Review Huawei Nova 2i: Dobel Kamera Ganda Pertama

Hadirnya Huawei Nova 2i ke Indonesia pada awal November lalu “melanggar” tradisi ala Huawei. Kedatangan ponsel Huawei biasanya cenderung tak dipedulikan publik. Jadwal edarnya pun lamaaaa… setelah kali pertama diperkenalkan secara global.

Kondisi itu tak berlaku untuk Nova 2i. Hanya berselang sekitar sebulan sejak peluncuran global, ponsel tersebut sudah mendarat di sini. Empat kamera yang dibenamkan membuat Nova 2i memantik rasa penasaran publik. Dua kamera depan, dua kamera belakang. Hmmm… bagaimana sensasinya?

Kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat di sisi belakang Nova 2i berlensa ganda. Satu beresolusi 16 megapiksel, satu lagi dua megapiksel. Kamera dengan resolusi lebih besar bertugas menangkap objek pemotretan. Sedangkan kamera beresolusi lebih kecil berfungsi mengukur kedalaman lalu menghasilkan efek bokeh. Bila difungsikan sebagai perekam video, kamera itu sanggup memproduksi klip video full HD 1080p.

Tersedia mode wide aperture dan portrait yang siap dieksplorasi pengguna. Mudahnya, mode wide aperture adalah mode bokeh. Dengan memanfaatkan mode tersebut, objek utama pemotretan akan terlihat tajam, sedangkan bagian lain tampak blur. Kabur yang artistik.

Pengguna Nova 2i leluasa mengatur bukaan lensa, mulai dari 0,95 sampai 16. Pengaturan secara software itu bisa dilakukan sebelum maupun setelah pemotretan. Semakin kecil angka yang dipilih, misalnya 4 versus 16, semakin tinggi kadar bokeh yang diperoleh.

Masih di dalam mode wide aperture, terdapat aneka filter bawaan yang mengizinkan pengguna menyunting foto. Latar belakang pemotretan bisa diberikan efek tambahan.

Beralih ke mode portrait. Gampangnya itu adalah mode bokeh yang dipadukan dengan beautification. Mode tersebut sebaiknya hanya digunakan untuk memotret orang. Itu pun kalau objek pemotretan menginginkan tampilan wajahnya dipercantik.

Belum selesai. Kamera Nova 2i juga dilengkapi mode pro photo, video, pro video, HDR, night shot, light painting, dan sederet mode lain. Di mode pro photo, pengguna bebas mengatur aneka parameter pemotretan. Contohnya, ISO mulai 50-3200, kecepatan rana 1/4.000 sampai delapan detik, kompensasi pencahayaan, metering, dan white balance.

Light painting yang meliputi tail light trails, light graffiti, silky water, dan star track sangat layak dijajal pengguna. Dengan mode itu, misalnya, pengguna dapat mengabadikan aliran air terjun menjadi sehalus sutra. Sorot lampu mobil yang bergerak di malam hari kalau difoto akan terlihat bak lukisan cahaya. Indah deh.

Saatnya membicarakan kamera depan. Kamera itu dibekali lampu kilat untuk menambah pencahayaan kala pengguna berswafoto alias selfie di lokasi yang kurang terang. Sama dengan kamera belakang, kamera depan Nova 2i juga berlensa ganda. Satu beresolusi 13 megapiksel, satu lainnya dua megapiksel. Tersedia mode portrait yang siap dioptimalkan pengguna. Kamera itu sanggup pula menghasilkan klip video full HD 1080p.

Secara umum performa kamera belakang dan kamera depan Nova 2i tergolong bagus. Foto yang dihasilkan tergolong tajam di kelasnya. Warna objek pun terlihat “keluar”.

Efek bokeh yang diproduksi kamera ponsel itu relatif rapi dan akurat. Namun, karena masih melibatkan unsur peranti lunak (software), sesekali efek bokeh tersebut meleset. Hal itu terutama terjadi bila objek pemotretan relatif mungil, lokasi pemotretan kurang terang, atau latar belakang pemotretan terlalu kompleks. Walaupun demikian, probabilitas bokeh meleset di Nova 2i tidak setinggi, contohnya, Xiaomi Mi A1 dan Motorola Moto G5s Plus.

Mengikuti tren terkini, layar Nova 2i mengadopsi fullview display dengan rasio 18:9. Layar IPS 5,9 inci beresolusi 2.160 x 1.080 piksel itu sedap dipandang mata. Kendati berlayar besar, jangan membayangkan ponsel tersebut berbodi bongsor. Dimensi fisiknya 156,2 x 75,2 x 7,5 milimeter dan berat 164 gram atau setara dengan kebanyakan ponsel berlayar 5,5 inci.

Tombol navigasi menyatu dengan layar. Posisinya di bagian bawah. Susunan tombol navigasi bebas diatur sesuai selera. Penulis atau HSW lebih suka meletakkan tombol back di ujung kanan, sedangkan Anda mungkin lebih menyukai tombol back di ujung kiri. Tak masalah. Ubah saja.

Konektor audio 3,5 milimeter, konektor micro USB, dan speaker terdapat di sisi bawah ponsel. Tombol volume dan power ditempatkan di sisi kanan. Sementara itu, di bagian kiri pengguna akan menjumpai selot kartu hybrid. Pengguna dipersilakan memilih akan memasangkan dua nano SIM atau satu nano SIM plus satu kartu microSD.

Anggaplah pengguna memutuskan menyelipkan sepasang nano SIM. Dua nomor itu dapat siaga bersamaan. Tak peduli berada di selot mana, nomor yang dipakai berinternet bebas berpindah-pindah ke jaringan 4G LTE, 3G, dan 2G. Sedangkan satu nomor lainnya harus rela terkungkung di jaringan 2G.

Merujuk kepada uji pakai yang dilakukan HSW, Nova 2i kompatibel dengan layanan 4G LTE Telkomsel, XL, Indosat, dan Smartfren. Di atas kertas ia mestinya juga cocok dipadukan dengan 4G LTE Tri dan Bolt.

Ponsel itu memanfaatkan prosesor delapan inti (octa core) Hisilicon Kirin 659 yang terdiri atas empat inti berkecepatan 2,36 GHz dan empat inti 1,7 GHz. Wi-Fi, bluetooth, GPS, kompas, RAM 4 GB, dan ROM 64 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Nova 2i. Ketika ponsel baru dikeluarkan dari kardus, memori internal masih tersisa 48,23 GB.

Pemindai sidik jari berada di sisi belakang, berdekatan dengan kamera dan lampu kilat. Di ponsel Android 7.0 Nougat tersebut pengguna juga bakal menjumpai radio FM, penyaring panggilan telepon dan SMS, app twin, serta private space.

App twin memungkinkan pengguna Nova 2i mengaktifkan dua akun Facebook dan WhatsApp secara bersamaan. Sayang, app twin tidak bisa menggandakan aplikasi lain sesuai kemauan pengguna. Sementara itu, private space ibarat ruang rahasia milik pengguna.

Nova 2i mendapatkan sumber daya dari baterai tanam berkapasitas 3.340 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai itu sanggup bertahan maksimal sepuluh jam saja. Agak mengejutkan sih. Awalnya HSW menyangka baterai tersebut setidaknya mampu menyuntikkan tenaga selama minimal 14 jam.

Kalau dirangkum, dalam pemakaian sehari-hari Nova 2i terasa relatif gegas. Perpindahan antaraplikasi dapat dilakukan dengan lancar. Layar dan kamera menjadi kelebihan lain ponsel yang mendukung USB On-the-Go (USB OTG) itu.

Dipasarkan dengan harga ritel resmi Rp 3,999 juta, paket penjualan Nova 2i terbilang lengkap. Selembar pelindung layar telah melekat di layar. Hardcase transparan juga disertakan di dalam kardus.

Sisi minusnya, selain daya tahan baterainya tergolong singkat, dual SIM di ponsel itu belum bisa simultan 4G-3G. Salah satu nomor yang siaga harus rela terbenam di jaringan 2G. Pelindung layar (screen protector) bonus penjualan Nova 2i laksana magnet debu. Debu halus mudah sekali melekat erat di permukaan layar.

Khusus pengguna yang rutin memakai Swiftkey Keyboard, aplikasi keyboard yang sangat populer di Google Play Store, HSW memiliki satu informasi. Entah mengapa, Nova 2i menjadi sering tersendat alias nge-lag bila dipadukan dengan Swiftkey.

Di penghujung 2017, bila Anda sedang galau memilih ponsel keluaran terkini yang tidak pasaran dan dibekali kamera relatif prima, izinkan Huawei Nova mengisi relung hati Anda. Cieeeee….

***

Berikut contoh foto yang dihasilkan kamera Nova 2i. Pemotretan menggunakan mode otomatis. Agar ukuran file tak terlalu besar, seluruh foto telah di-resize dan dikompresi. Tidak ada olah digital lain yang dilakukan.

Tanpa mode wide aperture, depth effect, bokeh, atau apa pun namanya, secara natural kamera ponsel sebenarnya bisa menghasilkan efek bokeh. Objek utama tajam, sedangkan latar belakangnya kabur.

Tipnya sederhana. Jarak kamera dengan objek utama sedekat mungkin, sedangkan jarak objek utama dengan latar belakang wajib cukup jauh.

Usai memotret, pengguna Nova 2i masih dapat mengubah titik fokus pemotretan.

Mencoba mode wide aperture. Awalnya nonaktif.

Kemudian diaktifkan.

Karena masih melibatkan unsur software, efek bokeh yang dihasilkan kadang tidak akurat. Hal itu terutama terjadi bila objek pemotretan relatif mungil, lokasi pemotretan kurang terang, atau latar belakang pemotretan terlalu kompleks. Pada contoh di bawah ini, perhatikan tangan mainan.

Masih menjajal mode wide aperture. Dengan memakai filter bawaan, latar belakang pemotretan bisa diberi efek tambahan.

Sekarang giliran menguji mode portrait.

Perhatikan bedanya bila mode itu tidak diaktifkan.

Kini mengeksplorasi mode light painting. Penggunaan tripod sangat direkomendasikan demi memperoleh hasil yang maksimal.

Foto berikut masih menggunakan mode light painting, tetapi tanpa tripod.

Kalau di-crop, beginilah hasilnya.

Bagaimana hasil jepretan kamera depan Nova 2i? Ini dia…. Satu tanpa efek bokeh, satu lagi dengan bokeh.

Kalau mau, pengguna bisa menambahkan stiker. Tersedia beragam pilihan.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

204 thoughts to “Review Huawei Nova 2i: Dobel Kamera Ganda Pertama”

  1. Maaf ko Herry, oot nih. Ceritanya tadi pagi sempat kecewa karena flashsale Redmi 5A ternyata hanya 1 varian warna, yaitu grey yang depannya hitam. Apakah nanti akan ada flassale untuk varian warna lainnya? Terima kasih.

  2. Akhirnya kelar juga naskah review-nya, Pak. Banyak sekali yang menunggu sepertinya, termasuk saya.

    Seandainya ada 4 ponsel:
    – Huawei Nova 2i
    – Moto Z2 Play
    – Zenfone 4 Selfie Pro
    – Zenfone Zoom S

    Menurut pemakaian dan selera Pak Herry bagaimana urutannya dari yang terbaik, jika dinilai dari faktor:

    1. Kamera Belakang
    2. Kamera Depan
    3. Desain

    Terima kasih sebelumnya, Pak.

    Selamat Menyambut Tahun Baru 2018!

    1. Pak Argha Permana,

      Iya nih, tertunda nyaris sebulan karena saya mesti ke Hawaii plus beberapa kali ke luar kota.

      1. Kamera belakang: Zenfone Zoom S, Zenfone 4 Selfie Pro, Moto Z2 Play, dan Nova 2i.
      2. Kamera depan: Zenfone 4 Selfie Pro (efek bokeh nonaktif), Nova 2i, Zenfone Zoom S, Moto Z2 Play.
      3. Desain: Moto Z2 Play, Zenfone 4 Selfie Pro, Nova 2i, dan Zenfone Zoom S.

  3. Wah Pak jadi galau. Bagus Asus Zenfone Zoom S atau Huawei Nova 2i secara keseluruhan? Atau mohon saran Pak Herry , kalau Pak Herry sendiri pilih apa untuk smartphone harga maksimal 6 juta?
    Makasih banyak sebelumnya. Sukses terus untuk Ponselmu.

  4. bagus ya ko kameranya, kalau kamera depan & belakang diadu ama Huawei P9 dan asus zenfone 3 ze520KL bagusan mana ? Tq ko

  5. Maaf Pak sekalian nanya,
    1.kalau dana maksimal 8 juta, ponsel apa pilihan Pak Herry?
    2. Pernah towel2 samsung note FE kah, Pak? Rekomended kah menurut Pak Herry?
    Matur nuwun sanget.

    1. Pak Sofy,

      1. Masih Zenfone Zoom S sih. LG V20 mulai ditinggalkan. Di atasnya lagi langsung lompat ke Rp 10 jutaan.

      2. Towel-towel supersingkat. Belum bisa menyimpulkan.

  6. Ini nihh review yang saya tunggu2, jdi recomend nih om beli N2i dgn kisaran harga segitu tidak overprice?
    Apakah nnti om Herry ad rencana mereview Luna G8 yg puny 4 kamera? Klo iya bisa d buat Vs sm Nova 2i dong hehehe trima kasih

      1. N2i singkatan dri Nova 2i hehehe
        Okay pak herry klo ngga review luna G8 krna bnyak msuk grup komunitas Nova 2i yg minta saran antara Nova 2i dengan Luna G8

  7. Pak Herry,
    Review yg sangat lengkap termasuk penjelasan rincian kemampuan kamera nya.

    Saya ada pertanyaan pak
    Menurut pak herry, dengan mengutamakan hasil foto kamera. apakah lebih baik Huawei Nova 2i, Zenfone Zoom S, Asus Zenfone 3 ZE552KL, Infinix Zero 5, atau Moto Z Play?
    Atau adakah rekomendasi lain dengan budget maksimal 4 juta yang mengutamakan kualitas hasil foto yang bagus?

    Terima kasih banyak

    1. Pak Nugroho,

      Zero 5 dan Moto Z Play saya belum uji pakai. Zenfone Zoom S dong. Harap diingat, harga Zenfone Zoom S lebih mahal Rp 1 juta daripada Nova 2i. Jadi, mestinya kurang pas diadu.

      Ya Nova 2i. Kalau yang semurah mungkin tapi bagus, ZE552KL.

    1. Pak Taufiq,

      Sudah lama dijual offline. Online lebih murah karena ada penjual yang sengaja mematok harga jual lebih rendah daripada yang disarankan Huawei.

  8. hallo pa herry. saya sangat suka hasil tangkapan kamera huawei nova 2i ini. saya pengguna iphone SE. kalo saya berpindah ke huawei nova 2i ini bagus ga ya pa? soalnya hasilnya bagus banget.. makasih.

  9. om untuk hasil kamera :
    1. kondisi cukup cahaya, bagusan mana nova 2i vs xiaomi mi a1 ?
    2. kondisi low light, bagusan mana nova 2i vs asus zenfone zoom s ?
    trims om.

    dengan semua kemampuan yang ada di huawei nova 2i, apakah mengeluarkan budget (kisaran) 4jt ini layak atau tidak?

  10. Wah…mantap reviewnya Pak HSW. Boleh tau pak, jadi chargernya kalo saya kocok, muncul seperti suara pasir yang dikocok. Berdasar performa, kalo dibandingkan dengan moto g5s plus unggul mana ya pak ? Terlepas dari harganya.

    Terima kasih.

    1. Pak Dema,

      Wah, saya nggak pernah iseng mengocok charger Nova 2i nih.

      Kamera lebih bagus Nova 2i. Non-kamera lebih oke Moto G5s Plus.

  11. saya berencana beli hp di bulan februari 2018 ini, untuk range harga 4-5jt apakah huawei nova 2i ini layak di beli om?
    ataukah ada opsi lain di range harga segitu?

    1. Pak Dhanu,

      Karena pergerakan ponsel tergolong cepat, silakan mengirimkan ulang pertanyaan pada Februari tahun depan.

        1. Pak Hari,

          Zenfone 4 Max Pro baterai awet, tapi kamera jelek lho. Kalau mau kamera bagus dan baterai awet, ya berarti Zenfone Zoom S.

  12. Pak Herry,
    Bila dibandingkan dgn Xiaomi Mi A1, kamera utama Huawei Nova 2i apakah lebih baik? Mana yg lebih gegas saat dipakai?
    Kalau kinerja kamera secara keseluruhan apakah Huawei Nova 2i sudah lebih baik dari LG G5 SE?
    Terima kasih.

  13. Pak Herry,

    Awalnya sy ingin membeli huawei nova 2i ini tetapi setelah mengetahui jika hanya dengan menambah 500rb saja, yakni harga menjadi 4.499.000 sudah bisa mendapat moto z2play dengan bonus nut mini tracker, jbl mods, dan gift box (di erafone kelapa gading dalam promo motophonefair). menurut Pak Herry, lebih baik saya ambil z2play dgn promo tsb atau tetap mempertahankan nova 2i (hal yang dipertimbangkan adalah kamera, video, build quality, dan kinerja ponsel)
    trims

    1. Pak Cip,

      Kalau Anda dapat harga dan paket penjualan seperti itu, ya mending ambil Moto Z2 Play. Jual saja bonus-bonusnya sehingga harga ponsel menjadi setara dengan Rp 3,5 juta saja.

      1. Pak Herry,

        Ide yg bagus juga. Saya sampai tidak kepikiran untuk menjual bonus bonus tersebut…

        Kemudian secara keseluruhan (tanpa memasukkan faktor harga), di antara ponsel berikut:
        Moto G5s Plus
        Moto Z2 Play
        Huawei Nova 2i
        Asus ZenFone Zoom S
        Asus ZenFone 4 Selfie Pro

        Urutan ponsel yang akan Pak Herry pilih jika memerhatikan faktor tampilan, kualitas kamera baik dalam pengambilan foto dan video, dan keindahan bentuk ponsel, yakni apa aja?
        Trims

        1. Pak Cip,

          Kalau kriterianya seperti itu, ya berarti Moto Z2 Play, Moto G5s Plus, Zenfone 4 Selfie Pro, Nova 2i, dan Zenfone Zoom S.

        2. Kalau jadi ambil Moto Z2 Play dan mau jual bonusnya hubungi saya ya… Soalnya saya beli moto Z2 Play nya kecepetan!

  14. Menurut Pak Herry, apakah kedepannya akan tersedia update software yang bisa memperbaiki daya tahan baterai nya? Menurut saya cukup janggal kalau SoC yang (seharusnya) awet daya namun ternyata cukup boros menguras baterai.

  15. Hallo pak. Saya ingin bertanya, apakah dalam waktu dekat ini huawei mate 10 dan mate 10 pro akan masuk juga ke Indonesia ? Terimakasih Pak.
    Salam

    1. Pak Endrix Kitanto,

      Masuk atau masuk resmi nih?

      Kalau masuk, sudah lama masuk.

      Kalau masuk resmi, kelak bakal masuk resmi, tetapi tidak dalam waktu dekat.

  16. Pak herry “cantik”jg ya hhhh
    Maaf pak OOT minta rekomendasi hp yg kamera bagus,gegas,ga hybrid baterai awet harga maksimal 2 jt hp apa ya? Dari zenfone max ke xiaomi redmi 5A itu downgrade apa upgrade pak?terimakasih

  17. Pak Herry,

    mohon rekomendasi hp dgn harga kurang lebih 4.5juta yg mengutamakan build quality, hasil foto dan video yg tidak mengecewakan, speaker oke, dan multitasking lancar (bukan untuk gaming)
    tks

  18. Selamat malem koh..maaf ni OOT
    Mw tanya ni koh klo kartu sim card smartfren 4G GSM+ bisa ga di pakai di xiaomi redmi 4x..terimakasih

  19. Review yg sgt saya tunggu tunggu akhirnya muncul juga….. Terima kasih pak herry.
    1. Jika performa kamera nova 2i dibandingkan dgn zenfone zoom s dan zenfone 3 ze520kl (terutama dlm kondisi low light) apakah setara ataukah justru lebih baik dari kedua ponsel produksi asus tsb ?.
    2. klo bisa banyakin dong pak foto cewenya ?

  20. Siang Pak Herry,

    Saya mau tanya. kenapa ketika ada yg bertanya ke Anda soal pertimbangan beli hp Samsung, anda sering kali menyarankan untuk beli dengan seri S atau Note. adakah alasan tertentu ? atau memang kualitas selain 2 seri tsb jauh dari kata memuaskan ? contoh nya Seri A

    Terima Kasih

  21. Koh herry maaf OOT,
    Bisa minta tolong rekomendasi koh, kebetulah hp saya rusak dan ingin ganti baru, saya butuh smartphone yg gegas, berkamera bagus, tidak bongsor (enak dikantongin), batere klo bisa lumayan awet (walaupun susah cari flagship berbatere awet). Dan harga sekitar 10jt…

    Dan mau tanya, kira2 xiaomi mi 7 apakah ada rencana akan masuk resmi diindonesia koh?

    Terima kasih atas responnya

    1. Pak Okta Tjoa,

      Saya yakin sudah menjawab pertanyaan yang sama. Pengirimnya pun sama. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan. Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan sekali saja ya, Pak.

  22. Hasil jepretannya lebih genjreng warnanya, kalo tidak salah di nova 2i ini ada fitur wifi ripiter. Jadi bisa menshare wifi dari wifi yg diterima hp kita. Kalo prosesornya sama sd625 bagusan mana om? Dari sisi kinerja.

  23. Maaf Koh urgent. Saya baru beli Huawei Nova 2i di Blibli dr 2 seller yg berbeda. Yg pertama kondisi bagus ada segel plastik & stiker dus. Nah yg ke 2 ini tdk ada segel plastik meski ada segel stiker dusnya . Ada saran? Soalnya saya takut barang yg kedua ini “mencurigakan” (krn tdk ada segel plastik)

    1. Pak Mi A1 vs Moto G5s Plus (kok namanya gitu sih?),

      Hubungi penjual barang kedua dan ajukan komplain. Segel di Nova 2i seharusnya ada dua: stiker di kardus dan plastic wrap yang membungkus kardus.

  24. Sepertinya ini jadi review terakhir di tahun 2017 ya. Menjelang tutup tahun, kami tunggu pengumuman pemenang ponsel terbaik dan terburuk per kelas harga dan kategori ter…. lainnya versi HSW.
    HSW Award goes to….. ^_^

    1. Pak Adrian,

      Iya. Awalnya saya berencana mengunggah review Nokia 5 sebelum pergantian tahun. Namun, rencana itu batal karena laptop saya mendadak ngadat dan selama dua hari konsentrasi menyelamatkan data.

      Ponsel ter-… versi saya baru keluar pada pertengahan Januari.

  25. Pak herry, bolehkah saya mengambil gambar hasil jepretan nova 2i diblog pak herry untuk saya upload di akun socmed saya ?.
    Thanks.

  26. Halo Pak Herry SW.
    Saya ingin bertanya :
    1. Jika dibandingkan antara Motorola Moto G5s Plus dan Huawei Nova 2i, apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing gawai tersebut Pak?
    2. Antara Motorola Moto G5s Plus dan Motorola Moto Z2 Play, apa juga kelebihan dan kekurungan masing-masig gawai? Kalau dari segi kegegasan dan kameranya bagamana pak?
    Mohon di beri pencerahan Pak Herry.
    Terima kasih.

    1. Pak/Bu Bellajat,

      1. Nova 2i unggul di hasil jepretan kamera dan rasio layar yang lebar, tetapi dimensi ponsel tetap ramah tangan. Sedangkan Moto G5s Plus unggul di kemampuan simultan 4G-3G dan pemindai sidik jari yang juga bisa difungsikan sebagai tombol navigasi.

      2. Moto G5s Plus lebih murah daripada Moto Z2 Play. Hasil kamera Moto Z2 Play lebih oke. Tampilan layarnya juga lebih enak dipandang. Menang Moto Z2 Play dong.

      1. Wah, jangan dipanggil ibu dong pak.
        Hahaha.

        Pak Herry, berarti kelebihan Nova 2i di kamera dan layarnya saja jika dibandingkan dengan Moto G5s Plus. Kalau dari fitur lainnya masih unggul Moto G5s Plus ya pak?

        Di sekitaran harga Moto Z2 Play, ada yang lebih bagus dari Moto Z2 Play pak?

        1. Ups… seharusnya Bapak ya? Maaf.

          Ya. Betul.

          Anda dapat Moto Z2 Play di harga berapa? Sebab, harga pasaran ponsel itu agak samar nih.

          1. Hahaha.
            Tidak apa-apa pak.

            Pernah saya cek di tempat saya harganya 4.999.000 rupiah pak.
            Kalau disekitar harga segitu yang lebih bagus ada kah pak?
            Atau yang dibawah harga segitu?

          2. Pak Bellajat,

            Kalau dapat harga segitu, boleh dibeli deh.

            Alternatif lain di harga sama adalah Asus Zenfone Zoom S. Saya lebih memilih ini karena baterainya lebih tahan lama. Kameranya pun bagus.

  27. Baru nemu blog om hsw ini, terasa spt ketemu kawan lama yg tdk pernah jumpa. Dulu sekali sy sering baca tabloid yg ada rubrik om hsw mengulas dan tanya jwb seputar gawai, senang rasanya, salam kenal om Herry.

  28. Sekarang lagi jamannya foto bokeh ya Pak Herry? Saya penasaran dengan infinix zero 5, apakah nanti Pak Herry akan ulas? Apakah ponsel tersebut sudah masuk resmi ke Indo ya?

  29. pak hsw, saya mau tanya. ada kemungkinan harga redmi 4a turun ke sejuta atau kurang ngga ya? soalnya kalau harganya tetap pasti susah laku pembeli kayaknya milih redmi 5a. saya mau beli tapi masih nunggu review redmi 5a

    1. Pak Niko,

      Kemungkinannya kecil. Sebelum menyentuh angka segitu, ponsel itu sudah diskontinyu duluan.

      Saya sebenarnya sudah menguji pakai Redmi 5A, tetapi naskah review-nya belum diketikkan. Antre dulu. Redmi 5A layak beli kok.

  30. Saya pengguna Asus Zenfone Zoom S dan selama ini puas dengan hasil kameranya.

    Tapi setelah baca review Nova 2i ini saya jadi iri sekali sama fitur silky water dan filter background milik Nova 2i ini.

    Untuk foto silky water saya masih bisa mengakali dengan memakai aplikasi snail camera (dengan kualitas gambar yang tidak seprima aplikasi kamera bawaan tentunya, tapi cukuplah)

    Tapi untuk foto yang filter latar belakang itu, saya banar2 iri. Adakah app pihak ketiga yang bisa begitu? Mohon infonya.

  31. Kameranya kelihatan bagus ya pak.lebih bagus dari moto g5s plus dan Xiaomi MiA1 sepertinya.
    tapi sayang budget saya tidak cukup untuk membeli Huawei nova 2i.
    Kepengen kamera bagus tp budget cuma mentok di 3jt lebih dikit.menurut pak Herry saya lebih baik ambil yang mana ya : moto g5s plus diharga yg sekarang naik jadi 3,3jt an ,Xiaomi MiA1 3,1jt ,dan Zenfone 3 ze552kl yg 5,5inchi udah turun harga jadi 2,9jt an.
    Mohon maaf keluar topik.
    Terimakasih pak Herry

  32. Mau tanya pak Herry

    Saya saat ini pengguna Sony Xperia z5 Premium. Ingin ganti smartphone dikarenakan user experiencenya udah ngga smooth. Apakah ada saran smartphone di harga 3.5jt kurang lebih( itu hasil jual Z5 Premium saya) .
    Kebutuhan ; Kamera (lebih sering dibuat merekam) , Batrei awet .
    Saat ini wishlist saya (Zenfone 3 , Moto Z play, Moto G5S Plus) ada saran lain?
    Terima kasih

    1. Pak Aldias Hoppy W,

      Merekam yang Anda maksud apakah merekam video? Kalau iya, silakan beli Zenfone 3 ZE552KL (bukan ZE520KL). Harga Rp 2,999 juta.

  33. Pak Herry, kalau Nova 2i dibandingkan dengan Xiaomi Mi A1 dan Moto G5s Plus dari segi kamera (depan dan belakang), baterai dan performa (terutama multitasking berat apps socmed, office, YouTube, spotify dll kecuali game karena gasuka gaming) urutannya gimana ya pak?

    Terus gimana manajemen RAM Nova 2i? Apa apps yang berjalan di background kalau dibuka lagi bakal reload ulang seperti di Mi A1? Saya dengar manajemen RAM di G5s Plus bagus.

    Makasih pak

    1. Bu Anna,

      Kalau semua faktor itu dipertimbangkan, urutannya Mi A1, Moto G5s Plus, dan Nova 2i.

      Kalau hanya fokus ke kamera, urutannya Nova 2i, Mi A1, dan Moto G5s Plus.

      Saya tidak terlalu memperhatikan reload ulang atau tidak.

  34. Oh ya pak, kelupaan. Apakah di G5s Plus dan Mi A1 kartu memorinya bisa diformat menjadi memori internal?

    Nah, saya masih agak kurang paham dengan sistem seperti ini pak. Kalau misalkan kedepannya kita ganti hp, apakah kartu memori yang sudah dijadikan internal storage di g5s plus/mi a1 bisa dipakai di hp lain? Jika tidak bisa, apakah ada cara agar kartu memori itu bisa dipakai di hp yang baru? Makasih pak

    1. Bu Anna,

      Tidak tahu. Saya tidak memperhatikan dan tak memedulikan hal itu. Buat saya, memori internal ya pakai memori internal bawaan ponsel. Bukan menjadikan microSD menjadi memori internal.

      Mestinya bisa, tapi harus diformat dulu.

  35. Pak HSW, mau nanya..

    Snapdragon 845 sudah menggunakan fabrikasi berapa nm? Apa masih seperti pendahulunya (snapdragon 835) yang menggunakan fabrikasi 10nm..

  36. Ko Herry Terima kasih atas Reviewnya.
    Sayang sekali tidak bisa 4G-3G bersamaan, salah satu harus 2G. Merepotkan kalau ke Luar Negeri (LN), karena dibanyak negara tidak bisa 2G. Jadi kalau kita beli sim card lokal di LN utk internet, maka sim card utama (Indonesia) tidak bisa aktif. Ini yang saya selalu alami sekarang di handphone saya. Tadinya saya mau ganti ke Huawei Nova 2i untuk mengatasi hal tersebut.
    Oh ya belum diulas, apakah ada LED Notificationnya atau tidak ?
    Terima kasih.

  37. Selamat pagi
    Happy new year untuk pak HSW
    Semoga makin sukses dan sehat selalu

    menurut pak HSW,
    1. apakah huawei nova 2i ini worth it mengingat harga nya?
    2. selling point dari perangkat itu apa?
    3. rekomendasi perangkat seandainya dana 5jt ( Selain Zenfone zoom S ) mohon pencerahannya
    4. apa ada perangkat yg wajib di tunggu untuk kuartal 1 2018 ini ?

    1. Pak Hendra,

      Terima kasih. Selamat Tahun Baru 2018 juga.

      1. Kalau mencari ponsel dengan kamera bagus dan layar lebar di bodi ramah tangan, Nova 2i layak beli.
      2. Dua hal yang saya sebutkan di poin pertama, Pak.
      3. Hmmm… rekomendasi saya di harga itu bakal Zenfone Zoom S deh. Kalau harus yang lain, coba cek Moto Z2 Play.
      4. Ehmmm… sepertinya ada. Belum bisa saya sebutkan detailnya.

      1. untuk kamera huawei nova 2i hanya tergolong bagus ya? bukan sangat bagus?

        untuk kamera depan , zenfone zoom S dan huawei nova 2i, pak HSW lebih saran ke mana?

        untuk poin 4, seandainya bisa tolong disebut typenya saja pak, hehehe

        terima kasih

          1. pertanyaan terakhir pak,

            sekarang device saya Ze520KL ( ram 4 GB ) , apa bila ganti ke huawei nova 2i, termasuk upgrade atau tidak? dr segi performa, baterai dan kamera

            after sale apakah sebaik xiaomi?

          2. Pak Hendra,

            Performa keseluruhan: turun sedikit.
            Baterai: turun.
            Kamera: naik.

            Layanan pusat perbaikan resmi Huawei tergolong cukup bagus.

  38. Siang koh, kmaren kan ada lelang car charger qc4+ nih, itu chargernya dapet darimana? Setau saya malah qc4+ itu blm bener² rilis tapi koko udh dapet 1, yang kedua support di hp apa sajakah? Snapdragon 835 bisa mencicipi? Apakah support backwards seperti snapdragon 820, dan seberapa cepat pengisian daya nya?

    1. Pak Harun Al Rasyid,

      Dapat di acara Qualcomm.

      Secara teknis kompatibel dengan ponsel yang menggunakan Snapdragon 845.

      Mestinya bisa. Ya, support backwards.

      Tak tahu. Lha charger-nya kan masih dalam kondisi segel. Tidak saya coba karena saya belum memiliki mobil.

  39. Malam Pak Herry,

    Terima kasih Pak, Istri saya puas dengan saran Bapak dulu untuk membeli Hisense PureShot.
    Sekarang berhubung HP nya hilang, ada kah saran HP yg seperti itu yg mengutamakan kamera, dengan budget 2.5jta.
    Jika Hp baru dapet apa?
    Kalu second untuk Zenfone 3 ZE552KL, kayaknya udah dapet dengan budget segitu soalnya saya baca coment” diatas sampean masih sering merekomendasikan hp tersebut untuk kualitas kamera. hehe

    Terima kasih Pak Herry.

    1. Pak M. Rudy,

      Beli Asus Zenfone 3 ZE520KL yang RAM 4 GB. Harga barunya Rp 2,499 juta.

      Ya, ZE552KL bisa didapatkan dengan anggaran segitu.

    2. Maaf koh, bukannya hp asus itu baterainya mudah habis ya teman saya pernah pake asus zenfone kayak gitu mudah panas dan cepet habis

  40. Om Herry saya ada budget 3.5 juta, bingung milih antara Xiaomi MiA1 atau Moto G5s Plus. Diantara dua hp itu yang lebih baik yang mana ya? Om lebih suka yang mana? Makasih 🙂

    1. Pak/Bu Elisa Mahfud,

      Sama-sama bagus. Saya lebih memilih Mi A1 karena kamera lebih bagus plus ada remote control TV.

    1. Pak/Bu Elisa Mahfud?

      Nova 3i atau Nova 2i? Kalau Nova 3i saya tak tahu.

      Urutan dimulai yang paling hemat: Moto G5s Plus, Mi A1, dan Nova 2i.

      1. Aduh typo om maaf hahaha. OK jadi selain remote control sama kamera, poin lainnya bagusan G5s Plus kah?

        1. Bu Elisa Mahfud,

          Keunggulan Moto G5s Plus terhadap Mi A1:
          * Ada NFC.
          * Sensor sidik jari bisa difungsikan sebagai tombol navigasi.
          * Mendukung Qualcomm Quick Charge (agak tidak jelas versi 2.0 atau 3.0).

    1. Pak Idayu,

      Saya mendapatkan Nova 2i itu secara gratis. Diberi oleh Huawei. Nah, saat menerimanya di bodi belakang sudah ada tulisan seperti yang terlihat di foto. Mereka menggunakan grafir laser.

  41. Mas Herry, kalau Smartphone OnePlus sekarang gmna ya? Dengan kondisi nya yang sudah keluar dari Indonesia apakah masih worth it to buy?

    Kemudian, apakah ada tanda-tanda apabila kedepannga OnePlus akan masuk kembali ke Indonesia?

  42. Sore pak herry sw.
    Saya silent reader blog bapak, pertimbangan-pertimbangan dalam membeli smartphone selalu saya merujuk tulisan bapak. Sangat bermanfaat sekali.
    Ada 1 hal yang ingin saya tanyakan langsung kepada bapak. Dengan budget 3,5 juta smartphone apakah yg pantas didapat? Saya berencana membelikannya untuk istri saya. Terimakasih sebelumnya pak herry sw. Semoga sukses dan sehat selalu.

    1. Pak Ismet,

      Xiaomi Mi A1 warna merah.

      Kalau Anda masih ragu dengan merek asal Tiongkok, silakan melirik Motorola Moto G5s Plus.

  43. Baiklah Terimakasih Reviewnya pak
    Tetapi sepertinya saya akan mengganti target karena tabungan sudah mampu membeli Moto Z2 Play dan Asus Zenfone Zoom S
    Bila bapak sendiri di berikan dua opsi antara smartphone tersebut. Secara keseluruhan apa yang bapak pilih?

        1. Pak Nandiwardhana,

          Kunci memilihnya begini:
          * Kalau Anda lebih sering memotret ambil Mi A1.
          * Kalau Anda lebih sering merekam video ambil ZE552KL.

  44. Pagi ko…
    Mau tanya nih, menurut koko smartphone paling value deal yg launch di 2017 apa ya ko??
    Thx n happy new year

  45. hai pak selamat tahun baru,
    maaf jika pertanyaan agak aneh, terlepas dari lte apakah masih ada smartphone yang bisa “native” cdma/gsm seperti hp andromax. Saya perhatikan hanya samsung flagship dan iphone yang bisa fitur ini apakah ada hp bawah 4jt yang bisa fitur ini.
    Yang saya tahu hisense pureshot bisa tapi sepertinya merek ini ngak jelas ke depannya
    terima kasih banyak buat info nya pak

    1. Pak Samuel Sappa,

      Ehmm… apakah maksud Anda dual SIM CDMA-GSM? Samsung dan iPhone bergaransi resmi pun tidak bisa CDMA deh. Lagipula CDMA kan sudah mati total di Indonesia.

      Hisense sih bukan “sepertinya nggak jelas” lagi. Statusnya memang sudah tidak jelas.

    1. Pak Galih,

      Tak bisa diputuskan sekarang karena saya belum pernah menguji pakai dua ponsel itu. Harga Mate 10 Pro pun belum diumumkan.

      Kalau dipaksa memilih sih saya lebih penasaran memiliki Mate 10 Pro.

  46. Dear koh Herry, mohon maaf di luar topik.. mohon rekomendasi koh untuk smartphone dengan ukuran layar minimal 6 inch.. Terima kasih

  47. pak HSW mau tanya, menurut bapak beberapa merk hp yang hasil kameranya tergolong sangat bagus bukan sekedar bagus apa saja ya pak, kalau bisa urutannya dari yang paling bagus

  48. Mohon maaf pak herry mau tanya, brand smarphone huawei ni bagus ga sih? Terutama keawetan hardware. Maaf karna saya blum prnh cba mnggunakan brand huawei. Lalu gimana kalau ada kerusakan apakah SC nya bagus. Trimskasih

  49. Pak herry bagaimana dengan batre nova 2i ini? Tergolong awet atau biasa saja.?
    Apakah layar 5.9inch nova 2i udh dilapisi gorilla glass?
    Trimakasih

  50. Berarti untuk layar memanjang seperti ini; plus kamera belakang ganda, masih belum ada yg lebih murah dari ini ya pak..
    Karena alternatifnya sekelas IPhone X & Samsung Galaxy S/Note 8 hahaha

  51. maaf melantur
    Pak Herry, saya tertarik dengan skyroam yang saya lihat di instagram bapak.
    Setau saya XL ada fitur XL Pass, bila dibandingkan dengan skyroam ini lebih menguntungkan mana Pak.
    Barangkali bisa sekalian dibikin jadi artikel tersendiri untuk komparasi mifi buat dibawa ke luar negeri.
    Terima kasih

    1. Pak Gendy,

      Tergantung kebutuhan dan negara tujuan sih. Tarif roaming menggunakan nomor Indonesia di beberapa negara terasa mahal. Karena itu, menyewa mifi lebih tepat.

      Aktivitas menyewa mifi juga lebih cocok dipilih kalau Anda berencana memakai layanan internet itu beramai-ramai. Misalnya, dengan teman satu rombongan perjalanan.

  52. Pak Herry, apa pernah coba oppo f5 yg 4/32 ?
    1. kalau sudah, gimana performanya menurut pak herry ?
    2. mending oppo f5 atau huawei nova 2i ?

    Terima kasih

    1. Pak Dany,

      Kalau Anda mencari ponsel dengan bodi keren, layar bagus, dan baterai relatif awet, ponsel itu boleh dilirik. Namun, kameranya kurang bagus ya.

      Saya sih lebih memilih ponsel lain.

      Kualitas service center masih misterius. Tampilan fisiknya sih agak meragukan.

  53. Dear pak herry
    Diantara ke tiga smartphone ini mna yng paling mantep kamera belakangnya buat foto outdoor maupun indoor
    Huawei nova 2i
    Huawei P9
    LG G5 SE

  54. Pak herry tolong dibantu, saya punya budget 4 jutaan kira2 hp apa yg pas untuk keperluan saya sebagai seorang yg suka main game2 berat.

  55. Ko Herry

    Antara samsung j7 pro sama huawei nova 2i, Ko Herry lebih recomended yg mana? Dari segala aspek kelebihan maupun kekurangan 2 ponsel tersebut?

    Kamsia…

  56. Pak herry.

    Nubia M2, Huawei Nova 2i, miA1, zoom S, moto G5s sebaiknya pilih mana ya. Utk kegunaan batre dan performa hp. Terima kasih

    1. Pak Muchlis DJ,

      Zenfone Zoom S dong.

      Moto G5s tidak beredar resmi di sini lho. Yang beredar resmi Moto G5s Plus.

  57. Wah bisa dijadikan pilihan menarik untuk awal tahun ya pak. Jika dibandingkan dengan Moto G5S Plus, huawei ini lebih nyaman dipegang satu tangan kah?

  58. Ko Herry,
    Menurut pendapat ko Herry :
    1. “worthy” tdk bila Moto G5S plus saya di lepas ganti dgn Huawei Nova 2i ini atau tahan aja dulu?

    2. Apakah Huawei Nova 2i in Ada fitur screenshot di dlmnya tanpa perlu install aplikasi dari Google store? Saya pernah lihat review seller di Malaysia berbahasa Mandarin. Sepertinya dgn cara double tap bisa screen shot,app Huawei Nova 2i Indonesia jg bisa?

    3. Akankah Huawei Nova 2i Indonesia akan Masuk warna lain selain gold & black? Saya lihat di Malaysia Ada Varian warna biru Dan isi gift box Huawei Indonesia berbeda dgn gift box Malaysia & Philipina.

    4. Lbh baik Mana service center Moto/Lenovo dgn Huawei dari segi :pelayanan keluhan/komplain konsumen, ketersediaan spare part HP maupun kehadiran servis center di daerah2 lain di luar jawa?

    Terima kasih atas pencerahannya.

    1. Pak Chely Sutio,

      1. Alasan gantinya karena apa dulu? Kalau karena mencari kamera yang lebih baik, boleh deh.

      2. Ada gesture untuk melakukan tangkapan layar. Namun, saya lebih suka menggunakan kombinasi tombol power + volume ke bawah sih.

      3. Sempat ada wacana memasukkan warna biru. Namun, saya tak mengetahui kelanjutannya.

      4. Jumlahnya sepertinya lebih unggul Moto/Lenovo. Sedangkan dalam kualitas layanan, Huawei menang.

  59. Pak HSW, saya mau tanya. Kalau saya dari LG G4 beralih ke nova 2i apakah oke pak? Atau tidak direkomendasikan?

    Saya pakai G4 sebagai hp utama. Kamera untuk foto momen pekerjaan dilapangan. Saya jg pakai WA, email, beberapa aplikasi wps office untuk mendukung kerja. Baterai habis krg lebih 8-10 jam.
    Saya ingin pindah ke yg lebih baik dan sesuai kebutuhan. Mohon masukannya pak.
    Thx sebelumnya

    1. Pak Fandi,

      Kalau G4 Anda anggap sudah memenuhi kebutuhan, menurut saya, lebih baik bertahan dulu di ponsel itu.

      Kamera Nova 2i tidak semantap G4. Kalau melihat perilaku pemakaian G4 Anda, mungkin Nova 2i hanya unggul di daya tahan baterai.

      Umpama Anda tetap ingin ganti ponsel, silakan bergaransi ke LG V20.

      1. Pak HSW, terima kasih rekomendasinya.

        Mau tanya lagi pak. Kalo tidak masalah, LG V20 produk lansiran tahun 2016. apa masih oke untuk penggunaan di tahun 2018 dan kedepannya?

        1. oiya pak, apakah nantinya LG V20 juga akan bisa diupdate ke Android O.
          Terima kasih banyak sebelumnya pak.

          Sukses untk Pak HSW

  60. siang ko..
    diliat dr coment-coment yg di aatas, review nova 2i krg diminati yaa.. pdhal sy sdh terlanjur beli.. dan meninggalkan hp iphone 6 sy..
    mau tanya, mnrt pandangan ko Herry , bagus mana sih iphone 6 dg nova 2i ini??
    (wlwpun ko herry blm prnh me review iphone 6)
    oh yaa, kalo dibandingkan dg Samsung A5 dengan Nova 2i ini bgus mana yaa?? dari keseluruhannya.

    1. Pak Emil,

      Tak tahu. Kan saya belum pernah menguji pakai iPhone 6.

      Samsung Galaxy A5 keluaran tahun berapa dulu nih?

    1. Bu Yenny,

      Bagaimana kalau selain dua merek itu? Dua merek tersebut harganya cenderung berlebihan lho. Dana yang sama kalau dibelikan merek lain bisa dapat yang spesifikasinya lebih bagus.

        1. Sy tertarik dengan kamera huawei nova 2i tapi kok masih hibrid sim. Apa ada rekomendasi tipe hp dgn budget 4 jtaan

    1. Bu Yenny,

      Ya. Selot kartu SIM rusak, kartu SIM tersangkut, dan (khusus di ponsel yang memiliki kemampuan tahan air) menjadi tidak kedap air lagi.

  61. Halo pak Herry SW saya mau nanyak huawei nova 2i sama asus zenfone 4 max pro lebih bagus yang mana ya pak klo diliat dari body, kamera, sama performa. Menurut pak Herry hp mana yang bagus?.

    1. Pak Tommy Indra,

      Bodi: ini masalah selera sih. Menurut saya, Nova 2i lebih oke.
      Kamera: Nova 2i lebih unggul.
      Baterai: Zenfone 4 Max Pro lebih unggul.
      Performa keseluruhan di luar kamera dan baterai: relatif imbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *