Review IBomb Cube EX500, Thunder Ball EX800, dan Turbo TRX570: Beda Kebutuhan, Beda Pilihan

Dibandingkan speaker eksternal berkabel berwujud kotak rokok atau kaleng minuman, volume penjualan speaker bluetooth pasti jauh lebih kecil. Maklum, selain harganya lebih mahal, masih banyak pengguna ponsel di sini yang lebih peduli harga daripada kualitas.

Walaupun demikian, karena potensi pasar terus meningkat, produsen speaker bluetooth tetap rajin menawarkan produk baru. Bahkan, produk yang ditawarkan kian variatif, baik dari bentuk maupun harga. Penulis usai menguji pakai tiga speaker bluetooth keluaran IBomb. Masing-masing tipe memiliki daya tarik tersendiri.

SONY DSC

Sesuai namanya, IBomb Cube EX500, speaker nirkabel ini berbentuk kubus. Warna bodinya terlihat sedap dipandang mata. Karena ringan dan cukup mungil, Cube nyaman dikantongi. Kalau khawatir terjatuh, selipkan tali ke lubang kecil yang tersedia.

SONY DSC

Suara yang dihasilkan Cube cukup bagus. Cocok digunakan untuk menikmati alunan instrumentalia. Buat penggemar musik yang berdentum keras, speaker tersebut kurang cocok dipilih. Sebab, suara yang dihasilkan terasa kurang ngebass. Cube yang berbaterai lithium ion 400 mAh itu sekarang dibanderol Rp 498 ribu.

Untuk pemakaian yang cenderung menetap, misalnya di meja kerja atau kamar, ada speaker berbentuk bola IBomb Thunder Ball EX800. Mau digunakan untuk memutar musik klasik maupun house music, suara yang terdengar sama-sama siap memanjakan telinga.

SONY DSC

Thunder Ball juga dibekali selot microSD dan mikrofon. Jadi, selain untuk memainkan musik yang tersimpan di kartu memori, pengguna dapat memfungsikannya sebagai speaker bluetooth eksternal kala bertelepon. Sumber daya speaker berasal dari baterai lithium ion 560 mAh yang dibenamkan ke bodi.

Pesan penulis, jangan iseng mengantongi Thunder Ball yang dibanderol Rp 898 ribu itu. Meskipun saku celana pengguna kebetulan berukuran besar, tetap saja deh bakal terlihat menonjol. Plus, berat karena laksana membawa bola tenis berbahan logam.

Tipe termahal yang penulis coba adalah IBomb Turbo TRX570. Kini speaker dengan baterai lithium 800 mAh itu dijual Rp 980 ribu alias lebih mahal Rp 82 ribu dibandingkan Thunder Ball. Menurut penulis, selisih harga tersebut sangat sepadan. Sebab, Turbo memiliki kemampuan sama dengan Thunder Ball plus dua fitur menarik. Apa saja?

IBomb TRX570

Pertama, Turbo mendukung konektivitas Near Field Communication (NFC) sehingga pemilik ponsel ber-NFC bisa menghubungkan ponselnya dengan lebih mudah dan cepat.  Kedua, Turbo dilengkapi suara yang menginformasikan status koneksi. Saat speaker baru dinyalakan untuk kali pertama, misalnya, bakal terdengar suara, “Bluetooth mode. Ready for pairing.” Ketika sudah terkoneksi, speaker akan berkata, “Connected.”

Kesimpulannya, lebih baik memilih speaker bluetooth yang mana nih? Semua bergantung kebutuhan, selera, dan anggaran Anda. Satu hal yang pasti, seluruh speaker yang penulis paparkan di atas juga dapat dihubungkan ke ponsel maupun laptop/PC via kabel. Selamat memilih!

2 thoughts to “Review IBomb Cube EX500, Thunder Ball EX800, dan Turbo TRX570: Beda Kebutuhan, Beda Pilihan”

    1. Pak Alvin,

      Tinggal cari di internet dengan kata kunci “jual IBomb ” banyak kok. Kalau di Surabaya, tinggal mampir ke Jl Biliton nomor 1. Itu gerai yang dikelola langsung oleh distributornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *