Review Infinix Hot Note X551: Dua Jempol untuk Baterai dan Kecepatan

Hadirnya ponsel merek baru di Indonesia bukanlah hal yang mengejutkan. Sebab, potensi pasar di negara ini memang amat menggiurkan pabrikan ponsel mana pun. Kendati demikian, seseorang yang bulan lalu menghubungi penulis sukses membuat penulis penasaran. “Ponsel Infinix sebelumnya sudah populer di Nigeria,” ujarnya.

Wuiks… Nigeria. Imajinasi penulis langsung bergerak liar. Jangan-jangan ponsel itu berfitur ala kadarnya. Yang penting bisa dipakai telepon dan SMS. “Mungkin bodinya besar, hitam, dan kuat,” gurau teman penulis.

Hot Note-1

Cikal bakal Infinix baru terang benderang saat Jean Alexis, Vice President Infinix Mobility, menjelaskannya di acara peluncuran Infinix Hot Note X551 di Jakarta, 9 Juni lalu. “Kami bukan berasal dari Nigeria. Infinix didirikan di Hong Kong pada 2009. Awalnya kami memfokuskan pemasaran di Afrika. Salah satunya di Nigeria,” kata Alexis.

Berikutnya, Infinix merambah ke Eropa Timur dan Timur Tengah. Desain serta riset dan pengembangan produk Infinix dikerjakan di Perancis dan Shanghai, Tiongkok. Sedangkan produksinya dilakukan di Shenzen, Tiongkok.

Alexis menambahkan, “Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi sasaran ekspansi Infinix. Sekarang kami menawarkan Infinix Hot Note X551 dan akan disusul dengan tipe lain.”

Spesifikasi Hot Note X551 di atas kertas cukup menggiurkan. Lebih-lebih kalau melihat harga jualnya yang hanya Rp 1,599 juta. Di antaranya, prosesor delapan inti (octa core) MediaTek MT6592 1,4 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan selot kartu microSD. Saat ponsel masih baru, sisa memori internal mencapai 10,87 GB.

Kapasitas baterainya tergolong besar. Ponsel Android 4.4.2 KitKat tersebut dibekali baterai tanam lithium polymer 4.000 mAh. Meskipun demikian, bukan berarti bodi ponsel menjadi tebal dan berat. Dimensi fisiknya 156 x 77,88 x 8,9 milimeter dan berat 172 gram.

Hot Note-2

Ponsel dengan layar IPS 5,5 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel itu mempunyai dua kamera. Kamera di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sedangkan kamera depan Hot Note siap memproduksi foto dua megapiksel dan klip video VGA.

Ketika memotret, baik memakai kamera depan maupun belakang, pengguna tidak harus menyentuh layar. Dengan mengaktifkan voice capture, pengguna cukup berkata cheese atau capture untuk memerintahkan kamera menjepret. Kalau yang diaktifkan sound capture, suara apa saja dengan tingkat volume tertentu bakal memicu kamera memulai pemotretan.

Tersedia pula beragam efek tambahan. Pengguna leluasa memilih beragam bingkai dekoratif dan template. Misalnya, menjadi Bruce Lee, penyanyi, dan pemain NBA.

Hot Note-13

Hot Note-14

Dua nomor GSM, seluruhnya memakai kartu micro SIM, dapat siaga bersamaan di Hot Note. Pengguna bebas memilih nomor mana yang akan diarahkan ke jaringan 3G. Satu nomor yang lain otomatis terkunci di jaringan 2G saja.

Bila diperhatikan, di menu telepon Hot Note terdapat pilihan gesture dialing. Untuk melakukan panggilan ke kontak tertentu, pengguna mestinya cukup menuliskan huruf tertentu di layar. Contohnya, huruf R untuk menghubungi rumah. Masalahnya, cara pemakaian fitur gesture dialing itu ternyata misterius. Selama sekitar satu jam penulis mengutak-atik fitur tersebut, tetapi masih gagal menjalankannya.

Suatu hari, bila pengguna menginginkan hiburan sekaligus memantau informasi terbaru, aktifkan saja radio FM. Siaran radio yang sedang didengarkan bisa direkam. Khawatir tertidur kala beristirahat sambil mendengarkan siaran radio? Tenang. Radio FM di Hot Note dapat diatur supaya otomatis padam dalam durasi tertentu. Misalnya, 30 menit.

Bagaimana kinerja nyata Hot Note? Ada dua hal yang membuat penulis mencintai ponsel itu. Pertama, cara mengaktifkan dan memadamkan layarnya sangat praktis. Cukup ketukkan jari dua kali di layar alias sama dengan aneka tipe ponsel LG. Tingkat keberhasilan ketuk-ketuk layar itu tergolong tinggi. Ketukan jari penulis nyaris selalu berhasil membangunkan maupun menidurkan ponsel.

Sebenarnya ada pula fitur quick start atau quick gesture. Misalnya, saat ponsel siaga, tetapi layar padam, penulis cukup menuliskan huruf W di layar untuk membuka WhatsApp. Kalau ingin mengakses kamera, sapukan jari membentuk huruf C. Namun, penulis terus terang jarang sekali memanfaatkan quick start. Bagi penulis, mengetuk layar lalu membuka suatu aplikasi secara manual justru terasa lebih cepat.

Kedua, selama menggunakan Hot Note, penulis tak pernah khawatir kehabisan baterai. Asalkan setiap malam dihubungkan ke charger, keesokan harinya penulis bisa memakai ponsel dengan tenang. Mau sejak pagi hingga larut malam pun oke-oke saja. Baterai 4.000 mAh yang dibenamkan ke ponsel tersebut selalu siap memasok daya ke ponsel.

Seandainya baterai ponsel itu sengaja tidak di-charge sampai kehabisan daya, Hot Note sanggup mendampingi penulis beraktivitas selama satu hari satu malam. Kadang malahan menembus durasi 30 jam. Lebih dari cukup deh.

Infinix mengklaim Hot Note mendukung fast charging. Proses pengisian ulang baterai disebutkan bisa tiga kali lebih cepat. Charging selama 20 menit sanggup menghasilkan daya yang memadai untuk mengaktifkan ponsel selama tujuh jam.

Karena baterai ponsel itu selalu cukup untuk pemakaian sehari penuh, penulis tak terlalu memedulikan kemampuan fast charging tersebut. Namun, harus diakui kalau proses pengisian ulang baterai Hot Note memang tergolong cepat. Berkali-kali penulis mencoba melakukan charging dengan kondisi yang sama. Proses pengisian ulang dimulai saat daya baterai tersisa sepuluh persen. Ponsel dipadamkan total selama proses charging. Hasilnya, baterai akan penuh dalam tempo paling cepat 1 jam 53 menit dan paling lambat 2 jam 17 menit.

Kini beralih ke sisi minus. Suara yang dikeluarkan earpiece Hot Note cenderung tidak jernih. Dengan demikian, walaupun penulis sedang bercakap-cakap via telepon dengan seseorang yang aslinya bersuara merdu, suara lawan bicara itu akan terdengar kurang jelas.

Satu lagi. Ini yang menjadi kekurangan utama Hot Note. Di luar dugaan, walaupun di atas kertas memiliki spesifikasi gahar, ponsel yang mendukung USB On-The-Go itu ternyata lemot. Sama sekali tak pantas dibilang gegas. Saat menjalankan kamera, contohnya, sejak ikon kamera ditekan sampai siap memotret dibutuhkan waktu 2-3 detik. Perpindahan antarmenu juga relatif lambat.

Kalau diperhatikan, firmware Hot Note yang penulis gunakan tampaknya mengandung beragam bug. Saat kondisi RAM dipantau, suatu ketika sisa RAM bisa terlihat minus. Kondisi itu terjadi karena firmware ponsel menganggap Hot Note memiliki RAM 1 GB. Padahal, ponsel itu sebenarnya dibekali RAM 2 GB. Akibatnya, ketika pemakaian RAM melebihi 1 GB, konsumsi RAM berikutnya akan diperhitungkan sebagai minus.

Hot Note-21

Hal lain, ada fungsi MTK Logger yang otomatis aktif ketika ponsel dinyalakan. MTK Logger itu terbukti rakus mengonsumsi memori internal. Setelah Hot Note beberapa hari dipakai, kapasitas memori internal yang “dimakan” MTK Logger mencapai hitungan gigabyte. Untungnya file ekstrabesar itu dapat dihapus secara manual.

Hot Note-20

Pilihan warna pada tampilan antarmuka notifikasi Hot Note, menurut penulis, juga kurang mantap. Kombinasi warnanya kurang kontras sehingga notifikasi sulit dibaca. Tampilan antarmuka ponsel itu secara umum juga terlihat agak jadul.

Hot Note-19

Penulis yakin, kekurangan utama dan beberapa bug yang ditemukan bisa disembuhkan lewat update firmware. Jadi, kini Infinix memiliki sebuah pekerjaan rumah yang wajib segera diselesaikan. Yaitu, keluarkan update firmware yang sempurna atau minimal nyaris sempurna untuk Hot Note.

Merujuk kepada uji pakai yang penulis lakukan, penulis memberikan acungan dua jempol kepada Infinix Hot Note X551. Satu jempol tegak untuk daya tahan baterai dan satu jempol terbalik untuk kecepatan respons ponsel.

UPDATE I: Kemarin, 9 Juli 2015, penulis mendapatkan informasi bahwa Hot Note yang dijual via Lazada menggunakan versi firmware berbeda dengan yang penulis gunakan. Firmware itu diklaim lebih sempurna sehingga kinerja ponsel pun membaik. Kelak penulis akan mencobanya dan menyampaikan hasilnya di sini.

UPDATE II: Malam ini, 11 Juli 2015, penulis telah menerima Hot Note yang dipasarkan lewat Lazada. Penulis bergegas membuka dan mengaktifkannya. Kesan pertama, performanya sangat berbeda dengan Hot Note yang sebelumnya penulis uji pakai. Penulis akan memakainya sebagai ponsel utama dulu selama beberapa hari. Paling lambat Rabu, 15 Juli 2015, penulis akan memaparkan hasilnya di sini.

UPDATE III: Agar Anda tidak bingung, dalam update kali ini penulis memakai istilah Hot Note 1 dan Hot Note 2. Hot Note 1 adalah unit Hot Note pertama yang sebelumnya penulis uji pakai dan dijadikan dasar penulisan review ini. Sedangkan Hot Note 2 adalah unit Hot Note kedua yang penulis terima pada 11 Juli lalu. Unit itu dijual via Lazada.

Mulai 11 Juli 2015 malam hingga saat mengetikkan update ini, penulis memakai Hot Note 2 sebagai ponsel utama. Hasilnya, Hot Note 2 memiliki kinerja yang sangat bertolak belakang dengan Hot Note 1.

Beragam sisi minus yang penulis sebutkan di review terdahulu telah menghilang. Apa saja? Penulis sebutkan satu per satu ya.

  1. Suara earpiece cenderung tidak jernih. Masalah ini tidak terjadi lagi. Poin ini biasanya lebih ditentukan faktor hardware, bukan software.
  2. Ponsel lemot. Hilang juga. Hot Note 2 tergolong gegas. Berapa kilometer per jam? Hussh… ini bukan balap mobil.
  3. Kondisi RAM terlihat minus. Hal itu tak pernah terjadi lagi. Sembuh total.
  4. Ada fungsi MTK Logger yang otomatis aktif ketika ponsel dinyalakan dan rakus mengonsumi memori internal. Problem serupa sudah lenyap. Kalau dulu memori internal yang “dimakan” MTK Logger mencapai hitungan gigabyte, barusan penulis cek hanya mengonsumsi 32 kilobyte. Sedikit sekali.
  5. Pilihan warna pada tampilan antarmuka notifikasi Hot Note, kurang mantap. Kombinasi warnanya kurang kontras sehingga notifikasi sulit dibaca. Nah, poin kelima ini masih menetap. Semoga kelak disempurnakan oleh Infinix.

Kesimpulan final ala penulis sekarang berubah. Dengan memperhatikan harga jual, spesifikasi, dan kinerja terkini, Infinix Hot Note X551 layak dibeli. Semoga kelak ponsel itu bukan dijual lewat Lazada saja.

Oh ya, ini screen capture perbedaan firmware Hot Note yang penulis gunakan.

Firmware Hot Note

***

Berikut contoh foto yang dihasilkan Hot Note.

Hot Note-3

Hot Note-4

Hot Note-5

Hot Note-6

Hot Note-7

Hot Note-8

Sapi kertas hitam, bukan sapi lada hitam.

Hot Note-9

Hot Note-10

Hot Note-11

Hot Note-12

Satu foto di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

Hot Note-15

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Hot Note-16

Hot Note-17

Hot Note-18

392 thoughts to “Review Infinix Hot Note X551: Dua Jempol untuk Baterai dan Kecepatan”

  1. Pak saya mau tanya

    Bagusan mana hot note ini dibandingkan dengan acer z500 dari segi performa dan menyampingkan suara dan kameranya

    Terimakasih sebelumnya

    1. Pak Adhika,

      Performa keseluruhan Liquid Z500 lebih bagus daripada Hot Note yang saya gunakan. Hot Note hanya menang di daya tahan baterai.

        1. Pak Wahid Ramdhani,

          Pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja. Kemudian, sabarlah menanti jawaban dari saya.

  2. Thanks reviewnya pak, kemarin itu baru laporan launching ya?
    Semoga segera keluar update firmware-nya supaya bisa jempol juga untuk kategori respon.

  3. Wow, speknya, baterai dan harganya terlihat menggiurkan.
    Bagaimana dengan purna jual ponsel pintar ini pak heri?
    Dari segi harga harusnya Infinix Hot Note X551 menjadi pesaing redmi 2 dan a6000, klau di bandingkan dg 2 ponsel tersebut layak beli yang manakah mas heri?

    1. Pak Kharis,

      Spesifikasi, baterai, dan harga tampak menggiurkan. Namun, kinerja umumnya mengecewakan.

      Layanan purna jual masih misterius. Kan produknya baru dijual di sini. Pengirimannya pun saya pantau sempat bermasalah. Terlambat.

      Kalau melihat alamat pusat perbaikan resmi yang di Surabaya, saya baru bisa berkomentar, “Jangan mematok harapan terlalu tinggi deh.”

      Saya belum pernah menguji pakai A6000. Kalau dibandingkan Redmi 2, saya lebih memilih Redmi 2.

  4. Pak Herry diluar judul ini saya sharing saja. Kemarin saya ke WTC berniat beli produk Xiaomi (Note/ Redmi 2). Saya tertarik dengan spesifikasinya Dan tentunya harga. Tapi setelah saya melihat produk barunya LG yg diberi nama LG Magna saya kok jadi berpindah Hati ke smartphone yg melengkung ini. Bagaimana penilaian Pak Herry tgg LG Magna ini?

  5. Koh HSW, jika Hot Note dibanding dengan Redmi 2, maka lebih pilih Redmi 2. Kira-kira Redmi 2 Pro, bakal masuk Indonesia ga ya?

    1. Pak Andy,

      Saya belum tahu Redmi 2 Pro akan beredar resmi di sini atau tidak. Kalau yang tanpa garansi resmi pasti akan muncul.

  6. Seram berarti klo masih misterius.
    Semoga bs bertahan deh dg persaingan ponsel di indonesia supaya konsumen yg d untungkan klo banyak yang bersaing. Merk yang jadi sponsor acara idol saja yang kualitasnya “begitu” bisa laris kaya kacang mas masa yang speknya serem begini ga laku.
    Om herry kapan mencoba mi band?

    1. Pak Rudy,

      Saya masih menantikan kembalinya Nokia pada 2016 nih. Ada satu ponsel Nokia yang sedang menjalani uji pakai. Kalau sudah selesai, review-nya segera saya ketik.

  7. Om, boleh minta saran smartphone yang recommended untuk remaja yang selalu buka sosmed dan game, kamera dengan fokus bagus, dan gak gampang ngelek dengan budget max 3jt?

    1. Bu Rolina,

      Hmm… ini gampang-gampang susah. Karena ada kata-kata “selalu buka sosmed dan game”, berarti idealnya ponsel itu dibekali baterai berkapasitas besar. Saya langsung berpikir merekomendasikan Lenovo P70. Harga pasaran barunya sekitar Rp 2,6 juta sehingga masih sesuai dengan anggaran. Namun, focusing kameranya tidak istimewa.

  8. Ko Herry,
    Butuh saran nih pilih infinix , redmi 2 , redmi note 4G atau lenovo A7000 ? Atau microsoft lumia 535 ?
    Dari semua itu yg paling wothed yg mana ya ko ?

    1. Pak Yohanes,

      Redmi Note 4G langsung dicoret dulu karena tak ada yang bergaransi resmi.
      A7000 saya belum pernah coba.
      Lumia 535 sudah nggak menarik, kecuali Anda ingin mengoleksi ponsel pertama bermerek Microsoft Lumia.

      Tinggal Infinix Hot Note dan Redmi 2. Saat ini saya memilih Redmi 2. Entah kalau kelak Hot Note sudah dapat update firmware.

  9. Pak Heri, pertanyaan OOT nih, kenapa sih selalu foto makanan di setiap review? Saya bawaannya jadi selalu lapar tiap baca review. Heheh. BTW, reviewnya top seperti biasa, mudah dan ringan dibaca.

    1. Pak Riyadus Solihin,

      Dulu sebenarnya kebetulan saja. Saya memotret makanan untuk mencoba kinerja kamera ponsel dalam pemotretan jarak dekat. Lama-lama foto makanan itu malahan menjadi salah satu ciri khas review ala HSW. Suatu hari saya pernah lupa menyertakan foto makanan, eh… ada beberapa orang yang menanyakan, “Mana foto makanannya?” He… he… he….

      Terima kasih atas apresiasinya.

  10. Mohon infonya
    Dengan budget under 4 jt . Smartphone apa yg paling kakak rekomendasikan ? Terima kasih.

    1. Pak Adi,

      Sepertinya saya batal me-review Flash Plus.

      Awalnya saya sudah berencana me-review-nya. Namun, karena gagal mendapatkannya via jalur non-Lazada, akhirnya saya urung mencobanya.

  11. Maaf gan, sedikit koreksi, yg anda pegang adalah yang unit demo nya, secara resmi inifinix mengeluarkan phablet ini tidak dengan warna hitam, yang warna hitam tersebut adalah unit demo, jadi jelas pemakaian anda lemot, dan masih banyak masalah, karena itu adalah unit demo. Saya udah beli yg resmi nya, dan ternyata rasa pemakaian nya jauh berbeda dengan unit demo nya… Trims…

    1. Pak Rehan,

      Unit yang saya gunakan adalah hasil doorprize yang saya dapatkan di acara peluncuran. Warnanya bukan hitam, melainkan abu-abu. Spesifikasi sama dengan yang dijual di Lazada.

      Btw, Pak Rehan dulu sempat mencoba demo unitnya di mana?

  12. Thanks untuk info lenovo A6000 nya pak herry, rivewnya keren pak herry, oh iya ada satu lagi pak herry maaf ya banyak tanya, klo di daerah lombok itu apa sudah mendukung 4G lte gak?, makasih

    1. Pak Fadel,

      Saya kurang tahu di Lombok yang sudah bisa LTE operator apa saja. Kemarin, setahu saya, XL baru saja meluncurkan LTE di sana. Namun, saya tak tahu area layanannya seberapa besar.

  13. Pak Herry, mau tanya OOT. Kira – kira lenovo k3 note akan masuk ke Indonesia gak ya. Saat main-main ke tiongkok kemarin mungkin ada bocoran. Saya sangat tertarik sama spec yang dibawa k3 note, jadinya saya masih menunggu ingin ganti hp. Thx

    1. Pak Didin,

      Kalau Anda perlu feature phone, 215 boleh dipertimbangkan.

      Daya tahan baterai sekitar tiga hari.

      Sekitar Rp 400 ribu. Maksimal Rp 420 ribu deh.

  14. dear ko harry,,

    ko saya minta bantuannya untuk merecomendasikan smartband dengan harga di bawah 1 jt dengan ukuran gelannya besar.karena ukuran tangan saya besar.saya juga gemuk,,,saya nyari acer smartband yang liquid leap kok susah banget..saya berniat untuk membeli di lazada.sebab ada ang harganya 300 ribuan.tapi ragu takut gak muat di tangan saya.terimakasih ko.atas jawabannya

  15. Pak kalo service center lenovo dibandingkan xiaomi memuaskan yang mana? Kalo ada uang 3juta pilih lenovo apa xiaomi? Alasannya apa ya? Terimakasih.

    1. Bu Meli,

      Lebih memuaskan pusat perbaikan resmi Xiaomi.

      Bergantung kebutuhan Anda. Apa saja kebutuhan Anda?

  16. Mantap sekali pak herry sw ini.saya lebih percya review 2 dr bapak,ketimbang review2 yg lain.
    Yg lain mnurut sya bnyk yg gak jujur bnyk yg menutupi kekurangan.mungkin krna kerja sma dngn produk yg di review pemikiran saya.hahaha
    Pak herry saya mau tanya.untuk masalah kamera bukan performa.LG G2 dngn Nexus 5.kamera lebih unggul mana pak?

    1. Pak Cahyo,

      Terima kasih atas apresiasinya. Saya pun kadang dapat ponsel gratisan kok, Pak. Misalnya, Infinix Hot Note X551 ini.

      Dengan asumsi saat terakhir kali saya mencoba G2 dan Nexus 5, lebih dari setahun lalu deh, hasil jepretan kamera G2 lebih bagus daripada Nexus 5.

      Saya dapat informasi, belum lama ini muncul update firmware untuk Nexus 5. Nah, usai di-update, konon hasil jepretan Nexus 5 menjadi lebih bagus daripada sebelumnya. Saya tak tahu masih kalah bagus dibandingkan G2 atau sekarang menjadi lebih bagus.

  17. Pak herry saya mau tanya lagi

    Bagusan mana acer z500,asus z5,dan redmi note 3g/4g dengan mengkesampingkan masalah service centre (males ke service center hehehehe)

    Terimakasih sebelumnya pak…

    1. Pak Adhika,

      Ponsel dan tablet merek Asus silakan dicoret dulu. Redmi Note 4G tak ada yang garansi resmi. Jadi, saya coret juga.

      Tersisa Liquid Z500 dan Redmi Note 3G. Saya lebih memilih Redmi Note 3G. Masalahnya, saat ini mencari Redmi Note 3G bergaransi resmi itu sulitnya bukan main.

  18. He….ok pak trimakasih atas jawabannya.
    Brrt klau seperti itu…ada pesan dr produk2 yg bapak review untuk memihak,ngasih review yg bgus2 gt ya pak?hehe

    1. Pak Cahyo,

      Saya tak tahu perlakuan mereka seperti apa. Saya juga tidak mengetahui kebiasaan teman-teman seperti apa.

      Kalau saya, saat dihubungi biasanya sudah langsung bilang, misalnya, “Ok, saya berminat review. Namun, karena kita baru kenal, saya perlu menyampaikan satu informasi dulu. Biar sama-sama tahu sejak awal. Saya akan menulis apa adanya. Kasarannya, biarpun saya diberi ponsel, bila saat saya coba ponsel itu ternyata saya anggap jelek, saya tetap akan caci maki lho ya. Silakan dipikirkan dulu. Kalau setuju, kita lanjut.”

      Pernah ada sih yang sudah kontak, saya beri informasi seperti itu, trus memilih mundur. Menurut saya, itu hak mereka. Saya menghargai mereka. Di sisi lain, hak saya pula untuk memiliki prinsip tersendiri.

    1. Pak Adhika,

      Lain kali harap bersabar ya. Saya bukan layanan emergency konsultasi ponsel. Tidak mungkin saya selalu menjawab pertanyaan dengan cepat. Tunggulah selama 1 x 24 jam (pada hari kerja) atau 3 x 24 jam (pada weekend dan hari libur).

    1. Pak Bennydiharjo,

      Tadi saya mengirimkan email ke Yahoo. Silakan dicek.

      Kalau yang ukuran gelangnya besar dan harganya di bawah Rp 1 juta ya Acer Liquid Leap itu. Cukup kok buat tangan saya yang gede ini.

      Yang Rp 300 ribuan itu kalau tak salah merek i-One ya? Saya tak pernah melihat atau membelinya. Ada teman yang pernah iseng beli. Begitu barang datang, dilihat, langsung dijual lagi oleh dia. Alasannya, kualitas pengerjaannya gimana gitu deh.

  19. Dear pak herry..
    Sebelumnya salam kenal pak…
    Di review di atas di sebutkan MTK logger, itu letaknya dimana ya pak…
    Apa setiap android ada MTK logger_nya…?
    Trimakasih

    1. Pak Tatang,

      Salam kenal juga.

      Muncul ikonnya di kiri atas layar, Pak.

      Saya biasanya tidak memperhatikan soal MTK Logger. Ponsel dengan prosesor MTK Logger kemungkinan ada. Namun, tidak muncul di home screen.

  20. Wah benar skali pak herry…saya sangat salut dngn prinsip pak herry ini.pak herry kan uda bnyk pembaca blognya.knp tdk main youtube aj skalian pak.review2 gt.pasti banyak yg subscribe pak….bisa dpt tmbhn juga kan pak.hehe.saya yakin pasti banyak penggemar pak Herry SW ini.

    1. Pak Cahyo,

      Sementara saya masih “main” di blog dan Twitter. Belum YouTube karena keterbatasan perangkat dan SDM. πŸ™‚ Sebab, semua masih saya kerjakan sendirian.

  21. Ko Herry , mau tanya smartphone dibawah 2 juta dgn baterai besar , layar min 4.5″ , kondisi baru , kira2 merk apa ya ? Kalo bisa ram 2gb πŸ˜€

    1. Pak Yohanes,

      Hmm… ini yang agak susah. Di atas kertas sih paling cocok Hot Note X551. Namun, kalau mengacu kepada uji pakai ala saya, ponsel itu lemot. Coba nunggu hasil uji coba saya setelah kelak pakai Hot Note dengan firmware lebih baru deh.

      Kalau mau belinya sekarang, ya paling saya persilakan beli Redmi 2 plus satu baterai cadangan. Total masih kurang dari Rp 2 juta.

  22. Oh iya ko , lupa maksudnya selain merk infinix. Kemaren baru beli evercoss winner T cuma 700ribu kurang… Sudah quadcore dan ram 1gb tapi layar kecil cuma 4″ selain itu Gak puas sama suaranya kalau buat nelpon agak cempreng gitu… Baterai nya juga kecil bisa charges minimal sehari 2x… Jadi lagi mau cari lagi yg mahalan dikit deh

    1. Pak Yohanes,

      Oh selain Infinix. He… he… jangan beli Evercoss, Mito, Advan, dan sejenisnya. Belilah yang bermerek global atau merek Tiongkok yang reputasinya jelas. Misalnya, Xiaomi.

      Saran saya, beli Redmi 2 plus satu baterai cadangan.

  23. Dear pak herry..

    Sebelumnya salam kenal pak…
    hehehe…,saya mo beli hp tp bingung.
    mau minta pendapatnya,
    -untuk lenovo A7000 menurut pak herry gmn?
    -klo xiaomi mi4i untuk batreinya apa non-removable/ketanem di dlm ponsel tsb? jika drop trs diganti dg yg baru,utk pemesanannya/pembeliannya apakah mudah pak?

    trimakasih

  24. Dear ko herry,

    Untuk segi ketahanan baterai, jika ponsel digunakan aktif dalam sosial media dan browser, lebih tahan infinix hot note atau mi4i ya ko?

    Xie xie

  25. koh heri,
    coba bantu kasih saran ke pak yohanes,
    bisa coba Alcatel One Touch Flash Plush pak. spek masuk bgt dg kriteria pak yohanes.

    barusan unboxing punya temen. kaget n puas dg price performance ny..

    kpn reviewny koh heri utk alcatel keluar ni? hehehehe

    1. Pak Punkky,

      Hayo… Alcatel onetouch Flash Plus atau Alcatel onetouch Flash Plush nih? πŸ™‚

      Tampaknya saya batal me-review ponsel itu karena kesulitan mendapatkannya di luar Lazada.

  26. Wah brand hpnya mirip nama boyband korea favoritku nih hahahahaha. Batrenya sama kayak p780ku lagi

    Pak Herry, sejak 2 minggu lalu sampai skrg aku hampir setiap hari buka situs anda loh. Selama ini aku hanya jadi silent reader karena gatau harus komentar apa. Jadi kali ini bakal menjadi komentar pertamaku.

    Aku rencama mau upgrade p780 saya dengan hp yang speknya lebih kekinian gitu (haha). Kira2 menurut pak Herry ponsel dual sim dengan batre awet dan tentunya spek lebih tinggi dari p780 dibawah 2jt yang paling direkomendasikan apa ya? Aku tunggu jawabannya ya. Salam dari Palembang. Keep writing pak!

    1. Bu Hestia Wulandari,

      Saya nggak mengikuti perkembangan boyband. Nama boyband-nya apa nih? πŸ™‚

      Wah, terima kasih telah menjadi pengunjung setia situs sangat sederhana ini. Sekadar info, tidak setiap hari saya mengunggah naskah baru. Namun, saya biasanya setiap hari menjawab pertanyaan yang masuk.

      Nah… ini yang saya bingung. Kalau baterainya awet, harga lebih dari Rp 2 juta. Kalau spesifikasi umum lebih tinggi, tetapi baterainya tak terlalu awet, baru deh ada yang di bawah Rp 2 juta. Jadi, Anda lebih condong ke yang mana dulu nih?

      Kalau lebih dari Rp 2 juta tak masalah, berarti pertimbangkan Lenovo P70.
      Kalau harus di bawah Rp 2 juta dan baterai boleh tidak seawet P780, silakan melirik Acer Liquid Jade warna putih. Desainnya cantik. Cocok buat pengguna wanita yang cantik pula. Ha… ha… ha…. Kamera Liquid Jade juga mantap.

  27. Wih mereknya mirip nama boyband korea favoritku pak hahaha. Semoga bapak juga suka korea koreaan biar kekinian (bercanda pak). Batrenya juga sama kayak p780ku

    Ngomong2 selama 2 minggu ini hampir tiap hari aku buka situs bapak terus loh. Bapak postingannya bagus2 dan rinci, pertanyaan dari orang lain juga selalu dijawab. Keep posting ya pak

    Selama 2 minggu ini jadi silent reader soalnya gatau mau komen apa haha. Ini bakal jadi komen+pertanyaan pertamaku. Selama hampir 2 taun pakai P780 akhirnya aku memutuskan buat ganti hp. Pak Herry ada saran gak buat hp dibawah 2 juta dengan kriteria dual sim, batre longlast (gak mesti selonglast p780 sih tapi plg gak tahan dari pagi-malem 12 jam) dan pastinya spesifikasi diatas p780ku. Aku liat infinix cuma dijual di lazada, takut pak beli online gitu. Trauma pernah ditipu online

    Ditunggu jawabannya pak. Salam dari Palembang

    1. Bu Destia Heriyanti,

      Pertanyaan Anda kok mirip banget dengan Bu Hestia Wulandari ya? Sama-sama dari Palembang dan sama-sama memakai P780. Orang yang sama-kah? Atau kembar nih? πŸ™‚

      Oh ok, kalau daya tahan baterai yang dicari cukup 12 jam, berarti Acer Liquid Jade warna putih pantas Anda lirik. Harga resmi Rp 1,999 juta. Kalau beruntung, bisa dapat harga promo Rp 1,799 juta.

    1. Pak Cahyo,

      Amin. Yang penting jangan mendoakan saya bertambah besar tubuhnya. Lha saya justru ingin mengecilkan perut. Sekarang bobot saya lebih dari satu kuintal. πŸ™‚

  28. Koh, herry mohon kasih petunjuk nih sy suka foto2 dan internetan di hp, kira2 gadged yg cocok buat sy apa ya ? dana nya cuma 2,5 jt koh tetapi ram yg 2 gb ?? Ada gak yah , Terimakasih

    1. Pak Aly Marcoz,

      Silakan mempertimbangkan Acer Iconia Tab 7 dan HP 7 Voice Tab. Review ada di blog ini.

    1. Pak Rhief Eza Alvaro,

      Benar. Dulu saya suka banget G2, lalu menurun, dan kembali suka banget karena harga barunya kini sudah turun jadi Rp 3,5 juta. Mengapa suka? Lha barang bagus. πŸ™‚

  29. Wah sepertinya Nokia 215 “pesanan” saya kemarin segera tayang ini mas Herry..? Diatas sudah ada cuplikannya, Hehehe..

  30. selamat malam mas heri saai ini saya memakai redmi 2 saya rencana ingin upgrade hp saranya lebih baik mana mas?antara infinix hot note,lenovo a7k,alcatel one touch flash plus?

    1. Pak Osin,

      Infinix Hot Note yang saya coba tergolong mengecewakan. Tadi saya dapat kabar bila unit yang dijual via Lazada sudah dapat versi firmware lebih baru. Silakan menanti hasil percobaan saya dulu deh.

      A7000 saya belum pernah coba. Demikian pula onetouch Flash Plus.

  31. Haha itu aku pake nama samaran Pak Herry. Awalnya sih udah kucancel eh tapi masih kepost aja? Hahaha maaf ya pak. Nama boybandnya Infinite pak, cek aja videonya kalo mau. Dancenya keren dan susah loh pak :p

    Iyanih aku iseng kemaren liat postingan liquid jade bapak. Kayaknya desainnya keren banget. Tipis pipih gitu ya pak. Tapi dengan spesifikasi segitu baterai 2.000 mAh apakah cukup bertahan paling tidak 12 jam?

    1. Bu Destia Heriyanti,

      Oh nama samaran tho. Thanks infonya soal nama grup boyband.

      Untuk email, telepon, browsing ringan, dan WhatsApp masih bisa tembus 12 jam sih. Kondisi sinyal operator tentu juga berpengaruh.

  32. Untuk Infinix Hot Note yang jatah konsumen sudah dapat pembaruan software, bukan lagi software jatah luar negeri yang RAM 1GB, RAM sudah terbaca 2GB di setting.
    Yang paling amazing menurut saya baterainya, cas full 100%, setting awal sana-sini dan cek ricek dasar semua fungsi hampir 1 jam internet on, baterai masih di angka 96%, hehe.

    Oya Koh, denger2 Hisense mau meluncurkan ponsel dengan spek jaringan yang sangat menarik, Dual SIM CDMA – LTE + GSM – LTE, jadi kedua SIM bisa menggunakan LTE dimana SIM 1 di CDMA, SIM 2 di GSM, apakah benar?

    1. Pak Daru Kartiko N.,

      Wah, jadi tak sabar mencoba Hot Note dengan firmware yang sudah lebih stabil deh.

      Soal Hisense, benar. Namun, LTE-nya rasanya tidak bisa siaga dua nomor bersamaan deh. Saya sudah sempat towel-towel dua tipe ponsel tersebut. Saya lebih tertarik dengan yang berlayar lima inci.

  33. Untuk Infinix Hot Note yang jatah konsumen sudah dapat pembaruan software, bukan lagi software jatah luar negeri yang RAM 1GB, RAM sudah terbaca 2GB di setting.
    Yang paling amazing menurut saya baterainya, cas full 100%, setting awal sana-sini dan cek ricek dasar semua fungsi hampir 1 jam internet on, baterai masih di angka 96%.
    Sempat bimbang antara Infinix atau Alcatel, karena secara brand jelas masih mengena Alcatel yang sudah puluhan tahun jualan telepon, cuma selisih harga menjadi pemenangnya, hehe.

    Oya Koh, denger2 Hisense mau meluncurkan ponsel dengan spek jaringan yang sangat menarik, Dual SIM CDMA – LTE + GSM – LTE, jadi kedua SIM bisa menggunakan LTE dimana SIM 1 di CDMA, SIM 2 di GSM, apakah benar?

  34. Halo pak herry.

    Sampai hari saya nunggu review smartfren lte 1,7. Jt an dan ponsel 3 sim gsm selain acer e 700 yg di jual di indonesia. Apa kah akan di review?

    1. Pak Yudi Kurniawan,

      Review ponsel Smartfren LTE Rp 1,7 jutaan? Tipe apa, Pak? Tipe termahal setahu saya Rp 1,5 jutaan.

      Ponsel Android triple SIM selain Liquid E700 belum ada deh. Asumsinya yang beredar resmi di sini ya.

  35. Pak Henry,
    Sebelumnya terima kasih untuk review nya, terus terang saya sudah 3 hari bingung untuk memutuskan apakah harus membeli infinix ini apa tidak, tapi akhirnya setelah baca review dari bapak, saya sudah yakin untuk mengurungkan keputusan saya untuk membeli hp ini, selain karena saya harus beli di Lazada (dimana saya tidak terlalu yakin untuk belanja online), saya juga akhirnya tau bahwa infinix ini masih lambat dalam merespon..

    Pak, saya sebenarnya berencana untuk membeli hape di bulan Februari 2016 nanti (nunggu THR) hehehe.. Tapi saya sempat melupakan rencana saya itu setelah melihat flash sale hp ini di lazada, menurut saya, hape dengan harga 1.6jt (harga Lazada) dan dengan spefikasi seperti itu sudah sangat gahar sekali, tidak disangka ternyata responnya buruk..

    Jadi pak, saya punya budget mungkin sekitar 2.5jt untuk pembelian hape nanti, saya butuh hape dengan RAM 2 gb dan baterai yang tahan lama karena saya suka main game online..
    Kira-kira adakah rekomendasi dari bapak dengan budget saya itu? Atau kita tunggu saja review bapak selanjutnya soal infinix yang sudah diupgrade firmwarenya atau tunggu hp yang akan ada di pasar Indonesia berikutnya?

    Terima kasih atas balasannya yaa pak..

    1. Bu Jesisca Tanoto,

      Kalau Anda berencana melakukan pembelian ponsel pada Februari 2016, sebaiknya saat itu Anda baru bertanya kepada saya. Sebab, jawaban saya saat ini hampir pasti tidak cocok lagi pada Februari 2016.

      Seandainya ternyata mau beli sekarang, yang spesifikasi dan kinerjanya paling mendekati kriteria adalah Lenovo P70.

  36. pak herry, ini malah tertarik sama nokia 215 hehehe. Namun ada pertanyaan yang penting banget : Nokia 215 apa smsnya support threaded sms, kayak di blackberry?

    thanks.

  37. koh HSW,
    nyari G2 hrg 3.5jt dmn ya koh? yg rom32g ya koh? di gerai resmi kyk erafone or global ap udah sgitu hrgny? saya di jogja sih..
    tks

    1. Pak Punkky,

      Kalau yang 32 GB harganya Rp 3,999 juta. Yang Rp 3,499 juta itu yang 16 GB. Carilah di Erafone.

  38. Pak herry mohon bantuannya
    Rencana saya mau beli hp tapi masih bingung mw ngambil tipe apa. Kemaren sempat jatuh hati ma xiaomi 2s tapi setelah saya dapat info tentang infinix dan speknya jadi berpaling. Tapi takutnya infinix yang ini mengecewakan performancenya.
    Mohon masukannya

  39. Ko herry..
    Setelah mencoba firmware terbaru, apakah skrg msh ttp lebih asyikan redmi 1s/2 ato sdh berubah?

    1. Pak Ydrah,

      Kamera masih lebih bagus Redmi 2. Ponsel itu juga mendukung LTE. Poin lagi, terutama daya tahan baterai dan ketuk-ketuk layar, lebih asyik Hot Note.

  40. Hot note 1 & 2 hanya beda d built number, sementara kode seri tipe, versi android sampe base band-nya sama.
    Thanks for update om.
    Kemarin temen ada yg tanya, berarti udah recomended ya

  41. Pak Herry, kalo denger fm radio, perlu colok headsetnya ? Mening ambil infinix or galaxy note 2 second pak, asumsi gak perlu banget dipake s pennya. Trims

    1. Pak Dewe,

      Handsfree berkabel harus ditancapkan karena itu berfungsi sebagai antena.

      Anda perlu stylus atau tidak? Kalau tak perlu, beli Infinix Hot Note saja. Galaxy Note 2 dengan usia pemakaian lama agak rawan terkena “penyakit” mendadak mati total.

  42. ok Pak herry, ditunggu review nokia 215 yah.
    tanya lagi, ada nggak ponsel candybar/menggunakan keyboard yang bisa wifi tethering?

    1. Pak David,

      Hmm.. kalau candybar yang sekarang beredar di pasar sih tak ada. Mesti cari ponsel lama Symbian.

      Kalau Android dengan qwerty keyboard fisik, tinggal cari Andromax G2 Qwerty dan Galaxy Chat. Namun, spesifiksai tergolong rendah ya.

  43. trims Pak infonya…oh ya 1 lagi, kalo di bawah sinar matahari/outdoor, apakah masih bisa terlihat dengan jelas layarnya Pak?

    kalo compare redmi2S, better pilih Infinix saja or ada rekomendasi HP lain yg di bawah 2 juta Pak? πŸ™‚

    di lazada, smalam masih tersedia si ifinix, per pagi ini sudah tidak ada..

    1. Pak Dewe,

      Di bawah sinar matahari tidak seenak Mi 4i, tetapi masih memungkinkan dilihat.

      Redmi 2S? Wah, belum pernah nyentuh ponsel bernama Redmi 2S.

  44. Siang koh herry
    dari pengalaman Pak Herry adakah ponsel android yg tampilan menu dan user interface nya benar2 berbeda dari standard android?

    1. Pak Stevy,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Tampilan antarmuka standar Android praktis hanya ditemukan di gawai Android seri Nexus. Selain Nexus, tampilan antarmukanya sudah mengalami perubahan. Ada yang hanya berubah sedikit, misalnya, di aneka ponsel Android Motorola. Ada pula yang berubahnya lumayan signifikan, contohnya, di ponsel Oppo, Samsung, dan Xiaomi.

    1. Pak Dewe,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Oh, maksudnya Redmi Note. Saran saya sederhana saja. Yaitu, jangan membeli ponsel tanpa garansi resmi. Kapasitas RAM ponsel yang tautannya Anda berikan itu cuma 1 GB lho. Redmi Note bergaransi resmi (yang sayangnya kini sudah kosong) dibekali RAM 2 GB.

  45. Pak herry, ada kah rencana review andromax R? Sebagai pesaing berat redmi 2 mengingat hardware yang digunakan relatif sama, begitupun dengan harganya. Saya masih penasaran mana lebih baik andromax r atau redmi 2. Makasih ya pa herry

    1. Pak Rifky Yuri,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saya tidak memiliki rencana menguji pakai Andromax R. Yang akan saya review Andromax Qi.

  46. Pak herry
    gmna klo bpak jga review kamera bbrpa gawai d renyang harga yang sama sbgai pembanding…mengingat faktor kamera mnjdi salah satu faktor utama pemilihan gawai,sprti bandinf foto g2 mini itu loh pak

    1. Pak Danar,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Kalau tak salah ingat, sejak awal tahun 2014, di bawah setiap review selalu saya sajikan contoh foto yang dihasilkan ponsel tersebut. Jadi, silakan melihatnya di masing-masing naskah review.

  47. Pak Herry,

    Setelah ada review Hot Note 2. Menurut Pak Herry, Infinix Hot Note terbilang layak beli? Bila dibanding dengan Xiaomi Redmi 2 atau Redmi Note gimana?

    1. Pak Dinno,

      Ya, Hot Note layak beli. Kalau tidak perlu LTE, di antara tiga ponsel itu, menurut saya, Redmi Note bergaransi resmi yang paling menarik.

  48. Pak herry, kalau disuruh pilih antara lg magna dan xperia e4 bapak lebih pilih yang mana ya? Dengan kebutuhan batrenya yang hemat

  49. Mas Herry

    Kemarin saya nemu salah satu toko yang lagi ngadain clearance sale ponsel lg (hpnya masih bergaransi). Saya liat harga lg optimus l5 cuma 700k. Saya mau beliin buat hadiah ultah adik yang masih sd sih, saya tau speknya udah ketinggalan jaman. Tapi ngeliat layarnya yang cukup gede untuk seukuran anak 10 tahun kayaknya saya cukup tertarik buat beli. Apakah optimus l5 masih layak beli mas? Ditunggu jawabanmya πŸ™‚

    1. Pak/Bu Amira,

      LG Optimus L5 dibekali layar empat inci. Untuk ukuran sekarang tergolong kecil lho. Ditambah dengan mempertimbangkan spesifikasinya, menurut saya, harga Rp 700 ribu terlalu mahal.

      Dengan dana yang sama, lebih baik Anda mencari sisa-sisa stok AccessGo 4E atau Acer Liquid Z200.

  50. om Herry, saya ingin meminta saran/rekomendasi ponsel dual sim 3g dengan harga dibawah 2,5 juta. saya aktif di sosial media (instagram, path) dan messenger (whatsapp, line, bbm). juga suka fotografi (tidak termasuk selfie). tanpa memperhatikan dukungan LTE dan kapasitas baterai, ponsel apa kira-kira yang memenuhi kebutuhan saya tersebut ? saya sempat melirik redmi 2, acer liquid z500, huawei honor 4c, dan xiaomi mi4i (meski di atas 2,5 juta sedikit).

    1. Pak Tommy,

      Dengan kebutuhan seperti itu, menurut saya, sebaiknya Anda membeli Xiaomi Mi 4i plus sebuah power bank.

  51. trims kembali Pak Herry atas infonya…kalo Hot Note dibanding dengan Lenovo A7000, overall better mana Pak? πŸ™‚ sprtinya kedua gawai ini lagi on fire persaingannya….trims

  52. om Herry, mengenai pengisian baterai (charge), banyak yang mengatakan bahwa lebih baik ketika ponsel sedang di-charge tidak digunakan (main games, browsing, chatting) alias didiamkan saja sampai baterai penuh, karena kedepannya bisa merusak baterai ponsel itu sendiri. benarkah demikian ?

    1. Pak Tommy,

      Ya, lebih baik ponsel dalam kondisi padam total saat di-charge.

      Kalau ponsel di-charge sambil dipakai, berarti pada saat bersamaan ada arus yang keluar dan masuk.

  53. Build qualitynya gimana pak apakah mantap digenggam atau terkesan murahan? Saya tertarik membeli ponsel ini πŸ˜€

    1. Pak Tuxlin,

      Built quality-nya lumayan kok. Belilah yang warna gold (depan putih, belakang emas). Tampilannya jauh lebih keren daripada yang abu-abu (depan hitam, belakang abu-abu silver).

      1. Pas saya mau beli, warna Gold habis pak Hiks, mau nunda pembelian sayang soalnya pas ada vocer hehehe… akhirnya dapat yang copper brown, hehehehe… πŸ˜€

  54. permisi pak.

    dengan review yg bapak update paling terbaru tanggal 11, apakah masih lebih baik acer z500?terima kasih pak

  55. Pak.. mau tanya kamera HotNote ini dgn Lenovo P70 lebih unggul yg mana yaa ? Biak depan-belakang maupun fitur fotonya ??

    saya pengen beli SmartPhone yg baterai besar spt HotNote & P70, tp pengen yg body nyaman si pegang, penggunaan maupun penyimpanan.

    1. Pak Wandy,

      Kamera relatif imbang. Kalau sangat diperhatikan, P70 unggul tipis.

      Terkait kenyamanan digenggam dan dikantongi, P70 menang lumayan signifikan dibandingkan Hot Note.

  56. Bagaimana perbandingan hasil Foto pada HotNote 1 Vs HotNote 2 yg anda uji ??
    apa berbeda & signifikan ?

    Lalu bagaimana jika hasil Foto HotNote 2 Vs REDMI 2 ??
    bagusan mana pak ?

    saya mau upgrade.. RAM & ROM yg lega.. tp tetap kamera & baterai yg nyaman spt Redmi 2.

    1. Pak Wandy,

      Hasil kamera sama saja.

      Perbedaan yang paling terasa adalah di tingkat kegegasan ponsel. Unit pertama sangat lemot, sedangkan unit kedua gegas.

      Lebih bagus hasil jepretan kamera Redmi 2.

  57. Share Saja Bagi Pencinta Infinix.. tanggal 5 ini ada produk baru lg loh.. sayangnya harus Flas Sale Ala Lazada nih..

  58. pak, ini saya mau beli cod lewat pembelian orang yang nawarkan di situs OLX….kira2 HH yang dijual ini sudah pasti pakek firmware yang terbaru kan ?? kata yang jual di dapet dari Flash Sale Lazada dan stok banyak untuk dijual lagi…mohon pencerahannya

    sama saya ada budget 2 juta, mending alcatel flash plus atau hot note πŸ™‚ terima kasih….saya pengguna sosmed aktfi, multitasking berat, dan gaming πŸ™‚

    1. Pak Irul,

      Ya, mestinya firmware yang baru. Mengacu kepada pembahasan di Hot Note di blog saya, minimal sama dengan Hot Note unit kedua.

      Hot Note. Jangan beli Alcatel onetouch Flash Plus. Saya usai mencobanya dan sangat kecewa. Penerimaan sinyal Flash Plus lemah. Layar sentuhnya juga tak nyaman. Dua kekurangan fatal untuk sebuah ponsel berlayar sentuh.

    1. Pak Reza Antoni,

      Acer Liquid Jade Rp 1,999 juta. Kalau mau yang lebih murah, LG G2 Mini. Lebih murah lagi? Xiaomi Redmi 2.

  59. Pak.. saya liat di Grup FB tentang Infinix Zero 2.. Ternyata Tgl 3 Agustus Udah Flash Sale & Hari Ini Tadi Sudah Pada Sampai Pesanan, Apa Anda Akan Melakukan Review utk Infinix Zero 2 Ini ??

  60. gan….
    saya mau tnya knp setiap saya trima tlp ataupun saya nelpon selalu mati layarnya gan ?

    trus kalau mau hdupkn lg layarnya perlu waktu 5 mnit baru hdup gan, it masalah ny ap gan…..?
    tlng dibantu gan…..

  61. Wah… Mantap tuh kalo anda review. sayangnya baterai nya gak Seperti Infinix HotNote. Selalu ada sisi kurang nya, karena gak ada yg sempurna.

    1. Pak Danang,

      Serius Solo belum ada 4G LTE? Mestinya Joglosemar menjadi salah satu incaran operator dalam menggelar 4G LTE lho. Namun, saya tak tahu pasti kondisi terkini di sana.

      1. Sepertinya begitu pak, 3G saja belum rata kok pak. Terimakasih atas ilmu yang diberikan ya pak πŸ˜€ selamat bekerja hehehe

  62. Pak saya mau beli infinix hot note kemarin tapi karena ga ada yg jual di area solo maka saya beli lenovo A600+ nah saya baca postingan ini koq hampir mirip ama lenovo saya ya minusnya?? Pertama ramnya ngerti2 abis kemakan dari awal buka dus yg 2gb ram jadi 1,1gb apa sampai sekarang masih sama ya pak masalah ram di infinix? Buat game 3D yg agak berat lenovo A6000+ langsung FORCE QUIT apa infinix sama? Btw pak mohon saran lebih baik ganti Infinix hot note atau lenovo P70? Mohon saran untuk game

    1. Pak Jericho,

      Hot Note kedua yang saya coba sudah tak mengalami masalah dengan RAM yang habis, bahkan minus lho. Silakan baca bagian update review saya.

      Kebetulan saya bukan penggemar game. Jadi, pertanyaan kedua saya tak tahu jawabannya karena tidak pernah coba.

      Kalau Anda tak perlu LTE dan merasa cukup memiliki ponsel dengan kamera yang lumayan, lebih baik ambil Hot Note daripada P70.

  63. Dear pak Herry..
    Saya selalu tertarik dng ulasan pak herry..
    Dan pas pak herry me-review infinix hot note, kepincut…akhirnya dpt flashsale dr lazada..
    Dan sejauh ini infinix oke..
    Saya sempat tertarik dng alcatel onetouch flash plus utk mengganti infinix saya…
    Namun saya membaca di beberapa komen dimana pak herry sempat pake HP ini, tp cm bertahan sehari krn penangkapan sinyal yg lemah..
    Apakah itu bukan krn kualitas jaringan semata, apa memang masalah pada HPnya..
    Mohon info lbh terperinci pak herry..
    Matur nuwun..

    1. Pak Tatang,

      Saya yakin bukan salah operatornya. Saya sempat tes beberapa operator dan saya bandingkan dengan ponsel lain.

      1. om saya pake alcatel onetouch flash plus dan gk ada masalah pada sinyal, bar sinyal selalu penuh dan koneksi internet bahkan lebih cepat, menurut saya alcatel di lihat dr semua sisi oke buat game gak ada lag, hasil kamera istimewa pkoknya semuanya responsif kecuali pada layar aj kekurangannya yg agak kekuningan tp tetep okelah, maaf klo sya berargumen soalnya saya sudah pke 2bln lebih blm ad masalah

        1. Pak Paijo,

          Berkomentar boleh-boleh saja kok. Wah, berarti Flash Plus Anda dan saya terbalik nih. Punya saya tampilan layarnya baik-baik saja, tetapi penerimaan sinyalnya lemah.

  64. Pak Herry, cara mengaktifkan status kecepatan internet (download upload) bagaimana ya? Atau pakai aplikasi lain? Saya sudah ngubek2 setting ga nemu.
    Makasih

  65. Service center infinix bagaimana Pak, kalau dibandingkan dengan SC Xiaomi? Kalau ga ketahuan kualitas SCnya, anggap saja beli tanpa garansi ya? Bagaimana menurut Bapak?

    1. Pak Donal,

      Kinerja pusat perbaikan resmi Infinix masih misterius. Kalau melihat alamatnya yang di Surabaya, jangan berharap banyak deh.

      Pusat perbaikan resmi Xiaomi? Belum bisa dibilang bagus sih. Kategorinya masih lumayan.

  66. Hai ko. Sy ada rencana buat beli smartphone infinix hot note ini. Apa ko punya bocoran nih kalo hot note bakal dapat update ke os yg lebih baru ?
    Makasih ko.

  67. Pagi ko Herry, saya hendak membeli Infinix . Apa kalau tidak di Lazada, belum mendapat firmware yg baru ? Dan apakah unit dgn firmware lama bisa update ke yg baru ? Terima kasih.

    1. Pak Singgih,

      Asalkan baru dan bergaransi resmi, biarpun Anda tidak membeli di Lazada, pasti akan dapat firmware yang baru.

  68. ko Herry, jika sekarang saya beli infinix hot note, apakah firmwarenya sudah update? ( seperti ulasan ko Herry yg terakhir ) . Apakah harus beli di lazada jika ingin firmware yg baru / update? Mohon infonya. terima kasih.

    1. Pak Victor,

      Sudah update (kalau di review saya, sesuai dengan unit kedua). Tidak harus beli di Lazada. Beli di mana pun, asalkan bergaransi resmi, pasti dapat unit dengan firmware sama dengan unit kedua yang saya coba.

  69. salam kenal koh herry, saya bingung,saya mau beli hp tapi dana terbatas , kalo diantara acer z500, redmi 2, infinix hot note VS gplus 168 (hp outdoor) apa bisa disandingkan? saya butuh email, bbm dan browsing sesekali dan ketahanan baterai dari pagi – sore. kira2 pilihannya yang mana ya?saya kerja dilapangan jualan barang,mks koh

    1. Pak Agus,

      Saya belum pernah mencoba Gplus. Jadi, saya tak bisa mengomentari ponsel itu.

      Kalau Anda mengutamakan baterai (plus ada kebutuhan BBM), berarti Infinix Hot Note yang paling tepat.

  70. salam kenal pak herry, kalau antara hot note, alcatel one flash plus, redmi note 3G & acer e700 overall mending mana ya, pertimbangannya sih lebih ke performa, batre, dan nyaman dipake aja

    kebetulan saya user LG G2, apakah fitur “knock on/off” infinix seresponsif G2? kemudian antara hot note warna brown & gold itu cuma beda warna atau material bahan juga?

    maksih sblmny

    1. Pak Abudanial,

      Alcatel onetouch Flash Plus silakan dicoret dulu. Menurut saya, ponsel itu memiliki satu kekurangan yang sangat fatal: penerimaan sinyal lemah.

      Performa, baterai, dan nyaman dipakai. Kalau saya sih memilih Redmi Note 3G dual SIM. Masalahnya, ponsel itu sudah sangat sulit didapatkan. Pilihan berikutnya adalah Infinix Hot Note.

      Tidak. Fitur ketuk-ketuk layar di Hot Note tidak senyaman G2. Ya, hanya beda warna.

  71. Selamat sore Pak Herry, mau tanya Pqk…
    Hotnote jika dibandingkan dengan Redmi 2, mending pilih mana Pak?
    Dari segi HPnya dan Service Center…
    Terima kasih Pak Herry…

    1. Pak Edwin,

      *** Dilihat dari ponselnya: kalau perlu LTE ambil Redmi 2, kalau perlu baterai tahan lama ambil Hot Note.
      *** Ditinjau dari pusat perbaikan resmi: Redmi 2.

  72. Pak Herry SW yth.
    Apakah bpk tahu dengan Xiaomi Note 2?
    Dibandingkan dgn infinix hot note ini lbh baik beli yg mn ya? Stlh lihat infinix sy jadi bingung mau beli yg mn….
    Terimakasih

      1. Iya pak maksudnya yang Redmi Note 2, awalnya saya ngga ngertinama pastinya cuma tahu aja itu produk xiaomi gitu pak hehee…
        Jadi bagaimana antara infinix hot note dengan Redmi Note 2 mending beli yg mana yah menurut bapak?
        Dan apakah kamera nya Infinix hot note sdh mendukung format HDR sprti Redmi 2 (saya pernah coba hasil kamera redmi 2 sblumnya)
        Terimakasih ya pak.

  73. Pak herry

    Maaf saya mau tanya. Hh infinix hotnote x551 saya kok bentuknya engga persegi panjang ya? Dilihat dari samping juga ada ujung yg melengkung. Apa memang infinix seri ini memiliki body seperti ini atau punya saya yg cacat? Apakah infinix yg pak Herry tes seperti ini? Tolong segera dijawab ya. Terima kasih.

    1. Pak C Qolbi,

      Lain kali harap SABAR menantikan jawaban. Pertanyaan yang sama tak perlu dikirimkan sampai TIGA KALI. Saya bukanlah layanan darurat atau layanan hotline 24 jam yang HARUS menjawab pertanyaan dengan cepat.

      Pertanyaan yang terkirim dobel-dobel dari Anda sudah saya hapus. Saya sisakan satu saja.

      Jawaban saya: tidak tahu. Saya tidak memperhatikan sampai sedetail itu.

      1. Maaf sebelumnya pak Herry. Sinyal koneksi di rumah saya agak lamban. Maka jadi tadi harus merefresh berulang ulang. Dan jadinya ke kirim 3 kali. Sebelumnya saya minta maaf yg sedalam dalamnya

  74. Pak saya mau nanya, sudah ada review BENQ B502 apa belum?
    Terus menurut bapak BENQ B502 vs ACER Z500 vs INFINIX HotNote bagusan mana? Terima kasih

    1. Pak Ahmad,

      Tidak ada dan memang takkan ada.

      Karena belum pernah mencoba B502, saya tak mengetahui perbandingannya dengan dua ponsel lain yang Anda sebutkan.

    1. Pak Roni,

      Kalau Anda membeli Infinix Hot Note bergaransi resmi, pasti takkan dapat Hot Note versi awal (yang di tulisan ini saya sebut sebagai Hot Note 1).

  75. Sekedar Pemberitahuan Infinix hot note telah mendapatkan Upgrade ke Lolipop beta2. kinerja multi tasking dan gaming semakin baik πŸ™‚

  76. Pak herry, sy mau tanya…
    Sy udh beli infinix hot note, emg bgs kemana2 deh. Tp kok kl dpke internetan lelet y dbnding lenovo p700i lm sy? Sy pake kartu yg sm d kedua hp itu bedanya jauh bgy. Lenovonya lancar, hot notenya lelet.
    Apa kira2 mslhnya y pak? Apakah providernya/setting internetnya/sinyal hpnya lemah?
    Kl gt ada solusinya g pak? Ky misalnya hrs download aplikasi apa gt biar cpt.

    Oh y, hot note yg sy beli udh ada update terbaru tulisannya ‘20150805’ dblkg serinya. Tp sy blm bera;ni update. Kl sy update kira2 ada mslh g? Terimakasih

    1. Bu Ria,

      Kartu SIM yang dipakai (bukan hanya operatornya) di dua ponsel itu apakah kartu SIM yang sama, tetapi cuma dipindah ponsel? Paket data yang diaktifkan apakah juga sama? Sebab, beda paket bisa beda kecepatan lho.

      Kalau ada tawaran update, saran saya, ya di-update saja.

  77. Koh Herry,,, saya mau tanya, apa firmware yg koh Herry jelasin pada gambar hot note 1 bisa di upgrade ke firmware seperti pada gambar hot note 2,, krn infinix hot note x551 saya saat ini firmware nya sama seperti pada gambar hot note 1 yg koh Herry contohkan…???? Terima kasih koh…

    1. Pak Ikhsan,

      Semua Hot Note yang dijual via Lazada seharusnya sudah langsung dapat firmware seperti gambar Hot Note 2.

      Punya Anda benar pakai firmware seperti gambar Hot Note 1? Sisa RAM-nya jadi bisa terlihat minus? Kalau dua pertanyaan itu Anda jawab “iya”, apakah Anda membeli di Lazada? Silakan mampir ke service center dan minta di-update-kan.

  78. Saya memang benar kmrn beli nya via lazada dan memang benar firmware nya sdh yg terbaru (contoh gambar hot note 2),, tp infinix saya ini beberapa hari lalu nge blank koh gara2 saya update (krn ada sekitar 1 bln terakhir ini ada notifikasi untuk peng update an systemnya).. Setelah nge blank itu saya bawa ke tempat servis untuk memperbaiki system nya yg blank itu,, tp Setelah perbaikan itulah firmware infinix saya berubah kembali seperti pada gambar hot note 1 dan tampilan free space RAM nya yg jg terlihat minus,, kira2 gmn ni saran buat saya dari koh Herry agar infinix saya bisa kembali seperti pertama beli..?? Dan mohon infonya kalau seandainya koh Herry tau service center untuk infinix Daerah Samarinda atau Balikpapan..?? Thanks

    1. Pak Ikhsan,

      Anda menuliskan Hot Note yang nge-blank dibawa ke tempat servis untuk diperbaiki sistemnya. Ehmm… apakah itu bukan tempat servis resmi? Kalau bukan, pusat perbaikan resmi bisa (dan pantas) menyatakan garansi ponsel Anda hangus lho.

      Saran saya sih Anda sebaiknya membawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Infinix. Saya tak mengetahui alamatnya di Samarinda maupun Balikpapan. Coba baca di kartu garansi. Bila alamat di Samarinda atau Balikpapan tak ada, hubungi pusat perbaikan resmi di Jakarta via telepon. Mintalah informasi.

    2. Pak Ikhsan,

      Di Samarinda ternyata ada collecting point Infinix. Ini alamatnya: Jl Siradj Salman nomor 34. Silakan membawa ponsel Anda ke sana. Btw, jangan menyinggung kalau pernah dibawa ke tempat servis biasa ya. πŸ™‚

  79. iya juga sih koh garansinya jd hangus ya,, soalnya kmrn wktu ngeblank itu saya agak panik koh.. hehe
    okelah koh, thanks berat atas saran atau masukkannya buat saya.. keep posting n succes…

  80. Pagi Pak Herry SW,
    ikutan nanya mengenai infinix hotnote ya pak, kl belinya di toko ponsel biasa bkn di lazada trus garansinya distributornya gmn pak? kata yg jualan garansi resmi hanya di lazada pak, dia garansi distributor, gmn meurut Bpk,
    Thanks,,

    1. Pak Tio,

      Setahu saya, tidak ada Infinix Hot Note tanpa garansi resmi yang beredar di sini. Mau beli di mana pun, ujung-ujungnya garansinya sama. Ketika Anda membeli di Lazada pun, itu bukan garansi Lazada kok.

      Boleh tahu apakah nama distributor yang disebutkan penjual?

  81. seingat saya distributornya PT. Bintang Cemerlang, sama tidak pak dengan barang yg dijual di lazada, punya link service center resmi infinix ga pak untuk wilayah jabodetabek,
    Thanks Pak Herry SW.

    1. Pak Tio,

      Sama. Itu garansi resmi.

      Setahu saya ada di (buka catatan dulu ya…):
      1. Komp Ruko Cempaka Mas Blok P 3-5, Jl LetJen Suprapto, telp 021-42870262.
      2. Ruko ITC Roxy Mas Blok E2/15, telp 021-6341506.
      3. ITC Kuningan lantai 3 no 37-38, Jl Prof Dr Satrio, Casablanca, telp 021-57938114.
      4. PGC lantai 3 no 816-817, Jl Mayjen Sutoyo 76, Cililitan, Kramat Jati, telp 021-30015013.

  82. Kalau dari om herry pribadi lebih memilih mana infinix hot not 2 vs xiaomi mi4i jika dilihat dari segala aspek? Dan alasannya apa?
    Thanks

    1. Pak Pandu Suhilman,

      Saya belum pernah menyentuh ponsel Infinix Hot Not 2. Bahkan, saya baru kali ini mendengar ada tipe tersebut. Jadi, saya tak tahu ponsel itu layak beli atau tidak.

      Kalau Xiaomi Mi 4i boleh dilirik.

  83. siang Pak Herry SW, monanya lg donk Pak, barusan liat acer z500 yg ram 2gb memori 16gb procienya quadcore 1,3ghz menurut Bpk gmn kl dibandingkan dengan infinix hotnote, karena sepertinya genggam hp 5″ lebih nyaman ketimbang 5,5″ pak di tangan saya, he he he, sama recomended mana Pak menurut Bpk diantara kedua itu.
    Thanks Pak Herry Sw.

    1. Pak Tio,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Kalau faktor layanan purna jual diperhitungkan, Liquid Z500 lebih menarik. Kalau faktor layanan purna jual diabaikan, Infinix Hot Note lebih asyik untuk dibeli.

      Benar, menggenggam dan mengantongi ponsel berlayar 5 inci lebih nyaman daripada yang 5,5 inci.

  84. Selamat malam pak,, minta sarannya untuk saya mahasiswa pas pasan dengan budget 1,6 juta apakah infinix hot note cukup bagus dibanding ponsel lain dengan harga sama atau mungkin lebih murah,,, atau ada smartphone dual sim lain yg lebih menjanjikan,,, hehe,,,lg bingung nih pak punya budget pas pasan pngn smartphone kelas atas,,,

    1. Pak Riad,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Ya, Hot Note cukup bagus. Alternatif lain Xiaomi Redmi 2. Pastikan membeli yang bergaransi resmi.

  85. pak herry
    saya berminat beli ponsel ini , apakah infinix hot note ini dijual ditoko” offline ,
    kalau iya dimana saya bisa mendapatkannya untuk daerah solo ?? Terimakasih

  86. pak herry
    saya berminat membeli ponsel ini , apakah ponsel ini diljual ditoko” offline seperti erafone
    atau hanya dijual dilazada ??? daerah saya solo pak , kira-kira dimana saya bisa mendapatkan ponsel ini ??
    terimakasih

    1. Pak Budi,

      Tidak dijual di Erafone.

      Normalnya hanya dijual online via Lazada. Namun, tak sedikit pembeli di Lazada yang kemudian menjualnya lagi secara online di berbagai marketplace atau situs iklan gratisan.

  87. Kalau dari om herry pribadi lebih memilih mana infinix hot note vs xiaomi redmi 2 jika dilihat dari segala aspek? Dan alasannya apa?
    Thanks

    1. Pak Pandu Suhilman,

      Kuncinya sebenarnya di lebih perlu LTE atau baterai tahan lama. Kalau LTE, ambil Redmi 2. Kalau baterai tahan lama, ambil Hot Note.

  88. thanks pak herry SW atas semua jawabanya, saya sudah meminang infinix hotnote warna grey pak, gak keliatan kl hp premium tampilan fisiknya, he he he, apa lg speknya jg lumayan pak, tp untuk fast chargingnya normalnya brp jam pak buat nge charge dari sekitar 5% sampe penuh, karna hotnote saya butuh waktu 4 jam buat ngecharge sampe penuh, apakah ini normal pak? batre kuat bertahan sampai 2 hari dengan pemakaian normal + aplikasi sosmed.

    1. Pak Tio,

      Yang paling kelihatan premium Hot Note warna putih kombinasi emas.

      Soal charging, dari sepuluh persen ke penuh paling cepat 1 jam 53 menit. Sedangkan paling lambat 2 jam 17 menit. Kalau dari lima persen, mestinya cuma beda sedikit. Coba Anda melakukan charging di tempat lain dulu. Misalnya, di kantor dan kafe/resto di pusat perbelanjaan.

  89. sore pak Herry SW, saya mau tanya cara mematikan getar pada saat mengetik sms /bbm di hotnote knp tidak bisa ya pak, pdhl fungsi getar sudah saya matikan semua,

    1. Pak Tio,

      Saya sudah tidak memegang Hot Note. Saya juga tak hafal struktur menu ponsel itu.

      Saya berikan panduan umum ya. Silakan Anda sesuaikan dengan tampilan di ponsel Anda.
      1. Masuklah ke settings, sound & notification, general, lalu tekan ikon gerigi roda di sebelah kanan. Nonaktifkan vibrate on touch. Kini kembali ke halaman muka.
      2. Masuklah ke settings, language & input, Android Keyboard, Advanced, lalu tekan Keypress vibration duration. Geserlah tombol ke kiri sampai 0ms.

    1. Pak Moofeat,

      Kalau Anda tanya kenapa, ya saya tidak tahu. Kan saya tidak melihat saat Anda memakainya.

      Yang bisa saya sarankan, segera bawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Infinix.

  90. Halo pak Herry, semoga kabar anda sehat. Review-review anda yang berdasarkan pada pengalaman pakai begitu membantu untuk calon pembeli HP. Btw pak, seperti judulnya Infinix hote note X551 memang memiliki daya tarik dari kapasitas baterainya. Namun sayang, tidak dilengkapi teknologi LTE. Andai saja ada LTEnya, nambah 300-400 rb lagi saya ambil deh, hehe…boleh juga jika Redmi 2 mau menambah kapasitas baterainya, juga akan jadi incaran saya. Atau pak Herry punya rekomendasi merek lain, HP LTE baterai besar dibawah 2 juta? Terima kasih sebelumnya.

    1. Bu Rara,

      LTE, baterai besar, dan harga kurang dari Rp 2 juta? Sebenarnya ada Alcatel onetouch Flash Plus. Namun, saya sangat menyarankan Anda untuk jangan membelinya. Di antara seluruh smartphone yang pernah saya coba sejak Januari 2015 sampai saat ini, ponsel itu paling mengecewakan saya.

  91. salam,
    Mau tanya ttg infinix ini apakah ada sertifikasi IPX4…soalnya saya lihat di youtube ada yg berani siram pake air segala.
    Kenapa cari spek merk infinix ini tidak tercantum di GSMarena ya?

    Terima kasih

    1. Pak/Bu mPy,

      Saya tak tahu Infinix memiliki sertifikasi IPx4 atau tidak.

      Bisa jadi tim GSM Arena belum pernah mendengar merek Infinix dan tak memiliki akses ke sana. Saya kurang tahu tim GSM Arena ada di Amerika atau Eropa. Infinix selama ini lebih banyak beredar di Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Timur (saya tak tahu detail negaranya).

  92. Koko aku mau cari smartphone yg ram 2gb internal 16gb layar 5,inchi cameranya yg hasilnya memuaskan,gak lemot,spek body elegan,lolipop,dengan anggaran cman 2jt..kira” smartphone apa ya kok.,mohon masukannya…trims’

  93. Malem ko Herry, saya mau membeli handphone Infinix Hot Note ini, tp setelah baca disini kok jd agak ragu ya haha walaupun di K****s, Youtube itu review rata – rata oke, apalagi soal spesifikasi yg bisa dibilang gahar, terutama fast charging dan baterainya, jg katanya akan segera update ke Lollipop
    Nah, kl antara Infinix Hot Note, Redmi 2 dan Redmi 2 Prime itu paling oke secara kamera, ketahanan baterai, games, social media, multimedia dan UI, lebih oke mana ?
    Redmi 2 dan Redmi 2 Prime apa bisa update ke Lollipop jg ?
    Trims sebelumnya ko, maaf banyak pertanyaannya hehe

    1. Pak Mesayu Pravilika,

      Karena sudah ada Redmi 2 Prime, Redmi 2 silakan dicoret dulu. Tinggal dua ponsel. Kalau mengutamakan kamera, pilihlah Redmi 2 Prime. Kalau menomorsatukan daya tahan baterai, pilih Hot Note. Poin-poin lain sih relatif berimbang.

      Saya tak berani memastikan apakah Redmi 2 Prime kelak bisa di-update ke Lollipop. Kemungkinan sih bisa.

      1. Saya perempuan ko hehe
        Oke, terimakasih sarannya ko
        Apa ko Herry sudah pernah mencoba fast charging di Xiaomi Redmi 2 Prime ? Secepat apa chargingnya ?

        1. Ups… maaf Bu Mesayu Pravilika.

          Redmi 2 Prime baru saya towel-towel sebentar, trus disimpan lagi dulu. Nunggu antrean. πŸ™‚

          Fast charging? Mestinya tak bisa dicoba karena charger yang disertakan bukan kategori fast charging.

          1. haha iya ga papa ko
            tp yg sy baca di web salah satu tabloid gadget, itu katanya bisa charge 30% selama 30 menit, berarti kurang lebih 90 menit full. memang dr review yg sy baca dan lihat, ga ada yg bahas masalah fast chargingnya. kurang paham jg sy
            apa Redmi 2 Prime bakal dijual bebas ya ? bukannya hanya dijual dalam edisi terbatas ?

          2. Bu Mesayu Pravilika,

            Redmi 2 Prime kan memang sudah dijual bebas. Namun, saat ini baru penjualan online.

  94. Sekedar tambahan aja. Jangan beli meizu, service center ga ada di indonesia. Punya saya rusak baru 2hri pake jadi bangkai ga bisa di benerin. Jangan beli infinix hot knot ponsel lamban cepat panas dan ngehang mulu. Alcatel plus msh mending, layar tidak responsive tinggal copot or ganti antigoresnya pake tempered glass beres. Sinyal jelek update ke firmware terbaru dan simcard ganti pakai telkomsel atau xl beres. 4G nya xl ngebut bgt di hh ini. Cman satu kelemahannya, layar kegedean 5,5inc cuman buat alay. Harusnya 4,7-5 inci aja cukup.

    1. Pak Maman,

      * Saya belum pernah mencoba Meizu. Ehmm… bukankah seharusnya ada? Yang di Surabaya dibilang ada di Mastech F11. Kota lain saya tak hafal.

      * Hot Note cepat panas dan sering hang? Saya tidak mengalaminya.

      * Soal Flash Plus, ponsel pernah saya gunakan tanpa pelindung layar. Layar tetap tidak responsif. Firmware sudah saya update penerimaan sinyal juga tetap lemah. Jadi, buat saya, Flash Plus tetap merupakan ponsel terburuk yang pernah saya coba pada Januari 2015 sampai saat ini.

  95. selamat malam, saya ingin menanyakan apakah infinix hot note ini mudah panas seperti asus?
    terimakasih sebelumnya

  96. Koh herry menurut koh, lebih enak mana xiaomi redmi note 3G atau infinix hot note dari gengaman di tangan, kinerja, siapa yg cepet panas koh, sy galaw. Thanks

  97. Koh saya lagi bingung nih pilih Redmi 2, Lenovo A6000 dan Hot Note nih bisa kasih saran ?
    rencana buat browsing2, medsos ngegame ringan aja

    klo koh Herry tau infinix ini udah dijual di WTC blom ya? mau hunting di surabaya soalnya

    terima kasih atas responnya

    1. Pak/Bu Yuki,

      Saya belum pernah mencoba A6000. Jadi, tak tahu kinerjanya gimana.

      Medsosnya apa saja? Kalau lumayan aktif dan banyak, lebih baik Anda ambil Hot Note atau Redmi 2 Prime (bukan Redmi 2 saja).

      Hot Note ada yang jual di WTC kok. Namun, harganya Rp 1,999 juta.

  98. halo ko herry.. kebetulan saya ingin membeli HP baru dan tertarik dgn infinix hot note. lagi cari2 review. eh.. masuk kesini deh. review nya keren, gak berlebihan. ^^
    saya ingin tanya. kalau sekarang saya beli infinix tsb. selain di lazada, karena saya berencana beli di slah 1 situs online yang harganya lebih murah di bandingkan lazada saat ini.
    apakah semua produk nya saat ini sudah di upgrade firmware nya ya ko?
    karena harganya yg lebih murah (1,55juta), (lazada 1,89) takut nya dapet kayak hot note 1 seperti yg ko jelasin di atas. terima kasih sebelumnya.. πŸ™‚

  99. Halo pak herry setelah sebelumnya saya konsul sama pak herry untuk membeli infinix hot note dan akhirnya saya memantapkan ambil hape ini saya sangat puas terutama dengan kinerja baterainya… perforrmanya jg sgt ok utk maen game berat sangat mumpuni suhu perangkat jg tergolong adem apalagi sebelumnya saya menggunakan zenfone 5 yg boros dan cepat panas… utk kamera jg bisa saya katakan sedikit lbh bagus hot note dbanding zf 5 saya… tp di device yg saya beli ada deadpixelnya di bagian atas layar memang hanya 1 titik kecil dan tidak terlalu terlihat tp cukup mengganggu jika diperhatikan kira” apakah bisa diklaim ke SC terdekat gk ya pak herry soalnya saya beli online sgt malas kalo harus retur barang memakan wkt lama…. apakah service center infinix punya rekam jejak yg baik atau gk pak herry?

    1. Pak Aldy,

      Produsen barang elektronik memiliki kebijakan yang tidak persis sama terkait dead pixel. Namun, dalam beberapa hal, mereka seragam. Di antaranya, kalau dead pixel hanya satu titik tak bisa diklaimkan.

      Nah, karena dead pixel di ponsel Anda hanya satu titik, mestinya Anda tidak dapat melakukan klaim. Bila Anda tetap ingin mencobanya, saya tak bisa melarang. Rekam jejak pusat perbaikan resmi Infinix masih misterius.

  100. Begitu ya pak…. saya memang msh menimbang2 antara klaim atau tidak soalnya kebetulan juga SSC nya dekat dengan tempat saya…. sebelumnya memang saya belum pernah berurusan dg SSC karena setiap device yg saya beli selalu dalam kondisi baik dan awet… saya takutnya jika klaim ternyata hanya servis nah masa hp baru udah diservis…. itu anggapan saya namun mgkn saya akan coba melakukan klaim ketika ada waktu senggang btw makasih pak herry sudah berkenan menjawab pertanyaan saya…. sukses terus untuk pak agar terus dapat mereview gawai” terbaru dan tetap dg gaya review pak herry yg apa adanya..

  101. Maaf pak mau tanya
    Infinix hot not dibanding xiaomi redmi note 3g / 4g mendingan yang mana pak dari keseluruhan spek trimakasih..

    1. Pak Yusuf Adi P,

      Wah, saya belum pernah menyentuh ponsel bernama Infinix Hot Not. Yang pernah saya coba Infinix Hot Note.

      Redmi Note 3G layak beli. Kalau diadu dengan Hot Note, saya pilih Redmi Note 3G.
      Redmi Note 4G pasti bukan garansi resmi. Jangan dibeli deh.

    1. Pak Syndez,

      Produk yang dijual mulai akhir Juni 2015 pasti versi kedua, Pak. Jadi, kalau Anda membeli sekarang, dijamin takkan memperoleh versi pertama.

  102. Mau tnya ni gan, Kalo Hp yg main Game HD kayak asphalt 8,GTA SA dan ga cepat panas bagusan Infinix Hot 2, Infinix Hot Note atau Xiaomi Redmi 2???

  103. Saya ketipu sama penjualnya
    Harga infinix hot note 1,5-1,6.
    Sy beli 2jt brngi antigores kaca
    Memori 8 gb. Cukup kecewa disini.
    Utk handphone nya.
    Layanan puas

    1. Pak VNY 1922,

      Apakah Anda membeli di penjual offline? Kalau iya, pemilik toko di pusat penjualan ponsel biasanya mematok harga Hot Note Rp 1,999 juta alias Rp 2 juta.

  104. pak ,saya baru saja beli hot note x551 di lazada kebetulan lagi ddpt diskon dan cash back. ternyata inifinix ini sangat bagus,responsif,ketukan dilayar lsg nyala atau mati, layar jernih buat nonton film atau video youtube.RAM ternyata masih surplus sisa masih ada 1,3GB – 1,4GB ,padahal saya install macam2 apps ,twiter,fb,google,onedrive, dll aplikasi yg kalo kita install akan memakai RAM ,ternyata sistem android di infinix ini hemat RAM ,kalo ga salah dia pakai SELinux dibanding hape sejenis boros RAM. Storage internal masih cukup banyak ,sebagian apps bisa di pasang di Micro Sd.Untuk kamera baik depan dan belakang bagus jernih sesuai cahaya ruangan ,respon shuter cepat ,soalnya saya bandingkan dengan Lenovo A7000 ,Samsung. Buka aplikasi sampai 7 ga masalah ,RAMnya masih ada 1,2GB dan tidak leg ,saat membuka antar aplikasi. Untuk game berjalan mulus seperti modern combat 5 ,real racing 3,fast n furious,shadow fight 2. Infinix saya ini blum dpt update saat ini masih 4.4.2. Denga harga bagus infinix ini akan menjadi saingan hape sejenis yang harganya diatas 1,6juta – 2jutaan RAM 2GB/internal cuma 8GB. Hape ini layak dibeli dan tidak rugi dengan spek bagus dibanding pesaingnya. sekian terima kasih pak.

  105. sya pengguna infinix hot not..
    secara keseluruhan menurut sya bagus,baik kinerja maupun gaya klo untuk HP murahan kelas menengah ke atas…jdi engga usah ragu untuk membelinya (yg bergaransi resmi).
    di pegang tangan cukup keren berbanding dgn asus…di tambah dgn silicon case transparan lebih terlihat ilegan…berbanding sony z ultra yg sya pegang sebelumnya masih keren hot not kog karna z ultra lebih panjang dimensinya dan boros batre..
    ini kompor kecil aza buat yg berniat meminang HOT NOT….wkwkwkwkwkwkw!!!!
    Thanks Koh….ikut nyimak masukan nya….

    1. Pak Didik SH,

      Terima kasih atas ceritanya.

      Btw, yang benar Hot Note lho, bukan Hot Not. Sedikit nambahin kompor, harga ritel resmi Hot Note telah turun menjadi Rp 1,499 juta.

  106. om mau tanya, hp infinix teman saya kalau mau ngecharge ga bisa masuk daya, tapi kalo hpnya di taro di atas pemanas nasi selama kurang lebih 15 menit, hp nya baru mau ngisi daya om. itu kenapa ya? tapi masalah nya bukan karena chargerannya, soalnya sudah pernah di coba pake chargeran infinix lain dan chargeran tipe lain, tapi tetap ga ngisi, baru bisa ngisinya ya setelah di taro di atas pemanas nasi..

    mohon bantuannya ya om, makasih πŸ™‚

    1. Pak/Bu Fatih Mardiatin,

      Hmmm… agak aneh nih. Seolah baterai minta diberi kehangatan dulu ya. Coba diperiksakan ke pusat perbaikan resmi deh.

  107. Pak Herry. Kalo melihat dari performa (lemot atau gegas) untuk bermain game dan multitask, pilih infinix hot note atau pilih redmi 2 prime ya? Harga keduanya mirip…

    1. Pak Amaris,

      Kebetulan saya bukan gamer. Pemilihannya sederhana saja. Cari baterai yang tahan lama ambil Hot Note. Selain satu faktor itu, ambil Redmi 2 Prime.

  108. Gan mau nanya donk touch menu,home sama back di infinix x551 emang gak nyala ya,atau hh aku yg bermasalah,baru beli nih msh awam tentang infinix

  109. Pa Herry maaf pertanyaannya agak “berbeda jaman”, kalau Infinix Hot Note dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note lebih baik mana ya?

    Karena utk harga (skrg) tidak terpaut terlalu jauh. Tapi skor antutu dan hasil kamera Redmi Note jauh lebih unggul dari infinix Hot Note.

    1. Pak Adit,

      Maaf, saya tak tahu. Kalau Anda sudah memakai ponsel itu, coba langsung dicek saja dari menu update software.

  110. Pak Herry saya mau tanya, kelebihan dan kekurangan infinix x551 dan xiaomi redmi 2 prime apa? soalnya saya masih bingung diantara kedua hp tersebut mana yang harus saya beli.

  111. Saya Mau Tanya..Apakah Infinix Hot Note bisa mengubah tema?

    Juga bisa mengubah urutan tampilan aplikasi?(yang ada di app drawer)

    1. Pak Ardy,

      Terus terang saya sudah lupa karena telah lama tidak memakai Hot Note. Khusus pertanyaan kedua, seharusnya sih bisa.

    1. Bu Bertilia Capriana,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      SIM1-nya bisa? Untuk telepon, seharusnya tak ada pengaturan khusus. Sedangkan untuk internet, perhatikan pengaturan APN di ponsel. Pastikan pula SIM2 telah dipilih untuk aktivitas berinternet.

  112. pak herry, tgl 13 jan’16 saya baru terima hp infinix hot note x551 dr LAZADA yg champagne gold, semuanya perfect, os udh lolipop, interface colourfull, pokoknya too perfect buat hp harga 1,5 jutaan, cuma 1 yg agak janggal bg saya, pd saat nge – cas dlm kondisi padam total pengecasan selalu dimulai dr 50%, padahal sbelum saya matikan baterai tinggal 5%…? tapi jika di cas dlm kondisi hidup maka normal2 saja… 1 hal lg yaitu mengenai ketahanan baterai, pd saat kondisi baterai full, pemakaian 50% pertama daya tahan baterai cukup tangguh, tapi pd 50% sisanya baterai lebih cepat berkurang… jika ada waktu mohon pencerahan dr pak herry, makasih sebelumnya…

    1. Pak Roni Pedisa,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Coba lakukan kalibrasi baterai. Ini tahapannya:
      1. Gunakan ponsel sampai padam sendiri karena kehabisan daya.

      2. Nyalakan ponsel. Biarkan sampai padam sendiri lagi.

      3. Hubungkan ponsel dengan charger. Selama proses pengisian ulang, ponsel harus dalam kondisi padam. Cabut ketika baterai telah penuh.

      4. Nyalakan ponsel. Kalau indikator baterai belum menunjukkan angka 100%, hubungkan ponsel yang menyala itu dengan charger. Tunggu sampai indikator baterai menunjukkan angka 100%.

      5. Cabut charger, lalu restart-lah ponsel. Apakah indikator baterai kini tetap 100%? Kalau 100%, Anda boleh berlanjut ke poin nomor 7. Sebaliknya, bila indikator baterai tidak 100%, hubungkan ponsel yang sedang menyala dengan charger.

      6. Ulangi langkah nomor 5 sampai indikator baterai terlihat 100% saat ponsel baru di-restart.

      7. Gunakan ponsel seperti biasa sampai kehabisan daya dan padam sendiri.

      8. Saat ponsel dalam kondisi padam total, lakukan pengisian ulang tanpa henti sampai indikator baterai penuh.

      9. Selesai.

  113. Masih bingung antara mau yg lenovo a6000/a6000+ sama infinix hot note ini…
    Saya butuh hp yg cocok utk bisnis online…misal bbm dgn byk grup, aplikasi-aplkasi kayak tokopedia, bukalapak, traveloka dll,
    Masalah LTE atau gak g trlalu jd prmsalahan… Yg pnting dgn byk apk sprti itu dan kamera yg lumayan bagus…
    Bajet 1.7jt kbawah…kalo ada yg 1.5 k bawah…
    Terima kasih atas sarannya ya Pak…

    1. Pak Fahri,

      Saya berikan panduan berdasarkan tampilan menu Infinix Note 2 ya. Sesuaikan dengan kondisi ponsel Anda.
      * Masuklah ke settings, sound & notification, lalu tekan gerigi di baris general.
      * Gulirkan layar ke bawah untuk mencari menu vibrate on touch. Geser tombolnya ke kiri.
      * Kembali ke layar utama. Masuklah ke settings, language & input, lalu pilih Android Keyboard (AOSP).
      * Pilih preferences, cari vibrate on keypress, kemudian geserlah tombolnya ke kiri.
      * Selesai.

  114. Pak saya punya infinix X551 mau tanya ada masalah ketika screenshot kenapa tidak bisa. Setelah saya tekan volume bawah dan power tiba2 ada notification bahwa aplikasi tidak diizinkan/penyimpanan penuh (padahal memory masih sisa 8giga mohon pencerahannya

    Terima kasih

  115. pagi ko herry
    bagaimana cara mengetahui infinix hot note 2 nya bergaransi resmi jika beli dilazada
    secara peforma bagus ini atau xiaomi redmi 2 prime?bingung milih antara 2 hp ini
    mohon pencerahan nya..makasih

    1. Bu Rara,

      Tidak ada ponsel bernama Infinix Hot Note 2. Tolong Anda perjelas dulu yang dimaksud Hot 2, Hot Note, atau Note 2. Setelah tahu, saya baru bisa membandingkannya dengan Redmi 2 Prime.

      Ponsel Infinix yang dijual di Lazada adalah produk bergaransi resmi.

  116. pagi ko herry
    bagaimana cara mengetahui infinix hot note 2 bergaransi resmi yang beli di lazada
    kalau peforma dibandingkan xiaomi redmi 2 pilih mana ya koh..??

  117. maksud saya yg infinix hot note x551 yang anda review ini.takut nya nanti beli dilazada dapat garansi distributor..
    kalau soal peforma dibandingkan xiaomi redmi 2 prime pilih mana ya?? karena membaca komen dari review xiaomi redmi 2 prime yg bapak ulas banyak yang bermasalah xiaomi redmi 2 prime nya.saya jd bingung pilih mana diantara infinix hot note x551 ini dengan xiaomi redmi 2prime

    1. Bu Rara,

      Hot Note yang ada di Lazada bergaransi resmi.

      Hot Note vs Redmi 2 Prime? Secara umum lebih unggul Redmi 2 Prime.

    1. Pak Anto,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Tidak bisa dipastikan sekarang karena pergerakan ponsel cukup dinamis. Bila yang dicari ponsel dengan baterai besar, kemungkinan sih masih cukup layak.

  118. ko, kalau xiaomi redmi vs infinix hot note x551 lebih baguasan yang mana? rencana mau beli hp baterai awet dibawah 2 jt.

      1. maaf nich ko, kalo infinix hot note vs xiaomi note 2 bagusan mana? soalnya saya cari2 di daerah saya belum ada redmi 3, terima kasih

        1. Pak Fin,

          Tidak ada ponsel Xiaomi bernama Note 2. Kalau yang dimaksud Redmi Note 2, saya belum pernah mencobanya. Redmi Note 2 yang sekarang ada di pasar pasti tanpa garansi resmi lho.

    1. Pak Fin,

      Redmi tipe apa dulu nih? Sebab, ada banyak tipe ponsel Xiaomi Redmi.

      Kalau anggaran di bawah Rp 2 juta dan cari yang baterainya awet, beli Infinix Note 2 (bukan Hot Note) saja deh.

      1. terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membalas pertanyaan saya. nanti saya coba cari yang note 2, mudah2an ada. soalnya hp infinix agak susah dicari barangnya. Mau tanya juga apakah ada yang curhat keluhan seputar service centre infinix? terima kasih.

        1. Pak Fin,

          Di Lazada masih ada stok kok. Kemarin saya baru pesan satu unit lagi. Namun, harga ponsel maupun ongkos kirimnya naik. Total ke Surabaya kena Rp 2.031.000.

          Sejak Desember tahun lalu Infinix menunjuk mitra baru dalam pengelolaan pusat perbaikan resmi. Belum ada testimoni masuk sehingga saya belum mengetahui kualitas layanannya.

          1. thanx ko herry, akhirnya saya ambil yang infinix hot note dikarenakan stok infinix x600 gak ready di tempat saya beli. Kalo beli online buat handphone masih ada perasaan takut ko, soalnya saya di pontianak. Kalo ada kendala pas sampai apa bisa tukar unit gitu mikirnya. soalnya dulu ada pengalaman beli tab Axio malamnya baru ketahuan kalo buat panggilan pasti restart, alhasil besok tukar unit ke tokonya. Nah kalo beli online ada masalah kayak gitu gimana tuh ko? jujur saya masih takut belanja online. Saat hands on rasanya tampilan layar hot note kurang tajam untuk video youtube 720p, apakah memang seperti itu? Terima Kasih dan sukses selalu buat Ko Herry

          2. Pak Fin,

            Benar. Kalau ada masalah dengan ponsel yang baru saja diterima dari transaksi online, proses klaim pasti akan lebih lama dan ribet.

            Soal YouTube, kala Anda mengakses YouTube, YouTube akan otomatis menyesuaikan resolusi video yang ditampilkan dengan memperhatikan kecepatan koneksi dan spesifikasi layar ponsel. Saya menduga koneksi internet Anda kebetulan kurang kencang sehingga yang ditampilkan adalah video beresolusi rendah. Kalau ingin tajam, ubahlah pengaturan video dari “auto” menjadi “720p”.

  119. Ko, mau tanya, kalo infininix hot note sama redmi note 2 lebih unggul yang mana, agak bingung mau pilih yang mana. terima kasih sebelumnya.

    1. Bu Fellisa,

      Ini maksudnya Infinix Hot Note vs Xiaomi Redmi Note 2 ya? Saya belum tahu mana yang lebih bagus karena belum pernah mencoba Redmi Note 2.

  120. Maaf Pak Herry, mau nanya lagi. Membedakan Infinix Hot Note yg garansi resmi dan distributor bagaimana ya? Kebetulan saya mau beli di toko offline di daerah Solo. Apakah bisa dilihat dari kardusnya? Atau dari menu pengaturan?
    Saya malah baru dengar ada Infinix garansi distributor… Terima kasih Pak.

    1. Pak Amaris,

      Infinix yang beredar di sini semua masih bergaransi resmi deh. Belum ada yang tidak resmi. Nah, distributornya di sini itu Bintang Cemerlang.

  121. Ko herry mau tanya., apakah daya tangkap sinyal infinix hot note ini memang lemah? Saya pakai operator three sinyal selalu 1 sampai 2 bar saja. Sedangkan di hp lain tidak begitu. Terima kasih sebelumnya.

  122. Pak,batere infinix hot note kan unremovable,nah klau suatu saat kita pakai tiba2 hang dan tidak bisa di power off/restart,apa yang harus kita lakukan? (tanpa harus mengirim/membawa ke service center karena mungkin harus menunggu lama sampai bulanan)…thanx.

    1. Pak Chandra,

      Ponsel dengan baterai tanam pasti memiliki jurus tertentu untuk memaksanya padam atau restart. Coba tekan dan tahan tombol power selama belasan detik.

  123. Halo koh, stelah sejam baca blog ini Dari atas baru may comment skrg. Saya Pake Infinix hot note 2 x551 sudah 5 bulan.
    Kendalanya ini icon bbm tidak muncul pdahal udh saya setting nyala trus. Dan sinyal lebih lalod ketimbang Asus zenfone 2 saya. Tapi memang battery lbih bagus.

    1. Pak Andhika MW,

      Soal BBM, maaf, saya tak tahu. Kebetulan saya bukan pengguna BBM.

      Sinyal lebih lalod? Ehm… maksudnya gimana ya?

  124. Pak, itu yg hot note 1 mmg belinya dmna? Kok beda dgn yg nomer 2?
    Dan apa bisa dijamin klo beli di lazada sprti yg Bpk dpat (lbh bagus dr nomer 1)?

    1. Pak Jiaulhaq Robbani,

      Dapat doorprize waktu acara peluncuran Hot Note.

      Ya, dijamin. Kalau saat ini Anda beli Hot Note di Lazada, pasti dapat unit yang saya istilahkan sebagai Hot Note 2.

  125. Jd istilahnya itu cm sample mgkin ya Pak? Krna Untk doorprize jd dksih yg ‘cacat’
    & apa smw hot note yg beredar skrg di olshop mwpn di toko2 biasa sdh hot note 2 (yg tnpa ‘cacat’ sprti hot note 1) ???

    1. Pak Jiaulhaq Robbani,

      Ya, itu live demo unit, tetapi sudah versi final. Bukan prototipe. Setelah dicek, ternyata Hot Note 1 yang saya terima itu salah isi firmware. Yang diisikan firmware untuk Afrika.

      Ya, yang sekarang beredar pasti versi Hot Note 2.

  126. Wah trnyta udh dijwab dr stgh jam yg lalu ya.. sy baca2 komen tny jwab di atas n gk refresh..

    Thanks Pak Herry, care bgt m yg tnya..

    1 lg Pak maaf (sambil nnton F1 Rio Haryanto), di atas ada yg mgluh ttg firmware hot note 1 pdhal sdh beli di lazada dgn grnsi resmi.., itu gmna ya Pak?
    Brti Beli di lazada + garansi resmi pun ada kmgkinan dpt yg hot note 1… ?!

    1. Pak Jiaulhaq Robbani,

      Kalau beli di Lazada, bahkan biarpun belinya tahun lalu, mustahil dapat yang varian Hot Note 1. Pasti dapat yang Hot Note 2.

      Btw, supaya tidak rancu, kita samakan persepsi dulu ya. Tipe ponsel yang dibeli adalah Hot Note alias X551. Di naskah review saya sebutkan Hot Note 1 dan Hot Note 2 sekadar untuk membedakan Hot Note unit pertama dan kedua yang pernah saya coba.

      Pada November tahun lalu, Infinix mengeluarkan tipe baru Infinix Note 2. Itu tipe berbeda lagi. Jangan menganggap Note 2 sama dengan Hot Note 2.

      Bagaimana sudah jelas?

    1. Pak Jiaulhaq Robbani,

      Sip. Berarti persepsi kita sudah sama.

      Kalau mau beli Hot Note, silakan bertransaksi. Pasti bukan dapat unit Hot Note 1 kok.

    1. Pak/Bu Jiaulhaq Robbani,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Tidak ada ponsel yang antigores. Ponsel dengan layar Gorilla Glass pun sebenarnya tidak antigores lho. Dia hanya lebih tahan terhadap goresan.

  127. Cara nya fast charging untuk infinix hot note gimana. Dulu punyaku cepat sekarang kok tambah lama untuk Charging. Tolong ya

  128. Pak Herry,

    Seumpama anda dihadapkan dgn Redmi 2 Prime Distributor dan Infinix Hot Note anda lbh prefer yg mana Pak?

    Saya plening mau upgrade dari Redmi 2 resmi milik Saya ke salah satu gadget tsb,

    Mungkin Pak Herry menpunyai refrensi hh gegas selain yg Saya sebutkan diatas.

    Terimakasih Sebelumnya

  129. Akhirnya beli juga nih HP setelah baca2 review nya Pak Herry SW
    Meskipun paket dari lazada nya sempat nyasar dulu, wkwkwkwk
    Sangat puas dengan nih hp, terutama Battery, keren banget
    Cuman sayang, penyakit nya sama ya dengan adik nya yang baru Launching, yang zero 3 kalo gak salah
    Di GPS nya terutama, kalo pake waze dan Google maps, lokasi nya kemana2, bahkan kalo lagi di tol, posisi nya bisa meleset jauh banget ke jalan2 kampung
    Kalo Gmail nya, ikut saran pak HSW aja, liat dari warna jam nya yang biru aja, hehe

  130. Saya beli HP Infinix X551 Hot Note – 16 GB – Abu-abu di Toko Online Nasional.tgl 21 April 2016
    Kemudian saya pasang SIM 1 untuk Internet dan SIM 2 unttuk Phone., Namun untuk internet kog tidak bisa akses google, muncul info tidak dapat mengakses google server…
    membuka playstore juga tidak bisa, tapi saat membuka palm play bisa. Kenapa ya pak kog bisa begitu?

    1. Pak Mujiono,

      Kalau buka situs lain, misalnya, Detik.com dan Ponselmu.com, bagaimana, Pak? Kalau bisa, bisa jadi Play Store-nya kebetulan sedang gangguan.

    1. Pak Jihan,

      Lah… saya bukan cenayang. Tak bisa meneropong kerusakan ponsel dari jarak jauh. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Infinix untuk dicek.

  131. Slamat pagi para suhu. Pak saya mau tanya kok HP infinix saya kalau di sambungkan ke Wifi gak bisa tersambung ya, & lambang wifi pun gak nampak di layar atas ? Saya kurang paham dengan pengaturan wifi di hp infinix ini,
    Tolong pencerahan nya pak !
    Terima kasih sebelum nya.

    1. Pak Shenda,

      Pastikan menu Wi-Fi di ponsel Anda sudah aktif. Setelah itu, hubungkan ponsel ke access point yang diperoleh. Pesan kegagalan apakah yang muncul?

  132. hp infinix hot note saya kok ga suaranya ya…! itu knp pak ? klo nelpon bisa..tpi klo pake suara luar ga bisa, mau dengerin musik atau vidio ga ada suara, padahal volumenya sudah saya fullin…mohon ilmu nya pak…
    trims

  133. Pak, mau menanyakan, ini hp saya kenapa ya wkwkwk
    kadang baterainya bisa turun drastis
    kadang bisa tahan sampe jam 11 malem
    lalu pernah terjadi juga dari 70% ke 30% itu habis dalam satu jam an, lalu saya restart, indikator tetep 30% sampe jam 11 malem wkwkwk
    itu kira kira bug apa kesehatan baterainya ya pak?
    kalo memang kesehatannya, apakah bapak tau kisaran berapa harga baterainya?
    terimakasih

    1. Pak Danang,

      Perilaku pemakaian Anda sama atau berbeda-beda? Beda perilaku pemakaian bisa beda konsumsi baterai lho. Masa edar Infinix Hot Note belum sampai setahun. Jadi, mestinya baterai belum rusak.

      Bila Anda curiga baterai ponsel Anda “mabuk”, coba lakukan kalibrasi baterai deh. Ini tahapannya:
      1. Gunakan ponsel sampai padam sendiri karena kehabisan daya.

      2. Nyalakan ponsel. Biarkan sampai padam sendiri lagi.

      3. Hubungkan ponsel dengan charger. Selama proses pengisian ulang, ponsel harus dalam kondisi padam. Cabut ketika baterai telah penuh.

      4. Nyalakan ponsel. Kalau indikator baterai belum menunjukkan angka 100%, hubungkan ponsel yang menyala itu dengan charger. Tunggu sampai indikator baterai menunjukkan angka 100%.

      5. Cabut charger, lalu restart-lah ponsel. Apakah indikator baterai kini tetap 100%? Kalau 100%, Anda boleh berlanjut ke poin nomor 7. Sebaliknya, bila indikator baterai tidak 100%, hubungkan ponsel yang sedang menyala dengan charger.

      6. Ulangi langkah nomor 5 sampai indikator baterai terlihat 100% saat ponsel baru di-restart.

      7. Gunakan ponsel seperti biasa sampai kehabisan daya dan padam sendiri.

      8. Saat ponsel dalam kondisi padam total, lakukan pengisian ulang tanpa henti sampai indikator baterai penuh.

      9. Selesai.

      1. pemakaian sih sama pak setiap hari, 60% game, 30% sosmed browsing

        oke pak, pas lagi longgar coba saya lakukan kalibrasi yang disarankan

        makasih pak

  134. Saya mau tanya, Pak:

    Antara Infinix Hot 3 X553 (4G LTE) dg Lenovo A6000 Plus, kalau untuk digunakan dalam jangka waktu lama (maksudnya: ndak ganti2 HP : ), lebih bagus & awet mana ya, menurut Ponselmu.com?

    Terima kasih : )

  135. pagi om herry, mohon pencerahannya, karena budget pas2an tapi ingin dapat android yang kualitas barangnya bagus. mana yg harus sy beli dari sekian android harga dibawah 2 jutaan ukuran 5,5 inch. terimakasih om, sy tunggu review dri om

  136. pak saya memakai infinix hot note, bagaimana cara menonaktifkan layar getar saat kita mengetik sesuatu, misalnya mengirim pesan atau searching sesuatu dari google
    dan itu sangat mengganggu pak,
    saya sudah cari pengaturan tapi tetap juga ga bisa
    mohon infonya pak, terimakasih.

    1. Bu Renti Purba,

      Saya sudah tidak memakai Hot Note sehingga tak bisa mengecek detail menunya. Saya berikan gambaran umum saja ya. Silakan cek dengan tampilan menu di ponsel Anda.

      * Dari layar utama masuk ke settings, lalu sound & notifications. Cari advance settings. Berikutnya, matikan vibrate on tap/touch.
      * Dari layar utama masuk ke settings, language & keyboard, lalu pilih keyboard yang saat ini aktif. Masuk ke pengaturan keyboard itu. Matikan vibrate on keypress/touch.

      Selesai.

  137. Pak mau tanya kok saya gk bisa daftar ke email ya
    Saya pkek hp infinix zero3
    Makaaih
    Ditunggu jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *