Review Infinix Note 3 Pro: Meringkas Ponsel, Tablet, dan Router Nirkabel

Pernah iseng mencermati barang bawaan pengguna gawai di sekitar Anda? Ada orang yang sehari-hari mengantongi satu unit ponsel dan router nirkabel portabel alias mifi. Sementara itu, tangannya memegang satu unit tablet berlayar 7-8 inci.

Masing-masing gawai memiliki tugas tersendiri. Ponsel digunakan untuk berkomunikasi, baik via telepon maupun chatting. Tablet dipakai untuk membaca dokumen, mencermati lembar kerja Excel, atau aktivitas lain yang membutuhkan layar lebih lebar. Sedangkan mifi bertugas membagikan koneksi internet ke ponsel maupun tablet.

Kalau mau, dengan sedikit adaptasi, tiga barang bawaan itu sebenarnya bisa diringkas menjadi satu saja. Tinggal mencari gawai berlayar sentuh dengan layar lega, memiliki fitur telepon, dan dibekali baterai berkapasitas besar. Contohnya, Infinix Note 3 Pro.

Saat akan membeli gawai itu di toko ponsel, tak perlu bingung bila di sisi muka kardus hanya tercetak tulisan Infinix Note 3. Tak usah pula risau kalau penjual menyebut namanya Infinix Note 3 saja, tanpa embel-embel “pro”. Asalkan bergaransi resmi, unit yang berada di dalam kardus pasti Infinix Note 3 Pro.

Masih ragu? Ada dua hal lain untuk membuat Anda lebih yakin. Pertama, perhatikan sisi kanan atas kardus Note 3. Mestinya di sana melekat stiker semitransparan bertuliskan Pro. Karena tampilannya tidak mencolok, stiker itu berpotensi terlewat dari pandangan.

Kedua, cermati stiker putih dengan deretan huruf berukuran mungil di sisi belakang kardus. Carilah tulisan “dibuat di Indonesia”. Unit bergaransi resmi pasti ada tulisan tersebut. Sebab, gawai tersebut memang dirakit di Batam oleh PT Sat Nusapersada Tbk. Perusahaan yang sama telah dipercaya menjadi perakit ponsel Asus, Hisense, dan baru-baru ini Xiaomi.

Asal tahu, Infinix memang pernah meluncurkan Note 3 maupun Note 3 Pro. Note 3 tanpa pro memiliki spesifikasi lebih rendah. Selain belum mendukung layanan 4G LTE, kapasitas RAM-nya cuma 2 GB. Untuk pasar Indonesia, yang resmi didistribusikan hanya Note 3 Pro. Spesifikasinya lebih tinggi. Ia kompatibel dengan layanan 4G LTE dan dibekali RAM 3 GB.

Ketika kardus dibuka, bakal terlihat sebuah gawai berukuran bongsor. Bentang layarnya enam inci dan memanfaatkan LCD IPS full HD 1.920 x 1.080 piksel. Dengan ukuran layar sebesar itu, penulis alias HSW lebih suka menyebutnya phablet ketimbang ponsel.

Di sisi atas Note 3 Pro terdapat konektor audio 3,5 milimeter. Selot yang siap menampung dua kartu micro SIM berada di sisi kiri. Sementara itu, di sisi kanan gawai tersedia selot microSD, tombol volume, dan tombol power. Konektor micro USB dan speaker bakal ditemukan di bagian bawah gawai.

Sepasang nomor dapat siaga bersamaan di Note 3 Pro tanpa perlu berebut tempat dengan kartu memori tambahan. Pengguna bebas menentukan ingin berinternet memakai nomor di selot SIM1 atau SIM2. Nomor mana pun yang dipilih leluasa masuk ke jaringan 4G LTE, 3G, maupun 2G. Langsung dari menu ponsel, pengguna bisa mengunci nomor itu supaya selalu berada di jaringan 4G LTE. Satu nomor lain yang siaga takkan pernah berpindah dari jaringan 2G.

Merujuk kepada lembar spesifikasi, Note 3 Pro kompatibel dengan 4G LTE di band 1, 3, 5, 7, 8, 20, 38, dan 40. Hal itu bermakna secara teoretis ia siap dipadukan dengan layanan 4G LTE semua operator di Indonesia, termasuk Smartfren dan Bolt. Selama menguji pakai phablet bernama lain X601 tersebut, HSW sukses menikmati akses 4G LTE Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren.

Kapasitas baterai yang 4.500 mAh menjadi daya tarik lain Note 3 Pro. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, sekali diisi ulang sampai penuh baterai tanam itu sanggup bertahan maksimal 30 jam. Selama rentang waktu tersebut, gawai digunakan untuk telepon, SMS, WhatsApp, Facebook, Twitter, browsing, menerima ratusan email, dan sesekali memotret. Daya baterai akan lebih cepat melemah bila fitur tethering gawai diaktifkan.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang daya tidak terlalu lama. Dengan menggunakan charger bawaan, proses pengisian ulang daya dari sepuluh persen sampai penuh biasanya sekitar dua jam. Relatif cepat karena Note 3 Pro telah mengadopsi teknologi XCharge 3.0 dan Pump Expresss 2.0.

Spesifikasi lain phablet itu, antara lain, prosesor delapan inti (octa core) MediaTek MT6753 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, USB On-the-Go (USB OTG),ย  RAM 3 GB, dan ROM 16 GB. Saat gawai baru dinyalakan, sisa memori internal mencapai 10,14 GB.

Ada pula radio FM yang siarannya bisa direkam, penyaring panggilan telepon dan SMS masuk, dan kompas. Untuk menyembunyikan file foto, video, atau aplikasi tertentu, pengguna bisa mengoptimalkan fitur XHide.

Dua kamera dibenamkan ke Note 3 Pro. Kamera utama yang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat ganda siap menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia sanggup memproduksi klip video full HD 1080p.

Tersedia mode pemotretan profesional untuk mengakomodasi pengguna yang ingin mengatur parameter pemotretan secara manual. Kecepatan rana alias shutter speed bisa diatur mulai 1/1.000 detik sampai sepuluh detik. Sedangkan pilihan ISO-nya antara 100 dan 1600.

Beralih ke kamera depan. Kamera itu tanpa fokus otomatis, tetapi dibekali lampu kilat. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video HD 720p.

Di bawah lampu kilat kamera utama terdapat area berbentuk bujur sangkar. Itu merupakan sensor sidik jari (fingerprint sensor). Dengan menyentuhkan ujung jari ke area tersebut, layar ponsel yang awalnya padam dan terkunci bisa langsung aktif sekaligus terbuka. Sensor sidik jari juga bermanfaat untuk memberikan instruksi memotret kala pengguna sedang mengakses aplikasi kamera.

Apakah Note 3 Pro dibekali fitur ketuk-ketuk layar untuk mengaktifkan layar ponsel? Ya. Untuk mengaktifkan layar gawai berdimensi fisik 162,5 x 82,8 x 8,4 milimeter dan berat 199 gram itu, pengguna cukup mengetuk permukaan layar sebanyak dua kali. Layar bakal menyala. Untuk memadamkannya, ketuklah permukaan layar dua kali lagi.

Bila dirangkum, harus diakui kalau dimensi fisik Note 3 Pro tergolong jumbo sehingga sebagian pengguna berpotensi merasa terlalu besar. Performa kameranya juga tidak istimewa. Hanya pantas diberi predikat cukup.

Namun, perlu diingat, selain relatif gegas, kompatibilitasnya terhadap layanan 4G LTE operator di Indonesia layak diapresiasi. Daya tahan baterainya membuat pengguna tak perlu khawatir beraktivitas seharian penuh. Jauh dari colokan listrik atau power bank? Ah, siapa takut!

Gawai bersistem operasi Android 6.0 Marshmallow yang kelak bisa di-update ke Android 7.0 Nougat itu sekarang dibanderol Rp 2,599 juta. Selembar tempered glass telah disertakan dalam paket penjualan. Note 3 Pro tersedia dalam dua varian warna, champagne gold dan crystal grey.

Sssttโ€ฆ bonus informasi buat pengguna Note 3 Pro, kecepatan akses internet bisa ditampilkan di bagian atas layar ponsel lho. Caranya, dari halaman utama (home screen) masuklah ke halaman berisi daftar aplikasi dan pilih XManager.

Sudah? Kini tekan bandwidth manager, gulirkan layar ke bawah, kemudian tekan tombol geser di samping kanan kalimat display network speed on idle maupun display network speed on lockscreen. Di baris teratas layar sekarang akan tersaji kecepatan internet dipakai.

Bonus kedua, Note 3 Pro dibekali fitur perekam layar alias screen recorder. Jadi, saat ingin mendemonstrasikan suatu fitur atau menunjukkan kebolehan dalam bermain game, pengguna bisa melakukannya dengan lebih nyaman. Silakan klik video di bawah untuk melihat hasil perekam layar dan cara aktivasinya.

***

Inilah contoh hasil jepretan kamera Note 3 Pro.

Hotel di Surabaya yang paling sering ganti nama. ๐Ÿ™‚

Harga Infinix Hot Note X551-nya murah tuh. Pameran berlangsung di Atrium Mal Galaxy 1 Surabaya sampai 26 Februari 2017. Barang dalam kondisi baru. Namun, karena stok lama, garansi resmi dianggap telah habis.

Kalau foto di atas di-crop, inilah hasilnya.

Satu foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

288 thoughts to “Review Infinix Note 3 Pro: Meringkas Ponsel, Tablet, dan Router Nirkabel”

  1. Saya sih ga percaya sama yang jualan, bilang kelak diupdate nougat, soalnya ni sudah bulan ke-3 di tahun 2017. Misalnya Zenfone 3 masih stuck di marshmallow tuh.

    1. Pak Alan,

      Itu hak Anda sih. Saya tahu pasti ada beberapa orang di Indonesia yang sekarang sedang menjajal Note 3 Pro dengan OS Nougat.

  2. Hmm dengan harga 2.5 JT untuk membeli infinix ini apa tidak lebih baik
    Xiaomi MI Max, 6.4 inch ips LCD , Qualcomm 650 1.8ghz hexacore processor, 4850mah battery.
    4g + 3g /3g +4g network
    Dual space, harga hanya 2.1jt

  3. ko, untuk budget 2,5 jt merekomendasikan hp apa ya? saya membutuhkan hp yang kalo buat lihat gps gampang, trus baterainya tahan lama.

    1. Pak/Bu Nur,

      Kalau bisa menambah anggaran Rp 99 ribu, silakan membeli Infinix Note 3 Pro. Kalau tak bisa menambah anggaran, silakan melirik Asus Zenfone 3 Max ZC520TL.

      1. Pak Herry SW,
        1. Wah berarti overall lebih bagus Infinix Note 3 Pro ya dibanding Asus Zenfone 3 Max ZC520TL?
        2. Dari salah satu reviewer, Asus Zenfone 3 Max ZC553KL (Versi Snapdragon) kameranya lebih bagus (setara Asus Zenfone 3 Laser) dibanding Asus Zenfone 3 Max ZC520TL, apakah benar?

  4. Ko Herry , Boleh titip beli gawainya nggak? Murah murah banget soalnya, Hehehe… Kalau nggak bisa nggak maksa kok??

  5. sebenarnya kepincut Pak, sebagai pendamping Sony Xperia T2 Ultra Dual saya namun sayang kameranya kok cuma kategori cukup. pdhl sony saya kameranya masuk kategori itu bahkan kurang.

  6. Infinix selalu menarik, tapi sayang ya pak rom masih 16gb, kalo 32gb akan lebih menarik, Pak Herry..mau tanya :
    – Saya pengguna Infinix note 2, kalo ingin naik kelas dari berbagai segi baik kamera, baterai, media penyimpanan dan kegegasan, recommend dari Pak Herry?
    – Apakah perakitan di indonesia & adanya penjualan offline, membuat harga jadi naik?
    – Oh ya apakah Xiaomi yang garansi resmi akan direview juga pak?

    Terima kasih

    1. Pak Slamet,

      * Ehmm… menurut saya, mending wait and see dulu. Coba kita nantikan bagaimana kinerja Zero 4 Plus.

      * Benar.

      * Ya.

  7. Katanya fast charging ko, 5 menit ngecharge bisa penuh (dalam kondisi tertentu ya?) Di erafone ada ga ko? Terima kasih jawabannya…

    1. Pak Akhmad,

      Ya, memang fast charging. Namun, ya takkan bisa penuh dalam lima menit. Anda dapat info dari mana kalau fast charging bisa mengisi ulang baterai ponsel sampai penuh dalam waktu lima menit saja?

      Infinix tidak dijual di gerai Erafone.

    1. Pak Daniel,

      Perakitan di Indonesia dan masuknya Infinix ke pasar offline membuat harga jual mau tidak mau meningkat.

  8. Pa HSW kira2 dari 3 hp ini ; zenfone max, redmi 3 prime, vibe p1 turbo, manakah yg paling terbaik :
    A. Gegas,
    B. Irit,
    C. Kamera/ hasil foto,
    D. Tampilan Layar,
    E. Service center

  9. Halo Pak Herry,

    Kebetulan saya pemakai Infinix Note 2 sampai sekarang. Soal performa dan baterai, terus terang bisa dibilang masih cukup buat saya.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah Pak Her pernah menguji GPS Infinix Note 3 ini? Terus terang, GPS di Note 2 sih minta ampun deh payahnya.
    Saya curiga sih performa GPS nya tidak jauh beda dengan Note 2 karena prosesor nya masih Mediatek.
    Terima kasih banyak, Pak Her.

    1. Pak Johny,

      Ya, GPS-nya rutin saya pakai kalau sedang naik taksi online. Walaupun prosesornya sama dengan Note 2, saya merasa GPS di Note 3 Pro lebih baik.

  10. akhirnya review yang saya tunggu keluar juga
    ada LED notifikasinya tidak koh? btw secara keseluruhan koh Herry lebih pilih Infinix ini atau Asus Zenfone 3 max?

    1. Pak Bayu,

      Ada.

      Lebih pilih Note 3 Pro dong. Namun, harus diakui gawai tersebut lebih susah dikantongi ketimbang Zenfone 3 Max sih.

  11. Mau nitip Samsung Core 2nya yang dimall surabaya itu pak herry, dikirim gitu uangnya, nggak ada waktu soalnya main kesurabaya pak, Hehehe, kalau nggak bisa nggak papa, Bingung cara reply komen saya yang tadi pak??

    1. Pak Gilang Ramadhan,

      Maaf, nggak bisa titip. Sebab, sampai pameran berakhir (26 Februari 2017), saya tidak ada jadwal ke Mal Galaxy lagi.

  12. Wah, nampaknya gawai ini masuk kategori layak beli dari om HSW ya?

    Apakah kameranya benar-benar ada peningkatan dibandingkan dengan infinix note 2 om?

    Kalau boleh tahu, apa dari gawai ini yang menarik perhatian om HSW dibandingkan Infinix Note 2?

    1. Pak Kuatwj,

      Ya, layak beli.

      Ya.

      Fisik lebih keren, GPS lebih baik, dan kompatibilitas dengan Smartfren lebih komplet (band 5 & 40, bukan salah satu saja).

  13. apakah pak Herry akan mereview xiaomi redmi 3S yang sudah dijual resmi di indonesia ? saya harap pak Herry mau mereview nya.

  14. Maaf pak…. Saya mau nanya apakah untuk saat ini Sony Xperia z5 dual masih layak untuk dipinang? Atau mungkin pak HSW punya rekomendasi lain untuk Dana maksimal 6,5 juta? Makasih pak

  15. “Sepasang nomor dapat siaga bersamaan di Note 3 Pro tanpa perlu berebut tempat dengan kartu memori tambahan ”

    kalimat yg paling saya suka.

    pak boleh minta tolong ntip belikan infinix X551 kah ?

    1. Pak Yogha,

      He… he… berarti tidak suka yang hybrid ya.

      Maaf, tidak bisa. Sampai pameran yang saya ceritakan berakhir, saya tidak ada jadwal ke Mal Galaxy Surabaya.

    1. Pak Aryo,

      Akurat. Penguncian awal tidak sangat cepat, tetapi masih dalam batas toleransi. Saya cuma pakai aplikasi Google Maps sih.

  16. Om Herry, tanpa mempertimbangkan masalah harga, secara umum lebih mantap infinix note 3 pro atau lenovo vibe p1 turbo ? Kalau dari segi kamera bagaimana perbandingan keduanya ?

  17. Koh Herry..sori kalo OOT
    Dg budget 1,5 juta apakah Hisense Pureshot Plus msh menarik menurut anda?
    Soalnya banyak review positif ttg pureshot+..sedangkan sy bosan dg merk mainstream lainnya..hehehe
    Terima kasih

    1. Pak Althaf,

      Ya, sampai saat ini ponsel itu masih boleh dilirik. Namun, sekitar seminggu lagi mungkin saya memiliki rekomendasi berbeda.

        1. Pak Josef Nday,

          Mungkin lho, belum pasti berubah. Saya sedang mencoba sebuah ponsel. Kesan pertamanya cukup menggiurkan nih. Namun, tunggu sampai selesai uji pakai dulu deh.

  18. Ko Herry, kalo dipake untuk ngegame apakah ada bagian HP yg akan berasa panas? Kategori panasnya apakah bisa ditolerir atau berlebihan?

    1. Pak Arie,

      Kebetulan saya bukan penggemar game. Jadi, kalau pun main game, paling cuma 5-10 menit. Nggak bisa jadi patokan.

  19. pak herry SW

    maaf agak melenceng, apa ada bocoran lenovo p2 turbo rilis di indonesia? apa malah tidak jadi dirilis?
    terimakasih

  20. Pak Herry,

    1. Sayang ROM-nya masih berkutat di 16GB. Padahal sejak android 6.0 ke atas, aplikasi tidak bisa dipindah ke external memory. Jadi di masa sekarang kebutuhan internal besar menurut saya sangat penting. Andai ROM 32 pasti worth to buy.

    2. Hotel yang sering ganti nama, dulu LJ Discovery, berubah jadi Pullman, sekarang baru tahu kalo ganti lagi jadi WYNDHAM. hehe.. padahal makanannya tergolong enak lo.

    terima kasih pak Herry.

    1. Pak Erik,

      1. Kalau ROM 32 GB, harganya nggak boleh segitu.

      2. Sebelum Pullman sempat pakai nama Meritus. Jadi, urutannya LJ Discovery –> Meritus –> Pullman –> Wyndham. Makanannya enak? Saya pernah 2-3 kali ada acara di sana. Menurut saya, justru kurang mantap.

      1. Pak Herry,

        Ah iya. Pernah juga pakai nama Meritus.
        Mungkin selera ya pak Herry. kalau saya merasa makanan cukup enak kok. beberapa kali ikut technical meeting dari Samsung di hotel tersebut sejak pakai nama LJ Discovery sampai Pullman.

        Oya pak, sekedar tanya, jika nanti kelak Nokia 3310 masuk Indonesia, atau produk Nokia lainnya, apakah pak Herry akan me-reviewnya? hanya sekedar ingin tahu…

        terima kasih.
        Salam.

        1. Pak Erik,

          Iya, pernah pakai nama Meritus. Betul, soal makanan kadang ada faktor selera.

          Seperti biasa, kalau beredar resmi, saya akan berusaha review. Bagaimana kalau tidak beredar resmi? Karena ini ada unsur nostalgia, saya akan review satu tipe ponsel. Yang mana? Belum ditentukan.

      1. @Juragan Tengkleng

        memang benar bisa jadi internal. tapi minimal spesifikasi speednya 80MB/s yang dimana sd card segitunya harganya juga masih lumayan. Belum lagi sd card dijadikan internal sangat rawan rusak, atau paling tidak sering ter-eject sendiri.
        Bagaimanapun internal selalu lebih baik daripada sd card.

        ini hanya opini pribadi berdasar pengalaman.

        dan saya rasa semakin kesini harga infinix semakin terasa mahal untuk spesifikasi prosesor tua dan internal kecil.

        thanks.

      1. Iya betul pa, setiap kita buka situs ponselmu.com klo saya via ponsel pakai chrome kadang ada iklan dimuka langsung tpi bisa diclose truz tidak muncul lagi deh pada saat baca2 artikel yg lain dlm 1 hari, tapi besok klo buka ada lagi iklanya tapi juga kadang ilang sendiri….

  21. pak Herry SW

    semoga nanti lenovo vibe p2 bisa bersaing (harga) dengan asus zenfone 3 max zc553kl. oh iya, apakah pak Herry berencana me review asus zenfone 3 max zc553kl ?

    1. Pak Armega,

      Saya sih yakin harga Vibe P2 akan lebih tinggi.

      Tak ada rencana review ZC553KL. Kamera yang sehari-hari saya gunakan untuk memotret barang review rusak nih. Jadi, saya harus menabung untuk membeli kamera dulu.

  22. Salam pak Herry,
    Kebetulan saya sudah pakai infinix note 3 pro sejak kira-kira 1 bulan lalu, jadi cuma mau kesaksian aja sedikit hehe..
    Saya cukup puas bahkan cendrung sangat puas pakai infinix note 3 pro, sebelumnya saya pakai lenovo p780, setelah sekitar 4 tahun, akhirnya pilihan saya jatuh pada infinix note 3 pro (itu pun salah satunya karena pak Herry pernah merekomendasikan infinix note 3 pro ke beberapa orang di beberapa review yang sudah pak Herry post sebelum ini, terima kasih untuk rekomendasinya pak hehe)..
    Buat saya, kekurangan infinix note 3 pro sampai saat ini hanya di kamera belakang saat kondisi minim cahaya, agak kecewa lihat hasilnya, yang lainnya sudah sudah sangat cukup.. Awalnya saya agak ragu di ukurannya yang katanya bongsor, tapi setelah saya pakai, ternyata buat saya sangat pas, di kantong celana masih ok, di genggaman masih ok, jadi mengenai ukuran balik lagi ke pemakainya, karena ukuran badan saya cukup luas, lebar dan tebal maka cocok dengan ukuran infinix note 3 pro.. Kalo perempuan mungkin agak kesulitan, karena pasti di kantong celana agak sempit, di genggaman pun agak terlalu besar untuk perempuan.. Tapi semua balik lagi ke pemakai, kalo merasa nyaman, ya monggo dinikmati..
    Pada akhirnya saya merekomendasikan infinix note 3 pro untuk yang sedang cari ponsel dengan ukuran layar 6″ dan baterai tahan lama (pemakaian normal ala saya bisa sampai 1,5 hari, kalo pemakaian agak jarang bisa 2 hari, kalau pemakaian lagi sering banget masih bisa 1 hari full, jam 5 pagi selesai di charge, jam 10 mlm baru minta di charge lagi, dengan catatan saya tidak pernah main game)..
    Demikianlah kira-kira ๐Ÿ™‚
    Thanks pak Herry..

  23. Pak Herry

    Maaf melenceng. Pak Herry punya bocoran gak untuk Infinix Zero 4 Plus kapan bakal dijual di indonesia? Soalnya saya iseng cari di toko offline belum keluar Smartphonenya yang ada hanya Zero 4 biasa.
    Dan Pak Herry tahu gak kapan debut Lenovo P2 di Indonesia?

    1. Pak Rudi,

      Jadwal edar Zero 4 Plus belum diketahui. Seharusnya sudah beredar, tetapi realitanya molor entah sampai kapan.

      Vibe P2 mestinya tak terlalu lama lagi.

    1. Pak Dave,

      Multitasking baik-baik saja sih. Namun, ya jangan dibandingkan dengan ponsel flagship.

      Saya termasuk orang yang tidak peduli dengan skor Antutu. Angka besar bukan jaminan enak dipakai, demikian sebaliknya.

    1. Pak Keny,

      File yang terhapus itu sebelumnya disimpan di memori internal atau microSD?

      Kalau di memori internal, sudah tak ada harapan deh. Kalau di microSD, pindahkan kartu microSD ke laptop/PC, kemudian gunakan aplikasi file recovery.

  24. Wah masih berat zenfone max ya pak herry
    Walaupun infinix note 3 pro lebih bongsor.
    Kamera dan daya tahan baterai lebih bagus mana pak dibanding zenfone max.terimakasih

    1. Pak Sunar,

      Saya malahan tidak memperhatikan perbandingan berat masing-masing ponsel.

      Kamera dan daya tahan baterai lebih bagus Zenfone Max. Namun, dalam hal kegegasan, Note 3 Pro menang telak.

  25. Hi, Koh. Izin bertanya.

    1. Untuk proteksi layarnya sendiri menggunakan layar jenis apa ya?
    2. Kerapatan ppi layar?
    3. Saya melihat beberapa review di Youtube soal kualitas perekaman videonya yang terkesan patah-patah. Selama pemakaian, adakah kendala yang Koh Heri alami terkait kualitas videonya?

    Terima kasih.

    1. Pak Chande,

      1. Tak disebutkan di lembar spesifikasi resmi.

      2. Silakan dihitung sendiri ya. Bentang layar dan resolusi kan sudah ketahuan.

      3. Kemampuan merekam video hanya saya coba sepintas. Tidak dieksplorasi mendalam. Sepintas baik-baik saja.

  26. Selamat malam pak Herry
    Semoga sehat selalu

    Pak menurut pak Herry jika dibandingkan dengan zero 3 bagaimana pak secara keseluruhan.. ?
    Walaupun kamera utamanya 13 tp sepertinya hasilnya bagus ya pak..

    Terima kasih pak..

  27. wah infinix hot note kalo 1 juta pas murmer tuh saya ingin membelikannya buat keponakan di kampung (soalnya 4G masih lelet) btw itu gerainya ada di sekitar Jabodetabek ga?kalo ada kasih tau

  28. siang mas Herry
    saya liat jawaban mas Herry di atas “Ya, sampai saat ini ponsel itu masih boleh dilirik (pureshot+). Namun, sekitar seminggu lagi mungkin saya memiliki rekomendasi berbeda.”
    kalo boleh tau yang di rekomendasikan untuk gawai pengganti pureshot+ di harga 1,5 juta apa mas Herry? apa xiaomi redmi 4a?

    1. Pak Adeozzy,

      Saya belum sampai memberikan rekomendasi lho. Ceritanya, saya sedang menguji pakai sebuah ponsel. Beberapa hari memakainya, kesannya secara umum bagus nih. Namun, tunggu sampai uji pakai selesai dulu ya.

  29. Ko, maaf oot. Untuk mnggu ini hp ap ko yg di rekomendasikan dg harga 1.6 smpai 2 juta? Yg utk dipke lama, (kamera , ram, n batrai bgus)? Mau beli hp, tpi bingung antra infinix hot 4 pro, vivo y55, asus zenfone 2 laser, atau xiaomi.

    1. Bu Melda,

      Dengan anggaran maksimal Rp 2 juta dan ingin kamera bagus, RAM besar, serta baterai tahan lama, jawabannya ya nggak ada deh.

  30. Pak HSW apa benar di android marsmallow aplikasi tidak bisa dipindah ke memory external? Kenapa lebih prefer menguji redmi4A daripada 3S? Padahal spesifikasinya lebih bagus dan garansi resmi tapi anehnya di situs xiaomi Indonesia 3Snya malah tidak ada? Kelak xiaomi type apalagi yang diproduksi di Indonesia lagi? Terimakasih

    1. Pak Al,

      Saya sih nggak peduli dengan hal itu. Sejak dulu, buat saya yang namanya aplikasi tambahan itu ya idealnya diinstalasikan di memori internal.

      Mengapa pilih Redmi 4A? Alasannya sederhana. Harganya kurang dari Rp 1,5 juta (biarpun cuma kurang seribu rupiah).

      Masih ada aneka tipe lagi kok. Sabar deh.

  31. Koh apa beda fungsi RAM dan ROM? Kl RAM 2GIGA DAN ROM 16GIGA, ROM buat nampung kapasitas aplikasi? Kl RAM? Mohon penjelasannya KOH

    1. Pak Dinar,

      Mudahnya begini: ROM itu memori internal untuk menyimpan data dan menginstalasikan aplikasi tambahan. Kalau RAM itu memori yang dibutuhkan saat pengguna menjalankan (bukan menginstalasikan) aplikasi.

    1. Pak/Bu Virya,

      Nokia sejak dulu kan sudah hadir resmi di Indonesia. Belum pernah keluar, walaupun sudah diakuisisi Microsoft.

  32. Koh mau nanya, apa beda fungsi RAM dan ROM? Kl RAM 2GIGA DAN ROM 16GIGA, ROM buat nampung kapasitas aplikasi? Kl RAM? Mohon penjelasannya KOH

    1. Pak/Bu Dinar,

      Mudahnya ROM itu memori internal untuk menyimpan data dan menginstalasikan aplikasi tambahan. Kalau RAM itu memori yang dipakai untuk menjalankan aplikasi.

    1. Pak/Bu Dinar,

      Boleh melirik Infinix Zero 3 (kalau mengutamakan kamera) atau Infinix Note 3 Pro (kalau mengutamakan baterai). He… he… kebetulan mereknya Infinix semua.

  33. Pak saya ada dana 2,5 juta-an. bingung mau beli infinix note 3 pro ataukah samsung galaxy alpha. Menurut bapak, lebih tepat pilih yang mana? antara Service Center infinix dan samsung lebih baik mana servicenya?

    1. Pak Dzulkiffli Rabbani,

      Saya sih pilih Note 3 Pro. Selain keluaran lama, Galaxy Alpha seingat saya single SIM.

      Service center Samsung sih masih lebih baik daripada Infinix. Namun, kalau diadu dengan service center LG, Samsung kalah deh.

  34. Maaf ko nanya lagi, jadi apa ko klo utk rekomendasi hp yg harga 1,6 smpai 2 jta. Yg spesifikasinya sebanding lah, kamera utama. Yg mana yg pling rekom ko, vivo y55, zenfone 2 laser, xiaomi redmi 3s, infinix hot 4 pro.? Harganya hmpir sama soalnya

    1. Bu Melda,

      Zenfone 2 Laser. Kalau suka layar 5 inci, ambil ZE500KL. Kalau suka layar lebih gede, pilih ZE550KL.

  35. Pak Herry maaf oot apakah Nokia akan dipasarkan di Indonesia? Saya dengar mereka sudah menyiapkan Nokia 3,5,6 dan new 3310

    1. Pak Alsyahid,

      Nokia kan sudah lama dipasarkan di sini.

      Oh maksudnya yang tipe-tipe baru dari “Nokia reborn” tho. Naga-naganya sih akan masuk, tetapi belum tahu kapan.

  36. Pak hery, menurut anda lebih baik beli LG k10, Oppo A37, Xiaomi 3s, Samsung J3 2016, Lenovo a7700, Infinix Hot S atau Vivo Y55 dengan budget 1,9juta rupiah? Beserta alasannya?? Thanks

    1. Pak Fahmi Alba,

      Tidak semua ponsel yang Anda sebutkan pernah saya coba. Dengan anggaran Rp 1,9 juta, menurut saya, mending beli Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL Kamera bagus dan relatif gegas.

  37. Mending Infinix Zero 3 Atau Infinix Note 3 Pro Pak??
    Dari Segi Baterai , kamera ,Multitasking

    Oh Iya Infinix Zero 3 Masih Layak Beli Kah??

    1. Pak Sakuratan,

      Baterai jelas menang Note 3 Pro. Kalau kamera, Zero 3 menang telak. Multitasking relatif imbang.

      Masih.

  38. Pak HSW apakah Nokia yang Android (HMD) akan hadir di Indonesia mengingat produknya kan 4G dan pemerintah punya aturan TKDN? Saya termasuk yang menantikan Nokia Android yang baru (HMD)

    1. Pak Alsyahid,

      Naga-naganya sih begitu. Namun, apakah akan masuk sebagai ponsel 4G atau tidak, itu yang belum bisa dipastikan.

  39. koh minta saran hape budget maks 4juta ? sektor utama kamera,
    terus apakah ada rencana review brand yang lagi gencar promosi yaitu vivo v5 atau v5plus ?

    1. Pak Abdul Wahid Al Fahmi,

      Ya berarti Asus Zenfone 3.

      Vivo V5 dulu sempat berencana review, bahkan sudah ke toko untuk beli. Namun, karena saat itu barang masih kosong, batal beli dan batal review deh.

  40. Ko Herry

    Untuk pemakaian penulisan & editing aplikasi kantor (office word, excel, power point, pdf) bagaimana Ko..??
    Tq

  41. maaf ko, nanya lagi. saya berencana membeli hp dengan harga kisaran 1,6 sampai 2 juta paling mahal. tapi masih bingung hp apa yg bgus, dan tahan lama. pengalaman pake samsung, yg ramnya kecil membuat saya tidak mau lagi mencoba samsung. nah jika dinilai secara keseluruhan, mana yg paling rekom ko antara : infinix hot 4 pro, xiaomi redmi 3s, vivo y55, dan asus zenfone 2 laser.? mhon pencerahannya ko, biar saya bisa memilih dan yakin dg pilihan tersebut. terimkasih ko sebelumnya, sukses terus ya ko.

    1. Bu Imel,

      He… he… iya, saya takkan merekomendasikan Samsung di harga segitu. Sebab, kinerjanya pasti akan bikin emosi.

      Saya merekomendasikan Zenfone 2 Laser. Silakan pilih mau yang berlayar 5 inci (ZE500KL) atau 5,5 inci (ZE550KL).

  42. Pak Herry,

    Mohon rekomendasi smartphone untuk pengguna ibu-ibu dengan kriteria layar 5.5″ ke atas, hasil kamera bagus (depan maupun belakang). Penggunaan lebih ke untuk aktivitas social media dan jeprat-jepret kamera.

    Kalau boleh, rekomendasi yang 2 jutaan dan yang 3 jutaan. Dengan asumsi, dana maksimal di bawah 4 juta. Tapi rekomendasinya mohon di kisaran 2 jutaan dan juga kisaran 3 jutaan.

    Terima kasih sebelumnya Pak.

    1. Pak Iskandaria,

      Layar 5,5 inci ke atas itu berarti 5,6 inci; 5,7 inci; dan seterusnya kan? Kalau iya, dengan kriteria seperti itu, belum ada yang memenuhi syarat deh.

      1. Pak Herry,
        Hehe. Maksudnya minimal ya 5.5 inchi pak.
        Dana maksimal 4 juta. Buat ibu saya sih. Dia suka sosmedan dan foto-foto.
        Mohon rekomendasi yang kisaran 2 jutaan dan 3 jutaan pak, biar ada pilihan.

        1. Pak Iskandaria,

          Ok.

          Rp 2 jutaan: Asus Zenfone 2 Laser. Silakan pilih mau yang ZE550KL (layar 5,5 inci, harga maksimal Rp 1,999 juta) atau ZE601KL (layar 6 inci, harga lebih dari Rp 2 juta).

          Rp 3 jutaan: Asus Zenfone 3 ZE520KL.

          Wah… kebetulan yang direkomendasikan Asus semua ya. ๐Ÿ™‚

          1. Pak Herry,
            Terima kasih atas rekomendasinya Pak.
            Oya, tadi baru baca-baca review mengenai Infinix Zero 3. Kebetulan layarnya 5.5 inchi dan hasil kameranya juga bagus ya. Harga juta 2 jutaan.
            Tapi stok di toko offline maupun online sekarang makin langka sepertitoko
            Seandainya stok masih ada, menurut bapak, sebaiknya pilih yg mana ya antara Infinix Zero 3 dan Asus Zenfone 3? Yang hasil kameranya lebih bagus Pak.

          2. Pak Iskandaria,

            Ya, hasil jepretan kamera Zero 3 tergolong bagus. Di toko offline masih banyak sih. Harga Rp 2,699 juta.

            Lebih bagus Asus Zenfone 3.

  43. Pak Herry, mau nanya maaf OOT
    Dengan budget 2 juta tablet / phablet apa yg anda rekomendasikan.?
    Saya melirik ke Lenovo phablet plus karena harga barunya sekarang sudah dapat di 2 juta. Terima kasih.

    1. Pak Anton,

      Kalau Lenovo Phab Plus benar bisa dapat di harga Rp 2 juta, ya itu deh. Belum ada alternatif lain di angka maksimal tepat Rp 2 juta.

      1. Untuk Lenovo Phab Plus di blibli dan bhinneka.com malah harganya bisa di Rp 1.900.000,- untuk yang baru dan katanya garansi resmi setahun. Saya juga heran, seingat saya setahun lalu masih 3jutaan.
        Pertanyaan saya yg lainnya, untuk budget maksimal sejuta smartwatch atau smartband apa ya yang anda rekomendasikan Pak Herry.? Terima kasih banyak

      2. Maaf pak, nimbrung, kalau dibandingkan dengan. Phab plus vs note 3 max lebih bagus mana di sisi kegegasan dan kamera?

          1. Pak Danu Djojosoemarto,

            Kegegasan relatif imbang. Dalam hal kamera, Note 3 Pro unggul tipis.

  44. Pak saya mohon sarannya,saya mau beli hp dibawah 2jt,layar 5.5 inch,ram min 2gb,rom min16 gb,bisa 4G,gegas,kameranya standard aj

    1. Pak/Bu Firal,

      Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL. Memenuhi semua kriteria Anda plus kameranya kebetulan tergolong bagus di kelasnya.

  45. Halo Bung Herry SW

    Butuh info gerai resmi online & offline untuk produk:

    1. ASUS/Zenfoone
    2. Xiaomi
    3. Infinix
    4. Lenovo
    5. LG

    Terima kasih

    1. Pak Edho,

      1 – 2 – 4 – 5 online: Erafone.com
      3 online: Lazada.co.id

      1 – 2 – 3 – 4 – 5 offline: tinggal jalan-jalan ke pusat penjualan ponsel.

      Btw, nama ponsel Asus itu Zenfone, bukan Zenfoone.

    2. Nambahin aja, erafone.com buka lapak jg di elevenia. Lumayan bisa free ongkir kl beli disitu.

      Pengalaman pake Infinix sih dulu ga terlalu berkesan ya, mungkin karena saya terbiasa mainan Xiaomi yg SoC nya SD jadi agak2 males oprek MTK hehehe apalagi jaman masih XUI jauh banget kl dicompare ke MIUI dari segi tampilan, fitur sama bugs wkkkkkk Komunitasnya jg masih blm matang, jd belum banyak dev yg bisa bikin custom ROM apik, enteng, minim bug seperti halnya di Xiaomi/MIUI. Entah kl skrg sudah jadi XOS gimana kl dibandingkan ke XUI

  46. siang ko, mau sedikit nanya nanya nih. lagi butuh HP baru buat pemakaian sehari-hari sama buat tugas tugas kampus nih ko. nah krna masih Mhsiswa jdi butuh hp yg awet biar gak gonta ganti gituu.. dulu pernh pake hp china 1 bulan udh matot. maknya butuh yg awet ko… tapi bingung maunya apa. cuman punya 2,5 jt. trs smpet di suruh oppo sama tmn deket. tapi pas bca blognya koh tentang oppo jd takut juga. kpikiran samsung tapi liat reviewnya koh agak mikir juga.. lalu kalao di saran kan saya harus membeli apa ya agar komunikasi lancar dn pencarian tugas juga lancar… makasih seblumnya koh..

    1. Bu Nadia,

      Silakan melirik Infinix Note 3 Pro deh.

      Jangan beli Oppo. Samsung di harga maksimal Rp 2,5 juta pasti juga kurang mantap.

  47. Pak Herry tolong tanya :
    1. Soal kegegasan dan kamera, aspek apa yang bapak pertimbangkan, apakah dari segi software atau hardware? jika dilakukan update OS apakah ada kemungkinan kriterianya berubah dari yang buruk menjadi bagus?
    2. apakah spesifikasi (prosesor/ram/rom) suatu hp yang diproduksi resmi di luar negeri (BM) selalu sama dengan yang di produksi dalam negeri (garansi resmi indonesia)?

    terima kasih.

    1. Pak Eddy,

      1. Dari segi pemakaian nyata harian. Ada peluang untuk itu, tetapi seharusnya tidak signifikan.

      2. Belum tentu sama.

  48. Menurut bapak ?
    gawai dengan layar 6 inci itu enak di bawa kemana2 gak???
    Terus Masuk Kantong Nya susah gak pak????

    1. Pak Sakuratan,

      Buat saya masih enak digenggam, tetapi kurang nyaman kalau dikantongi. Terasa agak mengganjal.

  49. Saya menambahi karena saya sudah pakai infinix note 3 pro selama 2 bulan. Hp ini cukup gegas dan powefull walaupun pakai proc lama. Untuk kecepatan fingerprint nya masih terbilang normal. Hanya saja memang kamera bukan dibilang bagus di kelasnya, namun menariknya sudah mengadaptasi eis, jd klu merekam video masih enak2 saja soal goncangan. Ada led notifikasinya. tak memakai tombol fisik dibawah layar, sangat memudahkan bagi yg suka main game, walaupun kadang patah2 untuk game 3D. Semoga pembaca lain terbantu

    Owh ya, mau tanya. itu ada foto counter infinix, lokasinya dimana ya?

  50. Om Hery

    Terkait Redmi 4A
    Saya sudah telfon beberapa gerai erafone di surabaya(WTC, Marina, Galaxy)
    Namun kata mereka redmi 4A garansi resmi belum masuk, yang ada hanya redmi 3S.
    Kira-kira saya harus cari dimana lagi ya? apa om Hery ada masukan.

    Terima kasih

    1. Pak Deden,

      Kalau Anda ingin membeli di Erafone Surabaya, sebaiknya baru kontak minggu depan. Bila harus beli minggu ini, carilah di toko-toko biasa di WTC atau Marina.

      Lho… mereka sudah punya stok Redmi 3S lagi? Minggu lalu Erafone se-Surabaya kosong.

  51. Selamat sore, Pak Herry. Maaf bertanya di luar konteks. Anak saya dulu pakai Lenovo Phabplus. Waktu dia hendak mengganti kartu sim, ternyata micro sd nya gak ikut keluar. Sudah saya bawa ke Service Center Lenovo Resmi Malang. Di SC pertama tidak tertulis servis untuk apa saja, eh katanya disuruh bawa ke SC lainnya ( ada 2 ceritanya Pak ). Saya lanjut ke SC yang disarankan, dijawab katanya harus dibawa ke Jakarta dan bisa sampai 3 bulan. Bayangkan Pak. Lah padahal anak saya pengin ganti ponsel jadi mau dijual, jadi gak bisa karena memori di dalamnya. Payah sekali Pak SC Lenovo.
    Barangkali Pak Herry bisa kasih rekomendasi tempat servis di Surabaya yang bisa membantu saya, Pak.
    Terimakasih Pak.

  52. Maaf pertanyaan agak melenceng dr topik.
    Nokia is Back dengan Nokia 3310, Nokia 3,5,6…, nah yg jadi pertanyaan apakah Nokia masih ada di Indonesia? Kan semua sudah ganti microsoft.
    Soalnya saya tertarik ke nokia yg baru launching hehehe

    1. Pak Roni,

      Masih ada. Feature masih pakai merek Nokia kok. Mereka di bawah Microsoft.

      Kalau Nokia 3310 reborn, 3, 5, dan 6 itu dikelola oleh HMD Global, bukan Microsoft. Mereka saat ini belum masuk resmi ke sini, tetapi bakal masuk.

  53. Pak Herry, saya mau tanya nih, maap kalo OOT dan borongan:
    1. Kalo beli Xiaomi Redmi 3S (resmi) di toko perorangan, apa saja yg harus diperhatikan biar gak tertukar garansi distributor?
    2. Apakah Xiaomi Redmi 3S (resmi) itu sama dengan Xiaomi Redmi 3S Prime (distributor)?
    3. Apakah action cam Xiaomi yg beredar di Indonesia juga ada 2 versi, garansi resmi dan distributor? Atau semua nya punya garansi yg sama?
    4. Pusat perbaikan resmi hape Xiaomi, apakah menerima service action cam Xiaomi?

    Terima kasih Pak Herry. Maap kalo kebanyakan.

    1. Pak Amaris,

      1. Paling mudah cek saja stiker di belakang kardus. Kalau dirakit/dibuat di Indonesia, berarti bergaransi resmi.

      2. Ya, di atas kertas sepertinya sama.

      3. Tak ada yang resmi deh.

      4. Tidak. Lha action cam tidak bergaransi resmi.

      1. Maaf Pak Herry, tanya lagi. Untuk pertanyaan no 1, berarti tulisan di kardus hape memakai bahasa Indonesia ya?

  54. Selamat sore
    Terimakasih pak Herry atas jawabannya ..
    Ngomong” sy bu sila hehehehehee..

    Saya tunggu review dari zero 4 plus nya kalau sudah beredar di sini.
    Penasaran soale..

    Oia pak sekalian saya mau tanya.
    Semenjak upgrade ke marshmallow kalo saya ambil gambar kalau tidak diatur dulu kecerahan layarnya gambarnya jadi ikut gelap pak, padahal dulu waktu masih lollipop tidak begitu. Kecerahan layar saya setting fullminim bisa dblg kecerahan layar mati tp kl ambil gambar ga ngaruh sama hal itu sesuai dengan yg diambil gambarnya tp ini pas di upagrade jadi kl mo ambil gambar harus setting kecerahan layarnya dulu baru keliatan cerah gambarnya.
    Kenapa bisa begitu ya pak Herry?

    Ada solusi nya pak?

    Terima kasih

    1. Bu Sila,

      Tingkat pencahayaan layar seharusnya tidak berpengaruh terhadap hasil pemotretan. Coba lakukan eksperimen berikut:
      * Aturlah tingkat pencahayaan layar ke redup. Lakukan pemotretan.
      * Aturlah tingkat pencahayaan layar ke terang sekali. Lakukan pemotretan.
      * Foto-foto yang dihasilkan kemudian kopikan dan lihatlah di layar PC/laptop. Bagaimana hasilnya?

  55. Pak hsw

    Saya mohon dengan sangat

    Kalau mereview redmi 4a tolong agar foto redmi 4a (ukuran asli tanpa edit apapun) diupload pake postimg lalu linknya taruh di ponselmu.com

  56. Maaf OOT pak Herry,minta rekomendasi handphone dengan budget maksimal 1,2jt. Merk terserah yg penting dual sim GSM (no Andromax),terimakasih.

    1. Bu Siti,

      Dengan kriteria seperti itu, terus terang saya tak berani memberikan rekomendasi nih. Sebab, ponsel yang tersedia kurang bagus. Namun, bila tetap wajib memberikan pilihan, silakan ambil Lenovo A2010.

  57. Pak HSW, maaf kalau OOT. Saya sempat mendeteksi Tri 4G di Surabaya. Apa memang sudah bisa diluncurkan di Surabaya?

    1. Pak Putra,

      Sinyal 4G LTE Tri memang sudah terdeteksi dan bisa dipakai di Surabaya. Namun, layanan itu sebenarnya belum resmi diluncurkan. Saya sudah sempat mencobanya. Komentar saya, 4G citarasa 3G deh. Tergolong lambat dan sering bengong.

  58. Pak HSW

    kalo memang ko herry mau review vivo v5 atau v5 plus siapa yang akan jadi objek selfie ko herry kah.Bukannya apa” tapi tau sendirilah kalo koh herry selfie pakai kamera sebagus apapun tetp aja ekspresinya gak berubah he…he…(peace)

  59. Siang Pak Herry, saya baca bbrp komen di atas disebutkan bhw perakitan di Indonesia menyebabkan kenaikan harga jual gawainya. Knp bs demikian Pak? Bukankah seharusnya dirakit di dalam negeri, mengupah buruh dlm negri, dll, bs lbh murah drpd hrs import Pak?

    1. Pak Edwin,

      Ya, membuat biaya produksi naik karena:
      1. Mayoritas komponen masih harus diimpor.
      2. Skala produksi di Indonesia masih kecil.
      3. Biaya tenaga kerja lebih mahal. Sepintas kelihatan murah, tetapi kalau kemudian dikaitkan dengan produktivitas, jatuhnya lebih mahal. Saya berikan ilustrasi ya. Ini bukan kondisi sebenarnya, melainkan sebagai gambaran saja.

      Anggaplah tenaga kerja di Indonesia digaji Rp 5.000.000. Dalam sebulan ada 25 hari kerja. Kalau dirata-rata berarti Rp 200.000 per hari. Setiap hari tenaga kerja itu bisa menghasilkan sepuluh produk. Berarti, biaya tenaga kerja per unit produk adalah Rp 20.000.

      Di luar negeri, tenaga kerja digaji Rp 10.000.000. Dalam sebulan ada 25 hari kerja. Kalau dirata-rata berarti Rp 400.000 per hari. Setiap hari tenaga kerja itu bisa menghasilkan 25 produk. Berarti, biaya tenaga kerja per unit produk adalah Rp 16.000.

      Silakan Anda cermati. Kalau cuma melihat angka Rp 5 juta dan Rp 10 jutanya, tenaga kerja di Indonesia terlihat lebih murah. Namun, begitu unsur produktivitas diperhitungkan, jatuhnya tenaga kerja di Indonesia lebih mahal.

      Itu baru melihat dari dua unsur. Kalau unsur lain, misalnya, kepastian hukum, kemudahan perizinan, biaya lain-lain (sumbangan ini itu), dan frekuensi demonstrasi, juga dimasukkan, jadinya lebih nggak menarik lagi deh.

      1. Wah, makasih Pak sudah diberi penjelasan cukup detail spt itu…
        Kalo dr segi produktivitas mmg spt itu, tapi kalo import barang yg sudah jadi, bukannya bs lbh mahal krn kena bea masuk, pajak, dll Pak?

        1. Pak Edwin,

          Total pajak dan biaya lain yang harus dibayarkan kalau impor utuh justru lebih murah deh.

  60. Pak Herry
    Oot, di lazada ada Pre-order Blackberry Aurora, itu status nya gmn ya pak?
    Katanya kan BB sekarang di produksi sama TCL, apa TKDN lolos?

    1. Pak/Bu Yuki,

      Aurora itu bergaransi resmi dan mendukung 4G LTE.

      Aurora bukan diproduksi oleh TCL, melainkan BB Merah Putih. Pabriknya berlokasi di Cikarang. Lolos TKDN.

  61. Pak mau tanya..

    Saya kan pake LG Magna selama setahun lebih. Belakangan ini kinerja baterainya semakin memburuk. Niatnya ingin ganti baterai, tapi menurut pramuniaga toko yang saya kunjungi, tidak ada baterai original LG Magna dan saya ditawarkan baterai merek lain, Double Power kalau tidak salah. Apakah sekiranya menggunakan baterai yang tidak original dapat merusak ponsel, Pak?

    1. Pak/Bu Sachiara,

      Penggunaan baterai non-orisinal berkualitas abal-abal sangat tidak disarankan. Baterai orisinal LG Magna bisa dibeli di pusat perbaikan resmi LG.

  62. sore pak herry..
    minta rekomendasi untuk budget dibawah 2juta yang nyaman dipakai untuk ojek online(internet,GPS, baterai), juga baterai yang tipe removable dan kamera yang lumayan.
    di tunggu tanggapannya pak herry..terima kasih..

    1. Pak Ocez,

      Karena untuk ojek online, bayangan saya GPS-nya harus bagus. Baterainya juga harus tahan lama. Namun, dengan anggaran kurang dari Rp 2 juta, kalau minta yang baterai removable tak ada deh.

      Bila tak keberatan dengan baterai tanam, silakan membeli Moto E3 Power. Harga barunya sekitar Rp 1,8 juta.

  63. pak hsw, kalo boleh saya bertanya, mana yg lebih bapak rekomendasikan infinix zero 3 atau infinix note 3 ?
    btw, zero 3 msh tersedia dipasaran kah ? terimakasih

    1. Pak Iyan,

      Tergantung Anda lebih mengutamakan kamera (berarti beli Zero 3) atau daya tahan baterai (berarti beli Note 3 Pro). Zero 3 masih tersedia di pasaran. Harga saat ini Rp 1,999 juta.

  64. Hp utama yg dipake sehari-hari koh Herry sekarang apa ? Kalo boleh tau kenapa pake hp itu ?#cuma nanya

    1. Pak/Bu Firal,

      Ponsel yang sedang diuji pakai untuk review otomatis menjadi ponsel utama saya. Jadi, ya ganti-ganti terus.

  65. sore pak herry,, menurut bapak dari keseluruhan yg bisa anda simpulkan kira kira lebih rekomendasi mana, infinix note 3 ini atau yg seri zero 3 ? dan apakah zero 3 masih layak beli & masih tersedia di pasaran ? terimakasih

    1. Pak Iyan,

      Kuncinya Anda lebih mengutamakan kamera atau daya tahan baterai? Kalau kamera, silakan membeli Zero 3. Masih ada yang jual baru kok. Harga saat ini Rp 1,999 juta.

      Kalau Anda lebih mengutamakan daya tahan baterai, berarti belilah Note 3 Pro.

  66. maaf oot om herry saya mau tanya

    dengan harga yg sama 2.9 juta antara lenovo vibe turbo sama huawei p9 lite lebih ok pilih yg mana ya ?

    1. Pak Polo Kamto,

      Kalau Anda menomorsatukan daya tahan baterai, silakan membeli Vibe P1 Turbo (bukan Vibe Turbo). Kalau Anda lebih mementingkan kamera, silakan beli P9 Lite.

  67. Koh, saya ingin tanya, saya ada budget 3 – 5 jt
    Saya kepincut dengan Samsung Galaxy A5 2017 yang ada always on display dan camera 16 vs 16 mp serta layar Super amoled nya, kebetulan saya juga telah melihat review KOH HSW ASUS Zenfone 3 dan jatuh cinta kepadanya, lalu ada teman saya yang nawarin OPPO F1S ram 4GB + internal 64 Gb yang baru di pake sebulan dengan harga hanya 3jt karena butuh uang

    untuk samsung galaxy A5 2017 saya akan beli dengan home kredit, karena lagi ada promo cicilan 0%.

    Menurut KOH HSW,
    1. Samsung Galaxy A5 2017 3 GB ram + 32 GB rom
    2. Zenfone 3 5,5 Inc 4 GB ram + 64 GB rom
    3. OPPO F1S 4 GB ram + 64GB rom

    Kriteria saya, Pemakaian sehari hari, kelengkapan fitur, Kamera lumayan, Anti air sedikit nilai plus kalo tidak ada juga tidak apa,

  68. Menarik koh….saya mau beli untuk adek sy..budgetcuma 1.8 jtaan …bisa recomen ndak koh ..sy msh tertarik xiaomi 3 pro…mohon infonya koh herry

    1. Pak Rizal Adi,

      Belum ada ponsel bernama Xiaomi 3 Pro.

      Dengan anggaran Rp 1,8 jutaan, pilihannya Asus Zenfone 2 Laser atau Moto E3 Power.

  69. Ko, recomend dong…budget 2 jt, Kira2 hp apa yg kamera dpan bagus buat Selfi dan VC. Smooth di ajak multitas full sosmed dan game2 standar, jaringan 4G… Mksh ya ko sbelumnya.

      1. Bantu jawab Pak, sptnya “VC” itu Video Call Pak. Mengingat sblmnya Pak Kim Musta ada menyebutkan soal kamera depan dan selfie hehe

  70. Redmi 3 pro maksudnya koh heri.heheh
    Kalo asus zenfone 2 laser support otg kah ?begitu pulakah dengan motorola e3 power?kalo adek syg suka main game ..recomend diantar asus zenfone 2 laser sma motorola e3 power ..trimakasih koh herry

    1. Pak Rizal Adi,

      Redmi 3 Pro? Yang masuk ke sini Redmi 3 Prime. Boleh dibeli sih. Namun, nggak bisa 4G lho ya.

      Zenfone 2 Laser support OTG. Demikian pula E3 Power. Untuk main game sama-sama boleh deh, asalkan bukan game berat.

    1. Pak Kim_musta,

      Oh ok. Kalau video call saya nggak pernah coba.

      Dengan anggaran maksimal Rp 2 juta, berarti ZE500KL (layar 5 inci) atau ZE550KL (layar 5,5 inci).

  71. Untuk android dengan harga maximal 2 juta per Maret 2017, kira2 android apa yang om herry rekomendasikan dgn urutan faktor
    1.kegegasan
    2.kamera
    3. Baterai.

  72. Bapak Herry SW
    Mohon maaf ini oot
    Apakah Infinix Zero 2 masih layak beli?
    Saya suka Infinix Zero 2 karena body kevlarnya yang membuatnya mewah,layar 5 inch dan super Amoled enak ditangan enak di mata
    Tapi sayangnya sudah ada Infinix Zero 3 yang kamera lebih bagus dan Prosessor lebih bagus juga,tapi sayangnya layar 5,5inch IPS,kurang nyaman di tangan dan membuat mata saya lelah
    Jadi lebih baik mana bapak Herry SW? Infinix Zero 2 masih layak beli?atau lebih baik membeli Infinix Zero 3?

    1. Pak Daffa Hidayat,

      Zero 2 sudah nggak menarik deh. Mending beli Zero 3. Harga barunya saat ini Rp 1,999 juta.

  73. untuk moto E power.. apakah cukup bagus penunjuk GPS nya…
    bisakah dikoneksikan dengan headshet bluetooth (agar dapat digunakan untuk penunjuk GPS menggunakan fitur suara)..dan apakah moto E power cukup friendly untuk digunakan..?(karena belum pernah nyoba pake merk moto).

    1. Pak Noha,

      Tak tahu. Saya belum dan memang takkan menguji pakai Zero 4. Satu hal yang perlu diketahui, harga Zero 4 Rp 1 juta lebih mahal daripada Zero 3.

    1. Pak Ocez,

      Oh ok.

      Ya, GPS oke kok.

      Bisa dikoneksikan dengan headset bluetooth. Namun, apakah bisa mendengarkan petunjuk GPS, saya tak tahu. Tak pernah coba skenario begitu.

      Ya. Operasionalnya mudah.

  74. Halo pak herry,
    Semoga sehat selalu
    Langsung aja pak, infinix note 3 pro dibanding LG v20 unggul mana? Di mana saja keunggulan note 3 pro?

    Terima kasih

    1. Pak Alvo,

      Secara keseluruhan ya jelas LG V20 menang mutlak. Dua ponsel itu nggak cocok dibandingkan deh.

      Baterai berkapasitas besar menjadi kelebihan utama Note 3 Pro.

  75. Bapak Herry SW
    Terima kasih atas sarannya,saya ada pertanyaan lagi
    Apakah Infinix Zero 3 dapat bertahan beberapa tahun ke depan? Karena saya sangat mudah tergiur dengan gadget yang harganya murah dan berkualitas,saya rencananya akan menjual gadget lama saya untuk membeli Infinix Zero 3,apakah lebih baik gadget lama saya dijual?
    Terima kasih atas jawabannya pak Herry SW

    1. Pak Daffa Hidayat,

      Ponselnya sih kemungkinan besar bisa bertahan. Namun, apakah penggunanya bisa bertahan dari godaan aneka ponsel baru yang menggiurkan? ๐Ÿ™‚

  76. menurut koh Herry dari list di bawah ini yang secara overall paling bagus ke yang paling biasa yang mana ?
    1.Infinix Note 3 Pro
    2. Asus Zenfone 3 Max
    3. Asus Zenfone Max
    4. Lenovo Vibe P1 Turbo

  77. koh,maaf OOT
    hisense pureshot dan xiaomi redmi 4A hasil jepretan kameranya secara umum lebih bagus mana?

    kemudian utk penggunaan sehari2 lebih simpel pureshot ato redmi 4A ya?buat dipake orangtua soalnya…

    satu lagi koh,di atas kertas apakah performa LG K8 sudah lumayan utk socmed dan browsing?saya tulis “di atas kertas” karena koh HSW tdk pernah menguji pakai LG K8,jadi tolong diperkirakan saja berdasarkan spesifikasi dan pengalaman sewaktu memakai hape LG…

    saya saat ini memakai hape hisense pureshot,dan orangtua saya perlu hape juga,di kisaran harga 1-1,5 jutaan
    bisa ada 2 skenario:
    1.pureshot tetap saya pakai,dan hape baru utk orangtua saya
    2.pureshot dipakai orangtua saya,lalu saya yg membeli hape baru
    kebutuhan orangtua saya adalah kamera yg lumayan,sementara buat saya yg penting nyaman
    sementara dalam daftar saya baru ada LG K8 ato redmi 4A,mungkin koh HSW ada saran lain?

    note:saya sempat mencari pureshot dan zenfone 2 laser series,namun di jogja stoknya sudah kosong

    1. oh iya,LG K10 juga masuk pertimbangan koh (kebetulan dapet diskon jadi 1,5 jutaan),bagaimana?

      mengingat koh HSW belum mereview LG K10 juga,mungkin performanya bs diperkirakan dr kinerja hape LG lain yg pernah diuji koh HSW

      saya kebetulan kepincut dg desain bodynya LG hehe

    2. Pak Rafie Mohammad,

      * Pureshot.
      * Sama saja.
      * Benar, saya tak pernah coba. Mestinya sih lumayan.

      Di rentang harga segitu, pilihan terbaik saat ini adalah Redmi 4A.

      Pureshot di mana-mana memang sudah kosong.

  78. Pak, mau nanya ttg hp qualcomm 4G yg akan dijual 500rb. Apakah akan dijual di Indo? Kapan kira2? Kalo sekilas dilihat apakah layak beli?

    1. Pak Yadi,

      Harga itu belum final lho.

      Kemungkinan akan dijual di sini. PT TSM yang merancang ponsel itu berkantor di Jakarta kok.

      Tak tahu.

      Tak tahu juga.

  79. Pak Herry, mau tanya Lenovo Phabplus masih layak beli kah ? Soalnya masih pakai Android 5 Lollypop. Maunya sih sdh Android 6. Kira2 dapet update gak ya ? Thanks before.

    1. Bu Cisca,

      Saya sudah tidak mengikuti perkembangan sistem operasi Phab Plus. Entah sudah dapat update sampai versi apa.

      Kalau cari phablet dengan layar jumbo, Phab Plus masih boleh dilirik.

  80. Ijin nanya Ko Herry..galau..hehehe..
    Dibandingkan sama Zenfone 3 Max ZC553KL lebih pilih mana..?, trims

  81. pagi ko hsw
    saya kebetulan lagi cari ponsel dgn ram 3gb dan screen minim 6inch
    sepertinya mau coba infinix ini
    cuma ada bbrp hal yg mau saya tanyakan:
    1. kalau liat di foto2 unit nya, bagian bawah ponsel tidak ada tombol apa2 berarti tombol back-home-menu bentuknya softkey di layar ya? permanen atau bisa hidden sendiri seperti moto e3 power?
    2. softkey nya nyala atau tidak kalau kondisi gelap?
    3. ada notif led?
    4. build nya ringkih atau tidak? terus terang sy pernah pegang *pp* F1S yg katanya flagship ternyata body nya ringkih, kepegang tangan saya yang ukuran jumbo aja rasanya “kemretek” lain sama build nya moto e3 atau bahkan bb z10 yg solid, bahkan merk xiaomi aja lebih manteb pegangannya
    5. OS nya di skin ulang atau native android? free ram kalau posisi baru nyala brp gb? bloatware banyak?

    mohon petunjuknya

    1. Pak Donny Andrean,

      1. Benar. Saya tidak memperhatikan bisa di-hidden atau tidak. Kebetulan saya lebih suka tombol itu selalu muncul.

      2. Menyala dong. Itu kan berada di layar.

      3. Ada. Namun, detailnya tidak terlalu saya perhatikan. Toh saya sering melihat ponsel.

      4. Tidak ringkih. Oh, terasa lebih solid daripada F1S.

      5. Di-skin ulang, bukan plain native Android OS. Free RAM awal 2 GB. Ada beberapa bloatware, tetapi mayoritas bisa dihapus kok.

        1. ko hsw
          numpang bonus nanya 1 lagi
          saya terus terang lagi dilema besar mau note 3 pro apa zero 4
          selisih 400rb sih ga terlalu signifikan
          kalau boleh saya rangkum plus minus nya:
          1. batere menang note 3 pro jelas
          2. screen sebenarnya lebih besar note 3 tapi zero 4 dengan size lebih kecil alhasil pixel density jg lebih tinggi jadi keliatan lebih smooth
          3. screen zero 4 juga menang di sisi samping yg “agak” curved ala samsung
          4. camera secara resolusi menang zero 4 (ga ngaruh buat saya) tapi jg menang dari sisi OIS nya
          5. softkey nya jelas menang note 3 karena backlit, sementara zero 4 memang ga di layar tapi ga backlit
          6. bobot dan build quality hampir sama, tapi sy masih prefer zero 4 sebenernya karena lebih tipis (tapi camera nya nonjol) dan lebih ringan

          asli bingung mau ambil yg mana nih haha
          boleh saran ko hsw donk?

          1. Pak Donny Andrean,

            Tak ada saran. Lha saya belum pernah menguji pakai dan memang takkan menguji pakai Zero 4. Yang akan saya coba Zero 4 Plus.

  82. Dear Pak Herry.

    Ada beberapa hal yg mau saya tanyakan, karena saya masih bingung memilih antara Infinix Note 3 Pro dengan Lenovo P1 Turbo.

    1. Apakah pemakaian casing pada HH mempengaruhi umur baterai maupun performance HH? Mengingat casing menghalangi panas yg ditimbulkan pada saat charging maupun pemakaian harian.

    2. Jenis casing apa yg aman untuk dipasang?

    3. Saya telah membaca review pengguna P1 Turbo di forum Kaskus yg banyak mengeluhkan bug. Hal ini mebuat saya jadi ragu membeli P1 Turbo. Apakah HH P1 Turbo yg anda review mengalami bug juga? Bagaimana pendapat anda tentang P1 Turbo yg banyak mengalami bug?

    Terima kasih Pak.

    1. Pak Whisnu,

      1. Peluang ke arah sana terbuka.

      2. Kalau saya sih mengandalkan jelly case. Selain tidak terlalu ketat, dia melindungi bodi belakang dan sekeliling ponsel. Harganya pun relatif murah.

      3. Bug terkait apa nih?

  83. selamat siang koh herry ,, mau tanya kalau punya budget 1,6 juta bagusnya beli hape apa yah?
    dengan pertimbangan ingin yang 4g, baterai besar dengan fitur fast charging, dan lancar untuk bermain game dengan koneksi 4g stabil..
    sebelumnya thank’s koh herry

    1. Pak Riad,

      Dengan anggaran Rp 1,6 juta, tak ada ponsel yang sanggup memenuhi semua kriteria Anda deh. Kalau ingin yang seperti itu, anggaran Anda harus dilipatduakan dulu.

  84. Pak Herry,

    Sekedar saran, apakah bisa dimuat juga nilai SAR dari setiap gadget yang di review? Saya pengen tau nilai SAR untuk infinix note 3 pro ini juga.

    Thanks Pak Herry

    1. Pak Kris,

      Masalahnya, tidak semua produsen gawai mencantumkan nilai SAR. Mau mengukur sendiri juga tak bisa deh.

  85. Ko herry, , boleh nanya gak. Harga resmi infinix zero 3 brapa ya? Saya naksir bgt sama kameranya
    Sekalian saya minta review nya ko. Trim ‘s

  86. Pak Herry kalau zero 4 apakah juga sudah sama2 dibuat di indonesia? Saya baru beli zero 4 menurut tokonya garansi resmi namun tertulis “dibuat di china”.

      1. Maaf pak Herry saya perjelas pertanyaan nya. Untuk Zero 4 yg di body maupun box tertulis “dibuat di china” , apa bisa dikatakan pasti non garansi resmi ? Thanks pak.

          1. Di Insight Technology Marina, dikasih harga pas 3jt. Saya tanya ke penjualnya mengenai garansi, menurut mereka dulu masih garansi distributor sekarang sudah garansi resmi. Ponsel nya tidak ada masalah, lancar & memuaskan. Saya cuma penasaran aja sama tulisan made in china nya. Thank you pak Herry.

          2. Pak Adrian,

            Insight benar merupakan salah satu diler resmi Infinix di Surabaya. Terkait adanya tulisan made in China, saya coba telusuri dulu.

    1. Pak R Effendy,

      Dalam hal apa dulu nih? Kamera lebih bagus Zenfone 2 Laser. Selain itu, lebih bagus Note 3 Pro.

  87. Siang pak Herry,
    Mohon infonya, apakah akan ada review untuk Xiaomi Redmi Note 4 (Garansi Resmi) dan atau Hisense Pureshot+ 2 (HS-L697) ?

  88. Terima kasih infonya pak Herry,

    Ditunggu Review Redmi Note 4 ya pak….
    saat ini saya menggunakan Hisense Pureshot 5″ , so far so good gak ada masalah. hasil foto juga mantap.
    kebanting 3 kali “Corning Gorilla Glass 3” akhirnya retak..tapi gadget masih OK.
    (ganti kaca +/- Rp.540rb di service center Hisense Roxy)

  89. Pak, mau nanya kalo produk infinix apakah pilihan bahasa di hp sudah ada dalam bahasa Indonesia. Saya tanya karna takutnya tidak ada.

    Makasih pak.

  90. Pak melanjutkan lagi pertanyaan boleh ya pak:) Pak, hp apa si yg:
    – internalnya sudah 32 atau 64 gb
    – minimal sudah marsmallow
    – tidak hibrid
    – batere lumayan kuat
    – harga masih bersahabat di kantong, masih dibawah 5 juta, lah. Saya siap nabung untuk ini ๐Ÿ™‚

    Saran pak Herry ditunggu berat nih ๐Ÿ™‚

    Makasih pak

  91. Koh Herry saya mau minta sarannya. Lebih rekomendasi hp mana? Lenovo k4 note atau infinix note 3 pro ini koh?
    Soalnya saya suka musik dan game, menurut koh Herry lebih bagusan mana kualitas musik dari kedua gawai tersebut?

  92. pak hws ,
    minta rekomendasi untuk menunjang kamera yg bagus,game yg lancar serta trendy, kira menurut bapak di antara pilihan saya :
    – huawei p9lite
    – infinix note 3 pro
    – infinix s2 pro
    – zenfone 3 max

    menurut bapak saya harus pilih yg mana . trims

    1. Pak Rudi,

      MicroSD: tak ada rekomendasi khusus. Lha saya tak pernah me-review-nya. MicroSD yang saya beli bertahun-tahun silam sampai sekarang juga masih normal. Yang saya pakai merek Transcend dan Sandisk.

      Power bank: kalau harga tak masalah, silakan membeli merek Energizer, Sony, atau MiLi. Kalau mau merek luar negeri yang cukup terjangkau, ada Asus dan Xiaomi. Untuk merek lokal, silakan melirik merek Delcell.

  93. Pak herry saya baru beli infinix zero3 di dilazada dengan sistim bayar ditempat,di kotaknya tertera madein cina dan pas pertama di hidupin dia sudah xos bukan xui.pak herry apakah hp saya ini masih baru atau bukan dan garansinya apakah garansi resmi,di tunggu review xiaomi redmi not 4 nya pak Herry,terimakasih

    1. Pak Rudi,

      Coba cek kartu garansi yang disertakan di dalam paket penjualan, Pak. Kalau tak ada kartu garansinya, berarti kemungkinan bukan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *