooth JBL Flip 3, seperti ketika masa pre-order, ponsel itu boleh dilirik. Speaker JBL-nya lalu segera dijual untuk mengurangi “harga modal” ponsel. Sebaliknya, bila tanpa bonus speaker JBL, harga Nova 2 Lite tampaknya wajib dikoreksi. Entah dengan dalih promo Ramadan atau alasan lain.

***

Inilah contoh hasil jepretan kamera Nova 2 Lite.

Dua foto di bawah ini memanfaatkan fitur wide aperture.

Tiga swafoto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

Di dalam ruangan yang cukup gelap. Lampu kilat kamera depan nonaktif.

Kini lampu kilat kamera depan diaktifkan.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

108 thoughts to “Review Huawei Nova 2 Lite: Tertelan Hiruk-Pikuk Ponsel Gaib”

  1. Wah sayang belum native VoLTE. Padahal teknologi itu akan sangat terpakai buat para pejuang LDR

  2. Berarti, “lite”nya produk ini dibandingkan Huawei Nova 2i itu di mode kamera ya pak, meskipun lebih unggul karena tidak lagi pakai slot hybrid..

    Mempertimbangkan harga jual, lebih baik mana pak antara keduanya?

    1. Pak Hari,

      Bukan hanya kamera. Kalau diperhatikan, aneka spesifikasi lain juga lebih rendah.

      Kalau anggaran tersedia, mending Nova 2i, Pak. Masalahnya, di rentang harga yang sama kini ada Xiaomi Redmi Note 5 yang lebih menarik lagi.

        1. Pak Gandalf,

          Dibilang ponsel imajiner kalau wujud nyatanya tak pernah ada. Yang saya sebutkan kan sebenarnya ada, tetapi langka.

  3. Kualitas kamera klihatannya krng bagus, bnyk noise. Blm ada sensor gyro nya jg…
    Terlalu mahal ya koh? Hehehe

    1. Pak Pay Joy,

      Nah… kan. Seperti yang sudah saya singgung di tulisan, pembaca blog ini pasti bisa menyimpulkannya dengan mudah. 🙂

  4. Maaf koh HSW mohon saran
    dengan rentang harga sekarang yang hampir sama dikisaran 3.5 antara Nova 2i dengan oppo f3 plus pilih mana ya koh..
    Ato ada saran lain untuk gawai dikisaran harga itu..suwun

  5. Koh mau tanya untuk Hp dengan ukuran 5 – 5,3 inch dipakai buat hp kedua yang baterainya awet dan kamera lumayan bagus, kira-kita apa ya koh?

    1. Mrs Lia,

      Ini asumsinya ponsel berlayar 5-5,3 inci itu memiliki rasio 16:9 atau 18:9 ya? Sebab, dimensi fisik ponsel berlayar 5,5 inci berasio 18:9 itu sebenarnya relatif sama dengan ponsel berlayar 5 inci berasio 16:9 lho.

  6. menurut sy :
    1. kameranya kurang asik
    2. harga terlalu mahal dengan jeroan dan kamera yang seperti itu.

    kalau dibandingkan dengan yang pakai snapdragon 430, sepertinya lebih layak beli infinix hot S3 😀 (dengan catatan infinix tidak nakal)

  7. Ada rekomendasi HP harga di bawah Rp 2 juta dengan kamera bagus, Pak Herry SW ?
    Terima kasih

    1. Pak Rahmadigresik,

      Hmmm… paling-paling Redmi 5A ya. Kameranya tergolong bagus untuk ponsel berharga jual kurang dari Rp1,5 juta.

  8. Pak Herry SW, mumpung sesama Huawei, sekitar brp ya harga P20 Pro jika kelak dirilis di Indonesia? Saya user Zenfone Zoom S, apakah jika dibandingkan dg Zenfone 5 itu kualitas kameranya naik signifikan atau sebaiknya langsung next level ke P20 Pro?

  9. Koh HSW, mohon tanya, bisakah kita tetap bertahan terus dengan aplikasi lama kita, meski terus menerus ada update baru. Itu dengan pertimbangan karena update applikasi baru mensyaratkan OS yg lebih tinggi dari yang kita punya.

    Andai tidak sengaja, aplikasi tersebut terupdate padahal applikasi yg lebih baru tidak terpenuhi syarat minimal OSnya maka apa yang akan terjadi? Update secara otomatis dibatalkan, atau tetap terupdate sehinga kita malah tidak dapat menggunakan aplikasi baru tsb karena syarat OS tidak terpenuhi.
    Makasih sebelumnya

    1. Pak HaeF,

      * Tidak selalu bisa. Sebab, ada aplikasi yang kadang tak mau berjalan kalau pengguna masih memakai versi lama.
      * Seharusnya akan gagal update.

    1. Pak Mas Yana,

      Tidak. Honor di Indonesia sama sekali tidak ada hubungannya dengan Huawei Indonesia.

  10. 1. Seri honor mana yang akan HSW review?
    2. Sedikit spoiler apakah nokia akan memasukan gawai terbaru mereka dalam waktu dekat?
    3. Walaupun blm selesai uji coba, apakah kualitas kamera lg g7 thin Q bersaing dengan flagship lain saat ini? Atau kualitasnya beda tipis dengan middle ponsel ghaib ???
    Trimakasih

    1. Pak Jefri,

      1. Rencana awal Honor 9 Lite dan Honor View 10. Namun, keduanya batal karena alasan berbeda.
      * Honor 9 Lite tidak saya teruskan karena nge-lag parah dan saya tak respeks dengan cara mereka berjualan. Izin belum beres kok sudah jualan.
      * Honor View 10 batal karena PHP. Jadwalnya molor tidak jelas.

      2. Ya.

      3. Unit yang saya pegang adalah G7 ThinQ purwarupa alias prototipe. Jadi, tak bisa dijadikan patokan kinerja. Yang beredar resmi di Indonesia G7+ ThinQ. Komentar saya atas unit prototipe ini, hasil kameranya bagus. Versi komersial seharusnya lebih bagus. Dibandingkan ponsel gaib? Ya menang kamera G7 ThinQ purwarupa ini deh.

      1. Untuk spoiler Nokia tuh Pak, kira-kira kapan ya meluncurkan produk baru? Semoga sebelum lebaran dah. Sudah kering kerontang saya menunggu Nokia 7 plus resmi disini sejak MWC. TKDN sih katanya sudah keluar April kemarin, tapi masih belum ada batang hidungnya.

  11. Pak Herry mohon saran dengan budget max 2,5 juta, rekomendasi smartphone dengan kamera terbaik di harga segitu apa ya? terus untuk redmi note 5 menurut pak herry apakah stok dan harga akan kembali normal? terimakasih

    1. Pak Ega,

      Asus Zenfone Max Pro M1 3/32 dengan catatan Anda bisa mendapatkannya dengan harga maksimal Rp2,5 juta. Harga flash sale Rp2,199 juta, sedangkan harga ritel resmi seharusnya Rp2,299 juta.

  12. 1. koh, mana nih review nokia 8 nya? Belum keluar2 sejak bbrp bulan yg lalu soalnya
    2. klo ponsel brand cina yang paling tinggi harga jual kembalinya paling tinggi apa ya koh? Kata temen2 saya sih Xiaomi, tapi saya coba jual kembali Redmi 5A saya dgn harga 1.2 juta (dulu beli 1.4 juta) agak susah ya.
    3. Misal temen saya punya Huawei yg masih ada Honor nya, klo mau servis atau klaim garansi apakah tetep lari ke Huawei atau tetep nunggu Honor masuk resmi kesini?

    1. Pak You,

      1. Lha ini saya sedang ngubek-ubek mencari hasil fotonya, Pak. Terselip di laptop.

      2. Xiaomi sih. Dalam kasus ini, susah karena dulu Anda membeli Redmi 5A itu ketika harga pasar sedang tinggi.

      3. Kalau dulu Honor itu bergaransi resmi Huawei, ya berarti ke pusat perbaikan resmi Huawei. Honor yang tidak ada hubungannya dengan Huawei Indonesia itu generasi mulai Honor 9 Lite.

  13. Pak Herry, kalau misal ponsel ini dihargai sama dengan Xiaomi Redmi 5 3/32 di sekitar 2.100.000 apakah bapak lebih pilih mana di antara keduanya?

      1. Kalau menurut pendapat pribadi bapak, berapa harga lebih layak diberikan utk hp Nova 2 Lite ini?

        1. Pak Dimas Putera P.,

          Dengan memperhatikan spesifikasi, kinerja, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akhir-akhir ini, menurut saya, idealnya maksimal Rp2,099 juta.

  14. Pak Herry, saya dititipi sama mas saya untuk mencarikan ponsel android yang ukurannya ringkas, kalau bisa se ringkas iphone SE atau galaxy alpha, kegunaannya hanya untuk aplikasi mobile banking dan disambungkan ke head unit mobil.
    Berhubung sekarang ini ponsel yang beredar kebanyakan layarnya sudah 5,5 inci ke atas, saya bingung dengan permintaan mas saya ini.
    Ada saran Pak?

    1. Pak Ragil,

      Tren ponsel pintar saat ini memang berlayar minimal 5,5 inci. Ponsel dengan layar lebih kecil daripada itu biasanya memiliki spesifikasi kurang gahar. Merujuk kepada kebutuhan Anda, silakan mempertimbangkan Xiaomi Redmi 5A Rp1,099 juta.

  15. Pak Herry, mau tanya kalau Nokia 8 apakah ponsel yang bagus pak? Kebetulan ditawarin teman di harga 5jt barang bisa dianggap baru. Apa ada rekomendasi lainnya kalau bujet 5jt tadi pak?

      1. Pak Herry, wah telat saya lihat iklannya. Kalau saya tidak mementingkan kamera berarti nokia 8 ini boleh lah jadi pertimbangan kuat saya ya pak? Kebutuhan utama paling untuk komunikasi sehari-hari (whatsapp) dan game berat pak.

        Oh iya review si Nokia 8 ini memany tidak ada di blog ya pak?

        1. Pak Ryan,

          * Ya. Saya tidak suka main game. Nokia 8 seharusnya mampu menjalankan game berat, tetapi Anda mungkin perlu memadukannya dengan power bank.
          * He… he… review Nokia 8 baru saya ketik satu paragraf.

          1. Akhirnya saya jadi ambil nokia nya pak. Tidak mengecewakan, performanya mantap banget, batrenya juga masih lebih awet dari hp lama saya.

            Ditunggu reviewnya ya pak Herry, penasaran ingin tahu dari sudut pandang bapak sebagai pakarnya telepon genggam bagaimana menilai hp ini.

            Terimakasih banyak sudah di respon pak.

  16. pak heri …
    kenapa vendor vendor besar sering meniadakan fitur native volte untuk produknya yang dijual di pasar indonesia padahal operator smartfren sudah merilis layanan ini sejak lama? contohnya infinix note 4 dan nokia 3,5,6 versi indonesia tidak support native volte padahal yang versi india semuanya support, tolong dong pak heri beri masukan ke vendor soalnya kalau pak heri yang bicara mereka pasti dengar…
    terima kasih

    1. Pak Andri,

      Saya menduga karena dianggap belum menjadi kebutuhan. Ekosistem di Indonesia belum siap. Hal berbeda akan terjadi kalau Telkomsel atau XL sudah memperkenalkan layanan VoLTE secara komersial.

      Di atas Anda menuliskan vendor-vendor besar. Infinix belum termasuk vendor besar lho.

  17. Pak Herry SW,
    Lebih layak dibeli yg mana: infinix zero 5 ( kata official store nya, yg skrg sdh gak bermasakah Di TKDN nya) dibandingkan zenfone max pro M1 yg RAM 6Gb, secara harganya head to head Sama 3,299jt. Dgn pertimbangan dri sisi
    :
    1. Perfomance
    2. Kamera
    Thx atas masukannya

    1. Pak Ipung,

      Infinix sih langsung dicoret dulu deh.

      Zenfone Max Pro M1 dengan RAM 6 GB sampai saat ini belum beredar di pasar.

      Jadi, jawabannya ya berarti belum ada jawabannya.

  18. Pak Herry dari segi performa kamera antara Asus Zenfone Max Pro M1 dengan Xiaomi Mi A1 lebih bagus mana ya pak? dari kedua smartphone tersebut pak herry lebih merekomendasikan yang mana ya? terima kasih sebelumnya pak

      1. Pak Herry SW,

        Apa sdh ada rembesan info mengenai kehadiran xiaomi mi A2 ( aka mi 6X) ke Indonesia? Klo jdi masuk Indonesia, brapa estimasi harganya?
        Trus kapan kira2 offline store xiaomi Di TP Dan PTC opening.

        Makasih pak Herry

  19. koh herry, minta rekomendasi hp agak lama. pilih samsung galaxy j5 prime apa xiaomi redmi note 4 ya?

    1. Pak Ahmad,

      Redmi Note 4 dong. Namun, karena harga beda tipis, apakah tidak lebih baik sekalian mengambil Redmi 5 Plus?

      1. kalau redmi note 4, galaxy j5 prime, redmi 5 plus kameranya(depan belakang) bagus mana ya pak? jangan rekomendasikan yg lebih mahal lho pak. dana sdh mentok.

        trimakasih buat saranya koh herry

  20. Pak herry, saya mau tanya..
    2 minggu yang lalu saya beli xiaomi resmi 5a Resmi untuk ibu saya. Penjualnya bilang jangan update MIUI nya nanti bisa rusak. Apa itu benar?

    1. Pak JS,

      * Sepertinya yang Anda maksud Redmi 5A ya.
      * Kalau Redmi 5A itu benar-benar bergaransi resmi, silakan di-update. Tak masalah kok.

      1. Iyaa salah ketik tadi pak herry 😀
        mau tanya lagi pak herry..
        1. Redmi 5a ibu saya kok warna nya kok kekuningan ya beda sama Redmi 3s punya saya lebih putih. Apa penyebabnya?

        2. Redmi 3s punya sama dulu belinya gak resmi, apakah boleh saya update miui 9? Soalnya dulu pernah sekali update miui tapi gak bisa buka galeri, harus di restart beberapa kali baru bisa dibuka.

        Terimakasih

        1. Pak JS,

          1. Warna apa? Kalau warna layar, lebih baik dibandingkan sesama Redmi 5A. Untuk ponsel tipe sama pun, kadang pemasok LCD berbeda sehingga warna tidak persis sama.

          2. Kalau bukan garansi resmi, sebaiknya jangan deh. Saya khawatir fitur 4G LTE-nya akan nonaktif.

        2. Mohon maaf Pak Herry, izinkan saya ikut bantu jawab.

          Kebetulan saya pengguna Xiaomi Redmi 3S non resmi juga, sampai saat ini saya selalu memperbarui MIUI saya setiap ada notifikasi pembaruan, dan sampai versi 9.5.5.0, ponsel saya tetap bisa menggunakan jaringan 4G

        3. Permisi Ko Herry,
          Ijin coba membantu.

          Untuk layar yang kekuningan, apakah “Reading Mode / Mode Baca” nya aktif?
          Kalau tidak aktif, coba di utak atik di setelan Tampilan.

          Siap tahu ada yang berubah.

          1. Pak Ren,

            Terima kasih atas bantuannya. Saya malahan tak terpikir sampai sejauh itu.

  21. Pak HSW maaf oot,rekomendasi hp di bawah 1 juta saran pak HSW apa ya? Keperluan hanya untuk telpon,sms,internetan,dan wa saja.

  22. Pak Herry di antara Xiaomi redmi 4A, Xiaomi redmi 5A dan Xiaomi redmi 5 urutan kamera dari yang paling bagus apa pak Herry

    1. Pak Rudi,

      Saya belum pernah menguji pakai Redmi 5.

      Kalau Redmi 4A vs Redmi 5A, kamera Redmi 5A lebih bagus.

  23. halo pak herry,
    maaf oot.. minta saran untuk hp dengan nfc budget max 2juta meski hp keluaran lama gak apa2 (diberi beberapa opsi)
    baterai awet dan ga lemot
    makasih pak herry, semoga makin sehat dan jaya

    1. Pak Tejo,

      Hmm… ada Nokia 3 dan Polytron Prime 7. Namun, saya belum pernah mencoba dua ponsel itu.

  24. Pak, beri saya saran untuk hp di harga 1jt – 1,2jt. Yang penting batre awet, syukur syukur ngecasnya cepat. Di pakai hanya untuk tlp dan sms aja, sesekali socmed. Apa moto c plus masih di rekomendasikan?

  25. Pak Herry,

    Wah kok ga bisa reply tanggapan dari bapak diatas ya. Nokia 8 nya kena di harga 4,7jt pak. Maklum umur hp nya sendiri belum ada 3 minggu, udah mentok gamau ditawar lagi pak. Hehe

    Sukses terus untuk pak Herry SW ya. Saya fans bapak sejak dulu dan pernah bertemu bapak di hotel Neo Jogja sekitar 2 tahun yang lalu.

  26. Pak Herry, masih layakkah jika saya ingin membeli hp dibawah ini?
    1. Asus Zenfone 4 max pro
    2. Xiaomi Mi A1
    3. Infinix zero 3
    4. Infinix zero 4
    5. Asus Zenfone 3 ze520kl
    Jika layak, bisa dibantu urutkan data diatas untuk kebutuhan orang tua, tulisan bisa besar (contoh saat ini Moto e3 power tulisannya bisa besar sehingga memberi kenyamanan bagi orang tua saya), kamera seperti moto e3 power atau diatasnya, nyaman di genggam, sering dipakai bepergian.

    Oiya, kalau sering dipakai bepergian (seringnya naik motor) kira2 dibutuhkan apa saja ya? Mengingat kalau dikantongi takutnya jatuh, tidak pernah mau memakai tas, dan yang akan memakai orang tua.

    Terima kasih untuk responnya pak Herry.

    1. Bu Anna,

      Nomor 3 dan 4 langsung dicoret dulu saja.

      Saya merekomendasikan nomor 1 dengan alasan ponsel itu cocok dan memuaskan buat mama saya. Mestinya juga cocok untuk orang tua Anda. Kalau nggak mau memakai tas, ya dikantongi di saku yang paling dalam deh. Tidak perlu peranti tambahan.

      1. Oke, terima kasih pak Herry untuk responnya.
        Kemarin saya barusan baca artikel pak Herry setelah saya kirim pertanyaan.

        Oiya, just share, kemarin ada teman saya yang bertanya, kira2 kalau mau ganti hp nya yang hilang dengan ponsel apa, saya beri pilihan salah satunya Xiaomi redmi note 5 cuma kalau beli offline mahal. Kalau pengen cepat ya beli saja Oppo Vivo.

        Akhirnya dia ke toko ponsel dan pas dia tanya Xiaomi redmi note 5, katanya, kata yang jual lho pak, barusan ada yang beli dan meledak. Akhirnya teman saya beli Oppo deh 😉

        Trus teman saya tanya, dapat hadiah apa kalau beli Oppo, kata yang jual lagi nih pak, kalau dia kasih hadiah malah kena denda berapa puluh juta gitu.

        1. Bu Anna,

          * Redmi Note 5 meledak? Di mana lokasi kejadiannya? Saya malahan baru dengar.

          * Teman Anda membeli ponsel di mana ya? Oppo memang menetapkan harga yang seragam. Kalau ada yang menjual di bawah harga atau memberikan bonus yang dianggap melebihi batas, bisa didenda mulai Rp5 juta sampai Rp50 juta. Tergantung tingkat pelanggaran dan frekuensinya.

        2. Pengalaman saya dulu, masuk ke counter, nanya ke salah satu sales ada tidak hape merek A yg mau saya incar, sales tsb menjawab ada, tp keliatan malas2n, lalu malah menjelek2n merek yang mau saya beli dan ujung-ujungnya dia rekomendasikan merek tertentu (sebut saja B) padahal setahu saya tipe merek itu jauh spesifikasinya di banding merek A yang mau saya beli. Ternyata walau satu toko, tiap sales punya ikatan dengan merek tertentu, dapat bonus lebih dari jual hp merek yang mengikatnya, Beberapa kali saya temui di toko yang jual macam2 hape, sales2 itu tidak objektif kalau kita tanya merek yg bagus apa. Sekarang kl nemu sales yang macam gitu, saya cuekin atau tinggalin. Keliatan ko kl ga objektif, berlebihan menjelaskan keistimewaan mereknya. Mending ke counter resmi mereknya saja, dsana lebih fair kita tahu dia sales merek apa

  27. j7 2016 di lazada rp 1.9 juta, sellernya samsung official store , nougat out of the box baterai awet banget

  28. Pagi pak herry,
    Maaf oot, saya mau nanya apakah lenovo vibe shot masih worth it untuk di beli saat ini ? Kira2 kisarannya berapa ? Makasih

    1. Bu Monika,

      Kemarin saya yakin sudah menjawab pertanyaan yang persis sama. Entah pengirimnya Anda atau bukan.

      Vibe Shot untuk ukuran saat ini sudah tidak menarik. Terakhir harga barunya sekitar Rp2,1 juta.

      1. Maaf Pak Herry kalau pertanyaan saya berulang soal pertanyaan dan jawaban bapak tidak muncul . Terima kasih untuk jawaban pertanyaan sebelumnya

  29. Koh Herry

    Saya tertarik sama redmi note 5 dan MI A1. Tapi bingung milihnya. Terutama soal performa kamera dan soundnya. Manakah yg terbaik dari kedua ponsel itu?

    Kalo ada rekomendasi ponsel lain dgn kisaran harga 2,5-3jt yg punya kamera bagus dan sound yg memanjakan telinga akan saya pertimbangkan.

    Makasih bantuannya

  30. Sore ko herry
    Maaf oot

    Minta sarannya, dengan budget +/- 2,5 jt. Hp apa yg pas utk saya. Spec :
    Ram min 3/32, kamera blkg cukupan utk area kurang cahaya dan stabil (karena tangan agak sedikit bergetar), spec lainnya ngikut aja.
    Bisa second , syukur dpt baru. Sebenernya Saya ngincer xiaomi mia1.

    Terima kasih

  31. permisi pak herry, saya suka review-review dari bapak yang simpel dan mudah dimengerti oleh orang awam. saya juga ingin ngasih saran, gimana kalau review gawai android selanjutnya dikasih tau aplikasi bawaannya apa (bloatware, gapps, dll)

    terima kasih

    1. Pak Silvio,

      Terima kasih atas apresiasi dan masukannya.

      Bila nama aplikasi bawaan disebutkan semua, hal itu berpotensi akan sangat panjang lho. Lha aplikasi bawaan ponsel kan seringkali cukup banyak.

  32. Pak Herry,antara Xiaomi redmi 5 plus dengan Huawei Nova 2 lite,kameranya mana yang lebih bagus pak Herry

    1. Pak Han,

      Tampaknya takkan ada review Nova 3i deh. Sisi minus utama ponsel itu versi saya: kameranya tergolong jelek di kelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *