Review Infinix Hot S: Akhirnya Bisa Cicipi 4G LTE Semua Operator

Tak perlu bingung membaca judul tulisan ini. Penjelasannya sederhana. Ketika diluncurkan, spesifikasi perangkat keras (hardware) Infinix Hot S sebenarnya sudah mendukung 4G LTE. Namun, lantaran masih dalam proses pemenuhan aturan TKDN, fitur 4G-nya harus dinonaktifkan.

Pada 14 November lalu, Hot S resmi lulus TKDN. Dengan demikian, ponsel berkode tipe X521 itu diizinkan dijual sebagai ponsel 4G. Karena ia kompatibel dengan layanan LTE di frekuensi 850, 900, 1800, dan 2300 MHz, berarti Hot S bisa mencicipi 4G LTE semua operator di Indonesia.

rev-hot-s-1

Sampai di sini mungkin timbul satu pertanyaan. Bagaimana nasib konsumen yang terlanjur membeli Hot S? Apakah ponselnya seumur hidup hanya bisa menikmati layanan 3G? Jawabannya, tidak! Notifikasi untuk memperbarui firmware sehingga dapat mengakses layanan 4G seharusnya telah mereka terima. Seandainya belum, mereka tinggal masuk ke menu settings, about phone, lalu memilih system update. Ikuti petunjuk selanjutnya yang tersaji di layar.

Hot S merupakan ponsel pertama Infinix yang dibekali bodi logam sekaligus sensor sidik jari. Selain mengaktifkan dan membuka layar yang terkunci, sensor sidik jari itu memiliki fungsi tambahan. Misalnya, memberikan instruksi memotret dan menerima panggilan telepon masuk.

Ponsel itu hadir dengan layar IPS 5,2 inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel. Untuk mengaktifkan layar, selain memanfaatkan sensor sidik jari, pengguna bisa memakai ketukan jari. Ketukkan jari dua kali di permukaan layar, layar Hot S spontan menyala. Lakukan hal serupa untuk memadamkan layar.

Di sisi kiri bodi terdapat selot kartu SIM dan microSD yang berstatus hybrid. Kalau pengguna memasangkan dua kartu micro SIM, Hot S akan berfungsi sebagai ponsel Android dual SIM. Tidak ada selot memori eksternal. Sementara itu, bila pengguna menyelipkan satu micro SIM dan satu microSD, jadilah Hot S laksana ponsel single SIM dengan selot memori eksternal.

Selama uji pakai, penulis alias HSW memilih alternatif pertama. Dua nomor siaga bersamaan. Nomor yang digunakan berinternet, tak peduli di selot SIM1 atau SIM2, leluasa masuk ke jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE. Umpama ingin mengunci nomor di jaringan 4G LTE, pengguna bisa melakukannya dengan gampang. Langsung dari menu ponsel. Kemudahan itu terutama sangat membantu pengguna yang berencana memadukan Hot S dengan 4G LTE Smartfren.

rev-hot-s-26

Kamera utama Hot S dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat ganda. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Bagi pengguna yang gemar bereksperimen, tersedia mode profesional yang mengizinkan parameter pemotretan diubah manual. Kecepatan rana (shutter speed) bisa diatur mulai 1/1.014 detik hingga sepuluh detik. Sedangkan pilihan ISO antara 100 dan 1600.

Sementara itu, kamera di sisi muka Hot S sanggup memproduksi foto beresolusi delapan megapiksel. Ia tanpa fokus otomatis, tetapi dilengkapi lampu kilat. Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera tersebut siap menghasilkan klip video beresolusi HD 720p.

Prosesor delapan inti (octa core) MediaTek MT6753 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB adalah sebagian spesifikasi lain Hot S. Saat ponsel baru diaktifkan untuk kali pertama, sisa memori internal tercatat 9,84 GB. Ponsel bersistem operasi Android 6.0 Marshmallow itu mendukung USB On-the-Go yang lazim disingkat USB OTG.

Pengguna Hot S idealnya tidak melewatkan fitur XHide dan XManager. XHide memungkinkan pengguna menyembunyikan file-file yang bersifat privat. Sedangkan XManager memiliki beragam fungsi, salah satunya menyaring panggilan telepon dan SMS masuk.

rev-hot-s-2

Setelah berhari-hari memakai ponsel berdimensi fisik 148,8 x 73,2 x 8,1 milimeter dan berat 140 gram itu, HSW menyimpulkan Hot S adalah ponsel yang secara umum menarik. Lebih-lebih bila mencermati harga jualnya saat ini yang Rp 1.649.000.

Ponsel tersebut enak dipandang mata, nyaman digenggam, dan responsif. Kompatibilitas 4G LTE-nya pun komplet. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai tanam 3.000 mAh ponsel itu sanggup bertahan selama 14-16 jam.

Menurut HSW, kamera menjadi titik lemah ponsel yang dipasarkan dalam pilihan warna emas dan abu-abu itu. Performa umum kamera Hot S layak disebut kurang bagus. Lebih buruk dibandingkan hasil jepretan kamera Infinix Hot 3. Foto yang dihasilkan tidak tajam. Akurasi warnanya sering meleset dibandingkan warna asli objek.

Jadi, Anda mau membeli Hot S warna apa?

***

Inilah contoh foto yang dihasilkan Hot S.

rev-hot-s-3

rev-hot-s-4

rev-hot-s-5

rev-hot-s-6

rev-hot-s-7

rev-hot-s-8

rev-hot-s-9

rev-hot-s-10

rev-hot-s-11

rev-hot-s-12

rev-hot-s-13

rev-hot-s-14

rev-hot-s-15

rev-hot-s-16

rev-hot-s-17

rev-hot-s-18

rev-hot-s-19

rev-hot-s-20

Dua foto berikut ini dijepret menggunakan kamera depan.

rev-hot-s-21

rev-hot-s-22

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

rev-hot-s-23

rev-hot-s-24

rev-hot-s-25

320 thoughts to “Review Infinix Hot S: Akhirnya Bisa Cicipi 4G LTE Semua Operator”

  1. akhirnya review yang saya tunggu keluar juga
    Desain belakangnya cantik ya koh, sayang ternyata kameranya tidak istimewa.
    btw, koh herry kayaknya nggak bakalan review Vivo V5 ya ? langsung loncat ke LG V20 :’v

  2. Pak Herry,

    Bila dibandingkan dengan flash plus 2 yg ram 2gb, pak Herry pilih yg mana? Karena di lazada harganya saat ini beda cuman 50rb saja..
    Saya bingung pilih yg mana karena sama2 berbody metal, fingerprint, rom dan ram yg besarannya sama..

  3. Bung HSW

    Banyak para reviewer yang menilai positif infinix hot S
    saya lihat hasil kameranya juga tidak ada yang salah.
    bila dibandingkan infinix Note 2 lebih bagus mana bung?
    jika infinix Note 3 resmi masuk Bung HSW ingin mengulasnya juga?
    ~terima kasih~

    1. Pak Rizal,

      Pertanyaan Anda kok bisa sama persis dengan penanya sebelumnya ya.

      Kalau tak perlu sensor sidik jari, mending Pureshot+.

      Hmmm… tidak ada yang harganya persis sama nih.

  4. Untuk gegasnya dibanding zenfone max bagus mana koh?ada quick charge koh?
    Hanya dijual online ya koh?untuk bodi panas gak koh?

    1. Pak Dhimas,

      Dulu saat peluncuran memang dibilang yang akan dijual warna gold dan rose gold. Namun, entah karena alasan apa, dalam penjualan nyata yang tersedia warna gold dan grey.

  5. Finally keluar juga hasil reviewnya,,
    Apakah secara keseluruhan dilihat dr kegegasan, kamera, lebih baik Zenfone max, hisense pureshot, hot 3, hot s, andromax E2+, mohon diurutkan jika berkenaan… Tq

  6. Wah, kamera nya buruk? Bukannya Infinix Hot S justru mengutamakan kamera ya pak? Oh iya pak, kalo hape ini diadu dengan redmi 3 prime, kira2 hasil fotonya dan kegegasan menang mana?
    Hot S yang versi pro, apakah jadi dijual di Indonesia? Terima kasih Pak Herry.

    1. Pak Amaris,

      Ya, kurang bagus. Lebih menonjolkan sensor sidik jari sih.

      Redmi 3 Prime lebih unggul.

      Ya. Mestinya minggu ini mulai didistribusikan offline di beberapa kota besar.

  7. Tinggal dibandingkan dengan Hot 4 pro yang harganya hampir sama. Apa ga saling membunuh market antara Hot S ini dengan Hot 4 Pro? Kemudian Hot S dengan Flash Plus 2 lebih baik yang mana? Terima kasih.

    1. Pak Hendra,

      Mestinya beda segmen sih.

      Hot S versus Flash Plus 2? Kamera imbang dengan plus minus masing-masing. Lain-lainnya saya lebih condong ke Hot S.

    1. Pak Uqil,

      Hot S untuk pasar online, Hot S untuk pasar offline. Hot S dibekali RAM 2 GB, sedangkan Hot S Pro RAM 3 GB.

      Yang masih simpang siur, memori internal Hot S Pro yang dulu dibilang 16 GB kabarnya bakal diubah jadi 32 GB.

    1. Pak Kurnia,

      Ya, saya memang punya banyak kaos Joger. Alasan utamanya, kaos Joger ukurannya gede banget. Pas buat tubuh saya. Alasan berikutnya, harga rasional dan enak dipakai.

  8. Mantap koh,akhirnya keluar juga review nya..
    Ada beberapa pertanyaan sih koh,infinix hot s kalo dibandingin dengan moto e3 power dlm hal :
    1. Bloatware nya gimana koh?
    2. Untuk kegegasannya dibandingin moto e3 power
    3. Build quality nya

  9. Koh kamera depan hot s kan di sitenya katanya anglenya 120 derajat.berarti sama dong ama kamera depan wide lg v20?tp sy liat foto foto disini yg pake kamera depan,tidak wide wide banget y…

  10. Selamat malam Pak HSW,

    1. Jika dibandingkan dengan Pureshot, secara umum mana yang lebih menarik.

    2. Spesifikasinya (kecuali baterai), mana yang lebih tinggi antara Hot S dan Hot 4 Pro?

    Terima kasih.

    1. Pak Fredy,

      1. Pureshot.

      2. Yang lebih penting diperhatikan sebenarnya kinerja nyata, bukan spesifikasi di atas kertas. Pureshot tidak dibekali sensor sidik jari, sedangkan Hot S memiliki fitur tersebut.

      1. maaf pak Herry kok jawaban bapak yang kedua aneh ya pak, pak Fredy menanyakan hot s dan hot 4 pro, tapi bapak jawab Pureshot

        1. Pak Leo,

          Thanks atas koreksinya. Efek menjawab pertanyaan pukul 01.00 pagi nih. Saya pikir masih berkorelasi dengan Pureshot.

          Jawaban yang benar: Yang lebih penting diperhatikan sebenarnya kinerja nyata, bukan spesifikasi di atas kertas. Karena saya belum uji pakai Hot 4 Pro, saya belum bisa jawab.

  11. Pak Herry

    Apa belum berkeinginan untuk review Feature Phone lagi?
    Mungkin berkenan review Alcatel 1054D, karena sepertinya produk tersebut cukup menarik dengan harga setara Nokia 105. Cukup banyak dicari di daerah saya dan di online marketplace juga banyak yang beli, tetapi apakah performanya bagus atau tidak belum ada yang review.
    Satu lagi, kalau Pak Herry ingin menjualnya juga gak rugi-rugi amat. 😀

  12. Duh terlanjur beli redmi 3s 2/16 kemarin yg harganya cm beda 50rb untuk tante saya.

    Kalau dibandingkan soal kamera dengan redmi 3 prime, menang mana pak? Kamera depan pixel nya gede an ini, tp apa lebih bagus?

  13. Ko Herry,saya minta pendapat ko Herry seandainya kalo di banding dgn Hisense pureshot+ lbh worthy/baik yg mn selain kelebihan finger print & USB OTG (infinix) & batere lepas (Hisense)?
    Saat ini sy sdg ditawarin Hisense Pureshot dgn hrg Rp 1,3 jt dpt 5 GB data & Pureshot+ hrg dpt data Rp 1,5 GB dari kartu smartfren.
    Perkiraan dgn budget sekitar Rp 1,5 jt utk dipakai anak kedua saya.
    Terima kasih.

    1. Pak Chely Zhang,

      Menurut saya, mending ambil Pureshot (tanpa embel-embel plus).

      Namun, kalau pilihannya Pureshot+ atau Hot S, ya silakan ambil Pureshot+.

  14. Pagi Pak HSW,

    Saya punya rencana ganti HP dengan Budget 1,8 kebawah. Nah saya punya dua kandidat, yaitu Flash Plus 2 RAM 2GB dan Infinix Hot S RAM 2GB, menurut Pak HSW lebih baik memilih yg mana jika kebutuhan saya adalah Kamera dan daya tahan Baterai?

    Terima kasih.

    1. Pak Cecep,

      Apakah anggaran tidak bisa ditambah menjadi Rp 1,9 juta? Kalau bisa, coret dua ponsel itu dan belilah Moto E3 Power saja.

  15. Pak Herry,
    Saya punya budget 2 juta.
    Antara infinix hot s, moto e3 power dan asus zenfone 2 laser ze500kl, mending pilih mana?

  16. Pak Herry,

    Kalau dibanding Flash Plus 2. pak Herry rekomen mana?
    Hasil foto bagus mana pak? Oya, soal kinerja menurut pak Herry antara Hot S, Flash Plus 2, dan Pureshot Plus?

    Terima kasih.

    1. Pak Erik,

      Saya lebih condong ke Hot S.

      Foto jarak dekat lebih bagus Hot S. Foto jarak menengah dan jauh lebih bagus Flash Plus 2.

      Pureshot+ terbaik.

  17. Siang ko herry,sy pengguna lenovo a7000,beberapa hari ke depan mau ganti sama flash plus 2 (lagi nunggu kiriman Lazada)..tapi saya baca2 postingan di group pesbuk para pengguna flash plus 2 kok terkesan banyak keluhan yaa,menurut ko Herry yang udah pernah pake flash plus 2 itu gmn secara keseluruhan..kalau sy minta tolong urutin dari yang paling bagus ke yg paling biasa antara Lenovo vibe k4 note,infinix hot S,flash plus2&xiaomi redmi note 3 pro..gmn urutannya??..hatur nuhun sblmnya

    1. Pak Fandhye,

      Flash Plus 2 memang tidak istimewa.

      Urutan versi saya: Vibe K4 Note, Redmi Note 3 Pro, Hot S, dan Flash Plus 2.

  18. Maaf,koreksi kalimat terakhir sy. Yg benar adalah :
    Hisense pureshot+ dapat 30 GB data dgn hrg Rp 1,5 jt.
    Demikian kesalahan pengetikan sy diatas ko Herry.

  19. Ko Herry SW,

    Ada rekomendasi utk Android phone yg spec kurang lebih hampir sama dan harga setara+sebagus Infinix Hot S, tapi ukuran layarnya sekitar 5.5 – 6 inch??
    Sudah 4G LTE
    Maksimal budget nya Rp 1.800.000,-

    Terima kasih

  20. Kalau dibanding dengan Moto E3 Power bagaimana performa keseluruhannya pak?
    Utk smartphone dgn harga 2juta kebawah yg mendukung semua provider 4G Indonesia, menurut Pak Herry smrphone mana saja yg masuk 3 besar berdasarkan yg sdah Pak Herry review.

    1. Pak Ahmad,

      Kegegasan lebih unggul Hot S. Kamera menang E3 Power.

      Hisense Pureshot saat ini jadi juara pertama. Dengan harga seperti sekarang, dia menang telak melawan urutan berikutnya.

  21. Pak Hsw

    Saya mau tanya harga di galeri smatfren berapa ya ? Kok saya cek di website resmi smartfren masih 1,7an ? 🙂

    Tolong jawab pak hsw, saya berencana mau beli pureshot liburan desember ini

  22. Pak Herry, saya tertarik dengan infinix hot S pro, apakah sudah tersedia di surabaya ? dan kalau sudah ada, diinfokan jualnya secara offline, dimana bisa saya dapatkan infinix hot s pro ? atau toko di surabaya yang jual ?..Terima Kasih

      1. dear pak Herry,

        betul pak, minggu kmrn saya ke WTC sudah ada stok. tapi…harganya murah di online. Hot S disana dijual 1,9. nggak tau bisa nego atau tidak.

  23. saya sudah dapat notifikasi untuk update sistem supaya 4g nya bisa dibuka, tp waktu instal kok gak jalan2 ya loadingnya padahal sudah pakai wifi dan ditambah sd card. utuk update bapak pakai sd card berapa gb pak? terima kasih:)

  24. Pak, mau tanya HP yg recommended apa ya, yg layar nya 4-4,7 inch. Android minimal lolypop, RAM minimal 2Gb, Merk global, prioritas bs 4G, tp andaikan mentok 3G tdk apa-apa. Budget maksimal 5jt.
    Trims sblmnya

    1. Pak Rizafa,

      Hmmm… dengan kriteria layar seperti itu, tak banyak pilihan deh. Silakan mencari Sony Xperia Z3 Compact.

  25. Pak Herry,

    Baru tahu kalau Hot S Pro bakal dijual offline.
    Saya coba-coba cari di situs online ternyata sudah ada yang jual, dengan RAM 3GB dan ROM 16GB.
    Apakah benar internal Hot S Pro cuma 16GB?
    saya sih berharapnya 32GB, jadi bisa bersaing dengan Flash Plus 2 versi 3/32..
    Oya, apakah pak Herry tidak ada rencana review Hisense Pureshot+ 2? Karena saya coba-coba cari reviewnya hampir tidak ada..

    Terima kasih pak Herry.

    1. Pak Erik,

      Sejak awal memang Hot S Pro akan dijual via jalur offline. Kalau ada yang jual online, kemungkinan itu pedagang offline yang juga berjualan online.

      Ya, saat peluncuran dibilang Hot S Pro dibekali ROM 16 GB. Namun, terakhir muncul rumor kalau ROM ponsel itu 32 GB. Saya belum tahu realita di pasar akan seperti apa.

      Saya tidak berencana me-review Pureshot+ 2.

  26. Pak hsw

    Melanjutkan pertanyaan tentang harga pureshot di galeri smartfren

    Oke kalau harga pureshot di galeri smartfren, benar 1,299 juta? Aku dan ibuku berburu pureshot di galeri smartfren

  27. Halo ko Herry,
    boleh minta rekomendasi HP Android dengan MAKSIMAL budget 1.3jt ? (kalo ada yang 1jt atau dibawahnya malah lebih baik)
    ram boleh 1-2gb, tapi saya lebih utamain kamera dan baterainya (baterai tetap jadi acuan utama),
    Saya mau beli untuk dijadikan kado untuk ultah ibu saya, berhubung dia mau foto2 dan selama ini beliau ga pernah pake hp android, makanya saya pun ga memberikan hp yg terlalu premium.

    NB: pernah tertarik dengan samsung z2, tapi baterainya itu loh, duh banget kapasitasnya..
    terus seingat saya ada merek asus dengan harga segitu juga, tapi saya udah kapok dengan merek asus,
    saya lebih percaya merek xiaomi, tapi adakah merek xiaomi yang memenuhi kriteria diatas?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Bu Jessica,

      Jangan beli Samsung Z2. Ponsel yang jelek banget tuh. Tidak ada ponsel Xiaomi yang memenuhi kriteria tersebut.

      Dengan anggaran maksimal Rp 1,3 juta, tidak ada ponsel yang kameranya bagus sekaligus dibekali baterai tahan lama. Anda harus pilih salah satu. Yang paling mendekati kriteria sih Hisense Pureshot. Harga Rp 1,299 juta. Kamera tergolong bagus di kelasnya, daya tahan baterai lumayan.

      1. Ko Herry,
        thanks masukkannya yah ko,

        oo iya ko,
        ada isu xiaomi redmi 4A sedang diuji untuk dijual di Indonesia,
        dan katanya malah sekarang udah ada dijual di salah satu toko dengan harga 1.7jt,
        padahal harga di china 900ribu aja,
        kenapa bisa gitu yah? karena bea cukai atau *maaf* mencari kesempatan?
        selain itu, koko ada pendapat soal hp ini?
        ada rencana mau review ga ko? hehe

        Thank youu

        1. Bu Jessica,

          Boleh tahu toko mana yang menjual Rp 1,7 juta? Setahu saya, yang sudah beredar Redmi 4A tanpa garansi resmi. Harga pasaran sekitar Rp 1,4 juta.

          Jangan membandingkan harga Xiaomi di Tiongkok dengan harga di sini. Harga di Indonesia pasti lebih mahal. Di Tiongkok pun kalau beli di luar gerai Xiaomi harganya akan lebih mahal daripada harga resminya kok. Itu di Tiongkok lho. Kalau dibawa ke Indonesia berarti ada unsur biaya transportasi, keuntungan buat penjual, pajak, dll.

          Tidak ada pendapat karena belum pernah coba. Kalau masuk resmi, akan saya review.

  28. Pak herry…..hp infinix hot S saya sudah ada pembaruan sistimnya tapi kok tidak mau di unduh ya…? sudah saya coba pakai paket kartu internet nggak bisa pakai wifi juga nggak bisa… saya memakai memori eksternal 16gb…jadi saya tidak bisa menikmati layanan 4G

    1. Pak Anggit,

      Muncul notifikasi error apa? Kalau kesulitan update, mampir ke service center Infinix saja deh. Sekadar update firmware mestinya bisa ditunggu.

  29. Maaf pak herry, harga pureshot 1,299jt itu resmi di galeri smartfren atau di toko online?krn ngebet banget beli hp ini.. Terima kasih

  30. Dear pak herry, hp yg bisa finggerprint dan kamera bagus yg paling worth utk harga di bawah 2,5 jt apa ya? Terima kasih..

  31. salam pak HSW… saya termasuk gaptek.. tapi setelah baca2 ulasan2 bapak, saya jadi agak tahu dunia per-smartphone-an…
    Saya salut dengan kesediaan bapak menjawab semua komen yg ada di setiap post. Tidak banyak orang yang begitu.
    Saya mau tanya, antara Moto E3 Power, Hisense Pureshot, dengan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KG baiknya yang mana Pak?
    terima kasih sebelumnya.
    *maaf bila ada salah pengetikan atau penamaan

    1. Pak/Bu Aprin,

      ZE550KG silakan dicoret dulu. Sebab, ponsel itu belum mendukung layanan 4G LTE. Padahal, layanan itu kini sudah mulai menjadi bagian dari kebutuhan harian.

      Tersisa dua ponsel. Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, silakan ambil E3 Power. Kalau Anda lebih menomorsatukan kegegasan dan hasil jepretan kamera, ambillah Pureshot.

  32. Hot s pro dijual offline ya? Kalo di WTC di toko apa ya, tlg info nya karena jarang sekali toko offline yg jual infinix

    1. Pak Djunaedi,

      Ya, seharusnya mulai akhir minggu ini. Saya belum cek sekarang sudah ada atau belum.

      Nama tokonya saya tak ingat. Ancar-ancarnya, dari pintu masuk utama langsung belok ke kanan. Posisi tokonya di sisi kanan, tepat di ujung. Kalau Anda sudah berjalan kaki hingga ke stan Vivo, berarti Anda kebablasan.

  33. Kebetulan lagi bahas ponsel infinix saya mau nanya nih pak.
    Kira-kira pak Herry dapat bocoran gak kapan infinix Note 3 dan Infinix Zero 4 meluncur ke Indonesia?
    Lihat forum Asus di Facebook katanya Asus Zenfone 3 Laser sudah masuk Indonesia ya pak? Kira-kira bakal masuk radar untuk di review gak nih oleh pak Herry? ?

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Tunggu tanggal mainnya deh. TKDN sudah beres, sertifikat Postel/SDDPI sudah di tangan, proses perakitan di Batam pun telah dimulai. Jadi…. 🙂

      Zenfone 3 Laser mestinya bulan ini beredar di pasar. Sudah ada ya?

  34. Pk Herry SW

    Untuk Infinix Hot S ini maupun Moto E3 Power yang sudah Bapak bahas beberapa waktu lalu
    untuk slot SIM ke-2, apakah bisa diisi smartfren 4G ?

    (mengingat smartfren tidak bisa mBCA, tetapi sinyal 4G nya lumayan, hehee)

    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Joko,

      Kebetulan nomor Smartfren-nya selalu saya pasangkan di selot SIM1. Logikanya sih bisa pula diselipkan di SIM2.

  35. Om hsw…
    Bulan Juni lalu Pureshot saya beli masih 1,999 jt skrg list digalery Smartfren harganya 1,299 jt.
    Turun drastis bgt, apa alasannya ko ??

        1. Pak Djunaedi,

          Perkembangan ponsel tergolong cepat. Apakah bisa dipakai 2-3 tahun mendatang? Bisa. Namun, bisakah Anda bertahan dari godaan aneka ponsel baru, itu yang lebih perlu dipertanyakan. 🙂

  36. Pak herry

    Apa infinix hot s ada yang
    jual di toko offline?di jogja
    kira” toko apa ya pak
    yang masih menjual
    pureshot kl pak herry
    tahu?

    1. Pak Sunar,

      Resminya Hot S tidak dijual offline, tetapi saya yakin pasti ada toko yang menjualnya. Saya kurang tahu toko mana di Jogja yang punya stok. Sudah coba cari di Ramai Mall Jl Malioboro dan pusat ponsel yang berada di lantai 2 KFC (saya lupa nama pusat ponselnya)?

      Kalau Pureshot, paling mudah silakan mencarinya di Galeri Smartfren.

  37. Ijin numpang testimoni koh,
    Istri saya pake infinix zero 3 yg cam 20 MP, cuma sebulanan aja hasil foto bening. Kaca/lensa camera belakang sudah buram. Hasil foto jadi agak putih berawan.
    Padahal pemakaian wanita, pake jelly case pula, plus ada accessories phone stand dgn tujuan kaca/lensa kamera belakang tdk tergores kena meja.
    Dibanding pureshot yg sudah stgah tahunan,lebih bening hasil foto pureshot.
    Malah hasil kamera depan zero3 lebih bening, krn layar depan corning gorilla glass.
    Pertanyaan,
    1. Ada tip mengatasi kaca/lensa kamera buram? (pasta gigi + cotton bath ndak mempan koh)
    2. Rekomendasi upgrade zero3 dijual, tapi budjet cuma nambah sekitar 2juta (prioritas hasil camera belakang & depan, kalo bisa sekalian yg build quality nya excellent). Tks koh HSW

    1. Pak Ronald,

      Boleh tahu kaca kamera belakang Zero 3 kira-kira buram karena apa? Zero 3 bekas pemakaian saya dibeli oleh seorang teman. Sampai sekarang kaca kamera ponsel itu masih jernih. Kalau jurus pasta gigi tak mempan, satu-satunya jalan mungkin melakukan penggantian kaca kamera di pusat perbaikan resmi. Saya tak mengetahui bisa ganti kaca saja atau harus satu modul kamera.

      Karena kaca kamera buram, saya perkirakan Zero 3 itu hanya laku dijual Rp 1,7 juta (dari seharusnya kalau normal bisa sampai Rp 2,1 juta). Ditambah Rp 2 juta, berarti Anda memiliki anggaran Rp 3,7 juta.

      Kalau mau membeli ponsel bekas, silakan melirik LG G4 bekas. Harga pasaran bekasnya maksimal Rp 3,5 juta. Kalau harus ponsel baru, silakan membeli Asus Zenfone 3 ZE520KL.

  38. Pak HSW, Apakah harga Hisense Pureshot yang dijual di Service Center Hisense depan RS Siloam Surabaya sama dengan yang dijual di Galeri Smartfren?

  39. om herry mau tanya. maaf kalo sebelum nya oot. mau tanya tentang xiaomi redmi 3 prime. saya punya xiaomi redmi 3 saat di pake video call di malam hari yang sebenarnya cukup cahaya kok terlihat gelap ya om? padahal itu di ruangan yang terang benderang. setiap di ruangan yang cahayanya minim sedikit langsung terlihat gelap. makasih om atas perhatiannya.

  40. siang bang Herry
    setelah ini ada rencana mau review gawai apa?
    oya untuk gawai Luna yg katanya udah resmi hadir sama hisense pureshoot+ 2 ada keinginan mau di review bang?
    saya ada keinginan untuk beli hisense pureshoot+ 2 ( layar sudah fullHD, kapasitas batere udah 3000mAh + fast charging ) lg tongkrongin ponselmu.com kali ajah udah ada reviewnya, karna belom sreg rasanya kalo belom di review dengan bang Herry.
    sy liat hampir di setiap komentar bang Herry selalu merekomendasikan pureshoot / pureshoot+, berarti untuk hisense pureshoot+ 2 ini apakah layak untuk di beli? Terima Kasih.

    1. Pak Ade yang baik hatinya,

      Ada deh. Tunggu saja kemunculannya.

      Tidak ada rencana me-review Luna dan Pureshot+ 2. Khusus Luna yang harganya nggak aturan itu, kalau ada yang memberikan pinjaman, saya akan me-review-nya.

      Tak tahu. Kan saya belum pernah menguji pakai Pureshot+ 2 (bukan Pureshoot+ 2).

  41. Ko herry,

    Lenovo k4 note dengan samsung j5 2016 mana yang lebih layak dibeli dari segi multitasking, baterai, body.

    Terimakasih.

    1. Bu Susy S,

      Saya belum pernah menguji pakai Galaxy J5 2016. Mengacu kepada pengalaman selama ini, jangan berharap Samsung seri J bagus deh. Seri A yang lebih mahal saja jelek kok.

      Silakan membeli Lenovo Vibe K4 Note saja. Alternatif lain, kalau anggaran Anda sampai Rp 3,299 juta, belilah Lenovo Vibe P1 Turbo.

  42. Tolong urutkan dari yang terbaik menurut koh Herry.
    1. Infinix Hot S
    2. Redmi 2 Prime
    3. Hisense Pureshot
    4. Zenfone 2 Laser ZE500KL
    Terima kasih.

  43. Pak hsw

    Sebelum saya beli pureshot, saran apa yg perlu saat pengecekan pureshot itu cacat atau tidak? Karena berburunya offline jadi bisa dicek. Kalo seandainya cacat, apa bisa retur lalu diganti baru ?

    1. Pak Seto,

      Ya tinggal Anda cek fisik dan fungsi-fungsi dasarnya. Itu saja. Tidak ada jurus khusus.

      Kalau saat dibuka ada cacat produk, bisa langsung minta ganti baru. Harus langsung saat transaksi ya.

  44. Pak hsw

    Saya denger2 xiaomi tmnku bootlop pdhl garansi resmi, kira2 ada tmn hsw yg punya pengalaman service center xiaomi ?

    1. Pak Seto,

      Ini bukan SMS. Ketikkan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

      Ya tinggal klaimkan ke pusat perbaikan resmi tho. Layanannya cukup bagus kok.

  45. Minta rekomendasi nya om…
    Kira kira untuk harga 4-5 juga ponsel ? apa yg bagus y om ( lebih dikit dari 5 juga tidak masalah) ? Kamera oke, baterai lumayan oke..
    Yg kemampuan nya di atas zenfone 3

    Thanks om

    1. Pak Kamen Ardi,

      LG G4 Rp 4,999 juta. Kamera lebih bagus daripada Zenfone 3. Daya tahan baterai tidak sebagus Zenfone 3.

  46. Permisi koh Herry, dari Hisense Pureshot, Asus Zenfone Max, Xiaomi Redmi 3 Prime, dan Moto E3 Power, mana sih yang lebih direkomendasikan dari segi ketahanan baterai dan kualitas kamera? Terimakasih koh.

      1. Satu lagi koh, misalkan kriteria saya sama seperti pertanyaan pertama tetapi tidak apa-apa jika baterai hanya bertahan dari bangun tidur (5 pagi) hingga pukul 10 malam, dari Redmi 3 Prime, Pureshot, atau E3 Power, bagaimana urutan gawai tersebut dari yang paling recommended koh? Terima kasih.

        1. Pak Rifqi AR,

          Glodaks! Kalau kriteria daya tahan baterainya seperti itu, Pureshot langsung dicoret deh.

          Silakan pilih E3 Power.

  47. Pak HSW,
    Maaf keluar jalur. Apakah ada info resmi yang Pak HSW dapat untuk hp android terbaru yang mau masuk ke indonesia dalam waktu dekat dengan kapasitas batterai diatas 4000mah-5000mah?

  48. koh herry
    minta rekomen hp yg harga dibawah jutaan yg desainnya menarik dong.. yg penting hp nya ga ada masalah/bug aja sih.. 😀

    1. Pak Mim,

      Di bawah jutaan berarti harganya maksimal ratusan ribu ya? Silakan membeli Samsung Caramel alias E1272. Sekarang kan jarang ada ponsel dengan desain lipat alias folder.

  49. om Herry SW maaf kalo OOT saya mau tanya dengan budget 2 juta – 4 juta rekomendasi smartphone android dari om Herry SW apa saja y? dengan prioritas:
    1. baterai
    2. performa
    3. kamera
    4. fast charging
    lalu apabila saya berminat xiaomi redmi 3 prime vs asus zenfone 3 mana yang tepat saya ambil dengan prioritas di atas

    1. Pak Husein,

      Dengan kriteria seperti itu, saya merekomendasikan Lenovo Vibe P1 Turbo Rp 3,299 juta.

      Kalau pilihannya Redmi 3 Prime dan Zenfone 3, dengan kriteria di atas, Redmi 3 Prime lebih cocok.

  50. Pak Herry, saya tadinya ada rencana membeli hp 700rban. Dgn harga segitu, dpt Android One. Eh, gara2 baca komentar2 diatas, ternyata Pureshot udah tinggal 1,3jt.

    Pertanyaan saya, apakah Pureshotnya dilock Smartfren apa tdk? Kira2 kameranya Pureshot setara dgn apa ya kualitasnya? Trims

  51. Pak Herry,
    Di foto di twitter bapak pas bsli feature phone ada Alcatel pixi.
    Beredar resmi tidak Pak Alcatel Pixi? Terkendala TKDN Kan?

    Terima kasih

  52. Maaf OOT koh Herry, Tablet Evercoss murah yg saya beli di Jakarta Fair sekarang jadi sulit dicharge karena Colokan USB female nya mendelep (bhs jawa : masuk ke dalam). Mungkin karena saya sering salah posisi saat saya coba masukan colokan USB male ke tablet tsb. Untuk atasi hal tsb apakah ada colokan USB male yg bagian ujung besinya agak panjang biar dapat masuk lebih dalam biar tidak uglak-uglik (bhs jawa : tidak stabil). Apakah ada solusi lain ?

    Saya tahu “Polsemu.com” secara tidak sengaja, saat saya tanya ke forum tentang Infinix Note 2. Ada yg memberi link ke blog ini. Saya sungguh bersyukur ada review sebaik ini, makanya saya pernah usulkan adanya donasi namun koh Herry merasa itu masih ganjil di Indo. Blog ini adalah The Best, Cuma sayang masih amat sangat banyak yg belum tahu. Untuk itu saya terpikir untuk mempromosikan blog ini lewat Youtube. Saya baru saja belajar bikin video di Youtube dan sedang semangat nikh, bisa lihat di https://youtu.be/bAmc1Bmna-s Bila koh Herry setuju, saya akan upload langsung sesegera mungkin. Gimana ? Khabari segera ya

    1. Pak Hengky Fanggian,

      Yang Anda cari kabel micro USB yang konektor micro USB-nya lebih panjang daripada rata-rata ya? Cobalah mencarinya di toko yang rutin menjual aneka aksesori untuk ponsel merek lokal atau ponsel Tiongkok. Skenario terburuk, Anda menggunakan kabel micro USB biasa, tetapi kepala kabel yang berwarna hitam dipotong sebagian agar konektornya menjadi lebih panjang.

      Polsemu.com? Tautan videonya barusan saya buka. Kok panjang banget dan membicarakan tentang Ahok?

  53. Pak herry, review selanjutnya apa nh? Oiya menurut pak herry lenovo A6000 plus layak beli tidak? Pilih mana A6000 plus dengan hisense pureshot

  54. hai om herry semoga bahagia dan sehat selalu.
    mau tanya om, smartphone baru yg recommended harga di bawah 1 jt apa ya om ? tanpa memperhatikan kamera om yg penting gegas.mohon bantuannya

    thanks om

  55. Pak herry sya cari hisense pureshot di smartfren bandung 1,3jt tp brang pd kosong harus inden dl tpi gk tau brapa lama. Ada di bec dan dukomsel harganya 1,8 knp bedanya bisa jauh gitu ya pak

    1. Pak Roni,

      Sama nih. Di Surabaya juga kosong.

      Mungkin pemilik toko di BEC dan Dukomsel masih kulakan dengan harga lama. Mereka belum mau menurunkan harga.

  56. Polsemu.com? Tautan videonya barusan saya buka. Kok panjang banget dan membicarakan tentang Ahok?

    Lho itu khan contoh. Khan saya mesti minta ijin dulu sama koh Herry. Gak berani sembarang. Nanti sudah upload koh Herry ngomel khan jadi repot

    1. Pak Hengky Fanggian,

      Oh ok. Saya pikir Anda tadi memberikan contoh video yang akan diunggah. Videonya masih di-private sehingga hanya bisa diakses oleh orang tertentu.

      Silakan saja sih.

  57. Pak Herry mau tanya,

    Saya cukup bingung JNE atau Tiki sebenarnya bisa tidak ya pak kirim hp? Ada berbagai testimoni yang menyatakan tidak bisa

    Kalau prosedur di fedex rpx bagaimana? Cukup akui saja itu hp?

    Terima kasih, salam

    1. Pak Leo,

      Saya tidak mengetahui aturan yang berlaku di luar Surabaya. Sebab, beda kota bisa berbeda aturan. Kalau yang berlaku di Surabaya:
      1. Kiriman harus diakui sebagai ponsel. Kalau tidak diakui sebagai ponsel dan terjadi kerusakan/kehilangan, perusahaan ekspedisi tak mau bertanggung jawab.

      2. Sejak terjadinya kasus Samsung Galaxy Note 7, pengiriman ponsel, laptop, power bank, dan gawai lain yang dilengkapi baterai harus menggunakan jalur darat. Smartwatch pun terkena aturan tersebut. Karena memakai jalur darat, pengiriman dari Surabaya ke luar Pulau Jawa menjadi mustahil dilakukan.

      Nah, sekarang kita membahas aturan spesifik perusahaan ekspedisi yang berbeda-beda.
      * JNE
      Melayani pengiriman ponsel baru maupun bekas. Pengiriman harus diasuransikan dan dipeti kayu. Wajib ada nota atau bukti pembelian karena itulah yang akan dijadikan dasar nilai asuransi. Untuk ponsel baru, kardus yang masih tersegel tak perlu dibuka.

      * Tiki
      Sama dengan JNE. Bedanya, ponsel baru dengan kardus masih tersegel tetap harus dibuka untuk dilakukan pengecekan.

      * FedEx/RPX.
      Melayani pengiriman ponsel baru maupun bekas. Boleh tanpa nota atau bukti pembelian. Yang dijadikan acuan adalah harga pasar. Kiriman juga tak perlu dipeti kayu. Pengirim wajib menggunakan layanan mid day services. Bila kota tujuan tidak termasuk dalam area layanan mid day services, maka pengirim harus memakai layanan special handling.

  58. Koh Herry, sorry OoT. Untuk terjemahkan bahasa indo ke English yg bagus pakai apa ya ? Google translate benar2 mengerikan padahal saya sudah berusaha menulis sebaku, sebaik mungkin. Untung dulu tidak langsung saya “send”, bisa berabe terjemahan seperti itu. Yg bayar juga gak papa asal benar2 dapat dihandalkan. Oh ya koh Herry kalau baca jangan terlalu cerpat, koh Herry sering salah maksud lho atas tulisan saya. Makasih sebelumnya

    1. Pak Hengky Fanggian,

      Tak tahu. Saya memang tidak pernah mencarinya. Kalau karena sesuatu hal saya perlu menerjemahkan, biasanya saya memakai Google Translate. Namun, fungsinya sebatas membantu membuat konsep dasar.

  59. Tambahan Pak,
    Kalau di:
    -JNE
    -Tiki
    -FedEx

    harus kita yang bungkus atau akan dibungkuskan?

    Saya mau kirim HP ke adik saya di Malang, takut kenapa-kenapa Pak

    Terima kasih, aalam

    1. Pak Leo,

      Dibungkus sendiri setelah kiriman Anda dicek oleh petugas. Petugas kemudian akan memberikan stiker segel tambahan.

  60. Malam ko Herry,

    Saya akan membeli xiaomi redmi 3 prime, tapi masih galau nih, saya baca di erafone.com tempat saya akan membeli gadget ini di keterangannya koneksi data tidak ada keterangan 4g, apakah masih terkendala TKDN? Sampai kapan kira-kira saya tidak bisa mengakses fitur 4G nya? Apakah dengan setting trick yang tersebar di internet saya bisa mengakses fitur 4G nya secara legal?

    Terima kasih ko, jawabannya akan sangat membantu saya.

    1. Bu Susy S,

      Ya, Xiaomi belum lulus TKDN. Tak ada yang bisa memastikan kapan akan lulus TKDN.

      Dengan trik yang tersebar di internet, Anda akan dapat menikmati layanan 4G LTE. Namun, itu sebenarnya termasuk area abu-abu dan bisa dianggap menghanguskan garansi.

  61. Pak Herry maaf oot ya,

    saya cuma mau tanya bagaimana caranya utk subscribe agar mendapatkan notifikasi melalui email ketika ada postingan yg baru?

    1. Pak Pahala,

      Kolom untuk berlangganan sementara saya hilangkan karena sejak pindahan hosting, fitur itu sepertinya tidak berfungsi sempurna.

      1. Ohh oke Pak. Pantesan saya cari-cari dari tadi tidak ketemu.
        Berarti harus rajin-rajin mampir ini supaya tau ada postingan baru dari Pak Herry. Hehehe 😀

  62. Pak herry, maaf tanya..
    sekarang harga asus zenfone 2 laser 4g yg 5 inchi dan 5,5 inci brp ya? Sbg perbandingan dgn pureshot..
    kl mau lihat harga hp yg update biasa x di website apa ya pak? Krn sy liat2 kadang2 harga saling berbeda jauh.. ujung2 nya jualan. Hehe
    terima kasih

    1. Bu Rani,

      Rp 1,799 juta dan Rp 1,999 juta.

      Hmm… saya juga tak tahu situs apa. Mesti rajin-rajin turun ke pasar sih.

  63. pak saya ingin bertanya kenapa ya infinix di Indonesia lama keluarnya di Indonesia padahal di Afrika dan timur tengah sana sudah sampai seri note 3 dan zero 4 untuk varian terbarunya?kira”kapan keluar zero 4 harga 2,5 sudah ada oisnya saya ingin hp itu,lalau kabar Zenfone 3 max 3/32 kapan keluarnya?

    1. Pak Gemblong,

      Infinix kan baru saja selesai mengurus TKDN ponsel-ponsel barunya di sini. Kalau sudah beres, pasti segera keluar.

      Bulan ini ada varian baru Zenfone 3 Max yang akan memasuki pasar. Namun, saya tak tahu pasti yang 3/32 atau bukan.

  64. numpang tanya pak herry…kalo infinix hot s ini jaringan 4gnya udah mendukung untuk call juga belom? baca review di lazada kok ada yg review kalo pk 4g gk bisa call..dan 1 lagi penerimaan jaringan di hpnya bagus/kuat gak? cos liat di review di youtube katanya penerimaan sinyalnya ilang timbul, maaf ya pak bnyk tanya cos gk tau…thx

    1. Pak/Bu Kiki,

      Lain kali kalau mengirimkan pertanyaan harap kata demi kata diketikkan dengan lengkap ya. Jangan disingkat-singkat. Jangan pula memakai bahasa yang statusnya tidak jelas. Misalnya, kata “karena” Anda ketikkan “cos”.

      Kalau Anda memakai 4G Smartfren dan ingin bertelepon via Hot S, Anda perlu menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE dulu. Kalau Anda menggunakan 4G non-Smartfren, saat bertelepon ponsel otomatis akan berpindah ke jaringan 3G. Kondisi di atas memang lazim terjadi di berbagai ponsel. Jadi, tidak bersifat khusus untuk Hot S.

      Soal penerimaan sinyal, baik-baik saja kok.

  65. pak harry,

    denger2 miui8 bisa dijalankan di hp selain xiaomi
    kalo emang betul, wah sesuatu banget

    kira2 betul nggak ya pak
    boleh dong ulasan nya

  66. Salam.

    Pak Herry, saya sedang bingung memilih antara Infinix Hot S dengan Hisense Pureshot. Jika melihat dari komentar-komentar di atas, Pureshot lebih layak dibeli ketimbang Hot S. Namun, saya mencari ponsel dengan kapasitas baterai yang lebih besar, sehingga sepertinya saya lebih memilih Hot S. Nah, pertanyaan saya:

    1. Seberapa besar perbedaan keawetan baterai Hot S dan Pureshot secara riil (bukan melihat spek di atas kertas)?

    2. Apakah overall performance Pureshot jauh lebih baik dari Hot S sehingga minus baterainya bisa diabaikan atau tidak? Saya memberi nilai plus pada baterai yang kapasitasnya besar, tapi tidak mutlak harus begitu. Jika memang keseluruhan Pureshot jauh lebih baik saya akan memilih Pureshot.

    3. Apa Pak Herry ada rekomendasi HP lain yang cocok dengan kebutuhan saya: multitasking berbagai aplikasi sekaligus dan pemakaian bisa 2 x 3-4 jam nonstop dalam sehari tanpa harus sering-sering nyolok charger, dual sim 4G. Kamera tidak usah diperhitungkan (saya jarang foto-foto hehe). Untuk budgetnya 2 juta.

    Terima kasih sebelumnya Pak.

    1. Bu Donna,

      1. Angka tepatnya saya sudah lupa. Kira-kira 4-5 jam.

      2. Ya. Secara umum kinerja Pureshot jauh lebih bagus daripada Hot S.

      3. Kalau begitu, silakan melirik Infinix Note 2 Rp 1,899 juta.

      1. Hmm, berarti tetap lebih worth Pureshot ketimbang Hot S walaupun baterainya lebih kecil ya Pak.

        Barusan saya sudah baca-baca review Bapak untuk Infinix Note 2, sepertinya memang cocok untuk saya ya, hehe… Tapi saya mau nanya lagi nih Pak, adakah rekomendasi ponsel yang sesuai kebutuhan saya tadi tapi dengan layar 5 inci? Supaya mudah dibawa di kantong saat bepergian gitu.

        Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Fat,

      Kamera lebih bagus, baterai bisa dilepas, kompatibel dengan CDMA (berguna sampai CDMA Smartfren dihapus), dan harga lebih murah.

  67. entah mengapa di beberapa review koh herry menyebutkan kamera sebuah ponsel kurang bagus tapi pas lihat fotonya malah bagus banget :’v beda tangan kali ya
    Btw Infinix Hot S ini mendukung fast changing tidak koh? ngecasnya berapa lama?
    jujur sih ini ponsel cantik banget, sayang Seri Hot 4 malah beda desainnya

    1. Pak Bayu,

      Mungkin karena saat diunggah ke naskah review, resolusi saya turunkan dan hanya dilihat di layar kecil ya. Kalau dilihat di layar laptop, kelihatan banget deh jeleknya.

      Tidak. Tak saya perhatikan berapa lama.

  68. Pak Herry, apakah samsung galaxy note 4 masih worth untuk di beli mengingat spesifikasi yang masih lumayan gahar dibandingkan merk – merk lainya meskipun hp keluaran thn 2014. dengan mengabaikan fitur 4G nya soalnya didaerah sini cuma mentok sinyal H+. Apakah masih layak dibeli?

    1. Pak Ardi,

      Kalau tak perlu dual SIM dan 4G LTE, Note 4 masih boleh dilirik. Saya menilai performanya malahan lebih baik daripada Note 5.

  69. Pak Heri ada rencana review Polytron Prime 7s?

    Saya penasaran sama produk negeri sendiri ini. Sekarang lagi pake Zap6 501. Sedikit kecewa ma perfoma baterai. Yang lainnya sih masih dlam taraf wajar. Karena hp lebih sering buat Email (3 akun), Sosmed, browsing kadang streaming. Sangat jarang main game. Kamera tidak terlalu penting.

  70. selamat malam pak herry.

    lebih layak dibeli yang mana ya, antara infinix hot s 4g atau zenfone 2 laser 5 inch 4g? btw beberapa waktu lalu saya sempat baca artikel kalo infinix punya malware sangat banyak, apakah ini cukup dipertimbangkan dengan infinix banyak malware atau zenfone yang banyak bloatware?

    1. Pak Adam,

      Asus Zenfone 2 Laser lima inci yang 4G dong. Bukan masalah malware-nya, melainkan karena kinerja keseluruhan Zenfone 2 Laser memang lebih baik daripada Hot S.

    1. Pak Leo,

      Saya baru satu kali belanja di sana. Itu pun belum masuk ke tahap pengiriman. Jadi, saya belum bisa mengambil kesimpulan.

      Harganya barang yang Anda sebutkan sih menggoda.

  71. Oh yapak lupa, saya mau Tanya lagi
    Bapak bilang di twitter kalau harganya sama pilih pureshot atau Zenfone 2 Laser, bapak pilih Zenfone.
    Kenapa? Bukankah Pureshot lebih baik?
    Apa yang membuat Laser menang dari Pureshot?
    Terima kasih, salam

    1. Pak Leo,

      Mengapa Zenfone 2 Laser? Focusing kamera lebih cepat. Hal lain, setelah dapat update firmware, hasil jepretan kameranya kini mengungguli Pureshot.

  72. Pak Herry saya mau beli hp dgn ram 3gb , internal memory 32 Gb, pilihan saya antara flash Plus 2 dgn harga Rp.1.999.000 di Lazada atau xiaomi redmi pro 3 Rp.1.850.000 di Lazada juga. Menurut bapak lbh baik saya beli yg mana ?

    1. Pak Yohan,

      Kalau melihat harganya, si Xiaomi tanpa garansi resmi ya. Berarti, terpaksa saya merekomendasikan Flash Plus 2 deh.

  73. Sore Pak Herry
    Saya ingin beli handphone kisaran harga 1,5 juta sampai 2 juta.
    Butuh yang baterai besar dan sudah fast charging
    Kamera yang lumayan bagus
    Prosesor yang lumayan tidak panas
    Apa ya?

      1. Setelah saya lihat review ternyata Infinix Note 2 layar besar sekali ya Pak

        Ada saran untuk layar 5 inch – 5,5 inch?

  74. Pak Herry saya mau tanya ?…
    mending mana Infinix Hot S sama Infinix Hot 3 mending ambil yg mn?
    atau pak herry ada saran hp lain budget saya 1.5 jt diutamakan performanya yg mantep pak..

    1. Pak Muamar Khadafi,

      Mending Hot 3. Pastikan beli yang 4G LTE ya, jangan yang cuma 3G.

      Alternatif lain Hisense Pureshot Rp 1,299 juta.

          1. Pak herry, apa Hot 3 LTE baru masih ada yg jual? Kan biasanya gadget itu kalo keluar seri baru yg lama sdh diskontinu

  75. Pak HSW,
    XL Go layak belikah?
    Bisa tolong jelaskan paket, mifi dan bonus nya? Saya tidak mengerti dapat apa saja sekalipun sudah baca keterangan di website resminya 🙂

    terima kasih, salam

    1. Pak Leo,

      Kalau di lokasi Anda performa 4G LTE XL bagus, peranti itu boleh dibeli. Namun, bila performa kurang bagus, mending jangan deh.

      Jadi begini, dengan membayar Rp 749 ribu, konsumen akan mendapatkan satu unit mifi Huawei dan kuota data sebanyak 90 GB yang berlaku selama tiga bulan. Rinciannya, tiap bulan konsumen memperoleh kuota 6 GB yang berlaku di jaringan 3G/4G dan kuota 24 GB di jaringan 4G saja.

      Rp 749 ribu di atas adalah harga ritel resmi. Harga pasar di bawah itu. Bisa lebih murah sekitar Rp 100 ribu.

      Setelah tiga bulan pertama, kalau tetap ingin berlangganan, pengguna tinggal memilih paket XL Home Rp 125 ribu per bulan. Kuotanya 6 GB 3G/4G dan 24 GB 4G saja.

  76. Pak Herry, selain flash Plus 2 ada rekomendasi lain di harga sekitar 2 juta dgn ram 3gb dan Rom 32gb? Oh ya ada Xiaomi redmi Note 4 dgn ram 3gb dan Rom 64 gb harga sekitar 2,2 jt tapi garansi distributor… Worthed to buy tidak ?

  77. Om hsw…
    Infinix hot 3 LTE apa bisa jika menggunakan kartu Smartfren LTE, saya pernah coba tapi kadang tidak ada sinyal,apa ada settingan manual lagi apa ada alasan lain.
    Terima kasih.

    1. Pak Win,

      Bisa, tetapi hanya di frekuensi 850 MHz. Tak bisa di frekuensi 2300 MHz. Pasangkan kartu Smartfren di selot SIM1 dan lakukan penguncian LTE only.

  78. Pak Herry, gawai saya, Samsung Tab S mengalami keanehan dengan baterainya.
    1. Ketika dimatikan (power off) dan didiamkan saja, terap berkurang bsterainya, ketika saya matikan 12 jam berukarang 40-50% kenapa ya pak?

    2. Kemudian, ketika dalam kondisi dipakai, bertahan 1% sekitar 2 menit saja, kalau dalam keadaan standby kira-kira 1% sekitar 4-5 menit, apa itu wajar?

    3. Pertanyaan terakhir, Apakah ada aplikasi untuk mengecek kondisi baterai dan keanehan?

    Terima kasih, salam

    1. Pak Leo,

      1 + 2. Tidak wajar. Kayaknya tablet Anda terkena “penyakit” khas tablet Samsung. Kalau masih bergaransi resmi, segera bawa ke pusat perbaikan resmi Samsung.

      3. Kayaknya tidak ada.

  79. Mau tanya pak Herry
    Redmi 3 sama Zenfone 2 laser ze500kl lebih bagus mana ya?
    Baterai ze500kl awet berapa jam pak?
    Terima kasih atas perhatiannya

    1. Pak Bayu Aji Triwijaya,

      Karena Redmi 3 tanpa garansi resmi, saya langsung mencoretnya. Ambil ZE500KL saja deh.

      Saya lupa baterai ponsel itu bisa bertahan berapa jam di tangan saya. Kalau tak salah sekitar 12 jam.

  80. Koh Herry saya sudah beli infinix hot s sekitar satu minggu yg lalu, tapi sinyal 4G tidak keluar hanya 3G. apa perlu di update firmwarenya? Terimakasih pak

    1. Pak Fahrizal,

      Anda sudah memakai kartu 4G LTE dan berada di area 4G? Kalau iya, berarti perlu update firmware dulu.

  81. apakah pak Herry akan mereview smartphone Meizu M3s ? saya liat reviewnya di salah satu channel di youtube dan sudah bergaransi resmi lengkap dengan buku panduan yang berbahasa indonesia. maaf sebelumnya pak Herry apabila saya bertanya di luar topik artikel.

  82. Om hsw…
    infinix hot 3 Lte,jika pakai smartfren hanya bisa berjalan di frekwensi 850 MHZ, tidak bisa di 2300
    dan harus diset di 4G only.
    Berjalan di di 850MHZ artinya apa om,apa jika tidak ada jaringan 4G tidak otomatis ke 3G seperti hisense pureshot.
    Trims.

    1. Pak Win,

      4G LTE Smartfren beroperasi di dua frekuensi, 850 dan 2300 MHz. Nah, Hot 3 LTE hanya kompatibel dengan LTE Smartfren yang 850. Asal tahu, area layanan LTE Smartfren 850 lebih luas daripada yang 2300. Namun, kecepatan maksimalnya lebih rendah.

      Hot 3 tidak mendukung EvDO. Jadi, kalau tak dapat sinyal 4G Smartfren, ya ponsel berarti takkan dapat sinyal sama sekali.

  83. Om hsw…
    Seperti itu ya frekwensi 850MHZ.
    Lha untuk kedepannya apa frkwensi 850MHz akan tetap ada&dipertahankan,kabarnya akhir tahun ini smartfren akan migrasi frekwensi 850MHZ dr band B ke Band A. intinya infinix hot 3 LTE kedepanya masih aman kan om untuk menikmati 4G smartfren.
    Trims y om hsw,saya dh set di 4G only benar teryata sinyal 4G jd Ok.

    1. Pak Win,

      Sejauh ini belum ada rencana atau perintah untuk melepaskan frekuensi tersebut. Migrasi dari band B ke band A sudah dilakukan kok. Ya, seharusnya masih aman.

  84. Mau tanya lagi pak Herry
    Ze500kl sama Hisense pureshot lebih baik mana pak?
    Alasannya apa?
    Hasil kamera bagus mana?
    Terima kasih

    1. Pak Bayu Aji Triwijaya,

      Kalau harga diperhitungkan, mending Pureshot.

      Kalau harga tak diperhitungkan dan kamera menjadi salah satu prioritas, ambil ZE500KL.

    1. Pak Fernando,

      Cuma software-kah? Saya tak merasakan perbedaannya. Mungkin karena saya tidak menjajal game-game yang berhubungan dengan itu ya.

  85. peformanya gimana om dibanding andromax r
    bahkan andromax e2 plus yang harganya lebih murah
    dan hasil kameranya lebih memuaskan yg mana

    1. Pak Jutawan,

      Nama “Jutawan” apakah nama sebenarnya? Kalau bukan, untuk selanjutnya silakan menuliskan nama sebeanrnya atau nama panggilan Anda.

      Saya tak pernah pakai Andromax R. Kalau dibandingkan Andromax E2+ (bukan E2 Plus) secara umum lebih unggul Hot S. Kamera lebih bagus Hot S.

  86. Dear, Om Herry.
    Menurut hemat Om Herry, infinix hot s best value kah di rentang harga 1,5-2jt rupiah? Mengingat banyak vendor yang mengeluarkan produk sejenis, semisal moto e3 power, lenovo a7700 (bonusnya banyak :p), lenovo k5, hisense, serta flash plus II,,
    Oh iya om, apa plus s ini sudah memiliki pelindung layar bawaan macam gorilla?

    Terima kasih.

    1. Pak Jaka,

      Karena Hisense Pureshot sudah kosong di mana-mana, Hot S layak disebut best value. Namun, ponsel itu bukan best buy ya.

      Tak ada keterangan tentang hal itu sih.

  87. Pak herry
    Saat ini hp pureshot sudah susah nyarinya di toko”offline maupun di gerai smartfren.apa pak herry ada rekomendasi hp lain di harga yang

    setara dan kwalitas
    mendekati pureshot

  88. saya punya dana 2 jt om mau nyari kamera yg sebagus mi4i tapi yg punya peforma bagus walau saya tidak suka maen game
    pilihanya infinix note2.zenfone 3 max sama andromax r2
    mana menurut om yg bagus

  89. Pak Herry yg baik…

    Maaf mungkin pertanyaanya saya klise. Saya dan suami sangat gaptek. Jadi sangat terbantu dengan ulasan dan jawaban Pak Herry. Saya ingin membelikan gawai baru untuk suami saya dengan budget di bawah 2 juta.

    Karena kami berjualan online ekspetasi kami untuk gawai, no 1 performanya… kinerjanya cukup baik, bisa menampung banyak foto produk, berbagai aplikasi marketplace, dan aplikasi chatting. Minimal 2 RAM, dan kalau bisa sudah 4G.

    Yg kedua mungkin daya tahan baterai yg ketiga kualitas kamera (heheh buat foto2 dagangan). Tapi kalo ada yg kameranya kurang baik tapi performanya lebih unggul saya tetap prioritaskan performa. Mohon rekomendasinya. Terima kasih

  90. Om Hsw…
    infinix Hot 3 LTE saya sepertinya kok sulit saat saya akan gunakan pencarian lokasi dengan google maps padahal pengaturan lokasi sudah di akurasi tinggi. Untuk kompas juga sepertinya agak lama pencarian.

  91. Om hsw…
    Apakah infinix hot 3 LTe untuk GPS nya kenapa kurang akurat, saya sudah set di akurasi tinggi tapi tetap tidak akurat, solusinya gimana om ?
    Trims.

    1. Pak Win,

      Selama menguji pakai ponsel itu, GPS-nya baik-baik saja sih. Saya waktu itu sempat rutin memakainya untuk memandu saya saat berada di Bali.

      Karena tak bisa melihat ponsel Anda dari jarak jauh, mampir ke pusat perbaikan resmi untuk dicek deh.

  92. Pak herry, infinix hot s hanya dijual lewat lazada ya? Bagaimana tips belanja di lazada spy aman dan barang cepat sampai?

    Thx

    1. Pak Djunaedi,

      Resminya begitu. Namun, praktiknya di lapak online lain juga ada yang menjual Hot S kok.

      Belanja di Lazada agar aman dan pesanan cepat sampai? Wah, ini pertanyaan susah deh. Intinya begini, saat belanja silakan pilih metode pembayaran COD. Jadi, saat barang tiba di alamat tujuan, Anda baru membayar. Hal itu layak dilakukan untuk meminimalkan pembayaran sudah dilunasi, tetapi barang tak kunjung tiba.

  93. Koh HSW Slm hangat dan jumpa lagi.
    Di ulasan sebelumnya Koh HSW lupa nama Gerai di WTC yang jual Infinix dari pintu Utama lalu belok kanan di pojok.. tidak sampai Gerai VIVO, mungkin itu adalah PYRAMID, saya lihat Gerai ini memang Menjual Beberapa item Infinix beberapa type.

    Dmkn tambahan info.

  94. Om Hsw…
    Bener om Gps infinix hot 3 saya sudah akurat & Ok.
    Sejauh ini pake infinix hot 3 memuaskan, gk panas bodynya,baterai awet.
    Trims om hsw atas reviewnya.

  95. selamat malam Pak Herry, saya menggunakan infinix hot s sekitar 3 bulan ini dan overall puas.
    hanya ada satu hal yang saya bingung, kenapa ya kadang kalau saya colok headset, suara yang seharusnya terdengar di headset malah mati? seperti volume 0. padahal headsetnya normal.
    satu lagi, untuk mengaktifkan fitur mengangkat telfon atau memotret dengan finger print itu bagaimana ya? saya coba cari belum ketemu sampai sekarang.
    terima kasih

    1. Pak Dira,

      * Soal headset, apakah berarti Anda harus menekan tombol volume dulu secara manual? Kebetulan saya tak pernah memakai headset di Hot S.

      * Silakan utak-atik dari dalam menu fingerprint.

  96. selamat malam koh, saya mau tanya lebih baik beli yg mana antara asus zenfine go zb 551 kl Rp 1jt 700 di lazada dengan infinix hot s Rp 1 jt 650 di lazada ? oh iya koh hanya mengutamakan kamera dan baterai juga untuk main game yang butuh ram 1 gb. matur suwun koh

    1. Pak Prima Prasetya,

      Zenfine Go? Mungkin yang Anda maksud Zenfone Go ya. Saya belum pernah mencoba seri Zenfone Go.

      Kalau Anda mengutamakan kamera, berarti Infinix Hot S bukan pilihan yang tepat.

  97. iya koh maaf saya typo, maksut saya zenfone. koh setau anda produk asus itu ” jelek “nya dimana?
    soalnya setau saya kok banyak yg menhindari brand itu. terimakasih ko

  98. om apa hp Xiaomi
    Redmi 3 Prime masih beredar resmi disini?
    dan harga skrang brapa y ?
    dan bisa ditemukan ditoko offline?
    trm……

  99. permisi om HSW mau tanya itu TG nya beli dimana ya, apa di potong sendiri biar pas buat yang di lensa, soalnya saya cari belum nemu yg pas maknyus, terima kasih.

    1. Pak FA Kusuma,

      Itu saya pakai screen protector biasa kok, bukan tempered glass. Karena saat itu belum menemukan screen protector khusus untuk Infinix Hot S, mbak penjaga toko memotongnya manual.

  100. Pak Herry

    Lebih rekomendasi infinix hot 3 vs hisense pureshot?
    Dari segi gegas,baterai,dan camera.
    Apakah pureshot bebas memakai provider lain tidak seperti andromax?
    Terima kasih

    1. Pak Toni,

      Kegegasan Hot 3 unggul tipis. Baterai imbang. Kamera lebh bagus Pureshot.

      Ya, Pureshot tidak harus dipadukan dengan kartu Smartfren.

  101. Pak Herry

    Ada rekomendasi kisaran dibawah 1,5juta?
    Uk 5″ maksimal
    Saya mau mengganti mi4 yg sy beli bulan lalu,sepertinya ada gangguan,layar kadang bergerak sendiri.gak berniat klaim sih krn garansi dist.

    1. Pak Toni,

      Mestinya Pureshot. Namun, di mana-mana sudah kosong. Belum ada pilihan lain.

      Pureshot vs Redmi 2? Ya jelas menang Pureshot.

  102. Dear Pak Herry,
    bingung antara pilih infinix hot s dengan hisense pureshot+
    kira2 dari segi kamera,baterai dan gegas nya lebih unggul yang mana pak herry??

  103. Pak herry
    Dengan harga kisaran yg sama, tp kualitas kamera lebih baik bisa sarankan hp apa yah pak??
    Atau yg ada led flash kamera depan jg.
    Terima kasih..

    1. Pak Tedy,

      Harga relatif sama dengan Hot S? Beli Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL saja deh. Nambah anggaran sekitar Rp 100 ribu. Kamera depan tanpa lampu kilat.

  104. Yth pak herry, saya mau beli hp infinix dg anggaran max 1,5jt.
    Yg terpenting spek tidak kalah sama hp branded harga 2jutaan.
    Makasih…

  105. Yth pak herry, saya mau beli hp infinix dg anggaran max 1,5jt.
    mohon saran tipe nya???
    Yg terpenting spek tidak kalah sama hp branded harga 2jutaan.
    Makasih…

  106. Malam pak…mau tanya
    Saya baru beli infinix hot s pro dan jaringan yg tersedia hanya 3G dan 2G,ketika saya update firmware selalu eror jadi gak bisa nikmati 4G nya bisa kasih penjelasan ya pak herry

    1. Pak Rahdian,

      Mampir saja ke pusat perbaikan resmi Infinix dan minta tolong petugas di sana untuk meng-update-kan firmware-nya.

    1. Pak Adi,

      Buka apa, Pak?

      Kirim SMS ya tinggal masuk ke menu messaging, lalu buatlah pesan baru dan mengirimkannya.

  107. Maaf pak sebelumnya, saya ingin bertanya tentang perbandingan Infinix Hot S pro dan juga Oppo A37. untuk segi kualitas dan yang lain sebagainya, lebih bagus dan lebih baik yang mana pak? Terima kasih.

    1. Bu Ayu,

      Saya belum pernah mencoba Hot S Pro. Mestinya sih relatif sama dengan Hot S yang sebaiknya jangan dibeli.

      Hmm… jangan beli Oppo deh.

  108. permisi pah HSW,

    saya tinggal di luar pulau jawa tepatnya di kalimantan tengah, saya pengguna hot s pro. yang mau saya tanyakan di mana beli spare partnya ya karena IHS saya jatuh dan mengalami keretakan, saya cek di olshop ada dengan harga +/- 300 ribuan apakah asli ya barangnya?

    1. Pak Fajar,

      Silakan langsung berhubungan dengan pusat perbaikan resmi. Namun, nggak boleh beli suku cadang saja ya. Jadi, unit yang rusak Anda serahkan ke service center untuk diperbaiki. Anda tinggal terima beres dan membayar biayanya.

  109. Pak Herry, saya mau tanya apakah Infinix Hot S mendukung dual apps? Menurut Pak Herry, masih worth it kah untuk saat ini membeli Infinix Note 3 Pro? Saya membaca dan menonton beberapa reviewer gawai di Indonesia, ada yang menyatakan saat ini gawai Infinix sudah over budget dalam arti dengan harga yang sama bisa mendapatkan gawai merek lain dengan spesifikasi yang lebih daripada gawai Infinix

    1. Pak Adit,

      Seingat saya tak ada fitur dual apps bawaan. Seri Hot S yang bakal ada dual apps adalah S2.

      Tergantung kebutuhan Anda apa dulu. Kalau perlu dual SIM, 4G LTE, layar gede, dan baterai tahan lama, Note 3 Pro masih boleh dilirik.

  110. Pak Herry,

    Saya ada budget 2.4 jt dan ingin mencari ponsel yg bisa digunakan untuk game HD online terutama game favorit saya “Racing Rivals”, pilihan saya ada dua tipe yaitu Xiaomi mi4c dan infinix hot s pro ram 3gb,
    Kira2 dari dua ponsel diatas mana yg lebih bagus dengan pertimbangan seperti keawetan baterai, grafis yg bagus dan processor mana yg bisa menjalankan game tersebut dengan lancar dan smooth. atau mungkin pak Hery ada rekomendasi hp lain dgn budget dan kriteria seperti yang saya sebutkan di atas
    Terima kasih atas jawabannya

    1. Pak Bayu,

      Saya bukan penggemar game. Jadi, bila Anda mencari ponsel yang terutama dipakai untuk bermain game, bertanya kepada saya bukanlah hal yang tepat.

      Satu hal yang perlu Anda ketahui, Mi 4c pasti tanpa garansi resmi. Jadi, saran saya, mending dicoret.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *